Majalah Anakku Maret 2011

16
Edisi 03/VII/2011 Rp 22.000 Cacingan Masih Mengancam Kendalikan Asma Saat Hamil Dampak penyakit Hepatitis B Mengatasi Diare di Rumah Hal Penting Minggu Pertama si Kecil Waspadai Anak Kegemukan Zora Vidyanata Fokus & Bersemangat

description

Majalah anakku edisi maret 2011

Transcript of Majalah Anakku Maret 2011

Page 1: Majalah Anakku Maret 2011

edisi 03/VII/2011

Edisi 03/VII/2011Rp 22.000

CacinganMasih Mengancam

Kendalikan AsmaSaat Hamil

Dampak penyakit

Hepatitis B

Mengatasi Diaredi Rumah

Hal Penting Minggu Pertama si Kecil

Waspadai

Anak Kegemukan

Zora VidyanataFokus & Bersemangat

Page 2: Majalah Anakku Maret 2011

Dapatkan Paket Discount dan Bermacam Hadiah Menarik

Cash Back

Untuk PaketBerlangganan

Rp. 50.000,-

24 Edisi

12 EdisiRp. 210.000,-

24 Edisi Rp. 360.000,-

Anak & Anda ingin menjadi model?? Kirimkan foto Anak & Anda dalam bentuk CD ke Redaksi Majalah Anakku

Hadi

ah L

angs

ung

Konsu

ltasi Do

kter

Disk

on M

enar

ik

Saatnya Anda berlangganan MajalahLayaknya memiliki Dokter yang siap selama 24 jam Pesan sekarang juga ...Telp. (021) 4786 3434Fax. (021) 4786 4954

Page 3: Majalah Anakku Maret 2011

www.anakku.net Maret 2011, 1

Page 4: Majalah Anakku Maret 2011

2 Maret 2011 www.anakku.net,

BerandaAnggapan bahwa gemuk adalah simbol kemakmuran sebaiknya mulai Anda tinggalkan. Begitu juga bila buah hati Anda tergolong gemuk. Lucu sih lucu, dan pastinya menggemaskan. Tapi hati-hati, karena terlalu gemuk atau obesitas semasa kanak-kanak bisa terbawa sampai dewasa dan memicu munculnya penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah.

Nah, bila buah hati Anda tergolong obesitas, segera tata pola makan dan aktivitasnya. Tapi hati-hati, diet bagi anak obesitas harus tetap mempertimbangkan tumbuh kembangnya. Anak-anak masih banyak butuh energi, dan sebagai orang tua Anda perlu cerdas mengaturnya. Ajaklah anak beraktivitas yang menyenangkan, misalnya berenang, bersepeda bersama, atau main loncat tali di halaman belakang. Sebagai panduan, simak ruang utama Anakku edisi ini, yang mengulas soal diet traffic light bagi anak obesitas beserta latihan yang aman dan nyaman, tanpa mengganggu tumbuh kembangnya.

Bagaimana jika Anda yang memiliki asma hamil. Akankah membahayakan janin dalam kandungan? Temukan jawabannya dalam artikel ¨Kendalikan asma saat hamil.¨ Hamil juga bukan alasan untuk tampil cantik. Anda bisa kok ¨Tetap cantik saat hamil.¨

Simak pula tulisan tentang Hand Foot and Mouth Disease alias Flu Singapura, kapan mesti waspada. Ketahui 10 Hal penting yang perlu diketahui di minggu pertama kelahiran buah hati Anda, ini buat persiapan menjadi ibu baru. Termasuk pula teliti dalam memilih tisu basah buat bayi Anda. Ingat, sebagai orang tua, kita mesti teliti sebelum membeli.

Pembaca budiman,Jadilah konsumen yang cerdas, karena Anda adalah lini depan di dalam keluarga. Keputusan dan pilihan Anda akan diterus-kan kepada buah hati di rumah. Ketahui informasi yang benar seputar kesehatan buah hati Anda, termasuk mana yang baik baginya, dan yang tidak cocok untuk mereka.

Selamat membaca. Semoga bermanfaat.

Dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K)

PIMPINAN REDAKSI & USAHADr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K)

MANAGER BISNISRizal Alatas

SEKRETARIS Afdilla Tri Yana

REDAKTUR PELAKSANADyah Soekasto

REDAKSIDr. Ika Fitriana

Andesi

KONTRIBUTORDr. Frida Susanti, SpA.

Dr. Ivan Riyanto Widjaja

ARTISTIKEvi Dwi RahmawatiRM. Andiko Pranoto

EVENT KOORDINATORKak Hendra

Andesi

PRA PRODUKSIWahyudin

KEUANGANNi Nyoman A. Puniati

Edy Susanto

KONTRIBUTOR FOTOBudhy AsharyPopy Agency

Fahrizal

REDAKSIJl. Kayu Putih Selatan No. 74 Jakarta Timur

Tel. (021) 4786 3434 (hunting) Fax. (021) 4786 4954

E-mail: [email protected]

MARKETING DAN IKLANRizal : (021) 680 000 70Nanda : (021) 6881 5515

Tel. (021) 4786 3434 (hunting)

DISTRIBUSI Mardani

Tel. (021) 4786 3434

PELANGGANWahyu & Dila

E-mail: [email protected]

DILARANG MENGUTIP ISI MAJALAH ANAKKU

DALAM SEGALA BENTUK TANPA IZIN

Page 5: Majalah Anakku Maret 2011

www.anakku.net Maret 2011, 3

Page 6: Majalah Anakku Maret 2011

4 Maret 2011 www.anakku.net,

daftar isiMaret 2011

Kunjungi Website kami untuk mendapatkan berbagai artikelyang menarik di www. anakku.net

COVER :Model : Nicholas Jonathan

Fotografer : Fahrizal, Pengarah Gaya : AndesiBusana : Mark & Spenser (Plaza Indonesia)

32 Tetap cantik saat hamil

36 Kendalikan asma saat hamil

40 Artis : Zora Vidyanata Lebih fokus & bersemangat

ruang Kehamilan & Menyusui

20 Anak gemuk memang menggemaskan, tapi...

24 Latihan jasmani bagi anak Obesitas

28 Diet bagi anak Obesitas

ruang utama

40

Zora VidyanataLebih Fokus & Bersemangat

Page 7: Majalah Anakku Maret 2011

www.anakku.net Maret 2011, 5

44 10 Catatan penting minggu pertama kehidupan si kecil

47 Cermat memilih tisu basah

50 Awas! Cacingan masih menjadi ancaman

52 Widal positif belum tentu demam tifoid

56 Gizi penting Anak Sekolah

60 Lebih dekat mengenal penyakit tangan kaki dan mulut

ruang anak

ruang keluarga

92

62 Konsultasi

68 Hepatitis B, “The Silent Killer”

70 Pertolongan diare di rumah

72 Kenali fakta demam berdarah

76 Menu: Kreatif mengulik strawberry

78 Tingkatkan kecerdasan motorik halus anak

ruang sekolah

82 Apa yang Dilakukan Fisioterapis Anak?

84 Science&Play: Yuk...Buat Susu Kedelai Sendiri

ruang pajang

86 Fashion

90 Belanja yuk!

92 Ekspresi: Lihat deh, cantik dan ganteng kan..

95 Perporasi: Amendel tidak selalu harus operasi

Page 8: Majalah Anakku Maret 2011

6 Maret 2011 www.anakku.net,

i n f op r o d u k

Mickey Mouse Club HouseNumber RoundugGenre : Animasi/ Semua UmurHarga : VCD Rp.35.000 Waktunya untuk memakai topi koboi dan ambil tali lasso untuk membantu Mickey. Goofy dan semua sahabat clubhouse sedang ramai berlomba menangkap domba liar. Sayangnya ada sekelompok yang tidak jujur saat bermain. Ini yang membuat Mickey dan Goofy marah. Saat perlombaan me-nangkap domba liar sekelompok ini Daisy mencoba memecahkan pesan rahasia untuk memenangkan perlombaan ini.Berhasilkah Mickey dan teman-teman keluar sebagai pemenangnya?

Toy Story 3Genre : animasi/untuk semua umur Harga : VCD Rp. 49.000

Woody dan Buzz menyadari bahwa pemilik mereka, Andy, akan tumbuh dewasa dan apa yang akan terjadi ketika saat itu tiba? Kali ini, Andy bersiap-siap menghadapi kuliah, meninggalkan mainan kesayangan-nya. Andy sudah melupakan mainan tuanya dan bersiap pindah ke tempat tinggal barunya di kampus. Ia memutus-kan untuk mem-bawa Woody dan mengepak mainan

lainnya di kantung kresek dan bermaksud menaruhnya di loteng, namun Ibu Andy salah mengira dan membuang kantung kresek itu bersama sampah lainnya. Ibu Andy mengira bahwa Andy sudah tidak menginginkan mereka lagi, mainan-mainan itu masuk ke kotak barang yang hendak disumbang-kan ke Sunnyside Daycare. Woody kemudian mencoba menghentikan mereka dan meyakinkan bahwa Andy sebenarnya tidak hendak membuang mereka, namun main-an-mainan itu tidak percaya dan akhirnya mereka semua terbawa ke Sunnyside. Di sana, mereka mendapatkan sambutan hangat dari mainan-mainan penghuni Sunnyside yang dipimpin oleh Lotso si "Lots-O'-Huggin' Bear" yang kemudian membawa mereka ke "Caterpillar Room." Woody kembali mencoba meyakinkan mereka un-tuk pulang ke rumah Andy, namun mereka menolak karena yakin mereka hidup bahagia di Sunnyside. Woody lalu memutuskan untuk pergi tanpa mereka.Bagaimana kelanjutan ceritanya?

PurebabyKarena Si Kecil Membutuhkannya

Tidak semua tisu basah (baby wipes) aman untuk mem-bersihkan tangan dan mulut bayi , terlebih lagi ada fase di mana bayi gemar memasukkan apapun ke mulutnya. Bayi meng-eksplore benda di sekelilingnya untuk untuk menggali informasi .

Purebaby ingin membantu bayi Anda mengenal dunia tanpa perlu merasa selalu kuatir . Purebaby terbuat dari bahan-bahan aman (food grade), mengandung Aloe vera yang akan memberi kelembutan alami serta non-alkohol, dan didesain lebih tebal, agar nyaman digunakan. Selain itu, Purebaby diformulasikan secara khusus dengan pH 5 sesuai kulit bayi, protektif dan lembut, sehingga tidak menyebabkan iritasi pada kulit. (pH yang cocok untuk bayi adalah 4 – 6).

Page 9: Majalah Anakku Maret 2011

www.anakku.net Maret 2011, 7

i n f op r o d u k

Ke Mana KAKEK pergi?Pengarang: Catherine House & Honor AyresPenerbit: Erlangga for KidsHarga: Rp. 28.000,-

Sebuah rangkaian cerita yang indah, tentang Megan yang sangat mencintai nenek dan kakeknya. Nenek

suka membuat kue panggang dan menanam bunga tulip warna warni. Suatu sore, sang nenek mengajak cucunya merang-kai tulip merah jambu dan kuning, untuk diletakkan di makam kakek. Sepanjang jalan, mereka melihat burung menang-kap ulat, kelinci, burung gereja yang mati, dan beraneka satwa lainnya. Nenek pun bercerita

soal konsep kehidupan dan mati. Buku yang bertipe Read a story ini, memberi manfaat lebih soal kecer-dasan emosi anak, nilai moral, kecerdasan religi, dan menambah imajinasi dan kreativitas anak. Coba simak, bagaimana cara nenek saat menjelaskan kemana kakek pergi. Bahagia di tempat spesial di rumah Tuhan.

Tuink... Tuink...Pengarang: Fif i Af iahPenerbit: Erlangga for KidsHarga: Rp. 62.500,-

Ini merupakan seri Hewan Peliharaan. Kali ini berkisah tentang tingkah polah Kupi, si kelinci putih bermata jernih, yang gemar meloncat kesana kemari. Kupi amat suka makan wortel pemberian Sam, anak kecil yang gemar memandi-kannya dan juga kedua induknya. Kupi memiliki adik kecil yang lucu, yang amat ia sayangi. Keluarga kelinci ini secara rutin diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan langganan keluarga Sam.

Bagi Kupi, saat yang paling menyenang-kan adalah ketika Sam menyisiri bulu-bulu lembutnya, lalu memberinya wortel dan kangkung. Kupi sangat menyukai Sam, begitu juga Sam yang sangat menyayangi ke-4 kelincinya.

Ayo Berkreasi dengan Tema MesirPengarang: Emily BonePenerbit: Erlangga for KidsHarga: Rp. 43.500,-

Membuat kumbang scarab, rantai kertas penari yang bersambungan, kolase ratu Mesir Nefertiti yang cantik. Hmm...semua ini bisa diajarkan kepada buah hati Anda, sekaligus mempelajari tentang budaya Mesir yang artistik. Bagi si kecil yang suka binatang, ajak dia mengarungi Sungai Nil, dengan hewan-hewannya yang khas. Atau ajak si Upik membuat kalung elang yang indah dari sedotan aneka warna atau kotak hadiah berbentuk piramida yang indah. Serunya lagi, buku ini dilengkapi dengan lebih dari 250 stiker. Selamat berpetualang di Negerinya Ratu Cleopatra.

Page 10: Majalah Anakku Maret 2011

8 Maret 2011 www.anakku.net,

i n f oa g e n d a

AQUA¨Juven-Sahabat Sejati¨

Pada 27 Januari 2011 lalu AQUA meluncurkan buku cerita anak berjudul: “Juven-Sahabat Sejati” yang menceritakan kisah petu-alangan menarik anak-anak di desa Kuanfatu, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ide kisah ini ber-awal dari pelaksanaan program Satu untuk Sepuluh yang digagas AQUA sejak tahun 2007 dan kini telah menjangkau sekitar 21000 orang di Nusa Tenggara Timur, yang salah satunya adalah Desa Kuanfatu. Meskipun menghadapi ber-bagai kesulitan dalam mengakses air bersih, anak-anak di NTT tetap ceria, penuh kepedulian terhadap sesama serta memiliki dan cita-cita.

“AQUA memandang pentingnya penanaman nilai-nilai luhur dalam pembentukan karakter anak sebagai generasi penerus bangsa. Oleh sebab itu, melalui buku cerita dan berbagai program pendukung-nya, Kami mengajak para orang tua dan anak-anak Indonesia untuk mengembangkan kepedulian terhadap sesama dan lingkungannya, serta merangsang kreativitas dan minat baca anak,“ ujar Febby Intan, Brand Director AQUA. Menurut psikolog Sani B. Hermawan dari Lembaga Psikologi Daya Insani, buku merupakan media yang sangat baik untuk transfer nilai kepada anak serta menstimulasi kreatif itas, kemampuan berpikir dan linguistik anak. Buku Juven Sahabat Sejati ini akan didistribusikan ke 150 sekolah di tiga kota yaitu Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Bergandengan Tangan Mewujudkan Indonesia Lebih Sehat: "Donasi Lifebuoy untuk Revitalisasi Posyandu di NTT"Simbolisasi penyerahan donasi Lifebuoy untuk Revitalisasi Posyandu di NTT oleh Eka Sugiarto, Marketing Manager Skin & Cleansing PT Unilever Indonesia Tbk. kepada Christina Titu Eki, Ketua TP PKK Kab. Kupang, didampingi oleh Vita Gamawan Fauzi, Ketua Umum TP PKK Pusat, dr. Messerassi B. V. Ataupah, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kupang, dan

Amalia Sarah Santi, Senior Brand Manager Lifebuoy. (22 Februari 2011)

Waspadai Dampak Dehidrasi

Wanita lebih rentan terhadap dampak negatif dehidrasi pada kinerja, kognitif dan mood dibandingkan pria. Inilah hasil studi terbaru Lawrence Armstrong, PhD tahun 2010. Pen-tingnya air dalam lini kehidupan ini terungkap dalam press conference ¨Waspadai dampak dehidrasi terhadap tingkat kerja, kognitif dan

mood¨ di Jakarta, 9 Februari 2011. DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc., mengingatkan akan

tanda-tanda dehidrasi, yang ditandai dengan mulut kering dan lengket, mengantuk, haus, urin sedikit, airmata kering/kurang dan otot lemah, sakit kepala, pusing/silau melihat sinar. ¨Dehi-

drasi berat ditandai dengan haus berat, sangat mengantuk dan kebingungan, tidak berkeringat, urin sedikit dan berwarna kuning gelap, mata

cekung, dan sebagainya,¨ imbuh Saptawati. Acara press conference ini juga dihadiri pembicara

DR. Dr. Luciana Sutanto, SpGK, dan Sekretaris PDGMI (Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia)

Jaya Dr. T.M. Marini, M.Gizi, SpGK.

Page 11: Majalah Anakku Maret 2011

www.anakku.net Maret 2011, 9

i n f oa g e n d a

Inovasi Sidik Jari Frisian Flag 123&456

Sebagai mitra orang tua dalam pemenuhan nutrisi dan stimulasi anak untuk raih hari esok yang terbaik bagi buah hatinya, Susu Pertumbuhan Frisian Flag 123&456 melanjutkan komitmennya un-tuk mengembangkan potensi dan kecerdasan anak secara optimal melalui ¨Sidik jari cerdas Frisian Flag 2011.¨ Hal ini mengemuka saat Media Workshop: Inovasi sidik jari cerdas Frisian Flag 2011 bantu Ibu berikan stimulasi optimal untuk si kecil, 22 Februari 2011, di Ja-karta, yang dihadiri oleh Marketing Director Frisian Flag Indonesia (FFI) Jan Pieter Tanis, Novita Angie, Nutritional Manager FFI dr. Tria Rosemiarti, psikolog Efnie Indriani, dan Marketing Manager FFGUM 123&456 Davy Djohan.

Secara empirik, dari 100% subyek penelitian, 75% menyatakan gambaran hasil analisa sidik jari relevan dengan kondisi anak yang sebenarnya. Angka 25% dapat dimaklumi mengingat perilaku sehari-hari sudah dipengaruhi oleh lingkungan, sedangkan analisa sidik jari adalah potret gambaran asli seorang anak ketika terlahir di dunia. Pada 26 Februari 2011, akan diciptakan rekor dunia terbaru yang akan tercatat di Guiness Book of Record, yakni analisa sidik jari terhadap 3000 pasangan ibu dan anak.

Sidik Jari Cerdas FF juga akan dilaksanakan di 11 kota lainnya. Untuk dapat ikut serta, para orang tua cukup membeli produk Susu Pertumbuhan FF 123&456 mulai dari Rp.100.000 di outlet yang berpartisipasi dan bisa langsung mengikuti analisa sidik jari. Agar lebih jelas kunjungi situs www.ibudanbalita.com

GOMOBILE, perusahaan nasional yang bergerak di bidang media selular, 30 Januari 2011 lalu meluncurkan MOM (Mothers on Mobile), sebuah layanan aplikasi media in-formasi dan interaktif di ponsel yang didedikasikan khusus bagi wanita dan ibu. ¨Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang media selular, kami sadar tuntutan perubahan di sektor ini sangat cepat sehingga kami berupaya secara kreatif dan strategis mengembang-kan layanan media di ponsel, sesuai kebutuhan masyarakat dan marketer,¨ tutur President Direktur GOMOBILE, Bobby Arthawan saat jumpa pers di Jakarta.Penggagas pendidikan internet untuk perempuan, Nurlina Purbo mengatakan selama ini

teknologi seolah milik kaum pria, sementara wanita kerap dianggap gagap teknologi. Padahal, kehadiran teknologi informasi sebenarnya bisa emmberikan manfaat yang luas bagi wanita, termasuk ibu.

Acara peluncuran MOM ini juga dihadiri oleh artis Sof ie Navita, yang mengaku interest atas diluncurkannya MOM. ¨Dapat menjadi ajang share antar ibu, misalnya saja share tentang bagaimana agar sukses memberi ASI eksklusif, dan tentu saja ini sangat positif,¨ kata Sof ie.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs GOMOBILE di www.gomobile.co.id

MOM, Aplikasi Bagi Wanita dan Ibu

Page 12: Majalah Anakku Maret 2011

10 Maret 2011 www.anakku.net,

l i p u t a n

Informasi seputar kesehatan anak selalu menarik untuk disimak. Karenanya ketika Majalah Anakku bersama-sama dengan Isomil Plus Advance (PT Abbot Indonesia) dan Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading (RSMKKG) menggelar seminar ¨1 dari 13 balita alergi susu sapi. Anak Anda salah satunya?¨ pada Sabtu, 12 Februari 2011, maka ibu yang haus akan informasi pun menghadirinya. Serunya lagi, sebelum seminar ada sesi lomba foto ibu dan anak, di mana ibu dan si kecil bisa bergaya di depan kamera.

Pada opening speech-nya, Bapak Supriya Lelana dari Bussiness Unit Manager-Pediatric Nutrition Division PT Abbot Indonesia menyatakan bahwa seminar alergi ini diseleng-garakan sebagai wujud kepedulian PT Abbot Indonesia terhadap kesehatan anak-anak Indonesia. Tentu saja ini sejalan dengan misi dan visi Majalah Anakku sebagai jembatan informasi kesehatan anak.

Seminar yang diadakan di Auditorium RSMKKG ini menghadirkan dua spesialis anak; dr. Jeanne Vidianty, SpA dan dr. Dina Muktiarti, SpA. Masing-masing membahas tumbuh kembang anak secara normal, dan pembicara kedua mengupas tentang masalah alergi pada anak.

¨Tiga kebutuhan dasar seorang anak adalah Asuh, Asih, dan Asah. Asuh meliputi kebutuhan akan ASI, nutrisi, kesehatan dasar (imunisasi), higiene dan sanitasi. Asih adalah kasih sayang dan perhatian orang tua, serta Asah meliputi stimulasi, pendidikan informal, formal, dll.,¨ jelas dr. Jeanne dari RSMKKG Jakarta Utara. Ketiga faktor ini mutlak perlu diperhatikan, karena berkenaan dengan tumbuh kembang anak.

Sayangnya, dalam tumbuh kembang anak, ada ´pencemar´ seperti masalah alergi susu sapi. Angka kejadian alergi susu sapi ini cenderung mengalami peningkatan. Masalah alergi ini secara lugas dikemukakan oleh dr. Dina Muktiarti Sp.A dari Klinik Anakku. Selain menghindari protein susu sapi dan produknya, ibu yang masih memberi

ASI juga berpantang protein susu sapi. Sebagai pengganti berikan susu formula kedelai. ¨Formula kedelai sudah lama dijadikan alternatif pengganti susu pada anak dengan alergi susu sapi. Formula kedelai untuk anak saat ini sudah dimodif ikasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak, dan dapat dianjurkan pada pasien alergi susu sapi (tipe IgE) serta risiko silang rendah.¨

Pada sesi tanya-jawab, MC Rama Soe-gianto sempat kewalahan karena begitu antusiasnya peserta yang ingin bertanya. ¨Alergi bisa sembuh tidak?¨ ¨Jika diberi susu formula kedelai, apakah sudah mencukupi

kebutuhan gizinya?¨ dan sebagainya. Wah wah wah....para orang tua ini, begitu peduli akan tumbuh kembang buah hatinya.

Acara disemarakkan dengan pembagian doorprize, pengumuman pemenang lomba foto ibu dan anak, dan ditutup dengan makan siang, sambil dihibur dengan musik dan penyanyinya.

Sampai jumpa di rumah sakit berikutnya....

Ibu Peduli Alergi Susu SapiTalk Show

Page 13: Majalah Anakku Maret 2011

www.anakku.net Maret 2011, 11

Ibu Eka ( Kiysa )

Ibu Ester (Bella)

Ibu Juniati (Natania)

1

2

3

Ibu Ina (Ridho)

Ibu Trie ( Keisha) Ibu Inge (Tasya)

Ibu Rose (Raffin)

Ibu Sakia (Ervan)

Ibu Lelli (A. Ghozali) Ibu Wardah (Abiza)

Ibu Rita (Kanya) Ibu Junita (Tristan) Ibu Mamal (Afifah)

Ibu Winarni (Zahra)

Ibu Titie (Elena)

Ibu Lauw Jullian (Ivan) Ibu Winda (Davan) Ibu Lenny (Darren)Ibu Lenny (Darren)

Ibu Bunga (Kayla)

Ibu Angelina (Natasha) Ibu Risma (Eizel) Ibu Yuni (Naufal) Ibu Lis (Satria)

Ibu Oppie (Reyfan)

Ibu Neneng (Alya)

Ibu Ima (Umayra)

PesertaLomba Foto

Ibu Peduli Alergi

Page 14: Majalah Anakku Maret 2011

12 Maret 2011 www.anakku.net,

l i p u t a n

Mengawali tahun 2011, Diary Bunda mulai membidik kalangan murid-murid sekolah dengan menggelar kegiatan bertajuk Diary Bunda Goes to School (DBGOES).

Salah satu sekolah yang didatangi tim DBGOES adalah SDSN 15 Tebet Timur, Jakarta Selatan. Diawali dengan kegiatan Coaching Clinic yang merupa-kan suatu metode pembelajaran bagi siswa-siswi untuk lebih mengenal dunia broadcasting secara langsung, sekaligus mempraktekkan perlengkapan broad-cast tersebut.

Diary BundaGoes To School

Sementara anak-anak berkegiatan, bincang-bincang pakar dengan para bunda juga berlangsung, yang kali ini menghadirkan dua pakar Ibu Sri Keanaya dan Bapak Achmad Boedi, dengan tema ¨Bagaimana membentuk keluarga yang harmonis dan bahagia.¨ Sebagai pembicara pertama Ibu Sri Keanaya menyoroti soal peran Bunda sebagai ibu, wanita karir, dan juga istri. Acara dialog ini dimeriahkan dengan kuis dan games serta diakhiri dengan penampilan siswa-siswi SDSN 15 Tebet Timur dalam unjuk bakat bermain pianica.

Pembicara kedua, pakar harmonisasi keluarga Bapak Achmad Boedi berbagi tentang rahasia keharmonisan keluarga secara global yang berkaitan dengan kesejahteraan f inan-sial, kesehatan keluarga dan kebahagiaan hakiki yang dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Dan lagi-lagi, sesi ini

diwarnai dengan pem-bagian doorprize, kon-tribusi dari Konicare dan Konimex, Children Store, Wardah, Dian Kenanga, Javan, dan Mustika Ratu.

Setelah puas dengan kegiat-an Coaching Clinic, siswa-siswi disuguhi Story telling dari Pustaka Lebah dan sulap anak. Dan, akhirnya acara

yang ditunggu-tunggu yakni sesi Casting, di mana siswa dan Bunda mengikuti casting untuk talent di program TV Diary Bunda. Dilanjutkan dengan Pamer Karya, siswa-siswi memamerkan karya yang telah dihasilkan masing-masing.

Wah, senangnya. Begitu banyak ilmu dan informasi bisa dipetik dari acara DBGOES kali ini. Anak riang, Bunda pun senang. Sampai jumpa di sekolah berikutnya....

12 Maret 2011 www.anakku.net,

Page 15: Majalah Anakku Maret 2011

www.anakku.net Maret 2011, 13 www.anakku.net Maret 2011, 13

Page 16: Majalah Anakku Maret 2011

14 Maret 2011 www.anakku.net,

pengalamanku Tempat para orangtua berbagi pengalaman sehari-hari seputar masalah kesehatan anak.

Savitri Iwok

Biasanya aku mengalihkan perhatian Chacha pada mainan yang dia sukai, lalu masukan deh obatnya ke dalam mulut. Cara lainnya, dengan berpura-pura seolah kita juga meminum obat

itu, dengan memasang mimik yang menyenangkan. (Sambil berdecak ¨Hmm... enaaaak...¨). Nah, Chacha pun tidak segan memasukkan obat ke mulutnya seperti yang kita lakukan.

“Pura-pura”

Shinta Septiana

Karena Bian lebih dekat sama eyangnya, jadi acara kasih obat pun mesti lewat tangan Eyangnya. Kalau Eyang yang mem-beri obat, blas, langsung masuk ke mulut dan langsung ditelan. Nggak pakai acara nangis, nggak pakai ngambek.

¨Ampuhnya tangan Eyang¨

Nunung Wardhani

Alhamdulillah, putri kecilku Zahira tergolong gampang minum obat. Jadi, aku nggak terlalu bermasalah soal ini. Tinggal dituang di sendok, dan lep...langsung diminum. Selesai.

¨Tidak masalah¨

Halvira

Anakku Kayla cenderung susah minum obat. Tidak koperatif sama sekali. Satu-satunya cara yang sejauh ini berhasil adalah dengan memasukkan obatnya ke dalam makanannya, misalnya bubur. Yang penting obatnya masuk.

¨Campur makanan¨

Lia Ruliyanti

Pertama-tama sibukkan dia dengan mainannya, misalnya kasih dia pipet bekas obat yang berisi air putih, lalu siapkan pipet yang benar-benar

berisi obat. Saat dia sibuk masukkan obat ke mulutnya. Memang tidak langsung semuanya, tapi sedikit-sedikit, yang penting semua obat bisa masuk.

“Mengalihkan perhatian”

Fitri Hapsari

Biasanya sehabis imunisasi, anak demam. Dulu sempat panik, bagaimana cara memberi obat buat Yuf ita. Secara baik-baik pasti dia pasti menolak. Salah satu caranya, ya menunggu saat dia lagi nangis atau membuka mulutnya,

langsung ambil pipet dan masukkan obatnya. Memang sih, rada mencuri-curi, tapi sejauh ini berhasil.

¨Curi-curi kesempatan¨

Bagaimana pengalaman ibu

saat memberikan obat buat si kecil?

14 Maret 2011 www.anakku.net,