Konsep dzikir dan tafakkur

download Konsep dzikir dan tafakkur

of 32

  • date post

    22-Jul-2015
  • Category

    Sports

  • view

    407
  • download

    7

Embed Size (px)

Transcript of Konsep dzikir dan tafakkur

PowerPoint Presentation

MATA KULIAH : IBADAH DAN AKHLAKDOSEN : MOCH. TAUFIQ RIDHO, M.Pd

KONSEP DZIKIR DAN TAFAKKUR DALAM KEHIDUPAN SPIRITUAL

KELOMPOK 3

M. MACHFUDZ SAIDI (13513182) DARA ERVINDA (13513167)BAIQ RAUDATUL JANNAH (13513190)

Allah SWT menciptakan manusia dan jin melainkan untuk beribadah kepada-Nya,Dzikir dan Tafakur adalah bagian dari peibadatan kepada Allah SWT, Allah menganjurkan supaya manusia berdzikir kepada Allah serta tafakur atas segala ciptaan-Nya. Nabi Muhammad SAW mengajak kepada manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, karena sesungguhnya Allah SWT sangat dekat kepada manusia (Q.S. Qaaf : 16, Q.S. Al-Baqarah : 186)Latar Belakang

4 Mengapa di perintahkan untuk berdzikir dan tafakkur.Bagaimana memahami dan mengimplementasikan pentingnya dzikir dan tafakkur.Bagaimana manfaat dan hikmah dari implementasi dzikir dan tafakkur.Bagaimana hubungan antara dzikir dan tafakkur

Rumusan MasalahMenjelaskan apa itu dzikir dan tafakur.Memahami dan mengamalkan peranan dzikir dan tafakur.Menjelaskan manfaat dan hikmah dzikir dan tafakur.Membedakan antara dzikir dan tafakkur yang saling berhubungan.

Tujuan

Pengertian Dzikir

Kata dzikir pada mulanya digunakan oleh penguna bahasa Arab yang memiliki arti sinonim ingat (bahasa Indonesia) atau mengucapkan dengan lidah/menyebut sesuatu hingga berkembang artinya menjadi mengingat.

PENGERTIAN DZIKIR DAN TAFAKKUR1. DZIKIR BIL LISANadalah dzikir dengan lidah saja (Bil lisan)

"Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. "(QS. Annisa : 103).

Jenis Dzikir

CARA DZIKIR BIL LISAN

Sirr : berdzikir dengan suara perlahan sekiranya hanya terdengar oleh telinga orang yang berdzikir, orang taswauf menamakan dzikir ini adalah "Azzikru Bissirry" yang merupakan cara berdzikir yang paling Afdhol.

Jahr : berdzikir dengan suara keras sekira terdengar telinga orang yang berdzikir dan orang yang didekatnya Adalah kesadaran dalam hati (Bil Qalbi) tentang kehadiranAllah dimana pun dan kapan pun.

DZIKIR BIL QALBI

Dalam QS. Al-anam :121, Allah berfirman :

Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. Sesungguhnya syaitan itu membisikkan kepada kawan-kawannya agar mereka membantah kamu; dan jika kamu menuruti mereka, sesungguhnya kamu tentulah menjadi orang-orang yang musyrik.

Dzikir billisan dengan suara jahar kelebihannya disamping berzikir secara tidak langsung dapat mengajarkan orang yang disekitarnya untuk mengikuti zikirannya seperti dzikir sesudah shalat Fardhu yang dipandu oleh imam.

Sabda Nabi : "Siapa yang mengajarkan / menunjukkan seseorang dalam kebaikan pahalanya sama dengan orang yang mengarjakannya".

Akan tetapi kekurangannya dekat kemungkinan menjadikan orang yang berdzikir menjadi Riya ( rasa ingin dipuji) dan Ujub (merasa dirinya lebih dari orang lain).

KEUTAMAAN DZIKIR BIL LISAN DAN BIL QALBIBerdzikir kepada Allah sebanyak-banyaknyaBerdzikir kepada Allah dimana saja kita berada, kecuali pada tempat pada larangan dalam berdzikirBerdzikir itu bukan dengan lidah saja akan tetapi harus diiringi dengan amal perbuatan.

CARA BERDZIKIRBerzikir pada tempat yang bernajisWanita yang sedang Haidh atau orang yang sedang junub (hadats besar) dilarang membaca sesuatu yang diambil dari Al Quran, seperti Basmalah atau Innalillahi wainna ilahi raajiun dengan maksud membaca Al Quran.Orang yang sedang menjalankankan maksiat kepada Allah.

LARANGAN DALAM BERDZIKIR JANJI ALLAH UNTUK ORANG YANG BERDZIKIR :

Allah akan selalu ingat kepadanyaAllah akan menyediakan tempat yang terpuji di Surga.

BAHAYA JIKA TIDAK BERDZIKIR :

Hidup dan kehidupannya berada dalam kesempitanDi hari kiamat dibangkitkan dalam keadaan butaMereka mudah terjerumus ke jurang kehancuranMereka gampang tergoda oleh keindahan dunia/hanyut dengan Murah-Nya dan lupa dengan kasih sayang-Nya.

MENURUT IMAM AL GHAZALI,UNTUK MANFAAT DI DUNIADia akan disebut sebut/ diingat, dipuji dan dicintai Allah.Allah menjadi wakilnya dalam menyelesaikan urusannya.Allah akan menjadi teman yang menghiburnya.Memiliki harga diri sehingga tidak meras butuh kepada siapapun selain Allah.Memiliki semangat yang kuat, kaya hati, dan lapang dada.Memiliki cahaya kalbu yang menerangi dalam meraih pengetahuan dan hikmah..Meraih Mawaddah/kecintaan pihak lain.Keberkahan dalam jiwa, ucapan, perbuatan, pakaian, bahkan tempat melangkah dan duduk.Doanya dikabulkan2. UNTUK MANFAAT DI AKHIRATKemudahan menghadapi sakaratul maut.Pemantapan dalam marifat dan iman.Penenangan malaikat saat menghadapi kematian, tanpa rasa takut dan sedih.Rasa aman menghadapi pertanyaan malaikat di alam kubur.Pelapangan kubur.Kemudahan dalam hisab/perhitungan.Berat/berbobotnya timbangan amal.Kekekalan di Surga.Meraih ridho Allah.Memendang wajah Allah secara langsung.

Manfaat BerdzikirFirman Allah SWT, "Dan orang -orang lelaki yang banyak menyebut (mengingati) Allah dan orang-orang perempuan yang banyak menyebut Allah, maka Allah telah menyediakan untuk mereka keampunan dan ganjaran pahala yang besar." (al-Ahzab: 35)

Dari Rasulullah s.a.w.,"Sesiapa yang mengucapkan'Subhanallah Hil'azimi Wabihamdih' maka akan ditanamkan untuknya sepohon pokok tamar di dalam syurga." (H.R Muslim)

Pemahaman mengenai Dzikir tersebut bisa menjadi renungan/tafakkur untuk diamalkan secara istiqomah.

Hikmah Berdzikir

Definisi Tafakkur

Secara etimologi tafakkur berasal dari bahasa arab, yaitu dari kata : , , Yang berarti :"Memikirkan Perkara" Tafakur (Bentuk kata benda verbal yang berasal dari kata kerja tafakkara yang artinya "Mempertimbangkan, memikirkan").

DR. Mustafa Zahri, mengatakan tentang arti Berfikir/ Tafakkura. Arti pikir.b. Arti Tafakkur/ berfikirTafakkur Dalam KBBI, pengertian tafakur, adalah :1. Renungan, perenungan2. Perihal merenung, memikirkan atau menimbang-nimbang dengan sungguh3. Mengheningkan cipta

Secara terminologi, menurut beberapa Ulama:

Al-Uwani, Jabir, Thaha Al-Imam Abu Hamid Al-Ghazaly Agus Sujanto

1.Tafakkur Menurut Al QuranQ.S. Ali-Imran: 190-191

Macam-macam Tafakur Menurut Al-Quran , Al-Hadits dan Ulama

Selain memerintahkan tafakkur, merenungkan kehidupan dunia ini, Allah juga memerintahkan mereka mentafakuri kehidupan akhirat yang diterangkan dalam surat Al-Baqarah ayat 25

Disamping itu, Allah SWT pun memerintahkan manusia untuk mentafakkuri akan nikmat-Nya berupa karya cipta yang dihasilkan oleh para ilmuwan. Karena Allah SWT, yang telah memberi ilmu kepada mereka untuk kepentingan hidup dan kehidupan manusia. Sebagaimana dalam firman-Nya dalam surat Al-Baqarah ayat 164

2. Tafakur Menurut Al- HaditsRasulullah SAW bersabda :

Artinya :"Berfikir sesaat lebih baik daripada beribadah setahun". (H.R. Ibnu Hibban dari Abu Hurairah)

Tetapi, Rasulullah SAW menyuruh kepada kita semua untuk bertafakkur kepada ciptaan-ciptaan Allah SWT dan melarang untuk bertafakkur tentang dzat-Nya. Rasulullah SAW bersabda :

Artinya :"Berfikirlah tentang mahluk Allah dan janganlah kamu berfikir tentang Allah, sesungguhnya kamu tidak akan mengagungkan kedudukannya".

3. Tafakur Menurut Ulama

Perbuatan akal yang dinamakan berfikir itu tiada lain merupakan perbuatan yang berhubungan dengan zat yang memberi berfikir (Allah) .hal ini tidak mungkin proses berfikir terpisahkan dengan zat yang memberi berfikir.

Berfikir merupakan karakteristik manusia tidak ada satu mahlukpun yang berserikat dengannya. Tidak ada pula istilah berfikir kecuali untuk proses perbuatan akal yang dilakukan oleh manusia. Adapun hewan, walaupun dalam bentuk-bentuk pernyataan yang menyerupai proses berfikir, melainkan hanya proses insting semata

Korelasi antara Dzikir dan Tafakkurkeuntungan lebih unggul pada tafakkur bahwa tafakur itu lebih baik dari pada dzikir dan tadzakur. Karena berfikir adalah dzikir dan tambahan. Dan dzikir itu lebih baik dari pada amal perbuatan anggota badan. Bahkan mulianya amal itu karena ada dzikir padanya. Jadi, tafakkur itu lebih utama dari pada sejumlah amal-amal perbuatan.Dari penjelasan para ulama diatas ,kita dapat mengambil kesimpulanbahwa tafakkur yang dilakukan oleh akal manusia dapat mewujudkan ilmu dengan kata lain tafakkur adalah ilmu pengetahuan berdasarkan proses pemikiran dari zat pemberi fikiran.

HUBUNGAN ANTARA DZIKIR DAN TAFAKKUR DALAM KEHIDUPAN SPIRITUALPerbuatan-perbuatan utama yang layak di aplikasikan dalam kehidupan spiritual ada empat dalam menjaga amalan berdzikir/tadzakkur dan bertafakkur kepada Allah berdasarkan korelasinya, yaitu :

1. Hikmah, tiangnya adalah pikiran.2. Iffah (Menjaga diri dari dosa-dosa), tiangnya adalah pada nafsu syahwat.3. Kekuatan, tiang adalah pada kemarahan.4. Adil, tiangnya adalah pada kelurusan dan kekuatan diri dari Allah SWT.

Amalan dari Relasi antara Dzikir dan TafakkurDzikir adalah mengingat yang terkhususkan untuk sering menyebut untuk mengingat Allah (dzikrullah). yang dilakukan Bil lisan atau Bil qalbi yangdisertai bacaan Tasbih, Tahmid, Tahlil, Takbir, Hauqolah, dll. Dan Tafakkur adalah kegiatan berfikir/renungan yang menciptakan hubungan-hubungan antara satu kesan dengan kesan yang lain yang telah ada dalam jiwa, atau antara kesan-kesan tersebut dengan unsur-unsur lain di luarnya, sehingga menghasilkan pengertian, pendapat dan kesimpulan. Peran dzikir dan tafakkur yaitu Allah akan selalu ingat kepadanya sebagai balasan dan akan menyedi