Macromedia Flash 8

download Macromedia Flash 8

of 14

  • date post

    26-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    7
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Macromedia Flash 8

Transcript of Macromedia Flash 8

OLEHGEDE ANGGA PRADANA PUTRA (1304505070)DEWA GEDE ADNYANA SUTHA WIDJA (1304505089) MADE YUDHA PUTRA MAHENDRA ( 1304505097)I GEDE BAGUS EKANYANA NUGRAHA (1304505098)

JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASIFAKULTAS TEKNIKUNIVERSITAS UDAYANA2014DAFTAR ISI

JudulDaftar Isi .........................................................................................................................................Bab 1 Pendahuluan 1.1 Latar Belakang .................................................................................................................. 1.2 Rumusan Masalah ...............................................................................................................1.3 Tujuan ................................................................................................................................Bab 2 Pembahasan 2.1 ................................................................... 2.2 ....................................................................................

Bab 3 PenutupKesimpulan ..........................................................................................................................Daftar Pustaka

BAB 1PENDAHULUAN1.1 Latar Belakang Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannya pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan. Dalam pembuatan animasi kita dapat menggunakan 1 atau lebih software, dalam paper ini akan dijelaskan mengenai software macromedia flash 8 dan bagaimana proses pembuatan animasi menggunakan macromediaflash 8.

1.2 Rumusan Masalah1.2.11.2.2

1.3 Tujuan1.3.11.3.2

BAB 2PEMBAHASAN

2.1 Sejarah Perkembangan FlashFlash adalah salah satu software yang merupakan produk unggulan pembuat animasi gambar vektor yang sangat diminati saat ini. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension *.swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript. Flash lahir dari kepala seseorang bernama Jonathan Gay. Jon yang gemar menulis game dan membuat animasi di komputer. Ia menciptakan game MacAirborne tahun 1985, ketika ia masih duduk di bangku sekolah. Tahun 1993 ia mendirikan FutureWave Software dengan produk pertama SmartSketch. Inilah cikal bakal Macromedia Flash. Tahun 1995 Smart Sketch berganti nama menjadi CelAnimator. Menjelang akhir 1995, FutureWave sempat mengalami masalah finansial dan mencari pembeli. Tiga calon yang ketika itu didekatinya adalah John Warnock dari Apple, lalu juga Adobe dan Fractal Designs. Juli 1996 CelAnimator berubah nama kembali menjadi FutureSplash Animator. Produk ini menimbulkan minat di kalangan industri. Tak terkecuali dari Microsoft yang menggunakan dan amat menyukainya. Disney juga sama. Ketika itu MSN ingin dibuat mengikuti model televisi, dan animasi-animasi full screen dibuat dengan FutureSplash. Desember 1996, Macromedia yang sedang membujuk Disney agar memakai Shockwave plugin browser untuk produk animatornya. Akhirnya terjadilah deal dan Future Splash Animator berubah nama menjadi Flash 1.0. Ada desas-desus bahwa jika Macromedia membeli FutureWave, maka Microsoft akan mencaplok Macromedia. Ternyata dugaan tersebut tidak benar, karena Microsoft kemudian mengubah haluan dan menjadikan MSN lebih berbasis teks ketimbang televisi.

Selanjutnya Flash 2 dirilis pertengahan 1997 dan mendapatkan pujian di mana-mana. Flash 3 dan Generator menyusul April 1998. Karena tekanan Adobe yang mempromosikan format SVG. Macromedia mengumumkan membuka format file *.swf bagi publik. Flash 4 dan 5 menyusul 1999 dan Juli 2000. Sementara itu semakin banyak software lain yang mendukung memainkan dan menghasilkan *.swf, antara lain QuickTime dan CorelDRAW. Versi 5 menambahkan integrasi dengan XML, Generator, dan ActionScript. Penetrasi browser terus meningkat hingga kini mencapai 96%. Flash Player telah tersedia untuk berbagai platform: Windows, Mac, Unix, BeOS, hingga OS/2 dan PocketPC. Jonathan Gay kini bekerja sebagai developer untuk Macromedia. Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash dikarenakan Macromedia yang merupakan produsen pembuat flash profesional kini telah merjer dengan adobe corp, perubahan terjadi pada macromedia flash series 9 menjadi Adobe Flah CS3 pada April 16, 2007 ) merupakan tools yang dikembangkan untuk membuat berbagai aplikasi berbasis internet. Pada awalnya, Flash yang dilengkapi bahasa pemrograman ActionScript digunakan oleh developer web untuk mendesain web menjadi lebih interaktif dengan berbagai macam animasi. Namun, kemudian Flash banyak digunakan untuk membuat aplikasi multimedia interaktif. Seperti iklan banner, intro film, CD interactive, hingga pembuatan dan animasi. Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe flash.Berikut adalah perkembangan flash hingga awal 2010: FutureSplash Animator (10 April 1996) Flash 1 (Desember 1996) Flash 2 (Juni 1997) Flash 3 (31 Mei 1998) Flash 4 (15 Juni 1999) Flash 5 (24 Agustus 2000) - ActionScript 1.0 Flash MX (versi 6) (15 Maret 2002) Flash MX 2004 (versi 7) (9 September 2003) - ActionScript 2 Flash MX Professional 2004 (versi 7) (9 September 2003) Flash Basic 8 (13 September 2005) Flash Professional 8 (13 September 2005) Flash CS3 Professional (sebagai versi 9,16 April 2007) - ActionScript 3.0 Flash CS4 Professional (sebagai versi 10, 15 Oktober 2008) Adobe Flash CS5 Professional.

2.2 Macromedia Flash 8Macromedia flash 8 adalah software multimedia yang dapat membuat animasi, desain web dll. Para pembuat game banyak yang menggunakan software ini. Selain memory yang digunakan tidak begitu banyak kemampuannya pun juga tidak kalah dengan sofware lain yang sejenis. kemampuan dan fitur-fiturnya sangat bagus dan lengkap sehingga dapat digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi seperti animasi web, kartun, multimedia interaktif, sampai aplikasi untuk ponsel.

Gambar awal saat memulai macromedia professional 8

Interface Macromedia Flash 8

Sebelum memulai membuat objek (animasi), anda perlu mengenal beberapa interface dalam macromedia flash 8. Interface-interface tersebut nantinya akan banyak membantu anda mengatur atau mengedit objek animasi yang digunakan. Salah satu bagian terpenting dalam interface macromedia flash 8 adalah Drawing Tools yang berguna untuk membuat dan memanipulasi gambar atau objek, bila saya perhatikan macromedia flash 8 tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Drawing Tools dibagi menjadi 4 bagian yaitu : Tools, View, Colors dan Options.Toolbox

Tools

Tool berfungsi untuk mengatur atau mengedit objek atau animasi yang sedang kita buat. Tool ini juga adalah salah satu bagian terpenting dalam macromedia flash 8. Arrow Tool, digunakan untuk memilih objek. Dengan sebuah klik berarti kita memilih objek tersebut, dengan klik ganda berarti kita memilih objek dan seluruh komponen yang dimilikinya. Subselect Tool, digunakan untuk memodifikasi suatu garis yang dibuat dengan Pen Tool. Free Transform Tool, digunakan untuk memodifikasi bentuk dari suatu objek. Fill Transform Tool, digunakan untuk memodifikasi bentuk dan posisi dari gradient fills. Line Tool, digunakan untuk membuat garis. Bila kita membuat garis sembari menekan tombol shift, maka akan terbentuk garis yang tepat horizontal, vertical atau miring 45 derajat. Lasso Tool, digunakan untuk memilih suatu area secara tidak teratur. Semua yang termasuk areanya akan terpilih. Pen Tool, digunakan untuk membuat kurva-kurva atau bentuk bebas. Text Tool, digunakan untuk membuat teks box yang dapat kita isi dengan berbagai tulisan. Oval Tool, digunakan untuk membuat objek elips (oval). untuk membuat lingkaran sempurna, pergunakan tool ini sembari meneka tombol shift. Ractangle Tool, digunakan untuk membuat bentuk persegi. Bila kita ingin membuat bentuk bujur sangkar secara sempurna, gunakan tool ini sembari menekan tombol shift. Pencil Tool, digunakan untuk membuat garis. Bila kita membuat garis sembari menekan tombol shift, maka akan terbentuk garis yang tepat horizontal, vertical atau miring 45 derajat. Brush Tool, digunakan untuk menggambar dengan kuas secara bebas, tool ini mempunyai beberapa pilihan untuk mengontrol beberapa efek dari sapuan kuas kita. Ink Bottle Tool, digunakan untuk mewarnai suatu garis. Paint Bucket Tool, digunakan untuk memodifikasi warna dan gradasi warna didalam suatu objek. Eyedropper Tool, digunakan untuk mengambil warna yang berasal dari suatu objek didalam stage sehingga kita bisa menyamakan warna ketika menggambar. Eraser Tool, digunakan untuk menghapus suatu gambar/objek.

View Hand Tool, digunakan untuk menggulung stage disegala arah seolah oleh anda menggunakan scroller 360 derajat. Zoom Tool, digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan objek.

Colors Stroke Color, digunakan untuk memodifikasi outline/border warna suatu objek. Fill Color, digunakan untuk memodifikasi isi warna pada objek.

Options bagian options menyediakan tool setting yang menyer