Laporan KP Arief 11.70.0012

download Laporan KP Arief 11.70.0012

of 38

  • date post

    29-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    361
  • download

    1

Embed Size (px)

description

Laporan KP Arief 11.70.0012

Transcript of Laporan KP Arief 11.70.0012

1

PENGEMASAN SUSU PASTEURISASI DAN HOMOGENISASI DI CV CITA NASIONAL, SALATIGA

LAPORAN KERJA PRAKTEK

Diajukan untuk memenuhi sebagian syarat-syarat guna memperoleh gelar Sarjana Teknologi Pertanian

Oleh :ARIEF BUDI DHARMAWAN11.70.0012

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PANGANFAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIANUNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATASEMARANG

i

2014

PENGEMASAN SUSU PASTEURISASI DAN HOMOGENISASI DI CV CITA NASIONAL, SALATIGA

Oleh :ARIF BUDI DHARMAWANNIM : 11.70.0012Program Studi : Teknologi Pangan

Laporan Kerja Praktek ini telah disetujui dan dipertahankandihadapan sidang penguji pada tanggal: 9 Januari 2014

Semarang, 27 Januari 2014

Fakultas Teknologi PertanianUniversitas Katolik Soegijapranata

Pembimbing Lapangan, Dekan,

Moh Nor Ali Muslim, S.Pt Ita Sulistyawati, STP., MSc.

Pembimbing Kerja Praktek,

Novita Ika Putri, STP.iii

vii

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis haturkan kepada Tuhan Yang Maha Pengasih karena berkat rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan Laporan Kerja Praktek yang berjudul Pengemasan Susu Pasteurisasi dan Homogenisasi di CV Cita Nasional, Salatiga laporan ini disusun sebagai prasyarat untuk memenuhi kelengkapan akademis guna memperoleh gelar Sarjana Teknologi Pertanian. Adapun kerja praktek ini sangat bermanfaat bagi penulis, karena dapat menambah wawasan dan menambah pengalaman kerja.

Seluruh kelancaran dan keberhasilan ini pun tentunya tidak terlepas dari bantuan, arahan, bimbingan, serta dukungan dari berbagai pihak. Oleh sebab itu, Penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada :1. Ibu Kristina Ananingsih, ST., MSc. selaku Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Soegijapranata Semarang dan 2. Ibu Novita Ika Putri, STP selaku Dosen Pembimbing Kerja Praktek yang bersedia meluangkan waktu, tenaga, pikiran dan dengan sabar memberikan pengarahan dan bimbingan selama penulis melaksanakan Kerja Praktek. 3. Bapak Enang Komara selaku Asisten Manager CV Cita Nasional yang telah memberi kesempatan kepada Penulis untuk melaksanakan Kerja Praktek di CV Cita Nasional, Salatiga.4. Bapak Moh. Nor Ali Muslim, S.Pt selaku Quality Control CV Cita Nasional dan pembimbing lapangan yang telah mengarahkan, membimbing, dan memberikan informasi kepada Penulis selama melakukan Kerja Praktek.5. Tim Quality Control, tim Processing, dan tim Filling & Packaging yang tidak dapat Penulis sebutkan satu per satu, yang menerima Penulis dengan penuh rasa kekeluargaan dan selalu memberikan keceriaan selama berlangsungnya Kerja Praktek serta telah memberikan informasi-informasi tambahan selama pengerjaan laporan Kerja Praktek.6. Djoenaedi selaku ayah Penulis yang selalu memberikan izin, mendukung dan berusaha mempersiapkan segala bantuan moral maupun material bagi Penulis dalam melaksanakan Kerja Praktek di Salatiga.7. Lydia Koenarti selaku ibu Penulis yang telah mendoakan Penulis supaya dapat melaksanakan Kerja Praktek di Salatiga.8. Stefhanie Candra Dewi, SE, dan Christian Widjaya, SE selaku saudara kandung Penulis yang selalu memberi pengarahan dan menjadi motivasi Penulis dalam melaksanakan Kerja Praktek di Salatiga.9. Go Yohan Setiawan, Ivan Septian dan Bertha Widyarani sebagai teman seperjuangan selama melaksanakan Kerja Praktek di CV Cita Nasional Salatiga.10. Fiera Lusida, Tommy Setia Hardika, STP dan semua teman-teman Program Studi Teknologi Pertanian yang sudah mendukung Penulis selama menyelesaikan laporan Kerja Praktek.11. Semua pihak yang telah membantu Penulis yang tidak dapat disebutkan satu per satu.

Penulis menyadari bahwa penulisan dan penyusunan laporan kerja praktek ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis memohon maaf bila selama Kerja Praktek maupun dalam pembuatan laporan Kerja praktek masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan. Untuk itu, penulis sangat mengharapkan berbagai kritik dan saran dari para pembaca. Meski belum sempurna, tetapi Penulis berharap agar laporan Kerja Praktek dapat bermanfaat bagi para pembaca dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Selamat membaca!

Semarang, Januari 2014

Penulis

1.

DAFTAR ISI

HALAMAN PENGESAHAN ...................................................................................................iKATA PENGANTAR iiDAFTAR ISI ivDAFTAR TABEL vDAFTAR GAMBAR viDAFTAR LAMPIRAN vii1. KEADAAN UMUM PERUSAHAAN 11.1. Sejarah Perusahaan 11.2. Lokasi Perusahaan 21.3. Visi dan Misi Perusahaan 21.4. Struktur Organisasi Perusahaan 31.5. Ketenagakerjaan 31.6. Sistem Pemasaran 5

2. SPESIFIKASI BAHAN KEMASAN & PRODUK 62.1. Produk62.2. Jenis Pengemasan9

3. PROSES PENGEMASAN SUSU PASTEURISASI 113.1. Diagram Alir 113.2. Alat dan Proses Pengemasan 133.3. Penanganan Produk Akhir 153.4. Penentuan Masa Kadarluarsa 163.5. Labelling 16

4. PEMBAHASAN 174.1. Proses Pengemasan Susu Pasteurisasi 174.2. Penyimpanan Susu Pasteurisasi Pasca Pengemasan 224.3. Labelling22

5. 6. KESIMPULAN & SARAN 246.1. Kesimpulan 246.2. Saran 24

7. DAFTAR PUSTAKA 26

8. LAMPIRAN 27

vi

DAFTAR TABEL

Tabel 1. Struktur Organisasi CV. Cita Nasional 3

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1. Susu Pasteuriasasi NASIONAL kemasan cup 150 mL ; (a) rasa coklat; (b) rasa stroberi; (c) rasa moka 6Gambar 2. Produk susu pasteurisasi dan homogenisasi kemasan purepack; (a) minipack 90 mL; (b) purepack 450 mL7Gambar 3. Bahan kemasan cup 150 mL; (a) cup ; (b) lidcup 8Gambar 4. Krat untuk menyimpan produk akhir 9Gambar 5. Diagram alir proses pengemasan susu NASIONAL 11Gambar 6. Skema mesin fillomatic proses pengemasan susu pasteurisasi dan homogenisasi..12Gambar 7. Unit filler pada fillomatic 13Gambar 8. Unit sealer pada fillomatic14Gambar9.Proses pengemasan sekunder...15Gambar 10. Proses penyimpanan akhir dalam box cooler 15

16

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1. Tata Letak CV. Cita Nasional 29Lampiran 2. Denah Pabrik CV. Cita Nasional 30Lampiran 3. Alur Proses Produksi Susu di CV. Cita Nasional 31Lampiran 4. Standar Mutu Susu Segar di CV. Cita Nasional32Lampiran 5. Presensi Kerja Praktek33Lampiran 6. Kartu bimbingan Kerja Praktek 34Lampiran 7. Lembar Penilaian Kerja Praktek35

1. KEADAAN UMUM INDUSTRI

1.1. Sejarah Perusahaan

CV Cita Nasional merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan susu pasteurisasi dan homogenisasi yang terletak di daerah Salatiga tepatnya di daerah Getasan. CV Cita Nasional didirikan oleh Bapak H. Rudi Kurnia Danu Wijaya pada 10 November 2000 sesuai dengan surat izin No. 155/KWDPP.11/3.1/XI/2000 dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan No. 160/11.16/PK/VII/2000 dari SIUPP. Cita Nasional diresmikan oleh Prof. Dr. Ir. Bungaran Saragih, ME selaku Menteri Pertanian dan Perkebunan Republik Indonesia tahun 2000.

Awal didirikan CV Cita Nasional dilatar belakangi oleh adanya dorongan dari pihak keluarga. Beliau juga termotivasi untuk berpartisipasi meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia yang kini sedang tumbuh untuk menyiapkan generasi penerus bangsa dan dalam rangka menyukseskan program pemerintah untuk mencerdaskan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat menengah ke bawah dan umumnya masyarakat luas. Pada awal berdirinya, CV Cita Nasional memproduksi susu segar pasteurisasi dan homogenisasi dengan kemasan cup dan purepack dengan merek dagang SUSU SEGAR NASIONAL, dengan dilengkapi mesin berteknologi modern yang didatangkan dari Eropa dan Amerika Serikat. Hal ini dengan tujuan untuk menjamin produk susu segar yang dihasilkan mempunyai kualitas yang baik.

Produksi susu pasteurisasi pertama kali dilakukan pada 10 November 2000 dengan kapasitas 5000 liter susu segar dan dikemas dengan menggunakan kemasan cup yang diproduksi mencapai angka sebesar 20.000 cup. Kota Surabaya merupakan daerah pemasaran pertama dengan varian rasa coklat dan stroberi dengan volume 180 mL/cup, serta rasa tawar (plain) dalam kemasan purepack 500mL. Pada tahun 2000, pemasaran produk Susu Segar Nasional, berkembang juga di Yogyakarta dan Solo dan sehingga area pemasaran diperluas ke daerah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, Semarang, Kendal, Pati, Pekalongan, Purwokerto, Purworejo, Magelang, Temanggung. Bandung dan daerah Banten. Jumlah produk dan pilihan rasa juga meningkat sehingga memicu untuk dihasilkan produk susu segar pasteurisasi dan homogenisasi dalam bentuk yang lain seperti yoghurt.

1.2.Lokasi Perusahaan

Perusahaan CV Cita Nasional terletak di Jalan Raya Salatiga-Kopeng KM 5, Desa Sumogawe, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Secara topografi, letak perusahaan ini terletak di daerah perbukitan dimana ketinggiannya mencapai 400-500 dpl. Suhu udara di daerah tersebut mencapai 23-25oC dengan kelembaban udaranya adalah 80-90%. Dengan luas area dari perusahaan ini 5.000 m2, tetapi yang digunakan untuk bangunan pabrik dan lainnya hanya sekitar 700 m2 untuk bangunan lainnya . Untuk bangunan pabrik terdapat beberapa bagian seperti laboratorium,produksi,pengemasan dan pengepakan.

Lokasi pabrik CV Cita Nasional juga sangat strategis karena lokasinya yang berdekatan dengan sumber penerimaan susu, dimana kecamatan Getasan terletak di daerah Kabupaten Semarang dan berdekatan dengan Kabupaten Boyolali, yang merupakan sentral pemasok susu murni yang cukup besar bagi Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) pusat di Jakarta maupun perusahaan-perusahaan pengolahan susu, termasuk CV Cita Nasional. Kemudian ditunjang dengan tersedianya sumber air dan alat transportasi yang memadai, tenaga kerja mudah didapatkan dan tersedianya fasilitas listrik dan sarana komunikasi yang memadai.

1.3.Visi dan Misi Perusahaan

CV Cita Nasional memiliki visi menjadi pelopor perusahaan susu pasteurisasi dan homogenisasi yang berskala