LUWUK POST | RABU, 11 NOVEMBER 2009

download LUWUK POST | RABU, 11 NOVEMBER 2009

of 16

  • date post

    11-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    321
  • download

    35

Embed Size (px)

description

LUWUK POST, E-Paper Pertama di Kawasan Timur Sulawesi

Transcript of LUWUK POST | RABU, 11 NOVEMBER 2009

  • CM

    YKC

    MYK

    HARGA ECERAN Rp. 3.000RABU 11 NOVEMBER 2009 | Nomor 0677 Harian Pertama dan Terbesar di kawasan Sulawesi TimurHarian Pertama dan Terbesar di kawasan Sulawesi TimurHarian Pertama dan Terbesar di kawasan Sulawesi TimurHarian Pertama dan Terbesar di kawasan Sulawesi TimurHarian Pertama dan Terbesar di kawasan Sulawesi Timur

    SEORANG malaikat perempuan muncul diKota Berlin, Jerman, Senin (9/11). Yang agaklain, sang malaikat melambaikan tangan sambilmenggenggam tas di tangan kirinya saatberdiri di atap sebuah bangunan di pusat KotaBerlin. Tak jelas apakah malaikat bersayap ituhendak membagikan berkah dari Yang Kuasaataukah dia turun ke dunia untuk berbelanja.Sejatinya, malaikat tersebut adalah seorangaktris lokal yang tampil dalam pertunjukan seniinstalasi berjudul Angels over Berlin. Adadelapan aktor dan aktris yang unjukkemampuan seni tersebut untuk memeringati20 tahun robohnya Tembok Berlin. Jadi,mungkin, ada malaikat yang bawa keranjangatau naik sepeda.(**)

    Malaikat Bawa Tas

    Email : Redaksi@Luwukpost.Info Info Berlangganan Koran dan Iklan : (0461) 325447 Faksmili : (0461) 32507

    Polisi Rekayasa Jerat AntasariAde Rahardja Bantah Kenal Ary MuladiJAKARTA-Deputi Penindakan

    Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) Ade Rahardja membantahmengenal dan pernah menghu

    bungi Ary Muladi. Ary adalah sosokkunci dalam kasus yang menjerat

    BACA : ADE RAHARDJA ......Hal 15

    [FOTO: SOFYAN LABOLO / LUWUK POST]

    BLOKIR JALAN: Warga Kelurahan Bungin, Selasa (10/11) kemarin memblokirjalan Imam Bonjol. Warga tak puas dengan penanganan kasus cabul yang didugadilakukan oknum anggota Polres Banggai terhadap salah satu keluarga mereka.

    WWWWWarararararggggga Kilo Saa Kilo Saa Kilo Saa Kilo Saa Kilo SatututututuSerbSerbSerbSerbSerbu Mau Mau Mau Mau MapolrpolrpolrpolrpolresesesesesTuntut Kasus Cabul Polisi Dituntaskan

    LUWUK-Warga kilo meter satu,Kelurahan Bungin, Luwuk, Selasa(10/11) kemarin, menyerbu Mapolres Banggai. Mereka memprotes

    polisi yang dinilai lamban dalammenangani kasus dugaan

    BACA : WARGA ......Hal 15

    Hadiatmoko-Wiliardi

    [FOTO : RIDLWAN/ JAWA POS]

    AHLI LIE DETECTOR : Reza Indragiri Amriel, M.Crim (Forpsych), KetuaJurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara dan pengajar PerguruanTinggi Ilmu Kepolisian yang khusus menekuni ilmu psikologi forensiktermasuk pemeriksaan kebohongan.

    Tak Diawasi, Malah Jadi Alat Intimidasi Petugas

    BACA : TAK DIAWASI ......Hal 15

    Lie detector (alat pendeteksi kebohongan) sempatdisinggung Kapolri Jenderal Pol Bambang

    Hendarso Danuri di depan Komisi III DPR ketikamenjelaskan dugaan kasus suap ke pimpinan KPK.

    Benarkah alat tersebut tak sepenuhnya akurat?Simak penjelasan Reza Indragiri, dosen yang

    belajar khusus alat itu hingga ke Australia.

    Ridlwan Habib , Jakarta

    SEORANG pria berkacamata berjalan santai di ruangadmisi Universitas Bina Nusantara (Binus), Jakarta. Diadisambut dua gadis belia berambut panjang. Halo, Mas,sapa dua gadis itu dengan akrab. Yang disapa membalas

    dengan senyum ramah.Pria ramah yang disapa itu adalah Reza Indragiri Amriel

    MCrim (Forpsych), dosen di kampus itu sekaligus ketuaJurusan Psikologi Universitas Binus. Dua gadis yangmenyapa tersebut adalah mahasiswinya.

    Saya memang kurang suka dipanggil Pak. Di PTIK(Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian), mahasiswa saya jugapanggil saya Mas, kata Reza kepada Jawa Pos yangmenunggu di deretan sofa kantor sejuk itu.

    Selain di Kampus Binus, Reza mengajar di PTIK. Sayadiminta membantu di PTIK sejak Pak Farouk Muhammad(mantan gubernur PTIK), jelasnya.

    Reza Indragiri, Dosen yang Pelajari Alat Pendeteksi Kebohongan hingga ke Australia

    (FOTO: RAKA DENNY/JAWAPOS)

    KESAKSIAN MENGEJUTKAN: Kombes Wiliardi Wizard menjadi saksi kunci dalam persidanganAntasari Azhar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (10/11) kemarin.

    JAKARTA-Siapa dalang di balik pembunuhanDirut PT Putra Rajawali Banjaran (PRB) NasrudinZulkarnaen semakin kabur. Itu terjadi jika keterangan

    Wiliardi Cabut BAP Palsu

    BACA : REKAYASA ......Hal 15

    SURABAYA-Yulianto merupakansosok yang benar-benar nyata. Priayang diduga memfasilitasi penyerahanuang ke pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu ternyatatinggal di perumahan Graha FamilyBlok D Surabaya.

    Namun, saat ini pria berusia48 tahun itu tidak ada di

    rumah. Sejak dua bulan lalu, Yuliantotidak pulang dan bepergian ke Singapura. Itu berdasar keterangan sejumlah saksi mata kepada petugas kepolisian yang mendatangi rumahnya.

    Yulianto selama ini memang sulit dilacak, bahkan

    Yulianto Kerabat BosMasaro Kabur ke Singapura

    BACA : KABUR ......Hal 15

    JAKARTA-Pemerintah meminta maafkepada masyarakat akibat pemadamanbergilir di Jakarta dan sekitarnya sepekanterakhir. Pemerintah juga berjanji akan

    NAIK KELAS:Pembalaprookie HondaGresini Teamdi kelasMotoGPMarcoSimoncellidalam sesi ujicoba di SirkuitRicardoTormo,Valencia,Senin lalu (9/11).

    VA L E N C I A - M u s i mMotoGP 2009 berakhir Minggu lalu (8/11) di Sirkuit Valencia, Spanyol. Senin keesokan harinya, persiapan

    Lebih Mulus, Lebih Lengket

    menghadapi musim 2010 langsung diselenggarakan di lintasan yang sama.

    BACA : LEBIH MULUS ......Hal 15

    Jajal Motor Baru,Jajal Calon Rookiedi Latihan Valencia

    PLN JanjikanPotong Biaya Beban

    BACA : PLN ......Hal 15

    INTERMEZZO

    PEMADAMAN BERGILIR

  • Kadikes: SayaTidakMengada-Ada

    LUWUK-Kepala Dinas Kese-hatan Kabupaten Banggai dr.Hariadi, MKes mengaku tidakmengadaada terkait denganpernyataannya yang menyebutpelayanan Puskesmas Buntameningkat.

    Dia menjelaskan, pelayananpuskesmas meskipun sudahberstatus puskesmas pera-watan tidak sama dengan pela-yanan rumah sakit. Sebab, kom-petensi puskesmas dalam mem-berikan pelayanan terbatas ha-nya pada perawatan tingkat da-sar. Sementara rumah sakit me-nangani perawatan tingkatlanjutan.

    Puskesmas itu hanya mem-berikan perawatan tingkat perta-ma, berbeda dengan rumah sakityang memberikan perawatantingkat lanjutan, terang man-tan Kepala Puskesmas Tange-ban itu. Dia juga menjelaskantentang kesiapan tenaga dokterdan perawat. Meskipun cukupterpenuhi, namun tenaga kese-hatan di puskesmas menjalan-kan dua fungsi, selain merawatpasien juga dibebani dengantugas tugas kesehatan masya-rakat. Itu berbeda dengan ru-mah sakit yang tenaga keseha-tannya terfokus pada medicalcare, tuturnya.

    Soal mengapa dia menilaipelayanan Puskesmas Buntamengalami peningkatan. Kare-na, pasien yang memilih ber-obat ke puskesmas itu cende-rung meningkat, meskipun adapasien yang minta dirujuk dan

    memilih rumah sakit Ampana. Walaupun masih ada, tapisecara umum rujukan ke tingkatlanjutan berkurang, katanya.

    Kata dia, keinginan masya-rakat tidak bisa dibendung,meskipun Pemkab Banggaiberupaya agar tidak ada pasienyang meminta dirujuk ke rumahSakit Ampana.

    Karena itu hak masyarakat,memilih dan mendapatkanpelayanan terbaik, tapi bukanberarti kita tidak meningkatkanpelayanan di puskesmas itu,katanya.

    Salah satu indicator pening-katan pelayanan PuskesmasBunta kata Hariadi juga dapatdilihat pada Rasio Tempat Tiduryang juga meningkat. Kalaudibilang tidak ada peningkatanapa indikatornya.

    Jangan samakan UGD Pus-kesmas dengan UGD RumahSakit. Itu jelas berbeda, karenamemang UGD puskesmas ha-nya melayani pelayanan tingkatpertama, ujarnya ketika dimin-tai komentarnya soal penilaianwarga yang menyebut pelaya-nan puskesmas Bunta tidakmengalami peningkatan.

    Begitu juga soal sorotan ter-hadap tidak adanya pelayanandi luar jam kerja. Pelayanan diluar jam kerja agak lambat,karena perawat puskesmasmelaksanakan tugas ganda,sebagai medical care dan pub-lic care.

    Mereka tidak melulu merawatpasien tapi masih dibebanitugas ke posyandu serta tugasyang terkait dengan kesehatanmasyarakat lainnya, katanya.(ris)

    Terkait PelayananPuskesmas Bunta

    TOMINI RAYATOMINI RAYA

    http://luwukpost.info E-Paper Pertama di Kawasan Timur Sulawesi

    Luwuk PostLuwuk PostLuwuk PostLuwuk PostLuwuk PostRABU11 NOVEMBER 20092

    NUHON-Sudah sekitar kurang lebih 20tahun jalan yang menghubungkan antaraDesa Damai Makmu dan Sumber Jaya Ke-camatan Nuhon, pembangunanya belumpernah tersentuh sama sekali. Akibatnya,kondisi kerusakan jalan tersebut, kini cu-kup parah dan sulit untuk dilewati ken-daraan roda dua, empat maupun sele-bihnya.

    Dari penelusuran yang dilakukan awakLuwuk Post, medan jalan yang menghu-bung antara Desa Damai Makmur danSumber Jaya cukup sulit. Selain berlum-bang-lubang, jalan tersebut banyak batukerekil, batu sungai berukuran besar berh-amburan pada badan jalan. Hingga sangatsulit bagi kendaraan roda, empat maupunselebihnya untuk melewati jalan itu.

    Bukan hanya itu, ada sebagian jalanyang tidak ada batunya sama. Sehinggapada musim hujan seperti saat ini, medanjalan makin parah dan membutuhkanwaktu cukup lama untuk menempunya.Hilman seorang warga Desa Sumber Jayakepada Luwuk Post beberapa waktu lalumengatakan, melihat kondisi kerusakan-nya, jalan tersebut butuh perbaikan.

    Mengingat pembangunan jalan itusudah kurang lebih 20 tahun silam sampaisaat ini sama sekali belum pernah disentuh.Sedangkan jalan tersebut merupakan jalankantong prokdusi bagi sebagaian besarwarga yang berprofesi sebagai petani didua desa tersebut.

    Oleh karena itu, warga Desa DamaiMakmur dan Sumber Jaya sangatmengharapkan agar jalan itu dilakukanperbaikan demi kalancaran akses saranatranportasi yang menghubungkan duadesa tersebut. (Amank)

    Jalan DamaiMakmur-SumberJaya ButuhPerbaikan

    JUAL: Parfum Orginal, Paris Hilton,Kenzo, Bulgari, Hugo Boss, TommyHilligen dll. Hub Ibu Emi. Jl.Sulawesi no. 17, HP 08525681161/ 081340802026

    BONUS HANYA DIAN INI, trimacepat gbr: rumah, ruko, toko, kantor.Desain minimalis sbb: gbrbangunan+RAB+3D+RVISI+contohgbr+konsultasi=5