KULIAH 2.Atom Ion Molekul

download KULIAH 2.Atom Ion Molekul

of 27

  • date post

    28-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    235
  • download

    0

Embed Size (px)

description

kimia

Transcript of KULIAH 2.Atom Ion Molekul

  • MATERI & ENERGIMateri : ialah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang. Pada temperatur kamar materi dapat berwujud;(1) padat (mis. : besi, kapur); (2) cair (mis. : air, alkohol) dan (3) gas (mis. : udara, CO2)

    Energi : adalah kemampuan untuk melakukan usaha.Terdapat berbagai bentuk energi, yaitu : energi panas (mis. : BBM yang dibakar) energi listrik (mis. : lampu yang dinyalakan) energi sinar (mis. : sinar matahari yang menyebabkan terjadinya proses fotonsintesis)energi kimia (mis. : campuran gas H2 dan O2 yang menghasilkan ledakan) Energi digolongkan menjadi 2 bagian ;

    Energi Kinetik ; - berhubungan dengan gerak (kecepatan) misalnya : air mengalir, angin berhembus, dst.Makin besar kecepatan gerak suatu materi, makin besar pula energi kinetiknya.

    Energi Potensial Ialah energi yang berhubungan dengan letak (ketinggian ; misalnya air terjun atau komposisi zatnya,misalnya daya bakar solar (atom C-nya lebih banyak) lebih rendah daripada bensin (atom C nya lebih sedikit).

  • Sifat Fisika dan Sifat Kimia

    Sifat fisika ialah sifat materi yang dapat dikenali melalui indera.Misalnya ; logam : mempunyai permukaan yang halus ; alkohol : mudah menguap dsb.

    Sifat kimia ialah sifat yang dapat dikenali setelah zat tersebut mengalami perubahan.Misalnya alkohol yang lebih mudah terbakar daripada air ; logam besi yang lebih mudah berkarat daripadatembaga ; gas oksigen (O2) yang menghidupkan bara api, sedangkan gas CO2 yang mematikan api, dsb. Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia

    Perubahan fisika ialah perubahan materi yang tidak menyebab perubahan zat, tapi hanya menyebabkanperubahan fase.Misalnya : air (cair) menjadi uap air (gas) ; (H2O() H2O(g) besi (padat) menjadi leburan besi (cair)karena dipanasi (Fe(s) Fe () dsb.

    Perubahan kimia ialah perubahan materi yang menyebabkan perubahan komposisi zat.Misalnya : besi berkarat (Fe Fe2O3) ; air dielektralisis (H2O H2(g) + O2(g) ;pembakaran BBM (CxHy + O2 CO2 + H2O) dsb.

  • Penggolongan Materi

    Unsur dan Senyawa

    Pada elektrolisis garam dapur (NaCl) diperoleh logam natrium (Na padat) yang melekat pada logam katodedan gas klor (Cl2) yang berbau khas seperti kaporit di bagian anoda. Zat Na dan Cl2 tidak dapat diuraikanmenjadi zat lain, sedangkan NaCl dapat diuraikan (dengan bantuan elektrolisis) menjadi Na dan Cl2.Proses tersebut dapat dituliskan secara kimia sebagai berikut : listrik2NaCl(s) 2Na(s) + Cl2(g)

    Elektrolisis air (H2O cair) menghasilkan gas hidrogen (H2) di katode dan gas oksigen (O2) di anode.Kedua gas ini tidak berbau dan berasa, tetapi H2 mematikan bara, sedangkan O2 menyalakan bara.Proses ini dituliskan sebagai berikut : listrik2H2O() 2H2(g) + O2(g) Pada kedua proses di atas NaCl dan H2O dapat diuraikan menjadi zat-zat lain, sedangkan Na, Cl2, H2 dan O2tidak dapat diuraikan menjadi materi yang lebih sederhara.

    Maka NaCl dan H2O disebut senyawa sedangkan Na(S), Cl2(g), H2(g) dan O2(g) masing-masing disebut unsur. Jadi : senyawa ialah materi yang dapat diuraikan menjadi materi (zat) lain, sedangkan unsur ialah materi yangdengan reaksi sederhana tidak dapat diuraikan menjadi zat (materi) lain.

    Secara kimia senyawa merupakan gabungan (poli) atom yang heterogen, misalnya CO2(g), NH3, H2O,CaCO3 dsb, sedangkan unsur dapat merupakan satu atom (Na, Fe dsb.) atau poliatom homogen(N2, P4, O2, O3 dsb.).

  • Senyawa merupakan gabungan dari 2/lebih unsur dengan perbandingan berat tertentu dan sifat senyawaberbeda dengan sifat unsur-unsur penyusunnya. B. Campuran

    Sirop (manis) : Kadar gula dalam sirop dapat divariasi tergantung selera, kebutuhan/permintaan. Gula dan air dalam sirop dapat diperoleh kembali apabila sirop diuapkan secara perlahan-lahan(tersisa kristal gula dan uap air diembunkan kembali).

    Jadi campuran merupakan percampuran dari dua/lebih materi yang tidak tertentu beratnya dan dapatdiperoleh kembali komponen-komponennya dengan cara sederhana. Sifat salah satu materi masih terdapat dalam campuran (ini juga merupakan hal yang membedakan antaracampuran dan senyawa).

    Campuran dibedakan menjadi 2 macam :

    Campuran homogen (serba sama disetiap bagiannya) Misalnya : Sirop, udara, Emas 20 karat dsb. Campuran heterogen (tidak serba sama) Misalnya : air sungai (makin ke hilir makin keruh) ; Campuran air dan minyak, dsb.

  • Pemisahan Campuran Komponen-komponen dalam campuran dapat diperoleh kembali (dipisahkan) dengan berbagai cara berdasarkansifat fisika/kimia serta keadaan campuran tersebut sebagai berikut.

    Campuran homogenCair-cair (mis. : alkohol kompres)

    dipanasi ; berdasarkan perbedaan titik didihnya (alkohol menguap lebih dulu) kromatografi (mis. : campuran klorofil) ; berdasarkan perbedaan kekuatan daya ikat terhadap zat lain. Ekstraksi (penarikan dengan pelarut lain); Misalnya zat warna dalam sirop ; berdasarkan perbedaan kelarutan.

    Gas-gas (misalnya udara ; H2 = 80 bagian dan 20 bagian O2). Dipisahkan dengan cara penguapan(setelah dicairkan) berdasarkan perbedaan titik didihnya.

    Padat-padat (besi dengan belerang) ; berdasarkan sifat fisiknya (sifat magnit, sedangkan belerang tidak,atau ditampi berdasar perbedaan massa jenisnya).

    Campuran heterogen padat-padat (beras dan pasir), pemisahan berdasarkan massa jenis.

    padat-cair (koloid) disaring/disentrifus (dipusingkan) ; berdasarkan ukuran partikel / massanya.

    Cair-cair (camp minyak-air) ; didiamkan ; berdasarkan massa jenisnya.

  • Atom, Ion & Molekul Tubuh Manusia

    PERKEMBANGAN TEORI ATOM atom 1. Teori Atom Dalton (John Dalton, 1760-1844) - Atom merupakan bagian terkecil dari materi materi - Atom-atom unsur sejenis mempunyai sifat yang sama - Atom-atom dari unsur yang tidak sejenis mempunyai sifat yang berbeda - Atom-atom dapat bergabung membentuk molekul

    Catatan : Dalton belum menemukan isotop , yaitu atom sejenis yang mempunyai kembarannya, contohnya atom hidrogen mempunyai 3 kembaran yaitu H , H dan H yang masing-masing berbeda sifat fisikanya.

    2. Teori Atom Bohr (Niel Bohr 1913) Atom terdiri inti berisi proton (+) dan netron yang tidak bermuatan serta elektron yang bermuatan negatif yang bergerak mengelilingi inti dalam lintasan (orbit) tertentu. Lintasan-lintasan elektron disebut tingkat-tingkat energi ; makin jauh dari inti semakin besar tingkat energinya. Elektron dapat berpindah ke tingkat energi yang lebih besar jika menyerap energi dan kembali ke keadaan semula dengan memancarkan energi111213

  • IntiE3E2E1 < E2 < E3Skema Atom Bohr proton (p) (+) inti (+) netron (n) Atom Elektron (e) (-) Netral p = e (+) = (-)

    Macam dan Sifat Partikel Subatomik Massa p n (= 1835 x massa e)

    PartikelLambangMuatanMassa (sma) proton p+11,007276 netron n01,008665 elektron e-10,000549

  • NOTASI ATOM

    - Atom setiap unsur dilambangkan dengan huruf pertama/kedua/ketiga Misalnya : Hidrogen = H Helium = He Nitrogen = N Nikel = Ni - Setiap atom dari masing-masing unsur mempunyai jumlah p, n dan e yang tidak sama.- Atom suatu unsur dituliskan dengan notasi sebagai berikut A Z Atau n = A Z Contoh Na atom : natrium Jml p = 11 e = 11 n = 23-11 = 12

    Banyaknya elektron dalam Kulit /Atom

    - Menurut Bohr : elektron (di luar inti) bergerak pada lintasan tertentu (kulit elektron) Kulit-kulit elektron disebut dengan huruf (masing-masing mulai no. kulit 1 s.d. 7) = K, L, M, N, O, P dan Q - Setiap kulit elektron dapat berisi elektron maksimum = 2 n2 (n = no. kulit)XX = lambang atom Z = nomor atom (jumlah p atau e)A = nomor massa (jumlah p + n)

    2311

  • Unsur yg penting dalam tubuh

    UnsurNomor MassaNomor AtomJumlah ProtonJumlah ElektronJumlah NeutronHidrogenKarbonOksigenNatriumKaliumKlor11216233935168111917168111917168111917168111917

  • Sehingga diperoleh:

    Catatan : jumlah e pada KULIT TERLUAR, MAKS = 8 Contoh : Susunan elektron dari 19 K = 2,8,8,1 (bukan : 2, 8, 9)Jadi : n maks = 4

    STRUKTUR KULIT ELEKTRON

    Masing-masing Kulit (K, L, . dst.) terdiri dari satu/lebih sub kulit/atau sub tingkat energi Terdapat 4 macam sub kulit : s, p, d dan f Masing-masing sub kulit terdiri dari satu/lebih orbital (digambarkan sebagai )Setiap orbital berisi e maks. 2 yang arahnya berlawanan

    No. KulitKulitJumlah e- maks1K2.12 = 2 2L2.22 = 83M2.32 = 184N2.42 = 325O2.42 = 326P2.32 = 187Q2.22 = 8

  • Struktur kulit elektron

    No.KulitKulit Sub KulitOrbital Jumlah e maks 1Ks = 122Lsp = 1 = 3 2 6 = 83Mspd =1 =3 =526 = 1810 4Nspdf13572610 = 32145Ospdf13572610 = 32146Pspd13526 = 188 7Qsp132 6 = 8

  • KONFIGURASI ELEKTRON

    - Elektron-elektron menempati sub kulit atom menurut atu