laporan kasusu leptospirosis

of 26/26
  • date post

    05-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    226
  • download

    1

Embed Size (px)

description

download

Transcript of laporan kasusu leptospirosis

  • LEPTOSPIROSIS TERJADI DI SELURUH DUNIA, BAIK DI DAERAH PEDESAAN MAUPUN PERKOTAAN, DI DAERAH TROPIS MAUPUN SUBTROPIS .

    PENYAKIT INI TERUTAMA BERESIKO TERHADAP ORANG YANG BEKERJA DI LUAR RUANGAN BERSAMA HEWAN, MISALNYA PETERNAK, PETANI, DOKTER HEWAN, DAN PERSONEL MILITER.

    SELAIN ITU, LEPTOSPIROSIS JUGA BERESIKO TERHADAP INDIVIDU YANG TERPAPAR AIR YANG TERKONTAMINASI. DI DAERAH ENDEMIS, PUNCAK KEJADIAN LEPTOSPIROSIS TERUTAMA TERJADI PADA SAAT MUSIM HUJAN DAN BANJIR (WHO 2010).

  • ANGKA KEMATIAN LEPTOSPIROSIS DI INDONESIA TERMASUK TINGGI, MENCAPAI 2,5-16,45%. PADA USIA LEBIH DARI 50 TAHUN KEMATIAN MENCAPAI 56%.

    PENDERITA LEPTOSPIROSIS YANG DISERTAI SELAPUT MATA BERWARNA KUNING (KERUSAKAN JARINGAN HATI), RISIKO KEMATIAN AKAN LEBIH TINGGI.

    DI BEBERAPA PUBLIKASI ANGKA KEMATIAN DI LAPORKAN ANTARA 3 % - 54 % TERGANTUNG SYSTEM ORGAN YANG TERINFEKSI (PRIYANTO DKK, 2008).

  • SEJARAHPENELITIAN TENTANG LEPTOSPIROSIS PERTAMA DILAKUKAN OLEH ADOLF WEIL PADA TAHUN 1886. DIA MELAPORKAN ADANYA PENYAKIT TERSEBUT PADA MANUSIA DENGAN GAMBARAN KLINIS DEMAM, PEMBESARAN HATI DAN LIMPA, IKTERUS DAN ADA TANDA-TANDA KERUSAKAN PADA GINJAL. PENYAKIT-PENYAKIT DENGAN GEJALA TERSEBUT DISEBUT SEBAGAI "WEIL'S DISEASE" DAN PADA TAHUN 1915 INADA BERHASIL MEMBUKTIKAN BAHWA WEIL'S DISEASE DISEBABKAN OLEH BAKTERI LEPTOSPIRA ICTEROHEMORRHAGIAE. SEJAK ITU BEBERAPA JENIS LEPTOSPIRA DAPAT DIISOLASI BAIK DARI HEWAN MAUPUN MANUSIA.

  • LEPTOSPIRA DIKENAL SEBAGAI MASALAH KESEHATAN MASYARAKAT DI SELURUH PELOSOK DUNIA. INSIDEN LEPTOSPIROSIS PERTAHUN MENINGKAT DARI 0,3 KASUS PER 100.000 PENDUDUK (TAHUN 1982-1995) MENJADI 3,3 PER 100.000 PENDUDUK (TAHUN 1997-1998) DI THAILAND. INVESTIGASI DI INDIA MENEMUKAN JUMLAH LEPTOSPIROSIS SEKITAR 12,7 % DARI SELURUH JUMLAH KASUS DEMAM AKUT YANG DILAPORKAN OLEH RUMAH SAKIT.

  • BENTUK SPIRAL DENGAN PILINAN YANG RAPAT DAN UJUNG-UJUNGNYA YANG BENGKOK, SEPERTI KAIT DARI BAKTERI LEPTOSPRIA MENYEBABKAN GERAKAN LEPTOSPIRA SANGAT AKTIF, BAIK GERAKAN BERPUTAR SEPANJANG SUMBUNYA, MAJU MUNDUR, MAUPUN MELENGKUNG, KARENA UKURANNYA YANG SANGAT KECIL.

    BENTUK LAIN BAKTERI INI BERBENTUK BENANG BERPLINTIRAN (FILAMENT) YANG UJUNGNYA SEPERTI KAIT, BERUKURA PANJANG 6-20 MIKROMETER DAN DIAMETER 0,1-0,2 MIKROMETER (AL SHERE, 2009).