Leaflet PHBS

Click here to load reader

download Leaflet PHBS

of 2

  • date post

    19-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    225
  • download

    7

Embed Size (px)

description

sdfsdf

Transcript of Leaflet PHBS

PUSKESMAS SIANTAN HILIR KECAMATAN PONTIANAK UTARA 2014PHBS di Rumah Tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat.PHBS

Perilaku Hidup Bersih dan SehatPenggunaan air bersih

Air bersih untuk kebutuhan sehari-hari yang berasal dari air kemasan, ledeng, pompa, sumur terlindung dan penampungan air hujan serta memenuhi syarat air bersih yaitu tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna.Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura2014Nouval IqbalI11107055

Memberantas jentik di rumah sekali seminggu.Pemberantasan jentik nyamuk didalam dan atau luar rumah seminggu sekali dengan 3M plus abatisasi/ikanisasi

Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun

Mencuci tangan sebelum makan dan sesudah buang air besar, setelah menceboki anak, dan sebelum menyiapkan makanan menggunakan air bersih mengalir dengan sabun.

Penimbangan bayi dan balita setiap bulan

Bayi dan balita ditimbang setiap bulan dan tercatat di KMS atau buku KIA. Manfaat menimbang secara rutin setiap bulan di POSYANDU antara lain untuk mengetahui apakah balita tumbuh sehat, untuk mengetahui dan mencegah gangguan pertumbuhan balita, untuk mengetahui balita sakit (demam, batuk, pilek) berat badan dua bulan berturut-turut tidak naik.

Menggunakan jamban sehat

Rumah tangga yang meggunakan jamban leher angsa dengan tangki septik atau lubang penampungan kotoran sebagai pembuangan akhir dan terpelihara kebersihannya.

APA itu PHBSPerilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah semua perilaku hidup sehat yang dilakukan atas kesadaran sehingga setiap anggota keluarga atau keluarga tersebut dapat menolong dirinya sendiri.

Asi ekslusif bagi bayiMakanan alamiah berupa cairan dengan kandungan zat gizi yang cukup dan sesuai untuk kebutuhan bayi sehingga tumbuh dan berkembang dengan baik. Air susu ibu pertama berupa cairan bening berwarna kekuningan (kolostrum) sangat bai bagi bayi karena mengandung zat kekebalan trerhadap penyakit.

Indikator PHBS

Persalinan yang ditolong tenaga kesehatanIbu bersalin mendapat pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi kebidanan dengan menggunakan peralatan yang steril aman dan bersih guna mencegah infeksi. Bila terjadi kelainan daalam kandungan dapat dirujuk ke puskesmas atau rumah sakit pemerintah guna keselamatan ibu dan bayi.