lampungpost edisi 12 september 2011

24

Click here to load reader

description

lampungpost edisi 12 september 2011

Transcript of lampungpost edisi 12 september 2011

Page 1: lampungpost edisi 12 september 2011

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

Masyarakat kesulitan menda-patkan air bersih karena debit air sumur menyusut, bahkan se-bagian mulai mengering. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga terpaksa meng ambil dari tempat lain atau membeli.

Krisis air dirasakan warga Kedaton, Sukarame, Way Kan-dis, Labuhanratu, Way Halim, dan Gunungterang.

Di Labuhanratu, warga me-nyer bu sumur gratis yang disediakan perorangan, seperti di Maruman Siger dan di depan mas jid jalan Pagaralam (Gang PU). “Sumur di rumah kering, ja di terpaksa ngunjal air dengan pikap atau becak,” ujar Yanto, warga Labuhanratu, Minggu (11-9).

Di Kedaton, debit air sumur dengan kedalaman kurang dari 12 meter juga menyusut. Masyarakat terpaksa menghe-mat air atau meminta dari te-tangga yang memiliki sumur lebih dalam. Di Gunungterang, warga terpaksa mandi di su ngai karena sumur mereka hanya cu-kup untuk kebutuhan memasak dan mencuci. Di Sukarame war-ga harus mengeluarkan biaya ekstra Rp20 ribu sehari untuk mencukupi kebutuhan air.

Kesulitan air bersih juga dira-sakan warga Desa Hajimena, Natar, Lampung Selatan. Ba-nyak sumur yang mengering dan kalaupun air sumur masih ada, baru bisa diambil setelah delapan jam. Rumah Habiah

Ilyas, misalnya. Di rumahnya, air sumur bisa disedot mesin setiap delapan jam. Padahal biasanya, air bisa disedot kapan saja kare-na sumber airnya melimpah.

Beberapa warga terpaksa membeli selang panjang untuk disambung ke sumur bor milik tetangganya. Afandi, misalnya. Warga Perumahan Puri Se-jahtera, Natar, ini mesti mem-beli selang sepanjang 20 meter untuk meminta air kepada warga yang punya sumur bor.

Setiap pagi dan sore, air dialir-kan melalui selang dari rumah si empunya air ke rumah nya. Hal itu sudah berlangsung satu bulan

terakhir. Selain meminta kepada tetang ga yang punya sumur bor, beberapa warga juga mencuci dan mengambil air di masjid sekitar. Namun, pengambilan air dibatasi oleh pengurus masjid.

PertanianDi sektor pertanian, luas areal

sawah yang gagal panen di Lam-pung sejak dua bulan terakhir mencapai 513 ha. Petambak tra-disional dan nela yan pun banyak yang merugi akibat kemarau.

Kepala Stasiun Klimatologi Mas gar Hariyanto mengatakan ke marau di Lampung men-capai pun caknya sejak awal Agustus ini. Curah hujan saat ini 50-100 mm/bulan. “Kema-rau diprediksi me reda pada Oktober,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung Bambang Nova Setyanto me-ngatakan suhu pada puncak

kemarau mencapai 34—35 derajat Celsius. “Hujan masih akan turun walaupun dengan intensitas rendah, di bawah 150 mm/bulan,” ujarnya.

Secara nasional, kemarau berkepanjangan membuat se-bagian wilayah Indonesia di-landa kekeringan. Krisis air pun tak terhindarkan. Ribuan hektar areal persawahan siap panen terancam puso atau gagal panen. Tak sedikit lahan pertanian yang telantar. Di samping areal pertanian, keke-ringan juga berdampak serius terhadap peternakan, sapi dan kerbau kesulitan pakan.

Di Tegal, Jawa Tengah, ratus-an war ga memanfaatkan air sumur yang keruh untuk me-masak dan kebutuhan lainnya. Warga membeli air bersih se-harga Rp1.000 per jeriken berisi 20 liter. (AAN/TOR/U-1)

WASPADAI ISPA...Hlm. 4PETAMBAK UDANG...Hlm. 22

Hlm. 16Nadine Candrawinata akan tampil di fi lm Pacarku Anak Holden.

Iklan: (0721) 774111SMS: 0815 4098 5000Redaksi (0721) 773888SMS: 0812 7200 999

Terbit Sejak 1974Harga Eceran Rp3.000/EksSirkulasi: (0721) 788999Layanan Umum: (0721) 783693

BURASH. BAMBANG EKA WIJAYA

Dan Korupsi pundi Jalur Khusus!

Hlm. 17Gelandang MU Tom Cleverley mengalami patah kaki.

O A S I S

“KENAPA tekadmu kuat merantau ke Ibu Kota, padahal Ibu Kota terkenal lebih kejam dari ibu tiri!” tanya kakek ke cucunya. “Apalagi di Ibu Kota tak punya sanak famili, tak punya kenalan!”

“Justru karena tak punya kenalan, tak dikenal pejabat tinggi sekelas menteri, peluang memulai usaha terbuka!” jawab cucu. “Kakek saksi-kan di televisi, setiap ada kasus korupsi terbongkar, pejabat tinggi atau menteri yang terkait langsung dengan tegas mengatakan tidak kenal dengan pengusaha yang tertangkap bersama bawahan peja-bat tersebut! Itu berarti, para pejabat di Ibu Kota membagi proyek diprioritaskan kepada orang yang tak dia kenal! Jadi, kesempatan berusaha menjadi milik orang-orang tak dikenal!”

“Sering terbukti, itu terjadi hanya pada pejabat hipokrit alias munafi k!” tegas kakek. “Sebenarnya tidak begitu! Sukar dipercaya pejabat memberikan proyek ratusan miliar pada orang tak dikenal! Paling tidak, dikenal lewat jalur khusus!”

“Maksud Kakek pasti staf khusus, tim asistensi, atau orang yang punya hubungan dekat dengan pejabat kunci sehingga staf dalam struktur formal justru harus mematuhi aturan yang ditetapkan orang di jalur khusus itu!” sela cucu.

“Betul! Bahkan ada, orang di jalur khusus itu lebih galak dari pejabat kunci yang mendelegasikan wewenangnya ke orang itu! Sehingga, jika orang di jalur khusus itu kurang senang pada peja-bat formal bawahan pejabat kunci, ketika dia bilang mutasi maka dimutasilah sang bawahan!” tutur kakek. “Dengan begitu, sang pejabat kunci bisa senantiasa mengaku bersih, padahal para pejabat bawahannya stres menghadapi tekanan orang-orang di jalur khusus yang tak boleh ditolak apa pun yang dikehendakinya!”

“Kalau yang dikehendaki orang jalur khusus itu melanggar hu-kum?” kejar cucu.

“Menjadi kewajiban pejabat formal bawahan itu untuk mengaturnya sehingga segalanya tampak sesuai sistem dan prosedur!” tegas kakek. “Lewat tender sandiwara misalnya dan banyak cara lain yang membuat segalanya seolah telah berjalan sebagaimana mestinya!”

“Kalau semua bisa diproses seolah telah berjalan semestinya, berarti saat diaudit pun hasilnya bisa wajar tanpa pengecualian̶WTP!” tukas cucu.

“Karena korupsi berlangsung di jalur khusus, oleh orang-orang khusus pula, sedang di jalur formal oleh orang-orang formal adminis tra tifnya dibuat sesuai semestinya, maka audit yang sebatas pada administratif for-mal tentu bisa menghasilkan WTP!” tegas kakek. “Begitulah korupsi di jalur khusus, pejabat pun bisa mengaku tak kenal pelaksana proyeknya!” ***

Duka dan Kebersamaan TIDAK jarang orang mengalami goncangan mental secara masif akibat

sebuah tragedi, misalnya, peristiwa 11 September. Bagaimana terapinya? Menurut pakar psikolog AS, ada cara selain terapi atau konseling spritual untuk mengobatinya. Cara itu adalah berkumpul bersama-sama dengan

orang yang berduka untuk saling berbagi dan menguatkan. Hal itu bisa dilakukan dalam peringatan bersama mengenang

tragedi di suatu tempat. Di situlah mereka yang berduka meng-gambarkan kepedulian bersama dan saling berbagi, bahkan saling membantu dan memahami. Dalam kesempatan bersama itu pula, mereka bisa saling menghibur.

“Jenis pelipur lara, orang membutuhkan kebersamaan. Dengan mengunjungi tempat peringatan dapat membantu untuk itu,” ujar psikolog Billie A. Pivnick dari Universitas Columbia AS. (MI/U-1)

Hlm. 24Perajin tempe di Lampura mengeluhkan kenaikan harga kedelai.

Sumur di rumah kering,

ja di t erpaksa ngunjal air dengan pikap atau

becak.

AMBON (Lampost): Warga Kota Ambon dan sekitarnya hingga kemarin malam meng-ungsi ke rumah sanak keluar-ga mereka karena situasi di kawasan itu masih mencekam. Mereka mengungsi ke Desa Passo, Lateri, dan Halong (Kecamatan Baguala), Kebun Cengkeh, Karang Panjang, Batu Meja, Kayu Putih, dan Soya (Sirimau) serta Kudama-ti dan Gunung Nona (Nu-saniwe).

Mereka pada umumnya hanya membawa barang dan pakaian seadanya. “Yang

pen ting menghindarkan anak-anak dari ketegangan dan meng amankan surat-surat berharga,” ujar Alex, seorang pengungsi.

Pengungsi lain, Irene, yang mengamankan diri ke Passo meminta aparat bertindak tegas. “Masalah ini telah menimbulkan penderitaan,” ujarnya. Ia berharap konfl ik pada 1999 tidak terulang.

Kerusuhan di Ambon di-picu meninggalnya tukang ojek Darwis Saiman asal Wai-haong, Sabtu (10-9). Menurut Kasat Lantas Polres Ambon

dan Pulau-Pulau Lease AKP Marinus Djati, Darwis meng-alami kecelakaan lalu lintas di kawasan Gunung Nona. Ia ditolong keluarga Tatuhey tetapi meninggal dunia saat dalam perjalanan ke rumah sakit. Rumor yang berkem-bang korban tewas akibat dibantai di Gunung Nona.

Itulah yang kemudian me-munculan kerusuhan dan perang antarkelompok. Selain saling lempar batu, mereka juga membakar sejumlah mo-bil, rumah, dam sepeda motor di beberapa tempat. (MI/U-1)

AKSI MASSA

Ambon Mencekam, Warga Mengungsi

LABUHANRATU (Lampost): Sa lah seorang guru mengaji dan muridnya, Mahmud (60) dan Rokhani (34), meninggal du-nia di tempat kejadian se telah tergilas tronton di jalan ra ya Labuhanratu, Lampung Ti mur, kemarin, sekitar pukul 11.00.

Kedua warga Desa Labu-hanratu VIII, Kecamatan Labuhanratu, Lampung Timur, itu mengalami kecela-kaan saat hendak menghadiri pengajian di Pesantren Darul Falah, Desa Sumbersari, Keca-matan Matarambaru, dengan mengendarai sepeda motor.

Kanit Laka Lantas Polres Lampung Timur Iptu Wahyu M. Putra mengatakan ke-dua korban mengalami luka parah. “Semuanya luka parah di kepalanya karena tergilas roda tronton,” kata Wahyu.

Menurut Wahyu, sepeda motor Honda Supra X 125 BE-5686-PU yang dikemudikan Rokhani melaju dari arah Ke-camatan Labuhanratu menuju arah Kecamatan Way Jepara dengan kecepatan tinggi.

Tiba di tikungan tajam, Rokhani mendahului tronton B-9574-SA yang dikemudikan Ali S., warga Bekasi. Sementara, dari arah berlawanan, melaju

truk tronton BK-8301-CK yang dikemudikan Ramli (30), warga Medan, Sumatara Utara.

Sepeda motor berserem-petan dengan tronton yang melaju dari arah berlawanan dan terjatuh, lalu digilas tron-ton yang dikemudikan Ali.

“Setelah serempetan, mere-ka terjatuh dan digilas mobil dari arah belakangnya yang tadinya disalip,” kata Wahyu.

Mansur (28), warga Desa Labuhanratu VIII, mengata-kan mereka beserta rombong-an berniat mengikuti pengaji-an di Pondok Darul Falah di Desa Sumbersari.

Saat melihat kerumunan orang, dia bersama rekan-re kan nya berhenti. Mereka terkejut saat melihat siapa yang menjadi korban kecelakaan. “Pak Mahmud itu pak kiai saya dan Rokhani termasuk santri-nya seperti saya,” ujar Mansur saat ikut mengantar jenazah di Puskesmas Way Jepara. Dari puskesmas, kedua jenazah ke-mudian dibawa dengan mobil ambulan ke rumah duka.

Hingga semalam, kedua tronton masih berada di Mapol-res Lampung Timur. Semua awak truk masih menjalani pemeriksaan. (GUS/R-2)

KECELAKAAN

Guru Mengaji dan Murid Dilindas Tronton

LAMPUNG POST/SYAIFUILOH

DEBU KEMARAU. Dampak penghentian proyek pelebaran Jalan Soekarno-Hatta mulai dirasakan pengendara dan warga sekitar. Debu kemarau dari galian tanah menyelimuti jalan tersebut dalam beberapa hari terakhir. Selain menghalangi jarak pandang, debu kemarau juga memicu penyakit saluran pernapasan. PERBAIKAN JALAN...Hlm.4

Bandar Lampung Krisis AirBANDAR LAMPUNG (Lampost): Kemarau sejak sebulan terakhir mulai terasa dampaknya. Warga Bandar Lampung dan sekitarnya dilanda krisis air bersih.

ANTARA/IZAAC MULYAWAN

RUSUH. Sejumlah mobil dibakar massa saat kericuhan yang terjadi di Kota Ambon, Minggu (11-9). Kericuhan antarwarga di Ambon diwarnai dengan saling lempar batu, memblokir jalan dan merusak/membakar kendaraan.

SENIN, 12 SEPTEMBER 2011 | NO.12198 | TAHUN XXXVII | 24 HALAMAN DIN AMIKA MASYARAKAT LAMPUNGwww.lampungpost.com

Page 2: lampungpost edisi 12 september 2011

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

BANDAR LAMPUNGSenin I 12 September 2011 Lampung Post I 2

Ketua Divisi Advokasi Per-satuan Petani Moro-moro Way Serdang (PPMWS) Oki Haji-ansyah Wahab, Minggu (11-9), menyatakan tim terpadu yang sudah melakukan pengusiran kemudian meminta petani un-tuk mengungsi di lapang an Wirabangun, tapi sama sekali tidak mengurus mereka. Ra-tusan orang berada dalam keadaan kelaparan.

PPMWS, kata dia, menyesal-kan lambatnya tindakan yang diambil oleh Pemerintah Kabu-paten Mesuji dalam menangani para pengungsi. Pemkab baru datang tiga hari setelah peng-gusuran terjadi dan baru sebatas mendata kebutuhan-kebutuhan para pengungsi.

Sebelumnya, Kamis (8-9) lalu, lebih dari 1000 orang dari tim ter-padu yang dibantu alat-alat berat telah menghancurkan 380 rumah dan mengusir keluar para petani

yang berada di Pekatraya.Menurut Oki, para pengungsi

yang kebingungan hendak pin-dah ke mana kini berada di dua lokasi; pertama, sebanyak 50 kepala keluarga (KK) mengungsi ke Sesat Agung Tulangbawang, dan kedua, 300-an KK mengung-si ke wilayah Moro-moro.

Kondisi para pengungsi di wilayah Moro-moro hidup seadanya dan mengandalkan bantuan masyarakat, baik dari Moro-moro dan berbagai pihak yang telah mulai berdatangan memberikan bantuan.

PPMWS telah membentuk tim untuk mendata dan mendis-tribusikan bantuan tersebut. Dalam ratusan pengungsi tersebut juga terdapat puluhan anak-anak yang memerlukan obat-obatan.

Oki menjelaskan seluruh anggota PPMWS terus bahu-membahu menolong lebih dari

600 orang pengungsi yang ditempatkan di halaman seko-lah SMPT Harapan Rakyat.

Pihaknya menginstruksi-kan untuk segera membentuk dapur-dapur umum, tempat penampungan sementara, dan menyumbangkan sedikit ma-kanan yang dipunyai untuk saudara-saudara kita.

PPMWS mengajak ma-syarakat, organisasi-organisasi massa, organisasi mahasiswa, LSM, tokoh agama, dan to-koh-tokoh masyarakat untuk bersama-sama membantu masyarakat yang kini meng-ungsi di wilayah Moro-moro. Mereka membutuhkan tenda, terpal, bahan-bahan makanan, air bersih, dan obat-obatan.

PPMWS menyatakan duka mendalam dan solidaritas ter-hadap saudara-saudara para petani di wilayah Pekat, Re-gister 45. Organisasi petani ini juga mengecam keras tindakan penggusuran tersebut sebagai tindakan yang tidak memper-timbangkan rasa keadilan dan tidak memperhatikan kepent-ingan kaum tani. (MG3/K-1)

BANDAR LAMPUNG (Lam-post): Partai Kemakmuran Bangsa Nusantara (PKBN) Lampung sesumbar “hijaukan” Lampung dalam deklarasi se-telah lolos verifikasi.

Wakil Ketua DPW PKBN Lampung Irfandi Romas me-ngatakan pihaknya masih terus menggelar konsolidasi kepeng-urusan. Menurut dia, kon-solidasi itu dilakukan sambil menunggu pengumuman resmi kelolosan verifikasi parpol dari Kemenkumham.

Setelah DPP PKBN meng-adakan deklarasi secara na-sional, baru PKBN Lampung

akan mengadakan deklarasi di Lampung disusul pelaksanaan musyawarah wilayah (muswil). “Jadi sekarang kami masih ter-lihat adem-ayem. Namun ting-gal menunggu waktunya saja untuk muncul ke publik. Dalam waktu dekat kami ‘menghijau-kan’ Lampung,” kata dia.

Menurut Irfandi, PKBN tidak berhenti mendekati berbagai ka-langan agar mendukung PKBN. Beberapa waktu lalu jajaran PKBN Lampung hadir pada acara haul almarhum Syekh M. Bustomil Karim, Mursyid tarekat Qadiriyah Wannaq-sabandiyah yang merupakan

orang tua dari Ketua tarekat Qadiriyah Wannaqsabandiyah Lampung sekaligus Ketua De-wan Syura PKBN Lampung.

Selain itu, pada acara terse-but turut hadir para pengurus NU Lamteng, perwakilan dari Bupati Lamteng Pairin, Wakil Bupati Tanggamus Sujadi Saddat, pejabat Pemkab Lamteng dan ke-camatan Padangratu, serta bebe-rapa anggota DPRD Lamteng.

Menurut Irfandi, acara terse-but berlangsung di Ponpes Rhoudhatussholihin, Purwosa-ri, Kecamatan Padangratu, Lampung Tengah.

Pada sambutannya selaku

shohibbul bait dan ketua panitia acara, Kiai Miftah al Bustomi yang merupakan adik dari Kiai Jamaluddin Al Bustomi, turut menyambut kedatangan para pengurus PKBN Lampung.

Kiai Miftah juga mendoakan dan berharap PKBN dapat kom-pak dengan NU tidak seperti PKB. “PKBN yakin dapat mere-but simpati masyarakat Lam-pung, terutama kalangan nah-dliyin yang merupakan modal dasar suara partai kami. PKBN telah mendapat restu dari kiai-kiai khos se-Lampung, termasuk kiai yang dulu mendukung par-tai lain,” kata dia. (WAH/K-1)

BANDAR LAMPUNG (Lam-post): Anak seorang pengusaha pengadaan alat kesehatan dan tarup, Aditya (19), diadukan ke Polresta Bandar Lampung kemarin (11-9). Warga Jalan Pulau Bangka, Sukabumi, itu dituduh melarikan Ra (18), warga Lungsir, Telukbetung Utara, sejak Selasa (6-9).

Dalam surat laporan No-mor TBL/B-1/3328/IX/2022/LPG/Resta Balam, Aditya yang juga tercatat sebagai mahasiswa sebuah universitas di Lampung itu menghilang bersamaan saat Ra juga meng-hilang dari rumahnya. Dia

terjerat Pasal 332 KUHP, yakni melarikan anak di bawah umur.

Salah seorang kerabat kor-ban yang ikut melaporkan saat ditemui di Mapolresta kemarin, M. Syarifuddin, me-ngatakan pihaknya sudah mencari ke berbagai tempat keberadaan keduanya. Bahkan sejumlah kerabat tersangka yang ditanyai mengaku tidak bertemu Aditya sejak Selasa pekan lalu. “Tidak diketahui keberadaannya,” kata

Syarifuddin yang tinggal serumah dengan Ra itu, selain melaporkan ke kepolisian, juga

mengaku meminta bantuan masyarakat yang mengetahui keberadaan keduanya agar melaporkan ke pihak berwa-jib sehingga pihak keluarga menemukan Ra yang sudah hampir sepekan menghilang.

“Keluarga berharap agar dia (Ra, red) cepat kembali,” ka-tanya. Kejadian menghilang-nya Ra, menurut Syarifuddin, diketahui pada Selasa malam. Sebab, saat makan siang Ra masih ada di rumah.

“Begitu malam tidak juga pulang, maka kami melakukan pencarian ke sejumlah tempat. Sejumlah nomor telepon se-

luler keduanya saat dihubungi tidak aktif,” kata dia.

Kemudian, Syarifuddin ber-sama kerabat lainnya mencari ke sejumlah tempat dan rumah kerabat Aditya. Bahkan, me-reka juga mencari ke rumah Aditya lainnya di Jalan Gele Harun, Rawalaut.

Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung Kompol Syaiful Wahyudi mengatakan pihaknya telah menerima laporan itu. “Kini kami sedang menyelidiki dan mengem-bangkan pengaduan ini,” kata dia ditemui di Mapolresta kemarin. (AAN/K-1)

BANDAR LAMPUNG (Lam-post): Perayaan puncak Pes-ta Jubileum ke-3 atau 150 Tahun HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) Regional Lampung berlangsung me-riah, Minggu (11-9).

Acara yang dihadiri ribuan jemaat ini dan dilaksanakan di HKBP Kedaton diawali dengan ibadah. Perayaan ini dimeriahkan dengan ber-bagai acara, seperti lomba Poco-Poco, peragaan busa-na, lomba merangkai bu-nga, cerdas cermat Alkitab, lomba yel-yel, dan seminar ke sehatan yang dipresen-tasikan dr. Leo Sihombing, Sp.B. dan dr. Salomo Tam-bunan, Sp.U.G.A.

Dalam pesta tersebut juga digelar manortor. Tarian ini dilakukan dalam rangka penggalangan dana untuk mendukung program kerja HKBP Pusat.

“Perayaan ini bertujuan menerawang dua zaman yang berbeda, yaitu peris-tiwa sejarah dan perbuatan Allah yang luar biasa bagi orang Batak dalam kurun waktu 150 tahun atau Ju-

bileum ke-3, dan persiap-an perjalanan masa depan HKBP,” kata Praeses HKBP Distrik XV Sumbagsel Pen-deta Rachman Tua Munthe pada pembukaan pesta.

Pesta besar ini bertemakan Hendaklah Hidupmu Tetap Di Dalam Dia, Dibangun dan Tumbuh di Dalam Dia (Kolose 2:6-7).

Pendeta Liston Butar-Bu-tar yang juga pendeta HKBP Kedaton menjelaskan kaitan perayaan dengan kehidupan orang batak berawal dari datangnya seorang penginjil Jerman bernama Nomensen ke Tanah Batak.

Tanah Batak saat itu masih belum mengenal Tuhan, banyak perdukunan, dan belum pernah mendengar kabar baik (Injil) kesela-matan. Rasa belas kasihan Nomensen yang tidak da-pat dibendung menjadi visi besar baginya. Ia datang memasuki Tanah Batak ber-modalkan belas kasihan dengan harapan warga se-tempat menerima anugerah dari Yesus, yaitu jaminan keselamatan. (*/K-1)

LINTAS

Senkom Bantu Akses Informasi KamtibmasBANDAR LAMPUNG—Sentra Mitra Polri (Senkom), yang baru berdiri sekitar satu tahun lalu di Lampung, ikut berkiprah dengan organisasi lain memantau arus mudik Idulfitri 1432 H tahun ini. Mereka juga mendirikan posko mudik di depan Islamic Center, Rajabasa.Ketua Senkom Mitra Polri Lampung Hermanto D. Kurniawan, Sabtu (10-9), mengatakan mereka mendirikan satu posko mudik di semua kabupaten/kota di Lampung, dengan tujuan memberikan komu-nikasi informasi kamtibmas kepada polisi dan masyarakat. “Kami juga memberikan minuman ringan bagi pemudik yang mampir istirahat,” kata Hermanto.Menurut dia, dalam pelaksanaan pendirian posko Senkom Mitra Polri menggandeng beberapa perusahaan multinasional untuk ikut berkiprah membantu masyarakat. “Untuk operasional, kami bekerja sama dengan Dinas Perhubungan, Kominfo, dan kepoli-sian,” ujar dia.Lebih jauh Hermanto menjelaskan Senkom Mitra Polri memiliki tugas utama memberikan akses informasi kepada kepolisian tentang situasi keamanan dan ketertiban masyarakat. Tugas lainnya mendeteksi dini un-tuk jika terjadi bencana alam maupun kondisi sosial masyarakat. (RIS/L-1)

Kader PKS Ikuti HalalbihalalBANDAR LAMPUNG—Sebanyak 700-an kader dan keluarga PKS se-Bandar Lampung mengikuti halalbihalal sebagai penutup kegiatan Ramadan dan Lebaran. DPD PKS Bandar Lampung telah menggelar acara buka bersama de ngan pengurus di 13 DPC se-Bandar Lampung, panti asuhan se-Bandar Lampung, dan pemasangan spanduk PKS di 75 titik keramaian. Ketua Panitia Acara Muchlas Bastari mengatakan halalbihalal bersama DPW, DPD, dan DPC se-Bandar Lampung ini merupakan penutup pro-gram Ramadan 1432 H/2011 DPD PKS Bandar Lampung. Halalbihalal juga dihadiri anggota DPR Al Muzzammil Yusuf dan anggota DPRD Lampung Gufron Azis Fuadi. “Ini sebagai penutup kegiatan selama Ramadan dan Lebaran,” kata dia. Al Muzzammil dalam tausiah di Gedung Serbaguna Ragom (PKS) Bandar Lampung, Minggu (11-9), mengatakan dengan saling memaafkan, kehidupan manusia akan menjadi sukses. (WAH/K-1)

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

JUBILEUM HKBP REGIONAL LAMPUNG. Praeses HKBP Distrik XV Sumbagsel Pdt. R.T. Munthe dan para pendeta se-Lampung mengawali acara tortor pada pesta perayaan Jubileum 150 Tahun HKBP Regional

Lampung. Jemaat HKBP dari seluruh kabupaten/kota menghadiri puncak perayaan yang digelar di Gedung Bina Budaya HKBP Kedaton, Minggu (11-9).

Ratusan Pengungsi Pekatraya KelaparanBANDAR LAMPUNG (Lampost): Ratusan warga yang diusir dari wilayah Pekatraya, Register 45, mengalami kelaparan. Pemerintah daerah baru sebatas melakukan pendataan tanpa memberikan bantuan.

PARTAI POLITIK

PKBN Sesumbar ‘Hijaukan’ Lampung

HUKUM

Anak Pengusaha Diadukan ke Polisi

HKBP

Pesta Jubileum Ke-3Berlangsung Meriah

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

Andika Enterprise Musik Studio mengadakan Garden Music Festival yang diikuti

13 grup di Jalan Urip Sumoharjo, Gunungsulah, Bandar Lampung, Minggu

(11-9). Edy bersama pemusik sedang membawakan lagu untuk menghibur para

peserta festival yang memperebutkan hadiah piala dan uang pembinaan.

Festival Musik

Page 3: lampungpost edisi 12 september 2011

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

ADVERTORIALSenin I 12 September 2011 Lampung Post I 3

Satu Tahun Membangun KebersamaanBangun Negeri Ramik Ragom - Way Kanan Bumi Petani

Satu Tahun Membangun Kebersamaan “Mewujudkan Masyarakat Way Kanan yang Sejahtera, Demokratis, Berbudaya dan Relegius”

“.......BeKeRja KeRaS sesuai aturan sehingga tercapai hasil optimal merupakan hal biasa untuk setiap aktifitas dan profesi. Tetapi bekerja keras, bekerja cerdas dan berfikir lebih serta berdoa lebih mampu dilakukan dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab, barulah bisa disebut luar biasa. Prestasi tidak akan berarti apa-apa jika tidak diiringi dengan kerjasama dan jalinan komunikasi serta silaturahim diantara semua lintas sektor dan terjaga harmonis secara berkelanjutan, sehingga menjadi kekuatan besar untuk mewujudkan perubahan dan peningkatan guna untuk mengubah suatu daerah yang dihuni oleh masyarakat dengan berbagai permasalahan sosial ekonomi dan keterbatasan fisik, menjadi daerah yang lebih maju dengan masyarakat yang kualitas hidupnya sama atau tidak jauh tertinggal dibandingkan dengan masyarakat Indonesia lainnya.....”

Itulah setidaknya penjabaran sederhana dari Bupati Bustami Zainudin dalam menjelaskan visi dan misi Kabupaten Way Kanan yang bertekad “Mewujudkan Masyarakat Way Kanan yang Sejahtera, Demokratis, Berbudaya dan Relegius” kepada semua pihak yang terlibat langsung sebagai pelaku pembangunan di Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung yang masih tergolong dari 183 daerah tertinggal di Indonesia ini, melalui 8 (delapan) agenda pokok pembangunan, yaitu:1. Percepatan Penanggulangan Kemiskinan; 2. Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia; 3. Penguatan Perekonomian Daerah dan Pemantapan Ketahanan Pangan;4. Pengembangan Wilayah, Infrastruktur dan Energi;5. Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan;6. Pengelolaan Sumber Daya alam dan pelestarian fungsi lingkungan hidup dan Penanggulangan Bencana;7. Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal;8. Pembangunan Kehidupan agama, Sosial Politik, Hukum dan Budaya secara Demokratis.

Membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan serba keterbatasan memang tidak semudah membalik telapak tangan, tetapi harus dilakukan, jika tidak demikian, maka tidak akan ada perubahan dan pertumbuhan berarti. Untuk itu saya minta semua pihak untuk bersungguh-sungguh menunjukkan karya nyata yang positif, agresif melakukan inovasi dan bijak dalam mengambil strategi, agar Kabupaten Way Kanan dengan masyarakatnya

dalam waktu dekat bisa keluar dari ketertinggalan dan kemiskinan serta menjadi daerah yang lebih maju dengan masyarakat yang kualitas hidupnya sama atau tidak jauh tertinggal dibandingkan dengan masyarakat Indonesia lainnya, sejalan dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi dalam bimbingan keyakinan sebagai umat beragama yang bermodalkan iman dan taqwa.

jika hanya mengharapkan dan menerima apa adanya, Kabupaten Way Kanan tidak akan bisa tampil sejajar dengan daerah lain, sebab Kabupaten Way Kanan merupakan kabupaten yang relatif baru di Propinsi Lampung dari 14 Kabupaten/Kota lainya yang dibentuk berdasarkan Undang Undang No.12 Tahun 1999 tanggal 20 April 1999, memiliki luas wilayah 3.921,63 km2 atau sebesar 11,11 % dari luas Provinsi Lampung, jumlah penduduk Kabupaten Way Kanan tahun 2010 berjumlah 406.735 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 1,40% dengan jumlah penduduk miskin 47.002 KK, dengan jumlah IPM 69 (berada dibawah IPM Nasional (71,2) dan PDRB Perkapita baru mencapai 7,09 juta, sedangkan rata-rata PDRB perkapita seluruh kabupaten/kota se Indonesia telah mencapai 12,5 juta.

Pertumbuhan ekonomi Way Kanan mengalami peningkatan hanya: 5,28% per tahun, yang ditunjang 3 (tiga) sektor utama penyumbang PDRB yakni pertanian (agriculture) pemberi kontribusi terbesar: 62,17% yang dihasilkan dari 78,80% lapangan kerja; industri (industry): 11, 11% dari 8,69% lapangan kerja dan jasa (service): 13,04% dari 12,23% lapangan kerja. angka ini menunjukkan bahwa pengembangan ekonomi Way Kanan selain bergantung dari ketiga sektor tersebut, memberikan indikasi ternyata terdapat ketimpangan didalam distribusi pendapatan rumah tangga (house hold). Selanjutnya bila dilihat dari konfigurasi komponen pembentuk IPM dan struktur ekonomi, bahwa “pertanian” bukan saja menjadi pilar utama tetapi “sektor” yang tertinggal dengan laju pertumbuhan rataan 3.52% per tahun dan perlu mendapat prioritas. Sektor pertanian memberikan kontribusi terbesar PDRB sebesar 58,94% dari total PDRB Way Kanan yang dihasilkan dari 73% masyarakat petani di pedesaan.

Namun demikian besarnya kontribusi di sektor pertanian dan besarnya potensi sumber daya pertanian belum diiringi dengan peningkatan kesejahteraan petani. Berbagai keterbatasan petani seperti pemilikan modal, manajemen dan teknologi ternyata masih menjadi penyebab utama rendahnya produktivitas dan

pendapatan petani. Secara bisnis, seyogianya suatu usaha akan berhenti berproduksi apabila usaha tersebut tidak menguntungkan, kenyataan bahwa petani tetap berproduksi.

Bertitik tolak dari itu, Bupati Way Kanan periode 2010-2015 telah menempatkan “Kesejahteraan Masyarakat” sebagai isu sentral didalam visi dan misi Bupati dengan sasaran utama kebijakan pembangunan ekonomi diarahkan pada tenciptanya pertanian dalam arti luas yang tangguh, mandiri dan ekonomis dikemas dalam model “Way Kanan Bumi Petani” yang dijadikan sebagai icon Pembangunan Way Kanan. Sebagai pengemban amanat rakyat yang diwujudkan dengan keberpihakan dalam setiap kebijakan, maka Way Kanan Bumi Petani juga merupakan keputusan politik; karenanya perlu dukungan kesamaan persepsi, kesatuan pola pikir dan semangat seluruh stakeholder di Way Kanan.

Selain itu juga berbagai terobosan telah di gulirkan dan dilaksanakan, yang salah satunnya adalah menciptakan program kearifan lokal sebagai pendorong percepatan pembangunan daerah yaitu melalui Program “Mulang Tiyuh Bangun Negeri Ramik Ragom Way Kanan Bumi Petani”, merupakan upaya keberlanjutan, terencana untuk mengubah suatu daerah yang dihuni oleh masyarakat dengan berbagai permasalahan sosial ekonomi dan keterbatasan fisik, menjadi daerah yang lebih maju dengan masyarakat yang kualitas hidupnya sama atau tidak jauh tertinggal dibandingkan dengan masyarakat Indonesia lainnya.

Mulang Tiyuh Bangun Negeri Ramik Ragom Way Kanan Bumi Petani memuat langkah-langkah strategis dalam pengentasan kemiskinan dan ketertinggalan daerah melalui; 1)Pengembangan Perekonomian Lokal; 2)Pemberdayaan Masyarakat; 3)Peningkatan Kapasitas Kelembagaan; 4)Pengurangan Keterisolasian Daerah; 5)Penanganan Karakteristik Khusus Daerah

Sejalan dengan program tersebut, juga ditetapkan Keputusan Bupati Way Kanan Nomor: B.25/III.10-WK/HK/2011 Tentang Kegiatan Harian Mulang Tiyuh Bupati Way Kanan, yang memuat kegiatan antara lain Menetapkan Kegiatan Harian Mulang Tiuh Bupati Way Kanan sebagai berikut:

1. Senin Kesehatan Bangkit2. Selasa Masyarakat Sadar Hukum Bangkit3. Rabu Pendidikan Bangkit4. Kamis Pertanian Bangkit5. jum’at Beramal dan Budaya Bangkit6. Sabtu Wisata Bangkit7. Minggu Gotongroyong Bangkit.

1. Senin Kesehatan BangkitBidang Kesehatan merupakan program prioritas di Kabupaten Way Kanan, Tujuan Pembangunan Kesehatan adalah:a. Terselenggaranya upaya kesehatan masyarakat yang adil, merata, terjangkau dan bermutu.b. Tersedianya dana kesehatan dalam jumlah yang cukup, teralokasi secara adil, merata dan termanfaatkan secara berhasil guna dan berdaya guna.c. Tersedianya sumberdaya kesehatan yang kompeten sesuai kebutuhan yang terdistribusi secara adil dan merata serta didayagunakan secara optimal.d. Tersedianya sediaan farmasi, alat kesehatan dan makanan yang terjamin aman, berkasiat/bermanfaat dan bermutu.e. Terwujudnya kebijakan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan, berbasis bukti dan operasional, terselenggaranya fungsi-fungsi administrasi kesehatan, yang berhasil guna, berdaya guna, dan akuntabel, serta didukung oleh hukum kesehatan dan sistem informasi kesehatan.f. Meningkatnya Kemampuan masyarakat untuk berprilaku hidup sehat, mampu mengatasi masalah kesehatan secara mandiri, berperan aktif dalam setiap pembangunan kesehatan serta dapat menjadi penggerak dalam mewujudkan pembangunan berwawasan kesehatan.

Uraian kegiatan Harian Mulang Tiyuh Bupati Way Kanan tersebut yaitu:

Capaian pada Sektor Kesehatan digambarkan sebagai berikut: TAHUN AKI AKB GIZBUR BGM TB CAMPAK MALARIA DIARE 2010 51 6 8 513 444 28 2637 6744 2011 44 3 6 371 106 16 1195 1517

Upaya-upaya melalui “S D S” ( SEHAT DATANGI SAKIT ): - SOSIALISASI (Target 210 kali, capaian 71 kali) - GaSBINKaM - PeNGaDaaN SaRaNa SDS - Home Care (Target 11474 rumah,capaian 5854 rumah) - Pusling (Target 630 kali, capaian 630 kali) - Pengobatan Gratis (Target 82.422 kasus, capaian 12.361 kasus) - Sunatan Masal (Target 180 orang, capaian 375 orang). - Rujukan (Target 1.200 kasus, capaian

JAMKESTA: - MOU ( 18 ) - SOSIALISASI (Target 18, capaian 18) - Pelayanan Rawat Jalan (Target 286.995 kasus, capaian 143.891 kasus) - Rujukan RSUD ZA PA dan RSAM (Target 500 kasus, capaian 229 kasus) - PERTOLONGAN PERSALINAN

PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYAKIT: - Pencegahan Imunisasi - BCG (Target 9.666 orang, capaian 4.458 orang) - DPT/HB3 (Target 9.666 orang, capaian 4.428 orang) - POLIO (Target 9.666 orang, capaian 3.391 orang) - Campak (target 9.666 orang, capaian 4.321 orang) - Fogging (Target 25 fokus, capaian 25 fokus) - Pembagian Kelambu (Target 14.500 kelambu, capaian 9.375 kelambu)

GERAKAN SERIBU JAMBAN - PeRBUP GeRaKaN SeRIBU jaMBaN - SOSIALISASI : . Tk Kab (Target12, capaian 12 kali) . Tk Kec (Target168, capaian 70 kali) . Tk Desa (Target2320,capaian 1050 kali) - JUM’AT BERSIH (Target 10.080 kali, capaian 4.200 kali) - JAMBAN (Target 50.604 jamban, capaian 520 jamban)

PERAN SERTA MASYARAKAT: - PEMBENTUKAN POSKESTREN (Target 30 Poskestren, capaian 30 Poskestren) - PELATIHAN KADER (Target 30 kali, capaian 15 kali) - PEMBINAAN POSYANDU (Target 1.422 kali, capaian 1.422 kali) - TOGA (Target 210 buah, capaian 180 buah) - PEMBINAAN IRT (Target 50 buah, capaian 25 buah)

2. Selasa Masyarakat Sadar Hukum BangkitSupremasi hukum dan pemerintahan yang bersih merupakan salah satu kunci

keberhasilan penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan di segala bidang, dengan meningkatkan pelaksanaan pengawaasan dan menempatkan hukum sebagai landasan berpijak bagi penyelenggaraan pemerintahan diharapkan terwujud pemerintahan yang bersih (clean goverment). Dalam kaitan ini, program dan kegiatan yang dilaksanakan adalah:

1. Penyusunan dan penyempurnaan produk hukum daerah.2 Peningkatan kemampuan aparat hukum.3. Pengembangan budaya tertib hukum dan HaM.4. Penerapan dan penegakan hukum.5. Pengembangan sarana dan prasarana hukum.

3.Rabu Pendidikan BangkitPendidikan bangkit dalam arti luas adalah upaya untuk mengembangkan potensi

diri, ketrampilan, pengetahuan, kecerdasan dan budi pekerti dengan mengembangkan cipta, karya dan karsa.

Pendidikan sangat penting perannya dalam membentuk watak, mental, kemampuan manusia serta mengaplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam rangka pemerataan pendidikan, pelaksanaan program wajib belajar menunjuk pada kondisi pemerataan kesempatan untuk memperoleh pendidikan bagi anak usia 7-18 tahun. Hal ini mengandung pengertian bahwa setiap anak memperoleh kesamaan dan kesempatan, akses dan perlakuan berdasarkan kemampuan dan potensi yang dimiliki. Rabu pendidikan bangkit dalam rangka mempercepat pelaksanaan pembangunan pendidikan dengan sasaran:

1. Perluasan dan pemerataan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh lapisan masyarakat.2. Peningkatan kualitas, kompetensi dan profesionalisme pendidikan dan tenaga pendidik.3. Penyesuaian kurikulum yang relevan dengan kebutuhan dan tuntutan masa kini dan masa yang akan datang.4. Pemberdayaan lembaga pendidikan formal dan non formal yang didukung dengan prasarana dan saran yang memadai.5. Peningkatan peranserta masyarakat dan swasta dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan.6. Peningkatan program kualitas lembaga pendidikan pemerintah maupun swasta.

7. Pengembangan kualitas sumberdaya manusia sedini mungkin secara terarah, terpadu dan menyeluruh.8. Penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik pendidikan.

4. Kamis Pertanian BangkitKabupaten Way Kanan merupakan daerah agraris, sehingga bidang pertanian

merupakan salah satu komoditas andalan. Bidang pertanian diarahkan untuk mengembangkan agribisnis dengan meningkatkan kalitas dan kuantitas bibit/benih yang mampu menghasilkan produk-produk unggulan dan meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat pertanian.Kegiatan Bupati Way Kanan Hari Kamis Pertanian Bangkit adalah melaksanakan kegiatan-kegiatan antara lain:

a. Melaksanakan kunjungan kerja ke daerah-daerah untuk memantau pembangunan di bidang pertanian yang meliputi tanaman pangan, perkebunan, dan kehutanan, perikanan serta peternakan.b. Melaksanakan pemantauan kegiatan peningkatan produksi pertanian tanaman pangan, baik kuantitas maupun kualitas, pengembangan agroindustri, agrobisnis dan pengembangan agropolitan.c. Melaksanakan pemantauan pengembangan tanaman holtikultura yang meliputi tanaman hias, biofarmaka, buah-buahan, sayur-sayuran dan sebagainya.

5.Jum’at Beramal dan Budaya BangkitPeningkatan pelayanan keagamaan dan menjamin kebebasan beribadah menurtut

agama dan kepercayaan masing-masing dengan mengindahkan norma-norma yang berlaku serta memberdayakan tokoh-tokoh agama berpartisipasi dalam pembangunan serta peningkatan nilai-nilai budaya merupakan bagian dari upaya program religius dan budaya Kabupaten Way Kanan.

6.Sabtu Wisata BangkitKabupaten Way Kanan mempunyai potensi wisata yang cukup besar, sehingga

perlu dikembangkan. Bidang pariwisata dijadikan salah satu andalan guna menunjang perekonomian daerah.

Hari Sabtu wisata bangkit, Bupati Way Kanan melaksanakan kunjungan ke daerah-daerah dalam rangka untuk pengembangan potensi kepariwisataan. Pengembangan bidang pariwisata diarahkan untuk menjadikan pariwisata sebagai andalan yang menunjang pertumbuhan ekonomi dan kegiatan bidang lainnya. Potensi wisata yang dikembangkan meliputi wisata alam, wisata budaya dan wisata lain yang dapat

dikembangkan di Kabupaten Way Kanan.

7. Minggu Gotong royong Bangkit.

Lingkungan hidup yang baik, bersih dan sehat merupakan dambaan setiap manusia. Lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hak sekaligus kewajiban manusia untuk menata dan menjaganya. Pemerintah Kabupaten Way Kanan berupaya untuk menciptakan lingkungan hidup yang bersih sehat dan indah, dimana sangat dibutuhkan peranserta masyarakat Kabupaten Way Kanan.

Bupati berbaur bersama masyarakat sedang bergotong-royong

Budaya BUALIH/Bepaluh, yang hampir punah “dihidupkan” kembali oleh Bupati Way Kanan. Tampak Bupati tersenyum melihat para peserta perlombaan BUALIH dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Way Kanan ke-12.

Page 4: lampungpost edisi 12 september 2011

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kondisi kering akibat kemarau selama berbulan-bulan memicu munculnya berbagai penyakit akibat kurangnya ketersediaan air bersih, terutama di lingkungan rumah tangga.

“Keadaan seperti itu memicu pe-ningkatan penyebaran penyakit diare, terganggunya sistem pencernaan dan penyakit kulit, selain karena dehidrasi,” kata Fredy Ferdinand, dokter umum Klinik Kedaton Medical Center (KMC) di ruang kerjanya, Minggu (11-9).

Sebab itu, semua pihak harus me-waspadai agar tidak terjadi penyakit ISPA dan diare di lingkungannya.

Diare, katanya, membuat pengidapnya menderita gangguan dalam buang air berupa rangsangan untuk melakukan-nya secara terus-menerus. Tinja yang dihasilkannya pun memiliki kadar air berlebih. Jika terjadi secara terus-menerus, akan membahayakan penderitanya.

Dia mengingatkan ketika musim kemarau kondisi udara kering, kadar kelembapan ren-dah, dan ditambah angin yang cenderung berem-bus kencang membuat penyebaran kuman in-fl uenza virus menjadi salah satu sebab penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) lebih tinggi, bahkan mencapai 90% penyebab penyakit ISPA.

“ISPA merupakan penyakit yang paling banyak dijumpai ketika musim kemarau, tetapi diare juga cukup tinggi.”

Pencegahan yang paling baik terhadap beberapa jenis penyakit tersebut adalah dengan banyak mengkonsumsi air bersih sehingga ke-mungkinan dehidrasi dapat dicegah.

Selain itu, mengon-sumsi buah-buahan yang memiliki kadar air tinggi seperti semangka dan jeruk. Keberadaan kadar air yang men-

cukupi bagi tubuh dapat menetralkan kadar racun dalam tubuh.

ISPA dan diare memiliki sifat self limiting disease atau penyakit yang bisa

sembuh dengan sendirinya sehingga tidak terlalu memerlukan antibiotik.

Sebab itu, dalam menangani pasien yang menderita penyakit ini, Fredy se-lalu memberikan jenis obat seperti mul-tivitamin, antipiretik, dan analgetik.

Selain itu, dokter lulusan Universi-tas Sriwijaya ini selalu menganjurkan kepada pasiennya agar memiliki pola hidup yang baik serta menjaga daya tahan tubuh, misalnya, dengan tidak mengonsumsi es dan makanan yang mengandung minyak.

Terkait dengan keringnya udara, Fredy menganjurkan penggunaan masker, terutama bagi pejalan kaki dan pengendara motor. “Udara kota sangat tidak baik bagi kesehatan ka-rena biasanya karbondioksida lebih sedikit dibanding karbonmonoksida,” katanya. (*/D-2)

BANDAR LAMPUNGSenin I 12 September 2011 Lampung Post I 4

Keadaan seperti itu

memicu peningkatan

penyebaran penyakit

diare, terganggunya

sistem pencernaan.

BANDAR LAMPUNG (Lam-post): Meskipun ada mora-torium penerimaan PNS, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung masih membutuhkan tambahan aparatur. Sekretaris Kota Ban-dar Lampung, Badri Tamam, Minggu (11-9), mengatakan jumlah PNS di Bandar me-mang sudah mencapai 12 ribuan orang. Namun, untuk tambahan pelayanan kepada masyarakat, jumlah tersebut masih kurang.

“Apalagi Bandar Lampung akan melakukan pemekaran kecamatan dan kelurahan yang akan membutuhkan tam-bahan PNS,” kata Badri. Kan-tor kecamatan dan kelurahan merupakan kantor pelayanan yang paling membutukan

tambahan aparatur PNS.Menurut Badri, Pemkot

memang sudah mengajukan formasi penerimaan PNS. Namun, keputusan akan diserahkan ke pusat terkait moratorium penerimaan PNS. “Pemkot masih membutuhkan tambahan tenaga PNS. Untuk formasinya disesuaikan de-ngan kebutuhan,” kata dia.

Ia mencontohkan Pem-kot membutuhkan tenaga arsitektur, planologi, dan beberapa ahli yang lain. Na-mun, dalam penerimaan sebelumnya tidak ada orang yang mendaftar dalam untuk formasi tersebut. Pemkot juga membutuhkan tenaga akuntansi agar pengelolaan keuangan pemerintahan leb-ih baik. (MG3/D-2)

BANDAR LAMPUNG (Lam-post): Dampak musim ke-marau tidak hanya dirasa-kan petani dan warga. Para nelayan di Gudanglelang TPI Lempasing, Bandar Lampung, juga merasakan dampaknya.

Selama musim kemarau, pendapatan ikan mereka mengalami penurunan. “Ka-lau kemarau gini pendapatan (ikan) berkurang,” ujar Roji (35), nelayan, di atas perahu-nya, Minggu (11-9).

Menurut Rozi, hal ini di-sebabkan selama musim kema-rau ikan-ikan tersebut berada di dasar laut dan kebanyakan tidak berkeliaran di atas laut. “ Tapi kadang-kadang juga bisa dilihat kasatmata. Ya ini mah kehendak alam,” katanya.

Penyebab lain turunnya tangkapan ikan nelayan

adalah cuaca buruk selama beberapa minggu ini seperti gelombang tinggi dan angin kencang.

“Kalau ada gelombang gede, takut juga sehingga minggir dulu ke pulau untuk istirahat, kemudian melaut lagi setelah gelombang ke-cil,” kata Roji yang sehari-hari melaut di perairan Pulau Legundi, Pesawaran, ini.

Hal senada juga dirasakan nelayan lain, Nurjen (50). Menurut dia, pendapatan ikan selama musim kemarau ini kecil akibat angin terlalu kencang dan ombak menca-pai dua meter.

Para nelayan berharap kondisi ini segera ber akhir sehingga mereka dapat me-laut dengan mudah dan tangkapan ikan makin ba-nyak. (*/D-2)

BANDAR LAMPUNG (Lam-post): Struktur Rumah Sakit A. Dadi Tjokrodipo (RSADT) harus terpisah dari Dinas Ke-sehatan. RSADT harus men-jadi badan layanan umum (BLU) yang berada langsung di bawah wali kota.

Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda Struktur RSADT, Widarto, Minggu (11-9), mengatakan rumah sakit milik Pemkot ini harus berbentuk BLU agar memiliki kewenangan sendiri dalam mengelola anggaran.

RSADT dapat mengaju-kan anggaran dalam APBD dan dapat menggunakan dana yang diperoleh untuk meningkatkan pelayanan. Menurut dia, BLU berbeda dengan badan usaha. BLU tidak berorientasi keuntung-an, tetapi sosial. Rumah sakit memang menarik dana dari masyarakat. Namun, dana

yang diperoleh tidak dikem-balikan ke Pemkot.

Dana yang diperoleh akan digunakan untuk pengemba-ngan rumah sakit dan pening-katan pelayanan. “Tidak ada kewajiban rumah sakit untuk menyetorkan keuntungan ke Pemkot. Dana yang dida-pat akan dikembalikan untuk pengembangan rumah sakit,” kata anggota DRPD Bandar Lampung dari Fraksi PKS ini.

Ia mengatakan dengan ber-bentuk BLU, RSADT memi-liki kewenangan sendiri mengatur anggaran. RS bisa mengajukan anggaran tanpa harus melalui Dinkes.

Selama ini RSADT merupa-kan unit pelaksana teknis (UPT) di bawah Dinkes se-hingga anggaran RSADT harus diajukan melalui Dinas. RSADT dapat mengajukan anggaran dan mendapat porsi sendiri dalam APBD. (MG3/K-1)

CUACA

Kemarau, Pendapatan Nelayan Menurun

KEPEGAWAIAN

Moratorium, Pemkot Butuh Tambahan Aparatur

KELEMBAGAAN

Struktur RSADT-Dinkes Harus Terpisah

Kemarau, Waspadai ISPA dan Diare LAMPUNG POST/ZAINUDIN

KERING. Seorang peternak memanggul rumput melintasi areal persawahan di kawasan Way Huwi, Sukarame, Bandar Lampung, Minggu (11-9). Sejumlah peternak kesulitan mendapatkan pakan, bahkan harus

berburu ke wilayah lain.

LINTAS

Pegadaian Sibuk Saat Hari Pertama Buka BANDAR LAMPUNG̶Sejak beroperasi Senin (5-9) lalu, kantor Perum Pegadaian di Bandar Lampung sibuk melayani masyarakat. Warga yang memanfaatkan jasa Pegadaian didominasi ibu rumah tangga dan para pedagang. Para pedagang, yang umumnya pedagang pakai-an, menggadaikan emas perhiasannya guna mendapat tambahan modal untuk stok dagangannya. Mereka mengantisipasi konsumen yang jumlahnya jauh lebih banyak dibanding bulan biasa.Selama tiga hari (5̶7 September) uang pinjaman yang dikeluarkan lima cabang Pegadaian di Bandar Lampung rata-rata mencapai Rp10 miliar per hari. Di Pegadaian cabang Kedaton, jumlah pinjaman pada Senin (5-9) mencapai Rp1,3 miliar, Selasa (6-9) meningkat menjadi Rp1,6 miliar, dan Rabu (7-9) sampai pukul 14.00 sebanyak Rp800 juta. (*/D-2)

HARAPAN warga Bandar Lampung yang men-dambakan terbangunnya jalan by pass yang kokoh dan lebar sepertinya akan menemui rintangan. PT Istaka Karya sebagai kontrak-tor pelaksana pembangunan dinyatakan bangkrut oleh Mahkamah Agung. Pengerjaan proyek pelebaran Jalan Soekarno-Hatta (by pass) dihentikan untuk sementara. Meskipun demikian, PT Istaka Karya tetap berupaya menyiapkan sejumlah alat berat sambil menunggu proses peninjauan kem-bali (PK). Perusahaan BUMN itu juga sedang merampungkan utang piutang dengan PT Japan Asia Investment Company (JAIC).Apabila PK ditolak, proyek dua jalur by pass sepanjang 18,1 km itu tidak akan selesai sesuai jadwal, yakni Desember 2012. Pasalnya, Kementerian Pekerjaan Umum harus melakukan tender ulang untuk menetapkan penerus proyek senilai Rp156 miliar itu.Sejumlah kalangan menyesalkan adanya kemelut yang mendera proyek pengerjaan pelebaran jalan by pass di Bandar Lampung ini. Pemerintah seharusnya lebih cermat memilih kontraktor yang tepat. Jika dihitung dari awal kontrak Desember 2010 lalu, se-harusnya pekerjaan proyek sudah mencapai minimal 40%. Tetapi nyatanya sekarang hanya mencapai angka pertumbuhan 4%. Polling Minggu ini mengangkat tema Pelebar-an jalan by pass. Polling bertujuan menggali pendapat dan opini publik dalam menyikapi terhentinya pengerjaan proyek pelebaran jalan by pass akibat persoalan yang meng-hinggapi kontraktor pelaksananya. Pertanyaan pertama, bagaimana kondisi proses pelebaran dan perbaikan jalan by pass saat ini? Terdapat 43% responden menjawab “baik”. Menurut responden, menjelang arus mudik Lebaran jalan by pass sudah cukup baik. Beberapa lubang sudah ditambal dan jalan yang tergerus juga sudah dilapisi aspal kembali. Kedua sisi jalan sudah dibersihkan untuk dilebarkan. Responden yang menjawab “buruk” ada 57%. Meskipun di awal pengerjaan jalan sudah upaya perbaikan, pelebaran jalan by pass terkesan terbengkalai. Lapak dan warung usaha yang sudah digusur, serta bahan material dibiarkan begitu saja tanpa

ada proses lanjutan.Hal ini terlihat berantakan dan mengganggu kendaraan yang melintas. Kualitas bahan pe-nyusun untuk mengaspal jalan rusak sangat buruk. Kondisi jalan menjadi bergelombang akibat tambalan jalan yang tidak rata se-hingga bisa membahayakan pengendara.Pertanyaan kedua, Anda yakin pengerjaan proyek jalan by pass akan selesai sesuai waktu ditentukan? Jawaban “yakin” dipilih 48% responden. Bagi responden, pemerintah memiliki sejumlah perangkat dan sistem yang mumpuni untuk mendukung percepatan pengerjaan proyek ini. Apalagi adanya dana bantuan asing untuk membiayainya. Responden optimistis proyek ini selesai sesuai jadwal.Sedangkan 52% responden menjawab “tidak yakin” lantaran banyak problem yang mendera, terutama kontraktor jalan (PT Is-taka Karya) terancam pailit. Aktivitas proyek tidak bisa dijalankan oleh perusahaan yang tersandung kasus hukum. Pertanyaan ketiga, apakah Anda setuju tender ulang terhadap pelaksanaan proyek ini? Sejumlah 66% responden “setuju”. Pem-bangunan jalan negara yang vital semacam by pass di Bandar Lampung harus di-kerjakan oleh perusahaan yang memiliki kredibilitas dan reputasi kerja yang teruji. Jika memang terbukti dan dinyatakan bangkut oleh lembaga negara, sudah tepat bagi pemerintah memutus kontrak kerjanya. Pemerintah harus melakukan le-lang tender ulang untuk menjaga stabilitas pembangunan.Sementara itu, 34% responden menjawab “tidak setuju”. Tender proyek yang diulang memerlukan proses rumit, menghabiskan anggaran, dan membuang waktu yang dijadwalkan sebelumnya. Akibat terburuk, gejolak sosial dari terhambatnya pengerja-an pelebaran jalan.Sedangkan responden yang menjawab “proses penindakan hukum” ada 40%. Mekanisme hukum dalam kasus korupsi selama ini terkesan rumit dan mengulur waktu. Ini memberi ruang bagi koruptor untuk memanipulasi data kasusnya atau kabur ke tempat lain. Perlu dirancang tata cara hukum pidana khusus bagi kasus ko-

rupsi yang lebih efektif dan efi sien.Pertanyaan keempat, apa manfaat terbesar dari terbangunnya jalan by pass (Soekarno-Hatta) yang lebar dan kuat? Responden menjawab “pertumbuhan ekonomi” sebanyak 36%. Kondisi ruas jalan yang lebar dan tahan terhadap beban kendaaraan berat akan membuat kendaraan yang lalu-lalang menjadi ramai. Warga dapat membangun usaha secara teratur di sekitar kepadatan arus lalu lintas. Dengan begitu perekonomian masyarakat dapat tumbuh berkembang. Jalan yang mulus juga akan memudahkan arus distri-busi barang dari Lampung sebagai daerah produsen hasil pertanian.Sebanyak 32% responden menjawab “keamanan dan kenyamanan berken-daraan”. Jika jalan lebar dan kuat ter-bangun, para pengendara tidak perlu lagi khawatir jalan bergelombang atau lubang yang mengganggu. Keamanan berkendara juga lebih terjamin karena adanya pemisah jalan menjadi dua jalur. Angka kecelakaan dapat ditekan. Sebanyak 17% responden menjawab “mengatasi kemacetan lalu lintas”. Respon-den berpandangan kondisi jalan yang baik sebagai solusi dari menumpuknya ken-daraan hingga puluhan kilometer. Setiap kendaraan dapat melaju dengan kecepatan tinggi pada kondisi jalan yang lapang dan mulus. Arus lalu lintas menjadi lancar.Sementara itu, 15% responden menjawab “stabilitas sosial kehidupan masyarakat”. Jalan menjadi sarana pendukung utama terhadap berbagai aktivitas rakyat. Jalan yang rusak dapat menimbulkan aneka per-soalan sosial. Sedangkan kondisi jalan yang baik dapat membuat masyarakat menjadi tenang. Minimal setiap waktu tempuh un-tuk melakukan berbagai aktivitas bisa cepat dengan jalanan yang baik.Dari hasil polling bisa ditarik kesimpulan mayoritas responden berpendapat proses pelebaran dan perbaikan jalan by pass saat ini berada pada kondisi buruk. Perbaikan jalan hanya mengandalkan teknik tambal-sulam dengan bahan penyusun yang berkualitas buruk pula. Hasilnya, jalan bergelombang karena lapisan tambalan tidak rata.Pengerjaan pelebaran jalan juga terkesan

terbengkalai karena bahan material yang tersedia dibiarkan begitu saja tanpa ada upaya lanjutan. Pada kedua sisi jalan yang terdapat sisa bongkaran lapak dan warung usaha juga dibiarkan saja. Ini dapat meng-ganggu kendaraan melintas, selain peman-dangannya yang terlihat berantakan.Responden juga tidak yakin pengerjaan proyek ini selesai sesuai waktu ditentukan. Polemik kontraktor pelaksana, yakni PT Istaka Karya, yang diberitakan terancam bangkrut dikritisi secara serius oleh re-sponden. Pembangunan jalan by pass yang akan dilebarkan tentu akan terhambat karena kontraktornya bermasalah dengan hukum. Karena ini adalah proyek resmi negara, sukar bagi perusahaan yang dinya-takan pailit untuk terus melanjutkannya.Responden setuju adanya tender ulang terhadap pelaksanaan proyek ini sebagai langkah solutif ketimbang harus menung-gu perusahaan tersebut pulih kembali. Pengerjaan jalan yang memiliki tingkat kepentingan umum yang besar, seperti by pass Jalan Soekarno-Hatta harus dilakukan perusahaan yang memiliki kredibilitas dan reputasi kerja yang teruji.Terakhir, responden menyebutkan menge-nai manfaat terbesar dari terbangunnya jalan by pass di Bandar Lampung yang le-bar dan kuat, yakni pertumbuhan ekonomi. Warga sekitar dapat membuka usaha untuk mendukung kepadatan kendaraan ketika jalan sudah terbangun lebar dan tahan ter-hadap beban berat. Selain itu, pertumbuh-an ekonomi juga bisa berdampak posistif terhadap meningkatkan PAD karena arus distribusi barang dari Lampung sebagai daerah penghasil komoditas pertanian menjadi lancar.

‘POLLING’

Perbaikan Jalan ‘By Pass’ Buruk

Metode ‘Polling’POLLING ini terselenggara atas kerja sama antara Lampung Post dan Laboratorium Politik FISIP Unila pada 10-11 September 2011. Responden merupakan masyarakat Bandar Lam-pung dan sekitarnya berjumlah 200 orang, yang diambil secara acak dari buku telepon menggunakan metode systemic random sampling.

Page 5: lampungpost edisi 12 september 2011

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

JAKARTA (Lampost): Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) beda persepsi mengenai aksi represif terhadap aktivis pada 7 September.

Aksi yang berlangsung dalam rangka peringatan tujuh tahun pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib di de-pan Istana Merdeka, Jakarta, diwarnai pencekikan oleh anggota Paspampres terhadap mantan Koordinator Kontras Usman Hamid. Koordinator Kontras Haris Azhar saat dihubungi di Jakarta, kemarin, menjelaskan aksi peringatan pembunuhan Munir memang direncana-kan digelar dua kali.

Aksi pertama digelar pada sekitar pukul 12.00 dengan menggelar aksi seni teatrikal di atas panggung. Aksi itu ke-mudian berakhir sektiar pukul 13.00.

Dan sekitar pukul 14.00, digelar aksi gelombang kedua yang diikuti sekitar 40 orang. “Demo kedua ini orang-orang yang telat datang karena ada kegiatan ha-lalbihalal di kantor Kontras,” kata dia.

Karena aksi teatrikal telah selesai,

gelombang aksi kedua itu berinsiatif mendekati pagar Istana. “Supaya lebih dekat ke Istana. Spontanitas saja. Ini aksi damai, tidak ada apa-apa. Cuma meneriakkan yelyel penuntasan kasus Munir,” kata dia.

Melihat aktivis mendekati pagar Istana, polisi dan Paspampres langsung mendekati dan menangkapi beberapa pengunjuk rasa. Sekitar dua orang, lanjut dia, dikeroyok, dicekik, dipukul, dan ditendang. “Itu dilakukan tanpa ada

pernyataan, peringatan, atau imbauan sebelumnya. Langsung tindakan fi sik. Untungnya mereka tidak bersenjata.”

Siapkan SuratPadahal, kata dia, rencana aksi itu

telah diberitahukan ke kepolisian se-hingga tindakan fi sik itu menunjukkan ketidakprofesionalan aparat.

Sehingga, kata Haris, pihak Kontras telah menyiapkan surat kepada be-berapa institusi seperti Mabes Polri, Kementerian Pertahanan, Panglima TNI, Komisi Kepolisian Nasional (Kompol-nas), dan Komnas HAM.

Dia menegaskan, tindakan fi sik oleh aparat tersebut bertentangan dengan konstitusi, terutama terkait hak asasi manusia dan kebebasan berekspresi.

“Kami rekomendasikan agar diam-bil tindakan yang baik, efektif, jujur. Kompolnas dan Komnas HAM harus melakukan pemantauan dan investi-gasi tentang apa yang terjadi. Menhan dan Kapolri harus mengevaluasi dan menghukum secara administratif bagi para pelanggar. Dan yang melakukan tindakan pemukulan harus ditindak secara pidana,” kata dia.

Sesuai ProsedurAkan tetapi, Komandan Paspampres

Mayjen Agus Sutomo menjelaskan upa-ya penghalangan terhadap pengunjuk rasa di depan Istana Merdeka itu sudah sesuai dengan prosedur.

Berdasarkan informasi yang dia per-oleh, insiden terjadi sekitar 13.30. Saat itu, kata Agus, sebenarnya aksi sudah berakhir dan kelompok pendemo sudah bergerak menuju mobil masing-masing. (MI/U-3)

Senin I 12 September 2011 Lampung Post I 5

LINTASDua Kurir Sabu DibekukBANJARMASIN̶Satuan Narkoba Unit III Polresta Banjarmasin, Kaliman-tan selatan, membekuk dua lelaki kurir sabu sekaligus menyita barang bukti sabu. Kepala Unit III Satuan Narkoba Polresta Banjarmasin Ipda Suryanthi di Banjarmasin, Minggu (11-9), mengatakan mereka ditangkap Satuan Narkoba Unit III itu pada Kamis (8-9), sekitar pukul 15.30 Wita di Jalan Hasan Basri, Kelurahan Sungai Miai, Banjarmasin Utara, tepatnya di Toko Ponsel Capoelete yang terletak di samping Gedung Wanita Kota Banjarmasin.Kurir sabu yang ditangkap petugas berinisial HF (26), warga Jalan Hasan Basri, Sungai Miai, atau di belakang Gedung Wanita Banjarmasin Utara dan AD (26), warga Jalan A. Yani Km 7 Gang 17 Mei Kecamatan Kerta Hanyar, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel). (MI/U-3)

Harimau Terkam Petani hingga TewasBENGKULU̶Milyan (18), warga Desa Pino Baru, Kabupaten Bengkulu Selatan, tewas diterkam harimau dengan kondisi tubuh mengenaskan di lokasi perkebunan kopi miliknya. “Dia diterkam saat sendiri di kebun kopi miliknya,” kata bibi korban, Surainah, Minggu (11-9).Menurut dia, korban ditemukan teman sesama petani kopi pada Jumat (9-9) sekitar pukul 21.00 sekitar 500 meter dari pondok miliknya dengan kondisi menyedihkan. Korban menderita luka di sekujur tubuh karena terkaman harimau. (MI/U-3)

Di Jambi Terdeteksi 77 Titik ApiJAMBI̶Titik api yang menyebabkan kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Jambi belum bisa teratasi kini mencapai 77 lokasi. Prakirawan Badan Me-teorologi, Klimatologi dan Geofi sika (BMKG) Kurnianingsih saat dihubungi, Minggu (11-9), mengungkapkan angka itu lebih banyak dari beberapa hari lalu. Jumlah 77 titik ini merupakan pantauan dari BMKG Provinsi Jambi pada Sabtu (10-9). “Hari ini titik api masih cukup banyak yakni 77 titik yang terpantau dari satelit kita,” katanya.Banyaknya titik api ini menyebabkan kondisi kabut asap di Kota Jambi masih sangat tebal. Bahkan, tidak jauh berbeda dari hari sebelumnya. Hal ini juga dipengaruhi kondisi arah angin yang masih mengarah ke Jambi dari Sumatera Selatan. (MI/U-3)

NAS IONAL

JAKARTA (Lampost): Berdalih sebagai anggota Polda Metro Jaya (PMJ), kawan an peram-pok menggasak harta benda di sebuah kantor distributor makanan ringan se telah sebe-lumnya melumpuhkan enam petugas keamanan yang berjaga di kantor itu.

Dalam insiden yang terjadi sekitar pukul 03.30 kemarin, para polisi gadungan ini meng-aku sedang memburu seorang buronan yang disebutkan ber-sembunyi di dalam kantor PT Jenindo Pratama.

Setelah mendengar alasan kedatangan para pelaku, Iman, salah satu satpam yang berjaga di pos keamanan, bergegas membuka gerbang perusahaan. Setelah dibukakan pintu, segera salah seorang dari kawanan perampok itu menodongan pistol ke arah Iman.

Satu per satu petugas keaman-an yang berada di dalam kantor itu diancam untuk tetap diam. Mereka kemudian digiring masuk ke mes karyawan yang ada di belakang perusahaan. Keenam tenaga keamanan itu, yakni Iman, Arohman, Edi Rian-

to, Karyo, Jarwo, dan Abdul Rah-man, diikat dengan tali. “Saya diancam akan ditembak kalau berteriak atau melakukan per-lawanan. Kaki dan badan kami juga ditendang,” ujar Iman.

Setelah menyekap korban, kawanan ini dengan leluasa mengobrak-abrik isi kantor. Mereka membawa kabur uang tunai Rp5 juta, 8 unit CPU, 10 unit monitor, dan 5 unit keyboard dengan mobil Toyota Avanza.

Beberapa saat setelah usai polisi gadungan itu meng-hilang, keenam korban berupa-ya melepaskan jerat tali. Mereka kemudian melaporkan kasus perampokan kepada polisi. Kini kasus perampokan perusahaan yang beralamat di Jalan Wibawa Mukti, Kampung Pedurenan, Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi, ditangani Polsek Jati Asih.

“Para saksi sudah diminta keterangan. Dugaan sementara pelaku lebih dari tiga orang dan menggunakan senjata api jenis FN. Polisi masih mengembang-kan perkara ini,” kata Humas Polsek Jati Asih Aiptu Benny Susilo. (MI/U-3)

KRIMINALITAS

Mengaku Polisi, Perampok Gasak Distributor Makanan

Kami rekomendasikan

diambil tindakan baik, efektif,

jujur. Kompolnas dan Komnas

HAM harus memantau dan

menginvestigasi kejadian itu.

MAKASSAR (Lampost): Enam pesawat kecil jupiter yang dipimpin oleh Danla-nud Adi Sucipto Yogyakarta Marsekal Pertama Abdul Muis melakukan atraksi aerobatik di atas anjungan Pantai Losari Makassar, Minggu (11-9). Atraksi itu sebagai tanda dibukanya Festival Bahari dan Budaya serta Internasional Aerosport, Accuracy Landing, dan Boogie Jumping.

Festival yang dirangkaikan dengan peringatan hari jadi ke-404 Kota Makas-sar tersebut juga merupakan puncak

Visit Makassar 2011 yang dibuka lang-sung Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng.

Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, penggagas acara tersebut, menga takan festival ini akan berlang-sung selama seminggu di anjungan Pan-tai Losari Makassar, 11—18 September.

“Festival tersebut diisi dengan lomba renang antarpulau dari Pulau Laelae ke Pantai Losari Makassar yang diikuti 115 perenang dengan kategori atlet, TNI/

Polri, pelajar, dan umum,” kata Ilham.Selain itu, ada juga lomba terjun

payung dengan ketepatan mendarat yang diikuti 168 orang. Sebanyak 36 di antara 168 peserta adalah pener-jun mancanegara yang berasal dari 8 negara, yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Australia, Amerika Serikat, Inggris, dan Afrika Selatan.

Ada juga lomba perahu tradisional seperti jolloro, katinting yang diikuti 150 peserta, jetski 40 peserta termasuk dari

Malaysia, Thailand, dan Singapura, perahu layar internasional yang sem-pat memeriahkan Sail Wakatobi dan Sandeq Race yang akan tiba 15 Sep-tember mendatang yang berlayar dari Mamuju, Sulbar.

“Tidak hanya itu, ada juga pasar seni wisata, Makassar Art Moment dengan tari kolosal di atas perahu yang dilakonkan 150 penari dan diharapkan acara ini bisa menjadi agenda rutin lima tahunan,” kata Ilham. (MI/U-3)

FESTIVAL BAHARI

8 Negara Unjuk Kebolehan di Makassar

Kontras Nilai Paspampres Berlebihan

TOKOH BANGSA

Megawati Nilai Generasi Muda Tak Isi Kemerdekaan JAKARTA (Lampost): Generasi muda di Indonesia cenderung dilenakan kondisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu. Hal itu membuat mereka tidak mengisi kemerdeka-an Indonesia dengan baik.

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri me-nyampaikan hal itu, kemarin, di hadapan puluhan ribuan kader PDIP saat acara konsolidasi struk-tur PDIP se-DKI dan halalbihalal di Istora Senayan, Jakarta.

“Mereka tahu dilahirkan di Ta-nah Air yang namanya Indonesia, yang sudah merdeka, tanpa ber-pikir apa yang harus dilakukan, dibangun, dan bersama rakyat mengorganisasi mereka memben-tuk gerakan yang membangkitkan diri mereka sendiri, kalau gitu siapa salah?” ujar mantan Presiden ke-5 RI tersebut.

Kondisi Indonesia yang belum maju walaupun sudah 66 tahun merdeka, menurut Megawati, bukanlah kesalahan para pendiri bangsa, termasuk sang proklama-tor, Bung Karno, yang merupakan ayah kandungnya. “Jadi kalau tidak maju bukan salah Bung Karno, dan para pejuang itu. Tapi, generasi (penerus) kita sendiri yang terbuai oleh nina bobo yang sekarang ini terjadi,” ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua MPR Taufiq Kiemas dan politisi PDIP yang juga Wakil Ketua DPR Pramono Anung. Walaupun begitu kondisinya, Megawati menyakini Indonesia tidak akan pernah kehabisan bibit-bibit bangsa untuk menjadi pemimpin negara.

“Tidak perlu takut bangsa ini kekurangan pemimpin di masa mendatang. Sudah banyak sarjana-sarjana di negara ini yang mampu mempimpin bangsa ini,” ujarnya dalam acara yang mengambil tema konsolidasi struktur PDIP se-DKI dan halalbihalal.

Hanya saja, Megawati meminta para generasi muda berprestasi di negeri ini senantiasa mengingat tanah kelahiran mereka.

“Saya ingatkan generasi muda bangsa ini untuk tetap mencintai negara kelahiran mereka. Jangan setelah berprestasi, langsung pindah ke negara tetangga,” kata dia. (MI/U-3)

ANTARA/YUDHI MAHATMA

PEMBEKALAN KADER PARTAI. Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato saat acara silaturahmi dan

pembekalan kader partai di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (11-9).

Page 6: lampungpost edisi 12 september 2011

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

Hal tersebut dikatakan Sho-barmen saat memberikan arahan pada Deklarasi Pilkada Damai di Lapangan Pulungkencana, Tulangbawang Tengah, Minggu (11-9). “Kami dari kepolisian sudah tahu siapa yang akan menang pada pilkada di Tulang-bawang Barat nanti,” kata Sho-barmen. Menurut Shobarmen, dia tahu pasangan calon yang bakal menang tersebut berdasar-kan data dan analisis intelijen dan reserse kriminal yang me-mantau langsung masyarakat.

Dari laporan dan data yang masuk tersebut, Shobarmen yang tidak mau menyebut nama pasangan calon itu mengatakan peluangnya untuk menang pilkada mencapai 90%. Kare-na itu, ia yakin kalau pasangan

tersebut bakal menang. “Kalau mau tahu siapa yang menang, silakan tanya polisi. Tapi ini kan belum 100%. Penentunya tetap Yang Mahakuasa,” kata dia.

Pilkada Tuba Barat yang dilak-sa nakan 28 September menda-tang diikuti empat pasangan ca-lon bupati-wakil bupati. Keempat pasangan itu terdiri dari Bachtiar Basri-Umar Ahmad (nomor urut 1), Syaifullah Sesunan-Edi Wi-narso (2), Frans Agung Mula Putra-Syamsul Hadi (3), dan Putra Jaya Umar-Subroto (4).

Paling RawanSementara itu, Shobarmen

yang sementara ini membawah-kan tiga kabupaten itu me-ngatakan situasi keamanan di Tuba Barat saat kampanye tetap

kondusif. Menurut dia, semua tahapan pilkada berjalan den-gan lancar tanpa hambatan.

“Memang pilkada di Tulang-bawang Barat ini menjadi in-caran kalangan elite provinsi. Bahkan, riak-riak memanas mengarah ke kabupaten ini. Tapi, ini hanya terjadi di tingkat elite dan tidak terjadi di tingkat bawah,” ujar dia.

Untuk pengamanan pilkada, kepolisian sudah melakukan pengamanan menyeluruh di TPS, PPK, maupun KPU. “Bah-kan kami juga sudah melaku-kan pengamanan kepada em-pat pasangan calon yang ikut pilkada. Pengamanan ini juga

dibantu dari TNI dan Linmas (Perlindungan Masyarakat, red),” kata dia.

Meskipun kondusif, Shobar-men mengatakan kalau Pilkada Tuba Barat paling rawan dari sisi keamanan dibandingkan Pilkada Mesuji dan Pringsewu. “Dari informasi yang dihimpun, Pilkada Tulangbawang Barat diprediksi paling rawan diband-ing pilkada DOB lainnya. Oleh karena itu, diharapkan seluruh masyarakat menjaga keamanan agar hal yang dikhawatirkan tidak terjadi,” kata dia.

Karena itu, Shobarmen ber-harap setiap calon bisa melak-sanakan kegiatan pilkada den-gan tertib, aman, dan menjun-jung tinggi peraturan perun-dang-undangan sehingga dapat menciptakan situasi kondusif, serta mengedepankan rasa kebersamaan dan tanggung jawab. Dia juga meminta agar dihindari perpecahan di antara masyarakat. (MER/U-2)

Senin I 12 September 2011 Lampung Post I 7

Kalau mau tahu siapa yang menang, silakan tanya polisi. Tapi ini kan belum 100%.

Kapolres Tahu Pemenang Pilkada Tuba Barat

LAMPUNG POST/MERWAN

PILKADA DAMAI. Empat pasangan calon bupati-wakil bupati Tulangbawang Barat, Minggu (11-9), melepas burung merpati sebagai simbol damainya pelaksanaan pilkada. Keempat pasangan calon itu akan memulai kampanye hari ini.

PANARAGAN (Lampost): Kapolres Tulangbawang AKBP Shobarmen mengaku mengetahui pasangan calon yang bakal memenangkan Pilkada Tulangbawang Barat.

PANARAGAN (Lampost): Orga nisasi Pemuda Pancasila (PP) men dukung pasangan calon bupati-wakil bupati Tu-langbawang Barat Bachtiar Basri-Umar Ahmad untuk me-menangkan pilkada setempat.

Ketua PP Tulangbawang Barat Agus Tomi kemarin me-ngatakan seluruh anggota pe-muda pancasila di kabupaten setempat wajib memenangkan pasang an Bachtiar-Umar Ah-mad pada pilkada yang digelar 28 September. Apalagi, kata dia, Bakhtiar dan Umar Ahmad merupakan Ketua dan Sekre-taris MPO Pemuda Pancasila

kabupaten setempat. “Dukungan untuk Bachtiar

dan Umar Ahmad harga mati. Seluruh peng urus mulai dari tingkat kabupaten hingga ke-camatan dan kam pung wajib memperjuangkan pa sangan ini untuk memenangkan pilkada,” kata Agus yang di dam pingi Se-kretaris MPC PP Andrizul.

Sebelumnya, dukungan untuk pasangan nomor urut 1 ini juga datang dari Paguyuban Pangi-nyongan. Selain itu, pasangan ini mendapat dukungan dari sejumlah ormas, antara lain Paku Banten, Laskar Merah Putih, GP Ansor, dan NU. (MER/U-2)

ORMAS

PP Dukung Bachtiar-Umar

PANARAGAN (Lampost): Em-pat pasangan kandidat bupati dan wakil bupati Tulangbawang Barat menyepakati pelaksanaan pilkada yang digelar 28 Septem-ber berlangsung damai.

Kesepakatan tersebut dituang-kan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani di Lapangan Merdeka, Kampung Pulung-kencana, Minggu (11-9). Keem-pat pasang calon yang sepa kat mewujudkan pilkada damai se suai dengan asas demokrasi yak ni langsung, umum, bebas, (luber) serta jujur dan adil (jurdil) itu melepaskan burung merpati yang menyimbolkan kampanye damai.

Ketua KPU Tulangbawang Barat Marsah mengharapkan pelak-sanaan kampanye oleh empat pasang calon bupati-wakil bupati sesuai jadwal yang telah disepakati bersama serta tidak terjadi pelang-garan, baik rapat umum maupun rapat terbatas. “Pilkada Tulang-bawang Barat adalah pilkada awal bagi semua masyarakat. Diharapkan, dapat menghasilkan pemimpin yang benar-benar pilih-an rakyat,” ujarnya.

Di tempat sama, Penjabat (Pj.) Bu pati Tuba Barat Hanan A. Razak me ngatakan dia sangat meng apreasiasi pelaksanaan deklarasi pil kada damai yang dilaksanakan. Me nurut Hanan, dari empat pa sang calon yang bertarung di pil kada, setiap calon memiliki pe luang 25% suara untuk dipilih masyarakat.

“Silakan masyarakat menen-tukan pilihannya sesuai nurani. Dan jangan sampai salah memi-lih pemimpin. Salah pilih akan berimbas kepada pembangunan dan masyarakat lima tahun ke depan,” kata dia.

Sementara itu, tiga dari empat pa sangan calon hadir dalam dek-larasi pilkada damai. Calon bupati Syaifullah Sesunan tidak hadir dan diwakilkan kepada pasa-ngannya, Edi Winarso. (MER/U-2)

TUBA BARAT

4 PasanganKandidatSepakatDamai

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pasangan calon bupati-wakil bu-pati Mesuji Khamamik-Ismail Ishak bersaing ketat dengan pasangan Ruswandi Hasan-Sariaman untuk memenangkan pilkada di daerah setempat.

Hal itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan Lampung Inde-penden Survei (LIS). Survei LIS menunjukkan antara pasangan Ruswandi Hasan-Sariaman dan pasangan Khamamik Ismail Ishak

terdapat selisih peroleh an suara 6,21%, sementara sampling error dalam survei tersebut hingga 7%.

Direktur LIS Erwin, Minggu (11-9) mengatakan pihaknya telah menggelar survei pada 5-10 Sep-tember 2011 menge nai calon yang dianggap paling layak memimpin Mesuji lima tahun mendatang. Menurut Erwin, berdasarkan sur-vei tersebut, pasangan Ruswandi Hasan-Sariaman dianggap paling layak oleh 33,77% disusul pasang-

an berikutnya Khamamik-Ismail Ishak de ngan 27,56%.

Menurut Erwin, seba nyak 1.336 responden diambil mengguna-kan prinsip probabilitas dengan teknik multistage random sam-pling. De ngan teknik itu semua orang, dari berbagai profesi, baik laki-laki maupun perempuan, berusia 17 tahun keatas atau sudah menikah memiliki kesem-patan yang sama untuk menjadi responden, sehingga peng ukuran

dapat dilakukan hanya de ngan melibatkan sedikit res ponden.

Meskipun demi kian, hasil sur-vei tetap dapat di generalisasikan sebagai repre sentasi dari semua populasi. Tetapi dalam survei itu masih terdapat sampling error sebesar 7 persen, dengan tingkat kepercayaan 93%. “Kekeliruan non-sampling mungkin saja ter-jadi,” kata Erwin.

Berdasarkan hasil survei LIS itu, satu-satunya pasangan yang

tidak memperoleh lebih dari 10% suara adalah Bukhori Abdul Sho-mad-Paidi yang hanya meraih 5,57%, pasangan tersebut maju melalui jalur independen.

Calon independen yang lain, Arif Budiman-Yedi Supriyatna yang memperoleh 12,25% masih dapat bersaing dengan pasangan dari jalur partai politik seperti Is-kandar Maliki-Agus Setio de ngan 17,32% dan Suprapto-Daryanto Dahril 13,63%. (WAH/U-2)

MESUJI

Khamamik dan Ruswandi Bersaing Ketat

BANDAR LAMPUNG (Lam-post): Hari pertama kampa-nye di Mesuji, tak satu pun pasangan calon menggelar kampanye terbuka.

Ketua KPU Mesuji Mulyadin me mastikan jadwal kampanye ter buka dimulai Minggu (11-9) dan berakhir pada 24 Septem-ber 2011. Tetapi hingga Minggu sore, me nurut Mulyadin, tidak ada su rat tembusan pemberi-tahuan kam panye terbuka oleh para calon.

“Terserah para calon meng-gunakan hak untuk kampa-nye terbuka atau tidak. Kami nanti hanya akan menerima pengadu an pelanggaran ad-ministrasi dari hasil peng awas-an oleh panwas,” kata dia.

Ketua Panwas Mesuji A. Faanzir mengatakan belum ada

kegiatan kampanye terbuka pada Minggu (11-9). Menurut dia, Panwas Kabupaten telah berkoordinasi dengan panwas di tujuh kecamatan se-Mesuji untuk melaksanakan peng-awasan terhadap kampanye yang dilakukan para calon.

F a a n z i r m e n g a t a k a n pihaknya sudah menerima beberapa pemberitahuan dari tim pemenangan mengenai rencana menggelar kampanye terbuka. Tetapi pelaksanaannya besok (hari ini).

“Belum ada yang kampanye terbuka hari ini (kemarin). Kami memang sudah terima pemberitahuan. Tetapi pelak-sanaan ya belum. Kami sudah koordinasi dengan panwas di kecamatan untuk meng awasi wilayahnya,” kata dia. (WAH/U-2)

KAMPANYE

Hari Pertama, Calon Tak Gelar Rapat Terbuka

Page 7: lampungpost edisi 12 september 2011

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

Senin I 12 September 2011 Lampung Post I 6

I N T E R N A S I O N A L

TANZANIA (Lampost): Sebuah feri yang sarat penumpang teng-gelam di sekitar Kepulauan Zanzibar, Tanzania. Korban tewas diperkirakan mencapai 190 orang. Sedangkan lebih dari 100 orang lainnya hilang.

Menteri Negara Urusan Daru-rat Tanzania Mohammed Aboud dalam pernyataan yang diku-tip kantor berita AFP, Minggu (11-9), mengatakan sampai saat ini telah ditemukan 163 orang tewas. Namun, diperkirakan jumlah korban tewas sedikitnya 190 orang. Sementara 325 orang diselamatkan.

Jumlah pasti penumpang feri tersebut sulit ditentukan karena tidak ada daftar penumpang yang bisa dipercaya yang disim-pan. Beberapa sumber menye-butkan feri tersebut membawa 600 orang, sebagian besar adalah keluarga yang baru pulang ber-libur untuk merayakan Idulfitri.

Sementara dikutip dari BBC, seorang korban selamat menga-takan feri itu penuh sesak oleh penumpang dan kemudian teng-gelam di perairan dalam berarus deras antara Tanzania dan Pulau Pemba, Sabtu (10-9) dini hari.

Seorang saksi mata lain, Ab-dullah Saied, mengatakan feri M.V. Spice Islanders yang nahas itu begitu penuhnya sehingga se-jumlah penumpang yang tadinya ingin naik dari pelabuhan utama Dar es Salaam, akhirnya mem-batalkan niat mereka.

“Setelah kapal tenggelam sekitar pukul 01.00 dini hari waktu setempat, regu penolong berhasil menarik 230 orang dari air dan mengangkat 40 jenazah,” kata Aboud. (U-2)

TANZANIA

190 Tewas Saat Feri Tenggelam

DIPLOMATIK

Israel InginPulihkanHubunganYERUSALEM (Lampost): Jauh dari sikap garang yang senantiasa ditonjolkan saat asetnya diserang, Israel justru mengedepankan kesabaran terkait dengan aksi serangan demonstran ke gedung kedutaan besar di Kairo, Mesir, Jumat (9-9) malam waktu se-tempat.

Bahkan, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengaku sedang menjalin kontak dengan Pemerintah Mesir guna mengem-balikan duta besar Negeri Yahudi itu ke Kairo sesegera mungkin. “Mereka yang merobek bendera kita. Mereka adalah pihak yang menolak perdamaian. Saya lega ada pihak lain di Mesir, termasuk Pemerintah Mesir yang berminat untuk meneruskan perdamaian,” kata Netanyahu di hadapan ang-gota kabinetnya.

Sejumlah politisi Israel dan tajuk utama di berbagai media Israel sejatinya menggambarkan betapa geram publik Negeri Bin-tang Daud terhadap aksi demon-stran di luar gedung kedutaan di Kairo. Tidak sedikit pula yang mengusulkan pembatalan traktat perdamaian Israel-Mesir pada 1979 silam. Akan tetapi, Neta-nyahu menolak. “Kami akan tetap berpegangan pada itu (traktat perdamaian),” kata pria yang akrab disapa Bibi tersebut.

Sentimen anti-Israel meningkat di kalangan rakyat Mesir se telah aparat Israel menembak lima aparat Mesir dalam sebuah insiden di perbatasan, bulan lalu. Senti-men tersebut memuncak dalam aksi demonstrasi di luar gedung Kedutaan Israel di Kairo, Jumat (9-9) lalu. Para demonstran mampu menembus barikade sehingga me-maksa Duta Besar Yitzhak Levanon dan 86 staf kedutaan melarikan diri ke Israel. (MI/U-2)

LINTAS

Sebab Guyon, Menteri Perdagangan Jepang MundurTOKYO—Menteri Perekonomian, Perdagangan, dan Industri Jepang Yoshio Hachiro, Sabtu (10-9), mengundurkan diri setelah mengeluar-kan pernyataan tentang kontaminasi radiasi di kawasan yang terkena krisis, Fukushima, kata laporan media Jepang.Yoshio Hachiro, yang baru ditunjuk pekan lalu dalam kabinet pemerin-tah baru Perdana Menteri Yoshihiko Noda, memicu kemarahan ketika ia menyebut daerah di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir yang lum-puh, Fukushima, sebagai shi no machi atau sebuah kota kematian.Kyodo News melaporkan bahwa Noda telah menerima pengunduran diri Hachiro, yang terjadi sehari sebelum Jepang memasuki peringatan keenam bulan bencana gempa bumi dan tsunami 11 Maret. (U-2)

Delapan Tewas dalam Kerusuhan di IrakBAGDAD—Tiga tentara, polisi, dan wartawan termasuk di antara delapan orang yang tewas Sabtu (10-9), dalam serangan di Irak. Para pejabat keamanan setempat mengatakan orang-orang bersenjata tak dikenal melepaskan tembakan dan menewaskan tiga prajurit yang menjaga sebuah pos pemeriksaan dan melukai dua warga sipil.Di Taji, utara Bagdad, tiga warga sipil tewas oleh bom pinggir jalan.Di Baquba, timur laut ibu kota, bom di kafe menyebabkan wartawan Faisal Hamza Hussein tewas dan melukai tujuh orang lainnya, ter-masuk dua polisi, kata seorang perwira keamanan provinsi. Delapan wartawan Irak telah tewas dalam tahun ini. Pada Kamis, Hadi al-Mehdi, seorang wartawan radio yang kritis terhadap pemerintah, ditemukan terbunuh di apartemennya di Bagdad. Belum ada pengungkapan atas kematiannya. (U-2)

Pemimpin Liga Arab Capai Perjanjian dengan SuriahKAIRO—Pemimpin Liga Arab Nabil al-Arabi menyatakan pihaknya telah mencapai perjanjian dengan Presiden Bashar al-Assad mengenai pembaruan di Suriah. “Kami telah mencapai perjanjian mengenai langkah-langkah untuk melakukan pembaruan, (dan) unsur-unsurnya akan diajukan ke dewan Liga Arab yang akan bertemu di Kairo, Senin (12-9),” kata Sekjen Liga Arab di Kairo, Sabtu (10-9).Nabil al-Arabi berbicara setelah kembali dari pertemuan dengan Bashar al-Assad di Damaskus untuk menyampaikan usul Liga Arab guna mengakhiri pertumpahan darah di Suriah dan untuk mengada-kan pemilihan. Nabil al-Arabi menemui Bashar al-Assad dengan 13 poin perjanjian yang menguraikan usul Liga Arab untuk diakhirinya pertumpahan darah di Suriah. (U-2)

Bom Afghanistan, 50 Tentara AS TerlukaKABUl—Sebuah bom bunuh diri meledak di Afghanistan tengah dan menyebabkan 89 orang terluka termasuk 50 tentara Amerika. Bom yang disimpan dalam truk itu menyerang pos Nato di Afghanistan, seperti dijelaskan militer AS.Kantor berita AFP memberitakan Taliban mengklaim bertanggung jawab terhadap serangan Sabtu lalu, dalam situs internet mereka. Peristiwa itu terjadi bersamaan dengan peringatan 10 tahun, peristiwa serangan 9/11 yang menewaskan 3.000 orang di Amerika Serikat.Juru Bicara Militer AS Mayor David Eastburn mengatakan 50 tentara Amerika dan 15 Afghanistan terluka. (BBC/U-2)

Prosesi peringatan 9/11 ditandai dengan kunjungan Barack Obama dan mantan Presiden George W. Bush, presiden AS pada saat serangan terjadi, ke Ground Zero. Itu merupakan sebutan untuk lokasi tempat berdirinya menara kembar tersebut.

Bersama dengan keluarga korban serangan 9/11, mereka bakal mendengarkan pemba-caan nama-nama korban yang

tewas. Bel kemudian dibunyikan di seluruh kota pada jam ter-jadinya serangan, pukul 08.46 waktu setempat (20.46 WIB tadi malam).

Selain menyambangi Ground Zero, Obama melawat dua lokasi lain, yakni gedung Pentagon dan sebuah lapangan di Shanksville, Negara Bagian Pennsylvania. Di ketiga tempat itu para teroris menabrakkan pesawat komersial setelah terlebih dulu memba-

jaknya. “Terima kasih kepada per-

sonel militer, intelijen, dan pe-negak hukum di dalam negeri yang telah bekerja keras tanpa kenal lelah. Tidak diragukan lagi, bahwa hari ini Amerika lebih kuat dan Al Qaeda telah mendekati ajal,” kata Obama dalam pidato mingguan yang disiarkan radio dan internet,

kemarin.Tugu peringatan 11 September

di New York juga dibuka bersa-maan dengan peringatan satu dekade serangan tersebut. Tugu ini dilengkapi kolam dan air terjun buatan seluas 8 meter per segi. Nama-nama korban yang tewas dalam serangan 9/11 dan enam korban pada pengeboman WTC pada 1993 juga dituliskan di tepi kolam.

“Hidup mereka sangat berarti. karena itu kami membangun tugu peringatan ini dan untuk alasan itu pula kita datang ke sini hari ini,” ujar Gubernur New Jersey Chris Christie, saat meresmikan tugu peringatan itu, kemarin.

PengamananPengamanan ekstraketat di-

terapkan di Manhattan, lokasi berdirinya menara kembar Word Trade Center, yang hancur di-tabrak pesawat komersial jenis Boeing 767-223ER milik maska-pai American Airlines Flight 11 dan pesawat Boeing 767-222 milik maskapai United Airlines Flight 175.

Berdasar pemantauan Reuters dan Associated Press, barikade dari besi dipasang di jalan-jalan dekat WTC. Rangkaian patroli ribuan polisi juga dikerahkan untuk mengecek kendaraan di jalan-jalan, jembatan, serta terowongan yang menuju kota tersebut.

Di Lower Manhattan, terdapat pos pemeriksaan yang mengha-ruskan pengendara mobil turun dari kendaraan mereka dan membuka bagasi dengan diawasi petugas. Adapun di Washington DC, aparat menderek sejumlah truk yang diparkir di lokasi-loka-si strategis. Komandan polisi, Cathy Lanier, mengaku pihaknya mendapat sejumlah laporan mengenai kendaraan-kendaraan yang mencurigakan.

Tindakan itu dilakukan se-telah badan intelijen Amerika Serikat (CIA) menerima pe-ringatan bahwa Al Qaeda akan mengirim sejumlah penyerang untuk mengebom New York dan Washington DC. Metode yang digunakan para pengebom ditengarai melibatkan mobil pikap atau truk. (MI/U-2)

n REUTERS/BRIan SnydER

PERINGATAN 9/11. Presiden Barack Obama didampingi istrinya, Michele, serta mantan Presiden George W. Bush (kiri) meletakkan tangan di dada selama menyanyikan

lagu kebangsaan amerika Serikat. Obama memimpin peringatan 9/11 di World Trade Center, new york, Minggu (11-9).

Obama Pimpin Peringatan 9/11NEW YORK (Lampost): Warga Amerika Serikat (AS) memperingati satu dekade insiden 11 September atau lazim dikenal 9/11, Minggu (11-9). Presiden AS Barack Obama memimpin peringatan serangan teror yang diorganisasikan kelompok teroris Al Qaeda.

Page 8: lampungpost edisi 12 september 2011

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

Saat ini penyidik Komisi Pem-berantasan Korupsi (KPK) tengah menunggu proses pemberkasan kasus bekas Bendahara Umum Partai Demokrat itu masuk ke per-sidangan. Demikian pernyataan Wakil Ketua KPK Mochammad Jasin kepada Media Indonesia (grup Lampung Post) via pesan pendek (sandek), kemarin.

“Untuk kasus wisma atlet sudah cukup. Kasus lain dikem-bangkan sambil jalan,” kata komisioner yang mengurusi bidang informasi dan data itu.

Sebelumnya, KPK menolak permohonan kuasa hukum Naza-ruddin agar dia dipindahkan dari rumah tahanan (rutan) Markas Komando Brimob, Kelapa Dua, Depok. Mantan anggota Komisi VII DPR RI itu memang menya-takan akan bungkam selama permintaannya tidak dipenuhi. Menurut Jasin, rutan Mako Bri-mob hanya akan menjadi hunian Nazaruddin untuk sementara.

“Sementara ini tidak dika-bulkan. Toh, sebentar lagi (ka-susnya) naik ke penuntutan di pengadilan. Di Mako Brimob juga sementara,” kata Jasin.

Secara terpisah, Wakil Ketua KPK Bidang Penindakan Bibit Samad Riyanto mengatakan penyidik memiliki waktu 120 hari masa penahanan maksimal untuk menyeret Nazaruddin ke pengadilan.

Bibit menambahkan KPK terus mengembangkan kasus Naza-ruddin di luar suap wisma atlet. Dia tidak menutup kemungkinan seluruh pihak yang terlibat juga akan diperiksa penyidik KPK.

PerluasSaat menanggapi hal itu, pe-

neliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Febri Diansyah meminta KPK tidak lekas berpuas diri dengan selesainya pemberkasan kasus Nazaruddin. Sebaliknya, KPK semestinya memperluas pemeriksaan dengan memanggil nama-nama yang sempat disebut Nazaruddin.

“Mungkin untuk wisma at-let, KPK sudah kantongi semua bukti. Tapi kami berharap KPK bisa mengembang kasus dengan meminta keterangan tambahan dari Nazaruddin atau pihak lain. Khususnya terkait pengadaan wis-ma atlet di Jakabaring, Palembang,” kata Febri kepada wartawan.

Jangan LuputMenurut Febri, nama-nama

seperti politikus Demokrat Ange-lina Sondakh, anggota Komisi X I Wayan Koster dari Fraksi PDI-P, Menpora Andi Mallarangeng, hingga Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum tidak boleh luput dari perhatian KPK. Apalagi, nama Angelina sudah berkali-kali disebut dalam persidangan terdakwa lain kasus tersebut.

“KPK semestinya memperluas pemeriksaan dengan memanggil nama-nama yang sempat di-sebut Nazaruddin,” katanya.

Nazaruddin ditahan KPK sejak 14 Agustus 2011. Dia diduga terlibat dalam puluhan kasus korupsi dengan nilai total Rp6 triliun, antara lain kasus di dua kementerian yang masuk kategori penyidikan dengan nilai proyek mencapai Rp200 miliar.

Kasus di dua kementerian lain yang masih tahap penyelidikan dengan total nilai Rp2,6 triliun. Juga 31 kasus di lima kemen-terian yang masih dalam tahap pengumpulan keterangan. (U-3)

JAKARTA (Lampost): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil paksa Ali Mudhori dan Sindu Malik yang namanya disebut-sebut terkait dengan dugaan suap di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans).

“Pada panggilan ketiga, kami bisa melakukan pemaksaan,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta kemarin.

Nama Ali dan Sindu muncul setelah KPK memeriksa ter-sangka Sekretaris Ditjen Pem-binaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (P2KT) I Nyoman Suisanaya, Kepala Bagian Pro-gram Evaluasi P2KT Dadong Irbarelawan, dan pengusaha PT Alam Jaya Papua Dharnawati.

Langkah pemaksaan itu akan dilakukan karena Sindu Ma-lik (bekas Kepala Seksi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

IVC di Ditjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu) dan Ali Mudhori (anggota DPR 2004-2009 dari F-PKB dan staf khusus Menakertrans) absen dari dua kali pemanggilan sebagai saksi Dharnawati, yakni pada Rabu (7-9) dan Jumat (9-9). Sindu mengirim surat keterangan sakit, sedangkan Ali tidak mem-beri penjelasan apa pun.

Ali dan Sindu diduga terli-bat dalam penawaran proyek percepatan pembangunan infrastruktur daerah (PPID) bidang transmigrasi di 19 ka-bupaten senilai Rp500 miliar dengan commitment fee 10%.

Johan menambahkan sejauh ini KPK belum meminta pen-cegahan keluar negeri atas nama dua orang yang masih sebagai saksi itu.

Menurut sumber di inter-nal PKB, terseretnya nama ka-der PKB dalam pusaran suap Kemena kertrans sebagai kon-sekuensi logis. Sebab, Muhaimin sendiri yang memerintahkan kadernya pintar mencari duit. “Dulu, ketika Muhaimin men-jadi menteri, anggota DPR PKB dikumpulkan di ruang fraksi. Semua diarahkan untuk mencari uang,” kata sumber itu. (MI/U-3)

WAT - WAT GAWOH

Akal-akalanMANUSIA memang diciptakan sempurna, diberikan akal sebagai pem-beda dengan makhluk lainnya. Namun, kadang akan disalahgunakan, menjadi akal-akalan.Waw... awas de diakuk sekebakni. Kanah niku mak buakal. (Wow awas

otakmu diambil Sang Pencipta. Nanti kamu tak berotak alias gila.)Seperti sebut saja Cenangilan, warga Katibung, Lampung Sela-

tan. Bisa-bisanya dia mengakali tetangganya di saat semua warga kekurang an air untuk keperluan sehari-hari. Di mana sumber air jadi rebutan warga setempat.Untuk mendapatkan porsi yang lebih banyak dari warga lainnya,

dia memutar akal dan muncul ide gilanya. Diambilnya biskuit yang ada di rumahnya, kemudian dia rendam dengan air hingga berwarna putih. Ke-mudian dibawa dan dilemparkannya ke sumur umum tempat biasa mengambil air bersama warga yang lainnya. “Dari jauh kelihatan seperti kotoran manu-sia sehingga warga yang datang ke tempat tersebut tak jadi mengambil air,” kata dia.Kemudian dia seperti terpaksa

mengambil air yang ada di sumur itu sehingga cukup untuk keperluannya. Setelah puas, baru dia bercerita kejadian sebenarnya kepada tetangganya. “Aku juga kebat kebit (kha-watir) waktu menceritakannya. Takut disumpahin mereka, untung warga masih tertawa walaupun kecut mendengar cerita saya,” kata Cenangilan. (USD/U-3)

SIAPA MENGAPA

DOK. LAMPUNG POST

Johan Budi

Lampung Post I 8

Terbit Sejak 1974Harga Eceran Rp. 3000/EksSirkulasi: (0721) 788999Layanan Umum: (0721) 783693

Iklan: (0721) 774111SMS: 0815 4098 5000Redaksi (0721) 773888SMS: 0812 7200 999

Senin I 12 September 2011

Jago Main OrganBUKAN hanya piawai dalam melantunkan lagu- lagu dang dut dan pop, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Ban-dar Lampung Dhomiril Hakim Yhs. ternyata juga mampu memainkan alat musik organ. Terbukti, saat putra tetangga ulang tahun, Panglima, panggilan akrabnya, mampu mengiringi sang istri, Yunise B.N.W. dan Nilla Nargis, adiknya, menyanyikan beberapa lagu.“Bakat turunan, papa

dulu juga memiliki grup musik,” kata ayah dari Tesya Sofi a Sari dan Tendilo Putra ini.Dengan lincah dan cekatan, jari-jari Panglima mampu memainkan

tuts-tuts organ. Bukan hanya dangdut dan pop Indonesia, dia juga mampu mengiringi sang istri menyanyikan lagu-lagu Barat.Bahkan, di tengah kesibukannya sebagai salah satu pejabat eselon II

di Pemkot Bandar Lampung, tak mengurangi pria kelahiran tahun 1955 itu menggeluti dunia musik. Untuk menyalurkan hobi bermusiknya, Ketua Umum GPPRL ini memiliki Band Bung Michael. “Musik membuat kita lebih enjoy, apalagi usai bekerja,” kata dia.Saat ulang tahun putra tetangganya itu, Panglima sempat menyanyi-

kan beberapa lagu vaforitnya, terutama lagu dangdut. Misalnya, Hilang Tak Berkesan ciptaan Mashaby. Bahkan, berduet dengan sang adik, Panglima mampu juga menyanyikan lagu-lagu pop usang, seperti Ke Jakarta Aku kan Kembali, yang dipopulerkan Koes Plus, diiringi permainan organnya yang piawai. (KIM/U-3)

KASUS SUAP KEMENAKERTRAS

KPK Panggil Paksa Ali Mudhori dan Sindu

DOK. LAMPUNG POST

DP RAHARJO

KPK semestinya

memperluas

pemeriksaan dengan

memanggil nama-nama

yang sempat disebut

Nazaruddin.

Nazaruddin segera DisidangJAKARTA (Lampost): Berkas tersangka kasus suap proyek wisma atlet SEA Games XXVI Muhammad Nazaruddin telah selesai (P-21) dan segera dilimpahkan ke pengadilan.

WROCLAW (Dtc/Lampost): Vitali Klitschko mempertahan-kan sabuk juara dunia kelas berat versi badan tinju WBC miliknya. Menghadapi petinju tuan rumah, Polandia, Tomasz Adamek di Stadion Municipal, Wroclaw, Minggu (11-9) dini hari, Klitschko menang TKO di ronde ke-10.

Ini merupakan ketujuh kali Klitschko mempertahankan sabuk juara yang diraih usai mengalahkan Samuel Peter tahun 2008. Sementara itu, TKO ini menjadi yang ke-40 didapat Klitschko sepanjang karier di atas ring dari total 43 kemenangannya.

Meskipun enam tahun lebih tua dari lawannya, Klitschko yang berusia 40 tahun tetap memiliki keunggulan fi sik yang

mencolok. Dengan bobot yang lebih berat 12 kg dan jangkauan yang lebih panjang enam inci, petinju berjuluk Dr. Ironfi st itu mendominasi seluruh ronde.

Pada ronde kedua Klitschko sempat membuat Adamek go-yah, tapi tali ring menyelamat-kan petinju tuan rumah itu dari hitungan wasit. Adamek kemudian sempat berusaha tampil agresif di ronde keempat dan lima dengan melepaskan banyak pukulan, tapi upaya tersebut tidak pernah benar-benar berhasil.

Di ronde keenam Adamek bahkan sempat dapat hitungan meski dia tak sampai mencium kanvas. Ketika itu dia dapat pukulan beruntun dari Klitschko dan beruntung bisa menuntas-kan laga hingga bel dibunyikan.

Dominasi Klitschko makin tidak terhadang di ronde ketu-juh. Dan di ronde kedelapan Adamek akhirnya terjatuh, meski wasit menyatakan dia hanya terpeleset. Dagu Adamek terlihat mulai terluka di ronde kesembilan usai dapat banyak pukulan.

Wasit Massimo Barrovecchio akhirnya menggiring Adamek ke pinggir ring dan menyatakan laga berakhir dengan TKO di ronde ke-10.

Kemenangan ini membuat Klitschko hampir mendekati masa pensiun dari dunia tinju. Hal ini sesuai dengan perkataan pelatihnya pada Sabtu lalu bahwa petinju bergaya ortodoks ini hanya akan bertanding dua hingga tiga kali lagi sebelum pensiun. (O-2)

REUTERS/KACPER PEMPEL

BERTUKAR PUKULAN. Juara bertahan Vitali Klitschko dari Ukraina (kiri) bertukar pukulan dengan penantangnya

asal Polandia Tomasz Adamek pada perebutan sabuk juara dunia kelas berat versi WBC di Stadion Municipal,

Wroclaw, Minggu (11-9) dini hari. Klitschko sukses mempertahankan sabuk gelar setelah menang TKO atas

Adamek di ronde ke-10.

TINJU DUNIA

Klitschko Pertahankan Gelar

JAKARTA (Lampost): Komisi I DPR yang membidangi bidang pertahanan, keamanan, dan luar negeri akan mengajukan draf RUU Intelijen ke Badan Legislasi (Baleg) dalam waktu dekat.

Hal tersebut dikemukakan anggota Komisi I dari Fraksi Hanura Susaningtyas Nefo Han-dayani Kertapati dalam perbin-cangan dengan Media Indonesia (grup Lampung Post) di Jakarta, kemarin. Rencananya, menurut Susaningtyas, draf RUU itu diaju kan ke Baleg pada Septem-ber 2011.

“Kini kami dari Panitia Kerja (Panja) Intelijen masih meng-godok isi RUU Intelijen agar sesuai dengan kepentingan sistem pengamanan negara,” kata Susaningtyas yang juga Sekretaris Panja RUU Intelijen di Komisi I DPR.

Selain itu, menurut Susaning-tyas, pihaknya juga masih men-jaring masukan-masukan dari perguruan tinggi. Setelah itu, kata dia, draf tersebut akan menggodok dengan pemerin-tah, baru kemudian masuk ke Baleg.

Sebelumnya, RUU Intelijen di-targetkan rampung dibahas pada Juli 2011. Pada perkembangan-nya, pembahasan draf RUU

Intelijen masih terganjal oleh empat pasal krusial yang belum disepakati. Yakni, soal wewenang pemeriksaan intensif 7 x 24 jam oleh intelijen karena bertentang-an dengan UU dan KUHAP, oto-ritas penyadapan oleh intelijen, DPR meminta pembentukan panja khusus pengawas intelijen, dan DPR meminta pembentukan lembaga koordinasi intelijen negara dibatalkan dan fungsinya diserahkan kepada Badan Inteli-jen Negara.

Terkait dengan pendapat kon-tra terhadap pasal-pasal krusial RUU tersebut, Susaningtyas meyakinkan bahwa Panja tidak akan gegabah dalam menelur-kan sebuah undang-undang.

Kemarin, Imparsial dalam konferensi persnya mengingat-kan pengaturan intelijen melalui undang-undang tidak dilakukan sembarangan. Direktur Program Imparsial Al Araf mengatakan undang-undang itu harus men-dasari pijakannya pada prin-sip dan tata nilai demokrasi serta HAM. “Pengaturan intelijen negara di dalam undang-un-dang memang dibutuhkan demi membuka pintu masuk reformasi intelijen dan akuntabilitas inteli-jen. Tapi, pengaturan itu tidak boleh sembarangan.” (U-3)

RUU INTELIJEN

Komisi I Ajukan Draf Ke Badan Legislasi

ANTARA/PRASETYO UTOMO

TRANSPARANSI RUU INTELIJEN. (Kanan ke kiri) Direktur Program Imparsial Al Araf didampingi penelitinya

Gufron Mabruri memberi pernyataan terkait rencana pengesahan RUU Intelijen di kantor Imparsial, Jakarta,

Minggu (11-9). Imparsial mendesak parlemen untuk transparan mengenai isi draf RUU itu terutama pasal yang

dinilai mengancam penegakan hukum dan HAM serta demokrasi.

Page 9: lampungpost edisi 12 september 2011

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

LAMPUNG POST, Senin, 12 September 2011 HALAMAN 9Optik Modern

Kenalkan SwarovskiOptik Modern memperkenalkan tiga produk baru kacamata, yakni Swarovski, Manchester United (MU), dan Harley Davidson.

Hlm...10

FE Unila Masuk 10 Terbaik Se-IndonesiaMahasiswa Fakultas Ekomomi (FE) Universitas Lampung patut berbangga. Pasalnya, fakultas ini masuk 10 fakultas di Indonesia yang semua program studinya terakreditasi A.

Hlm... 15

KLIK

Inde

ks K

OM

OD

ITA

S

DOLAR AUSTRALIA (AUD)

KURS JUAL KURS BELI

DOLAR KANADA (CAD)

KURS JUAL KURS BELI

YEN JEPANG (JPY)/100

KURS JUAL KURS BELI

DOLAR SINGAPURA (SGD)

KURS JUAL KURS BELI DOLAR HONG KONG (HKD)

KURS JUAL KURS BELI

DOLAR AMERIKA (USD)

KURS JUAL KURS BELI

DOLAR NEW ZEALAN (NZD)

KURS JUAL KURS BELI

EURO (EUR)

KURS JUAL KURS BELI POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL KURS BELI

LOKASI SENTRAKOMODITAS

HARGA (Rp/Kg)

Inde

ks V

ALU

TA A

SIN

G

per Jumat, 9 September 2011 n Sumber Bank Indonesia per Jumat, 9 September 2011 n Sumber: Bappebti-Kementerian Perdagangan

11.710,56 10.416,88 9.071,00 8.071,00

8.193,27 8.175,65 7.472,61 6.646,08 1.163,63 1.035,30

7.595,15 6.749,78 12.639,53 11.242,90 14.505,44 12.903,91

Minyak Kelapa Bitung 11.470

Kopi Arabika Medan 46.777Kopi Robusta Lampung 14.828Karet TSR 20 Palembang 39.504Lada Hitam Lampung 51.441Lada Putih Pangkalpinang 77.712Jagung (kering) Lampung 1.858

9.647,92 8.581,89CPO Medan 8.756

Kakao Makassar 19.455

EKONOMI

Oktober, Bulog Kembali Impor Beras JAKARTA—Perum Bulog akan kembali mengimpor 300 ribu ton beras dari Thailand pada Oktober 2011. Perusahaan pelat merah ini dinilai terlalu sering mengimpor daripada membeli dari petani lokal.“Bulog sangat lambat menyerap beras petani, namun sangat gesit dalam impor beras. Jika hanya mampu mengimpor, apa bedanya Bulog dengan importir atau pedagang biasa?” kata anggota Komisi IV DPR, Rofi Munawar, Sabtu (10-9). Rencana impor Bulog ini me-nambah deretan angka impor beras yang sebelumnya juga telah dilakukan Bulog pada akhir Juli 2011 sebesar 500 ribu ton yang didatangkan dari Vietnam.Rofi memandang Bulog terlalu sering melakukan impor beras, sedangkan tolok ukur perhitungan yang digunakan untuk mengim-por sering tidak sesuai dengan BPS atau Kementerian Pertanian. Menurut dia, kebijakan impor ini tidak konsisten dengan instruksi Presiden mengenai surplus 10 juta ton beras hingga 2015. (E-1)

Sepekan, Aksi Beli Investor Asing Rp600 MiliarJAKARTA—Pasar modal Indonesia mengindikasi pembalikan arah menuju pertumbuhan hingga akhir tahun. Dalam sepekan terakhir, investor asing sudah memosisikan aksi beli (net buy) Rp600 miliar dan membawa optimisme yang tinggi bagi Bursa Efek Indonesia (BEI).“Selama seminggu ini, posisi net buy asing sudah Rp600 miliar. Padahal di bulan Agustus selalu posisi net sell,” kata Direktur Utama BEI Ito Warsito di Jakarta, pekan lalu.Ia menjelaskan selama Agustus investor asing hanya keluar dari bursa saham Indonesia. Namun, tidak benar-benar membawa uang mereka di luar negeri. Posisi net sell di bulan Agustus, menurut Ito, semata-mata karena investor asing tengah mengonsolidasikan pengelolaan dana mereka. (E-1)

n DOKUMENTASI PT GGL

BONGKAR SAPI. Satu unit truk baru saja memuat sapi bakalan yang diturunkan dari Kapal Livestock Express asal Australia di Pelabuhan Panjang, Sabtu (10-9). Sapi-sapi ini adalah bagian dari 10

ribu ekor sapi yang diimpor oleh PT Great Giant Livestock (GGL).

“Ini adalah kedatangan per­dana sejak penghentian impor sapi Australia pada Juni lalu,” kata Direktur Operasional PT GGL Didiek Purwanto, saat meninjau penurunan sapi di Pelabuhan Panjang, Sabtu lalu.

Dibukanya kran impor sapi asal Australia ini akan menghidupkan kegiatan feedlot (penggemukan) sapi perusa­haan itu. Didiek mengatakan perusahaannya mempunyai kapasitas kandang 30 ribu ekor sapi untuk digemukkan. Akibat pihak Australia tidak mengizinkan sapinya diimpor sejak Juni lalu, terjadi idle pada seluruh instrumen kegiatan.

“Beruntungnya, kami punya proyek kemitraan peternakan inti rakyat (PIR) dengan masyarakat. Jadi, kami dapat pasokan sapi bakalan lokal. Tetapi hanya seki­tar 4.000 ekor,” ujarnya.

Mengenai penghentian im­por, Didiek menjelaskan di­

sebabkan ada laporan kepada pihak Australia bahwa sapi yang dikirim diperlakukan tidak sesuai standar di In­donesia. “Pihak pemerintah Australia mendapat laporan dari LSM seperti itu. Padahal, mungkin saja itu laporan tidak benar. Tetapi, saya pikir ada hikmahnya dengan peristiwa itu. Ini kesempatan Indonesia untuk memperbaiki diri dalam perlakuan dan pengelolaan yang sesuai standar animal wellfare,” kata Didiek.

Sebagai salah satu feedlot besar dan selama ini menda­pat pasokan dari Negeri Ka­nguru itu, PT GGL melakukan langkah­langkah strategis. Antara lain, meminta auditor independen untuk melakukan audit terhadap seluruh instru­men dalam penanganan ternak yang akan dibesarkan hingga ke aspek purnajual.

“Kami langsung minta di­

audit dari hulu sampai hilir. Bahkan, kami memberikan pembimbingan dan sarana kepada rumah potong hewan yang biasa memotong sapi dari kami. Dan kami lulus audit itu dengan baik,” kata Didiek.

Dengan kepercayaan un­tuk impor lagi, kata Didiek, pihaknya akan memenuhi kapa­sitas kandang yang ada. Selain agar produktivitas lebih tinggi, ketersediaan sumber daya, ter­utama pakan dan tenaga kerja, sudah menunggu. “Kandang kami kapasitasnya terbesar di Lampung. Pakan kami juga sangat cukup karena ditopang industri agro berupa perkebun­an dan pengolahan nanas serta singkong. Ini menjadi siklus industri yang terintegrasi.”

Impor sapi yang dibuka kembali, kata Didiek, akan membantu stabilitas harga daging nasional dan mengu­rangi jumlah sapi produktif lokal yang dipotong. Sebab, jika pasokan kurang, sapi­sapi betina lokal akan menjadi kor­ban karena terpaksa dipotong untuk memenuhi permintaan daging. Sapi impor eks Austra­lia ini rata­rata berbobot hidup kurang dari 350 kg dan ber­umur 14—18 bulan. (SDM/E-1)

PT GGL Impor 10 Ribu SapiBANDAR LAMPUNG (Lampost): PT Great Giant Livestock (GGL) mengimpor 10 ribu ekor sapi bakalan asal Australia. Sebanyak 2.000 ekor sapi diturunkan dari kapal Livestock Express di Pelabuhan Panjang, Sabtu (10-9). Sedangkan 8.000 lainnya sampai pada 18 September mendatang.

BANDAR LAMPUNG (Lam­post): Rencana masuknya beras impor ke Lampung sebanyak 6.000 ton dari Vietnam pekan ini ternyata belum menurunkan harga beras di pasaran Bandar Lampung. Saat ini harga beras masih bertahan tinggi usai Lebaran lalu.

Pemantauan Lampung Post di beberapa penjualan beras di Bandar Lampung, Min­ggu (11­9), harga beras asalan yang biasanya dijual berkisar Rp6.200 per kg, naik menjadi Rp6.500 per kg. Sedangkan beras berkualitas sedang, se­perti Rojolele yang sebelum­nya dijual Rp6.700/kg naik menjadi Rp6.900/kg. Untuk beras kualitas medium atau sedang dijual Rp7.500/kg, lalu beras kualitas baik dan super dijual berkisar Rp8.300 hingga Rp8.900 per kilogram.

“Petani banyak yang me­

nyimpan gabahnya sehingga stok beras menipis dan harga terdongkrak naik,” kata pemilik toko beras di Jalan Teuku Umar Bandar Lampung, Djodi.

Menurut Djodi, naiknya harga beras ini terjadi sejak se­pekan setelah Lebaran. Gabah yang disimpan petani meru­pakan cadangan hingga akhir tahun mengingat harga beras akan bertahan tinggi hingga akhir tahun ini. “Harga tetap bertahan tinggi, sampai impor mulai masuk. Dan imporkan biasanya untuk raskin, jadi tidak memengaruhi beras di pasar umum,” kata Djodi.

Sementara itu, harga kebu­tuhan pokok lainnya seperti minyak goreng, gula pasir, dan tepung terigu relatif menurun. Demikian pula telur ayam, daging ayam, dan daging sapi mengalami penurunan harga. (WIN/E-1)

SEMBAKO

Harga Beras Bertahan Tinggi

BANDAR LAMPUNG (Lam­post): Kementerian Pekerjaan Umum diminta menyita ja­minan proyek berupa garansi bank atau asuransi dari PT Is­taka Karya jika dinyatakan tak lagi mengerjakan pelebaran jalan by pass. Hal ini dilakukan agar negara tidak dirugikan.

“Setiap perusahaan yang me­menangkan tender harus mem­berikan jaminan proyek yang nilainya 5%—10% dari nilai kontrak,” kata Ketua Asosiasi Pelaksana Konstruksi Nasional (Aspeknas) Lampung Aprozi Alam, Minggu (11­9).

Menurut Aprozi yang juga Sekretaris Majelis Per timbang­an LPJKD Pro vinsi Lampung, pihaknya mempertanyakan

jaminan proyek perusahaan tersebut. Jangan sampai ter­jadi kerja sama dengan pihak­pihak tertentu sehingga tidak bisa melakukan klaim ter­hadap jaminan pelaksanaan proyek perusahaan. “Setiap perusahaan yang menanda­tangani kontrak, harus me­nyerahkan jaminan, dan itu harus disita,” kata Aprozi.

Bila perusahaan tersebut pailit, tentu saja tidak ada yang bisa disita. Sedangkan penyerahan jaminan dilaku­kan sebelum perusahaan di­nyatakan pailit.

Aprozi mengatakan Kemen­trian PU juga diminta untuk melakukan pemutusan kon­trak kerja. Setelah pemutusan kontrak, pemerintah wajib melakukan tender ulang se­suai dengan anggaran. Panitia lelang harus segera menghi­tung kembali nilai proyek yang belum dikerjakan untuk dilakukan tender ulang bukan memilih pemenang tender urutan selanjutnya karena hal itu menyalahi aturan. (WIN/E-1)

PROYEK

Kementerian PU Diminta Sita Jaminan PT Istaka

Aprozi Alam

n DOKUMENTASI PTPN VII

HALALBIHALAL. PTPN VII menggelar halalbihalal di halaman gedung

kompleks perumahan PTPTN VII, Sabtu (10-9). Acara ini dihadiri

komisaris, direktur, dan pekerja korporasi itu.

n DOK. LAMPOST

BANDAR LAMPUNG (Lam­post): Guna mempererat si­laturahmi pekerja, PTPN VII menggelar halalbihalal yang dipusatkan di halaman ge­dung pertemuan kompleks perumahan BUMN tersebut, Sabtu (10­9) malam.

Acara bertema Dengan halalbihalal kita pererat silatu­rahmi untuk meraih ketakwaan dan akhlakul karimah pekerja PTPN VII ini dihadiri Komi­saris Utama Akmal Hasibuan serta jajaran komisaris lain­nya, Direktur Utama Andi Punoko, Direktur Produksi Mardjan Ustha, Direktur SDM dan Umum Budi San­toso, Direktur Pemasaran Gatot Bintoro, dan Direktur Keuangan Boyke Budiono, serta seluruh manajer unit usaha dan bagian yang ada di kantor direksi.

Direktur Utama PTPN VII Andi Punoko mengatakan halbihalal ini sudah untuk kesekian kalinya dilaksana­kan baik secara seremoni dan silaturahmi. Melalui aca ra ini, diharapkan ter­

cipta keharmonisan dan silaturahmi antarpekerja.

Sementara itu, Komisa­ris Utama Akmal Hasi­buan dalam sambutannya mengajak insan PTPN VII untuk menjalin kebersa­maan, untuk mewujud­kan perusahaan tangguh. “Kebersamaan merupakan fondasi dasar dari tata nilai yang lain, dengan keber­samaan bisa mewujudkan tata nilai produksi, mutu dan tata nilai lainnya,” kata Akmal.

Akmal menegaskan si­laturahmi yang bisa meng­hantarkan kita menjadi ke­bersamaan. Dengan mena­namkan silaturahmi dalam kehidupan sehari­hari, kita akan mampu membangun kebersamaan. Sementara itu, dalam tausiahnya Ustaz Samsu Umar menerangkan hikmah halalbihalal yang artinya saling memaafkan. Kalau perkataan maaf keluar dari dalam hati, kita benar­benar terhapus dosanya dan kembali suci. (WIN/E-1)

AKTIVITAS

PTPN VII Gelar Halalbihalal

Page 10: lampungpost edisi 12 september 2011

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

Dalam pengundian ini, BRI Cabang Metro membagikan 55 unit hadiah yang terdiri dari satu mobil Daihatsu Luxio, 16 sepeda motor (1 Honda New Megapro, 5 Honda Beat, 10 Honda Revo), 10 kulkas, 10 televisi 29 inci, dan hadiah hiburan 18 mesin cuci, dengan total nilai Rp380 juta.

Pada pengundian yang di­hadiri Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Timur As­mara Dewi Erwin Arifin dan para nasabah, Pemimpin BRI Kantor Cabang Metro M.S. Siregar mengatakan hingga Juni 2011 nasabah tabungan Simpedes di seluruh cabang BRI Metro mencapai 98.750 penabung.

“Sebagai apresiasi ung­kapan terima kasih kepada para nasabah loyal, BRI Kantor Cabang Metro mem­berikan hadiah melalui pro­gram undian ini,” kata M.S. Siregar didampingi AMBM BRI Cabang Metro Fery Sonevil.

Penarikan undian Sim­pedes yang dikemas dalam Pesta Rakyat Simpedes itu di­lakukan di hadapan notaris, pihak kepolisian, dan Dinas Sosial Provinsi Lampung, dengan cara acak melalui komputer. Penarikan undian dilakukan perwakilan nasa­bah yang hadir.

Pajak Ditanggung BRISiregar menjelaskan bagi

para nasabah beruntung yang memenangkan hadiah undian Simpedes ini tidak perlu mengeluarkan uang

karena pajak undian ditang­gung BRI.

Dari pengundian tersebut, keluar sebagai pemenang hadiah utama mobil Daihatsu Luxio adalah Muhammad Tohari, nasabah Simpedes BRI Unit Kecamatan Raman Utara, Lampung Timur.

Kemudian hadiah kedua berupa satu unit sepeda mo­

tor Honda New Megapro didapatkan nasabah BRI Unit Raman Utara, Sriraharjo. Se­mentara nasabah beruntung yang meraih lima unit sepeda motor Honda Beat masing­masing adalah Sutiyem, na­sabah BRI Unit Kecamatan Bantul, Ahmad Kamdi (BRI Unit Punggur), Matori (BRI Unit Sribhawono), Suryono (BRI Unit Purbolinggo), dan Tuti Wati (BRI Unit Pekalong­an).

Program undian tabungan Simpedes BRI ini digelar per semester setiap tahunnya dan sudah menjadi agenda rutin bank pemerintah ini. (JON/E-2)

Senin I 12 September 2011 Lampung Post I 10

BISNIS & KORPORASIKLIK

Para nasabah beruntung yang memenangkan hadiah undian Simpedes ini tidak perlu mengeluarkan uang karena pajak undian ditanggung BRI.

New Vario Series Mulai Rp14 JutaanJAKARTA—PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan New Honda Vario Series yang hadir dengan tampilan baru yang membuatnya terlihat lebih elegan, sporty, dan futuristik sesuai dengan keinginan konsumen.Selama Januari-Juli 2011, penjualan Honda Vario Series tercatat 493.006 unit atau naik sekitar 23,5% dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya 399.233 unit. Untuk mempertahankan keberadaannya sebagai pionir scooter matic advance dengan fitur hi-tech, AHM membekali Vario Series dengan warna dan tampilan striping baru ini sehingga penampilannya terlihat lebih elegan, sporty, dan futuristik.“Kami yakin refreshment pada Honda Vario series ini semakin da-pat memenuhi keinginan konsumen terhadap scootic yang elegan, sporty, dan futuristik dan akan memperkuat penetrasi Honda di seg-men AT,” ujar Direktur Pemasaran AHM Auddie Alexander Wiranata.Honda Vario Series dengan warna dan striping baru akan dipasarkan mulai pertengahan September 2011. Vario CW dipasarkan seharga Rp14,4 juta (on the road Jakarta). Sedangkan Vario Techno seharga Rp14,9 juta (on the road Jakarta). Adapun Honda Vario CBS akan dipasarkan dengan harga Rp15,9 juta (on the road Jakarta). (E-2)

Krisis Global tak Pengaruhi PerbankanJAKARTA—Bank Indonesia (BI) menilai kondisi perbankan nasional di tengah perlambatan ekonomi global dan penyelesaian krisis utang Eropa masih tetap stabil, ditandai kondisi permodalan dan likuiditas cukup terjaga.Laporan Tinjauan Kebijakan Moneter BI, dikutip dari situs BI di Jakarta, Jumat lalu menyebutkan berbagai indikator utama perbankan, yaitu rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio-CAR), rasio kredit ber-masalah (non-performing loan-NPL), net interest margin (NIM), dan return on asset (ROA) menunjukkan perkembangan yang tetap solid.CAR pada Juli 2011 tercatat 17,2%, jauh berada di atas level minimal yang ditetapkan Bank Indonesia. Sementara itu, kualitas kredit cukup terkendali, tecermin dari kondisi kredit bermasalah (NPL gross) pada Juli 2011 yang relatif rendah, yaitu 2,8%. Indikator kinerja perbankan lain yaitu ROA relatif masih tinggi yaitu mencapai 3,0% pada Juli 2011, dengan NIM tetap stabil pada level 0,5%. (E-2)

Agustus, Penjualan Mobil di Indonesia Turun JAKARTA—Seperti halnya pasar roda dua yang terpuruk di Agustus lalu akibat banyaknya libur di perayaan Ramadan dan Idulfitri, pasar roda em-pat pun juga bernasib demikian. Pasar mobil Indonesia turun pada Agustus setelah bulan sebelumnya mencetak rekor penjualan tertinggi.Dari data penjualan wholesale (pabrik ke diler), pada Agustus tercatat 74.116 mobil terjual di Indonesia, turun dari 89.026 mobil yang terjual di Agustus. Meskipun demikian, secara total dari Januari—Agustus silam tercatat kenaikan penjualan. Sebab, bila pada delapan bulan pertama di tahun 2010 hanya 507.093 mobil terjual, pada periode delapan bulan pertama tahun ini naik menjadi 580.470 mobil.Dari penjualan pada Agustus tersebut, Toyota masih menjadi pemimpin di pasar mobil Indonesia dengan penjualan mencapai 26.151 mobil. Sementara saudaranya, Daihatsu, berada di posisi kedua dengan pen-jualan mencapai 11.132 mobil. Di posisi tiga dan empat ada Mitsubishi dan Suzuki, disusul Nissan, Honda, Isuzu, dan Mazda. (E-2)

BRI Metro Undi Tabungan SimpedesSEKAMPUNG (Lampost): Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Metro menggelar penarikan undian tabungan Simpedes semester I 2011 di lapangan Merdeka, Sekampung, Lampung Timur, Minggu (11-9).

BANDAR LAMPUNG (Lam­post): Optik Modern mem­perkenalkan tiga produk baru kacamata, yakni Swarovski, Manchester United (MU), dan Harley Davidson.

Pemimpin Optik Modern Su­karyadi, Sabtu (10­9), mengatakan Optik Modern merupakan satu­satunya penyedia produk kaca­mata Swarovski di Lampung. “Di Lampung kacamata Swarovski ini hanya tersedia di Optik Modern yang ditunjuk sebagai authorized dealer,” kata Sukaryadi.

Menurut dia, kacamata Swarovski ini memiliki keung­gulan dibanding produk kaca­mata lainnya. Yakni antiluntur dan terdapat taburan berlian di tangkai kacamata. Penambahan batu permata di frame kacamata Swarovski ini menjadikannya

tampil ekslusif dan mewah. “Mengingat model Swarovs­

ki yang bertabur diamond, penggemar kacamata ini pun lebih banyak kaum wanita. Meski terdapat beberapa tipe untuk pria,” kata dia.

Dengan tingginya minta kaum wanita terhadap produk kaca­mata Swarovski yang memiliki 10 model ini, sasaran pasarnya pun kaum wanita dari kalangan menengah ke atas.

Dia menambahkan produk kacamata Swarovski ini dipasar­kan dengan harga mulai dari Rp4 jutaan hingga Rp6 jutaan. Dengan harga yang masih relatif terjangkau ini, konsumen tidak

hanya mendapatkan kemewah­an tampilan kacamata, tapi juga kartu garansi selama empat tahun. Kartu garansi ini dapat digunakan untuk mengklaim jika produk yang dibeli luntur atau batu permatanya lepas.

Sedangkan untuk produk kacamata MU dipasarkan de­ngan harga mulai Rp1,7 jutaan dan sunglasses 20HD dihargai Rp1,6 juta.

Sementara itu, Optik Modern juga masih terus memanjakan konsumennya dengan meng­gelar gebyar undian berhadiah lima unit motor TVS, lima BlackBerry, dan lima unit tele­visi LCD. (NOV/E-1)

KACAMATA

Optik Modern Kenalkan Swarovski

n LAMPUNG POST/NOVA LIDARNI

PRODUK BARU. Optik Modern memasarkan produk kacamata terbaru Swarovski. Kacamata bertabur berlian ini membidik

kalangan wanita kelas menengah ke atas. Foto dibidik di Optik Modern Jalan Dr. A. Rivai, Penengahan, Bandar Lampung,

Sabtu (9-9).

n LAMPUNG POST/DJONI HARTAWAN JAYA

UNDIAN SIMPEDES. BRI Kantor Cabang Metro menggelar penarikan undian

Tabungan Simpedes di lapangan Merdeka, Kecamatan Sekampung, Lampung

Timur, Minggu (11-9). Jajaran Pimpinan BRI Kantor Cabang Metro dan BRI Unit

Kecamatan berfoto bersama di depan hadiah utama tersebut.

Page 11: lampungpost edisi 12 september 2011

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

PariwaraSenin I 12 September 2011 Lampung Post I 11

Page 12: lampungpost edisi 12 september 2011

LOWONGAN

KESEHATAN

Iin massage+lulur. Hub. 0813690

77114, 0721-3610197, 082183333471,

085840811170

MIRACLE WATER Air murni Al-

kali dr.ust Yusuf Mansur.Air terapi

pengobatan:diabetes,Asam urat,Al

ergi,Asma,Stroke,Jantung,dll Dicari

Agen!! Info: 085769891888/www.

e-miracle.com

PIJAT KEBUGARAN

Pijat Tradisional P/W lulur Facial Hub:

Perum Griya Sejahtera Blok B/1

(PU) 085768537118, 085228856973,

082184703889

PIJAT TRADISIONAL

Pijat tradisional P/W lulur facial

Hub:Perum Griya Sejahtera Blok B/1

(PU) 085768537118/085382771888/

082184703889

KOLAM RENANG

Dunia Kolam Renang: Pembtn,

prwtn, perbaikan, obat-2 an, perala-

tan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian

tlp. 0721- 7444567

KOMPUTER

Pusat transaksilaptop second,

membeli Laptop bekas sgl kondisi

merk & spek, service& sparepart.

H r g & k u a l i t a s t e r j a m i n . H b .

081319900982, 9010982

KONVEKSI

CV Ely Karya Trm psnn bermcm sr-

gam, sablon kain, kaos, bordir, kbaya,

topi, tas dll. Tlp. 251468 Elly.

MEJA BILLIARD

Sokasi selalu sedia meja billiard

9’’/7 feet Second 95%/ bru + mcm

aksesoris Jl. Ridwan Rais No.9 TKT

Telp. 081272385555, 07217501705,

085789889853

MESIN-MESIN

CV. Mitra Abadi jual, sewa, per-

baikan, suku cdg, tinta, foto copy,

msn Analog & Digital. Hub. 7505050,

0812. 7909898

Promo bln puasa, toner canon Rp

75.000/ dus, tersedia juga msn ft

copy canon, minolta, xerox, kyocera,

part Hub. PT Buana Citra Abadi Jl.

Kh. Ahmad dahlan no.158 T btg,

082177587787, 08159685862, 0721

480346

Kost executive Penginapan dan

Perkantoran DIVKA Residen Faslt

AC,TV,Laundry dll Jl.P.Antasari No.114,

Telp.07212697631, 085669961111

‘Ervino Graha’ Trm Kost Bln Khss

Krywn/Ti Baik2 Fas Lkp, View Laut, AC

Non AC, Cci Strk, Aman,Prkr Ls Jl.Slamet

Riyadi 1 No.40 Gruntg.082183558542,

082176411971 (Bp Sukriya)

INTERIOR

N A D I A I N T E R I O R , Mendesain/

Membuat kitchen set, kmr set, lemari

pajangan, counter, bar, counter bank,

meja kantor, r. karaoke. Phone 470206,

0811792863

SAFIRA Interior: membuat kichen

set, kmr set, lemari pajangan, bar,

meja kantor, counter bank, par-

tisi. Showroom: 0813.79129108,

7164443

ASIA PRIMA DECORINDO. Jual &

Trima pesanan gordyn utk rmh, kntr,

Jl. Ratu Dibalau No. 115 Tj Senang Bdl

Hb: 0721 7547482

KACAMATA

KACMATA ASLI TAG HUER 100% BARU

TITANIUM SPORT OBRAL TUTUP TOKO

Rp. 1 JT AN. HUB. 082124914358.

KEHILANGAN

STNK BG 3553 Y, NK:MH1HB1115

4K503814,NS:HB11E1500689, An:

Sungkono

STNK BE 5910 BD, NK:MH1NFGF122

KO20216,NS:NFGFE1020344, An: S.

Rendra Utama R

STNK BE 3547 DP, Nosin. JBC2E1355478,

Noka. MHIJBC218AK364950, AN. Restu

Rubiyanto

STNK BE 3154 EA, NK:MH1M C2217A-

K O 7 3 4 5 6 , N S : M C 2 2 E 1 0 7 2 5 8 6 ,

An:Wurjan

S T N K B E 3 9 7 4 DV, N k . M H 3 5 -

D90024J673704, Ns. 5D9-673771,

an. Mastari

STNK BE 4804 DC, Nk. MH1BE11X-

BK104810, Ns. JBE1E-1105756, an.

Belmon Silitonga.

STNK BE 3570 EH, Nk. MH328D30-

CAJ136230, Ns. 28D2136023, an. Edi

Supriadi, S.H.

S T N K B E 7 4 6 0 E Y, N K . M H 3 4 -

D72039J276584, NS. 4D7-1276565,

An. Kasir

AC

AC spesialis AKIRA 0.5PK 1,5Jt. HI-

TACHI 1PK 2Jt (Trade in), SHARP,

LG, AUX,service dll. Hub. INDO-

COOL LAMPUNG, 0721-3581133,

9381199.

Anda butuh AC baru/second, cuci AC/rental.

Hub. ANUGERAH AC, 9799797, 9900540,

9900530.

Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG.

TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti

selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Teri-

ma cuci, repair(Agen resmi) TIMMY

ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470

AC bergaransi 3 th, tunai/ kredit, Pa-

nasonic, LG, Sharp, Crystal, Hub LINTAS

SURYA Tlp. 0721 241101, 7490054

WINDA AC jual AC/Secd, serv/cuci

AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll,

257556, 7403726 08127921648 &

0721-7174866.Minggu Buka

AHLI GIGI

RAMA DENTAL ahli bikin gigi, psng

behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bio-

skop Sinar Bdl. 0812.7945122, 0721-

268544 Jl.HOS Cokroaminoto 18

Kebon Jahe.

ALAT- ALAT

CV. TANRUA GILIRAYA Pengadaan /

pengisian PEMADAM KEBAKARAN.

Hub. Jl. Imam Bonjol 423-B. Lk-Pura

Tlp.0721-260626, 260320

BADUT

Tama Ent. Mulai 150rb. Badut, dekor,

balon dll. Hub.0812.79742313, 0721-

7426047

BRANKAS

Utk Tk Emas,Bank, Finance,Kntr dll,

knds bgs,T=1,2m x L=76cm x D 86cm

Brt 1,4Ton, Kc.kombinasi, thn api,baja

hrg 17Jt ng. HP.0815.41294400,

0721-7464149

BUS PARIWISATA

Bus Pariwisata Merce.32 Seat,

Kselmtn pnmpng Prioritas Prsh Klik

w w w.Darmadutawisata.com Hb:

0815 4019822

TRAVEL

PO Sari Mustika - PO BASUMA JAYA

melayani jurusan Semarang-Pati-

Surabaya, Denpasar-Smtra Plmbang-

Jmbi-Pkn Baru. Hb. Bp. Juang 0852.

69711333.

BUTIK

Datang & kunjungi Butik Che N Chie

sedia aneka ragam baju bautique dgn

hrg mrh & berkualitas.Hub: 0812-

72348888

ELETRONIK

ROHIM TV Beli TV Rusak dan ser-

vice TV Panggilan SLS Ditempat

07219957747

GESEK TUNAI

ALTEC SUN COMP (trima gesek tunai)

Jl. Bengkulu B1/14 Ps Tengah Tjk

HANDPHONE

Dicari agn dist.m.kois & all oprt hrg

mrh 5:4250,10:9250,50:47250,100:9

1250. Hub.085215352744

SERVER ASLI LPG, trm pendaftaran

AGEN Telksl 5:5450, 10:10400,20:20250,

Indst 5k:5050, 10k:10050, 25k: 24900 XL

5:5300,10:10300 Flx 5, 15/9.95/19.5 Esia

5,20/10.15. Minami_Cel,085269555333,

0819.779.81001

FASHION

HOLLI COLLECTION hadir untuk me-

nyewakan & menjual baju pesta

dan accesoriesnya, kunjungi kami di

Jl MS Batubara No 52 B lnt 2 Aptik

Century telp : 0721 – 7630007

FURNITURE

Minimalis Produksi , interior +

furnitur,spesialis furnitur minimalis

modern,Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg

Seneng 0721-9085166

HORDENG

“Neo Classic ” trm pemesanan/

pemasangan hordeng, vitrage, spi-

ral, vertikal/horizontal blind dll,hsl

memuaskan, hrg var iat i f. Hub.

081369342793,081977972187.

INDEKOST

Rmh kost fas.lkp,AC,TV,klks,kmr mdi

dlm,prkr ls,Jl.P.Kemerdekaan 18

tlp.253967.

Asrama IKL trm Kos Pel/Mhs/umum

Lok Aman & Nyaman cck utk ktnagan

Bljr Air Brsh&bnyk lok Blkg Unila

Gg.Pandan I No.43 HP.082880186405

Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya

Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498,

0812.727.7590

Bank Mega kcp bndar jaya mmbthkn

marketing AO SME, FO, LEGAL, min

D3 diutmakan brpnglmn, brdomisili

dlamteng & sktrny, lmrn krm ke Jl.

Proklamator No.142 RT.001/001 Bndr

jaya 0725528288

Dibthkn Salesman berpengalaman

utk jalan keluar kota, single, pengala-

man kerja min 1 thn berminat Hub :

085658803451.

MUSIK

ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5)

Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400,

2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3

,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr.

20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983,

081369139529.

CUCI GUDANG

Paket alat music band Rp.15jt dijual

seharga Rp.10jt saja (New) Sound

System Tasso T3 ±6000w Rp.48jt (sec-

ond, new Rp.100jt) OBRAL alat band &

soundsystem berbagai merk terkenal,

disc s/d 40% Yamaha,JBL,Mackie,Alle

n&Heath,AXL,Sonor,Tama,RMV,Iban

ez, Artrock,Cort,Best,Rhyme,Gallien

Krger,dll Rama Swara telp.(0721)

251652-0811792034

PELUANG USAHA

Privat pembuatan pempek Palembang

dibantu info pemasaran, hanya Rp

100rb u/ 10 org. Hb. Pempel Kaisar

0813.93760111

INVESTASI

Bagi hasil yg sgt menguntungkn, prsh

trf nasional yg sdh mapan bth investor

psti untung besar (win-win). Hb. Fais

085769970495, 085367952076

PENGINAPAN

PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI

80 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM

PRIBADI, BREAKFAST, PAR KER LUAS, JL.

P.E.M NUR 7623158, 7188333

PENDIDIKAN

PRIVAT

Privat Bintang Education smua pljrn

TK, SD,SMP,SMA Umum,mengaji,guru

datang ke rumah. Prfsional & sabar.

Hb.3667558, 081369277269

Privat Siklus Guru dtg kermh semua

pelajaran SD,SMP,SMA Hub:0721-

7481330/0857-68003557

Privat Gemilang smw pljrn TK/

SD – SMA, ngaji 0721-9006960,

085379862017

PENGOBATAN

Sedia obat herbal batuk, tifus, kenc-

ing manis, asam urat, alergi, anak &

dewasa. Hub. Bashir 087899296123.

Ekstrak ikan gabus sari mina, asli,

dpt naikan kdr albumin, prs pe-

nyembuhan stroke, kanker. Hub. Evi

081377752488

ALTERNATIF

P e n g o b a t n a l t e r n a t i f m c m - 2

therapi, refleksi dll. Pggl rmh/Htl.

0813.69112589.

PERALATAN PESTA

SULTHAN TENDA SEWAKAN PERA-

LATAN PESTA, TENDA, KURSI, PANG-

GUNG, KATERING, dll, tlp. 7392111,

0812. 79436222.

RUPA - RUPA

PINTU KACA alumunium 2mx4m,BU

3,7 jt Seken Mulus.Metro Hub: 0811-

796969

Regu Operator Excavator Proyek

HTI Jepang di Pontianak Kalbar

Hub:0821-54812009

IM2 berhadiah motor. Daftarkan IM2

kamu sgera. Kunjungi toko komputer

terdkt. Hub. 085658919293 (Joko)

ATASI KEBOCORAN

MENGATASI KEBOCORAN, Rem-bes,

Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti:

K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Base-

ment, Terowongan, Bak Lim-bah,

dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi

Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov

bangnn. Specialis Pengctn Crant Con-

tainer/Tower Telkom, Gypsum, Polis

Marmer. HELDINA 0813.79918592,

0721-7520154

AIR BERSIH

Bagi anda berminat kami menye-

diakan AIR BERSIH max 5.000 Lt dr

Sumber mata air Gng Betung Kemiling

Permata, 7516745, 7522624

ATASI MAMPET

Pangeran Mampet mengatasi WC

mampet, saluran air wastafel dll, tp

bgkr. Hub:0852-79230782

Sedot WC penuh, pipa-2 & westafel

mampet hilangkan bau tnp bongkar

paling mrh garansi. Hub.7400060

PAKAN TERNAK

Terima bongkol jagung giling kering.

Hub. 0812.82108888, 083170111010

(trm drh Bandung).

SALSA/ YOGA/DANSA

Membentuk badan jadi padat & berisi,

mengobati stress. Hub. 0721473097

SANGGAR BUNGA

Sanggar Bunga Fanny, menerima

pesanan bunga papan medan (sewa)

& bunga segar Jl.jend.Sudirman

No.110 tlp.0721-9928989, 3666219.

Lampung Florist menerima psnan U/

smua ucpn Bunga ppn medan (sewa)

disk 25% & bunga ppn beli Jl. I. Bonjol

No.169 Lebak Budi bdl telp 3664588,

085279714488 (24jam)

SERVICE

RIZKY Service kulkas, p. air, mesin cuci, AC,

Dispenser, water heater, k.gas, tbg elpiji, k.

angin, m.com, J.beli AC baru&cuci AC. Hb.

7506931, 085788814931. GRANSI 6 BLN

Lampung Post 12

Ingin berkesempatan bekerja ke luar

negeri yang aman & terjamin hanya

di PT MMG bth pria/wanita, usia 18

s/d 35 th, Pria : job pabrik, konstruksi

untuk dimalaysia gratis gaji ± 2 jt,

wanita untuk di singapura uang saku 7

jt bersih + gaji ± 2,8 jt Jl. Pagar alam (

PU) Gg cendana no. 95 B kedaton. Tlp

0721 782227, 087899900599

Mekanik alat & mekanik las proyek

HTI Jepang di Pontianak Kalbar.

Hub:082154812009

LOWONGAN KERJAPerusahaan Trading yang berkembang pesat,

membutuhkan tenaga muda profesional untuk

menempati posisi:

“SENIOR ACCOUNTING”Dengan kriteria sebagai beirkut:

~ Pria/Wanita Single, usia max 35 tahun

~ Pendidikan Sarjana (S1)

~ Menguasai Pembuatan Laporan Keuangan

~ Menguasai Pajak dan Pelaporannya

~ Menguasai Komputer(min.Microsoft Offi ce)

~ Pengalaman kerja dibidangnya min.2 tahun

~ Bisa bekerjasama dalam memimpin team

Surat lamaran dapat ditujukan ke:

HRD

Jl. Ki Agus Anang No. 999

Kuala – Teluk Betung

Bandar Lampung

LOWONGAN

PT. FASTRATA BUANA – KAPAL

API GLOBAL LAMPUNG, mem-

butuhkan :

“FINANCE & ACOUNTING

AREA SUPERVISOR”

~ Pengalaman minimal 3 tahun

sebagai akunting/fi nance

~ Pengalaman finance/acc di

distributor (diutamakan)

~ Pendidikan min. S1 Akutansi

~ Usia Min. 26 Tahun

Lamaran dan CV dikirimkan maks

19 SEPTEMBER 2011 ke :

Divisi PGA PT Fastrata Buana

Jl. M. Salim No. 38 Way Lunik

Teluk Betung Selatan

Bandar Lampung

Telp. 072132024.

e-mail :

[email protected]

DIBUTUHKAN SEGERA

~ Apoteker ( Sarjana Farmasi)~ Expeditur / Pengirim Barang~ Offi ce Boy ( nginap )~ Sales

Syarat :

~ Minimum SMU no. 2 s/d 4

~ Usia max 28 th

~ Sim C no.2,4

Kirimkan lamaran lengkap ke PT Marga Nusantara Jaya

( Distributor PT Konimex )Jl. Pulau Bacan No 6 / 15 A

Jagabaya B. Lampung

LOWONGAN KERJAPerusahaan Distribusi Bahan Bangunan mem-butuhkan:

~ Salesman/Marketing (SM)~ Staff Accounting (SA)~ Tele Marketing (TM)~ Sopir (S)

Dengan syarat:~ Pria/Wanita (SM/SA), Wanita (TM) dan

Pria(S)~ Pendidikan min SMU (SM, TN, S) dan

D3 (SA)~ Memiliki kendaraan sendiri (SM)~ Diutamakan yang berpengalaman (SA,

TM, SM)~ Mengerti tentang Akuntansi (SA)~ Memiliki SIM B1 Umum (S)

Lamaran di antar langsung/dikirim ke alamat:

Jl. Ki Agus Anang No. 28

Kuala Ketapang Telp. 0721-32057

LOWONGAN PEKERJAAN

DIBUTUHKAN SEGERA

1. ACOUNTING

2. DRIVER

3. BEUATY CONSULTANT

Syarat:

~ Lulusan min D3 Accounting (point 1) & S1

semua jurusan (point 3).

~ Penempatan Candimas, Natar (point 1).

~ Berdomisili di sekitar Tanjung Karang Timur

(point 2).

~ Berpenampilan menarik, berminat di

bidang kecantikan dan untuk penempatan

luar kota (point 3).

Lamaran langsung dikirim ke:

ESTHER HOUSE OF BEUATY

Jl. Pangeran Antasari No. 108

Telp. 0721-261844

LOWONGAN KERJASebuah perusahaan distributor nasional membutuhkan tenaga kerja untuk ditempatkan di LAMPUNG sebagai:A. Supervisor Marketing (SPV. MARK)B. Salesman (SLM)Syarat:1. Pria, umur maksimal 35 tahun2. Pendidikan diutamakan S1 (A) & SMA (B)3. Pengalaman sbg Spv Mark min 2 thn (A) &

sebagai salesman min 2 thn (B)4. Berjiwa kepemimpinan & mampu me-

mecahkan masalah (A)5. Memiliki SIM C6. Mampu mengoperasikan komputer7. Mampu bekerja keras utk mencapai

target8. Jujur, inisiatif, berpenampilan baik &

sopan.Surat lamaran+CV+pas photo dikirim ke

PO BOX 1241 PALEMBANGInterview di Lampung

Tenaga TEKNIK SIPIL S1,D3 TEKNIK G I O D E S I,T E N AG A A D M S1,D3.

Lamaran dikirim ke Jl Ratu Dibalau

n o. 3 2 Way K a n d i s B. L a m p u n g

Hub:081271664414

M e n d e s a k d i b u t u h k a n wa n i t a

18 – 35 th, utk kerja didalam &

luar negeri Job : toko, baby sister,

pabrik elektronik dll. ( prt u. Saku

5 jt tunai ) aman resmi proses cepat

lsg terbang Hb : 087899785199,

085789989893

DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil

TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin,

str ika dl l (bs tukr tmbh). Hub.

082184364724, 087899506812

SERVICE PANGGIL AC, Kulkas, Fr-

ezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub.

081272590428

SUMUR BOR

Winjaya Bor terima buat sumur bor

& servis, pakai mesin manual. Hub.

081272471119, 085369644488.

WALET

Buana Walet Jaya Jl.Kartini 98 (sbrg

BNI) tlp.262686 jual prlkp wallet,

telur dll.

LOWONGANKami group perusahaan multinasional yang bergerak dibidang peternakan membutuhkan tenaga profesional untuk jabatan sbb:

1. Staf HRD & GA2. Staf Piutang3. Staf Keuangan4. Accounting5. Marketing

Kualifi kasi sbb:~ Pria/Wanita (1,4,5),Wanita (2-3)~ Usia min 35 th (1),min 30 th (2-5)~ Pend.min D3/S1 semua jrs (1),peng min.2 Th~ Pend.min D3/S1 Akuntansi (4),peng min 2 th~ Pend.D3/S1 semua jrs (5), peng dibidangnya.

Lamaran di tujukan ke :

DEPARTEMEN HDRJL. Pangeran Tirtayasa Ruko no. 99A-B

Sukareme Bandar Lampung

LOWONGANKami group perusahaan multinasional yang bergerak dibidang pengolahan makanan yang sedang berkembang membutuhkan tenaga profesional untuk jabatan sbb:

1. Marchendise2. Sales Modern & Tradisional3. SPG4. Staf Admin

Kualifi kasi sbb:~ Pria/Wanita (1,2), Wanita (3-4)~ Usia min. 30 th (1,2,4),min 18 th (3)~ Pend. min min SMA (1.3), peng min. 1th~ Pend.min SMA/D3 (4), peng min 2 th~ Memiliki kendaraan sendiri dan SIM C (2)

Lamaran ditujukan ke :DEPARTEMEN HRD

Jl. Pangeran Tirtayasa Ruko No. 99 A-BSukareme Bandar Lampung

LOWONGAN KERJA

Dibutuhkan Tenaga Kerja:

Tenaga Teknik

S1 Teknik Sipil

~ Berpengalaman diutamakan

~ Umur maks. 35 tahun

~ Tenaga Administrasi

~ S1 amanjemen/Akuntansi

~ Berpengalaman diutamakan

~ Umur maks. 30 tahun

Lamaran diantar langsung ke:

Jl. Way Rarem No. 20 A Bdl.

DIBUTUHKAN SEGERASebuah Bimbingan Belajar Prosus Inten yang sedang berkembang di Bandar Lampung membutuhkan:

Staf Pengajar (utk 3 SMA)B. Inggris, Fisika, Matematika, Sejarah

& SosiologiSyarat:~ Lulusan PTN/min S1~ Pengalaman min 3 th di Bimbel

ADMINISTRASI

Syarat:~ Wanita lulusan DIII~ Berpenampilan menarik~ Penglaman min 2 th~ Bisa mengoperasikan komputer

Lamaran dikirim langsung ke Jl. Jend. Sudirman No. 98 A

B. Lampung atau kirim email ke: [email protected]

RUMAH RINGAN

Membutuhkan :

A. ADMINISTRASI KANTOR

WANITA, MENGUASAI

KOMPUTER KANTOR

B. SALES

MEMPUNYAI MOTOR

C. SUPIR

SIM A,B1

Lamaran

JL. K.H Akhmad Dahlan 30A

Pahoman – Bandar Lampung

LOWONGAN KERJAPT. GIM MULTINASIONAL yang bergerak dibidang jasa pelayanan dan maintenance membutuhkan karyawan/ti untuk posisi:

1. Manager : 13 orang (Income: 1.5 Jt/mggu)2. Ass. Manager : 14 orang (Income: 1 Jt/mggu)3. Supervisor : 20 orang (Income: 300 rb/mggu)4. Teknisi : 50 orang (Income: 200 rb/minggu)5. Consultant : 10 orang (Income: 1,5 Jt/bln)6. Administrasi : 5 orang (Income: 900 rb/bln)

Persyaratan:• Laki-laki & Wanita, usia max 35 tahun• Pendidikan min SMU Sederajat (3,4), D-1(3,4,6),

D-III(2,3,4,5,6), S-1 (1,2,3) semua jurusan• Mempunyai etos kerja, jujur, ulet, disiplin, & suka

tantangan• Bagi yang belum mempunyai pengalaman kerja, bersedia

mengikuti Basic Training (tidak dipungut biaya)• Tidak sedang kuliah/kerja• Aplikasi lamaran lengkap (surat lamaran, curiculum vitae

(CV), fotocopy KTP, fotocopy Ijazah terkahir, Photo 3 x 4 (3 lbr), dsb

Lamaran diantar langsung ke:Jl. WR. Supratman No. 1 C samping Dealer Motor

Kymco pertigaan Bumi Waras (dekat BCA) Teluk Betung Bandar Lampung

Senin 12 September 2011

LOWONGAN KERJA

Advertising membutuhkan segera:

Accounting & Administrasi

Syarat:

~ Wanita

~ Pendidikan minimal D3/S1

~ Minimal pengalaman 1 tahun

~ Menguasai MS Word, Excel.

Lamaran paling lambat 16 Sep-

tember 2011.

Kirim email: per fectoproduc-

[email protected]

Page 13: lampungpost edisi 12 september 2011

BOX & BAK MOBIL

PERKASA MOTOR: Jual-Beli, TT

bak baru, boks Kabin. Hub. 705054,

7570889, 08154043056

MOBIL PENGANTIN

Disewakan MOBIL PENGANTIN Mercy

New Eyes Warna Silver. Berminat hub.

0721-7361700-0811728117

MOBIL DISEWAKAN

Disewakan Toyota ALPHARD Hub :

0721-7349118

MINANGA OKU CAR , sedia : INNOVA,

AVANZA, XENIA, APV, Hub: 0721 7165600,

0812 72056000

JONI NIAGA RENT CAR: Inoova, Kijang

Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard.

Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905

Trlkp & mewah, alphard, camri, pejero

sport, double cabin fortuner, mercy, BMW,

Inova, Terios, avanza, Hub : 081369695051,

3588881, Ready driver hafal jakarta &

jawa, siap antar jemput Bandara.

CV. SAMANIA. Cary/Futura 125 – 175

rb Bmdra 100 PU/Kda 150-200, Avz/

Xen/Apv/Kjg 200-250, Inv 300-350.

Hub. 0721-7344447, 9901230

******** OTO RENT CAR *******

******** XENIA / AVANZA *******

***** 200 rb/hari – 4Jt/ bln *******

***** syarat mudah - harga murah ***

Call 241241, 7301153, 081279773313

****** OONK RENTAL CAR ******

Sewakan Sedan Pengantin, Innova,

Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813,

0811.799813.

**** ARLENDI RENT CAR ****

Menyewakan Avanza, Xenia, In-

nova, Sedan Pengantin. Hubungi.

0857.68362979, 081279085447

****** ALFAN RENT CAR ******

Menyewakan Avanza, Xenia, Innova,

Sedan Pengantin. Hubungi. 0721-

7525657 – 0813.69705657.

Trlkp & mewah, alphard, camri, pejero

sport, double cabin fortuner, mercy, BMW,

Inova, Terios, avanza, Hub : 081369695051,

3588881, Ready driver hafal jakarta &

jawa, siap antar jemput Bandara.

MOBIL DIJUAL

CHEVROLET

CHEVROLET Thn’90 Warna Hijau,Nego

Hub: 0721-255407/081369143581

DAIHATSU

Promo Pkt Daihatsu Xenia DP18,2Jt

ans 3,5jt Terios DP 22,5Jt angss 4,3Jtan

Terios DP22,5jtan angs 4,3jtan GrandMax

PU DP8,6jtan angs 2,5jtan GrandMax MB

DP 12,1jtan angs 3,5jtan Luxio 9,6jtan angs

4,8jtan Sirion otr 141,7 DP 22Jtan angs

3,9jt Melayani drh Liwa, W.Kanan, Ktbum

i,Tbawang,Tanggamus,Kalianda,Metro,La

m Tim & TjKarang ready stock proses mdh

& cpt tlp segera. Angga 081369538676,

(0721)3661581

Taft Hiline 4 x 2 Th’87 , Hijau

Met, Plat Kotamadya, mesni istmw,

AC, BR, VR, PS, 42 Jt nego. Hub.

0813.69180900.

3 unit mbl Minibus Daihatsu Grand

Max DI.3’2010-Maret mls 90% Silver,

an PT, BE Kodya Bdl hrg nego. Hub.

081540064659, 082181049684

HONDA

Honda Excellent’80/81, Be kodya,

biru, BR, VR, kondisi mulus, mesin oke,

hrg. 16,5jt, nego. Hub. 07217162254,

085366599868

O T O M O T I F

ISUZU

Panther’00 New Royale, Mrh Meta-

lik, 88 jt ng, BE LamTim, an.sendiri,

Panther LS’00 Biru Muda Metalik B

115 Jt ng, Panther LS AT Coklat Muda

(Gold)’02 brg kaleng semua ban 4

br, 120 Jt ng. Hub.0812.72726006,

085669915757.

Senin 12 September 2011

Panther LV Plus’01 akhir, Hijay Met,

PW, Plat B, mobil bagus & terawat.

Hub. 0812.7221250

MITSUBISHI

Mits. Gallan Hiu V6/24V, ‘98, Hitam

Solid, mls spt baru, TV/DVD + Audio,

V+Ban Baru, kaki2, radiator baru, 95

Jt. Hub. 085722439888

Bth kndrn Mitsubishi pkt dsyt CIT 120

PU tdp 7Jt aja angs 2,6Jt x 47 bln/3,2Jt

x35bln. Hb. Tedi Santoso (0721)

7550721, 0813.77688508.

SUZUKI

B a l e n o ’ 2 0 0 8 , k o n -

d i s i m u l u s , a c h i d u p, S i l v e r,

pajak hidup, hrg nego. Hub.0812

7966 7002.

Jimny Jangkrik LJ80V, BE, Th’1982,

bodi mulus, warna Coklat, harga 16 Jt

nego. Hub. 085279257705.

Jimy Katana’89 akh, BE, Biru Met,

BR,CD, AC, s.pkai,mls L/D, 33jt ng.

0812.7937256, 7553110.

ESCUDO 2.0 Th’2003 Manual, Hitam

Met, Plat B, mobil bagus dan terawat.

Hub. 0812.7221250.

Lampung Post 13

Page 14: lampungpost edisi 12 september 2011

Lampung Post 14Senin 12 September 2011

P RO P E R T IARSITEK

Pirnando ARCH Bangunan Komersil

Kantor,Rumah dll,2D,3D,Animasi,Mar

ket,Rab,Hub: 082181433450

O A S E A r s i t e k t u r b e r p n g l a -

man merancang bangunan rmh

t inggal,ktr,bangunan.hb:0812-

72634488/0721-7410369:

Doughlas Arsitektur, rancang

bangun rumah, ruko, kantor + Reno-

vasi bangunan + pelaksanaan +

pengawasan Hub : 081279448120,

0721 7502831.

BAHAN BANGUNAN

ALUMINIUM

Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu

almnium, folding gate, rolling door,

rak alm dll, mrh ber garansi. Hub.

Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A

tlp.7477282, 081379200333

ASPAL

Aspal Pertamina Cilacap, 60/70 Shell

Esso Hrg Besaing Dswakan Wall 810ton

Ph 0811722075/07217474171

KOLAM DIJUAL

Kolam ikan cck utk lobster, Kp Baru

Unila, SHM, 1400 m2, 750 jt/nego.

H u b. 0 8 1 2 . 7 2 7 3 8 9 8 9 , 7 7 1 7 0 4 ,

081379789456

KANTOR & GEDUNG

Dijual/disewakan kntr 9x12m & Gdg 12x15m dgn tnh 1336m,SHM,IMB,Jl Tirtayasa Gg.Suharto min 10 th, Hub: 0811722018

RUMAH DIJUAL

Jual rumah Griya Madu Permata Jl.

R. Rais Bdl, LT 340 m2, LB 250 m2, SHM,

3KT, 1KP, 3KM, grs, s.bor, List 2200 W,

hrg nego. Hub. 0812.7211898.

Rmh LT 300 M bgn full, SHM, 3 KT,

3KM, r.krj, musola, ggd, grsi, Perum

Korpri. Hb. 0816402728

Jual cpt rmh uk LT+ 400 m2, LB

+ 300 m2, 5KM, 2KT, 3 grsi, smr

bor, 450 Jt ng. Hb. 0721-3554399,

085279260555, 085768676555.

Dijual cepat, Rumah ukr 12x8 m & lah-

an seluas 21x50 meter,berikut gedung

wallet, Way Jepara, Lampung Timur.

Harga nego. Hub 085379112222.

Rmh dijual 5 Kmr Tdr,3 Kmr Mandi.

Metro Kibang dan Tanah ukuran

25x50 Sertifi kat.Berminat Hub:0812-

7963211/0815880603

Rmh Jl P. Bangka Perum Karunia Indah

Blok H/26 Sukabumi LT/LB:100/180

M 2 3 K T 2 K M g r s N e g o H u b :

081369148560 & 081270276312

DIKONTRAKKAN

Rmh 3KT, 2KM, dapur,air J. Pum. Pe-rum Jaya Permai Blok K no.1 dpn Lap. Tenis. Hub. Heny 08174818876

/ 081218691563

Rumah Jl. P.Emir M.Noer Kom-

plek Kehakiman(BI) No.C2, 4KT,

2KM, listrik 2200W, garasi luas. Hb.

0815.40952498.

Rmh Perum Wana Asri Beringin Raya Kemiling, 2LT, 5KT, 1 GDNG, 5 KM, Mu-sola, min 2 th. Hub:0813.6931.6468

Dikontrakan rmh Perum Kedamaian Indah Blok MI, listrik 2200 W, 3KT, 3KM. Hub. 0813.69288990.

DIJUAL- DIKONTRAKAN

Rmh 3KM, KM pembantu, perabotan, LT

220M, LB150M.Perum T.Damai les-tari Hub: 08161128712,0816412824

TANAH

Dijual cpt tnh di daerah Keteguhan

Jl. H. Sulaiman I, LT 373 m2, 1107

m2, sdh sertifikat. Hub. 3688397

(No. SMS).

Dijual tnh kavling dgn berbagai uku-

ran Jl Banten kel N.O Gading TBB dkt

citra Garden harga mulai 35 Jt/Kav

hb: 07217539918, 087899331993

Tnh Kav. Jl. U. Suropati Gg Yudistira

Kel Harapan Jaya dkt lpgn Golf Su-

karame LS 10 X 16 M2 hub: 087899

331993 & 07217539918

Dijual tanah SHM Ls 1.423 m2, ping-

gir jalan aspal Jl. Rusa Sukamenanti

Kedaton Bandar Lampung, harga

nego. Hub. 0813.69166111.

Tanah Kav 10 X 15 (150 M2) Jl. P.

Tirtayasa Gg Rewok smpg mush-

ola Al-Barokah Wonosari Campang

Raya TKT Hub : 087899331993 &

07217539918

Tnh kebun 2,1 Ha,SHM,ada Jati,Coklat

,Kelapa,Pinang,Durian,deposit silika

putih.Di Palputih Simpang dkt kebun

PTPN 7 Bergen. Hub 0811722018

LAMPUNG TIMUR

Tnh 10.600 M2, SHM, Sukadana Pasar

(Lamtim), ppgr jalan/aspal hotmix,

55 rb/m, nego. Hub.081272154455,

087899110050

BANDAR JAYA

Rmh LT/LB 677/164, 4KT, 3KM, bangu-

nan baru, garasi luas, 2200 watt, SHM,

Bandar Jaya Pusat Kota. Hub.0821-

81050309

PERCETAKAN MEDIATANJUNG KARANG

Terima OC OLIVER 58 : 2 MesinJl. Duku Pasir Gintung

Telp. 0721-256169

Percetakan & Reklame Media

Jl. Z.A. Pagar Alam Labuhan Ratu

depan Jl. Sukardi Hamdani/Palapa

Terima Pesanan:

Undangan Brosur

Stamp Warna Stamp Kristal

Plank Merk Buku Nota

TELP. 0721-782 937Konsultasi :

BP. MAHMUDI 0815.4054.469

0812.7948.2321

0721-755.3961

OBAT TELAT BULANAnda Telat? Produk Import untuk

telat 5-7 Jam pasti Lancar aman &

bergaransi.

Hub : Apotek Sinar Farma

Jl. Ampera 88-B Tanggerang

Hp. 081272115788

GARANSI LUAR KOTA

Obat dipakai baru dilunasi.

Page 15: lampungpost edisi 12 september 2011

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

Senin I 12 September 2011 Lampung Post I 15

PEND ID I KAN

“Oleh karena itu, FE Unila kian memantapkan diri me­nyongsng pencapaian tar­get sepuluh sesar fakultas ekonomi terbaik di Indone­sia,” kata Dekan FE Unila Satria Bangsawan pada halal­bihalal di kampus FE Unila pekan lalu.

Di hadapan sivitas akademi­ka, Satria mengatakan penca­paian tersebut bukan hal yang mustahil karena berdasarkan data Badan Akreditasi Nasio­nal Perguruan Tinggi (BANPT), hanya sepuluh fakultas di In­donesia yang semua program studinya terakreditasi A.

“Salah satu dari kesepuluh fakultas ekonomi itu adalah FE Unila, yang meliputi Manaje­men, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi Studi Pembangun­an,” kata Satria.

Pencapaian lain yang akan dilakukan FE Unila dalam me­

menuhi visinya menjadi fakul­tas ekonomi terbaik adalah dimulainya upaya memper­oleh sertifikat ISO 9001/2008. Hal ini sesuai dengan apa yang dicanangkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi bahwa semua program studi perguruan tinggi tersertifikasi ISO pada 2014 nanti.

Ia berharap dengan adanya standar operasional prosedur berdasarkan ISO 9001/2008, pelayanan akademik dan ad­ministratif di fakultas ekonomi dapat berjalan secara terukur dan tepat pada waktunya. Sehingga semuanya dapat berjalan secara efektif dan juga efisien.

Sementara itu, mantan Bu­pati Lampung Utara yang juga Ketua Ikatan Keluarga Alumni FE Unila Hairi Fasyah me­nyambut baik berbagai penca­paian yang diperoleh FE Unila.

Ia berharap agar peningkatan mutu terus dilakukan.

“Saya juga bangga dapat hadir dalam acara halalbihalal ini. peristiwa ini menunjuk­kan masih kentalnya ikatan kekeluargaan. Dan mewakili alumni, saya berharap kegiat­an ini dapat terus berlanjut dari tahun ke tahun,” kata dia.

Apresiasi yang sama juga diutarakan Pembantu Rek­tor II Unila Sulastri Ramli yang hadir mewakili Rektor Sugeng P. Harianto. Ia men­gatakan prestasi FE Unila dalam menghasilkan lulusan berkualitas bukan isapan jem­pol. Faktanya, lulusan FE kini menjadi prioritas pertama Kementerian Keuangan dalam merekrut pegawai.

“Pimpinan universitas me­nyatakan kebanggaannya de­ngan kepemimpinan dekan saat ini. Hal ini dapat terli­hat dari berbagai perubahan kearah yang lebih baik dalam beberapa waktu terakhir. Dari meningkatnya pelayanan, sa­rana prasarana hingga kualitas lulusan,” kata dia. (MG1/S-1)

BANDAR LAMPUNG (Lam­post): Organisasi Siswa Intra­Sekolah (OSIS) SMAN 2 Bandar Lampung (Smanda) siap me­melopori penggunaan sepeda sebagai kendaraan transportasi ke sekolah bagi siswa.

“Kami saat ini tengah me­ngonsep terbentuknya klub sepeda di Smanda. Selain itu, kami berharap sekolah dapat memfasilitasi pengguna sepeda di sekolah dengan menyediakan sarana parkir khusus sepeda,” ujar Fajar Kurnia, wakil ketua OSIS Smanda, Minggu (11­9).

Hal tersebut dikatakan Fajar usai menggelar acara sepeda ria sebagai acara pembuka Olimpiade Olahraga Smanda 2011. Acara tersebut tergolong sukses karena diikuti sekitar 2.500 peserta yaang terdiri dari siswa SMA se­Provinsi Lampung dan beberapa klub sepeda di Bandar Lampung serta masyarakat umum.

Fajar menuturkan tahun ini panitia olimpiade memilih sepeda ria sebagai kegiatan pembuka lantaran olahraga bersepeda tengah booming di kalangan remaja. Sayangnya,

alat transportasi ramah ling­kungan ini baru menjadi alat olahraga dan belum menjadi alat transportasi sehari­hari.

Ia mengtakan sepeda memi­liki berbagai keunggulan, se­lain menyehatkan. Pengguna sepeda juga lebih sehat se­hingga memiliki pengaruh positif ketimbang mengguna­kan kendaraan bermotor yang terkadang digunakan dalam kegiatan yang negatif, se perti ugal­ugalan, konvoi hingga balapan liar.

Sementara untuk Olimpide Olahraga SMAN 2 Bandar Lampung tahun ini, menurut Fajar, akan diisi serangkaian perlombaan, di antaranya fut­sal, catur, lomba bola basket putra­putri, lomba band, dan lomba modern dance yang mulai berlangsung sejak 12 hingga 22 September.

Untuk lomba futsal akan di­ikuti 29 tim SMA se­Lampung. Lomba catur akan diikuti 26 peserta, audisi band menyerta­kan 30 grup, lomba basket pu­tra diikuti 30 peserta dan putri 23 peserta. Untuk modern dance diikuti oleh 20 grup. (MG1/S-2)

BENGKULU (Lampost): Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu akan memasukkan pelajaran membaca Alquran dengan metode Iqra sebagai kurikulum muatan lokal sekolah dasar di daerah itu.

“Kami akan memasukkan pelajaran membaca Alquran dengan metode Iqra` dalam kurikulum muatan lokal di SD yang dimulai pada tahun ajaran 2012/2013 agar murid dapat lancar membaca Alquran sejak dini,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu Yasarlin, Sabtu.

Ia mengatakan program Di­nas Pendidikan Provinsi Beng­kulu tersebut merupakan saran dari Pelaksana Tugas Gubernur Junaidi Hamsyah untuk men­ingkatkan kemahiran murid sekolah dasar dan sederajat dalam membaca Alquran.

“Program ini dilatarbela­kangi atas keprihatinan masih banyak anak usia sekolah bah­kan mahasiswa yang tidak bisa membaca Alquran dengan lan­car, padahal Alquran bagi umat Islam wajib dibaca,” katanya.

Angka buta baca Alquran

di kalangan murid SD hingga SMA sederajat di Provinsi Bengkulu saat ini mencapai 70—80%.

Adapun jumlah murid SD saat ini 255.240 orang, siswa SMP 80.190 orang, dan siswa SMA sederajat 64.549 orang.

Program tersebut saat ini masih dirancang Dinas Pen­didikan Provinsi Bengkulu yang akan bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu un­tuk dapat diterapkan pada tahun depan. Ia menambahkan tujuan lain dimasukkannya membaca Alquran dalam kuri­kulum SD dan sederajat yakni pembinaan iman dan takwa murid sejak dini.

Mata pelajaran tersebut nantinya dimasukkan dalam nilai rapor siswa sebagai syarat kenaikan kelas mereka. Ren­cananya, pelajaran membaca Alquran dengan metode Iqra buku jilid satu dan dua diberi­kan pada murid kelas satu SD sederajat, buku jilid tiga dan empat untuk murid kelas dua, serta buku jilid lima dan enam untuk murid kelas tiga. (ANT/S-1)

JAKARTA (Lampost): Menteri Pendidikan Nasional (Mendik­nas) Mohammad Nuh men­dukung keinginan organisasi­organisasi guru membentuk dewan guru yang diakui secara yuridis oleh pemerintah.

Mendiknas menjelaskan guru baru sah menjadi suatu profesi setelah diatur oleh Undang­undang pada 2005 yang menurutnya baru efektif pada 2006. Jadi, posisi pro­fesi keguruan sekarang ini masih ada dalam masa transisi sebelum benar­benar mejadi sebuah profesi.

Ia memberikan contoh jika pendidikan profesi guru tidak seperti pendidikan kedok­teran. Sebelum menjadi dok­ter, seseorang terlebih dahulu bergelar sarjana kedokteran, baru kemudian sah menjadi dokter ketika selesai menem­puh pendidikan profesi ke­dokteran.

Sama halnya dengan sar­jana farmasi yang baru akan dinyatakan menjadi seorang apoteker setelah selesai me­nempuh pendidikan profesi apoteker.

“Sementara pendidikan profesi guru itu hanya cukup dari sarjana pendidikan yang proses sertifikasinya disa­makan dengan pendidikan profesi,” kata Nuh pekan lalu di Jakarta. Karena itu, masih terdapat transisi yang nantinya dimatangkan.

Termasuk sampai kepada kemungkinan jika sarjana pen­didikan belum bisa menjadi seorang guru. Dalam arti lain, nantinya sarjana pendidik­an baru bisa mengajar hanya setelah selesai menempuh pendidikan profesi.

“Tidak serta­merta dilarang untuk mengajar karena ada banyak tenaga yang seperti itu (sarjana pendidikan). Tetapi sarjana pendidikan yang baru itu nantinya akan lebih diatur, sebelum mengajar dia harus melakukan pendidikan pro­fesi,” ujarnya dikutip Kompas Online.

Selanjutnya, setelah profesi keguruan sudah keluar dari masa transisi, barulah diben­tuk lembaga profesi yang akan mengatur mengenai kode etik keguruan. (S-1)

SEMARANG (Lampost/Ant): Motivator Jamil Azzaini me­ngatakan mahasiswa jangan hanya berkutat dengan aspek akademis perkuliahan. Sebab, keberhasilan tidak bisa hanya diraih dengan mengandalkan sukses secara akademis.

“Aspek akademis hanya memiliki 20% dalam menen­tukan keberhasilan dalam kehidupan,” katanya dalam Pelatihan Kepribadian Meraih Impian Melalui Proposal Hidup dan Pergaulan, di Semarang, akhir pekan lalu.

Pada pelatihan yang di­prakarsai Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Diponegoro Semarang itu, ia menjelaskan 80% penentu kesuksesan dalam hidup justru aspek nonakademis, seperti keaktifan dan mental maha­siswa.

Permasalahannya, kata dia, sistem pendidikan, baik di sekolah maupun kuliah sama­sama berorientasi pada hal­hal yang bersifat akademis,

padahal mahasiswa dan siswa lebih banyak menghabiskan waktunya di luar lingkungan sekolah.

Menurut dia, mahasiswa yang sangat pintar secara aka­demis, seperti indeks prestasi kumulatif (IPK) sangat bagus, tapi tidak bisa mengaplikasikan apa yang didapatkan di bangku kuliah dalam kehidupan nyata, tentunya percuma.

“Ibaratnya, mahasiswa itu hanya jadi perpustakaan ber­jalan karena pada dasarnya pendidikan yang didapatkan di bangku kuliah dan seko­lah tidak terlepas dari dunia nyata,” kata alumnus dan dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) itu.

Karena itu, kata Jamil, ma­hasiswa harus mengasah kemampuan berinteraksi dalam kehidupan, misalnya, dengan memperluas pergaul­an dengan kawan­kawan di kampus, tapi harus memilah pergaulan yang bergerak ke arah positif. (S-2)

SEMARANG (Lampost): Koor­dinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI Jawa Tengah menyatakan mudah untuk membedakan perguruan tinggi swasta (PTS) yang sudah memiliki izin dengan PTS fiktif atau tidak berizin.

“Setiap PTS yang memiliki izin penyelenggaraan perku­liahan pasti terdaftar dalam database Ditjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidik­an Nasional,” kata Koordinator Kopertis Jateng Mustafid, di Semarang, pekan lalu.

Ia menjelaskan setiap PTS yang terdaftar dalam data-base Ditjen Dikti dipantau kinerjanya melalui evaluasi program studi berbasis evalu­asi diri (EPSBED) yang bisa diakses secara terbuka oleh masyarakat melalui internet. Dalam EPSBED itu, kata dia, tertera seluruh profil PTS, mu­lai nama PTS, nama mahasiswa yang berkuliah, sampai rekam akademis seluruh mahasiswa

hingga lulus kuliah, termasuk pemenuhan persyaratan mini­mal lulus kuliah.

“Untuk lulus kuliah, maha­siswa kan harus memenuhi persyaratan minimal, se perti pemenuhan jumlah satuan kredit semester (SKS) mata kuliah, berapa semester, dan sebagainya. Itu semua bisa dilihat melalui EPSBED,” ka­tanya.

Menurut d ia , EPSBED sebenarnya ditujukan seba­gai sarana memantau penye­lenggaraan perkuliahan di PTS secara rinci, sampai pada aspek akademis mahasiswa setiap mahasiswa, sehingga bisa diketahui jika ada yang mengalami kendala. “Misalnya seperti ini, ada seseorang yang ijazahnya pendidikan tinggi­nya tiba­tiba dipermasalahkan karena perkuliahannya dinilai tidak sesuai prosedur. Jarang terlihat berkuliah, tahu­tahu sudah lulus dan punya ijazah,” katanya. (S-1)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Siswa­siswi berprestasi SMA dan SMP Perintis I Bandar Lampung mendapatkan beasiswa berupa bebas biaya sumbangan pem­bangnan pendidikan (SPP) selama satu tahun dan uang tunai.

Beasiswa diberikan Pembina Yayasan Pendidikan Perintis Bandar Lampung H.M. Syarifuddin dan Hj. Rosmaniah S. selaku Ketua Yayasan. Beasiswa diserahkan pada upacara pemberian penghargaan dan beasiswa yang digelar di hala­man sekolah, Sabtu (10­9).

Selain beasiswa, penghargaan juga diberikan kepada kepala seko­lah SMA Perintis I dan SMP Perintis I. Demikian rilis yang diterima Lampung Post, Minggu (11­9).

Syarifudin mengatakan kepada siswa berprestasi (SMP Perintis 1 sebanyak 9 orang dan SMA Per­intis 1 sebanyak 9 orang) akan di­ajak berwidya wisata ke Bandung, Jakarta dan sekitarnya selama 3 hari secara gratis. “Me reka juga mendapatkan uang saku untuk perjalanan mereka. Kegiatan widya wisata ini akan dilak­sanakan pada 17­19 Se ptember 2011,” kata Syarifuddin.

Dia mengatakan Yayasan Pen­didikan Perintis Bandar Lampung peduli dengan dunia pendidikan

di Kota Bandar Lampung, de­ngan didirikannya 4 sekolah di bawah naungan Yayasan Pen­didikan Perintis. Yakni, SMA Perintis 1 dan 2 Bandar Lampung serta SMP Perintis 1 dan 2 Ban­dar Lampung.

Menurut Syarifuddin, pada ta­hun pelajaran 2011/2012 meres­mikan Pencanangan Pendidikan Berbudi Pekerti dan Berkarakter Bangsa di lingkungan SMP/SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Hal

itu ditandai penglepasan balon ke udara oleh Ketua Yayasan dan penglepasan burung merpati oleh Pembina Yayasan Pendidik­an Perintis Bandar Lampung serta staf pimpinan sekolah.

Usai upacara acara diteruskan dengan sarasehan pengurus Yayasan dengan staf pimpinan sekolah, dewan guru, orang tua dan siswa berprestasi serta karyawan di aula SMA Perintis Bandar Lampung. (UNI/S-1)

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMALA

HALALBIHALAL. Ketua DPRD Lampung Marwan Cik Asan berbincang dengan BEM Unila saat halalbihalal di Unila beberapa waktu yang lalu.

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Mahasiswa Fakultas Ekomomi (FE) Universitas Lampung patut berbangga. Pasalnya, fakultas ini masuk 10 fakultas di Indonesia yang semua program studinya terakreditasi A.

FE Unila Masuk 10 Terbaik Se-Indonesia

OLIMPIADE OLAHRAGA

Smanda Pelopori Bersepeda ke Sekolah

MUATAN LOKAL

Membaca Alquran Masuk Kurikulum

KEPROFESIAN

Mendiknas Dukung Pembentukan Dewan Guru

BIAYA PENDIDIKAN

Beasiswa bagi Siswa Berprestasi

n DOKUMENTASI SMA PERINTIS 1

PENDIDIKAN KARAKTER. Yayasan Perintis mencanangkan pendidikan budi

pekerti dan berkarakter di lingkungan SMP/SMA Perintis 1 Bandar Lampung,

Sabtu (10-9). Hal itu ditandai penglepasan balon ke udara oleh ketua yayasan dan

penglepasan merpati oleh pembina Yayasan Pendidikan Perintis Bandar Lampung

serta staf pimpinan sekolah.

PENDIDIKAN TINGGI

Sangat Mudah BedakanPTS Fiktif dan Berizin

SIvITAS AKADEMIKA

Mahasiswa Jangan Berkutat Aspek Akademis

Page 16: lampungpost edisi 12 september 2011

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

JAKARTA—Presenter An­dhara Early dan drumer grup band Phantom, Bugi Rama­dhan, akhirnya resmi menjadi sepasang suami­istri. Akad nikah keduanya berlangsung khidmat di Aula Masjid Baitul Ihsan, Bank Indonesia, Tham­rin, Jakarta Pusat, Minggu (11­9) pukul 09.30.

Dengan gagah Bugi me­makai jas putih beserta ce­

lana putih persis seperti saat ia tengah melakukan fitting baju beberapa hari lalu. Sedangkan Andhara memakai brukat putih disertai jilbab dengan warna yang sama.

Acara akad nikah tersebut berlangsung tertutup bagi media. Menurut salah seorang petugas Masjid Baitul Ihsan, S.K. Suwarno,

acara hanya dihadiri sekitar

50 orang.Suwarno menuturkan saat

mengucapkan ijab kabul, Bugi terdengar sangat mantap dan lantang. “Tadi hanya sekali dan lantang,” ungkapnya.

Usai menggelar akad nikah, seluruh undangan langsung meninggalkan aula masjid. Sedangkan untuk resepsi pernikahan digelar pada sore hari bertempat di kediaman Andhara Early di Jalan Batu 1 No. 3C, Kalibata, Jakarta Selatan. (DTC/L-2)

JAKARTA—Aktris Nadine Chandrawinata siap menyuguhkan ke-mampuan aktingnya lagi. Kali ini, Nadine akan tampil di film Pacarku Anak Holden. Dalam film tersebut, Putri Indonesia 2005 itu akan berperan sebagai perempuan yang juga bernama Nadine. Kisahnya, Nadine adalah pencinta mobil asal Australia, Holden, yang melakoni perjalan-an dari Jakarta ke Medan.Nadine mengaku mendapat tan-tangan baru dalam Pacarku Anak Holden. Apalagi, Nadine harus melakoni adegan di dalam mobil selama berhari-hari. “Di mobil berhari-hari ya dari situ kelihatan bagaimana cara menahan ego,” ujarnya saat ditemui di Jalan Bangka, Jakarta Selatan, Sabtu (10-9) malam.Nadine akan beradu akting dengan Joanna Alexandra. Ren-cananya, Pacarku Anak Holden

mulai syuting akhir September ini. (DTC/L-2)

Senin I 12 September 2011

HIBURANLampung Post I 16

n R

EUTE

RS

n kapanLagi.COM

n kapanLagi.COM

ACARA

TV

ACARA

TV

06.05 Metro Pagi07.05 Bedah Editorial Media Indonesia08.05 8 Eleven Show11.05 VOA Snapshots11.30 Metro Siang12.05 Metro Siang13.05 Zero to Hero13.30 Jakarta Jakarta14.05 Metro Xin Wen14.30 Metro Sore15.05 Bisnis Hari Ini15.30 Newsmaker16.05 Discover Indonesia16.30 Metro Highlights17.05 Metro Hari Ini19.05 Suara Anda20.05 Suara Anda20.30 Genta Demokrasi21.05 Top Nine News21.30 Sentilan Sentilun

22.05 Economic Challenges23.05 Metro Realitas23.30 Metro Sports

06.00 Sports Mania06.30 Lintas Pagi07.00 Disney Club-3007.30 Upin & Ipin Met Pagi09.30 Layar Pagi11.00 Sidik12.00 Layar Kemilau13.30 Cerita Siang15.00 Upin & Ipin Dan Kawan-kawan15.30 Disney Club 16.00 Lintas Petang16.30 Aksi Juara17.00 Zona Juara18.00 Animasi Spesial 19.00 Upin & Ipin Dkk20.00 Musik Spesial

23.30 Demi Bangsa 00.00 Premier Highlights

06.00 Fokus Pagi07.00 Sinema Anak 09.00 KISS Pagi09.30 FTV Drama11.30 Patroli12.00 FTV Siang 14.00 Happy Song15.00 KISS Sore15.30 Fokus16.30 Drama Asia17.00 Cintaku Melati 18.00 Dia Anakku 19.00 Nada dan Cinta 20.00 Antara Cinta Dan Dusta 22.00 Sinema Sinema

06.00 Infotainment: Was Was07.15 Musik Spesial: SL Inbox09.03 Infotainment: Halo Selebriti10.00 SCTV FTV Pagi11.03 SCTV FTV Pagi12.00 Liputan 6 Siang12.30 SCTV FTV Siang14.30 Infotainment: Status Selebriti15.00 Uya Emang Kuya16.03 Cinta Juga Kuya16.30 SCTV Reality: Sensasi Artis17.30 SCTV Sinetron: Istiqomah20.03 SCTV Sinetron: Islam KTP21.00 SCTV Sinetron: Pesantren & Rock n Roll22.30 SL Liputan 6 Terkini22.33 SCTV Sinetron: Pesantren & Rock n Roll23.00 SCTV FTV Utama

04.30 Seputar Indonesia Pagi06.00 Go Spot07.30 Dahsyat11.00 Infotainment Intens12.00 Seputar Indonesia Siang12.30 Seputar Peristiwa13.00 Sr: Samsons Dilarang Jatuh Cinta15.00 Kabar Kabari16.00 Rumah Gokil17.00 Seputar Indonesia17.30 Silet18.30 Mega Sinetron: Putri Yang Ditukar20.15 Mega Sinetron: Anugerah22.30 Mega Sinema

06.00 Woody Wood Pecker06.30 Curious George07.00 Land Before Time07.30 Bima Sakti

08.00 Woody Wood Pecker08.30 Sinema Pagi 10.30 Acak-Acak11.30 Topik Siang (Live)12.00 Klik!13.00 SINEMA SIANG15.00 Seleb Ngamen 15.00 Djarum Indonesia Super League 17.35 Katakan Katamu18.35 Super Games 20.00 Deg Degan 21.00 Pengejar Rahasia 22.00 Mohon Ampun Aku 23.00 Worls Most Amazing Video

06.00 Sport706.30 Redaksi Pagi07.30 Selebrita Pagi08.00 Tom & Jerry09.00 Vatalla09.30 Peri Gigi

10.00 Aku Mau Tahu10.30 Home Stay11.00 Warna11.30 Redaksi Siang12.00 Selebrita Siang12.30 Si Bolang13.00 Laptop Si Unyil13.30 Cita-citaku14.00 Dunia Air14.30 Dunia Binatang15.00 Koki Cilik15.30 Asal Usul Flora16.00 Jejak Petualang17.00 Jejak Si Gundul17.30 Anak Emas18.00 Wara Wiri18.30 Hitam Putih19.30 On The Spot Malam20.00 Opera Van Java22.00 Bukan Empat MataSewaktu-waktu acara tv dapat berubah.

Adapun penghargaan yang diper­oleh film yang disutradarai oleh Damien Dematra antara lain adalah

kategori Film Cerita Terbaik, Sutradara Film Terbaik,

Film Asing Terbaik, Sutradara Film

Asing Terbaik, Film Terbaik untuk Ka­tegori Film 35 mm, dan Sutradara T e r b a i k u n t u k Kategori F i l m 3 5

mm.

Film yang dibintangi Ayu Azhari, Ayu Gumay, Ingrid Widjanarko, Mo­hammad Firman, Pong Hardjatmo, dan Radhit Syam ini bercerita ten­tang kehidupan Buya Syafii Maarif, mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah. Buya Syafii Maarif, si anak kampoeng kelahiran Sumpur Kudus, Sumatera Barat, yang menjadi salah satu cendekia­wan muslim ini pemikirannya sering dirujuk kaum intelektual Indone­sia.

Meskipun hidup di kampung, Buya tak mau menyerah dalam mendapat­kan pendidikan serta mewujudkan cita­cita.

Mengusung kisah masa kecil Buya dengan setting tahun 1930 hingga 1950. Film ini bertujuan menginspirasi generasi muda akan pentingnya pen­didikan, cita­cita, dan memberikan

penghargaan yang tinggi terhadap nilai­nilai keberagaman.

Sutradara Damien Dematra me­ngaku bersyukur walaupun film ini kurang diminati di Indonesia, mendapat banyak penghargaan di luar negeri.

Damien Dematra yang juga menulis novel ini mengaku Si Anak Kampoeng merupakan film terberat yang pernah ia buat. “Ini film terberat yang pernah saya buat. Karena harus buat setting ke tahun 1930-an,” ujar sutradara film Obama Anak Menteng ini.

Banyak tantangan yang ditemui

Damien. Pasalnya, dia harus bisa mengemas agar film ini bisa menghibur tanpa melupakan sisi edukasinya.

“Ini bukan film agama, tapi per­juangan seorang anak yang ingin memperjuangkan pendidikannya. Jadi membuat film ini bisa entertaint tapi tidak meninggalkan sisi edu­kasi.”

Damien merasa film ini membang­kitkan semangatnya. Dari kesulitan yang ditemui membuat Damien terinspirasi untuk bisa mewujudkan film ini. (kpL/L-2)

JAKARTA—Tidak sedikit perempuan yang mengeluh karena terlalu lama menyandang status jomlo. Berbeda dengan perempuan­perempuan itu, bintang sinetron Astrid Tiar mengaku sangat menikmati masa­masa jomblonya. Kenapa?

Astrid mengaku dia saat ini sangat sibuk dengan pekerjaannya di dunia hiburan. Ia pun tak mau kehadiran kekasih nantinya malah mengganggu pekerjaannya.

“Lagi banyak kerjaan gini kan ketemu banyak orang, kalau punya pacar nantinya ribet,” ujar Astrid, mantan kekasih Gading Marten ini saat ditemui di Studio Hang­gar, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (11­9).

Saat ini Astrid tengah sibuk mempro­mosikan film terbarunya, Badai di Ujung Negeri. Dalam film tersebut, ia berperan sebagai Annisa, gadis Vietnam yang men­jadi korban human trafficking (perdagangan manusia).

Selain sibuk, Astrid juga mengungkap­kan lingkungannya kini sangat mendu­kungnya untuk menjadi jomlo. Astrid dikelilingi oleh teman­temannya yang juga tidak memiliki pasangan.

“Karena teman­teman aku semua jomlo. Jojoba, jomlo­jomlo bahagia. kalau lagi kum­pul malah senang,” kata presenter Inbox ini seraya tertawa.

Lantaran ke lamaan men jomlo , i a kerap di jodoh­ jodohkan oleh orang tuanya.”Udah sering dijodohin sama mama, tapi aku enggak mau. Sekarang bukan zaman Siti Nurbaya jadi udah enggak zamannya dijodohin,” ujarnya. (DTC/L-2)

LONDON—Seperti­nya enak memiliki banyak uang. Bisa melakukan apa saja yang disuka. Seperti yang di­lakukan bintang H o l l y w o o d yang satu ini,

Brad Pitt.Lantaran

t a k i n g i n t e r lambat s y u t i n g ,

suami aktris Angelina Jolie

ini menyewa he­likopter. Bukan me­nyewa dari perusa­haan pe nerbangan,

melainkan ia menyewa dari sebuah supermarket

di London. “Ia juga tak suka ter­lalu lama membuang waktunya di jalan. Belum lagi kalau sedang terjadi kemacetan Brand Pitt bisa

merasa sangat bosan,” kata sum­ber seperti dilansir Showbiz Spy, Minggu (11­9).

Kejadian ini sungguh men­cengangkan banyak pihak. Ter­masuk seluruh kru yang berada di Billericay, London. Seluruh pihak yang menyaksikan hal itu sungguh tak me­nyangka Pitt bisa melaksanakan h a l t e r s e ­but.

“Banyak o r a n g y a n g tertawa dengan k e d a ­tangan­n y a . Karena hal itu sangat langka dilakukan,” katanya. (DTC/L-2)

LOS ANGELES—Prestasi film satu ini benar-benar patut dibanggakan. Setelah meraih empat penghargaan di ajang Los Angeles Movie Awards, Si Anak Kampoeng kembali menggondol pada American International Film Festival (AIFF) di Amerika Serikat. Tidak tanggung-tanggung, film ini menyabet enam penghargaan sekaligus.

‘Si Anak Kampoeng’ Raih 6 Penghargaan Amerika

INFO FILM

‘Pacarku aNak HOLdeN’

Film Terbaru Nadine

astrId tIar

Menikmati Menjomlo

aNdHara earLy-BugI raMadHaN

Resmi Menikah

Brad PItt

Takut Telat Syuting,Sewa Helikopter

n kapanLagi.COM

n kapanLagi.COM

Page 17: lampungpost edisi 12 september 2011

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

OLAHRAGALAMPUNG POST , Senin, 12 September 2011

HALAMAN 17Vettel Perlebar Jarak

Pembalap Red Bull Racing Sebastian Vettel kian nyaman memimpin klasemen sementara Formula Satu musim ini usai memenangi GP Monza, Italia, Minggu (11-9).

Hlm...19

Serena Vs Stosur di Final

Serena Williams akan menghadapi Samantha Stosur di fi nal Grand Slam Amerika Serikat Terbuka. Di semifi -nal, Minggu (11-9) pagi WIB, Serena menaklukkan unggulan utama Caroline Wozniacki 6-2 dan 6-4.

Hlm...18

DOK.LAMPUNG POST

Hasil positif dipetik Real Madrid yang memenangi laga kandang per-tamanya musim ini. Menjamu tim Kota Madrid yang lain, Getafe, pasu-k an Jose Mourinho

memuaskan publik Santiago Berna-beu dengan skor 4-2.

Karim Benzema dua kali men-catatkan namanya di papan skor, sedangkan Cristiano Ronaldo dan pemain pengganti Gonzalo Higuain menambahkan masing-masing satu. Dua gol balasan Getafe dibuat Nico-las Ladislao Fedor “Miku”.

Ini merupakan kemenangan kedua Madrid dari dua pertan dingannya di awal musim ini. Pada pekan pertama mereka menang besar 6-0 di markas Real Zaragoza. Puncak klasemen se-mentara pun didudukinya, menyu-sul hasil seri Barcelona di kandang Real Sociedad.

Mesut Oezil berkontribusi atas terciptanya gol pertama Madrid di pertandingan kemarin. Umpannya dimaksimalkan Benzema untuk meng ubah skor 1-0 pada menit

ke-14.Memasuki menit ke-40, Getafe

menyamakan kedudukan. Dari da-lam kotak penalti, Miku menembus

pertahanan Madrid dan kiper Iker Casillas.

Madrid memimpin lagi setelah Ronaldo sukses mengeksekusi tendangan penalti menyusul pe-langgaran Cata Diaz terhadap dirinya. Benzema memperbesar keunggulan tuan rumah pada me-nit ke-69, sebelum Miku kembali menjebol gawang Casillas empat menit berselang.

Higuain, yang masuk pada menit

ke-87 menggantikan Oezil, mem-beri jarak lagi untuk kemenang an Madrid. Baru semenit menjejak rumput, bomber Argentina itu menggetarkan gawang tim lawan, sekaligus memastikan kemenangan timnya menjadi 4-2.

Beberapa saat sebelumnya, Real Sociedad memberi hambatan pada Barcelona di pekan kedua La Liga musim ini. Dua gol balasan cepat Sociedad di babak kedua membuat Azulgrana pulang dari Estadio Anoe ta dengan hasil seri 2-2.

Xavi Hernandez membungkam suporter tuan rumah pada menit kesepuluh, meneruskan umpan Cesc Fabregas. Hanya berselang dua menit, Barca menggandakan keung-gulannya lewat Cesc Fabregas yang lolos perangkap off side untuk mene-rima sodoran Pedro Rodriguez.

Sociedad baru bisa memperke-cil ketinggalan pada menit ke-59. Umpan silang Xabi Prieto berhasil ditanduk Imanol Agirretxe yang menembus gawang Valdes.

Berselang dua menit, kesalahan Villa dalam backpass berakibat fatal bagi Barcelona. Agirretxe memanfaat-kan kesempatan dan mengalahkan Valdes. Bola masih bisa diselamatkan Sergi Busquets sehingga mengenai mistar gawang, tapi Griezmann ber-ge rak cepat menyambar bola muntah untuk mengubah kedudukan men-jadi 2-2 yang bertahan hingga akhir laga. (O-2)

OFFSIDE

BOLTON (Dtc/Lampost) : Pertama di-p a s a n g k a n sebagai stri-ker di musim i n i , Wa y n e Rooney dan Javier Her-

nandez menghasilkan lima gol buat Manchester United. Raihan tersebut membuat Sir Alex Ferguson terkesan dan memuji keduanya.

Kemenangan 5-0 dibawa MU dari lawatan ke Bolton Wan-de rers sekaligus mengantar me reka ke puncak klasemen sementara Liga Inggris. Keselu-ruh gol tersebut dilesakkan duet lini depan yang diisi Chicharito (menit ke-4 dan 59) serta Rooney (menit ke-20, 25, dan 68).

“Serangan balik kami yang cepat di depan membuat kesu-litan dan mengganggu mereka

dan itu merupakan awal yang baik (mencetak gol cepat), awal yang baik untuk pertandingan apa pun,” ujar Fergie mengo-mentari kemenangan timnya seperti diberitakan BBC.

Tiga gol yang dibuat Rooney membuatnya kini bertengger di posisi teratas daftar top skor dengan telah melesak-kan delapan gol. Hattrick ke gawang Bolton bahkan menjadi yang kedua secara beruntun buatnya setelah dua pekan lalu juga mencetak trigol ke gawang Arsenal. Fergie pun mempunyai catatan tersendiri soal pemainnya itu.

“Wayne dalam performa yang hebat kini, dia jelas sekali tengah fit 100% dan terlihat sangat tajam. Dia dan Chicha-rito menjadi ancaman buat kubu lawan hari ini.”

“Dia fi t, dia kuat, dan dia bisa

bertanding setiap hari. Saya pikir dia mulai matang seka-rang ini. Dia 25 tahun dan dia berada di tahun di mana saya selalu merasa seorang pemain akan selalu berada di waktu yang tepat, otoritas yang tepat dan dia kini dalam situasi yang terkendali kini,” kata Fergie.

Fergie secara khusus juga menyanjung gol pertama Her-nandez. Aksinya menyambar umpan Nani dari sisi kanan menunjukkan insting dan ke-cepatan yang dimiliki striker asal Meksiko itu.

“Gol pertama Hernandez benar-benar fantastis, perge-rakan dan kecepatannya me-nyongsong umpan silang itu sungguh brilian, kita tahu dia bagus dengan pergerakan seperti itu dan dia menjadi ancaman nyata buat para bek,” ujar Fergie. (O-2)

LIGA PRIMER INGGRIS

Fergie Puji Rooney-Chicharito

Madrid ke PuncakUsai ‘Barca’ SeriMADRID (Ant/Dtc/Lampost): Real Madrid mengalahkan Getafe 4-2 untuk unggul dua poin atas Barcelona di puncak klasemen Liga Utama Spanyol, Minggu (11-9) dini hari WIB, setelah tim Catalan itu ditahan imbang 2-2 Real Sociedad.

SINJHUANG (Ant/Lampost): Unggulan keenam tunggal putra Tommy Sugiarto menye-lamatkan tim Indonesia dengan membawa pulang satu-satunya gelar bagi Merah Putih pada Taiwan Terbuka Grand Prix Gold, Minggu (11-9).

Tommy meraih gelar juara setelah mengalahkan unggulan ke-15 Tanongsak Saensom-boonsuk dari Thailand 21-15, 15-21, dan 21-17 pada turnamen di Taipei, Taiwan tersebut.

Sementara itu, nasib bu-ruk menimpa ganda putri Indonesia, Greysia Polii-Meilia-na Jauhari, yang tidak dapat melanjutkan pertandingan saat tertinggal 0-2 pada set ketiga dan membuat lawan mere-ka unggulan kedua Ha Jung Eun-Kim Min Jung dari Korea

meraih gelar juara.Pada fi nal ganda putri turna-

men berhadiah 200 ribu dolar AS tersebut, Greysia meng alami cedera ta ngan sehingga tidak mampu melanjutkan pertand-ingan dan pasangan Indonesia kalah 21-17, 18-21, 0-2 dari Ha Jung Eun-Kim Min Jung.

“Greysia cedera tangannya. Pada set pertama mereka sudah menang, pada set kedua unggul terus sampai kedudukan 15-12, Greysia jatuh, tangannya ced-era,” kata asisten pelatih ganda putri Pelatnas, Paulus Firman.

Ganda campuran unggulan teratas Tontowi Ahmad-Liliya-na Natsir juga gagal membawa pulang gelar setelah dikalah-kan pasangan Korea Ko Sung Hyun-Eom Hye Won 22-24, 21-16, dan 17-21. (O-2)

TAIWAN OPEN 2011

Indonesia HanyaDapat Satu Gelar

REUTERS/ANDREA COMAS

KAKA ‘TERBANG’. Gelandang Real Madrid Kaka (kanan) “terbang” usai ditekel pemain Getafe, Miguel Torres, pada lanjutan La Liga pekan kedua di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Minggu (11-9) dini hari. Madrid membukukan kemenangan kedua dengan membekuk tamunya 4-2.

Karim Benzema

kembali menunjukkan

ketajamannya dengan

mencetak dua gol dalam

kemenangan 4-2 Real

Madrid atas Getafe.

REUTERS/DARREN STAPLES

BOLA ‘HATTRICK’. Stiker Manchester United Wayne Rooney mengambil bola yang dipakai pada laga timnya kontra Bolton Wanderers pada lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Reebok, Bolton, Minggu (11-9). Rooney mencetak tiga gol pada laga yang dimenangi MU dengan skor 5-0.

LFP

Sanchez Absen Dua BulanSAN SEBASTIAN̶Alexis Sanchez tidak bisa memperkuat Barcelona dalam waktu lumayan lama. Winger Cile itu mengalami cedera paha dan terancam absen selama dua bulan.Paha Sanchez bermasalah setelah ditekel Da-

vid Zurutuza saat Barca diimbangi Real Sociedad, Minggu (11-9) dini hari. Dia terpaksa ditandu keluar dan digantikan David Villa.Portal resmi Barca mewartakan Sanchez didiag-

nosis mengalami robek otot ischiotibial. Namun, eks pemain Udinese ini masih akan menjalani tes lanjutan untuk memastikan seberapa parah cedera yang dialami.Belum diketahui pasti berapa lama Sanchez harus

menghilang dari lapangan hijau. Namun, akun Twit-ter resmi Barca menyebutkan pemain berusia 22 ta-hun itu akan menepi enam hingga delapan pekan.Dengan demikian, Sanchez kemungkinan be-

sar baru bisa comeback November mendatang. Dia sudah pasti absen saat Barcelona menjamu AC Milan di partai perdana grup H Liga Cham-pions, tengah pekan depan. (DTC/O-2)

Cleverley Patah KakiMANCHESTER̶Suporter Manchester United harus bersiap-siap menerima kabar buruk soal kondisi Tom Cleverley. Sir Alex Ferguson sudah mengonfi rmasi Cleverley kemungkinan mengalami patah kaki.Cleverley hanya berada di lapangan

selama delapan menit saat MU menga-lahkan tuan rumah Bolton Wanderers, Sabtu (10-9). Gelandang berusia 22 tahun ini tidak dapat melanjutkan pertandingan setelah ditekel Kevin Davies.Memang belum ada keterangan lengkap dari

pihak klub mengenai kondisi Cleverley. Tapi, Ferguson menduga anak buahnya tersebut mengalami patah kaki. “Kami pikir itu patah kaki,” ujarnya dikutip Soccernet.Dengan performa Cleverley yang sedang

bagus-bagusnya, kejadian ini jelas membuat Ferguson kecewa. Pria asal Skotlandia ini juga menyayangkan tekel Davies yang dianggap kasar. “Sangat disayangkan, tapi dugaan kami seperti itu. Itu adalah tekel yang buruk.” (DTC/O-2)

Benzema Gusur HiguainMADRID̶Karim Benzema boleh tersenyum lebar atas pencapaiannya pada awal musim ini. Kerja kerasnya mulai berbuah manis dan dia sepertinya mulai menggusur Gonzalo Higuain dari lini depan Real Madrid.Musim lalu, Benzema sebenarnya tampil ba-gus. Saat Higuain harus absen lama akibat cede-ra, penyerang timnas Prancis ini bisa mencetak 26 gol dalam 48 partai di semua kompetisi.Ketajaman Benzema berlanjut pada masa

pramusim. Dalam tujuh pertandingan, eks pemain Olympique Lyon ini membukukan delapan gol. Catat-an apik Benzema tersebut rupanya membuat pelatih Jose Mourinho terpikat. Alhasil, Mourinho memasangnya sebagai starter dalam dua

pertandingan awal Liga Spanyol. Mau tidak mau, Higuain pun harus rela menjadi cadangan meskipun sudah pulih dari cedera.Kepercayaan Mourinho dibayar tuntas

Benzema dalam laga kontra Getafe, Minggu (11-9) dini hari. Dia mencetak dua gol dan membantu Los Merengues menang 4-2. (DTC/O-2) DOK.LAMPUNG POST DOK.LAMPUNG POST

Page 18: lampungpost edisi 12 september 2011

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

O L A H R A G ASenin I 12 September 2011 Lampung Post I 18

Serena tengah memburu titel keempat di AS Terbuka setelah sebelumnya menjadi juara tahun 1999, 2002, dan 2008.

“Saya pikir para penonton be-nar-benar membantu saya. Saya bisa merasakan energi mereka,” ujar Serena usai pertandingan, seperti dikutip Yahoosports.

Samantha Stosur akan jadi la-wan Serena di final. Pertandingan final di antara keduanya akan bertepatan dengan peringatan 10 tahun tragedi 11 September.

“Ini berarti banyak buat saya bisa ada di sini sebagai orang Amerika dan masih bertahan di turnamen,” kata Serena. “Saya benar-benar ingin bermain besok. Seperti hari spesial un-tuk Amerika Serikat, jadi saya benar-benar bersemangat.”

Serena tengah memburu titel keempatnya di AS Terbuka. Sebelumnya, dia pernah juara tahun 1999, 2002, dan 2008.

Sebelumnya, Samantha Stosur memastikan langkah ke final grand slam kedua sepanjang kari-er profesionalnya. Di semifinal, Stosur mengalahkan Angelique Kerber 6-3, 2-6, dan 6-2, kemarin,

dala waktu satu jam 46 menit. Final AS Terbuka menjadi

yang kedua yang ditembus Stosur, setelah sebelumnya dia masuk partai puncak Prancis Terbuka 2010, meski kemudian kalah atas Francesca Schia-vone. Dia kini mencoba men-jadi petenis Australia pertama yang menjuarai grand slam setelah yang terakhir dilakukan Evonne Goolagong-Cawley di Wimbledon tahun 1980.

Nadal Vs DjokovicSementara itu, di bagian putra, Ra-

fael Nadal melangkah ke final usai

menaklukkan Andy Murray. Sang

juara bertahan akan bertemu lagi dengan lawannya di final tahun lalu, Novak Djokovic.

Dalam semifinal, kemarin pagi, Nadal harus bertarung empat set sebelum akhirnya mengalahkan Murray. Sempat kehilangan set ketiga, unggul-an kedua ini akhirnya menang 6-4, 6-2, 3-6, dan 6-2.

Djokovic akan menjadi lawan Nadal selanjutnya. Petenis nomor satu dunia ini lebih dulu lolos se-telah menundukkan Roger Fede-rer 6-7, 4-6, 6-3, 6-2, dan 7-5..

Duel Nadal versus Djokovic ini

merupakan ulangan final tahun lalu. Saat itu, Nadal keluar sebagai kampiun setelah menang dalam duel empat set. Kali ini, Nadal harus berjuang lebih keras. Rekor pertemuannya dengan Djokovic tahun ini sangat buruk dan dia se-lalu kalah dalam lima pertemuan di final sebuah turnamen.

“Saya belum menemukan solusi nya. Saya akan melakukan yang terbaik,” kata Nadal di Yahoosports. “Saya bertemu dia (Djokovic) di final tahun lalu. Saya pikir saya bermain fantastis. Saya akan coba mengulanginya.” (O-2)

CESENA (Dtc/Lampost): Napo-li mengawali perjuangan di Liga Italia 2011—2012 dengan hasil

sempurna. Bertandang ke Ce-sena, yang hanya diperkuat 10 orang sejak awal babak kedua, Partenopei membawa pulang kemenangan 3-1.

Dalam laga di Stadion Dino Manuzzi, Minggu (11-9) dini hari, Napoli menjalani start sangat baik. Baru dua menit dimulai mereka membuka skor melalui Ezequiel Lavezzi.

Gol cepat Napoli tersebut ber-mula dari lemparan ke dalam Hugo Campagnaro. Bek Cesena tidak menduga jika lemparan tersebut bisa melayang jauh dan Lavezzi mampu menerus-kannya menjadi gol dengan sontekan ke tiang dekat.

Christian Maggio nyaris mem-buat tim tamu unggul 2-0 saat tendangan voli yang dilepaskan hanya melenceng tipis dari sasar-an. Walaupun begitu, justru gawang Napoli yang kemudian dibobol Cesena untuk mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Meneruskan kerja sama segitiga antara Adrian Mutu, Eder dan Roberto Guana, nama yang disebut belakang-an sukses menjebol gawang Napoli. Gol tersebut tercipta saat laga berusia 24 menit.

Kerja sama antara Lavez-

zi dengan Santana nyaris membuat Napoli kembali memimpin, namun tak ada gol tercipta. Sementara tendangan Edinson Cavani masih bisa diselamatkan kiper.

Di awal babak kedua, te-patnya menit ke-55, Cesena kehilangan satu pemain. Aki-bat pelanggaran keras, Yohan Benalouane menerima kartu kuning kedua yang diikuti kar-tu merah. Kondisi ini langsung dimanfatkan Napoli dengan memasukkan Marek Hamsik dan menarik Santana.

Masuknya Hamsik lang-sung memberi pengaruh nya-ta buat Napoli setelah umpan tendangan sudutnya berujung gol. Skor berubah menjadi 2-1 setelah Hugo Campagnaro menyambar bola sambil men-jatuhkan diri.

Di sisi lain Cesena punya pe-luang kembali menyamakan kedudukan. Goran Pandev, yang baru didatangkan dari Inter Milan, membuang pelu-ang berharga saat sepakannya membentur tiang gawang.

Tiga menit bubar, Napoli akhirnya memastikan tiga poin. Memanfaatkan ke-salahan pemain belakang Cesena, Hamsik melepas-kan tembakan setengah voli yang mengarah ke sudut kanan atas gawang dan membuat skor akhir 3-1 untuk Napoli. (O-2)

MONZA (Lampost): Pembalap Indonesia Rio Haryanto kembali mencetak prestasi dalam ajang GP3 di Sirkuit Autodromo Nazi-onale Monza, Italia, akhir pekan lalu. Rio menempati podium ketiga pada race pertama dan podium kedua di race kedua.

Pada race pertama podium utama menjadi milik anggota tim

ART Valtteri Bottas yang men-catat waktu 30 menit 03,132 detik. Posisi berikutnya ditempati rekan satu tim Bottas, James Calado dengan defisit waktu 0,378 detik, dan Rio mengalami defisit waktu 1,513 dalam balapan sebanyak 16 putaran tersebut.

Sedangkan pada race kedua, podium pertama menjadi milik

Felix da Costa (Portugal) yang menorehkan waktu 28.28,320 disusul Rio 28.29,040, dan podium tiga ditempati Nico Muller (Swiss) 28.29,528.

“Hasil yang bagus pada akhir kejuaraan. Saya bersyukur bisa mencapai prestasi seperti ini,” ujar Rio usai balapan ketika dihubungi di Monza kemarin.

Menurut Rio, untuk tahun depan dia bakal lebih siap lagi mengikuti sejumlah seri. Apalagi Pertamina masih memberikan dukungan penuh termasuk meng-ikuti ajang GP2.

Menyinggung soal jalannya balapan di Monza tersebut, pem-balap yang tergabung dalam tim Pertamina tersebut mengatakan

lomba kali ini sangat sulit, meng-ingat dia tidak berada dalam posisi start yang bagus.

“Saya harus berjuang lebih keras lagi pada awal lomba. Pada tikungan pertama saya mera-sakan understeer dan sulit untuk keluar. Terlebih pembalap yang menempel di sekeliling saya sangat ketat,” ujar Rio. (MI/O-2)

NEW YORK (Dtc/Lampost): Serena Williams akan menghadapi Samantha Stosur di final Grand Slam Amerika Serikat Terbuka. Di semifinal, minggu (11-9) pagi, Serena tampil sangat baik dan menang 6-2 dan 6-4 atas unggulan utama Caroline Wozniacki.

Serena Vs Stosur di Final

GP3 MONZA

Rio Naik Podium di Akhir Kejuaraan

SERI A

Napoli Tundukkan 10 Pemain Cesena

PARIS (Ant/Lampost): Joe Cole berperan penting saat keluar dari bangku cadangan untuk membantu kemenangan Lille 3-1 atas 10 pemain Saint-Etienne dalam debut di Liga Utama Prancis (Ligue 1), Sabtu (10-9).

Eden Hazard mencetak dua gol pada babak kedua, dan Cole membantu tercip-tanya gol ketiga dari Ludovic Obraniak dengan giringan bola yang cerdas melewati pertahanan tim tuan rumah pada saat-saat akhir.

“Ini sangat, sangat baik,” kata Cole dalam wawan-cara dengan Canal+. “Saya menikmati bermain dengan rekan-rekan setim saya. Cara mereka bermain sangat can-tik. (Hazard) adalah pemain yang sangat, sangat spesial.”

Kemenangan tersebut mem-bawa Lille naik ke urutan kedua klasemen dan memiliki poin sama dengan Toulouse—yang mengalahkan Caen 1-0

berkat gol pada injury time dari Etienne Capoue—dan satu poin di bawah pemimpin klasemen baru Lyon, yang menundukkan Dijon 2-1.

Sementara itu, Marseille mengalami kekalahan kandang 0-1 dari Rennes, dengan satu-satunya gol dicetak Jires Kem-bo-Ekoko 14 menit menjelang pertandingan usai. Kekalahan ini membuat Marseille baru me-ngumpulkan tiga poin, terpaut dua poin dari posisi terbawah klasemen dan belum pernah meraih kemenangan dalam lima pertandingan pertama mereka.

Kekalahan kedua beruntun bagi juara 2010 menambah te-kanan bagi pelatih Didier De-schamps menjelang pertan-dingan Liga Cham pions pada pertengahan pekan melawan Olympiakos. Se-dangkan Rennes bergabung di urutan keempat dengan hanya selisih satu poin dari puncak klasemen. (O-2)

LIGUE 1

Joe Cole KembaliBersinar di Lille

vARIS SPORt

Tes ‘Event’ Atletik SEAG TerhambatPALEMBANG—Tes event SEA Games ke-26 cabang atletik terancam molor dari jadwal karena peralatan foto finis belum tersedia. “Peralatan foto finis lagi dipesan di Malaysia dan nanti datang bersamaan dengan jam digital merek Olimpic pada pertengahan Oktober mendatang. Padahal tes event direncanakan pada 21—28 September ini, jadi bisa-bisa diundur,” kata Manajer Proyek PT Prambanan Dwi Paka, Tejo Kuncoro, di Palembang, Minggu (11-9).Menurut Tejo, peralatan foto finis menjadi keharusan dalam suatu event berskala internasional. “Suatu rekor yang tercipta baru diakui dunia apabila event tersebut berstandar internasional atau memiliki peralatan seperti foto finis. Jadi, tidak mungkin menggelar tes event SEA Games tanpa foto finis.” Tejo menyarankan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indo-nesia (PB PASI) berupaya meminjam ke Pengprov DKI Jakarta atau Riau. “Salah satu cara agar tes event tetap dilaksanakan sesuai dengan jadwal adalah meminjam peralatan milik DKI Jakarta atau Riau. Tapi, semua kami serahkan kepada PB PASI. Pada prinsipnya, venue telah siap dipakai pada akhir September ini.” (ANT/O-2)

6 Negara Ikuti Cabang BridgePALEMBANG—Enam negara memastikan kesertaannya dalam SEA Games ke-26 di Indonesia dengan pelaksanaan pertandingan di Palembang, 11—22 November 2011. “Ada enam negara yang sudah mengonfirmasi kepada panitia, yakni Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Indonesia selaku tuan rumah,” kata Ketua Bidang Teknik Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesia, Joto Then, di Palembang, Minggu (11-9).Namun, panitia masih meragukan kesertaan Vietnam. “Yang kami ragukan hanya Vietnam, apa benar mereka akan ikut serta meng-ingat selama ini tidak ada perwakilan dari Vietnam dalam berbagai kejuaraan tingkat Asia,” ujar Joto.Pihaknya akan melakukan konfirmasi ulang dengan Vietnam meng-ingat cabang bridge baru pertama kali digelar pada SEA Games. “Kami ragu dari mana mereka mendapatkan atlet karena setahu kami olahraga bridge tidak berkembang di sana. Nanti pada last minute kami akan tanya lagi,” ujar Joto. (ANT/O-2)

Muenchen Cukur Freiburg 7-0 MUNICH—Bayern Muenchen melakukan pemanasan bagi pertan-dingan tandangnya pekan depan melawan Villarreal dalam laga Liga Champions setelah membantai Freiburg 7-0 pada pertandingan Bundesliga, Sabtu (10-9). Penyerang Mario Gomez dan pemain tengah Franck Ribery bermain cemerlang.Penyerang Jerman, Gomez, mencetak empat gol dan kini ia sudah mengoleksi delapan gol di liga musim ini dari lima pertandingan. Rekannya asal Prancis, Ribery, melesakkan dua gol di babak pertama. Pemain pengganti Bayern, Nils Petersen, mencetak gol ketujuh Muenchen sesaat menjelang bubaran. Kemenangan besar itu membuat Muenchen menduduki puncak klase-men sementara Bundesliga dan memiliki poin yang sama, 12, dengan Werder Bremen, tapi berselisih gol. Werder Bremen berada di tempat kedua klasemen setelah menaklukkan tuan rumah Hamburg 2-0 berkat dua gol Claudio Pizzaro. (ANT/O-2)

n REUTERS/RAY STUBBLEBINE

SONGSONG BOLA. Petenis tuan rumah, Serena Williams, menyongsong bola pukulan Caroline Wozniacki pada semifinal Grand Slam AS Terbuka di Flushing Meadows, Minggu (11-9) pagi WIB. Serena menjaga asa juara tuan rumah dengan melaju ke final usai menang 6-2 dan 6-4 atas Wozniacki.

n ANTARA/SAHRUL MANDA TIKUPADANG

Seorang penerjun melakukan atraksi pada kejuaraan Makassar International Parachutting Accuracy Water Landing Championship and Boogie Jump 2011 di Pantai Losari Makassar, Sulsel, Minggu (11-9). Kejuaraan yang berlangsung 11—18 September itu diikuti atlet dari Australia, Jepang, Amerika Serikat, Malaysia, Turki, Afrika Selatan, Korea Selatan, Prancis, Kanada, dan Indonesia dalam rangka HUT ke-404 Kota Makassar.

Kejuaraan Terjun Payung

Page 19: lampungpost edisi 12 september 2011

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

Kemenangan ini mengantar pembalap muda Jerman kian dekat dengan ambisinya mem-pertahankan mahkota juara yang diraihnya musim lalu.

Kemenangan kedelapan ini praktis membawa Vett el mengo-leksi 284 poin atau unggul 109 poin dari pesaing terdekatnya Fernando Alonso di posisi ke-dua. Dengan enam balapan tersisa, Vett el berpeluang meng-amankan gelar juara di dua atau tiga balapan selanjutnya. De-ngan catatan, dia mampu mem-pertahan kan konsistensinya dalam meraih kemenangan.

Menempati pole position un-tuk ke-10 kalinya, Vett el sempat

dikejutkan dengan manuver Fernando Alonso yang “menye-rang” melalui sisi lintasan un-tuk mendahuluinya dan Lewis Hamilton demi memimpin lomba di seri kandang Fer-rari. Pembalap veteran Michael Schumacher juga melakukan start gemilang setelah menyo-dok ke urutan empat dari posisi start kedelapan.

Namun, belum genap satu lap, safety car terpaksa mengam-bil alih jalannya balapan, me-nyusul insiden tabrakan yang menimpa sejumlah pembalap. Insiden tersebut berawal dari pembalap Hispania Racing Team (HRT) Vitantonio Lu-

izzi yang gagal mengendalikan mobilnya sehingga tergelincir ke rumput sebelum akhirnya menabrak mobil Vitaly Petrov yang juga menyeret Rubens Bar-richello, Jerome D’Ambrosio,

dan Nico Rosberg.Akibat insiden ini, Luizzi,

Petrov, Jerome D’Ambrosio, dan Nico Rosberg terpaksa gagal melanjutkan lomba. Sementara

itu, Barrichello bisa melanjutkan lomba setelah memasang sayap baru. Safety car pun memimpin balapan sekitar empat lap.

Setelah lintasan bersih dari serpihan bodi mobil yang terlibat insiden, balapan kembali dilan-jutkan di sisa 49 lap. Sejauh ini, komposisi pembalap antara lain; Alonso di tempat pertama, dii-kuti Vett el dan Schumacher yang sukses melewati Hamilton.

Pada lap yang sama, Vett el meng-overtaking Alonso un-tuk mengambil alih pimpin-an lomba. Pergantian posisi sempat terjadi di pertengahan lomba. Namun, Vettel tidak tergoyahkan di posisi terde-pan. Pembalap 24 tahun yang tampil nyaris tanpa cela ini pun akhirnya sukses melintasi garis fi nis pertama. Jenson But-ton membuntutinya di tempat kedua, diikuti Fernando Alon-so di podium ketiga. (O-2)

O L AH R A G ASenin I 12 September 2011 Lampung Post I 19

Dengan enam

balapan tersisa,

Vettel berpeluang

mengamankan gelar

juara di dua atau tiga

balapan selanjutnya.

VARIA SPORT

Timnas U-16 Hadapi Myanmar JAKARTA̶Timnas U-16 Indonesia akan berhadapan dengan Myan-mar di laga perdana grup G Pra-Piala Asia 2012 di Stadion Rajamang-gala, Bangkok, hari ini (12-9). “Kemenangan menjadi penting diraih untuk memuluskan langkah tim asuhan pelatih Indra Safri ini dalam upayanya meneruskan tradisi lolos ke putaran fi nal Piala Asia U-16,” kata media offi cer PSSI, Asep Saputra di Jakarta, Minggu (11-9).Menurut dia, dalam dua edisi Piala Asia U-16 sebelumnya, Indonesia me-mang selalu lolos ke putaran fi nal. Di grup G, Indonesia harus bersaing de-ngan tim kuat seperti Australia, Thailand, Myanmar, Hong Kong, dan Guam. Jatah tiket dari grup ini ke putaran fi nal hanya juara dan runner-up. Sebelum mengikuti Pra-Piala Asia U-16 ini, timnas U-16 memiliki bekal tujuh kali laga uji coba melawan tim lokal, yang usianya dua hingga lima tahun lebih tua. Timnas U-16 sukses membukukan enam kemenangan dari tujuh laga. Dengan agresivitas gol mencapai hampir 18 gol dan hanya kebobolan empat gol. (ANT/O-2)

TINJU

GamboaTKODe LeonATLANTA (Lampost): Yuriorkis Gamboa mempertahankan rekor tidak terkalahkan. Mantan juara dunia kelas bulu IBF dan WBA ini mengalahkan petinju kawakan Meksiko, Daniel Ponce de Leon.

Duel melawan De Leon me-rupa kan pertarungan perdana Gam boa setelah kehilangan dua sabuk juara (IBF dan WBA) yang dicabut lantaran menolak me mainkan pertarungan wa-jib (mandatory fi ght). Namun, Gamboa tetap mampu menun-jukkan ka pasitasnya sebagai petinju j em polan.

Dalam duel nongelar kelas bulu (57,1 kg) di Boardwalk Hall, Atlanta City, Amerika Serikat, Minggu (11-9) WIB, Gamboa sukses menundukkan De Leon di ronde kedelapan, meskipun kemenangannya kali ini sedikit berbau keberuntungan.

Pertarungan tersebut ber-jalan cukup seimbang sejak awal hingga pertengahan ronde yang dijadwalkan 12 ronde. Baik Gamboa maupun De Leon kerap terlibat jual beli pukulan dan membuat pertarungan makin menarik.

Memasuki ronde kedelapan, petaka bagi De Leon datang. Gamboa, yang tengah melaku-kan serangan, secara tidak se-ngaja membuat dahi De Leon berdarah. Namun, bukan karena pukulan, melainkan tandukan kepala. Akibat insiden tersebut, wasit pun terpaksa menginstruk-sikan tim medis memeriksa luka petinju 31 tahun tersebut.

Setelah mendapat pemerik-saan, tim medis memutuskan luka De Leon berpotensi ber-tambah parah jika terus melan-jutkan pertarungan. (O-2)

Vettel Perlebar JarakMONZA (Dtc/Lampost): Pembalap Red Bull Racing, Sebastian Vettel, kian nyaman memimpin klasemen sementara Formula Satu musim ini usai memenangi GP Monza, Italia, Minggu (11-9).

JAYAPURA (Ant/Lampost): Penyerang tim sepak bola Persipura Jayapura, Boaz Solossa, yakin tim Mutiara Hitam bisa mengalahkan Ar-bil SC pada leg pertama babak delapan besar Piala Asian Football Confederation (AFC) di Stadion Mandala Jayapura, Selasa (13-9).

“Kami optimistis bisa memberikan hasil yang terbaik bagi Persipura dan masyarakat Papua. Saya ingin semua kebaikan ada di tim ini. Jadi ap apun yang terjadi kami harus bisa meraih hasil yang maksimal,” kata Boaz Solossa di Jayapura, Sabtu (10-9).

Selain itu, hal yang mem-buat Boaz yakin Persipura bisa mengamankan laga kan-dang kali ini karena kondisi para pemain Mutiara Hitam yang kini berada dalam tren positif. “Jadi semoga dengan kondisi seperti ini bisa me-motivasi saya teman-teman mengangkat tim ini.”

Bagi sang kapten ini, laga leg pertama menghadapi Ar-bil SC mendatang merupakan pertandingan yang sangat penting bagi Persipura. Se-bab, jika berhasil memenang-kan pertandingan apalagi dengan selisih gol yang baik, peluang lolos ke babak beri-kutnya kian terbuka.

“Saya dan tim akan berusa-ha memberikan dan menge-luarkan semua kemampuan terbaik dalam pertandingan nanti untuk Persipura dan masyarakat Papua. Semoga kami bisa meraih hasil yang maksimal,” kata dia.

Boaz mengakui jika Per-sipura bisa mengamakan laga leg pertama babak de-lapan besar Piala AFC, Se-lasa nanti, peluang dia dan kawan-kawan lolos ke babak selanjutnya sangat terbuka dengan syarat di pertanding-an kedua di markas Arbil SC, 27 September mendatang, Persipura cukup butuh hasil seri. (O-2)

PIALA AFC

Boaz Yakin PersipuraKalahkan Arbil SC

REUTERS/GIAMPIERO SPOSITO

KEMENANGAN KEDELAPAN. Pembalap Tim Formula Satu Red Bull asal Jerman, Sebastian Vettel, mengangkat trofi podium pertama GP Italia di Sirkuit Monza, Minggu (11-9). Kemenangan di Monza merupakan yang kedelapan musim ini dan membuat Vettel berpeluang besar mempertahankan gelar juara dunia.

Page 20: lampungpost edisi 12 september 2011

Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi: Sabam Sinaga. Wakil Pemimpin Redaksi: Heri Wardoyo. Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Dewan Redaksi Media Group: Elman Saragih (Ketua), Ana Widjaya, Andy F. Noya, Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Saur M. Hutabarat. Sugeng Suparwoto, Suryopratomo, Toeti Adhitama. Redaktur Pelaksana: Iskandar Zulkarnain, Iskak Susanto. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Redaktur: Alhuda Muhajirin, Sri Agustina, Amiruddin Sormin, Wiwik Hastuti, Heru Zulkarnain, Zulkarnain Zubairi, Hesma Eryani, Sudarmono, Trihadi Joko, Umar Bakti, D. Widodo. Asisten Redaktur: Aris Susanto, Muharam Chandra Lugina, Musta’an, Kristianto, Nova Lidarni, Syaifulloh, Lukman Hakim. Liputan Bandar Lampung: Juniardi, Sri Wahyuni, Rinda Mulyani, Vera Aglisa, Sony Elwina Asrap, Zainuddin. Biro Lampung Utara: Buchairi Aidi (Kabiro), Ruhiman, Hari Supriyono. Lampung Barat: Henri Rosadi (Plt. Kabiro), Eliyah. Way Kanan: Yoel Lukasim (Kabiro), Warseno, Mat Saleh. Lampung Tengah: Ikhwanuddin (Kabiro), Andika Suhendra (Wakabiro), M. Lutfi, Agus Hermanto. Metro/Lampung Timur: Sudirman (Kabiro), Djoni Hartawan Jaya (Wakabiro), Chairuddin (Wakabiro), Agus Chandra, Eddy Ribut Herwanto, Suprayogi. Tulangbawang: Muhammad Guntur Taruna (Kabiro), Juan Santoso Situmeang. Tanggamus: Mif Sulaiman (Kabiro), Sudiono, Sayuti, Widodo. Lampung Selatan: Herwansyah (Plt. Kabiro), Aan Kridolaksono, Usdiman Genti. Pesawaran: Meza Swastika. Desain Grafis: DP. Raharjo, Sugeng Riyadi, Sumaryono, Sugito, Malianingsih, Ridwansyah, David Jackson, Djadi Satmiko, Ferial, Nanang B, Dede Darmawan, Nurul Fahmi. Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Account Executive Iklan: Oki Haray, Merry Destaria, Shiera Maqhruf, Mardlian Shah, Ferawati. Manajer Keuangan dan Akunting: Rosmawati Hara-hap. Manajer Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: [email protected] [email protected]. Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113. Kalianda: Jl. Sanggar Pramuka No. 9, Kalianda Telp/Fax: (0727) 322724. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Imam Bonjol No.1, Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan

Senin I 12 September 2011 Lampung Post I 20

P O J O K

P A K D E P A K H O

Kurungan APBNBURUKNYA pengelolaan anggaran masih mengurung bangsa ini. Pe-nyerapan yang rendah dan menumpuk di akhir tahun tetap menjadi potret 2011. Hingga Agustus, penyerapan belanja modal baru mencapai 26,9%. Jumlah itu lebih rendah ketimbang periode yang sama tahun lalu, yang juga rendah, yakni 28%.

Hal tersebut menunjukkan pemerintah belum serius mengelola anggaran. Fakta memperlihatkan belanja yang menumpuk di akhir tahun terus terjadi.

Sejak 2006 hingga 2010, persentase penyerapan belanja modal APBN hingga pertengahan tahun hanya berada di kisaran 14%-26%. Masih jauh dari separuh belanja modal. Apakah itu karena pemerintah tidak peduli, tidak mampu, abai, atau memang tidak tahu bagaimana menggerakkan anggaran?

Anggaran negara seharusnya motor bagi pertumbuhan. Fiskal seyo-gianya menjadi daya dorong terhadap perekonomian.

Sayangnya, pemerintah punya logika lain. Logika yang dikurung angka serapan anggaran di ujung tahun. Efektivitas anggaran diabaikan. Hal itu bisa terjadi lantaran evaluasi terhadap penyerapan anggaran suatu kementerian atau lembaga hanya diukur satu tahun satu kali, setelah tahun anggaran berakhir.

Ukurannya pun sebatas angka persentase penyerapan, bukan efek-tivitas. Kementerian dan lembaga yang memiliki daya serap rendah baru terancam sanksi pemotongan anggaran pada tahun berikutnya.

Itulah yang memicu kementerian dan lembaga akhirnya kerap jorjoran membelanjakan anggaran di akhir tahun. Akibatnya, pengerjaan proyek dilaksanakan terburu-buru dan kualitas tidak terjamin.

Karena itu, penting mengubah sistem evaluasi kinerja kementerian dan lembaga tidak sekadar dengan mengukur persentase penyerapan ang-garan di akhir tahun. Pada setiap triwulan, pemerintah seharusnya sudah bisa mengevaluasi sejauh mana proyek yang dibiayai APBN di realisasikan. Apabila melenceng dan tidak realistis, anggaran bisa direlokasi untuk proyek lain yang lebih efektif dan masuk di akal.

Begitu juga dengan sanksi, jangan dibatasi hanya pada pemotongan ang-garan pada tahun berikutnya. Apabila perlu, disertai dengan tindakan meng-ganti pejabat yang bertanggung jawab di kementerian teknis terkait.

Dengan demikian, para pejabat itu bakal terpacu merancang anggaran secara realistis dan efektif. Tidak sekadar membuat proyek abal-abal untuk memenuhi kuota anggaran, apalagi sebagai uang kas kementerian.

Patut diingat, APBN dibayar dari pajak rakyat sehingga rakyat patut menikmati pembangunan yang distimulasi anggaran negara. Buruknya penyerapan anggaran negara jelas bukti buruknya tanggung jawab pemerintah terhadap rakyat. n

Pembantu Rumah TanggaSTRES tingkat tinggi. Seorang teman menuliskan kalimat itu di pesan pri-

badinya pada suatu layanan pesan instan smartphone.“Kenapa Pin, stres?” tanyaku padanya.“Aduuuh...Najla marah-marah ke pembantu di

rumah, waktu aku enggak di rumah. Sekarang pem-bantunya kabur,” ujarnya memulai cerita.

Menurutnya, putri kecilnya kerap marah ke pem-bantu. Tapi, ya namanya anak-anak, omongan mereka

lebih sering meniru tontonan sinetron di televisi. Tapi, kalau si teman yang hanya ibu rumah tangga dengan dua anak seusia

anak-anakku bisa stres begitu, apalagi aku yang bernasib sama tanpa pembantu rumah tangga. Belum lagi, masih harus bekerja dan meninggalkan anak-anak.

Permasalahan sulitnya mendapatkan pembantu rumah tangga selalu muncul setelah Hari Raya. Maklumlah, pembantu yang mudik menjelang Lebaran biasanya memilih tidak kembali ke rumah majikannya. Belum lagi, jika di kampung halamannya bertemu teman yang dilihatnya bernasib lebih baik dengan menjadi pekerja pabrik.

Fenomena kelangkaan bedinde tidak terjadi di daerahku saja. Seorang teman di Pekanbaru pun bernasib sama. “Sudah telepon ke yayasan-yayasan penyalur pembantu. Tapi semua bilang belum ada. Bingung ka-rena kita harus bekerja, sementara anak tidak ada yang jaga,” keluhnya.

“Iya Mbak, sekarang lulusan SMP, SMA sudah enggak mau lagi jadi pembantu rumah tangga. Mereka memilih jadi buruh pabrik ke Jakarta atau menjadi penjaga toko,” ujarku.

“Mereka gengsi kalau harus bekerja jadi pembantu. Meski sebenarnya, pendapatan menjadi buruh pabrik tidak lebih besar dari menjadi pembantu rumah tangga. Karena menjadi buruh, mereka masih harus mengeluarkan biaya untuk makan, tempat tinggal, dan kebutuhan hari-hari,” timpalnya.

Tapi, terkadang pembantu juga banyak yang tidak tahu diri. Bekerja semaunya sehingga menjadi dilema bagi majikan. Dibiarkan tetap bekerja tapi makan hati. Diberhentikan, susah lagi cari pengganti.

Memang, kondisi tenaga kerja pembantu rumah tangga di Indonesia kerap memprihatinkan dan tidak mendapat perlindungan hukum. Tidak hanya di luar negeri. Perlakuan kasar majikan terhadap pembantu pun sering terdengar di negeri ini. Belum lagi, waktu kerja mereka yang tidak terbatas dan ruang lingkup pekerjaan yang sangat luas. Sementara upah yang mereka terima relatif kecil.

Jadi teringat sebuah nasihat. “Pembantu itu ya membantu, jadi jangan bebankan semua pekerjaan kepadanya.” (NOVA LIDARNI)

Menakertrans Muhaimin Iskandar dikelingi sindikat.Kalau begitu siapa bos sindikatnya ya?

nMenhut menilai penyelesaian sengketa lahan

di Register 45 salah sejak awal.Dari awal memang tidak ada niat untuk menyelesaikan sih.

n FERIAL

Paulus Mujiran Ketua Pelaksana Yayasan Kesejahteraan Keluarga Soegijapranata Semarang

Kisah seputar kaum urban yang menyerbu Ibu Kota akan kem-bali berulang. Aktivitas kaum

urban yang tergiur kisah-kisah sukses pemudik akan mengiringi kisah seputar arus balik yang menuju Ibu Kota. Meski hanya segelintir cerita sukses pemudik telah menjadi sihir warga pedesaan untuk merantau ke Ibu Kota. Akan terulang lagi ultimatum Gubernur DKI Jakarta berupa larangan bagi pendatang haram alias kaum urban menyerbu Ibu Kota. Mereka yang tidak memenuhi syarat diusir keluar. Aparat keamanan dan ketertiban DKI Jakarta sudah siap siaga mengusir siapapun yang hendak mengadu nasib di Jakarta

Tidak hanya Jakarta, kota-kota be-sar lain mengalami masalah serupa. Hanya problemnya tidak serumit yang dihadapi pemerintah DKI Jakarta. Yang menjadi pertanyaan mengapa Jakarta selalu menjadi daya tarik utama mengadu nasib? Ibarat lampu Jakarta dengan segala gemerlapnya memang

menjadi daya tarik laron untuk datang. Persoalan kian pelik karena kaum urban ini tidak memiliki keterampilan dan keahlian memadai untuk berjuang Ibu Kota yang penuh dengan persaingan.

Salah satu penyebab membanjirnya kaum urban ke Ibu Kota adalah pem-bangunan cenderung terpusat pada kawasan perkotaan. Dengan demikian, masyarakat perkotaan memiliki akses yang lebih baik terhadap sumber daya ekonomi dan cenderung memiliki kesempatan yang lebih besar untuk meningkatkan kesejahteraannya. Ren-dahnya akses masyarakat desa terhadap berbagai sumber daya kehidupan pada tingkat individu, rumah tangga, dan atau lingkungan yang lebih luas, men-jadikan desa kantong kemiskinan dan pengangguran.

Yang menjadi persoalan feno mena urbanisasi antarprovinsi hanya di-selesaikan antargubernur saja. Tidak ada campur tangan pemerintah pusat. Padahal, urbanisasi juga harus dilihat sebagai sikap rasa iri warga desa ter-hadap gemerlap pembangunan kota.

Sejak Indonesia merdeka terjadi pemusatan kegiatan ekonomi di Ibu Kota dan beberapa kota lain di Jawa

dan Sumatera. Pembangunan pedesaan dikelola asal-asalan. Anggaran lebih besar untuk membangun kota.

Tak mengherankan sebagai tujuan urbanisasi, Ibu Kota memang menjadi idola orang desa. Akhirnya, mereka yang bercita-cita mengubah nasib ke-hidupannya berbondong-bondong ke kota. Perilaku kaum urban yang menyerbu Ibu Kota dilandasi motif utamanya untuk mempertahan¬kan eksistensi kehidupan dalam konteks sosial ekonomi. Makin menyempitnya lapangan pekerjaan di desa merantau menjadi kebutuhan yang tidak terelak-kan. Namun, urbanisasi selalu menjadi problem yang pelik dan kompleks.

Di satu sisi, urbanisasi memberikan kontribusi tersedianya tenaga kerja untuk bekerja di sektor-sektor yang tidak ada di pedesaan seperti industri, ter utama bersifat padat karya. Namun begitu urbanisasi selalu melahirkan problem kompleks di masyarakat perkotaan.

Sikap tidak mau tahu massa muncul sebagai akibat dari akumulasi kekece-waan karena senjangnya ketimpangan antara si miskin dan si kaya. Tak jarang kaum urban yang tak memiliki bekal keterampilan dan pendidikan terkapar

sebagai penganggur di Ibu Kota. Dari titik ini, masalah pengangguran da-pat mengalami eskalasi menjadi kasus-kasus kriminalitas, premanisme dan munculnya budaya kekerasan (violence culture) yang berpotensi menyebabkan ketidakamanan (fear of crime).

Sedangkan kota mulai kelebihan penduduk yang berakibat semakin mu-dah terjadi konflik. Tata kota pun kian semrawut. Terbatasnya pemukiman dan fasilitas umum menyebabkan kualitas kehidupan perkotaan cenderung kian merosot. Membanjirnya kaum urban yang tidak mendapat tempat tinggal layak cenderung membangun rumah-rumah kumuh berdempet-dempet di bantaran sungai, tepian rel kereta api dan buruknya sanitasi.

Dengan begitu pada ada level sosial mudah sekali terjadi gesekan sosial se perti tawuran, serta makin mening-katnya kualitas dan kuantitas kejahatan di Ibu Kota. Itu semua terjadi karena problem kompleks urbanisasi yang sam-pai sekarang menjadi problem tidak ter-pecahkan secara mendasar. Untuk itu, perlu ada desain mendasar bagaimana mengatasi problem kompleks urba-nisasi yang sebentar lagi terjadi. n

Ahmad BaedowiDirektur Pendidikan Yayasan Sukma, Jakarta

KETIKA seseorang di-tanya tentang makna mudik bagi dirinya

sendiri, dipastikan akan banyak sekali cerita dan pengalaman yang mengitarinya. Seorang teman dengan entengnya berko-mentar, baginya mudik adalah kesempatan untuk bernostal-gia dan ketemu pacar lama. Seorang teman lainnya bilang mudik merupakan ajang “pa-mer” harga diri, penampakan simbol keberhasilan seseorang. Tetapi bagi Misjaya, seorang guru swasta di daerah Lokasari, Jakarta Pusat, mudik adalah anugerah untuk merenungkan kembali perjalanan dan karier dirinya hingga menjadi seorang guru di tengah kota Jakarta.

Pak Misjaya bersekolah di sebuah madrasah kecil di kam-

pungnya. Ketika SMA dia mu-lai kenal kota dan melanjutkan pendidikan hingga ke pergurun tinggi di Yogyakarta. Tetapi jika ditanya pengalaman apa dan di mana yang paling berkesan ketika belajar dulu? Belajar di kampung adalah jawabannya. Karena itu momen mudik kali ini laksana mengobati rasa rindunya terhadap madrasah yang dulu menempanya.

Pengalaman belajar yang paling tidak terlupakan adalah interaksi intensif Pak Misjaya dengan ayahnya. Meskipun hanya pegawai kantor desa dengan penghasilan tak sebe-rapa, ayah Pak Misjaya adalah simbol kepatuhan anan ke-pada orangtuanya. Pak Misjaya beruntung karena justru yang pertama kali memperkenalkan huruf-huruf Alquran kepada dirinya bukanlah orang lain, melainkan ayahnya sendiri.

Ayahnya selalu mengutip hadis

yang diriwayatkan oleh Thabrani. “Allah merahmati se seorang yang membantu anaknya ber-bakti kepada-Nya,” begitu sabda Nabi. Beberapa orang di sekeli-ling Nabi berta nya: Bagaimana caranya, ya Rasulullah?” Beliau menjawab: “Dia menerima yang sedikit darinya, memaafkan yang menyulitkannya, dan tidak membebaninya, tidak pula me-makinya.”

Bagi Pak Misjaya, prinsip terimalah yang sedikit dari hadis tadi menggambarkan bahwa kita hendaknya me-nerima apa pun kondisi anak, karena dengan demikian kita akan tetap membiarkan kasih-sayang, keteduhan dan keda-maian belaian tangan menjadi bagian yang tiada henti dalam menumbuhkan yang sedikit itu menjadi banyak dan berharga. Menerima kondisi anak secara apa adanya merupakan cermin-an dari sikap menerima yang

sedikit itu, dan memaksimal-kan kondisi tersebut dengan penuh cinta dan kasih sayang.

Prinsip kedua, yaitu me-maafkan yang menyulitkan. Apa pun tingkat kesulitan yang dihadapi dalam mendidik dan membimbing anak, pan-tang bagi guru dan orangtua untuk berputus asa terhadap rahmat Allah. Kesulitan yang ditumbulkan oleh anak-anak justru akan menjadikan si anak berkembang dengan baik dan mampu mengatasi sendiri kesulitan-kesulitannya.

Prinsip ketiga adalah tidak membebani. Baik guru dan orang tua yang menginginkan anak berbakti kepada orang tua dan Tuhan, hendaklah tidak membebani anak dengan tugas-tugas yang tidak mampu ia lakukan. Ketidakmampuan anak bisa disebabkan oleh belum siapnya anak untuk melakukan kegiatan-kegiatan

yang dikehendaki orangtua, bisa lantaran usia anak mau-pun kesanggupan fisik anak be-lum memungkinkan, bisa pula lantaran tingkat kemampuan anak belum memadai.

Sedangkan prinsip keempat dan ini yang paling krusial dan kritikal, adalah agar guru dan orang tua tidak memaki anaknya. Bahkan Nabi me-nyarankan jika ada orang tua mengucapkan kata yang buruk, hendaklah ia segera berlari un-tuk memohon ampunan Allah, kemudian ia meminta maaf ke-pada anaknya. Jika ini terjadi, anak justru mendapatkan pela-jaran yang nyata. Tangis orang tua dan permintaan maafnya, menggerakkan anak untuk menanggalkan kenakalan-kenakalan, dan menggantinya dengan akhlak yang baik. Dari perspektif Boese, forgiveness does not change the past, but it does enlarge the future. n

JuniardiKetua Komisi Informasi (KI) Lampung

Lima komisioner Komisi Informasi (KI) Lampung dilantik Wakil Gu-bernur M.S. Joko Umar Said pada

3 Maret 2011. Lembaga ini merupakan implementasi UU No. 14 Tahun 2008 ten-tang Keterbukaan Informasi Publik. KI di Lampung menjadi prestasi tersendiri pembentukan urutan ke-5 se-Indonesia, meski hingga saat ini belum diimbangi dengan anggaran sarana dan fasilitas pendukung kerja yang memadai.

Dalam pelaksanaan tugas dan ke-wenangannya, KI Lampung melihat belum semua Badan Publik menjalankan amanat UU No. 14 Tahun 2008. Disko-minfo termasuk Kementerian Komu-nikasi dan Informatika sudah melakukan beberapa kali sosialisasi ke badan publik atau lembaga/badan negara. Tetapi be-lum semua badan publik melaksanakan perintah undang-undang tersebut.

Banyak hal yang mengejutkan. Hampir semua badan publik (SKPD) dan pemda kabupaten/kota mengaku belum menge-tahui makna substantif dari UU tersebut. Hal ini dapat diketahui dari minimnya kesiapan setiap badan publik dalam mempersiapkan instrumen yang diperlu-kan dalam pelaksanaan UU ini. Misalnya, penerapan PP No. 61 Tahun 2010 tentang pembentukan PPID yang harus sudah diberlakukan pada 23 Agustus 2011.

Itu pun belum dilaksanakan, dalam hal pembentukan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi). Tidak ada badan publik lokal yang berinisiatif memulai, padahal menurut Diskominfo Provinsi Lampung, pihaknya sudah dua kali mengirimkan edaran kepada badan publik. Bahkan secara tertulis, Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. sudah menge-luarkan SK pembentukan PPID di ling-kungan Pemerintahan Daerah Provinsi Lam-pung, dan SKPD toh tak juga dijalankan.

Komitmen trans-paransi atau keterbu-kaan informasi publik menjadi bagian dari pemenuhan hak atas in-formasi atau hak untuk tahu (right to know) yang merupakan hak asasi yang dijamin konstitusi. Yakni, Pasal 28 UUD 1945 (UUD ‘45 hasil amendemen). “Setiap orang berhak untuk berkomu-nikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis salur-an yang tersedia.”

RTK Day mulai diperingati secara internasional sejak 28 September 2002 di Sofia, Bulgaria, dalam sebuah per-

temuan internasional para pembela hak akses atas informasi publik. Mereka mengusulkan dan menyepakati satu hari didedikasikan untuk mempromosi-kan ke seluruh dunia tentang kebebasan memperoleh informasi.

UU KIP menjadi landasan operasional untuk penegakan hak untuk tahu bagi setiap warga yang dijamin konstitusi. Tentu, itu akan berdampak luar biasa

ke depan bagi kehidup-an kita berbangsa yang lebih baik, sebagaimana sebelumnya UU Pers Nomor 40/1999 yang membuka keran kebe-basan pers pascarefor-masi 1998.

Tapi secara positif, hingga satu tahun em-pat bulan, sejak mulai diberlakukannya UU

KIP 1 Mei 2010 lalu, informasi publik-pun perlahan mulai mudah diperoleh. Termasuk, akses terhadap informasi publik yang mulai terbuka. Kendati di beberapa badan publik (instansi pe-merintah dan lembaga nonpemerintah yang menggunakan dana publik) harus melalui sengketa di Komisi Informasi lebih dulu sebelum akhirnya bersedia memberikan atau membuka informasi publik yang diminta (Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan KIP Pusat).

Data di Komisi Informasi Pusat (KIP)

menunjukkan jumlah pengaduan seng-keta informasi terus meningkat. Sejak satu tahun lalu tercatat 224 kasus (Juli 2010-Juli 2011). Di antara pengaduan sengketa informasi yang diselesaikan melalui mediasi dan ajudikasi (Sume-nep, Madura, Jawa Timur, dan infor-masi dana BOS di beberapa SMP serta Dinas Pendidikan DKI Jakarta).

Banyaknya sengketa informasi itu dapat menunjukkan bahwa adanya kesadaran akan hak untuk tahu di masyarakat, tetapi di sisi lainnya dapat mengindikasikan bahwa ketidaksiapan badan publik untuk memenuhi hak publik atas informasi. Saat ini, bila kita membuka website pemerintah daerah lain, misalnya Pemerintah Kota Yogyakarta atau Pemerintah Kabupaten Malang, dengan mudah akan bisa diakses APBD (anggaran belanja pendapatan daerah) dan selalu diperbarui. Padahal data itu yang pada masa lalu dianggap sakral alias rahasia. Berkat praktek trans-paransi dan akuntabilitas itu, Pemkab Malang kembali mendapat anugerah Otonomi Award dari Jawa Pos Institute of Pro-Otonomi (JPIP).

Penulis mengharapkan momentum International Right to Know Day, layak dijadikan simbol pentingnya kontribusi kita pada transparansi informasi publik dalam penyelenggaraan negara yang pada dasarnya juga bermanfaat bagi pencegahan sejak dini kemungkinan terjadinya korupsi. n

Mewaspadai Serbuan Kaum Urban

Rindu Kampung, Rindu Sekolah

Hak untuk Tahu TAJUK

NUANSA

Pasar terbesar di Simpangpematang, Mesuji, ludes

dilalap api.

Kabupaten baru ini perlu segera mengadakan pemadam

kebakaran.

UU KIP menjadi landasan operasional untuk penegakan hak untuk tahu bagi setiap warga yang dijamin konstitusi.

Page 21: lampungpost edisi 12 september 2011

Senin I 12 September 2011 Lampung Post I 21

Lampung Post menerima kiriman tulisan berupa opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke [email protected] atau [email protected]. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung. Pengiriman surat pembaca via e-mail harus dilengkapi alamat lengkap dan nomor telepon.

Mendukung Alzier Ketua KONI LampungPERNYATAAN Bang Alzier Dianis Thabranie siap memimpin KONI Lampung sebagaimana dilansir Lam-pung Post, 9 September 2011, perlu mendapat respons masyarakat insan olahraga. Apabila masyarakat insan olahraga mengamanahkan keper-cayaan ini, ia pun berniat untuk mem-bangun olahraga di Lampung. Sebagai tolok ukur keberhasilan nantinya ada beberapa hal yang harus menjadi tar-get utama dalam programnya, yaitu:

1. Mengondisikan kelembagaan olahraga ini sebagai wadah seluruh cabang olahraga yang representatif proporsional yang selalu mengen-depankan prestasi dan prestise.

2. Membina seluruh cabang olah-raga di masing-masing daerah sesuai dengan potensi olahraga yang ada di daerah setempat.

3. Memberikan penghargaan ke-pada atlet pelatih/pembina yang berprestasi sebagai bentuk tali asih dan atlet akan selalau berjuang untuk daerahnya sendiri.

4. Tidak mengecilkan prestasi olah-raga beregu tetapi perolehan medali di cabang olahraga perorangan akan lebih menguntungkan pada ranking

pencapaian medali. Untuk itu cabang olahraga perorangan perlu dipacu un-tuk bisa mendulang emas di event-event yang akan dilaksanakan nantinya.

Sebagai insan olahraga dari Kabu-paten Pesawaran, saya mendukung Bang Alzier untuk maju memegang kemudi KONI Lampung. Sebab, saya berasumsi memekarkan Kabupaten Pesawaran dari Kabupaten Lampung Selatan saja bisa dilaksanakan dengan pengorbanan tenaga waktu dan biaya yang tak terhitung, apalagi memimpin KONI Lampung, insya Allah mampu menjadikan Provinsi Lampung men-duduki peringkat yang lebih tinggi dibanding peringkat sebelumnya.

SephodoriGedongtataan, Pesawaran

Sistem Baru Pembayaran PLN BermasalahBEBERAPA bulan belakangan ini pihak PLN memberlakukan sistem pembayaran yang baru, dalam hal ini melibatkan pihak ketiga (bank) sebagai pihak pengumpul dana tagihan bulan-an bagi pelanggan. Berharap dengan melibatkan pihak ketiga (bank) untuk memperbaiki sistem pembayaran

tagihan yang ada, justru malah men-jadi masalah baru. Kalau dalam iklan “mengatasi masalah dengan masalah, sehingga bertambah masalah”.

Seharusnya mempermudah pem-bayaran dan dapat mengefisienkan segala sesuatunya, malah menjadi masalah baru. Antara lain:

1. Setiap melakukan pembayaran di loket-loket dengan menggunakan sistem internet, justru malah menjadi lama karena pihak loket mengatakan, jaringan internetnya tidak bermasalah tetapi justru pihak PLN yang susah diakses. Hal itu membuat setiap pe-langgan membutuhkan waktu sampai berjam-jam. Pertanyaannya, apakah pihak PLN akan mengganti waktu pekerja yang hilang, padahal dia izin cuma sebentar di sela waktu istirahat-nya saat bekerja, tetapi jika kita telat sehari membayar tagihan listrik denda sudah menanti di depan mata?

2. Sudah lama menunggu, pihak PLN sepertinya tidak mau rugi lebih banyak lagi. Lihatlah kertas tagihan PLN yang kata orang cuma “secuil”. Itu pun de-ngan tinta yang sangat tipis, nyaris tidak terbaca. Belum lagi ditambah ongkos baru berupa biaya administrasi bank Rp1.600. Jangan menghitung biaya administrasi yang sebesar itu cuma satu

orang, lihatlah berapa jumlah pelanggan PLN. Pertanyaannya, kita tidak pernah bersepakat akan menggunakan pihak ketiga (bank), tetapi mengapa biaya administrasi kita yang menanggung? Apakah sebaiknya akan lebih adil kalau dibagi dua dengan pihak PLN sendiri.

Saya yakin keluhan ini bukan yang pertama, tetapi sering dibicarakan orang manakala membayar tagihan listrik, tetapi kebanyakan mereka sudah putus asa karena menurut mereka percuma. Selain itu, mereka bingung menyampai-kannya ke mana? Akan tetapi saya tetap yakin pihak PLN lebih bijak menyikapi ini, apalagi direktur utama PLN orang reformis sehingga akan langsung ditang-gapi dan ditindaklanjuti dengan baik. Doa saya, “Ya Allah berilah kemudahan bagi para pegawai PLN untuk masuk surga, dan jangan persulit mereka untuk melaksanakan tugas dengan baik.”

Andi PrasetiyoJalan Badak Gg. Sidomuncul No.

8 Kedaton Bandar Lampung

Belajar dari Jepang Menangani GempaINDONESIA sebagai negara yang

mempunyai banyak gunung berapi tak terhindar dari bencana gempa, mulai dari skala kecil hingga skala besar yang berdampak tsunami. Bahkan, sekarang sudah ada sistem peringatan dini atau early warning system untuk menangani gempa dan tsunami.

Namun, tampaknya penangan gem-pa dan tsunami masih terlambat seh-ingga selalu saja muncul korban dalam jumlah yang terbilang besar. Padahal, pemerintah sudah menyiapkan ang-garan bencana dan sudah banyak pula ahli dikirim untuk belajar ke luar negeri, khususnya ke Jepang. Tetapi, kenapa mereka seperti belum berfungsi?

Jepang boleh dikatakan sudah cekat-an menangani bencana alam itu. Pe-nanganan gempa di Jepang malah sudah terstruktur. Dalam sistem peme-rintahannya, ada Kementerian Pena-nganan Bencana (Disaster Ma nagement Ministry) yang memiliki anggaran beratus-ratus miliar per tahun.

Kalau dilihat, tidak kurang 5% per tahun dari APBN Jepang wajib dialokasikan untuk mengantisipasi bencana. Ini guna memberikan per-lindungan bagi sekitar 127 juta rakyat Jepang, karena pemerintahannya sangat menyadari bahwa bencana bisa terjadi kapan saja sehingga manusia

pun harus siap pula menghadapi ling-kungannya yang rawan gempa itu.

Sedikit lebih teknis, Pemerintah Jepang membuat jalur-jalur evakuasi secara modern khusus untuk meng-hadapi gempa itu. Misalnya, di antaranya dibuat taman-taman kota yang lapang di titik-titik tertentu. Lokasi-lokasi tersebut difungsikan sebagai titik berkumpul bila terjadi gempa. Tentu tidak kalah penting-nya adalah adanya early warning system tadi yang selalu bekerja jauh sebelum bencana meneror warga.

Artinya, warga bisa segera memper-siapkan diri untuk segera menghindar bila sewaktu-waktu terjadi bencana gempa, misalnya. Itulah, wajar sekali apabila ba-nyak negara belajar dalam hal penanganan gempa ke Jepang, termasuk Indonesia.

Namun, bagi Indonesia bagaimana hasilnya, seperti sama-sama kita keta-hui, hasil pembelajaran itu tak begitu diterapkan di negeri kita yang rawan gempa ini. Bencana itu diantisipasi terlambat sehingga korban yang besar tak terhidarkan. Karena itu, sekali lagi, sa ngat perlu belajar dari Jepang tidak hanya teori tetapi bagaimana melaksan-akan ilmu yang sudah diperoleh itu.

Endang WirdaningsihSukabumi, Bandar Lampung

Kami membuka ruang keluhan, harapan, kritik, dan saran terhadap pelayanan umum, fasilitas publik, masalah sosial, atau kebijakan pemerintah dalam rubrik suara pembaca. Tanggapan Anda dapat dikirim via short message service (SMS) ke nomor 0815-405-9000 disertai nama dan alamat lengkap. Redaksi.

Beri Keadilan untuk Guru HonorerKepada yang terhormat Kepala Dikpora Lamtim. Tolong berikan keadilan untuk kami guru ho­norer di sekolah­sekolah negeri yang mengajar di atas 18 jam per minggu. Kenapa kami tidak dapat fungsional, sedang yang mengajar hanya 4 jam per minggu malah dapat. Purbolinggo.

089631000694

Tindak Tegas Begal Motor di Abung TimurKepada yang terhormat Bapak Kapolres Lampura. Tolong beri t indakan yang tegas kepada begal motor di daerah Abung

Timur agar tidak meresahkan warga.

087898504418

Calo Lakukan Pemerasan di BusKepada yang terhormat Polres Lamtim dan Lamteng. Mohon ditertibkan, banyak calo yang melakukan pemerasan berkelom­pok di bus jurusan Bandarjaya, Kotagajah, Labuhanmaringgai, hingga kini sangat meresahkan masyarakat.

Muslih, Way Jepara, Lamtim.085725772199

Mohon Penjelasan Pertamina soal Harga ElpijiYth. PT Pertamina beserta jajaran­

nya. Sebenarnya berapa harga elpiji 3 kg yang resmi dijual para pengecer, mohon dijelaskan. Terima kasih.

Matsur, Rangai Tritunggal, Katibung, Lamsel.

081279297757

Bolehkah BOS untuk Pembuatan Taman?Kepada yang terhormat Dinas terkait. Saya mau bertanya; apa­kah dibolehkan pemakaian dana BOS hanya untuk pembuatan ta­man, sedangkan untuk keperluan siswa tidak sama sekali, semua itu hanya untuk kepentingan pribadi kepala sekolah. Hal ini ter­jadi pada SDN 1 Pasir Kecamatan

Pagelaran, Pringsewu. Aminudin, wali murid.

085380073331

Tingkatkan Keamanan Bermotor di LampuraKepada Bapak Kapolres dan Pak Polisi di Lampung Utara, mohon keamanan bermotor di Lampura diperhatikan, terutama di Kali Cinta, Kotabumi. Ke mana pak polisi yang bertugas di Kali Cinta kok enggak ada lagi. Puja, RT 22 Kota Napal, Kecamatan Bungama­yang, Lampura.

081379641100

2 Hari Tidak Menikmati ListrikPelanggan PLN gardu depan SDN

1 Sukoharjo 1, Pringsewu, sudah dua hari tidak menikmati listrik karena rusak dan mati lampu. Mohon segera diperbaiki oleh PLN. Terima kasih.

085279231004

Pembayaran Listrik Main Tembak?Kepada yang mulia bapak ang­gota DPRD Lamteng. Terima kasih atas usaha bapak me­mindahkan pelanggan KLP ke PLN, tapi perlu bapak ketahui kami sekarang pelanggan PLN merasa diperas karena pemba­yarannya main tembak. Kami y a n g b i a s a n y a b a y a r c u m a Rp50 ribu sekarang jadi hampir

Rp100 ribu, tolong diperhatikan. Terima kasih.

Iwy Suparta, Seputihraman, Lamteng.

085379898434

Tahun tanpa SuapSiapa di antara eksekutif (gubernur), legislatif (DPR), atau yudikatif (kejak­saan) yang dapat menjamin peneri­maan PNS tahun ini tanpa suap? Kalau tidak ada sebaiknya kursi PNS dilelang terbuka saja. Iskandar Muharrom.Terima kasih.

081541252436

Jaringan Telkomsel di Yukumjaya AmburadulJaringan Telkomsel di Kelurahan

Yukumjaya amburadul, padahal hanya berjarak 3 km dari Ban­darjaya. Bisnis saya jadi merugi nih. Tolong perhatiannya. Terima kasih.

081379705900

Jangan Biarkan Mesin Padi Berjalan BeroperasiSaya tidak mengerti kenapa Pem­kab Tulangbawang Barat membiar­kan mesin padi berjalan beroperasi, padahal mereka jelas­jelas melang­gar undang­undang, tidak ada surat izin usaha dan tidak pernah bayar pajak!

Ghani, Dayamurni, Tulangbawang Barat.

085213253343

Page 22: lampungpost edisi 12 september 2011

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

“Tahun ini memang mening­kat dari tahun­tahun sebe­lumnya. Tapi, bukan termasuk kejadian luar biasa (KLB). Se­bab, dari 5.148 penderita tidak ada satu pun yang meninggal dunia,” kata Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Kesehatan Lamsel Armen Patria kemarin.

Menurut Armen, wabah di­are mulai meningkat pada Juli 2011 mencapai 2.456 penderita dan pada Agustus 2011 seba­nyak 2.692 penderita.

Namun, pada akhir Agustus jumlahnya menurun hingga awal September ini. Selain itu, untuk penderita terbanyak ber­ada di Kecamatan Candipuro.

Menurut dia, wabah diare memang biasa terjadi di musim kemarau. “Kejadian diare yang cukup meningkat di Lampung Selatan termasuk biasa. Karena secara perhitung an nasional, dari 1.000 penduduk, 432 orang menderita diare. Sedangkan balita bisa terkena satu hingga dua kali dalam setahun,” kata dia.

Penyebab wabah ini, kata Armen, karena jumlah air ber­sih berkurang dan masyarakat memanfaatkan air seadanya. Lalu, dampak banyaknya debu. Untuk itu, masyarakat harus waspada pada penjual makanan keliling yang tidak tertutup.

Distribusi ‘Zinc’Selain itu, penyebaran lewat

serangga, yakni lalat juga salah satu penyebab. Guna mengantisipasi penyakit di­are, kata Armen, disarankan masyarakat untuk rajin men­cuci tangan dengan sabun.

Sebab, cara ini sangat efektif dan efisien. Masyarakat juga lebih memperhatikan kondi­si air bersih dan tidak jajan sembarang an. “Para orang tua hendaknya bisa memberikan perhatian kepada anak­anak yang menderita diare, agar tetap buang air di WC. Hal ini untuk antisipasi penyebaran wabah melalui lalat,” kata Armen.

Disinggung upaya apa yang telah dilakukan Dinas Ke­sehatan, Armen mengatakan Dinkes Lampung Selatan telah

mendistribusikan obat zinc ke puskesmas­puskesmas.

Sehingga, penderita diare saat ini tidak lagi diobati dengan oralit. Zinc lebih bagus dari oralit dan telah direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan.

“Kelebihan zinc adalah cepat memperbaiki pencernaan. Sehingga, penderita diare lebih cepat sembuh. Obat ini bisa didapatkan pada 24 unit puskesmas dan RSUD yang ada di Lamsel,” kata Armen.

Untuk penanganan lain­nya, kata Armen, Dinkes telah mendistribusikan kaporit yang bisa ditaburkan ke sumur­sumur atau tempat penampung an air. “Kaporit bisa berguna untuk antisipasi dan langsung kami taburkan ke sumur milik para pasien,” kata dia. (TOR/D-3)

Senin I 12 September 2011 Lampung Post I 22

LINTAS

1 Bulan, Penderita Diaredi Lamsel 5.148 PasienKALIANDA (Lampost): Jumlah penderita diare di Kabupaten Lampung Selatan dalam kurun Juli dan Agustus mencapai 5.148 pasien.

KALIANDA (Lampost) : Musim kemarau yang terjadi di Lampung mulai dirasakan dampaknya oleh petambak tradisional di sepanjang jalan lintas pantai timur (jalin­pantim) Kecamatan Sragi dan Ketapang, Lampung Selatan.

Kemarau yang berlangsung sejak dua bulan lalu itu me­nyebabkan benur (bibit udang windu) yang disebar di tambak mati kepanasan. “Air tambak terlalu panas sehingga benur yang kami sebar mati dua minggu kemudian,” kata Sa­rino, petambak udang di Desa Pematangpasir, Kecamat an Ketapang, Minggu (11­9).

Dia bersama ratusan petambak lainnya hanya bisa berharap hujan segera datang sehingga usaha budi daya udang yang menjadi mata pencarian keluarga itu bisa dinikmatinya kembali.

“Hampir tiga bulan ini, kami hanya rugi­rugi terus. Sebab, benur yang kami sebar selalu

mati, walaupun air ditambak selalu kami ganti setiap saat. Air masih terlalu panas untuk per­tumbuhan udang,” kata dia.

Hal senada diungkapkan Budi, petambak di Desa Ban­daragung, Kecamatan Sragi. Menurut dia, petambak di daerahnya sejak beberapa tahun silam tidak pernah menuai sukses.

Petambak udang selalu merugi karena berbagai co­baan, mulai dari serangan vi­rus udang, kebanjiran hingga kemarau panjang. “Kami tidak mau ambil risiko. Lebih baik kami anggurkan saja tambak itu, sambil menunggu cuaca normal kembali,” kata Budi.

Selain petambak udang tra­disional mengeluhkan musim kemarau yang berkepanjang­an, sektor perkebunan, seperti tanaman kelapa sawit, karet, dan tanaman tebu juga mera­sakan dampak dari kemarau tersebut. Hasil produksi me­reka menurun dratis. (TOR/D-3)

BUDI DAYA

Petambak Udang Terus Merugi akibat Kemarau

Jabatan Adum Sekkab Lamsel Diisi Plt.KALIANDA—Jabatan asisten Administrasi Umum (adum) Pemkab Lampung Selatan yang sebelumnya dijabat Maman Kurmana, kini dipegang Lis Sugiarto sebagai pelaksana tugas (plt.).Pergantian jabatan itu karena Maman Kurmana sejak 1 September 2011 memasuki masa pensiun. Sekkab Lamsel Sutono mengatakan Lis Sugiarto yang menggantikan Maman Kurmana sebelumnya menjabat staf ahli Bupati Lamsel. “Kemungkinan satu bulan lagi akan didefinitifkan, sekarang masih di plt.,” kata dia.Berdasarkan informasi, jabatan yang belum definitif di lingkungan Pem-kab Lamsel antara lain kepala Dinas Kesehatan, Inpektorat, Sekretaris Dewan (Sekwan) dan asisten Adum. Sementara itu, Maman Kurmana dihubungi membenarkan jika dia sudah masuk masa pensiun dan tidak lagi menjabat. Selain itu, dia juga menyatakan tidak melakukan perpan-jangan jabatan. “Ya, saya sudah masuk masa pensiun. Pada masa pensiun ini, akan saya nikmati dengan sebaik-baiknya,” kata Maman. (TOR/D-3)

Petani Beralih Membuat BataKETAPANG—Untuk bertahan hidup, sejumlah warga desa di Keca-matan Ketapang, Lampung Selatan, yang berprofesi sebagai petani dan buruh kasar memanfaatkan tanah liat yang ada di sekitar rumah mereka untuk dijadikan batu bata. Setelah terkumpul cukup banyak, batu bata yang telah dicetak mereka bakar. Kemudian batu bata yang telah matang dijual Rp250/buah.Sunar, warga Desa Tamansari, Kecamatan Ketapang, mengaku bingung mencari kerjaan di musim kemarau ini. Sebab, sawah yang menjadi lahan garapannya kekeringan. Untuk itu, dia alih profesi membuat batu bata bersama tetangganya. “Kalau enggak nyawah, biasanya ikut kerja di pabrik jagung. Tapi semua pabrik tutup karena enggak ada produksi. Daripada nganggur lebih baik buat batu bata,” kata dia. (KRI/D-3)

Isap Sabu, Dua Pemuda DibekukSUKADANA—Jajaran Reserse Narkoba Polres Lampung Timur mem-bekuk dua pria paruh baya yang diduga melakukan pesta sabu-sabu, Jumat (9-9) malam. Kasat Narkoba Polres Lampung Timur AKP Marwan Kholid mengatakan keduanya ialah Hamzah (32), warga Desa Negritua, Kecamatan Margatiga, dan Herman (43), warga Desa Bumitinggi, Kecamatan Bumiagung. Mereka melakukan pesta sabu-sabu di ke-diaman Hamzah. Informasi yang didapat jajaran Reskrim Narkoba dari masyarakat sekitar. Mendengar info dari warga, sekitar pukul 21.00, Kasat Narkoba memerintahkan Kanit Narkoba melakukan penyelidikan.Setelah diselidiki, ternyata benar kedua orang itu sedang memakaisabu-sabu. “Saat itu juga mereka digelandang ke Polres Lampung Timur untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Selain kedua tersangka, Reskrim Narkoba juga menyita 0,2 gram sabu-sabu, satu bong, enam pipet, dan satu tabung kaca,” kata dia kemarin. (GUS/D-3)

BANDARSRIBHAWONO (Lampost): Keringnya sa­luran irigasi sepanjang 850 meter yang ada di Desa Sri­menanti, Kecamatan Ban­darsribhawono, Lampung

Timur, diklaim bukan kare­na gagal dalam membangun, melainkan akibat terjadinya musim kemarau sekitar tiga bulan ini.

Hal itu dikatakan Pejabat Sementara (Pjs.) Kepala Desa Srimenanti Samsul. Irigasi yang didanai dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri tersebut tidak ada airnya karena sungai yang dijadikan sumber utama mengalami penyusutan debit air.

“Karena terjadinya perubah­an iklim, yakni musim panas ini. Jika musim hujan dan deb­it air sungai penuh, air pasti

mengalir di irigasi tersebut,” kata Samsul, Minggu (11­9).

Dia juga mengatakan ba­ngunan irigasi yang ditujukan untuk mengairi puluhan hek­tare sawah itu menyerap dana tidak lebih dari Rp150 juta. “Bukan Rp300 juta, tapi seki­tar Rp150 juta,” ujar Samsul.

Diberitakan sebelumnya, Sukatman (50), warga Dusun VIII, Desa Srimenanti, Ban­darsribhawono, mengatakan bangunan irigasi yang dida nai PNPM Mandiri tahun 2009 lalu terlihat tak berfungsi. Se­bab, irigasi yang rencananya difungsikan untuk mengairi puluhan hektare sawah di Desa Srimenanti sama sekali tidak dialiri air. “Bagaimana mau dialiri air, irigasi yang dibuat lebih tinggi dari sungai sehingga airnya tidak bisa naik,” kata dia. (GUS/D-3)

INFRASTRUKTUR

Sungai Kering, IrigasiBelum Dapat Difungsikan

METRO (Lampost): Sebanyak 98 mahasiswa baru Sekolah Tinggi Manajemen Informa­tika dan Komputer (STMIK) Dharma Wacana Kota Metro mengikuti program orientasi pengenalan perguruan tinggi (Propti).

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut ber­tujuan memperkenalkan calon mahasiswa dengan dunia kam­pus. Ketua STMIK Dharma Wacana R. Kunrat menjelaskan sesuai dengan visi STMIK Dharma Wacana, yakni menja­di institusi akademik terdepan berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang diakui di tingkat nasional.

STMIK Dharma Wacana yang memiliki dua program studi (prodi), yaitu Sistem Informatika (SI) dan Teknologi Informatika (TI), berupaya untuk memberikan program pelatihan secara gratis kepada mahasiswa.

Selain itu, STIMIK juga mem­buka program magang pada beberapa perusahaan dan pro­gram beasiswa kepada maha­siswa yang tidak mampu dan berprestasi sehingga mampu

menyelesaikan pendidikannya. “Dengan berbagai program

tersebut, diharapkan STMIK Dharma Wacana dapat meng­hasilkan output yang diharapkan dapat memberikan sumbangsih untuk pembangunan Kota Met­ro,” kata dia, Jumat (9­9).

Kepada para calon maha­siswa, Kunrat juga berpesan agar tidak terkecoh dengan penggunaan TI yang tidak sama dengan otomatisasi. Se­bab, TI tidak hanya memecah­kan masalah dengan menggan­tikan pekerjaan yang selama ini dilakukan secara manual menjadi berbantuan teknologi. “Dengan cara berpikir tersebut, pemanfaatan TI tidak akan membawa perubahan radikal,” ujarnya.

Untuk itu, kata Kunrat, de­ngan prodi yang dimiliki ST­MIK Dharma Wacana, pihaknya berupaya mengoptimalkan pemanfaatan TI sehingga para mahasiswa mampu berpikir secara induktif. “Pemahaman terhadap peran yang dapat dimainkan oleh TI atau potensi yang ditawarkan, merupakan modal awal dalam berpikir induktif,” kata dia. (OGI/D-3)

STMIK DHARMA WACANA

98 Mahasiswa BaruMengikuti Propti

METRO (Lampost): Pelayanan RS Mardiwaluyo (RSMW) Kota Metro terhadap peserta asuransi kesehatan PT Askes dikeluhkan. Petugas penerima pasien rumah sakit swasta tersebut langsung mengatakan ruangan penuh, setelah menge­tahui calon pasien yang masuk merupakan peserta Akses.

Peristiwa tersebut dialami Edi­son Arifin (35), warga Perum Ju­rai Siwo Permai (JSP) Tejoagung, Metro Timur, Sabtu (10­9), sekitar pukul 23.00, saat mengantarkan berobat ibunya yang merupakan

peserta PT Askes ke RSMW. Sesampainya di depan ger­

bang, oknum petugas bernama Sa yang menyambut kedata­ngannya langsung mengata­kan kalau pakai Askes ruangan penuh. “Jadi, begitu sampai di RSMW, petugas bernama Sa langsung mengatakan ruangan penuh, begitu mengetahui ibu saya peserta Askes,” kata Edi­son Arifin, Minggu (11­9).

Sementara itu, Humas RSMW Yanto mengatakan pihaknya tidak membedakan pasien umum dengan pasien peserta

Askes. Menurut dia, pasca­Lebaran kondisi pasien RSMW memang membeludak sehing­ga seluruh ruangan penuh.

Pada kesempatan tersebut, dia berjanji akan memberikan teguran kepada karyawan yang tidak melaksanakan tugas se­suai dengan visi RSM, yaitu sapa, senyum, sentuh. Bahkan, pihaknya memastikan akan memutasi karyawannya yang tidak memberikan pelayan­an yang baik ke bagian yang tidak berhubungan dengan masyarakat atau pasien. (K-3)

PELAYANAN PUBLIK

Pasien Askes RSMW Dikecewakan

BUMIAGUNG (Lampost): Peternak sapi kampung di desa­desa sudah sejak dua bu­lan terakhir kesulitan menda­patkan pakan ternak. Mereka terpaksa harus memberi ternak mereka dengan batang jagung kering, batang pisang, dan kulit cokelat.

Sisa tanaman itu untuk ba­han campuran pakan ternak mereka. Dampak kemarau

panjang ini menyulitkan peter­nak sehingga banyak sapi men­jadi kurus karena kekurang an pakan. Akibatnya, nilai jual sapi kampung menjadi murah karena daging sapi menjadi berkurang.

Penelurusan Lampung Post di beberapa desa, banyak ternak sapi yang kondisinya kurus dan dagingnya berkurang. Hal itu karena kesulitan pasokan

pakan ternak.Terlebih, di aeral perladang­

an rumput mengering, hanya daun­daun dan batang pisang, serta sebagian batang jagung dan daun padi kering yang dijadikan pengganti pakan ternak.

Naryo, warga Purbolinggo, Lampung Timur, mengaku tiga ekor sapinya kurus ka­rena kekurangan pakan. Dulu, saat musim singkong, masih

banyak onggok atau ampas singkong hasil olahahan pabrik dijual untuk pakan ternak. Saat ini onggok sudah jarang ada.

Untuk itu, sebagai penganti pakan ternak, dia nekat memberi ternak dari batang dan daun pisang yang dipotong­potong. “Kemudian, bahan itu dicampur dedak padi yang dibeli dari tem­pat pengilingan,” kata Naryo.

Menurut dia, biaya pakan saja

sebulan terakhir bisa mencapai Rp300 ribu. Yaitu untuk mem­beli dedak padi dan bahan cam­puran pakan ternak lainnya.

“Jika tidak, tiga ekor ternak saya akan kurus kering dan mati. Saat ini, banyak di Pur­bolinggo sapi yang kurus­ku­rus karena kekurangan pakan. Pakan yang ada untuk bertahan sampai satu bulan ke depan,” ujarnya. (EDDY RIBU HARWANTO/D-3)

KEMARAU (1)

Banyak Ternak Sapi Kurus karena Kekurangan Pakan

n LAMPUNG POST/JUWANTORO

Guna meminimalisasi kecelakaan lalu lintas di jalan lintas Sumatera (jalinsum), Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres

Lampung Selatan menutup jalan masuk jalur dua Pemkab Lampung Selatan dari arah Bandar Lampung. Foto dibidik

Minggu (11-9).

ARUS BALIK

PenumpukanTrukBerlanjutBAKAUHENI (Lampost): Pe­numpukan truk di Pelabuhan Bakauheni terus berlanjut. Bahkan, antrean ribuan truk yang hendak menyeberang ke Pelabuh an Merak, Banten, meluber hingga sepanjang 3 km di ruas jalinsum Km 87/88, Pasar Baru, Bakauheni. Truk juga me ngular di jalinpantim Menara Siger, Bakauheni, Minggu (11­9).

Manajer Operasional PT Ang­kutan Sungai Danau dan Pe­nyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, mengatakan arus balik kendaraan pribadi dan sepeda motor di pelabuhan Bakauheni masih tinggi. Sehari sebelumnya, sebanyak 3.600 unit mobil pribadi dan 2.500 unit sepeda motor me­nyeberang ke Merak Banten.

Pihaknya mengutamakan pe­nyeberangan kendaraan penum­pang. Sabtu (10­9), 30 kapal yang beroperasi sebanyak 91 trip telah mengangkut 7.416 unit kendaraan berbagai jenis. Perinciannya, 3.600 mobil pribadi, 2.500 sepeda motor, 310 bus, dan 1.000 truk.

“Sehingga wajar saja kalau masih terjadi stagnasi ken­daraan truk sebab volume ken­daraan truk juga terus mening­kat,” kata Heru di Pelabuhan Bakauheni, Minggu (11­9).

Dia memperkirakan penye­berangan truk akan berjalan nor­mal mulai pekan depan menyusul berkurangnya jumlah kendaraan pribadi dan angkutan penumpang yang melintasi Bakauheni.

“Kami akan memberikan pe­layanan sebaik­baiknya untuk pengguna jasa kapal feri dan pemberlakukan skala prioritas bagi kendaraan penumpang dan truk sembako karena hal ini mengacu dengan prosedur pe­nyeberangan,” kata dia. (KRI/D-3)

n LAMPUNG POST/AAN KRIDOLAKSONO

TRUK MASIH MENUMPUK. Ribuan truk yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten, memenuhi sejumlah lokasi parkir di Pelabuhan Bakauheni sejak

Minggu (4-9) hingga Minggu (11-9). Bahkan, antrean panjang kendaraan meluber hingga sepanjang 3 km di ruas jalinsum Km 87/88 Pasar Baru Bakauheni dan

jalinpantim Menara Siger Bakauheni.

Minimalisasi Kecelakaan

Page 23: lampungpost edisi 12 september 2011

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

±

Senin I 12 September 2011 Lampung Post I 23

LINTAS

“Dermaga itu dibangun di Dusun Siuncal, Desa Pulau Legundi, sepanjang 12 x 2 meter dan rehabilitasi lantai sepanjang 35 x 2 meter guna memudahkan nelayan di daerah itu saat mendaratkan kapal-kapal nelayan setempat dan sekitarnya,” kata Ketua Organisasi Masyarakat Desa Pulau Legundi, Agustian-syah, di Pesawaran, Minggu (11-9).

Selain itu, Agustiansyah menyebutkan di dusun lain-nya juga dibangun talut pan-tai, drainase, dan pembuatan badan jalan. Hal itu untuk memudahkan masyarakat set-empat serta menanggulangani potensi bencana banjir yang sering terjadi.

“Pembangunan talut pan-tai dan drainase ini diharap-kan dapat mengantisipasi ke-mungkinan t e r j a d i n y a ge lombang b e s a r a t a u pasang a i r laut yang se-ring terjadi di pesisir pantai sehingga tidak lagi terjadi banjir yang meresahkan warga,” kata dia.

Pekerjaan tersebut, menurut Agus, sepenuhnya berasal dari program RIS PNPM tahun 2011 dan digunakan untuk kepentingan masyarakat di

daerah itu. “Pekerjaan der-maga ini sudah berjalan 40% dan diharapkan selesai tepat waktu serta sesuai dengan yang diinginkan masyarakat,” kata Agus.

Warga SenangSementara itu, Junaidi, war-

ga desa setempat, mengaku senang dengan adanya pro-gram RIS PNPM di desanya.

Sebab, secara t idak lang-sung sangat m e m b a n t u k e h i d u p a n masyarakat di desa ter-pencil atau kepulauan di daerah itu.

“Selama ini jarang sekali adanya per-hatian dari

pemerintah kabupaten. Na-mun, dengan adanya program tersebut diharapkan ke depan pemerintah dapat lebih peduli dengan desa terpencil,” kata

Junaidi.Dia juga menerangkan

pengerjaan pembangunan melalui program itu akan terus diupayakan semaksi-mal mungkin guna mem-berikan hasil maksimal bagi masyarakat setempat. Serta, dengan harapan tahun men-datang daerah terpencil masih mendapatkan program-pro-gram semacam itu.

“Seluruh pekerjaan pemban-gunan fasilitas umum ini meru-pakan kesepakatan bersama dari seluruh masyarakat di lima dusun sehingga manfaatnya tentu akan sangat dirasakan warga sekitar,” kata Junaidi.

Seperti pembangunan drai-nase di Dusun Selesung. Drai-nase tersebut dimaksudkan un-tuk meminimalisasi terjadinya banjir yang menggenangi se-bagian besar rumah penduduk yang ada di pesisir pantai.

Dengan adanya drainase itu, dia berharap saat terjadi pasang air laut tidak lagi terjadi banjir yang menggenangi rumah war-ga di daerah tersebut. (D-3)

PADANGCERMIN (Lampost): Pengunjung Pantai Mutun mengeluhkan pungutan liar yang dilakukan warga sekitar dengan berdalih untuk perbai-kan jalan.

Warga bahkan membuat tiket khusus untuk menarik pungutan liar tersebut dengan tarif Rp2.000 kepada setiap pengunjung. Dalam tiket itu tertera jelas Haruna Jaya, pen-gurus yang melakukan pun-gutan untuk perbaikan jalan tersebut.

Tak ayal, sejumlah pengun-jung bereaksi ketika warga setempat memaksa untuk menarik pungutan kepada pengunjung. Bahkan, ketika liburan Lebaran lalu, sejumlah pengunjung nyaris berkelahi dengan warga karena tidak mau dikenai pungutan yang tak jelas itu.

Demikian halnya dengan Ridwan, warga Telukbetung yang sempat bersitegang den-gan warga, Minggu (11-9). Hal itu karena warga memaksanya membayar karcis masuk untuk perbaikan jalan tersebut.

“Saya bukan memper-masalahkan nilai pungutan-nya yang hanya Rp2.000, tapi ini jelas pungutan liar karena tidak ada dasarnya menarik pungutan seperti ini,” kata Ridwan.

Salah seorang warga Pan-tai Mutun yang melakukan pungutan itu ketika ditemui mengaku hanya bertugas menarik pungutan saja ke-pada pengunjung. “Saya cuma menarik uangnya saja, kemudian saya serahkan ke-pada Bapak Haruna Jaya se-laku pengurus,” kata warga tersebut.

Warga itu juga mengaku penarikan pungutan ini su-dah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Dia juga enggan berkomentar ketika ditanya ruas jalan mana yang telah diperbaiki dari dana ini. Har-una Jaya selaku pengurus pungutan ini tidak berhasil ditemui. Ponselnya pun tidak bisa dihubungi untuk dimintai komentarnya. (SWA/D-3)

KOTAAGUNG (Lampost): Meskipun pasokan elpiji di Kabupaten Tanggamus be-rangsur normal, harga bahan bakar ini masih tetap tinggi. Harga elpiji ukuran 3 kilo-gram masih dijual Rp22 ribu, sedangkan ukuran tabung 12 kilogram Rp105 ribu.

Sejumlah toko dan warung penyedia elpiji mengaku meskipun belum dibilang lancar, agen sudah mulai memberi jatah pasokan. “Agen bilang stoknya di-kurangi. Jadi, jatah untuk kami juga dikurangi. Untuk tabung 3 kg kami beli Rp20 ribu dan saya jual Rp22 ribu,” kata seorang pemilik toko di Kecamatan Kotaagung Timur yang enggan ditulis namanya, Minggu (11-9).

Menurut dia, harga elpiji relatif sudah turun. Sebab, saat puasa dan Lebaran har-ga elpiji 3 kg sempat melam-bung hingga Rp25 ribu per tabung.

“Waktu puasa dan Leba-ran, pasokannya langka, agen mematok harga Rp22 ribu per tabung dan kami jual Rp24 ribu sampai Rp25 ribu per tabung,” kata dia.

Penurunan harga juga ter-jadi pada elpiji ukuran 12 kg. Bila sebelumnya harga men-capai Rp110 ribu per tabung, saat ini turun menjadi Rp100 ribu sampai Rp105 ribu.

“Tingginya harga elpiji ukuran 12 kg karena ada ren-cana pemerintah menaikkan harganya setelah Lebaran. Jadi, kami menduga agen menahan elpiji untuk tidak dilempar ke pasar,” kata se-orang pemilik toko di Pasar Kotaagung kemarin.

Padahal, kata dia, dalam kondisi normal, harga elpiji ukuran 12 kg biasa dijualnya Rp78 ribu per tabung. Begitu juga untuk elpiji ukuran 3 kg yang saat normal dijual Rp15 ribu per tabung. “Kami terpaksa mengikuti agen yang memang sudah menai-kkan harga elpiji. Ini pasti permainan mereka (agen) dengan mengharap untung besar,” kata dia.

Sementara itu, akibat tersendatnya pasokan elpiji yang dibarengi melambung-nya harga bahan bakar itu, membuat warga yang tinggal di pedesaan, seperti di sejum-lah pekon (desa) terpencil di Tanjung Cina, Kecamatan Pematangsawa, Tanggamus, beralih menggunakan kayu bakar.

“Warga sudah berangsur-angsur kembali menggu-nakan kayu bakar karena elpiji susah didapat dan harganya t inggi ,” kata Karim (65), warga Pekon Tampang, Kecamatan Pe-matangsawa. (UTI/D-3)

KOTAAGUNG (Lampost): Tingkat curah hujan dan fluk-tuasinya cuaca tidak berdampak buruk bagi sebagian besar petani di sejumlah kecamatan di Ka-bupaten Tanggamus. Bahkan, petani kembali menanam padi saat wilayah lain kekeringan.

Di sejumlah kecamatan di Bumi Begawi Jejama memi-liki pasokan air cukup untuk musim tanam. Seperti di Ke-camatan Kotaagung Timur yang memilki pasokan air dari sumber mata air Sumpuk, Way Lalaan, dan Batukramat.

Kemudian, Kecamatan Ko-taagung yang mengandalkan sumber air Waysom, Way Jelai. Kotaagung Barat dengan sum-ber air Way Maja, Way Awi, dan Way Belu.

Kecamatan Wonosobo den-gan sumber Way Ngarip dan Way Semaka, serta Kecamatan Bandarnegeri Semoung dan Se-maka yang mengandalkan Way Semaka dan Way Semoung.

Pemantauan Lampung Post, Minggu (11-9), para petani sawah mulai mengolah sawah mereka. Sebagian ada yang

sudah menebar benih dan me-mulai masa tanam padi.

“Alhamdulillah, walaupun katanya di mana-mana kemarau dan sawah kering-kerontang, tapi petani di sini masih bisa nan-am,” kata Lek Min (60), petani di Kecamatan Kotaagung Timur.

Lek Min juga mengatakan se-bagian besar petani di wilayah-nya sudah mulai turun ke sawah, setelah bulan Agustus (puasa) lalu mereka baru se-lesai panen padi dengan hasil cukup bagus dan harga yang juga bagus. (UTI/D-3)

KOTAAGUNG (Lampost): Sejumlah fraksi di DPRD Kabupaten Tanggamus mem-persoalkan pendapatan asli daerah (PAD) setempat yang naik sekitar 115% pada 2010. Fraksi menilai realisasi itu tidak realistis.

Sebab, bila dicermati, kenai-kan pendapatan tidak berband-ing dengan realisasi PAD yang telah dicapai sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Hal itu dikatakan Ketua Fraksi Golkar DPRD Kabu-paten Tanggamus, Nursyah-bana, usai mengikuti rapat paripurna penyampaian Rap-erda LPj. Bupati Tanggamus tahun 2010, Kamis (8-9) lalu.

Nusyahbana mengatakan jika berdasarkan hasil laporan tertulis LPj. Bupati Tangga-mus memang diketahui pen-capaian penerimaan tahun 2010 bisa dibilang bagus. Se-bab, penerimaan Kabupaten Tanggamus bisa melebihi angka yang sudah ditarget-kan, yakni Rp10 miliar. Bah-kan, PAD Tanggamus sudah mencapai Rp11 miliar.

“Namun, pencapaian ini bila dicermati dengan penca-paian penerimaan sejumlah

SKPD yang tidak mencapai target masih dibilang tak sebanding dengan apa yang telah disampaikan dalam LPj.,” kata dia.

Jika dibandingkan antara PAD Kabupaten Tanggamus dan PAD Kabupaten Pring-sewu dengan luas wilayah serta penduduk lebih sedikit, Tanggamus seolah masih tert-inggal. PAD Pringsewu sendi-ri mencapai Rp18 miliar.

“Di sini perlu dipertanyakan, kenapa realisasi PAD Tangga-mus bisa lebih rendah dari PAD Pringsewu yang masih DOB. Apa benar PAD Tanggamus perlu mendapat apresiasi dan apa betul juga pencapaian ini berdasarkan data riil di lapan-gan,” kata dia.

Sementara itu, Joko San-toso, juru bicara Fraksi PAN, dalam penyampaiannya men-gatakan aset daerah perlu diinventarisasi. Selain itu, ada aset yang perlu dipantau dan data perlu diperbarui.

“Kami mengimbau agar setiap SKPD yang ada perlu memeriksa laporan dan mem-perbarui laporan, jangan terke-san copy paste terus langsung disampaikan,” kata dia. (*/D-3)

Dusun Way Kandis Minim Sarana-PrasaranaKOTAAGUNG—Warga Dusun Way Kandis, Pekon Kampungbaru, Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus, minim sarana dan prasarana infrastruktur jalan, penerangan listrik, air bersih, dan sarana pendidikan. Hal ini dikatakan Akhmadi Sumaryanto, anggota Komisi D DPRD Tanggamus, usai mengikuti halalbihalal di dusun setempat, Kamis (8-9) lalu.Menurut dia, Dusun Way Kandis terletak di selatan kompleks perkan-toran Pemkab Tanggamus yang berjarak 1-2 km. Tapi, untuk sampai ke dusun itu, harus ditempuh dengan waktu 40 menit menggunakan sepeda motor. “Jika menggunakan mobil, tidak akan sampai karena jalannya sempit dan badan jalan bergelombang,” kata Akhmadi. Akhmadi menjelaskan rencana Pemkab Tanggamus membuka jalan lingkar Kotaagung melalui dusun ini belum terealisasi. Sementara, para spekulan tanah sudah beraksi. Badan jalan yang sudah dibe-baskan Pemkab Tanggamus kembali menyempit. Dusun ini hanya menikmati penerangan bersumber dari genset yang hidup hanya sampai pukul 12.00. “Namun, di tengah keterbatasan itu, mereka juga ingin maju. Anak-anak masih tetap melanjutkan sekolah walaupun harus menempuh jarak hingga empat kilometer,” kata dia. (*/D-3)

n LAMPUNG POST/AAN KRIDOLAKSONO

Ratusan mobil pribadi dan sepeda motor yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten, masih memadati loket di Pelabuhan Bakauheni, Minggu (11-9).

Tercatat sebanyak 3.600 unit mobil pribadi dan 2.500 unit sepeda motor menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (10-9).

n LAMPUNG POST/USDIMAN GENTY

PATAH BATANG. Pohon pisang yang sedang berbuah patah batangnya karena kering akibat kekurangan air sebagai

dampak kemarau yang berkepanjangan. Foto dibidik Minggu (11-9).

PESAWARAN (Lampost/Ant): Warga desa di Kepulauan Legundi, Kecamatan Punduhpidada, Kabupaten Pesawaran, memanfaatkan program Rural Infrastructure Support Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (RIS PNPM) tahun 2011 untuk membangun dermaga. Tujuannya memudahkan pemberhentian kapal nelayan.

Dana RIS PNPM DigunakanWarga Membangun Dermaga

Seluruh pekerjaan pembangunan fasilitas umum ini merupakan kesepakatan bersama dari seluruh masyarakat di lima dusun.

DUGAAN PUNGLI

PengunjungPantai Diminta Rp2.000

ELPIJI

Pasokan Lancar, HargaTetap Bertahan Tinggi

KATIBUNG (Lampost) : Dampak kemarau yang ber-langsung lebih kurang empat bulan tidak hanya mengaki-batkan sulitnya warga menda-patkan air bersih, tapi pada matinya kakao dan pisang.

Saat ini mulai ada beber-apa tanaman pisang warga, terutama yang sedang ber-buah, terkulai batangnya kar-ena mengalami kekeringan sehingga dipastikan gagal panen.

“Sudah banyak pisang yang rata-rata sedang ber-buah patah batangnya kar-ena kekeringan. Jika kemarau terus berlanjut, kami kha-watir dampaknya akan lebih banyak lagi pisang yang patah batangnya,” kata Rah-man, pekebun setempat.

Untuk menyirami tana-man pisang, kata dia, sulit dilakukan karena pekebun kesulitan mendapatkan air, terutama untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Padahal, kata dia, di Keca-matan Merbaumataram, Way Sulan, dan Katibung, pisang merupakan tanaman perta-nian sebagai sumber peng-hasilan warga memenuhi ke-

butuhan hidup sehari-hari.Di Metro, kesulitan air aki-

bat kemarau meluas. Sejum-lah lahan pertanian terimbas. Di Karangrejo dan beberapa daerah di Metro Utara dan wilayah Bantul, Metro Sela-tan, petani mengkhawatirkan gagal panen.

Beberapa petani ada yang menghentikan bertanam, teru-tama petani sayur. Sebab, tanaman sulit disirami karena air sulit didapat. “Airnya sulit, habis sumurnya juga kering. Jadi, untuk nyirami sayuran sudah enggak bisa,” kata Mu-jiran, petani di Metro Utara.

Sebagian petani sayuran di Metro Utara umumnya men-gunakan air sumur untuk menyirami tanaman.

Sementara, Komisi I I DPRD Metro meminta Dinas Pertanian proaktif memantau kondisi guna mengantisipasi petani yang terkendala air.

“Dinas Pertanian harus proaktif memantau lahan-lahan pertanian agar bisa mengantisipasi kekeringan dan gagal panen,” kata Nas-rianto, anggota komisi via pesan pendek, Minggu (11-11). (USD/CAN/D-3)

PERTANIAN

Petani Kembali Menanam Padi

LPJ. BUPATI

Fraksi Menilai PAD 2010 Tak Realistis

KEMARAU

Tanaman Pisang AlamiPatah Batang dan Mati

Arus Balik Masih Ramai

Page 24: lampungpost edisi 12 september 2011

CMYK

CMYK

CMYK

CMYK

Ribuan orang dari enam kampung—Sritanjung, Ka-gungandalam, Nipahkuning Pagardewa, Sungaisodong, dan Sungaimenang—menguasai ratusan hektare lahan yang se-lama ini dikelola PT BSMI.

Seorang pejabat di PT BSMI, Efendi Sam, mengaku pasrah dengan kondisi seperti itu. “Ya sekarang kami pasrah. Tinggal bagaimana pemerintah menye-lesaikan persoalan ini,” ujarnya kemarin.

Ia mengungkapkan pihaknya sudah menyampaikan per-soalan di BSMI ke Pemkab Mesuji dan Polres Tulang-

bawang. “Untuk selanjutnya kami menunggu,” katanya.

Mengenai lahan yang kini dikuasai warga, Sam men-jelaskan lahan tersebut berada di Divisi II yang berdekatan dengan tiga kampung tersebut. “Adapun tiga kampung yakni Pagardewa, Sungaisodong dan Sungaimenang, hanya ikut-ikut saja karena tiga kam-pung itu wilayah OKI Sumsel,” katanya.

Ia menambahkan sejak 6 September lalu sawit sudah dilakukan panen oleh warga dan dibawa ke Sungaimenang. “Mengenai kerugian, saya cek

totalnya, yang pasti ratusan juta,” katanya.

Kompol Wayan Wardane dari Polres Tulangbawang yang memimpin pengamanan di BSMI mengaku sudah ber-

temu dengan salah satu koor-dinator massa, yakni Baidi. “Dengan dia (Baidi, red), saya sudah sampaikan untuk jangan anarki. Kemudian saya minta jangan memanen sawit sampai

persoalan ini diselesaikan. Saya sudah koordinasikan untuk mempertemukan perusahaan dan warga. Tinggal teknisnya, saya lapor dulu ke kapolres,” ujarnya kemarin.

Di lokasi, kata Wayan, situa-si masih dapat dikendalikan dan warga kembali ke rumah masing-masing. “Sementara ini masih aman terkendali, mudah-mudahan bisa terus aman,” katanya.

Mengenai kekuatan anggota polisi di PT BSMI saat ini, kata Wayan, sudah diterjunkan 75 personel Brimob dan 45 dari Polres Tulangbawang.

Tunggu KepastianDihubungi terpisah, Leman,

salah satu koordinator war-ga yang mengklaim lokasi, me nga takan pihaknya sudah

lama meminta pemerintah dan per usahaan menyelesaikan persoal an lahan tersebut.

“Tapi sampai saat ini kami tidak diberi kepastian. Baik dari pemerintah dan perusahaan. Kami dimainkan seperti ping-pong, tidak jelas,” ujarnya.

Menurut dia, selama proses mediasi yang dilakukan DPRD Mesuji beberapa waktu lalu, PT BSMI juga tetap melakukan ak-tivitas di lahan yang disengke-takan. “Tapi kami tidak boleh. Padahal perjanjiannya kedua belah pihak tidak boleh berak-tivitas di lokasi sampai persoal-an ini selesai,” katanya.

Pemanenan yang dilakukan war ga, kata dia, adalah wujud ke kesalan terhadap kinerja peme-rintah yang tidak serius menyele-saikan persoalan di tiga kampung dengan PT BSMI. (UAN/R-2)

Senin I 12 September 2011 Lampung Post I 24

Tapi sampai saat

ini kami tidak diberi

kepastian. Baik dari

pemerintah dan

perusahaan.

WAY KANAN (Lampost/Ant): Kepala Kantor Pertanah-an Kabupaten Way Kanan Arif Pasha menerangkan program sertifi kasi hak atas tanah usaha kecil dan mikro (UKM) bagi masyarakat se-tempat hampir mencapai target, yakni 150 bidang.

“Pemerintah Indonesia melalui BPN menyelengga-rakan program UKM guna pemberdayaan akses per-modalan bagi masyarakat penggiat UKM. Di Way Ka-nan hampir sejumlah itu yang tercapai sampai dengan saat ini,” kata dia, Sabtu (10-9).

Menurut Arif, program UKM di daerah itu ha nya ada di dua kecamatan, Ba-radatu dan Blambangan Umpu. “Dengan tercapainya program tersebut, penggiat UKM diharapkan dapat me-ningkatkan pengembangan usaha dan iklim investasi-nya,” kata dia.

Harapan lain atas keterca-paian program tersebut, kata dia, adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat usaha kecil dan mikro di Way Kanan.

Program UKM merupakan

wujud nyata keberpihakan BPN kepada masyarakat usaha kecil dan mikro, sehu-bungan bisa memberi rasa nyaman dalam berusaha dengan sertifi kat.

“Seperti program sertifi ka-si prona dan transmigrasi, UKM juga tidak dipungut biaya karena telah dibiayai APBN tahun 2011,” kata Arif.

Program transmigrasi un-tuk Way Kanan tahun 2011 mendapat kuota sejumlah 3.970 bidang. kemudian, prona 1.350 bidang dan UKM 150 bidang.

Perihal penyampaian serti-fi kat, baik prona, transmigra-si dan UKM akan diberikan bersama-sama. “Biasanya hal itu disampaikan setiap akhir tahun,” kata dia.

Arif melanjutkan jumlah personel di lingkungan di-nasnya sejumlah 28 orang, termasuk 6 juru ukur. “Jum-lah juru ukur sebenarnya kurang karena idealnya per kabupaten atau kota ada 20 orang juru ukur,” kata dia sambil menjelaskan fasilitas kendaraan layanan rakyat untuk sertifi kasi tanah (lara-sita) ada satu unit. (D-3)

LIWA (Lampost): Ketua LSM Geshindo Lampung Barat Ali Ardha mengkritisi hibah Rp31 miliar dalam rencana anggaran Pemerintah Kabu-paten Lampung Barat tahun anggaran 2012.

Kebijakan umum anggaran (KUA) dan prioritas pla-fon penggunaan anggaran sementara (PPAS) untuk APBD tahun anggaran 2012, kata dia, sedang dibahas di tingkat Panitia Anggaran DPRD. “Hibah Rp31 miliar tersebut akan dikemanakan dan untuk kepentingan apa,” ujarnya kemarin.

Jumlah itu, ujarnya, belum termasuk dana bantuan sosial yang akan dikelola Dinas So-sial sebesar Rp8,5 miliar serta dana bantuan kepada pekon sebanyak Rp27 miliar.

Jika rencana anggaran un-

tuk dana hibah itu disetujui, tinggal berapa lagi dana yang akan digunakan untuk pembangunan. “Kalau dana APBD itu lebih banyak di-hibahkan, berapa lagi dana untuk pembangunan yang memihak masyarakat,” kata Ali Ardha.

Sebab itu, ia berharap DPRD menolak rencana ang-garan hibah tersebut. Peme-rintah dan DPRD didesak memikirkan pembangunan yang sifatnya dibutuhkan masyarakat ket imbang meng anggarkan hibah untuk lembaga-lembaga tertentu.

“Karena itu, hibah ha-rus dikurangi, kalau perlu ditiadakan,” ujarnya. Jika menyetujui hibah, kata dia, artinya DPRD sudah melu-pakan dirinya sebagai wakil rakyat. (ELI/R-2)

LINTAS

Pelaksanaan Geladi Posko I DitutupKOTABUMI̶Pelaksanaan Geladi Posko-I Kodim 0412/Lampung Utara, Jumat (9-9), secara resmi ditutup Danrem 043/Gatam, diwakili Kasrem 043/Gatam Letkol C.Z.I. Rahmad Triono dengan upacara militer di Lapangan Makodim 0421/Lampura. Hadir dalam upacara penutupan, yakni Dandim 0422/Lambar Letkol Inf. Sugiono, Kasi Pers Rem 043/Gatam Letkol Inf. Syarifudin, Kasi Log Rem 043/Gatam Letkol C.Z.I. Widyo Hartanto, dan para Kasdim Jajaran Rem 043/Gatam.Rahmad Triono yang menyampaikan amanat Danrem 043/Gatam Kolonel Inf. Joni Supriyanto mengatakan agar bekal kemampuan yang telah diperoleh selama Geladi Posko I dapat dijadikan pe-gangan dalam mendukung tugas di lapangan. Serta, mampu me-mantapkan hubungan kerja yang lebih harmonis dengan pemuda atau instansi terkait. “Evaluasi dan kaji ulang tentang kekurangan dan kelemahan yang ditemukan selama melaksanakan latihan,” kata dia. (RLS/D-3)

Mencuri, 5 Pelajar DitangkapKOTAAGUNG̶Dengan alasan tidak memiliki uang untuk membeli celana baru, lima remaja warga Kecamatan Kotaagung, Tang-gamus, nekat mencuri lima potong celana jins dan lima buah jepitan baju di pasar tradisional Kotaagung, Sabtu (10-9), sekitar pukul 12.00. Aksi mereka diketahui petugas keamanan (satpam) dan berhasil ditangkap saat akan melarikan diri. Mereka adalah Pe (16), Ro (16), Su (15), Li(15), dan De (15). Kelima remaja itu masih berstatus pelajar kelas X salah satu SMA di Kotaagung. Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, kelimanya dije-bloskan ke sel tahanan Polsek Kotaagung. “Korban pencurian adalah Armen (33), pemilik toko pakaian, warga Kelurahan Pasarmadang, Kotaagung. Akibat kejadian itu, korban mengalami kerugian Rp340 ribu,” kata Kanit Reskrim Polsek Kotaagung Ipda Bambang Sudirman mendampingi Kapolsek Kotaagung AKP Oktoviadi di ruang kerjanya, Minggu (11-9). (*/D-3)

PERTANAHAN

Program Sertifi kasiUKM Hampir Capai Target

ANGGARAN

Geshindo Menyoal Hibah Rp31 Miliar

SIMPANGPEMATANG—Ga-ris polisi masih terpasang di an tara puing-puing tempat pe nampungan sementara Pa-sar Simpangpematang, pasar ter besar di Kabupaten Mesuji, ke marin.

Sementara ratusan pedagang masih membereskan puing dan mengais barang yang masih bisa digunakan. Sebagian lagi mulai berjualan.

Beberapa pedagang sebagian memasang tenda di sekitar pasar memanfaatkan puing yang masih bisa digunakan. Selain itu, dengan bergotong-royong warga mencari bambu dan seng untuk atap sementara di sekitar pasar sekadar me-nampung barang yang masih bisa terselamatkan.

Candra, salah satu pedagang, mengaku menderita kerugian sekitar Rp100 juta akibat ke-bakaran yang terjadi Jumat lalu itu.

“Kalau saya sendiri yang mengalami, bisa stres saya. Tapi karena banyak orang dan hampir semua rugi besar, bah-kan ada toko yang kerugiannya hampir Rp500 juta, ya akhirnya kita sama-sama prihatin,” ujar pemilik toko pakaian tersebut.

Adi, salah seorang pedagang sepatu, mengatakan dalam ke-bakaran tersebut paling banyak barang yang berhasil disela-matkan hanya 10%. “Itu pun lumayan karena banyak toko yang 100% tidak terselamat-kan,” katanya.

Ia menambahkan harga yang naik lebih 100% akibat ke-bakaran adalah sayuran dan bahan makanan. “Yang tadinya sayuran satu ikat Rp1.000 kini menjadi Rp15 ribu,” katanya.

Sedangkan mengenai total kerugian akibat kebakaran sam-pai saat ini masih terus dihitung setiap pemilik toko dan belum dijumlahkan. (UAN/R-2)

KOTABUMI SELATAN (Lam-post): Sejumlah perajin tempe di Lampung Utara mengeluh-kan melonjaknya harga kede-lai dari Rp5.600/kg menjadi Rp6.100/kg.

Son Haji (49), salah satu pera-jin tempe di sentra penghasil tempe Kelurahan Tanjung aman, Ke camatan Kotabumi Selatan, saat ditemui di kediam annya, Minggu (11-9), mengatakan naiknya harga kedelai sebagai bahan baku tempe itu sangat memberatkan perajin.

Sebab, perajin juga belum sanggup menaikkan harga jual tempe. “Saat ini kami tidak menaikkan harga tempe. Takut barang kami tidak laku terjual. Untuk menyiasati nai-knya harga bahan baku tempe, kami hanya memperkecil ukuran,” kata dia.

Son Haji juga mengatakan setiap hari pihaknya membu-tuhkan satu kuintal kedelai sebagai bahan baku tempe untuk satu kali produksi. Dari bahan tersebut, dihasilkan

tempe dalam tiga ukuran: kecil, sedang, dan besar de-ngan harga bervariasi. Untuk ukuran kecil dihargai Rp1.000 per bungkus, ukuran sedang Rp2.000 per bungkus, dan ukuran besar Rp3.000 per bungkus.

“Dari satu kuintal kedelai dihasilkan sekitar 100 bung-

kus tempe dengan berbagai ukuran,” kata dia.

Terkait dengan dampak naik-nya harga, kata Son, cukup ber pengaruh pada omzet yang di terima. Dia mengaku ada pe-nurunan sekitar 10% omzet ra-ta-rata yang dia terima per hari. Dari sekitar Rp1 juta, kini hanya tinggal Rp900 ribu. (YUD/D-3)

KALIANDA (Lampost): Rapat paripurna pengesahan Kebi-jakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggar-an Sementara (PPAS) APBD Perubahan Lampung Selatan 2011 yang akan digelar hari ini (12-9) diperkirakan diwarnai ketidakhadiran sejumlah ang-gota Dewan.

Di mana, sebelumnya rapat paripurna pengesahan KUA dan PPAS APBD 2011 yang

dilaksanakan Jumat (9-9) sem-pat ditunda dua kali karena anggota Dewan yang hadir tak kuorum. Dari 44 legislator, cuma 20 yang datang.

Ketua DPD Partai Golkar Lamsel Irsanudin Sagala me-nga ku telah mengintruksikan anggota fraksinya di DPRD untuk tidak menghadiri rapat paripurna pengesahan KUA-PPAS. Hal itu dilakukan karena persoalan fraksi di DPRD Lam-

sel belum selesai.Menurut dia, persoalan

fraksi yang terjadi di DPRD Lamsel akan berdampak pada kebijakan atau keputusan yang diambil.

Dia menilai fraksi baru di DPRD, Rapinkab, yang menda-patkan surat keputusan (SK) dari pimpinan, dinilai cacat hukum. Sebab, pembentukan fraksi itu melanggar PP No. 16/2010.

Belum lagi ditambah dengan hasil konsultasi ke Kementeri-an Dalam Negeri (Kemendagri) yang menyebutkan fraksi di DPRD itu harus tetap utuh selama lima tahun.

“Golkar tidak mau ikut-ikutan mengambil keputusan yang cacat hukum. Sehingga, saya instruksikan anggota fraksi untuk tidak hadir pada saat paripurna Jumat (9-9 dan Senin (12-9). Jika memang

belum juga selesai, saya juga menginstruksikan anggota fraksi untuk tidak hadir dalam rapat paripurna yang ditunda itu,” kata Irsanudin Sagala, Minggu (11-9), melalui sam-bungan telepon.

Dia mengaku aneh dengan si kap empat pimpinan yang me-maksakan kehendak. Sebab, kata dia, ketentuan dan aturan me-ngenai fraksi diatur dalam aturan te tapi justru dilanggar. (TOR/D-3)

LAMPUNG POST/JUAN SANTOSO

KAIS SISA KEBAKARAN. Dua bocah sedang mengais barang-barang pascakebakaran yang menghanguskan Pasar Simpangpematang, Kecamatan Simpangpematang, Kabupaten Mesuji, Minggu (11-9).

Sebagian pedagang memasang tenda darurat untuk berjualan di dekat pasar tersebut.

LAMPUNG POST/YUDHI HARDIYANTO

TEMPE. Naiknya harga kedelai dikeluhkan sejumlah perajin tempe di Lampung Utara. Perajin tempe di Kelurahan Tanjungaman, Kotabumi Selatan, menyiapkan daun pisang sebagai pembungkus tempe, Minggu (11-9).

Warga Tetap Panen Sawit PT BSMI MESUJI (Lampost): Warga enam kampung terus mengklaim dan memanen sawit di kebun PT Barat Selatan Multi Investindo (BSMI) yang ada di Kecamatan Pancajaya, Kabupaten Mesuji.

INDUSTRI TEMPE

Harga Kedelai Naik, Perajin Mengeluh

PARIPURNA KUA-PPAS

Sejumlah Anggota DPRD Lamsel Diperkirakan Tak Hadir

PASCAKEBAKARAN

Pedagang KembaliMemulai Aktivitas