Laporan Akhir Diagnosa WAN

download Laporan Akhir Diagnosa WAN

of 54

  • date post

    26-Jun-2015
  • Category

    Documents

  • view

    142
  • download

    3

Embed Size (px)

Transcript of Laporan Akhir Diagnosa WAN

Laporan Diagnosa WAN

Ghea Fikriyah 3 TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN B SMKN 1 CIMAHIKata Pengantar

Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena dengan rahmatnya saya dapat menyelesaikan Laporan Akhir Diagnosa WAN ini. Laporan ini diajukan untuk memenuhi salah satu tugas Diagnosa WAN semester 2. Laporan ini memaparkan tentang Encapsulasi Packet Switch dan Circuit Switch, membangun VLAN,STP dan VTP.

No.Exp : Diagnosa WAN SMKN 1 CIMAHI

ENKAPSULASI CIRCUIT SWITCH & PACKET SWITCH

Ghea Fikriyah 3 TKJ B Pa Rudi & Bu Netty

1. 2.

Tujuan : Siswa dapat memahami pengertian dari WAN Siswa dapat mengetahui jenis jenis koneksi WAN Siswa dapat memahami pengertian Circuit Switch Siswa dapat memahami pengertian Packet Switch Siswa dapat mengetahui perbedaan antara Circuit Switch dengan Packet Switch.

Pendahuluan Pengertian WAN Wide Area Network (WAN) adalah suatu jaringan yang digunakan untuk membuat interkoneksi antar jaringan local yang secara fisik tidak berdekatan satu sama lain, yang secara fisik bisa dipisahkan dengan kota, propinsi, atau bahkan melintasi batas geography lintas negara dan benua. Jenis jenis Koneksi WAN Ada tiga kategori koneksi WAN yang ada : Dedicated Point - to - Point atau Leased Line (Serial Synchronous) seperti T1, T3. Jaringan Circuit - Switched (Asynchronous Serial) seperti ISDN. Jaringan Packet - Switched (Synchronous Serial) seperti Frame Relay, X.25. Jaringan Circuit - Switched

Jenis koneksi jaringan circuit-switched memberikan alternative dari sambungan leased line, memungkinkan kita menggunakan sambungan bersama (share line). Koneksi WAN jenis ini bekerja dua arah, koneksi WAN dial-in dan dial-out. Saat kita memakai koneksi WAN circuit-switched, maka : Komputer pengirim dials-in ke sambungan dan terbentuklah koneksi WAN. Komputer penerima mengirim pemberitahuan dan mengunci sambungan. Komputer pengirim mentransmisikan data melalui koneksi WAN ini . Setelah transmisi selesai, koneksi dilepas agar user yang lain bisa memakai Jaringan Packet - Switched Jaringan packet-switched tidak memerlukan sambungan tersendiri atau sambungan cadangan sementara. Sebaliknya jenis jaringan packet-switched ini memungkinkan jalur paket data di set secara dinamis ketika data mengalir melalui jaringan. Jenis koneksi jaringan ini mempunyai karakteristik sebagai berikut : Message dipecah kedalam paket paket. Paket - paket menjelajah secara independen melalui interjaringan (yaitu mengambil jalur yang berbeda) Pada sisi penerima paket - paket di assembling ulang pada urutan yang tepat Piranti pengirim dan penerima mengasumsikan suatu koneksi yang selalu on (tidak memerlukan dial-up)

3. Alat dan Bahan : 1. Seperangkat PC yang telah terhubung ke Internet secara Packet Switched. 2. Satu buah Modem untuk membangun koneksi Circuit Switched. 3. OS (Windows XP) 4. Web Browser (Mozilla Firefox)

5. Software Peng - capture (Wire Shark) 6. Software Pengolah Kata.

4. Langkah Kerja A. Packet Switched Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Install kan software Wire Shark untuk meng capture proses handshaking apabila belum di install. Pastikan PC yang digunakan sudah terhubung ke Internet secara Packet Switch. Apabila sudah terkoneksi, maka pertama tama kita buka program Wire Shark nya. Untuk mulai melakukan peng capture - an paket, click button seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini :

Setelah itu akan muncul dialog box seperti di bawah ini.

Pillih salah satu interface yang terhubung ke internet, misalnya Marvel Gigabit Ethernet Controller. Sebelum menekan opsi Start pada Wire Shark, masuk ke web browser ( Mozilla Firefox ) dan ketikan alamat yang akan dituju (http://www.facebook.com/)

Sebelum kita menekan tombol Enter untuk menuju alamat tersebut, barulah kita menekan tombol start pada kotak dialog (Wire Shark) pemilihan interface. Setelah ditekan, barulah kita menekan tombol Enter pada Web Browser. Kemudian pindah ke tab Wire Shark. Perhatikan proses enkapsulasinya. Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan HTTP/1.0 200 OK (text html) pada kolom info.

B. Circuit Switched Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Install kan software Wire Shark untuk meng capture proses handshaking apabila belum di install. Pastikan juga Mobile Partner sudah ter install agar Modem dapat dikenali oleh PC Hubungkan Modem ke PC . Kemudian akan muncul kotak dialog pada Mobile Partner untuk meminta nomor PIN.

Isikan nomor PIN. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini :

Sebelum kita menekan tombol Connect, kita buka program Wire Shark nya. Untuk mulai melakukan peng capture - an paket, click button seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini :

Setelah itu akan muncul dialog box seperti di bawah ini.

Pillih salah satu interface yaitu interface yang bernama Adapter for generic dialup and VPN capture. Kemudian tekan tombol Start. Setelah itu, pindah ke tab Mobile Partner, kemudian tekan tombol Connect. Tunggu beberapa saat sampai PC sudah terkoneksi dengan Internet.

Kemudian, bukalah web browser ( Mozilla Firefox ) dan ketikan alamat yang akan dituju (http://www.facebook.com/)

kita tekan tombol Enter untuk menuju alamat tersebut. Kemudian pindah ke tab Wire Shark.

Setelah

itu

Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan HTTP/1.0 200 OK (text html) pada kolom info. Setelah itu pindah ke tab Mobile Partner, kemudian tekan tombol Disconnent.

Kemudian pindah lagi ke tab Wire Shark. Perhatikan hasil pengcapture annya dari awal sampai akhir.

5. Hasil Percobaan Packet Switch

Circuit Switched

6. KesimpulanPerbedaan secara umum antara Circuit Switched dengan Packet Switched dilihat dari proses enkapsulasinya, yaitu : pada Circuit Switched terdapat sesi pembuka (Dial In) yang meliputi pengenkripsian username dan password pengguna dan request DHCP dan sesi penutup (Dial Out), sedangkan pada Packet Switched tidak ada sesi pembuka ataupun penutup, namun langsung mengarah ke aplikasinya.

No Exp : Mata Pelajaran : Diagnosa WAN SMKN 1 CIMAHI

Implementasi VLAN

Nama : Ghea Fikriyah Kelas : 3 TKJ B Instruktur : Pak Rudi & Bu Netty

I. TUJUAN

Agar siswa mengetahui apa itu VLAN Agar siswa dapat mengerti dan memahami fungsi VLAN Agar siswa dapat mengetahui cara kerja VLAN Agar siswa dapat mempraktekannya langsung pada Simulator atau Fisik

II. PENDAHULUANVLAN adalah VLAN (Virtual Local Area Network) adalah sebuah konsep yang menggabungkan beberapa broadcast domain menjadi satu collision domain. Penerapan konfigurasi VLAN diimplementasikan pada Managable Switch. Teknologi VLAN (Virtual Local Area Network) bekerja dengan cara melakukan pembagian network secara logika ke dalam beberapa subnet. VLAN adalah kelompok device dalam sebuah LAN yang dikonfigurasi (menggunakan software manajemen) sehingga mereka dapat saling berkomunikasi asalkan dihubungkan dengan jaringan yang sama walaupun secara fisikal mereka berada pada segmen LAN yang berbeda. Jadi VLAN dibuat bukan berdasarkan koneksi fisikal namun lebih pada koneksi logikal, yang tentunya lebih fleksibel. Secara logika, VLAN membagi jaringan ke dalam beberapa subnetwork.

III.

ALAT DAN BAHAN1 buah PC Aplikasi simulator (Cisco Packet Tracer) Topologi Real yang diimplementasikan pada instansi atau warnet

IV. LANGKAH KERJA

Gambar Topologi: Warnet AN-Nur Batujajar (sudah disederhanakan)

Perencanaan Konfigurasi PC 1 dan PC2 tergabung dalam satu VLAN yaitu VLAN2 PC 3 tergabung dalam VLAN 3 PC4, PC5, PC6 tergabung dalam 1 VLAN yang default

Server dapat terkoneksi kecuali pada PC2 dan PC3

a) Konfigurasi Interface pada tiap-tiap PCPada PC yang terkoneksi memalui Switch 1 terkoneksi memalui Switch 2 Pada PC yang

b) Konfigurasi pada port tiap2 switch Switch 1

Switch 2

c) Konfigurasi pada Router

d) Konfigurasi pada Server

V. HASIL KEGIATAN Test Koneksi dari server : Server >PC1(10.10.10.2) Tidak dapat terkoneksi Server>PC2 (10.10.10.3) Tidak dapat terkoneksi Server>PC3 (10.10.10.4) Terkoneksi

Test koneksi dari PC ke PC :

PC1>PC2 Terkoneksi (dalam 1 VLAN)

PC1>PC3 tidak terkoneksi (Beda VLAN

VI. KESIMPULAN Pembagian VLAN tidak hanya dapat dilakukan dalam 1 buah switch saja, tetapi dapat dilakukan dalam 2 switch atau lebih. No exp : Ghea Fikriyah Mata Pelajaran : Diagnosa Kelas : 3 TKJ B Trunking WAN SMKN 1 Cimahi Inst : Pa Rudi & Bu Nety

I.

TUJUAN Agar siswa mengetahui materi tentang Trunking Agar siswa dapat mengetahui fungsi dan cara kerja dari Trunking Agar siswa dapat menggunakan dan mengoprasikan VTP

II.

PENDAHULUAN VLAN Trunking Protocol (VTP) adalah Cisco Layer 2 protokol pesan yang mengelola penambahan, penghapusan, dan nama dari Virtual Local Area Networks (VLAN) di seluruh jaringan. Cisco's VLAN Trunk Protokol mengurangi administrasi yang aktif dalam jaringan. Ketika baru VLAN dikonfigurasi pada satu VTP server, yang didistribusikan melalui VLAN semua aktif dalam domain. Ini akan mengurangi perlu mengkonfigurasi VLAN yang sama di mana-mana. Untuk melakukan ini, VTP VLAN membawa informasi kepada semua aktif dalam VTP domain. VTP iklan dapat dikirim melalui Isl, 802.1q, IEEE 802,10 Lane dan batang. VTP lalu lintas yang dikirim melalui manajemen VLAN (VLAN1), sehingga semua batang VLAN harus dikonfigurasi untuk lulus VLAN1.

III.

ALAT DAN BAHAN 1 buah PC Aplikasi Paket Tracer

IV.

LANGKAH KERJA

Gambar topologi yang akan dikonfigurasikan

Konfigurasi pada server

Membuat group Vlan Konfigurasikan VLAN terlebih dahulu

Setelah itu konfigurasikan port yang ada pada switch

Kemudian diakhir ubah semua port pada mode trunk