LDS PICTURE AND

download LDS PICTURE AND

of 6

  • date post

    28-Sep-2015
  • Category

    Documents

  • view

    225
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Sel Saraf

Transcript of LDS PICTURE AND

Lembar Diskusi Siswa (LDS) 2

Materi:Sistem KoordinasiSubmateri: Sistem saraf pusat dan tepiKelas: XI (Sebelas)

Petunjuka. Kerjakanlah soal di bawah ini dengan berdiskusi bersama kelompok kalian dan perhatikan petunjuk pada setiap soal selama 15 menit!b. Diskusikan dan bahas bersama dengan teman kelompokmu tentang kesulitan yang kamu temui! Jika dalam kelompokmu belum diperoleh jawabannya, tanyakan pada gurumu, tetapi berusahalah semaksimal mungkin terlebih dahulu! c. Setelah selesai, setiap perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi

Kelompok ____Anggota:1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

NILAI

1. Tuliskan struktur dan bagian-bagian (lobus) otak lalu jawablah pertanyaan yang menyertainya!

Terdapat dua jenis ingatan manusia yaitu short-term memory dan long-term memory. Bagaimanakah proses ingatan tersebut bisa terjadi dan dibagian otak manakah pusat ingatan disimpan?2. Tentukan urutan bagian saraf spinal berdasarkan gambar dibawah ini dan jawablah pertanyaan dibawah ini!

Saraf spinal merupakan serabut-serabut saraf yang terdapat pada sumsum tulang belakang. Sumsum tulang belakang bertanggung jawab pada proses terjadinya gerak refleks, bagaimana proses terjadinya gerak refleks jika dikaitkan dengan fungsi substansi alba dan substansi grissea (sayap dorsal dan ventral) yang terdapat pada sumsum tulang belakang?

3. Susunlah nama 12 urutan saraf kranial berikut ini!a. Spinalb. Hipoglosalc. Auditorid. Glosofaringeale. Abdusenf. Troklearg. Trigeminalh. Olfaktorii. OPtikj. Okulomotorikk. Vagusl. Fasial

4. Tuliskan fungsi saraf simpatik dan parasimpatik dibawah ini dan jawablah pertanyaan yang menyertainya!

Diantara kedua jenis saraf otonom terdapat saraf yang bekerja dengan respon darurat atau melawan dan saraf yang bekerja dengan respon istirahat atau mencerna . Tentukan diantara dua jenis saraf otonom (simpatetik dan parasimpatetik) manakah saraf yang bekerja dengan respon darurat dan saraf yang bekerja dengan respon istirahat! Apakah yang membuatnya berbeda? Berikan alasannya!