makalah .doc

download makalah .doc

of 22

  • date post

    23-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    58
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of makalah .doc

Sepeda Motor Faktor Utama Penyebab Kemacetan dan Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Malang

TUGAS MAKALAHReklamasi Pantai

Oleh:ANDRI ARI SETIWAN

105060100111014

MAHMUD REKARIFIN P.

105060100111018SUKARNO YUDHA A.

105060100111024

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

FAKULTAS TEKNIK

JURUSAN SIPIL

MALANG2013 KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirabbilalamin, kami panjatkan ke hadirat Allah SWT. atas rahmat, hidayah serta inayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.

Makalah ini kami susun dalam rangka Tugas Reklamasi Pantai , Dan berharap semoga dapat menambah hasanah berpikir kita ke depan. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada:1. Keluarga tercinta, terutama orang tua dan saudara-saudara penulis yang telah memberikan dukungan, semangat, dan bantuan baik moral, materi, maupun spiritual.

2. Bapak Dr.Ir.M.Ruslin A,Msi dan Dr.Eng.Alwafi P.ST.MT. yang telah memberikan pengarahan ini.

3. Semua teman dan sahabat Jurusan Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya yang telah memberikan bantuan baik berupa dukungan nyata ataupun semangat.4. Serta pihak lain yang tidak dapat penulis sebutkan satu pe rsatu.Sesuai dengan pepatah, tiada gading yang tak retak dan tiada mawar yang tak berduri, kami menyadari makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.

Oleh karena itu, saran dan kritik yang bermanfaat kami butuhkan.

Akhirnya, dengan memohon petunjuk Allah SWT, semoga kami selalu mendapat petunjuk ke jalan yang benar sehingga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi nusa, bangsa, dan negara. Amin.

Malang, 15 Juni 2013

PenulisBAB IPENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Reklamasi adalah suatu proses membuat daratan baru pada suatu daerah perairan/pesisir pantai atau daerah rawa. Hal ini umumya dilatarbelakangi oleh semakin tingginya tingkat populasi manusia, khususnya di kawasan pesisir, yang menyebabkan lahan untuk pembangunan semakin sempit. Pertumbuhan penduduk dengan segala aktivitasnya tidak bisa dilepaskan dengan masalah kebutuhan lahan. Pembangunan yang ditujukan untuk menyejahterakan rakyat yang lapar lahan telah mengantar pada perluasan wilayah yang tak terbantahkan. Hal ini menyebabkan manusia memikirkan untuk mencari lahan baru, terutama daerah strategis dimana terjadi aktifitas perekonomian yang padat seperti pelabuhan, bandar udara atau kawasan komersial lainnya, dimana lahan eksisting yang terbatas luasan dan kondisinya harus dijadikan dan diubah menjadi lahan yang produktif untuk jasa dan kegiatan perkotaan.Pada tahun 1833 sekelompok suku Bani Yas yang dipimpin oleh keluarga Maktoum bermukim di sekitar muara sungai kecil (creek) di pantai utara semenanjung Arab yang dinamakan Dubai. Dubai pada awalnya merupakan tempat perdagangan ikan, mutiara dan hasil laut lainnya. Puluhan tahun kemudian, Dubai berkembang menjadi pelabuhan alami karena teluk dan creek memudahkan kapal laut membongkar muat barang ke daratan. Namun hasil jerih payah itu terlihat dari perkembangan Dubai sebagai pelabuhan dagang yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Sewaktu ditemukannya ladang minyak di Dubai pada tahun 1966, pemerintah Dubai memanfaatkan pendapatan dari penjualan minyak untuk pembangunan infrastruktur.

Pembangunan besar - besaran segera dimulai pada awal tahun 1967 yaitu bangunan sekolah, rumah sakit, jalan raya, jaringan telekomunikasi modern dan bandar udara internasional yang dapat menampung semua jenis pesawat. Disamping itu pemerintah juga untuk membangun pelabuhan laut di Jebel Ali disamping pelabuhan laut yang sudah ada di Dubai. Pelabuhan laut Jebel Ali merupakan pelabuhan buatan manusia terbesar di dunia hingga saat ini. Letak geografis Dubai menjadi salah satu keuntungan dalam perkembangannya menjadi hub perdagangan antara Asia dan Afrika serta Eropa. 1.2. Tujuan dan Manfaat

Adapun tujuan dan manfaat dari pembuatan makalah ini adalah untuk :

1. Mengetahui apa yang dimaksud dengan reklamasi pantai ?2. Mengetahui beberapa reklamasi yang dilakukan di dunia ?3. Mengetahui bagaimana proses reklamasi pantai di Dubai ?BAB II

PEMBAHASAN2.1 Definisi Reklamasi Pantai

Menurut pengertiannya secara bahasa, reklamasi berasal dari kosa kata dalam Bahasa Inggris,to reclaimyang artinya memperbaiki sesuatu yang rusak. Secara spesifik dalam Kamus Bahasa Inggris-Indonesia terbitan PT. Gramedia disebutkan artireclaimsebagai menjadikan tanah (from the sea). Masih dalam kamus yang sama, arti katareclamationditerjemahkan sebagai pekerjaan memperoleh tanah.

Sedangkan pengertiannya secara ilmiah dalam ranah ilmu teknik pantai, reklamasi adalah suatu pekerjaan/usaha memanfaatkan kawasan atau lahan yang relatif tidak berguna atau masih kosong dan berair menjadi lahan berguna dengan cara dikeringkan. Misalnya di kawasan pantai, daerah rawa-rawa, di lepas pantai/di laut, di tengah sungai yang lebar, ataupun di danau.

Sesuai dengan definisinya, tujuan utama reklamasi adalah menjadikan kawasan berair yang rusak atau tak berguna menjadi lebih baik dan bermanfaat. Kawasan baru tersebut, biasanya dimanfaatkan untuk kawasan pemukiman, perindustrian, bisnis dan pertokoan, pertanian, serta objek wisata.

Dalam teori perencanaan kota, reklamasi pantai merupakan salah satu langkah pemekaran kota. Reklamasi diamalkan oleh negara atau kota-kota besar yang laju pertumbuhan dan kebutuhan lahannya meningkat demikian pesat tetapi mengalami kendala dengan semakin menyempitnya lahan daratan (keterbatasan lahan). Dengan kondisi tersebut, pemekaran kota ke arah daratan sudah tidak memungkinkan lagi, sehingga diperlukan daratan baru. Alternatif lainnya adalah pemekaran ke arah vertikal dengan membangun gedung-gedung pencakar langit dan rumah-rumah susun.

2.2 Reklamasi Pantai di DuniaReklamasi pantai umumnya dilakukan oleh negara-negara tertentu dengan tujuan tertentu diantaranya untuk menambah lahan kosong di negaranya, sebagai tempat wisata, dan berbagai alasan lainya sesuai dengan kebutuhan negara tersebut.Adapun negara-negara didunia yang telah melakukan reklamasi pantai dinegaranya yaitu sebagai berikut:1) Reklamasi di Cao Fe Dian, Tian Jin CinaCao Fe Dian merupakan satu kawasan di pantai timur Beijing yang akan mengalami pertumbuan yang cukup pesat. Lokasi reklamasi tersebut berada pada pesisir timur negara Cina atau tepatnya berada di pantai barat Laut Kuning. Dalam perkembangannya, Laut Kuning menjadi kawasan perairan yang berkembang akibat meningkatnya aktivitas transportasi guna penunjang perekonomian sehingga menjadi salah satu tempat dimana terjadinya perkembangan perekonomian dunia.Dengan alasan tersebut, Cina melakukan langkah strategis dengan melakukan reklamasi di kawasan Cao Fe Dian. Sehingga diharapkan kawasan tersebut mampu bersaing dengan perkembangan yang terjadi di Asia-Pasifik. Selain itu pula, kawasan tersebut merupakan relokasi untuk berbagai kawasan-kawasan yang telah ada di Cina yang dianggap menganggu masyarakat dan dengan tujuan agar pengaturan ruang menjadi lebih efisien. Dikawasan tersebut juga dibangun kawasan industri, berikat, pelabuhan, dan Free Trade Zone (FTZ), sehingga diharapkan relokasi tersebut memberikan nilai ekonomis.

Kegiatan Pengisian Pasir di Area yang Akan di Reklamasi2) Reklamasi di Song Do Korea SelatanSong Do merupakan kota yang terletak di pantai barat semenanjung Korea atau berada di tepi sebelah timur Laut Kuning. Song Do hampir berhadapan langsung dengan kawasan reklamasi yang dilakukan Negara Cina, Cao Fe Dian, pada kota Tian Jin. Kawasan ini merupakan tempat yang strategis sebab merupakan jalur sibuk dan zona pertumbuhan yang sedang berkembang tidak hanya untuk Korea dan sekitarnya, melainkan untuk kawasan Asia-Pasifik.Lokasi reklamasi Song Do ini memiliki luas sekitar 38.000 hektar, dan dibagi kedalam 3 zona yaitu Song Do yang berfungsi sebagai kawasan resort, perkantoran, perkantoran, perhotelan, dan permukiman. Secara keseluruhan luas Song Do mencapai 24.000 hektar. Zona selanjutnya yaitu Bandar Udara Internasional Incheon dengan luas 4.000 hektar, dan Zona ketiga yaitu kawasan industri serta Free Trade Zone (IDFTZ) seluas 10.000 hektar.

Peta Rencana Reklamasi di Korea Selatan3) Reklamasi di Kansai JepangKawasan reklamasi di Jepang terletak di Kansai, Kyoto. Reklamasi dikawasan ini terletak jauh dari daratan utama dengan dihubungkan jalan panjang antara Kansai dan Kyoto sebagai akses masuk ketempat tersebut. Tempat reklamasi tersebut telah beraktifitas layaknya daratan pada umumnya, pada tempat tersebut dimanfaatkan sebagai perluasan pelabuhan laut dan perluasan Bandara Internasional Kansai.

Foto Satelit Kansai International Airport

Kawasan Kansai ini memiliki Luas kira-kira 10 Kilometer persegi (panjang 4 Km dan lebar 2,5 km). Kawasan bandara dibangun pada hasil reklamasi ini dengan tujuan untuk memenuhi tuntuan warga jepang atas terganggunya warga akibat kebisingan suara pesawat udara sebab Bandara Internasional Kansai ini memiliki kesibukan yang tinggi. Kawasan ini juga memiliki potensi gempa dan serangan badai, namun para ahli telah meminimalisasi dampak tersebut dengan melakukan rekayasa teknologi.

Jalan Penghubung Kansai Internasional Airport Dengan Kota Kyoto4) Reklamasi Pantai di Utara Jakarta IndonesiaProyek reklamasi dan revitalisasi di Utara Jakarta dilakukan oleh Pemda Jakarta dengan tujuan untuk membangun kawasan tersebut menjadi kawasan aktifitas bisnis dan perekonomian serta menjadikan kawasan tersebut menjadi kawasan elit. Dengan dilakukannya reklamasi pantai tersebut diharapkan predikat jakarta berubah menjadi Water Front City. Pemerintah berupaya untuk menekan laju pertumbuhan penduduk sekita 2,7% pertahun dan berupaya mengatasi kesulitan penyediaan ruang serta merubah kesan kumuh pada Utara Jakarta menjadi kesan formal bernuansa elit.Selain undang-undang dan pedoman y