Kp Proposal Minyak

download Kp Proposal Minyak

of 12

  • date post

    29-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    61
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of Kp Proposal Minyak

BAB I

PROPOSAL

PERMOHONAN KERJA PRAKTEK

PADA PT. KALREZ PETROLEUM SERAM LIMITEDA. LATAR BELAKANGIlmu pengetahuan dan teknologi berkembang begitu pesat dewasa ini, dengan pertumbuhan yang sangat cepat hingga dalam hitungan waktu yang amat singkat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut tentunya diikuti pula oleh dunia industri yang mana sangat membutuhkan keberadaan bahan baku industri. Lalu kemudian hal ini mengakibatkan persaingan untuk tahun-tahun ke depan semakin ketat.

Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki keahlian dibidang Pertambangan dengan spesifikasi Tambang Eksplorasi yang profesional di negara kita relatif kurang dan prospek serta peluang mengembangkan pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) sekarang dan kedepan sangat potensial.

Dengan berlakunya Undang-undang No. 22 Thn. 1999 Tentang Pemerintahan Daerah (Otonomi Daerah) di Negara kita, maka dituntut untuk mengembangkan daerah masing-masing dengan mengoptimalkan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada dan Sumber Daya Manusia.

Di Indonesia pada umumnya dan seram bagian timur/bula pada khususnya sangat kaya dengan Sumberdaya Minyak yang belum dieksplorasi secara maksimal. Karena sejak dini mahasiswa(i) sudah harus diperkenalkan dengan hiruk pikuknya dunia usaha dan industri tersebut,sehingga pada saatnya tiba ketika mahasiswa sudah bergelut dalam dunia usaha dan dunia Pertambangan (mahasiswa) sudah tidak canggung dan tidak ketinggalan dengan trend yang berkembang pada iklim usaha lingkungan industri Pertambangan tersebut.untuk itu proses pengenalan dan adaptasi dengan dunia usaha dan lingkungan industri Pertambangan. Salah satu cara bentuk pengapliksian ilmu eksplorasi khususnya pengetahuan tentang penambangan minyak adalah dengan melakukan Kerja Praktek (KP) pada perusahaan-perusahaan yang bergerak dan berkaitan dengan bidang tersebut. Kerja praktek ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk menimba pengalaman kerja serta dapat terjun langsung ke lapangan melihat bagaimana mekanisme kerja seorang eksplorasi dalam perusahaan pertambangan yang professional, seperti pada PT. Kalrez petroleum seram limitedB. Maksud dan TujuanMaksud dari Kerja Praktek (KP) ini dimaksudkan untuk menambah pengalaman dan wawasan sehingga nantinya dapat melengkapi materi pendidikan yang tidak diperoleh baik dibangku kuliah atau dalam kuliah umum lainnya.Adapun tujuan dari Kerja Praktek (KP) ini adalah:

1. Menciptakan dan mempersiapkan calon-calon tenaga kerja yang handal dan berkualitas dalam menyongsong era globalisasi.

2. Sebagai wadah pembanding antara teori dan aplikasi yang diperoleh saat dibangku kuliah dengan kenyataan yang dijumpai dilapangan.

3. Sebagai suatu media didalam mengoreksi hal-hal yang tidak diperoleh dibangku kuliah,sehingga menjadi atau memberikan nilai tambah bagi mahasiswa dalam proses perkuliahan.

4. Sebagai wadah untuk mengetahui kinerja dunia kerja pertambangan khususnya di bidang eksplorasi serta memperoleh pangelaman kerja khususnya pada perusahan profesional.

C. NAMA KEGIATAN

Kegiatan yang akan dilaksanakan ini berupa KERJA PRAKTEK pada PT.Kalrez petroleum seram limited yang diharapkan berhubungan dengan disiplin ilmu Pertambangan khususnya di bidang eksplorasi.D. SASARAN

Sasaran yang diharapkan dapat tercapai adalah :

1. Terbentuknya suatu pola pikir yang semakin maju.

2. Menjadikan alumni Kerja Praktek (KP) yang lebih mapan dan siap menghadapi persaingan dunia kerja.

3. Terciptanya suatu kerjasama yang baik antara pihak perusahaan, lingkungan pendidikan, dan masyarakat umum.

E. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

}Adapun waktu dimulainya dan lamanya Kerja Praktek (KP) ini tergantung kepada kewenangan pihak perusahaan (PT. Kalrez petroleum). Namun kami mengharapkan pelaksanaan kegiatan ini dimulai pada interval waktu bulan Juli september 2013, mengingat batas studi kami yang sudah dekat. Mengenai tempat pelaksanaan Kerja Praktek (KP) ini adalah di Penambangan minyak PT. Kalrez petroleum seram limited, Kecamatan bula Kabupaten seram bagian timur.F. RENCANA KEGIATANBerikut ini rencana kegiatan yang kami usulkan dalam pelaksanaan Kerja Praktek di PT. KALREZ PETROLEUM SERAM LIMITEDKegiatanMinggu ke-

12345678

1.Pengenalan Perusahaan

2.Pengenalan proses

3.Pengenalan Utilities pabrik

4.Peralatan utama, Alat kontrol serta pemeliharaannya

5.Pengumpulan data

6.Pembuatan laporan

G. PESERTA

Peserta Kerja Praktek (KP) yang direncanakan ini terdiri dari satu (1) orang mahasiswa Jurusan Teknik Pertambangan Program studi Eksplorasi Fakultas Teknologi Industri, yakni :

1. Nama

: Ahmad sandro garnukNIM : 093 21 000 53H. LANDASAN TEORI di perut bumi, minyak yang dihasilkan akan semakin banyak. Pada saat batuan lumpur mendidih, minyak yang dikeluarkan berupa minyak cair yang bersifat encer, dan saat suhunya sangat tinggi akan dihasilkan gas alam. Gas alam ini sebagian besar berupa metana.

Sementara itu, saat lempeng kulit bumi bergerak, minyak yang terbentuk di berbagai tempat akan bergerak. Minyak bumi yang terbentuk akan terkumpul dalam pori-pori batu pasir atau batu kapur. Oleh karena adanya gaya kapiler dan tekanan di perut bumi lebih besar dibandingkan dengan tekanan di permukaan bumi, minyak bumi akan bergerak ke atas. Apabila gerak ke atas minyak bumi ini terhalang oleh batuan yang kedap cairan atau batuan tidak berpori, minyak akan terperangkap dalam batuan tersebut. Oleh karena itu, minyak bumi juga disebut petroleum. Petroleum berasal dari bahasa Latin, petrus artinya batu dan oleum yang artinya minyak.

Daerah di dalam lapisan tanah yang kedap air tempat terkumpulnya minyak bumi disebut cekungan atau antiklinal. Lapisan paling bawah dari cekungan ini berupa air tawar atau air asin, sedangkan lapisan di atasnya berupa minyak bumi bercampur gas alam. Gas alam berada di lapisan atas minyak bumi karena massa jenisnya lebih ringan daripada massa jenis minyak bumi. Apabila akumulasi minyak bumi di suatu cekungan cukup banyak dan secara komersial menguntungkan, minyak bumi tersebut diambil dengan cara pengeboran. Minyak bumi diambil dari sumur minyak yang ada di pertambangan-pertambangan minyak. Lokasi-lokasi sumur-sumur minyak diperoleh setelah melalui proses studi geologi analisis sedimen karakter dan struktur sumber.

Berikut adalah langkah-langkah proses pembentukan minyak bumi beserta gamar ilustrasi:

1. Ganggang hidup di danau tawar (juga di laut). Mengumpulkan energi dari matahari dengan fotosintesis.

2. Setelah ganggang-ganggang ini mati, maka akan terendapkan di dasar cekungan sedimen dan membentuk batuan induk (source rock). Batuan induk adalah batuan yang mengandung karbon (High Total Organic Carbon). Batuan ini bisa batuan hasil pengendapan di danau, di delta, maupun di dasar laut. Proses pembentukan karbon dari ganggang menjadi batuan induk ini sangat spesifik. Itulah sebabnya tidak semua cekungan sedimen akan mengandung minyak atau gas bumi. Jika karbon ini teroksidasi maka akan terurai dan bahkan menjadi rantai karbon yang tidak mungkin dimasak.

3. Batuan induk akan terkubur di bawah batuan-batuan lainnya yang berlangsung selama jutaan tahun. Proses pengendapan ini berlangsung terus menerus. Salah satu batuan yang menimbun batuan induk adalah batuan reservoir atau batuan sarang. Batuan sarang adalah batu pasir, batu gamping, atau batuan vulkanik yang tertimbun dan terdapat ruang berpori-pori di dalamnya. Jika daerah ini terus tenggelam dan terus ditumpuki oleh batuan-batuan lain di atasnya, maka batuan yang mengandung karbon ini akan terpanaskan. Semakin kedalam atau masuk amblas ke bumi, maka suhunya akan bertambah. Minyak terbentuk pada suhu antara 50 sampai 180 derajat Celsius. Tetapi puncak atau kematangan terbagus akan tercapai bila suhunya mencapat 100 derajat Celsius. Ketika suhu terus bertambah karena cekungan itu semakin turun dalam yang juga diikuti penambahan batuan penimbun, maka suhu tinggi ini akan memasak karbon yang ada menjadi gas.

4. Karbon terkena panas dan bereaksi dengan hidrogen membentuk hidrokarbon. Minyak yang dihasilkan oleh batuan induk yang telah matang ini berupa minyak mentah. Walaupun berupa cairan, ciri fisik minyak bumi mentah berbeda dengan air. Salah satunya yang terpenting adalah berat jenis dan kekentalan. Kekentalan minyak bumi mentah lebih tinggi dari air, namun berat jenis minyak bumi mentah lebih kecil dari air. Minyak bumi yang memiliki berat jenis lebih rendah dari air cenderung akan pergi ke atas. Ketika minyak tertahan oleh sebuah bentuk batuan yang menyerupai mangkok terbalik, maka minyak ini akan tertangkap dan siap ditambang.

I. PENUTUPDemikianlah proposal ini disusun sebagai salah satu kerangka acuan dalam proses pertimbangan bagi pihak Human Resources Development (HROD) PT. Kalrez petroleum seram limited atas kebijakan terhadap rencana kami melakukan kegiatan Kerja Praktek.

Besar harapan kami proposal ini dapat disambut dengan senang hati, sehingga pengetahuan mahasiswa terhadap dunia kerja lebih terbuka yang signifikan pada perkembangan sumberdaya manusia. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

PAGE 11Ahmad Sandro Garnuk/ 093 210 0053Jurusan Teknik Pertambangan

Universitas Muslim Indonesia