Lpj & Laporan Krpai 2014

22
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEGIATAN KONTES ROBOT PEMADAM API INDONESIA (KRPAI) DIVISI BERKAKI DAN DIVISI BERODA 2014 Disusun Oleh : Panitia PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

description

lpj

Transcript of Lpj & Laporan Krpai 2014

PANITIA PARTISIPASI KRPAI 2014PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTROJURUSAN TEKNIK

FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK

UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

Sekretariat : Jl. Mayjen Sungkono KM 5, Purbalingga

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEGIATANKONTES ROBOT PEMADAM API INDONESIA (KRPAI)

DIVISI BERKAKI DAN DIVISI BERODA

2014

Disusun Oleh :

PanitiaPROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTROFAKULTAS SAINS DAN TEKNIKUNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMANPURWOKERTO2014LEMBAR PENGESAHAN

Laporan Pertanggung Jawaban KRPAI 2014 ini desetujui dan disahkan pada :

Hari/ tangal

:

Tempat

:

Ketua Panitia

Partisipasi KRPAI 2014Windya SaputroNIM. H1C011022Sekretaris

Partisipasi KRPAI 2014Harso Surya A.NIM. H1C011026

Menyetujui,

Ketua Jurusan Teknik

Fakultas Sains dan TeknikHari Prasetijo,ST.,MT.

NIP. 19730822 200012 1 001Ketua Program Studi

Teknik Elektro

Agung Mubyarto,S.T.,M.T.

NIP . 19741006 200212 1 001

Mengesahkan,

Dekan Fakultas Sains dan Teknik

Universitas Jenderal SoedirmanNastain, S.T.,M.TNIP. 19730912.200003.1.001

I. Pendahuluan

Salah satu tujuan pendidikan tinggi adalah menumbuh-kembangkan dan memperkaya khasanah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Untuk itu kegiatan penumbuhan dan pengembangan kreativitas dan inovasi dosen dan mahasiswa menjadi kata kunci untuk menghantarkan tercapainya tujuan tersebut. Dalam penumbuhan dan pengembangan kreativitas dan inovasi tidaklah cukup hanya berada pada wacana teoritis saja, akan tetapi harus dilatih untuk mengimplementasikan ide, gagasan dalam wacana-teoritis tersebut ke dalam dunia nyata. Kegiatan pengembangan gagasan teoritis menjadi penerapan teknologi yang nyata harus dibuat sedemikian rupa agar menjadi menarik, dinamis dan tidak membosankan, dimana dosen dan mahasiswa perlu dilibatkan secara multidisiplin.

Sehubungan dengan itu, penyelenggaraan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI setiap peserta harus mengeksplorasi kemampuannya dalam perancangan, implementasi, dan strategi serta harus mengembangkan ide-idenya untuk dapat membuat dan merancang suatu wahana bergerak berbentuk robot dengan berbagai bentuk dan struktur serta kecerdasan agar dapat memenuhi tema dan aturan main yang telah ditentukan dan dapat berkompetisi secara sportif dalam arena yang telah ditentukan. Disinilah letak pentingnya kemampuan kreativitas, inovasi dan strategi yang dikembangkan oleh setiap tim peserta. Oleh sebab itu, sejak awal dimulainya KRPAI, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi selalu memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan KRPAI tersebut.KRPAI 2014 kali ini akan dilaksanakan secara regional dan pemenangnya akan dikirim mewakili wilayahnya untuk bertanding dalam Kontes Robot Nasional 2014 yang diselenggarakan pada tanggal 8-11 Mei 2014 di UNISSULA Semarang. KRPAI 2014 diharapkan mampu menjadi wahana untuk unjuk prestasi dalam perancangan, implementasi dan strategi dari mahasiswa Indonesia, sekaligus sebagai tontonan dan hiburan yang menarik yang sarat dengan ide-ide pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

II. Tujuan

1. Meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia baik dosen maupun mahasiswa Teknik Elektro dibidang robotika.

2. Mendorong peningkatan kegiatan kreatif mahasiswa inovatif bidang robotika.3. Penyebarluasan informasi dan penguasaan robotika di lingkungan Prodi Teknik Elektro.4. Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan robotika dan pemanfaatannya di Indonesia.

III. Nama Kegiatan

Nama Kegiatan yang diikuti adalah Kontes Robot Pemadam Api Indonesia 2014 yang bertemakan Robot Pemadam Api Divisi Senior Berkaki dan Robot Pemadam Api Divisi Senior Beroda di UNISSULA, Semarang.IV. Waktu Kegiatan

Kontes Robot Pemadam Api Indonesia di laksanakan pada tanggal 8 - 11 Mei 2014 di UNISSULA, Semarang. ( Terlampir )V. Luarana. Membawa nama baik Teknik Elektro Universitas Jenderal Soedirman di Tingkat Regional III se-daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

b. Mahasiswa dapat mengetahui kemampuan mahasiswa lain di bidang robotika sehingga menimbulkan rasa semangat untuk bersaing secara positif.

c. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam kerja sama team.VI. Peserta

Peserta Kontes Robot Pemadam Api Indonesia Divisi Beroda dan Divisi Berkaki adalah mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Jenderal Soedirman.Peserta KRPAI 2013 Divisi Senior BerkakiNo.NamaNIM

1.Faris SugiyantoH1C010048

2.Jauharul FuadiH1C010018

3.Husni RamdhaniH1C011027

4Akhmad FathoniH1C011052

Peserta KRPAI 2013 Divisi Senior BerodaNo.NamaNIM

1.Windya SaputroH1C011022

2.Ridwan IskandarH1C011059

3.Harso Surya A.H1C011026

4Bakhtiar AwalokaH1C011013

VII. Laporan kegiatanMahasiswa Teknik Elektro Unsoed mengikuti Lomba KRPAI Tingkat Regional III untuk kategori Robot Pemadam Api Divisi Beroda dan Robot Pemadam Api Divisi Berkaki. Pembentukan tim Compiler untuk Robot Pemadam Api Divisi Beroda pada bulan Desember.

Untuk masuk ke tingkat Regional mahasiswa mengikuti beberapa tahap seleksi. Tahap pertama mahasiswa mengirimkan proposal pada tanggal 7 Januari 2014 dan selanjutnya di tindak lanjuti oleh panitia, pengumuman kelolosan proposal pada tanggal 17 Januari 2014. Tahap seleksi selanjutnya mahasiswa wajib mengirimkan video perkembangan robot pada tanggal 6 Maret 2014, setelah mengirimkan video perkembangan, akan di seleksi kembali. Pengumuman lolos video pada tanggal 14 Maret 2014, dan dua tim dari Universitas Jenderal Soedirman lolos pada tahap ini.

Selanjutnya seleksi tingkat regional dengan mengikuti Lomba KRPAI 2014 Tingkat Regional III yang terdiri dari dua kategori, kategori pertama Robot Pemadam Api Divisi Beroda, kategori kedua Robot Pemadam Api Divisi Berkaki. Selain itu, terdapat lomba KRSI (Kontes Robot Seni Indonesia) dengan tema Robot Lenggong Keraton, lomba KRSBI (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia), dan lomba yang sangat bergengsi yaitu KRI (Kontes Robot Indonesia) dengan tema Taman Bermain Anak Indonesia. Pada tanggal 8-11 Mei 2014 di UNISSULA, Semarang yang di selenggarakan oleh DIKTI, bagi peserta yang mendapatkan juara akan mengikuti lomba tingkat nasional.

Pada tanggal 8 Mei 2014, mahasiswa berangkat menuju Semarang pukul 11.00 WIB untuk melakukan registrasi ulang pada pukul 13.00 19.00 WIB, untuk menentukan letak PIT STOP serta tiket masuk hotel grasia. Tim tiba di Semarang pada pukul 16.00 WIB, dan melakukan registrasi di GOR Jatidiri pada pukul 16.30 WIB. Tim masuk hotel pada pukul 18.45 WIB. Pada malam hari di lanjutkan dengan makan malam serta melakukan beberapa perubahan dalam bentuk disain robot pemadam divisi beroda dan melakukan simulasi program uji coba sensor jarak, api, dan sound detector.Pada tanggal 9 Mei 2014, Pukul. 09.00 11.00 WIB team elektronik dan programming mengikuti Technical Meeting di salah satu sudut GOR Jatidiri . Pukul 13.00 21.00 WIB di lakukan running test yang terdiri dari tiga tahap. tahap pertama running test tim melakukan pengecekan kecerahan pada sensor white line, selanjutnya running test tahap kedua untuk uji coba robot dengan melakukan simulasi secara terprosedur seperti saat dilombakan. hasil yang sudah di capai dari robot pemadam api dari devisi beroda pada running test tahap ke dua adalah robot dapat berjalan, namun berhenti pada sudut siku. Tahap running test yang ketiga, team KRPAI Unsoed mengikuti running test bebas dengan pengecekan sensor jarak, sensor api, hasilnya adalah sensor api dapat berfungsi dan dapat mematikan api. Pada pukul 19.30 WIB, Tim kembali ke Hotel dan melakukan makan malam bersama dengan Tim yang berasal dari universitas lainnya. Evaluasi di lakukan setelah makan malam untuk mempersiapkan hasil yang maksimal saat perlombaan.

Pada tanggal 10 Mei 2014, pukul 07.00 09.00 WIB di lakukan perlombaan putaran pertama untuk kategori Robot Cerdas Pemadam Api Divisi Beroda, kategori kedua Robot Cerdas Pemadam Api Divisi Berkaki. Pukul 09.00 WIB dilaksanakan Upacara Pembukaan KRI 2014 Tingkat Regional III yang dibuka oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Kemdiknas,Rektor UNISSULA serta ketua pelaksana lomba KRI 2014. Setelah Upacara Pembukaan di lakukan pertandingan lanjutan putaran pertama hingga pukul 11.45 WIB. Dilanjutkan putaran kedua pada pukul 13.00 15.30 WIB dan putaran ketiga pada pukul 16.00 18.30 WIB.Hasil yang diperoleh dari akumulasi nilai pada tiga putaran lomba, tim Robot Pemadam Api Divisi Beroda dan tim Robot Pemadam Api Divisi Berkaki Universitas Jenderal Soedirman meraih peringkat ke-15 untuk divisi beroda dan ke-18 untuk divisi berkaki. Dengan ini kami tidak lolos ke nasional.VIII. Evaluasi dan Saran

Namun dari Kontes Robot Nasional Tingkat Regional III yang di ikuti oleh Unsoed selama enam tahun berturut turut, untuk Robot Pemadam Api Divisi Beroda dan Robot Pemadam Api Divisi Berkaki pada tahun 2014 telah menggunakan algoritma wall follower PID dalam menyusuri ruangan dibandingkan dengan algoritma mapping dan belum menggunakan PID pada tahun-tahun sebelumnya serta pada tahun 2014 ini.Saran untuk KRPAI tahun 2015 pada robot beroda mencari solusi untuk menggunakan 2 motor dengan menggunakan driver motor MOSFET agar lebih lincah dalam bermanufer ditikungan, serta menggunakan kondisi PING secara bersamaan untuk membaca letak robot, melakukan pembenahan dalam algoritma pemrograman, serta dapat menyiapkan desian robot yang lebih cepat. Dan untuk robot berkaki dapat menggunakan kinematik inversi agar robot dapat bergerak secara halus. Semoga di tahun depan bisa lebih baik.IX. Laporan Keuangan

TerlampirX. Kwitansi

TerlampirXI. Jadwal Acara Lengkap KRI dan KRPAI 2014 Tingkat Regional III di UNISSULATerlampir

XII. PenutupDemikian Laporan Pertanggung Jawaban KRPAI 2014 ini kami susun. Besar harapan kami dapat terciptanya mahasiswa yang memiliki tingkatan kualitas lulusan suatu perguruan tinggi yang merupakan salah satu faktor. Atas partisipasi dan kerjasama semua pihak kami ucapkan terima kasih. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua, dan semoga kegiatan yang sama dapat di ikutin oleh Unsoed dari Teknik Elektro secara rutin tiap tahunnya. Amin

LAMPIRAN

LAPORAN KEUANGAN1. Pemasukan

No.Sumber PemasukanJumlah Dana

1.UniversitasRp 4,000,000

Total PemasukanRp 4,000,000

2. Pengeluaran

Robot Pemadam ApiNoTanggalTransaksiJumlah BiayaSumber Dana

LainnyaPembelianUniversitas

NamaJmlSatuanBiaya Satuan

124/12/2012IC Regulator 78055buah Rp 5,000 Rp 25,000 Rp 25,000

2PCB Fiber2buah Rp 10,000 Rp 20,000 Rp 20,000

329/12/2012Adaptor 500mA1buah Rp 15,000 Rp 15,000 Rp 15,000

4GWE Stick2buah Rp 1,250 Rp 2,500 Rp 2,500

5D3132buah Rp 1,100 Rp 2,200 Rp 2,200

6Mata bor 0.8mm3buah Rp 1,000 Rp 3,000 Rp 3,000

7Kapasitor5buah Rp 200 Rp 1,000 Rp 1,000

8Elco5buah Rp 100 Rp 500 Rp 500

9Resistor25buah Rp 60 Rp 1,500 Rp 1,500

10Japit kecil1set Rp 1,000 Rp 1,000 Rp 1,000

1122/2/2013Max Ubec 8A2buah Rp 240,000 Rp 480,000 Rp 480,000

125/3/2013Servo Metal Gear6buah Rp 150,000 Rp 900,000 Rp 900,000

13Servo Mini1buah Rp 50,000 Rp 50,000 Rp 50,000

14Ongkos kirim1kali Rp 20,000 Rp 20,000 Rp 20,000

15DCPC101buah Rp 4,500 Rp 4,500 Rp 4,500

165/4/2013Socket IC 40 pin5buah Rp 1,000 Rp 5,000 Rp 5,000

17Socket IC 28 pin5buah Rp 1,000 Rp 5,000 Rp 5,000

18IC ADC 08041buah Rp 19,000 Rp 19,000 Rp 19,000

19Kristal 8MHz3buah Rp 2,000 Rp 6,000 Rp 6,000

2014/4/2013Baterai Turnigy Nanotech 2200mA1buah Rp 280,000 Rp 280,000 Rp 280,000

21Balancer1buah Rp 120,000 Rp 120,000 Rp 120,000

22Ongkos kirim1kali Rp 30,000 Rp 30,000 Rp 30,000

2320/4/2013CIS601buah Rp 16,000 Rp 16,000 Rp 16,000

2424/4/2013Motor DC Geared 12 V 400 RPM2buah Rp 150,000 Rp 300,000 Rp 300,000

25Ongkos kirim1kali Rp 33,000 Rp 33,000 Rp 33,000

2624/4/2013Roda Acrylic2pasang Rp 60,000 Rp 120,000 Rp 120,000

27Ongkos kirim1kali Rp 33,000 Rp 33,000 Rp 33,000

2825/4/2013Elco 220-25V5buah Rp 600 Rp 3,000 Rp 3,000

29Soket 8 pin4buah Rp 350 Rp 1,400 Rp 1,400

30Push button kecil10buah Rp 500 Rp 5,000 Rp 5,000

31Push button besar6buah Rp 1,000 Rp 6,000 Rp 6,000

32Switch power4buah Rp 2,000 Rp 8,000 Rp 8,000

33Kapasitor 1042buah Rp 150 Rp 300 Rp 300

34Kapasitor 1034buah Rp 100 Rp 400 Rp 400

35Resistor12buah Rp 75 Rp 900 Rp 900

361N414810buah Rp 100 Rp 1,000 Rp 1,000

37Elco 220-50V5buah Rp 1,000 Rp 5,000 Rp 5,000

38Kabel pelangi1meter Rp 5,000 Rp 5,000 Rp 5,000

39DC0101M10buah Rp 350 Rp 3,500 Rp 3,500

4026/4/2013Fan DC 6x61buah Rp 6,000 Rp 6,000 Rp 6,000

41Spiser Besar30buah Rp 750 Rp 22,500 Rp 22,500

42Tombol on-off 6p1buah Rp 2,500 Rp 2,500 Rp 2,500

43Mur & baut 2x830buah Rp 200 Rp 6,000 Rp 6,000

44Mur & baut 3x1020buah Rp 200 Rp 4,000 Rp 4,000

45Mur & baut 3x2020buah Rp 200 Rp 4,000 Rp 4,000

4629/4/2013Bubut AS roda acrylic4buah Rp 50,000 Rp 200,000 Rp 200,000

473/5/2013LCD Putih1buah Rp 65,000 Rp 65,000 Rp 65,000

48ATMega32A1buah Rp 87,500 Rp 87,500 Rp 87,500

49Kristal 12MHz2buah Rp 2,000 Rp 4,000 Rp 4,000

506/5/2013Print dan LPJ1buah Rp 9,500 Rp 9,500 Rp 9,500

518/5/2013Pendingin L Sirip1buah Rp 6,000 Rp 6,000 Rp 6,000

52DC 150pF5buah Rp 100 Rp 500 Rp 500

53Lampu LED kecil10buah Rp 200 Rp 2,000 Rp 2,000

54Resistor30buah Rp 50 Rp 1,500 Rp 1,500

559/5/2013IC 79052buah Rp 2,000 Rp 4,000 Rp 4,000

56IC 79122buah Rp 2,000 Rp 4,000 Rp 4,000

57LM 3583buah Rp 1,100 Rp 3,300 Rp 3,300

58Socket IC3buah Rp 400 Rp 1,200 Rp 1,200

Jumlah Rp 2,966,200 Rp 2,966,200

Akomodasi Peserta

NoTanggalTransaksiJumlah BiayaSumber Dana

LainnyaPembelianUniversitas

NamaJmlSatuanBiaya Satuan

12/5/2013Purbalingga-Jogja6orang Rp 50,000 Rp 300,000 Rp 300,000

2Angkot ke UII6orang Rp 5,000 Rp 30,000 Rp 30,000

3Purbalingga-Jogja2orang Rp 40,000 Rp 80,000 Rp 80,000

4Angkot ke UII2orang Rp 15,000 Rp 30,000 Rp 30,000

53/5/2013Mie ayam4porsi Rp 10,000 Rp 40,000 Rp 40,000

6Es teh manis4gelas Rp 5,000 Rp 20,000 Rp 20,000

7Frestea Mlati 15001botol Rp 5,700 Rp 5,700 Rp 5,700

8Air Mineral1botol Rp 2,900 Rp 2,900 Rp 2,900

9Fanta Fruit Punch1botol Rp 14,700 Rp 14,700 Rp 14,700

10Yoguart1botol Rp 7,500 Rp 7,500 Rp 7,500

11Ayam Bakar1potong Rp 9,000 Rp 9,000 Rp 9,000

12Ayam Goreng1potong Rp 7,500 Rp 7,500 Rp 7,500

13Es teh manis1gelas Rp 2,000 Rp 2,000 Rp 2,000

14Jeruk Anget1gelas Rp 2,000 Rp 2,000 Rp 2,000

15Air Mineral2botol Rp 3,500 Rp 7,000 Rp 7,000

16Mizone2botol Rp 5,000 Rp 10,000 Rp 10,000

17Makanan ringan2bungkus Rp 5,500 Rp 11,000 Rp 11,000

18Wafer coklat1bungkus Rp 6,000 Rp 6,000 Rp 6,000

194/5/2013Konsuimsi pagi2porsi Rp 13,000 Rp 26,000 Rp 26,000

20Sambal bawang1buah Rp 1,500 Rp 1,500 Rp 1,500

21Sambal cumi1buah Rp 4,000 Rp 4,000 Rp 4,000

22Ayam goreng dada1buah Rp 8,000 Rp 8,000 Rp 8,000

23Cumi goreng tepung1buah Rp 6,500 Rp 6,500 Rp 6,500

24Ca kangkung1porsi Rp 2,500 Rp 2,500 Rp 2,500

25Ca jamur1porsi Rp 4,000 Rp 4,000 Rp 4,000

26Jeruk nipis1gelas Rp 3,000 Rp 3,000 Rp 3,000

27Lemon tea1gelas Rp 3,000 Rp 3,000 Rp 3,000

28Nasi putih2porsi Rp 2,500 Rp 5,000 Rp 5,000

29Angkot ke agen2orang Rp 5,000 Rp 10,000 Rp 10,000

30Jogja-Purbalingga2orang Rp 40,000 Rp 80,000 Rp 80,000

315/5/2013Jogja-Purbalingga3orang Rp 45,000 Rp 135,000 Rp 135,000

32Angkot ke agen5orang Rp 6,000 Rp 30,000 Rp 30,000

33Jogja-Purbalingga2orang Rp 40,000 Rp 80,000 Rp 80,000

346/5/2013Jogja-Purbalingga1orang Rp 50,000 Rp 50,000 Rp 50,000

Jumlah Rp 1,033,800 Rp 1,033,800

Total Pengeluaran

NoBentuk PengeluaranJumlah

1.Realisasi Robot Pemadam ApiRp 2,966,200

2.Akomodasi Peserta Rp 1,033,800

TotalRp 4,000,000

3. Rekapitulasi

NoBentukJumlah

1.Pemasukan Rp 4,000,000

2.Pengeluaran Rp 4,000,000

Selisih*Rp 0

LAMPIRAN

Jadwal Acara Lengkap KRN 2013 Tingkat Regional III di UIILAMPIRAN

KwitansiLAMPIRAN

LAPORAN KEUANGAN1. Pemasukan

No.Sumber PemasukanJumlah Dana

1.JurusanRp 990,000

Total PemasukanRp 990,000

2. Pengeluaran

NoTanggalTransaksiJumlah BiayaSumber Dana

LainnyaPembelianJurusan

NamaJmlSatuanBiaya Satuan

11/4/2013Spidol Permanen2buah Rp 7,500 Rp 15,000 Rp 15,000

217/4/2013Gergaji Triplek1buah Rp 10,000 Rp 10,000 Rp 10,000

3Mata Gergaji2buah Rp 750 Rp 1,500 Rp 1,500

423/4/2013Acrylic1lembar Rp 370,000 Rp 370,000 Rp 370,000

5Ongkos Potong1lembar Rp 10,000 Rp 10,000 Rp 10,000

624/4/2013Mata Gergaji1set Rp 7,500 Rp 7,500 Rp 7,500

725/04/2013Baterai NanoTech2buah Rp 240,000 Rp 480,000 Rp 480,000

8Propeller2buah Rp 10,000 Rp 20,000 Rp 20,000

9Ongkos Kirim1buah Rp 16,000 Rp 16,000 Rp 16,000

101/5/2013Big Box CB1buah Rp 60,000 Rp 60,000 Rp 60,000

Jumlah Rp 990,000 Rp 990,000

3. Rekapitulasi

NoBentukJumlah

1.PemasukanRp 990,000

2.PengeluaranRp 990,000

Selisih*Rp 0