KOMPETENSI KEPRIBADIAN KS

download KOMPETENSI KEPRIBADIAN KS

of 22

  • date post

    20-Jun-2015
  • Category

    Documents

  • view

    1.728
  • download

    18

Embed Size (px)

description

Salah satu standar kompetensi kepala sekolah adalah kompetensi kepribadian. Bagaimana seharusnya kepala sekolah memiliki kepribadian?

Transcript of KOMPETENSI KEPRIBADIAN KS

`

` ` ` ` `

Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhalak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah; Memiliki integritas kepribadian sebagai pemimpin; Memiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai kepala sekolah; Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi; Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah; dan Memiliki bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin pendidikan.

` ` ` ` ` ` ` `

Memahami pengertian kepribadian dan mampu mengidentifikasi kepribadian kepala sekolah yang ideal; Memahami pentingnya keteladanan dalam kepemimpinan kepala sekolah. Memahami langkah-langkah menjadi teladan yang efektif. Mampu bertindak sebagai teladan ahlak mulia. Memahami pentingnya integritas dan keterbukaan dalam kepemimpinan kepala sekolah. Mengidentifikasi diri sebagai pemimpin yang transparan. Memahami kompetensi emosional sebagai landasan pengendalian diri sebagai pemimpin. Mampu menyiapkan diri, bertindak proaktif dan reflektif untuk mengembangkan diri sebagai pemimpin.

` `

`

`

Apa yang dimaksud dengan kepribadian? Apakah anda mengenal istilah-istilah lain yang mempunyai kedekatan arti dengan kepribadian? Jika Ya sebutkan sebanyakbanyaknya istilah-istilah yang anda maksud! Samakah kepribadian yang seharusnya dimiliki oleh seorang kepala sekolah dengan orangorang lain pada umumnya? Kepribadian seperti apakah yang seharusnya dimiliki oleh seorang kepala sekolah?

a.

b. c.

Adalah serangkaian karakteristik yang dinamis dan terorganisasi yang dimiliki oleh seseorang yang secara unik mempengaruhi kognisi, motivasi, tingkah laku orang tersebut dalam berbagai situasi. Kepribadian bersifat dinamis, terorganisasi, psikofisikal, diterminatif, dan unik. Kepribadian yang harus dimiliki oleh setiap kepala sekolah di Indonesia meliputi keteladanan, integritas, transparansi, pengembangan diri, pengendalian diri dan kepemimpin-an pendidikan.

`

`

Apakah anda setuju terhadap pendapat yang menyatakan bahwa keteladanan berpengaruh terhadap keefektifan kepemimpinan seorang kepala sekolah? Berikan alasan singkat atas jawaban yang anda berikan! Apa yang pernah atau sedang anda lakukan agar warga sekolah yang anda pimpin meneladani perilaku anda?

`

` ` `

`

`

Teori kepemimpinan terbaru meletakkan keteladanan pada peringkat pertama di antara sejumlah karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Menjadi pemimpin pada dasarnya menjadi contoh yang baik, dan mewujudkan apa yang anda katakan. Agar diteladani, pertama-tama kepala sekolah harus benar-benar memahami prinsip-prinsip yang memandu perilakunya. Kepala sekolah harus menemukan pendirian mereka sendiri, baru kemudian menyuarakan dengan jelas dan tepat nilai-nilai yang dianutnya itu. Oleh karena pemimpin harus memperjuangkan keyakinannya, dengan sendirinya setiap pemimpin harus memiliki keyakinan yang harus diperjuangkan. Menjadi teladan adalah mempraktikkan apa yang anda pidatokan, melaksanakan komitmen, memenuhi janji, bertindak sesuai ucapan, dan melalukan apa yang anda katakan.

` ` ` ` `

Adakah keterkaitan antara apa yang anda pelajari pengetahuan yang dimiliki sebelumnya? Hal-hal apa yang menarik dari bahan yang anda pelajari dalam kegiatan belajar ini? Pertanyaan apa yang mengemuka setelah anda mempelajari bahan dalam kegiatan belajar ini? Sejauh mana anda telah mempraktikkan hal-hal yang dianjurkan dalam kegiatan belajar tersebut? Pada aspek manakah dari bahan belajar tersebut yang anda merasa perlu mengembangkan lebih lanjut?

Seberapa Pentingkah Integritas dan Keterbukaan Dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah?

Amanah Ambisius Berani Berorientasi ke masa depan Berpendirian kuat Adil Berwawasan luas Cerdas (intelligent) Dapat diandalkan Dewasa

Imanjinatif Jujur Kompeten (Competent) Kooperatif Mandiri Membangkitkan semangat Mengendalikan diri Peduli Setia Suportif

Karakteristik Jujur Berorientasi Ke Depan Kompeten Membangkitkan Semangat Cerdas Adil Berwawasan Luas Suportif Amanah Dapat diandalkan Kooperatif Berani Berpendirian kuat Peduli Imnaginatif Matang Ambisius Loyal Mengendalikan diri Mandiri

Persentase Responden Terhadap Masing-Masing MasingKarakteristik 2007 89 71 69 68 48 39 36 35 35 34 25 25 25 22 17 15 16 18 10 4 2002 88 71 65 66 47 42 34 40 35 33 28 20 23 20 23 21 17 14 8 6 1995 88 75 68 63 40 49 33 40 41 32 28 29 17 23 28 13 13 11 5 5 1987 83 62 58 67 43 40 34 37 32 33 25 27 17 26 34 23 21 11 13 10

Negara Australia Canada Jepang Korea Malaysia Meksiko New Zealand Singapura Swedia, Denmark Amerika Serikat

Persentase Responden Yang Memilih Masing-Masing MasingKarakteristik Jujur 93 88 67 74 95 85 86 72 84 89 Berpandangan Ke Depan 83 88 83 82 78 82 86 76 86 71 MenginsMenginspirasi 73 73 51 55 60 71 71 69 90 69 Kompeten 59 60 61 62 62 62 68 76 53 68

` ` ` ` `

Hal-hal baru apakah yang anda pelajari melalui Kegiatan Belajar 3 ini? Hal-hal apa yang menarik dari bahan yang anda pelajari dalam kegiatan belajar 3 ini? Pertanyaan apa yang mengemuka setelah anda mempelajari bahan dalam kegiatan belajar ini? Sejauh mana anda telah melaksanaka setiap hal yang pernah anda katakan? Anda telah mempelajari tugas-tugas yang kepala sekolah yang transparan, tugas-tugas manakah yang masih perlu dikembangkan pada diri anda? Langkah apa yang akan anda lakukan dalam rangka pengembangan diri ini?

Bagaimana Kompetensi Emosional Berpengaruh Terhadap Keefektifan Kepemimpinan Kepala Sekolah?

Apa yang Bapak/Ibu pahami tentang kecerdasan emosional?

`

` `

`

` `

Emotional Competencies atau kompetensi emosional merupakan kemampuan khusus agar seseorang terampil memanfaatkan kecerdasan emosinya dalam perilaku kepemimpin-an-nya. 4 dimensi KE: Kesadaran diri (self awareness): kemampuan yang mencakup kesadaran emosional diri sendiri, penilaian diri secara akurat, dan rasa percaya diri. Manajemen diri (self management): adaptibilitas, pengendalian emosi diri, inisiatif, orientasi kepada prestasi, dapat dipercaya, dan optimisme. Kesadaran sosial (social awareness): empati, orientasi melayani, dan kesadaran organisasional. Keterampilan sosial (social skills): kepemimpinan inspirasional, pengembangan orang lain, katasilator perubahan, manajemen konflik, kerja tim dan kolaborasi.

Bagaimana Mengembangkan Diri Sebagai Pemimpin Pendidikan?

`

`

`

Menurut pendapat anda, apakah yang membedakan antara pemimpin pendidikan dengan pemimpin lainnya? Setujukah anda jika ada orang yang mengatakan bahwa tidak ada sekolah yang baik dipimpin oleh kepala sekolah yang tidak baik? Berikan alasan atas pendapat anda! Menurut pengalaman anda, apakah kriteria sekolah yang efektif?

Ciri utama sekolah efektif:(a) (b) (c) (d) (e) (f) kepemimpinan instruksional yang kuat; harapan yang tinggi terhadap prestasi siswa; adanya lingkungan belajar yang tertib dan nyaman; menekankan kepada keterampilan dasar; pemantauan secara kontinyu terhadap kemajuan siswa; terumuskannya tujuan sekolah secara jelas.

Kepemimpinan pendidikan yang efektif:(a) kemampuannya berpegang kepada citra atau visi lembaga dalam menjalankan tugas; (b) menjadikan visi sekolah sebagai pedoman dalam mengelola dan memimpin sekolah; (c) memfokuskan aktifitasnya kepada pembelajaran dan kinerja guru di kelas.

Tiga langkah untuk meningkatkan profesionalisme sebagai kepala sekolah yang efektif: bersiaplah, bersikaplah proaktif, Reflektif!

`

`

` ` ` `

Jika dilihat dari sejumlah kriteria sekolah efektif yang diuraikan dalam kegiatan belajar ini, seberapa efektifkah sekolah yang anda pimpin sekarang? Sebagai seorang pemimpin sekolah, apakah anda dapat disebut sebagai pemimpin pendidikan yang efektif? Hal-hal apa yang menarik dari bahan yang anda pelajari dalam kegiatan belajar ini? Pertanyaan apa yang mengemuka setelah anda mempelajari bahan dalam kegiatan belajar ini? Dapatkah apa yang anda pelajari tersebut diterapkan di masa di tempat anda bertugas? Pada aspek manakah dari bahan belajar tersebut yang anda merasa perlu mengembangkan lebih lanjut?