KUALITAS AIRTANAH

download KUALITAS AIRTANAH

of 27

  • date post

    07-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    230
  • download

    8

Embed Size (px)

description

as

Transcript of KUALITAS AIRTANAH

  • PERTEMUAN KE-10KULIAH GEOHIDROLOGI

    KUALITAS AIRTANAH

  • KUALITAS AIRTANAHKUALITAS AIRTANAH MEMPUNYAI PERANAN YANG AMAT PENTING DI SAMPING KUANTITAS.

    BANYAK AIRTANAH, TETAPI KUALITASNYA RENDAH TENTU SAJA AIR TERSEBUT TIDAK BERMANFAAT, MISAL AIR ASIN.

    PERMASALAHN KUALITAS AIRTANAH TIDAK SAJA PENTING UNTUK AIR MINUM UNTUK KEPERLUAN SEHARI-HARI, TETAPI JUGA UNTUK KEPERLUAN YANG LAIN SEPERTI UNTUK PENYEDIAAN INDUSTRI, IRIGASI DAN SEBAGAINYA.

    OLEH KARENA ITU AIRTANAH HARUS DILINDUNGI DARI PENCEMARAN, MISAL PEMBUANGAN SISA-SISA ZAT KIMIA.

  • Faktor2 yang mempengaruhi kualitas airtanah

    LingkunganAsal airtanah tersebutiklim

  • Ad 1. LINGKUNGAN

    MACAM TANAH, BATUAN YANG MENGANDUNG AIRTANAH ATAU YANG DILEWATI AIRTANAH TERGANTUNG ANTARA LAIN PADA:Ruang, Komposisi Kimia Dan Keisotropisan

    Pada umumnya airtanah berasal dari permukaan yang meresap masuk ke dalam tanah. Mula-mula pada horizon A yang kaya bahan organik bereaksi dengan O2 yang berasal dari atmosfir atau dari tanah itu sendiri akan menghasilkan CO2. Kemudian CO2 bereaksi dengan H2O menghasilkan HC2O3. Air yang mengandung HC2O3 ini akan bereaksi dengan mineral2 tanah pada horizon B yang kaya oksida besi, lempung dan humus, melalui proses biokimia dan hidrokimia akan merupakan sumber keasaman.

  • BILA AIRTANAH BERADA PADA LINGKUNGAN: BATUAN BEKU, MAKA JUMLAH AIR YANG LARUT SANGAT SEDIKIT KARENA KOMPOSISI BATUAN BEKU RELATIF TIDAK DAPAT LARUT. SEHINGGA AIRTANAH TERSEBUT MENGANDUNG SILIKA YANG CUKUP TINGGI.

    PADA BATUAN SEDIMEN PENGARUH AIRTANAH CUKUP KUAT YANG BERAKIBAT BATUAN SEDIMEN AKAN LARUT. DALAM HAL INI TERGANTUNG DARI LINGKUNGAN APA BATUAN SEDIMEN TERSEBUT. APABILA LINGKUNGANNYA MARIN, MAKA AIRTANAHNYA AKAN KAYA Cl, Ca, Mg DAN CO3. SEDANGKAN BILA BATUANNYA BERUKURAN LEMPUNG, MAKA AKAN MENGHASILKAN KOLOIDAL2 YANG AKAN TERLARUT DALAM AIRTANAH.

    PADA LINGKUNGAN BATUAN METAMORF, SIFATNYA TERGANTUNG DARI BATUAN ASALNYA. BIASANYA BATUAN METAMORF MENGANDUNG NA DAN K.

  • DARI LINGKUNGAN INI DAPAT DIPERHATIKAN JUGA BAGAIMANA VEGETASINYA. PADA HUTAN YANG LEBAT AIRTANAH KAYA AKAN CO2

    HUBUNGAN ANTARA ION PENYUSUN AIRTANAH DENGAN MINERAL MENURUT DAVIS DAN DE WEIST YAITU:KALSIUM, DIPEROLEH DARI BATUAN ENDAPAN LAUT YANG KAYA AKAN MINERAL KALSIT, DOLOMIT, ARAGONIT, ANHIDRIT, GIPS ATAU DARI PELAPUKAN BATUAN BEKU DAN METAMORF, MISAL DARI MINERAL APATIT, FLUORIT, FELDSPAR, AMFIBOL, PIROKSEN DAN SEBAGAINYA.

  • Ad 2. ASAL AIR TANAH

    AIRTANAH BERASAL DARI:

    JUVENILE WATER KAYA AKAN Si, SO4, SCONNATE WATER BANYAK MENGANDUNG GARAM2 Cl, Mg dan Na

  • Ad 3. IKLIM

    IKLIM SANGAT MEMPENGARUHI KUALITAS AIRTANAH, MISAL IKLIM KERING BIASANYA KANDUNGAN GARAM2-NYA LEBIH BANYAK DARIPADA IKLIM BASAH. DI SAMPING ITU IKLIM PANAS MEMPENGARUHI GARAM2 YANG TERLARUT SEHINGGA KONSENTRASI MAKIN TINGGI.

  • KUALITAS AIRTANAH DITENTUKAN OLEH 3 SIFAT UTAMA

    SIFAT FISISSIFAT KIMIASIFAT BIOLOGIS (BAKTERIOLOGIS)

  • AD 1. SIFAT FISIS

    SIFAT FISIS ANTARA LAIN:a. WARNADITENTUKAN OLEH BANYAK SEDIKITNYA ZAT2 YANG TERLARUT DALAM AIR TANAH BAIK BERUPA SUSPENSI MAUPUN TERLARUT. UNTUK MENENTUKAN AIR TERSEBUT BERWARNA: BISA DIPAKAI GARAM PLATINA DAN COBALT DALAM KONSENTRASI YANG TERTENTU. UNTUK MENENTUKAN WARNA DIGUNAKAN SKALA Pt/Co

    b. BAU DAN RASABAU DAPAT DISEBABKAN KARENA ZAT2 ATAU GAS2 YANG MEMPUNYAI AROMA YANG TERKANDUNG DI DALAM AIR. SEDANGKAN RASA DITENTUKAN OLEH ADANYA GARAM2 ATAU ZAT LAIN, BAIK YANG TERSUSPENSI ATAUPUN YANG TERLARUT. BAU DAN RASA TIDAK ADA STANDARNYA.

  • C. KEKENTALAN KEKENTALAN DIPENGARUHI OLEH PARTIKEL2 YANG TERKANDUNG DI DALAMNYA. SEMAKIN BANYAK YANG DIKANDUNG AKAN SEMAKIN KENTAL. SUHU JUGA MEMPENGARUHI KEKENTALAN, BILA SUHUNYA TINGGI MAKA KEKENTALANNYA AKAN SEMAKIN TURUN (ENCER).

    D. KEKERUHAN KEKERUHAN DISEBABKAN ADANYA ZAT2 YANG DIKANDUNG TETAPI TIDAK TERLARUTKAN. MISAL: LEMPUNG, LANAU, ZAT2 ORGANIK SERTA MIKROORGANISME. ALAT UNTUK MENGUKUR KEKERUHAN ADALAH TURBIDIMETER.

    e. SUHU SUHU SANGAT DIPENGARUHI OLEH KEADAAN SEKELILINGNYA SEPERTI MUSIM, CUACA, SIANG-MALAM, TEMPAT ATAU LOKASINYA. ALAT UNTUK MENGUKUR SUHU: THERMOMETER

  • AD 1. SIFAT KIMIA

    SIFAT KHEMIS ANTARA LAIN:a. KEGARAMANJUMLAH GARAM TERLARUT ATAU TOTAL DISOLVED SOLIDS ATAU TDS ADALAH JUMLAH KONSENTRASI GARAM YANG TERKANDUNG DI DALAM AIR.

    Tabel Klasifikasi air berdasarkan jumlah garam terlarut menurut HEM (Bouwer, 1978)

  • Tabel Klasifikasi air berdasarkan jumlah garam terlarut menurut Davis dan De Weist 1966

    Sebagai perbandingan: jumlah garam terlarut dengan air laut + 34.000 mg/l dan larutan NaCl jenuh >300.000 mg/l. Jumlah garam terlarut dapat didekati dengan harga daya hantar listrik (DHL = EC).

    NoJumlah garam terlarut(mg/l) atau ppm Macam air1100.000Briny

  • b. Daya hantar listrik (DHL = EC)

    BAGAIMANA KEMAMPUAN AIR MENGHANTARKAN ARUS LISTRIK?AIR YANG BANYAK MENGANDUNG GARAM AKAN MEMPUNYAI DHL TINGGI. PENGUKURANNYA DENGAN EC-METER. DHL DIUKUR PADA SUHU STANDAR YAITU 25C. APABILA DIUKUR PADA SUHU DI ATAS ATAU DI BAWAH 25C MAKA HARUS DILAKUKAN KOREKSI YAITU DENGAN RUMUS: DHL tC

    DHL 25C = 1+0,02(t-25)

  • Airtanah umumnya mempunyai harga 100-5.000 s/cm. Besaran DHL dapat dikonversi dengan besaran jumlah garam terlarut (mg/l), yaitu:1 mili mho/sm (103 mho/sm) = 640 mg/l1 mg/l = 1,56 s/sm1 ppm (TDS) = 1,56 s/cm (EC)

    Klasifikasi air berdasarkan harga DHL

  • c. Besarnya pH

    pH menentukan alkali atau basa, di mana derajat Keasaman dinyatakan dengan pH antara 1-14. Air yang mempunyai pH < 7 adalah asam (CO2 berlebih). Air yang mempunyai pH > 7 adalah basa (kesadahannya cukup tinggi Ca, Mg). Sedangkan air dengan pH = 7 adalah netral.

    Air yang asam sangat mudah melarutkan Fe, sehingga air yang asam biasanya mempunyai kandungan besi (Fe) yang tinggi.

  • d. Pertukaran ion

    Kandungan ion biasanya berupa kation, anion ataupun ion logam. Untuk mengetahui besarnya ion2 yang terkandung dalam tanah dapat dilakukan dengan volumetri, calorimetri, spektrofotometri.Ion-ion penting antara lain: Na+ biasanya ditemukan dengan Ca+, Na+ dengan Mg+, Ca+ dengan Mg+, Na+ dengan K+.Biasanya ion-ion logam yang jarang ada akan tetapi bersifat racun: Ag, Pb, Sc, Cr, Hg, Co.

  • d. Kesadahan atau kekerasan (total hardness = Hr)

    KESADAHAN TERJADI DISEBABKAN KARENA KANDUNGAN ca DAN mg.

    Kesadahan ada 2 macam, yaitu:a. Kesadahan karbonatb. Kesadahan non karbonat

    Untuk mengetahui besarnya kesadahan dilakukan dengan titrasi dengan satuan ppm (part per million/bagian per juta) mg/l, atau dengan 1D yang besarnya 1D = 10 mg/l (CaO)

  • CaCO3 CaCO3Hr (kesadahan) = Ca + Mg Ca Mg

    = 2,5 Ca + 4,1 Mg

    Di mana Ca dan Mg dalam mg/l

  • Klasifikasi air berdasarkan kesadahan

    No.Kesadahan (mg/l CaCO3)Klas airHemSawyer & Mc Carty10-600-75Lunak260-12075-150Menengah3120-18-150-300Keras4>180>300Sangat keras

  • AD 1. SIFAT BIOLOGIS ATAU BAKTERIOLOGISKANDUNGAN BIOLOGIS DI DALAM AIR YANG TERUTAMA ADALAH BAKTERIOLOGIS. HAL INI SANGAT PENTING UNTUK AIR MINUM KARENA DAPAT MERUSAK KESEHATAN.

    UNTUK MENCEGAH BISA DIATASI DENGAN PEMBERIAN KAPORIT PADA AIR MINUM TERSEBUT

  • KUALITAS AIRTANAH DI BEBERAPA MACAM BATUANSECARA UMUM KUALITAS AIRTANAH MEMPUNYAI KEKHASAN TERSENDIRI UNTUK JENIS BATUANNYA.

    CONTOH:1. PADA BATUAN UBAHAN DAN BATUAN BEKUPADA UMUMNYA KUALITAS A.T. PADA KE-2 BATUAN TERSEBUT CUKUP BAIK, KECUALI PADA DAERAH KERING, DI MANA GARAM2NYA AKAN TERKONSENTRASI AKIBAT PENGUAPAN, JUGA DI TEMPAT2 DI MANA AIR LAUT MENYUSUP KE DARATAN LEWAT2 RETAKAN BATUAN ATAU YANG ADA KANDUNGAN AIR FOSILNYA.

  • CONTOH:PADA SERPENTIN, GABRO, AMFIBOLIT DAN SEJENISNYA, KANDUNGAN Mg LEBIH TINGGI DARIPADA KALSIUMNYABATUAN DIORIT, SYENIT: KANDUNGAN KWARSANYA RENDAH, TETAPI KADAR SILIKATNYA (SiO2) BISA MENCAPAI 25-55 b.p.j.PADA KWARSIT, MARMER, FILIT UMUMNYA KADAR SiO2 KURANG DARI 30 b.p.j.

  • 2. KUALITAS AIRTANAH PADA BATUAN VOLKANIKUMUMNYA AIR YANG BERASAL DARI BATUAN VOLKANIK KUALITASNYA CUKUP BAIK DAN CENDERUNG SEBAGAI AIR KALSIUM, MAGNESIUM BIKARBONATPADA BATUAM VOLKANIK ASAM, MEMPUNYAI KADAR NATRIUM BIKARBONAT DENGAN KADAR SiO2 YANG CUKUP TINGGI

    PADA DAERAH FUMAROL ATAU SUMBER AIR HANGAT, BIASANYA KUALITAS AIRNYA JELEK, KARENA KADAR Na dan Cl nya TINGGI, DENGAN pH RENDAH

  • 3. KUALITAS AIRTANAH PADA BATUAN ENDAPANDI DAERAH INI, AIRTANAHNYA MEMPUNYAI KUALITAS YANG BERAGAM MULAI DARI AIR ASIN SAMPAI TAWAR

    PADA SERPIH: KANDUNGAN Fe dan FLOURIDANYA CUKUP TINGGI, DENGAN pH RENDAH ANTARA 5,5-7PADA BATUGAMPING: KANDUNGAN SILIKA RENDAH, TETAPI K DAN Mg CUKUP TINGGI DAN Ph >7PADA BATUPASIR: MATA AIRTANAHNYA BERAGAM, TETAPI TERGANTUNG DARI KOMPOSISI MINERAL, KEDALAMAN AKUIFER (SEMAKIN DALAM DI BAWAH PERMUKAAN BUMI, AIRTANAH UMUMNYA MEMPUNYAI KADAR YANG MAKIN JELEK) ATAU JAUH-DEKATNYA DENGAN PENGALIRAN DSBNYA. TETAPI PADA UMUMNYA MUTU A.T. PADA BATUPASIR BAIK

  • 4. KUALITAS AIRTANAH PADA ENDAPANMUTU A.T. PADA LEMBAH SUNGAI UMUMNYA CUKUP BAIK, KECUALI DI DAERAH GURUN DAN DAERAH YANG TELAH MENGALAMI PENCEMARAN.

    KUALITASNYA DI SINI SANGAT DIPENGARUHI OLEH AIR YANG MASUK KE DALAM AKUIFER, TUMBUH2AN, KULTUR SERTA TIPE BATUAN DI TEPI SUNGAI DAN DASAR LEMBAH.

    AIR ASIN BERASAL DARI LAUT PURBA ATAU HASIL PENGUAPAN. TERDAPAT PAD