Konten sebagai Penggerak Broadband - web.  · cloud computing, layanan aplikasi informatika

download Konten sebagai Penggerak Broadband - web.   · cloud computing, layanan aplikasi informatika

of 12

  • date post

    17-Mar-2019
  • Category

    Documents

  • view

    212
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Konten sebagai Penggerak Broadband - web.  · cloud computing, layanan aplikasi informatika

Broadband Economy

Konten sebagai Penggerak Broadband

Broadband Economy

Merupakan dampak pemanfaatan broadband terhadap ekonomi.

Pengantar

Kegiatan broadband Economy ini, kita semua dapat mendapat gambaran-gambaran baru sejauh mana ICT mampu mendukung atau men-drive economymelalui kemampuan aplikasi informatika termasuk konten.

Jadi istilah mana yang tepat apakah istilah konten atau aplikasi informatika,sebenarnya aplikasi informatika di dalamnya termasuk konten.

Bidang komunikasi dan aplikasi informatika saat ini menjadi daya tarik untuk selaludalam pembahasan-pembahasan.

Bidang aplikasi informatika dalam beberapa tahun terakhir ini menjadi topikdiskusi-diskusi, misalnya kemajuan layanan komunikasi dan informatika seperticloud computing, layanan aplikasi informatika Over The Top (OTT), layanan e-Commerce dan media pembayaran melalui elektronis, Internet dan aplikasi mobileserta pola-pola investasinya.

Semua itu menunjukkan bagaimana sangat antusias masyarakat dan komunitasdalam keinginannya untuk mempersiapkan dan melakukan positioning industrikomunikasi dan informatika masa depan.

Sekarang, bagaimana masyarakat Indonesia dan khususnya kalangan expert dibidang komunikasi dan informatika beserta stakeholder terkait dapatmemanfaatkan kesempatan tumbuhnya industri komunikasi dan informatika

Rantai Transformasi Realspace ke Cyberspace

4

Cyber Space Real Space

Internet Sehat dan Aman

DuniaMaya yang

semakinmembesar

Memfasilitasiterbentuknyajejaring danekosistemcyberspace yang konstruktif danproduktif

Mendorongtransformasi dari Real space ke Cyberspace

1

2

3

4

Membawa added value dalam

dunia nyata dan semakin

membesar

5

Peningkatankualitashidup

masyarakatdan bangsa

Aplikasi Informatika (Konten)

Penggerak Broadband

Aplikasi Informatika (Konten)

Inovasi

Ekosistem

PerdaganganPasar

KomunikasiPercakapan

BeritaPelajaranIdentitas

KeamananHukum

General Content : Online News, Yahoo,

Google, dll

Keamanan Informasi dan Konten Positif

LayananPlatform:

VPN, Blackberry,

CloudLayanan Content

Informatika : E-Commerce,

REAL WORLD APLICATION WORLD

APLIKASI INFORMATIKA

KEBUTUHAN JARINGAN KONEKTIFITAS DAN

BROADBAND

OPTIMALISASI SPEKTRUM

FREKUENSI RADIO

Peningkatan

Penurunan

Saling TERKAIT satu dengan lainnya

Pemanfaatan/ Peningkatan Nilai Bersama

Sebagai gambaran perkembangan e-COMMERCEdi indonesia dan bagaimana kebutuhan layananbrodband dan mobile semakin dibutuhkan.

gambaran satu sisi perkembangan komunikasi daninformatika di masyarakat yang ini semuadipengaruhi oleh dan memberikan kontribusi yangsignifikan terhadap industry penyelenggaraantelekomunikasi dan aplikasi informatika, yaitupemanfaatan ICT untuk perdagangan secaraelektronik atau e-Commerce di Indonesia.

Hasil Survey Proliferasi e-Business 2012 Perkembangan perdagangan secara elektronik atau e-Commerce tumbuh

signifikan. Pengunjung atau pembeli dan pelaku e-Commerce semakin bertambahdengan diikuti semakin meningkatnya jumlah dan nilai transaksi.

Keberadaan UU ITE dinilai melindungi e-Commerce, hal ini digambarkan dariresponse di mana 79% setuju dan 19% sangat setuju bahwa UU ITE mampumelindungi atau memberi kepastian hukum dalam pelaksanaan transaksi secara e-Commerce.

Sarana komunikasi pembeli yang digunakan dalam bertransaksi e-Commerce jugasemakin beragam, yaitu melalui 31% SMS, 28% perangkat proprietary sepertiBlackberry, 28% Chatting non proprietary dan 12% email. Di sini terlihat perankonektifitas menjadi semakin besar melalui perangkat CPE mobile.

Dari sisi pembayaran bertransaksi pembeli yang langsung menggunakankonektifitas pelanggan juga mengalami perkembangan dari sisi perangkat ataumedia yang digunakan untuk membayar, yaitu : 55% online internet, 43% onlinedengan mobile web, 2% melalui mobile application. Jadi perangkat mobilemenempati 45% dalam bertransaksi secara elektronis dari konektifitas pelanggan.Untuk kalangan pembeli yang bersifat korporat lebih banyak yang menggunakanmobile application sampai 20%.

Hasil Survey, Cont

Sejauh mana peningkatan pendapatan setelah menggunakan e-Commerce, dapat digambarkan sekitar 36% pelaku e-Commerce memilikipeningkatan pendapatan antara 26-50%, 16% pelaku e-Commercememiliki peningkatan pendapatan antara 51-75%. Hal ini memberikangambaran bahwa e-Commerce memiliki dampak positif langsung terhadappendapatan dari pelakunya.

Kekuatan nilai transaksi e-Commerce nasional senilai Rp 63 trilyun ditahun 2011 dan meningkat signifikan di tahun 2012 ini yaitu dengan nilaisekitar Rp 120 Trilyun yang merupakan 1,6% dari perkiraan nilai PDBnasional 2012 sekitar RP 3.800 Trilyun.

Potensi pemanfataan e-Commerce berikutnya adalah dilihat dari potensinilai ekonomi arus ekspor dan impor, di tahun 2012 import dari luar negerike Indonesia sekitar USD 186 milyar atau berkisar Rp 1.767 Trilyun rupiah,sedangkan potensi ekspor USD 189 milyar atau berkisar Rp 1.795 Trilyunrupiah.

PP 82 Tahun 2012 tentang PenyelenggaraanSistem dan Transaksi Elektronik (PSTE)

Untuk mendukung kegiatan masyarakat berbasis aplikasi infrmatika dankonten, kepercayaan (Trust) dalam bertransaksi elektronik sangatdibutuhkan pemanfaatan tanda tangan elektronik (digital signature)dan kebenaran sistem yang ditampilkan melalui sertifikat keandalan atautrustmark.

Perlindungan teknologi informasi terhadap pemanfaatan danmuatan/konten yang tidak baik atau negatif.

Pengaturan terkait pengakuan atau acknowledgment dari Hak KekayaanInterlektual atau Karya Cipta lainnya berikut dilarangnya melakukankegiatan yang bersifat illegal terhadap HKI baik mentranfer karya HKIsecara illegal maupun menyedian perangkat dan sistemnya yangmemungkinkan pihak-pihak lain dapat melakuan transfer karya HKI secaraillegal.

Pengaturan nama domain yang memberikan fasilitasi pemanfaatanteknologi informasi secara tepat dan sesuai dengan peraturan.

Penutup

Seluruh stakeholder dapat salingberkolaborasi, dan menciptakan ekosistem serta menumbuhkembangkan inovasi untuk menciptakan aplikasi informastika yang tepat

Aplikasi Informatika yang membidangi sub sistem pendukung kegiatan ekonomi seperti sistem logistik, sistem supply chain, dan sistem lainnya perlu dikembangkan secara seksama dengan strategi pelaksanaan yang mumpuni dan cermat