lampungpost edisi 18 april 2012

download lampungpost edisi 18 april 2012

of 24

  • date post

    10-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    415
  • download

    15

Embed Size (px)

description

lampungpost edisi 18 april 2012

Transcript of lampungpost edisi 18 april 2012

  • CMYK

    CMYK

    SUKADANA (Lampost): Setelah dilantik menjadi bupati, Plt. Bupati Lampung Timur Erwin Arifin memastikan bakal mempunyai wakil bupati yang mendampinginya hingga 2015. Sebagai kepala daerah yang terpilih lewat jalur independen, KPU Lampung menyebutkan Erwin bakal tersandung masalah hukum dalam memilih wakil bupati karena tak ada aturannya.

    Namun, Erwin menyatakan tetap akan memilih wakil bupati. Dalam aturan disebutkan untuk masa jabatan yang lebih dari 18 bulan diperlukan wakil bupati. Saya akan patuhi hal ini, kata Erwin, Selasa (174).

    Sela njut ny a, ma nt a n ke tua KPU Lampung Timur itu menga takan calon wakil bupati diputuskan setelah dia dilantik menjadi bupati definitif. Nanti kalau sudah waktunya akan saya

    putuskan, kata Erwin.Mengenai calon yang ingin

    menjadi wakil bupati mendampinginya, dosen Fakultas Hukum Universitas Lampung itu mengaku banyak. Saya terbuka saja. Ba nyak yang datang. Tapi saya tidak bisa menyebutkan, ujar dia.

    Terkait pelantikan Erwin, DPRD Lampung Timur mengagendakan pengukuhan Plt. Bupati Lampung Timur Erwin Arifin menjadi bupati Lampung Timur masa bakti 20102015, Senin (234) pekan depan. (DIN/KIS/U-1)

    KURS

    selasa, 17 april 2012SUMBER BI

    1 US$Rp9.178

    Parfum Bisa Picu Diabetes PENELITI menemukan hubungan antara diabetes dan bahan

    kimia yang umum digunakan pewangi buatan, lilin, dan plastik untuk menyimpan makanan. Bahan kimia yang disebut ftalat berkaitan dengan berbagai penyakit berbahaya lainnya, seperti autisme, kelebihan berat badan, infertilitas, dan beberapa jenis kanker.Penelitian menemukan se

    dikit saja peningkatan kadar ftalat bisa meningkatkan risiko diabetes dua kali lipat. Pasalnya, diabetes adalah penyakit hormonal, ftalat yang dapat mengganggu hormon tampaknya mengganggu produksi hormon peserta penelitian.Meskipun masih perlu dikonfirmasi penelitian lebih besar, temuan kami mendukung hipotesis bahan kimia dari lingkungan dapat memicu diabetes, kata Monica Lind, profesor kedokteran lingkungan di Departemen Kedokteran Kerja dan Lingkungan Universitas Uppsala, seperti dilansir Rodale.com, Selasa (174). (U-1)

    MASA panen raya tiba! Di berbagai jurusan jalan utama Provinsi Lampung yang membelah bentangan sawah, merebak keceriaan para petani menyabit tanaman padi memanen sawahnya! ujar Umar. Para petani Lampung ceria karena harga gabahnya tak jatuh sekalipun di masa panen raya! Harga beras asalan di pasar masih Rp7.500/kg, padahal beras hasil panen mereka berkualitas lebih tinggi dari beras asalan!Harga Rp7.500/kg beras asalan itu bahkan masih di atas harga pembelian pemerintah (HPP) yang sejak 1 Maret 2012 dinaikkan menjadi Rp6.600, dari harga sebelumnya Rp5.060, timpal Amir. Meskipun belum menyentuh HPP dan harga beras asalan, beras kelas atas produksi petani Lampung sejak awal musim panen medio Maret turun 0,35% dari bulan sebelumnya. Itu terlihat pada nilai tukar petani (NTP) Lampung yang untuk subsektor padi dan palawija 133,69 dari NTP gabungan semua komoditas Maret 2012 tercatat 124,34!NTP subsektor padi dan palawija Lampung itu bukan hanya menunjukkan petani Lampung mendapat harga beras ideal di masa panen, malah mereka juga mendapatkan harga tertinggi secara nasional! tegas Umar. Itu sungguh luar biasa! Tapi layak diingat, harga terbaik di pasar lokal daerahnya itu tak sepenuhnya dinikmati petani karena jalan dari lahan produksi ke pasar lokal itu umumnya rusak parah hingga ongkos angkutnya jadi relatif mahal mereduksi nilai hasil panennya! Belum lagi infrastruktur pertanian seperti fasilitas irigasi yang banyak rusak, membuat petani harus melakukan upaya ekstra berbiaya khusus lagi!Semua itu mengurangi penerimaan hasil panen petani! timpal Amir. Andai saja, pemerintah dari kabupaten, provinsi, dan pusat serius memperhatikan infrastruktur desa, jalan, irigasi, dan fasilitas penyangga seperti bendung dan embung untuk menyimpan air hujan sehingga di musim kemarau petani tetap bisa bertanam, kesejahteraan petani mungkin bisa lebih baik dari sekarang, yang secara nasional indeks pembangunan manusia (IPM)nya di peringkat 143 dari 187 negara yang didataartinya IPM Indonesia masuk kelompok papan bawah, setara negaranegara miskin!Lebih ironis lagi dengan capaian NTP yang baik di subsektor padi dan palawija, bahkan juga pada tanaman perkebunan rakyat NTPnya tercatat 127,15, tapi IPM Lampung ternyata paling rendah seSumatera! tegas Umar. Karena itu, perlu dicari penyebab dan jalan keluarnya, kenapa perolehan harga tertinggi panenan petani Lampung tidak meningkatkan indeks kualitas manusianya? ***

    Terbit Sejak 1974Sirkulasi: (0721) 788999Layanan Umum: (0721) 783693Iklan: (0721) 774111SMS: 0815 4098 5000Redaksi (0721) 773888SMS: 0812 7200 999www.lampungpostncom

    BURASH. BAMBANG EKA WIJAYA

    Masa Panen RayaHarga Beras Ideal!

    Mei hinggaOktoberLampung kemarau... HLM. 2

    PelaksanaanPerda Retribusi Sampah BandarLampung ditunda.... HLM. 3

    TERBIT 24 HAlAMAN i HARGA ECERAN : Rp3.000RABU, 18 ApRIl 2012 l No. 12411 l TAHUN XXXVII DINAMIKA MASYARAKAT LAMPUNG

    Tolak pakaibikini, Pinkan Mambo gagal main film... HLM. 16

    OASiS

    Kenapa harga tertinggi tidak meningkatkan indeks kualitas manusianya?

    Add on: facebook.com/buraslampost

    Follow on: @buraslampost

    DPRD Lamteng gagal mediasiKLP dan PLNsoal jaringan. HLM. 22

    n DoK. LampoSt

    Wakil Ketua Komisi III DPR Azis Syamsudin yang dihubungi tadi malam, di Bandar Lampung, berjanji menanyakan keterlambatan pembangunan itu dari sisi hukum kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Pohan Lasphi. Kami tunggu proses dari Kejati, keterlambatan itu karena apa, kata Wakil Ketua Komisi III yang membidangi hukum itu.

    Menu r ut A z is, prosedu r penyidikan diawali dengan penelitian Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) atau Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). BPKP atau BPK membuat laporan yang bisa menjadi dasar kejaksaan menyata ka n ada ker ug ia n nega ra atau tidak.

    Persoalan pembang unan RSP Unila mencuat setelah Kejat i Lampung menerima laporan dugaan penyimpangan proyek senilai Rp53 miliar itu. Selain tender sarat kongka

    likong, pengerjaan fisik RSP Unila tahap pertama diduga menyimpang dari aturan kontrak kerja.

    Pembangunan RSP Unila yang memiliki enam gedung t iga la nta i denga n kapasitas tempat tidur 600 unit itu ditanga ni PT Pembangunan Per u ma ha n (PP). Na mu n, pengerjaannya disubkontrakkan ke kontraktor lokal.

    Pembangunan RSP tahap pertama, menurut Pembantu Rektor II Unila Sulastri Ramli, berakhir sejak 10 Desember 2011. Proyek ini menggunakan dana A PBN. Jadi bagaimana dapat dilanjutkan kalau dana belum ada. Kami masih menungg u pencairan dana APBN tahap dua, kata Sulastri kemarin.

    Mengenai dugaan penyelewengan wewenang yang diutarakan beberapa lembaga swadaya masyarakat (LSM), dia menjamin setiap proyek

    di Unila bebas dari kolusi, korupsi, dan nepotisme (KKN). Semua terpantau oleh menteri dan dilaporkan. Jadi tidak ada itu tender diamdiam, kata Sulastri.

    Kategori prioritasPembangunan RSP Unila,

    menurut anggota Komisi VIII DPR asal Lampung Abdul Hakim, masuk kategori prioritas. Jika tersendat dapat dikategorikan terjadi kelalaian. Setiap proyek ongoing atau sedang berjalan semestinya masuk skala prioritas APBN. Sebagai wakil masyarakat Lampung, saya punya komitmen moral atas terealisasinya proyek ini, kata Abdul Hakim.

    Meskipun termasuk proyek multiyears, pembangunan RSP Unila, menurut anggota DPD RI Ahmad Jajuli, tak boleh berhenti. Pasalnya, setiap fakultas kedokteran wajib memiliki RSP.

    Jika dalam tiga tahun masa peralihan ketentuan itu tak terpenuhi, fakultas kedokteran harus ditutup atau bergabung dengan fakultas kedokteran lain. RSP itu syarat mutlak, pembangunan RSP merupakan proyek multiyears pemerintah dan universitas, kata Ahmad Jajuli kemarin. (UDa/mG1/mG5/U-1)

    PEMBANGUNAN TAHAP...Hlm. 5

    BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kepolisian diminta mengusut peredaran kunci jawaban ujian nasional (UN). Meskipun kunci jawaban diduga palsu, polisi diminta tetap mengusut karena praktek tersebut mengganggu konsentrasi siswa.

    Kami mendesak kepolisian untuk mengusutnya tanpa harus menu ng g u lapora n. Ja nga n sampai praktek seperti ini terjadi nanti pada UN SMP dan SD. Ini meresahkan siswa, kata Ketua Komisi V DPRD Lampung Yandri Nazir, Selasa (174).

    Forum Martabat Guru Indonesia (FMGI) Lampung bahkan menantang Kapolda Lampung dapat mengungkap pelaku penyebar pesan pendek dan pelaku kecurangan sebagai bukti polisi berperan dalam UN. Kami tunggu gebrak

    an Kapolda untuk menangkap siapa penganjur dan sponsornya. Kecurangan terjadi ke sekolahsekolah, kata perwakilan FMGI, Hadi Aspirin, kemarin.

    Mengenai kunci jawaban yang dipublikasikan (Lampung Post, Senin, 174), FMGI berupaya mencocokkannya dengan soal. Dari analisis nanti akan ketahuan berapa persen kecocokannya, kata dia.

    Namun, menurut Kabid Dikmenti Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Agus Dwi Sunarti, peredaran SMS kunci jawaban UN tidak perlu dipercaya. Pasalnya, distribusi dan penjagaan naskah UN yang sangat ketat membuat potensi kebocoran soal menjadi kecil. Saya rasa itu hanya SMS palsu yang disebarkan orang yang tidak bertanggung jawab, kata Dwi. (mG1/mG4/U-1)

    SOAL UN... Hlm. 15

    DPR Bahas RSP UnilaBANDAR LAMPUNG (Lampost): Komisi III DPR memberi perhatian khusus terhadap kasus dugaan penyimpangan pembangunan Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Lampung (Unila) yang terhenti, dengan mengagendakannya pada rapat bersama Kapolda dan Kajati Lampung, di Mapolda Lampung, siang ini (18-4).

    SUKSESi LAMTiM

    Erwin Punya Wakil

    LONDONLeg I semifinal Liga Champions di Stamford Bridge, Kamis (194) dini hari WIB, menjadi ajang balas dendam Chelsea. Hasil menyakitkan di babak yang sama pada 2009 menjadi alasannya.

    Saat itu, di leg I yang berlangsung di Nou Camp, kedua tim berm