Konsep JarKom

download Konsep JarKom

of 16

  • date post

    07-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    37
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Konsep JarKom

Konsep Jaringan KomputerErik Iman Heri Ujianto Sarjana Teknik (S.T.) Magister Komputer (M.Kom.) Cisco Certified Network Associated (CCNA)

Dasar Jaringan Komputer

Awalnya networking atau jaringan komputer adalah sambungan komputer ke komputer dalam bentuk topologi bus. Sambungan jaringan komputer di PC ditemukan oleh Dr.Robert M.Metcalfe pada tahun 1976, diberi nama Ethernet

2/24/2009

www.erikiman.com

2

Tipe Jaringan KomputerAda 2 (dua) tipe utama jaringan komputer, yaitu : Peer to Peer (Workgroup) : setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server. Server di jaringan tipe peer to peer disebut non-dedicated server, karena server tidak berperan sebagai server murni, tetapi sekaligus dapat berperan sebagai workstation. Client - Server (Domain) : Hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai workstation. Server dijaringan tipe client-server disebut dengan Dedicated Server dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation. Server hanya bertugas melayani komputerkomputer lain (client).

2/24/2009

www.erikiman.com

3

PeertoPeer(Workgroup)Pada jaringan tipe ini semua komputer berkedudukan sama, dapat bertindak sebagai sebuah PC client (information requestor) maupun PC server (information provider).

Peer to Peer (2 PC)

Peer to Peer (memakai HUB)2/24/2009 www.erikiman.com 4

PeertoPeer(Keunggulan)Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang dimilikinya seperti: harddisk, drive, fax/modem, printer. Biaya operasional relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe jaringan client-server, salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan. Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server. Sehingga bila salah satu komputer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.

2/24/2009

www.erikiman.com

5

PeertoPeer(Kelemahan)Troubleshooting jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan tipe peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada. Di jaringan client-server, komunikasi adalah antara server dengan workstation. Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan clientserver, karena setiap komputer/peer disamping harus mengelola pemakaian fasilitas jaringan juga harus mengelola pekerjaan atau aplikasi sendiri. Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur keamanan masing-masing fasilitas yang dimiliki. Karena data jaringan tersebar di masing-masing komputer dalam jaringan, maka backup harus dilakukan oleh masing-masing komputer tersebut.

2/24/2009

www.erikiman.com

6

Client Server(Domain)Pada jaringan tipe ini terdapat sebuah PC server yang berfungsi untuk mengatur, dan membagikan informasi kesetiap PC client yang terhubung dengannya. Server (pelayan) menyediakan sarana untuk client (pemakai jasa) untuk mengambil data, sharing perangkat keras dan mengkonfigurasi security pada suatu jaringan.

2/24/2009

www.erikiman.com

7

Client Server(Kunggulan )Kecepatan karena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation. Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat seorang pemakai yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan. Sistem backup data lebih baik, karena pada jaringan client-server backup dilakukan terpusat di server, yang akan membackup seluruh data yang digunakan di dalam jaringan.

2/24/2009

www.erikiman.com

8

Client Server(Kelemahan )Biaya operasional relatif lebih mahal. Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server. Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu.

2/24/2009

www.erikiman.com

9

Konsep Protokol (ProtocolConcept)Agar satu komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lain, maka kedua komputer tersebut memerlukan kesepakatan tentang tata cara berkomunikasi. Tata cara atau aturan komunikasi ini yang disebut dengan protokol. Protokol : suatu himpunan aturan yang mengatur komunikasi data dalam jaringan komputer. Protokol mendefinisikan apa yang dikomunikasikan, bagaimana, dan kapan terjadinya komunikasi.

Elemen-elemennya:Syntax : segala sesuatu yang berkaitan dengan format data & level-level sinyal Semantics : informasi kontrol untuk koordinasi & pengendalian kesalahan Timing : kesesuaian urutan & kecepatan.

2/24/2009

www.erikiman.com

10

Posisi protokol dalam jaringan komputer :

2/24/2009

www.erikiman.com

11

Protokol Standar (StandardProtocol)Protokol standar diperlukan : Untuk menjamin peralatan dalam jaringan dapat berkomunikasi satu dengan yang lain. Karena banyaknya vendor, dengan berbagai macam produknya yang mempunyai spesifikasi tersendiri.

2/24/2009

www.erikiman.com

12

Protokol di Jaringan (TCP/IP)TCP/IP (Transmission Control Protocol /Internet Protocol), menggunakan aturan penamaan dengan beberapa angka numerik yang dipisahkan dengan titik (dot decimal). TCP/IP merupakan protokol jaringan yang paling banyak digunakan, karena didorong dari kenyataan bahwa Internet menggunakan protokol TCP/IP.

2/24/2009

www.erikiman.com

13

Protokol di Jaringan (NetBEUI)NetBEUI (NetBIOS Extended User Interface) menggunakan aturan penamaan dengan 16 karakter, dimana 15 karakter untuk nama dan 1 karakter untuk tipe dari entity. NetBEUI tidak memiliki kemampuan routing, sehingga jaringan dengan NetBEUI bersifat lokal, atau tidak bisa menghubungkan 2 jaringan NetBEUI.

2/24/2009

www.erikiman.com

14

Protokol di Jaringan (IPX/SPX)IPX/SPX (Internet/Sequence Packet eXchange), merupakan pengembangan dari NetBEUI dengan penambahan kemampuan routing dan remote console.

2/24/2009

www.erikiman.com

15

Berlanjut .