LATAR BELAKANG

Click here to load reader

  • date post

    16-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    143
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Latar Belakang. LATAR BELAKANG. BK di sekolah bertujuan agar siswa dapat menemukan pribadi,mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan,agar siswa mempunyai tujuan hidup. - PowerPoint PPT Presentation

Transcript of LATAR BELAKANG

Slide 1

KETRAMPILAN DASAR KONSELINGOleh : ZAIMMATUN NAFIAHLATAR BELAKANGLatar BelakangBK di sekolah bertujuan agar siswa dapat menemukan pribadi,mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan,agar siswa mempunyai tujuan hidup.

Oleh karena tujuan konseling disekolah tersebut maka konselor atau guru BP/BK di sekolah harus mempunyai ketrampilan-ketrampilan dasar sebagai konselor.

LATAR BELAKANGFUNGSI LAYANANTUJUAN KONSELINGPELAYANAN DASAR BKPENDEKATAN L.Y.N BKKETRAMPILAN DASAR BKTUJUAN KONSELINGTUJUAN KONSELINGUmum:

Membantu individu menjadi manusia dewasa yg sehat secara pribadi dan sosial:

a. Mandiri secara fisik dan emosi, b. Produktif c. Mampu menjalin kerjasama dg orang lain untuk mencapai tujuan2 hidup

2. Khusus:

a. Membantu individu memahami kesulitannya yg disebabkan oleh logika dan gaya hidup yg kelirub. Membantu indiviu mengubah pola pikir awal dalam rangka menangani inferioritas, ketergantungan, kegagalan; dan mengembangkan rasa p diri dan minat sosialLATAR BELAKANGFUNGSI LAYANANTUJUAN KONSELINGPELAYANAN DASAR BKPENDEKATAN L.Y.N BKKETRAMPILAN DASAR BKPELAYANAN DASAR BKPELAYANAN DASAR BK Pelayanan Dasar Bimbingan klasikal Pelayanan Orientasi Pelayanan informasi Bimbingan kelompok Pelayanan pengumpulan data / aplikasi instrument

LATAR BELAKANGFUNGSI LAYANANTUJUAN KONSELINGPELAYANAN DASAR BKPENDEKATAN L.Y.N BKKETRAMPILAN DASAR BKFUNGSI LAYANANFUNGSI LAYANANPemahaman : menghasilkan pemahaman pihak-pihak tertentu untuk pengembangan dan pemecahan masalah.

2. Pencegahan (preventif), yang menghasilkan tercegahnya atau terhindarnya peserta didik dari berbagai permasalahan yang mungkin timbul yang dapat mengganggu.

Pengentasan, yang menghasilkan terentaskannya atau teratasinya berbagai permasalahan yang dialami peserta didik.

Pemeliharaan dan pengembangan , yang menghasilkan terpeliharanya dan terkembangkannya berbagai potensi dan kondisi positif peserta didik.LATAR BELAKANGFUNGSI LAYANANTUJUAN KONSELINGPELAYANAN DASAR BKPENDEKATAN L.Y.N BKKETRAMPILAN DASAR BKPENDEKATAN L.Y.N BKPENDEKATAN LAYANAN BKPendekatan krisis : pemberian layanan bimbingan dan konseling yang didasarkan adanya krisis yang dialami oleh konseli. Pendekatan remedial : membantu mengatasi kelemahan-kelemahan yang dimiliki peserta didik dan berupaya pemberian remidi terhadap kelemahan-kelemahan tersebut, Pendekatan preventif : pemberian layanan bimbingan dan konseling yang menekankan pada pencegahan terjadinya masalah-masalah yang mungkin dialami oleh konseli. Pendekatan perkembangan : pemberian layanan bimbingan dan konseling yang menekankan pada identifikasi pengetahuan, ketrampilan, sikap dan pengalaman yang diperlukan konseli agar berhasil dalam kehidupan akademik, pribadi social da nkarirnya.

LATAR BELAKANGFUNGSI LAYANANTUJUAN KONSELINGPELAYANAN DASAR BKPENDEKATAN L.Y.N BKKETRAMPILAN DASAR BKKETRAMPILAN DASAR BKKETRAMPILAN DASAR BKAttendingOpeningAcceptanceRestatmentRef. of feelingClarificationParaprashingSructuringLead SilenceReassuranceRejectionAdviceLATAR BELAKANGFUNGSI LAYANANTUJUAN KONSELINGPELAYANAN DASAR BKPENDEKATAN L.Y.N BKKETRAMPILAN DASAR BKAttendingAttendingketrampilan yang digunakan konselor untuk memusatkan perhatian kepada klien agar klien merasa dihargai dan terbina suasana yang kondusif, sehingga klien bebas mengekspresikan / mengungkapkan tentang apa saja.

Contohnya posisi badan termasuk gerak isyrat dan ekspresi muka serta kontak mataAttendingOpeningAcceptanceRestatmentRef. of feelingClarificationParaprashingSructuringLead SilenceReassuranceAdviceRejectionOpeningOpeningOpening adalah ketrampilan / teknik untuk membuka / memulai komunikasi dan hubungan konseling.

Contohnya menyambut kehadiran klien dan membicarakan topic netral seperti menjwab salam, mempersilakan duduk dllAttendingOpeningAcceptanceRestatmentRef. of feelingClarificationParaprashingSructuringLead SilenceReassuranceAdviceRejectionAcceptanceAcceptanceAcceptance ( penerimaan ) adalah teknik yang digunakan konselor untuk menunjukan minat dan pemahaman terhadap hal-hal yang dikemukakan klien.

Contohnya anggukan kepala dll.AttendingOpeningAcceptanceRestatmentRef. of feelingClarificationParaprashingSructuringLead SilenceReassuranceAdviceRejectionRestatmentRestatmentRestatement adalah teknik yang digunakan konselor untuk mengulang / menyatakan kembali pernyataan klien ( sebagian atau seluruhnya ) yang dianggap penting.

AttendingOpeningAcceptanceRestatmentRef. of feelingClarificationParaprashingSructuringLead SilenceReassuranceAdviceRejectionRef. of feelingReflection of feelingReflection of fefling ( pemantulan perasaan ) adalah teknik yang digunakan konselor untuk memantulkan perasaan / sikap yang terkandung dibalik pernyataan klien.AttendingOpeningAcceptanceRestatmentRef. of feelingClarificationParaprashingSructuringLead SilenceReassuranceAdviceRejectionClarificationClarificationClafication ( klarifikasi ) adalah teknik yang digunakan untuk mengungkapkan kembali isi pernyataan klien dengan menggunakan kata-kata baru dan segar. Contohnya pada intinya, pada dasarnya dll.AttendingOpeningAcceptanceRestatmentRef. of feelingClarificationParaprashingSructuringLead SilenceReassuranceAdviceRejectionParaprashingParaprashingParaprashing adalah kata-kata konselor untuk menyatakan kembali esensi dari ucapan-ucapan klien. Contohnya ya, benar/betul secara spontan dari klien.AttendingOpeningAcceptanceRestatmentRef. of feelingClarificationParaprashingSructuringLead SilenceReassuranceAdviceRejectionSructuringStructuringStructuring ( pembatasan ) adalah teknik yang digunakan konselor untuk memberikan batas-batas / pembatasan agar proses konseling berjalan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan dalam konseling.AttendingOpeningAcceptanceRestatmentRef. of feelingClarificationParaprashingSructuringLead SilenceReassuranceAdviceRejectionLead LeadLead ( pengarahan ) adalah teknik / ketrampilan yang digunakan konselor untuk mengarahkan pembicaraanklien dari suatu hal ke hal yang lain secara langsung ketrampilan ini sering pula disebut ketrampilan bertanya.AttendingOpeningAcceptanceRestatmentRef. of feelingClarificationParaprashingSructuringLead SilenceReassuranceAdviceRejectionSilenceSilenceSilence ( diam ) adalah suasana hening, tidak ada interaksi verbal antara konselor dank lien dalam proses konseling.AttendingOpeningAcceptanceRestatmentRef. of feelingClarificationParaprashingSructuringLead SilenceReassuranceAdviceRejectionReassuranceReassuranceReassurance ( penguatan / dukungan) adalah ketrampilan / teknik yang digunakan oleh konselor untuk memberikan dukungan / penguatan terhadap pernyataan positif klien agar ia menjadi lebih yakin dan percaya diri.AttendingOpeningAcceptanceRestatmentRef. of feelingClarificationParaprashingSructuringLead SilenceReassuranceAdviceRejectionAdviceAdvice.

Advice adalah ketrampilan / teknik yang digunakan konselor untuk memberikan nasehat atau saran bagi klien agar dia lebih jelas mengenai apa yang akan dikerjakanAttendingOpeningAcceptanceRestatmentRef. of feelingClarificationParaprashingSructuringLead SilenceReassuranceAdviceRejectionRejectionRejection ( penolakan ) adalah ketrampilan / teknik yang digunakan konselor unutuk melarang klien melakukan rencana yang akan membahayakan / merugikan dirinya atau orang lain.RejectionAttendingOpeningAcceptanceRestatmentRef. of feelingClarificationParaprashingSructuringLead SilenceReassuranceAdviceRejectionTerimakasih Counseling Yes We can