Majalah Sinergis Edisi 004

Click here to load reader

  • date post

    17-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    260
  • download

    7

Embed Size (px)

description

Rampai Sutra : Pembaca yang budiman, Dengan memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, akhirnya Sinergis bisa kembali hadir di tengah pembaca yang budiman. Edisi keempat Sinergis kali ini bertepatan dengan segenap agenda utama Edhie Baskoro Yudhoyono, yakni Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Demokrat (PD) di Sentul International Convention Centre (SICC),Bogor, Jawa Barat, 23-24 Juli, dan kunjungan kerja dalam masa reses sidang Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), 26-29 Juli. Di tengah konstelasi politik Indonesia yang mengalami peningkatan, Ibas, sebagai politisi muda, tetap konsisten menjalankan amanah dan tugas serta tanggung jawabnya sebagai Anggota DPR RI utusan Dapil VII Jawa Timur yang meliputi Pacitan, Ponorogo, Magetan, Trenggalek dan Ngawi.

Transcript of Majalah Sinergis Edisi 004

  • Susunan Redaksi

    Pemimpin UmumEdhie Baskoro Yudhoyono

    Pemimpin Redaksi/ PenanggungjawabBonggas Adhi Chandra

    Redaktur PelaksanaDavid Christian Bojoh

    EditorDavid Christian BojohAbdul Qowi Bastian

    Koordinator Liputan DaerahMuhamad Mulia

    ReporterAbdul Qowi BastianDavid Christian BojohNurul Titi Marie

    FotograferFrend Mashudi

    Kontributor DaerahDestyan SujarwokoFahriansyah Hernawan AdipriyanaHerry PurnomoSetyo Utomo

    Tata Letak dan Desain GrafisFrend Design

    Sirkulasi dan DistribusiHerry Purnomo

    Wartawan dan tim redaksi Sinergis dilengkapi dengan ID card atau kartu pers setiap melakukan kegiatan jurnalistiknya. Nama wartawan dan tim redaksi Sinergis tertera dalam kolom Susunan Redaksi di atas.Dalam melakukan kegiatan jurnalistik-nya, wartawan dan tim redaksi Sinergis dilarang memungut/meminta biaya apapun dari/kepada narasumber.

    Alamat RedaksiJl. Piere Tendean No. 7Pucang Sewu Pacitan 63513Jawa TimurTelp. 0357 - 881993Fax. 0357 - 881993Email. [email protected]

    SinergisMedia Informasi Edhie Baskoro Yudhoyono

    Rampai SutraPembaca yang budiman,

    Dengan memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, akhirnya Siner-gis bisa kembali hadir di tengah pembaca yang budiman. Edisi kelima Sinergis kali ini bertepatan dengan segenap agenda utama Edhie Baskoro Yudhoyono, yakni Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Par-tai Demokrat (PD) di Sentul International Convention Centre (SICC), Bogor, Jawa Barat, 23-24 Juli, dan kunjungan kerja dalam masa reses sidang Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), 26-29 Juli.

    Di tengah konstelasi politik Indonesia yang mengalami peningkatan, Ibas, sebagai politisi muda, tetap konsisten menjalankan amanah dan tugas serta tanggung jawabnya sebagai Anggota DPR RI utusan Dapil VII Jawa Timur yang meliputi Pacitan, Ponorogo, Magetan, Trenggalek dan Ngawi.

    Melihat agenda kunjungannya, kegiatan Ibas terpusat pada pemenu-han aspirasi masyarakat yang ditandai dengan penyerahan bantuan bibit sayuran dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan. Aspirasi kaum muda pun tak luput dari pantauan Ibas. Ibas mewujudkan aspirasi anak muda dengan menggelar turnamen sepak bola di lima wilayah dapil VII Jatim. Tak hanya itu, Ibas juga mengagendakan untuk meresmikan griya aspirasi EBY di Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Pacitan yang telah beroperasi sejak setahun yang lalu.

    Bertepatan dengan digelarnya Rakornas Partai Demokrat, bukan berarti Ibas meninggalkan tanggung jawabnya kepada konstituen. Di sela-sela jadwal yang sibuk dan penuh (kurang lebih ada sekitar 30 titik yang Ibas kunjungi di Dapil VII Jawa Timur), ia menyempatkan menyambangi DPC Partai Demokrat di lima kabupaten di atas. Dalam kunjungannya, ia menegaskan kembali ideology dan visi-misi hasil yang diperoleh di Rakornas kepada seluruh kader Partai Demokrat di daerah

    Harapannya, pemberitaan yang dimuat Sinergis kali ini bisa mengi-lustrasikan pembaca terkait kegiatan-kegiatan Edhie Baskoro Yudhoyono yang selalu mengedepankan kewajibannya sebagai wakil rakyat. Semoga pembaca pada umumnya dan konstituen khususnya, mendapatkan informasi yang berguna dan bermanfaat.

    3Sinergis Edisi: 004/I/2011

  • 11 40 42

    Rampai Sutra

    daftar isi

    Profil EBYBerjuang Bersama Rakyat

    Wakil RakyatRevisi UU Penyiaran Tetap Jamin Kebebasan Pers dan Demokrasi

    RUU Kamnas Perjelas Peran TNI Hadapi Ancaman Keamanan Nasional

    Rakyat BicaraBerharap Turnamen EBY Cup Jadi Agenda Tahunan

    Kilas Dapil VII

    InspirasiBupati Magetan, Saya Akan Tetap Mancala Putra, Mancala PutriInfo DPPRakornas Partai Demokrat Ajang Pembuktian Soliditas Kader

    Siaga BencanaBudayaReaksi

    3

    6

    8

    5

    30

    44

    46

    Pro RakyatBerlapisnya program untuk rakyat miskin

    36

    Edhie Baskoro Yudhoyono

    PesonaMenjelajah eksotiknya goa lowo di Trenggalek

    38

    Kader Diarahkan ke Jalur Partai

    Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Demokrat di Sentul, Jawa Barat, 23-24 Juli, menjadi agenda penting bagi partai pemenang Pemilu 2009 ini di tengah kasus mantan Bendahara Umum M. Nazaruddin yang menjadi tema besar pemberitaan di media massa saat ini. Apa saja yang akan dibahas dalam acara yang dihadiri sekitar 5000 kader Demokrat dari seluruh Indonesia ini?Simak petikan wawancara Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono, dengan surat kabar harian Jurnal Nasional (20/7).

    14

    Konferensi Futurologi Prediksi Tren Geopolitis dan Posisi Indonesia di Kancah Global Masa Depan

    Nasional

    21 SorotanDalam masa reses sidang DPR RI kali ini, Ibas, panggilan akrab Edhie Baskoro, menggunakan waktunya melakukan kunjungan kerja ke daerah pemilihan VII Jawa Timur, yang meliputi kabupaten Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Ngawi dan Magetan. Ibas mengatakan, kunjungan ini mendukung program pemerintah agar meningkatkan kesejerahteraan masyarakat di lima kabupaten yang menjadi basis suara saat Pemilu 2009 lalu.

    Ibas Kunjungi Konstituennya di Dapil VII Jawa Timur

    4 Sinergis Edisi: 004/I/2011

  • Rakyat Bicara

    Berharap Turnamen EBY Cup jadi Agenda Tahunan

    Langkah yang dibuat untuk mengadakan turnamen sepakbola U-21 sangat baik, dan kami selalu mendukung penuh apa yang baik untuk kemajuan sepakbola Pacitan. Kami harapkan turnamen sepakbola Edhie Baskoro Yudhoyono ini bisa jadi agenda tahunan. Ini merupakan kegiatan positif untuk menjaring atlet-atlet daerah, sehingga mereka nantinya bisa menunjukkan prestasi yang tentunya juga akan menjadi kebanggaan daerah.

    Kami berharap, kegiatan ini akan menjadi momentum kebangkitan sepakbola lokal yang nantinya diharapkan mampu mengharumkan nama daerah dan bangsa ini baik ditingkat lokal, nasional maupun kancah internasional.

    Eko Cahyono (Warga Kec. Ngadirejo, Kab. Pacitan) Pelatih kesebelasan sepak bola Kecamatan Ngadirojo

    Majalah Sinergis mengundang para pembaca untuk mengirimkan aspirasi, saran dan kritik. Panjang tulisan tidak lebih dari 100 kata atau 2 paragraf singkat. Surat pembaca bisa dialamatkan ke redaksi Majalah Sinergis di Jl. Piere Tendean No. 7, Pucang Sewu, Pacitan, 63513, Jawa Timur, dan melalui email di [email protected] atau [email protected]

    Ass. Wr Wb.Yth. Mas Ibas,

    Kami percaya d e n g a n komitmen Mas Ibas dan Pak SBY. Anggap semua peristiwa yang menerpa Partai Demokrat sebagai cobaan ibadah bagi pemimpin Indonesia berkualitas seperti Pak SBY. Hati-hati mas dengan pihak-pihak dengan kepentingan politik di sekitar Mas Ibas yang hanya memanfaatkan

    Pak SBY. Saya mendukung Mas Ibas dan Pak SBY dalam upaya pembersihan partai dari petualang-petualang politik kotor di tubuh Partai Demokrat. Tuhan Maha Tahu. Selamanya saya tetap mendukung Mas Ibas dan Pak SBY. Semoga Gusti Allah selalu memberikan perlindungan untuk Mas dan seluruh keluarga Pak SBY. Amin Ya Robbal Allamin.

    Moh. Husen Hutagalung, M.Si.(Dosen/Peneliti di STP Trisakti dan Universitas Indonesia)

    Assalamualaikum wr. wb,Kepada Bapak Edhie Baskoro Yudhoyono,

    Harapan kami Mas Ibas bisa menjembatani koperasi dengan pihak pemerintah dan instansi terkait agar harapan untuk mendistribusikan pupuk secara merata ke seluruh petani bisa terwujud.

    Semoga dengan bantuan dan perhatian Mas Ibas kepada masyarakat di wilayah dapil VII Jawa Timur, ketahanan pangan bisa terwujud. Dan ke depannya petani di sini bisa lebih sejahtera.

    Bapak SuwargoKetua KUD Sapto Raharjo

    Assalamualaikum wr. wb,Kepada Bapak Edhie Baskoro,Saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah memberikan ruang kepada kami, masyarakat biasa, untuk berinteraksi dengan wakil rakyat melalui sebuah website yang interaktif dan berisikan informasi-informasi yang kami perlu ketahui. Dengan adanya fitur penyampaian pesan seperti ini, kami bisa langsung menyampaikan keluh kesah dan saran maupun kritik yang membangun. Saya sangat mengapresiasi langkah yang telah diambil. Terima kasih.

    Wassalamualaikum,Arisa Nurbiandita

    5Sinergis Edisi: 004/I/2011

  • Profil EBY

    Kini, sosok pemimpin muda telah menghiasi dunia perpolitikan nasional. Peran mereka cukup signifikan di sejumlah organisasi politik sebagai tokoh sentral. Tak dimungkiri lagi, gagasan mereka akan memegang peranan penting sebagai tokoh pemimpin masa depan bangsa.

    Sosok Edhie Baskoro Yudhoyono mulai meramaikan pemberitaan media massa nasional saat menoreh prestasi sebagai anggota DPR RI peraih suara terbanyak, yaitu 327.097 suara pada pemilihan anggota legislatif tahun 2009 lalu. Mayoritas masyarakat daerah pemilihan VII Jawa Timur yaitu, Magetan, Trenggalek, Ngawi, Pacitan dan Ponorogo menitipkan aspirasinya kepada Ibas, sapaan akrabnya. Atas kepercayaan masyarakat dan kesuksesannya itu, ia pun mendapatkan anugerah dari Masyarakat Pemantau Pemilu Persatuan Wartawan Indonesia (Mapilu-PWI) sebagai anggota legislatif peraih suara terbanyak. Sebagai anggota legislatif, Ibas ditempatkan di Komisi I DPR RI yang membidangi hubungan luar negeri, pertahanan, intelijen dan komunikasi informasi.

    Terpilihnya Ibas sebagai Sekretaris Jenderal

    Partai Demokrat di bawah pimpinan

    Ketua Umum Anas U r b a n i n g r u m , k e m b a l i d i a p r e s i a s i b e r b a g a i kalangan dan

    media massa nasional. Sebagai ketua Steering Committee, ia juga dinilai sukses menggelar acara kongres II Partai Demokrat di Bandung dengan adil dan demokratis. Tak hanya itu, tepatnya 25 November 2010 Ibas ditunjuk sebagai Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Bidang Promosi Internasional, Pariwisata, dan Budaya periode 2010-2015.

    Meskipun mendapatkan karir yang gemilang, tetap saja sosok yang satu ini terus menjaga kesantunan yang diwarisinya dari keluarga. Tak banyak yang tahu totalitas perhatiannya terhadap masyarakat Dapil VII Jawa Timur. Pada setiap kunjungannya ke wilayah Magetan, Trenggalek, Ngawi, Pa