Laporan Akhir Diagnosa LAN (Alan Aprianto)

download Laporan Akhir Diagnosa LAN (Alan Aprianto)

of 127

  • date post

    05-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    111
  • download

    7

Embed Size (px)

Transcript of Laporan Akhir Diagnosa LAN (Alan Aprianto)

Laporan Diagnosa LANAlan Aprianto

2011

Laporan Diagnosa LAN (Semester Genap)

Page 1

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMKN 1 CIMAHI

Kata PengantarPuji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah S.W.T, karena atas limpahan Rahmat dan KaruniaNya lah saya dapat menyelesaikan laporan dari hasil praktek yang dilaksanakan selama semester dua ini dalam pelajaran Diagnosa LAN. Ucapan terima kasih juga saya persembahkan kepada teman-teman dan rekanrekan yang telah membantu saya dalam pengerjaan praktek ini. Juga saya berterimakasih kepada guru - guru yang men-suport saya untuk mengerjakan laporan ini. Laporan ini disusun berdasarkan urutan dari hasil praktek yang diberikan kepada kelas kami dari awal praktek yakni PC Router (OS : Free BSD), PC Router (OS : Free BSD & Ubuntu), PC Router (OS : Free BSD, Ubuntu, Mikrotik), PC Router (OS : Windows), PC Router (OS : Free BSD, Ubuntu, Mikrotik, Windows), Firewall (Packet Filtering), Firewall (Proxy), dan Firewall (Proxy Transparent). Demikian laporan ini saya buat untuk memenuhi tugas Diagnosa LAN, apabila dalam laporan ini terdapat berbagai macam kekurangan dan kesalahan mohon untuk dimaafkan.

Terima Kasih.

Cimahi, Juni 2011Penyusun

Alan Aprianto

Laporan Diagnosa LAN (Semester Genap)

Page 2

Daftar IsiCover.................................................................................................................... 1 Kata Pengantar ................................................................................................ 2 Daftar Isi............................................................................................................. 3 Laporan Praktek 1 .......................................................................................... 4 Laporan Praktek 2 .......................................................................................... 11 Laporan Praktek 3 .......................................................................................... 29 Laporan Praktek 4 .......................................................................................... 49 Laporan Praktek 5 .......................................................................................... 60 Laporan Praktek 6 .......................................................................................... 76 Laporan Praktek 7 .......................................................................................... 90 Laporan Praktek 8 .......................................................................................... 113 Penutup .............................................................................................................. 126

Laporan Diagnosa LAN (Semester Genap)

Page 3

Program Study : TKJ Exp : Diagnosa LAN No.Exp : 01

Konfigurasi PC Router Menggunakan OS Free BSD

Nama Kelas Instruktur

: Alan Aprianto : X-TKJ-B : Bpk. Rudy.H Bpk Adi.S

I.y y

TujuanSiswa dapat memahami apa yang dimaksud dengan PC Router Siswa dapat membuat PC Router menggunakan Sistem Operasi Microtik, Ubuntu, FreeBSD dan Windows XP. y Siswa dapat melakukan konfigurasi terhapad PC Router yang menggunakan Sistem Operasi Microtik, Ubuntu, FreeBSD dan Windows XP.

II.

Pendahuluan

PC Router merupakan Router yang di buat dari sebuah PC yang dijadikan Fungsi Router yang dijanlakan dengan sistem operasi dan kebanyakan sistem operasi yang digunakan adalah berbasis OS (Operation System) Linux sehingga biasa di sebut Linux Based Router.PC Router atau Linux Based Router sebenarnya sangat banyak sekali variannya baik yang berbayar/komersil maupun yang Free/open source. Yang komersil seperti Mikrotik OS, LogixOS/Neology, Gibraltar Dll, dan yang Free/open sourceseperti MonoWall, Pfsense, Smothwall Express, IPCop, Linktrack, DD-WrtX86, OpenWRTX86, Freesco dan masih banyak lagi lainnya. Jikapun berbayar/komersil tidak lebih dari US $ 100 dibandingkan jika harus membeli peralatan Hardware yang harganya mahal.

Windows XP Professional Windows XP Professional adalah sistem operasi Windows XP yang dibuat khusus untuk komputer desktop yang terhubung ke dalam sebuah jaringan dengan domain yang dikelola oleh Active Directory milik Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Selain itu, versi ini pun dibilang jauh lebih lengkap fiturnya dari pada Windows XP Home Edition. Ia bisa menjadi sebuah komputer server, meskipun hanya bisa menampung maksimal sepuluh client yang bisa login secara bersamaan.sas Windows Server 2003, Standard Edition adalah sebuah versi Windows Server 2003 yang benar-benar "dasar", dengan fitur-fitur yang umumnya dibutuhkan oleh sebuah server untuk melayani klien-kliennya di jaringan. Edisi ini diterbitkan untuk menggantikan Windows 2000 Server dan Windows NT 4.0 Server yang telah lama malang melintang.

Laporan Diagnosa LAN (Semester Genap)

Page 4

Fitur yang diusung oleh Windows Server 2003, Standard Edition adalah sebagai berikut: * Fitur standar sebuah server: file service, print service, atau application server yang dapat diinstalasi (seperti Microsoft Exchange Server, SQL Server, atau aplikasi lainnya). * Domain Controller server. * PKI (public key infrastructure) server. * Domain Name System (DNS). * Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP). * Windows Internet Name Service (WINS). * Windows Terminal Services, meski kurang ideal untuk diimplementasikan dalam jaringan skala besar akibat adanya limitasi prosesor dan memori. * Mendukung pembagian beban jaringan, meski tidak dapat digunakan sebagai sebuah cluster. Dengan fitur-fitur di atas, Windows Server 2003 Standard Edition jelas ditujukan sebagai fondasi bagi platform jaringan berbasis Windows untuk lingkungan jaringan skala menengah ke bawah, atau sebagai server yang ditujukan untuk mendukung server lainnya dalam jaringan yang lebih besar. Windows Server 2003 Standard Edition mendukung hingga empat buah prosesor fisik (prosesor logis dalam Intel HyperThreading akan dianggap sebagai satu prosesor fisik) dan mendukung RAM hingga 4 Gigabyte, serta dapat mengalamati 4 Terabyte hard disk.

III.y y y y

Alat & BahanSebuah PC (sudah terintegrasi OS) CD / iso Microtik, Ubuntu, FreeBSD dan Windows XP Aplikasi VMWare Aplikasi Edraw

IV.

Langkah Kerja

1. Pertama-tama, nyalakan VMWare dan Install-kan OS FreeBSD pada VMWare. 2. Setelah FreeBSD telah diinstallkan, maka atur IP-nya melalui 3 cara, yaitu: y y y Command Line Network Wizard Network Script

3. Cara mengatur IP pada command line adalah sebagai berikut: Laporan Diagnosa LAN (Semester Genap) Page 5

a) Masuk/login sebagai root b) Lalu ketik perintah untuk mengetahui interface yang dapat diedit : # ifconfig a c) Setelah itu, atur IP-nya dengan cara mengetik (mis interfacenya= lnc0):

d) Lalu penyettingan IP pun selesai.

4. Cara mengatur IP pada Network Wizard adalah sebagai berikut: a) Login ke root b) Ketikkan stand/sysinstall c) Kemudian akan muncul jendela pengaturan lalu pilih configure

d) Setelah itu pilih Networking

Laporan Diagnosa LAN (Semester Genap)

Page 6

e) Kemudian pilih interface

f)

Setelah itu akan muncul beberapa interfaces lalu pilih salah satu yang akan diconfigure Page 7

Laporan Diagnosa LAN (Semester Genap)

g) Kemudian atuh nama host, lalu nama domain, ip address beserta netmasknya

Laporan Diagnosa LAN (Semester Genap)

Page 8

h) Setelaj itu tekan OK 5. Cara pengaturan ip address pada network script adalah sebagai berikut: a) Login ke root b) Ketikan perintah nano /etc/rc.conf Masukan teks berikut ini : Ifconfig lnc0 192.16.16.1 netmask 255.255.255.0 c) Setelah itu save perubahan itu 6. Cara pengaturan agar menjadi router pada Free BSD a) Masuk ke network script lalu masukkan teks dibawah ini :

b) Kemudian atur menjadi 2 configurasi ip address menggunakan perintah di bawah ini

c) Lalu save perintah tersebut!! 7. Lalu konfigurasi static router dengan cara sebagai berikut: #route add 192.16.17.0/24 192.16.16.2 8. Restart dengan perintah #sh /etc/netst Jika semua langkah-langkah diata telah diatur, maka computer anda akan saling terkoneksi.

V.

Hasil PengamatanKonfigurasi PC Router telah berjalan dengan baik dengan hasil yang disesuaikan :

Laporan Diagnosa LAN (Semester Genap)

Page 9

y

Ping ke 192.16.18.2 berhasil

VI.y y y y

KesimpulanSalah satu syarat pc menjadi router adalah memiliki NIC lebih dari satu supaya dapat terhubung minimal dengan dua network. PC tidak harus memiliki spesifikasi yang terlalu bagus karena nantinya tidak akan dibutuhkan lagi. Setiap pengaturan harus benar dalam pengetikannya, karena jika salah sedikit saja dapat menyebabkan kegagalan koneksi. Harus memperhatikan intefaces yang digunakan agar tidak terjadi kesalahan.

Laporan Diagnosa LAN (Semester Genap)

Page 10

Program Studi : TKJ Eksperimen : Diagnosa LAN No.Exp : 02

PC Router (FreeBSD dan Ubuntu)

Nama Kelas Instruktur

: Alan Aprianto : XI TKJ B : Pak Rudy H Pak Adi S

I. Tujuany y y Siswa dapat mengetahui pengertian dari PC Router. Siswa dapat mengkonfigurasi PC Router pada system operasi FreeBSD dan Linux. Siswa dapat mengkonfigurasi PC Router dengan berbagai topologi dan dengan menggunakan berbagai opearsi system sebagai PC routernya.

II. PendahuluanPC Router merupakan Router yang di buat dari sebuah PC yang dijadikan Fungsi Router yang dijanlakan dengan sistem operasi dan kebanyakan sistem operasi yang digunakan adalah berbasis OS (Operation System) Linux sehingga biasa di sebut Linux Based Router.PC Router atau Linux Based Router sebenarnya sangat banyak sekali variannya baik yang berbayar/komersil maupun yang Free/open source. Yang komersil seperti Mikrotik OS, LogixOS/Neology, Gibraltar