Komponen Komponen CPU

of 31 /31
KOMPONEN- KOMPONEN CPU Oleh : Alda Imanisa Amira Hasanah Dini Andriani Dini Destriana Maulina Tallida Enggar

Embed Size (px)

Transcript of Komponen Komponen CPU

KOMPONEN-KOMPONEN CPU

Motherboard/MainboardPenjelasan : Motherboard (papan induk) adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung yang berupa pcb dan memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.Fungsi : Menghubungkan setiap komponen-komponen tersebut agar dapat berkomunikasi satu sama lain. Atau menghubungkan antara satu perangkat keras dengan perangkat keras lainnya.CPU (CENTRAL PROCESSING UNIT)Adalah perangkat keras(hardware) komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak(software)

Komponen-komponen Pada CPUMotherboardProcessor Hard Disk RAM VGA Sound Card CD-ROM LAN Card FanPower SupplyCasing4. Random Access Memory (RAM)Fungsi :menyimpan berbagai data dan instruksi program. Berbeda dengan tape magnetik atau disk yang mengakses data secara berurutan, isi dari RAM dapat diakses secara random atau tidak mengacu pada pengaturan letak data. Data di dalam RAM bersifat sementara, dengan kata laindata yang tersimpan akan hilang jika komputer dimatikan atau catu daya yang terhubung kepadanya dicabut.

Bagian-bagian pada motherboard

Socket Processor adalah tempat Komponen Motherboard prosesor dipasang. Setiap papan sirkuit utama komputer memiliki jenis soket tersendiri, yang menyebabkan hanya jenis processor tertentu yang bisa diletakkan didalamnya.

Northbridge merupakan sebutan bagi komponen utama yang mengatur lalu lintas data antara prosesor dengan sistem memori dan saluran utama motherboard.

Southbridge adalah komponen pembantu northbridge yang menghubungkan northbridge dengan komponen atau periferal lainnya.

9. FanSebuah kipas komputer kipas yang diadakan di dalam, atau melekat, kasus komputer yang digunakan untuk pendinginan aktif, dan bisa merujuk ke penggemar yang menarik udara dingin ke dalam kasus dari luar, mengusir udara hangat dari dalam, atau memindahkan udara di heat sink untuk mendinginkan komponen tertentu.

10. Power SupplySebuah unit catu daya (PSU) mengkonversi listrik AC ke tegangan rendah daya DC diatur untuk komponen internal komputer. Komputer pribadi modern universal menggunakan power supply beralih-mode. Beberapa pasokan listrik memiliki pemilih manual tegangan input, sementara yang lain secara otomatis beradaptasi dengan tegangan suplai.

11. CasingCasingadalah kotak atau rumah yang berisi komponen-komponen mainboard dan peripheral lainnya. Wadah ini digunakan sebagai tempat melindungi mainboard dan perangkat keras lainnya dari benturan-benturan yang bisa mengakibatkan kerusakan langsung.

BIOS (Basic Input-Ouput System) merupakan program kecil yang dimasukkan ke dalam IC ROM atau Flash yang digunakan untuk menyimpan konfigurasi dari sebuah motherboard.

Baterai CMOS, baterai khusus untuk memberikan daya pada BIOS.

Port SATA, merupakan antarmuka untuk media penyimpanan generasi terbaru. Port SATA bisa digunakan untuk menghubungkan Hard Disk dengan sistem komputer.

Port IDE, merupakan antarmuka media penyimpanan sebelum generasi SATA.

Port Floppy Disk, digunakan untuk menghubungkan media removable atau media penyimpanan yang bisa dicopot yaitu Disket atau Floppy Disk.

Port Power, yaitu port untuk memberikan daya kepada sistem komputer.

Back Panel, merupakan kumpulan port yang biasanya diletakkan di belakang casing atau wadah komputer PC.

Port PS/2 Mouse, untuk menghubungkan mouse dengan komputer.

Port PS/2 Keyboard, untuk memasang keyboard.

Port Paralel, untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan lebar data delapan bit. Biasanya digunakan untuk memasang printer sebelum generasi USB.

Port Serial, digunakan untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan mode transfer data serial. Namun saat ini jarang digunakan.

Port SPDIF, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan periferal audio seperti home theatre.

Port Firewire, untuk menghubungkan peralatan eksternal kecepatan tinggi seperti video capture atau streaming video.

Port USB, digunakan untuk antarmuka dengan periferal atau peralatan eksternal generasi baru yang menggantikan port paralel dan Serial.

Port RJ45, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan LAN.

Port Audio, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan sistem audio seperti speaker, mikrofon, line-in dan line-out.

Tutorial merakit CPU

Source :http://www.bloggergubug.com/2013/04/pengertian-bagian-dan-istilah-pada.html#ixzz3AGXeVaCv

http://meylly93.blogspot.com/2012/05/komponen-bagian-cpu-dan-fungsinya.html

http://flylib.com/books/3/313/1/html/2/images/repairpc_0405.jpg

http://1.bp.blogspot.com/-QYAiMbiXoHY/Tv7EGdlfwZI/AAAAAAAAAFI/EuDrsl8EU5A/s1600/Screenshot-1.png

https://www.google.co.id/

http://www.youtube.com

S E K I A N