LKS Tingkat Keanekaragaman Hayati Bio X Sem Genap 2009

2
LKS BA/1.1.1/ 2009 Tingkat Keanekaragaman Hayati Keanekaragaman hayati dipelajari dalam 3 tingkat yaitu Keanekaragaman tingkat Gen (Genetika), Keanekaragaman tingkat Jenis, dan Keanekaragaman tingkat Ekosistem. Keanekaragaman tingkat Gen menimbulkan adanya variasi antara individu-individu sejenis( satu spesies ), sebab gen ( faktor pembawa sifat keturunan) yang menentukan atau bertanggung jawab atas munculnya sifat-sifat (ciri-ciri) suatu makhluk hidup. Dalam kegiatan ini anda akan mempelajari konsep Keanekaragaman Gen, Keanekaragaman Spesies, dan Keanekaragaman Ekosistem. Bahan dan Sumber Varietas Jagung ( Zea mays ) antara lain: Jagung Pulut, Jagung Hibrida, dan Jagung Biasa. Buku Biologi SMA X yang relevan Tugas 1.Amati daun, batang, akar, bunga, dan buah Jagung ( Zea mays )! 2.Catatlah hasil pengamatan/observasi anda dalam tabel di bawah ini ! Tabel Data hasil observasi Variet as Jagung Daun Tipe Akar Batang Tipe Bunga Buah Bent uk Warna Bentu k Warna Rasa Warna Ukura n J. Pulut J. Hibrid a J. Biasa winword 2003//Bambang Eko Priyanto//smansa tansel

Transcript of LKS Tingkat Keanekaragaman Hayati Bio X Sem Genap 2009

Page 1: LKS Tingkat Keanekaragaman Hayati Bio X Sem Genap 2009

LKS BA/1.1.1/ 2009

Tingkat Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman hayati dipelajari dalam 3 tingkat yaitu Keanekaragaman tingkat Gen (Genetika), Keanekaragaman tingkat Jenis, dan Keanekaragaman tingkat Ekosistem.Keanekaragaman tingkat Gen menimbulkan adanya variasi antara individu-individu sejenis( satu spesies ), sebab gen ( faktor pembawa sifat keturunan) yang menentukan atau bertanggung jawab atas munculnya sifat-sifat (ciri-ciri) suatu makhluk hidup. Dalam kegiatan ini anda akan mempelajari konsep Keanekaragaman Gen, Keanekaragaman Spesies, dan Keanekaragaman Ekosistem.

Bahan dan Sumber Varietas Jagung ( Zea mays ) antara lain: Jagung Pulut, Jagung Hibrida, dan

Jagung Biasa. Buku Biologi SMA X yang relevan

Tugas

1. Amati daun, batang, akar, bunga, dan buah Jagung ( Zea mays )!2. Catatlah hasil pengamatan/observasi anda dalam tabel di bawah ini !

Tabel Data hasil observasiVarietasJagung

Daun TipeAkar

Batang TipeBunga

BuahBentuk Warna Bentuk Warna Rasa Warna Ukuran

J. Pulut

J. Hibrida

J. Biasa

3. Bacalah buku biologi yang membahas tentang konsep keanekargaman spesies dan ekosistem !

4. Jawablah pertanyaan-pertanayaan di bawah ini berdasarkan hasil pengamatan/observasi anda dalam tabel dan penggalian informasi dari buku!

Pertanyaan :1. Apakah akibat dari adanya keanekaragaman gen pada Jagung ( Zea mays )?2. Sebutkan jenis tanaman lain yang bervariasi, seperti pada Jagung ( Zea mays )

dan jelaskan tanaman tersebut bervariasi dalam hal apa !3. Berdasarkan sifat-sifat (ciri-ciri) yang bervariasi itu, menurut kamu apa

penyebabnya ?4. Tunjukkan bukti adanya keanekaragaman tingkat spesies dan ekosistem

dilingkungan anda secara deskriptif !

Rangkuman

winword 2003//Bambang Eko Priyanto//smansa tansel