lampungpost edisi 24 april 2012

24

Click here to load reader

description

lampungpost edisi 24 april 2012

Transcript of lampungpost edisi 24 april 2012

Page 1: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

KURS

senin, 23 april 2012SUMBER BI

1 US$Rp9.184

Pisang dan StrokeADA baiknya Anda mulai mengonsumsi pisang, setidaknya

tiga kali dalam sehari. Sebab, pisang terbukti mampu menu-runkan risiko stroke. Demikian hasil studi gabungan peneliti Inggris dan Italia yang dipub-likasikan dalam jurnal Ameri-can College of Cardiology.

Tim dari Universitas Warwick dan Universitas Naples itu menganalisis data dari sebelas

studi berbeda yang pernah dilakukan sejak pertengahan 1960-an. Hasilnya, pisang diketahui mengandung potasi-um yang dapat mengurangi kemungkinan terjadi penggum-palan darah di otak hingga 21%.

Menurut mereka, rata-rata sebuah pisang mengandung sekitar 500 mg potasium yang mampu menurunkan tingkat tekanan darah dan mengontrol keseimbangan cairan da-lam tubuh. (MI/R-2)

“KATANYA pertumbuhan ekonomi kita tahun ini 6,7%, apa mungkin?” tanya cucu. “Bukankah itu berarti semua kom-ponen produksi harus naik rata-rata setinggi itu, semisal kalau luas produksi gabah sebelumnya 7,2 juta hektare, ta-hun ini saja harus menambah luas sawah 400 ribu hektare? Padahal, pencetakan sawah baru banyak fiktif!”

“Pertumbuhan ekonomi kita tak berbasis produksi, tapi berbasis konsumsi!!” jawab kakek. “Semisal garam, dari lebih 3 juta ton konsumsi nasional, di atas 90% kita impor! Jika mau tumbuh 6,7% kita telepon saja produsennya di Australia dan India!”

“Jadi kita pemilik pantai terpanjang memproduksi ga-ram cuma di bawah 10% dari kebutuhan?” entak cucu. “Selebihnya kita impor? Lucu!”

“Kenapa lucu? Itu justru pertanda pintar!” tegas kakek. “Buat apa repot membuat ladang garam jutaan hektare, kalau untuk semua kebutuhan cukup tinggal telepon ke luar negeri! Ketimbang ditipu cetak sawah fiktif, atau repot membeli dari petani sekarung dua, lebih gampang impor, sekali telepon ratusan ribu ton beras tersedia di gu-dang! Begitu pula kedelai, dan segala jenis buah, tinggal telepon buah impor melimpah pasar kita!”

“Semua itu lucu, Kek!” tukas cucu. “Pertumbuhan berbasis konsumsi dengan mengandalkan impor untuk memenuhi sega-la kebutuhan konsumsi, berisiko buruk! Dalam jangka panjang tergantung produsen asing untuk segala kebutuhan bangsa!”

“Risiko jangka panjang ke masa depan itu cuma idealisme kaum muda!” tegas kakek. “Buat kami kaum tua, pilih gam-pangnya memenuhi semua kebutuhan! Soal tergantung pada asing, kini tak ada bangsa tak tergantung pada bangsa lain!”

“Tapi tak keterlaluan seperti kita!” entak cucu. “Produksi garam sendiri tak sampai 10%! Untuk Lampung, impor beras malah lebih 100% dari kekurangannya—keterlaluan, produksi lokal sebenarnya surplus! Semua itu menunjukkan potensi per-tumbuhan berbasis produksi tak kurang jalan, tapi pengelola dan pengarah ekonomi nasional mau gampangnya saja!”

“Masalahnya tak sesederhana logika awam begitu kare-na bersifat ideologis!” timpal kakek. “Intinya, Indonesia telah ditempatkan jadi bagian pasar bebas dunia! Segala yang ada di negeri kita jadi komoditas (dagangan) yang justru harus dibuat memikat orang negeri lain untuk men-cumbunya! Maka itu sempat lebih 90% pertambangan kita dieksplorasi asing, sedang di sisi lain lebih 90% pula kita impor kebutuhan nasional garam kita!”

“Itu sih dari sisi mana pun merugikan kita!” tukas cucu. “Tapi itulah risiko pertumbuhan berbasis konsumsi, sisi produksinya dikuasai asing!” ***

Terbit Sejak 1974Sirkulasi: (0721) 788999Layanan Umum: (0721) 783693Iklan: (0721) 774111SMS: 0815 4098 5000Redaksi (0721) 773888SMS: 0812 7200 999www.lampungpostncom

BURASH. BAMBANG EKA WIJAYA

Risiko PertumbuhanBerbasis Konsumsi!

‘Segubal’, Makanan Lampung ala Negeri Olokgading... HLM. 2

Realisasi penanaman modal meningkat 32,5%..... HLM. 8

TERBIT 24 HAlAMAN i HARGA ECERAN : Rp3.000SElASA, 24 ApRIl 2012 l No. 12417 l TAHUN XXXVII DINAMIKA MASYARAKAT LAMPUNG

Luna Maya mengaku belajar dari pengalaman... HLM. 16

OASiS

Risiko jangka panjang ke masa depan itu cuma idealisme kaum muda!

Add on: facebook.com/buraslampost

Follow on: @buraslampost

Van Persie pemain terbaik versi PFA.. HLM. 17

“Banyak hak konsumen dikurangi, baik hak untuk membeli produk terse-but maupun hak lainnya, seperti ant-rean di SPBU, penyelundupan, maupun penimbunan BBM,” kata Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi kemarin.

Tulus mengatakan pembatasan pem-belian BBM sangat tidak lazim di negara mana pun. “Karena itu, yang paling ra-sional ialah menaikkan harga BBM.”

Direktur Pengkajian Energi Universi-tas Indonesia Iwa Garniwa juga menilai rencana pembatasan berdasarkan cc itu diskriminatif dan sulit diterapkan. “Kebi-jakan diskriminatif itu dapat menimbulkan kericuhan dan tidak akan bertahan lama.”

Menurut anggota Komisi VII DPR dari F-PDIP Daryatmo Mardiyanto, ada un-sur pemaksaan dari pemerintah untuk menggunakan BBM nonsubsidi kepada

masyarakat. Pemerintah berencana menerapkan

pembatasan penggunaan BBM bersubsidi hanya untuk mobil pribadi ber-cc di bawah 1.500. “Mobil 1.500 cc ke atas harus meng-gunakan BBM nonsubsidi,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik (Lampung Post, 23-4).

JabodetabekDirektur Jenderal Migas Kementerian

ESDM Evita H. Legowo mengatakan pem-batasan penggunaan BBM bersubsidi untuk mobil pribadi baru akan dimulai Agustus untuk wilayah Jabodetabek. Ke-mudian, 120 hari setelah terbitnya aturan berlaku untuk seluruh Jawa dan Bali.

“Pembatasan akan mengikat bagi ken-daraan dengan kapasitas silinder mesin 1.500 cc ke atas, termasuk 1.501 cc. Kalau 1.498 cc tidak kena atau masih bisa meng-

gunakan premium,” kata dia.Pengamat ekonomi dari Unila Asrian

Hendicaya berpendapat pemerintah seharusnya lebih dulu mematangkan kebijakan sebelum sosialisasi dan diterapkan agar dampak-dampaknya dapat ditekan.

Apalagi, pembatalan kenaikan harga BBM bersubsidi akhir Maret lalu masih menyisakan permasalahan. Seperti penimbunan BBM hingga ekspor mi-nyak ilegal. Belum lagi hasil pemba-hasan UU ABPN Perubahan.

“Pemerintah harusnya konsisten melaksanakan UU APBNP karena sudah ketuk palu. Karena pastinya APBNP itu kan sudah ada hitungan-hitungannya. Baru setelah itu menyiapkan kebijakan yang lebih matang,” kata Asrian saat dihubungi semalam (23-4).

Sementara itu, External Manager Rela-tion PT Pertamina Region II Sumbagsel Roberth M.V. Dumatubun mengatakan belum ada persiapan dari Pertamina untuk pembatasan BBM bersubsidi bagi kendaraan di atas 1.500 cc ini. Namun, dia mengaku sudah ada pembatasan kuota melalui sistem penjadwalan pendistribusian ke SPBU. (NOV/R-2)

JAKARTA (Lampost): Jaksa dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kemarin memberi perlakuan berbeda terhadap Nunun Nurbaeti, terdakwa dugaan suap pemilihan deputi gubernur senior Bank Indonesia.

Pelarian Nunun ke berbagai negara sejak dinyatakan sebagai buron pada Februari 2011 tidak dijadikan jaksa sebagai hal yang memberatkan dalam tuntutannya.

Sementara terhadap Muhammad Nazaruddin, terpidana 4 tahun 10 bulan

penjara dalam kasus suap pembangun-an w isma at let, jaksa memasuk kan pelariannya ke Singapura dan Kolombia sebagai hal yang memberatkan dalam tuntutan di persidangan, Senin (2-4).

Dalam persidangan atas Nunun, Jaksa M. Rum menyebut hal yang memberatkan terdakwa adalah perbuatan yang merusak sendi-sendi pemerintahan. Sementara hal yang meringankan adalah Nunun belum pernah menjalani hukuman pidana.

“Dituntut hukuman penjara selama

4 tahun dan denda sebesar Rp200 juta subsider 4 bulan kurungan. Hal yang meringankan terdakwa adalah belum pernah dihukum,” kata M. Rum.

Salah seorang anggota tim jaksa, Andi Suharlis, menyebut hal itu tidak perlu dipermasalahkan mengingat tuntutan yang diajukan hampir maksimal. Nunun dikenai Pasal 5 Ayat (1) huruf b UU No. 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman maksi-mal 5 tahun penjara. (MI/HES/R-2)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Lampung Budiono menyayangkan sikap pihak sekolah yang tidak mem-berikan izin mengikuti ujian nasional (UN) kepada empat siswa SMP yang tersangkut kasus narkotika.

Budiono mengatakan tindakan kepala sekolah tersebut merupakan pelang-garan hak asasi anak. “Mereka tidak mematuhi kesepakatan bersama yang ditandatangani Menteri Pendidikan, Lembaga Perlindungan Anak, Menteri Hukum dan HAM, dan juga Kapolri,” kata Budiono saat mendampingi persidangan anak-anak SMP itu di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang, Senin (23-4).

Empat anak itu berasal dari SMP di Bandar Lampung berinisial B (15), A (15), Ad (14), dan Al (15). Mereka ditangkap petugas pada 3 Maret lalu di Tanjungkarang Barat karena meng-isap ganja.

Menurut Budiono, pihak sekolah tidak punya alasan menolak anak-anak yang tersangkut narkotika itu karena LPA sudah memberi tahu dengan membawa surat resmi tentang status terakhir anak-anak yang tersangkut kasus hukum.

“Kami kirim ke pihak kejaksaan, sudah kami kirim ke Dinas Pendidikan, dan kami sampaikan ke sekolah. Namun, tidak ada tindak lanjut. Ini mengundang keprihatinan kami selaku pihak dari LPA Provinsi Lampung,” kata Budiono.

Ia meminta pihak sekolah mengizink-an empat anak itu dapat mengikuti ujian, baik ujian akhir sekolah (UAS) maupun ujian nasional. “Hak-hak anak itu harus kita lindungi, mereka itu korban.”

Budiono yakin anak-anak itu diizin-kan ujian oleh pemerintah sekalipun ada masalah yang sedang dihadapi. “Kabid Dikdas Prov insi Lampung mengatakan akan tetap mengupayakan anak-anak ikut ujian,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pen-didikan Dasar (Kabid Dikdas) Kota Bandar Lampung Tatang mengatakan kesalahan ini terjadi akibat tidak ada-nya pemberitahuan ke Dinas Pendidik-an mengenai keberadaan anak-anak yang tersangkut narkotika itu. (MG6/R-2)

PENDiDiKAN

Larang Anak Ikut UN, Kepsek Langgar HAM

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

TIDAK IKUT UN. Empat siswa dari tiga SMP di Bandar Lampung yang sedang menjalani persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang, Senin (23-4), tidak mendapatkan izin untuk mengikuti ujian nasional (UN).

KASUS SUAP

Jaksa Istimewakan Nunun Nurbaeti

Pembatasan BBM DiskriminatifJAKARTA (Lampost): Rencana pemerintah membatasi pemakaian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi sesuai kapasitas silinder mesin mobil (cylinder capacity/cc) diskriminatif dan mengurangi hak-hak konsumen. Berbagai kalangan meminta pemerintah meninjau ulang rencana penerapan kebijakan itu.

BARCELONA benar-benar dirudung duka. Dalam dua pertandingan terakhir, raksaksa asal Catalan itu selalu menelan kekalahan, yakni melawan Chelsea 0-1 dan Real Madrid 1-2. Kekalahan dari Madrid menjadi yang paling menyakitkan karena terjadi di kandang sendiri.

Peluang Los Blaugrana mempertah-ankan gelar bisa dikatakan menjadi ter-tutup. Sebab, kompetisi La Liga tinggal menyisakan empat pertandingan dengan selisih tujuh poin.

Namun, pasukan Pep Guardiola masih

berpeluang membalas dendam. Barce-lona harus mengalahkan Chelsea di leg II semifinal Liga Champions di Stadion Nou Camp, dini hari nanti. Sambil berharap Madrid yang baru bertanding sehari kemu-dian mengalahkan Bayern Muenchen.

Jika skenario tersebut berjalan mulus, pertemuan dua raksasa Spanyol di laga pamungkas bakal berlangsung menarik sekaligus menegangkan. Aroma dendam menjadi bumbu penyedap dalam upaya mereka memenuhi ambisi menjadi yang terbaik di kompetisi level Eropa. (MI/RTR/U-2)

LiGA CHAMPiONS

Nou Camp bakal Jadi Kuburan ChelseaTorresMessi

Siaran langsungRCTI, Minggu (25-4)

Pukul 01.30 WIBChelsea (4-3-3) Barcelona (4-3-3)

Cech

CahilIvanovic

Meireles

Mata Torres Ramires

Lampard Mikel

Terry A. Cole

Valdes

Puyol PiqueAlves Adriano

Busquets IniestaXavi

AlexisPedro Messi

Page 2: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

Berkunjung ke Tanah Tapis tidak lengkap rasanya kalau tidak menikmati salah satu makanan khas daerah Lampung, yakni segubal. Makanan yang sudah hadir sejak lama ini merupakan makanan kebudayaan masyarakat asli Lampung.

Biasanya, saat Hari Raya, baik Idulfitri maupun Iduladha dan di saat-saat pesta budaya masyarakat Lampung, seperti perkawinan, sunatan, dan acara-acara budaya lainnya, makanan khas daerah Lampung ini keluar dihidangkan untuk tamu-tamu agung.

Segubal adalah bahan dari ke-tan yang dikukus dengan santan, lalu dibungkus daun pisang, atau

daun kelapa (janur). Menyantap makanan ini biasanya ditemani gulai ayam, rendang daging, opor ayam, kari, tapai, dan lain-lain. Selain itu, makanan ini pun dapat dinikmati dengan sambal goreng ati, petai, atau jengkol.

Tak sulit mendapatkan makanan unik ini. Di lokasi Pasar Bambu Kuning, segubal selalu ramai ter-jual dan terfavorit bagi masyarakat setempat. Harganya pun sekitar Rp15 ribu saja/bungkusnya.

Warga Bandar Lampung yang banyak membuat segubal ini berasal dari Kelurahan Negeri Olokgading. Banyak warga sekitar maupun warga Bandar Lampung yang memesan segubal dalam

jumlah besar kepada warga kelu-rahan ini.

Untuk HajatanSegubal yang ada di kelurahan

ini dibuat Maisaroh, warga Jalan Setia Budi, RT 01 Lingkungan I. Maisaroh yang juga istri Ketua RT 01 kelurahan setempat, Syahrial, sering mendapatkan pesanan da-lam jumlah besar. Baik dari warga sekitar yang ingin hajatan maupun warga lainnya.

“Kami punya segubal, kue tra-disi orang Lampung. Penganan ini dibutuhkan saat hajatan dan bisa juga dipesan,” kata Lurah Negeri Olokgading M. Badri ketika ditemui Lampung Post di ruang kerjanya, Jumat (20-4).

Pembuatan makanan ini mem-butuhkan waktu sekitar 10 jam. Caranya, ketan yang telah diberi santan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Karena ter-bilang rumit dan membutuhkan

ketelatenan ekstra, sudah jarang orang Lampung yang dapat mem-buat segubal.

Badri mengatakan saat ini warga Lampung lebih suka memesan segubal pada para pembuatnya. Sehingga, dia mendapat banyak pesanan, khusunya pada saat Lebaran maupun hajatan. Bahkan, pemesan segubal juga terkadang untuk oleh-oleh.

Selain itu, segubal ini pun se-ring dijajakan pengunjung saat ada kegiatan (pameran) di tingkat Kecamatan Telukbetung Barat. Saat MTQ Bandar Lampung beberapa waktu lalu di Pahoman, segubal dari Kelurahan Negeri Olokgading ini pun diperkenalkan ke pengunjung.

Karyawan yang dimiliki Maisa-roh yang juga kader PKK kelu-rahan setempat hanya sebatas keluarganya. Home industry ini pun sudah turun-temurun sejak sepuluh tahun yang lalu. (MG5/K-2)

I 2selasa, 24 april 2012 laMpunG post Bandar Lampung

n laMpunG post/HEnDRIVan GuMaY

‘LAMBAN DALOM’. Dua anak sedang bermain di lamban dalom di Kelurahan negeri olokgading, telubetung Barat, kemarin. Rumah adat itu kondisinya memprihatinkan. Di halaman rumah ditumbuhi alang-alang dan perlu perhatian dari pihak terkait.

‘Segubal’, Makanan Lampungala Negeri Olokgading

Kelurahan MembangunPENGANTAR

Bandar Lampung, ibu kota Provinsi Lampung, memiliki 13 kecamatan dan 98 kelurahan. Banyak potensi pembangunan yang dapat dikembangkan di Kota Tapis Berseri ini. Potensi itu umumnya ada di struktur pemerintahan terbawah, yaitu kelurahan, baik hasil industri rumah tangga, kerajinan, sampai potensi pariwisata.

Mulai Januari 2012, Lampung Post akan mengupas potensi kelurahan lewat rubrik Kelurahan Membangun, setiap Selasa dan Kamis. Terima kasih. n REDaKsI

(Negeri Olokgading)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kelurahan Negeri Olokgading masuk dalam kawasan Kecamatan Telukbetung Barat. Kelurahan yang memiliki luas sekitar 109 ha ini memiliki industri rumahan pembuatan makanan khas Lampung, yakni segubal.

KESEHATAN

Layani Warga di PoskeskelBANDAR LAMPUNG (Lam-post): Kelurahan Negeri Olok-gading memiliki pos kesehatan kelurahan (poskeskel). Tempat pelayanan kesehatan ini berada di Jalan Sunda, RT 04 Ling-kung an 01, dengan memiliki satu bidan dan dua perawat.

Poskeskel ini buka dari Senin hing ga Kamis, pukul 08.00—-pu kul 14.00, Jumat buka pukul 08.00—pukul 11.30, dan Sab tu buka pukul 08.00—pukul 13.00. “Banyak warga yang men da tangi poskeskel ini, terutama yang sakit-sakit ringan, konsultasi kesehatan juga bisa,” kata Lurah Negeri Olokgading Badri.

Di bidang kesehatan lainnya, kelurahan ini memiliki puskes-mas pembantu (Pustu) yang berada di Jalan Pramuka, RT 03 Lingkungan 02. Di pustu ini pun memiliki beberapa tenaga medis, baik perawat, bidan, maupun dokter.

Kemudian, kelurahan ini memiliki lima Posyandu yang bernama Poyandu Dahlia 1 hingga 5. Di posyandu ini pun melayani kesehatan bagi lansia (lanjut usia) sebulan sekali di masing-masing posyandu.

Kemudian, di kelurahan ini ada bidan bersalin, yaitu Bidan Husna. Di rumah bidan yang berada di Jalan ABRI Masuk Desa (AMD), RT 01 Lingkung-an 02 ini bisa melayani ibu untuk persalinan bayinya.

Kemudian, dalam bidang pendidikan, kelurahan yang memiliki lima masjid dan em-pat musala ini memiliki satu SD negeri. Kemudian ada tiga madrasah ibtidaiah swasta. Ada tiga pendidikan anak usia dini (PAUD), yaitu PAUD SPS Dahlia Kelurahan Negeri Olok-gading, PAUD Dahlia, dan PAUD Anggrek. Kemudian ada TK yang bernama TK Al Husna. (MG5/K-2)

BANDAR LAMPUNG (Lam-post): Kelurahan yang memi-liki 17 RT dan 02 lingkungan ini memiliki perumahan elite atau real estate yang bernama Citra Garden.

Dirancang sebagai peru-mahan first classs li ving, Citra Garden Lampung mer-upakan perwujudan sebuah kehidupan modern yang berkualitas tinggi yang se-laras dengan alam sekelil-ingnya.

Perumahan yang dibangun mengambil gaya arsitektur klasik modern Eropa yang anggun, mewah, meditera-nian, dan modern minimalis. Citra Garden menawarkan konsep pengembangan perumah-an yang modern dan lengkap bagi masyarakat, khususnya Kota Bandar Lampung.

“Citra Garden ini merupakan perkembangan wilayah yang ber-manfaat. Dari dulu hingga seka-rang, pembangunan rumah ini

menunjukkan hal yang signifikan (maju),” kata Lurah Negeri Olok-gading Badri yang sebelumnya menjabat lurah Sukarame II ini.

Badri mengata kan Pe-rumahan Citra Garden ini memiliki luas sekitar seki-tar 15 ha dengan mendapat pembebasan lahan sekitar tahun 1990-an. Ada 368 unit rumah mewah dengan beberapa jenis atau tipe ru-mah.

Terdapat dua jenis rumah cluster mansion, 5 cluster royal garden, dan ada 6 jenis rumah toko (ruko). Kemudian ada 107 cluster terrace gar-den, 132 cluster brent wood, 81 cluster diamond hill, dan 35 cluster emerald hill.

“Di perumahan ini banyak rumah-rumah pejabat dan pengusaha, ya pokoknya big

boss semua. Tapi, kami sering bekerja sama dengan pihak peru-mahan dalam hal kebersihan,” kata dia. (MG-5/K-2)

PERMUKIMAN

Perumahan Citra Garden di Negeri Olokgading

BANDAR LAMPUNG (Lam-post): Kelurahan Negeri Olok-gading warganya banyak bekerja sebagai buruh swasta. Kelurahan ini memiliki lamban dalom atau lamban balak (rumah besar adat Lampung). Rumah panggung yang tak berpenghuni dan mulai rapuh itu berada di Jalan Setia Budi, RT 01 Lingkungan 01.

Menurut cerita, rumah ini du-lunya dibuat warga Sekampung dan merupakan rumah pertama kali. Peristiwa itu terjadi kurang lebih saat Gunung Krakatau meletus. Saat itu kondisinya masih hutan rimba dan belum ada penerangan.

Masyarakat di sana mempu-nyai aturan, kalau belum punya usaha, belum boleh keluar kam-pung. Menurut data dokumen-tasi Dinas Kebudayaan dan Pari-wisata (Disbudpar) Kota Bandar Lampung, rumah ini merupakan rumah tempat tinggal keturunan Ibrahim gelar Raja Pemuka.

Ibrahim adalah saudara muda dari Husin gelar Mangkubumi yang merupakan generasi keenam dari keturunan Batin Pemuka Pesirah Alam 1 (pimpinan adat Marga Bengkunat Pesisir Selatan Krui) yang pada mulanya berasal dari Pagaruyung Padang Darat.

“Yang menjaga rumah adat saat ini masih keponakan dari keturunan terakhir silsilah ketu-runan adat tersebut,” kata Badri, yang sudah lebih kurang men-jabat Lurah Negeri Olokgading selama delapan bulan ini.

Rumah Adat Kebandaran Marga Balak Lampung Pesisir ini mencakup tiga warga. Yaitu, Kampung Negeri, Sukarame, dan Batu Putu ini. Ketiganya mengurusi hal-hal kemasyaraka-tan, seperti perkawinan dan sunatan. Mulai dari dandan pe-ngantin, pinjem alat pengantin, masang kebung atau tirai, seperti selendang yang digantung, sam-pai pemberian gelar atau adok para pengantin.

Rumah ini berisi rantai, gelang, siger, dan semua alat perkawinan yang dimasukkan dalam langseng besar. Aturannya, jika ada warga yang menikah, diharuskan me-lapor ke lamban balak atau lam-ban dalom. Kepala adat akan me-nikahkannya, namun jika kepala adat berhalangan akan diwakilkan kerabat dari kepala adat itu.

Lamban balak yang berben-tuk panggung dengan bahan dasar kayu ini pun kini tak ber-penghuni. Bangunannya tak terawat dan terdapat banyak rumput ilalang di depan dan di pinggiran rumah itu. Tiang penyangga tampak mulai rapuh dan berlubang.

Sejak 1998, Disbudpar Kota Bandar Lampung telah mengam-bil alih pengelolaan lamban balak atau lamban dalom ini. Tetapi sejak tiga tahun lebih ini, Disbudpar menyerahkan kepada keluarga yang tinggal di lamban balak atau lamban dalom terse-but. “Dulunya sih dibantu dalam hal perawatan, tapi sekarang udah enggak lagi,” kata Badri.

Selain ada rumah adat, di kelurahan ini pun memiliki benda peninggalan saat Gu-nung Krakatau meletus, yaitu benda besi atau logam dari kapal berau. Lokasi tempat pening-galan benda yang berada di Jalan Sunda, RT 05 Lingkungan 02 tersebut sering dikunjungi para wisatawan. “Namun, sekarang besi-besinya sudah habis, akibat ulah tangan-tangan jahil,” kata Badri. (MG5/K-2)

SEJARAH

Negeri OlokgadingMiliki ‘Lamban Dalom’

struktur Organisasi Kelurahan Negeri Olokgading perwali Bandar lampung No.32 Tahun 2008

Nama Jabatan

lurah M. Badrisekretaris lurah -Kasi pembangunan -Kasi pemerintahan -Kasi pemb. Masyark. FaridaKasi trantib Mulyadi usmanBabinsa HayutiBabinkamtibmas Rudi HartonoplKB Wahanappn ardinKepala lk. I (6 Rt) sarkandi salehKepala lk. II (11 Rt) apriandi

Alamat: Jalan Dr.Setia Budi No.99

Demografi Kelurahan Negeri Olokgading

Jumlah penduduk 6.405 jiwa

laki-laki 3.226 jiwa

perempuan 3.179 jiwa

Kepala Keluarga 1.637 KK

Batas Wilayah

utara Kel. sumur putri, tbu.

selatan Kel. Bakung

Barat Kel. sukarame II

timur Kel. Kuripan

sumber: Kelurahan negeri olokgading

Lamban balak yang berbentuk panggung dengan bahan dasar kayu ini pun kini tak berpenghuni.

‘‘

n laMpunG post/HEnDRIVan GuMaY

BERBINCANG. lurah negeri olokgading berbincang dengan salah seorang ketua Rt di ruang kerjanya, senin (23-4).

Page 3: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

Bahkan, dirinya akan men-

danai LMND melakukan pen-

injauan pelaksanaan program

Pemkot Bandar Lampung. “Saya

menantang kalian semua (ma-

hasiswa, red) untuk menunjuk-

kan program mana yang tidak

berjalan maksimal,” kata dia,

di sela-sela aksi LMND di kan-

tornya, Senin (23-4).

Herman H.N. menyambangi

massa LMND yang berunjuk

rasa di halaman Pemkot Bandar

Lampung, Senin (23-4), menga-

takan akan memberikan dana

untuk mendukung pelaksanaan

program LMND yang ingin

meninjau pelaksanaan program

Pemkot Bandar Lampung.

Dia mengharapkan maha-

siswa dapat terjun ke lapangan

mengecek di mana pelaksa-

naan program sekolah gratis

dan kesehatan gratis yang tidak

berjalan.

Sementara itu, Ketua LMND

Eksekutif Kota Bandar Lampung

Wendri Wahyudi mengapresia-

si sambutan Wali Kota Ban-

dar Lampung Herman H.N.

Pihaknya akan menjalankan

amanat Wali Kota Bandar Lam-

pung untuk menjalankan tugas

pengawasan program.

Werdi mengatakan program

Pemkot Bandar Lampung telah

berjalan, tapi ada beberapa yang

belum tepat sasaran. Werdi

mengatakan saat ini LMND

belum ada program khusus

untuk pelaksanaan pemantauan

program Pemkot Bandar Lam-

pung ini.

“Kami belum ada program,

tapi yang pasti kami akan fokus

pada pengawasan di lapangan

tentang program sekolah gratis

dan kesehatan gratis di Kota

Bandar Lampung,” kata dia.

Menu r ut Werd i , L M N D

menginginkan perubahan ke se-

jah teraan warga. Data yang di-

rilis Badan Pusat Statistik (BPS)

Provinsi Lampung, Kota Bandar

Lampung menempati urutan

kedua pengangguran tertinggi

di Provinsi Lampung, dengan

11%-42% dari jumlah penduduk

setempat.

Dia mengatakan hingga kini

masih banyak anak usia sekolah

tidak dapat melanjutkan pendi-

dikan nya, dengan alasan tidak

memiliki biaya. Meskipun telah

ada program Jamkesda, masih ba-

nyak warga yang susah mengakses

pelayanan kesehatan mengingat

pelayanan birokrasi yang masih

jauh dari kata memuaskan.

Untuk itu, Wendri mengata-

kan LMND bersedia mengawal

pembangunan dan Pem kot

Bandar Lampung. Pihaknya

akan terus melancarkan kritik

membangun, jika terdapat pro-

gram pemerintah yang jalan di

tempat dan tidak ada manfaat

bagi masyarakat. (VER/K-1)

I 3SELASA, 24 APRIL 2012 LAMPUNG POST Bandar Lampung

‘‘Kami belum ada program, tapi yang pasti kami akan fokus pada pengawasan di lapangan tentang program sekolah gratis dan kesehatan gratis di Kota Bandar Lampung.

LINTAS

BANDAR LAMPUNG (Lampost):

Realisasi retribusi pemakaian ke-

kayaan daerah Bandar Lampung

pada triwulan pertama mencapai

Rp6.868.856.770 atau 405,28% dari

target Rp1,694.841.740.

Selain membanggakan dan men-

cengangkan, membengkak nya

hasil pungutan retribusi itu juga

menunjukkan lemahnya pe metaan

potensi pendapatan di lapangan.

Kepala Bidang Pendapatan Di-

nas Pendapatan Kota Bandar Lam-

pung Ito Saibatin, Senin (23-4),

mengatakan pencapaian PAD

hingga 19 April 2012 telah menca-

pai Rp40.094.796.835 atau 26,44%

dari target Rp151.640.470.000.

Menurut dia, overtarget tahun

lalu akan terulang di tahun ini, bah-

kan berpotensi lebih besar. “Karena

memang tahun ini ada potensi-

potensi PAD baru, salah satunya

PBB dan BPHTB,” kata dia.

Ito mengatakan realisasi PAD

ter besar didapat dari sektor retri-

busi pe makaian kekayaan daerah,

yang terhitung per 19 April telah

mencapai 400,28% dari yang di-

targetkan dalam APBD tahun ini.

Retribusi pemakaian kekayaan

daerah berada di bawah wewenang

Dinas Pengelolaan Pasar.

“Komponen retribusi pemakai-

an kekayaan daerah yang me-

nyumbang cukup besar, adalah

retribusi perpanjangan HGB dan

sewa ruko,” ujarnya.

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar

Khasrian Anwar mengatakan

target yang dipasang dalam APBD

tersebut belum direvisi. Namun,

dirinya belum bersedia meng-

uraikan besaran target yang akan

ditetapkan pihaknya untuk 2012.

Hal itu jelas tidak berdasar meng-

ingat seluruh target masing-ma-

sing dinas instansi telah ditetap-

kan seiring penetapan APBD

Bandar Lampung.

Ketua Komisi B DPRD Kota

Bandar Lampung Endang Asnawi

menilai meroketnya pencapaian

retribusi pemakaian kekayaan

daerah mencerminkan kelemahan

Dinas Pengelolaan Pasar setempat

dalam merencanakan dan meme-

takan potensi pendapatan.

“Tidak rasional, baru triwulan I

saja realisasinya sudah overtarget

hingga 405,28%. Ini bukti pen-

etapan target retribusi pemaka-

ian kekayaan daerah tahun ini

Rp1,694.841.740 tidak sesuai den-

gan potensi di lapangan,” kata dia.

Menurut politisi Partai De-

mo krat itu, lonjakan pencapaian

retribusi pemakaiaan kekayaan

daerah bukan pertama kali terjadi.

Tahun 2011 juga pencapaiannya

hingga 600% lebih dari target yang

ditetapkan. (VER/K-1)

BANDAR LAMPUNG (Lam-

post): Fuska (26), warga Jalan

Mayor Salim Batubara, Gang

Cempaka Putih, No.49 RT 015

Lingkungan 01, Kelurahan Ku-

pang Teba, Telukbetung Utara,

peng idap tumor rahang atau Os-

teoblastoma Mandible berharap

segera dioperasi.

Ada benjolan berdiameter 3 cm

di kiri dan kanan rahang Fuska

hingga menyentuh leher. Dia ser-

ing mengalami nyeri yang hebat

di rahangnya hingga ke bagian

kepala, terutama saat terkena

sinar matahari.

Saat malam pun, setelah ban-

gun tidur, tiba-tiba air liur ber-

campur darah sering keluar dari

mulutnya. Badannya sudah mulai

kurus. Sebelum menderita penya-

kit ini, berat badannya antara 56-

60 kg, tapi saat ini berat badannya

tak lebih dari 49 kg.

Penyakit ini sudah diderita

putri ketiga (bungsu) pasangan

Joni Ali Saleh (50) dan Rohayati

(54) ini sejak 12 tahun lalu, atau

saat dia berusia 14 tahun.

“Kalau makan saya agak susah,

sekarang kalau makan ditelen,

enggak dikunyah. Saya pun enggak

bisa makan mi instan,” kata istri

dari Khairul (27), ketika ditemui

Lampung Post, Minggu (22-4).

Sementara itu, Pemkot Bandar

Lampung akan merujuk Fuska

ke Rumah Sakit Cipto Mangun-

kusumo (RSCM) Jakarta untuk

penyembuhannya.

Hal itu dikatakan Wali Kota

Bandar Lampung Herman H.N.

dengan Fuska, di ruang kerjanya,

Senin (23-4). Herman mengaku

prihatin akan kondisi kesehatan

Fuska.

Dia berharap Fuska segera

mendapatkan penanganan lebih

lanjut. Sebab itu, pihaknya akan

merujuk perempuan berusia 26

tahun ke RSCM Jakarta dalam

waktu dekat.

Sedangkan Kepala Dinas Kes-

ehatan Kota Bandar Lampung

Wirman mengatakan pihaknya

akan menjembatani agar Fuska

dapat dirujuk ke RSCM. Pihaknya

segera berkoordinasi dengan

RSUDAM, tempat Fuska biasa

menjalani perawatan, apakah

perlu dioperasi atau tidak. Se-

hingga Dinkes Kota Bandar Lam-

pung dapat mengatur jadwal operasi

Fuska di RSCM. (MG-5/VER/K-2)

BANDAR LAMPUNG (Lampost):

Setelah berkas Ketua Lembaga

Adat Megou Pak Tulangba wang

Wan Mauli Sangem dinyatakan

lengkap (P21) oleh Kejati, Polda

segera melimpahkan tersangka

kasus dugaan penipuan pen-

jualan tanah di Register 45 berikut

berkasnya ke Kejati pekan ini.

“Rencananya pekan ini kami

melimpahkan tersangka beserta

berkasnya yang telah dinyatakan

P21 ke Kejati, semoga semuanya

lancar,” kata Kasubdit II Direktorat

Kriminal Umum Polda Lampung

AKBP Eko Supriyadi, Senin (23-4).

Meskipun demikian, Eko eng-

gan menjelaskan kepastian hari

pe limpahan yang akan dilakukan

ter sebut. “Yang pasti minggu ini,”

kata dia.

Secara terpisah, Ainal Hotman,

anggota tim penasihat hukum Wan

Mauli, mengatakan pihaknya akan

melakukan pembelaan dengan

mendampingi kliennya tersebut.

“Kami siap mendampingi Wan

Mauli saat persidangan nanti,” kata

salah satu dari lima anggota tim

penasihat hukum Wan Mauli itu.

Kliennya tersebut mengalami tu-

duhan sepihak dan itu akan dibuk-

tikan di pengadilan. “Tidak benar

klien kami meminta uang dari

masyarakat, masyarakat yang mem-

berikannya secara sukarela untuk

perjuangan mereka,” kata 0dia.

Sebelumnya, Polda Lampung

menetapkan Wan Mauli sebagai

tersangka pada perkara duga an

penipuan dan penggelapan. Kabid

Humas Polda Lampung AKBP

Sulistyaningsih mengatakan pena-

hanan dilakukan karena terdapat

bukti yang dinilai cukup berupa

lima lembar kuitansi tanda terima

pemberian dana kepada Wan Mauli

dan pemeriksaan tehadap 18 saksi.

Sulistyanigsih mengatakan

warga Mesuji memberikan uang

Rp1 Juta hingga Rp1,5 juta kepada

Wan Mauli untuk mendapatkan

tanah dengan luas sekitar 2 ha.

“Wan Mauli berdalih lahan

itu milik adat Marga Suay Umpu

berdasar peta tahun 1930 dan uang

digunakan dengan alasan dana

perjuangan, tetapi hingga kini janji

Wan Mauli kepada warga tidak

dipenuhi,” ujarnya. (MG7/K-1)

BANDAR LAMPUNG (Lam-

post): Masih ingat kasus kepala

sekolah swasta yang mencabu li

l ima siswinya, Januari lalu?

Hingga kini, SH, kepala sekolah

itu, menghilang. Bahkan, polisi

pun mengakui belum bisa me-

ngendus keberadaannya.

Kapolsek Kedaton Kompol

Sai di mengatakan pihaknya

be lum me ngetahui keberadaan

SH. “Anggota ma sih melakukan

pengejaran ter hadap dirinya,

status SH sudah se bagai ter-

sangka,” kata dia, saat di hubungi

Lampung Post, Senin (23-4).

Guna mengendus keberadaan

warga Perumahan Bukit Kemiling

Per mai itu, kepolisian akan bekerja

sama dengan seorang pengacara

yang mengaku mengetahui keber-

adaan tersangka. “Kami juga akan

menerbitkan surat penangkapan

terhadap tersangka,” kata Saidi.

Sebelumnya, jajaran Polsek

Kedaton sudah berupaya me-

manggil SH untuk dimintai

ke terangan, tapi sejak pemang-

gi lan tersebut, SH menghi-

lang. Bahkan keluarganya juga

mengaku tidak mengetahui

keberadaannya. (MG-7/K-1)

Yolanda Sudah Stadium EmpatBANDAR LAMPUNG̶Yolanda Safi ra (4) yang menderita penyakit retinoblastoma atau kanker mata pada anak sudah masuk stadium em-pat. Hasil itu diterima pihak keluarga, setelah anak keempat pasangan Sulaiman Efendi (35) dan Rosmiati (27) diperiksa di Rumah Sakit Cipto-mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Saat ini Yolanda beserta keluarganya masih berada di Jakarta dan tinggal di Rumah Singgah LBH Kesehatan Alwalindo di Jakarta, tak jauh dari RSCM untuk melakukan rawat jalan. Direktur Nonlitigasi LBH Kesehatan Alwalindo Dilla Maulana yang mengurusi segala proses perawatan Yolanda selama di RSCM me-ngatakan sum-sum tulang belakang serta cairan yang ada di matanya sudah dicek di laboratorium rumah sakit tersebut.Hasilnya, penyakit yang diderita warga Dusun Katibung, Desa Ta-langbaru, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, ini sudah cukup parah. Sehingga harus segera dilakukan operasi dengan biaya yang tidak sedikit. Saat ini pun pihak LBH sedang melakukan penggalang-an dana untuk memenuhi pendanaan biaya operasi ini. (MG5/K-1)

Kemacetan Terus DiuraiBANDAR LAMPUNG̶Pemkot Bandar Lampung terus berupaya meng urai kemacetan di kota setempat. Dalam waktu dekat Pemkot Bandar Lam pung akan melebarkan pertigaan di Jalan Hayam Wuruk menuju Ja lan Sutan Selamat. Demikian hasil inspeksi mendadak (sidak) Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N., Senin (23-4). Menu-rut Herman, per ma salah an kemacetan yang kerap terjadi di wilayah setempat menjadi per hatian khusus pihaknya. Meskipun bukan jalan utama, Jalan Hayam Wu ruk, Kedamaian, selalu ramai dan menjadi alternatif bagi pengguna jalan. Untuk itu, pihaknya mengambil lang-kah pelebaran jalan, khususnya per tigaan yang cenderung sempit dan menjadi penyebab kema cetan di Jalan setempat. Dirinya juga langsung berkoordinasi dengan warga yang sebagian halamannya akan terkena pelebaran. Herman mengata kan pihaknya menyedia-kan ganti rugi atas pelebaran jalan tersebut. (VER/K-1)

LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Seorang polisi lalu lintas mengimbau pejalan kaki untuk menggunakan jembatan penyeberangan, Minggu (22-4). Meskipun sering diimbau, para penjalan kerap menerobos Jalan Kartini dengan dalih agar lebih cepat.

LAMPUNG POST/VERA AGLISA

KE RSCM. Fuska (kiri), penderita tumor tulang rahang, bertemu Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. (kanan), Senin (23-4), di kantor pemkot.

‘Buktikan Program yang Tak Jalan’BANDAR LAMPUNG (Lampost): Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. menantang Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) membuktikan program pemerintah daerah ini yang tidak berjalan.

RETRIBUSI

Baru Triwulan I Overtarget

ASUSILA

Polisi KehilanganJejak Kepsek Cabul

DUGAAN PENIPUAN

Berkas Wan Mauli Dilimpahkan ke Kejati

‘OSTEOBLASTOMA MANDIBLE’

Penderita Ingin segera Dioperasi

Polantas Imbau Pejalan Kaki

Page 4: lampungpost edisi 24 april 2012

PARIWARA I 4SELASA, 24 APRIL 2012 LAMPUNG POST

Page 5: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYKCMYK± ± ±

Nasional & Internasional I 5selasa, 24 april 2012 lampung post

Hal itu disampaikan Koor-dinator Migrant Care Anis Hi-dayah di Jakarta, Senin (23-4), saat mendampingi keluarga korban yang tewas. Mereka mendatangi Kementerian Luar Negeri meminta agar pemerin-tah mengusut tuntas penyebab kematian ketiga TKI tersebut. Sebelumnya, pihak keluarga juga melapor ke Polda NTB.

Anis menduga jenazah Abdul Kadir Jaelani (24), Herman (28), dan Mad Noor (33) adalah kor-ban jual-beli organ tubuh. Sebab, ada keanehan berupa banyaknya jahitan dengan pola sama pada jenazah yang dipulangkan ke Indonesia. Keanehan itu yakni jahitan pada sepasang mata ketiga jenazah, di dada kiri dan kanan, serta di sekitar ulu hati hingga bawah perut.

Menurut Anis, pihak keluar-ga mencurigai kematian ketiga TKI itu berdasarkan kesaksian Hirman (saudara Abdul Kadir Jaelani) yang menjemput ketiga jenazah ke Malaysia. Ia melihat langsung kondisi mayat sebelum dikafani di RS Port Dickson Malaysia, yakni jahitan pada sepa-sang mata ketiga korban, di dada kiri dan kanan, serta di sekitar ulu hati hingga bawah perut.

Menurut Anis, dugaan pen-jualan organ tubuh mayat TKI di Malaysia ini pernah terjadi sebelumnya. Pada 1992, jenazah TKI asal Jawa Tengah Asti War-diati pulang dalam keadaan perut terjahit. “Setelah autopsi, perut korban ternyata isinya kan-tong keresek (kantung plastik),” kata Anis.

Menurut Anis, surat-surat informasi tentang kematian, se-perti sertifikat kematian seorang warga negara di luar negeri, se-harusnya bisa menggambarkan dengan jelas penyebab kematian. Di sinilah peran perwakilan pemerintah di luar negeri untuk melakukan cek silang. Bukan hanya percaya pada satu sumber saja, yakni kepolisian setempat.

Tagih UlangSementara itu, Pemerintah In-

donesia melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) akan menagih ulang penjelasan resmi dari Pemerintah Malaysia yang menyatakan tiga TKI tersebut tewas karena merampok.

“Pertama, kita meminta pen-jelasan kepada polisi Malaysia, ke-napa mereka ditembak. Kita akan membela kepentingan keluarga berdasarkan fakta-fakta,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Michael Tene di Jakarta. Langkah kedua, lanjut Tene, mendorong aparat di Indonesia untuk mengautopsi ulang tiga jenazah TKI itu, tentunya atas permintaan pihak keluarga.

Seperti ramai diberitakan, ketiga TKI yang tewas menge-naskan itu adalah Herman, Ab-dul Kadir Jaelani, dan Mad Nur. Mereka tewas, Sabtu (24-3), tapi KBRI Malaysia baru mengetahu informasi itu, Senin (2-4), dan langsung mengurus surat-surat ketiganya. Polisi Balai Port Dick-son mengabarkan KBRI bahwa tiga TKI itu tewas setelah terkena rentetan peluru (multiple gun shot wounds). (u-3)

JAKARTA (Lampost): Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Timur Pradopo menga-takan bentrok antara aparat Polri dengan TNI yang terjadi di Goron-talo diselesaikan oleh kapolda dan danrem. “Masalah itu sudah ditangani oleh kapolda dan dan-rem di sana agar dilaksanakan langkah-langkah ke dalam,” kata Timur Pradopo di Istana Negara, Jakarta, Senin (23-4).

Sebelumnya, pertikaian Bri-mob (Polri) dengan Kostrad (TNI) terjadi di Gorontalo berawal pada Sabtu (21-4) pukul 23.00 Wita. Saat itu anggota Brimob yang sedang patroli melintas di depan kantor PU Limboto. Mereka

dilempari botol dan batu oleh sekelompok orang.

Akibatnya, dua anggota Brimob yaitu Briptu Sarifudin dan Briptu Asrul terluka di bagian kepala akibat lemparan itu. Kepala Di-nas Penerangan TNI AD Kol. Inf. Pandji Suko mengatakan ada enam anggota Kostrad yang terluka akibat bertikai dengan dengan personel Brimob.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanud-din mengatakan insiden bentrok-an membuktikan keakraban TNI-Polri selama ini hanyalah semu. “Perkelahian ini menunjukan dua hal, pertama bahwa keakraban yang ditunjukan oleh TNI dan

Polri selama ini di depan publik berupa kegiatan bersama antara Mabes TNI dan Mabes Polri di-indikasikan semu,” kata Hasanud-din melalui pesan singkat kepada wartawan kemarin.

Menurut dia, petinggi TNI-Polri dekat. Namun, kedekatan itu tidak sampai ke level prajurit. “Harus diakui di antara para per-wira tingginya memang akrab, tapi tidak seperti itu pada level bawah. Disiplin para prajurit kedua aparat itu masih rendah. Dengan enteng mereka melepaskan tembakan membabi buta untuk sesuatu yang tak jelas, padahal pelurunya dibeli dengan uang rakyat,” kata dia. (u-3)

PARIS (Lampost): Calon presi-den dari Partai Sosialis, Francois Hollande, menang tipis dari calon petahana (incumbent) Nicolas Sarkozy dalam putaran pertama pemilihan presiden Prancis, kemarin.

Hollande mengungguli sembi-lan kandidat lainnya dengan per-olehan suara mencapai 28,63%, terpaut 1,5% dari Sarkozy yang disokong 27,1% suara. Hasil ini akan membawa Hollande dan Sarkozy pada pemilu putaran kedua, 6 Mei mendatang.

Hasil itu, sebagaimana di-ungkapkan sejumlah pengamat, merupakan cara publik Prancis menghukum Sarkozy. Kepada harian Washington Times, Fran-coise Lorcerie selaku sosiolog dari Institute of Studies on the Arab and Muslim World men-gatakan sebanyak 6 juta umat muslim Prancis muak dengan kebijakan Sarkozy yang antiimi-gran dan anti-Islam.

Setali tiga uang, M’hammed Henniche yang menjabat ketua Serikat Asosiasi Muslim Seine-Saint-Denis (UAM 93), merasa umat Islam senantiasa disudut-

kan oleh pemerintahan Sarkozy. “Kami selalu berada di pusat pembicaraan politik Prancis. Selama nyaris dua tahun, tajuk utama di berbagai surat kabar selalu tentang muslim, muslim, dan muslim,” katanya.

Bahkan, ujar Henniche, ga-gasan-gagasan ekstrem kanan diadopsi oleh Sarkozy dan Partai Serikat Gerakan Rakyat (UMP). Atas dasar itu, Henniche tidak ragu untuk memboikot Sarkozy dan UMP.

Ketidakpopuleran Sarkozy tidak hanya di antara kalangan umat muslim. Rakyat Prancis secara umum kecewa dengan kebijakan ekonomi pria ketu-runan Hongaria itu. Dalam manifestonya, Sarkozy berikrar untuk mencapai surplus ang-garan pada kali pertama sejak 1974 seka l igus memangkas utang Prancis.

“Anda tidak bisa menerapkan penyesuaian fiskal selama dua ta-hun dan mengharapkan pertum-buhan ekonomi yang kuat pada saat bersamaan,” kata Michel Martinez, ekonom dari Societe Generale, di Paris. (mI/u-3)

JAKARTA (Lampost): Penyidikan kasus korban geng motor dinilai diskriminatif. Tudingan itu mun-cul karena polisi hanya berkon-sentrasi mengungkap pelaku pembunuh Kelasi Arifin, tapi membiarkan penganiaya Soleh tetap bebas berkeliaran.

Geng motor berambut cepak dan bertubuh atletis dengan ciri khas cat putih di bawah mata ini bertindak brutal dengan meng-aniaya anak-anak pengendara sepeda motor pada 7—8 April.

Ulah mereka menewaskan Soleh (17), serta melukai Zaenal, saudara Soleh, Reza, dan Ardian, saat mereka mengisi bensin di SPBU Shell, Jalan Danau Sunter Utara, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sudah dua minggu berlalu, tapi para pelaku sama sekali tidak terdeteksi.

Begitu juga dengan pengeroyo-kan oleh geng motor berpita kun-ing yang menewaskan Anggi Darmawan (18), di Jalan Pramuka, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (13-4), tetap menjadi mis-terius. Polisi justru didesak untuk mengungkap pengemudi Toyota Yaris yang menembak anggota TNI di kerumunan geng motor.

Berbeda dengan penyidikan kasus pengeroyokan Kelasi Arifin yang melibatkan orang sipil, polisi hingga kemarin sudah menang-kap lima orang. Kelima tersangka yakni Michael Tri Fernando (20), Andrian Yudi Islami (22), Abdul

Kohar (22), Zaenudin (17), serta Joshua Reynaldo Radja (22). Kelima tersangka dijerat Pasal 170 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentang Pengeroyokan. Saat ini polisi mengejar dua tersangka lagi.

Penasihat Indonesia Police Watch Johnson Panjaitan menilai pengungkapan kasus geng motor dengan korban sipil tersendat akibat tekanan institusi militer. Polisi terlanjur ciut membongkar kasus tersebut.

“Kesannya polisi bergerak un-tuk melayani dan mengimbangi militer ketimbang membongkar kasus kematian Soleh. Perbedaan kecepatan sebagai diskriminasi atas kelemahan psikologis polisi,” kata Johnson kemarin. (mI/u-3)

JAKARTA (Lampost): Di sela-sela kunjungan kerja ke Afrika Selatan yang dibiayai negara, rombongan anggota Komisi I DPR mengaku menyempatkan diri untuk berwisata.

“Acara kunjungan kerja Komi-si I ke luar negeri dalam rangka fungsi pengawasan berjalan sesuai rencana. Di sela-sela acara resmi dimanfaatkan program bebas yang bersifat santai, me-mang ada,” kata Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq di Jakarta, Senin (23-4).

Mahfudz menambahkan kun-jungan wisata Komisi I yang dimaksud terjadi seperti saat rombongan membeli suvenir dalam kunjungan ke Museum Apartheid di Afrika Selatan. Kun-jungan wisata itu terjadi sebelum rombongan menemui Komisi Per-tahanan dan Komisi Luar Negeri Parlemen Afrika Selatan.

Menurutnya, dalam kunjung-an ke museum tersebut dijelas-kan keterkaitan Indonesia de-

ngan politik kolonial Belanda.“Delegasi ada agenda kunjung-

an ke Museum Apartheid selama satu jam sebelum pertemuan dengan Komisi Pertahan an dan Komisi Luar Negeri Parlemen. Di museum tersebut dijelaskan keterkaitan Indonesia dengan politik kolonial Belanda yang mengasingkan sejumlah tahan-an politik dan mengirim warga Indonesia yang dijadikan bu-dak,” kata dia.

Ketua DPR Marzuki Alie tidak melarang kegiatan wisata di sela-sela kunjungan kerja. Asalkan, ujar Marzuki, tugas-tugas ang-gota Dewan tidak terbengkalai dengan kunjungan wisata. “Yang penting kalau tugas utamakan tugas, di luar tugas itu urusan pribadi,” katanya.

Sebagian anggota Komisi I berangkat ke Afrika Selatan pada 13 April. Selebihnya, akan meninggalkan Tanah Air pada 20 April menuju Republik Ceko, Polandia, dan Jerman. (u-3)

LINTASPenyakit Kulit Misterius Tewaskan 19 Orang di VietnamHaNOI—Organisasi Kesehatan Dunia alias World Health Organisation (WHO) prihatin akan wabah penyakit kulit misterius yang tengah menjangkiti Vietnam. Wabah tersebut sejauh ini telah menewaskan 19 orang, sebagian besar anak-anak. “Kami sangat prihatin dengan kondisi ini. WHO sangat-sangat memperhatikan kasus ini,” ujar Kepala WHO di Vietnam, Wu Guogao, seperti dilansir oleh AFP, Senin (23-4).Di Vietnam, penyakit kulit ini menyerang lebih dari 170 orang dengan gejala awal demam tinggi dan kehilangan nafsu makan, kemudian akan muncul ruam di kulit yang tampak seperti luka bakar. Menurut Guogao, belum ada permintaan dari otoritas Vietnam kepada WHO untuk menyelidiki penyakit misterius tersebut. Sampai saat ini, ujarnya, WHO belum diberikan akses oleh otoritas Vietnam terkait kasus ini. “Sulit dikatakan secara pasti apa penyebab penyakit ini,” kata dia.Penyakit kulit misterius ini banyak diderita oleh warga di wilayah Ba To, Provinsi Quang Ngai. Pihak WHO sendiri mengaku belum pernah menemukan penyakit serupa di negara lain. (u-3)

Skandal Seks, Ketua Parlemen Australia MundurCaNBeRRa—Skandal seks sesama jenis menerpa Ketua Parlemen Australia Peter Slipper. Gara-gara skandal tersebut, pria berumur 62 tahun itu menyatakan mundur dari jabatannya sembari menunggu persidangan kasusnya.Slipper yang telah menikah itu dituntut oleh seorang mantan stafnya, James Ashby, atas tuduhan pelecehan seksual. Asbhy, seorang pria ber-umur 33 tahun, mengaku dirinya kerap menerima pesan singkat tidak senonoh, pendekatan-pendekatan seks tak diinginkan, dan komentar-komentar mesum dari Slipper antara Januari dan Maret tahun ini.Slipper saat ini juga sedang menjalani penyelidikan kepolisian atas tuduhan penyalahgunaan anggaran subsidi layanan taksi. Slipper telah membantah semua tuduhan tersebut, tapi akan tetap men-jalani proses hukum. Pada Minggu (22-4) waktu setempat, Slipper pun mengumumkan pengunduran dirinya, sementara penyelidikan kasus ini berlangsung.“Tuduhan itu termasuk tindakan kriminal dan bisa dikenai hukum sipil. Karena itu, sebaiknya saya mundur dari jabatan ketua parlemen hingga persoalan hukum ini selesai,” kata Slipper seperti dilansir News.com.au, Senin (23-4).“Tuduhan itu tidak benar. Setelah semua penyelidikan selesai dan kebe-naran terungkap, saya akan kembali bertugas sebagai ketua parlemen. Saya sangat menghormati pihak-pihak yang terlibat dalam masalah ini dan sangat berharap agar ini cepat selesai,” kata dia. (u-3)

n REutERs/BEnoIt tEssIER

PeMIlU PRaNCIs. Calon presiden Francois Hollande (tengah) melambaikan tangan kepada para pendukungnya saat kampanye di Quimper, senin (23-4). Hollande memenangkan pemilu presiden putaran pertama dan akan mengikuti putaran kedua melawan presiden prancis nicolas sarkozy.

Organ Tubuh TKI Diduga DicuriJaKaRTa (lampost): Hubungan Indonesia dengan Malaysia terkait tenaga kerja kembali bermasalah. Tiga jenazah tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Nusa Tenggara Barat (NTB) diduga menjadi korban penjualan organ tubuh di Malaysia.

JAKARTA (Lampost): Lagi, Komisi Pemberantasan Korup-si (KPK) menetapkan mantan kepala daerah sebagai tersangka penyimpangan keuangan ne-gara. Kali ini, KPK menaikkan status hukum mantan Wali Kota Cilegon 2005—2010 Aat Syafaat sebagai tersangka. Ia dis-angkakan terlibat dalam kasus korupsi pembangunan Dermaga Cikubang Sari, Kota Cilegon.

“Setelah melakukan penye-lidikan pembangunan Dermaga Cikubang Sari, Pemkot Cilegon, KPK telah meningkatkan ke proses penyidikan, di mana AS ditetapkan sebagai tersangka,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Senin (23-4).

Aat dijerat dengan Pasal 2 atau Pasal 3 UU Pemberantasan Ko-rupsi. Negara diduga mengalami kerugian hingga Rp11 miliar. Aat diduga telah melakukan reka-yasa pemenangan lelang proyek ini. Aat juga telah melakukan penggelembungan harga pem-bangunan dermaga.

Sementara itu, KPK kem-bali menjadwalkan pemeriksaan terhadap Athiyyah Laila, istri

Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum pada Kamis (26-4). Itu merupakan pemang-gilan kedua. Athiyyah mangkir pada pemanggilan pertama, Ju-mat (20-4), dengan alasan orang tuanya sakit. “KPK menjad-walkan minta keterangan yang bersangkutan, Kamis (26-4),” ujar Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta kemarin.

Menurut Johan, Athiyyah dimintai keterangan terkait kasus dugaan korupsi proyek pembangunan pusat olahraga di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sebelumnya, Anas menegaskan ia dan istrinya sama sekali tidak tahu dan tidak terlibat dalam dugaan korupsi Hambalang. Bahkan, Anas per-nah meminta KPK tidak perlu repot mengurusi kasus Hamba-lang karena kasus itu hanya isu, ocehan, dan karangan.

Athiyyah diperiksa terkait dengan posisinya sebagai man-tan komisaris PT Dutasari Ci-tralaras, perusahaan subkon-traktor PT Adhi Karya yang menangani proyek Hambalang senilai Rp1,52 triliun. (u-3)

pENYiMpaNGaN aNGGaraN

Mantan Wali Kota CilegonJadi Tersangka Korupsi

praNCiS

Hollande dan Sarkozy ke Pilpres Putaran II

BriMOB VS KOSTraD

Danrem dan Kapolda Tangani Bentrokan

GENG MOTOr

Penyidikan Polisi Diskriminatif

KUNJUNGaN Dpr

Komisi I Mengaku Berwisata di Afrika

n antaRa/pRasEtYo utomo

Ketua Komisi Yudisial (KY) Erman suparman (kanan) dan Komisioner KY taufiqurrahman (kiri) selaku angota tim penguji mengajukan pertanyaan kepada hakim pengadilan tinggi manado, andreas Don Rade, saat seleksi hakim agung di Komisi Yudisial (KY), Jakarta, senin (23-4). sebanyak 45 calon hakim agung mengikuti seleksi wawancara terbuka dari 23 april—3 mei 2012.

Seleksi Hakim Agung

Page 6: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

Dalam rangka peringatan HUT ke-66 Persit Kartika Candra Kirana Korem 043/Gatam itu,

digelar lomba ketangkasan becak gem-bira. “Acara ini bertujuan me nguatkan rasa persatuan antara TNI dan rakyat,” kata Komandan Korem 043/Gatam Kolonel Czi. Amalsyah Tarmizi di ten-gah para penarik becak.

Amalsyah menyatakan sudah men-jadi tugas TNI untuk selalu dekat dengan rakyat. Dia ingin semua rakyat merasakan kegembiraan tanpa ada yang membedakan. Untuk itu, dalam rangka mewujudkan kegembiraan itu diadakan lomba antartukang becak di Bandar Lampung.

Ada dua jenis perlombaan, yakni lom-ba kecepatan dan lomba ketangkasan. Sedikitnya 209 tukang becak ambil bagian dalam perlombaan ini, pada adu kecepatan peserta saling berpacu meng-ayuh becaknya dengan jarak sekitar 500 meter. Yang memenangkan lomba ini mendapatkan hadiah pertama berupa satu ekor kambing dan 50 kg beras.

Sedangkan pada lomba ketangkasan, peserta diharuskan melakukan atraksi melewati rintangan dengan memasang lima ban berjejer, masing-masing de-

ngan jarak sekitar 3 meter. Peserta harus melewati rintangan itu cukup menggunakan dua roda becaknya.

Pada adu kecepatan, Rahmat Haryadi (25) berhak menggondol hadiah utama.

“Seneng banget Mas dapat kambing, tetapi saya belum tahu mau diapakan kambing ini, saya berharap acara se-perti ini diadakan tiap tahun karena bisa menjadi ajang kumpul-kumpul sesama tukang becak,” ujar pria yang sudah 2 tahun mengayuh becak ini. “Saya ber-terima kasih sama Pak Amalsyah karena mengundang kami di acara ini, semoga kebersamaan antara TNI dan rakyat tetap terjaga selamanya,” kata Rahmat.

Selain Rahmat, juara kedua dalam lomba adu cepat becak diraih Hendro dan berhak atas dua pasang ayam dan 30 kg beras, juara ketiga diraih David yang memperoleh satu pasang ayam dan 20 kg beras.

Sementara itu, pada lomba adu ketangkasan, juara pertama diraih Ika dengan memperoleh 50 kg beras, juara kedua Widodo memperoleh 30 kg beras, dan juara ketiga Usman memperoleh 20 kg beras. Sedangkan seluruh tukang becak yang hadir dalam acara tersebut menerima satu paket sembako untuk dibawa pulang. (MG7/K-3)

Advertorial I 6selasa, 24 april 2012 laMpunG post

aya berharap acara seperti ini diadakan tiap

tahun karena bisa menjadi ajang kumpul-kumpul sesama tukang becak

S

rahmat

Kolonel Czi. Amalsyah Tarmizi Membuat Rakyat Tersenyum

MEWUJUDKAN kemanunggalan TNI dengan rakyat, Korem 043/Gatam menggelar

olahraga bersama ratusan tukang becak se-Bandar Lampung, di lapangan Saburai,

Enggal, Bandar Lampung, Minggu (22-4).

Amalsyah menegaskan prajurit TNI harus peduli dan melindungi rakyat sehingga kemanunggalan dapat terwujud, seperti yang dirumuskan dalam delapan Wajib TNI, yaitu prajurit harus:

1. Bersikap ramah tamah terhadap rakyat, 2. Bersikap sopan santun terhadap rakyat, 3. Menjunjung tinggi kehormatan wanita, 4. Menjaga kehormatan diri di muka umum, 5. Senantiasa menjadi contoh dalam sikap dan kesederhanaan, 6. Tidak sekali-kali merugikan rakyat, 7. Tidak sekali-kali menakuti dan menyakiti hati rakyat, 8. Menjadi contoh dan memelopori usaha usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Kania RiffiantiKartika Candra Kirana Korem 043/Gatam

Page 7: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

Hal tersebut disampaikan Kepala LP Way Gelang M. Latif Saefudin yang didampingi Kepala Seksi Bimbingan Nasir M. Dani, Senin (23-4). Menurut Latif, daftar pen-duduk potensial pemilih pemilu (DP4) yang dibuat Pemkab Tang-gamus itu tidak ada satu pun warga binaannya yang didata. “Sampai sekarang tidak ada pendataan un-tuk pemilih pilkada. Kalau nanti ada, ya tidak masalah. Silakan saja datang. Kalau tidak ada juga tidak masalah,” kata Latif.

Sedangkan Nasir mengatakan jumlah napi di LP Way Gelang se-banyak 324 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 16 napi masih di bawah umur sehingga tidak mempunyai hak pilih. “Jumlah ini tidak pasti. Karena ada saja warga binaan yang bertambah. Tapi umumnya para warga binaan ini berasal dari kecamatan-kecamatan yang ada di Tanggamus,” kata dia.

Setiap pilkada dan pemilu, menu-rut Latif, pihak LP Way Gelang selalu menggelar pemungutan suara. “Untuk pilkada September mendatang, kami sudah siap untuk kembali menyelenggarakan pemu-ngutan suara di sini. Biasanya TPS di LP akan menginduk TPS di pekon Way Gelang dan masuk Kecamatan Kotaagung Barat,” kata dia.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tanggamus Bambang Prahoro mengatakan pihaknya sengaja tidak mendata warga LP Way Gelang untuk dimasukkan dalam DP4. “Untuk napi tidak masuk dalam DP4 karena data itu sifatnya hanya data kependudukan. Nanti PPS yang ada di tiap pekon akan mengecek dan memverif ikasi DP4 itu kembali. Mereka akan mendata terkait dengan domisili

warga di pekon masing-masing,” kata Bambang.

Menurut Bambang, pendataan dari tiap pekon itu akan memasuk-kan seluruh warga yang punya hak pilih, termasuk warganya yang menghuni LP Way Gelang. “Mere-ka memang tidak masuk DP4, tapi masuk ke DPS dan daftar pemilih tetap. Dan itu kewenangan KPU,” kata Bambang.

Lokasi TPSSementara itu, KPU Tangga-

mus memperkirakan akan mem-bangun 920 tempat pemungutan suara (TPS) di 302 pekon atau kelurahan se-Kabupaten Tang-gamus. Satu TPS rencananya dapat menampung sekitar 600 pemilih tetap.

Kepala Subbagian Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat (Hupmas) KPU Tanggamus Joni Repi, kemarin, mengatakan jum-lah TPS tersebut baru pemetaan sementara. “Perkiraan semen-tara sebanyak 920 TPS. Ini masih pemetaan sementara. Memang saat ini kami sedang melakukan pemutakhiran DP4,” kata Joni, di sela-sela acara peluncuran Pilkada 2012.

Menurut Joni, penetapan lokasi dan jumlah TPS akan dilakukan bersama dengan pemutakhiran data pemilih. “Kepastian jumlah TPS ditetapkan pada Agustus, se-telah penetapan DPT,” kata Joni.

Sebab, pada saat itu data DPT akan digunakan untuk penyedia-an logistik pemilu bupati dan wakil bupati, seperti kotak suara, surat suara, dan peralatan lainnya. Sehingga KPU mempunyai waktu empat bulan untuk penetapan DPT, pementukan TPS, dan pe-ngadaan logistik. (UTI/*/U-3)

I 7selasa, 24 april 2012 lampung post

liNTaSDemokrat lambar Masih Tunggu Hasil SurveiLIWA—penentuan calon bupati dan calon wakil bupati yang akan diusung partai Demokrat pada pemilihan kepala daerah Kabupaten lampung Barat 27 september, masih menunggu hasil survei.Ketua DpC partai Demokrat lampung Barat s.W. sundari, senin (23-4), mengatakan saat ini lembaga survei bakal calon bupati dan wakil bupati dari partai Demokrat tengah bekerja. Hasilnya akan menjadi salah satu rujukan untuk menentukan siapa dari empat calon bupati dan tiga calon wakil bupati yang mendaftar di Demokrat untuk di-usung dalam pilkada lambar. “saat ini dilakukan survei. Hasil survei menjadi rujukan. Kami sendiri tidak tahu siapa yang menyurvei, dan siapa saja yang disurvei,” kata sundari.menurut sundari, proses penentuan calon bupati dan wakil bu-pati oleh partai Demokrat merupakan yang teralot dibandingkan partai-partai lainnya, mengingat untuk calon bupati terdapat empat kandidat, antara lain Juwilir syam, Fahrurrozi, Firmanyani, dan calon petahana mukhlis Basri. (*/U-3)

Gabungan Nelayan Dukung Cawabup Jon EdwarLIWA—Dukungan terhadap calon wakil bupati lampung Barat Jon Edwar terus bertambah. Dukungan kepada Jon Edwar yang mendaftar di pDIp ini disampaikan gabungan nelayan dan pengelola perikanan pesisir (gnp3) lampung Barat (lambar).Ketua gnp3 lambar Kadaruzzaman, senin (23-4), mengatakan saat ini jumlah nelayan dan pengelola perikanan di wilayah pesisir Krui mencapai 4.000 orang. “seluruh anggota sepakat untuk mendukung pak Jon Edwar. Kami menilai hanya pak Jon Edwar yang selama ini mendukung kami dan mengabdikan dirinya untuk pembangunan lampung Barat,” kata Kadaruzzaman.atas dasar hal itu, pria yang biasa dipanggil maman itu berharap pDIp segera menetapkan Jon Edwar sebagai calon wakil bupati men-dampingi mukhlis Basri. “Dukungan masyarakat lambar pada pilkada mendatang bukan hanya melihat sosok balonbupnya saja, tetapi juga akan melihat siapa yang menjadi pasangan,” kata maman. (*/U-3)

Napi Tidak Masuk Data PemilihKOTaaGUNG (lampost): Pemkab Tanggamus tidak memasukkan narapidana yang menghuni lembaga Pemasyarakatan (lP) Way Gelang dalam daftar pemilih sementara pilkada.

KOTAAGUNG (Lampost): KPU Tanggamus, Senin (23-4), secara resmi memulai tahapan pilkada 27 September mendatang. Na-mun, peresmian di gedung PKK itu tidak dihadiri Bupati Tang-gamus yang juga calon bupati petahana Bambang Kurniawan.

Peresmian ditandai dengan penglepasan bakal calon (balon) oleh Ketua KPU Tanggamus Her-fan Zaili, Sekretaris Kabupaten Tanggamus Gunawan Tarwin Wiyatna, dan Kepala Satuan Intelijen Polres Tanggamus AKP Dencik. Hadir juga sejumlah camat, lurah, dan kepala pekon, serta tokoh masyarakat.

Ketua KPU Tanggamus Her-fan Zaili mengatakan pelun-curuan pilkada itu merupakan acara yang dikemas khusus untuk memberitahu masyarakat bahwa Kabupaten Tanggamus meng-gelar hajatan demokrasi memilih

bupati dan wakil bupati periode 2013—2018. Tahapan Pilkada Tanggamus sendiri telah dimulai sejak 21 Maret yang lalu.

“Diharapkan dalam pilkada ini adalah kesadaran semua pihak untuk melaksanakan dan me-mahami peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga pemilihan bupati dan wakil bu-pati berjalan sesuai harapan baik koridor hukum maupun demokrasi,” kata Herfan.

Menurut dia, perlu kerja sama antara KPU, Panwaslu, partai poli-tik, calon beserta tim suksesnya, aparat keamanan, termasuk me-dia massa, dan masyarakat.

Sement a ra it u, Ba mba ng Kurniawan, yang menyampaikan sambutan tertulis dan dibaca-kan Sekkab Gunawan Tarwin, menyatakan memberikan apre-siasi atas diselenggarakannya peluncuran pilkada. Menurut

Bambang, peluncuran pilkada besar manfaatnya memberitahu masyarakat Tanggamus tentang hajat demokrasi di daerah ini untuk memilih pemimpin Tang-gamus lima tahun ke depan.

“Segala sesuatunya harus disiap-kan secara baik. Pihak yang terlibat secara teknis juga harus punya persiapan matang agar pilkada ini berlangsung sukses agar pemba-ngunan di Tanggamus juga berha-sil,” kata Bambang. (UTI/U-3)

TULANGBAWANG (Lampost): Partai Nasional Benteng Kemerde­kaan Indonesia (PNBKI) meng­ingatkan lagi dukungannya untuk calon bupati Tulangbawang, Frans Agung Mula Putra.

Ketua DPC PNBKI Tulang­bawang Hamzah, Senin (23­4), mengatakan DPP PNBKI telah menetapkan untuk mengusung Frans Agung Mula Putra seba­gai calon bupati Tulangbawang sejak 31 Maret lalu. DPC PN­BKI, menurut Hamzah, juga telah menyosialisasikan hal ini kepada kader­kadernya.

Hamzah mengatakan ber­dasarkan SK DPP PNBKI itu, Frans diserahkan penuh untuk mencari calon wakil bupati. “Siap memberikan kebijakan penuh kepada calon bupati (Frans, red) untuk mencari atau menentukan calon wakil bupati sesuai dengan pilihannya,” kata Hamzah.

Dia juga mengatakan DPC PNBKI siap memenangkan Frans dalam pilkada yang dige­lar 27 September mendatang.

Pengusungan Frans didasarkan SK DPP PNBKI Nomor SK­1339/DPP­PNBKI/KPTS/XI/2012 dengan merujuk surat dari DPD PNBKI Provinsi Lampung tang­gal 9 Januari 2012 Nomor 129/DPD­PNBKI/08/Int/I/2012 ten­tang Permohonan Rekomen­dasi Penetapan dan Pengesahan Calon Bupati Tulangbawang.

Terkait alasan mengusung Frans, Hamzah mengatakan Frans memiliki komitmen untuk membangun daerah. Frans juga putra dari Bupati Tulangbawang Abdurrachman Sarbini.

Selain PNBKI, Frans juga didukung enam partai politik lainnya, yakni PAN, PBR, PP­NUI, PPP, PBB, dan PPI.

Sedangkan Ketua DPC PBR Tuba Bandarsyah mengatakan kader PBR tidak meragukan lagi sosok Frans Agung yang siap untuk membangun, memajukan, dan menyejahterakan masyarakat Tulangbawang. “Doa adalah modal utama dalam perjuangan,” kata Bandarsyah. (UNA/U-3)

n LAMPUNG POST/SAYUTI

PERESMIAN PILKADA TANGGAMUS. Ketua KPU Tanggamus Herfan Zaili dan Sekretaris Kabupaten Tanggamus Gunawan Tarwin Wiyatna, Senin (23-4), melepaskan balon ke udara sebagai tanda peresmian Pilkada Tanggamus.

TULANGBAWANG

PNBKI Ingatkan LagiDukungan untuk Frans

TANGGAMUS

Bupati Tak Hadiri Peresmian Tahapan

Page 8: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

SIAPA MENGAPA

Tak Boleh Bicara LagiASISTEN Pidana Khusus (Aspidus) Ke-

jaksaan Tinggi (Kejati) Lampung Teguh

mengakui saat ini dia tidak boleh lagi ber-

bicara kepada publik—wartawan—sete-

lah Kepala Kejati dijabat Pohan Lasphi.

Sebelumnya memang dia sering mem-

berikan informasi terkait kasus-kasus yang

ditangani Kejati, tetapi perubahan

harus terjadi mengingat atasannya

yang baru tidak memberikan we-

wenangnya lagi. “Ya, sejak Kajati

baru,” kata Teguh di ruang ker-

janya, Senin (23-4).

Dia meminta maaf kepada

publik yang mencari informasi dari Kejati, terutama kepada

wartawan, akibat keterangan yang tidak bisa keluar darinya.

“Maafkan saya bukan tidak mau ditelepon, melainkan ada ke-

bijakan pimpinan seperti itu,” ujar Teguh.

Menurut Teguh, sebelumnya situasi tidak seperti sekarang

ini. Dia biasanya berbicara ke publik, terutama kepada war-

tawan. Ada apa? Tanya wartawan, Teguh menegaskan hal itu

wewenang pimpinan.

Namun, belakangan ini kasus-kasus korupsi yang harusnya

disampaikan Aspidsus ternyata diungkapkan Asisten Inteli-

jen (Asintel) Kejati Sarjono Turin kepada wartawan. “Banyak

kawan-kawan itu telepon saya, tetapi gimana jawabnya,

sekarang ini kalau mau meminta keterangan harus langsung

ke Kajati. Kalau tidak, Kepala Seksi (Kasi) Penerangan dan

Hukum (Penkum),” kata Teguh. (MG6/U-2)

WAT-WAT GAWOH

Kontes Perang Janggut INJI rupani gunani jangguk (Ini rupanya manfaat janggut).

Pria-pria di Kota Brussels, Belgia, tampil dengan kumis dan

janggutnya yang , unik. Mereka mengikuti kontes perang

janggut. Pria dengan janggut terbaik dan terunik akan men-

jadi pemenang di kompetisi itu.

Seorang pria yang bernama Jef menjadi pemenang. Jef

memiliki akar janggut yang membentang hingga ke pipinya.

Janggut yang tumbuh di pipi Jef dibentuk sedemikian rupa

sehingga tampak kumis bergelombang. Demikian seperti

diberitakan Daily Mail, Senin (23-4).

Kontestan lain muncul dengan kumis-kumis unik dan jang-

gut membentang. Mereka terlihat bak tokoh dalam fi lm-fi lm

kartun dan berpose. Meskipun demikian, janggut dan kumis

Jef yang paling unik dan terdefi nisi.

Norwegia juga sempat menggelar kontes janggut unik yang

dimenangkan seorang wa-

rga Jerman, Elmar Weisser.

Janggut yang dimiliki Weis-

ser jauh lebih unik diband-

ing janggut-janggut pria

Belgia. Janggut Weisser

dibentuk menyerupai rusa

dan bendera Norwegia.

Weisser mengalahkan 165

pesaing dari 15 negara.

Pria berusia 47 tahun itu juga sudah pernah mengikuti kom-

petisi yang sama di negaranya. Weisser mengakui janggutnya

memang sangat panjang bahkan mencapai pinggangnya.

Reno dia, kintu keti terok turuk lomba jangguk (Begitu, ba-

rangkali saja Anda berminat ikut lomba janggut). (U-2)

I 8SELASA, 24 APRIL 2012 www.lampungpostcomTerbit Sejak 1974 Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693 Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

DP. RAHARJO

DOK. LAMPUNG POST

Kalau tidak dilibatkan, kami akan ajukan

mosi tidak percaya kepada DPP. Kalau tetap dipaksakan, akan terjadi munaslub.

SUKADANA (Lampost): Ra pat paripurna DPRD Lampung Timur kemarin menetapkan Plt. Bupati Lamtim Erwin Ari-fi n menjadi Bupati Lampung Timur sampai 2015.

Erwin yang sebelumnya adalah wakil bupati Lampung Timur ditetapkan sebagai bupati menggantikan Satono yang divonis 15 tahun oleh Mahkamah Agung karena kasus pengalihan dana APBD Rp119 miliar ke PT BPR Tri-panca Setiadana.

Para anggota Dewan juga mem i nt a a g a r Menda g r i segera melantik Erwin seba-gai bupati definitif dengan alasan kondisi pemerintahan di kabupaten itu mulai sem-rawut. “Kami semua sangat mendukung secepatnya agar Pa k Er w in di lant ik,” kata Suminto, anggota DPRD Lam-tim dari Fraksi Golkar.

Rapat paripurna kemarin dihadiri 43 dari 45 anggota

Dewan yang ada di Lampung Timur. Erwin Arifi n dan se-jumlah pejabat setempat juga hadir, termasuk para camat.

Setela h Er w in di lant i k, Lampung Timur harus memi-liki wakil bupati karena masa jabatan Erwin masih lebih dari 18 bulan. Salah seorang anggota DPRD yang enggan disebut namanya menyebut-kan ada empat nama yang muncul sebagai calon wakil bupati mendampingi Erwin Arifi n, yaitu Azwarhadi (Gol-kar), Prio Budiutomo (PKS), Zaiful Bukhori (Demokrat), dan Sumartono (PAN).

Dihubungi sebelumnya, Er-win yang maju bersama Satono melalui jalur independen men-gatakan akan memilih wakil bupati. “Dalam aturan disebut-kan untuk masa jabat an yang lebih dari 18 bulan diperlukan wakil bupati. Saya akan patuhi hal ini,” kata Erwin, Selasa (17-4). (GUS/R-2)

SUKSESI

DPRD Lamtim TetapkanErwin sebagai Bupati

Setelah sejumlah fung sio-naris partai serta Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) Partai Golkar Akbar Tandjung mem-pertanyakan urgensi memaju-kan rapimnas dari Oktober ke Juli, kini muncul desakan dari DPD II Golkar agar diikutkan sebagai peserta dalam rapim-nasus itu.

DPD II Golkar membentuk Forum Silaturahmi DPD II Gol-kar se-Indonesia yang diketuai Ketua Golkar Kota Banda Aceh Muntasie Hamid. Menurut Mun-tasie, DPD II Golkar memin ta dilibatkan dalam rapim nasus. Ji ka tetap t ida k d i l ibat ka n, DPD II mendesak dilakukan musyawarah nasional luar biasa (munaslub) Golkar.

“Sekarang terjadi pemaksa an kehendak karena ingin mem-percepat rapimnas dengan tidak melibatkan DPD II. Ini akan men i mbu l k a n per pe c a h a n terbesar di internal Golkar,” kata Muntasie, Senin (23-4).

Pelibatan DPD II Golkar da-lam rapimnasus sejalan dengan AD/ART Golkar. Alasannya, su-ara Golkar adalah suara rakyat, sedangkan suara rakyat ada di DPD II. “Kalau tidak dilibatkan kami akan ajukan mosi tidak percaya kepada DPP. Ka lau tetap dipaksa kan, akan terjadi munaslub.”

Muntasie juga meminta Ical introspeksi diri dalam meng-urus partai. “Banyak janji belum ditepati. Jangan keburu ingin menjadi presiden,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPD I Golkar Lampung Alzier Dianis Th abranie mempertanya-kan forum yang dipimpin Mun-tasie dan ancamannya mengge-lar munaslub. Dia menegaskan forum itu tidak diatur dalam AD/ART Golkar. “Itu forum bodong.

A ncaman itu t idak bermutu sehingga DPP Golkar tidak akan takut,” kata Alzier kemarin.

Mengenai tuntutan agar DPD II diikutkan dalam rapimnasus, Alzier menanyakan dasar tun-tutan itu. Dalam aturan organi-sasi, katanya, peserta rapimnas adalah DPD I, sedangkan DPD II sebagai peninjau. Mereka yang mempermasalahkan itu dinilainya tidak mengerti aturan organisasi.

Ia juga menilai tidak benar jika A kbar beralasan bahwa Wantim tidak dilibatkan dalam penetapan capres Golkar pada rapimnasus. Dalam Rapimnas Golkar 2011, telah diputuskan Ical sebagai capres dan dikukuh-kan dalam rapimnasus 2012 setelah dilakukan survei.

Seribu KaliWa k i l Sekjen DPP Gol ka r

Ahmad Doli Kurnia berharap agar DPP Golkar lebih mening-katkan soliditas partai ketim-bang memaksakan percepatan rapimnasus. Selain itu, perlu diinisiasi pertemuan informal antara Ical, Akbar, dan Jusuf Kalla untuk membahas kondisi internal partai.

Seharusnya, kata dia, dilaku-kan pertemuan DPD II yang mewa k i l i aspirasi desa da n kecamatan dengan DPD I, DPP, Wantim, serta senior partai. Dari pertemuan itu bisa diinventari-sasi masalah dalam Golkar saat ini. (MI/U-2)

JAKARTA (Lampost): Meskipun Presiden Susilo Bambang Yudho-yono memerintahkan PT Mina-rak Lapindo Jaya (MLJ) mem-bayar ganti rugi kepada korban lumpur Lapindo paling lambat Juni 2012, MLJ menyatakan baru mampu melakukan hal itu pada Desember mendatang.

Vice President MLJ Andi Da-rusalam Tabusala menegaskan itu saat pertemuan Pansus Lu mpu r DPR D Kabupaten Sidoarjo, Jatim, dengan PT MLJ di Sidoarjo, Senin (23-4). Dalam pertemuan itu, perwakilan war-ga menuntut ganti rugi tetap dilunasi Juni mendatang.

Terkait desakan warga, Andi mengaku masih mencari cara,

bagaimana agar percepatan ganti rugi itu bisa dilakukan. Andi pun meminta waktu kepada warga hingga 27 April mendatang un-tuk mengonsolidasikan hal ini dengan keluarga Bakrie.

“Kalau ditanya apa yang akan kami lakukan setelah permo-honan pinjaman ke Bank Jatim ditolak. Kami jawab segera melakukan konsolidasi dan kajian-kajian,” kata Andi.

Konsolidasi dilakukan untuk menghitung berapa cash fl ow yang saat ini dimiliki guna melakukan percepatan pem-bayaran itu. Dalam pertemuan itu, Andi sempat memaparkan niat MLJ menjual salah satu aset perusahaan milik Bakrie. Hanya

saja alternatif itu tidak bisa di-lakukan dalam waktu cepat.

Sunarto, salah seorang per-wakilan warga, dalam pertemuan itu mengatakan apabila MLJ kesulitan cash fl ow seharusnya pemerintah turun tangan mem-bantu mencarikan pinjaman.

Ketua Pansus Lumpur DPRD Sidoarjo Emir Firdaus menyata-kan rapat dengar pendapat pa nsus lu mpur denga n PT MLJ mencapai kesepakatan untuk menunggu kabar dari konsolidasi PT MLJ 27 April mendatang. Namun, warga menyatakan tetap bersiap ke Jakarta apabila hasil konsoli-dasi itu tidak menguntungkan mereka. (MI/U-2)

Perseteruan Golkar kian Tajam

LUMPUR SIDOARJO

Lapindo Masih Harus Konsolidasi

JAKARTA (Lampost): Perseteruan internal Partai

Golkar kian tajam menghadapi rapat pimpinan

nasional khusus (rapimnasus) partai itu pada Juli

dengan agenda penetapan Ketua Umum Golkar

Aburizal Bakrie atau Ical sebagai calon presiden.

JAKARTA (Lampost): Badan Koordinasi Penanaman Mo-dal (BKPM) mencatat realisasi penanaman modal (investasi langsung) pada kuartal I 2012 mencapai Rp71,2 triliun. Jumlah tersebut meningkat 32,5% ketim-bang investasi di kuartal I tahun lalu yang hanya Rp53,6 triliun.

Kepala BKPM Gita Wirjawan menjelaskan realisasi investa-si tersebut berasal dari pe-nanaman modal dalam negeri (PMDN) Rp19,7 triliun (naik 39,7%) dan penanaman modal asing (PMA) Rp51,5 triliun (naik 30,3% dan tertinggi sepan jang sejarah).

Bukan cuma naik, sebaran inves tasi pun mulai merata ke se-

luruh wilayah. “Realisasi investasi di luar Jawa hampir mendekati separuh dari total realisasi inves-tasi pada periode ini,” kata Gita di kantor BKPM kemarin.

Realisasi investasi di luar Jawa mencapai Rp33,6 triliun atau 47,2% dari seluruh realisasi inves tasi. Jika dibandingkan de-ngan periode yang sama tahun lalu yang sebesar 44,2%, porsi realisasi investasi di luar Jawa meningkat Rp9,9 triliun (41,8%).

Sedangkan di Pulau Jawa, realisasi investasi mencapai Rp37,6 triliun atau 52,8%. Gita mengungkapkan realisasi inves-tasi di Pulau Jawa masih lebih besar daripada di luar Pulau Jawa. “Tetapi, kami yakin de-

ngan percepatan pembangu-nan infrastruktur, termasuk penyediaan listrik dan gas, akan terjadi peningkatan dan penye-baran investasi yang lebih besar di masa mendatang,” ujar dia.

Dari sisi sebaran, menunjuk-kan realisasi PMDN didomi-nasi Provinsi Jawa Timur (Rp3,8 triliun) dan DKI Jakarta (Rp3,1 triliun). Sedangkan investor asing memilih DKI Jakarta dan Jawa Barat sebagai daerah PMA dengan nilai 1,2 miliar dolar AS dan 1,1 miliar dolar AS.

Untuk sektor usaha, baik PMDN dan PMA masih men-jadikan sektor pertambangan sebagai wilayah paling me-narik. (U-2)

DUNIA USAHA

Realisasi Investasi Meningkat 32,5%

ANTARA/ISMAR PATRIZKI

REALISASI INVESTASI. Dua pekerja membersihkan ornamen pada gedung tinggi di kawasan pusat niaga terpadu, SCBD, Jakarta, Senin (23-4). Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi proyek penanaman modal pada triwulan I 2012 senilai Rp71,2 triliun, atau meningkat sebesar 32,5% dibandingkan dengan realisasi periode yang sama pada 2011.

ANTARA/Andika Wahyu

Terdakwa kasus suap cek pelawat, Nunun Nurbaeti, dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (23-4). Tim jaksa menuntut Nunun Nurbaeti, yang juga istri mantan Wakapolri Adang Daradjatun, dengan hukuman 4 tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider 4 bulan penjara. JAKSA...Hlm. 1

Nunun Nurbaeti Dituntut 4 Tahun

Page 9: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

Selama Apri l, penyerapan

pupuk hanya mencapai 55% atau

sebesar 15.315 ton. Padahal,

PT Pusri PPD Lampung meng-

alokasikan sebanyak 30 ribu ton

dan kebutuhan diperkirakan

mencapai 27 ribu ton.

Sementara itu, untuk mem-

bantu petani meningkatkan

produksi pertanian, PT Pusri

PPD Lampung kembali menya-

l u r k a n p r o g r a m b a n t u a n

Gerak an Peningkatan Produksi

Pa ngan Berbasis Korporasi

(GP3K).

Kepala PT Pusri PPD Lampung

Hairul Lizano, Senin (23-4),

mengatakan penyerapan urea

bersubsidi di Lampung cen-

derung semakin turun. Hal ini

disebabkan banyak petani yang

memasuki musim panen. Selain

itu, saat ini juga sudah memasuki

musim kemarau sehingga petani

tidak melakukan pemupukan.

Kondisi musim ini menyebabkan

petani yang mengambil jatah

alokasi urea bersubsidi hanyalah

petani yang mengandalkan iri-

gasi teknis.

“Penurunan penyerapan ini

dikhawatirkan mengganggu

produksi pertanian, apalagi kita

harus meningkatkan produk-

si dan mempertahankan ke-

tahanan pangan,” kata Hairul.

Adapun sisa alokasi urea ber-

subsidi pada April ini masih

tersisa 12 ribu ton. Sedangkan

realisasi penyaluran urea ber-

subsidi Januari hingga 23 April

kemarin mencapai 66%. Atau

sebesar 102.619 ton dari alokasi

pada periode tersebut sebesar

154.195 ton.

Pupuk IndonesiaSementara itu, PT Pusri PPD

Lampung kembali menyalurkan

program GP3K tahap kedua. Pe-

nyaluran tahap kedua ini direali-

sa sikan sebesar Rp1.170 miliar

kepada 906 petani. Adapun ban-

tuan GP3K ini diberikan kepada

delapan kios pengecer yang ada

di Kabupaten Lampung Tengah,

luas areal yang mendapatkan

bantuan seluas 936,75 hektare.

Pemberian program ini, kata

Hairul, terbukti mampu mening-

katka n produ ksi per ta nia n

sebe sar 1—1,5 ton per hektare.

Peningkatan ini dialami petani

di Lampung Timur yang sebe-

lumnya telah menerima bantuan

program GP3K.

Tidak hanya memberikan

bantuan, Pusri juga memantau

perkembangan pemberian ban-

tuan untuk meningkatkan hasil

produksi. Selain itu, PT Pusri

bekerja sama dengan Bulog juga

mengawal hasil produksi perta-

nian dengan harga pasar yang

berlaku saat itu.

Meny inggung peruba ha n

nama PT Pupuk Sriwidjaja Hold-

ing menjadi PT Pupuk Indonesia

Holding Company, kata Hairul,

rencananya berlaku mulai 1

Mei 2012. Dengan perubahan

ini, hanya ada satu merek urea

bersubsidi, yakni pupuk Indo-

nesia. (WIN/E-1)

I 9

Air menjadi salah satu unsur terpenting dalam budi daya pertanian. Hlm. 10

Pelaksanaan ujian nasional (UN) SMP pada hari pertama, Senin (23-4), di Bandar Lam-pung, secara umum berlang-sung lancar meskipun terjadi tertukarnya soal ujian. Hlm. 15 SELASA, 24 APRIL 2012 LAMPUNG POST

KLIK

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

KURS JUAL KURS BELI

DOLLAR KANADA (CAD)

KURS JUAL KURS BELI

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD)

KURS JUAL KURS BELI

KOMODITAS LOKASI SENTRA HARGA (Rp/Kg)YEN JEPANG (JPY) 100

KURS JUAL KURS BELI

DOLLAR SINGAPURA (SGD)

KURS JUAL KURS BELI

EURO (EUR)

KURS JUAL KURS BELI

DOLLAR AMERIKA (USD)

KURS JUAL KURS BELI

DOLLAR HONGKONG (HKD)

KURS JUAL KURS BELI

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL KURS BELI

Inde

ks V

ALU

TA A

SIN

G

Inde

ks K

OM

OD

ITA

S

per Senin, 23 April 2012 Sumber Bank Indonesia per Senin, 23 April 2012 Sumber: Bappebti-Kementerian Perdagangan

Minyak Kelapa Bitung 11.827

Kopi Arabika Medan 0

Kopi Robusta Lampung 19.247Karet TSR 20 Palembang 33.108Lada Hitam Lampung 51.869Lada Putih Pangkalpinang 82.903Jagung (kering) Lampung 1.732

CPO Medan 10.046

Kakao Makassar 16.582

11.908,51 10.670,93 9.684,00 8.684,00

9.743,43 8.734,66 7.758,99 6.954,09 1.247,94 1.118,93

7.917,64 7.082,67 12.778,04 11.455,06 15.608,67 13.994,27

10.017,13 8.979,26

‘‘Penurunan penyerapan ini dikhawatirkan mengganggu produksi pertanian, apalagi kita harus meningkatkan produksi dan mempertahankan ketahanan pangan.

EkonomiBisnis

50 Unit Ertiga Terpesan di Lampung BANDAR LAMPUNG̶Suzuki Lampung optimistis mampu menjual Ertiga 100 unit/bulan. Meski baru resmi diluncurkan di Lampung 5 Mei mendatang, pemesan Ertiga di Lampung sudah mencapai lebih dari 50 orang. Branch Manager PT Persada Lampung Raya, diler Suzuki di Lam-pung, Teddy Lasaroeddin, Senin (23-4), mengatakan didukung kenyamanan berkendara dan fi tur-fi tur pendukung yang sangat lengkap, pihaknya optimistis Ertiga mampu meraih pasar kend-araan MPV di Lampung. “Harga Ertiga yang terjangkau didukung serangkaian teknologi unggul dan fasilitas kenyamanan lain membuat kami yakin Ertiga mampu meraih pasar yang besar di Lampung,” kata Teddy di sela-sela acara perkenalan Ertiga kemarin.PT Persada Lampung Raya menawarkan harga Ertiga on the road Lampung Rp145,3 juta (Ertiga GA), Rp155,3 juta (Ertiga GL), dan Rp167,3 juta (tipe tertinggi Ertiga GX). “Lampung mendapat jatah 100 unit per bulan, dan saya optimistis jatah tersebut akan mampu terserap seluruhnya,” kata Teddy. Perkenalan Ertiga di Lampung kemarin diisi dengan tur dalam kota bersama sejumlah awak pers di Lampung, sekaligus menjajal kenyamanan dan keiritan Ertiga. (WIN/E-2)

Aturan DP Tak Ganggu Iklim Investasi JAKARTA̶Ketentuan kenaikan batas minimal untuk uang muka atau down payment (DP) pembelian kendaraan dan properti diyakini tak akan memengaruhi tingkat investasi di Indonesia. “Ini kaitannya spending kredit yang agresif tapi mungkin sudah ada pola pikir kenaikan kredit agak sedikit agresif dan harus dikendali-kan, melalui peningkatan jumlah DP, itu wajar dan tidak mengatur eksis investasi,” kata Kepala BKPM Gita Wirjawan di kantor BKPM, Jakarta, Senin (23-4).Selain itu, Gita menyebutkan dengan adanya kenaikan DP kendara-an dan properti ditambah iklim investasi yang meningkat pada triwulan I 2012, justru akan menopang pertumbuhan ekonomi yang lebih sehat. “Investasi menopang ekonomi kita yang sehat ke depan dan tidak perlu bertabrakan kedua hal tersebut,” ujarnya. (E-2)

BANDAR LAMPUNG (Lampost):

PT Bank BRI Syariah memberang-

katkan 100 jemaah umrah ke Ta-

nah Suci, yang terdiri dari Direktur

Utama PT Bank BRI Syariah dan

rombongan pemenang program

Haji Harum (Haji Berhadiah Um-

rah), serta sejumlah wartawan

pemenang lomba penulisan jurna-

listik PT Bank BRI Syariah.

Program umrah bertajuk Um-

rah Bersama BRI Syariah dan

Sahid Tour ini berlangsung selama

9 hari pada 22—30 April 2012.

Pemberangkatan rombongan

ditandai secara simbolis de ngan

penyerahan hadiah paket umrah

oleh Direktur Utama PT Bank

BRI Syariah Moch. Hadi Santoso

kepada Jaya Saputra Ali Basyah

(perwakilan pemenang Haji Ha-

rum yang merupakan nasabah

Tabungan Haji BRI Syariah iB

dari Cabang Cianjur), dan Nuraini

dari harian Republika (perwakil-

an pemenang lomba penulisan

jurnalistik), di Masjid Sahid Jaya

Hotel, Jakarta, Minggu (23-4).

Corporate Communications

Manager PT Bank BRI Syariah

Nanang Wahyudi dalam siaran

persnya, Senin (23-4), menjelaskan

program Harum merupakan pro-

gram haji berhadiah umrah yang

ditujukan untuk nasabah haji yang

sudah terdaftar dan mendapatkan

porsi haji di BRI Syariah selama

periode program.

Mereka adalah nasabah dari

dua produk yang memudahkan

nasabah menunaikan ibadah haji,

yaitu Tabungan Haji BRI Syariah

iB dan produk pembiayaan Dana

Talangan Haji BRI Syariah iB.

Jemaah yang diberangkatkan kali

ini adalah pemenang dari program

periode April—Desember 2011.

Pada 2012 ini, program Haji

Harum juga hadir kembali dengan

periode 1 Januari—31 Desember

2012, bagi nasabah yang mendaf-

tarkan porsi hajinya melalui BRI

Syariah baik secara tunai ataupun

melalui Dana Talangan Haji BRI

Syariah iB. “Pada periode ini, akan

diambil 20 pemenang dari cabang

seluruh Indonesia. Pemenang di-

berangkatkan umrah pada 2013.”

Produk Tabungan Haji BRI Sya-

riah iB yang merupakan produk

simpanan dari PT Bank BRI Sya-

riah untuk calon jemaah haji da-

lam memenuhi kebutuhan setoran

biaya penyelenggaraan ibadah haji

(BPIH) dengan prinsip bagi hasil.

Produk ini aman karena diikutser-

takan dalam program penjaminan

pemerintah dan online dengan

Kementerian Agama RI (Siskohat/

switching BPIH).

Selain itu, produk ini juga me-

nawarkan gratis biaya admi nistrasi

bulanan serta asuransi jiwa dan

kecelakaan diri. Dengan bagi ha-

sil yang kompetitif, pemotong an

zakat dilakukan langsung dari bagi

hasil yang diterima. Nasabah juga

dapat bertransaksi di seluruh ja-

ringan Kantor Cabang BRI Syariah

secara online. (NOV/E-1)

JAKARTA (Lampost): Peng-

alokasian rumah murah bagi

wartawan sama sekali bukan

untuk merusak independensi

wartawan. Hal ini diungkapkan

Deputi Bidang Pembiayaan Ke-

menterian Perumahan Rakyat

(Ke menpera) Sri Hartoyo di

kantor Menpera, Senin (23-4).

“Tujuan kami cuma satu,

untuk kebaikan bersama,” kata

Sri Hartoyo.

Menurut dia, dalam program

rumah murah ini keberadaan

war tawan dilihat dalam kon-

teks pekerja dan memiliki kartu

Jamsostek. Wartawan diper-

lakukan sama dengan para

buruh atau masyarakat lain-

nya. Para wartawan juga akan

diverifi kasi tim. Jika memang

yang bersangkutan memenuhi

persyaratan, sebagaimana calon

pembeli lainnya, mereka akan

mendapatkan rumah tersebut.

Jika tidak, tentu tidak bisa.

“Kan, yang memeriksanya

nanti pihak bank dan yang

mem bangun PT Perumnas,”

ujar Hartoyo.

Program rumah murah bagi

wartawan ini untuk yang per-

tama berlokasi di Citayeum, De-

pok, Jawa Barat. Rumah murah

merupakan rumah umum den-

gan luas lantai 36 meter persegi

dan luas lahan minimal 60 meter

persegi dengan spesifi kasi teknis

tertentu yang diperuntukkan

masyarakat berpenghasilan

rendah (MBR). Program yang

menggunakan KPR ini didu-

kung bantuan fasilitas likuiditas

pembiayaan perumahan, serta

tanpa uang muka.

Meskipun berstatus rumah

murah, rumah ini layak huni,

andal, terjamin kesehatan peng-

huninya, serta memenuhi kecu-

kupan luas minimum. Kesehatan

dalam arti cukup pencahayaan,

penghawaan, kebersihan, dan

sanitasi. Andal maksudnya memi-

liki struktur yang cukup kuat.

Menurut Sri Hartoyo, pro-

gram ini dilatarbelakangi ba-

nyak hal, antara lain kebutuhan

rumah yang terus meningkat.

Pada 2005, kebutuhan itu men-

capai 30 juta unit sehingga

kebutuhan rumah per tahun

mencapai 1,2 juta unit (RPJMN

2010-2014). Jumlah kebutuhan

rumah terus meningkat dari 5,8

juta unit (2004) menjadi 7,4 unit

(2009) sementara pertumbuh-

an keluarga baru setiap tahun

sebesar 700 ribu KK. (HES/E-2)

LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Seorang pedagang cabai merapikan dagangannya di Pasar Cimeng, Telukbetung, Bandar Lampung, Senin (23-4). Pedagang mengaku cabai tersebut dipasok dari Hanura, Pesawaran, dan harganya saat ini turun dari Rp16 ribu menjadi Rp14 ribu/kg.

PROPERTI

Kemenpera Siapkan Rumah Murah Wartawan

PERBANKAN

BRI Syariah Umrahkan Pemenang Haji Harum

BANDAR LAMPUNG (Lampost):

Buntut rakerda Asosiasi Kontraktor

Listrik dan Mekanikal Indonesia

(AKLI) Lampung 10 April lalu yang

menandatangani mosi tidak perca-

ya terhadap peng urus, sebanyak 27

badan usaha jasa konstruksi (BUJK)

sebagai pelaksana jasa konstruksi

bidang elektrikal dan mekanikal,

serta sebagai usaha pemanfaatan

tenaga listrik (UPTL) dicabut kartu

tanda anggota (KTA)-nya.

Akibatnya, 27 BUJK tersebut

menyusul PT Serawai Putra dan

CV Ekasita telah menjadi pihak

yang terlarang mengerjakan peker-

jaan di bidang ketenagalistrikan.

“Jika melanggar terhadap hal terse-

but sesuai UU No. 30 Tahun 2009

tentang Ketenagalistrikan bisa

dikenakan pidana penjara,” kata

Ketua AKLI Lampung Syamsul

Arifi n kemarin.

Syamsul juga mengatakan de-

ngan di cabutnya kartu anggota

tersebut, hak dan kompetensi yang

melekat pada BUJK/UPTL ang-

gota AKLI Lam pung dinyatakan

tidak berlaku lagi.

Untuk itu, kata Syamsul, guna

mencegah terjadinya tindak pidana

dan kerugian masyarakat, AKLI

Lampung mengimbau masyarakat

Lampung untuk tidak mengguna-

kan jasa oknum yang bukan sebagai

UPTL lagi. “AKLI Lampung juga

meminta kepada aparat hukum un-

tuk mengantisipasi dan mencegah

terjadinya tindak pidana di bidang

ketenagalistrikan sebagaimana

diatur dalam UU tersebut beserta

pasal-pasalnya.” (E-1)

ORGANISASI

AKLI Lampung Cabut Izin Operasi 27 BUJK

Penyerapan Urea MenurunBANDAR LAMPUNG (Lampost): Penyerapan urea subsidi pada April 2 012 semakin menurun. Penurunan penyerapan pupuk ini dikhawatirkan memengaruhi produksi pertanian di Lampung.

Harga Cabai Turun

LAMPUNG POST/SONI ELWINA

BANTUAN GP3K. Kepala PT Pusri PPD Lampung menyerahkan bantuan program Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasis Korporasi (GP3K) kepada kios pengecer di Lampung Tengah. Penyerahan GP3K dilakukan di kantor PT Pusri PPD Lampung, Senin (23-4).

ing

se

m

un

atu

ha

fes

Page 10: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

Pendampingan itu berupa penu­runan tim yang terdiri dari satu tenaga ahli dan dua tenaga pen­damping. Tenaga ahli tersebut didatangkan dari Unila, yaitu Novi Rosanti, dosen Fakultas Pertanian. Sedangkan dua tenaga pendam­ping, yaitu Eci Atona dan Ruruh Rumanti, merupakan tenaga pe­nyuluh lapangan.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Koperindagpas Lampung Barat Setiawan Permana men­dampingi Kepala Dinas Zukri

Amin, Kamis (19­4), menyatakan adapun tugas tenaga ahli yang akan mendampingi kelompok tani pengelola program cluster kopi itu, yaitu mengkaji dan meng­identifikasi permasalahan pada pengembangan industri peng­olahan kopi. Kemudian, mening­katkan kemitraan antara petani, industri pengolahan kopi, dan perdagangan kopi bubuk.

Selain itu juga mengupayakan pengembangan sumber daya ma­nusia dalam inovasi dan diversi­

fikasi produk pengolahan kopi. Terakhir, menganalisis kebijakan pemerintah dalam upaya men do­

ro ng pihak perbankan membantu permodalan di sektor industri pengolahan kopi, perdagangan,

maupun produksi. Sementara itu, kata Setiawan,

tugas kedua pendamping itu ialah mengupayakan pengembangan teknologi pengolahan kopi yang dapat menghasilkan produk ber­citarasa terbaik. Peningkatan produksi dan mutu biji kopi robus­ta. Peningkatan omzet pemasaran kopi bubuk di daerah lokal, domes­tik, dan ekspor.

Kemudian meningkatkan ja­ringan kerja sama antarkelompok usaha kecil, menengah, dan be­sar sehingga terbentuk kelem­bagaan usaha industri pengemasan. Mengembangkan dan mengelola areal tanaman kopi secara modern serta mencari peluang dalam rangka peningkatan sarana dan prasarana untuk keperluan industri.

Selain memberikan program pendampingan itu, kata Setiawan,

pemerintah daerah tahun ini juga akan memberikan program ban­tuan pengadaan kemasan. Ban­tuan kemasan ini akan diberikan kepada Gapoktan Hulu Hilir atau kelompok program cluster kopi. Kemudian kelompok kopi tulen di Pekon Sukajaya, Kecamatan Sum­berjaya, serta kelompok wanita tani Melati di Pekon Tribudisyu­kur, Kecamatan Kebuntebu, selaku penghasil gula aren.

Program bantuan kemasan ini sebagai upaya pemerintah ka­bupaten meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan kelom­pok pengelola, baik produk kopi maupun produk gula aren yang dihasilkan kelompok industri tersebut. Salah satu tujuannya membuat kemasan produk lebih menarik sehingga menimbulkan minat konsumen. (ELI/D-3)

Agrobisnis I 10selasa, 24 april 2012 Lampung post

‘‘Keberadaan tim pendamping tersebut untuk meningkatkan kualitas produk kopi olahan yang dihasilkan gapoktan Hulu Hilir di pekon gunungterang.

PRINGSEWU—Air menjadi salah satu unsur terpenting dalam budi daya pertanian. Tanaman atau ternak tak akan maksimal produktivitasnya jika kekurangan air. Apalagi, kini baik musim hujan atau kemarau selalu terjadi krisis air.

Seperti petani di sejumlah kecamatan di Pringsewu yang merasa banyak lahan sawah potensial di daerah itu yang tidak bisa ditanami padi secara maksimal karena terkendala irigasi.

Sa lah seorang yang me­wakili petani setempat, Kisno, menerangkan di Ambarawa terdapat 800 hektare lahan sawah, tetapi terkendalanya air irigasi. “Kami butuh solusi dari pemerintah untuk mencari terobosan mengatasi masalah itu. Kabupaten ini dilalui sungai besar, tapi tak dapat digunakan untuk pertanian,” kata Kisno (56), petani setempat.

Bupati Pringsewu Sujadi Saddat melalui Bappeda setem­pat menjelaskan kepada warga di daerahnya bahwa keberadaan dan pemanfaatkan air di Sungai Sekampung tidak terlepas dari program nasional melalui Di­nas Pekerjaan Umum (PU). Bahkan, ketersediaan air irigasi

masih tidak sebanding dengan luas lahan yang ada, misalnya dari lahan sawah 800 hektare, air yang ada hanya cukup untuk sekitar 300 hektare.

Sejumlah solusi, misalnya membedung atau menyedot air sungai agar airnya bisa dibagi untuk mengairi sawah petani atau cara lainnya. Karena air Sungai Sekampug juga sudah dimanfaatkan untuk irigasi lahan sawah yang skala luasnya lebih besar di bagian hilir.

Keprihatinan atas makin su­litnya air irigasi untuk mengairi sawah itu juga dikemukakan petani di Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Sugeng. “Di sini banyak sungai tetapi sudah pada kering, seperti Sungai Bulok. Bahkan ada sungai yang waktu kecil tempat saya bermain dan berenang, sekarang sudah tidak ada airnya,” katanya.

Apalagi, Lampung termasuk lumbung pangan nasional, dengan memiliki sekitar 530 ribu hektare lahan sawah yang bisa ditanami padi pada musim hujan (rendeng). Selain itu, sekitar sepertiganya yang bisa ditanami padi pada musim kering (gaduh), disesuaikan dengan ketersediaan air atau irigasi yang ada. (ant/D-2)

IRIGASI

Petani Butuh Solusi Hadapi Krisis Air

BA NDAR LA MPU NG—Para petani di sejumlah desa di Provinsi Lampung mengharapkan kembali peranan aktif penyuluh pertanian lapangan (PPL) guna membimbing usaha tani mereka agar berjalan sesuai dengan program dan men­jadi lebih produktif.

“Kami mengharapkan peme­rintah mengaktif kan kembali PPL sampai ke desa­desa agar bisa membimbing petani menjadi lebih produktif,” kata Fahrudin, petani di Desa Kampungbaru, Kecamat­an Punduhpidada, Kabupaten Pesawaran, Minggu (22­4).

Petani yang memiliki sekitar 5 hektare sawah itu mengaku selama ini mendengar sebutan PPL yang ditugaskan membimbing petani, tetapi hingga kini desanya belum pernah mendapat bimbingan petugas pemerintah di bawah Di­

nas Pertanian itu. “Sebaiknya pe­merintah mengaktifkan kembali PPL secara merata hingga desa­desa agar petani tidak berjalan sendiri­sendiri dalam mengolah lahan pertanian dan budi daya.”

Fahrudin menjelaskan masalah cuaca, awal musim tanam yang baik, dan cara budi daya yang tepat akan lebih baik jika petani menda­pat bimbingan dari ahlinya. Tidak seperti selama ini, petani terkesan berjalan sendiri­sendiri.

Dia mencontohkan sebagian besar lahan sawah di Desa Kam­pungbaru yang mencapai ratusan hektare merupakan sawah ta­dah hujan. Lahan ini akan lebih produktif jika petani setempat dibimbing petugas, seperti kapan waktu yang pas untuk bercocok tanam padi dan kapan harus ber­tanam palawija dan lainnya.

“Jika petani di sini dibimbing PPL, saya yakin lahan yang ada akan lebih produktif dan program pemerintah untuk swasembada pangan bisa tercapai dengan baik,” kata dia.

Fahrudin menambahkan dari ratusan hektare lahan sawah tadah hujan di Kampungbaru, umumnya hanya bisa ditanami padi sekali setahun saat musim hujan (rendeng), itu pun tidak bisa rutin setiap tahun. “Pada 2010 dan 2011, sebagian besar lahan sawah di sini tidak bisa ditanami padi karena tidak cukup air, baru awal 2012 ini bisa ditanami lagi, itu pun saat usia padi menjelang dewasa dan panen, airnya sudah tidak normal,” ujar dia.

Ketiadaan PPL itu juga dike­mukakan petani Kampungbaru lainnya, Saluri, yang mengaku

pada musim panen kali ini meng­garap baru 1/4 ha dari lahan seluas dua sawah.

Sebelumnya, Pemprov Lam­pung terus berkomitmen meng­optimalkan peran penyuluh per­tanian dalam memberikan infor­masi, dukungan, dan membina petani untuk meningkatkan hasil panennya. Hal itu karena peran penyuluh pun tidak sebatas mem­berikan masukan sebagaimana bercocok tanam yang baik, tetapi harus pula memberikan informasi mengenai cuaca yang sering meng­alami perubahan.

Dalam periode sekitar lima tahun terakhir, Provinsi Lampung masih membutuhkan sekitar 1.000—1.200 PPL guna mengatasi salah satu permasalahan pemba­ngunan pertanian, khususnya di perdesaan daerah ini. (ant/D-3)

n antara

PANEN KOPI. petani sedang memanen kopi di salah satu kebun wilayah Lampung Barat, senin (23-4). petani kesulitan untuk menangani pascapanen kopi, sehingga produk mereka tidak mempunyai nilai tambah.

n Lampung post/DoK.

SEKOLAH LAPANG. untuk semakin meningkatkan produksi petani, pemerintah terus menggelar sekolah Lapang proteksi tanaman terpadu (sL-ptt) yang dipandu para penyuluh pertanian lapangan (ppL).

n Lampung post/DoK.

JARINGAN IRIGASI DESA. menghadapi krisis air untuk budi daya tanaman diperlukan solusi yang tepat. salah satunya dengan mengadakan jaringan irigasi desa (jides) seperti di bilangan Way Kanan, senin (23-4).

Tingkatkan Mutu Kopi OlahanLIWA (Lampost): Untuk meningkatkan kualitas produk kopi olahan yang dihasilkan Gabungan Kelompok Tani Hulu Hilir, selaku pengelola program cluster kopi di Pekon Gunungterang, Way Tenong, Lampung Barat, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, dan Pasar memberikan pendampingan.

PENINGKATAN PRODUKSI

PPL Diharapkan Kembali Berperan

Page 11: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYKCMYK± ± ±CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

Pariwara I 11SELASA, 24 april 2012 lampung post

Contact Person :SUGITO : 081272252718ANDRE : 085279284068

Page 12: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

Surat WidjajonoKETIKA berita meninggalnya Wakil Menteri ESDM Widjajono Par-

towidago diumumkan saya bereaksi sewajarnya. Kematian bukanlah hal luar biasa. Setiap kita pasti akan menjumpainya dalam bentuk dan cara yang mungkin berbeda.

Apalagi saya sama sekali tak mengenal sosok Sang Wamen. Tidak ada keterkaitan emosional. Tapi begitu membaca catatan Widjajono yang banyak di-share di media massa, air mata saya

jatuh. Lama tak membaca tulisan yang memiliki kedalaman spiritual, tulisan Widjajono tentang keyakinan akan cinta Allah pada hamba yang diejawantahkan cinta-Nya secara sosial itu meluruhkan jiwa saya. Ditulis dalam bahasa sederhana. Namun, dalam kesederhanaan itulah saya menemukan nilai filosofis yang sangat tinggi.

Widjajono mungkin sekadar menuliskan pengalaman spiritual-nya membangun hubungan transendental kepada Sang Khalik tanpa maksud apa-apa. Dia mungkin tak pernah membayangkan ketika tulisan itu di-share mahasiswanya ke publik, ada jutaan orang yang menangis ketika membacanya. Ketika tulisan ini mampu menginspirasi, bahkan secara tak sadar membimbing pemba-canya untuk melakukan hal-hal terbaik, khususnya bagi umat, ketika itulah saya menemukan ketinggian nilai sebuah tulisan. Widjajono boleh pergi, tapi tulisannya akan terus hidup. Dalam konteks inilah nuansa amal jariyah sebuah tulisan menemukan muara yang sesungguhnya.

Ia merasakan kehadiran-Nya pada jiwanya, pada hatinya. Jiwa dan hati menangkap dengan hidayah. Hidayah meneruskannya pada pikiran, lalu dikeluarkan dalam bentuk tulisan. Jika kemudian tulisan ini mampu menyentuh kalbu pembaca, tentulah bukan hal luar biasa. Sebab, baik tulisan maupun yang membaca adalah sama-sama milik-Nya. Penulisnya pun tak akan merasa bangga dan takabur karena ia sadar sepenuhnya bahwa tulisan itu milik Sang Maha Penulis.

Ia hanyalah kerangka dari sebuah kekuatan besar yang menguasai dirinya. Jika kelak Allah memberi kemuliaan pada dirinya, sesungguh-nya itu hanyalah sebuah efek dari ketulusan hatinya dalam menulis.

Inilah tauhid. Tulisan yang ditulis dengan jiwa tauhid pasti melahir-kan dampak besar bagi pembacanya karena bukan bersumber dari nafsu yang rendah dan kepentingan jangka pendek. Beranjak dari sini, saya berasumsi, tulisan Widjajono lahir dengan kekuatan tauhid dalam dirinya. Saya tak perlu mengenal pribadi Widjajono untuk luruh dan meneteskan air mata. Telah cukup bagi saya apa yang diajarkan Allah pada saya melalui tulisannya. Semoga Allah memberi tempat mulia pada almarhum di sisi-Nya. Amin. (HESMA ERYANI)

SunantoStaf Pengajar STKIP Al Islam Tu-nas Bangsa Bandar Lampung

UJIAN nasional (UN) se­dang berjalan. Kegiatan ini selalu berulang setiap

tahun menuju perbaikan mutu dan proses. Namun, apa hasilnya? UN selalu menuai banyak kritik dari berbagai kalangan.

Pelaksanaannya UN seharus­nya dikembalikan pada hakikat semula, yaitu untuk mengetahui penguasaan kompetensi siswa. Jika lulus, berarti siswa telah me­nguasai kompetensi yang diujikan. Sebaliknya, jika belum lulus, ya harus mengulang. Jadi, tidak seharusnya semua siswa harus lulus 100%. Boleh lulus 100% kalau memang semua siswa menguasai kompetensi yang diujikan.

Praktek inilah yang sesungguh­nya menjadi akar permasalahan UN selama ini. Sekolah terkesan digiring untuk menyukseskan tujuan lulus dengan persentase tinggi, tapi se ring mengabaikan proses. Untuk mengejar target kelulusan, akhirnya dibentuk tim sukses yang melibatkan oknum guru nakal dan pengawas yang tidak bertanggung jawab.

Esensi Pendidikan Apakah dari aspek esensi pen­

didikan UN dapat dijadikan tolok

ukur keberhasilan siswa? Psikolog dan pakar ilmu syaraf Howard Gardner dari Universitas Harvard memperkenalkan kecerdasan jamak (multiple intelligence); bahwa manusia memiliki kecer­dasan lebih dari satu, antara lain logikal matematika, musikal, lin-gual, intrapersonal, interpersonal, natural, kinestetik, dan visual spasial. Sementara itu, kurikulum di sekolah, meliputi 10 mata pela­jaran, yaitu pendidikan Agama, PKn, Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, IPA, IPS, TIK, Kesenian, Pendidikan Jasmani, Keterampil­an Muatan Lokal.

Namun, yang diujikan dalam UN hanya tiga kecerdasan, yaitu logikal matematika, natural, dan lingual (Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris), dan penentuan kelulusan UN ha­nya di empat mata pelajaran itu.

Aspek pembelajaran yang di­ujikan dalam UN hanya menitik­beratkan pada kecerdasan logikal matematika, natural, dan lingual. Sementara itu, untuk kecerdasan interpersonal, intrapersonal, spa­sial, musikal, dan kinestetik dino­morduakan. Siswa yang pelajaran B0ahasa Indonesia­nya mendapat nilai 8.00, tapi Matematika­nya 3.00, pasti tidak lulus.

Pelajaran seni, misalnya, diberi­kan seadanya dan tidak menda­patkan perhatian serius. Akhirnya

bibit unggul seni suara menjadi tidak berkembang. Padahal, hidup menjadi penyanyi lebih terhormat karena honorarium yang diterima cukup tinggi.

Pembelaja ra n ek st ra k u r i­kuler yang seharusnya menjadi pengembang kecerdasan jamak juga kurang diperhatikan karena kekurangan fasilitas dan anggar­an. Banyak orang yang sukses

di masyarakat, mereka yang be­kerja menjadi pemain sepak bola, pelawak, hidupnya mapan dan terkenal. Bahkan honorarium Ayu Ting­Ting hingga ratusan juta rupiah sebulan dan bila diban­dingkan dengan gaji PNS bagaikan bumi dan langit.

Kecerdasan Emosional Selain Howard Gardner, Daniel

Goleman (1995) dalam bukunya Emotional Intelligence atau ke­cerdasan emosional menyebutkan intelligence quotient (IQ) hanya menyumbang 20% sukses hidup

di masyarakat. Banyak kejadian di masyarakat, mereka yang lulus ujian dengan nilai tinggi hanya berputar­putar melamar pekerjaan dengan bermodalkan selembar ijazah. Tak jarang mereka masuk dalam barisan penganggur in­telektual. Di sisi lian, banyak juga orang yang berotak cemerlang, memiliki kedudukan sosial tinggi, dan memiliki jabatan terpandang, tetapi hidupnya berakhir dipenjara karena terlibat korupsi.

Sebab itulah, pemerintah seha­rusnya segera memperbaiki sistem UN yang masih dianggap sebagai alat ukur terbaik dalam pendidik­an. Goleman meyakini sukses ke­hidupan seseorang di masyarakat 80% disumbangkan emotional quotient (EQ). Keberhasilan pen­didikan terkait dengan kecerdasan emosio nal melibatkan peran orang tua dan kinerja guru dalam hal memahami peserta didik sebagai individu yang unik. Siswa akan memiliki motivasi tinggi jika diberdayakan.

Peserta didik memiliki berbagai potensi yang berbeda, namun satu sama lain saling melengkapi dan berharga. Butuh pemikiran dan solusi karena kenyatannya UN SMP, misalnya, hanya ditentukan dari empat mata pelajaran. Bagaimana nasib siswa berbakat yang mung­kin kelak akan menjadi penyanyi terkenal, pesepak bola, atau bintang

ternama di panggung hiburan?Selain itu, kualitas pendidikan

hendaknya bisa dirasakan jutaan siswa. Perlu juga dikaji ulang agar peserta didik bisa hidup di tengah masyarakat meskipun hanya lulus­an SMP atau SMA.

Moral dan ProsesMasih utopiakah? Kecerdasan

emosional yang dikembangkan melalui agama, PKn, budaya dae­rah, pendidikan seni, dan olahraga di sekolah bobot pelaksanaan­nya harus diperhatikan. Hal ini berarti pendidikan kelak harus dapat melahirkan tokoh yang mampu mengembangkan kecer­dasan jamaknya untuk mencapai kesuksesan.

Bu kan yang sekarang k ita saksikan, banyak tokoh muda pemimpin bangsa yang berhasil, tapi korupsinya juga luar biasa. Bukankah cerminan ini karena proses pendidikan yang hanya mengagungkan kecerdasan otak tetapi mengabaikan pendidikan moral, proses, dan keterampilan.

Mari kita memberi apresiasi dan mendorong siswa agar sukses mengembangkan berbagai kecer­dasannya seperti siswa SMK yang berhasil membuat mobil Esemka, perakit komputer, dan LCD. Ke­berhasilan ini hendaknya terus dipacu sesuai dengan proses yang benar. n

UN Vs Kehidupan

‘‘

NUANSA

TAJUK

P O J O K

P A K D E P A K H O

n FERIAL

Ahmad BaedowiDirektur Yayasan Pendidikan Sukma

DALAM buku Mati Keta-wa Cara Daripada Soe-harto ada lelucon kecil

yang mungkin relevan dengan kondisi sosial dan pendidikan di negara kita, yaitu tentang kapitalis, sosialis, dan Pancasila.

“Apa bedanya kapitalisme dan sosialisme?” “Kapitalisme membuat kekeliruan sosial!,” “Sosialisme membuat kekeliruan kapital!” “Lha, kalau Pancasila?” “Pancasilaisme di bawah Orde baru membuat kekeli­ruan sosial sekaligus kekeliruan ka­pital!” Jika pertanyaan ini dilanjut­kan apa kekeliuran Orde SBY dalam dua periode reformasi, jawabannya bisa jadi ujian nasional (UN).

Ada hipotesis menarik dari be­berapa rekan praktisi pendidikan, yang mengatakan UN sebenarnya tanda ketidakmampuan pemerintah dalam meningkatkan kompetensi guru. Sebab, jika kompetensi guru baik, soal tes sebenarnya sangat

sederhana, yaitu kelas. Di kelas hanya ada guru dan siswa, dan jika gurunya kompeten dan memiliki cukup banyak pengetahuan dan inovasi dalam membuat skema tes yang lebih relevan dengan ragam talenta siswa, negara sesungguhnya tak perlu sibuk membuat UN.

Ketidakmampuan Guru Dalam waktu yang lama, sesung­

guhnya proses pendidikan di muka bumi ini selalu menggunakan non-standardized tests yang tanggung jawab penuhnya ada pada diri se­orang guru. Tetapi sayangnya sejarah tentang nonstandardized tests juga banyak dinodai oleh ketidakmam­puan guru dalam mengembangkan pola evaluasi secara kreatif dan berkelanjutan. Dahulu mungkin kondisi moral bisa jadi lebih baik, karena biasanya faktor keterpang­gilan untuk menjadi guru memang tulus dan penuh pengabdian.

Sekarang, guru dalam beberapa hal memang dimanjakan peme­rintah, terutama lewat program sertifikasi, tetapi kualitas yang di­

harapkan malah justru tak pernah muncul meskipun kesejahteraan guru membaik. Tak banyak guru yang mau menulis dan melakukan riset kelas dengan seksama. Yang menonjol malah membengkaknya jumlah kredit mobil guru di bank­bank pemerintah.

Di banyak kesempatan pelatihan, para guru diberi pertanyaan tentang aspek apa yang paling sulit dilakukan dalam kurikulum seperti yang didefi­nisikan John Saphier (2000). Keba­nyakan guru menjawab aspek yang paling sulit adalah design, learning experiences, dan assessment.

Desain biasanya menyangkut aspek perencanaan pembelajaran sejenis lesson design atau RPP. Learning experiences terkait de­ngan bagaimana cara mengajarkan sebuah pokok bahasan, terutama menyangkut pilihan metode dan penggunaan instructional strate-gies guru. Sedangkan assessment biasanya guru lebih menyederhana­kan masalah dengan kata evaluasi, atau tentang cara evaluasi anak didik. Namun sangat jarang dari

para guru yang memilih objectives sebagai sumber kesulitan dalam proses implementasi kurikulum.

Kelemahan guru dalam membuat desain evaluasi juga dimungkinkan oleh tiga hal. Pertama, apa yang ada di dalam buku paket biasanya sangat bias dan tidak memiliki standar kualitas proses yang memadai sehingga guru sering terjebak pada orientasi hasil. Kedua, tes sejenis UN seperti mengeluarkan kewenangan guru, dan dalam waktu sama juga merendahkan kepercayaan diri guru untuk membuat pola tes berdasar­kan kemampuan siswa.

Ketiga, dan ini yang biasa terjadi, biasanya bahasa dalam tes sejenis UN tidak sesuai dan seirama dengan konsep dan gaya mengajar guru. Pa­dahal sejatinya antara cara mengajar berkesesuaian dengan apa yang akan diujikan (McMillan: 2007).

Sebab itu, penting untuk melaku­kan reformasi sistem penilaian ter­hadap proses pendidikan di Tanah Air. Tawaran untuk menggunakan pola performance assessment tam­paknya penting untuk dipertim­

bangkan para pengambil kebijakan bidang pendidikan kita.

Kemajemukan Siswa Seperti kata John Saphier (2000),

“Assessment is the strongest medium there is for telling students, parents, school, campus, and the commu-nity what teachers care about in education”. Sebab itu, menuntut kompetensi guru di bidang evaluasi dan kebijakan otoritas pendidikan yang benar soal model evaluasi yang relevan bagi kemajemukan budaya, etnis, dan agama anak­anak Indo­nesia adalah imperatif bagi dunia pendidikan Tanah Air.

Semoga era reformasi yang ditan­dai dengan kehadiran SBY sebagai Presiden RI dalam dua periode tak meninggalkan warisan kelam bidang pendidikan seperti praktek yang salah tentang UN. Masih ada waktu, Pak SBY dan Pak Nuh untuk berbenah, sejauh pendidikan tidak didefinisikan sebagai proyek politik dan kepenting­an ekonomi semata, sebagaimana kelaziman yang keliru dibuat orde sosialisme dan kapitalisme. n

Desain dan Evaluasi Pendidikan

Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi: Sabam Sinaga. Wakil Pemimpin Redaksi: Heri Wardoyo (nonaktif). Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Dewan Redaksi Media Group: Saur M. Hutabarat (Ketua), Andy F. Noya, Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad. Suryopratomo, Toeti Adhitama, Usman Kamsong. Redaktur Pelaksana: Iskandar Zulkarnain, Iskak Susanto. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Redaktur: Alhuda Muhajirin, Sri Agustina, Amiruddin Sormin, Wiwik Hastuti, Heru Zulkarnain, Zulkarnain Zubairi, Hesma Eryani, Sudarmono, Trihadi Joko, Umar Bakti, D. Widodo. Asisten Redaktur: Aris Susanto, Muharam Chandra Lugina, Musta’an, Kristianto, Nova Lidarni, Syaifulloh, Lukman Hakim, Sri Wahyuni, Rinda Mulyani. Liputan Bandar Lampung: Vera Aglisa, Sony Elwina Asrap, Zainuddin, Rizki Elinda Sary, M. Wahyuning Pamungkas. Biro Lampung Utara: Buchairi Aidi (Kabiro), Ruhiman, Hari Supriyono. Lampung Barat: Henri Rosadi (Plt. Kabiro), Eliyah. Way Kanan: Yoel Lukasim (Kabiro), , Mat Saleh. Lampung Tengah: Ikhwanuddin (Kabiro), Andika Suhendra (Wakabiro), M. Lutfi, Agus Hermanto. Metro/Lampung Timur: Sudirman (Kabiro), Djoni Hartawan Jaya (Wakabiro), Chairuddin (Wakabiro), Agus Chandra, Eddy Ribut Herwanto, Suprayogi. Tulangbawang: Muhammad Guntur Taruna (Kabiro), Juan Santoso Situmeang. Tanggamus: Mif Sulaiman (Kabiro), Sudiono, Sayuti, Widodo. Lampung Selatan: Herwansyah (Plt. Kabiro), Aan Kridolaksono, Usdiman Genti. Pesawaran: Meza Swastika. Desain Grafis: DP. Raharjo, Sugeng Riyadi, Sumaryono, Sugito, Malianingsih, Ridwansyah, David Jackson, Djadi Satmiko, Ferial, Nanang B, Nurul Fahmi. Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Account Executive Iklan: Oki Haray, Merry Destaria, Shiera Maqhruf, Mardlian Shah, Ferawati. Manajer Keuangan dan Akunting: Rosmawati Harahap. Manajer Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: [email protected] [email protected]. Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113. Kalianda: Jl. Sanggar Pramuka No. 9, Kalianda Telp/Fax: (0727) 322724. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Imam Bonjol No.1, Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan

Setelah BBM Subsidi DibatasiPEMERINTAH akhirnya menerapkan pembatasan pengunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi mulai Mei. Mobil pribadi dengan kapasitas silinder mesin (cylinder capacity/cc) 1.500 ke atas dilarang mengonsumsi BBM bersubsidi.

Pemerintah meyakini jika kebijakan tersebut berlangsung sukses, diperkirakan pemerintah bisa menghemat Rp71,04 triliun. Berdasar simulasi yang dilakukan ReforMiner Institute, jika pembatasan berlaku secara nasional dan berlaku untuk premium dan solar, penghematan bisa mencapai angka tersebut.

Muncul kritik pembatasan penggunaan BBM bersubsidi bagi ken daraan berdasar ukuran kapasitas silinder mesin sulit diterapkan. Kebijakan ini dinilai diskriminatif dan dapat menimbulkan kericuhan di lapangan, juga tidak akan bertahan lama. Operasional di lapangan sangat susah.

Namun, mengatasi ini, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) memastikan akan menggunakan mekanisme manual dengan penempelan stiker elektronik dalam program pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Dalam pemasangan stiker tersebut, BPH Migas berkoordinasi dengan dengan Kepolisian dan Organisasi Angkutan Darat (Organda).

Pada tahap pertama, stiker akan dipasang pada mobil dinas pemerintah, baik milik kementerian/lembaga, ataupun milik BUMN. Tahap dua baru kan untuk wilayah Jabodetabek. Sosialisasi kepada pengguna BBM dan petugas stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) juga penting.

Hal lain yang juga tak kalah penting adalah pengawasan. Ren-cananya pengawasan ini dilakukan secara terbuka dengan melibatkan beberapa aparat yang bersiaga di titik-titik SPBU tertentu. Kabarnya, pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp400 miliar untuk program pembatasan BBM bersubsidi di wilayah Jabodetabek.

Sebenarnya, pembatasan BBM bersubsidi telah diatur dalam UU APBNP tahun 2010. Namun, tidak pernah direalisasikan. Malahan pe-merintah merencanakan kenaikan harga BBM pada 2012. Isu kenaikan justru mengacaukan wacana ini.

Pembatasan BBM memang sebuah keharusan. Namun, yang terjadi saat ini pemerintah seperti terburu-buru dalam melakukan pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Terlihat kebijakan pembatasan BBM bersubsidi kurang matang direncanakan. Misalnya soal penggu-naan stiker elektronik, justru bisa memicu pemalsuan stiker.

Alangkah lebih baiknya jika pembatasan BBM bersubsidi dengan kapasitas mesin (cc) dan tahun kendaraan diwujudkan dalam bentuk pelat mobil berwarna tertentu. Pelat jelas tidak mudah dipalsukan. Untuk masyarakat yang masih boleh mengonsumsi BBM bersubsidi, tinggal mengurus ke kepolisian.

Hal penting lagi pemerintah dan pihak terkait perlu memisahkan jalur pengisian BBM di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Jalur dipisahkan antara BBM subsidi dan nonsubsidi.

Selebihnya kita berharap kebijakan ini bisa efektif dijalankan untuk program penghematan energi nasional. Jangan sebaliknya, justru menimbulkan kerawanan sosial. n

Kesejahteraan warga Pringsewu masih tergolong rendah.Kesejahteraan amtenarnya pasti di atas rata-rata.

nWakil bupati Lamsel dan anggota Dewan saling menuntut.

Asyik... ada tontonan baru.

Opini I 12SELASA, 24 aPril 2012 lAMpuNg poSt

M. M. Gibran SesunanAsisten Peneliti pada Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) Fakultas Hukum UGM, Yogyakarta

INSPEKSI mendadak yang dilakukan Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana bersama Badan

Narkotika Nasional (BNN) di sebuah lembaga pemasyarakatan di Riau menim­bulkan polemik.

Wamenkumham disinyalir menampar petugas LP yang berjaga saat sidak berlang­sung. Masing­masing pihak telah memberi­kan pernyataannya kepada publik. Masalah ini semakin riuh karena para politisi di DPR serta Dirjen Pemasyarakatan Kemen­kumham ikut mempersoalkan tindakan, yang masih dalam dugaan, dilakukan Wamenkumham. Komisi III DPR bahkan berencana memanggil Wamenkumham untuk memberikan klarifikasi.

Pengalihan isuPenamparan dan tindakan fisik, apa pun

bentuknya, tentu tidaklah dapat dibenar­kan, apalagi dilakukan seorang pejabat. Jika memang terjadi penganiayaan, hal tersebut

perlu diusut. Namun, yang terpenting, jangan sampai perhatian publik kemudian teralihkan pada suatu isu yang sebenarnya jauh dari substansi permasalahan, yakni maraknya peredaran narkoba serta mafia yang berkeliaran di LP.

Penganiayaan oleh Wamenkumham, yang hingga kini belum benar­benar ter­bukti alias masih sebatas dugaan, adalah isu sekunder. Sementara isu, primernya adalah bagaimana membersihkan LP dari mafia dan narkoba. Terbukti, sidak Wa­menkumham tersebut berhasil menemukan adanya narkoba yang beredar. Tentu kita da­pat menyimpulkan bahwa LP masih meru­pakan surga peredaran narkoba. Bobolnya pengamanan LP juga dapat diduga adanya oknum sipir yang ikut terlibat dalam jarin­gan narkoba atau mengambil keuntungan dari arus keluar­masuknya barang haram tersebut. Dan yang pasti, LP yang berulang­ulang kecolongan, baik sengaja ataupun khilaf, adalah bukti bobroknya institusi pemasyarakatan yang tidak menjalankan tugasnya dengan baik.

Untuk itu, rakyat perlu lebih jeli ter­hadap upaya­upaya pengalihan isu dan harus melihat permasalahan secara jernih.

Ketidakfokusan wakil rakyat yang sibuk menjadikan isu ini sebagai alat politik untuk menyerang dan menjatuhkan tidak boleh ikut menjadikan masyarakat menjadi salah arah dalam menentukan sikap.

Masyarakat cukup cerdas untuk memi­lih dan memilah kelakuan para politisi Senayan ini. Kita juga paham betul bahwa kedatangan Wamenkumham ke DPR untuk mengklarifikasi masalah ini hanya akan menjadikannya objek bulan­bulanan. Akan lebih bermanfaat jika seluruh temuan Wamenkumham dalam sidak dijadikan bahan evaluasi bagi keseluruhan institusi di Kemenkumham untuk berbenah diri.

Sikap Dirjen Pemasyarakatan yang membela habis­habisan bawahannya yang merasa dianiaya juga patut dikritisi. Bu­kannya segera memverifikasi hasil temuan sidak dan memproses semua pihak yang di­duga terlibat serta lalai dalam menjalankan tugasnya, Dirjen justru ikut menyerang atas dugaan yang belum tentu benar.

Seharusnya Dirjen mendorong di­lakukannya pencarian fakta atas dugaan penamparan tersebut dengan tetap fokus membenahi institusi yang dipimpinnya. Jangan sampai sikap yang muncul justru

resistensi yang kontraproduktif dengan semangat pemberantasan mafia.

Perbaikan SistemJika kesalahan prioritas para pejabat ini

dibiarkan, perbaikan sistem akan semakin jauh panggang dari api. Semangat korps harus dihadirkan untuk memperbaiki diri, bukan untuk membela apalagi menutup­nutupi kesalahan. Jangan sampai hal ini menimbulkan kesan bahwa Wamen­kumham yang merupakan orang baru di Kementerian adalah “pengganggu” yang menggoyahkan kemapanan status quo. Oleh sebab itu, Kemenkumham harus solid memperbaiki dirinya.

Jangan sampai isu penamparan ini kemu­dian menjustifikasikan anggapan publik, bahwa melawan mafia adalah upaya melawan penjahat dan pejabat sekaligus. Kita beri kepercayaan penuh kepada Kemenkumham untuk berbenah. DPR juga perlu didukung selama fungsi pengawasan yang dijalankan adalah semata­mata menegakkan supremasi hukum. Dan kepada pemerintah dan DPR, bayarlah kepercayaan yang diberikan pub­lik dengan kerja nyata yang sinergis untuk menumpas kedigdayaan mafia. n

Resistensi Melawan Mafia

pelajaran seni, misalnya, diberikan seadanya dan tidak mendapatkan perhatian serius.

Aksi begal kembali terjadi di beberapa tempat di Lampura.

Apakah aparat hukum sudah tak mampu lagi

memberantasnya?

Page 13: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYKCMYK±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

RUU Perguruan Tinggi“JIKA Anda ingin kemakmuran 1 tahun maka tanamlah biji. Jika Anda ingin ke­makmuran 10 tahun, tanamlah pohon, dan jika Anda ingin kemakmuran 100 tahun, tanamkanlah pendidikan.”

Pernyataan ini disampaikan Konfu­sius, seorang filsuf China, yang seolah ingin menginterpretasikan bahwa begi­tu pentingnya sebuah proses pendidik­an dalam membangun kemaslahatan yang permanen.

Di Indonesia, kini sedang dibahas Rancangan Undang­Undang Pendidik­an Tinggi (RUU PT). Banyaknya per­tentangan menunjukkan RUU tersebut belum menunjukkan semangat perbaik­an, justru mengarah pada liberalisasi pendidikan.

Meskipun kemudian dalam perkem­bangannya pengesahan RUU tersebut ditunda, tetapi kekhawatiran sudah dirasakan. Terlebih, tanggapan dari berbagai elemen mahasiswa yang ma­yoritas menolak tegas. RUU PT meng­isyaratkan bahwa PTN akan berstatus badan hukum milik negara (BHMN) yang tidak berbeda dengan substansi

pada RUU BHP yang telah dibatalkan Mahkamah Konstitusi (MK) lalu.

Cerminan liberalisasi RUU PT ini salah satunya terdapat pada Pasal 80 yang memperbolehkan perguruan tinggi otonom dengan mendirikan ba­dan usaha dan mengembangkan dana abadi. Ini membuktikan pemerintah lepas tangan sebagai penanggung jawab tertinggi pelaksana PT. Pasal 1 Ayat (6) menyatakan otonomi PT adalah kemandirian untuk mengelola sendiri lembaganya dan memungkinkan selu­ruh PTN akan berlomba membangun kampus sebagai area komersialisasi.

Kemudian, dalam hal pemberian subsidi kepada mahasiswa kurang mampu, RUU PT mengisyaratkan pe­merintah akan memberikan dan/atau mengusahakan pinjaman dana kepada mahasiswa. Pinjaman ini, pada Ayat (3), dijelaskan diberikan tanpa atau dengan bunga dan dilunasi selepas lulus kuliah atau mendapatkan pekerjaan.

Sangat disayangkan, saat banyak ma­hasiswa kurang mampu membutuhkan ruang untuk mendapat kesempatan yang setara, pemerintah dan DPR justru ingin memberikan beban utang. Lalu

bagaimana dengan subsidi silang mela­lui jalur masuk mahasiswa UM yang seharusnya juga dirasakan mahasiswa kurang mampu? Bukankah PTN mela­lui jalur UM ini terus menerus menga­lami peningkatan tiap tahunnya?

Pemerintah belum dapat benar­benar mendorong Tridharma Perguruan Tinggi untuk fokus menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Indonesia sepatut­nya belajar dari Malaysia dan Singapura, fokus pada pendidikan. Alokasi anggar­an Malaysia untuk pendidikan 26% di tahun 2011 dan Singapura 32%.

Sementara di tengah keterpurukan sistem pendidikan kita saat ini, peme­rintah hanya mengalokasikan 20% dari pendidikan. Belum lagi dengan feno­mena korupsi di lingkungan pendidikan kita saat ini.

Masih ada peluang untuk mereforma­si RUU PT yang kontradiktif terhadap amanat dan semangat konstitusi kita. Pembahasan keempat RUU PT pada Agustus mendatang seyogianya dapat mengakomodasi berbagai masukan dari berbagai elemen, pemangku kepenting­an, dan mahasiswa yang menjadi objek

dalam RUU ini. Sehingga, keputusan yang diambil benar­benar objektif dan serius menjadikan pendidikan sebagai aset terpenting bangsa.

Satria Rahmadani PutraKetua Umum PK KAMMI Unila

Hukum kian Larut dalam KorupsiVONIS hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) terhadap man­tan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin kembali me­mukul dan melukai perasaan keadilan masyarakat.

Hakim Tipikor menjatuhkan vonis kepada terdakwa Nazaruddin dipan­dang ringan oleh masyarakat, dan kondisi ini telah memberikan peluang dan ruang tersendiri para koruptor untuk mengulangi perbuatan mereka. Minimal calon koruptor di negeri ini sudah menghitung untungnya melaku­kan korupsi.

Sebelumnya, jaksa menilai Nazarud­din bersalah sesuai dengan aturan da­

lam Pasal 12 huruf b Undang­Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Pasal ini mengatur pegawai negeri atau penyelenggara negara yang menerima hadiah.

Padahal, diketahui pemberian hadiah itu patut diduga bertentangan dengan kewenangan dan jabatannya. M. Naza­ruddin selaku anggota Komisi Hukum DPR secara sadar menerima hadiah berupa lima lembar cek senilai Rp4,6 miliar dari PT Duta Graha Indah yang diberikan melalui Oktarina Furi, stafnya di PT Permai Group. Oleh karenanya, jaksa menuntut Nazaruddin hukuman 7 tahun penjara dan mendesak hakim menjatuhkan vonis tambahan kepada Nazaruddin berupa denda Rp300 juta subsider 6 bulan kurungan.

Dalam proses persidangan, jaksa dan hakim yang menangani perkara ini berbeda sudut pandang karena menurut Majelis Hakim, Nazaruddin terbukti melanggar Pasal 11 UU No. 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No.20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Majelis Hakim yang dipimpin Dhar­nawati Ningsih saat membacakan vonis di Pengadilan Tipikor, Jumat 20 April 2012, menjatuhkan hukuman 4 tahun 10 bulan terhadap Nazaruddin. Vonis ini lebih ringan daripada tuntutan jaksa.

Fenomena perbedaan sudut pandang dalam menangani kasus korupsi sering terjadi antara penegak hukum, baik polisi, jaksa, maupun hakim. Perbedaan persepsi inilah kemudian yang dijadikan para koruptor sebagai peluang meng­uras harta negara untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya.

Kondisi ini menunjukkan persepsi pemberantasan korupsi masih ber­muara pada prinsip dan pendapat ma­sing­masing secara kelembagaan. Ada suara sumbang di tengah masyarakat, lebih baik menjadi koruptor di negeri ini daripada menjadi pedagang asongan, hitung­hitung “istirahat sejenak di terali besi.” Peradaban bangsa ini sudah ham­pir tenggelam digerogoti korupsi.

AnsoriKoordinator Presidium Komite

Pemantau Kebijakan dan Anggaran Daerah (KPKAD)

Perbaiki Jalan Kedondong karena Rusak Berat!Tolong Bapak Bupati, Gubernur, atau siapa saja yang membaca agar memperbaiki jalan Kedon-dong. Alangkah sakitnya kalau jalan tidak diperbaiki.

SelaPesawaran

082372608485

Padi dari Balai Pembenihan Tidak BerkualitasYth. Dinas Pertanian, mohon lebih selek tif terhadap Balai Pembenihan Padi karena benih yang dibantukan kepada petani umumnya kurang berkualitas dan rawan terserang hama penyakit.

Akibatnya, produksi petani an-jlok, bahkan tidak sedikit yang gagal panen. Sedangkan harapan petani hanya dari sawah yang panen setahun sekali. Apa enggak kasihan?

HarinRaman Utara, Lamtim

085269338574

Telkomsel agar Perkuat Sinyal di MujirahayuSinyal Telkomsel di Mujirahayu, Seputihagung, Lampung Tengah, kurang bagus. Tolong diperkuat pak, padahal towernya tidak jauh.

HeruSeputihagung

08127922541

Preman di Jalintim Way Jepara Makin MenjadiYth. Bapak Kapolda Lampung sebagai pengayom, kami sopir di jalan lintas timur, Way Jepara. Selain jalannya jelek, preman-nya menjadi-jadi. Apa tidak ada solusi untuk keamanan para sopir seperti kami. Terima kasih atas perhatiannya.

Edi Seputih Banyak

081359052688

Kerusakan Jalan Kotabumi-Way Tuba ParahYth. Dinas PU/Jasa Marga, Jalinsum dari Kotabumi sampai ke Way Tuba kondisinya teramat parah.

Jalanan dipenuhi lubang-lubang menganga yang cukup dalam. Kami selaku pengguna jalan amat khawatir, terutama saat mendapati kendaraan yang ada di depan kami tiba-tiba menghindari lubang atau kita sendiri yang terjerembab di lubang jalan tersebut. Mohon segera ditindaklanjuti, tidak perlu menunggu korban lebih banyak.

IndraBanjit, Way Kanan

087798977999

Jalan di Perum Pemda Rusak Parah dan tanpa LampuYth. Bapak Gubernur Lampung ataupun Bapak Bupati Lampung Selatan, tolong jalan menuju Pe-

rum Pemda diperbaiki dari diberi penerangan. Karena jalannya su-dah cukup jelek dan gelap, apalagi malam hari tidak ada penerangan sama sekali hingga mengundang kejahatan, tolong diperhatikan.

087899272227

Pembatasan Premium Berdasarkan Cc Tidak TepatRencana kendaraan 1.500 cc yang boleh pakai BBM subsidi, bagaima-na dengan mobil Kijang tua saya 1.800 cc dan saya orang kecil apa harus dirongsokin dan usaha saya hilang. Tolong pemerintah cerdas dong! Kalau tahun rakitan terbaru 2.200 cc ke atas itu yang punya pasti orang berduit.

HeriJalan Antasari, Bandar Lampung

085269027218

Jalan di Natar Saat Hujan seperti KolamKapan sih ruas jalan Natar, Lam-pung Selatan, akan diperbaiki. Kerusakan di sejumlah ruas jalan Natar makin parah saja. Ini sangat menganggu para pengendara, baik mobil maupun sepeda motor yang melintas di jalan tersebut. Parahnya lagi, kalau hujan jalanan sudah seperti kolam, begitu parahnya. Kepada bapak lurah Natar, kapan sih diperbaikinya jalan tersebut.

Doni Pranyoto Natar Lamsel, 085766682517

Bagaimana Kelanjutan Kasus di Way Kanan?Saya atas nama Usup Burlian kecewa dengan penegak hukum di Way Kanan. Tentang laporan saya, kasus 372 dan 378, sudah 1 tahun tersangka kepala Puskes-mas Kenali, tetapi tidak ada tin-dak lanjutnya. Saya mohon Pak Kapolda dan Kejati kiranya dapat menegur bawahan agar selektif menjalan tugasnya. Tegakkan keadilan ini, ke mana lagi kami akan me ngadu, kami tidak ingin main hakim sendiri, kami sangat menghormati hukum. Mohon ketegasannya Pak Kapolda dan Mabes Polri terima kasih.

081381239111

Lampung Post menerima kiriman tulisan berupa opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke [email protected] atau [email protected]. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung. Pengiriman surat pembaca via e-mail harus dilengkapi alamat lengkap dan nomor telepon.

Kami membuka ruang keluhan, harapan, kritik, dan saran terhadap pelayanan umum, fasilitas publik, masalah sosial, atau kebijakan pemerintah dalam rubrik suara pembaca. Tanggapan Anda dapat dikirim via short message service (SMS) ke nomor 0815-405-9000 disertai nama dan alamat lengkap. Redaksi.

Suara Pembaca I 13selasa, 24 APRIL 2012 LAMPUNG PoST

Page 14: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

Pariwara I 14SELASA, 24 APRIL 2012 lampung post

Page 15: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

Di SMP Negeri 23 Bandar Lampung, siswa yang seha rusnya mendapatkan soal ujian untuk SMP mendapatkan soal ujian untuk SMK. “Hal itu karena ke-salahan packing panitia distri-busi soal. Untuk itu, panitia dan pengawas jangan sampai teledor, harus segera berkoordinasi dan tukar soal, karena menyangkut waktu siswa mengerjakan soal,” kata Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. saat monitoring UN, Senin (23-4).

Wali Kota juga yakin siswa SMP di kotanya dapat lulus 100%. Begitu juga perolehan nilai yang diyakininya dapat meningkat, mengingat adanya upaya maksi-mal guru dalam membina siswa.

Sementara hasil pemantauan Lampung Post di beberapa seko-lah di Bandar Lampung, sejumlah siswa terlihat tenang mengerjakan soal pada hari pertama UN yakni Bahasa Indonesia. Di SMPN 22 Bandar Lampung, misalnya, siswa mengisi lembar jawaban dengan tertib dan tenang. “LJK cukup dan naskah soal lengkap,” kata Kepala SMPN 22 Bandar Lampung Rita Ningsih.

Sementara Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Haryanto yang ditemui di Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung, Senin (23-4), menjelaskan ada LJK yang kurang di SMPN 2 Bandar Lampung. Jumlah LJK dalam satu amplop seha rusnya 20 lembar, tapi ternyata ada amplop yang berisi 19 lembar. Hal ini dapat diatasi dengan mencari penggantinya.

Haryanto yang juga kepala SMPN 1 Bandar Lampung ini menjelaskan pelaksanaan UN berjalan tertib. Guru pengawas yang berjumlah 22 orang datang tepat waktu sesuai prosedur operasi standar (POS) UN yaitu 45 menit sebelum pelaksana-an, tepatnya pukul 07.15.

Kepala SMPN 1 Bandar Lam-pung ini menjelaskan sebelum para pengawas memasuki kelas, ia memberikan pengarahan singkat yang bertujuan mengingatkan kembali tugas-tugas pengawas. Salah satunya jika ada siswa yang izin ke WC, harus ditemani guru pengawas.

Hal ini bertujuan menghilang-kan kemungkinan siswa melaku-kan kecurangan. “Siswa yang akan masuk ruang ujian harus diperiksa

dan dipastikan tidak membawa telepon genggam,” kata dia.

Haryanto menyebutkan ada tiga sekolah yang mengikuti UN di SMPN 1 Bandar Lampung yaitu SMP PGRI 2 Bandar Lampung, SMP Fajar Mulia Bandar Lampung, dan SMPS 20 Bandar Lampung.

Menurut Ketua MKKS ini, syarat suatu sekolah dapat menjadi penye-lenggara UN yaitu sudah terakredi-

tasi, minimal terdapat 20 siswa peserta UN, dan sudah pernah meluluskan siswa. “Ketiga syarat tersebut harus dipenuhi,” ujarnya.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung Tatang Se tiadi menjelaskan LJK yang sudah di serahkan satuan penyeleng-gara UN ke Dinas Pendidikan Kota segera dibawa ke Dinas Pendidik an Provinsi Lampung untuk di pindai. “Berbeda dengan UN SMA yang dipindai Unila, untuk SMP dipindai oleh Dinas Pendidik an Provinsi,” kata dia.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung Sukarma Wi-

jaya mengungkapkan UN SMP/MTs diikuti 14.731 siswa, lalu untuk SLB diikuti 22 siswa.

Sementara terkait dengan maraknya kunci jawaban yang beredar, Ketua MKKS meminta tidak perlu memercayainya. “Benar ataupun tidak benar, cocok atau-pun tidak cocok, kode kunci jawab-an tidaklah penting. Yang paling pen ting siswa harus percaya diri dengan kemampuannya sendiri.”

Haryanto mengatakan doktrinasi seperti ini tampaknya harus terus ditanamkan semua pihak, guru, kepala sekolah, bahkan orang tua selaku pihak yang membimbing anak-anak mereka belajar di rumah, karena peredaran kunci jawaban ini sudah pada tahap meresahkan.

“Tidak dapat dimungkiri, sam-painya kunci jawaban ini ke tangan anak-anak sangat meresahkan, karena pasti dapat mengganggu konsentrasi mereka. Mereka yang tidak percaya diri dapat saja goyah dan tergoda menggunakan kunci jawaban yang belum tentu benar,” kata Haryanto.

Hal ini bukan tanpa alasan, berdasarkan tanya-jawab dirinya dengan beberapa siswa di lapang-an yang kebetulan menerima kunci-kunci jawaban tersebut, ada yang mengaku akan menco-cokkannya. “Kalau tidak cocok, siswapun jadi bingung dibuat-nya,” kata dia. (VER/MG4/MG1/S-2)

Pendidikan I 15selasa, 24 APRIL 2012 laMpunG poSt

‘‘un SMp/Mts diikuti 14.731 siswa, lalu untuk SlB diikuti 22 siswa.

LINTAS

Tim Indonesia Borong Penghargaan lONDON—Tim Indonesia berhasil meraih 11 penghargaan berupa emas, perak, perunggu, serta penghargaan khusus dalam lomba pre-sentasi karya ilmiah The International Conference of Young Scientists (ICYS) ke-19 yang berlangsung di Nijmegen, Belanda, Minggu (22-4).Tim Indonesia terdiri dari 12 siswa SMP dan SMA di bawah pimpinan tim dari Surya Institute.ICYS ke-19 ini diikuti 22 negara dari kawasan Asia, Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Latin, yaitu Belarusia, Brasil, China, Kroasia, Ceko, Georgia, Jer-man, Hongaria, Indonesia, Iran, Korea Selatan, Lithuania, Malaysia, Belanda, Polandia, Rumania, Rusia, Serbia, Taiwan, Thailand, Turki, dan Ukraina.Emas diraih untuk bidang life science karya Vinsen, siswa SMA Cita Hati Surabaya; perak untuk bidang ekologi karya Veronica Theresia, siswa SMA Stella Duce 1 Yogyakarta; dan bidang applied physics karya Shanon Canamara dari SMA Santa Laurensia Tangerang.Sementara perunggu diraih bidang life science karya Mike Junet Christin Toam dari SMA Negeri 3 Jayapura; Fialdy Yoshua, siswa SMP Chandra Kusuma Medan; Adis Pranaya Yakin, pelajar SMA Stella Duce 1 Yogyakarta; dan Gde Paksi Raganata dari SMA Santa Maria 1 Bandung. (ant/S-2)

GSS Gelar Lomba Pakaian AdatBANDAR LAMPUNG—Puluhan siswa PAUD dan TK Global Surya School mengikuti lomba pakaian adat yang digelar di halaman sekolah set-empat, Senin (23-4). Ketua Yayasan Taraka Surya, Armalia Reny Madrie A.S., dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan gembira atas dukungan orang tua dan para guru, sehingga anak-anak mau melestarikan nilai kepahlawanan Ibu Kartini. Setidaknya, dengan menggunakan busana daerah, anak-anak sudah diperkenalkan cara melestarikan adat budaya Nusantara secara umum.Acara dimulai dengan penampilan peserta kategori play group, di-lanjutkan siswa TK. Sejumlah pakaian Nusantara yang paling banyak dikenakan peserta di antaranya baju adat Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Bali, Jawa, dan Sulawesi.Untuk kategori PAUD, pemenang busana adat juara pertama sampai dengan harapan ketiga adalah Serren, Rahma, Vira, Iben, Poppy, dan Labib. Sementara untuk TK A dan B adalah Chika, Aurel, Riris, Alya, Farah, dan Gegen. Masing-masing pemenang mendapatkan trofi dan bingkisan. (RlS/S-2)

Fathur Pimpin Himakom Umitra BaNDaR laMPUNG—Fathurahman Kurniawan Ikhsan dikukuhkan dan dilantik sebagai ketua Himakom Umitra periode 2012—2013 oleh Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaaan Umitra Yudhinanto, Kamis (19-4).Fathur sebagai ketua umum Himakom Umitra yang baru didampingi oleh Miftahul Aziz selaku wakil ketua, Iin Yulina dan Choiriatul Amaliah (sekre-taris), serta Herlina dan Intan Novita Rolandya (bendahara). Kepengurusan ini juga dilengkapi oleh kepala bidang dan sejumlah anggotanya.Acara pelantikan ini diawali dengan pembacaan surat keputusan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Umitra. Dalam arahannya, Yudhinanto memaparkan agar Himakom dapat mengevaluasi program kerja tahun lalu yang belum terealisasi dan memantapkan program kerja yang sudah dibahas beberapa hari sebelumnya dalam rapat kerja (raker) mahasiswa Umitra. (RlS/S-2)

Contact Person : Dessy 085380222282

UJIAN NASIONAL

5 Siswa IkutiUjian SusulanBANDAR LAMPUNG (Lampost): Pelaksanaan ujian nasional (UN) susulan untuk tingkat SMA/SMK/MA di Bandar Lampung dijadwalkan mulai Senin hingga Kamis (23—26 April).

Berdasarkan jadwal yang me-ngacu pada prosedur operasi stan-dar UN Badan Standar Nasional Pendidikan, untuk SMA/MA di-laksanakan 23—26 April, sedangkan SMK mulai 23—25 April 2012.

Untuk Bandar Lampung, ada lima siswa yang seharusnya meng ikuti UN susulan, Senin (23-4), yang dige-lar di SMAN 2 Bandar Lampung. Namun, hanya tiga siswa yang hadir karena berhalangan sakit.

Kepala Bidang Pendidikan Me-nengah Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung Riyuzen Praja Tuala di ruang kerjanya, Senin (23-4), menjelaskan pelaksanaan UN susulan dilakukan di SMAN 2 Bandar Lampung karena lebih dekat dengan Dinas Pendidikan Kota, tempat penyimpanan naskah UN susulan.

Ujian susulan UN hanya diper-untukkan siswa yang berhalangan sakit dengan izin resmi dari pihak yang berwewenang, termasuk sekolah.

Kelima siswa tersebut yaitu Aryanto, siswa SMK Arjuna Ban-dar Lampung Jurusan Pemasar an; Wigiarto, siswa SMK 2 Mei Bandar Lampung Jurusan Teknik Mesin; Rantika Septiani, siswa SMA Nah-dlatul Ulama Jurusan IPS; Putu Juni Nuryanti, siswa SMA YP Unila Bandar Lampung Jurusan IPA; dan Agustina, SMA Taman Madya Ban-dar Lampung Jurusan IPS.

Putu Juni Nuryanti tidak bisa hadir karena masih dirawat di rumah sakit di luar Lampung. Dia dikabarkan menderita sakit parah sehingga kemungkinan tidak bisa mengikuti UN susulan dan harus mengulang tahun depan.

Sementara Agustina kemungkin-an baru mengikuti UN susulan mulai Selasa, (24-4), karena ia sudah mengikuti UN pada hari pertama, 16 April lalu. (MG4/S-2)

PENDIDIKAN TINGGI

UBL Siapkan Lembaga Mediasi SyariahBANDAR LAMPUNG (Lampost): Universitas Bandar Lampung (UBL) melalui Pusat Studi Hukum Perbankan (PSHP) me nyiapkan lembaga mediasi pengelolaan ekonomi syariah pertama di Provinsi Lampung.

“Pertumbuhan Bank Syariah di Provinsi Lampung, khususnya di Bandar Lampung, sangat baik. Hal ini harus disikapi secara positif oleh semua pihak,” ujar Zulfi Diane Zaini selaku ketua PSHP-UBL ke-pada Lampung Post, Senin (23-4).

Ia mengatakan kehadiran lem-baga ini nantinya menjadi pihak yang memiliki kompetensi dalam upaya mediasi antara nasabah dan Bank Syariah, Bank Syariah dan pihak ketiga, maupun pihak ketiga dan nasabah jika terjadi sengketa.

Persoalannya, menurut Dian, hingga kini belum ada satu pun pihak yang memiliki kewenangan dalam melakukan upaya mediasi. Hal itu karena bidang ini memang memer-lukan persyaratan dan kompetensi khusus, terutama harus menguasai konsep dan berbagai prinsip ekonomi dalam perbankan syariah.

Namun, menurutnya, persoalan hukum yang terjadi dalam praktek perbankan syariah ternyata tidak sederhana dan cenderung rumit karena payung hukum yang tidak jelas. Regulasi yang ada semen-tara ini, menurut Dian, belum bisa menjadi rujukan jika terjadi seng-keta dalam ekonomi syariah.

I a mener a n g k a n U U No. III/2000 Pasal 48 tentang Kom-petensi Pengadilan Agama dalam Menangani Ekonomi Syariah, sementara Bank Indonesia (BI) menurut UU No. 21/2008 merujuk pengadilan negeri sebagai media pencari kebenaran jika terjadi sengketa di luar upaya damai atau litigasi. (MG1/S-3)

n laMpunG poSt/ZaInuDDIn

UN SLB. Sejumlah siswa Sekolah luar Biasa (SlB) tingkat SMp mengikuti ujian nasional yang diselenggarakan secara serentak mulai Senin (23-4) hingga Kamis (26-4). Siswa terlihat tekun mengisi lembar jawaban mereka.

n laMpunG poSt/MG4

MENGISI LJK. Siswa SMpn 22 Bandar lampung mulai mengisi lembar jawaban komputer (lJK) pada hari pertama pelaksanaan ujian nasional (un) SMp/MtS, Senin (23-4). pada hari pertama, siswa mengerjakan soal Bahasa Indonesia yang terdiri dari 50 soal, dengan durasi waktu pengerjaan selama 120 menit.

Soal UN SMP Tertukar BaNDaR laMPUNG (lampost): Pelaksanaan ujian nasional (UN) sMP pada hari pertama, senin (23-4), di Bandar lampung, secara umum berlangsung lancar meskipun terjadi tertukarnya soal ujian.

Page 16: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

SEJUMLAH mobil dari rombong­an pendangdut Ayu Ting Ting mengalami kecelakaan di Padang, Sumatera Barat, saat menjalani rangkaian tur Sumatera. Gara­ga­ra insiden itu, Ayu menjadi trauma untuk tampil di daerah.

“Trauma, takut. Kalau nyanyi jauh lagi aku jadi takut. Nyari duit deket-deket aja­lah. Saya sampai nelepon ke manajer saya, saya bilang cukup, terakhir kali nyanyi di luar kota, ke pedalaman,” ujar pelantun Alamat Palsu itu saat ditemui di rumah ba­runya di Depok, Jawa Barat, Minggu (22­4) malam.

Ayu mengatakan sikapnya itu sama sekali bukan sombong. Ia tak mau lagi tampil di daerah pe dalam an semata lebih karena alasan keselamatan.

“Ya, yang penting keselamatan. Kalau buat temen-temen di daerah pedalaman bukan sombong, buat saya trauma, itu jadi satu pelajaran. Kalaupun mau, kota besarnya aja,” kata pendangdut kelahiran 20 Juni 1990 itu.

Saat kecelakaan beruntun ter­jadi, Ayu memang berada di dalam mobil yang berbeda. Ia mengaku baik­baik saja dan tidak ada korban dalam kecelakaan tersebut.

Ayu yang selamatan untuk rumah baru di daerah Depok,

Minggu malam kemarin mengge­lar pengajian yang dihadiri banyak orang, para tetangga, keluarga, dan sahabat. Ia pun menyatakan acara itu direncanakan oleh ibundanya.

“Yang rencanain ibu saya, saya ikut­ikutan aja. Selametan keluar­ga, selametan rumah, alhamdul­lilah hampir selesai rumah saya. Se-lametan rame banget. Saya seneng, keluarga, tetangga, teman­teman kumpul semua,” ujar Ayu.

Meskipun senang, Ayu juga me­nga ku pusing. Maklum, terlalu ba­nyak orang membuatnya bingung sia pa saja orang yang sudah hadir.

“Rame banget saudara­saudara semua dateng, makanan sudah disiapin di sini. Penuh banget, banyak yang datang. Saya eng­gak tahu siapa saja yang dateng, kepala saya pusing. Keluarga dari ayah, ibu semuanya dateng,” kata Ayu. (DTC/S-2)

Hiburan I 16selasa, 24 april 2012 lampung poST

ACARA TELEVISI

16.30 Wideshot17.00 Headline News17.05 Metro Hari Ini18.00 Headline News18.05 Metro Hari Ini19.00 Headline News19.05 Suara Anda20.00 Headline News20.05 Suara Anda20.30 Gugat21.00 Headline News21.05 Top Nine News21.30 Today’s Dialogue

22.00 Headline News22.05 Today’s Dialogue22.30 Open Mic23.05 Genta Demokrasi23.30 Metro Sports

08.00 Sinema TV Pagi: Rahasia Dua HatiTayang: 24-Apr-2012 Savina dan Savira adalah dua orang anak kembar yang terpisah sejak lahir, kedua orang tua mereka sengaja dibunuh oleh pamannya sendiri, Pak Tama, agar bisa menguasai harta kakaknya itu.

Savira dirawat sepasang suami istri yang hidupnya serbakekurangan, sedangkan Savina dirawat pamannya. Tapi sayangnya, Savina selalu diperlakukan semena-mena oleh tante dan dua orang sepupunya, Tari dan Rizal. Mereka tidak akan segan-segan menyiksa Savina bila gadis itu sedikit saja berbuat kesalahan.

04.00 Kata Ustaz Solmed04.30 SL Liputan 6 Pagi06.00 Was Was

07.00 SL Inbox11.03 FTV Pagi: Proposal Cinta untuk Clara12.30 FTV Siang: Cinta Malu-Malu Kucing14.30 Status Selebriti15.00 Uya Emang Kuya16.03 Cookies: Jungkir Balik Dunia Sissy17.30 FTV Istimewa: Never Ending Bakmi20.30 Badil dan Blangkon Ajaib21.30 Cinta Salsabilla

05.00 Dora The Expoler05.30 Chalkzone06.00 Spongebob Squarepants

08.00 Naruto 09.30 Obsesi 10.30 Abdel& Temon Bukan Super Star 11.30 Hot Spot 12.00 Awas Ada Sule: Prikitiew13.00 Main Kata 14.00 Petualangan Panji 14.30 Deni Manusia Ikan 15.00 Hand Made15.30 Berita Global16.00 Top Banget 17.00 The Penguins Of Madagascar17.30 Spongebob Squarepants19.00 Awas Ade Suse: Session 2 20.00 Submerged22.00 Gamer

05.30 Lensa Olah Raga (Live)06.00 Captain Tsubasa Road To 200206.30 Curious George07.00 The Adventure Of Little Carp07.30 Ultimate Wildlife08.30 Sinema Pagi10.30 Acak Acak11.30 Topik Siang (Live)12.00 Klik !17.35 Katakan Katamu18.35 Black Out19.30 Kembali Bergoyang22.00 Topik Kita22.30 Black In News

04.30 Seputar Indonesia Pagi06.00 Go Spot 07.30 Dahsyat 11.00 Infotainment Intens 12.00 Seputar Indonesia Siang12.30 Seputar Peristiwa 13.00 Sinema Siang 14.30 Cek & Ricek15.30 Idolaku 17.30 Silet 18.15 Dewa20.15 Mega Sinetron: AnugerahSewaktu-waktu acara tv

dapat berubah.

info musik

Album Ke-8 /RifBerisi 18 laguBAND /Rif membuat sebuah album yang tidak seperti biasanya kali ini. Untuk album ke-8 mereka, band asal Bandung itu menyiapkan 18 lagu.“Udah rekaman semuanya 18 lagu. Tinggal mixing dan lain-lain. Nanti rencananya pas acara ulang tahun ke-18 di Bandung 12 Mei bakal barengan dirilis. Jadi, serba-8,” ujar sang gitaris Ovy.Materi sebanyak 18 lagu tentu saja terbilang banyak untuk sebuah album. Tetapi ternyata /Rif memberikan formula yang ciamik untuk album tersebut. Tidak semua materi di album tersebut adalah lagu baru.Anda akan mendapatkan lagu lawas yang direkam ulang oleh mereka. Beberapa lagu hits juga diaransemen ulang dan dikemas dengan nuansa baru.“Sampai sekarang nama album belum. Single-nya juga belum pasti. Masih dalam penggodokan,” kata Ovy.Teknik rekaman yang dilakukan /Rif kali ini juga berbeda dengan tujuh album sebelumnya. Materi-materi di album tersebut direkam secara live di studio. Jika salah sedikit, mereka harus mulai lagi dari awal untuk mendapatkan hasil maksimal.“Latihannya lebih banyak dari take-nya. Jadi, pas take enggak boleh salah-salah. Senang aja sih, semangat bikinnya. Malah kami kaget ada satu lagu yang sekali take langsung oke,” ujarnya. (DTC/S-2)

“Belajarnya enggak dari siapa­siapa, hanya saja aku dulu belajar dari pengalaman 2009. Aku memang enggak pernah buat film, tetapi sejak tahun itu dan sekarang aku kerja lagi, itulah yang dijadikan pegang­an,” ujarnya ,saat ditemui di Jalan Pangeran Jayakarta Kota, Jakarta Barat, Minggu (22­4).

Kini Luna memang tengah menger­jakan syuting film terbarunya yang berjudul Skors. Bersama Sigi Wimala dan Ilya Sigma, Luna mengerjakan satu film berjenis omnibus.

“Kalau aku itu ceritanya ten­tang kehidupan sehari­hari juga kok, yang penuh dengan drama.

Mungkin karena hidup saya penuh dengan drama kali ya,” kata dia, seraya tersenyum.

Meskipun sudah pernah melaku­kan sebelumnya, bukan berati tak ada kesulitan yang didapatkannya. Luna bahkan rela melepaskan waktu tudurnya demi Skors.

Luna merasa derajatnya sebagai pekerja film naik satu tingkat saat menjadi sutradara. Semua itu ber­awal dari keprihatinannya terhadap film Indonesia yang menurut dia dikuasai jualan dada dan paha.

Film Luna sendiri berjudul Skros dan akan bercerita tentang seorang gadis cerdas berusia 13 tahun bernama

Juni. Namun, ia memiliki rasa kecemburuan yang besar sehingga mem­buatnya suka menindas dan mem­bully teman­temannya.

“Ini bentuk kemajuan aku sebagai seorang sineas, bukan kemun­duran. Aku naik satu level,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Luna merasa lelah bek­erja sebagai aktris yang dituntut syuting dari pagi hingga pagi. Selain itu, ia memiliki alasan lain mengapa dirinya berhasrat untuk menjadi sutradara.

“Aku ingin perfilman na­sional tidak hanya dikua­sai oleh film paha atau dada melulu, harus lebih banyak lagi genre lain,” ujar dia. (DTC/S-2)

HADIS Nabi “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”, rasa­nya dipahami benar oleh aktris Dian Sastro. Hal itu disebabkan dirinya yang ingin mengambil kembali kuliah S­2.

“Sudah ada rencana untuk itu, karena memang aku yang mau,” ujarnya, saat ditemui di Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (22­4) malam.

Meskipun demikian, ia belum mengetahui fakultas apa yang ingin diambilnya kelak. Dian masih ingin memikirkannya dan berdiskusi dengan sang suami.

“Kalau sama si Bapak Bos, dia bilangnya mau juga sekolah lagi sama aku. Jadi, sama­sama S­2 kita, tetapi mungkin nanti nung-gu si kecil sudah bisa dilepas,” kata dia seraya tersenyum.

Bagi Dian, pendidikan sangat­lah penting. Tak peduli berapa usia dan status seseorang untuk belajar.

“Justru punya anak saat kuliah lagi itu semangatnya dobel dong, sudah sama suami, eh ada anak

juga,” kata dia.“Jangan berhenti sampai di sini.

Kita sebagai wanita harus pintar. Jangan mentang­mentang kita wanita, terus kodratnya hanya jadi ibu rumah tangga. Sayang sekali kalau seperti itu,” ujarnya.

Menurut dia, wanita memang harus memiliki wawasan luas. “Harus pintar. Nanti kalau eng­gak pintar, enggak bisa mengajar­kan anaknya tentang segala hal,” kata dia. (DTC/S-2)

R APPERR 50 Cent dituduh menggunakan lagu musisi lain tanpa permisi. Kini ia pun harus menghadapi tuntutan ganti rugi senilai 600 ribu dolar AS atau sekitar Rp5,5 miliar.

Pria bernama asli Curtis Jack­son itu dituntut personel The Persuaders, Robert Poindexter, karena memakai lagunya. Bagian dari lagu Robert bertajuk Love Gonna Pack Up and Walk Out ada dalam lagu 50 Cent Redrum.

Dalam tuntutan yang diajukan di New York, TMZ melansir, Senin (23­4), Robert mengklaim 50 Cent tidak pernah meminta izin padanya untuk menggu­nakan lagu tersebut. Lagu itu muncul dalam album War Angel

pada 2009 yang dibagikan secara gratis oleh sang rapper.

Menurut Robert, membagi­kan lagu tersebut secara gratis memberikan pengecualian 50 Cent terlibat masalah royalti. Ia sebelumnya sudah mengakui tentang persamaan kedua lagu tersebut.

“50 Cent tidak menyangkal pelanggaran tersebut, tetapi membela diri dengan mengklaim versi ilegal tidak dieksploitasi se­cara komersial, tetapi diberikan gratis,” ujar Robert.

Robert mengaku mengalami sejumlah kerugian dan minta ganti Rp5,5 miliar. Hingga kini juru bicara 50 Cent masih meno­lak untuk memberikan komen­tarnya. (DTC/S-2)

Luna Maya Belajar dari Pengalaman

AKTRIS Luna Maya mengaku belajar dari pengalaman saat mengerjakan proyek film terbarunya. Hal ini memang bukan yang pertama kali dikerjakan Luna. Sebelumnya, ia pernah terlibat dalam satu penggarapan LA Light Indie Movie.

Ayu Ting Ting

Trauma Tampil di Daerah50 CenT

Dituntut Rp5,5 Miliar

DiAn SASTRo

Ingin Melanjutkan Kuliah

n DeTik

n DeTik

n kapanlagi

n reuTerS

Page 17: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

Hati Vidal untuk Si Nyonya TuaTURIN̶Arturo Vidal memang baru ber-gabung dengan Juventus di awal musim ini. Namun, ia mengaku sudah sepenuh hati bermain untuk klub barunya itu. Vidal diboyong Juve dari Bayer

Leverkusen pada bursa trans-fer musim panas lalu dengan banderol 12,5 juta euro atau seki-tar 150 miliar rupiah dengan durasi kon-trak selama 5 tahun.

Selama berseragam Bianconeri, Vidal sudah tampil 26 kali di Seri A. Dua gol ke gawang AS Roma, Senin (23-4) dini hari tadi, menambah catatan golnya menjadi enam gol. Yang membuatnya istimewa adalah dua gol itu ia ciptakan tak sampai 10 menit setelah laga dimulai. Menurut catatan Opta, Vidal menjadi orang kedua yang melakukan itu di musim ini setelah Francesco Totti yang melakukannya saat Roma menang 5-1 dari Cesena. “Mungkin ini adalah permainan terbaikku selama bergabung dengan Juve,” kata midfi elder berusia 24 tahun itu seperti disitat Football Italia. (DTC/O-1)

Kadlec Dipukul Dua Fan CologneBERLIN̶Kejadian tidak mengenakkan dialami bek Bayer Leverkusen, Michal Kadlec. Hidungnya terluka gara-gara dipukul dua fan klub rivalnya, Cologne. Diberitakan Reuters, Kadlec dan pacarnya sempat mengunjungi sebuah klub malam Cologne, setelah melakoni pertandingan timnya di markas Hoff einheim hari Sabtu lalu, Leverkusen menang 1-0.Saat hendak meninggalkan tempat itu, mereka didekati dua orang yang kemudian mengaku sebagai suporter Cologne. Menurut saksi mata, mereka memaki-maki Kadlec dan kemudian memukul wajahnya.Pemain internasional Republik Ceko itu cedera di hidung dan akan di-operasi pada hari Senin (23-4) ini. Meskipun demikian, ia berharap kondisinya itu tidak mengha-langinya turun ke lapangan meng-hadapi Hanover 96, minggu depan. Leverkusen menduduki peringkat keenam di klasemen Bundesliga se-telah kemenangannya atas Hoff enheim tersebut. Cologne, yang suporternya kerap terlibat kasus kekerasan di musim ini, berada di zona degradasi setelah bermain 1-1 melawan VfB Stuttgart. (DTC/O-1)

Aguero Unjuk Kemampuan TerbaikMANCHESTER̶Mengasah bakat di Independiente dan mencuatkan nama di Atletico Madrid, Sergio

“Kun” Aguero langsung unjuk kemampuan terbaik di musim pertamanya di klub Inggris, Manchester City.Ia memang kalah dari Robin van Persie di bursa Player of the Year versi Asosiasi Pesepak Bola Profesional (PFA), tetapi ia masuk Team of the Year bersama Van Persie dan Wayne Rooney di lini depan.Pemain 23 tahun itu sudah berhasil ber-

adaptasi dengan tempat barunya. Sejak dibeli dari Atletico di musim panas lalu dengan harga 45 juta euro, ia lulus ujian dan terus menjadi penyerang utama skuat Roberto Mancini. Ia tidak seperti Edin Dzeko, Carlos Tevez, atau Mario Balotelli yang bergonta-ganti menjadi starter.Menantu Diego Maradona ini telah terlibat dalam 31 pertandingan Liga Inggris, 28 di antaranya dari menit pertama. Hasilnya, ia mendulang 22 gol, hanya kalah dari Van Persie (27) dan Rooney (26).Sebagai perbandingan, selama 5 tahun mem-perkuat Atletico Madrid, paling banyak Aguero mencetak 20 gol di liga, yakni di musim 2010-2011. (DTC/O-1)

Kemenangan 2-0 atas Borussia

Monchengladbach, Minggu (22-4) dini

hari WIB, membuat Dortmund kini

mempunyai 75 poin, unggul delapan

poin atas Muenchen di posisi kedua.

Ini seperti jadi musim “gila” untuk

Dortmund yang juga masih memiliki

potensi membikin musimnya jadi lebih

dahsyat.

Gelar juara Bundesliga dipastikan

Dortmund dengan dua laga tersisa

setelah akhir pekan lalu menunduk-

kan Monchengladbach. Hasil itu me-

mastikan tim Hitam Kuning tak lagi

bisa dilampaui pengejar terdekatnya,

Bayern Muenchen.

Ditilik dari statistik, Dortmund me-

mang amat layak menjadi juara karena

lajunya yang sangat konsisten. Sejak

dibekuk Hannover 96 pada 18 Septem-

ber lalu, Die Schwarzgelben tak pernah

lagi dihinggapi kekalahan.

“Kami berpeluang melakoni musim

terbaik kami. Kami belum pernah ka-

lah dalam 26 pertandingan liga, itu be-

nar-benar gila. Dan kami tidak pernah

merasa bakal kalah. (Laju) Itu terus saja

bergulir,” kata pelatih Juergen Klopp di

AFP.

Sementara

G o e t z e

yang mela-

kon i l a ga

c o m e b a c k

pascaabsen empat bulan mengatakan

apa yang tim ini capai sangat fenomenal.

“Sangat hebat bisa ada di sini dan ikut

terlibat, tapi aku masih butuh beberapa

laga lagi (untuk bisa fi t, red).”

“Aku ingin kembali ke kondisi 100

persen ketika melakoni laga Piala

Jerman, itu adalah tantangan kami

berikutnya,” kata Goetze seperti di-

lansir AFP.

Dalam laju tak terkalahkan itu,

Dortmund seraya memperlihatkan ke-

unggulan atas tim-tim papan atas lain,

seperti Muenchen (posisi 2), Schalke

(3), dan Gladbach (4).

Muenchen dan Schalke dua kali

dikalahkan, dan Gladbach diim-

bangi di pertemuan pertama

dan dikalahkan di pertemuan

kedua. Yang unik, kemenangan

atas Muenchen, Schalke, dan Gladbach

ditorehkan Dortmund secara berun-

tun di tiga seri terakhirnya.

“Kami sudah mengalahkan runner-

up, kami mengalahkan tim posisi tiga

dan kini kami mengalahkan tim posisi

empat. Saya pikir tidak seorang pun

yang akan bilang kami tidak pantas jadi

juara Jerman,” kata Presiden Dortmund

Reinhard Rauball.

“Dortmund menjalani musim de ngan

sangat bagus, mereka memperlihat kan

kelas dan konsistensi, dan layak jadi

juara musim ini,” ujar CEO Bayern

Muenchen Karl-Heinz Rummenigge

dalam sebuah pernyataan yang dilansir

Reuters.

Dengan dua laga tersisa dan raihan 75

angka sejauh ini, Dortmund juga berpe-

luang rekor poin di dalam satu musim

Liga Jerman jika berhasil menambah 4

poin lagi. Sejauh ini rekor poin dalam satu

musim Liga Jerman dipegang Muenchen

dengan 79 poin pada musim 1971—1972

dan 1972—1973.

Selain itu, Dortmund pun masih

berpeluang mengilapkan musim dengan

menjuarai Piala Jerman pada 12 Mei

depan. Berhadapan dengan Muenchen,

tim racikan Klopp juga berkesempatan

mencatatkan kemenangan nomor tiga

atas Die Roten musim ini.

Satu-satunya noda di dalam musim

Dortmund mungkin adalah lajunya

di Liga Champions karena sudah

tersingkir dini di fase grup akibat

finis di posisi terakhir akibat

kalah bersaing dari Arsenal,

Marseille, dan juga Olim-

piakos. (DTC/ANT/O-1)

STRIKER Arsenal, Robin van Per-

sie, dikukuhkan sebagai pemain

sepak bola terbaik oleh Asosiasi

Pesepakbola Profesional Inggris

(PFA) pada Minggu (22-4) waktu

setempat, setelah dia mencetak 27

gol untuk membangkitkan kembali

klubnya musim ini.

Kontribusi Van Persie pada Arse-

nal memang tak bisa terbantahkan.

Pemain internasional Belanda

berusia 28 tahun itu sangat sukses

membantu timnya Arsenal naik

ke urutan ketiga klasemen dalam

sisa waktu tiga pertandingan lagi,

di mana klubnya Arsenal sempat

terpuruk selama musim ini.

PFA pun tak ragu untuk meno-

batkan bomber asal Belanda itu se-

bagai pemain terbaik versi me reka.

Ia mengalahkan lima kandidat lain,

yakni Joe Hart, David Silva, Sergio

Aguero, Wayne Rooney, dan Scott

Parker.

Dipilih oleh asosiasi pemain,

penyerang asal Belanda itu pun

merasa terkesan. “Jika orang lain

yang mengatakannya, itu sesuatu

yang spesial. Tapi, jadi jauh lebih

spesial ketika lawan Anda yang

mengatakannya,” ujarnya seperti

dikutip Daily Mail.

Van Persie lantas menyebut gelar

tersebut tak mungkin diraihnya jika

tak ada rekan-rekannya di Arsenal.

Ia menyebut Th eo Walcott sebagai

contohnya. “Tanpa mereka saya tak

akan bisa mendapatkan gelar ini.”

“Contohnya Th eo Walcott. Dia

sudah memberikan saya lebih dari

12 assist dan saya sangat meng-

hargainya,” kata pemain berusia

28 tahun ini.

Van Persie menjadi orang Be-

landa ketiga yang memenangi

penghargaan sebagai pemain ter-

baik setelah Dennis Bergkamp

(1997-98) dan Ruud van Nistelrooy

(2001-02).

Dia menjadi pemain Arsenal

pertama yang meraih penghargaan

itu sejak Th ierry Henry memenangi

penghargaan pada 2004.

Kyle Walker Selain itu, pemain Tottenhan

H o t s p u r

Ky le Wa l ker

juga dinobatkan

PFA sebagai Young

Player of the Year.

Walker nyaris tak tergan-

tikan di sisi kanan pertah-

anan Spurs di musim ini. Pe-

main 21 tahun itu bermain

dalam 33 pertandingan dari

total 34 laga yang sudah di-

mainkan Spurs di liga.

PFA yang menilai Wal-

ker bisa tampil konsis-

ten, memilihnya sebagai

pemain muda terbaik

tahun ini. Walker me-

nyisihkan Gareth Bale,

Daniel Sturridge, Alex

Oxlade-Chamberlain, dan

juga Danny Welbeck.

“Saya masih sedikit terkejut

karena tidak biasanya pemain

belakang mendapatkan peng-

hargaan seperti ini dan menda-

pat banyak perhatian layaknya

pemain depan,” kata Walker di

Daily Mail. (DTC/O-1)

MONTE CARLO (Dtc/Lampost): Kedig-

dayaan Rafael Nadal di turnamen Monte

Carlo Masters masih terus berlanjut.

Tahun ini, Nadal meraih titel kedelapan

secara berturut-turut setelah menakluk-

kan Novak Djokovic di fi nal.

Dalam partai puncak di Monte Carlo

Country Club, Minggu (22-4) malam

WIB, Nadal hanya butuh waktu 1 jam

18 menit untuk menghabisi Djokovic.

Unggulan kedua asal Spanyol ini menang

dua set langsung 6-3 dan 6-1.

Kemenangan ini berarti ganda buat

Nadal. Pertama, dia merebut gelar

kedelapan nya di turnamen setelah per-

tama kali juara pada tahun 2005. Kedua,

kemenangan ini juga membuat Nadal

berhasil mengakhiri tren buruk saat ber-

temu Djokovic di fi nal turnamen.

Sebelumnya, dia selalu kalah dari

petenis nomor satu dunia itu dalam tujuh

partai penentuan gelar.

Ini adalah titel ke-47 sepanjang karier

Nadal. Ini juga menjadi titel pertamanya

setelah Grand Slam Prancis Terbuka

tahun lalu.

“Sulit dipercaya bisa memenangi

turnamen bersejarah ini hingga delapan

kali. Saya selalu merasa luar biasa saat

datang ke sini,” seru Nadal seperti dikutip

Telegraph.

“Saya kalah dari Novak delapan kali,

jadi kalah untuk kedelapan kali tak akan

jauh berbeda. Tapi, bisa memenangi yang

ini akan membuat perbedaan besar,”

ujarnya.

“Semoga saya tetap bugar dan pergi ke

Barcelona (pekan depan) dan bisa menda-

patkan hasil yang bagus,” kata Nadal.

Djokovic mengakui bahwa Nadal

tampil lebih baik. Selain itu, dia juga tak

bisa fokus 100 persen setelah kematian

kakeknya beberapa hari lalu.

“Rafa bermain baik dan layak menang

hari ini. Saya masih sangat senang bisa

mencapai final untuk kedua kalinya,”

kata Djokovic.

“Namun, faktanya saya sudah tak pu-

nya energi emosional yang tersisa. Saya

senang bisa mencapai fi nal dalam situasi

seperti ini. Ini adalah pekan yang sangat

sulit untuk saya lalui.”

“Saya tentu harus ke makam kakek saya

dan menengoknya karena saya tak bisa

hadir saat pemakaman kemarin. Jadi, saya

akan ke sana,” kata Djokovic. (O-1)

INT. INT. INT.

INT.

I 17Olahraga SELASA, 24 APRIL 2012 LAMPUNG POST

KIMI Raikkonen dan Michael Schumacher sama-sama pernah menjadi juara dunia F1... HAL 18

Pemegang gelar Super Champion kelas bulu WBA Chris John sudah siap bertanding melawan Shoji Kimora (Jepang)... HAL 18

OFFSIDE

Dortmund Tatap ÂDouble WinnerÊDORTMUND̶Borussia Dortmund bisa saja menutup musim ini dengan sangat istimewa andaikan mampu memenangi dua laga tersisa di Bundesliga, serta tentunya fi nal Piala Jerman kontra Bayern Muenchen.

REUTERS/ERIC GAILLARD

PUTRI MONAKO PELUK DJOKOVIC. Putri Charlene dari Monako memberikan ucapan selamat dengan memeluk Novak Djokovic dari Serbia setelah fi nal Masters Tenis Monte Carlo di Monako, Minggu (22-4) malam waktu setempat. Dalam partai puncak tersebut, Djokovic dikalahkan oleh Nadal.

MONTE CARLO MASTERS

Nadal Raih Titel Kedelapan

Pertemuan Dortmund Lawan Tim 4 Besar Bundesliga

19 November Bayern Muenchen 0-1 Borussia Dortmund

11 April Borussia Dortmund 1-0 Bayern Muenchen

26 November Borussia Dortmund 2-0 Schalke 04

14 April Schalke 04 1-2 Borussia Dortmund

3 Desember Monchengladbach 1-1 Borussia Dortmund

21 April Borussia Dortmund 2-0 Monchengladbach

SEPAK BOLA

Van Persie Pemain Terbaik Versi PFAVan Persie Pemain Terbaik Versi PFA

Page 18: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

Tujuh gelar juara dunia telah menandai karier cemerlang Schu-mi di lintasan F1. Ketika tengah di puncak performa, pria berusia 43 tahun itu bahkan menyabet lima gelar beruntun dari musim 2000—2004 bersama Ferrari. Ia pensiun di akhir musim 2006.

Pascapensiunnya Schumi, Kuda Jingkrak merekrut Raikkonen dari McLaren—capaian terbaiknya saat itu adalah runner-up klase-men akhir pembalap musim 2003 dan 2005. Di akhir musim perdan-anya bersama Ferrari, Raikkonen tampil jadi juara dunia. Ia gantung setir pada akhir musim 2009.

Musim ini, kedua pembalap sama-sama sudah kembali beraksi di lintasan F1. Schumi lebih dulu men-

cabut keputusannya pensiun dan balik ke lintasan sejak musim 2010 lalu, diikuti Raikkonen yang baru melajukan jet darat lagi musim ini.

Kredit tersendiri kini patut diberi-kan untuk Raikkonen yang sudah berhasil menjejak podium lagi, se-telah hanya melalui empat seri di musim perdananya pascapensiun. Akhir pekan lalu, pria 32 tahun itu finis kedua di GP Bahrain di belakang Sebastian Vettel dari Red Bull.

“Sedikit mengecewakan aku tidak berhasi l melakukannya (menang). Tapi aku membuat kesalahan kecil di awal dan kehi-langan satu posisi dari Ferrari,” kata Raikkonen di Reuters.

Raikkonen boleh kurang puas, tapi capaiannya tersebut sudah jauh

lebih oke ketimbang Schumi yang bahkan belum bisa naik podium lagi sejak kembali beraksi di F1, dengan capaian terbaik adalah “nyaris” naik podium alias finis di posisi empat—dilakukan empat kali; tiga kali di 2010 dan sekali di 2011.

Maka Raikkonen cuma mem-butuhkan empat seri balapan untuk bisa kembali naik podium, sesuatu yang belum bisa dilakukan Schumi selewat 42 seri balapan pascakembali.

Ditilik dari segi mobil, Schumi

yang membalap untuk Mercedes GP sejatinya memiliki modal cu-kup baik mengejar podium musim ini. Faktanya, rekan setimnya, Nico Rosberg, bisa menang di seri ketiga lalu. Namun, alih-alih mengejar podium, Schumi sejauh ini justru baru mendulang 2 poin hasil dari dua kali retired dan dua kali finis di posisi 10.

Sementara Raikkonen, yang kini beraksi bersama tim Lotus, telah membuktikan kalau timnya juga punya mobil yang kompetitif dan mampu mengejar podium. Ini diperlihatkan dari hasilnya dan juga rekan setimnya, Romain Grosjean, yang finis ketiga di Bahrain.

TerkejutRomain Grosjean, pembalap

tim Lotus, pun mengaku terkejut dengan raihan podium perdana-nya di balapan GP Bahrain.

Grosjean finis di urutan ketiga, di belakang Sebastian Vettel dan rekan setimnya, Kimi Raikkonen, pada balapan yang berlangsung di Sirkuit

Internasional Bahrain, Minggu (22-4) malam WIB. Ia sempat ber-ada di posisi dua, di belakang Vettel, sebelum akhirnya disalip Raikkonen pada pertengahan balapan.

Bagi Grosjean, itu adalah hasil yang luar biasa. Sebelumnya, di GP China, ia sudah mendapatkan poin pertamanya di F1 setelah finis di urutan keenam.

“Rasanya sangat luar biasa,” ka-tanya seperti dikutip Autosport.

“Saya sangat bangga kepada tim saya, atas apa yang sudah mereka lakukan. Kami tahu bahwa kami memiliki mobil yang bagus, tapi saya pikir kami sempat terkejut dengan posisi kami.”

“Saya pikir, mobil kami sangat kompetitif dan kami layak berba-hagia atas apa yang sudah kami lakukan,” ujarnya.

Finisnya Grosjean di posisi ketiga membuat mobil-mobil bermesin Renault merajai podium. Sebelumnya, hal serupa dilakukan oleh mobil-mobil bermesin Mer-cedes pada GP China. (DTC/O-1)

Olahraga I 18selasa, 24 April 2012 lampung pOsT

‘‘schumi lebih dulu mencabut keputusannya pensiun dan balik ke lintasan sejak 2010 lalu, diikuti Raikkonen yang comeback musim ini.

JAKARTA (Ant/Lampost): Se-banyak delapan siswa SMP dari program beasiswa Liga Pendidik-an Indonesia (LPI) siap diberang-katkan ke Madrid, Spanyol, akhir Mei, untuk berlatih sepak bola di negara itu.

“Setelah selesai UN (ujian na-sional) tingkat SMP, mereka akan kembali ke Semarang untuk persia-pan final sebelum diberangkatkan ke Madrid,” kata Sekjen LPI Edhi Prasetyo di Jakarta, Senin (23-4).

Di Madrid, kedelapan siswa itu akan bersekolah di sekolah setingkat SMA berbahasa Spanyol dan berla-tih sepak bola di sekolah sepak bola di Madrid. Menurut Edhi, KBRI di Madrid juga sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk kesuksesan program LPI tersebut.

Direncanakan, kedelapan siswa tersebut akan diberangkatkan ke Spanyol sebelum akhir Mei menda-tang. “Ini terkait dengan informasi dari KBRI di Madrid mengenai jad-

wal sekolah di sana, sehingga me-reka harus sudah di Madrid sebe-lum akhir Mei,” kata Edhi bersama jajaran pengurus LPI usai bertemu Menpora di Jakarta, Senin.

Kedelapan pemain terbaik yang masih siswa kelas IX SMP itu ada-lah Dwi Chandra Rukmana dan Thomas Kristianda (asal SMPN 4 Semarang), M. Dimas Drajad (SMPN 3 Gresik), Ronaldo Lo-lombulan (SMPN 13 Yogyakarta), Carli Xaronika (SMPN 1 Salo Kam-par, Riau), Aldo Claudio (SMPN 223 Jakarta), M. Ilham F (SMPN 16 Tangerang), dan T.M. Ichsan (SMPN 1 Peusangan, Aceh).

Sebelumnya, mereka sudah melakukan pemusatan latihan di Semarang sejak Januari. Selama di Semarang, mereka belajar di SMPN 4 Semarang dan berlatih sepak bola di SSB Terang Bangsa di bawah asuhan pelatih asal Argen-tina yang berbahasa Spanyol. Selain itu, mereka juga mengikuti kursus

bahasa dan budaya Spanyol.Sebelumnya, Menpora Andi

Mallarangeng mengingatkan agar LPI yang merupakan kompetisi sepak bola berjenjang berbasis satuan sekolah menjadi salah satu pilar pembinaan usia muda, yang merupakan bagian dari bagaima-na memperkuat tim nasional.

Ketua Panitia Nasional LPI Toho Cholic Mutohir menyebutkan kompetisi LPI Piala Presiden kini sudah memasuki tahun pembi-naan ketiga. Sudah bergulir di 158 kabupaten/kota di seluruh Indo-nesia. “Untuk penyelenggaraan tahun ini, kami berharap dapat menggulirkan kompetisi LPI pada 300 kabupaten/kota,” katanya.

Jadwal kompetisi LPI tahun pem-binaan 2011—2012, yakni seleksi tingkat kabupaten/kota berlang-sung sejak 1 November 2011 hingga 30 Juni 2012 mendatang. Sedangkan tingkat provinsi akan digulirkan pada Juli—September 2012. (O-1)

SEMARANG (Ant/Lampost): Pemegang gelar Super Champion kelas bulu WBA Chris John sudah siap bertanding melawan Shoji Kimora (Jepang). Kini dia tinggal menjaga kestabilan berat badan menjelang pertarungan di Marina Bay Sands, Singapura, 5 Mei 2012.

“Persiapan sekarang ini sudah hampir 100% dan tinggal menjaga kestabilan berat badan hingga menje-lang acara timbang badan nanti,” kata petinju dengan julukan The Dragon itu di Semarang, Senin (23-4),.

Petinju dengan rekor bertarung

46 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri terse-but kini berada di Semarang, untuk berkumpul dengan keluarganya setelah hampir 2 bulan menjalani latihan di Sasana Herry’s Gym di Perth, Australia.

“Saya tiba di Semarang, Sabtu (21-4) malam, kemudian pada Se-lasa (24-4) berangkat ke Singapura dari Bandara A. Yani Semarang,” kata petinju yang sudah 9 tahun memegang gelar juara dunia kelas bulu WBA tersebut.

Ia mengatakan istrinya, Anna

Maria Megawati, juga akan men-dampingi dirinya bertarung mela-wan petinju Jepang di Singapura mendatang. “Saya mendapat tugas menyanyikan lagu kebangsaan In-donesia Raya menjelang pertarung-an,” kata Anna Maria Megawati.

Pertarungan Chris John mela-wan Shoji Kimora di Singapura mendatang satu paket dengan pertarungan antara Daud Yordan melawan Lorenzo Villanueva (Filipina) yang memperebutkan sabuk gelar juara dunia kelas bulu IBO yang kosong. (O-1)

BANDUNG (Ant/Lampost): Tim putri Universitas Pendidik an Indonesia berpeluang pertahan-kan gelar juara kompetisi bola basket antarperguruan tinggi LA Lights Campus League 2012, setelah mengalahkana Univer-sitas Maranatha dengan skor 57-39 pada babak semifinal di GOR C-Tra Arena Cikutra Kota Bandung, Senin (23-4).

Kendati tak diperkuat pemain-pemain terbaiknya yang meng-ikuti Pelatda PON XVIII/2012, Rizkia dkk. tetap menunjukkan permainan terbaiknya. “Ba-gaimanapun kondisi tim, kami harus tunjukkan permainan terbaik dengan saling percaya kemampuan dan menutupi kelemahan tiap pemain,” kata pemain UPI Rizkia.

Selama 40 menit, Tim UPI terus meneka n perma ina n hingga Maranatha yang diper-kuat Fathia, Lee, Marisa, The-ressa, dan Sarwenda tidak bisa mengembangkan permainan sehingga UPI terus menambah perolehan angka.

Pelatih Maranatha, Yohannes, mengakui timnya kewalahan meng-atasi permainan juara bertahan itu. “Tahun depan akan berusaha lebih baik lagi. Mereka tampil lebih baik dan lebih siap meski tidak diperkuat pemain intinya.”

Mengenai babak final yang akan digelar Selasa (24-4), Rizkia mengatakan tak ada latihan atau strategi khusus. “Yang terpenting kami tidak terlena dengan keme-nangan hari ini dan harus me-nyiapkan mental untuk pertan-dingan besok,” kata Rizkia.

Pada babak semifinal, putri UPI akan berhadapan dengan pemenang semifinal antara tim Universitas Padjadjaran (Unpad) melawan ITT Telkom yang diper-tandingkan Senin (23-4) malam.

Pemenang dari sektor putri pada kompetisi ini akan mem-peroleh uang pembinaan Rp7,5 juta, sekaligus berkesempatan melaju ke babak grand final ber-sama runner-up tingkat regional untuk bertanding melawan pe-menang dari kota-kota besar lain di seluruh Indonesia. (O-1)

VARIA SPORT

Peserta Jakarta 10K Terus BertambahJAKArTA—Jakarta International 10K selalu menarik puluhan ribu orang. Apabila jumlah peserta terus bertambah, ada kemungkinan dan rencana lomba lari tersebut diadakan dengan rute baru.Hal itu disampaikan Gubernur DKI Fauzi Bowo saat jumpa pers mengenai event tersebut di kantor Balai Kota, Jakarta, Senin (23-4). Di edisi kesembilan tahun ini, yang akan digelar pada 20 Mei, Jakarta International 10K diperkirakan diikuti 35 ribu orang. Tahun ini ajang ini melibatkan 28 ribu peserta.Jakarta Internasional 10K adalah event yang selalu digelar mem-peringati ulang tahun Ibu Kota Jakarta dan juga sudah mendapat sertifikat resmi dari federasi atletik dunia, IAAF.Lomba dimulai dari Silang Monas Barat Daya menuju Jalan M.H. Thamrin, Bunderan HI, Jalan Jenderal Sudirman, memutar di depan bekas stasiun pompa bensin Semanggi, dan kembali ke Jalan Jen-deral Sudirman, Bundaran HI, Jalan M.H. Thamrin, dan finis di Silang Monas Barat Daya. (anT/O-1)

Atlet Futsal Porwanas DiseleksiJAYApUrA—Futsal Liga Media merupakan bagian dari ajang seleksi untuk atlet di Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) ke-XI 2013 di Surabaya, Jawa Timur.“Futsal Liga Media yang diselenggarakan oleh Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Cabang Papua di Kota Jayapura, selain ajang silaturahmi, juga sebagai ajang seleksi atlet Porwanas,” kata Ketua Panitia Futsal Albert Yomo di Jayapura, Senin (23-4).Ia mengatakan liga media tersebut sudah dilaksanakan sejak 2010 dan animo rekan-rekan wartawan dari berbagai media lokal dan nasional yang ada di Kota Jayapura dan sekitarnya sangat antusias mengikuti.Yomo juga mengatakan hingga dimulai kickoff pertandingan perdana, Minggu (21-4), di Lapangan Futsal Melati Kotaraja, telah terdaftar 12 tim dari berbagai media yang turut serta ajang tersebut. (anT/O-1)

SEpAK BOlA

Delapan Siswa SMP ke Madrid

‘Comeback’ Kimi Lebih Oke KIMI Raikkonen dan Michael schumacher sama-sama pernah menjadi juara dunia F1. Keduanya juga sama-sama pernah memutuskan pensiun dari F1. Bedanya, Kimi sudah bisa naik podium di musim perdananya usai comeback, sesuatu yang belum bisa dilakukan lagi oleh schumi.

TiNJU

Chris John Siap Bertanding

BASKET

Putri UPI BerpeluangPertahankan Gelar

n lampung pOsT/HEnDRIVan gumaY

Tim takraw sD 2 sumurbatu, Telukbetung utara, siap melakukan servis pada final Olimpiade Olahraga siswa nasional (O2sn) tingkat sD se-Kecamatan Telukbetung utara, senin (23-4). O2sn tingkat Kecamatan Telukbetung utara tersebut diikuti 25 sD dengan cabang kejuaraan takraw, catur, voli, renang, atletik, dan sepak bola. para juara akan mewakili kecamatan untuk bertanding di tingkat Kota Bandar lampung.

Sepak Takraw O2SN

Page 19: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

I 19SELASA, 24 APRIL 2012 LAMPUNG POST

BINTANG Pelajar merupakan salah satu rubrik andalan harian umum Lampung Post. Penggarapannya dilakukan siswa secara bergiliran melalui Organi-sasi Siswa Intra-Sekolah (OSIS). Tujuannya, kami ingin memberikan pendidikan jurnalistik praktis kepada pelajar. Tidak hanya teori, tetapi juga praktek jurnalistik sampai menerbitkan sebuah koran.Selain itu, kami ingin mempertajam proximity (kedekatan) isu, sehingga keberadaan Bintang Pelajar memiliki nilai signifi kasi bagi dinamika sekolah, khususnya pelajar. Edisi kali ini menampilkan tulisan tentang ujian nasional yang pekan ini diikuti siswa SMP/MTs/sederajat di seluruh Indonesia, termasuk di Lampung. Meskipun UN sudah bertahun-tahun dilaksanakan, selalu saja ada kekurangan dalam pelaksanaannya. Namun, secara umum siswa lebih cerdas dan tenang menghadapi UN yang untuk SMP dilaksanakan hingga ke pelosok desa. Bagi OSIS atau organisasi kesiswaan lainnya yang ingin menggarap Bintang Pelajar, silakan mengirimkan usulan topik Laporan Utama, Profi l, Bedah Buku, Jeda, dan Kronika ke e-mail [email protected], [email protected], faksimile 0721-783598, atau SMS 08127200999. Selamat menikmati. Redaksi.

Menteri Pendidikan dan Ke-

budayaa n Moha m mad Nu h

mengatakan pelaksanaan UN

tingkat SMP sederajat memi-

liki daerah jangkauan lebih luas

ketimbang UN tingkat SMA

sehingga para pengawas harus

memberikan pelayanan hingga

ke pelosok desa.

“U N SMP/sederajat lebi h

kompleks, jumlah lebih besar.

Lokasi SMA di kecamatan, SMP

sampai ke pelosok desa. Oleh

karena itu, pengawas diharap-

kan lebih dekat dengan peserta,

lebih responsif untuk memberi

layanan,” kata Mendikbud saat

melakukan inspeksi mendadak

ke SMPN 19 Ja kar ta, Senin

(23-4).

Kunjungan Mendikbud dan

rombongan yang dilaksanakan

pukul 05.00 meninjau langsung

kesiapan panitia UN. Dalam

kesempatan itu, Mohammad Nuh

mengatakan kunjungan ke SMPN

19 tersebut sebagai makna sim-

bolik memberi dukungan kepada

penyelenggara.

“Dedikasi mereka luar biasa,

pukul 05.00 sudah siap di sekolah

demi mempersiapkan UN de-

ngan baik. Selain itu, kami ingin

memastikan dugaan-dugaan

tentang adanya kebocoran soal

itu tidak benar. Saya mempunyai

keyakinan kebocoran naskah

tidak ada,” katanya.

Mendikbud mengatakan pro-

ses pengawas pelaksanaan UN

melalui hierarki terstruktur dan

penanggung jawabnya jelas, yakni

dari provinsi, kabupaten, rayon,

dan subrayon.

“Masing-masing didorong un-

tuk membangun rasa memiliki,

itu yang mahal. Kalau sampai ada

masalah, sudah jelas bisa dite-

lusuri siapa yang bertanggung

jawab dan dilakukan lokalisasi

struktur,” kata dia.

Dia mengatakan informasi

mengenai daerah-daerah yang

dianggap rawan kecurangan jus-

tru didapat dari masyarakat. Oleh

karena itu, Kemdikbud dan Ba-

dan Standar Nasional Pendidik an

(BSNP) sebagai penyelenggara

UN kemudian mengirim tim ke

sekolah yang diinfokan rawan

kecurangan untuk membuktikan

kebenarannya.

“Begitu terbukti di sekolah X

terjadi kecurangan, kami ganti

naskah baru atau dibatalkan.

Kalau kebocoran di subrayon,

akan diblok di subrayon itu. Ada

lokalistiknya. Tidak secara na-

sional,” ujar Mendikbud.

Terkait kelulusan, Mendikbud

menyatakan kelulusan UN yang

menentukan adalah satuan pen-

didikan, bukan kementerian atau

dinas. Sekolah sudah diberikan

kriteria, yakni harus berkelakuan

baik, telah menyelesaikan seluruh

program, lulus mata pelajaran

yang diujikan sekolah, dan lulus

UN.

“Sekolah dipersilakan, apakah

si anak melanggar norma per-

tama atau tidak. Sekolah dapat

memutuskan dengan berbagai

pertimbangan, apakah anak itu

bisa lulus apa tidak,” ujarnya.

Adapun mata pelajaran yang

diujikan UN hari pertama ini

adalah Bahasa Indonesia. Bahasa

Inggris akan mengisi UN di hari

kedua, Matematika di hari ketiga,

dan Ilmu Pengetahuan Alam

(IPA) di hari terakhir.

UN SMP 2012 diikuti oleh

3.740.043 siswa dari semua jen-

jang SMP (SMP/MTs/SMPLB/

SMPT). Jumlah tersebut berasal

dari 32.451 SMP/SMPLB, 14.976

MTs, dan 2.042 SMPT. Semua pe-

serta akan ditampung di 209.548

ruang ujian, dengan melibatkan

sedikitnya 418.096 pengawas.

Di Lampung, UN berjalan

dengan lancar. Namun, ada be-

berapa persoalan seperti soal

tertukar antara SMP dan SMK

serta lembar jawaban komputer

(LJK) kurang. (ANT/TIM/S-3)

UN hingga Pelosok DesaPELAJAR di seluruh Indonesia, termasuk di Lampung, saat ini masih menghadapi ujian nasional (UN). Kegiatan tahunan ini amat penting karena turut menentukan kelulusan dan kelanjutan pendidikan siswa.

‘‘UN SMP/sederajat lebih kompleks, jumlah lebih besar. Lokasi SMA di kecamatan, SMP sampai ke pelosok desa.

MENTERI Pendidikan dan Kebu-

dayaan Mohammad Nuh memas-

tikan mulai 2013 ujian nasional

(UN) menjadi syarat masuk per-

guruan tinggi negeri (PTN) lewat

seleksi jalur undangan.

“Tahun ini pelaksanaan UN

tingkat SMA tidak terbukti terjadi

kebocoran. Karena itu, sistem yang

ada akan kami pertahankan dan

ditingkatkan hingga UN menjadi

syarat masuk PTN pada tahun de-

pan,” katanya saat bersilaturahmi

dengan wartawan di Surabaya,

akhir pekan lalu.

Ia menjelaskan integrasi UN

dalam persyaratan masuk PTN

itu akan diberlakukan untuk

seleksi masuk PTN jalur undang-

an yang k ini mencapai 60%.

“Nantinya, seleksi siswa SMA

yang masuk ke PTN lewat jalur

undangan akan menggunakan

UN, sedangkan jalur ujian tulis

(SNMPTN tulis) yang mencapai

40% akan tetap memberlakukan

seleksi melalui SNMPTN ujian

tulis,” katanya.

M. Nuh menjelaskan meka-

nisme penggunaan UN sebagai

syarat masuk PTN lewat jalur un-

dangan itu akan diatur kemudian.

Hal itu terkait dengan penggunaan

UN dan rapor (hasil ujian sekolah)

sebagai persyaratan. “Yang jelas,

UN akan menjadi faktor utama.

Karena, pembuatan naskah soal

UN, pengawasan UN, dan penilai-

an UN itulah yang melibatkan

kalangan perguruan tinggi di

dalamnya,” katanya.

Menurut dia, mekanisme atau

sistem penyelenggaraan UN yang

akan dipertahankan bahkan di-

tingkatkan karena sudah ter-

bukti tidak mengalami kebocoran,

antara lain percetakan yang ter-

pusat dengan security printing.

“Variasi soal dalam satu ruangan

yang terdiri dari lima tipe mung-

kin akan ditingkatkan lebih dari

lima dan bahkan mungkin bisa 10

tipe, sehingga tingkat kecurangan

dipersempit. Kalau sekarang masih

lima tipe soal, karena terkait ang-

garan percetakan saja, sebab lima

tipe naskah soal saja sudah senilai

Rp600 miliar atau Rp50 ribu per

anak,” katanya. (ANT/S-3)

KRONIKA

UN Jadi Syarat Masuk PTN

DINAS Pendidikan akan men-

transfer jawaban peserta ujian

na sional (UN) yang tertera di

lem bar jawaban fotokopi ke

kertas asli agar bisa terbaca

mesin pemindai.

Kepala Dinas Pendidikan

Provinsi Jawa Barat Wahyudin

Zarkasyi ketika meninjau UN

tingkat SMP di SMP BPI, Jalan

Burangrang, Bandung, Senin

(23-4), mengatakan pemindahan

jawaban tersebut akan dilakukan

di Universitas Pendidikan Indo-

nesia (UPI) Bandung oleh tim

khusus dengan pengawasan ketat

dari Dinas Pendidikan Provinsi

Jawa Barat dan kepolisian.

“Lembar jawaban fotokopi

akan di transfer ke lembar yang

asli agar bi sa terbaca mesin

pemindai. Nan ti akan ada tim

khusus yang me ngerjakannya,”

ujarnya. Menurut Wahyudin,

ada tim yang akan me ngoreksi

hasi l pemindahan ja waban

tersebut sehingga dipas ti kan

tidak ada kerugian para siswa.

Pada pelaksanaan UN tingkat

SMA pekan lalu, ditemukan seki-

tar 400 lembar jawaban UN yang

merupakan fotokopi. Bahkan,

terdapat juga peserta UN yang

menuliskan jawaban di kertas

HVS biasa karena kekurangan

lembar jawaban. (ANT/S-3)

DINAMIKA

Lembar Jawaban Fotokopi Dipindah ke Kertas Asli

DINAS Pendidikan di hampir

semua daerah, termasuk di

Lampung, kesulitan mengusut

dugaan kebocoran kunci jawab-

an ujian nasional (UN) tingkat

SMA sederajat yang terjadi pe-

kan lalu. Hal serupa juga terjadi

di Jawa Barat.

Kepala Dinas Pendidikan

Provinsi Jawa Barat Wahyudin

Zarkasyi ketika meninjau pelak-

sanaan UN tingkat SMP di SMP

BPI, Jalan Burangrang, Band-

ung, Senin (23-4), mengatakan

inspektorat Dinas Pendidikan

Provinsi Jawa Barat telah mene-

lusuri dugaan tersebut, tetapi

sampai saat ini belum menemu-

kan bukti kebocoran.

Menurut dia, pihak kepoli-

sian selalu dilibatkan dalam

pengusutan dugaan kebocoran

kunci jawaban UN. Meskipun

demikian, pengusutan tersebut

selalu terbentur pada masalah

pembuktian. (ANT/S-3)

SISI LAIN

Disdik Sulit Usut Dugaan Kebocoran

LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMALA

UJIAN NASIONAL. Mulai 2013, UN SMA/sederajat akan dijadikan syarat masuk perguruan tinggi negeri (PTN) jalur undangan. Pekan ini siswa SMP/sederajat mengikuti UN, sedangkan siswa SMA/sederajat menyiapkan diri memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.

Page 20: lampungpost edisi 24 april 2012

Pariwara I 20SELASA, 24 APRIL 2012 lampung post

Dijual tnh LS 10 rante (4000 m2) 120 jt/ nego Kp.Bangunsari smpg Ban-dar branti hub. 085669209077

DIJUAL T.P sawah shm 1.400 m, Jl.Pulau Singkep Sukarame hrg 210rb/m nego hub.085268205857, 085669359448

Dijual cpt tnh ukr: 20 x 60 M2, SHM, Lok. Tepi Jln Lintas Sumatra Propau Kotabumi. Hub: 0724-21267 Hp: 081379702087 Nego

Dijual tanah & Bangunan, Cucian Mobil kali balok Jl. P. Antasari No. 156 LS. 2367 M2, SHM, tan-pa perantara peminat serius Hub. 081905820777

Dijual 3 bidang tanah, SKT, luas + 5 Ha di Desa Sukajaya Kec.Ketibung Lam-Sel, hrg nego. Hb. 0812.7906031.

TANAH KAVLING

Dijual tnh kapling ls 420 m2 (2 kapling) dan ls 1.820 m2, di Desa Badran Sari Pekalongan Lam Tim. Hub. 08127235532

Dijl tnh kavling dgn berbagai ukuran Jl. AMD Kota Jawa Kel.NOG.TBB dkt citra Garden hrg mulai 35 jt/Kav. Hp. 087899331993, 07217539918

Ta n a h k a v l i n g J l . U. S u r o p a t i Gg.Yudistira Kel.Harapan Jaya dkt lpgn Golf Sukarame LS: 10X16 M2.hub.087899331993 & 0721-7539918

METRO

TANAH DIJUAL

DIJUAL TANAH seluas 1,8 ha, lokasi

Sumber Waringin kec.Trimurjo

(metro), hrg nego. Hub.0721-264060

081541575723, 087878247075

SERVICE PANGGIL AC, Kulkas, Fr-

ezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub.

081272590428

SUMUR BOR

Win Jaya Bor terima buat sumur bor

& servis, pakai mesin manual. Hub.

081272471119, 085369644488.

“RIZKY BOR“Menerima Pembuatan

Sumur Bor Mesin,Ser vice Pompa

air,Gulung Dinamo,Instalasi dl l

Hub:085367519001, 081379136574

UMROH

Dgn DP 5.1 jt anda bisa umroh si-

sanya diangsr slma 1 atau 2 th

hub.082133947417, 081957134685

WALET

Buana Jaya Walet Jl.Kartini 98 (sbrg

BNI) tlp.262686 jual alat-2 Walet,

telur, sound sytem, Timer dll.

LOWONGANMESIN JAHIT PORTABLE

Singer Mesin Jahit Portable, harga

promo di Hypermart – Jl R.Intan No.85

telp.0721-3650014, 081369933365,

081362175000

MUSIK

ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5)

Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400,

2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3

,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr.

20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983,

081369139529.

SINARTA musik pernikahan, saurma-

tua, orgen tunggal, pesta bonataon

dlm & luar kota. Hub. 085216105475

Drs. Edison E. Sinurat.

Paket alat music band Rp.15jt dijual

seharga Rp.10jt saja (New) Sound

System Tasso T3 ±6000w Rp.48jt (sec-

ond, new Rp.100jt) OBRAL alat band &

soundsystem berbagai merk terkenal,

disc s/d 40% Yamaha,JBL,Mackie,Allen

& Heath,AXL,Sonor,Tama,RMV,Iban

ez, Artrock,Cort,Best,Rhyme,Gallien

Krger,dll Rama Swara telp.(0721)

251652-0811792034

OBAT-OBATAN

OBAT TELAT BULAN

Obat telat bln 2 – 24 jam tntas 100 %

amn & tnp efek smpng djmin trbkti

Hub. 081332183232 ( Dikirim )

Anda telat bulan & lancer haid ??

kini ada solusi cpt & tepat ckup 1x

pakai dlm wkt 3 jm dijamin lsg lncr

100% aman tnp efek smpg bergaransi

sampai tuntas hub.081266178999,

087893535666

PELATIHAN

Pelatihan massal hipnotis & hypno

metafisika 15/4-12 Hotel Marcopolo.

Hub. 262140, 0856.69977968.

PELUANG USAHA

Investasi menguntungkan bisnis nyata kerjasama Hub. 085267218222

PENDIDIKAN PRIVAT

Privat Siklus Guru dtg kermh semua

pelajaran SD,SMP,SMA Hub:0721-

7481330/0857-68003557

Privat Bintang Education smua

pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, me-

ngaji, guru dtg ke rmh, professional

& sabar, siap UN, semester. hub. 0721-

3667558, 0813 69 277 269

PELUANG USAHA

RESTORAN

Rocket chicken peralatan & fran-chise sewa tempat bs lgs buka.

Hub.0816912032 cocok di Lampung

STNK BE 6972 FF, Noka. MH1H-

B11135K881521, Ns. HB11E1885975,

an. Sarjono, S.T

STNK BE 8136 FQ, Nok a. MH3-

VR10BBBL028979, Ns. Y X150F-

MG11030308, an. Ansori

KESEHATAN

ALAT KESEHATAN

Dijual alat kesehatan ceragem master

( matik ) kondisi baik, siap pakai,

hub.0721-240368, 081369548431

NAIK-TURUN BERAT BADAN

Mau naik, turun,mempertahankan

berat badan? Hidup lebih sehat dan

stamina oke!! Hub: Ofie Hp 0815-4050-153

PIJAT KEBUGARAN

Vivi urut tradisional, refeleksi dll.

Terima panggilan. Hb. 0721-7179066,

085267904681, 081933591789

Iin Massage + lulur,Jl. Nusantara

blkg Radar Lpg. Hub. 0821.83333471,

0721-3610197, 081369077114

KOLAM RENANG

Dunia Kolam Renang: Pembtn,

prwtn, perbaikan, obat-2 an, perala-

tan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian

tlp. 0721- 7444567

KOMPUTER

Dijual 20 unit komputer lengkap,

dengan harga mrah banget. Hub.

0721-9769326.

Roy Komputer. Jual/beli, service

panggilan, trm lelang computer apkir.

085273881562.

Terima JUAL BELI L APTOP BE-K A S s e r v i ce & s p a re p a r t. B e l i

laptop sgl knds hrg menarik. Hub.

0813.19900982, 9010982.

KURSUS MENJAHIT

Bisa cpt cari uang disk 20%-50%,

bisa disalurkan kerja. Cpt2 ikut

kursus menjahit &mode JULIANA JAYA.T.Umar Gg.Kiwi 5.Cp 701677-

081540816997

MEJA BILLIARD

Sokasi selalu sedia meja billiard 9’’/7 feet Second 95%/ bru + mcm aksesoris Jl. Ridwan Rais No.9 TKT Telp. 081272385555, 07217501705, 085789889853

MESIN-MESIN

MESIN fOTO COPY

CV. Mitra Abadi jual, sewa, per-baikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898

AC

Anda butuh AC baru/second, cuci AC/rental. Hub. ANUGERAH AC, 07219799797, 9900540, 9900530, 9370776

Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Teri-ma cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470

AC bergaransi 3 th, tunai/ kredit, Pa-nasonic, LG, Sharp, Crystal, Hub LINTAS SURYA Tlp. 0721 241101, 7490054

WINDA AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 &

0721-7174866.Minggu Buka

AHLI GIGI

RAMA DENTAL ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bio-skop Sinar Bdl. 0812.7945122, 0721-268544 Jl.HOS Cokroaminoto 18 Kebon Jahe.

ALAT BERAT

Menyewakan & menjual alat berat Vi-

bro & Excavator hub.081373961055

BADUT

Anto Ent: meny,badut,mc,dekorasi

balon, sulap, piñata, kursi anak dll.

081379408364, 087899896963

Tama Ent. Mulai 150rb. Badut, dekor,

balon dll. Hub.0812.79742313, 0721-

7426047

BIRO JASA

TIKET PESAWAT

PAKEM TOURS . Untuk area B. lampung kami antar hub. 781202 082372357806

BUS PARIWISATA

Sedia Bus untuk Wisata Rohani,Darma

Wisata Bus Khusus Wisata,Keselamatan

Penumpang Prior itas kami.Kl ik WWW.Darmadutawisata.com, 08154019822

ELEKTRONIK

DIGITAL PARABOLA

Spesialis Parabola system distribusi

Sales & Service. Sedia Indovision/top

tv dll. Hub. 0811.722855, 475331

fURNITURE

Minimalis Produksi, interior +

furnitur,spesialis furnitur minimalis

modern, Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg

Seneng 0721-9085166

HORDENG

NEOCLASSIC INTERIOR trm pemesan-

an gordeng,vitrage,vertical/horizontal

blind dll, hsl memuaskan,hrg variatif.

hb.081369342793/081977972187

INDEKOST

Pondokan Apelgreen Jl. Gatot Sub-

roto 57 pahoman,100-125/hr,400-800/

mg,800-1400/bln, 262897

Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya

Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498,

0812.727.7590

Kost executive Penginapan dan

Perkantoran DIVKA Residen Faslt

AC,TV,Laundry dll Jl.P.Antasari No.114,

Telp.0721 269763, 085658800281

INTERIOR

N A D I A I N T E R I O R , Mendesain/

Membuat kitchen set, kmr set, lemari

pajangan, counter, bar, counter bank,

meja kantor, r. karaoke. Phone 470206,

0811792863

SAfIRA Interior: membuat kichen

set, kmr set, lemari pajangan, bar,

meja kantor, counter bank, partisi.

Showroom: 0813.79129108, 7164443,

0813.79337474

KEHILANGAN

STNK BE 6477 BF, Ns. E401-ID-

270662, Nk. MH8FDJ10X3J-264908,

No.BPKB.5282228F, an. Azis.

STNK BE 3186 ER, Noka. MH328D30-

CBJ516758, Nosin. 28D-2516739, An.

Hadi Pramono

STNK BE 3511 DU, Noka. MH331-

B002AJ275857, Nosin. 31B-275929,

An. Mat Nasib

STNK BE 3458 EC, Noka. MH1J-

F5119AK376493, Nosin. JF51E-

1355793, An. Sepi Yulianti

STNK BE 4617 E, Noka. MH1JF512X-

BK639357, Nosin. JF51E-261064, An.

Susi Komalasari

STNK BE 8250 DC, Noka. MH1H-

B711X8K249445, Nosin. HB71E-

1247669, An. Tusila

STNK BE 3885 ES, Noka. MH8B641-

CABJ-515725, Nosin. G420-ID-576091,

An. Dahlan

STNK BE 5746 EY, Noka. MH314-

D0029K424777, Nosin. 14D-424787,

An. Venty Oktavia

STNK BE 6406 BE, Noka. MH1KEV91-

X3K080106, Nosin. KEV9E-1080119,

An. Karto

STNK BE 6496 YY, Noka. MH1JF512

68K420959, Nosin. JF51E-2428413,

An. Mauli

STNK BE 6772 EJ, Noka. MH2ALA

D4F7009425, Nosin. JL1P50FM-

G207A369780, An. Siman

STNK BE 6893 YO, Noka. MH1JB91

20AK295058, Nosin. JB91E2288786,

An. Hi. Heri Rama.

PENGINAPAN

PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 85 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PARKIR LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333, 087899764477, 085380151888

PONDOK INAP ANTASARI/ Pengina-pan & Homestay & kost: harian / ming-guan / bulanan, Fas : AC/TV, KM didlm, parkir luas, aman Hub: 07213651116 & 082183437171 Jl. Antasari 171 Bdl hrg mulai 75 rb/hari

PENGOBATAN

Pengobatan Tradisonal & konsul-tasi Spiritual. Hub. Abu Chasan, HP.

081369008696.

Sedia obat herbal batuk, tifus, ken-

cing manis, asam urat, alergi, anak &

dewasa. Hub. Bashir 087899296123.

Ekstrak ikan gabus sari mina,

asli, dpt naikan kdr albumin, prs

penyembuhan stroke, kanker. Hub.

Evi 081377752488

PENGOBATAN MATA

Mata anda bermasalah ingin lps kc

mt & normal kembali tanpa operasi,

ramuan asli dari cina berupa pil/tab-

let, menyembuhkan katarak, rabun,

mt.kabur, mt. merah, berair plus/

minus, cylinder, vertigo, nebula dll,

Hub Bp.ANTON WS Hp. 0811 726094 (no

sms) JL.P. Alam 100A Kedaton, 788412,

706618 dalam kota siap antar.

RUPA - RUPA

SEDOT WC

Sedot WC penuh, pipa-2 & westafel

mampet hilangkan bau tnp bongkar

paling mrh garansi. Hub.7400060

SANGGAR BUNGA

Sanggar Bunga fanny, menerima

pesanan bunga papan medan (sewa)

& bunga segar Jl.jend.Sudirman

No.110 tlp.0721-9928989, 3666219.

SERVICE

CENTRAL SERVICE KOMPOR GAS semua merk garansi 1 thn Hub.

082179838779

Wahyu Elektronik. Servis berbagai

merk TV, kulkas, m.cuci, kpr gas, gen-

set, P. Air, dll. Hub. 0812.72302983.

DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil

TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin,

str ika dl l (bs tukr tmbh). Hub.

082184364724, 087899506812

RIZKY Service kulkas, p. air, mesin

cuci, AC, Dispenser, water heater,

k.gas, tbg elpiji, k. angin, m.com,

J.beli AC baru&cuci AC. Hb. 7506931,

082185021331. GRANSI 6 BLN

p r o p e r t i

ARSITEKTUR

NERRO Buildings, prncana bangunan, gmbr krj, 3D, RAB, dr 35 rb/m2 L. bgn (nego) Hub : 082179870202

HK STUDIO ARS: Desain Bangu-nan – Kawasan (gambar visual 3D, DED, RAB). Hub. 0812.6104922, 0898.0851961

ALUMINIUM

Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

INDEKOST DIJUAL

USH KOST 28 KM, SHM, 542 M2/sk LRH 500 M2/T 1045 M2, JL.GATOT SUBROTO NO.57, 0721262897, 081272125671, 081379781091

fOLDING GATE

Moga Jaya folding Gate melyni penjualan bahan & pembuatan fold-ing gate harmonka juga mlyni pem-buatan trails, pagar, canopy, stenlis & besi tempa, work shop Jl. Tawas 31 Yosodadi Metro tlep.0725-7007373, 0812.72324459

KOLAM DIJUAL

KOLAM IKAN cck utk lobster, Kp Baru Unila, SHM, 1400 m2, 750 jt/nego. Hub. 0812.72738989, 771704, 081379789456

RUMAH

DIJUAL

Rumah beserta isinya LT 135 m, LB 73

m, sdh renov, Perum Beringin Raya

blok D10 No.1 Hub. 085267218222

Rmh Dijual di Perum Bringin Raya Bdl LT 150m, LB 100m, Listk, telp, PAM, Nego Hub: Nana 085269981969

Rumah dijual Jl.Jendral Gatot Subroto no.9 pahoman bdl, shm, lt/lb 390/100 hrg 1,4 m. Hb. 085840457986, 08121381614

Rmh dijual cpt 2 rumah,LT/LB 361/108 & LT/LB 213/216,Jl. W. Monginsidi Gg.Murai 26 T.Betung,garasi luas,SHM. Hub:0821-81050309,0721-273348

Dijual rmh Punggur Lampung Ten-gah , SHM, LT 800 m2, LB 9 x 15 m, 1RT, 5KT, 1 dapur, 1KM, 200Jt ng. Hb. 0853.78850533, 085766722358 TP.

Dijual rumah, TP, di Ds Tanggul Angin Punggur dkt Pasar Punggur, 3KT, 1KM, dapur, LT 600 m2, Rp. 90 Jt nego. Hub. 0813.79120678

Tanah & bangunan LT: 1200 m2, LB: 230 m2, Jl.Ratudibalau No. 88 Tj. Seneng B. Lampung Hub. 0811728622

DIJUAL RUMAH, kost2an 14 kt, Lt:600 m, Lb 300 di Jl. Pramuka Gg. Way La-laan dkt kmpus malahayati nego Hub. 085279745477, 085289797006

Rmh di Perum Kelapa Tiga Asri TKP, 1,5 Lt, type 38, 2KT, 1KM, SHM. Hub. 0857.66720419, 0721-9771209-082181927950.

DIKONTRAKKAN

Disewakan rumah Vila Citra 1 LS 220 M2- LB 150 M, 3 KT+1KP+3KM Hub. 081957104275

OVER KREDIT

RMH TYPE 45, Lt 120 m2, list 900VA,

dkt IAIN Jl.P.Karimun Blok G/6

Perum Sukarame. Dp 60 jt, angs 1.4

jt/bln x 12 th, cash Rp.175 jt hub.

081369171959, 081341019419

RUKO

DIJUAL

RUKO SEBERANG PKOR Way Halim

Jl.St.Agung, 3Lt full, 4.5x 16M. hub.

0815.4040045 No.SMS

DIJUAL-SEWA

Ruko Jl. Pangkal Pinang T.Karang,

lok. sgt strategis. Hub. 0812.87898761,

0819.667331

TANAH DIJUAL

Dijual Tanah luas 500 m2 (20 x 25) SHM, strategis pinggir jln, samping SLB Beringn Raya Kemiling, Hub. 085279954482, 07217633970 (TP)

Dijual cepat LT 200 m, Citra Garden Komplek Terale Blok C3 No.28 Rp. 275 jt hub. 081379382888 TP

Dijual tanah 3 Ha, ada gudang di Desa Sukajawa Wates Lamteng, nego Hub : 081369296811

Dijual tanah luas 1600 m2, SHM dekat pasar Karang Anyar. Hub.0 82180676722

Dijual tanah luas 404 m2, Jl.Ratu D ibalau T js B dl cocok u/ ruko tlp.0811728622 nego

Tanah di jual 17x40 m,dan 25x30 m di jln sumantri brojonegoro, dpn rmh sakit baru unila, cocok utk ruko,,,hub 082183410909

Tanah Ls 2,1 ha Jl.Raya Kalianda Sidomulyo dpn spbu Rp.100 .000 /m hub.081379764599, 085841172687

Tanah dijual Ls 4600 m2 Jl.Raya K alianda, S H M, Rp.150.000/m hub.081379764599, 081279260956

Ingin berkesempatan bekerja ke luar

negeri yang aman & terjamin hanya di

PT MMG bth pria/wanita, usia 18 s/d 35

th, Pria : job pabrik, konstruksi untuk di-

malaysia gratis gaji ± 2 jt, wanita untuk

di singapura uang saku 5 jt bersih + gaji

± 2,8 jt Jl. Pagar alam ( PU) Gg cendana

no. 95 B Kedaton. Tlp 0721 782227,

081272376199, 081541032777

Bth cpt Penerjemah Mandarin - Indo, 5 org, gaji tinggi, usia 25 - 55

th, Hub : 081519288258

Dibutuhkan Tenaga Kerja Wanita untuk lulur, pedicure, medicure, creambath, usia 20 – 30 th, berpen-galaman kerja di Salon, dengan syarat (1) pas photo 3 x 4 sbyk 1 lembar, (2) photo copy KTP 1 lembar, (3) surat pengalaman kerja 1 lembar. Lam krm ke Rumah Lulur, Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 156 Kupang Impres T.Betung BL telp.(0721) 487555, 7477555

Dicari tanah luas 3 rb/4 rb meter di Jln. Yos Sudarso a t a u S o e k a r n o H a t t a + 2 km dari Pelabuhan Pajang, Bersetifikat. Hub. 0818888555, 081272222.

Prshan expedisi bth sgra SUPIR TRUK tronton/fuso/colt diesel, lintas Sumatra-jawa 30-45 th, pglmn min 2 th, punya Ijazah asli pnddkn trkhir, punya Hp, SIM, B1-umum. Info lbh lnjt hub. 0852-79170995, 0821-81686693, tdk terima sms

Lbg pddkn smart mncari Teacher, min. S1 Mtk, CSO min SMA/sdrjt, usia max 26 thn, bs komp kirim ke PO BOX 222/BDLTK/35211 A

Anda butuh pekerjaan? Hadiri Bursa Kerja JOB fOR CAREER, tgl 27-28 April 2012, Pk. 09.00-17.00 di GSG MUSIUM LAMPUNG, Jl. H. Zainal Abidin Pagar Alam No. 64, Lampung. Bawa CV & Lamaran, Ada Interview & Tes langsung dr HRD Perusahaan. Info 087877887908.

Baby sister LPK/yayasan JKT, mencari

sponsor fee tertinggi, menerima suster

pindahan. Bpk Nanang 0817734330

PT Daqu Lampung cari tenaga

pendidik, Costumer Service, Adm.Per-

kantoran dan Sekertaris lulusan SMA/

SMK, D1, D3, S1 kirim ke tanyadaqu@

gmail.com atau info lengkap di www.

daqu.sch.id Tlp.081957489399

Bth cpt Baby Sister, peg toko &

resto u/ jkt & batam, gaji 1-2 jt, tdk

ditmpg(lsg tebang lsg kerja). Hub.

081225085900

Dibthkn TUKANG MASAK min.SMA,

usia maks. 25 th. Lmr antar lsg ke

Hotel Pacific Jl. Yos Sudarso No 3 Teluk

Betung Bdl.

Dibutuhkan Pramu & Kasir P & W

mx 25 th pddkn SMU, sopir pria mx

35 th SIM B1 pddkn SMP, security P &

W mx 30 th pddkn SMU lmrn lgkp dtg

langsung Jl. Tembesu 8 Campang

Raya BDL

CMYK

CMYK

No Nama/Alamat PemohonHak Atas

Tanah Jenis dan Nomor

HakNIB Terdaftar Atas

NamaLuas (M2)

Tanggal Pembu-

kuan

Letak Tanah a.Desa/Kel

b.Kecamatan c.Kabupaten

Keterangan

1 2 3 4 5 6 7 8 9

1. AGUNG UTOMO a.Desa Semuli Rayab.Kec. Abung Semuli c.Kab. Lampung Utara

HM.No.733/wm/KTB

-

K.SUKARDI 22.500 16-02-1981a.Wonomarto b.Kotabumi c.Lampung Utara

1. Berdasarkan Permohonan Sdr. AGUNG UTOMO. Surat Pernyataan dibawah sumpah/janji Sdr. AGUNG UTOMO , Tgl. 12-04-2012 2. Berdasarkan Surat Tanda Penerimaan Laporan Kehilangan Barang dari Kepolisian

Negara Republik Indonesia Daerah Lampung Resor Lampung Utara Tgl. 19-03-2012 No.Pol : STPL/52/C-I/417/III/SPK/SEK KTBU

2. ZAINAL ABIDINa.Desa Mulyo Rejo b.Kec.Bunga Mayang c.Kab. Lampung Utara HM. No.255

-

ABIDIN 2.500 24-10-1981a. Iso Rejo b.Bunga Mayang c.Lampung Utara

1. Berdasarkan Permohonan Sdr. ZAINAL ABIDIN. Surat Pernyataan dibawah sumpah/janji Sdr. ZAINAL ABIDIN, Tgl. 09-02-2012 2. Berdasarkan Surat Tanda Penerimaan Laporan Kehilangan Barang dari Kepolisian

Negara Republik Indonesia Daerah Lampung Resor Lampung Utara Tgl. 08-02-2012 No.Pol : STPL/C-1/286/II/2012/POLDA LAMPUNG/SPK

RES L.U

3. AM. HUSEN a.Desa Way Melan b.Kec.Kotabumi Selatan c.Kab. Lampung Utara

HM. No.2881

-

AHMAD HUSEN 10.000 25-09-2008a. Mulang Maya b.Kotabumi Selatan c.Lampung Utara

1. Berdasarkan Permohonan Sdr AM. HUSEN. Surat Pernyataan dibawah sumpah/janji Sdr. AM. HUSEN Tgl. 02-04-2012 2. Berdasarkan Surat Tanda Penerimaan Laporan Kehilangan Barang dari Kepolisian

Negara Republik Indonesia Daerah Lampung Resor Lampung Utara Tgl. 26-03-2012 No.Pol : STPL/C-1/616/III/2012/POLDA LAMPUNG/SPKT

RES L.U

4. AM. HUSEN a.Desa Way Melan b.Kec.Kotabumi Selatan c.Kab. Lampung Utara

HM. No.2671

-

AHMAD HUSEN 9.675 25-09-2008a. Mulang Maya b.Kotabumi Selatan c.Lampung Utara

1. Berdasarkan Permohonan Sdr AM. HUSEN. Surat Pernyataan dibawah sumpah/janji Sdr. AM. HUSEN Tgl. 02-04-2012 2. Berdasarkan Surat Tanda Penerimaan Laporan Kehilangan Barang dari Kepolisian

Negara Republik Indonesia Daerah Lampung Resor Lampung Utara Tgl. 26-03-2012 No.Pol : STPL/C-1/616/III/2012/POLDA LAMPUNG/SPKT

RES L.U

KANTOR PERTANAHANKABUPATEN LAMPUNG UTARA PENGUMUMAN

(TENTANG SERTIPIKAT HILANG/TERBAKAR)Nomor : 50-300.18.03/IV/2012

Untuk mendapatkan Sertipikat Baru sebagai pengganti Sertipikat yang hilang/terbakar, berdasarkan ketentuan Pasal 59 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 jo PMNA/KBPN No.3 tahun 1997 pasal 138 ayat (4) tentang Pendaftaran Tanah, dengan ini diumumkan bahwa :

Dalam waktu 30(tiga puluh) hari sejak pengumuman ini, bagi mereka yang merasa keberatan dapat mengajukan keberatan-keberatan kepada kami dengan disertai alas an dan bukti yang kuat. Jika setelah 30(tida puluh) hari tidak ada keberatan terhadap permohonan penggantian sertipikat tersebut diatas, maka sertipikat pengganti akan diterbitkan dan berlaku syah menurut hukum dan sertipikat yang dinyatakan hilang tidak berlaku lagi.

Kotabumi, 17 April 2012

Page 21: lampungpost edisi 24 april 2012

Pariwara I 21SELASA, 24 APRIL 2012 lampung post

mobil DisewaKaN

Ujang Kisam Car Rental Jl. Tirtayasa Gg.Rewok No.4 Campang Raya Tkt tlp.0721-7161638085269043272

JoNi NiaGa ReNT CaR: Inova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905

saTRia PeRDaNa ReNT CaR Avan-za, Xenia, Innova All New. Cal, 085263 539003,7377246, seGeRA PesAN..!

****** ooNK ReNTal CaR ****** sewakan sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, 0811.799813. n

******** oTo ReNT CaR ******* ******** XeNIA / AVANZA ******* ***** 200 rb/hari – 4Jt/ bln ******* ***** syarat mudah - harga murah *** Call 241241, 7301153, 081279773313

CV. samaNia. Cary/Futura 125 – 175

rb Bndra 100 PU/Kda 150-200, Avz/

Xen/Apv/Kjg 200-250, Inv 300-350.

Hub. 0721-7344447, 9901230

mobil DiJUal

bmw

bmw’2003 silver, mls, velg ring 20,

Be 2 angka kilometer 80 rb hrg 60

jt (bisa kredit). Hub. 08117213999,

0721782227

CHeVeRoleT

Chev. luv body mirip troover th 87 cat

baru warna silver Be Lamtim hrg nego

telp. 085381149680

DaiHaTsU

TeRios TX’07, jual cepat , Hitam, AC

dobel. Manual, Be Kodya, istimewa,

ex.wanita, mulus, interior rapi, siap

pakai, hrg nego. Hb. 0813.69363298.

XeNia li VVTi Deluxe Plus’10,

s i l v e r M e t , P l a t B , p j k p j g ,

VR,CL,sespion,Ps,PW,RT,AC dingin,

mbl bagus trwt. Hub. 0812.7221250

Jual cpt Grand max PU’08, Biru, Be

Kodya, 60Jt ng. Hb.0852.79232616

espass’97, Be Kodya, silver,AC dingin,

tape vs, 36Jt ng. Hb.0813.69084747.

PaKeT KReDiT sUPeR RiNGaN XeNIA 1.0 D DP 20 jt angs 3,4 jt 4 th, DP 20% Adm Ass byr tunai angs 2,1 jt 5 th.XeNIA M DP 23 Jjt angs 3,7 jt 4th, DP 20%Adm Ass byr tunai angs 2,5 Jt 5 thXeNIA X DP 25Jt angs 3,8Jt 4th, DP 20%Adm Ass byr tunai angs 2,5 Jt 5 thProses cpt, syrt mdh, bs lr kota & bantu. Jual mbl second anda U/ DP.Hub. mas aNTo asTRa mobil 0811.721578, 0721-7333700

Daihatsu Zebra box’04, Be, hi-tam, hrg nego. Jl. Ridwan Rais 68 Tlp.3624000

Grand max 1,3 PU’10, Be, Hitam, 75 juta ng. Jl.Ridwan Rais 68 tlp. 3624000

Dijual espas Zl’2004, Be kodya, biru AC, TIP, VR, mulus, mesin Ok harga 45 juta nego Hub. 081369084747

Grand max box th 2010 pjk 08. 12 tgn 1 Rp. 80 Jt Hub : 0819698869

Dijual BU Zebra Zl 1300’2004, ac, coklat metalik pjk baru harga 54 jt nego hub. 087832001080

PRomo DaiHaTsUALL NeW XeNIA DP Rp 19 Jt-anTeRIOs DP Rp 23 Jt-anGRAND MAX PU DP Rp 9 Jt-anGRAND MAX MB DP Rp 16 Jt-ansIRION DP Rp 21 Jt-anLUXIO DP Rp 16 jt-an

Free Jasa service 50.000 KM, melayani

Liwa, W.Kanan, T.Bawang, Kt.Agung ,

Tanggamus,Kalianda dll. Proses mu-

dah & cepat. Hub. aNGGa DaiHaTsU 0813.69538676, 3661581.

sirion type d 1,3 Th’08, Be, AC, VR, Biru Met, 100 Jt, Jl.Ridwan Rais 68 tlp.3624000. n

Rocky 4x4’93, Be, AC, VR,BR,Hitam, 88 Jt. Jl.Ridwan Rais 68 tlp.3624000 n

Xenia li Family 1,3’06, Be, AC,PW, BR,Gold, 105Jt, Jl.Ridwan Rais 68 tlp.3624000. n

Taft Hiline pick up’93, Be, Biru, hrg nego. Hub. 081379986809 n

espass 1600, warna Biru Met, Be Kodya, siap pakai, harga nego. Hb. 0812.79236565. n

Feroza’96, Biru Met, siap pakai, harga nego. Hb. 0812.79236565. n

O T O M O T I FXenia li Family ’06, Gold, Be Kodya, siap pakai, harga nego. Hb. 0812.79236565. n

Xenia li sporty’08 Hitam Be, tgn I eks dosen dijmn gak kcw, ori, vrsi 115Jt/DP 33jt 3.169x35 ass all risk+tlo. Hub. 0812.72617070. n

max Family’08, Hitam, Be, siap pakai, 85 Jt ng / DP 24.500, 2.343 x 35, Ass ALL RIsK + TLO. Hub. 0812.72617070. n

C e r i a ‘ 0 2 , m e r a h , B e , s i a p p a k a i , H u b . 0 8 1 3 6 9 4 1 1 0 3 0 , 085378709022 n

Gran max mb, 10 , Be, hitam, s iap pakai Hub.081369411030, 085378709022 n

Gran max pick up ’11, Be, biru siap pakai, Hub.081369411030, 085378709022. n

X enia li ’08 , Aqua blue, Be , s iap pak ai Hub.081369411030, 085378709022. n

Xenia li ’ 06, hitam , Be, siap p a k a i , H u b . 0 8 1 3 6 9 4 1 1 0 3 0 , 085378709022 n

Xenia li sporty’ 09, seperti baru, 112 juta nego, hub. 081379766664 n

engkel Daihatsu Delta bak’79, Be, pajak hidup, bak cargo, siap pakai. Hub. 0813.79986809 n

Taft Hiline’92, hitam, 42jt/nego. Hub. 081541287866 n

HoNDa

Dijual Civic wonder Th’87 Hijau, Plat Be, VR, PW, mulus, interior rapi, 27 jt nego. Hub. 081379648156

Honda Civic 2000, kondisi mobil sangat terawat, harga nego, hubungi 08975778975.

City ’03 , IDsI manual, Hitam, Be

kodya,pjk pjg, hrg nego. Bisa TT.

Hub.0813.79758446.

Honda New City’04. Be,AC, Gold,ex

dr ,hrg nego. Jl. Ridwan Rais 68

Tlp.3624000

CRV 2.0 AT’04, Hitam Met, Be Kodya,

istimewa. Hub.0813.69519239 n

Honda accord 18, biru , Be, siap

pakai nego hub. 081272366649,

7380904 n

Jazz VTi 2006 matic, sporty, silver met. ex wanita mulus, khusus pemakai H. 132 Jt/Ng. Hub: 085377789922

City Z’01,B,VR/BR,AC,Ps,PW,silver.. Hb.0721-3624000 Jl.Rd.Rais 68 Ke-damaian.

Honda Jazz iDsi’05, Mt, HTM, RT, R, TV, Plat B, Pjk 1 thn,ex DR. Hub: 0721485330, 087899473350

Cielo mT’94, purle, Be pjk br, variasi khs hobi velg 17 audio 69 Jt ng/ DP 22 Jt 2.200 x 23. Hub. 0812.72617070 n

accord 2.0’00 Be, VR/BR, AC, rmt,Hijau Met, 90Jt. Hb.0721-3624000 Jl.Rd.Rais 68 Kedamaian. n

HYUNDai

Gets Th’2004 Model Jazz, Be Kodya, sangat istimewa, orisinil L/D. Hub. 0812.7902628

isUZU

Panther lV’00, merah Be kodya hrg 100jt nego. Hub. 081272241557 n

Panther Royale tipe short sasis desember ‘97, Merah Marun,ac dingin original,tape power,velg 15 racing,mesin dan kaki2 terawat,bodi kondisi 85 %,interior rapih.plat b. Hub 082179743243 harga nego

Panther PU’00, AC, VR, Ps, 73 jt ng siap pakai. Hb.0813.79766664, 7408610.

Panther’ 06, plat B, hitam, siap pakai hub. 081369587000 n

Panther’05, hijau, plat B,istimewa, siap pakai hub. 081369587000 n

meRCYmercy F 300, th 1992, hitam, Be,s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n

miTsUbisHiKuda Diamond’03 solar, silver, Be, 85 jt nego siap pakai hub. 081272366649, 7380904 n

l300’06, Hitam, Be. Hub. 0853. 6836111, 0811724576. n

Ts’09 Biru, Be. Hub. 0853.6836111, 0811724576. n

engkel box’05, B, siap pakai, nego. Hub. 0853.6836111, 0811724576. n

Dijual mitsubishi eterna Th’91 warna Abu-abu, AC dingin, meisn gress, full sound system, hrg 35 jt nego. Hb. 08789811675. n

T s P i c k U p ’ 1 0 , h i t a m , s i a p pak ai , B e , Hub.081 3694110 30, 085378709022 n

T s P i c k U p ’ 1 0 , P u t i h , s i a p p a k a i , H u b . 0 8 1 3 6 9 4 1 1 0 3 0 , 085378709022 n

K u d a D i a m o n d ’ 0 2 , B e , s i a p p a k a i , H u b . 0 8 1 3 6 9 4 1 1 0 3 0 , 085378709022 n

Colt Diesel Ps 100’03, Be, bak besi, Kuning, 135 Jt, Hub. 3624000 Jl.R.Rais 68 Kedamaian. n

mitsubishi engkel’2004, siap pakai. Hub. 0811.724576. n

mitsubishi engkel’2005 Box, siap pakai. Hub. 0811.724576. n

mitsubishi Ps 120’2002, siap pakai. Hub. 0811.724576. n

mitsubishi Ps 120’2005, siap pakai. Hub. 0811.724576 n

Colt Diesel Ps 120’ 94, siap cari duit Hub. 081379986809 n

NissaN

Grand livina Ultimate oktober’08, pemakaian 2009, 1800 cc, air bag, jok kulit asli ke 4, ban br, An. sinu dipakai hanya dalam kota untuk antar jemput anak-2 Rp.165 jt (nego) tanpa perantara hub. 081927813333

oPel opel blazer montera th 2000, kon-disi sangat mulus tdk kecewa pjk pjg harga nego hub. 081369900065

opel blazer lT’99, Abu-abu Met, Be Kodya, siap pakai, harga nego. Hb. 0812.79236565. n

blazer lT 16 V, ‘98, silver, B, mulus & terawat, pjk panjang. Hub. 7493939, 085381467883, 081369587000 n

sUZUKi

KaTaNa GX’99, plat B, mulus harga nego hub.085381796227

esCUDo 2004 coklat met plat B, kondisi mulus Hub. 085269442666 n

Forsa’ 87 silver, Be, AC, RT, siap pakai 26 jt , nego hub.087899526060

suzuki splash’10, Be, AC, silver, hrg nego. Jl. Ridwan Rais 68 Tlp.3624000

Futura mb ’03 Merah, s.pakai , mesin gres, 60Jt. Hb.0813.79766664, 7408610

sedan suzuki sX4’07, mulus sekali, jrang pakai, silver. Hub. 0811.728748

aPV-X’05, PsPW, AC DB, 2 Din, Coklat Met. Kondisi sip 95jt Nego. Hub:0812-7309849

Karimun estilo’08 Plat Be, Warna Ungu, Velg Racing, bodi kit, kondisi bagus sekali. Hub. 0813.79492222

baleno’01, Hijau Met, Be, variasi jamin ori ga kecewa siap pakai, 83.500 ng/DP 24.500, 2343 x 35. Ass all risk+TLO. Hub. 087889913999. n

Vitara JlX aT’08, Hitam, Be, km 14rb dijmn servis dealer resmi ga kecewa ada hrg ada rupa 195jt/dp 55jt, 5.079 x 35. Hub. 087889913999. n

aPV Gl, 10, Be, hitam, siap pakai, harga nego Hub. Hub.081369411030, 085378709022 n

TimoR

Timor’97 soHC, Biru Met, siap pakai, harga nego. Hb. 0812.79236565. n

TRUK DiJUal

Hino Tronton Dam Truck 07 sTNK Des, Be, 2 (dua) unit Fuso tronton Dam truck 08 sTNK Nov, Be Hub: 0811720573

Fuso Ps 190 TH 1994 (2 Unit), th 1995 (1unit) dan th 1996 (1 unit) hub. 0721-7474070

Dyna DT 130 HT’2011, tgn I, PW, Ps, RCD, TB I Coller, Be trwt, s.pakai. Hb.0853.78799012

Truck Rino Ps115’96, Be, orisinil, siap pakai Hub. 081379986809 n

ToYoTa

lGX 20, hitam 2001 istimewa hub. 08127933304, siap pakai.

inova G‘10, bensin, hitam, Be, brng istimewa, nego, hub.082175533374

Toyota Great Corolla ’95, mer-ah met, asli Be, kondisi ok. Hub. 082177958811

KiJaNG sUPeR Th’91, Biru, AC, RT, siap pakai, harga nego. Hub. 0813.69011622.

avanza G 1,3’ 04, kuning met, B e K o d y a , A C D B , N e g o H u b : 081272659770

Hardtop 82, bensin, hijau, body kaleng, ban 33, AC,Ps, winct, khusus hoby, simpanan Hub: 081802469692

Dijual Toyota Kijang Kapsul lsX 1.8 eFI 2001, mrh mika, AC, DB, Be nego hub.0725-47595/slamet Guru.

Great Corolla’95 ,biru metalik, AT 65 jt nego, hub.082182019080, 082185452380 n

Kijang Krista 2003 Be kodya hitam pjk bln 9. Bensin, brang istimewa luar dalam Hub. 081369519239 n

avanza G 1.3’06, AC DB, VR, BR, Gold, 114Jt. Jl.Ridwan Rais 68 tlp.3624000 n

Kijang sGX’03, merah,orisinil cat dan body spt baru, siap pakai,120jt ng.081272241557 n

Kijang Diesel lsX’2001, H, mesin baru dr over houl, 8 Jt jd standar lg. hrg 96 jt. Hub. 0721-7191929. n

Toyota soluna Gli’11, B, s pakai,hrg 78 jt,orisinil. Hub. 085269442666 n

Corolla Twincam 1.6 Th.1991, Be Kodya, Pink, AC, Velg 16, pjk hidup, hrg 45 Jt nego. Hub. 0812.79323555, 082372627272

Vios G’04, Hitam, tangan pertama, ori, nego. Hubungi. Jl. Puri Besakih Q.30 Way Halim

avanza G’09, Be, ACDB, VR, BR, Hitam Met, 135 Jt ng, Jl.Ridwan Rais 68 tlp. 3624000

Kijang super’92, 5 pintu, Be, AC, VR, BR, Biru met, 55 Jt ng , Jl.Ridwan Rais 68 tlp. 3624000

innova G’05, Be, ACDB, VR, BR, Hitam Met, 155 Jt ng. Jl.Ridwan Rais 68 tlp. 3624000

K ijang PU ’97, s olar, Be. Hub. 0813.79986809.

Kijang astra’89, Merah Met, mls, sangat terawatt, ban baru, lde, vr, AC. Hb.0812.7967790

Kijang super G’95, abu-2, AC, Ps, PW, siap pakai, 66Jt ng. Hb.0813.79766664, 7408610

Kijang Rover’94, Hijau, Be, ACDB, 53Jt ng. Hb.0813.79766664, 7408610

Kijang lGX’00, BU, Biru, bensin, 1800 CC, mls, tgn I, cat asli, km 110rb, 125Jt ng. Hb.0721-99771128

lsX’97, solar, Biru, Be, 82 Jt ng. Hb.0813.79766664, 7408610

starlet’85, Ps, PW, Orsinil, Hitam, 28Jt ng. Hb.0813.79766664, 7408610

Kijang lsX 1.8 ’03, silver, ben-sin ACDB, plat B, 110 jt. Hub. 081384728626 n

Kijang lsX’99 ssolah, Be 55 jt Hub. 081272241557, 081541287866 n

Rino engkel’91 ,warna merah , Be, 45 jt siap pakai hub. 081272366649, 7380904 n

Corolla altis 1,8 G’2002 Merah, B, pjk Des, ban baru, mulus, tera-watt, orsnl, 120Jt nego. 7900989, 0821.83333336

avanza G 1,3 Th’2005 November, Hitam Met, Plat B, mobil bagus & terawatt. Hub. 0812.7221250.

Kijang Grand ’94, Merah Marun, Be Kodya, siap pakai, hrg nego. Hb. 0812.79236565. n

Kijang lGX 1.8 ’ 02, bensin, silver, 130 juta ng bs t. tambah , siap pakai Hub. Bp. Ayub. 081272241557 n

Kijang lGX’ 01, solar, over kredit, harga 70 jt angsuran 3.780 rb x 20 bln, s.pakai Hub. 081272241557 n

Kijang, orisinil, 94, Be, abu-abu met-alik, siap pakai, Hub.081369411030, 085378709022 n

bU Kijang lGX’2000, bensin, 1800 CC, pjk hidup, tgn I, km baru 105.000 km. Hb. 262686. n

Grand extra sGX, 96 siap pakai harga 75 juta. Hub. 08127937256, 07217553110 n

Kijang lx’ 04, ACDB, Ps, harga 108 juta nego hub. 081379766664 n

sedan Corona ex saloon’87, B, Mer-ah, 25 Jt nego. Hb. 0812 72241557 n

Kijang lGX solar’01, Coklat Gold, 65 Jt nego. sisa 24 bln lagi. Hb. Bp. Ayub 0812 72241557 n

oVeR KReDiT

aVaNZa’10, HHitam, Be Kodya, plg DP 60 Jt nego, 4.374 x 24 bln. Hub. 0812.79029666

lGX’01 solar, over kredit 70 Jt, angs. 3.780 rb x 20 bln, Hub. Ayub 0812.72241557.

Kijang inova Type G’2007 euro, full variasi, Dp. 70jt, siap pakai. Hub. 085279986688 n

KoTabUmi

Corolla DX’82, Be Kodya, Pjk bln 3, mrh, body mls, VR,BR,Tape, msn oke, 23 jt nego hub.085269292921

moToR DiJUal

Menjual bajaj, viar, jialing, tossa (sport roda 3), terima service & sdia spare part hub.Ayong Motor Metro 15A simpang kmps hp.085279224444

Tiger warna hitam tahun 2010 bulan 5 masih mulus terawat hitam jarang dipakai hub. 085669939689 nmio soul bln 4 Th’2011, Merah, ada asuransi, 12,5 Jt nego. Hb. 085380672578. nVixion ’09, hitam Be kdy, mesin oke, mulus terawat sekali, + Helm harga 17 jt nego Hub. 087899946603 n

Honda mega Pro’2007, hitam, mulus dan mengkilat, full variasi bergaya touring + box givi sh33, VR 17 tapak lebar palang 3, hrg 15,5jt/nego. Hub. 085266894900 n

Jialing ’2011, hitam, Be lamsel, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n

Revo Vit’2011, hitam, masih seperti baru, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n

supra X’2006, biru, Be kodya, mesin oke, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n

Honda Revo’2010, hitam, mesin ok, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n

supra Fit X’2008, silver hitam, 6,75jt/nego, bisa cash/credit. Hub. Rafi motor 081272445005, 082184070770 n

Vario’2007, merah hitam, hrg 7,5jt/nego, bisa cash/credit. Hub. Rafi motor 081272445005, 082184070770 n

a b s o l u t e R e vo ’ 2 0 1 0 , h i t a m , hrg 8,6jt/nego, bisa cash/credit. Hub. Rafi motor 081272445005, 082184070770 n

absolute Revo ’11, hitam, sep-erti baru, mesin oke. Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n

MBAK WIWIN 0853 8038 1111

Ra’ Sah NungguSuwi -suwi

PILIHSAYA

CARENA0821 8022 22000857 6967 00070721 365 5755

PILIHSAYA

TUNAS DAIHATSU

DP26 JT

22 18 24

Angsuran 3 jtang j

Gran Max Pick UP

DP DP DP

10 jtanDapatkan...!!Hadiah Langsung

SIRION LUXIO TERIOS

jutaan jutaan jutaan

Jl. Raya Haji Mena No 999T

All New Xenia

0812 7229 4494

Memberi Solusikedaraan Anda

Mas Aris

Dapatkan :

keeddararaanan A Anda

0857 693034

SIRION DP mulai 15 Jt-an

atau ANGSURAN 2,4 Jt-an

GRANDMAX PU DP mulai 8 Jt-an

atau ANGSURAN 1,9 Jt-an

XENIA DP mulai 22 Jt-an

atau ANGSURAN 2 Jt-an

MAS TONY0852 6987 08880857 6807 0888

MAS DAYAT0852 7909 74790813 6920 4219

Anda butuh mobil?KAMI SOLUSINYA

Proses mudah dan cepatpilih DP KECIL

atau ANGSURAN MURAH

ANGSSURANU 1,9 Jt an

D

A

SIRION SIRSIR

TUNAS DAIHATSUJl. Raya Haji Mena No.999

Information and reservations please contact :

WIDYA OKTARINA085669997000082176826000

NEW TERIOS WILD

GRANDMAX PU LUXIO

XENIARide Your Wishes

READY STOCKALL NEW

TUNAS DAIHATSU

0853 66 1200 66

READY STOCKDATA DIBANTU

XENIARide Your Wishes

ALL NEW

Hubungi :

YAI TAMBisa Tukar Tambah

Dp. 19 Jt-an

Angsuran 2,1 Jtatau

Page 22: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

Ruwa Jurai I 22selasa, 24 aPRIl 2012 lampung post

BANDARJAYA (Lampost): Me­ngenalkan anak pada beberapa bahasa sejak dini memudahkan mereka memahami dan menguasai bahasa asing dengan baik. Untuk memudahkan siswa memahami bahasa asing dengan baik, Smart Learning Center (SLC) Yukumjaya, Lampung Tengah, memadukan kurikulum Pondok Pesantren Gontor dan UNICEF.

SLC yang membuka TK Smart Insani dan membekali siswanya dengan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris. Kemampuan mereka ditampilkan pada per­ingatan Hari Pendidikan Nasion­al sekaligus memperingati satu tahun Yayasan Smart Learning Center (SLC) Yukumjaya, Lam­pung Tengah, Minggu (22­4).

Bocah­bocah dari TK Smart Insani aktif berdialog dengan ba­hasa Inggris dan Arab saat pentas drama dan menjadi pembawa acara (MC). Hal itu mengundang decak kagum tamu undangan yang hadir, antara lain Wakil Gubernur Lampung M.S. Joko Umar Said, Bupati Lampung Tengah Ahmad Pairin, beserta jajaran Muspida Lamteng.

“Bagaimana anak­anak didik yang belajar di SLC selama 1 tahun bisa berbicara bahasa Inggris dan Arab dengan lancar baik melalui dialog maupun pidato,” kata Joko.

Bahkan tiga bocah TK tampil sebagai MC cilik yang disam­paikan dalam tiga bahasa, yakni Arab, Inggris, dan Indonesia.

Ketua Yayasan SLC Mahfud Santoso mengatakan kegiatan ini digelar menyambut Hardiknas pada 2 Mei mendatang. Tujuan­nya memperingati HUT SLC yang pertama. Kegiatan juga ditandai dengan penandatanganan prastasi peresmian oleh Bupati Lampung Tengah sekaligus penyerahan ser­tifikat izin operasional pendidikan oleh Dinas Pendidikan Lampung Tengah.

“Dalam satu tahun pelajaran ini, SLC sudah menjalankan pengembangan tiga bahasa, yakni bahasa Arab, Inggris, dan Indonesia. Saat tahun pelajaran baru nanti, direncanakan ditam­bah dengan bahasa Mandarin. Karena bahasa asing sudah menjadi bahasa yang digunakan di berbagai Negara,” ujarnya.

Mahfud Santoso mengatakan dalam usianya yang belum genap satu tahun, SLC telah memi­liki 261 murid, 97 di antaranya adalah murid English Smart dan 164 murid Smart Insani. Artinya, respons masyarakat terhadap lembaga pendidikan yang berkualitas sudah lama dinantikan oleh warga Lampung Tengah. (NUD/D-2)

lINTas

Wali Kota Jamin Warganya sekolah di MetroMETRO—Wali Kota metro lukman Hakim menjamin warganya dapat bersekolah di daerah itu. pasalnya, kuota bangku sekolah di metro masih cukup melayani warga metro, baik negeri maupun swasta. “semua warga metro diberikan jaminan untuk dapat bersekolah di metro ini,” kata lukman, Jumat (20-4).terkait dengan keluhan tidak semua warga bisa mengenyam pendidik an di RsBI, Wali Kota menuturkan pemkot memberi porsi 20% dari keluarga tidak mampu secara materi, tapi mempunyai ke-mampuan intelektual. sebab, hal itu memang sudah masuk petunjuk teknis penyelenggaraan RsBI.sebelumnya, warga mengeluh tidak bisa masuk di sekolah negeri karena masih ada porsi pembatasan kesempatan. sebab, sekolah masih memberikan kesempatan kepada warga di luar yang ingin sekolah di metro. (CAN/D-2)

Polsek Pekalongan Gerebek Pesta NarkobaSUKADANA—satuan Reserse polsek pekalongan, lampung timur, menggerebek sebuah pesta narkoba di Desa Jojog, Kecamatan pekalongan, lampung timur, sabtu (21-4) sore. Dari penggerebek-an itu, dua warga Kota metro dibekuk dan salah satunya berstatus pegawai negeri sipil (pns).Kasat narkoba polres lamtim aKp marwan Cholid mengatakan dua tersangka itu suryo saputro bin suparmin (40) dan I made gede Kiki triyanto bin I made sikayara (29). mereka dibekuk setelah anggota Reserse narkoba setempat mendapat informasi dari warga sekitar. selain dua tersangka, barang bukti yang disita adalah 1 paket alat isap, seperempat gram sabu-sabu, dan dua telepon seluler. “pns-nya, yaitu Kiki, bekerja di lapas Bandar lampung,” kata marwan. (GUS/D-2)

PaN Metro Dukung Mance dalam PilgubMETRO—DpD pan (partai amanat nasional) Kota metro akan all out memenangkan ketua DpW-nya abdurrahchman sarbini dalam pilgub mendatang. sementara untuk pilkada Wali Kota metro, partai itu akan memunculkan figur kader terbaik. Hal tersebut terungkap pada musyawarah ranting se-metro yang digelar di gedung Wanita, minggu (22-4). “pan metro harus mampu meraih kursi terbanyak pada pemilu mendatang,” ujar Iwan Hartono, ketua DpD pan metro. minimal empat kursi jika ingin mengusung calon wali kota. pan metro juga harus mampu memberikan kontribusi suara terbanyak untuk memenangkan ketuanya atau yang akrab disapa mance. Kedua intruksi partai itu yang menjadi target ke depan. “pertama, memenangkan mance menjadi gubernur, kedua meraih kursi ter-banyak pada pemilu,” ujarnya. (CAN/D-2)

PENDIDIKAN

SLC Padukan Kurikulum Pesantren dan UNICEF

KALIANDA (Lampost): Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Latihan (BKPL) Lampung Se­latan meminta tenaga hororer kategori II (Non­APBN dan Non­APBD) untuk tidak percaya dengan janji oknum meloloskan­nya menjadi CPNSD. Apalagi sampai oknum itu meminta sejumlah uang untuk hal itu.

“Memang rumor berkembang ada oknum BKPL Lamsel me­minta uang ke tenaga honorer dengan besaran bervariasi untuk bisa meloloskan tanaga hon­orer kategori II masuk database. Kami minta honorer jangan mempercayai itu,” kata Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKPL Lampung Selatan Sefri Masdian, Senin (23­4).

Menurut Sefri, tenaga honorer kategori II yang lolos verifikasi dan validasi di BKPL Lamsel

belum tentu akan lolos verifikasi di Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Bahkan, wacana yang berkembang di Pemerintah Pusat, saat pengangkatan CPNSD pun para tenaga honorer itu harus melalui tes seleksi CPNSD.

“Jadi, bukan berarti lolos veri­fikasi dan validasi tenaga honorer katagori II itu bisa diangkat men­jadi CPNSD, melainkan lolos verifikasi BKN baru dinyatakan berhak mengikuti tes CPNSD. Artinya, pendaftar CPNSD dari umum tidak diperbolehkan ikut. Ini wacana yang berkembang di Pusat,” kata dia kemarin.

Meskipun demikian, secara pasti Sefri tidak tahu kapan pelaksanaan tes CPNSD yang hanya akan diikuti para THK II tersebut. “Kapan pelaksanaan­nya saya juga tidak tahu persis,” kata dia. (TOR/D-2)

PENGANGKATAN PNS

Honorer Diminta Jangan Percaya Janji Oknum

Hal itu terkuak dalam data jumlah siswa yang tidak mengikuti ujian nasional (UN) SMP/MTs di Lamteng. Dari jumlah siswa sebanyak 19 ribu di 259 SMP/MTs se­Lamteng, UN hanya diikuti 18.788 siswa. Ketidakikutan 212 siswa dalam UN itu dengan alasan izin sebanyak tiga orang dan satu tanpa keterangan. Sementara 207 lainnya DO.

Pada bagian lain, pelaksana an UN di Lamteng diwarnai ber­edarnya kunci jawaban di ka­langan peserta pada pagi hari menjelang UN. Penyebaran kunci jawaban melalui pesan pendek (sandek) layanan ponsel, diakui sejumlah siswa yang ditemui usai ujian mayoritas benar.

Bahkan siswa pun mengantisi­pasi razia ponsel dengan beramai­ramai menyalinnya ke lembaran kertas kecil yang diselipkan dalam pakaian mereka. Mirisnya, kunci jawaban tersebut disalin di depan ruang kelas yang akan digunakan untuk ujian.

“Kalau handphone dikumpul­kan, kami masih punya salinan­nya,” ujar seorang siswa di SMPN 4 Terbanggibesar, Lamteng, ke­marin.

Dari pengakuan siswa itu, kunci jawaban rata­rata tidak meleset dari jawaban yang sebenarnya. Itu diketahui setelah siswa mengerja­kan soal yang mudah dan ternyata jawabannya benar. “Kebanyakan tidak meleset, jadi setelah tahu beberapa jawaban itu sesuai kunci jawaban, ya saya ikuti saja jawaban untuk soal­soal yang rumit,” ujar Marika yang mengaku mendapat kunci jawaban melalui sandek te­mannya.

Menanggapi aksi contek dan kunci jawaban yang beredar mela­lui ponsel, Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Lamteng Heri Las Mei menjelaskan pihaknya telah berusaha memperketat jalan­nya UN agar berlangsung tertib.

“Kalau tentang kunci jawaban itu sangat bergantung pada ke­percayaan diri siswa UN, kalau mereka memang belajar sungguh, saya rasa tidak akan terpengaruh dengan kunci jawaban siluman tersebut. Lagi pula kunci jawaban tersebut belum tentu benar,” ujar dia.

Lembar Soal KurangSementara di Kota Metro, Komi­

si II DPRD Kota Metro mendapati soal ujian yang kurang di sebuah sekolah. “Dinas Dikbudpora harus jeli dalam mendistribusikan soal ujian sehingga kasus serupa tidak terulang,” kata dia.

Dalam kunjungannya ke beber­apa lokasi UN, Wali Kota Metro Lukman Hakim mengatakan pelaksanaan ujian cukup baik dan para siswa sudah siap meng ikuti UN. “Hanya saja, memang ada siswa yang harus mengikuti UN di rumah sakit dan ada pula yang tidak hadir karena sakit,” kata Lukman.

Lokal BaruDi Lamsel, 56 siswa kelas IX

SMPN 2 Ketapang, Lamsel, akhir­nya bisa mengikuti UN di sekolah­nya sendiri, setelah empat lokal gedung yang nyaris ambruk itu selesai diperbaiki.

“Gedung yang digunakan anak­anak untuk UN belum serah terima, tetapi kami sudah izin Kadis Pendidikan dan diperbole­hkan sehingga 56 anak yang ikut UN menggunakan ruang kelas yang selesai direhab,” kata Kepala SMPN 2 Ketapang, Sude, Senin (23­4).

Pemantauan Lampung Post kemarin, tiga dari empat ruang kelas yang selesai direhab menjadi tempat pelaksanaan. Sebanyak 56 siswa yang mengikuti UN ditiga ruang kelas tersebut menda­pat pengawasan ketat dari sekolah lain. (HER/OGI/KRI/D-2)

KALIANDA (Lampost): Wakil Bupati Lampung Selatan Eki Se­tyanto mengatakan tanah milik Yohansi jelas masuk ke kawasan Register 40. Pasalnya, tanah yang ditawarkan kepadanya itu tidak bisa dibuatkan sertifikat oleh Ba­dan Pertanahan Negara (BPN).

Hal itu dikatkan Eki terkait laporannya terhadap dua anggota DPRD Lamsel, A. Habib (PBR) dan Sutrimo (PNBK), terkait pe­nipuan dan penggelapan dalam jual beli tanah. Tanah di Desa Sidanganom, Kecamatan Sekam­pungudik, Lamtim, seluas 32 hek­tare itu ditolak ajuan pembuatan sertifikatnya oleh BPN.

“Melalui orang kepercayaan saya, keberadaan lokasi tanah sudah dicek baik di Dinas Ke­hutanan Lampung maupun di Dinas Kehutanan Lamsel. Kedua instansi itu menyatakan lokasi tanah masuk kawasan register

40. Tanah di Desa Sidanganom masuk di Lamtim dan Lamsel,” ujar Eki Setyanto, Senin (23­4), ditemui di ruang kerjanya.

Eki menjelaskan tanah itu tidak bisa dibuatkan sertifikat karena berada dalam kawasan Register 40. Meskipun tanah itu telah memiliki surat keterangan tanah (SKT), persoalan uang muka pembelian tanah tetap dilapor­kannya ke pihak berwajib.

“Sebab hingga kini, Sutrimo tidak mau datang ketika hendak dilakukan musyawarah terkait uang muka yang telah diterima­nya. Persoalan ini sudah hampir satu tahun. Jika saja Sutrimo dan pemilik tanah mau diajak bekerja sama mencari jalan keluar terkait tanah yang tidak bisa dibuatkan sertifikat, saya tidak akan me­laporkan ke kepolisian,” katanya.

A nggota DPR D Lampung Selatan, A. Habib, yang sem­

pat ditemui wartawan di ruang kerja Wakil Bupati Lamsel Eki Setyanto, menyatakan duduk persoalan sebenarnya ada pada Sutrimo. “Memang benar saya su­dah pernah menerima uang muka pembayaran tanah dari Pak Eki sebesar Rp150 juta. Tapi, uangnya semua sudah diserahkan kepada pemilik tanah,” katanya.

Ketika disinggung mengenai bagaimana upaya yang dilakukan ketika sertifikat tanah tidak bisa diproses, A. Habib mengatakan pemilik tanah sudah sering ditemui. “Pemilik tanah Yohansi tetap me­nyatakan bisa diproses sertifikatnya. Karena, tanah itu bukan masuk kawasan Register 40,” ujarnya.

Sementara itu, Sutrimo saat dikonfirmasi menyatakan bim­bang untuk menjelaskan krono­logis yang dijanjikannya. Dia beralasan sedang ada kegiatan partai di Katibung. (TOR/D-2)

KATIBUNG (Lampost): Setelah dibawa ke salah satu rumah sakit di Bandar Lampung, tiga warga Tanjungan, Katibung, dinyatkan positif menderita demam ber­darah dengue (DBD). Ketiganya; Rendi (22), Rosa Oktavia (15) dan Manda (7) adalah saudara Re­naldi yang Sabtu (21­4), meninggal dunia akibat DBD.

Kemarin (23­4), adik bungsu­nya, Manda, pun ikut dirawat di rumah sakit setelah dua saudara lainnya lebih dulu masuk rumah sakit itu. Ibu mereka, Isnilah, mengaku hanya bisa pasrah akan keadaan ini. Pasalnya dia telah kehilangan satu anaknya, yakni Renaldi yang meninggal dunia, se­dangkan tiga anak lainnya dirawat di rumah sakit.

“Padahal seharusnya Rosa Ok­tavia mengkuti ujian nasional di SMPN Tanjungan, karena tahun ini dia duduk di kelas IX di sekolah itu. Karena masih dirawat inap di rumah sakit, terpaksa tertunda mengikuti UN ini,” ujar Isnilah.

Sementara itu, pihak Puskes­mas Tanjungagung, kemarin melakukan fogging focus atau pengasapan di rumah Isnilah dan lingkungannya. Hal ini untuk membunuh nyamuk yang ada. “Namun fogging ini hanya mema­tikan nyamuk dewasa. Diharapkan warga menggalakkan 3M, yakni menguras bak air, menutup, dan mengubur barang barang bekas yang dapat menampung air,” ujar Eka Wahyuning Astuti, kepala Puskesmas Tanjungagung.

Dia juga mengatakan tentang sejumlah ciri atau tanda penyakit DBD, yaitu mendapat panas tinggi selama dua hingga tujuh hari, penderita tampak lemah serta lesu. Kemudian sering terasa nyeri di ulu hati dan kadang timbul bintik­bintik merah pada kulit. Untuk mebedakan bintik merah bekas gigitan nyamuk renggangkan kulit bila bintik merah itu hilang, bukan demam berdarah.

“Selanjutnya tandanya, adalah bila sudah parah penderita gelisah,

tangan, dan kakinya dingin serta berkeringat, kadang terjadi pen­darahan di hidung dan mungkin

terjadi muntah dan berak darah,” ujar wanita yang biasa disapa Tuti itu. “Jika ada anggota keluarga yang

menderita sakit dengan ciri seperti itu, segera dibawa ke dokter atau rumah sakit,” kata dia. (USD/D-2)

METRO (Lampost): Diduga dipu­tuskan hubungan cinta oleh keka­sihnya, Ernita Nurfitri (15), siswi sebuah SMA negeri di Kota Metro, nekat mengakhiri hidupnya de ngan minum racun serangga, Ming gu (22­4), sekitar pukul 22.00.

Keterangan yang berhasil dihim­pun menyebutkan korban yang ber­asal dari Desa Gunungmas, Jabung,

Lampung Timur, tinggal di rumah pamannya, Parto (50), di Jalan Dr. Sutomo No. 1, RT 24/RW 04, Kelu­rahan Purwosari, Metro Utara.

Menurut Parto, paman korban, saat kejadian dia bersama keluarga­nya sedang menonton televisi, lalu tiba­tiba terdengar suara mengorok dari kamar korban. “Pada saat keja­dian, kami sedang menonton acara

TV, lalu tiba­tiba mendengar suara ngorok dari kamar korban,” kata Parto, Senin (23­4).

Begitu mendengar suara itu, dia dan anggota keluarga lainnya langsung masuk ke kamar. Mereka mendapati kondisi korban sudah kri­tis. “Begitu melihat kondisi korban, kami langsung membawa ke dokter terdekat. Namun, karena dokter tidak

ada, lalu kami bawa ke rumah sakit, tetapi di perjalanan nyawa korban tidak tertolong lagi,” ujar dia.

Hingga kemarin siang, rumah duka masih dipenuhi tetangga, keluarga, serta teman­teman sekolah korban yang melakukan takziah atas kematian remaja itu. Sementara kedua orang tuanya masih terbaring pingsan tak kuasa

melepas kepergian anak semata wayangnya itu.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Metro AKP Radius Uta­ma mengatakan berdasarkan olah TKP, korban melakukan bunuh diri dengan cara meminum serbuk racun serangga yang dicampur dengan susu, yang dilakukan di kamar tidur korban. (OGI/CAN/D-2)

TRAGEDI

Putus Cinta, Remaja Minum Racun Serangga

207 Siswa SMP Lamteng DOTERBANGGIBESAR (Lampost): Sebanyak 207 siswa SMP se-Lampung Tengah drop out (DO) dari sekolahnya tahun ini. Dengan berbagai alasan, mereka tidak lagi melanjutkan sekolahnya hingga selesai.

SERANGAN DBD

3 Saudara Renaldi Dinyatakan Positif

PENIPUAN

BPN Tolak Buat Sertifikat Tanah Yohansi

n LAMPUNG POST/AAN KRIDOLAKSONO/M. LUTFI

PELAKSANAAN UN SMP. (Atas) Sebanyak 56 siswa kelas IX SMPN 2 Ketapang, Lamsel, menempati ruang kelas baru untuk UN setelah sebelumnya tidak bisa ditempati karena rusak berat, Senin (23-4). (Bawah) Bupati Lamteng Ahmad Pairin berkoordinasi dengan Kadis Pendidikan Lamteng Yulansyah dan sejumlah pengawas di SMPN 1 Poncowati agar kehadiran mereka tidak mengganggu siswa, sesaat sebelum memantau UN.

n LAMPUNG POST/USDIMAN GENTY

PENGASAPAN. Petugas dari Puskesmas Tanjungagung, Katibung, Lampung Selatan, melakukan pengasapan di lingkungan rumah keluarga Isnilah yang terserang DBD hingga satu anaknya meninggal dunia, Senin (23-4).

Page 23: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

Ruwa Jurai I 23SELASA, 24 APRIL 2012 LAMPUNG POST

LINTAS

Bambang Kunjungi Pekon SampangturusWONOSOBO̶Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan mengunjungi masyarakat Pekon Sampangturus, Kecamatan Wonosobo, kemarin (23-4), guna melihat langsung keadaan warga di wilayah terpencil tersebut, sekaligus menyampaikan berbagai program yang telah, sedang, dan akan dilakukan oleh Pemkab setempat.Dia mengatakan Pemkab Tanggamus tahun ini selain akan mem-bangun infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan sebagainya, juga akan membangun rumah sakit mini atau puskesmas rawat inap di Siringbetik, Kecamatan Wonosobo, dengan pengobatan gratis.Hal tersebut dimaksudkan agar pembangunan di bidang kesehatan masyarakat dapat merata di seluruh pelosok daerah, sehingga Tang-gamus menjadi daerah yang sehat.Khusus untuk Pekon Sampangturus, yang merupakan pekon baru hasil pemekaran Pekon Bandarkejadian, Bupati Bambang Kurniawan mengatakan tahun ini akan mendapat dana PNPM Integrasi. “Musyawarahkan dulu akan dibangunkan apa dana PNPM Integrasi tersebut,” kata Bambang. (UTI/D-1)

Pedagang Teguh Tanyakan HGB Pasar TradisionalKOTAAGUNG̶Komisi B DPRD Tanggamus akan melakukan pemang-gilan kembali pihak yang terkait dalam persoalan kepemilikan kios pasar tradisional Kotaagung. Sebelumnya, Komisi B menggelar rapat dengar pendapat dengan Paguyuban Pedagang Pasar Bawah untuk SHGB (P3B-SHGB) dan Dinas Koperindag dan membahas tuntutan para pemilik kios pasar bawah Kotaagung agar sertifi kat hak guna bangunan (HGB) yang kini berada di PT Realitas Agung Semesta (RAS) segera diserahkan. “Kami masih menunggu keputusan ketua DPRD untuk melakukan dengar pendapat lanjutan,” ujar Ketua Komisi B Joko Santoso, Jumat (20-4).Para pihak yang akan dipanggil sesuai kesepakatan awal adalah PT RAS, Koperasi Pasar sebagai penarik cicilan kios, Biro Hukum Pemkab Tanggamus, Asisten II, BPN, Diskoperindag, pemilik kios, dan DPRD Tanggamus sebagai fasilitator. “DPRD dan Dinas Koperin-dag sudah sepakat untuk segera menyelesaikan permasalahan ini,” kata Joko. (*/D-1)

KOTAAGUNG (Lampost): Warga

Kecamatan Limau dan Kelum-

bayan, Kabupaten Tanggamus,

mengharapkan pemasangan jar-

ingan telekomunikasi di daerah

mereka. Pasalnya, hingga kini

warga tidak bisa menggunakan

ponsel karena minimnya sinyal

provider telekomunikasi di dua

wilayah tersebut.

“Hingga kini, Kecamatan Limau

belum terpasang jaringan atau

kabel telekomunikasi, baik telepon

rumah maupun ponsel, sehingga

hubungan komunikasi sulit,” kata

Salang Asir, tokoh masyarakat Ke-

camatan Limau, Senin (23-4).

Menurut Salang, kini warga

yang ingin berkomunikasi melalui

ponsel harus mencari daerah yang

memiliki ketinggian 50 meter dari

permukaan laut. “Itu pun sinyal

terkadang hilang-timbul. Keter-

batasan ini membuat kami terting-

gal dalam menyerap imformasi”.

Rata-rata warga di sini meru-

pakan nelayan dan petani. Hasil

panen mereka semuanya dibeli

oleh tengkulak dengan harga

yang miring karena transportasi

yang mahal.

Sementara itu, Mursal (45),

warga Pekon Napal, Kecamatan

Kelumbayan, mengaku wilayah

Kecamatan Kelumbayan juga be-

lum terjangkau sinyal ponsel.

Untuk menelepon saja terpaksa

dilakukan di Kecamatan Kelum-

bayan Barat, dengan jarak sekitar

5 kilometer dari Kecamatan Ke-

lumbayan atau mencari dataran

tinggi dan tepi pantai. “Tidak

adanya jaringan telekomunikasi di

Kecamatan Kelumbayan membuat

kami terisolasi,” kata Mursal.

Menurut Mursal, wilayah Ke-

camatan Kelumbayan memang

belum mempunyai jangkauan

sinyal yang baik karena belum

memiliki best transmision sistem

(BTS). “Kecamatan Kelumbayan

ini kaya akan potensi, namun

sinyal telepon saja tidak ada,” kata

dia. (UTI/D-1)

TELEKOMUNIKASI

Warga Dua KecamatanTak Lancar Berkomunikasi

KOTABUMI (Lampost): Pemkab

Lampung Utara menekankan PT

Pusri, PT Petro Kimia Gresik,

serta para distributor untuk

menyalurkan pupuk bersub-

sidi sesuai kebutuhan dan tepat

waktu.

Hal itu disampaikan Asisten II

Bidang Ekonomi, Pemba ngunan,

dan Kesejahteraan Rakyat Azwar

Yazid pada rapat evaluasi pe-

nyaluran pupuk bersubsidi di

ruang data Sekretariat Pemkab

setempat, Kamis (19-4) lalu.

Guna mempercepat realisasi

penyaluran pupuk ke kelompok

tani di 23 kecamatan, Azwar me-

minta pihak terkait bekerja sama,

mulai dari perusahaan penyalur

pupuk, pihak distributor, kepala

cabang dinas (KCD) di kecamat-

an sampai ke kelompok tani.

Sebab, dengan kelancaran

penyaluran pupuk ini akan men-

dukung program peningkatan

produksi beras nasional (P2BN)

di Lampung Utara sekaligus

mendongrak produktivitas hasil

pertanian, perkebunan maupun

perikanan yang menjadi mata

pencarian mayoritas masyarakat.

Pemkab berharap pada 2012 pe-

nyaluran pupuk bersubsidi tidak

ada kendala lagi di lapangan.

Menyinggung alokasi kebu-

tuhan pupuk bersubsidi untuk

musim tanam gaduh (Maret-

April), dia memperkirakan ham-

pir sama dengan alokasi pupuk

pada 2011. Seperti pupuk jenis

urea masih sekitar 25.251 ton,

Za (889 ton), SP-36 (45.94 ton),

NPK (16.154 ton), dan organik

(1,142 ton). (YUD/D-1)

PADANGCERMIN (Lampost):

Selain kodratnya selaku ibu

rumah tangga, kaum perem-

puan perlu mendapatkan per-

hatian, khususnya dalam bidang

keahlian nya. Hal ini disampai-

kan anggota DPR dari Partai Ke-

adilan Sejahtera (PKS) Muzam-

mil Yusuf di Balai Desa Hanura,

Padangcermin, Minggu (22-4).

Menurut Muzammil, banyak

kaum perempuan yang berha-

sil dalam menjalankan keter-

ampilan dan usahanya sehingga

mampu menopang kebutuhan

keluarga. “Jadi, kaum perem-

puan tidak semata bekerja di

lingkungan domestik saja, kar-

enanya PKS melihat peluang

untuk memperhatikan kaum

perempuan melalui pinjaman

modal usaha melalui program

Pos Ekonomi Keluarga,” kata

Muzammil.

Pada kenyataannya, program

yang telah banyak berhasil mem-

ber pinjaman modal bergulir ini te-

lah mampu membantu perekono-

mian keluarga yang dilakukan

oleh kaum perempuan. Bahkan,

di salah satu daerah di Lampung,

dari modal yang hanya puluhan

juta mampu menggerakkan per-

ekonomian hingga kini asetnya

mencapai miliaran rupiah.

“Kami ingin kaum perempuan

yang diberdayakan melalui maje-

lis taklim yang memiliki usaha

dengan skala rumah tangga bisa

berkembang dan menjadi salah

satu kekuatan ekonomi di daerah

perdesaan”.

Sementara itu, Kepala Bidang

Pemberdayaan Perempuan DPD

PKS Kabupaten Pesawaran, Citra

Cita Fitriani, menjelaskan pro-

gram ini lebih dititikberatkan

pada kaum perempuan yang

memiliki usaha skala kecil yang

berada di daerah perdesaan.

Kaum perempuan ini akan

dikelompokkan, yang terdiri dari

20 anggota yang kesemuannya

adalah pengusaha kecil yang

membutuhkan bantuan per-

modalan. (SWA/D-1)

ABUNG TIMUR (Lampost):

Bupati Lampung Utara Zainal

Abidin menghadiri perayaan

Dharma Santi Nyepi Tahun Baru

Saka 1934 bagi Umat Hindu di

Lapangan Desa Sumberagung,

Kecamatan Abung Timur, ke-

marin (23-4).

Hadir dalam acara ini, Forum

Koordinasi Pimpinan Daerah

(Forkopimda) dan jajaran pejabat

teras Pemkab setempat.

Dalam sambutannya, Bupati

mengatakan perayaan Dharma

Santi Nyepi Tahun Baru Saka 1934

ini merupakan salah satu momen

penting bagi umat Hindu sebelum

menginjak pelaksanaan Hari Raya

Nyepi. Dalam momen ini diharap-

kan juga akan mempererat kem-

bali tali persaudaran antarumat

Hindu di Lampung Utara.

Dharma Santi Nyepi dapat

juga dijadikan momentum un-

tuk melakukan introspeksi diri

agar ke depan dapat lebih baik

dan menjadi umat yang lebih

beriman.

Tak kalah penting, kata dia,

setiap perayaan jangan hanya

dijadikan kegiatan seremoni be-

laka. Sebab, di dalamnya banyak

sekali makna yang terkandung,

salah satunya pedoman bagi

umat Hindu dalam menjalani

kehidupan sehari-hari.

“Galilah petuah hidup yang

berharga dan terkandung di da-

lamnya,” kata Zainal. (YUD/D-1)

PRINGSEWU (Lampost): Pem-

kab Pringsewu memprioritaskan

beberapa gedung SMP di daerah

setempat untuk direnovasi. Di

sela-sela peninjauan pelaksanaan

ujian nasional (UN) SMP kemarin,

Bupati Pringsewu Sujadi Saddat,

didampingi Kadis Pendidikan dan

Pariwisata M. Samsir, lebih lanjut

mewacanakan beberapa gedung

SMP yang akan direlokasi.

Pertimbangannya, keramaian

yang ada sekarang membuat

proses belajar-mengajar di seko-

lah, terutama yang berada di

jalan lintasan padat, terganggu.

Gangguan akan terasa saat jam-

jam sibuk di jalan raya, khusu-

nya lintas barat. “Ada wacana

merelokasikan sejumlah gedung

SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 3,

mengingat gedung sekolah yang

ada saat ini kurang memenuhi

persyaratan,” ujar Sujadi.

Mengingat keterbatasan ang-

garan, kini Pemkab Pringsewu

baru dapat menggelontorkan

DAK (dana anggaran khusus)

agar sekolah yang ada segera

diperbaiki sebelum direlokasi.

Diakui Sujadi, SMP Negeri 1

Pringsewu memiliki sejarah

tersendiri bagi para lulusannya.

Pasalnya, hingga kini banyak

alumni sekolah tersebut yang

berprestasi, baik di swasta mau-

pun di pemerintahan.

Selain itu, Pemkab Pringsewu

menawarkan swasta yang akan

berinvestasi dengan banyak ke-

mudahan. “Bisa saja gedung SMP

Negeri 1 dijadikan toko, tetapi

gantinya sebuah sekolah yang

representatif dan membuat proses

belajar-mengajar yang nyaman

karena tidak bising,” ujar dia lagi.

Menyoal pendirian gedung

sekolah swasta milik Yayasan

Pendidikan Jakarta (Yadika) di atas

lahan persawahan Pekon Gumuk-

mas, Kecamatan Pagelaran, Su-

jadi mengatakan pihaknya tengah

mengkaji, mulai dari perizinan dan

ketentuan lainnya. (ONO/D-1)

PUPUK BERSUBSIDI

Pastikan Penyaluran sesuai Kebutuhan

KETERAMPILAN

Kaum Perempuan PerluDiberi Keterampilan

KEAGAMAAN

Umat Hindu Lampura Rayakan Nyepi

PENDIDIKAN

SMPN 1 Pringsewu akan Direnovasi

OBJEK WISATA

Pengunjung KeluhkanTiket Masuk BatutegiPULAUPANGGUNG (Lampost):

Pengunjung Bendungan Batutegi

mengeluhkan besarnya tarif masuk

ke bendungan terbesar di Asia

Tenggara tersebut. Pasalnya, selain

dikenakan tarif masuk Rp6.000

per orang, petugas keamanan (sat-

pam) masih menarik uang parkir

per sepeda motor Rp5.000.

Asep (20), salah satu pengun-

jung yang ditemui Lampung Post,

Minggu (22-4), mengaku enggan

kembali berekreasi ke kawasan

Batutegi karena tingginya ongkos

masuk ke kawasan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas

Pariwisata, Budaya, Pemuda, dan

Olahraga (Disbudparpora) Tang-

gamus M. Shobir saat dikonfi rmasi

mengatakan wisata Batutegi bukan

dikelola pihaknya, melainkan oleh

masyarakat setempat. “Disbudpar-

pora tidak pernah mengeluarkan

karcis masuk,” ujarnya.

Namun, ia mengakui sebel-

umnya pernah ada yang datang

ke Disbudparpora dan meminta

agar dinas memberikan izin wisata

di Batutegi. Pihaknya tidak bisa

memberikan izin karena untuk

urusan itu ada beberapa prosedur

yang harus dilalui.

Untuk itu, dia mengatakan

Disbudparpora tidak tahu-me-

nahu tentang tarif masuk wisata

Batutegi, seperti yang tertera

dalam karcis.

Ketika disinggung soal tiket

masuk dengan mengatasnama-

kan Disbudparpora, M. Shobir

mengatakan akan memberikan

teguran karena dinas tak pernah

mengeluarkan tiket masuk.

“Yang jelas, wisata Batutegi dikel-

ola masyarakat setempat beker ja

sama dengan perusahaan pengelola

Batutegi,” ujarnya. (*/D-1)

Masyarakat bisa berpartisipasi menyampaikan keluhan melalui SMS ke nomor 081379111475 dan 08127927359.

Yth. Anggota DewanKami warga Kelurahan Pringsewu Barat mengetahui ada rencana relokasi kantor kelurahan setempat karena terkena gusur proyek gedung olahraga (GOR). Bagaimana pelayanan terhadap warga, sementara relokasi sampai saat belum diketahui kejelasanya.

Suripto, Wakil Ketua Komisi Pelayanan kepada warga tetap berjalan dengan catatan tempat dan perlengkapan kantor sudah ada. Jelasnya, Komite KONI harus mencari kantor pengganti dengan segala kelengkapan, jangan sampai ke depan menjadi masalah.

LAMPUNG POST/YUDHI HARDIYANTO.

PERAYAAN DHARMA SANTI NYEPI. Bupati Zainal Abidin menyalami salah satu pendeta umat Hindu di Lampung Utara pada perayaan Dharma Santi Nyepi Tahun Baru Saka 1934 Umat Hindu di Lapangan Desa Sumberagung, Kecamatan Abung Timur, kemarin.

LAMPUNG POST/SUDIONO

Bupati Pringsewu Sujadi Saddat didampingi Wakil Bupati Handitya Narapati, Ketua DPRD Ilyasa, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Pariwisata Pringsewu M. Samsir saat meninjau ujian nasional (UN) SMP sederajat, kemarin (23-4).

LAMPUNG POST/SAYUTI

KUNJUNGI PEKON TERPENCIL. Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan, didampingi Camat Wonosobo Zulfadli, saat berada di Pekon Sampangturus, Kecamatan Wonosobo, Tanggamus, Senin (23-4). Kedatangan Bambang disambut gembira warga setempat.

Di Kabupaten Lampung Utara,

pada hari pertama pelaksanaan

UN tingkat SMP/sederajat ter-

catat 177 siswa peserta UN tidak

hadir mengikuti ujian.

Ket ua Musyawa ra h Ker ja

Kepala Sekolah (MKKS) SMP

Suwandi mengatakan jumlah

peserta UN se-Lampura seban-

yak 10.455 siswa, 177 siswa di

antaranya tidak hadir dengan

berbagai alasan.

Berdasarkan data yang direkap

dari 92 SMP negeri/swasta dan 18

MTs yang terbagi dalam 16 rayon

SMP serta tiga rayon MTs ini, ala-

san ketidakhadiran siswa peserta

UN karena berbagai sebab, dan

kebanyakan karena anak keluar/

dikeluarkan pihak sekolah atau

meninggal.

Namun, datanya masih ter-

kover dalam DNT siswa sekolah.

Alasan lain karena siswa se-

dang sakit atau urusan keluarga.

“Untuk 177 siswa yang tidak

hadir ini, hanya lima siswa yang

memiliki alasan yang jelas, yakni

sakit, dan berhak mengikuti ujian

susulan. Sedangkan 172 siswa

sisanya tidak ada alasan yang

jelas. Mungkin mereka sudah

keluar dari sekolah, tapi namanya

masih masuk DNT siswa,” kata

Suwandi.

Terkait kapan pelaksanaan

ujian susulan akan dilakukan bagi

siswa yang tidak dapat mengikuti

ujian ini, dia menjawab setelah

UN selesai digelar sampai Kamis

(16-4) mendatang. Untuk waktu

pelaksanaan, pihaknya mesti

menunggu rapat koordinasi lebih

lanjut.

Sementara dari Kabupaten

Tanggamus, UN SMP tahun ini

diikuti 8.837 peserta. Sebanyak

111 siswa peserta tidak ikut ujian

untuk mata pelajaran Bahasa

Indonesia, dan 107 lainnya bah-

kan tidak memberi kabar atas

ketidakhadiran tersebut.

Kepala Seksi (Kasi) Kuriku-

lum Bidang Pendidikan Dasar

Dinas Pendidikan Kabupaten

Tanggamus Indra Prisma, Senin

(23-4), mengatakan dari 111 siswa

yang tidak mengikuti UN hari

pertama. Satu orang sakit, tiga

meninggal dunia, dan 107 tidak

ada keterangan.

Terhadap siswa yang sakit,

dipastikan akan mengikuti UN

susulan yang akan digelar 30

April sampai 3 Mei 2012. Se-

dangan terhadap 107 lainnya,

pihaknya membutuhkan waktu

dua hingga tiga hari menelusuri

ketidakhadiran, serta memutus-

kan apakah diperkenankan ikut

UN susulan atau tidak.

Di Kabupaten Pringsewu, dari

7.218 siswa yang mendapatkan

nomor ujian, 66 siswa di antara-

nya diketahui lebih dulu keluar

dari sekolah. (YUD/UTI/WID/D-1)

DNT Siswa SMP Tak AkuratKOTAAGUNG (Lampost): Ujian nasional (UN) tingkat SMP/MTs di Kabupaten Lampung Utara, Tanggamus, dan Pringsewu, yang dimulai kemarin berjalan tertib. Meskipun demikian, daftar nominasi tetap (DNT) siswa sekolah yang ditampilkan pihak sekolah tidak akurat.

Ujian Nasional SMP

Page 24: lampungpost edisi 24 april 2012

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

Mereka meminta pemerintah, baik kabupaten, provinsi, maupun pusat, tidak memberhentikan Wakil Bupati Ismail Ishak, tetapi menetapkan yang bersangkutan hingga akhir periode tahun 2017 mendatang.

Jika sampai Ismail Ishak dipe-cat, perwakilan warga memasti-kan akan melakukan semua upaya agar hal itu tidak terjadi. “Kami siap berjuang sampai tetes darah penghabisan. Pasangan Bupati-Wakil Bupati Khamamik-Ismail Ishak adalah harga mati,” ujar Herman (50), perwakilan FMPM, di depan kantor bupati.

Massa membentangkan span-duk yang bertuliskan ‘Kami Membutuhkan Pimpinan yang Dipilih Rakyat Bukan Boneka Orang-Orang yang Berkepenting-an’ dan ‘Kembalikan Kedaulatan Mesuji, Jangan Zalimi Pimpinan Kami. Wakil Bupati Ismail Ishak Harga Mati.’

Lima belas menit kemudian, perwakilan massa, Herman dan Wawan, diterima Sekretaris Ka-bupaten Ruslan di ruang kerjanya.

Sedangkan dari Pemkab juga hadir Asisten III Khairul Adnan, Kabag Humas Hary Prasetyo, Kakan Pol. PP Murni, dan Kabag Perlengkapan Abdul Wahab. Dalam pertemuan itu, Herman dan Wawan kembali minta pe-merintah tidak mengusulkan pemberhentian Wakil Bupati.

“Kami datang sedikit , ha-nya 15 orang. Tetapi, yakinlah kami mewa kili para pendukung pasang an bupati-wakil bupati terpilih,” ujar Herman. Dia me-nambahkan pihaknya berharap Sekkab menyampaikan keinginan mereka kepada Bupati.

“Kami benar-benar sangat meminta tolong agar keinginan masyarakat ini disampaikan ke tingkat yang lebih tinggi sebagai pertimbangan. Dan, saya sangat berharap suara ini didengar,” kata Wawan.

Jika tidak, situasi di Kabupaten Mesuji akan kembali ricuh. “Ya, saya hanya menangkap keinginan warga. Jika benar Ismail Ishak dipecat. Saya tidak bisa bayang-kan kondisi Mesuji.”

Oleh sebab itu, dia berharap Pemkab Mesuji dapat memfasili-tasi keinginan masyarakat itu di semua tingkatan pemerintah, baik provinsi maupun pusat. “Tolong sampaikan dan beri tahu situasi sebenarnya di Mesuji, kalau ingin Mesuji maju dan kondusif, tolong biarkan Khamamik-Ismail Ishak memimpin Mesuji ini sampai

akhir masa jabatannya,” kata dia.Sekkab Mesuji Ruslan dalam

kesempatan itu menjelaskan pihaknya meskipun tidak diminta dan didatangi, sudah melakukan upaya agar Ismail Ishak tidak diberhentikan dari jabatan wakil bupati. “Saya secara pribadi mau-pun jajaran Pemkab Mesuji mem-punyai semangat yang sama. Tidak

diminta pun kami sudah lakukan upaya-upaya agar Pak Ismail tetap menjadi wakil bupati mendam-pingi Bupati Khamamik.”

Ruslan juga berjanji menyam-paikan keinginan masyarakat tersebut kepada Bupati. “Pasti saya sampaikan. Bupati sedang di Bandar Lampung,” ujarnya.

Secara terpisah, Bupati Khama-mik mengatakan pihaknya sejak awal juga telah melakukan upaya-upaya agar Isamil Ishak tidak diberhentikan dari jabatannya. “Saya kan sudah pernah memo-hon kepada Pemprov untuk tidak melayangkan surat ke Kemente-rian Dalam Negeri perihal pem-berhentian Isamil Ishak sebagai wakil bupati,” ujarnya kemarin.

Pemkab Mesuji, kata dia, telah mengkaji semua kemungkinan dan upaya agar Ismail Ishak tetap menjadi wakil bupati mendam-pinginya. Bahkan, kini dia telah meminta izin kepada Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Lam-pung agar Ismail Ishak mendapat fasilitas tambahan sebagai wakil bupati di Rumah Tahanan (Rutan) Bawang Latak, Menggala.

“Kami siapkan satu set perleng-kapan kantor, seperti ruangan khusus berisi kursi, ATK, dan komputer serta satu operator sebagai ruang kerja.” (UAN/D-3)

Ruwa Juraiselasa, 24 aPRIl 2012 lAmpUNg post I 24

‘‘Jika sampai Ismail Ishak dipecat, perwakilan warga memastikan akan melakukan semua upaya agar hal itu tidak terjadi.

lINTas83 siswa absen pada Hari Pertama UNLIWA—Hari pertama ujian nasional (UN) tingkat SMP di Kabupaten Lampung Barat, Senin (23-4), terdapat 83 siswa absen tanpa kete-rangan. Kepala Dinas Pendidikan Lambar Nukman M.S., melalui Kabid Pendidikan Dasar Akim, mengatakan berdasar pada data yang dihimpun dinas, dari 118 SMP yang menggelar UN, tercatat 83 siswa absen tanpa keterangan.Selain itu, kata dia, terdapat kekurangan soal dan lembar jawaban UN di SMPN 1 Gedungsurian sebanyak 7 lembar dan SMPN 1 Liwa 10 lem-bar, tapi dapat diatasi dengan mengambil soal dari beberapa sekolah yang mengalami kelebihan. “Kekurangan 17 lembar soal dan jawaban dapat diatasi sehingga tidak menghambat pelaksanaan UN.”Menurut Akim, total pelajar yang mengikuti UN yang tersebar di 118 SMP sederajat di Lambar mencapai 6.772 orang. “Ke-118 seolah itu ter-bagi menjadi 40 MTs dan sisanya SMP negeri maupun swasta.” (*/D-3)

Bom Molotov Diduga sebagai IntimidasiBANJARAGUNG—Penemuan bom molotov oleh pedagang Pasar Unit II di bawah lapak, Minggu (22-4), disinyalir sebagai kesengajaan oknum tertentu untuk membakar pasar terbesar di Tulangbawang itu. Hal tersebut dikatakan Ketua Fopetra Eva Gultom, Senin (23-4).“Bom (molotov) kami duga itu tindakan oknum yang berniat me-musnahkan pasar, berangkat dari pengalaman tahun 2007 saat terbakarnya pasar. Lokasi kebakaran persis di tempat ditemukannya bom molotov,” ujarnya.Eva juga mengatakan penemuan bom molotov itu merupakan bentuk intimidasi kepada para pedagang. “Kami menganggap ini sebagai intimidasi kepada pedagang untuk memuluskan rencana pembongkaran, tapi itu baru dugaan.”Dengan adanya peristiwa itu, pihaknya akan mengantisipasi dengan meningkatkan pengawasan di sekitar area Pasar Unit II, melalui ronda siang dan malam secara bergantian. “Kami akan antisipasi dengan mengggelar ronda siang-malam satu sif. Kami akan perketat penjagaan sebelum pasar tutup akan kami sterilkan,” ujar Eva. (AtA/D-3)

LALU LINTAS

JalintimMenggalaMasih TersendatMENGGALA (Lampost): Jalan lintas timur, Menggala, Tulang-bawang, macet cukup panjang dari dua hingga belasan kilometer sejak Minggu hingga Senin (22—23 April). Penyebabnya perbaikan sebuah gorong-gorong besar se-hing ga semua kendaraan hanya bi sa memakai sebagian badan ja lan.

Akibat perbaikan itu, satu truk tangki terperosok gorong-gorong lalu terbakar, Minggu kemarin, dan tiga truk lain sarat mu atan terperosok ke siring berawa. Ke-macet an terjadi sejak Minggu (22-4), sekitar pukul 03.00, saat sebuah truk tangki berisi 8 ton bahan bakar terperosok lubang gorong-gorong besar di jalan lintas timur (Jalintim) Kampung Ka-huripan, Kecamatan Banjarbaru, Tulangbawang.

Beberapa saksi mata menga-takan truk tangki melaju dari Unit II, Banjaragung, menuju Menggala. Ketika akan melewati gorong-gorong besar yang sengaja dilubangi pekerja hingga setengah badan jalan, pengemudi truk, Jojon (35), gagal mengendalikan ken-daraan dan terperosok lubang.

Sopir sempat menyelamatkan diri sebelum truk tangki tersebut terbakar.

Akibat kejadian itu, arus di jalan itu macet total. Aparat Polres Tuba segera turun untuk mengatur arus kendaraan.

Tidak berselang lama, sebuah truk Fuso sarat muatan kayu dari Unit II juga terperosok parit sedalam 5 meter tidak jauh dari lokasi truk terbakar. Nasib nahas juga menimpa truk gandengan yang masuk rawa di dekat SPBU Menggala dan sebuah truk lain terperosok rawa dekat Jembatan Way Tulangbawang. Beruntung dari kecelakaan itu tidak ada korban jiwa.

Pemantauan Lampung Post di sepanjang Jalintim Menggala sam-pai Unit II Banjaragung kemarin terjadi kemacetan dari dua arah. Panjang kemacetan mencapai belasan kilometer.

Selain kendaraan roda empat yang terjebak kemacetan, ratusan sepeda motor ikut terjebak. Karena tidak sabar, pengendara sepeda motor nekat menembus kema-cetan memanfaatkan sela-sela jalan yang sempit. (UNA/D-3)

FMPM Minta Wabup Tidak DipecatMESUJI (Lampost): Puluhan warga dari beberapa kecamatan di Kabupaten Mesuji yang menamakan diri Forum Masyarakat Peduli Mesuji (FMPM) mendatangi DPRD dan kantor Bupati setempat, Senin (23-4).

n lAmpUNg post/gUNtUR tARUNA

BELUM LANCAR. Arus lalu lintas di jalan lintas timur Kampung Kahuripan, Kecamatan Banjarbaru, tulangbawang, tersendat sejak minggu hingga senin (22—23 April). penyebabnya, sebuah truk tangki terperosok gorong-gorong yang sedang diperbaiki dan terbakar, minggu lalu. tidak berselang lama, sebuah truk sarat muatan kayu juga masuk siring di seberang truk tangki yang terbakar itu.

PANARAGAN (Lampost): Karya-wan PT Huma Indah Mekar (HIM), Sumedi (30), tewas dibe-gal di jembatan kuning di areal perkebunan karet milik perusa-haan tersebut di Kampung Penu-mangan, Tulangbawang Tengah, Tulangbawang Barat, Senin (23-4), sekitar pukul 05.30. Pembegalan sadistis itu menghebohkan para karyawanan dan masyarakat di kabupaten setempat.

Pa sa l nya, pembega la n i n i nyaris menewaskan satu keluarga. Tewasnya korban karena melawan dua pelaku pembegalan untuk mempertahankan kendaraannya. Meskipun Atin (25) dan Airin (3), istri dan anak korban, berhasil menyelamatkan diri dari kejaran pelaku, Sumedi tewas di tempat kejadian dengan beberapa luka memar dan tusuk di leher dan kepala.

Pelaku hanya berhasil membawa kabur sepeda motor korban Honda Supra X 125, sedangkan dompet dan ponsel korban masih ditemu-kan utuh di kantong pakaianya.

Di lokasi kejadian di jurang dekat jembatan kuning yang meng hubu ng ka n Kabupaten Tulangbawang Barat dan Tu-langbawang, warga menemukan senjata tajam jenis badik, helm, dan sepasang sandal yang diduga milik para pelaku di sekitar jasad korban. Lokasi pembegalan ini hanya berjarak sekitar 1 km dari kediaman korban.

“Saat kami datang, korban sudah tewas dengan kondisi berlumuran darah. Di sekitar lokasi pembe-galan kami menemukan beberapa benda yang digunakan pelaku tidak jauh dari jasad korban,” ujar Safari (60), paman korban, di ru-mah duka, kemarin.

Dia menjelaskan pembegalan terjadi saat korban bersama is-tri dan anaknya hendak pulang ke mes karyawan di Afdeling B Umbul Jagaurip usai menghadiri hajatan anggota keluarganya di Mulyoasri. “Mereka pulang pagi-pagi karena mau menyadap karet. Korban memang tinggal di mes

karyawan di Afdeling B.”Nahas, lanjut dia, saat di tengah

jalan, mereka dihadang dua pelaku yang bersenjatakan parang dan badik. Selain membunuh korban, pelaku membawa kabur kenda-raan korban. “Sebelum tewas, korban sempat meminta istri dan anaknya lari ke arah kampung untuk meminta pertolongan.”

Usai diautopsi di RSUD Mengga-la kemarin siang, jasad korban lang-sung dibawa pihak keluarga untuk dimakamkan di kampungnya di Pagelaran, Pringsewu. Sementara istri korban masih shock dengan kejadian tersebut. (mER/UNA/D-3)

LIWA (Lampost): Enam PNS Pemkab Lampung Barat dihu-kum membuat surat pernyataan di atas meterai setelah terjaring sidak tim pembina pegawai pada Jumat (20-4) lalu. Keenam PNS yang dikenakan sanksi akibat bolos itu berasal dari Dinas Kes-ehatan 1 orang, Dinas Pertanian 1 orang, Puskesmas Way Tenong 1 orang, dan tiga lainnya adalah pengawas sekolah.

Asisten III Pemkab Lambar Herman yang juga pembina pe-gawai Pemkab setempat, Senin (23-4), mengatakan pihaknya akan terus melakukan sidak ke kantor-kantor dan juga jalan-jalan. Tujuannya meningkatkan disiplin pegawai.

Dia menambahkan sidak PNS pekan kemarin usai salat jumat digelar di jalan lintas barat, tepatnya di wilayah Batubrak. Dalam sidak itu pihaknya me-nangkap enam PNS yang mem-bolos sebelum jam pulang. Dari enam PNS itu, dua di antaranya diproses karena terbukti bolos, sedangkan empat lain memiliki izin yang dibuktikan dengan

adanya surat keterangan.Dua PNS yang membolos itu

berasal dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian. Ked-uanya disanksi membuat surat pernyataan bermeterai yang berisi perjanjian untuk tidak mengulangi perbuatannya.

Razia PNS itu digelar dengan menyetop seluruh kendaraan yang melintas, baik bus maupun kendaraan pribadi roda dua dan empat. Untuk memastikan apakah penumpang dalam ken-daraan itu PNS Lambar atau bukan, petugas langsung me-meriksa KTP masing-masing. Selain sidak di jalan lintas, kata Herman, timnya juga menda-tangi beberapa satuan unit kerja di kecamatan. Dalam sidak itu, delapan PNS terjaring. Empat PNS itu diminta membuat surat pernyataan di atas meterai dan empat lainnya membuat surat pernyataan biasa. Hasil sidak itu kini sedang dinaikkan ke Sekkab yang selanjutnya akan diserah-kan kepada pimpinan satuan unit kerja masing-masing untuk diberikan sanksi. (ElI/D-3)

DISIPLIN PEGAWAI

6 PNS Lambar Dapat Peringatan Keras

KRIMINALITAS

Dua Begal Bunuh Karyawan PT HIM

BLAMBANGAN UMPU (Lam-post): Pembukaan Way Kanan Expo dan Festival Raden Jambat berlangsung meriah diisi sejum-lah tarian kolosal dan atraksi budaya. Bahkan, tiga helikopter milik TNI turut memeriahkan rangkaian HUT ke-13 kabupaten setempat, Senin (23-4).

Pembukaan acara diawali atraksi tarian kolosal Biduk Umpu Serunting. Tarian terse-but dibawakan puluhan peserta menggambarkan makna Kabu-paten Way Kanan Bumi Petani yang kaya hasil pertanian dan perkebunan.

Tidak hanya itu, tiga helikopter ikut mewarnai kemeriahan pem-bukaan acara dengan terbang ren-dah tiga kali mengelilingi Islamic Center dari Lanud Gatot Subroto Way Tuba. Atraksi ini merupakan bentuk kepedulian TNI dalam rangkaian HUT Way Kanan.

Atraksi pawai beragam bu-daya dan kendaraan hias dari 14 kecamatan makin memeriahkan acara. Pembukaan acara dilaku-kan dengan pemukulan beduk oleh Ketua DPRD Marsidi Hasan sekaligus penglepasan balon dan puluhan burung merpati oleh Bupati Bustami Zainudin.

Dalam sambutannya, Bupati mengharapkan atraksi terbang pesawat tempur itu dapat meng-inspirasi para generasi muda

menjadi anggota TNI. “Cita-cita berdirinya Kabupaten Way Kanan ini sejak tahun 1957 lalu dan baru terwujud tahun 1999 dan sekarang telah berumur 13 tahun.”

Menurut Bustami, cita-cita mendirikan Kabupaten Way Kanan tidak hanya berasal satu orang, tapi melibatkan banyak tokoh masyarakat. Untuk itu, selaku pemerintah pihaknya belum dapat membalas jasa kepada para sesepuh itu. “Kami hanya mampu mengucapkan terima kasih dan akan kami wujud rakyat sejahtera.”

Untuk itu, Bupati meminta dukungan dan partisipasi pihak terkait dan seluruh masyarakat dalam pembangunan Way Ka-nan. Sebab, pembangunan tidak hanya dapat dilakukan sekejap mata atau dalam hitungan tahun. Mewujudkan malam terang ben-derang dan jalan tidak berlubang tidak cukup dilakukan satu dua hari saja.

Di sisi lain, pembangunan tidak hanya mengandalkan dana APBN dan APBD, tapi perlu adanya bantuan pihak swasta da n du ku nga n ma sya ra kat luas. “Kami mohon seluruh masyarakat dapat memelihara hasi l pembangunan dengan cara bersama-sama bergotong royong,” kata Bupati. (lEH/D-3)

n lAmpUNg post/mERWAN

ISTRI KORBAN ‘SHOCK’. Atin (25) shock saat melihat jasad suaminya, sumedi, dibawa ambulans seusai autopsi di RsUD menggala, senin (23-4). sumedi tewas dibegal di sekitar jembatan kuning di areal pt HIm di Kampung penumangan, tulangbawang tengah, kemarin.

HUT KE-13 WAY KANAN

Atraksi Helikopter Meriahkan Pembukaan

MESUJI (Lampost): Rumah Abdul Hamid, anggota DPRD Kabupaten Mesuji asal PDIP, di Kampung Trikarya Mulya yang dibakar massa dari Kampung Sritanjung, Kecamatan Tan-jungraya, Sabtu (21-4) hingga Senin (23-4), belum diperbaiki. Sejumlah puing perabotan rumah masih berada di posisi semula seperti sesaat setelah dibakar.

Begitu juga dengan kerangka sepeda motor yang ada di dalam rumah, yang hingga kemarin juga berada di posisi semula. Kapolsek Tanjungraya AKP Jupril mengata-kan pihaknya belum mengetahui tindak lanjut peristiwa tersebut. “Apa sudah ada mediasi atau belum, saya belum tahu.”

Sebab, korban Abdul Hamid, yang juga suami Kepala kam-pung Tirkarya Mulya, Tri Ar-yanti, baru melaporkan peris-tiwa tersebut ke Polres Tulang-bawang kemarin. “Iya, korban baru mau lapor ke Polres besok (Senin, red),” ujar Jupril.

Lokasi kejadian kini masih dipasang garis polisi. Selain lima sepeda motor, satu televisi juga ikut hancur. “Itu yang saya lihat di lokasi,” kata Kapolsek.

Sementara itu, Camat Tan-

jungraya Helmi Saad menga-takan akan memediasi penye-lesaian pertikaian kedua kam-pung itu. Dia akan mendatangi Kampung Sritanjung, sebagai pelaku pembakaran, untuk menyelesaikan persoalan akibat aksi massa kemarin.

“Saya akan ke Kampung Sri-tanjung. Pertama, saya akan silaturahmi karena saya camat baru. Kedua saya akan ajak warga membahas masa depan Sritanjung 5—25 tahun ke de-pan seperti apa. Ketiga, saya akan bermusyawarah dengan tokoh-tokoh setempat menye-lesaikan kasus pembakaran tersebut,” ujarnya.

Untuk Kampung Trikarya Mulya sendiri, kata Camat, tidak ada masalah dan siap dimediasi. “Saya menginap di Trikarya Mulya bersama Pak Abdul Hamid dan membicara-kan langkah penyelesaian.”

Terlepas dari bagaimana langkah penyelesaian, Helmi Saad mengatakan kampung-kampung sekitar Trikarya Mu-lya akan berkumpul membuat pernyataan sikap. “Seperti apa isinya saya belum tahu, mungkin dukungan moral terkait pemba-karan tersebut.” (UAN/D-3)

AKSI MASSA

Rumah Abdul HamidBelum Diperbaiki

Bagi mereka yang telah membuat surat pernyataan perjanjian untuk tidak men-gulanginya lagi itu akan diberikan catatan apabila nanti kedapatan melakukan hal serupa, akan diberikan sanksi yang lebih berat, mis-alnya diturunkan pangkat atau jabatan. (ElI/D-3)