Laporan Akhir Kkn 2014

53
RANCANGAN PROGRAM KERJA KULIAH KERJA NYATA PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (KKN-PPM) DISUSUN OLEH: Nama: ROZIAR NPM: 1010013211028 Lokasi KKN-PPM: Jorong Sungai Belit - Kenagarian Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung - Kabupaten Dharmasraya Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) : Drs. Nawir Muhar, M.Si FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BUNG HATTA 2013 CONTOH

description

laporan akhir

Transcript of Laporan Akhir Kkn 2014

  • RANCANGAN PROGRAM KERJAKULIAH KERJA NYATA PEMBELAJARAN

    PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (KKN-PPM)

    DISUSUN OLEH:

    Nama:ROZIAR

    NPM:1010013211028

    Lokasi KKN-PPM:Jorong Sungai Belit - Kenagarian Gunung Selasih

    Kecamatan Pulau Punjung - Kabupaten Dharmasraya

    Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) :Drs. Nawir Muhar, M.Si

    FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS BUNG HATTA

    2013

    CONTOH

  • KATA PENGANTAR

    Puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat danhidayat-Nya, sehingga penulis telah dapat menyelesaikan Laporan AkhirKuliah Kerja Nyata Program Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) di Jorong Sungai BelitNagari Gunung Selasih, Kecamatan Pulau Punjung Dharmasraya Tahun 2013. Laporan inidiajukan untuk melengkapi tugas Laporan Akhir Kuliah Kerja Nyata Program PembelajaranMasyarakat (KKN-PPM) di Jorong Sungai Belit Nagari Gunung Selasih, Kecamatan PulauPunjung Dharmasraya. Dalam proses pembuatan laporan ini penulis tidak terlepas dari peran dandukungan dari berbagai pihak khususnya kepada Bapak Drs. Nawir Muhar, M.Si selakupembimbing dalam pembuatan laporan yang memberi pengarahan, masukan dan bimbingan,sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Akhir Kuliah Kerja Nyata ProgramPembelajaran Masyarakat ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada :

    1. Bapak Wali Nagari Gunung Selasih, Kec. Pulau Punjung, Kab.Dharmasraya.2. Bapak Amiruddin selaku Kepala Jorong Sungai Belit, Kec. Pulau Punjung, Kab.

    Dharmasraya.

    3. Tim Pembimbing Praktek Kerja Lapangan.Penulis menyadari bahwa Laporan Akhir Kuliah Kerja Nyata Program Pembelajaran

    Masyarakat ini masih terdapat kekurangan dan kelemahan. Oleh karena itu, kami mengharapkankritik dan saran yang bersifat konstruktif.

    Dharmasraya, Agustus 2013

    Penulis

    Roziar

  • DAFTAR ISI

    LEM BARAN PENGESAHANKATA PENGANTARDAFTAR ISIBAB I. PENDAHULUAN

    1.1 Latar Belakang KKN-PPM1.2 Tujuan KKN-PPM1.3 Sasaran KKN-PPM1.4 Dasar Hukum KKN-PPM1.5 Waktu dan Tempat Pelaksanaan KKN-PPM

    BAB II. PELAKSANAAN PROGRAM2.1 Program Pokok

    2.3 Program Pokok Tambahan2.3 Program Bantu

    BAB III. PELAKSANAAN KEGIATANBAB IV. KESIMPULAN DAN SARAN

    4.1 Kesimpulan4.2 Saran

    LAMPIRANDokumentasi Kegiatan

    Dokumen Lainnya

  • BAB I

    PENDAHULUAN

    1.1. Latar Belakang KKN-PPMPendidikan pada dasarnya merupakan proses pendewasaan dan pemandirian manusia

    secara sistematis, agar siap menjalani kehidupan secara bertanggung jawab. Menjalani kehidupansecara bertanggung jawab berarti berani mengambil keputusan yang bijaksana sekaligus beranimenanggung segala konsekuensi yang ditimbulkannya.

    Pendidikan di Perguruan Tinggi dilaksanakan dengan cara membekali danmengembangkan religiusitas, kecakapan, ketrampilan, kepekaan dan kecintaan mahasiswaterhadap pemuliaan kehidupan umat manusia pada umumnya dan masyarakat Indonesia padakhususnya. Pembekalan dan pengembangan hal-hal tersebut terangkum dalam Tri DharmaPerguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepadaMasyarakat.

    Ketiga aspek dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut dilaksanakan dengan proporsiyang seimbang, harmonis, dan terpadu dengan harapan agar kelak para lulusan Perguruan Tinggidapat menjadi manusia yang berilmu pengetahuan yang memadai dalam bidang masing-masing,mampu melakukan penelitian, dan bersedia mengabdikan diri demi kemaslahatan umat manusiapada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya. Untuk mempraktekkan ilmu danmenerapkan hasil penelitian yang dilakukan oleh civitas akademika,

    KKN-PPM merupakan wadah pembelajaran bagi mahasiswa dan wadah bangi mahasiswauntuk memberdayaan masyarakat. KKN-PPM adalah kegiatan intrakurikuler wajib yangmemadukan pelaksanaan tridarma perguruan tinggi dengan metode pemberian pengalamanbelajar dan bekerja pada mahasiswa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Di samping itu,KKN-PPM juga merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan teknologi yangdilaksanakan di luar kampus dalam waktu, dan dengan mekanisme kerja, serta persyaratantertentu.

    Oleh karena itu, KKN-PPM diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara duniaakademik teoritik dan dunia empirik praktis. Dengan demikian, akan terjadi interaksi yangsinergi saling memberi dan menerina , saling asah, asih dan asuh antara mahasiswa dengan

  • masyarakat, KKN-PPM merupakan suatu bentuk kegiatan intrakurikuler bagi mahasiswaprogram sarjana (S1) yang dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu.

    Universitas Bung Hatta sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia turutbertanggungjawab untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Sejalan dengan tujuantersebut Universitas Bung Hatta memiliki visi, misi dan tujuan untuk menghasilkan tenagaprofesional muda yang memiliki jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan kemampuankewirausahaan sehingga mampu menjadi motivator dan dinamisator dalam meningkatkankesejahteraan masyarakat, perlu memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidupdi tengah-tengah masyarakat di luar kampus dan terlibat secara langsung dalam mengidentifikasiserta mengenal masalah-masalah pembangunan yang dihadapi oleh masyarakat.

    Sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat danumat manusia yang di dukung oleh pembangunan kualitas sumber daya manusia, membukapeluang bagi Universitas Bung Hatta untuk berperan serta dalam mewujudkan programpemerintah KKN-PPM ini dan sekaligus meningkatkan kualitas lulusan.

    KKN-PPM Universitas Bung Hatta mengandung empat aspek yang tidak dapatdipisahkan satu sama lainnya, yaitu meliputi:

    a. Keterpaduan plaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggib. Pendekatan interdisiplinerc. Lintas sektoral

    d. Ketertiban masyarakat secara aktif

    1.2. Tujuan KKN-PPM

    Tujuan utama dari program KKN-PPM adalah untuk memberikan pengalaman kepadamahasiswa dalam keikutsertaannya dalam proses pembangunan. Kegiatan ini diharapkan akanmembuka wawasan mahasiswa serta dapat dijadikan sebagai wahana dalam proses pematanganberfikir, bertindak dan mengambil keputusan terhadap sesuatu yang akan atau telahdirencanakan.

    Secara eksplisit, tujuan yang hendak dicapai dengan dilaksanakannyaprogram KKN-PPM adalah sebagai berikut:

    a. Universitas Bung Hatta menghasilkan sarjana yang lebih memahami dan menghayatipermasalahan pembangunan yang dihadapi oleh masyarakat dan pemerintah. Mahasiswa

  • diharapkan dapat belajar dan menanggulangi setiap permasalahan secara pragmatis daninterdisipliner.

    b. Memberikan pengalaman belajar tentang sosial masyarakat nagari dan pengalaman dalampembangunan.

    c. Meningkatkan wawasan dan proses pendewasaan kepribadian mahasiswa.d. Memacu pembangunan nagari dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk

    berpartisipasi dalam pembangunan.e. Menumbuhkan kepercayaan masyarakat akan kemampuan mahasiswa serta sarjana

    Universitas Bung Hatta, sehingga akan lebih mendekatkan Universitas Bung Hatta padamasyarakat.

    1.3 Sasaran KKN-PPM

    Kegiatan ini mempunyai tiga kelompok sasaran, yaitu mahasiswa, masyarakat danpemerintah daerah dan perguruan tinggi.

    1. Mahasiswa:

    a. Meningkatkan daya nalar mahasiswa dalam melakukan penelaahan, danpemecahan masalah-masalah ilmiah.

    b. Membekali mahasiswa/dengan pengalaman praktis tentang pembangunan danpengembangan masyarakat berdsarkan IPTEK secara interdisipliner atau antarsektor.

    c. Memberikan pengalaman belajar dan bekerja sebagai kader pembangunanmahasiswa, sehingga terbentuk sikap dan rasa cinta terhadap kemajuanmasyarakat.

    d. Membina mahasiswa agar menjadi seorang innovator, motivator, dan problemsolver.

    e. Menumbuhkan sifat profesionalisme dan kepedulian dalam diri mahasiswa dalamarti peningkatan keahlian, tanggung jawab maupun kerjasama serta kepedulianterhadap lingkungannya.

  • 2. Masyarakat dan pemerintaha. Mendapatkan bantuan pemikiran dan tenaga dan serta IPTEK dalam

    merencanakan dan melaksanakan pembangunan.b. Memperoleh cara-cara yang dibutuhkan untuk memechkan, merumuskan dan

    melaksanakan pembangunan.c. Mendapatkan pengalaman dalm mengolah serta menumbuhkan potensi swadaya

    masyarakat sehingga mampu berprestasi aktif dalam pembangunan.d. Memperoleh pembaharuan-pembaharuan yang diperlukan dalam pembangunan

    di daerah.

    3. Perguruan Tinggia. Memperoleh umpan balik sebagai hasil pengintergrasian mahasiswanya dengan

    proses pembangunan ditengah-tengah masyarakat, sehingga materi perkuliahandan pengembangan ilmu yang diasuh di Perguruan Tinggi dapat lebih disesuaikantuntutan nyata pembangunan.

    b. Memperoleh berbagai kasus yang berharga berupa berbagai masalahpembangunan yang dapat digunakan sebagai contoh dalam memberikan materiperkuliahan.

    c. Meningkatkan, memperluas dan mempererat kerjasamam dengan instansi sertadepartemen lain melalui rintisan dari mahasiswa yang melaksanakan KKN-PPM.

    d. Mengaplikasikan hasil-hasil penelitian institusi dan mempercepat prosesketerserapan teknologi tepat guna bagi masyarakat.

    1.4 Dasar Hukum KKN-PPM

    Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) merupakansalah satu kegiatan dalam pendidikan tinggi yang diselenggarakan berdasarkan UUD 1945. Pasal31 UUD 45 menyatakan tiap tiap warga Negara berhak mendapat pengajaran. Pasal 20 ayat 2Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasionalmenyatakan: Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, danpengabdian masyarakat. Pada Pasal 24 ayat 2 disebutkan: Perguruan tinggi memiliki otonomi

    untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan tinggi,

  • penelitian ilmiah, dan pengabdian masyarakat. Pasal 2 ayat 1 butir b, Peraturan Pemerintah

    nomor 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi menyebutkan bahwa tujuan Pendidikan Tinggiadalah mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenianserta mengupayakan pengunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat danmemperkaya kebudayaan nasional. Kemudian Pasal 3 ayat 1 disebutkan pula bahwa: PerguruanTinggi dalah lembaga penyelenggara pendidikan dan penelitian serta pengabdian kepadamasyarakat. Selanjutnya Pasal 3, ayat 4: Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatanyang memanfaatkan ilmu pengetahuan dalam upaya memberikan sumbangan demi kemajuanmasyarakat.

    Pasal 2 ayat 1, KEPMEN DIKNAS Nasional RI 232/U/2000, tentang tujuan dan arahpedidikan tinggi menyebutkan bahwa: pendidikan akademik bertujuan menyiapkan peserta didikuntuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dalam menerapkan,mengembangkan dan atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi, dan /ataukesenian serta menyebarluaskan dan mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan tarafkehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

    Pasal 3, ayat 2 butir b menyatakan bahwa: progam sarjana diarahkan pada hasil lulusanyang mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya sesuai denganbidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikapdan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama.

    1.5 Waktu dan Tempat Pelaksanaan KKN-PPM1.5.1 Waktu Pelaksanaan

    01 Juli 02 Agustus 2013

    1.5.2 Tempat PelaksanaanJorong Sungai Belit

    Nagari Gunung SelasihKecamatan Pulang PunjungKabupaten Dharmasraya

  • BAB IIPELAKSANAAN PROGRAM

    2.1 Program PokokProgram pokok adalah program yang harus dilaksanakan pada setiap mahasiswa peserta

    KKN-PPM. Program pokok yang dilaksanakan harus sesuai dengan tema dan atau bidangilmunya dan mahasiswa yang bersangkutan bertanggung jawab penuh atas program tersebutbaik secara ilmiah maupun operasional.

    2.1.1 Bimbingan Belajar matematika bagi siswa/wi SD di SD N 02 Pulau Punjungkhusus materi yang kurang dikuasai siswa

    A. Tujuan KegiatanMemberikan pemahaman yang baik kepada siswa mengenai matematika yang

    menyenangkan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam proses pembelajaranmatematika agar siswa yang nantinya ikut bimbingan belajar agar dapat lebih paham danakan lebih leluasa bertanya jika ada permasalahan dalam pembelajaran dengan strategidan metode yang praktis untuk meningkatkan pemahaman siswa.

    B. Masalah Yang DipecahkanPada pelaksanaan program ini, penulis melakukan survey langsung ke sekolah SDN

    02 Pulau Punjung yang tujuannya bukan untuk mengajar.Disini penulis bertanya kepadaguru matematika secara khususnya mengenai materi pembelajaran matematika yangkurang dikuasai siswa dan juga didukung oleh keluhan dari siswa SDN 02 itu sendirimengenai materi matematika yang kurang mereka mengerti di sekolah.Adapun subjekdari masalah ini adalah kelas 4,5,6,materi yang mereka kurang mengerti itu adalahpenyelesaian operasi bilangan campuran serta menyelesaikan FPB dan KPK.Jadi,penulisberusaha membantu siswa agar mereka paham dengan metode dan strategi yang praktis.

  • C. Lokasi dan Waktu KegiatanLokasi kegiatan Bimbingan Belajar ini dilaksanakan di SDN 02 Pulau Punjung di

    luar jam pelajaran sekolah serta di Posko Wanita KKN-PPM Jorong Sungai BelitNagari Gunung Selasih.Adapun pelaksanan Program Pokok ini adalah tanggal 31 Juli2013.

    D. Masyarakat SasaranMasyarakat yang menjadi sasaran adalah siswa sekolah dasar kelas IV, V dan VI

    di Jorong Kampung Surau

    E. Metode KegiatanMelakukan Bimbingan Belajar Matematika di luar jam pelajaran sekolah, yang

    akan memakai metode ceramah, dan strategi pembelajaran yang menyenangkan.

    F. Hasil KegiatanAdanya perubahan minat belajar siswa dan cara pandang siswa terhadap pelajaran

    matematika.

    2.1.2 Cara Menghitung Perkalian Cepat dengan Menggunakan Batang Naphier

    A. Tujuan KegiatanTujuan dari Cara Menghitung Perkalian Cepat dengan menggunakan Batang

    Napier yaitu melatih siswa agar lebih kreatif dan memudahkan siswa dalam menghafalperkalian 1 sampai dengan sepuluh tanpa terkesan dipaksakan. Selain itu siswa juga akanbelajar sambil bermain. Sehingga siswa tidak merasa cepat bosan dalam mempelajarimatematika khususnya dalam operasi perkalian

    B. Masalah Yang DipecahkanBerdasarkan survey langsung ke sekolah dalam proses pembelajaran,penulis

    melihat dan memperhatikan langkah-langkah siswa dalam menyelesaikan soal tentangoperasi perkalian.Penulis melihat siswa di SDN 02 ini masih mengeluh dan merasa sulitdalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan perkalian.Oleh sebab itu penulismengajarkan cara menghitung perkalian cepat dengan menggunakan batang naphier.

  • C. Lokasi dan Waktu KegiatanPelaksanaan Program Pokok Cara Menghitung Perkalian Cepat dengan

    Menggunakan Batang Naphier ini dilaksanakan di SD N 02 Pulau Punjung tepatnyaJorong Kampung Surau.Selain itu pelaksanaan program ini juga dilaksanakan di PoskoWanita KKN Jorong Sungai Belit.Adapun waktu pelaksanaan Program Pokok ini adalahhari Kamis/25 Juli 2013.

    D. Masyarakat SasaranSasaran pelatihan Menghitung Cepat dengan Batang Naphier ini adalah siswa/i

    SD.. Agar pelatihan ini menjadi pembelajaran yang menyenangkan maka dibuatlah

    sistem belajar se-kreatif mungkin dengan gabungan unsur permainan sehingga tidak

    terlalu difokuskan untuk belajar.

    Dengan kondisi seperti ini diharapkan siswa lebih tertarik dan tidak merasa bosanserta pemahaman tentang matematika itu sulit dapat diubah menjadi menyenangkan

    E. Metode KegiatanMetode kegiatan pelatihan untuk mengatasi permasalahan berhitung adalah

    dengan metode ceramah, tanya jawab dan latihan (simulasi praktek). Dengan metodeceramah, khalayak sasaran diberi penjelasan tentang Sejarah Batang Naphier danbagaimana Cara Menghitung Perkalian Cepat dengan Batang Naphier, jika mereka sudahpaham maka penulis memberikan beberapa soal tentang operasi perkalian.` Apabila di antara siswa ada yang kurang paham, mereka diberi kesempatan untukbertanya. Kemudian mereka dilatih untuk praktek sendiri dirumah mereka masing-masing.

    F. Hasil KegiatanMeningkatnya persentase siswa yang tertarik terhadap pembelajaran matematika

    dan dapat menghilangkan pandangan siswa bahwa matematika itu sulit karena

  • kenyataannya matematika tidak sesulit yang dibayangkan. Dalam memahami suatu

    konsep pembelajaran matematika tidak selalu harus diperoleh melalui pembelajaran yang

    formal tetapi juga bisa diperoleh melalui pembelajaran informal, salah satunya dengan

    mengikuti pelatihan.

    2.2 Program Tambahan: Pelatihan Pengentrian Data ManualProgram tambahan adalah program yang menjadi tanggung jawab seorang

    mahasiswa KKN-PPM, di luar bidang ilmu dan temanya (knowledge).

    Hal ini dikarenakan mahasiswa mempunyai ilmu dan keterampilan tambahan diluar bidang ilmu dan tema KKN-PPM.

    Sebagai contoh :

    i. Membantu teman dalam melaksanakan kegiatan tugas pokok nyaii. Revitalisasi Koperasi

    iii. Pembentukan Posdaya (anak pintar, siaga bencana, kesehatan,Teknologi TepatGuna (TTG))

    iv. Pelatihan kewirausahaan

    2.2.1` Revitalisasi koperasi.Revitalisasi merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kinerja koperasi

    di Nagari Gunung Selasih, Dharmasraya. Oleh sebab itu, mahasiswa KKN PPM dimintauntuk membantu pemerintah/universitas Bung Hatta dalam mendata keadaan koperasi dinagari Gunung Selasih.

    A. Tujuan KegiatanMembantu nagari dalam memperkokoh kehidupan koperasi sebagai badan hukum yangsehat, kuat dan mandiri dan tangguh untuk menghimpun dan menggerakkan potensiekonomi, sosial dan budaya sesuai dengan nilai dan prinsip koperasi serta meningkatkan

  • kinerja koperasi baik melalui penataan kelembagaan dan memperkuat usaha koperasisecara administratif maupun manajemen.

    B. Masalah Yang DipecahkanTerbantunya nagari dalam mengidentifikasi permasalahan yang ada pada koperasi.Adapun aspek-aspek yang akan diperhatikan diantaranya:

    a. AD dan ART , apakah sudah merujuk kepada UU Koperasi No 17 tahun 2012Jika belum , buat pertemuan dengan anggota koperasi untuk menjelaskanpemahaman UU Koperasi yang baru.(Tugas pokok bagi mahasiswa EkonomiAkuntansi dan Manajemen)

    b. Melakukan pelatihan tentang sistem pembukuan koperasi .(Tugas pokok bagimahasiswa Ekonomi Akuntansi dan Manajemen)

    c. Data yang ditanyakan :i. Data Jenis Pinjamanii. Data Jenis Simpanan

    iii. .Data Jabataniv. Data Pegawai (Kasir)v. Data Anggota Pendiri Koperasivi. Data Nasabah Koperasivii. Transaksi Simpanan Pokok oleh Anggota, dilengkapi Cetak Nota.viii. Transaksi Simpanan Wajib oleh Anggota, dilengkapi Cetak Nota.ix. Transaksi Simpanan Sukarela oleh Anggota, dilengkapi Cetak Nota.x. Transaksi Simpanan (Buka Tabungan) oleh Nasabah, dilengkapi

    dengan Cetak Transaksi.xi. Transaksi Mutasi Kredit (Tabungan) oleh Nasabah, dilengkapi dengan

    Cetak Transaksi.xii. Transaksi Mutasi Debit (Tabungan) oleh Nasabah, dilengkapi dengan

    Cetak Transaksi.xiii. Transaksi Pinjaman oleh Nasabah, dilengkapi dengan Cetak Transaksi.

  • xiv. Transaksi Angsuran Pinjaman oleh Nasabah, dilengkapi dengan CetakTransaksi.

    xv. Laporan Data Jabatanxvi. Laporan Data Jenis Pinjamanxvii. Laporan Data Jenis Simpananxviii. Laporan Data Pegawai

    xix. Laporan Data Anggota

    xx. Laporan Data Nasabahxxi. Laporan Simpanan Pokok Anggotaxxii. Laporan Simpanan Wajib Anggotaxxiii. Laporan Simpanan Sukarela Anggotaxxiv. Laporan Simpanan Nasabahxxv. Laporan Cetak Transaksi Simpananxxvi. Laporan Pinjaman Nasabahxxvii. Laporan Cetak Transaksi Pinjaman

    C. Lokasi dan Waktu KegiatanKegiatan pengumpulan data sebagai upaya untuk revitalisasi koperasi dilakukan padatanggal 05 Juli s.d 25 Juli 2012 di Nagari Gunung Selasih khususnya Jorong SungaiBelit

    D. Masyarakat SasaranSasarannya adalah koperasi warga masyarakat di kenagarian Gunung Selasihkhususnya Jorong Sungai Belit.

    E. Metode KegiatanRevitalisasi koperasi dilakukan dengan melakukan wawancara dengan anggota(mendata), serta meminta data-data yang dibutuhkan kepada Pak Korong danSekretaris Korong. Setelah itu baru dibuatkan kesimpulan. Barulah dilakukanpertemuan dengan seluruh anggota koperasi. Pada pertemuan ini mahasiswa akan

  • melakukan penjelasan/pelatihan tentang bidang-bidang yang dapat meningkatkankinerja koperasi.

    F. Hasil KegiatanPada kegiatan revitalisasi koperasi ada 2 (dua) kondisi. Pertama bagi nagari yangtelah ada koperasinya dapat dilakukan perbaikan-perbaikan secara administratif,teknis maupun sumberdaya manusia (SDM). Bagi nagari yang tidak ada koperasimaka perlu dilihat potensi apa yang mungkin dapat dikelola oleh koperasi, misalkanhome industri, kerajinan tangan, makanan, merchantdise, perkebunan, peternakan,budidaya.

    2.2.1.1 Sejarah Gunung Selasih

    Nagari Gunung Selasih adalah Pemekaran dari Nagari IV Koto Pulau Punjungpada Desember 2009.Dalam Nagari ini ada suatu perbukitan (pegunungan) yangmembujur dari Timur ke Barat.Pada fisiknya disebelah Timur pegunungan adalah JorongLubuk Bulang dan sebelah Barat pegunungan ,adalah Jorong Kampung Surau.Pegunungan tersebut dinamakan Gunung Lalo dan Gunung Selasih ,oleh karena ituNiniak Mamak Lubuk Bulang dan Niniak Mamak Kampung Surau beserta tokohmasyarakat sepakat untuk memberi nama nagari ini dengan nama NAGARI GUNUNG

    SELASIH.Gunung Selasih dijadikan sebagai lambing pemersatu masyarakat di

    Nagari,Nan tinggi tampak jauah ,Nan gadang mulo basobok.

    Untuk memudahkan masyarakat dalam pelayanan terhadap pemerintahan,makadibentuk juga pemekaran Jorong Sungai Belit adalah Sapiah Balah,dari Jorong LubukBulang dan Jorong Sialang adalah Sapiah Balah dari Jorong Kampung Surau.

    Berdasarkan sejarah yang diterima dari Niniak Moyang dahulunya bahwamasyarakat didalam Nagari Gunung Selasih masih ada hubungan atau pertalian yangdapat disebut Baarang Indak Patah,Batali Indak Putuih,sebagai filosofi dan pedoman

    hidup bagi anak, cucu,dan keponakan. Pada masa yang akan datang diharapkan systemadat dalam kehidupan bisa kita terapkan kembali ke system pemerintahan nagari.

  • 2.2.1.2 Gambaran Umum Kondisi dan Potensi Gunung Selasih

    A Letak GeografisBerdasarkan data terakhir yang diterbitkan oleh Direktorat Bina Program

    Direktorat Jenderal Penyiapan Pemukiman Departemen Transmigrasi

    Kantor wali nagari terletak jorong sungai belit, kec. Pulau punjung. Kantor waliNagari gunung selasih Terletak Pada titik koordinat : garis bujur ; 0.92132 LS dan garislintang ; 101.50433 BT.

    Secara Administratif Pemerintahan Nagari Gunung Selasih berbatasan dengan :

    Sebelah Utara : Kecamatan Timpeh

    Sebelah Selatan : Nagari Sungai Kambut/IV Koto PI Punjung Sebelah Timur : Kenagarian Siguntur

    Sebelah Barat : Kecamatan Kamang Baru

    Secara Administratif Luas Nagari Gunung Selasih adalah yang terdiri dari 4jorong.Secara geografis Nagari Gunung Selasih pada dasarnya sangat potensial untukndikembangkan sebagi daerah pertanian,perkebunan,pariwisata dan perdagangan karenaposisi strategisnya berada pada jalur lintas Sumatra, dan masuk dalam Segitiga Emas(daerah perlintasan Kabupaten Solok Selatan,Kabupaten Kuantan Singingi danKabupaten Bungo).

    B. IklimIklim Nagari gunung selasih termasuk iklim tropis seperti layaknya wilayah

    Indonesia yang terletak didaerah Khatulistiwa, suhu udara rata-rata 30 0C. Curah hujanrata-rata Nagari Sasak 266,71 Mm/Th.

    C. TopografiTopografi adalah gambaran tentang tingkatb kemiringan dan ketinggian tanah dari

    permukaan laut.Kondisi kemiringan tanah merupakan salah satu factor yang sangatvmempengaruhi kesesuaian lahan untuk syarat tumbuh suatu tanaman.Karena dengankemiringan tanah yang cukup besar akan sangat mempengaruhi kontibuitas kesuburantanah akibat daya rusak aliran air(tingkat erosi) terhadap permukaan tanah cukup tinggi.

  • Berdasarkan data terakhir pemetaaan Nagari Gunung Selasih kondisi daerahdidominasi oleh topografi datar dengan luas

    D. HidrologiHidrologi adalah gambaran air sungai yang mengalir atau melintasi suatu daerah

    tertentu.Aliran sungai merupakan salah satu sumber air utama untuk dapat dimanfaatkanmenjadi irigasi/pengairan pertanian.Mengingat keadaan musim penghujan dalambeberapan tahun terakhir ini semakin sulit diperkiraan secara pasti,maka air sungaimenjadi salah satu alternative sumber pengairan pertanian tanaman pangan terutama padiyang banyak memerlukan air.

    Di daerah Nagari Gunung Selasih terdapat 4 satuan wilayah sungai dan anaksungai tergolong besar yakni Sungai Batang Hari, Sungai Batang Lalo, SungaiTandun,Sungai Belit, serta mempunyai 1 Bendung yang berada di wilayah NagariGunung Selasih untuk lebih jelasnya dapatb dilihat table dibawah ini:

    Tabel 1.

    Sungai Nagari Gunung SelasihNo Jenis Nama Lokasi Ket

    1.

    2.

    3.

    4.

    5.6.7.

    8.9.10.

    Sungai

    SungaiSungai

    SungaiSungai

    SungaiSungai

    SungaiSungai

    Sungai

    Batang Pangian

    Batang Lalo

    Sungai TanduanSungai TarokBatang Pingian

    Batang Hari

    Batang Pingian

    Sungai LomakSungai Suko

    Sungai bolik

    Kp.Surau

    Kp.SurauKp.Surau

    SialangLb.BulangLb.BulangLb.BulangLb.Bulang

    Sungai belit

  • Kondisi aliran sungai tersebut menggambarkan bahwa Nagari Gunung Selasihpada dasarnya mempunyai potensi aliran sungai yang cukup prospektif untuk dapatdijadikan sebagai sumber pengairan lahan pertanian.

    E. Jumlah Jorong yang ada di Kenagarian gunung selasih :

    Jorong sungai belit Jorong kampung surau Jorong lubuk bulang Jorong sialang

    F. Jumlah Penduduk berdasarkan Wilayah Jorong

    Tabel. 2

    Jumlah Penduduk berdasarkan Wilayah Jorong

    NO. JORONGPENDUDUK

    KK JIWA

    1. sungai belit 101 426

    2. kampung surau

    3. lubuk bulang

    4. Sialang

    JUMLAH TOTAL

    G. PENDIDIKANTantangan masa depan semakin nyata dalam kehidupan global, dimana

    dituntut Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kualitas tinggi (unggul), untukmampu bersaing salam lingkungan nasional dan internasional. Dengan berubahnya

  • dunia secara cepat, dan iklim globalisasi, dimana dunia tanpa batas dan manusiadituntut berkemampuan tinggi dalam Iptek, dan berakhlak mulia dan berbudi luhuruntuk mengimbangi dampak globalisasi.

    Hal itu dapat dicapai dengan meningkatkan mutu pendidikan, dandiberlakukannya Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah (MPBS) dimana unsurpengelola sekolah mulai dari masyarakat, lingkungan, unsur dinas pendidikan besertaPemerintah, pada bidang masing-masing secara bersama-sama mempunyai tekaduntuk meningkatkan mutu pendidikan.

    Table. 3

    Fasilitas sekolah yang terdapat di Nagari Gunung Selasih

    NO. JORONG TK SD SD Filial SMP/MTS SMA/SMK

    1. sungai belit 1 1 - - -

    2. kampung surau 1 2 - - -

    3. lubuk bulang 1 1 - - -

    4. Sialang 2 1 - 1 -

    JUMLAH 5 5 - 1 -

    H. .KESEHATAN

    Tabel. 4

    Jumlah Fasilitas Kesehatan

    No. Jorong Puskesmas Polindes

  • 1. sungai belit - 1

    2. kampung surau - 1

    3. lubuk bulang - 1

    4. Sialang 1 -

    JUMLAH 1 3

    I. PERIBADATAN

    Table. 5

    Jumlah Fasilitas Peribadatan

    No. Jorong Mesjid Mushalla

    1. sungai belit 1 -

    2. kampung surau 1 7

    3. lubuk bulang 2 1

    4. Sialang 1 -

    JUMLAH 5 8

    J.PRASARANA DAN SARANA PEM.NAGARI

    Tabel. 6

    Jenis Prasarana dan Sarana Pem. Nagari

  • NO. JENIS PRASARANA JUMLAHKONDISI

    ( RUSAK / BAIK )

    1. Kantor Wali Nagari 1 B

    2. Ruangan Wali Nagari 1 B

    3. Ruangan Sekretaris Nagari 1 B

    4. Ruangan Rapat 1 B

    5. Ruangan Staf 2 B

    6. Lemari Arsip 2 B

    8. Komputer 3 B

    9. Meja 6 B

    10. Kursi 15 B

    JUMLAH 32

    2.2.2 Pengambilan Titik-titik Koordinat Bangunan Penting di Nagari Gunung Selasihuntuk Membuat Profil Nagari

    A. Tujuan KegiatanTujuan kegiatan pengambilan titik-titik bangunan penting adalah untuk membuatkan

    peta digital sebagai kenang-kenangan untuk Nagari Gunung Selasih karena telah menerimadengan tangan terbuka dan juga menerima dengan baik mahasiswa KKN-PPM UntiversitasBung Hatta Padang Tahun 2013. Selaian itu yang terpenting selain sebagai kenang-kenangan adalah untuk dijadikan peta pentunjuk arah dengan jaringan internet ataupun GPS.bagi siapa saja yang membutuhkan petunjuk arah di Nagari Gunung Selasih ini.

    B. Masalah yang Dipecahkan

  • Masalah yang dicarikan solusinya adalah menentukan titik koordinat bangunan yangdianggap penting seperti Masjid, sekolah, posko, TPA, Rumah Wali Nagari, Wali jorongdan lain dianggap penting sebagainya. Sehingga, Didapatkan data titik koordinat tersebutsetelah mendatangi lokasi tersebut dan bisa diletakkan sesuai dengan Peta yang ada denganakurasi yang baik.

    C. Lokasi dan Waktu KegiatanLokasi : Tempat-tempat penting di Kenagarian Gunung Selasih, seperti : Sekolah,

    Kantor-kantor, dll.

    Waktu : Kamis , 11 Juli 2013 (10.00-12.00 WIB)

    D. Masyarakat SasaranMasyarakat sasaran dari hasil pengambilan data koordinat dan juga peta petunjuk arah

    ini adalah seluruh warga Gunung Selasih dan juga seluruh masyarakat yang membutuhkanPeta Petunjuk Arah dilokasi Nagari Gunung Selasih.

    E. Metode KegiatanMetode yang dipakai adalah Observasi dan mendatangi Lokasi-lokasi yang akan

    diambilkan titik koordinatnya.

    F. Hasil KegiatanMendapatkan titik koordinat di masing-masing jorong.

  • KOORDINAT NAGARI GUNUNG SELASIH

    KKN PPM 2013

    Titik Koordinat Jorong Sungai BelitNO LOKASI LATITUDE LONGITUDE

    1 Posko Putri -009147 10 o50523

    2 Kantor Jorong -0092026 101 o 50432

    3 Posko Putra -0092306 101 o 50519

    4 Lubuk Larangan -0092002 101 o 50464

    5 Rumah Kepala Jorong -0092026 101 o 50432

    6 Batas Barat Jorong -0091874 101 o 50584

    7 Batas Timur Jorong -009217 101 o 5059

    8 Batas Selatan jorong -0092814 101 o 500529 Batas Utara Jorong -0091966 101 o 50581

    10 Kantor Wali Nagari -0092132 101 o 50433

    11 SDN 12 Gunung Selasih -0092174 101 o 5046

    12 Masjid Mukhlisin -009218 101 o 5039913 TPU Jorong Sungai Belit -0091989 101 o 5055

  • Titik Koordinat Jorong Lubuk Bulang

    No LokasiKoordinat

    LATITUDE LONGITUDE

    1 Puskesri Lubuk Bulang 0o95168, 101o53494

    2 Pebatasan jorong Lubuk Bulang 0o95028, 101o536433 Posyandu Lubuk Bulang 0o95196, 101o53578

    4 Kantor jorong Lubuk Bulang 0o95705, 101o532525 Mesjid Al-iklhas Lubuk Bulang -0o95698, 101o532416 Simpang Tiga -0o95933, 101o528

    7Musholla Nurul hikmah Lubuk

    Bulang-0o96212, 101o52349

    8 Batas Masuk Lubuk Bulang -0o96215, 101o5231

    Titik Koordinat Jorong SialangNO NAMA TEMPAT LATITUDE LONGITUDE

    1 Rumah makan OMBILIN 0 o 91588 101 o 43582

    2 PUSKESMAS sialang 0 o 91743 101 o 44811

    3 Rumah makan BERSAMA 0 o 91636 101 o 44092

    4 SMP 5 Sialang 0 o 91675 101 o 44072

    5 SPBU / Pertamina Sialang 0 o 91451 101 o 42708

    6 Tower Telkomsel 0 o 91394 101 o 42563

    7 Toko ALWI II 0 o 91798 101 o 44634

    8 Pebatasan dengan Sungai Kambut 0 o 92563 101 o 44769

    9 Bengkel ANDRI SERVICE 0 o 91753 101 o 44545

    10 Perbatasan dengan Muaro Takung 0 o 91282 101 o 4198

    11 Rumah makan FAMILY RAYA 0 o 91454 101 o 42345

    12 Rumah makan PONDOK KITA 0 o 91384 101 o 42462

    13 Tempat pemungutan retrebusi 0 o 91573 101 o 42935

    14 SDN 29 Pulau punjung 0 o 91526 101 o 43512

  • 15 Posko KKN PPM 2013 Sialang 0 o 91488 101 o 43563

    16 Taman Kanak kanak 0 o 91534 101 o 42901

    17 PAUD Aisyiyah V 0 o 91541 101 o 43514

    18 Mesjid Al Jihad 0 o 91493 101 o 43677

    19 Rumah Ketua Jorong Sialang 0 o 9167 101 o 4315

    Titik Koordinat Jorong Kampung Surau

    No Nama Latitude(Garis Lintang)Longitude

    (Garis Bujur)

    1.Perbatasan KampungSurau-Kamang Baru

    (Barat)-0.8736 101.4261

    2.Perbatasan KampungSurau-Parit Rantang

    (Utara)-0.8652 101.4333

    3.Perbatasan KampungSurau-Sungai Belit

    (Selatan)-0.9182 101.4998

    4. Posko KKN-Putri -0.90436 101.4861

    5.Posko KKN-Putra

    (Mesjid Darul JadidMuhammadiyah)

    -0.90434 101.4859

    6. Kantor Wali NagariGunung Selasih -0.9213 101.5044

    7. Jembatan I -0.9153 101.49468. Jl. Agus Salim -0.9097 101.49109. Sawah Batu Agung -0.9078 101.4908

    10. Jl. Bung Hatta` -0.9058 101.488111. SD N 15 Pulau Punjung -0.9059 101.4877

    12.Pos Kesehatan Nagari

    (POSKESRI) KampungSurau

    -0.9063 101.4873

    13. Rumah Gadang KampungSurau -0.9064 101.4875

    14. Jl. Pemuda -0.9036 101.4850

    15. Kantor Jorong KampungSurau -0.9036 101.4849

    16. Jembatan Tandun -0.9028 101.484117. Jl. Buya Hamka -0.9026 101.484018. Sawah Lasung -0.90045 101.4833

    19. PT. Bina Pratama SakatoJaya (Incasi Raya Group) -0.8661 101.446520. Batang Lalo -0.8797 101.4690

  • 21. Sawah Sibubui -0.89986 101.480522. Gang Garuda -0.9027 101.482023. SD N 02 Pulau Punjung -0.9034 101.482124. TK Aisiyah -0.90454 101.484725. Lapangan Bola Kaki -0.9078 101.485826. Jembatan Koral -0.9028 101.466527. Lubuk Larangan -0.9051 101.4929

    28. Pertigaan Koral PT. Bina -0.9086 101.4750

    1.3 Program BantuProgram bantu adalah program yang harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa KKN-

    PPM Universitas Bung Hatta (tidak memerlukan skill atau knowledge)Kegiatan yang dapat dilakukan, diantaranya:

    1. Gotong Royong Pembuatan Infrastruktur Sanitasi2. Membantu KegiataN Pesantren Ramadhan di SDN 02 Pulau Punjung3. Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Jorong Sungai Belit4. Pembuatan,Pemberian dan Pemasangan Nomor Rumah di Jorong Sungai Belit5. Membantu Rekan Mahasiswa KKN Bung Hatta Jurusan Pendidikan Bahasa

    Inggris dalam menjalankan program pokoknya yaitu pengenalan Bahasa InggrisDasar

    6. Mahasiswa KKN Bung Hatta di beri amanah untuk menjadi juri adab,juri tajwiddan juri irama dalam perlombaan MTQ dan Hafidz Ayat Pendek di Jorong SungaiBelit

    1.3.1 Gotong Royong Pembuatan Infrastruktur SanitasiKebersihan lingkungan adalah suatu hal yang sangat penting dalam hidup ini,

    karena dengan lingkungan yang bersih aktifitas yang kita lakukan menjadi nyaman. Olehkarena itu, untuk membuat lingkungan Nagari Gunung Selasih bersih diperlukan kegiatanmembersihkan nagari. Dalam hal ini selama di lokasi mahasiswa pun ikut turun tangan kelapangan membantu masyarakat

    A. Tujuan Kegiatan

  • Adapun tujuan dari Gotong Royong ini adalah untuk:1. rasa cinta masyarakat akan kebersihan lingkungan2. Memupuk rasa persaudaraan dan saling membantu sesama masyarakat3. Agar terciptanya lingkungan nagari yang bersih.4. Membersihkan pekarangan rumah,masjid, jalan dan got untuk menyambut bulan suci

    ramadhan.

    B. Masalah Yang DipecahkanDengan adanya gotong royong tersebut lingkungan di sekitar jorong sungai belit

    menjadi bersih untuk menyambut bulan suci ramadhan.

    C. Lokasi & Waktu KegiatanGotong royong dilakukan di Jorong Sungai Belit pada hari Jumat 5 Juli 2013.

    D. Masyarakat SasaranMasyarakat yang berada di jorong sungai belit khususnya bapak-bapak dan

    pemuda.

    E. Metode KegiatanAdapun metoda pelaksanaan Gotong Royong ini adalah Metode yang digunakan

    yaitu metode turun langsung ke lapangan dengan membersihkan tempat-tempat umum(mesjid, mushala, kantor wali nagari ,sekolah,lapangan olahraga,dll).

    F. Hasil KegiatanTerciptanya masyarakat yang sadar akan kebersihan lingkungan dan lingkungan

    nagari menjadi bersih, sehat dan indah.

    1.3.2 Kegiatan Pesantren Ramadhan

    A. Tujuan Kegiatan

    Pada kegiatan ini, mahasiswa ditugaskan membantu pelaksanaan PesantrenRamadhan bersama guru guru dalam mendampingi siswa SD N 02 Pulau Punjung,Jorong Kampung Surau selama kegiatan Pesantren berlangsung, sebagai penggantikegiatan belajar mengajar selama bulan Ramadhan.

  • B. Lokasi & Waktu Kegiatan

    Pesantren Ramadhan diadakan di SD N 02 Pulau Pujung, Jorong Kampung Suraudari tanggal 23 sampai dengan 30 Juli 2013.

    C. Metode Kegiatan

    Kegiatan yang dilaksanakan berupa pemberian materi kerohanian kepada parasiswa, berupa pelajaran Agama dan PPKN, diikuti dengan pelaksanaan program pokokberupa kegiatan bagi para siswa SD, yang di akhiri dengan pelaksanaan lomba baca AlQuran, pidato dan shalat jenazah.

    D. Hasil Kegiatan

    Dari kegiatan ini para guru dapat terbantu dalam pelaksanaan kegiatan PesantrenRamadhan, sedangkan kepada para siswa diberikan pengetahuan tentang bagaimana carapenggunaan internet secara baik dan benar melalui penyuluhan .

    2.3.3 Lomba Musabaqoh Tilawatil Quran

    A. Tujuan KegiatanTujuan dari MTQ ini adalah untuk meningkatkan minat masyarakat dalam

    membaca Al-Quran dan menemukan bakat tersembunyi yang ada pada anak-anak danremaja serta untuk mengajak masyarakat serta generasi muda untuk kembali ke mesjiddan peduli pada surau-surau dan mengasah ilmu pengetahuan anak anak tentang agamaserta meningkatkan tali silaturrahmi masyarakat antarkorong di Nagari Gunung Selasihserta untuk menyambut malam Nuzul Quran dan sekaligus memeriahkan bulan suciRamadhan.

    B. Masalah Yang DipecahkanMasalah yang dapat dipecahkan dari kegiatan MTQ ini adalah kurangnya motivasi

    anak-anak dan remaja dalam membaca Al Quran .Meningkatkan tali silahturahmi

    sesama masyarakat Korong Sungai Belit. Menanamkan nilai-nilai keagamaan pada anak-anak dan remaja dalam menyongsong kehidupan yang kompleks pada masa yang akandatang agar menjadi pribadi yang beriman, bertaqwa, serta memiliki akhlak yang berbudiluhur. Meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap pendidikan keagamaan sehinggatercipta suasana lingkungan masyarakat yang aman, damai, dan tentram.

    C. Lokasi & Waktu Kegiatan

  • Adapun waktu pelaksanaan dari kegiatan perlombaan Musabaqoh Tilawatil Quran(MTQ) ini dilakukan di Jorong Sungai Belit pada hari Jumat-Sabtu 18-19 Juli 2013 dantempat pelaksanaannya di Mesjid Mukhlisin Jorong Sungai Belit.

    D. Masyarakat SasaranSasaran dari kegiatan perlombaan ini adalah pelajar dan remaja agar mereka ada

    kemauan untuk meningkatkan seni baca Al-Quran di Jorong Sungai Belit,NagariGunung Selasih.

    E. Metode KegiatanAdapun metoda pelaksanaan dari kegiatan yaitu berupa kompetisi/lomba seni baca

    Alquran yang dilakukan sesama Jorong dengan kategori perlombaan yaitu tingkat anak-anak, remaja.

    F. Hasil KegiatanMeningkatnya jumlah anak-anak dan remaja yang tertarik belajar seni baca Al-

    Quran. Meningkatnya minat siswa terhadap seni baca Al-Quran adalah suatu rasakepuasan terhadap kami sebagai pelaksana Musabaqah Tilawatil Quran. Apalagitingginya apresiasi masyarakat dalam menyambut kami dalam melaksanakan metodaMusabaqah Tilawatil Quran ini.

    2.3.4 Pembuatan,Pemberian dan Pemasangan Nomor Rumah Di Jorong SungaiBelit

    A. Tujuan KegiatanUntuk mempermudah pencarian alamat rumah dan untuk pendataan arumah yang

    dihuni oleh pemilik rumah.

    B. Masalah Yang DipecahkanDengan adanya pembuatan nomor rumah tersebut pencarian alamat amenjadi mudah

    dan data rumah yang ada di jorong sungai belit dapat di data dengan mudah.

    C. Lokasi & Waktu Kegiatan

  • Pembuatan,pemberian dan pemasangan dilakukan di Jorong Sungai Belit pada hariMinggu Rabu 14 - 17 Juli 2013.

    D. Masyarakat SasaranSemua rumah yang dihuni yang ada di Jorong Sungai Belit.

    E. Metode KegiatanMetode yang digunakan yaitu metode turun langsung ke lapangan.

    BAB IIIPELAKSANAAN KEGIATAN

    Hasil kegiatan KKN PPM 2013 di Jorong Sungai Belit, Kanagarian Gunung Selasih Kab.Dharmasraya

    NO HARI DANTANGGAL

    JAM(WIB)

    PELAKSANAANKEGIATAN(MEKANISME)

    1 Senin, 1 Juli2013

    10.0016.0017.00

    Berangkat dari Padang menuju DharmasrayaSampai di DharmasrayaAcara Penyambutan sekaligus Penyerahanmahasiswa KKN-PPM Di Kantor Wali Nagari

    Gunung Selasih ,Kecamatan PulauPunjung,Dharmasraya kepada masing-masingWali Jorong dimana mahasiswa KKNditempatkan

    2 Selasa, 2

    Juli 2013

    09.00

    14.00

    Diskusi tentang pelaksanaan Program pokok per

    Fakulas khususnya masing-masing jurusanMelihat lubuk larangan

  • 3 Rabu, 3 Juli2013

    09.00

    11.0014.00

    Diskusi kelompok bersama Bapak Wali Jorongmengenai program pokok masing-masing

    mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta

    Sosialisasi dengan masyarakatProgram bantu

    4 Kamis, 4

    Juli 201311.00 Mahasiswa KKN PPM Universitas Bung Hatta

    survey lokasi yang ada dekat Posko Wanita

    5 Jumat, 5Juli 2013

    07.00

    13.00

    Gotong royong mahasiswa KKN-PPMUniversitas Bung Hatta bersama denganmasyarakat Jorong Sungai BelitBertemu dengan wakil Wali Nagari GunungSelasih

    6 Sabtu, 6 Juli2013

    14.00 Mengikuti turnamen volly ball yangdiselenggarakan oleh pemuda di Jorong SungaiBelit

    7 Minggu, 7

    Juli 2013

    20.00 Musyawarah dengan pemuda di Jorong SungaiBelit mengenai program yang akan dilaksanakanmahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta diJorong Sungai Belit

    8 Senin, 8 Juli

    2013

    20.00

    22.00

    Halal Bi Halal dengan masyarakat di JorongSungai BelitDiskusi dengan Ketua Badan Musyawarah NagariGunung Selasih di Mesjid Mukhlisin JorongSungai Belit

    9 Selasa, 9Juli 2013

    09.00 Rapat anggota jorong (Mahasiswa KKN)

    10 Rabu, 10Juli 2013

    14.00

    21.00

    Kumpul bersama dengan anggota KKN-PPMUniversitas Bung Hatta Kenagarian Gunung

    SelasihMengikuti kegiatan pemilihan panitia ramadhandi Jorong Sungai Belit

  • 11 Kamis, 11

    Juli 2013

    10.00

    18.00

    Mencari titik koordinatBuka bersama dengan DPL dan mahasiswaKKN-PPM Universitas Bung Hatta Kenagarian

    Gunung Selasih di Jorong Sungai Belit

    12 Jumat, 12

    Juli 2013

    10.00 Rapat anggota jorong (Mahasiswa KKN)

    13 Sabtu, 13juli 2013

    09.00 Persiapan Program Bantu ( Pemberian danPembuatan Nomor Rumah)

    14 Minggu, 14

    Juli 201310.00 Pengerjaan Program Bantu

    15 Senin, 15Juli 2013

    10.00 Pengerjaan Program Bantu Tahap 2.

    16 Selasa, 16Juli 2013

    10.00 Pengerjaan Program Bantu Tahap Akhir

    17 Rabu, 17Juli 2013

    11.00 Pemasangan no rumah sebagai Program Bantu

    18 Kamis, 18

    Juli 2013

    21.00 Pelaksanaan program pokok tambahan ( sebagaiJuri Tajwid dalam penyelenggaraan Lomba MTQSe Jorong Sungai Belit)

    19 Jumat, 19Juli 2013

    20.40 Pelaksanaan program pokok tambahan (sebagaiJuri Tajwid dalam penyelenggaraan LombaHafidz Ayat Pendek Se Jorong Sungai Belit)

    20 Sabtu, 20Juli 2013

    14.00 Gotong royong membersihkan mesjid bersamapemuda-pemudi Jorong Sungai Belit

    21 Minggu, 21

    Juli 2013

    15.00 Berkumpul dengan Koordinator KKN-PPMUniversitas Bung Hatta Nagari Gunung Selasihyaitu bapak Edi Susilo bersama mahasiswa KKN-PPM Se-Gunung Selasih di Rumah GadangJorong Kampung Surau

    22 Senin, 22 _

  • Juli 2013

    23 Selasa, 23Juli 2013

    10.00-12.30

    18.00

    Membantu SDN 02 Pulau Punjung dalamkegiatan Pesantren RamadhanBuka bersama Mahasiswa KKN-PPM UniversitasBung Hatta dengan DPL Kenagarian GunungSelasih di Jorong Lubuk Bulang

    24 Rabu, 24juli 2013

    14.00 Menjalankan program pokok Cara MenghitungPerkalian Cepat dengan Batang Naphier sambilbermain dengan siswa SD di Posko WanitaKKN-PPM Universitas ung Hatta

    25 Kamis, 25Juli 2013

    10.00-12.30

    Membantu SDN 02 Pulau Punjung dalamPelaksanaan kegiatan Pesantren RamadhanMelaksanakan program pokok Cara Menghitung

    Perkalian Cepat dengan Menggunakan BatangNaphier di SD N 02 Pulau Punjung

    26 Jumat, 26Juli 2013

    10.00-

    11.30

    Membantu SDN 02 Pulau Punjung dalamPelaksanaan kegiatan Pesantren Ramadhan

    27 Sabtu, 27Juli 2013

    10.00

    18.00

    Sosialisasi dengan Kepala Sekolah serta Guru-guru SDN 02 Pulau Punjung tentang programmasing-masing mahasiswa KKN Universitas

    Bung Hatta yang akan menjalankan program itudi luar jam pelajaran sekolahBuka bersama mahasiswa KKN dengan pemudadan keluarga besar Bapak Jorong di rumah BapakJorong

    28 Minggu, 28

    Juli 2013

    18.00 Buka bersama dengan anggota KKN PPMUniversitas Bung Hatta Se-Gunung Selasihtepatnya di Jorong Sialang

    29 Senin, 29Juli 2013

    10.00 15.00

    Berkumpul dengan semua mahasiswa KKN-PPMUniversitas Bung Hatta Se-Gunung Selasih

    sekaligus kunjugan Monev Universitas Bung

  • 16.00

    17.00

    Hatta bersama WR III Bapak Suparman Khan danBapak Edi Susilo.Mempersiapkan semua data yang berhubungandengan program pokok,pokok tambahan,bantuuntuk kelengkapan pembuatan laporan akhirMeminta tanda tangan kepada Kepala Jorong,Ketua Panitia ramadhan dll.

    30 Selasa, 30Juli 2013

    10.00 Persiapan acara perpisahan di Jorong Sungai Belit

    31 Rabu, 31juli 2013

    10.00

    13.30

    21.00

    22.30

    Penyebaran undangan untuk acara perpisahan diJorong Sungai Belit.

    Pelaksanaan Program Pokok yaitu Kegiatan

    Bimbingan Belajar Matematika kelas IV,V, danVI SD di Posko Wanita Jorong Sungai BelitPerpisahan dengan masyarakat Jorong SungaiBelit

    Acara perpisahan mahasiswa KKN-PPM

    Universitas Bung Hatta dengan pemudapemudidi Jorong Sungai Belit

    32 Kamis, 01Agustus

    2013

    08.00

    10.00

    18.25

    22.00

    Silaturahmi dengan Keluarga besar SD N 02Pulau Punjung karena telah mengizinkanmahasiswa KKN menjalankan programpokok,serta meminta Surat Keterangan bahwamahasiswa KKN terbukti telah terbuktimenjalankan program pokoknyaPersiapan acara perpisahan mahasiswa KKN-

    KKN UBH di nagari Gunung SelasihMahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta

    Se-Gunung Selasih buka bersama dengan DPLAcara perpisahan mahasiswa KKN-PPM UBH diJorong KampUng Surau

  • 33 Jumat, 02Agustus

    2013

    05.00

    10.00

    Bersama teman-teman membersihkan rumahsebelum ditinggalkan

    Keberangkatan Mahasiswa KKN UBH dariJorong Sungai Belit Posko KKN-PPM Universitas

    Bung Hatta Kenagarian Gunung SelasihKabupaten Dharmasraya menuju kota Padang

    BAB IV

    KESIMPULAN DAN SARAN

    4.1 Kesimpulan

    Program pelaksanaan KKN-PPM mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat

    Jorong Sungai Belit Kenagarian Gunung Selasih dengan sebuah pengharapan agar kami bisa

    lebih lama berada disini untuk membimbing mereka dalam berbagai bidang terutama dalam

    bidang pendidikan .

    Kegiatan KKN-PPM ini merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Dari sinilah

    kita dapat memupuk rasa kebersamaan antara mahasiswa yang memiliki latar belakang

    pendidikan yang luas dengan masyarakat yang memiliki latar belakang yang berbeda- beda. Dari

    sinilah kami dapat belajar tentang masyarakat, bagaimana menghadapi masyarakat yang

    memiliki sifat yang berbeda-beda dan bagaimana kami memberikan pengajaran kepada

    masyarakat tentang berbagai banyak hal. KKN-PPM yang dilaksanakan oleh Universitas Bung

  • Hatta adalah KKN-PPM terintegrasi, artinya KKN-PPM dilaksanakan sebagai proses

    pembelajaran bagi mahasiswa dan masyarakat.

    Mahasiswa dengan masyarakat saling bahu membahu dan saling berbagi pikiran dalam

    mengatasi persoalan dan melaksanakan pembangunan yang diluncurkan oleh pemerintah. KKN-

    PPM ini mengandung empat aspek yang terintergrasi: (a) Keterpaduan pelaksanaan Tri Dharma

    Perguruan Tinggi, (b) Pendekatan interdisipliner, (c) Lintas sektoral, dan (d) Keterlibatan

    masyarakat secara aktif.

    Disamping itu, kebutuhan manusia untuk menjalani proses kehidupan harus mampu

    bertahan hidup dan tidak terlepas dari kemajuan zaman jika manusia tersebut menginginkan

    sebuah perkembangan dan perubahan dalam hidupnya.

    Oleh sebab itu, penulis sebagai mahasiswa yang melaksanakan kuliah kerja nyata-

    pembelajaran pemberdayaan masyarakat (KKN-PPM) mencoba dan tentunya berharap dengan

    program yang telah dilaksanakan dapat dan mampu memberikan solusi yang ada di Jorong

    Sungai Belit Kenagarian Gunung Selasih serta sekolah-sekolah yang telah dikunjungi.

    4.2 Saran

    Setelah menjalankan kegiatan KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Jorong Sungai Belit

    Kenagarian Gunung Selasih, penulis menemukan kendala pada waktu yang diberikan kepada

    mahasiswa yang sangat singkat, sehingga kesannya kita harus menyelesaikan program-program

    yang dirancang dengan tergesa-gesa dan tidak memberikan hasil yang maksimal. Maka dari itu

    penulis menyarankan agar panitia pelaksana KKN-PPM memberikan waktu yang lebih untuk

    KKN-PPM kedepannya.

  • Penulis berharap banyak pada program KKN-PPM ini, yakni dengan adanya program ini

    dapat mengangkat citra Universitas Bung Hatta di tengah masyarakat. Untuk itu penulis

    menginginkan adanya penyeleksian mahasiswa yang akan diturunkan ke lapangan, agar tidak

    merusak citra universitas kita. Penulis menyarankan agar mahasiswa yang diturunkan ke

    lapangan adalah mahasiswa yang benar-benar berkompeten sehingga tidak ada kesenjangan

    dalam program dan tidak ada merusak nama baik universitas kita. Kemudian penulis juga

    menyarankan agar panitia penyelenggara KKN-PPM Universitas Bung Hatta untuk menyediakan

    buku agenda bagi setiap peserta KKN-PPM yang digunakan untuk mengisi jadwal harian peserta

    KKN-PPM sehingga memudahkan peserta nantinya untuk menyelesaikan laporan akhir KKN-

    PPM. Semoga KKN-PPM di tahun-tahun berikutnya lebih baik dan sukses lagi daripada KKN-

    PPM 2013. Amin.

  • LAMPIRAN GAMBAR

    Dokementasi Kegiatan

    Program Pokok

    Pelatihan Bimbingan Belajar Matematika bagi siswa/wi SD di SD N 02 PulauPunjung khusus materi yang kurang dikuasai siswa

    Pelatihan Cara Menghitung Perkalian Cepat dengan Batang Naphier

  • Program Pokok Tambahan

    Profil Nagari dan Mencari Koordinat bangunan penting untuk profil nagari

  • Program Bantu Melihat Lubuk Larangan untuk Pelaksanaan Kegiatan Program Pokok Fakultas

    Perikanan dan Ilmu Kelautan

  • Membantu perangkat Jorong untuk mengantarkan surat keperluan rapat kesemua rumah yang ada di Sungai Belit

  • Gotong Royong Mahasiswa KKN-PPM Bung Hatta bersama masyarakat Sungai Belit

  • Turnamen Volley ball Mahasiswi KKN-PPM Universitas Bung Hatta dengan remajaJorong Sungai Belit

  • Turnamen Volley ball Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta dengan pemudaJorong Sungai Belit

    Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta mengemban amanah sebagai JuriAdab,Juri Irama,Juri Tajwid dalam perlombaan MTQ dan Hafidz Ayat Pendek di JorongSungai Belit

  • Perlombaan Hafidz Ayat Pendek Tingkat Anak-anak Se Jorong Sungai Belit

    Perlombaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Remaja dan Anak-anak Se-Jorong Sungai Belit

  • Perlombaan Shalat Jenazah Se-SDN 02 Pulau Punjung

    Perlombaan Baca Ayat Suci Alquran (MTQ) Se-SDN 02 Pulau Punjung

  • Kegiatan Pesantren Ramadhan di SDN 02 Pulau Punjung

  • Membantu Rekan Mahasiswa KKN Jorong Belit Jurusan Pendidikan Bahasa Inggrismenjalankan Program Pokoknnya yaitu Pengenalan Bahasa Inggris Dasar kepada siswaSDN 02 Pulau Punjung

  • Pemberian,Pembuatan dan Pemasangan Nomor Rumah

  • Menjelang Keberangkatan Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta Nagari GunungSelasih ke Dharmasraya

    Perpisahan Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta dengan Masyarakat JorongSungai Belit di Mesjid Mukhlisin

  • Foto Bersama Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta Jorong Sungai Belit denganBapak Jorong Sungai Belit

    Foto Bersama Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta Jorong Sungai Belit denganBapak Jorong Wali Nagari Gunung Selasih

    Foto Bersama Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta Kenagarian Gunung Selasihdengan Bapak Wali Nagari Gunung Selasih