Laporan Keberlanjutan 2020 OUR PEOPLE FIRST

of 52 /52
OUR PEOPLE FIRST Laporan Keberlanjutan 2020 Mengedepankan Insan Kami

Embed Size (px)

Transcript of Laporan Keberlanjutan 2020 OUR PEOPLE FIRST

Pesan Presiden Direktur Mengedepankan Insan Kami Multi Bintang Indonesia dalam Angka Perilaku Bisnis yang Etis
Inisiatif Eksternal Indeks GRI
Aksi Tanggap COVID-19
Tentang Laporan Ini
Zona Zero 15
Kinerja Ekonomi 8
22 Remunerasi dan Tunjangan yang Adil
Adil, Transparan, dan Inklusif
Pesan Presiden Direktur
2 020 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi semua orang. Dunia berubah, begitu
juga dengan cara kami beroperasi. Di Multi Bintang Indonesia, kami ditantang untuk menjadi lebih adaptif dan kreatif dalam menghadapi pandemi ini. Kami menyusun ulang prioritas perusahaan dan memilih untuk mengutamakan insan kami. Kami yakin bahwa dukungan manajemen yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan semua orang merupakan hal terpenting.
Pada 2020, kita semua merasakan banyak tekanan, kekhawatiran, dan ketidakpastian, karena itu kami berfokus dalam memberikan lingkungan yang aman kepada tim kami beserta keluarganya. Berbagai inisiatif dilakukan untuk mengurangi risiko dan melindungi karyawan kami sebaik mungkin, termasuk dengan menetapkan protokol kesehatan, infrastruktur untuk mendukung bekerja dari rumah, serta komunikasi secara terus-menerus. Kami ingin memastikan bahwa tim kami senantiasa sehat baik raga
maupun pikiran. Meski dalam kondisi yang menantang, hal yang paling istimewa di tahun ini bagi saya ialah kebersamaan. Di saat kita terpaksa menjaga jarak dan membatasi pergerakan, justru kita menjadi lebih akrab dan semakin mendukung satu sama lain.
Situasi ini membuktikan keunggulan dari strategi keberlanjutan kami, Brewing a Better World (BaBW), bahwa keberlanjutan tidak hanya mencakup satu aspek tertentu. BaBW telah memainkan peran penting bagi Perusahaan dan memungkinkan kami untuk memelopori inisiatif keberlanjutan, dengan turut melibatkan para pemangku kepentingan untuk mencapai tujuan bersama.
Selama bertahun-tahun, kami telah menetapkan target yang ambisius dan mengidentifikasi langkah-langkah strategis untuk mencapai keberlanjutan dalam berbagai kegiatan operasional dan di sepanjang rantai nilai kami.
Strategi keberlanjutan kami komprehensif, di antaranya mencakup kebijakan sumber daya lokal, di mana 80% pemasok kami adalah penduduk lokal, meningkatkan
[GRI 102-14]
kesadaran akan konsumsi yang bertanggung jawab, proyek sirkularitas air, energi terbarukan dengan pembangkit biomassa dan ketel biomassa, kegiatan komunitas untuk membersihkan sungai, serta upaya untuk menjunjung tinggi kesehatan dan keselamatan karyawan dan masyarakat.
Saya ingin berterima kasih kepada semua orang atas usaha, dedikasi, dan komitmen mereka terhadap keberlanjutan. Saat kita menyaksikan rapuhnya ekosistem, saya justru sangat optimis akan masa depan, kelangsungan bisnis, serta agenda keberlanjutan kami. Kami akan tetap giat dan tangguh menghadapi berbagai perubahan kondisi, perilaku, kebiasaan, dan pilihan menuju new normal. Saya yakin, kami telah bergerak ke arah yang tepat menuju dunia yang lebih baik dan kami tidak berhenti di sini, karena kami hanya dapat berkembang dan sukses dengan memberikan kembali kepada lingkungan dan masyarakat di mana kami beroperasi.
René Sánchez Valle Presiden Direktur PT Multi Bintang Indonesia Tbk.
Laporan Keberlanjutan 2020
Pada 2020, COVID-19 telah menyebabkan disrupsi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Situasi ini mendesak kami untuk merespon secara cepat dan dinamis dalam upaya menyediakan produk berkualitas bagi konsumen kami. Untuk mencapai hal tersebut, kami bergantung pada karyawan, orang-orang yang bekerja bersama kami, serta para pemangku kepentingan. Keamanan dan keselamatan merupakan prioritas kami. Komitmen dalam mengedepankan insan kami terealisasikan dengan menyediakan segala dukungan yang mereka butuhkan agar mereka dapat tetap sehat secara jasmani dan rohani serta tetap produktif di tengah pandemi.
Untuk menjaga lingkungan, mendukung komunitas lokal, dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat di bawah payung Brewing a Better World.
“Mengedepankan Insan Kami” merupakan tema Laporan Keberlanjutan 2020 kami
Kami melakukan sejumlah inisiatif untuk melindungi dan merangkul para karyawan sejak awal pandemi
Dengan tim yang kuat, bersama-sama kami dapat memperkuat komitmen
Protokol yang ketat, edukasi kesehatan, serta skema asuransi khusus COVID-19 disediakan untuk mendukung kesehatan para karyawan. Selain itu, program kesehatan mental juga tersedia untuk menunjang kesejahteraan mereka.
Mengedepankan Insan Kami
Laporan Keberlanjutan 2020
Multi Bintang Indonesia
Multi Bintang telah berdiri dan berkontribusi terhadap pertumbuhan industri di Indonesia
telah dikembalikan ke air tanah melalui reforestasi
2 brewery dan 1 fasilitas produksi minuman nonalkohol
penurunan konsumsi air
97%
Multi Bintang had been present and contributing to Indonesia’s industry growth
89 Years
3 Brewery 8
Thermal energy reduction
101 M hL Of waste can be recycled
Famous brands
97%
Multi Bintang had been present and contributing to Indonesia’s industry growth
89 Years
3 Brewery 8
Thermal energy reduction
101 M hL Of waste can be recycled
Famous brands
97%
Multi Bintang had been present and contributing to Indonesia’s industry growth
89 Years
3 Brewery 8
Thermal energy reduction
101 M hL Of waste can be recycled
Famous brands
97%
Multi Bintang had been present and contributing to Indonesia’s industry growth
89 Years
3 Brewery 8
Thermal energy reduction
101 M hL Of waste can be recycled
Famous brands
97%
Multi Bintang had been present and contributing to Indonesia’s industry growth
89 Years
3 Brewery 8
Thermal energy reduction
101 M hL Of waste can be recycled
Famous brands
97%
Multi Bintang had been present and contributing to Indonesia’s industry growth
89 Years
3 Brewery 8
Thermal energy reduction
101 M hL Of waste can be recycled
Famous brands
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Multi Bintang Indonesia dalam Angka
Tentang Perusahaan Kami Multi Bintang adalah perusahaan minuman terkemuka di Indonesia yang memproduksi bir Bintang, merek bir paling ikonik dan favorit Indonesia, serta memproduksi dan memasarkan Heineken®, merek bir premium dunia, bersama dengan produk inovatif lainnya, baik yang beralkohol rendah maupun nonalkohol.
01 • Perusahaan Kami • Kegiatan Operasional Kami • Kinerja Ekonomi • Struktur Organisasi • Produk Kami • Brewing a Better World • Tata Kelola Keberlanjutan • Analisis Keberlanjutan
5
P erusahaan kami didirikan pada 1929 di Medan sebagai Nederlandsch-Indische
Bierbrouwerijen N.V. dan pada 1931 memulai produksi dengan merek pertama kami Java Bier. Pada 1936, Grup HEINEKEN menjadi pemegang saham utama Perusahaan dan lanjut meluncurkan bir Bintang, yang kini menjadi merek ikonik dan bir favorit Indonesia, pada 1967. Pada 1981, Perusahaan mengganti nama menjadi PT Multi Bintang Indonesia dan pertama kali mendaftarkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Meracik kenikmatan dan kebanggaan secara bertanggung jawab untuk Indonesia
Mengutamakan kualitas
Menikmati hidup
Menghargai sesama dan lingkungan
Kami telah berkembang menjadi perusahaan yang memproduksi beragam jenis minuman, yang meracik kenikmatan bagi para konsumen melalui komitmen kuat tim kami dalam menghasilkan produk dengan kualitas terbaik.
Budaya perusahaan Multi Bintang didasarkan pada HEINEKEN Behaviours dan HEINEKEN Leadership Expectations. HEINEKEN Behaviours, yang berlaku bagi seluruh karyawan, mencakup: Put Safety First, Act as an Entrepreneur, Collaborate Through Trust, Keep it Simple, dan Learn to Improve. HEINEKEN Leadership Expectations, yang berlaku bagi para karyawan di posisi kepemimpinan, mencakup: Connect, Shape, Develop, Deliver, dan Role Model of the Behaviours.
[GRI 102-1, GRI 102-16]
6
Brewery kami berlokasi di Tangerang, Banten dan Sampangagung, Jawa Timur.
Kami memproduksi minuman nonalkohol pada fasilitas produksi bersertifikat halal di Sampangagung, yang dikelola oleh anak perusahaan kami, PT Tirta Prima Indonesia.
Tirta Prima Indonesia Fasilitas Produksi Nonalkohol Luas 4,7 ha Jalan Raya Mojosari - Pacet km.50 Dusun Turi, Sampangangung, Kec. Kutorejo, Mojokerto, Jawa Timur
Brewery Sampangagung Luas 38 ha Jalan Raya Mojosari - Pacet km.50 Dusun Turi, Sampangangung, Kec. Kutorejo, Mojokerto, Jawa Timur
Brewery Tangerang Luas 10 ha Jalan Daan Mogot No. 19, Poris Gaga Batuceper, Tangerang, Banten
Pendapatan bersih Rp 1.985.009.000.000
Jaringan penjualan dan pemasaran kami tersedia di seluruh Indonesia, dan dikelola oleh anak perusahaan, PT Multi Bintang Indonesia Niaga.
karyawan tetap yang bersemangat, antusias, dan termotivasi mendukung kegiatan operasional perusahaan457
Kegiatan Operasional Kami
[GRI 102-3, GRI 102-4, GRI 102-6, GRI 102-7, GRI 102-8]
Pria Wanita
7
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Tentang Perusahaan Kami
D engan situasi pandemi pada 2020, Multi Bintang masih mampu memberikan kinerja
ekonomi yang memuaskan tanpa defisit pendapatan meskipun pasar bir sedang menurun. Selama periode pelaporan, kami senantiasa patuh terhadap hukum dan peraturan yang berlaku di bidang sosial dan ekonomi.
Kinerja Ekonomi [GRI 201-1, GRI 419-1]
Pendapatan Bunga: 27.272
Penghasilan Lainnya: 994
Nilai Ekonomi yang Dihasilkan
dalam juta Rupiah
8
Struktur Organisasi
M ulti Bintang berkomitmen untuk menjunjung tinggi nilai perilaku dalam
menjalankan bisnis dengan memastikan tata kelola perusahaan yang baik dan sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.
Struktur tata kelola PT Multi Bintang Indonesia Tbk. terdiri dari tiga bagian: Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Dewan Komisioner, dan Dewan Direksi. Dewan Direksi bertanggung jawab mengelola perusahaan dan melaksanakan strategi perusahaan.
Rincian struktur perusahaan kami tersedia dalam Laporan Keuangan 2020.
[GRI 102-5, GRI 102-18, GRI 102-45]
René Sánchez Valle Presiden Direktur
Sekretaris Perusahaan dan
Head of Legal
OpCo Transformation Lead
Manajer Audit Internal
Penjualan
9
Heineken® Merek bir premium global terkemuka.
Strongbow Merek cider terkemuka di dunia, dengan pilihan rasa Gold Apple dan Dark Fruit.
Bintang Radler Perpaduan bir Bintang dan jus citrus alami dengan kandungan alkohol 2%, yang tersedia dalam 2 varian: Bintang Radler Lemon dan Bintang Radler Orange.
Bintang Zero 0.0% Minuman malt bebas alkohol pertama di Indonesia.
Green Sands Minuman ringan berkarbonasi dalam tiga varian rasa: Lime & Apple, Lime & Grape, dan Lime & Lychee.
Bintang Radler 0.0% Minuman malt berkarbonasi bebas alkohol yang tersedia dalam rasa Lemon dan Blackcurrant & Lime.
Fayrouz Minuman berkarbonasi unik dari kombinasi malt dan jus.
Minuman Beralkohol
10
Better World Brewing a
K ami percaya bahwa keberlanjutan selaras dengan bisnis kami. Brewing a Better World, yang merupakan komitmen kami, telah mendorong kami untuk berinovasi dan berkolaborasi dalam
melindungi lingkungan, mendukung komunitas lokal, dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. PEOPLE
Brewing a Better World
berkelanjutan
Sebagai bagian dari Perusahaan HEINEKEN yang beroperasi di Indonesia, kami bersatu melalui komitmen global Brewing a Better World, yang mencakup enam area fokus. Pada setiap area, kami menetapkan target dan mengidentifikasi tindakan yang perlu dilakukan pada setiap titik di seluruh rantai nilai kami.
Akibat dari cepatnya perubahan di dunia dan kebutuhan untuk beradaptasi dengan perkembangan saat ini, kami sedang memformulasikan kembali strategi kami pada 2020 dan bertransisi ke arah yang diperbarui dan direvitalisasi.
Kami menghubungkan strategi Brewing a Better World dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.
Laporan Keberlanjutan 2020 Bab 1
11
K omitmen kami akan keberlanjutan dipimpin dan didorong oleh Kabinet
Keberlanjutan yang mencakup seluruh area operasional.
Kabinet Keberlanjutan menetapkan target, menerapkan program, menyampaikan hasil, dan prestasi.
Human ResourcesProcurement Corporate Affairs
Berkembang bersama Masyarakat
Nilai dan Perilaku
Supply Chain Human ResourcesMarketing & CA
Tata Kelola Keberlanjutan
Direktur Supply Chain
Direktur Human Resources
12
ke Ruang Dewan
K omitmen kami terhadap keberlanjutan tersebar pada seluruh kegiatan operasional
kami. Kami mengembangkan sistem pengumpulan dan pengawasan data terintegrasi sehingga kami dapat menelusuri seluruh kinerja keberlanjutan secara real time, mulai dari pengadaan bahan baku hingga momen berharga konsumen menikmati produk kami.
Kami mengerti bahwa melalui pemantauan data, kami dapat mengidentifikasi area perbaikan dan melakukan inovasi untuk keberlanjutan. Diperlukan upaya bersama dari semua orang di Grup HEINEKEN serta dukungan dari seluruh pemangku kepentingan kami untuk mewujudkan hal ini.
Analisis Keberlanjutan
Laporan Keberlanjutan 2020 Bab 1
13
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Tentang Perusahaan Kami
Konsumsi Bertanggung Jawab Mengonsumsi bir dalam jumlah yang tepat adalah hal yang legal dan dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat dan seimbang. Namun, terdapat risiko kesehatan dan perilaku ketika alkohol tidak dikonsumsi secara bertanggung jawab. Kami menjaga komitmen untuk mengadvokasi konsumsi yang bertanggung jawab serta mendukung upaya untuk mengurangi konsumsi yang tidak wajar.
02 PENDEKATAN KAMI • Kebijakan Konsumsi
Bertanggung Jawab • Zona Zero • Pelabelan
14
M ulti Bintang Indonesia berkomitmen untuk mengampu konsumsi yang bertanggung jawab, sejalan dengan upaya kami untuk mengubah perspektif dan mematahkan stigma masyarakat
terhadap produk alkohol. Tujuan utama kami ialah menciptakan lingkungan yang kondusif saat mengonsumsi minuman beralkohol, sehingga dapat benar-benar dinikmati oleh konsumen. Kami juga mendorong konsumen untuk memahami risiko kesehatan dan perilaku serta mencegah konsumsi alkohol yang berbahaya.
Kebijakan Konsumsi Bertanggung Jawab Zona Zero
Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda dalam hidup, dan kami menghargai hal tersebut. Oleh karena itu, kami menawarkan pilihan bagi konsumen yang tidak ingin atau tidak dapat meminum alkohol melalui portofolio nonalkohol
kami. Kami juga memperkenalkan Zona Zero, di mana konsumen dapat menemukan produk nonalkohol kami. Hingga 2020, kami telah mendirikan 178 gerai Zona Zero di seluruh Indonesia dan meningkatkan konsumsi minuman nonalkohol sebesar 59%.
Sebagai bagian dari komitmen kami untuk melayani pasar nonalkohol, tahun ini kami meluncurkan Bintang Radler 0.0% Blackcurrant & Lime.
Kami memastikan bahwa semua aktivitas pemasaran kami selaras dengan Kode Pemasaran Bertanggung Jawab HEINEKEN. Kepatuhan terhadap kode tersebut wajib diterapkan di seluruh kegiatan kampanye pemasaran, kemasan, sponsorship, serta periklanan. Dengan melakukan kegiatan ini, kami juga mematuhi semua undang-undang yang berlaku di negara ini.
Informasi detail terkait Kode Pemasaran Bertanggung Jawab HEINEKEN dapat ditemukan melalui tautan ini: http://tiny.cc/heinekenresponsible
[GRI 416-2, GRI 417-2, GRI 417-3]
15
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Bab 2Laporan Keberlanjutan 2020 Konsumsi Bertanggung Jawab
Pelabelan
Alkohol berdasarkan volume (ABV)
[GRI 416-1, GRI 417-2, GRI 417-3]
Multi Bintang Indonesia memastikan inklusi dalam mengembangkan produk. Melalui tim kami yang terdiri dari orang- orang dari berbagai latar belakang, kami juga melakukan analisis terhadap dampak budaya dan agama dari pengemasan kami.
Tidak ada insiden terkait ketidakpatuhan terhadap undang-undang pemasaran dan pelabelan sepanjang 2020.
Laporan Keberlanjutan 2020
Sumber Daya Manusia Menjaga kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan karyawan adalah prioritas kami. Tahun ini, adanya pandemi telah mendorong kami agar inovatif untuk beroperasi dan berkomunikasi lebih baik, tanpa mengorbankan kesehatan para karyawan. Kami memastikan bahwa mereka senantiasa sehat secara fisik dan mental, serta mampu menjaga produktivitas meski berada dalam keterbatasan.
03 PENDEKATAN KAMI • Perlindungan COVID-19 • Bekerja Tanpa Kekhawatiran • Karyawan Sehat dan Bahagia • Kesehatan dan Keselamatan Kerja • Adil, Transparan, dan Inklusif • Remunerasi dan Tunjangan yang Adil • Percepatan Peningkatan Kapasitas
17
S elama 2020, pandemi global yang belum terjadi sebelumnya mendesak kami untuk bertindak
dengan cepat dan proaktif. Kami melakukan sejumlah inisiatif untuk melindungi dan merangkul tim kami, di antaranya:
Kerja Jarak Jauh sejak Awal Sebelum pemerintah Indonesia mengumumkan kasus pertama COVID-19, kami sudah mengantisipasi kebutuhan untuk bekerja jarak jauh dengan melakukan uji coba dengan para karyawan.
Alat Pelindung Diri Peralatan pelindung yang kami sediakan bagi karyawan diberi kode warna agar tidak saling tertukar.
Pelacakan Kontak Sejak awal pandemi, semua karyawan beserta keluarganya diwajibkan untuk memonitor kondisi kesehatan mereka dan menginformasikan jika mengalami gejala COVID-19 atau mengalami kontak erat dengan kasus positif.
Memfasilitasi Infrastruktur yang Mendukung Work From Home Kami memfasilitasi karyawan kami dengan laptop dan tunjangan koneksi internet untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif di rumah.
Trial lockdown at early stage Focusing on Covid Management Facilitating supportive infrastructure for Work From Home
Personal Protective Equipments Temperature Screening Contact Tracing
Trial lockdown at early stage Focusing on Covid Management Facilitating supportive infrastructure for Work From Home
Personal Protective Equipments Temperature Screening Contact Tracing
Trial lockdown at early stage Focusing on Covid Management Facilitating supportive infrastructure for Work From Home
Personal Protective Equipments Temperature Screening Contact Tracing
Trial lockdown at early stage Focusing on Covid Management Facilitating supportive infrastructure for Work From Home
Personal Protective Equipments Temperature Screening Contact Tracing
Trial lockdown at early stage Focusing on Covid Management Facilitating supportive infrastructure for Work From Home
Personal Protective Equipments Temperature Screening Contact Tracing
Fokus pada Penanganan COVID-19 Kami melakukan penanganan dengan strategis dan taktis yang sejalan dengan protokol kesehatan Kementerian Kesehatan RI dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
Pemantauan Suhu Tubuh Untuk meningkatkan perlindungan terhadap karyawan, kami memeriksa suhu semua orang yang datang ke lokasi kerja Multi Bintang Indonesia.
Perlindungan COVID-19
18
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Bab 3Laporan Keberlanjutan 2020 Sumber Daya Manusia
P andemi telah menimbulkan ketidakpastian dan kekhawatiran di dunia. Bersamaan dengan usaha kami dalam menemukan cara untuk beradaptasi dengan situasi baru, karyawan kami tetap
menjadi prioritas utama dan kami ingin mereka bekerja tanpa rasa khawatir.
Pembagian Tunjangan Hari Raya Lebih Awal Menyadari dampak pandemi terhadap ekonomi, kami mempercepat pembagian tunjangan hari raya untuk mendukung kebutuhan finansial para karyawan.
Bekerja Tanpa Kekhawatiran
Perlindungan COVID-19 dalam Asuransi Kesehatan Dengan adanya risiko terpapar COVID-19, kami menambahkan skema perlindungan COVID-19 di dalam asuransi kesehatan untuk karyawan. Skema yang lebih komprehensif ini memastikan karyawan kami dirawat dan terlindungi dengan baik.
Money Gift
$$$
$$$
Karyawan Sehat dan Bahagia
T erdapat pro dan kontra terkait bekerja di rumah. Untuk sebagian orang mungkin mudah, tetapi untuk sebagian lainnya mungkin sulit menyesuaikan diri dengan perubahan
baru ini. Kesejahteraan karyawan penting bagi kami, sehingga kami melakukan sejumlah inisiatif untuk mendukung kesehatan psikologis mereka.
Konsultasi Psikologi Daring
Bekerja sama dengan tim Kesehatan, Keselamatan, dan Lingkungan, kami bermitra dengan Riliv untuk memfasilitasi karyawan kami dengan beberapa layanan kesehatan psikologis termasuk konsultasi daring, meditasi, artikel, dan diskusi mengenai kesehatan mental. Aplikasi Riliv dapat diakses di mana saja, kapan saja, baik melalui web maupun ponsel.
Interaksi melalui Aktivitas Virtual Agar para karyawan senantiasa saling berinteraksi dan termotivasi, kami mengadakan sejumlah kegiatan daring seperti sharing session, games, olahraga, dan kompetisi.
20
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Bab 3Laporan Keberlanjutan 2020 Sumber Daya Manusia
P erilaku perusahaan yang paling penting bagi kami adalah “Mendahulukan Keselamatan”. Kami percaya penting untuk memiliki lingkungan kerja yang aman dan memastikan karyawan kami kembali ke rumah dengan selamat di penghujung hari. Untuk meningkatkan
keamanan di tempat kami, kami menerapkan serangkaian rencana aksi berdasarkan HEINEKEN Life Saving Rules.
Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Di awal pandemi, komite Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3) kami membentuk tim khusus yang dipimpin oleh Direktur
Supply Chain. Tim tersebut ditugaskan di setiap brewery untuk membuat prosedur adaptasi terhadap pandemi.
Kami mematuhi Peraturan K3 Nasional, yaitu Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja
(SMK3) PP No. 50 Tahun 2012. Namun, kami menyesal bahwa satu cedera berat, satu cedera sedang, dan tiga cedera ringan terjadi pada 2020. Kami telah melakukan penyelidikan secara menyeluruh atas insiden tersebut dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk mencegah terulangnya kembali di kemudian hari.
[GRI 403-1, GRI 403-9]
*) Angka frekuensi kecelakaan kerja pada setiap 1.000.000 jam kerja orang
21
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Bab 3Laporan Keberlanjutan 2020 Sumber Daya Manusia
K ami menghormati dan memperlakukan setiap karyawan pada level apa pun secara adil dan
setara. Kami berkomitmen memberikan kesempatan karier yang setara dan penilaian kinerja yang transparan kepada setiap karyawan. Kami juga membuat program pengembangan yang spesifik berdasarkan keterampilan yang dibutuhkan untuk memajukan karier mereka.
Inklusi melekat pada tim kami yang terdiri dari orang-orang dengan berbagai latar belakang, jenis kelamin, usia, dan etnis. Kami percaya tempat kerja yang beragam dapat menghasilkan keputusan yang seimbang, matang, dan lebih kreatif yang pada akhirnya dapat menarik dan mengembangkan bakat serta mempertahankan karyawan.
Adil, Transparan, dan Inklusif
Remunerasi dan Tunjangan yang Adil
M ulti Bintang memberikan kompensasi dan tunjangan kepada karyawan tetap dan
kontrak, termasuk:
22
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Bab 3Laporan Keberlanjutan 2020 Sumber Daya Manusia
Keberagaman tim manajemen
Pria Wanita
Pada 2020, Dewan Direksi kami memiliki lebih dari 57% perempuan sebagai anggotanya.
<30 30-50 >50
Staf Supervisor Manajer Direksi 23
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Bab 3Laporan Keberlanjutan 2020 Sumber Daya Manusia
Pelatihan Daring Kami menawarkan berbagai program pelatihan dan pengembangan karier kepada karyawan. Kendati dalam situasi pandemi, kami berhasil melakukan semua sesi pelatihan melalui pertemuan daring, termasuk Sales Management Program.
Meningkatkan Keterampilan Komunikasi melalui Kursus Bahasa Inggris Rapat daring mengharuskan karyawan kami untuk memiliki keterampilan komunikasi yang lebih baik. Bekerja sama dengan English First, MBI menyediakan kursus Bahasa Inggris daring untuk semua level karyawan yang diidentifikasi membutuhkan peningkatan. Kursus ini diberikan kepada 100 karyawan dari semua departemen dan unit operasional.
Male Female
Staff
35,83
5,36
Supervisor
10,76
8,41
Manager
11,62
6,37
BOD
3,99
8,16
Percepatan Peningkatan Kapasitas
Kami terus berpartisipasi dalam “Accelerate” Development Program, sebuah program untuk pertukaran karyawan jangka pendek antara HEINEKEN Asia Pacific Operating Companies, yang diselenggarakan secara jarak jauh oleh tim HEINEKEN di Singapura.
Staf Supervisor Manajer Direksi
Untuk memfasilitasi komunikasi, konsultasi, dan diskusi yang lebih baik antara manajer dan karyawan, 99% karyawan kami dilindungi oleh Perjanjian Kerja Bersama.
[GRI 102-41, GRI 404-1, GRI 404-2]
24
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Bab 3Laporan Keberlanjutan 2020 Sumber Daya Manusia
PENDEKATAN KAMI • Sirkularitas Air di dalam
Organisasi • Penatalayanan Air • Ekonomi Sirkular
Lingkungan Hidup Kami menerapkan pendekatan terpadu pada operasi kami untuk mencapai ekonomi sirkular. Kami melakukan segala upaya untuk melestarikan air dan energi, serta memanfaatkan limbah yang kami hasilkan semaksimal mungkin untuk mengurangi dampak lingkungan dan memberikan nilai tambah terhadap limbah tersebut.
04
25
A ir merupakan sumber daya tak ternilai yang perlu dikelola secara optimal dan
bertanggung jawab bagi masyarakat dan kami selaku pelaku usaha. Kami secara cermat memantau penggunaan air dan berusaha untuk terus menggunakannya kembali.
Brewery Tangerang
Instalasi Reklamasi Limbah (ERP) ERP yang kami bangun di 2017 merupakan teknologi tercanggih untuk mendaur ulang air. Alat tersebut memungkinkan kami untuk memanfaatkan air limbah dari operasi kami menjadi soft water untuk kebutuhan utilitas sekunder, yang memungkinkan kami untuk menghemat konsumsi air hingga 35%. Salah satu contoh penggunaan air olahan ERP adalah pada mesin ketel, yang telah meningkatkan efisiensi mesin dikarenakan kualitas air yang baik. Intensitas
Air 2020: 3,7 hl/hl*
*) hektoliter (hl) air per hl produk
Pencucian Botol secara Efisien Kami telah menggunakan salah satu mesin pencuci botol tercanggih, KRONES, di fasilitas produksi kami. Mesin ini membantu kami meningkatkan efisiensi karena dapat meminimalkan ukuran semprotan pencuci botol.
Informasi lengkap terkait ERP dapat dilihat pada tautan berikut ini: http://tiny.cc/e6bauz
Sirkularitas Air di dalam Organisasi [GRI 303-2, GRI 303-5]
Air yang kami gunakan bersumber dari air tanah dan air permukaan. Hampir semua konsumsi air digunakan untuk fasilitas produksi, dan sisanya digunakan untuk utilitas, ketel, laboratorium, dan kebutuhan domestik.
26
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Laporan Keberlanjutan 2020 Bab 4 Lingkungan Hidup
Restorasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Restorasi IPAL bertujuan untuk lebih meningkatkan fasilitas pengolahan air limbah di Brewery Sampangagung. Upaya kami yang dimulai sejak pertengahan 2019 telah membuahkan hasil di tahun ini.
Meningkatkan efisiensi energi untuk aerator apung dari 0,45 kW/hl menjadi 0,15 kW/hl
Meningkatkan otomatisasi sistem penghasil lumpur yang dikeringkan sehingga dapat meningkatkan kualitas air limbah
Meningkatkan sistem pengangkutan lumpur dan meminimalkan tumpahan melalui pemasangan penampung lumpur
Proyek Pengolahan Grey Water Kami mengolah grey water pada tangki khusus melalui proses filtrasi yang mumpuni. Perawatan yang tepat memungkinkan kami untuk memanfaatkan kembali grey water tersebut dengan baik di dalam operasi, seperti proses pembersihan botol, kegiatan berkebun, kegiatan membersihkan gedung serta sebagai pelumas untuk konveyor botol.
Brewery Sampangagung
Upaya Kami:
27
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Laporan Keberlanjutan 2020 Bab 4 Lingkungan Hidup
K ami berfokus untuk menyeimbangkan jumlah air yang kami ambil dari alam, dengan mengupayakan neraca air yang tersedia di daerah aliran sungai di mana kami beroperasi tetap seimbang.
Konservasi di Daerah Resapan Air Hingga 2020, kami telah menanam lebih dari 48.400 pohon di daerah aliran sungai Brantas dan Cisadane, mencakup lebih dari 121 hektar area.
Inisiatif ini berpotensi menyimpan 136 juta liter air per tahun, atau setara dengan pemenuhan kebutuhan air untuk 3.726 orang per tahun.
Planet
Penatalayanan Air [GRI 102-11, GRI 303-1, GRI 304-3]
Studi Hidrologi Kami berkomitmen melindungi sumber daya air di sekitar brewery kami, yang terletak pada daerah dengan isu kekurangan dan kelangkaan air. Studi hidrologi memberikan informasi berbasis ilmiah yang memungkinkan kami untuk lebih memahami karakter sumber daya air di sekitar kami dan hal apa yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya.
Studi kami tidak hanya sekadar terkait pemantauan ketersediaan air. Kami memanfaatkan sistem pemantauan digital untuk mengidentifikasi masalah terkait air untuk digunakan bersama oleh Aliansi Air Mojokerto. Kami ingin mengomunikasikan hasil studi kepada publik melalui cara yang tepat untuk memastikan bahwa masyarakat yang bertempat di sekitar sumber air dapat memahami dan mendapatkan manfaat dari informasi yang diberikan.
28
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Laporan Keberlanjutan 2020 Bab 4 Lingkungan Hidup
River2River Berkolaborasi dengan beberapa organisasi nirlaba, inisiatif ini merupakan langkah konkrit kami untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan sumber daya air.
Sungai-sungai tersebut antara lain: Sungai Cisadane, Sungai Cumpleng, Sungai Yeh Po, Sungai Subak Perancak, dan Sungai Yeh Luyi.
“Kami memiliki tujuan bersama untuk memelopori teknologi yang bertujuan melindungi sungai yang dapat direplikasi dan terjangkau.”
R iv
er 2
R iv
er L
is t
of A
ct iv
it ie
Mempromosikan kegiatan pembersihan bersama di lingkungan masyarakat.
Memasang perangkap sampah dengan kualitas lebih tinggi berbahan dasar pipa PVC dan galvanis. Diinovasikan oleh Plastic Fischer, rancangan perangkap limbah tersedia untuk umum, sehingga dapat direplikasi dan diterapkan oleh masyarakat.
Kegiatan:
Informasi lengkap terkait penatalayanan air dapat dilihat pada tautan berikut ini: http://tiny.cc/f6bauz
29
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Laporan Keberlanjutan 2020 Bab 4 Lingkungan Hidup
K ami mengadopsi pendekatan keberlanjutan yang komprehensif dengan menyertakan seluruh aspek produksi kami ke dalam perspektif siklus hidup
terpadu, seperti memanfaatkan efisiensi sumber daya, menerapkan zero waste to landfill dan mendukung ekonomi sirkular.
Sepanjang kegiatan dan operasi, kami mematuhi undang-undang dan peraturan lingkungan yang berlaku.
Ekonomi Sirkular [GRI 102-9, GRI 307-1]
Pemanfaatan Kemasan, Produk Sampingan, dan Limbah Padat
Manufaktur
30
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Laporan Keberlanjutan 2020 Bab 4 Lingkungan Hidup
K ami sangat selektif dalam memilih bahan baku kami. Semua pemasok kami diwajibkan untuk mematuhi Kode
Pemasok HEINEKEN.
Sebagai bagian dari upaya kami untuk melangkah lebih jauh, kami telah melakukan sejumlah inisiatif:
Mengomunikasikan pentingnya kepatuhan Kode Pemasok kepada setiap pemasok secara individu
Meningkatkan Manajemen Risiko Pemasok kami:
Menetapkan tim khusus untuk bekerjasama dengan pemasok selama pandemi untuk mengomunikasikan protokol kesehatan
Menggunakan bahan baku biomassa bersertifikasi, bersama dengan PT Tasma Bioenergy Indonesia (BCIS)
Melakukan uji kelayakan dalam menilai risiko
SHINE: Menindak lanjuti vendor yang memiliki risiko terkait suap
Integritas dan Perilaku Bisnis
Pada tahun 2020, kami telah bermitra dengan
di mana561 pemasok merupakan
Rantai Pasokan Berkelanjutan
1
2
3
4
31
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Laporan Keberlanjutan 2020 Bab 4 Lingkungan Hidup
Manufaktur merupakan salah satu kontributor yang signifikan terhadap dampak lingkungan, baik dalam hal jejak karbon maupun partikulat. Untuk mengurangi CO2 yang dihasilkan, kami berfokus pada penggunaan sumber energi terbarukan dan lebih efisien.
Tahun ini, 25% sumber yang kami gunakan dalam produksi adalah energi terbarukan. Turunnya produksi di tahun ini mengakibatkan tingkat pemanfaatan energi berada di bawah kapasitas, sehingga terdapat pengurangan pemanfaatan energi terbarukan dibandingkan dengan 2019.
Upaya kami:
• Konstruksi penguatan atap fotovoltaik di kedua brewery kami sejak 2018
• Pemanfaatan biomassa menjadi energi melalui fasilitas biomassa
• Investasi pada sistem pemulihan panas ketel untuk meningkatkan efisiensi energi terhadap mesin
• Pemanfaatan lumpur IPAL anaerobik sebagai biogas
• Pemanfaatan debu malt sebagai stok biomassa untuk ketel biomassa
• Pemanfaatan sekam padi sebagai biomassa untuk pembangkit uap
• Pemanfaatan abu biomassa menjadi bahan konstruksi, bahan pengomposan, pembuatan batako dan peternakan unggas
---------------------------
13,803,516 kWh Sekam Padi
8.438
11.595
Emisi
---------------------------
13.803.516 kWh Sekam Padi
74,765
11,595
Konsumsi Energi di dalam Organisasi
[GRI 302-1, GRI 305-1, GRI 305-2]
Manufaktur
32
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Laporan Keberlanjutan 2020 Bab 4 Lingkungan Hidup
P enyimpanan dan distribusi juga memiliki dampak signifikan dalam hal efisiensi bisnis dan jejak karbon. Optimalisasi kedua sistem dapat memberikan dampak yang besar dalam bisnis kami.
Sesuai dengan HEINEKEN Global Fridge Policies, kami menawarkan kulkas ramah lingkungan kepada pelanggan sebagai bagian dari upaya untuk meminimalkan jejak karbon.
Pelanggan
65% hemat energi, dibandingkan dengan model sebelumnya
Jejak karbon lebih rendah
Penghematan biaya untuk pelanggan
5,525 Kulkas Ramah Lingkungan sejak 2014
Dinding Botol Dalam operasional gudang, kami menjaga botol agar tetap aman dan mencegah inefisiensi air yang disebabkan pencucian ulang. Maka dari itu kami membangun dinding botol yang merupakan kumpulan botol ditumpuk secara rapi dan horizontal. Dinding botol merupakan solusi efektif karena selain dapat menghemat ruang,
inisiatif tersebut juga dapat menjaga botol yang tidak digunakan tetap tertata.
Implementasi Tanda Tangan Elektronik Tahun ini, kami menerapkan tanda tangan elektronik, platform untuk melakukan penandatanganan dokumen secara digital, yang telah disetujui oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Penerapan tanda tangan elektronik telah bermanfaat dalam banyak aspek, di antaranya:
• Mengurangi penggunaan kertas • Mengurangi konsumsi waktu • Menghemat biaya distribusi • Menghemat emisi yang dihasilkan dari proses distribusi • Mencegah kontak langsung untuk menjaga jarak fisik
Optimasi Rute Distribusi Kami mengoptimalkan rute distribusi kami dan telah menghemat emisi CO2 hingga 2.604 kg CO2 ek.
5.525 Kulkas Ramah Lingkungan
Informasi lengkap terkait Kulkas Ramah Lingkungan dapat dilihat pada tautan berikut ini: http://tiny.cc/g6bauz
Penyimpanan dan Distribusi
33
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Laporan Keberlanjutan 2020 Bab 4 Lingkungan Hidup
PT MULTI BINTANG 2020 REPORT
Kami menggunakan skema pengembalian botol mengikuti pendekatan 3R yaitu mengurangi jumlah botol baru yang perlu diproduksi, menggunakan kembali botol yang ada, dan mendaur ulang sisa botol – untuk memastikan bahwa botol kami tidak berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA).
Melalui komitmen kami untuk menerapkan zero waste to landfill, kami menciptakan nilai kepada hal yang mungkin tidak ada nilainya bagi orang lain.
103,44% Kemasan yang Dikembalikan dan Digunakan Kembali
102,81% 133,99%133,08% Botol yang Dikembalikan dan Digunakan Kembali
Keg yang Dikembalikan dan Digunakan Kembali
Krat yang Dikembalikan dan Digunakan Kembali
103,44% Kemasan yang Dikembalikan dan Digunakan Kembali
102,81% 133,99%133,08% Botol yang Dikembalikan dan Digunakan Kembali
Keg yang Dikembalikan dan Digunakan Kembali
Krat yang Dikembalikan dan Digunakan Kembali
Ragi berlebih
Lumpur IPAL aerobik Kompos
Botol reject Produk kaca
produk sampingan dan limbah padat diproses untuk digunakan kembali.97%
Pemanfaatan Kemasan, Produk Sampingan, dan Limbah Padat [GRI 301-3, GRI 306-2, GRI 306-4]
Informasi lengkap terkait pemanfaatan biji-bijian bekas untuk bahan pakan ternak dapat dilihat pada tautan berikut ini: http://tiny.cc/h6bauz
34
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Laporan Keberlanjutan 2020 Bab 4 Lingkungan Hidup
PENDEKATAN KAMI • Aksi Tanggap COVID-19 • Penguatan Komunitas
Komunitas Kami memiliki harapan akan komunitas berkelanjutan yang dapat terus berkembang dari generasi ke generasi. Komunitas yang sehat dan berkembang mampu menciptakan kehidupan yang lebih sejahtera, lingkungan yang lebih sehat dan ekonomi yang lebih dinamis. Oleh sebab itu, kami secara proaktif melibatkan komunitas melalui berbagai program, termasuk program Green School, perlindungan air, serta pendidikan ketahanan pangan melalui hidroponik. Inisiatif-inisiatif tersebut sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Nomor 3, Kehidupan Sehat dan Sejahtera, dan Nomor 6, Air Bersih dan Sanitasi Layak.
05
35
A kibat menurunnya sektor pariwisata selama pandemi, Bali mengalami kerugian ekonomi yang signifikan. Sebagai bagian dari upaya untuk menghidupkan
kembali perekonomi Bali, kami meluncurkan platform Bintang Barcode.
Bintang Barcode #TetapBisa
Platform ini berisikan daftar destinasi wisata yang telah disertifikasi oleh Badan Pariwisata Bali dan berfungsi untuk memudahkan wisatawan mencari destinasi yang mengikuti protokol kesehatan dan keselamatan yang ketat. Platform ini juga menyediakan fitur pelacakan kontak bagi pengguna untuk mencegah penyebaran COVID-19.
Aksi Tanggap COVID-19
Kami juga telah mendampingi 50 restoran, bar, dan outlet mitra di seluruh Bali untuk mendapatkan sertifikasi protokol pariwisata new normal dari Dinas Pariwisata Bali melalui pelatihan Cleanliness, Health, Safety and Environmental sustainability (CHSE).
36
Pandemi ini telah menguji kami untuk lebih inovatif dalam membantu komunitas yang terdampak. Kami memahami bahwa dalam kondisi kritis, banyak orang berjuang untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka. Guna mendukung kebutuhan dasar komunitas sekitar, kami menginisiasi #NasidiMeja, sebuah kegiatan penggalangan dana oleh karyawan Multi Bintang. Dana yang terkumpul kemudian digunakan untuk pembelian beras untuk dibagikan kepada komunitas sekitar wilayah operasional Multi Bintang.
Selama pandemi COVID-19, limbah dari kegiatan pelayanan kesehatan meningkat drastis. Pengolahan sampah yang tidak tepat ini akan menimbulkan risiko penularan penyakit yang cukup besar kepada pemulung, petugas sampah, petugas kesehatan, dan komunitas. Menyikapi hal tersebut, kami berinisiatif untuk melakukan patroli sungai di sekitar sungai Cisadane bersama dengan Banksasuci dan pemangku kepentingan lainnya seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Polres Karawaci. Kegiatan tersebut meliputi:
• Patroli sungai
#NasidiMeja Patroli Sungai untuk Mencegah Transmisi COVID-19
248 karyawan
di 28 kota di Indonesia
Dibagikan kepada 12.000 warga Bali
yang membutuhkan
Sampangagung.
Informasi lengkap terkait kegiatan patroli sungai dapat dilihat pada tautan berikut ini: http://http://tiny.cc/j6bauz
37
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Bab 5Laporan Keberlanjutan 2020 Komunitas
Kontribusi Terkait COVID-19
Sabun Cuci Tangan Yayasan Sahabat Multi Bintang (YSMB) membagikan 3.150 bungkus sabun cair sekaligus melakukan sosialisasi mengenai pencucian tangan dengan sabun yang benar kepada komunitas sekitar brewery Tangerang dan Sampangagung serta pemangku kepentingan di Mojokerto.
Hazmat dan Penyanitasi Tangan Sejak pandemi melanda, hazmat dan penyanitasi tangan dengan cepat menjadi sumber daya yang langka secara global. Kami berkolaborasi dengan perusahaan konfeksi dan farmasi untuk memproduksi 2.000 baju hazmat dan 5.000 liter penyanitasi tangan untuk mereka yang berjuang di garda terdepan pandemi COVID-19.
Masker Nonmedis Bali merupakan salah satu daerah yang terdampak besar akibat pandemi COVID-19. Untuk mendukung kebangkitan perekonomian Bali, kami bekerja sama dengan pengrajin konfeksi lokal untuk memproduksi 50.000 masker yang memenuhi standar pemerintah. Masker ini dibagikan kepada relawan internal MBI, outlet mitra, pemangku kepentingan dan komunitas sekitar.
Informasi lengkap terkait kegiatan kontribusi terkait pandemi COVID-19 dapat dilihat pada tautan berikut ini: http://tiny.cc/k6bauz
38
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Bab 5Laporan Keberlanjutan 2020 Komunitas
Pada 2015, kami memprakarsai program Green School untuk meningkatkan kesadaran akan masalah lingkungan bagi kalangan generasi mendatang. Program ini dirancang untuk menjadi pusat pembelajaran yang dapat menginspirasi dan memotivasi organisasi lain untuk melakukan hal serupa. Untuk lebih menginspirasi generasi masa depan, kami mendukung sekolah mitra kami untuk berpartisipasi dalam Penghargaan Adiwiyata. Pada 2020, kami mendukung SMP 1 Kutorejo untuk mengikuti ajang Penghargaan Adiwiyata di tingkat nasional. SMP 1 Kutorejo berhasil memenangkan kompetisi tersebut.
Selain itu, kami memberikan bantuan melalui berbagai kegiatan untuk memotivasi sekolah melakukan program pelestarian lingkungan secara mandiri:
Sejak pertama kali dikembangkan, pelatihan hidroponik diluncurkan untuk meningkatkan kesadaran komunitas akan pengelolaan sampah di hilir sungai Cisadane. Oleh karena itu, program ini penting dilakukan karena peserta dapat memanfaatkan air bekas rumah tangga dan properti yang sebagian berasal dari limbah padat Sungai Cisadane, sekaligus memberdayakan komunitas dengan keterampilan teknis pertanian. Kegiatan ini juga berperan dalam mendukung penghidupan komunitas di masa pandemi COVID-19, di mana komunitas diimbau untuk mengurangi mobilitas dan kerumunan massa.
Green School
HidroponikPenguatan Komunitas Bersama HITARA (Hidroponik Tangerang Raya) kami memberikan pelatihan hidroponik atau usaha tani kota kepada total 151 perwakilan kelompok komunitas yang kami selenggarakan secara bergilir untuk menjaga jarak.
Pada 2020, kami sudah memiliki tujuh kelompok dampingan (setiap kelompok terdiri dari 10 anggota). Seluruh peserta begitu antusias mengikuti pelatihan dan aktif mengirimkan laporan. Tahun ini, kami juga mengadakan kompetisi yang bertujuan untuk mengevaluasi hasil hidroponik komunitas.
• Instalasi pengolahan air limbah dan sumur sederhana
• Pembuatan papan edukasi
• Forum komunikasi
[GRI 203-2, GRI 413-1, GRI 413-2]
39
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Bab 5Laporan Keberlanjutan 2020 Komunitas
Lebih dari 277 bank sampah telah dibangun melalui kolaborasi antara Wehasta dan Multi Bintang. Kami fokus pada pedesaan di sekitar sungai agar komunitas sekitar dapat merasakan dampak langsung baik secara ekonomi maupun lingkungan.
Saat ini kami memiliki bank sampah di 18 kecamatan di Tangerang dan Mojokerto. Botol dan kemasan yang dikumpulkan dari bank sampah tidak akan mencemari sungai atau berakhir di tempat pembuangan akhir, melainkan akan didaur ulang dan diubah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis. Program ini mencakup pelatihan dan kegiatan
Kami membantu komunitas yang terdampak bencana alam banjir di Tangerang dan angin ribut di Sampangagung. Selain itu, kami juga
Bank Sampah
Bantuan Bencana Alam [GRI 203-1]
Informasi detail terkait aktivitas bank sampah dapat dilihat pada tautan berikut ini: http://tiny.cc/27bauz
yang memberikan mereka kemampuan untuk menjadi pejuang lingkungan, mulai dari rumah dan keluarga mereka sendiri, serta terus mendorong penguatan komunitas.
berpartisipasi dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa melalui dukungan bahan bangunan untuk pembangunan infrastruktur desa.
40
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK. Bab 5Laporan Keberlanjutan 2020 Komunitas
Tentang Laporan Ini
06
41
L aporan ini merangkum kinerja PT Multi Bintang Indonesia Tbk. Kami telah menerbitkan
Laporan Keberlanjutan setiap tahun sejak 2014. Ini adalah laporan mandiri ke-7 kami, yang mencakup periode pelaporan dari 1 Januari 2020 hingga 31 Desember 2020. Laporan terakhir kami diterbitkan pada 16 Oktober 2020. Ruang lingkup laporan kami mencakup keseluruhan operasi kami di Indonesia. Tidak ada perubahan signifikan pada organisasi dan rantai pasokannya. Tidak terdapat penyajian kembali informasi atau perubahan topik material dan batasan topik dari tahun sebelumnya.
Kami membuat Laporan Keberlanjutan
sebagai sarana komunikasi publik serta penilaian internal. Laporan ini telah disiapkan sesuai dengan Standar GRI: Pilihan inti. GRI adalah Global Reporting Initiative, sebuah organisasi standar independen internasional yang membantu bisnis, pemerintah, dan organisasi lain memahami dan mengomunikasikan dampaknya terhadap isu-isu seperti perubahan iklim dan hak asasi manusia. Standar ini menampilkan struktur modular yang saling terkait dan mewakili praktik terbaik global untuk pelaporan berbagai dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial.
Untuk menghasilkan laporan keberlanjutan berkualitas tinggi, kami menerapkan sepuluh prinsip pelaporan untuk menentukan konten laporan dan kualitas laporan. Dalam mendefinisikan konten laporan, kami mengikuti empat prinsip pelaporan, yaitu inklusi pemangku kepentingan, konteks keberlanjutan, materialitas, dan kelengkapan. Untuk memastikan kualitas laporan, kami
Laporan Keberlanjutan ini tersedia di situs web kami www.multibintang.co.id. Situs web ini juga memuat berita dan informasi tentang kinerja saham perusahaan, aksi korporasi dan keberlanjutan, rapat pemegang saham, siaran pers, dan kebijakan organisasi. Untuk pertanyaan, rekomendasi, dan ulasan, silakan hubungi kantor pusat kami:
Talavera Office Park lantai 20 Jln. Letjen T.B. Simatupang Kav. 22-26 Jakarta 12430 T.021-27833800 (hunting) F.021-75924617
Tentang Laporan Ini mematuhi enam prinsip pelaporan yaitu akurasi, keseimbangan, kejelasan, keterbandingan, keandalan, dan ketepatan waktu. Semua data yang diungkapkan dalam laporan ini didasarkan pada ketersediaan data dari operasi yang relevan.
Laporan ini ditulis saat pandemi COVID-19 melanda dan kami memahami bahwa 2020 merupakan tahun yang sulit bagi semua orang. Sebagai bentuk empati
kami kepada dunia atas kondisi yang tidak menguntungkan ini, kami membuat sampul laporan sederhana dan bersih tanpa gambar. Kami sangat menyadari pentingnya mengurangi mobilitas sehingga kami tidak ingin mengambil risiko dengan melakukan pemotretan khusus untuk keperluan sampul laporan ini.
[GRI 102-10, GRI 102-48, GRI 102-49, GRI 102-50, GRI 102-51, GRI 102-52, GRI 102-53, GRI 102-54]
Laporan Keberlanjutan 2020
Ketersediaan dukungan dan keterhubungan bagi karyawan kami menjadi semakin penting selama pandemi. Kami menyediakan forum daring dan pertemuan sosial bagi karyawan untuk terhubung dan berinteraksi bersama demi memastikan kemudahan dalam bekerja.
Komunikasi terbuka dengan pemerintah dan berbagai instansi pemerintah lainnya sangatlah penting. Kami berkonsultasi dengan pemerintah mengenai komitmen dan kepatuhan kami secara berkala.
MBI bekerja sama dengan pihak penting lainnya dari sektor yang sama untuk memantau kebijakan dalam industri kami dan memberikan pendapat dan umpan balik kepada pemerintah.
Kami memastikan keterbukaan informasi dengan berbagai media untuk mengomunikasikan inisiatif dan kampanye kami.
Kami berusaha untuk menjaga itikad baik dengan semua pemasok kami dengan menyampaikan pentingnya kepatuhan kode pemasok kepada setiap pemasok secara individu. Bahkan selama pandemi, kami menugaskan tim khusus untuk mengomunikasikan protokol kesehatan.
Mendukung dan Menghubungkan Karyawan Kami
Transparansi dengan Pemerintah
Sumber daya yang berkelanjutan
Advokasi konsumsi bertanggung- jawab
Kami berupaya menjadi bagian dari momen hidup berharga pelanggan kami, untuk bersama-sama menciptakan nilai dengan mempertahankan kualitas produk dan layanan yang andal.
Pelanggan: Masyarakat yang membeli produk kami (termasuk pemilik outlet) | Konsumen: Masyarakat yang mengonsumsi produk kami.
Kami bermitra erat dengan sejumlah organisasi nirlaba dalam berbagai program untuk komunitas. Pertemuan dan sosialisasi kami lakukan secara rutin untuk memastikan bahwa program tersebut benar-benar bermanfaat bagi mereka.
Kami menggunakan sarana distribusi produk kami secara daring dan luring. Untuk saluran daring, kami memastikan pembatasan usia pada situs dan aplikasi kami sesuai dengan Kode Pemasaran Bertanggung Jawab HEINEKEN.
Penguatan komunitas adalah bagian dari komitmen kami. Berbagai kegiatan CSR kami lakukan untuk memberikan manfaat bagi komunitas di sekitar kami. Kami juga menyampaikan informasi terkait COVID-19 untuk mengedukasi komunitas.
Mempertahankan dan Meningkatkan Loyalitas Merek
Kemitraan Strategis untuk Penguatan Komunitas
Memanfaatkan Saluran Daring dan Luring
Menciptakan Hubungan yang Saling Menguntungkan
Pemangku Kepentingan Keterlibatan
Laporan Keberlanjutan 2020
Isi laporan ini didasarkan pada aspek material bagi perusahaan dan pemangku kepentingan kami yang secara langsung berkaitan dengan strategi Brewing a Better World melalui enam area fokus kami. Survei materialitas dilakukan kepada pemangku kepentingan internal dan eksternal untuk mengidentifikasi topik material kami.
Setiap topik dikaitkan dengan Standar GRI dan batasannya. Multi Bintang Indonesia dapat secara langsung terlibat dengan kegiatan yang kami lakukan sendiri (Disebabkan), kegiatan yang berhubungan dengan grup HEINEKEN (Berkontribusi), maupun kegiatan secara tidak langsung yang dilakukan pihak lain melalui hubungan bisnis. Batasan topik ini memberikan wawasan untuk manajemen risiko.
Topik Penting bagi Perusahaan
2. Air dan Limbah
4. Kepuasan Konsumen terhadap Produk atau Layanan
5. Emisi dan Energi
8. Praktik Pengadaan, Penilaian Lingkungan Pemasok, Penilaian Sosial Pemasok
9. Dampak Ekonomi Tidak Langsung, Masyarakat Lokal
10. Penanganan Limbah
3 4
Prioritas Utama dan Batasan Topik [GRI 102-44, GRI 102-46, GRI 102-47]
Laporan Keberlanjutan 2020
83,22%100%
Kebijakan Speak Up Untuk menunjukkan komitmen kami dalam menjalankan bisnis dengan penuh integritas dan keadilan dengan menghormati hukum dan nilai-nilai, kami menerapkan kebijakan pelaporan pelanggaran, Speak Up.
Antikorupsi Kami menegakkan pentingnya antikorupsi bersama dengan kebijakan dan prosedur anti-penipuan untuk memastikan tata kelola perusahaan dan praktik bisnis yang baik, melalui pelatihan dan komunikasi kepada seluruh karyawan.
Audit Internal Departemen audit internal kami memastikan semua operasi kami bersih dan bebas suap. Meski dengan keterbatasan akibat pandemi saat ini, audit internal rutin kami tetap dilakukan melalui jarak jauh berbasis
Laporan dapat disampaikan melalui: • Manajer, perwakilan SDM, auditor internal atau Departemen Hukum • Perwakilan terpercaya • Salah satu saluran komunikasi daring di bawah ini:
E-mail: businessconduct @heineken.com
Perilaku Bisnis yang Etis
S ebagai bagian dari HEINEKEN, kami berkomitmen untuk menjalankan bisnis dengan menjunjung integritas dan keadilan, menghormati hukum, nilai-nilai kami, dan manifesto perusahaan, We Are HEINEKEN.
Komitmen ini diuraikan dalam Pedoman Perilaku Bisnis kami.
dokumen, baik fisik maupun digital. Pada 2020, 33% departemen kami telah diaudit dan semua operasi kami mematuhi hukum yang berlaku.
[GRI 102-17, GRI 205-1, GRI 205-2]
Pelatihan kepada karyawan
Dikomunikasikan kepada karyawan
Laporan Keberlanjutan 2020
Inisiatif Eksternal
Consumer Goods Category
Soft Drinks
Goods Category
Penghargaan Tanggal Penerima
PT Multi Bintang Indonesia Tbk
Sampangagung Brewery
Laboratory Star System
ISO 14001 (Sistem Manajemen
Jenis Sertifikasi
03 Juli 2023
Berlaku hingga
ISO Organisation (SGS)
Badan Sertifikasi
[GRI 102-12, GRI 102-13]
*Brewery telah lulus audit sertifikasi yang berlangsung pada 19-21 Januari 2021 dan kini menunggu sertifikat baru dikeluarkan **Dalam proses sertifikasi ulang
Laporan Keberlanjutan 2020
Standar GRI
102-1 Nama Organisasi 6
102-3 Lokasi kantor pusat 7
102-4 Lokasi Operasi 7
102-6 Pasar yang dilayani 7
102-7 Skala organisasi 7
7
42
28
2
6
45
43
102-42 Mengidentifikasi dan memilih pemangku kepentingan
43
43
43
9
44
102-50 Periode pelaporan 42
102-52 Siklus pelaporan 42
42
42
102-55 Indeks isi GRI 47
102-56 Assurance oleh pihak eksternal Pada 2020, kami tidak melakukan Assurance oleh pihak eksternal
Ekonomi Kinerja Ekonomi GRI 103: Pendekatan Manajemen
103-1 Penjelasan topik material dan batasannya
8
8
201-1 Nilai ekonomi langsung yang dihasilkan dan didistribusikan
8
Dampak Ekonomi Tidak Langsung GRI 103: Pendekatan Manajemen
103-1 Penjelasan topik material dan batasannya
38-39
38-39
GRI 203: Dampak Ekonomi Tidak Langsung
203-1 Investasi infrastruktur dan dukungan layanan
40
39
31
31
204-1 Proposi pengeluaran untuk pemasok lokal
31
103-1 Penjelasan topik material dan batasannya
44
44
GRI 205: Antikorupsi
44
44
34
34
103-3 Evaluasi pendekatan manajemen 34
GRI 301: Material 301-3 Material yang digunakan berdasarkan berat atau volume
34
103-1 Penjelasan topik material dan batasannya
32
32
103-3 Evaluasi pendekatan manajemen 32 GRI 302: Energi 302-1 Konsumsi energi dalam organisasi 32 Air GRI 103: Pendekatan Manajemen
103-1 Penjelasan topik material dan batasannya
27-29
27-29
103-3 Evaluasi pendekatan manajemen 27-29 GRI 303: Air 303-1 Interaksi dengan air sebagai
sumber daya bersama 28
26
303-5 Konsumsi air 26 Keanekaragaman Hayati GRI 103: Pendekatan Manajemen
103-1 Penjelasan topik material dan batasannya
28
28
304-3 Habitat yang dilindungi atau direstorasi
28
103-1 Penjelasan topik material dan batasannya
31
31
Index GRILaporan Keberlanjutan 2020
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK.
GRI 305: Emisi 305-1 Emisi GRK (Cakupan 1) langsung 32 305-2 Emisi energi GRK (Cakupan 2) tidak
langsung 32
103-1 Penjelasan topik material dan batasannya
34
34
103-3 Evaluasi pendekatan manajemen 34 GRI 306: Air Limbah (efluen) dan Limbah
306-2 Emisi GRK (Cakupan 1) langsung 34 306-4 Emisi energi GRK (Cakupan 2) tidak
langsung 34
30
30
30
103-1 Penjelasan topik material dan batasannya
31
31
103-3 Evaluasi pendekatan manajemen 31 GRI 308: Penilaian Lingkungan Pemasok
308-1 Seleksi pemasok baru dengan menggunakan kriteria lingkungan
31
22
22
401-2 Tunjangan yang diberikan kepada pekerja purnawaktu yang tidak diberikan kepada pekerja sementara atau paruh waktu
22
103-1 Penjelasan topik material dan batasannya
21
21
103-3 Evaluasi pendekatan manajemen 21 GRI 403: Kesehatan dan Keselamatan Kerja
403-1 Sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja
21
103-1 Penjelasan topik material dan batasannya
24
24
103-3 Evaluasi pendekatan manajemen 24 GRI 404: Pelatihan dan Pendidikan
404-1 Rata-rata jam pelatihan per tahun per pekerja
24
24
103-1 Penjelasan topik material dan batasannya
22
22
Index GRILaporan Keberlanjutan 2020
GRI 405: Keanekaragaman dan Kesempatan Setarav
405-1 Keanekaragaman badan tata kelola dan karyawan
23
39
39
39
413-2 Operasi yang secara aktual dan yang berpotensi memiliki dampak negatif signifikan terhadap masyarakat lokal
39
103-1 Penjelasan topik material dan batasannya
31
31
103-3 Evaluasi pendekatan manajemen 31 GRI 414: Penilaian Sosial Pemasok
414-1 Seleksi pemasok baru dengan menggunakan kriteria sosial
31
103-1 Penjelasan topik material dan batasannya
16
16
GRI 416: Kesehatan dan Keselamatan Pelanggan
416-1 Insiden ketidakpatuhan sehubungan dengan dampak kesehatan dan keselamatan dari produk dan jasa
16
103-1 Penjelasan topik material dan batasannya
16
16
103-3 Evaluasi pendekatan manajemen 16 GRI 417: Pemasaran dan Pelabelan
417-2 Insiden ketidakpatuhan terkait pelabelan dan informasi produk dan jasa
16
16
103-1 Penjelasan topik material dan batasannya
8
8
103-3 Evaluasi pendekatan manajemen 8 GRI 419: Kepatuhan Sosial Ekonomi
419-1 “Ketidakpatuhan terhadap undang- undang dan peraturan di bidang sosial dan ekonomi”
8
PT MULTI BINTANG INDONESIA TBK.