Latar Belakang

download Latar Belakang

of 24

  • date post

    17-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    476
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Latar Belakang

RENCANA BISNISes kribo (es krim dan bolu)A. PENDAHULUAN Latar Belakang Kota Semarang merupakan salah satu kota metropolitan yang memiliki suhu udara harian yang cukup tinggi. Dicuaca yang panas tersebut, tentunya banyak orang akan merasa lelah dan dahaga setiap harinya. Oleh sebab itu kami mencoba mengembangkan suatu lahan bisnis yang sangat berpotensi karena hal tersebut yaitu suatu makanan dan minuman yang pasti disukai oleh semua kalangan/orang dengan harga yang terjangkau tetapi masih jarang di temukan di kota Semarang. Kami menyebut produk bisnis yang kami tawarkan tersebut dengan nama Es Kribo yaitu sebuah singkatan dari es krim dan bolu. Sebagai suatu tempat atau wadah yang akan kami gunakan untuk menyediakan berbagai bentuk dan varian ice cream tersebut, kami menggunakan sebuah tempat yang berbasis cafe ice cream yang kami beri nama Cream cafe. Dengan mengkombinasikan ide-ide baru yang kreatif sehingga diharapkan orang-orang (para konsumen) tertarik untuk menikmatinya bahkan sampai meleleh ketagihan. Alasan pemilihan gagasan usaha atau keunggulan dari usaha tersebut adalah sebagai berikut : 1. Iklim Tropis Indonesia Secara alami, letak negara kita di khatulistiwa ini sangat mendukung perkembangan bisnis es krim. Apalagi suhu udara harian di kota Semarang kenyataannya juga semakin bertambah. 2. Konsumennya Berasal dari Berbagai Kalangan (sasaran konsumen luas). Semua orang mengenal es krim. Mulai anak-anak hingga orang dewasa kenal dan akrab dengan es krim. Produk ini sangat tidak asing bagi siapapun. Itu berarti peluang memasarkannya jauh lebih mudah dari pada produk yang asing atau baru ditawarkan. Kami akan mengkombinasikan rasa es krim yang lezat, kemasan/penyajian yang menarik dan menggoda yang akan membuat konsumen mengenal dan menyukai produk kami. 3. Pasar Bisnis Es Krim Mudah Dicari. Dengan memilih (survey) tempat yang ramai dan strategis misalnya tempat yang menjadi lalu lintas mall, kampus, sekolah, futsal, pasar, kolam renang dll, maka kami yakin bisnis tersebut akan segera menuai kesuksesan.

4. Belum adanya persaingan yang berarti. Produk kami memiliki keunggulan dibanding kompetitor lain yaitu kami menyajikan es krim dengan berbagai varian rasa tetapi kami memiliki resep khusus yang akan membuat konsumen ketagihan. Apalagi produk es krim kami rendah kandungan lemaknya (low fat ice cream)sehingga sangat menyehatkan apabila di konsumsi setiap hari. 5. Mudah Dimulai dan Dijalankan ( tidak memerlukan keterampilan tinggi) serta Pengawasan yang mudah. Untuk memulainya kami tidak memerlukan keterampilan khusus, tetapi mudah dipelajari. Tidak perlu tenaga dengan keahlian khusus. Modal awal yaitu memiliki mesin Pembuat Es Krim (Ice Cream Maker) baik yang model Es Puter/Skop atau model Kran (Soft Ice Cream) sekaligus perawatan perawatan mesinnya.

Kemudian peralatan dalam membuat kue-nya. Untuk pengawasan mudah dilakukan karena setiap mesin menghasilkan produk yang sudah pasti sehingga penyelewengan dari karyawan hampir tidak ada. 6. Proses Pembuatan (produksi) yang Cepat Membuat es krim tidak perlu waktu terlalu lama, dan jumlah produksi dan variasi produk pun bisa Anda atur sendiri. Sehingga konsumen tidak perlu menunggu lama. 7. Peluang Bisnis Es Krim tidak ada matinya Peluang bisnis es krim tak akan pernah tua, dari zaman dulu sampai sekarang bisnis es krim tetap ada. Kami yakin peluang bisnis es krim juga akan tetap ada dan berkembang seiring kemajuan zaman dan kreatifitas manusia. Pangsa pasar-nya pun akan terus kami kembangkan setiap periode.

Latar Belakang disini dimasukkan latar belakang pendirian perusahaan, keadaan persaingan, masih terbuka peluang usaha, fasilitas yang dimiliki dan prospek usaha dimasa yang akan datang. II. Identitas pemilik disini dicantumkan nama pemilik tempat dan tanggal lahir, alamat rumah & telepon, jenis kelamin, status perkawinan, pendidikan terakhir, kursus-kursus yang pernah diikuti pengalaman kerja. III. Data perusahaan disini dicantumkan nama perusahaan, alamat kantor dan nomor telepon, bidang usaha, bentuk badan usaha, bank, mulai berdiri, susunan pengurus. IV. Aspek produksi disini dicantumkan jenis dan jumlah mesin yang digunakan, kapasitas produksi, jumlah rata-rata perbulan, sumber bahan baku. Jika untuk pertokoan maka jelaskan jenis barang yang dijual, sumber barang, cara pembelian. V. Aspek pemasaran disini dijelaskan sistem distribusi, sistem pembayaran dari pembeli, konsumen sasaran, wilayah pemasaran, penguasaan pasar, segmentasi pasar, keuntungan rata-rata dari penjualan. VI. Aspek keuangan di sini dicantumkan kebutuhan uang rata-rata perbulan untuk bahan baku, bahan penolong, upah gaji, biaya umum, ATK, bunga, pajak dll. Jika usaha baru cantumkan modal investasi untuk bangunan, sewa kontrak tempat, pembelian mesin dan perlengkapan. Untuk keperluan modal kerja dijelaskan kebutuhan modal tiap minggu atau tiap bulan.

Kemudian dilampirkan neraca yang menggambarkan rincian jumlah aktiva dan pasivanya. Selanjutnya jelaskan pula laporan rugi laba dengan mencantumkan jumlah hasil penjualan, harga pokok, harga pembelian, biaya-biaya yang dikeluarkan, bunga bank pajak dsb. Selanjutnya jika perusahaan mengajukan kredit ke bank maka bank akan meminta berbagai keterangan lainnya. Segala pesyaratan yang diminta oleh bank jika kurang jelas dapat menanyakan kebagian customer service bank yang bersangkutan. http://fastkaya.blogspot.com

Berikut outline dari bisnis plan dan cara membuat nya.

Pembukaan Pembukaan pada plan / rencana bisnis. Jelaskan siapa yang menulis, kapan dan untuk tujuan apa. Rangkuman Berikan kisi-kisi dari rencana / plan bisnis Anda. Tuliskan bagian ini terakhir setelah semua bagian dibuat. Strategic Overview Tuliskan apa yang menjadi tujuan utama, dan kegiatan utama dari rencana bisnisnya. Apa tujuan jangka panjang, strategi kunci dan tujuan akhir. Status Saat Ini Rangkum apa yang sudah dicapai, performa keuangan, penjualan dan teknis sampai saat ini. Perkenalkan siapa saja yang terlibat dalam bisnis ini. Penawaran Produk atau Jasa Jelaskan secara singkat apa yang membuat produk Anda beda dengan yang lain. Apa yang membuatnya spesial? Target Pasar Tunjukkan siapa saja target pasar yang akan disasar. Berikan profil pelanggan, segmen, trend dan juga kompetisi dibisnis ini. Strategi Marketing dan Penjualan

Bagaiaman Anda akan menjual produk ini? Bagaimana akan bersaing dengan pesaing dibidang yang sama? Berapa biaya marketingnya? dan sebagainya. Teknologi Berikan segala hal yang berkaitan degan teknologi dan penelitian di usaha Anda. Operasional Bagaimana operasional akan di handel, bagaimana menjalankannya, berapa biaya dan sumber daya yang dibutuhkan. Proyeksi Keuangan Berikan tabel sederhana tentang proyeksi keuangannya. Kebutuhan Pendanaan Berapa tambahan pendanaan yang Anda butuhkan. Implemetasi Berikan timeline pengerjaan, dan aksi yang dibutuhkan agar rencana berjalan. Kesimpulan Berikan alasan mengapa bisnis ini akan sukses, dan mengapa perlu didukung.

SMART DISTRO CAMPUS I. PENDAHULUAN

Distro sendiri merupakan singkatan dari distribution store sebagai tempat penjualan T-shirt , Polo shirt dan sejenisnya, dimana segmen pasarnya adalah anak muda yang berjiwa dinamis dan aktiv. Design yang menarik dan merupakan Limited Edition Product biasanya akan diburu konsumen, karena lebih dirasa unik dan private.

II.

DESKRIPSI PERUSAHAAN Smart Distro Campus adalah outlet penjualan baju berupa T-Shirt bagi kaum adam dan hawa dengan design yang cocok untuk anak muda usia 15 hingga 23 tahun. Kami, membuat sendiri designnya, kemudian merealisasikan design ke T-shirt dan dijual melalui online serta penjualan langsung di outlet Smart Distro Campus.

Smart Distro Kampus adalah perusahaan perseorangan yang dimilik M. Eko Budiono berdiri pertengahan tahun 2009. Awalnya Smart Distro Kampus hanya dijual melalui Special Order yaitu, pengelola menyediakan design yang di link ke blog www.kogelorder.co.cc kemudian customer memesan design yang diinginkan lengkap sesuai kode barang, ukuran dan alamat pengiriman barang. Pembayarannya dilakukan dengan transfer payable sesuai harga barang ditambah ongkos kirim sesuai daerah pengiriman.

Seiring berkembangnya usaha dan melebarnya pasar, pemilik memutuskan untuk membuat outlet penjualan Smart Distro Kampus yang rencana akan didirikan di jl Pandega Satya II no 27 Slema, Jogjakarta untuk memenuhi pesanan konsumen.

ASPEK USAHA

A. Data Perusahaan 1. 2. 3. 4. 5. Nama Perusahaan Bidang Usaha Jenis Produk Alamat Perusahaan Nomor Telephon : Smart Distro Campus : Clothing : T-Shirt, Polo Shirt, dll : Jl. Pandega Satya II no 27, Sleman, Yogyakarta : 08562560451

B.Data Pemilik 1. 2. Nama Pemilik / NIM : M. Eko Budiono Jabatan / 32585

: Group Leader / General manager

3. 4.

Nomor Telephon Deskripsi Jabatan

: 08562560451 : Bertanggung jawab terhadap semua kegiatan usaha, dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.memberikan pembagian tugas kepada pekerja.

Staff 1. 2. 3. 4. Nama / NIM Jabatan Nomor Telephon Deskripsi Jabatan : Vega / : Production & design staff : : Bertanggung jawab atas produksi, mengurusi pembelian bahan baku serta bahan2 lain yang diperlukan. Melakukan perhitungan seberapa banyak jumlah produksi untuk pemenuhan standar pasar.

1. 2. 3. 4.

Nama / NIM Jabatan Nomor Telephon Deskripsi Jabatan

: : Promotion staff : : Bertanggung jawab untuk melakukan promosi di berbagai media upaya perluasan pasar.

1. 2. 3. 4.

Nama / NIM Jabatan Nomor Telephon Deskripsi Jabatan

: : Financial staff : : Bagian ini menampung catatan pengeluran atau

pemasukkan dari bagian produksi, promosi, marketing dan lain2 untuk kemudian dibuat laporan.Bertanggung jawab untuk

mengurusi aliran dana masuk dan dana keluar.Menghitung perputaran produk dan kas.

1. 2. 3. 4.

Nama / NIM Jabatan Nomor Telephon Deskripsi Jabatan

: : marketing dan riset staff : : Bertanggung jawab atas penjualan dan pemasaran produk. Membuat riset2 dan observasi terhadap pesaing pasar, untuk mengembangkan usaha dan membuat strategi pasar agar mendongkrak penjualan.

Struktur Perusahaan

Group Leader Production staffIII.ASPEK PRODUKSI

Promotion staff

PRODUK T- Shirt cowok berbagai design animasi UGM Campus T- Shirt cewek design UGM Campus Girly Polo Shirt cewek dan cowok berbagai design Jaket

Metode ready stock. Pilih, Bayar, Bungkus!!

SEGMEN PASAR o Mahasiswa UGM usia 17 25 tahun o Umum

METODE DAN AREA PEMASARAN Berbeda dengan Smart Distro Campus sebelumnya yang menggunakan Order selling dengan system online, kami mencoba menghadirkan outlet Smart Distro Campus yang tempatnya cukup strategis dan nyaman yaitu daerah ringroad utara, jala Pandega Satya II. Kami menyediakan berbagai T- Shirt dan product turunan dengan berbagai design gambar yang ready stock. Area Pasar kami adalah area UGM dan sekitarnya.

MANFAAT DAN KEUNGGULAN PRODUK Menumbuhkan rasa cinta dan memiliki UGM yang ditunjukkan dengan kebanggaanya memakai T-shirt UGM Memberi sensari baru di produk distro Produk bias dijadikan kenang kenangan dan oleh oleh dari Jogjakarta.

IV.

ASPEK PEMASARAN SEKILAS GAMBARAN PASAR Area UGM adalah area dimana civitas akademika (mahasiswa UGM-red) belajar dan melakukan berbagai aktivitas di Jogjakarta.

I.

RINGKASAN EKSEKUTIF

Usaha brownies memang bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Brownies yang paling banyak dikenal pada awalnya adalah brownies panggang. Namun, belakangan ini,mulai muncul jenis brownies kukus dan menurut saya, untuk daerah Sumatra Barat, peluang berwirausaha untuk jenis makanan yang satu ini masih terbuka lebar. Gagasan untuk berwirausaha di bidang ini berawal ketika saya mencoba sendiri membuat brownies untuk teman-teman saya di kampus. Waktu itu memang sedang ada kegiatan Accountino Cup yang merupakan kegiatan tahunan di jurusan Akuntansi. Hasilnya direspon positif oleh teman-teman saya. Sejak saat itu, saya pun mendapat pesanan brownies untuk beberapa kegiatan berikutnya.

Sumatra Barat memang tidak dikenal dengan browniesnya sebagai makanan yang khas. Namun, selera masyarakat Sumatra Barat khususnya kota Padang terhadap brownies kukus ini cukup tinggi. Ini dikarenakan brownies kukus berbeda dengan kue (cake) biasa, baik dari segi pengolahan maupun rasanya. Pada usaha brownies kukus yang akan saya kembangkan ini, ada beberapa analisis terkait produk (brownies) itu sendiri. a. Brand Saya memberi brand untuk brownies kukus buatan saya dengan namaTHE LAPAN. Tidak ada makna khusus yang terkait dengan penamaan ini. THE LAPAN( red:delapan) diciptakan hanya karena saya menyukai angka delapan. Untuk logo dari brand itu sendiri, saya mendesain seperti di bawah ini:

b. c.

Profil Bisnis Nama Bisnis Jenis Bisnis Pemilik Alamat Contact

: Brownies Kukus THE LAPAN :Kuliner : Rahmi Wilansari : Jl.Pala 1 No.8 Berok Siteba Padang : 081363769060

Aneka brownies kukus Saya berinisiatif untuk membuat brownies yang berbeda dengan brownies-brownies lain yang sudah ada. Disini, konsumen bisa memesan brownies sesuai selera mereka dengan cetakancetakan yang unik dan menarik. Khusus untuk muda-mudi, ada produk brownies khusus yang memang dibentuk seperti gambar hati dan sangat eyecatching. Berikut aneka brownies yang akan saya kembangkan dalam usaha ini : Brownies Kukus Klasik Brownies rasa coklat asli dengan hiasan coklat leleh di atasnya. Brownies ini merupakan yang paling banyak dikenal masyarakat. Bisa dikreasikan dengan taburan buah cherry merah atau hijau.

-

-

Brownies Kukus Pandan Brownies jenis ini belum populer di kalangan masyarakat Sumatra Barat. Bahan pembuatannya tidak jauh berbeda dengan brownies klasik, hanya saja rasa pandan mendominasi brownies jenis ini. Bisa juga tambah parutan keju di atasnya sesuai permintaan konsumen.

-

Brownies Kukus Coklat Keju Brownies dengan paduan coklat asli dan keju. Hiasan keju cream dan taburan keju di atasnya semakin menarik minat konsumen untuk melihatnya. Bisa ditambah buah strawberry atau cherry merah sesuai permintaan konsumen.

-

Brownies Kukus Coklat Parut

Brownies Klasik yang ditambah cream putih dan parutan coklat batang di atasnya. Atau hanya dihias dengan cream putih sesuai selera.

-

Brownies Keju Brownies dengan rasa keju asli dan ditambah dengan hiasan parutan keju serta buah cherry di atasnya.

-

Brownies Gulung Brownies rasa coklat dengan bentuk unik dan dilengkapi dengan cream strowberry. Mirip dengan bolu gulung.

-

Brownies Almond Brownies dengan paduan rasa coklat dan selai kacang serta ditaburi dengan potongan-potongan kacang almond.

-

Brownies Cinta Ini merupakan produk andalan yang sasaran utamanya muda-mudi. Bisa dijadikan hadiah kepada sahabat, orangtua, ataupun seseorang yang special. Berbeda dengan brownies lainnya, brownies ini didominasi warna-warna cream cerah dan buah cherry di atasnya. Brownies ini terlihat seperti kue tar biasa, namun rasanya lebih nikmat.

II. a.

ANALISIS PASAR

Target Market Masyarakat umum di berbagai kalangan, baik tua- muda, kelas ekonomi bawah, menengah dan atas

b. Potensi Pembeli terhadap Produk Diestimasikan sangat potensial mengingat produk yang ditawarkan cukup berbeda dengan brownies yang biasa ditawarkan oleh para pesaing. c. Motivasi Konsumen untuk Membeli Brownies merupakan jenis kue yang bisa disantap dalam setiap momen baik formal ataupun nonformal. Konsumen bisa memesan brownies untuk hadiah ataupun ucapan terima kasih.

d. Ukuran Pasar Untuk awal pengembangan brownies kukus ini, ukuran pasar yang ditargetkan mencapai 15-30 pelanggan setiap harinya. e. Sifat-sifat Pembelian Produk Brownies kukus tersebut memakai bahan yang aman, tidak mengandung pengawet, karena itu waktu penyimpanan relatif singkat. Lama penyimpanan pada suhu kamar 2-3 hari. Jika dimasukkan ke lemari pendingin dapat bertahan lebih lama 5-6 hari. Pemasaran brownies tidak terbatas waktu tertentu. Target Pasar Spesifik Muda-mudi, konsumen dengan agenda reuni, seminar, rapat, ulang tahun, perkawinan, dll.

f.

g. Pengaruh Pasar Eksternal - Faktor Ekonomi : Harga Brownies yang saya tawarkan cukup terjangkau oleh berbagai kalangan. Adapun inflasi atau krisis ekonomi, hal tersebut tidak begitu berpengaruh secara signifikan terhadap penjualan brownies kukus ini. - Faktor Sosial : Brownies bukan jenis makanan yang asing lagi bagi masyarakat dan sudah diterima di berbagai kalangan.

III.

RENCANA PEMASARAN -Karena usaha brownies yang akan saya kembangkan ini masih sederhana, maka untuk promosi produk, saya akan mendistribusikan ke beberapa toko/supermarket. Konsumen juga dapat memesan langsung sesuai dengan selera. -Brosur mengenai aneka brownies yang ditawarkan juga menjadi sarana promosi.

Menawarkan produk melalui berbagai komunitas dunia maya seperti facebook, kaskus, dll. -Mengirimkan email kepada beberapa rekan terdekat. -Pemasaran dari mulut ke mulut ( Mouth to Mouth).

IV.

RENCANA PRODUKSI DAN OPERASI

a. Proses Pembuatan Brownies Kukus Sesuai dengan namanya yaitu Brownies Kukus, maka pembuatan brownies ini pun dengan memakai alat kukusan. Karena usaha ini cukup sederhana, maka tidak banyak alat untuk pembuatannya. Selain alat kukusan, produsen menggunakan mixer sebagai pengolah adonan dan Loyang dengan berbagai ukuran dan bentuk disesuaikan dengan permintaan konsumen. Produsen juga memastikan menggunakan kompor yang aman untuk mengkukus. b. Bahan untuk Pembuatan Brownies Kukus Bahan-bahan untuk membuat Brownies Kukus hampir sama dengan kue lainnya, hanya dkreasikan agar lebih menarik, seperti : -Telur -Mentega -Tepung Gula -Tepung Terigu -Coklat batang dan coklat bubuk -Butter -Cream putih/berwarna sesuai selera -Kacang almond, keju, cherry, strawberry,essens pandan. -Dll sesuai permintaan konsumen

V.

ORGANISASI & MANAJEMEN Bentuk usaha Brownies Kukus THE LAPAN ini adalah Perseorangan karena memang usaha ini dirintis dari skala kecil dan sederhana, biaya operasi rendah dan daya tarik yang lebih tinggi. Sebagai seorang wirausaha, saya akan mengajak satu atau dua orang saja dulu yakni orang yang memiliki skill dalam membuat brownies kukus ini untuk menjadi rekan kerja dalam usaha saya, karena memang usaha ini masih sederhana. Untuk lebih jelasnya, berikut akan digambarkan struktur organisasi & manajemen Brownies Kukus THE LAPAN ini.

Rekan kerja

VI. ANALISIS KEUANGAN INVESTASI AWAL Alat kukusan ( 2 unit @ Rp 170.000,-) Mixer ( 1 unit @ Rp 200.000,-) Rp Rp 340.000,200.000,-

Loyang ( dengan berbagai ukuran) ( 20 unit) Spatula ( 2 unit @ Rp 15.000,-) Timbangan Sendok cup ukur Kompor minyak ( 2 unit @ Rp 150.000,-) Spatula Hias Plastik segitiga Spuit Bahan pembuatan awal Promosi TOTAL

Rp

200.000,Rp 30.000,50.000,20.000,300.000,25.000,6.000,5.000,200.000,100.000,-

Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp

Rp 1.476.000,-

Telepon/Hp Listrik Internet

BIAYA OPERASIONAL PER BULAN Rp 100.000,Rp 100.000,Rp 50.000,TOTAL Rp 250.000,-

BIAYA OPERASIONAL PER TAHUN Biaya bulanan x 12 Rp 3.000.000,TOTAL Rp 3.000.000,-

Laba Kotor per Tahun Rp 1.250.000 x 12 = Rp 15.000.000,Laba Bersih per Tahun Rp 15.000.000,- - Rp 3.000.000,- = Rp 12.000.000,-

MODAL DAN HUTANG Modal Modal Pemilik Hutang Rp 500.000,-

Hutang Usaha TOTAL MODAL & HUTANG VII.

Rp 976.000,Rp 1.476.000,-

KESIMPULAN & REKOMENDASI Berdasarkan target laba yang saya sebutkan di awal, yaitu Rp 1.250.000,- per bulan, maka saya telah menghitung waktu dimana akan terjadibreakeven point. Untuk breakeven point akan didapatkan setelah usaha berjalan lebih kurang 1,5-2 bulan. Akan tetapi, bila usaha ini berjalan stabil, maka dalam waktu 1 bulan pun bisa mencapai breakeven point. Demikianlah rencana bisnis ( business plan) ini saya buat dalam rangka tahap pengembangan usaha saya. Rekomendasi saya, semoga usaha ini bisa lebih maju setelah dana yang ada mencukupi untuk pengembangan bisnis ini. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.