Literatur Apartemen

download Literatur Apartemen

of 70

  • date post

    05-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    239
  • download

    42

Embed Size (px)

description

literatur apartement

Transcript of Literatur Apartemen

LITERATUR APARTEMEN

LITERATUR APARTEMENMENURUT WIKIPEDIA:Apartemen, flat atau rumah pangsa merupakan sebuah model tempat tinggal yang hanya mengambil sebagian kecil ruang dari suatu bangunan. Suatu gedung apartemen dapat memiliki puluhan bahkan ratusan unit. Istilah apartemen digunakan secara luas di Amerika Utara, sementara istilah flat digunakan di Britania Raya dan negara-negara persemakmuran.

MENURUT KAMUS OXFORD:Apartment : a suite of rooms forming one residence; a flat.a block ofapartments. (Oxford English Dictionary)Menurut Oxford English Dictionary definisi Apartemen adalah beberaparuangan yang merupakan tempat tinggal, atau berbentuk flat.

MENURUT KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA:tempat tinggal (terdiri atas kamar duduk, kamar tidur, kamar mandi, dapur,dsb) yang berada pada satu lantai bangunan bertingkat; rumah flat; rumah pangsa.

Bangunan bertingkat yang terbagi dalam beberapa tempat tinggalApartemen adalah suatu ruang atau rangkaian ruang yang dilengkapi denganfasilitas serta perlengkapan rumah tangga dan digunakan sebagai tempat tinggal.(Harris; 1975; 20)

Sehingga dapat disimpulkan definisi apartemen adalah sebuah bangunan beringkatyang terdiri beberapa unit yang berupa tempat tinggal, yang terdiri dari kamarduduk, kamar tidur, kamar mandi, dapur, dsb.

MENURUT AHLI:Apartemen adalah blok bangunan yang di dalamnya terbagi-bagi dalam sejumlah ruang atau unit, yang dipasarkan secara strata-title atau disewakan.apartemen bisa dibagi menjadi apartemen sewa (dengan biaya per hari, perbulan, atau pertahun, tergantung kebijakan pengelola) dan apartemen yang dijual / condominium.

Dasar hukum dari apartemen ini hampir sama dengan dasar hukum dari rumah susun, yaiutu tertera di dalam UU No.16 tahun 1985, ini di dasarkan pada fungsi/kegunaan apartemen yang memang seperti rumah susun, namun membuat berbeda adalah Penghuninya lokasi/letak bangunan dan kondisi fisiknya.Penghuni yang ada di rumah susun merupakan orang/masyarakat yang perpenghasilan menengah kebawah, sedangkan apartemen penghuninya merupakan orang berpenghasilan menengah ke atas.Kondisi fisik dari rumah susun sangat sederhana, dengan kelengkapan fasilitas yang terbatas, hanya sesuai kebutuhan saja. Sedangkan Apartemen, kelengkapan fasilitasnya sangat lengkap, dan juga menjadi daya tarik tersendiri. Sarana kebugaran seperti fitness center, kolam renang, jogging track, taman bermain, minimarket, restoran, cafe, dan fasilitas lainnya akan membuat penghuni apartemen tidak perlu pergi terlalu jauh untuk memenuhi kebutuhannya. Dan juga penataannya yang lebih bagus di bandingkan rumah susun.

JENIS-JENIS APARTEMENAPARTEMEN SEWAApartemen yang menawarkan unit-unit-nya untuk disewa. Umumnya jangka waktu sewa cukup panjang, minimum 6 bulan sampai 1 tahun. Unit apartemen yang ditawarkan sudah termasuk segala perabotan (fully furnished) sehingga penyewa tinggal membawa barang-barang pribadi saja. Kemudian ada yang disebut service apartment; dimana disamping fasilitas di atas juga ditambah layanan housekeeping seperti layaknya hotel.

APARTEMEN BELI (CONDOMINIUM)Istilah Condominium biasa digunakan untuk jenis apartemen ini. Pembeli memperoleh sertifikat unit (strata); karenanya sering disebut juga apartemen strata. Seperti halnya perumahan, lokasi dan pengembang menjadi suatu hal yang penting dalam membeli atau ber-investasi di hunian vertical ini.

CONDOTELCondotel (mungkin merupakan singkatan dari Condominium Hotel) adalah konsep baru dalam penjualan unit apartemen. Pembeli membeli unit apartemen kemudian dikelola oleh pengelola untuk disewakan seperti hotel. Pembeli mendapat bagian dari pendapatan sewa (royalty) dan mendapat waktu tinggal umumnya antara 20 30 hari dalam 1 tahun. Konsep ini menjamur untuk apartemen di kota-kota tujuan wisata khususnya

SYARAT BANGUNAN APARTEMENMenurut buku (Times-Saver Standards For Building Types),adalah :ENTRANCE APARTEMENTBagian entrance apartemen harus menarik dan mudah dilihat.Bagian entrance menyediakan tempat untuk: berjalan, kendaraanmenurunkan penumpang, menaikkan barang bawaan, dan tempatuntuk menurunkan barang bawaan.Bagian entrance harus mudah di akses, dan mudah akses bilaterjadi kebakaran.Kanopi entrance melindungi dari angin dan hujan.Skala dan karakter entrance mengikuti desain bangunan.Lebar entrance tapak minimal 5,5 meter, atau dapat dilalui untuk 2 mobil.

PENGIRIMAN BARANGPengiriman dan pengantaran barang, pengantar barang tidak boleh hingga depan pintu.

AKTIVITAS ORANG TUA DAN ANAK DILAKUKAN DI RUANG KELUARGAKamar anak sebisa mungkin dapat diakses dari ruang keluarga, sehingga dapat diawasi.

AKSES DARI RUANG TIDUR KE KAMAR MANDIAkses dari ruang tidur ke kamar mandi tidak menjadi satu jalur dengan ruang keluarga.

AKSES DARI DAPUR KE KAMAR MANDIAkses dari dapur ke kamar mandi, dapat dimungkinkan satu jalur dengan ruang keluarga.

SERVIS DARI DAPUR KE RUANG MAKANServis dari dapur ke ruang makan dapat berhubungan dengan ruang lainnya.

SISTEM UTILITAS APARTeMENUtilitas pada dasarnya adalah bagaimana bangunan dapat dipenuhi kebutuhannya terhadap sistem elektrikal, sistem mekanikal, sistem penanggulangan bahaya kebakaran, sistem transportasi, dan sistem telekomunikasi.untuk bangunan 10 lantai, tentu saja sudah termasuk kategori bangunan middle rise building, dimana kebutuhan utilitas menjadi hal yang sangat penting.

SISTEM ELEKTRIKALBangunan 10 lantai menggunakan energi yang besar. Sumber energi pada umumnya adalah melalui PLN atau melalui generator. Oleh karena itu dibutuhkan ruangan panel untuk menampung panel listrik utama dan meterannya, genset dan kelengkapannya, termasuk ruang teknisinya. Setiap lantai sebaiknya diberi ruang elektrikal yang berisi panel-panel pembagi untuk ruangan di lantai tersebut. Ruangan sebaiknya tidak diakses untuk umum karena sifatnya servis. Sebisanya, manfaatkan sistem alami untuk mengurangi penggunaan energi listrik berlebihan. Usahakan pisahkan panel untuk kebutuhan pencahayaan, kebutuhan peralatan/mesin besar, dan kebutuhan lingkungan.

SISTEM MEKANIKALYang dimaksud sistem mekanikal disini adalah sistem penghawaan AC, air bersih, air kotor, air limbah dan air buangan.

Air Conditioning (AC)Ada 2 system dalam system penghawaan air conditioning, yaitu :A. Sentral, yaitu menggunakan Chiller, AHU, Ducting, FCU, Cooling Tower (utk sistem water to water). Sistem ini berguna untuk bangunan-bangunan besar seperti kantor dan mall.B. Split, yaitu yang menggunakan indoor unit dan outdoor unit (seperti AC rumah biasa). Sistem ini cocok untuk bangunan seperti apartemen dan hotel.

Air BersihSumber air adalah berasal dari PDAM, atau menggunakan sumur dalam, yang kemudian ditampung dalam reservoir atau tanki. Tanki ini bisa diletakkan di atas atau di bawah, atau di keduanya. Ada dua sistem distribusi yang digunakan untuk air bersih, yaitu :A. Sistem Up Feedyaitu air dipompakan dari bawah ke outlet air.B. Sistem Down Feedyaitu air dipompakan dari bawah ke reservoir atas, untuk kemudian disalurkan ke outlet air secara gravitasi.

Sistem Air KotorSumber air kotor kita kenal dengan toilet, dimana limbah padat dari toilet yang harus dikeluarkan menuju septic tank.

Sistem Air LimbahAir limbah juga biasa dikenal dengan grey water. Biasanya grey water akan disaring sebelum dikeluarkan ke tempat pembuangan akhirnya. Hal ini dilakukan agar tidak mencemari lingkungan.

Sistem Air Buangan/LimpasanBiasanya air buangan/limpasan ini adalah untuk pembuangan air hujan yang jatuh di atap bangunan. Air ini sebaiknya ditampung untuk cadangan air bangunan, Kalaupun mau dibuang, bisa langsung dibuang ke riol atau saluran terbuka karena pada dasarnya air ini masih bersih. Yang perlu diperhatikan adalah saluran untuk air buangan/limpasan ini harus cepat tersalurkan ke bawah, karena kalau volume nya besar akan menimbulkan beban bagi bangunan.

SISTEM PENANGGULANGAN BAHAYA KEBAKARANPada dasarnya ada hal yang harus diperhatikan dalam penanggulangan bahaya kebakaran, yaitu :Deteksi, bisa menggunakan smoke detector atau fire detectorPemadaman, biasanya dengan tabung pemadam atau dengan sprinkler dan hydrantEvakuasi, biasanya dengan tangga darurat dan koridor dengan hydrant

SISTEM TRANSPORTASIUntuk bangunan 10 lantai, tentu saja dibutuhkan lift. Sebaiknya menggunakan lift yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, supaya tidak boros energi karena lift menggunakan listrik yang besar.Selain itu tangga darurat juga dibutuhkan, hal ini sama dengan evakuasi untuk bahaya kebakaran. Tangga darurat sebaiknya langsung mengarah keluar bangunan

SISTEM TELEKOMUNIKASIBangunan 10 lantai tentu membutuhkan sistem komunikasi internal agar bisa menghemat biaya. sistem ini seperti jaringan telepon, interkom, internet, dan tata suara. Ruangan komunikasi sebaiknya diletakkan di lantai satu. Tersedia shaft tersendiri yang terpisah dari shaft elektrikal dan mekanikal untuk sistem ini.

Prinsip desain APARTMENTAkses pejalan kaki berbeda dengan dengan akses kendaraan bermotor,akses pejalan kaki dapat langsung ke lobby, namun akses kendaraanbermotor tidak dapat langsung ke lobby namun hanya sebatas menurunkan penumpangatau lewat, dan kendaraan bermotor parkir di tempat parkir maupungarasi.Tempat pertemuan atau lobby merupakan center atau pusat dari fungsilainnya maupun pusat pertemuan akses yang beragam.Ruang rekreasi dapat diakses dari unit apartemen dan melalui lobby.

Laundry FacilitiesChildren Play ParkSwimming PoolCaf & Restaurant24 Hours Hotel room ServicesSpa & SaunaGym & Sport CenterPrivate Finger Print or Access CardTV Cable & PABX24 Hours security systemInternet service provider*BallRoom Masjid/MusholaATM Center

FASILITAS APARTMENT (luxury)STUDI KASUS(AVANA APARTMENT)

DENAHINTERIOREXTERIOR STUDI KASUSApartemen The Hive, Jakarta Timur

Apartemen The Hive lokasinya strategis dan mudah diakses dari mana saja karena diapit oleh beberapa akses TOL antara lain: Tol Dalam Kota Jakarta, Tol Jakarta Outer Ring Road, Tol Jagorawi, dan Tol Cawang Tanjung Priok.Selain itu, Apartemen The Hive, dekat dengan pusat bisnis dan perkantoran (seperti MT. Haryono, TB. Simatupang, Tebet, Pancoran, dll), dekat dengan pusat perbelanjaan (seperti Carrefour, Tebet Square, Plaza Semanggi, dll).Apartemen The Hive menghadirkan fasilitas Bintang 5, antara lain:- Cafe & Resto ( F & B )- Sky Park- Sky Pool- Sky Garden- Access Card- Meeting Room- Security 24 HoursApartemen The Hive menghadirkan fasilitas Bintang 5, antara lain:- Cafe & Resto ( F & B )- Sky Park- Sky Pool- Sky Garden- Access Card- Meeting Room- Security 24 Hours

Di Apartemen & Condotel The Hive Jakarta Timur, anda akan bisa menikmati fasilitas standar bintang 5, antara lain:- Cafe & Resto ( F & B )- Sky Park- Sky Pool- Sky Garden- Access Card- Meeting Room- Security 24 Hours

Selain itu, khusus untuk Condotel, akan ada tambahan fasilitas hotel dari Best Western Premier Hotel, antara lain:- Laundry- Lobby- Information Center- Room Service- etc

DATA EXISTING

Kawasan RukoKawasan RukoKawasan PasarKawasan Pasar TengahKawasan Ruko

DATA TAPAK

TAPAK TERLETAK DI ANTARA PERSIMPANGAN JALAN DIPONOGORO DAN RAHADI USMANLUAS SITE 40 65 = 2600JL DIPONOGORO : 13 MJL TEUKU CIK DITIRO : 6,2 MJL AGUS SALIM :7,3 MTROTOAR DEPAN TAPAK : 4 MKDB :80/100%GSB :KLB :

DATA MATAHARI

MATAHARI TERBIT DARI ARAH TIMURMATAHARI TERBENAM KE ARAH BARATMatahari terbit anatara pukul 06.00 sampai dengan pukul 18.00Matahari terbit dari arah timur kebarat

ANALISIS MATAHARIMATAHARI YG TERBIT DARI ARAH TIMUR KE BARAT,HAL INI MENGAKIBATKAN PADA JAM-JAM TERTENTU MATAHARI MENGARAH TEPAT KE DALAM SITE.Sehingga menyebabkan daerah tapak menjadi panas dan silau

RESPON MATAHARIKarena tingkat panas dari matahari di Pontianak yg cukup tinggi,maka dapat diberikan buffer (double skin) pada bangunanDiberikan buffer berupa tanaman sehingga dapat melindungi pejalan kaki atau area parkir yg ada di ground floorKarena tapak berhadapan dengan matahari pada jam-jam tertentu maka untu menanggulangnya dapat dengan cara memberi buffer alami ataupun buatan.DATA ANGIN

KARENA LETAK GEOGRAFIS INDONESIA YANG HANYA MEMILIKI 2 MUSIM (KEMARAU DAN HUJAN) MAKA ARAH ANGIN AKAN LEBIH DOMINAN DARI ARAH BARAT DAN TIMUR.HAL INI DISEBABKAN BERTIUPNYA ANGIN MUSON TIMUR DAN ANGIN MUSON BARAT

ANALISIS ANGIN

ANGN YG BERTIUP KE DALAM TAPAK MENYEBABKAN DEBU UNTUK MASUK KEDALAM SITE,SEHINGGA DAPAT MENGGANGGU KONSUMEN NANTINYA.RESPON ANGIN

AGAR ANGIN TIDAK MENGGANGGU AKTIFITAS DI GROUND FLOOR,MAKA DISINI DAPAT KITA BERIKAN BUFFER BERUPA TANAMAN,DAN PINTU YG MENUJU HALL LANTAI 1 DAPAT KITA BERIKAN BERUPA PINTU OTOMATISDiberi buffer berupa tanaman,agar dapat menangkal debu yg masuk ke dalam tapakDiberikan pintu otomatis yg masuk ke dalam bangunan,hal ini agar angina yg membawa debu tidak masuk ke dalam bangunanDATA CURAH HUJAN

CUAH HUJAN CUKUP TINGGI DI PONTIANAK DIKARENAKAN TERLETAK DI DAERAH TROPIS BASAH,YANG MANA PADA BULAN-BULAN TERTENTU CURAH HUJAN BISA DIKATAKAN TINGGIANALISIS CURAH HUJANCURAH HUJAN YG TINGGI DAPAT MENYEBABKAN AIR MENGGENANG,DI ROOF TOP MAUPUN GROUND FLOOR,SEHINGGA APABILA TIDAK DITANGGULANG BISA MENYEBABKAN MASALAH YG CUKUP SERIUS

RESPON CURAH HUJAN

Untuk merespon air hujan,pada bangunan dapat kita buatkan kolam penampungan,ini agar dapat menghemat biaya oprasional pada air bersihDan untuk merespon air yg tergenang di tapak,kita dapat membuat muka tanah yg agak landai agar air dapat mengalir dengan lancarData topografiDATA HIDROLOGI (PARIT,AIR TANAH)

Didepan tapak terdapat parit yg cukup lebar yaitu 4,7 m.sehingga memudahkan sirkulasi air yang ada disekitar tapak untuk mengalir walaupun di saat hujan lebat.yg mana aliran tersebut langsung menuju ke sungai Kapuas punye cerite bile kite minom aek nyANALISIS HIDROLOGI

Air yg di alirkan oleh parit di depan tapak sangat lancar hal ini karena parit yg cukup lebar 4,7 m.Sehingga memudahkan dalam pembuangan air kotor.dan memudahkan sirkulasi air yg ada di sekitar tapak hal ini dikarenakan air dari parit tersebut langsung mengalir ke sungai yg tak jauh letaknya dari tapak yaitu sungai kapuasRESPON HIDROLOGI

Dengan adanya parit di depan tapak hal ini dapat kita manfaatkan dengan membuat saluran pembuangan limbah cair langsung ke parit di depan tapak akan tetapi di saring terlebih dahulu agar tidak mencemari lingkungan.DATA FLORATERDAPAT PENGHIJAUAN DI DEPAN TAPAK BERUPA PEPOHONAN YYG DITANAM OLEH PEMERINTAH KOTA,DAN TERDAPAT PULA PENGHIJAUAN DI SEBELAH KIRI TAPAK (JL TANJUNGPURA

ANALISIS FLORATerdapat beberapa pohon yg ditanam oleh pemerintah kota,dan hal ini dapat dimanfaatkan untuk kenyamanan termal orangRESPON FLORA(Pengijauan yg ada di depan tapak)Sebaiknya manfaatkan bagian itu untuk entrance,agar dapat mem-buffer debu dan dapat dijadikan peneduh orang yg berjalan

DATA aksebilitasKEADAAN SEKITAR JALAN DI DEPAN TAPAK TAMPAK RAMAI,HAL INI DIKARENAKAN ADA TRAFFIC LIGHT YG MENYEBABKAN KENDARAAN BERHENTI DI DEPAN TAPAK,SEHINGGA JALAN DI DEPAN TAPAK TAMPAK RAMAI.DI DEPAN TAPAK JUGA TERDAPAT PARKIR,SEHINGGA MENYEBABKAN KEMACETAN *DI BELAKANG TAPAK (Jl Teuku Cik Ditiro) TERDAPAT PANGKALAN OPLET (resmi/tidak) YG DAPAT MENGGANGGU SIRKULASI KENDARAAN YG LEWAT *

PEJALAN KAKI TIDAK BEGITU RAMAI PADA HARI BIASA (NORMAL)PADA DAERAH SEKITAR TAPAK CUKUP PADAT TERJADI DI HARI LIBUR,HAL INI DIKAENAKAN DAERAH YANG MERUPAKAN KAWASAN PERDAGANGAN.TERDAPAT TROTOAR YG CUKUP LEBAR DI DEPAN TAPAK BERUKURAN 4,7 M,DAN JEMBATAN YG DAPAT DIAKSES KE SEBRANG TAPAK

DATA aksebilitasAnalisis aksebilitas

(Kawasan rawan macet)Sirkulasi yg tidak lancar didepan tapak dapat mengakibatkan,tidak lancar pula sirkulasi kedalam tapak,sehingga dapat mengakibatkan kemacetan tatkala masuk kedalam dan keluar tapak

Di depan tapak terdapat sirkulasi pejalan kaki yang di akses melalui trotoar dengan lebar 4,7 m,sehingga memudahkan pejalan kaki unt berjalan di depan tapak.Analisis aksebilitasRESPON aksebilitas

SEBAIKNYA JALAN MASUK DAN KELUAR TAPAK DI AKSES SEJAUH MUNGKIN DENGAN TEMPAT YG RAWAN MACETRencana pintu masuk tapakRencana pintu keluar tapak

Memanfaatkan sirkulasi pejalan kaki yg ada di depan tapak,misalnya dengan cara membuat pusat perdagagan di lantai bawahsehingga bangunan dapat melayani orang yg di dalam bagunan maupun diluar bangunan.RESPON aksebilitasTata guna lahanperaturanUTILITASDATA VISUAL (keluar tapak)

BAC

ABC

DD

Analisis VISUAL (keluar tapak)

BAC

ABC

DDSekitar tapak yang merupakan kawasan perdagangan menengah kebawah,sehingga tampak sekitar kawasan padat dan ramai,yg menyebabkan view keluar tapak tidak ada potensi untuk mengembangkan nya menjadi view utama, terkecuali pada daerah d yg mana merupakan bangunan tua Pontianak dan pada tingkatan yang lebih tinggi,konsumen dapat melihat pemandangan berupa sungai Kapuas pada arah timur

respon VISUAL (keluar tapak)BAC

ABC

DDMemanfaatkan tingkat banguan yang tinggi tersebut untuk memberi bukaan pada view kearah view d dan c berupa sungai Kapuas dan view arah timur dapat dimanfaatkan sebagai view (bersejarah) kota Pontianak,sehingga konsumen mengetahuin bangunan lama kota pontianakDATA KEBISINGANTERJADI KEBISINGAN YG CUKUP TINGGI PADA DAERAH JALAN SEKITAR TAPAK MAUPUN RUKO-RUKO DI SEKITAR TAPAKHAL INI DISEBABKAN SUARA KENDARAAN DIJALAN SEKITAR TAPAK ,DAN SUARA BERBICARA ORANG-ORANG DI RUKO SEKITAR TAPAK

Kebisingan berasal dr suara kendaraan yg ada di depan tapakKebisingan yg cukup mengganggu di karenakan kendaraan yg lalu-lalangANALISIS KEBISINGANKebisingan tidak tinggi yg dihasilkan oleh ruko yg berada di sekitar tapak RESPON KEBISINGAN

Pada dinding-dinding kamar dapat diberikan peredam suara sehingga suara kendaraan tidak menggangu konsumen.Membuat letak ruangan yg membutuhkan tingkat privasi yg tinggi agar lebih jauh dari asal sumber suaraDATA AROMATIKTerdapat parit/solakan didepan tapak,yg berpotensi menimbulkan bau yang tidak sedap kedalam tapak sewaktu tertiup angina yang mengarah ketapak

ANALISIS AROMATIKAromatik yg berasal dari parit di depan tapak,sewaktu-waktu dapat menyebabkan bau yg kurang enak jika terkena hembusan angin.RESPON AROMATIK

Untuk mengatasi masalah aromatic dapat kita berikan tanaman sebagai buffer,dan beberapa tanaman yg berbunga harum,seperti mawar dan lain-lain,selain membuat harum bila terkena tiupan angina,bunga jg dapat memperindah site.NONAMA RUANGLUASAN STANDARTJUMLAH BESARANHUNIANUNIT TYPE 36 (60)36.002.160.00UNIT TYPE 54 (30)54.001.620.00UNIT TYPE 72 (18)72.001.296.005.076.00PENGELOLARUANG KEPALA PENGELOLA24.0024.00RUANG STAF ADMINISTRASI36.0036.00RUANG TEKNISI SERVICE18.0018.00DAPUR/PANTRY12.0012.00WC/KAMAR MANDI6.0012.00GUDANG12.0012.00124.0058NONAMA RUANGLUASAN STANDARTFASILITAS KOMUNALRUANG SERBAGUNA200.00200.00MUSHOLA90.0090.00KM/WC UMUM4.5036.00TOKO15.00150.00KOLAM RENANGFITNES CENTERCAFE300600FLOW HALL DLLHALL,FLOW,R.KOMUNAL,TANGGA,GUDANG UMUM DLL2.370.002.370.00NONAMA RUANGLUASAN STANDARTJUMLAH BESARANS E R V I C ECCTV CENTER/SECURITY16.00RUANG SERVER INTERNET25.00RUANG POMPA54.00RUANG PANEL ME24.00RUANG TEKNISI12.00RUANG AHU36.00RUANG BOILER36.00RUANG GENSET36.00CHILLER36.00COOLING TOWER-PARKIR/GARASI108 (konsumen)+30 (teknisi dan petugas lain) ATM CENTER20.00pertokoanpertokoanLift HALLHALLENTRYATMkantorMusholadanWcTanggaDaruratDan utilitasRENCANA PENZONINGAN LANTAI DASARZoningUnit-unitUnit-unitLift kantorTanggaDaruratDan utilitasUnit-unitkoridorRENCANA PENZONINGAN LANTAI IIMerupakan unitdengan type Merupakan unitdengan type 30ZoningUnit-unitUnit-unitLift cafeTanggaDaruratDan utilitasUnit-unitkoridorMerupakan unitdengan type Merupakan unit dengan type 30ZoningRENCANA PENZONINGAN LANTAI IIIUnit-unitUnit-unitLift TanggaDaruratDan utilitasUnit-unitkoridorMerupakan unitdengan type Lift dengan view keluarZoningRENCANA PENZONINGAN LANTAI IvFitnes centerBertujuan untuk memanfaatkan view keluar tapaknayUnit-unitUnit-unitLift liftUnit-unitkoridorLift dengan view keluarTanggaDaruratDan utilitasZoningRENCANA PENZONINGAN LANTAI vUnit-unitUnit-unitLift liftUnit-unitkoridorTanggaDaruratDan utilitasLift dengan view keluarZoningRENCANA PENZONINGAN LANTAI viZoningRENCANA PENZONINGAN LANTAI viiUnit-unitUnit-unitLift liftUnit-unitkoridorTanggaDaruratDan utilitasLift dengan view keluarZoningRENCANA PENZONINGAN LANTAI viiiUnit-unitUnit-unitLift liftUnit-unitkoridorTanggaDaruratDan utilitasLift dengan view keluarZoningRENCANA PENZONINGAN rooftopKolam berenangLift liftTanggaDaruratDan utilitasLift dengan view keluarcafetariadapurBilas dan gantipertokoanpertokoanLift HALLHALLENTRYATMATMkantorMusholadanWcTanggaDaruratDan utilitaspertokoanENTRYRENCANA PENZONINGAN LANTAI DASAR type 2Zoning