Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

32
© Didit Majalolo/ Greenpeace ORANG BIASA yang Melakukan Hal-Hal Luar Biasa Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

Transcript of Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

Page 1: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

© Didit Majalolo/ Greenpeace

ORAN

G BI

ASA

yang

Mel

akuk

an H

al-H

al L

uar B

iasa

Lapo

ran

Tahu

nan

Gree

npea

ce A

sia

Teng

gara

201

2

Page 2: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

ANDA ADALAH BAGIAN TERPENTING DARI APAPUN YANG KAMI LAKUKAN

© Ulet Ifansasti/ Greenpeace

Page 3: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

02 l PESAN DARI DEWAN

03 l KATA SAMBUTAN

04 l DUKUNGAN ANDA ADALAH KUNCI SUKSES KAMI

06 l PERTUMBUHAN PENDUKUNG

08 l PENDUKUNG DAN RELAWAN

12 l MASALAH-MASALAH KAMPANYE

14 l KAMPANYE KAMI

16 l REVOLUSI ENERGI

18 l HUTAN

20 l LAUT

22 l MASA DEPAN BEBAS BAHAN BERACUN

24 l PERTANIAN BERKELANJUTAN

26 l KERJA SOLUSI

27 l PENDANAAN

28 l MENJADI SAKSI LANGSUNG

© Christopher Allbritton/ Greenpeace

Page 4: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

PESAN DARI DEWAN

2012 adalah tahun dimana bahaya yang mengancam lingkungan kita –serta aksi nyata untuk melindungi lingkungan—menjadi semakin nyata dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Kita melihat bencana alam yang terkait dengan perubahan iklim terjadi di berbagai belahan bumi, mulai dari Angin Topan Pablo di Filipina hingga Super Badai Sandy di Amerika Serikat.

Efek jangka panjang dari insiden seperti Fukushima dan tumpahnya minyak teluk masih terus terjadi pada 2012. Sudah jelas memang bahwa sama sekali tidak mudah untuk membereskan dampak dari bencana semacam ini. Dampaknya terhadap kesehatan manusia, ketahanan pangan, tanah dan air akan terus dirasakan umat manusia hingga beberapa dekade ke depan.

Tanpa terkecuali Asia Tenggara juga mengalami bencana, terjadinya banjir besar di Manila dan Jakarta yang muncul sebagai ancaman dan resiko yang dihadapi daerah urban serta kota-kota besar terkait perubahan iklim, resiko yang akan sangat mengancam golongan masyarakat miskin.

Laut kita –yang menyediakan makanan serta sumber kehidupan bagi orang banyak—masih terus menerus mengalami perusakan dan pencemaran, pemanasan global serta praktek penangkapan ikan yang merusak.

Tetapi, kondisi saat ini tidak semuanya suram dan gelap. Kita telah menghasilkan dampak; kita berhasil mengubah perilaku bisnis perusahaan-perusahaan besar; kita berhasil mengubah pola konsumsi masyarakat; dan

yang terpenting kita bisa membuat orang-orang biasa untuk berhenti sejenak, berfikir, dan menyadari bahwa kekuatan untuk melindungi bumi ada di tangan mereka.

Thailand menjadi negara pertama yang meraih kemenangan dalam kampanye KFC, berhasil mendesak raksasa fast food ini untuk memutuskan hubungan bisnis dengan perusahaan-perusahaan kertas yang tidak lestari dalam rantai produksi mereka.

Setelah perjuangan keras, Asia Pulp and Paper –perusahaan kertas terbesar ketiga di dunia—akhirnya berkomitmen untuk menghentikan deforestasi di Indonesia, dan berkontribusi untuk merestorasi habitat harimau Sumatra dan orangutan. Kami akan terus mengawasi secara ketat perkembangan komitmen mereka untuk memastikan perusahaan ini menepati janjinya.

Di Filipina, Greenpeace menjadi bagian kisah sukses kelompok pembuat petisi, yang meminta pengadilan tinggi untuk mensahkan Writ of Kalikasan guna menghentikan percobaan-percobaan lapangan organisme yagn direkayasa secara genetika (Genetically Modified Organism – GMO) Bt Eggplant.

Semua itu menimbulkan pertanyaan: “Kenapa Greenpeace berada di sini? Dan mengapa kita melakukan semua hal yang telah kita lakukan ini?”

Sederhananya, kita berada di sini untuk meraih keadilan sosial dan lingkungan. Sebagai Dewan, peran kami adalah untuk memastikan Greenpeace mencapai tujuannya dalam cara yang transparan dan akuntabel,

dimana semua staf serta relawan bertindak penuh integritas.

Setiap relawan, pendukung dan staf gigih menjalani seruan Gandhi “membuat perubahan yang Anda inginkan di bumi ini.”

Seperti yang Anda akan lihat di bagian-bagian berikutnya di laporan ini, Greenpeace adalah mengenai bagaimana membuat perubahan positif di Asia Tenggara dan memperkuat setiap individu untuk menjadi bagian gerakan pembuat perubahan positif itu.

Saya sangat gembira melihat semangat kerelawanan hidup dengan baik di GPSEA, bahwa sangat banyak warga Asia Tenggara adalah warga negara yang aktif, yang bersemangat untuk bersama-sama melakukan aksi kolektif demi menciptakan kondisi bumi yang ingin mereka tinggali.

Mengutip Howard Zinn:

“Ada kekuatan yang bisa tercipta dari kegeraman yang terfokus, yaitu keberanian, dan inspirasi dari cita-cita bersama, dan jika ada cukup orang yang memfokuskan pikiran serta tenaga untuk cita-cita itu, mereka bisa menang. Fenomena itu telah terus menerus terbukti dan tercatat dalam sejarah gerakan populer, melawan ketidak adilan di seantero dunia.”

Perjuangan untuk meraih keadilan lingkungan adalah perjuangan yang penting dan menentukan dalam masa hidup kita sekarang ini. Dengan komitmen Anda yang berkesinambungan, saya yakin kita bisa terus membuat langkah besar dalam upaya kita menyelamatkan bumi.

Suzy HutomoKetua Dewan Greenpeace Asia Tenggara

2

Page 5: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

KATA SAMBUTAN

Kesadaran lingkungan global kini berada dalam tingkat yang tinggi, menjadi bukti ada dampak dari upaya terus menerus dan kampanye yang dilakukan kelompok-kelompok penyelamatan lingkungan untuk menjadikan isu lingkungan menjadi prioritas di masyarakat. Yang menyedihkan, kondisi ini sekaligus menjadi refleksi dari luasnya serta kompleksitas masalah-masalah ekologis yang kita hadapi sekarang. Kita mendekati batas iklim yang bisa mengarah kepada kondisi yang terlalu jauh dan perubahan yang tidak bisa diperbaiki pada bumi yang yang kita diami sekarang. Kondisi lingkungan telah menjadi masalah keberlangsungan hidup bagi jutaan orang di seluruh dunia, tetapi pemerintah dan industri terus beroperasi dalam cara bisnis seperti biasa.

Kita masih terus berjalan menuju bencana, merusak dan mengkonsumsi planet ini seolah kita punya planet lain untuk ditinggali. Waktu yang tersisa untuk aksi-aksi efektif demi mencegah dampak perubahan iklim terjadi semakin lama semakin sempit.

Greenpeace berkomitmen untuk memastikan perubahan fundamental yang diperlukan, terjadi sekarang juga.

Kita melakukan yang terbaik untuk memastikan pertumbuhan ekonomi Asia Tenggara berjalan di jalur pembangunan yang hijau dan lestari, yang tidak bergantung pada perusakan lingkungan tak bertanggung jawab dan tak bisa diperbaiki. Kita tidak perlu mengulang kesalahan dan tragedi yang terkait

dengan industrialisasi di negara Barat, tetapi kita perlu mengambil pelajaran dari kesalahan-kesalahan itu dan memanjat tangga teknologi, guna menciptakan alternatif-alternatif yang lebih bersih dan aman.

Pembangunan tidak harus berarti perusakan lingkungan. Di kawasan ini, memungkinkan kita untuk bisa melindungi lingkungan sekaligus melakukan pembangunan pada saat yang bersamaan. Untuk kawasan yang dikategorikan sebagai kawasan yang penting untuk dimenangkan dalam perjuangan melawan tantangan lingkungan, penemuan-penemuan semacam itu sangat vital.

Lebih jauh lagi, tantangan terbesar adalah masih adanya pola pikir di sebagian besar masyarakat kita bahwa aktivis lingkungan adalah pengganggu ekonomi, atau bahkan lebih parah lagi, teroris, terutama di negara-negara yang ruang partisipasi masyarakatnya atas demokrasi dan protes resmi, menyusut atau bahkan tidak ada sama sekali.

Meski demikian saya tetap optimistis memandang masa depan karena kampanye kita di kawasan Asia Tenggara telah meraih banyak sukses pada beberapa dekade terakhir ini. Catatan kampanye berorientasi solusi kita telah menunjukkan hal itu, dan kerja-kerja kita pada 2012 bisa merangkum semangat perjuangan dan kemenangan itu. Kampanye kita telah menghasilkan kemenangan lokal dan nasional yang penting –dimana kemenangan itu tidak hanya keberhasilan menghentikan pencemaran dari

tempat pembakaran sampah, pembangkit listrik tenaga batubara, atau rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir, tetapi juga mengangkat solusi-solusi alternatif yang lebih bersih dan aman seperti revolusi energi, nol deforestasi, pertanian berkelanjutan, dan nol limbah. Inisiatif-inisiatif kita telah berkatalisasi dan menghasilkan kemenangan-kemenangan kebijakan penting di negara-negara dimana kita bekerja.

Tetapi mungkin menjadi hal paling penting adalah, kita menghasilkan kemajuan dalam membalikkan opini pada banyak topik dimana kita berkampanye, dan bagi saya hal itu bisa membuat perubahan nyata dan berdampak panjang.

Semua ini tidak akan mungkin terjadi tanpa kerja keras dan komitmen seluruh staf kita di Asia Tenggara. Saya menghargai loyalitas, kreatifitas, serta kepercayaan mereka bahwa berjuang untuk dunia yang lebih baik adalah memungkinkan. Saya menantikan tahun kerja yang produktif dan berdampak positif bersama Anda semua.

Von HernandezDirektur Eksekutif Greenpeace Asia Tenggara (GPSEA)

3

Page 6: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

DUKUNGAN ANDA ADALAH KUNCI SUKSES KITA

© Nigel Marple/ Greenpeace4

Page 7: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

Dalam beberapa tahun terakhir kita menyadari perlunya memperluas potensi kekuatan warga. Menjadi jelas bahwa satu-satunya cara menyelamatkan planet kita adalah mengajak segenap warga negara untuk bergabung dalam upaya ini.

Untuk mewujudkan hal itu kami membentuk departemen Mobilisasi yang fokus pada upaya menjembatani orang-orang biasa dengan perubahan luar biasa. Fokusnya tidak hanya sekedar memenangkan perubahan-perubahan kebijakan kecil, tetapi menciptakan gerakan masyarakat secara massal yang akan beraksi bersama-sama untuk melindungi lingkungan kita demi kita semua dan generasi yang akan datang.

Perubahan sosial dan teknologi menyediakan kita dengan kesempatan untuk memimpin upaya-upaya perubahan, membantu memenangi kampanye dan meningkatkan dukungan finansial untuk menopang kerja-kerja yang ada. Hal ini penting untuk terwujud di kawasan seperti Asia Tenggara ini, tempat yang menentukan bagi banyak perjuangan melawan ancaman-ancaman terhadap lingkungan.

Melalui departemen mobilisasi ini kita melakukan integrasi antara kampanye inovatif sosial media dan kampanye digital dengan gerakan akar rumput yang kuat dan kerja-kerja membangun koalisi; membawa perjuangan menyelamatkan bumi menuju batasan-batasan virtual dan geografis baru.

Orang-orang biasa. Melakukan hal yang luar biasa.

Kami berterima kasih kepada semua pendukung yang telah membuat semua kerja di 2012 terjadi.

Apapun yang kami lakukan, Anda semua berada di tempat yang paling penting.

Karena kerja-kerja kami seluruhnya bergantung kepada donasi sukarela dari individu-individu serta yayasan. Kita tidak dan tidak akan pernah menerima dana dari pemerintah, partai politik dan perusahaan mana pun.

Dukungan Anda kepada Greenpeace memungkinkan kita beraksi cepat dan independen. Independensi kita memberi organisasi ini kredibel dan membantu mensukseskan pekerjaan kita.

Kami menghargai kepercayaan Anda dan tidak akan menyia-nyiakannya. Kami juga berkomitmen untuk menjaga serta memperkuat kepercayaan itu dengan memastikan semua kerja kita transparan dan bisa dipertanggungjawabkan kepada Anda semua. Yang lebih penting, kami terus berusaha memastikan bahwa apa yang kita kerjakan ini akan mampu menciptakan dampak positif, tidak hanya bagi lingkungan tetapi bagi seluruh masyarakat yang bergantung padanya.

Tonton video: Kenapa kita bekerja di Greenpeace

© Jonas Gratzer/ Greenpeace

Terima Kasih5

Page 8: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

PERTUMBUHAN PENDUKUNG

6

Page 9: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

Hingga saat ini Greenpeace Asia Tenggara mempunyai lebih dari

360.000 pendukungdari seluruh negara di Asia Tenggara. Mereka melakukan aksi online dengan berpartisipasi di aksi-aksi cyber, berbagi informasi melalui Facebook dan menyebarkan kampanye melalui Twitter.

2.335 diantaranyaAktif bergabung dalam aksi-aksi Greenpeace dan berbagai aktivitas mulai dari aksi damai tanpa kekerasan hingga demonstrasi, menghadiri kegiatan-kegiatan relawan serta membantu kerja-kerja lain di kantor Greenpeace. Bersama-sama, kami bertekad untuk memperbesar jumlah ini, demi memperbesar gerakan menuju visi masa depan yang lebih hijau dan damai.

Apresiasi kami kepada

55.324 orangYang secara rutin memberikan donasi finansial untuk mewujudkan kerja-kerja kita. Semakin bertumbuhnya donasi semacam ini semakin besar pula suara dan pengaruh kita, dalam mempertahankan lingkungan di seluruh Asia Tenggara.

7

Page 10: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

Relawan, pendukung dan staf Greenpeace terdiri dari beragam usia, latar belakang budaya, agama, dan bahasa. Tetapi mereka dipersatukan oleh tujuan bersama: mewujudkan masa depan hijau dan damai bagi generasi mendatang.

Aktivis-aktivis itu adalah kekuatan terbesar kita: orang-orang biasa yang bersedia melakukan hal luar biasa untuk melindungi lingkungan. Selama bertahun-tahun, mereka telah menghadapi ancaman kurungan penjara, ancaman fisik dan hukuman politis. Tetapi mereka tetap menjaga cara-cara damai. Mereka terus berupaya melindungi. Dan biasanya mereka menang.

SUPORTER DAN RELAWAN

Saya telah menjadi pendukung Greenpeace selama tiga tahun lebih, karena saya tahu planet bumi kini sakit akibat perusakan lingkungan.

Sebagai individu, saya hanya satu orang, saya tidak bisa berbuat banyak untuk mencegah perusakan itu. Karenanya saja bergabung dengan organisasi seperti Greenpeace, sehingga bersama-sama kita bisa meraih perubahan-perubahan besar untuk kepentingan planet bumi.

Saya tahu kontribusi saya menghasilkan dampak!

Berbagai email dan buletin yang dikirimkan Greenpeace terus memberi saya informasi mengenai kerja-kerja Greenpeace dalam menyelamatkan lingkungan. Saya dapat melihat Greenpeace mendapat hasil positif, karena itu saya terus mendukung Greenpeace.

Selain menyokong secara finansial, saya juga kerap mengikuti beberapa aktivitas Greenpeace. Saya sangat menikmati acara pagelaran budaya “100 Persen Indonesia.”

Harapan saya di masa mendatang, Greenpeace bisa melakukan lebih banyak lagi aktivitas rutin di mana para pendukung bisa berpartisipasi, seperti bersih-bersih lingkungan atau menanam pohon bersama.

PendukungFaratun Nikmah (31)

INDONESIA

8

Page 11: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

INDONESIA

RELAWANAhmad Ramdani “Ade Kocil” (32)

Saya bergabung dengan Greenpeace pada 2007 karena saya ingin melakukan aksi nyata untuk membuat perubahan nyata. Aktivitas pertama saya adalah aksi damai tanpa kekerasan di sebuah perusahaan energi, mendesak mereka untuk berhenti mencemari lingkungan di Indonesia.

Selain aktif di Greenpeace, saya juga aktivis di Forum Relawan Penanggulangan Bencana Alam (FRPBA), yang bekerja untuk merehabilitasi kondisi Sungai Ciliwung. Saya belajar banyak hal di Greenpeace, yang kemudian bisa saya implementasikan di organisasi-organisasi lainnya.

Misalnya pada 2010, saya menjalankan pengetahuan kampanye yang saya dapatkan dari Greenpeace untuk memimpin gerakan penyelamatan Gunung Gede Pangrango dari perusakan. Gerakan itu sukses. Sedangkan untuk saat-saat paling berkesan saya bersama Greenpeace adalah ketika melakukan aktivitas persiapan aksi seperti scouting dan mengambil foto.

Alasan saya bergabung dengan Greenpeace adalah saya ingin belajar dan membuat perubahan nyata. Saat ini masih banyak yang bisa saya pelajari dari Greenpeace.

Harapan saya di masa mendatang sederhana: Saya ingin anak cucu saya masih bisa melihat seperti apa hutan, dan saya juga ingin mereka melihat Sungai Ciliwung yang bersih.

Karenanya, kita harus melakukan yang terbaik untuk bumi!9

Page 12: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

FILIPINA FILIPINARelawanSitti Maryam “Rhoha” J. Sangkula (33)Minat saya pada Greenpeace berawal saat saya masih duduk di bangku SMA di Sulu, Mindanao. Saat itu saya kerap membaca berita-berita mengenai Greenpeace di surat kabar, tentang berbagai kampanye penyelamatan lingkungan: mulai dari aksi di laut, hingga lobi gigih mereka kepada kongres untuk meloloskan Undang-Undang Udara Bersih di Filipina. Saya langsung berfikir ingin bergabung bersama organisasi yang cukup mempunyai semangat untuk mau mengambil resiko demi melindungi serta menyelamatkan lingkungan, dengan cara-cara yang damai. Saya cinta lingkungan karena saya percaya lingkungan itu adalah pemberian Allah kepada manusia. Ajaran Muslim yang ada di hati saya percaya bahwa alam harus disayang, dirawat dan dijaga. Tidak hanya untuk kita, tetapi untuk generasi yang akan datang.

Pada 2009 saya bergabung dengan Greenpeace sebagai Direct Dialogue Campaigner dan masa depan terlihat sangat hijau! Setelah tidak lagi menjadi DDC, saya aktif sebagai relawan Greenpeace di Davao, mulai dari berpartisipasi di aktivitas-aktivitas lokal, membantu logistik bagi para jurukampanye, bahkan menyumbangkan keahlian marketing saya untuk menggalang dana bagi Greenpeace melalui merchandise unik Greenpeace.

Benar, bekerja bersama Greenpeace telah memberi pengalaman yang sangat berharga.

PendukungJoanne V. Mar (35)Saya adalah wanita karir, ibu yang berdedikasi, serta bangga menjadi pendukung Greenpeace. Saya bergabung dengan Greenpeace pada 2009 ketika saya sedang berjalan-jalan di sebuah pusat perbelanjaan dan bertemu dengan seorang Direct Dialogue Campaigner. Kami berbicara mengenai kampanye lingkungan Greenpeace, dan saya kagum dengan fakta bahwa Greenpeace mempunyai pengaruh besar terhadap pemerintah dan industri, dimana pada saat yang bersamaan hanya mengandalkan dukungan finansial dari donatur individu untuk melakukan kampanye-kampanye damainya. Organisasi seperti ini sangat terhormat dan langka.

Sejak menjadi pendukung Greenpeace saya telah mengikuti berbagai aktivitas, beberapa diantaranya saya membawa serta keluarga. Sebagai ibu, saya ingin anak perempuan saya, Geraldine namanya, untuk lebih peduli lingkungan. Saya akan selalu mengingat aktivitas menyenangkan bersama Greenpeace di Tiendesitas, dimana saya dan Geraldine mendesain kaus Greenpeace sendiri. Mendukung Greenpeace adalah salah satu capaian terbesar saya, baik sebagai ibu maupun sebagai warga negara yang peduli dengan keberlangsungan planet ini.

10

Page 13: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

THAILAND THAILANDPendukungArnan (Mungkorn) Narknongnoot (25)Saya adalah tentara di Kesatuan Marinir Kerajaan Thailand, Provinsi Chonburi, dan saya telah menjadi pendukung Greenpeace sejak 2008. Pertama kali saya mengetahui tentang Greenpeace adalah kampanye anti perburuan paus, dan saya melihat konfrontasi dengan kapal-kapal pemburu paus di laut dalam.

Momen itu sangat berkesan di benak saya dan sejak saat itu cinta saya kepada Greenpeace terus tumbuh. Saya tidak punya banyak uang tetapi saya tidak ragu-ragu mendaftar jadi pendukung karena saya tahu itu adalah salah satu cara untuk membantu organisasi ini melindungi lingkungan.

Saya bisa merasakan dukungan saya benar-benar berarti untuk gerakan ini. Membaca newsletter dari Greenpeace mengenai kemajuan kampanye-kampanye yang sedang dilakukan, saya bisa melihat dampak positif yang diraih dan mengetahui apa yang kita lakukan ini meraih manfaat, saya benar-benar sangat bahagia.

Isu kampanye favorit saya adalah detox, yang mendesak merek-merek fashion besar untuk berkomitmen memproduksi pakaian yang bebas dari bahan kimia berbahaya. Saya merasa enam tahun berdonasi kepada Greenpeace benar-benar sepadan. Sebagai pendukung saya juga sering ikut aktivitas Greenpeace, seperti saat membuat banner manusia besar dalam kampanye menyelamatkan Arktik. Hal-hal seperti ini membuat saya merasa ikut memiliki Greenpeace.

RelawanPutawat (Jaonine) Thaisom (21)Saya bergabung dengan Greenpeace sebagai staf magang untuk kepentingan kuliah saya di Fakultas Pertanian, Sumberdaya Alam dan Lingkungan Universitas Naresuan. Saya benar-benar menikmati masa-masa itu sehingga saya langsung mendaftar sebagai relawan saat saya lulus kuliah.

Hal yang saya sukai menjadi relawan adalah saya langsung merasa diterima sebagai bagian dari organisasi dan mereka langsung memberi saya kepercayaan untuk melakukan kerja-kerja nyata dan penting. Saya tidak hanya membantu di bidang logistik dan perencanaan, tetapi juga banyak hal-hal lain yang menyenangkan sekaligus efektif dalam menghasilkan dampak positif. Saya telah ikut aktivitas dengan memakai kostum beruang kutub di suhu 35 derajat celcius demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menyelamatkan Arktik, berdandan seperti manequin di pusat perbelanjaan terbesar di Bangkok untuk mendesak merek-merek fashion besar berhenti menggunakan bahan kimia beracun, dan memanfaatkan keahlian medis saya saat menjadi staf medis di acara pertemuan staf Greenpeace.

11

Page 14: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

KEPENTINGAN STRATEGIS KAMPANYE

KITAIklim dan EnergiEnergi masih menjadi tantangan penting di kawasan Asia Tenggara. Meningkatnya populasi dan pembangunan agresif demi mengejar pertumbuhan ekonomi telah membawa kita ke kondisi meningkatnya kebutuhan listrik. Kawasan Asia Tenggara sedang berada di persimpangan penting dimana kita bisa mulai berkomitmen untuk mengembangkan sumber-sumber energi terbarukan dan teknologi energi efisien untuk menuju jalan masa depan energi yang bersih dan aman. Tetapi sayangnya, kebijakan energi di Asia Tenggara masih terus bergantung secara membabi buta dengan menggunakan batubara dan energi fosil. Ini bisa memerangkap negara-negara Asia Tenggara dalam jalur energi kotor dan terus menerus tergantung pada minyak yang tidak hanya berbahaya bagi iklim tetapi juga sangat terpengaruh oleh pasar dunia yang tidak stabil.

HutanIndonesia adalah salah satu negara penghasil emisi terbesar di dunia, mayoritas disebabkan dari deforestasi. Penyebab utamanya adalah berasal dari sektor perkebunan sawit dan kertas. Tujuan dari kampanye kami adalah mengurangi angka perusakan hutan di Indonesia, serta berupaya melindungi habitat satwa langka terancam punah seperti orangutan dan harimau Sumatra.

12

Page 15: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

Pertanian BerkelanjutanPertanian adalah sektor penting bagi negara-negara ASEAN dimana mayoritasnya bergantung pada sektor pertanian untuk pertumbuhan GDP, perdagangan dan investasi. Pertanian menyumbang proporsi signifikan untuk GDP Indonesia (15,3%), Thailand (12%) dan Filipina (20%). Produksi dan konsumsi produk-produk pertanian meningkat tajam di seantero ASEAN dalam satu dekade terakhir. Saat pertanian beralih dari tradisional menjadi pertanian komersial, lingkungan menjadi kian terancam oleh bahan-bahan agrokimia. Rekayasa genetika organisme (genetically modified organism – GMO) mengancam tidak hanya diversitas bibit dan tanaman, tetapi juga ketahanan pangan jangka panjang.

Greenpeace percaya bahwa pertanian ekologis adalah jalan paling lestari untuk meningkatkan baik kualitas maupun kuantitas dari produksi pangan. Kami mendukung pengalokasian pendanaan dan dukungan bagi riset dan pengembangan pertanian berkelanjutan.

Limbah BeracunNegara-negara di Asia Tenggara mengalami masalah sumber air yang serius akibat pencemaran industri. Yang menyedihkan, pemerintah beberapa negara Asia Tenggara melihat bahwa pencemaran ini adalah harga yang pantas untuk dibayar demi kemajuan. Pandangan sempit ini telah menyebabkan makin luasnya pembuangan bahan-bahan kimia beracun ke dalam sumber air kita. Senyawa-senyawa ini bisa menyebabkan masalah-masalah kesehatan dan lingkungan yang bertahan hingga waktu lama serta bahkan tidak bisa diperbaiki.

Air bersih adalah hak azasi manusia; perusahaan dan para pencemar tidak punya hak untuk memperlakukan badan air dan sumber air sebagai tempat pembuangan pribadi mereka. Perusahaan-perusahaan tak punya hak untuk meracuni sumber air kita, merusak habitat alami dan membahayakan jutaan orang.

Di Asia Tenggara, masalah lingkungan ini diperparah dengan tidak adanya kerangka kerja serta regulasi yang efektif, serta lemahnya penegakkan hukum dan pengawasan terhadap pencemaran air.

LautAsia Tenggara adalah salah satu kawasan yang mempunyai kekayaan hayati laut paling besar di dunia, tetapi juga merupakan salah satu lautan yang paling terancam. Lebih dari setengah penduduk Asia Tenggara hidup di wilayah yang jaraknya di antara 50 kilometer dari laut, lebih dari 100 juta penduduk di Indonesia dan Filipina menggantungkan hidupnya kepada laut sebagai sumber makanan dan mata pencaharian. Ekosistem laut Asia Tenggara yang rapuh ini dihancurkan dengan kecepatan tinggi. Penangkapan ikan berlebih dan merusak terus menghancurkan sumber laut kita tanpa memberi waktu yang cukup untuk pulih. Pencemaran merusak air sementara kenaikan temperatur akibat perubahan iklim mematikan karang dan menyebabkan keasaman laut.

13

Page 16: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

Nol Deforestasi Global

Mendesak perusahaan-perusahaan perusak hutan untuk

mengubah praktek mereka dan mendesak para pemimpin

politik untuk mengambil langkah nyata yang penting.

Independen, tanpa kekerasan dan konfrontasi kreatif telah menjadi etos

Greenpeace selama 40 tahun terakhir ini dan kami berkomitmen untuk

terus menjaga nilai-nilai saat Greenpeace didirikan pada 1971.

Lingkungan telah berubah dari status berada dalam ancaman menjadi

status krisis. Jelas bahwa para pemimpin politik dan ekonomi di dunia

tidak bertekad untuk mengatasi bencana lingkungan: air kita tercemar

bahan kimia beracun, hutan dan lahan gambut terus dirusak, kawasan

kita terus menerus dihantam peristiwa-peristiwa iklim ekstrim dan

perubahan iklim melelehkan es di Arktik.Kita tidak punya planet B yang bisa dijadikan cadangan, jadi arti penting

kerja-kerja kita menjadi meningkat sangat drastis.Kita menghubungkan perjuangan keadilan lingkungan ini dengan

perjuangan keadilan sosial. Tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa umat

manusia harus menemukan jalan baru hidup secara damai dengan

planet ini, serta berada dalam koridor batas-batas ekologis.

Greenpeace berupaya untuk mewujudkan perubahan positif melalui

pendekatan-pendekatan nyata, dan dengan membangun aliansi yang

kuat,kita bisa memobilisasi dan memperkuat masyarakat di seluruh

kawasan Asia Tenggara untuk melakukan aksi nyata. Kami berupaya

membantu terwujudnya solusi-solusi nyata, dan menggaungkan suara-

suara semua orang yang yakin bahwa upaya untuk mewujudkan bumi

yang lebih baik adalah hal yang mungkin dilakukan.

Revolusi Energi GlobalBeralih dari energi fosil kotor kepada energi terbarukan

14

Planet B

KITA TAKPUNYA

SEBAGAI CADANGAN

Page 17: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

Menciptakan Masa Depan

Bebas Bahan Beracun

Berkampanye untuk pertanian berkelanjutan

Melindungi Laut Kita

Menghentikan ekspansi rekayasa genetika organisme (GMO),

dan berpindah dari metode-metode penggunaan bahan kimia

secara intensif menuju pertanian berkelanjutan.

Mengurangi pembuangan bahan-bahan kimia industri berbahaya hingga separuhnya, karena pencemaran bahan kimia bukanlah harga sepadan bagi kemajuan.

Memastikan keanekaragaman hayati laut global untuk

pulih dan mewujudkan 40 persen dari total lautan inter-

nasional menjadi kawasan konservasi laut.

15

Planet B

KITA TAKPUNYA

SEBAGAI CADANGAN

Page 18: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

16

MEWUJUDKAN REVOLUSI ENERGI

Page 19: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

17

Kampanye Iklim dan Energi kami berfokus kepada desakan untuk mengurangi investasi di proyek batubara dan mempromosikan pendekatan energi bersih dan hijau.

Lebih dari 15.000 orang di Thailand bergabung dalam gerakan yang mendesak pemerintah untuk mengadopsi Undang-Undang Energi Terbarukan.

Di Filipina, Komisi Regulasi Energi akhirnya mensahkan besaran tarif insentif (feed in tariff) sebagai titik puncak kerja-kerja advokasi dan lobi yang dilakukan Greenpeace Asia Tenggara.

Di Indonesia, Greenpeace menerangi Candi Kuno Borobudur di luar kota Jogjakarta –sebuah cagar budaya UNESCO—menggunakan sumber energi terbarukan. Aksi simbolis ini mengilustrasikan bahwa Indonesia dapat mewujudkan masa depan energi yang bersih dan hijau. Beberapa pemimpin pemerintahan

dari berbagai tingkatan ikut menghadiri acara ini dan mendeklarasikan

dukungan mereka untuk peningkatan penggunaan energi terbarukan, dan kemauan mereka untuk

bekerja sama dengan Greenpeace demi

mewujudkan hal ini.

© Ulet Ifansasti/ Greenpeace

Page 20: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

NOL DEFORESTASI SECARA GLOBAL

18

Page 21: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

Kami terus berjuang untuk mewujudkan nol deforestasi pada tahun 2020, dengan mendesak industri yang dalam operasinya melakukan perusakan hutan dan melobi para pemimpin politik untuk mengambil aksi nyata yang diperlukan demi melindungi hutan di seluruh dunia.

Kemenangan cepat terjadi dalam kampanye KFC global, yang bertujuan untuk mendesak raksasa makanan cepat saji itu mengeluarkan Asia Pulp and Paper (APP) dari rantai suplai mereka. Keberhasilan pertama dan kedua dalam kampanye ini terjadi di Asia Tenggara: Di Thailand perusahaan itu menyepakati tuntutan kita dalam waktu 24 jam setelah kampanye diluncurkan, dan dua minggu kemudian diikuti oleh KFC di Indonesia.

Setelah bertahun-tahun menerima tekanan publik dari Greenpeace, APP akhirnya mempublikasikan ‘Kebijakan Konservasi Hutan’ baru yang jika terimplementasikan bisa menghentikan sejarah panjang perusakan hutan. Kita menyambut baik komitmen APP ini, dan kita akan terus melakukan pengawasan kemajuan implementasi kebijakan mereka.

NOL DEFORESTASI SECARA GLOBAL

19

© Ulet Ifansasti/ Greenpeace

Page 22: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

© Pat Roque/ Greenpeace20

Page 23: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

Kita sukses meluncurkan kampanye laut di Filipina dengan memaksimalkan kehadiran kapal Esperanza untuk menjadi saksi langsung, baik menyaksikan praktek-praktek penangkapan ikan merusak maupun dampak yang dihasilkan oleh Angin Topan Pablo.

Kita berhasil membangun jaringan yang kuat dengan berbagai pemangku kepentingan di lapangan termasuk media massa, penyalur ikan dan pedagang kecil dan GPSEA sekarang diposisikan sebagai salah satu sumber utama di isu seputar laut Filipina.

Kita berhasil membangun aliansi strategis pada industri penangkapan tuna dan bersama-sama dengan asosiasi pedagang serta organisasi-organisasi masyarakat sipil yang selama ini aktif mendukung visi industri tuna yang lestari dan bertanggung jawab.

MELINDUNGI LAUT KITA

© Pat Roque/ Greenpeace21

Page 24: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

© Yudhi Mahatma/ Greenpeace22

Page 25: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

Pencemaran industri adalah ancaman serius di kawasan Asia Tenggara, dimana beberapa pemerintahan dan industrinya mempunyai pandangan bahwa pencemaran adalah harga pantas yang harus dibayar demi pembangunan.

Tujuan kampanye bebas limbah beracun kita adalah untuk mengurangi pelepasan bahan kimia industri berbahaya hingga setengahnya pada 2020 dan menghilangkan penggunaan bahan-bahan kimia ini dalam kurun satu generasi.

Di Indonesia, kita mempublikasikan rangkaian laporan “Detox” dan menyelenggarakan beberapa aksi untuk meningkatkan kesadaran publik mengenai bahan kimia berbahaya yang dibuang ke Sungai Citarum – sumber air utama bagi Jakarta. Kita berfokus pada dampak pencemaran terhadap masyarakat yang hidup di sepanjang sungai – yang bergantung pada sungai untuk berbagai kebutuhan, mulai dari sumber makanan dengan mencari ikan. Kita menggaungkan isu ini untuk mengajak kandidat-kandidat gubernur Jawa Barat untuk berkomitmen terhadap sumber air bebas limbah beracun.

MENCIPTAKAN MASA DEPAN BEBAS LIMBAH BERACUN

Tonton video: Zara 'Detox' Day of Action in Bangkok

23

Page 26: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

BERKAMPANYE UNTUK PERTANIAN BERKELANJUTAN

24

Page 27: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

Perjuangan mewujudkan pertanian berkelanjutan adalah kunci untuk mengatasi masalah krisis pangan dunia dan memastikan tersedianya pangan bagi semua.

Dalam sebuah keputusan monumental, Pengadilan Tinggi Filipina mengeluarkan putusan yang memihak Greenpeace dan penandatangan petisi lainnya yang mengajukan tuntutan hukum melawan percobaan rekayasa genetika terung (Bt eggplant) yang sedang berlangsung. Pengadilan Tinggi memutuskan bahwa Bt eggplant melanggar hak asasi masyarakat akan lingkungan yang sehat, dan mengakui bahwa benih hasil rekayasa mempunyai ketidakpastian ilmiah terhadap keselamatan lingkungan dan kesehatan.

25

© Veejay Villafranca/ Greenpeace

© Veejay Villafranca/ Greenpeace

Page 28: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

KERJA SOLUSI Greenpeace hadir karena bumi yang rapuh ini

butuh suara. Butuh solusi. Butuh perubahan. Butuh aksi. Peran kita tidak sebatas mengungkap masalah-masalah lingkungan: kita juga menjadi bagian dari penciptaan solusi.

Desa Dosan di Sumatra, Indonesia adalah contoh Greenpeace bekerja sama dengan masyarakat dan kelompok masyarakat lain untuk mencari solusi dari praktek merusak perkebunan kelapa sawit skala besar.

Perkebunan kelapa sawit di Indonesia telah berekspansi dengan sangat cepat pada dua dekade terakhir, menghilangkan banyak hutan alami dan kawasan lahan gambut penting. Janji bahwa hal ini akan memberikan keuntungan ekonomi dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal ternyata hanya dinikmati sedikit orang. Pendekatan petani sawit kecil yang inovatif dan independen justru terbukti memberikan keuntungan ekonomi dan sosial serta membantu melindungi hutan tersisa. Masyarakat Dosan telah berkomitmen untuk melindungi hutan yang ada dan bergerak untuk memperbaiki praktek pengelolaan lingkungan yang diantaranya prinsip nol pembakaran lahan, tak menggunakan herbisida dan meningkatkan pengelolaan air untuk menjaga sistem air lahan gambut.

Lihat video: Minyak sawit lestari di Sumatra

Klik disini untuk mengetahui lebih banyak: cerita interaktif

Minyak BersahabatSolusi untuk perkebunan kelapa sawit skala besar yang merusak lingkungan

26

Page 29: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

BAGAIMANA KONTRIBUSI ANDA DIGUNAKANPada 2011, Greenpeace Asia Tenggara menggalang donasi sebesar 121 juta Thai Baht. Greenpeace menunaikan tanggung jawabnya untuk menjunjung tinggi transparansi dan akuntabilitas penggunaan dana dengan sangat serius. Kita selalu memastikan bahwa dana digunakan secara efisien karena dana itu merupakan pemberian dari masyarakat yang berdonasi.

Angka-angka yang ada disini disarikan dari hasil audit tahunan. Bagi yang berminat untuk membaca hasil audit tahunan itu secara lengkap silahkan hubungi tim Supporter Care dengan cara mengklik disini.

IKLIM

HUTAN62%

18%

LAUT16%

2%

KAMPANYEBEBASLIMBAHBERACUN

2%

PERTANIANBERKELANJUTAN

27

Page 30: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

© Pat Roque/ Greenpeace

HeadlineKesatria Muda untuk Citarum Pelangi

MediaTitlePikiran Rakyat

Date20 Nov 2012

ColorFull Color

SectionNews

Circulation225,000

Page No29

Readership

LanguageIndonesian

ArticleSize583 cm²

JournalistN/A

AdValueIDR 75,943,421

FrequencyDaily

PR ValueIDR 227,830,263

Headline Energi Surya yang AMurah Meriah

MediaTitle Media Indonesia

Date08 Dec 2012

Color Full Color

Section News

Circulation 250,000

Page No 23

Readership 750,000

Language Indonesian

ArticleSize 991 cm²

Journalist Iis Zatnika

AdValue IDR 178,380,000

Frequency Daily

PR Value IDR 535,140,000

Headline Acting Out

MediaTitle Jakarta Globe

Date 05 Jul 2012Color Full Color

Section NewsCirculation 60,000

Page No 9Readership

Language EnglishArticleSize 104 cm²

Journalist JGAdValue IDR 25,000,000

Frequency DailyPR Value IDR 75,000,000

MENJADI SAKSI LANGSUNG

Surviving Pablo

28

© Pat Roque/ Greenpeace

Page 31: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

Menjadi saksi langsung (bearing witness) adalah nilai dasar dari Greenpeace. Tidak seperti aksi langsung tanpa kekerasan –misalnya saat aktivis merantai diri ke jangkar kapal—menjadi saksi langsung tidak menghasilkan dampak yang segera.

Kebanyakan orang tidak bisa pergi ke tempat-tempat seperti hutan alam yang sedang terancam atau terumbu karang untuk menyaksikan sendiri perusakan yang sedang terjadi. Greenpeace menjadi saksi akan semua itu dan menceritakannya melalui narasi, video atau foto, yang merupakan cara kuat untuk membuat masyarakat di seluruh dunia mengetahui hal sesungguhnya dari perusakan lingkungan itu, dan pada jangka panjang akan menghasilkan dampak yang positif.

Banyak orang yang melihat “kesaksian langsung dari tempat kejadian” ini akan melakukan sesuatu, beberapa akan mengubah cara pandangnya, beberapa memang tidak akan peduli – tetapi tidak akan ada satu orang pun yang telah melihat kesaksian ini bisa mengatakan bahwa mereka tidak tahu.

“Sekali Anda menyaksikan ketidak adilan, Anda tidak bisa lagi pura-pura tidak peduli. Anda akan membuat pilihan etis: melakukan sesuatu atau tidak samasekali.”

Ben Metcalfe, salah satu pendiri Greenpeace

Greenpeace menggunakan media sebagai saluran yang memfasilitasi aksi bersaksi langsung dan menggaungkan hal-hal yang mungkin tidak menjadi perhatian itu sehingga terdengar oleh masyarakat.

© Toto Santiko Budi/ Greenpeace

Headline Energi Surya yang AMurah Meriah

MediaTitle Media Indonesia

Date08 Dec 2012

Color Full Color

Section News

Circulation 250,000

Page No 23

Readership 750,000

Language Indonesian

ArticleSize 991 cm²

Journalist Iis Zatnika

AdValue IDR 178,380,000

Frequency Daily

PR Value IDR 535,140,000

Headline DenganMediaTitle KompasDate 06 Mar 2012Color Full Color

Section Ilmu & TeknologiCirculation 650,000

Page No 14Readership

Language IndonesianArticleSize 124 cm²

Journalist Wisnu WidiantoroAdValue IDR 37,738,420

Frequency DailyPR Value IDR 113,215,260

Headline Acting Out

MediaTitle Jakarta Globe

Date 05 Jul 2012Color Full Color

Section NewsCirculation 60,000

Page No 9Readership

Language EnglishArticleSize 104 cm²

Journalist JGAdValue IDR 25,000,000

Frequency DailyPR Value IDR 75,000,000

Headline Greenpeace Tandai Pencemar di Sungai Citarum

MediaTitle Koran Tempo

Date 06 Dec 2012Color Full Color

Section Ilmu & TeknologiCirculation 200,000

Page No A13Readership 720,000

Language IndonesianArticleSize 163 cm²

Journalist Untung WidyantoAdValue IDR 23,438,276

Frequency DailyPR Value IDR 70,314,828

MENJADI SAKSI LANGSUNG

29

Page 32: Laporan Tahunan Greenpeace Asia Tenggara 2012

www.greenpeace.org/seasia

Thailand

Filipina

Indonesia

Desi

gn b

y In

ís C

omm

unic

atio

n –

ww

w.in

isco

mm

unic

atio

n.co

m© Jonas Gratzer/ Greenpeace