Macam – Macam Hardware Komputer Beserta Fungsinya

download Macam  – Macam  Hardware  Komputer Beserta Fungsinya

of 22

  • date post

    24-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    165
  • download

    6

Embed Size (px)

description

Macam – Macam Hardware Komputer Beserta Fungsinya. - PowerPoint PPT Presentation

Transcript of Macam – Macam Hardware Komputer Beserta Fungsinya

Macam Macam Hardware Komputer Beserta Fungsinya

Motherboard, atau sering juga kita kenal dengan nama mainboard, mobo, MB, atau system board adalah sebuah perangkat keras dalam sistem komputer yang berbentuk printed circuit board(PCB). Fungsinya adalah menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah komputer. Motherboard bisa dikatakan sebagai tulang punggung (backbone) dari sistem komputer, semua komponen komputer pasti terhubung dengan motherboard, baik langsung maupun tidak langsung.

Motherboard

Achmad Muchayan - Universitas NarotamaPerangkat keras komputer (computer hardware) adalah komponen-komponen fisik yang membentuk satu kesatuan sistem Personal Computer (PC) / Laptop.

Biasanya perangkat-perangkat ini dirakit dan sebagian besar dimasukkan ke dalam sebuah casing komputer dan sebagian lain berada di luar casing.Perangkat keras yang berada di dalam casing umumnya terdiri dari:

Achmad Muchayan - Universitas NarotamaRandom Access Memory (RAM)

RAM berfungsi sebagai tempat transit data sementara untuk operasi-operasi yang tengah dijalankan oleh CPU. RAM bersifat volatile, artinya perangkat ini tidak meyimpan data secara permanen, hanya untuk operasi yang dibutuhkan saja. Kapasitas RAM pada PC yang sering kita temukan cukup beragam , mulai dari 256 MB (MegaBytes) 16 GB (GigaBytes)

Achmad Muchayan - Universitas Narotama

Achmad Muchayan - Universitas NarotamaHard Disk Drive(HDD)Hard-disk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data utama dalam sebuah sistem komputer. Sistem Operasi , aplikasi, dan dokumen-dokumen disimpan pada hard-disk ini. Pada PC terbaru, ada juga perangkat keras baru yang bernama Solid State Drive (SSD). Fungsinya sama seperti hard-disk, namun menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat.

Achmad Muchayan - Universitas NarotamaBagian pertama dan terpenting dari sebuah motherboard adalah chipset, yang berfungsi sebagai penghubung antarmuka antara processor dengan macam-macam komponen eksternal dan buses. Jenis chipset inilah yang dapat menentukan dan menilai fitur dan kemampuan sebuah motherboard.

Yang umum : AMD / IntelMOBO - Chipset

Achmad Muchayan - Universitas NarotamaSocket/ CPU SlotsSocket adalah tempat bersemayamnya processor pada motherboard. Sama seperti chipset, socket ini pun terbagi kepada berbagai macam jenis, tergantung dari jenis processor yang didukungnya.Basic Input Output System (BIOS) ChipBIOS adalah adalah sebuah chip yang menyimpan perangkat lunak untuk mengontrol hardware dan berfungsi sebagai interface antara hardware dan operating system (OS). BIOS digunakan oleh komputer untuk mempersiapkan prosess booting (startup) dan mengecek kesiapan sistem dan hardware sebelum komputer dijalankan.

Socket & BIOS

Achmad Muchayan - Universitas NarotamaCMOS adalah sebuah baterai yang mensupply power pada sebuah memory kecil pada motherboard yang berfungsi untuk menyimpan settingan konfigurasi komputer, waktu, dll. CMOS menjaga agar kita tidak perlu mengkonfigurasi hal-hal tersebut setiap kali kita menyalakan komputerComplimentary Metal Oxide Semicondutor (CMOS) Battery

Achmad Muchayan - Universitas NarotamaSound Card

sound card pun memiliki beragam bentuk, macam dan jenis.Fungsi Sound Card.Sound card memiliki empat fungsi utama, yaitu sebagai synthesizer, sebagai MIDI interface, pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan pengkonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara dari spiker). Dan biasanya terdapat pada komputer-komputer yang bercirikan Multimedia.

Achmad Muchayan - Universitas NarotamaLAN CARDFungsi LAN cardatau fungsi ethernet card adalah untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan LAN, melalui LAN ini setiap komputer dapat saling bertukar data maupun mengakses perangkat keras seperti printer, tentu saja untuk dapat saling bertukar informasi antar komputer di perlukan setting-tertentu.

Achmad Muchayan - Universitas NarotamaSelain slot-slot diatas, ada beberapa port pada motherboard yang fungsinya sangat esensial seperti: Port power 24 Pin/20 Pin untuk menghubungkan mobo dengan power supply unit (PSU).Port Power 4pin/6pin untuk menyalurkan daya ke processor.Port untuk tombol power/reset pada bagian depan casing.Port untuk konektor Front USB dan Front Audio.

Port Lainnya..

Achmad Muchayan - Universitas Narotama

keberadaan CPU mirip dengan otak pada manusia. Didalamnya setiap operasi yang anda lakukan pada komputer diproses di. Kinerja komputer anda ditentukan oleh operasi-operasi matematika sederhana. CPU adalah alat yang mengontrol semua operasi tersebut.

Achmad Muchayan - Universitas NarotamaSeberapa Cepat CPU saya ?Jumlah operasi yang dapat dilakukan oleh CPU tergantung dari kecepatannya. Kecepatannya diukur dalm satuan Hertz. Satu Hertz berarti komputer anda dapat melakukan satu operasi per satu detik. Kecepatan umum yang sering kita temui biasanya dalam satuan giga hertz. 1 GHz berarti satu juta operasi sederhana dapat dilakukan dalam satu detik. Semakin cepat, semakin banyak instruksi yang dapat diproses dalam waktu satu detik. Tapi jangan hanya melihat dari angka frekuensinya saja, kecepatan CPU juga dipengaruhi oleh faktor lain, seperti arsitekturnya, ukuran cache, dan hal-hal lain yang harus dievaluasi oleh anda sebelum membeli CPU.

Achmad Muchayan - Universitas Narotama