Lap Bubut Vicky Yandra 1107120285

download Lap Bubut Vicky Yandra 1107120285

of 57

  • date post

    21-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    36
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Lap Bubut Vicky Yandra 1107120285

LAPORAN PRAKTIKUMPROSES PRODUKSI IMESIN BUBUT

Disusun Oleh

VICKY YANDRA1107120285

LABORATORIUM TEKNOLOGI PRODUKSIPROGRAM STUDI S1 TEKNIK MESINFAKULTAS TEKNIKUNIVERSITAS RIAU

2013

7

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan praktikum ini dengan judul Mesin Bubut dengan baik dan tepat pada waktunya. Shalawat dan salam kepada sang pemimpin besar peradaban manusia, Muhammad SAW, semoga Beliau senantiasa membimbing penulis ke jalan yang benar.Penulis ucapkan terima kasih kepada dosen yang telah mengajar mata kuliah Proses produksi serta para asisten yang telah telah memberikan pengarahan mengenai pelaksanaan pratikum dan pembuatan laporan. Serta terima kasih juga penulis ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan laporan ini.Penulis menyadari bahwa keterbatasan wawasan serta ilmu pengetahuan yang penulis miliki, maka dengan kerendahan hati penulis sangat mengharapkan kritikan dan saran yang membangun demi kesempurnaan laporan ini.Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya dan masyarakat umum sebagai wahana informasi yang dapat memberikan inspirasi munculnya ide-ide baru.

Pekanbaru, 06 Januari 2013

Vicky Yandra

DAFTAR ISI

KATA PENGANTARiDAFTAR ISIiiDAFTAR GAMBARivDAFTAR TABELviDAFTAR NOTASIviiBAB I1PENDAHULUAN11.1Latar Belakang11.2Latar Belakang11.3Manfaat21.4Sistematika Penulisan Laporan2BAB II4TEORI DASAR42.1 Pengertian42.2 Prinsip dan Cara Kerja Mesin Bubut42. 3 Jenis-Jenis Mesin Bubut72.4 Bagian- Bagian Utama Mesin Bubut102.5 Alat Kelengkapan Mesin Bubut132.6 Elemen Dasar Mesin Bubut182.7 Toleransi dan Coolent232.7.1 Toleransi232.7.2 Coolent23BAB III26ALAT DAN BAHAN263.1 Alat263.2 Bahan31BAB IV32PROSEDUR KERJA324.1 Prosedur Umum324.2 Prosedur Benda Kerja33BAB V36PEMBAHASAN365.1Perhitungan365.2Analisis385.3SOAL :43BAB VI47KESIMPULAN DAN SARAN476.1 Kesimpulan476.2 Saran47DAFTAR PUSTAKA48LAMPIRAN..

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2. 1 Mesin Bubut4Gambar 2. 2 Bagian- Bagian Bubut5Gambar 2. 3 Pengerjaan Bubut5Gambar 2. 4 Bagian Utama Mesin Bubut10Gambar 2. 5 Kepala Tetap11Gambar 2. 6 3 Kepala Lepas12Gambar 2. 7 Chuck13Gambar 2. 8 Plat pembawa14Gambar 2. 9 Pembawa14Gambar 2. 10 Penyangga15Gambar 2. 11 Collet15Gambar 2. 12 Senter16Gambar 2. 13 Taper Attachment16Gambar 2. 14 Elemen dasar19

Gambar 3. 1 Mesin Bubut26Gambar 3. 2 Pahat bubut Rata Kanan26Gambar 3. 3 Jangka Sorong27Gambar 3. 4 Kunci L27Gambar 3. 5 Kunci Chuck28Gambar 3. 6 kain lap/ majun28Gambar 3. 7 Kuas29Gambar 3. 8 senter Tetap29Gambar 3. 9 Sental tetap29Gambar 3. 10 Kunci tool Post30Gambar 3. 11 Kunci Pas30Gambar 3. 12 Kunci Shock 1331Gambar 3. 13 Bahan31Gambar 3. 14 HASIL PENGERJAANError! Bookmark not defined.Gambar 3. 15 HASIL AKHIR38Gambar 3. 16 Sejajarkan pahat dan sennter40

Gambar 4. 1 HASIL PENGERJAAN33

gambar 5. 1 Bubut GDW LZ-35039gambar 5. 2 pahat frais : rata kanan dan bentuk39

DAFTAR TABEL

Tabel 2. 1 tabel toleransi23

DAFTAR NOTASI

Simbol SatuanKeterangan

aMmKedalaman pemakanan

DerajatSudut

DerajatSudut

DMmDiameter luar

Fzmm/gigiGerak makan pergigi

H/hToleransiTolenrasi berdasarkan lubang dasar

KrDerajatSudut potong utama

lwMmPanjang pemakanan

llMmPanjang total

MUlir metrik

nRpmPutaran

3.14Konstanta

DerajatSudut

TcMinWaktu potong

Vcm/minKecepatan potong

Vfmm/minKecepatan makan

WMmLebar pemotongan

zGigiJumlah gigi

Zcm3/minKecepatan penghasil geram

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Praktikum mesin bubut adalah praktikum teknik dasar yang harus dikuasai dalam pengerjaan produk yang dibuat dengan menggunakan mesin bubut pada dunia teknik produksi. Pengerjaan membubut yaitu membuat kontruksi dengan mesin bubutPersyaratan kualitas benda kerja terletak kepada pemahaman seseorang dalam praktek menggunakan mesin bubut dan pelaksanaan ditempat kerja yang meliputi tingkat keterampilan dasar penguasaan mesin bubut, tingkat kesulitan produk yang dibuat dan tingkat kepresisian hasil kerja. Praktikum ini dapat menerapkan K3 dalam bekerja serta dapat menerapkan dasar-dasar pengukuran geometri dengan menggunakan jangka sorong dan mistar baja.

Latar BelakangAdapun tujuan dari Praktikum Mesin Bubut ini adalah :1. Praktikan mengetahui cara pengoperasian Mesin Bubut.2. Praktikan mengetahui bagian bagian Mesin Bubut.3. Praktikan mengetahui Prosedur Kerja dengan menggunakan Mesin Bubut.4. Praktian mengetahui penyebab dan kendala yang terjadi selama proses praktikum dengan menggunakan mesin bubut.5. Menambah wawasan praktikan mengenai mesin bubut.

ManfaatAdapun manfaat dari praktikum Mesin Bubut ini adalah :1. Peraktikan mampu mengoperasikan Mesin Bubut.2. Peraktikan mengetahui bagian-bagian Mesin Bubut.3. Peraktikan dapat mengantisipasi penyebab dan kendala dalam penggunaan Mesin bubut.4. Peraktikan dapat membuat suatu produk manufaktur dengan menggunakan Mesin Bubut.

Sistematika Penulisan LaporanBerikut adalah sistematika penulisan yang digunakan pada penyusunan laporan praktikum Mesin Bubut :BAB I: PENDAHULUANBerisi mengenai Latar Belakang, tujuan, manfaat dan Sistematika Penulisan.BAB II: TEORI DASARBerisi Pengertian, Prinsip dan Cara Kerja Mesin Bubut. Jenis-Jenis Mesin Bubut, Bagian-Bagian Utama Mesin Bubut, Alat kelengkapan Mesin Bubut, Elemen Dasar serta Coolent dan Toleransi.BAB III: ALAT DAN BAHANBerisi Alat dan Bahan yang digunakan saat Praktikum.BAB IV: PROSEDUR KERJABerisi Prosedur Umum dan Prosedur Benda Kerja.BAB V: PEMBAHASANBerisi Perhitungan dan AnalisaBAB VI: KESIMPULAN DAN SARANBerisi Kesimpulan dan Saran dari praktikum mesin Bubut.DAFTARPUSTAKALAMPIRANBAB IITEORI DASAR

2.1 PengertianMesin Bubut adalah mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda yang diputar. Bubut sendiri merupakan suatu proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Gerakan putar dari benda kerja disebut gerakan potong relative dan gerakan translasi dari pahat disebut gerakan umpan.

Gambar 2. 1 Mesin Bubut2.2 Prinsip dan Cara Kerja Mesin BubutPrinsip kerja pada Mesin bubut ialah dimana posisi spindle akan memutar benda kerja melalui piringan pembawa sehingga memutar roda gigi pada poros spindle. Melalui roda gigi penghubung putaran akan disampaikan ke roda gigi poros ulir. Oleh klem berulir, putaran poros Ulir tersebut diubah menjadi gerak translasi pada eretan yang membawa pahat. Akibatnya pada benda kerja akan terjadi sayatan yang berbentukulir.

Gambar 2. 2 Bagian- Bagian BubutPekerjaan- pekerjaan yang umum dikerjakan oleh mesin bubut antara lain :1. Membubut Luar2. Membubut Dalam3. Membubut Tirus4. Membubut Permukaan5. Memotong6. Membuat Ulir7. Membuat Lubang Pada Senter

Gambar 2. 3 Pengerjaan BubutOperasi pada pembubutan ada beberapa macam, yaitu :1. Pembubutan MemanjangPembubutan memanjang adalah gerakan pahat sejajar dengan sumbu utama benda kerja.

Gambar 2.17 Pembubutan Memanjang

2. Pembubutan MukaPembubutan muka adalah gerakan pahat tegak lurus terhadap sumbu utama benda kerja yang pahatnya memotong bagian ujung benda kerja.

Gambar 2.18 Bubut Muka

3. Pembubutan TirusPembubutan tirus adalah proses pembubutan yang menghasilkan benda kerja berbentuk tirus.

Gambar 2.19 Bubut Tirus

4. Pembubutan UlirProses ini dilakukan untuk menghasilkan ulir.

Gambar 2.20 Bubut Ulir

5. Pemotongan Benda KerjaProses ini dilakukan untuk memotong benda kerja.

Gambar 2.21 Memotong Benda Kerja

6. Pembubutan ChamferProses ini dilakukan untuk menghasilkan chamfer.

Gambar 2.22 Chamfering

7. Pembuatan LubangProses ini dilakukan untuk membuat lubang.

Gambar 2.23 Drilling8. PengkartelanProses ini dilakukan untuk menghasilkan profil pada permukaan benda kerja.

Gambar 2.24 Pengkartelan

9. Pelebaran LubangProses ini dilakukan untuk melebarkan lubang yang telah ada pada benda kerja.

Gambar 2.25 Boring

Terdapat beberapa Gerakan dalam membubut, yaitu diantaranya :a. Gerakan Berputar, yaitu bentuk gerakan rotasi dari benda kerja yang digerakanpada pahat dan dinamakan gerak potong. b. Gerakan Memanjang, yaitu bentuk gerakan apabila arah pemotonganna sejajar dengan sumbu kerja. Gerakan ini disebut juga dengan gerakan pemakanan. c. Gerakan Melintang, yaitu bentuk gerakan apabila arah pemotongan tegak lurus terhadap sumbu kerja. Gerakan ini disebut dengan gerakan melintang atau pemotongan permukaan.

2. 3 Jenis-Jenis Mesin Bubut Menurut jenis dan fungsinya, maka mesin bubt dapat dikelompokan menjadi :a. Instrument Lathe Engine (Mesin bubut Instrumen)Mesin bubut jenis ini biasanya digunakan untuk membuat suatu produk (benda kerja) yang kecil ukuran nya, tetapi dengan tingkat ke presisian yang tinggi dan jumlah banyak (mass product).b. Bench Engine Lathe (Mesin Bubut Meja)Mesin bubut ini biasanya digunakan untuk membuat produk-produk yang lebih besar dibandingkan dengan produk instrument lathe engine. Mesin bubut jenis ini dapat ditempatkan di atas bangku/meja kerja atau pun mesin yang mempunyai kaki terbuat dari baja profil dan pelat baja.c. Standard Engine Lathe (Mesin Bubut Standar)Mesin bubut jenis ini, selain dapat memproduksi benda kerja yang lebih besar, juga lebih panjang.d. Gap Lathe Head Engine (Mesin Bubut Celah)Mesin bubut ini selain dapat mengerjakan benda-benda kerja yang besar, juga dengan diameter yang relatif besa, sebab bagian alas dari mesin ini, yakni yang berdekatan dengan kepala tetap, dapat dilepas -lepas dan akan menghasil kan celah, untuk kemudian akan di tempati oleh benda kerja