Magelang ekspres edisi selasa 26 agustus 2014

download Magelang ekspres edisi selasa 26 agustus 2014

of 6

  • date post

    02-Apr-2016
  • Category

    Documents

  • view

    234
  • download

    11

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Magelang ekspres edisi selasa 26 agustus 2014

  • CMYK

    CMYK

    E-mail: redaksi@magelangekspres.com, iklanmglekspres@gmail.comRedaksi, Iklan dan Pemasaran: Jl. A. Yani No 348 Magelang Telp. (0293) 310846 Web: magelangekspres.com,

    SELASA 26 AGUSTUS 2014

    JOKOWI-JK BEDAPENDAPAT SOALKABINET

    bedo ra popo singpenting sihkompak?

    SOLAR MULAILANGKA

    keno nggo alesanngundake rego

    Mendengar nama Raja Ampat, siapa yang akan menjawabtidak tahu. Nama ini beberapa tahun terakhir makin santer

    terdengar sebagai surga wisata bahari baik di Indonesiamaupun di mancanegara. Sederhana, tapi mendunia,

    itulah yang terlihat ketika JPNN menapakkan kaki diibukota Kabupaten Raja Ampat, Waisai, pekan ini.

    NATALIA LAURENS, Raja Ampat

    Mengunjungi Raja Ampat, Destinasi Wisata Andalan di PapuaTerus Bersolek Demi Kehidupan

    foto: jpnnANDALAN. Seorang wisatawan sedang berpose dengan latar belakangkeindahan alam di Raja Ampat, Papau.

    KOTA kecil ini mengurai banyakcerita tentang perubahan. Berso-lek menjadi cantik demi perhatiansemua mata dan perubahan kehi-dupan. Ini dilakukan ketika peme-rintah memilih kabupaten deng-an ratusan gugusan pulau itu se-bagai tempat melaksanakan ke-giatan Sail Raja Ampat.

    Mendadak Raja Ampat sepertiterbangun dari tidur panjang.Rombak sana-sini pun dilakukandemi kegiatan itu. Saat JPNN da-tang bersama rombongan Ke-menterian Pemuda dan Olahragake kota ini untuk mempersiapkanbeberapa rangkaian kegiatan sail,

    ke hal 3foto : ist

    6 Truk Tertimbun Longsorangrafis: zan

    foto:solikhah ambar p/magelang ekspresEVAKUASI. Tim SAR dan sejumlah relawan sedangmengevakuasi truk yang tertimbun longsoran di alursungai Pabelang kemarin (25/8).

    Seorang Sopir Tewasdan Lainnya Luka-luka

    MAGELANG - Seorang sopir truk pasirbernama Sugiyono (45), warga Bergas,Karangjati, Ungaran tewas tertimpa longsor

    saat tengah mengantre muatan pasir di alursungai Pabelan, Senin (25/8) pagi. Korbandiduga mengalami luka parah akibattertimpa material longsoran yang terdiridari tanah, bebatuan dan pepohonan.

    Berdasarkan keterangan yang dihimpunkoran ini, kendaraan korban dan sekitar 9

    kendaraan lain tengah mengantre hendakmemuat material pasir sekitar pukul 07.00WIB. Lokasi penambangan sendiri masukdi wilayah Desa Sengi, Kecamatan Dukun.Truk- truk tersebut terparkir di alur sungaiyang masuk wilayah Dusun Wonogiri, DesaKapuhan, Kecamatan Sawangan. Tiba- tiba

    tebing setinggi sekitar 70 meter dan lebar50 meter yang berada di bantaran sungaisisi kiri mengalami longsor dan menimbunenam truk, termasuk truk korban. Sedang-kan truk lainnya bisa menyelamatkan diri."Kami tidak lihat apa- apa, hanya men-dengar suara bergemuruh kemudian

    langsung longsor. Sebisa mungkin kamimenyelamatkan diri," kata Kasdi, salah satusopir truk yang selamat.

    Dikatakannya, dia berhasil selamat lan-taran truk miliknya berada di urutan an-trean terdepan sehingga bisa langsung ber-

    ke hal 3

    Permak PenampilanARTIS cantik Bunga Citra

    Lestari mungkin tak menyangkajika karirnya di dunia musik bisasampai sejauh ini. Berprofesisebagai pemain sinetron dan film,wanita yang kerap disapa BCL ininyatanya juga bisa konsistenmendalami dunia tarik suara.

    Sebagai bukti eksistensinyadi industri musik, BCL kinicukup sibuk menyiapkanpeluncuran albumterbarunya yang dijadwalkanrilis Oktober mendatang.Bunga menitikberatkantentang berbagaiperubahan yang iasuguhkan dalamalbum barunya.

    Istri dari AshrafSinclair inirupanya cukupconcern denganperubahanmusik danpenam-pilannya.

    PembatasanPembelianBBM di SPBU

    MAGELANG - PembatasanBBM bersubsidi ternyata tidakhanya berlaku untuk jenis solarsaja, tetapi juga jenis premium.Khususnya untuk masyarakat se-

    bagai konsumen, pembelianBBM pun dibatasi.

    Auditor Pengawas SPBU 44 56115, Haniv, mengatakan, pem-batasan tersebut adalah akibatdari pembatasan jatah kirimandari Pertamina ke SPBU. Olehkarenanya SPBU harus membuatkebijakan sendiri agar distribusiBBM merata kepada pelang-gan.Kami mendapat surat edaran

    dari Pertamina, pada mulaitanggal 18 Agustus jatah pasokandikurangi sekitar 30%-50%. Agardalam satu hari atau 24 jam, stokyang ada bisa melayani semuapelanggan secara merata, makaharus ada pembatasan pembelianBBM, dan kebijakan pembatasantergantung oleh masing-masingSPBU, ucap Haniv.

    ke hal 3

    BAHAN BAKAR

    Motor Rp20 Ribu, Mobil Pribadi Rp100 Ribu

    foto: chandra yoga k/magelang ekspresPEMBATASAN. Kendaraan pribadi, umum dan sepeda motor terkena pembatasan pembelian BBM,akibat pengurangan jatah kiriman dari Pertamina ke SPBU. Namun tidak semua SPBU terdapat kebijakanpembatasan pembelian.

    ke hal 3

    foto: al hanif/magelang ekspresANTRE. Terjadi antrean kendaraan cukup panjang di SPBU 4456104Mertoyudan kemarin. Sudah dua hari SPBU yang berada di jalan rayaMagelang-Jogjakarta itu tak mendapatkan pasokan solar.

    Sudah 2 HariSPBU Japunan TakDapat Pasokan

    MAGELANG - Menyusul di-berlakukannya pembatasan ba-han bakar minyak (BBM) ber-subsidi, bahan bakar minyak je-nis solar mulai menghilang di

    sejumlah stasiun pengisian ba-han bakar umum (SPBU) di ja-lan raya Magelang - Jogja. Aki-batnya sebagian kendaraan ter-paksa harus membeli solar nonsubsidi dengan harga yang jauhlebih mahal yaitu mencapaiRp14.000 per liter.

    Petugas SPBU 4456113 Japu-nan, Iwan mengatakan, bahwa

    Solar Mulai Langka

    ke hal 3

    Jero Wacik Pastikan KuotaBBM Tidak Ditambah

    JAKARTA - Menteri Energidan Sumber Daya Mineral(ESDM) Jero Wacik, memastikantidak ada penambahan kuotaBahan Bakar Minyak (BBM)subsidi untuk tahun 2014.

    "Saya rasa tidak perlu ada pe-nambahan kuota lagi, kita su-dah sepakat subsidi BBM(energi) ini sudah sangat tinggi,harus dikurangi jangan tambahlagi, habis uang kita nanti," kata

    Jero Wacok di Gedung DPR RIJakarta, Senin (25/8).

    Dijelaskan bahwa kuota BBMbersubsidi tahun 2014 dan 2014masing-masing 48 juta kiloliter.Pada 2014 dari kuota itu hanyaterpakai 46,2 juta KL. Pada 2014pemerintah kembali mengusul-kan kuota 48 juta KL karenaadanya penambahan 1,2 mobildan 9 juta unit sepeda motor.

    ke hal 3

    JAKARTA - Presiden terpilihJoko Widodo masih akan mem-pertimbangkan sejumlah hal se-belum membuat keputusan ber-kaitan kebijakan subsidi BBM.Selain pertimbangan fiskal, kal-kulasi politik dan sosial juga ter-masuk yang ikut dihitung.

    "Harus banyak kalkulasi, belumbisa diputuskan," ujar Joko Wido-do di sela menghadiri acara akadnikah relawan Jokowi-JK di Mas-jid Sunda Kelapa, Jakarta, kemarin.

    Meski demikian, dia mengung-kapkan, kalau skenario utamayang sedang dalam penghitung-an adalah mengalihkan subsidiBBM ke sektor produktif. Upayatersebut dilakukan karena per-timbangan kondisi keuangannegara yang ada saat ini.

    "Kondisi ruang fiskal kita tidakmemungkinkan untuk semua sub-sidi BBM itu. Kami akan coba ge-ser ke sektor produktif," bebernya.

    Dia mencontohkan, subsidi

    BBM nantinya bisa dialihkanpada subsidi untuk pupuk peta-ni, solar, kapal nelayan, UMKM,dan sektor produktif lainnya.

    Mantan Walikota Surakarta itumenjelaskan, fokus menekanketergantungan pada subsidiBBM itu disedang dikaji serius.Hal itu mengingat, lanjut dia,sebesar 70 persen subsidi BBMmasih dinikmati oleh masyara-kat pemilik mobil.

    Jokowi Siap Geser Subsidi BBM ke Sektor Produktif

    ke hal 3

    Pertamina KendalikanKonsumsi BBM

    SEMARANG - Pertamina mengendalikankonsumsi bahan bakar minyak (BBM) ber-subsidi agar kuota untuk tahun ini dapat me-menuhi kebutuhan masyarakat hingga akhirtahun. "Sebagai contoh untuk wilayah Market-ing Operation Region IV Jawa Tengah & DIYhingga 23 Agustus 2014 data sementara rea-lisasi konsumsi BBM bersubsidi mencapai 65persen dari kuota tahun 2014," ujar Vice Presi-dent Corporate Communication PertaminaAli Mundakir melalui rilisnya, Senin.

    ke hal 3

    KABINETJokowi-JK Beda PendapatSoal Pembentukan Kabinet ?

    JAKARTA - Wakil Bendahara Umum PartaiGolkar, Bambang Soesatyo menduga, belumadanya gambaran postur kabinet pemerintahbaru disebabkan perbedaan tajam cara pandangantara presiden terpilih Joko Widodo denganwakil presiden terpilih Jusuf Kalla. Jokowimenurutnya, cenderung progresif, sementara JKmemilih proses perubahan bertahap.

    Menurut pria yang akrab disapa Bamsoet ini,dugaan hadir didasari beberapa fakta yangmengemuka. Antara lain, tak lama setelah KPU

    ke hal 3

    Bunga Citra Lestarixx

    xx

    xx

    11

  • CMYK CMYK

    CMYKMAGELANG EKSPRESSELASA 26 AGUSTUS 2014 4

    CMYK

  • CMYKCMYK

    CMYK CMYK

    SELASA 26 AGUSTUS 2014

    K O T A K I T AGejolak BBM Naik

    Pembatasan BBM mulai diperlakukan.Akibatnya BBM subsidi mulai menipis.Akankah harga BBM kembali naik?

    M a s y a r a k a tharus siap, ka-rena akan adainflasi kenai-kan harga ba-rang lain, aki-bat kenaikanBBM, (cha)

    BONNY, SWASTA, MAGELANG.

    FENDI, SWASTA, MAGELANG.

    Kalau naik yanaik saja, asalkan BBM tetapmudah dicariatau tetap adabarangnya,

    LINGKAR TIDAR

    WARGA KELUHKAN TROTOARJALAN SIGALUH NGILANG

    foto : wiwid arif/magelang ekspresBAHAYA. Pejalan kaki terpaksa melewati bahu Jalan Sigaluh lantaran dua sisi trotoar tidak bisa dilewati.

    ke hal 11

    MAGELANG TENGAH - Wargayang menggunakan Jalan Sigaluh,Kota Magelang mengeluhkanpembongkaran fasilitas trotoar se-kitar 30 meter di kawasan terse-but. Akibatnya, pejalan kaki ter-paksa menggunakan bahu JalanSigaluh, meskipun kendaraan lalulalang cukup padat.

    Pantuan koran ini, di jalan yangmenghubungkan Jalan Pemudadan Jalan Majapahit itu memangmenyempit. Di sisi selatan trotoarJalan Sigaluh saat ini tengah dila-kukan proses pembangunan. Se-mentara, untuk trotoar sisi utaradijadikan lapak bagi para peda-gang kaki lima (PKL). Alhasil, tro-toar dua sisi yang semula dituju-kan kepada para pejalan kaki punkini berkurang kapasitasnya.

    Sejumlah pekerja jug