lampiran buku pedoman pmw 2010

29
13 Lampiran 1. Formulir Pendaftaran Peserta Program Mahasiswa Wirausaha FORMULIR PENDAFTARAN PESERTA PMW 1. Judul Kegiatan Wirausaha : 2. Jenis Kegiatan Wirausaha : Barang / Jasa (pilih salah satu) 3. Kegiatan Wirausaha : Baru / Pengembangan (pilih salah satu) 4. Jumlah Peserta dalam Kelompok : 3 / 4 / 5 (pilih salah satu) 5. Jumlah Dana : Rp. ………………….. 6. Ketua Pelaksana a. Nama : b. NIM/semester/sks : c. Fakultas/Program Studi : d. Alamat rumah/Telp/Fax/Email : 7. Anggota Pelaksana 1. Nama : NIM/semester/sks : Fakultas/Program Studi : Alamat rumah/Telp/Fax/Email : 2. Nama : NIM/semester/sks : Fakultas/Program Studi : Alamat rumah/Telp/Fax/Email : 3. Nama : NIM/semester/sks : Fakultas/Program Studi : Alamat rumah/Telp/Fax/Email : 4. Nama : NIM/semester/sks : Fakultas/Program Studi : Alamat rumah/Telp/Fax/Email : Dengan ini kami menyatakan ikut sebagai peserta Program Wirausaha Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang Tahun 2010 Semarang, ………………………. 2010 Yang menyatakan, 1 Nama : 1. NIM : 2. Nama : 2. NIM : 3. Nama : 3. NIM : 4. Nama : 4. NIM : 5. Nama : 5. NIM : Petunjuk Pengisian : Ketua atau Anggota kelompok yang telah memiliki kegiatan usaha termasuk kategori pengembangan. Lampiran photocopy KHS terakhir dan KTM

Transcript of lampiran buku pedoman pmw 2010

Page 1: lampiran buku pedoman pmw 2010

13  

Lampiran 1. Formulir Pendaftaran Peserta Program Mahasiswa Wirausaha

FORMULIR PENDAFTARAN PESERTA PMW

1. Judul Kegiatan Wirausaha : 2. Jenis Kegiatan Wirausaha : Barang / Jasa (pilih salah satu) 3. Kegiatan Wirausaha : Baru / Pengembangan (pilih salah satu) 4. Jumlah Peserta dalam Kelompok : 3 / 4 / 5 (pilih salah satu) 5. Jumlah Dana : Rp. ………………….. 6. Ketua Pelaksana a. Nama : b. NIM/semester/sks : c. Fakultas/Program Studi : d. Alamat rumah/Telp/Fax/Email : 7. Anggota Pelaksana 1. Nama : NIM/semester/sks : Fakultas/Program Studi : Alamat rumah/Telp/Fax/Email : 2. Nama : NIM/semester/sks : Fakultas/Program Studi : Alamat rumah/Telp/Fax/Email : 3. Nama : NIM/semester/sks : Fakultas/Program Studi : Alamat rumah/Telp/Fax/Email : 4. Nama : NIM/semester/sks : Fakultas/Program Studi : Alamat rumah/Telp/Fax/Email : Dengan ini kami menyatakan ikut sebagai peserta Program Wirausaha Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang Tahun 2010

Semarang, ………………………. 2010 Yang menyatakan, 1 Nama : 1. NIM : 2. Nama : 2. NIM : 3. Nama : 3. NIM : 4. Nama : 4. NIM : 5. Nama : 5. NIM : Petunjuk Pengisian : • Ketua atau Anggota kelompok yang telah memiliki kegiatan usaha termasuk kategori

pengembangan. • Lampiran photocopy KHS terakhir dan KTM

Page 2: lampiran buku pedoman pmw 2010

14  

Lampiran 2. Format Usulan Rencana Usaha Program Mahasiswa Wirausaha

I. Contoh Kulit Muka Usulan Rencana Usaha Program Mahasiswa Wirausaha (Kertas kulit muka berwarna biru tua dengan ukuran A4)

USULAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA

 

 

JUDUL/NAMA USAHA

Disusun Oleh:

Nama …………….. NIM …………….

UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

2010

Page 3: lampiran buku pedoman pmw 2010

15  

II. Halaman Pengesahan

HALAMAN PENGESAHAN USULAN PMW

1. Judul/Nama Usaha : 2. Jenis Kegiatan Wirausaha : Barang / Jasa (pilih salah satu) 3. Kegiatan Wirausaha : Baru / Pengembangan (pilih salah satu) 4. Ketua Kelompok : a. Nama : b. Jenis Kelamin : c. NIM : d. Fakultas/Program Studi : e. Alamat rumah/Telp/Fax/E-mail : 5. Jumlah Anggota : a. Nama : NIM Fakultas b. Nama : NIM Fakultas c. Nama : NIM Fakultas d. Nama : NIM Fakultas 6. Biaya Pelaksanaan : 7. Waktu BEP :

Mengetahui, Pembantu Dekan III Fakultas ………………….. Nama …………………………. NIP. ………………………………

Semarang, ………………….. 2010

Ketua Kelompok

Nama……………………….NIM ……………………..

Page 4: lampiran buku pedoman pmw 2010

16  

III. Sistematika Usulan Kegiatan PMW

Sampul Proposal Business Plan Lembar Halaman Pengesahan Daftar Isi Daftar Tabel Daftar Gambar A. Judul Kegiatan Usaha

Judul kegiatan usaha hendaklah singkat dan spesifik, tetapi cukup jelas memberi gambaran mengenai kegiatan PMW yang diusulkan.

B. Latar Belakang Berisi latar belakang pendirian usaha, kondisi persaingan usaha, masih terbukanya peluang usaha serta prospek usaha di masa yang akan datang. Kemukakan juga hal-hal yang mendorong dilakukan kegiatan usaha tersebut dan uraikan proses dalam mengidentifikasi peluang usaha.

C. Diskripsi Produk

Mendiskripsikan karakteristik keunikan produk, ciri-ciri dan orisinalitas produk sebagai luaran usaha yang mendasarkan diri kepada IPTEKS. Bila sudah ada produk sejenis, keunikan dan keunggulan produk perlu dikemukakan.

D. Analisis Kompetisi dan Peluang Pasar Produk Mendiskripsikan segmen pasar yang akan dituju, serta resiko kompetisi dari produk sejenis/mirip dan memiliki sifat komplementer-substitutif terhadap usaha yang akan dilakukan. Dapat pula digambarkan mengenai perspektif masa depan usaha/produk, analisis persaingan serta ramalan tentang usaha/produk yang dihasilkan.

E. Aspek Mekanisme Produksi Produk Mendiskripsikan metode, cara atau rangkaian proses yang menghasilkan produk yang ditawarkan pada usaha. Karakteristik proses produksi tenaga kerja, peralatan perlu dijelaskan. Faktor-faktor produksi yang telah ada dan siap dipakai di dalam proses perlu pula diutarakan. Di sini dapat juga dicantumkan jumlah dan jenis mesin yang digunakan, kapasitas produksi, rata-rata jumlah produksi, sumber bahan baku. Jika untuk usaha layanan maka dijelaskan jenis produk yang dijual, sumber barang serta cara pembelian.

F. Aspek Rencana Pemasaran Produk Mendiskripsikan target-target pemasaran, skala pemasaran yang direncanakan serta besaran margin usaha yang diharapkan. Disini juga dijelaskan sistem

Page 5: lampiran buku pedoman pmw 2010

17  

distribusi, penetapan harga produk, promosi yang akan dilakukan, konsumen sasaran, wilayah pemasaran, pengembangan produk serta rata-rata penjualan.

G. Aspek Rencana Anggaran dan Keuangan Mendiskripsikan indikator kelayakan usaha rencana penggunaan anggaran serta pelaporan perkembangan usaha dan arus kas. Sertakan juga gambaran dari perencanaan permodalan, neraca permulaan usaha, proyeksi aliran kas, analisis titik impas (BEP) serta sumber permodalan.

H. Jadwal Kegiatan Buatlah jadwal kegiatan PKM secara rinci, meliputi kegiatan persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan dalam bentuk Bar-chart. Bar-chart memberikan rincian kegiatan dan jadwal pelaksanaan kegiatan tersebut. Untuk menghindari keterikatan waktu pelaksanaan dengan periode waktu tertentu, usahakan tidak menggunakan nama bulan secara eksplisit dalam penjadwalan rencana kegiatan. Sebagai contoh, untuk menggambarkan urutan waktu pelaksanaan, gunakan kata “bulan ke-1, “bulan ke-2”, dan seterusnya, bukan bulan Maret, bulan April, dan seterusnya.

I. Lampiran

a. Biodata ketua serta anggota kelompok b. Kesepakatan kelompok dengan bentuk persekutuan perdata (Lampiran 3) c. Kesanggupan semua peserta untuk mengikuti seluruh kegiatan (Lampiran 4)

Page 6: lampiran buku pedoman pmw 2010

18  

Lampiran 3. Form Kesepakatan Kelompok dalam Bentuk Persekutuan Perdata

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

JUDUL/NAMA USAHA

Dengan ini kami yang bertanda tangan di bawah ini: 1. Nama ………………………….. NIM …………………………….. 2. Nama …………………………. NIM …………………………….. 3. Nama …………………………. NIM …………………………….. 4. Nama …………………………. NIM ………………………………. 5. Nama …………………………. NIM ……………………………..

Yang disebut sebagai pihak PEMILIK USAHA Melakukan kesepakatan bersama untuk menjalankan kegiatan bisnis di bidang ………………… dan menyatakan setuju untuk melakukan kerjasama dengan para pihak PEMILIK USAHA I – V yang diikat sesuai dengan apa yang telah diatur di dalam anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART) perusahaan. Dan kami dengan ini menyatakan bahwa kami siap menjalankan bisnis ini bersama-sama untuk mencapai sukses bersama. Untuk masa berlaku surat perjanjian ini adalah sejak dari penandatanganan surat ini sampai dengan ……............................... Kami yang bertanda tangan di bawah ini telah menyetujui apa yang dirumuskan di dalam AD/ART perusahaan. Mengenai pelanggaran yang terjadi di kemudian hari akan diselesaikan secara musyawarah mufakat. Dan bila tidak terjadi mufakat, maka akan dipakai jalur hukum.

Semarang, ……………….. 2010

Pihak PEMILIK USAHA I

Nama………….. NIM ……………

Pihak PEMILIK USAHA II

Nama…………. NIM …………..

Pihak PEMILIK

USAHA III

Nama……………… NIM ……………….

Pihak PEMILIK

USAHA IV

Nama……………… NIM ……………….

Pihak PEMILIK USAHA V

Nama……………… NIM ……………….

Catatan: AD dan ART Perusahaan dibuat sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Page 7: lampiran buku pedoman pmw 2010

19  

Lampiran 4. Form Kesanggupan Semua Peserta untuk Mengikuti Seluruh Kegiatan

PERNYATAAN KESANGGUPAN

Yang bertanda tangan di bawah ini kami :

No Nama Fakultas/Jurusan NIM Alamat

Dengan ini kami menyampaikan pernyataan sebagai berikut :

1 Sanggup mengikuti kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha mulai dari Pelatihan sampai dengan Pelaksanaan Kegiatan Bisnis secara keseluruhan, karena pengunduran diri di tengah kegiatan akan menutup kesempatan mahasiswa lain untuk mengikuti kegiatan ini.

2 Bersedia mematuhi semua ketentuan yang berlaku dalam pelaksanaan Program Mahasiswa Wirausaha

3 Pernyataan ini kami buat dengan penuh kesadaran.

Semarang, …………………… 2010

Yang Membuat Pernyataan

1 Nama : 1. NIM : 2. Nama : 2. NIM : 3. Nama : 3. NIM : 4. Nama : 4. NIM : 5. Nama : 5. NIM :

Page 8: lampiran buku pedoman pmw 2010

20  

Lampiran 5. Form Kontrak Penggunaan Dana untuk Kegiatan Bisnis Mahasiswa

UNIVERSITAS DIPONEGORO

SURAT PERJANJIAN KERJA (SPK)

Nomor: ……………………. Tanggal: …………………….. Tentang: ……………………..

Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa

JUDUL/NAMA USAHA

Antara

UNIVERSITAS DIPONEGORO

Dengan

NAMA KETUA KELOMPOK

NILAI KONTRAK

Rp. 8.000.000,- (delapan juta rupiah) per orang

TAHUN ANGGARAN 2010

Paraf PIHAK PERTAMA: …… Paraf PIHAK KEDUA : ……

Page 9: lampiran buku pedoman pmw 2010

21  

SURAT PERJANJIAN KERJA (SPK)

Nomor: ……………………. Tanggal: …………………….. Tentang: ……………………..

Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa

JUDUL/NAMA USAHA

Pada hari ini ……………., ………… tahun ……………. yang bertanda tangan di bawah ini setuju dan sepakat untuk membuat ikatan dalam Surat Perjanjian Kerja (SPK)

ANTARA

Nama : Sukinta, S.H., M.Hum NIP : 19600528198003 1 001 Jabatan : Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Alamat Kantor : Jl. Prof. H. Soedarto, S.H., Tembalang, Semarang

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Diponegoro Nomor ………………., tanggal ………………., ditunjuk sebagai Pejabat Pembuat Komitmen, selanjutnya dalam Surat Perjanjian ini disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

DENGAN

Nama : (Ketua Kelompok) NIM : Fakultas/Jurusan : Alamat :

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Diponegoro Nomor ………………. Tentang Penerima Bantuan Modal Program Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa di Lingkungan Universitas Diponegoro, selanjutnya dalam Surat Perjanjian ini disebut sebagai PIHAK KEDUA. Kedua belah pihak berdasarkan : a. Keputusan Presiden RI Nomor 42 tahun 2003, tentang Pedoman Pelaksanaan Anggaran

Pendapatan dan Belanja Negara b. Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Universitas Diponegoro No ………….., tanggal

…………… c. Proposal usaha yang telah mendapat persetujuan kelayakan dari stakeholder pada tanggal

……………. d. Surat Keputusan Rektor Universitas Diponegoro Nomor …………., tanggal ………, tentang

Penerima Bantuan Modal Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Diponegoro, Tahun Anggaran ……..

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah mengadakan perkatan untuk melaksanakan kegiatan dimaksud dengan ketentuan-ketentuan sebagaimana tercantum dalam pasal-pasal berikut ini :

Paraf PIHAK PERTAMA: …… Paraf PIHAK KEDUA : ……

Page 10: lampiran buku pedoman pmw 2010

22  

PASAL 1 LINGKUP KEGIATAN

1. PIHAK PERTAMA memberikan tugas kepada PIHAK KEDUA, dan PIHAK KEDUA menerima tugas pekerjaan tersebut, yaitu ………………………………………………………………………

2. PIHAK KEDUA mempunyai kewajiban kepada PIHAK PERTAMA untuk melaksanakan, menyelesaikan kegiatan sesuai dengan ketentuan dalam Surat Perjanjian ini.

PASAL 2 NILAI KONTRAK

Nilai kontrak/biaya untuk pelaksanaan kegiatan sesuai Pasal 1 perjanjian ini sebesar Rp. 8.000.000,- (delapan juta rupiah) per orang, termasuk pajak-pajak yang berlaku, bea meterai dan pengadaan kontrak. Biaya tersebut dibebankan kepada DIPA Universitas Diponegoro No. ………………., tanggal ………………, untuk Kegiatan Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa, sub kegiatan Pemberian Bantuan Modal Usaha MAK 521119.

PASAL 3 JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

Jangka waktu pelaksanaan kegiatan dimaksud pada pasal 1 di atas dilaksanakan selama tujuh bulan, terhitung sejak tanggal 1 Juni sampai dengan 30 Desember 2010

PASAL 4

CARA PEMBAYARAN Pembayaran kegiatan ini dilakukan sebesar 100 (seratus) persen setelah dipotong pajak yang berlaku dan dibayarkan secara langsung (LS) melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Semarang. Pembayaran kegiatan ini dituangkan dalam Berita Acara Pembayaran (BAP) yang ditandatangani kedua belah pihak, selanjutnya ditransfer melalui Bank BNI 46 Cabang Undip Tembalang dengan nomor rekening ………….

PASAL 5 PENDAMPINGAN KEWIRAUSAHAAN

1. Selama pelaksanaan kegiatan, PIHAK KEDUA akan didampingi oleh sekurang-kurangnya satu orang mentor.

2. Mentor sebagaimana disebut pada ayat (1) di atas dikoordinasikan oleh koordinator mentor. 3. Mentor sebagaimana disebut pada ayat (1) melakukan monitoring dan pendampingan terhadap

kinerja usaha PIHAK KEDUA

PASAL 6 LAPORAN HASIL KEGIATAN

1. PIHAK KEDUA dan para anggotanya yang tergabung dalam satu jenis kegiatan wirausaha seperti yang tersebut dalam pasal 1 ayat 1, berkewajiban menyerahkan Laporan Kemajuan (secara berkelompok) yang ditandatangani oleh semua anggota serta diketahui oleh salah satu mentor kepada PIHAK PERTAMA selambat-lambatnya tanggal 30 Agustus 2010 sebanyak 3 eksemplar.

2. PIHAK KEDUA dan para anggotanya yang tergabung dalam satu jenis kegiatan wirausaha seperti yang tersebut dalam pasal 1 ayat 1, berkewajiban menyerahkan Laporan Akhir (secara berkelompok) yang ditandatangani oleh semua anggota serta diketahui oleh salah satu mentor kepada PIHAK PERTAMA selambat-lambatnya pada tanggal berakhirnya kontrak

3. Format laporan akan diinformasikan kemudian.

Paraf PIHAK PERTAMA: …… Paraf PIHAK KEDUA : ……

Page 11: lampiran buku pedoman pmw 2010

23  

PASAL 7 EVALUASI KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN

1. PIHAK KEDUA harus dapat menunjukkan pencapaian usaha dimaksud kepada PIHAK PERTAMA atau kepada mentor.

2. Apabila PIHAK KEDUA lulus pada saat melaksanakan kegiatan dimaksud, maka PIHAK KEDUA beserta anggota kelompok harus bertanggung jawab secara tanggung renteng.

3. Sesuai dengan ayat 2, PIHAK KEDUA harus memberikan laporan yang dimintakan persetujuan kepada mentor, Panitia Program Wirausaha Mahasiswa yang diketahui oleh Pembantu Rektor III Universitas Diponegoro.

PASAL 8

KEADAAN MEMAKSA (FORCE MAJEURE) 1. Yang dimaksud dengan keadaan memaksa (force majeure) adalah adanya kejadian yang

berhubungan langsung dengan jalannya pelaksanaan pekerjaan, yang disebabkan oleh adanya: a. Bencana alam, antara lain (Gempa Bumi, Tanah Longsor, Banjir), dan sejenisnya, b. Keadaan di luar kekuasaan PIHAK KEDUA yang tidak dapat diduga sebelumnya, serta tidak

dapat dihindari. 2. Dalam hal terjadinya keadaan memaksa seperti tersebut pada ayat (1) Pasal ini, PIHAK KEDUA

dapat dibebaskan dari penggantian kerugian yang diakibatkannya. 3. Keadaan memaksa seperti tersebut pada ayat (1) Pasal ini, harus dinyatakan secara resmi oleh

Instansi yang berwenang.

PASAL 9 PENYELESAIAN PERSELISIHAN

1. Apabila terjadi perselisihan antara kedua belah pihak, akan diselesaikan secara musyawarah. 2. Apabila perselisihan itu tidak dapat diselesaikan secara musyawarah, maka akan diselesaikan

dengan bantuan pihak ketiga yang disetujui oleh kedua belah pihak.

PASAL 10 KETENTUAN TAMBAHAN

Jika dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam kontrak ini, kedua belah pihak sepakat membuat perjanjian tambahan (addendum) yang merupakan bagian tak terpisahkan dari kontrak ini.

PASAL 11 PENUTUP

Demikian Surat Perjanjian Kerja/Kontrak ini, dibuat dalam rangkap 2 (dua) bermaterai Rp. 6.000,00 (enam ribu rupiah), mempunyai kekuatan hukum yang sama untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

PIHAK KEDUA

Materai Rp. 6.000,-

Nama Ketua Kelompok NIM …………………..

PIHAK PERTAMA

Sukinta, S.H., M.Hum NIP. 196005281988031001

Tembusan disampaikan Kepada Yth: 1. Rektor Universitas Diponegoro 2. Dekan Fakultas …………………

Page 12: lampiran buku pedoman pmw 2010

24  

Berita Acara Pembayaran Bantuan modal Program Mahasiswa Wirausaha

Universitas Diponegoro Tahun 2010

Pada hari ini ……, tanggal ……… bulan ….., tahun dua ribu sepuluh telah diterima dari Universitas Diponegoro Semarang uang sebesar Rp. ……………….. (…………………….) guna membayar bantuan modal Program Mahasiswa Wirausaha Tahun 2010 dengan perincian per mahasiswa Rp. 8.000.000,- (delapan juta rupiah) dipotong pajak 5%.

Semarang, ……………………… 2010

Yang menerima, 1 Nama : 1. Materi Rp. 6.000,- NIM : 2. Nama : 2. NIM : 3. Nama : 3. NIM : 4. Nama : 4. NIM : 5. Nama : 5. NIM :

Page 13: lampiran buku pedoman pmw 2010

25  

Lampiran 6. Format Laporan Magang

I. Contoh Kulit Muka Laporan Magang Program Mahasiswa Wirausaha (Kertas kulit muka berwarna biru tua dengan ukuran A4)

LAPORAN MAGANG PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA

 

 

JUDUL/NAMA USAHA

Disusun Oleh:

Nama …………….. NIM …………….

UNIVERSITAS DIPONEGORO

SEMARANG 2010

Page 14: lampiran buku pedoman pmw 2010

26  

II. Halaman Pengesahan

HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN MAGANG

Laporan pelaksanaan magang Program Mahasiswa Wirausaha Universitas

Diponegoro tahun 2010 di ……………………………… telah diperiksa dan disahkan

pada hari ………….. tanggal ……………, bulan ………., tahun 2010.

Mengetahui, Dosen Pendamping …………………………….. NIP. ……………………

Ketua Kelompok,

………………………NIM ………………

Menyetujui Ketua Program Mahasiswa Wirausaha

Dr. FX. Djoko Priyono, SH, M. Hum NIP ……………………….

Page 15: lampiran buku pedoman pmw 2010

27  

III. Sistematika Laporan Magang

BAB I. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang 1.2. Tujuan dan Manfaat Magang 1.3. Pelaksanaan dan Materi Kegiatan Magang

BAB II. GAMBARAN UMUM LOKASI MAGANG

2.1. Sejarah Singkat Perkembangan Usaha Lokasi Magang 2.2. Struktur Organisasi 2.3. Bidang Usaha 2.4. Pengembangan Usaha 2.5. Ketenagakerjaan

BAB III. HASIL KEGIATAN MAGANG

3.1. Deskripsi 3.2. Permasalahan 3.3. Hambatan 3.4. Business Plan pada Tempat Magang

BAB IV. PENUTUP

4.1. Kesimpulan 4.2. Saran

Catatan: Lampirkan penyempurnaan rencana Business Plan untuk usaha mandiri/kelompok sesuai dengan bidang usaha yang akan dilaksanakan

Page 16: lampiran buku pedoman pmw 2010

28  

Lampiran 7. Format Perincian Rencana Penggunaan Dana

PENGAJUAN PENCAIRAN DANA TAHAP …… (….%)

Kegiatan : Program Mahasiswa Wirausaha Judul/Nama Usaha : …………………………………………………………….. Ketua Kelompok : …………………………………………………………….. Perincian Rencana Penggunaan Dana Tahap ….. (…. %) No Uraian Banyaknya (Rp) Jumlah (……………………………………..) Dana tersebut akan diambil dari tabungan di bank BNI cabang Undip Tembalang atas nama:

Nama Nomor Rekening Banyaknya (Rp)

Jumlah ( …………………………………………..)

Semarang, ……………2010

Mengetahui, Dosen Pendamping …………………………….. NIP. ……………………

Ketua Kelompok,

………………………NIM ………………

Page 17: lampiran buku pedoman pmw 2010

29  

Lampiran 8. Format Laporan Penggunaan Dana

I. Contoh Kulit Muka Laporan Penggunaan Dana Program Mahasiswa Wirausaha (Kertas kulit muka berwarna biru tua dengan ukuran A4)

LAPORAN PENGGUNAAN DANA TAHAP ……

PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA

   

JUDUL/NAMA USAHA

Disusun Oleh: Nama …………….. NIM …………….

------------------------------------------------------------------------------------------------------- Dibiayai oleh DIPA Universitas Diponegoro

dengan Surat Perjanjian Kerja Nomor ……, tanggal ……

UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

2010

Page 18: lampiran buku pedoman pmw 2010

30  

II. Sistematika Laporan Penggunaan Dana

LAPORAN PENGGUNAAN DANA TAHAP …….. PELAKSANAAN KEGIATAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA

TAHUN 2010

JUDUL/NAMA USAHA

Jumlah dana yang diterima tahap … (… %) : Rp. ………………,- Penggunaan dana sampai saat ini : Rp. ……………….,- ----------------------- Sisa dana : Rp. ………………,- Perincian Penggunaan Dana Tahap …. (….. %) No Tanggal Keterangan Jumlah (Rp) Jumlah ……………,- (jumlah uang dengan huruf)

Semarang, ……………… 2010

Mengetahui, Dosen Pendamping …………………………….. NIP. ……………………

Ketua Kelompok,

………………………NIM ………………

Menyetujui Ketua Program Mahasiswa Wirausaha

Dr. FX. Djoko Priyono, SH, M. Hum NIP ……………………….

Catatan: Lampirkan Kwitansi/nota pembelian barang/jasa yang disusun rapi sesuai dengan Tabel di atas

Page 19: lampiran buku pedoman pmw 2010

31  

Lampiran 9. Format Laporan Kemajuan

I. Contoh Kulit Muka Laporan Kemajuan Program Mahasiswa Wirausaha (Kertas kulit muka berwarna biru tua dengan ukuran A4)

LAPORAN KEMAJUAN

PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA

   

JUDUL/NAMA USAHA

Disusun Oleh: Nama …………….. NIM …………….

UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

2010

Page 20: lampiran buku pedoman pmw 2010

32  

II. Halaman Pengesahan

HALAMAN PENGESAHAN

Laporan kemajuan perkembangan pelaksanaan Program Mahasiswa Wirausaha Universitas Diponegoro tahun 2010 di ..............telah diperiksa dan disahkan pada hari ...... tanggal .... bulan ..... tahun 2010.

Pelaksana

1. Nama : NIM................ (ketua) 2. Nama : NIM................. (anggota) 3. Nama : NIM................. (anggota) 4. Nama : NIM................ (anggota)

Mengetahui, Dosen Pendamping Ketua Kelompok

Program Mahasiswa Wirausaha,

................................... ............................................... NIP. NIP

Page 21: lampiran buku pedoman pmw 2010

33  

III. Sistematika Laporan Kemajuan Perkembangan Kegiatan PMW

A. Halaman Cover B. Halaman Pengesahan C. Kata Pengantar D. Daftar Isi E. BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang Usaha ( Produk atau Jasa yang dihasilkan). F. BAB II GAMBARAN UMUM PERKEMBANGAN USAHA

a. Jenis Usaha dan Lokasi Usaha b. Produksi dan Operasi Usaha (Bahan Baku, Teknologi, Proses Produksi,

Volume Produksi, Target Produksi dan Target Penjualan) c. Pemasaran (Promosi, Saluran Distribusi, Gambaran Penentuan Harga serta

Target Konsumen/Pasar) d. Sumber Daya Manusia (Tenaga Kerja dan Keahlian/Ketrampilannya) e. Laporan Keuangan (Laporan dari Penggunaan Dana yang sudah Diambil

serta Administrasi Pembukuannya) G. BAB III PENUTUP

Kesimpulan Saran

H. Membuat Rencana Kegiatan untuk bulan September, Oktober dan Nopember

Page 22: lampiran buku pedoman pmw 2010

34  

Lampiran 10. Format Laporan Akhir

I. Contoh Kulit Muka Laporan Akhir Program Mahasiswa Wirausaha (Kertas kulit muka berwarna biru tua dengan ukuran A4)

LAPORAN AKHIR

PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA

   

JUDUL/NAMA USAHA

Disusun Oleh: Nama …………….. NIM …………….

UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

2010

Page 23: lampiran buku pedoman pmw 2010

35  

II. Halaman Pengesahan

HALAMAN PENGESAHAN

Laporan akhir pelaksanaan Program Mahasiswa Wirausaha Universitas Diponegoro tahun 2010 di ..............telah diperiksa dan disahkan pada hari ...... tanggal .... bulan ..... tahun 2010.

Mengetahui, Dosen Pendamping …………………………….. NIP. ……………………

Ketua Kelompok,

………………………NIM ………………

Menyetujui Ketua Program Mahasiswa Wirausaha

Dr. FX. Djoko Priyono, SH, M. Hum NIP ……………………….

Page 24: lampiran buku pedoman pmw 2010

36  

III. Sistematika Laporan Akhir Kegiatan PMW

A. Halaman Cover B. Halaman Pengesahan C. Kata Pengantar D. Daftar Isi E. BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang Usaha ( Produk atau Jasa yang dihasilkan). F. BAB II GAMBARAN UMUM USAHA

a. Jenis Usaha dan Lokasi Usaha b. Produksi dan Operasi Usaha (Bahan Baku, Teknologi, Proses Produksi,

Volume Produksi, Target Produksi dan Target Penjualan) c. Pemasaran (Promosi, Saluran Distribusi, Gambaran Penentuan Harga

serta Target Konsumen/Pasar) d. Sumber Daya Manusia (Tenaga Kerja dan Keahlian/Ketrampilannya) e. Laporan Keuangan (Laporan dari Penggunaan Dana serta Administrasi

Pembukuannya) G. BAB III PENUTUP

a. Kesimpulan b. Saran

H. Lampiran (photo dll)

Page 25: lampiran buku pedoman pmw 2010

37  

Lampiran 11. Form Monitoring dan Evaluasi

I. Contoh Kulit Muka Laporan Monitoring dan Evaluasi Program Mahasiswa Wirausaha (Kertas kulit muka berwarna biru tua dengan ukuran A4)

MONITORING DAN EVALUASI

PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA

         

NAMA USAHA: ………………….. LOKASI USAHA: …………………….

UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

2010

Page 26: lampiran buku pedoman pmw 2010

38  

1. Ketua a. Nama Lengkap : b. NIM :

2. Anggota : 1. Nama …………………………………………. NIM …………………………………………..

2. Nama …………………………………………. NIM ………………………………………….. 3. Nama …………………………………………. NIM ………………………………………….. 4. Nama …………………………………………. NIM …………………………………………..

Semarang , .......................... 2010 Tim Monitoring

Nama …………………………. NIP ……………………………

Page 27: lampiran buku pedoman pmw 2010

39  

A. Deskripsi Usaha

No. Indikator Keterangan 1. Jenis Usaha .........................................................................................

........................................................................................ 2. Produk .........................................................................................

........................................................................................ 3. Merk .........................................................................................

........................................................................................ 4. Kekuatan

Utama Usaha/Produk

.........................................................................................

........................................................................................

5. Kelemahan Utama Usaha/Produk

.........................................................................................

........................................................................................

B. Aspek Pemasaran

No. Indikator Keterangan 1. Daerah

Pemasaran ......................................................................................... ........................................................................................

2. Pasar Sasaran ......................................................................................... ........................................................................................

3. Harga Jual ......................................................................................... ........................................................................................

Harga Pabrik/Biaya Produksi (Harga Pokok)

.........................................................................................

........................................................................................

4. Volume Penjualan/bln

.........................................................................................

........................................................................................ 5. Sistem

Penjualan dan Pembayaran

.........................................................................................

........................................................................................

6. Saluran Distribusi

.........................................................................................

........................................................................................ 7. Promosi .........................................................................................

........................................................................................ 8. Jumlah Pesaing

sejenis di lingkungan Usaha

………………………………………………………….

Page 28: lampiran buku pedoman pmw 2010

40  

C. Aspek Operasi/Produksi

No. Indikator Keterangan

1. Gambaran Lokasi Usaha

......................................................................................

...................................................................................... 2. Proses

Operasi/Produksi Bhn Baku – Proses – Produksi

......................................................................................

......................................................................................

......................................................................................

...................................................................................... 3. Kapasitas

Operasi/Produksi /bln

......................................................................................

......................................................................................

...................................................................................... 4. Tata Letak

Operasi/Produksi (lay out)

......................................................................................

......................................................................................

...................................................................................... 5. Teknologi ......................................................................................

......................................................................................

...................................................................................... Gambaran Asset

Usaha ...................................................................................... ............................................................................................................................................................................

6. Perijinan ...................................................................................... ............................................................................................................................................................................

D. Aspek Sumber Daya Manusia

No. Indikator Keterangan 1. Struktur

Organisasi ......................................................................................... ........................................................................................

2. Spesifikasi Jabatan (Job)

.........................................................................................

........................................................................................ 3. Uraian Tugas .........................................................................................

........................................................................................ 4. Sistem Balas

Jasa (Imbalan/Upah)

.........................................................................................

........................................................................................

Page 29: lampiran buku pedoman pmw 2010

41  

E. Aspek Keuangan No. Indikator Keterangan 1. Besarnya

Kebutuhan Modal Investasi

.........................................................................................

........................................................................................

2. Sumber Modal ......................................................................................... ........................................................................................

3. Pembukuan (Bentuk Pembukuan)

.........................................................................................

........................................................................................

4. Net Present Value

.........................................................................................

........................................................................................ 5. Analisis Titik

Pulang Pokok (BEP)

.........................................................................................

........................................................................................

6. Ikhtisar Rugi Laba

.........................................................................................

........................................................................................ F. Hambatan

..................................................................................................................................

..................................................................................................................................

..................................................................................................................................

G. Strategi Penyelesaian .................................................................................................................................. .................................................................................................................................. ..................................................................................................................................

H. Penilaian Prospek Usaha ................................................................................................................................. ................................................................................................................................. ................................................................................................................................