Madabintal atkp surabaya 2014

8
10-01-2015 “Madabintal ATKP Surabaya” Masa dasar pembinaan fisik dan mental, merupakan langkah awal untuk orientasi pembiasaan kehidupan siswa menjadi taruna, dengan dilengkapi penahanan atau bahasa lebih kerennya ‘konsiner’ selama 3 bulan tanpa pulang di akademi teknik dan keselamatan penerbangan surabaya. Nih, bakal ane critain beberapa kegiatan yang menjadi pokok dalam kegiatan masa dasar pembinaan mental akademi ini. Akademi teknik dan keselamatan penerbangan surabaya pada tahun 2014 melaksanakan masa madabintal dimulai pada tanggal 21 september 2014 hingga pelantikan taruna baru tanggal 11 Oktober 2014. Persiapan madabintal Ya seperti itulah, sebelum tanggal 21 september, banyak sekali yang harus dipersiapkan, pertama dari barang-barang dan beberapa administrasi. Ini nih beberapa persyaratan yang harus dibawa ketika madabintal, a. Alat tulis 1. Alat tulis, (pena, pensil, penghapus) 2. 5 buku tulis - Kalo saran ane, bawa alat tulisnya di dobelin aje, karena gak jarang, alat tulis bakal rusak. Terus jangan lupa bawa catatan kecil, ini penting untuk menulis pengumuman. b. Sandang 1. 3 kaus oblong warna putih bersih 2. 2 celana kolor pendek warna putih dan hitam/gelap 3. 2 celana training warna gelap 4. 7 kaus dalam warna putih polos 5. 7 celana dalam 6. 2 celana kempol warna biru gelap.

Transcript of Madabintal atkp surabaya 2014

Page 1: Madabintal atkp surabaya 2014

10-01-2015

“Madabintal ATKP Surabaya”

Masa dasar pembinaan fisik dan mental, merupakan langkah awal untuk orientasi pembiasaan kehidupan siswa menjadi taruna, dengan dilengkapi penahanan atau bahasa lebih kerennya ‘konsiner’ selama 3 bulan tanpa pulang di akademi teknik dan keselamatan penerbangan surabaya.

Nih, bakal ane critain beberapa kegiatan yang menjadi pokok dalam kegiatan masa dasar pembinaan mental akademi ini.

Akademi teknik dan keselamatan penerbangan surabaya pada tahun 2014 melaksanakan masa madabintal dimulai pada tanggal 21 september 2014 hingga pelantikan taruna baru tanggal 11 Oktober 2014.

Persiapan madabintal

Ya seperti itulah, sebelum tanggal 21 september, banyak sekali yang harus dipersiapkan, pertama dari barang-barang dan beberapa administrasi. Ini nih beberapa persyaratan yang harus dibawa ketika madabintal,

a. Alat tulis1. Alat tulis, (pena, pensil, penghapus)2. 5 buku tulis

- Kalo saran ane, bawa alat tulisnya di dobelin aje, karena gak jarang, alat tulis bakal rusak. Terus jangan lupa bawa catatan kecil, ini penting untuk menulis pengumuman.

b. Sandang1. 3 kaus oblong warna putih bersih2. 2 celana kolor pendek warna putih dan hitam/gelap3. 2 celana training warna gelap4. 7 kaus dalam warna putih polos5. 7 celana dalam6. 2 celana kempol warna biru gelap.

- Jika, agan belum pada punya tuh barang-barang kayak nomor 1, 2, 3, gak usah beli yang mahal2 deh, sayang uang, hemat aje, hehehe, karena barang-barang tuh bakal dipakai selama madabintal doang, setelah pelantikan, barang-barang tuh kudu dibalikin ke orang tua dan sudah tidak boleh dipakai lagi di atkp.

c. Peralatan ibadah (menyesuaikan agama masing-masing, kalo yang muslim seperti biasa bawa sarung, Qur’an, peci dan mukena bagi yang putri)

d. Peralatan mandi1. Sabun mandi batangan2. Sikat gigi3. Handuk4. Pasta gigi

Page 2: Madabintal atkp surabaya 2014

- Nah, disini gak ditulis tu bawa shampo, mending agan bawa shampo dan sabun cuci secukupnya, oya, disini tahun 2014 kemarin dilarang bawa shampo botol dan sabun cair. Dilarang pula bawa deodorant dan bedak, facial foam dan hand and body lotion. Selain itu dilarang bawa lulur, hehehe, ini nih perbedaan masa madabintal dengan masa kita kalo masih jadi siswa di sma/smk. Semangat deh buat agan yang pengen masuk akademi ini. ^^ , namun, kadang tiap tahun uda beda aturan, jadi santai aje gan.

e. Obat-obatan1. Vitamin C, ini yang paling penting untuk menjaga kesehatan tubuh2. Obat-obatan lain ( yang penting juga tuh bawa obat mag, paracetamol, amoxilin dan

obat flu)3. Obat-obatan pribadi

- Saran ane, bawa salep semacam counterpain untuk otot, karena di madabintal bakal banyak kegiatan yang menjadikan otot bekerja maksimal, apabila tidak terbiasa, kebanyakan otot akan kram pada malam hari. Kemudian, lebih baik simpan obat-obatan pada satu tempat, beberapa obat-obatan penting sakuin, termasuk vitamin C.

f. Lain-lain1. 2 sapu tangan2. 1 pohon (tergantung jurusan, kalo ane bawa pohon sono, tepat karena ane masuk

jurusan Navigasi udara tuh, ada dua pilihan pohon, yaitu pohon trembesi dan pohon sono. Kalo agan cari pohon dan sulit cari pohon yang sesuai aturan, agan boleh kog bawa pohon yang lebih pendek dengan jenis pohon yang sama tentunya )

3. 2 pasang kaus kaki hitam dan 2 pasang kaus kaki putih4. Sepatu pdl kulit jeruk.5. Uang saku maksima 200rb

- Disini gan, dibolehin bawa atm, ktp, sim, stnk dan lain-lain. Boleh juga bawa dompet.

g. Administrasi1. Pas foto 4x6 (4buah) dan 2x3 (4buah)2. Surat pernyataan taruna yang dikasih waktu daftar ulang setelah tahap dua.h. Pakaian ketika berangkat1. Baju kemeja putih lengan pendek2. Celana hitam3. Sepatu pdh4. Sabuk hitam

Waktu itu gan, kita masuk pada tanggal 21 september 2014. Persiapan ane sudah lengkap, semua barang ane masukin koper dan sebuah ransel. Siap dan siap dah, berangkat dari kota angin nganjuk city menuju kota pahlawan surabaya. Motoran gan, ane berangkat sendiri tuh dari rumah tanpa dianter orang tua. Ya, nunjukin aje, ane kan uda dewasa. Maksudnye gak mau lah ngrepotin sang bunda gan.

Page 3: Madabintal atkp surabaya 2014

Tanggal 19 ane nginep di sodara ane gan, di sidoarjo, bawa koper, pohon, ransel pake motor, bayangin gan, luarbiasanya. Hehehehe. Alhamdulillah ane selamat sampai tujuan gan.

Terus tanggal 20 malam ane nginep di rumah budhe di siwalan, sekitar 500 meter dari kampus atkp, 15 menit jalan kaki dari atkp. Alhamdulillah gan, ternyata ada budhe di siwalan. Hehehe, tanda kalo ane kurang silaturahim ama sodara gan.

Mulai madabintal

Tanggal 21, bulan september hari Ahad, kaki ini melangkah menuju sebuah kampus hebat yang berkonsentrasi membimbing para calon ahli teknisi keselamatan penerbangan indonesia. Ya, ATKP Surabaya. Agan pasti sudah tahu kan, ATKP Surabaya, sekarang ini (2015 bakal ngeluarin jurusan baru, yaitu MTU, manajemen transportasi udara). Eh eh eh,, kembali ke kisah ane madabintal, 2014.

Ane, berangkat dianter anak budhe ane gan, dari rumah beliau di siwalan, naik motor, berkoper, beransel dan yang paling ribet nih, kudu bawa poho gan, dengan panjang 2 meter pula, hahahha, perjuangan gan, kudu siap mental dan fisik jadi taruna. ^_^

Setelah itu, ane sampai di atkp, pamitan dan masuk kampus atkp gan, kabarnya sih orang tua dilarang masuk, tapi tetep aje lah, abang ane nganterin ane bawa tuh pohon sono ane gan. Hehehe, alhamdulillah ada bantuan. Setelah itu, ane ngumpul dan kenalan bersama temen-temen ane calon taruna di deretan barisan meja bertuliskan “TNU”. Ane absen dan diberi sebuah tali dengan gantungan lembaran plastik keras yang harus ditulis nama dan jurusan ane, kemudian di talikan di pohon yang ane bawa. Setelah itu, ane dapat beberapa perlengkapan madabintal. Yaitu, 2 kaus madabintal, 1 sabuk kopelring, sabu botol jungle dengan kantung botolnya yang bisa dipasang di kopelring, dua tali gelang untuk merapatkan celana pdl di betis, sebuah topi, dan sebuah tas jungle warna ijo kecil dan juga diberi sebuah kantong kresek warna merah.

Setelah semua barang diberikan, saatnya, pengecekan oleh resimen, semacam OSIS jika di SMA, mengecek tas untuk mengambil atau menyarankan dikembalikan ke orangtua apabila calon taruna membawa barang yang tidak patut dibawa. (itulah gan, kayak saran ane diatas, kalo obat-obatan yang berlebih tidak boleh dibawa, lebih baik di simpan di saku atau yang lainnya, dan hanya sebagian kecil saja diletakkan di tas, karena jika berlebih bakal diambil oleh resimen. Dompet pula jangan diletakkan di tas, mending disakuin).

Nah, saat pengecekkan itu, calon taruan dilarang tuh bawa koper, dan kudu dibalikin ke pengantar. Berhubung yang ngantar ane uda pulang duluan gan, jadi kepaksa ane tinggal dulu koper ane di depan tempat pendaftaran. Bagi agan yang bawa koper, saran selanjutnya tetap dibawa aja, dan diamankan di barak, karena sayang kalau ditinggal sembarangan ditempat pendaftaran kayak ane gan, hehehehe. Kita pindahin tu gan, semua isi koper ke plastik merah besar. Kalo yang di dalam ransel gak dipindahin gan, karena kita boleh bawa ransel. Setelah dipindah semua barang, kita diminta pindah tempat menuju barak. Untuk meletakkan barang-barang.

Page 4: Madabintal atkp surabaya 2014

Lari-lari lari,,, huha, hehehhe, itu tu gan, kita semangat banget di hari pertama, lari kita seolah tak terasa berat karena lelah itu kalah oleh semangat kita. Wew. Setelah meletakkan semua barang tuh gan, kita ngumpul didepan, berbaris, dibriefing oleh pembina dan senior. Briefing mengenai barang-barang yang kudu dibawa menuju ke bandung. Jleb, ‘bandung ?’ busyet, ane belum persiapan apapun buat bawa obat anti mabuk gan, wuduh, mudah mudahan ane gak mabuk, pikir ane gitu gan. Sumpah, itu karena terakhir ane naik bus, setaun lalu, ane mabuk berat gan. Hehehe, malu-maluin aje ye gan.

Setelah semua ngumpul gan, kita diminta ganti baju dengan baju madabintal, lengkap dengan kopelring, topi, dan celana kempol warna biru. Ganti baju usai, kita diminta ambil perlengkapan yang bakal dibawa ke bandung selama 10 hari.

Semua persiapan selesai, dengan warna dasar sandang warna ijo, kita berangkat menuju lapangan untuk pelaksanaan apel. Dibuka, dan diisi pidato oleh direktur atkp gan, Ir setyo MM. Sambutan pemberangkatan menuju kota bandung, cipatat, di infanteri, pusat pelatihan para hantu rimba angkatan darat.

Kita berangkat, naik sebuah bus besar, berlogo hino, menuju Cipatat. Subhanallah, bismillahirrahmaanirrahiim, ane ucapin basmallah ketika kaki ini menaiki bus. Ane duduk di kursi nomor tiga di sisi kanan. Bersama seorang yang berasal dari tanggerang. Dalam bus itu, senior kita memberikan briefing, memberi semangat kita, supaya kuat dan jadi yang terbaik selama di pelatihan di bandung. Siiiaaap. :D

Madabintal di Bandung

20 jam, kita sampai di tujuan gan, cipatat bandung barat, di Infanteri, pusat pendidikan angkatan darat. Tak ada bayangan apapun di bus mengenai seperti apa yang akan terjadi di bandung nanti, yang jelas ane bener-bener bahagia bisa bertemu dengan teman-teman yang berasal dari setiap kota di negeri ini. Eh, malahan, di bandung, kita bisa kenal tuh ama lebih banyak temen lagi, karena instansi pendidikan dibawah naungan kementrian perhubungan dari darat laut dan udara dikumpulkan untuk dibina di tempat ini. Instansi itu antara lain, STPI Curug, ATKP Medan, PJKA Madiun, STTD Tegal dan Poltekpel Surabaya. tidak semua instansi ikut melaksanakan madabintal di infanteri. Seperti STIP Jakarta, ATKP Makasar dan BP2IP semarang. Alhamdulillah.

Tanggal 22 pagi kita sampai di infanteri dan berkumpul di depan lobi utama infanter. Langsung siangnya kita laksanakan pembagian timba, gayung, briefing dan pembagian kelas. kegiatan itu dilaksankan di lapangan utama, jaraknya dekat, tapi kita harus ambil jalan memutar sekitar 100 meter turun tanjakkan. Dalam pembagian itu, Ane masuk kelas’ Je’ gan dengan jumlah anggota 47 orang dengan pembina bernama pelatih (******(sensor)), di kompi 2. Setelah semua itu selesai gan, kita diantar menuju barak kita gan, di barak ‘merapi 1’. Luar biasanya. Jarak barak dengan lapangan utama sekitar 100 meter, dengan posisi geografi lapangan menanjak menuju lapangan. Dan kita kudu lari dengan barang-barang kita. Hahaha, bener-bener nglatih otot kaki nih gan, hehehe, pulang-pulang berotot gan.

Page 5: Madabintal atkp surabaya 2014

Uda kelar semua, kita masuk jam makan dan sholat dhuhur. Subhanallah, enak gan. Disini semua uda disiapin, makan tinggal datang, sholat ada mushola, nyuci ada loundri, barak tempat tidur kamar mandi semua ada, ada pelatih pula yang menjaga kita. Alhamdulillah sekali gan. Kita tinggal olahraga, belajar dan patuhin semua aturan gan.

Pagi kita bangun jam 4 pagi, ke masjid ambil sholat subuh, setelah itu gan, langsung ke lapangan untuk pelaksanaan olahraga pagi. Kemudian jam 6 pagi kita makan, selanjutnya lari menuju tempat kegiatan. Semua perpindahan harus dilaksanakan dengan ‘lari’ tanpa jalan, busyet hehehe, dan semua itu jaraknya tidak dekat, semua space antar lokasi selalu lebih dari 100 meter dengan tanjakkan dan turunan. Kita makan siang pukul 12 gan, setelah sholat dhuhur di masjid atau tak jarang sebaliknya. Nah, gan, Ketika malam kita tidur kira-kira jam 22.00 dan biasanya lebih, karena selalu ada kegiatan tambahan, sepeti jelajah malam yang gak bakal langsung selesai jam 22 tuh, briefing dadakan, atau kadang ngebersihin barak juga gan. Buat agan yang pengen jadi taruna, harus semangat nih. Siap gan ? :D

Tanggal 23 kita fokuskan untuk pelaksanaan latihan upacara pembukaan tanggal 24 September.

Selama sepuluh hari di infanteri, kegiatan kita selama sepuluh hari itu sangat padat gan, beberapa kegiatan kita misalnya adalah pelatihan pelaksanaan upacara pembukaan, upacara pembukaan, pengenalan daerah di infanteri, baris berbaris, pengisian materi (seperti apa itu perhubungan, komunikasi, bela negara, p3k, pudd, peraturan urusan dinas dalam semacam kerapian dalam barak), outbond (seperti outbond psiko, misal penyelesaian problem dan inovasi, dan fisik seperti melintasi jaring, menyeberangi tali, turun hesty dan naik tali), wira tangkas (seperti tiarap, guling, jalan merangkak), jelajah malam, bela diri, jelajah, kuis dan pengambilan nilai, pelatihan persiapan upacara penutupan madabintal dan penutupan madabintal.

Alhamdulillah, semua kegiatan di Infanteri dilaksanakan dengan luar biasa, waktu itu, taruna, dibagi menjadi 4 kompi, dan 1 kompi taruni. Pelatih kompi 2 kita adalah pelatih kolbi, beliau luar biasa, sebuah kalimat yang ane inget gan sampai sekarang adalah “semangat friend”. Kalimat itu diucapkan dengan penekanan nada, keras dan mantap. Seolah menancap di hati. Hehehe, disini, kita dapat sebuah yel perhubungan, mau tahu gan ?nih syair yelnya gan,,

“kami bangga jadi insan perhubungan, apalagi jadi pemimpinya,

Siang malam ku di tempa selalu, tuk menjadi orang nomor satu,

Disiplin-disiplin adalah nafasku, kesetiaan kebanggaanku,

Kejujuran segala-galanya, yang akan kujunjung selalu.”

Lagu itu, disampaikan oleh pelatih robert, komandan pelatihan madabintal kita, beliau tinggi, tampan kalo dilihat dari cara bicaranya, bijaksana hahaha. Pengen jadi orang kayak gitulah ane.

Page 6: Madabintal atkp surabaya 2014

Dari bandung ini, satu hal penting yang kita peroleh adalah ‘kebersamaan’, kita adalah satu dari berbagai macam warna. Indonesia, indonesia raya, indonesia jaya.

Mengenai madabintal di ATKP surabaya, masih belum saya tulis. Sudah terlalu malam gan, ane kudu persiapan untuk kembali ke barak esok hari.semoga agan yang pengen masuk atkp surabaya dikabulkan doa agan ye, semangat.oya, maap kalo kalimat ane gak resmi oke,