konkeb paradigma

download konkeb paradigma

of 17

  • date post

    24-Jun-2015
  • Category

    Documents

  • view

    238
  • download

    19

Embed Size (px)

Transcript of konkeb paradigma

Paradigma Kebidanan

WHAT IS PARADIGMA???

Paradigma Kebidanan

Pengertian

Paradigma berasal dari bahasa Latin / Yunani, paradigma yang berarti model/pola. Paradigma juga berarti pandangan hidup, pandangan suatu disiplin ilmu / profesi paradigma Paradigma adalah kerangka berfikir. (Menurut kamus besar bahasa Indonesia edisi ke-3) Paradigma kebidanan adalah suatu cara pandang bidan dalam memberi pelayanan. Keberhasilan bidan dalam bekerja/memberikan pelayanan berpegang pada paradigma, berupa pandangan terhadap manusia/perempuan, lingkungan, perilaku, pelayanan kesehatan dan cara pandang bidan atauhubungan timbal balik antara manusia, lingkungan, perilaku, pelayanan kebidanan dan keturunan.

Paradigma Kebidanan

Komponen Paradigma Kebidanan1) 2) 3) 4) 5)

Manusia/Wanita Lingkungan Perilaku Pelayanan Kebidanan Keturunan

Paradigma Kebidanan

Manusia/WanitaWanita/manusia adalah makhluk biopsikososial kultural dan spiritual yang utuh dan unik, mempunyai kebutuhan dasar yang bermacammacam sesuai dengan tingkat perkembangannya. Wanita/ibu adalah penerus generasi keluarga dan bangsa sehingga keberadaan wanita yang sehat jasmani dan rohani serta sosial yang sangat diperlukan.

Paradigma Kebidanan

Wanita/ibu adalah pertama dan utama dalam keluarga. Kualitas manusia sangat ditentukan oleh keberadaan wanita yang sehat jasmani dan rohani serta sosial yang sangat diperlukan. Wanita/ibu adalah pendidik pertama dan utama dalam keluarga kualitas manusia sangat ditentukan oleh keberadaan / kondisi dari wanita/ibu dalam keluarga. Para wanita di masyarakat adalah penggerak dan pelopor dari peningakatan kesejahteraan keluarga

Paradigma Kebidanan

LingkunganLingkungan merupakan semua yang ada di lingkungan dan terlibat dalam interaksi individu pada waktu melaksanakan aktivitasnya. Lingkungan tersebut meliputi : Lingkungan fisik Lingkungan psikososial, Lingkungan biologis Lingkungan budaya. Lingkungan psikososial meliputi keluarga, komuniti dan masyarakat. Masyarakat merupakan kelompok yang paling penting dan kompleks yang telah dibentuk oleh manusia sebagai lingkungan sosial. Masyarakat adalah lingkungan pergaulan hidup manusia yang terdiri dari individu, keluarga, kelompok dan komuniti yang mempunyai tujuan atau sistem nilai, ibu/wanita merupakan bagian dari anggota keluarga dan unit komuniti.

Paradigma Kebidanan

Perilaku

Perilaku merupakan hasil dari berbagai pengalaman serta interaksi manusia dengan lingkungannya, yang terwujud dalam bentuk pengetahuan sikap dan tindakan. perilaku manusia bersifat holistik (menyeluruh).

Adapun perilaku profesional dari bidan mencakup :1. 2. 3. 4. 5. 6.

Paradigma Kebidanan

Dalam melaksanakan tugasnya berbegang teguh pada filosofi etika profesi dan aspek legal Bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan keputusan klinis yang dibuatnya. mengikuti perkembangan pengetahuan dan keterampilan mutahir secara berkala. Mengunakan cara pencegahan universal untuk mencegah penularan penyakit dan strategi pengendalikan infeksi. Menggunakan konsultasi dan rujukan yang tepat selama memberikan asuhan kebidanan. Menghargai dan memanfaatkan budaya setempat sehubunganan dengan praktek kesehatan, kehamilan, kelahiran, priode pasca persalinan, bayi baru lahir dan anak.

Paradigma Kebidanan

7)

8) 9) 10)

Menggunakan model kemitraan dalam bekerjasama dengan kaum wanita / ibu agar mereka dapat menentukan pilihan yang telah diinformasikan tentang semua aspek asuhan, meminta persetujuan secara tertulis supaya mereka bertanggung jawab atas kesehatannya sendiri. Menggunakan keterampilan komunikasi Bekerja sama dengan petugas kesehatan lain untuk meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan keluarga Melakukan advokasi terhadap pilihan ibu dalam tatanan pelayanan. perilaku ibu selama kehamilan akan mempengaruhi kehamilannya, perilaku ibu dalam mencari penolong persalinan akan mempengaruhui kesejahteraan ibu dan janin yang dilahirkannya, demikian pula perilaku ibu pada masa nifas akan mempengaruhui kesehatan ibu dan bayinya. dengan demikian perilaku ibu dapat mempengaruhi kesejahteraan ibu dan janinya.

Paradigma Kebidanan

Pelayanan Kebidanan

Pelayanan kebidanan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan, yang diarahkan untuk mewujudkan kesehatan keluarga dalam rangka tercapainya keluarga yang berkualitas. Pelayanan kebidanan merupakan layanan yang berikan oleh bidan sesuai dengan kewenangan yang diberikannya dengan maksud meningkatkan kesehatan ibu dan anak dalam ragka tercapainya keluarga berkwalitas, bahagia dan sejahtera

Paradigma Kebidanan

SASARAN PELAYANAN KEBIDANAN

sasaran pelayanan kebidanan adalah : individu, keluarga dan masyarakat yang meliputi upaya :a) b) c) d)

Promotif (peningkatan) Preventif (pencegahan) Kuratif(penyembuhan) Rehabilitatif(pemulihan)

Paradigma Kebidanan

LAYANAN KEBIDANAN

Layanan kebidanan dapat dibedakan menjadi :1) 2) 3)

Layanan kebidanan primer Layanan kebidanan kolaborasi Layanan kebidanan rujukan

Paradigma Kebidanan

KETURUNAN

Kualitas manusia diantaranya dtentukan oleh keturunan. Manusia yang sehat dilahirkan oleh ibu yang sehat. hal ini menyangkut penyiapan wanita sebelum perkawinan, sebelum kehamilan (prakonsepsi) masa kehamilan, masa kelahiran dan masa nifas. Walaupun kehamilan, kelahiran dan nifas adalah proses fisiologis namun bila ditangani secara akurat dan benar, keadaan fisiologis akan menjadi patologis. Hal ini akan berpengaruh pada bayi yang akan dilahirkannya. Layanan praperkawinan, prakehamilan, kehamilan, kelahiran dan nifas adalah sangat penting dan mempunyai keterkaitan satu sama lainyang tak dapat dipisahkan dan semuan ini adalah tugas utama bidan.

Paradigma Kebidanan

Paradigma Kebidanan Dan Asuhan Kebidanan1) 2) 3) 4)

5) 6)

Pandangan tentang kehamilan dan persalinan. Pandangan tentang perempuan Pandangan mengenai fungsi profesi dan pengaruhnya Pandangan tentang pemberdayaan dan membuat keputusan. Pandangan tentang asuhan Pandangan tentang kolaborasi

Paradigma Kebidanan

Manfaat Paradigma Keterkaitan Dengan Pelayanan Kebidanan

Tugas bidan adalah memberi pelayanan/asuhan kebidanan. Pelayanan/asuhan kebidanan berfokus pada ibu dan anak balita. Sesuai dengan kewenangannya, bidan dapat melakukan pelayanan/asuhan pada kasus-kasus patologis.a) b) c) d) e)

Pelayanan yang bermutu Asuhan sesuai kebutuhan Kepuasan klien Peningkatan kepercayaan terhadap pelayanan kesehatan Menurunkan AKI dan AKB