Kliping media tanggal 30 november 2015

44
KLIPINGIIMDIA BAOIN IIUI}{A$ $[IDA PI]RBAIT{OOA SUARA TTIIERDEKA SENIN, 30 NOVEMBER 2015 MelayanU PURBALINGGA- Tahun ini KabuPaten an nilai yang turun ada di Poin pengelolaan sampah. PasalnYa hmpat perruos€san akhir (IPA) sampah yang dimiliki Purba- lingga sudah tidak rcpresentatif dan sedang digogarnkan utuk dipindatrkan di lokasi baru. Belum Dilaporkan ' "Kemarin saya sudah me- minta BLH untuk mengecek apakah masuk nominasl atau tidak. Kalau tidak, aPa PenYe- babnya. Tapi sampai saat ini saya belum mendaPat laPor- ar;'katanya. Sementara itu, dari Badan Purbalingga terancam tidak mendapatkan penghargaan Adipura. Padahal, sudah enam kaliberturut-turut Kota Perwira ini mempertahankannYa. Pasalnya, hingga jelang akhir tahun, belum ada kabar Purbalingga masuk nominasi mendapatkan penghargaan tertinggi di bidang kebersihan dan tata kota untuk kabuPater/- kota di Indonesia. Padahal, kabupaten tetangga, Banyu- mas, sudah memPersiaPkan unnrk kirab. Plt Seketaris Daerah (Sek- da) Purtalingga, Kodadiyanto, mangatakan, secara keseluruhan dinilai baik. Namun kemungkin- Lingkungan Hidup (BLH) Purbalingga belum ada per- nyataan perihal kepastian itu. Tiga hari lafu, Suara Merdeka menmba meminta konfmasi, namun Kepala BLH Ichda Masriyanto sedang di luar kota. Hingga bedta ini diturunkan, konfirmasi lewat telepon juga belum didapat. Sementara itu, Kepala Dinas Pekedaan Umum @PU ) Kabupaten Purbalingga Sigit Subroto mengaku hanya men- dengar sekilas adanya info Pur- balingga tidak bisa menerima nomirasi Adipura itu. Namun ketika dikonfirmasi ke Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Purbalingga, belum ada jawa- ban pasti. "Kami yang masuk dalam tim kabupaten dalam menyiap- kan Adipura belum menerima informasi resmi. Jadi, belum bisa dikatakan gagal atau tidak menerimaAdipura untuk tahun 20 1 5/20 16," je1asnya. Sigit hanya pengetahui, penilaian telah dilakukan pada Oktober dan pada April tahun 2016 mendatang. (H82-55). B-,\GIAN HTI\,IAS ST,TDA K-ABLIPAI IN PI-iRB.$,I}JGC,A

description

Bagian Humas Setda Purbalingga

Transcript of Kliping media tanggal 30 november 2015

Page 1: Kliping media tanggal 30 november 2015

KLIPINGIIMDIABAOIN IIUI}{A$ $[IDA PI]RBAIT{OOA

SUARA TTIIERDEKA

SENIN, 30 NOVEMBER 2015

MelayanUPURBALINGGA- Tahun ini KabuPaten an nilai yang turun ada di Poin

pengelolaan sampah. PasalnYa

hmpat perruos€san akhir (IPA)sampah yang dimiliki Purba-lingga sudah tidak rcpresentatif

dan sedang digogarnkan utukdipindatrkan di lokasi baru.

Belum Dilaporkan' "Kemarin saya sudah me-minta BLH untuk mengecekapakah masuk nominasl atau

tidak. Kalau tidak, aPa PenYe-babnya. Tapi sampai saat inisaya belum mendaPat laPor-ar;'katanya.

Sementara itu, dari Badan

Purbalingga terancam tidak mendapatkan

penghargaan Adipura.

Padahal, sudah enam kaliberturut-turut Kota

Perwira ini mempertahankannYa.

Pasalnya, hingga jelangakhir tahun, belum ada kabarPurbalingga masuk nominasimendapatkan penghargaantertinggi di bidang kebersihandan tata kota untuk kabuPater/-kota di Indonesia. Padahal,

kabupaten tetangga, Banyu-mas, sudah memPersiaPkanunnrk kirab.

Plt Seketaris Daerah (Sek-

da) Purtalingga, Kodadiyanto,mangatakan, secara keseluruhan

dinilai baik. Namun kemungkin-

Lingkungan Hidup (BLH)Purbalingga belum ada per-nyataan perihal kepastian itu.Tiga hari lafu, Suara Merdekamenmba meminta konfmasi,namun Kepala BLH IchdaMasriyanto sedang di luar kota.Hingga bedta ini diturunkan,konfirmasi lewat telepon jugabelum didapat.

Sementara itu, KepalaDinas Pekedaan Umum @PU )Kabupaten Purbalingga SigitSubroto mengaku hanya men-dengar sekilas adanya info Pur-balingga tidak bisa menerima

nomirasi Adipura itu. Namunketika dikonfirmasi ke BadanLingkungan Hidup KabupatenPurbalingga, belum ada jawa-ban pasti.

"Kami yang masuk dalamtim kabupaten dalam menyiap-kan Adipura belum menerimainformasi resmi. Jadi, belumbisa dikatakan gagal atau tidakmenerimaAdipura untuk tahun20 1 5/20 16," je1asnya.

Sigit hanya pengetahui,penilaian telah dilakukan padaOktober dan pada April tahun2016 mendatang. (H82-55).

B-,\GIAN HTI\,IAS ST,TDA K-ABLIPAI IN PI-iRB.$,I}JGC,A

Page 2: Kliping media tanggal 30 november 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III]IIA$ $[IDA PUIBAIINOOA

SUANA MERDEKASENIN,30 NOVEMBER 2015

PatisipaSrTlasyarakalMenurulrHINC,GA saat ini,belum adakepasti-

an apakah Kabupateu Purbalingga masukmenerima Adiprn" atau tidak.

Jika tidak. menurut Ketua KomunitasHijau F.Ibatingga Tri Daya Kartika, ada

falooryangmernengaruhi.Alasan utana mungkin pemerintah

sedarg fokus kegratan pilkada. Partisipasimasyarakat menyambut Adipum jugakelihatan menurun.

"Parameter penilaian Adipuramemang br*ar hanya kebersihan. namunada penataan kota dan kelengkapanpmsaana unu'n lainnya. Saat ini karena

folcrs ke penyambumn penilaian Adipumminim, kami khawatir tidak memenuhidalam penilaian," katanya.

Meski begitr-r, pihalcrya belum me-ngetahui secara resmi hasil penilaian timAdipura terakhir Jika ada kabar Purba-tingga tidak dapat Adipura, dia

belum bisa memastikan. Namun hanvamelihat indikasi p.ru*nun gr"rgr.ngatau semangat menih Adipura yang ken_tara saat ini.

Ketra Kornisi III DPRD Rnbalinqga,Bambang kawan, menilai, indikasike-gagalan Kabrrpaten purbalingga meraihpenghargaan Adipua kali ini belum ielris.Namun jika gagal, dia menyesalkun"kon-disi itu. Padahal. unnrk bM meraih pene_hargaan ini, Petnkab menggelontorkandarla yang tidak sedikit.TldakAda Koordinasi

Menurutiya,kegagalan bisadisebab-kan oleh tidak ada kmrdinasi dari masingmasing SKPD rerkair. 'Sa1a menilal si-neryitas yang minim anlarsaman keria ler_kail membuar kine{a SKpD meniadi ber-jalirn sendiri- sendiri."katanva.

Untuk meraih penghargaan Adipuraini tidak cukup hanya dengan prcgram,tetapi juga al*i setiap SKPD yang arusmenjaga dan memelihara kelestadanlingkungan. Menururnya. selama ini.upaya untuk menjaga kelestarian ling-kungan itu sangat minim digutirkan olehpemerintah.

"Penilaian Adipura ini tidak hanyabe{kaitan dengan lingkungan. Ada unsurpenilaian penataan transportasi . tamankota, dan penatarn permukiman kumuh.Selama ini, semua SKPD yang me-ngurusi itu, saya nilai tidak ada sinergitas

sama sekali," tambahnya. (Ryan Rach-man-55 )

\r_, \- -_----==

RAGII\-N IIfiN'lAS SETDA li-{BlrP.'\TEN PLTRBALTNGGA

Page 3: Kliping media tanggal 30 november 2015

-S

-(sH

t3 _:

:+:

-BI*:

i-l

S9o

*oo

\t.,. SEN

trEN( o.

-. -1---.._.-.-'-- --11

{t

B-,\GI1U'I HII\{AS SETD-A t ,ARLIPr\TEN PLIRBALINGG-{

Page 4: Kliping media tanggal 30 november 2015

SENIN, 30 NOVEMBER 2015

MuhammadiyahTetapSolid dan Kompak

PIIRBALINGGA- Saat iniMuhammadiyah telah berusialebih dari 1 abad-Ioi.q1e4uqjuk-kan Muhnmmadiyah solid dankompak. Karena banyak organ-isasi yang belum berusia 1 abadsudah bubar atau membubarkandid.

"Kesolidan Muharnmadiyahantara lain karena memegangieguh keputusan musyawarah,"kata Ketua Pimpinan Daerah(PD) Muhammadiyirh Purba-lingga, Wahyudhiana, SabtuQ8t11).

Dia mengatakan hal itu saatpengajian Milad Muhamma-diyah Ke-106 di kompleks Per-guruan Muhammadiyah. Ke-giatan ini diikuti dbuan anggotaMuhammadiyah.

Selain itu, lanjuhya, di ling-kungan Muhamrnadiyah terasakuat pemberdaj/aan dan sifatgotong royongnya, sehinggabegitu selesai I uruSan makasegera diselesaikan urusan lain-nya.

"Sepeti setelah SMK Mu-hammadiyah 3 selesai dircsmi-kan, nanti dilanjutkan denganrenovasi Gedung Dakwah danKantor Kelompok BimbinganIbadah Haji (KBIH) Muham-madiyah," ujamya.

Sebelumnya, kata Wahyu-dhiana, SMK Muhammadiyah 3berada di kompleks perguluantinggi Muharmadiyah di alun-atrn. Namun karena siswa makinbanyak, sekolah itu membangungedung sendiri.

Dia menambahkan, ciri ke-kuatan lain d,lah manfaat yangdipancarkan Muhammadiyahmelalui banyak amal usahaMuhammadiyah. Selama masihdibutuhkan masyarakat, makaamal usaha ini akan terus eksis.

"Kita membuat amal usahaMuliarnmadiyah ini tidak hanyaumukkalangan Muharnmadiyah,tetapi iuga masyarakat umum.Muhamniadiyahtelah mernbantupemerinuh di bidang pendidik-an," katanya.

Contohnya, perguruan tinggiyang dikelola MuhammadiyahdanAisyiyah mencapai 178 buah."Karena itu, selama kita masihmemberikan manfaat kepadamasyarakat, akan terus dicintaimasyarakat," katanya.

Wahyudhiaaa mengatakan,pihaknyajuga akan makin meng-galakkan kineqja kmbaga AmilZakat Infak Sodakoh Muham-madiyah (Lazismu), agar bisamengelola zakat infak sedekahlebih besar lagi.(F l0-55)

TERIMA PENGHARGAAN : Sejumtar t;I,,ff:Wil,dan kepala madrasah berprestasi ruenerima peng-fuirgaan xmt Milad Muhommadiyah, Sabn (28/11). (55)

BAGIA"\ I.ru]vIAS SETDA LABUP,A.TE\ PLIRB.AIINGGA

Page 5: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPINGMEDIA

BAflAN IIWA$ $I[DA PI]RBAI}'IGGA

SUABA MERDEKASENIN,30 NOVEMBER 2015

Troruton Air Mineral Terguling he S aw ahBIIKATE"IA - Truk tncnton

bermuatan air mineral masuk kesawah, Minggu (29111) pagi, diruas jalan raya Bajong, Keca-matan Bukateja. Untunglah,tidak ada korban jiwa dalamkecelakaan tersebut.

Kepala Satuan Lalu Lintas(Satlantas) Pohes PubalinggaAjunKomisaris Sudarsonomenj+laskan, kejadian itr.r kira-kim pukulO5,00. Sebelum kejadian,mrkton-ton G-1942-DA rnelaju dari arahtimur ke barat. Tiuk dikemudikanSuwartoni (4), warya Desa Kra-matan, Kecamatar/KabupatenWonosobo. .

MenjelangTKP, fxktenebutmendahului _tmk lain yang tidakdiketahui nomor polisinya.Nahas, dari arah depan temyaiamelaju sebuah bus yang tidakdiketahui pengemudinya.Panik

Karcnakaget, supir tuk panikdan membanting stir ke kanan.Tmk latukeluar dari badan jalandan terguling ke sawah.

"Untunglah peflgemudi tukselamat dalam kejadian itu,"katanya, didampingi Kepala Unit

. Kecelakaan, Inspektur DuaManggala Agung Sd Mahardjo.

Petugas dad Sadantas Polrcs

Pubalingga pun datang ke lokasiuntuk olah TKP dan mengaturarus lalu lintas dari arah Wono-sobo dan sebaliknya yang s€mpatte.Jendat.

Polisi memberlalr.rkan sistembuka-tutup untuk kendaraan yangmelintas.

Setelah barang muatan beru-' pa air riineral dipindahkan ke truklainnya, badan nuk lalu dieva-L:uasi.

Dua jam kemudian, ams lalulintas ken$ali lancar. Kasus ke-celakaan itu kini ditangani olehUnit Kecelakaan Satlantas PolrcsPubaliugga. ftI82-55)

guling ke sawah di tepi jalan raya Bajong KecamatanBukateja, kemarin. ( 55 )

SlWRyan Bachman

TRUK TERGUIING : Truk bermuaxm air mineral ter-

RA(iIANHI-TMASSETDAKABUPATENPLTRBAI-IN-'GGA

Page 6: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPINGIIMDIA

BAflAl{ IIWA$ $XXDA PIIRBAIilOOA

TUANA ]TIEEBEI$sENrN,30NovryBT?91:

MayatTlanpa-Identitas-Mengambang di Sungai

PTIRBALINGGA - Mayat

Idki-laki tanpa identitas ditemu-

kan di Sungai Gintung' Desa

Bantarbarang, Kecamagn Rem-

bans, Sabhr (28/11): Diduga kor-

balrheninggal karena tidak bisa

berenang.Kepala Polsek Rembang

Aiun Komisaris Jadiman men-

ieiaskan, kira-kira Puk:ul 16 30

pihaknya menerima laPoran dari

warga. di Desa Bantarbarangditemukan mayat mengarnbang

di suneai."Slang itu warga Yang sedang

memancing di Sungai Gintungdikaeetkan oleh tubuh mengam-

bani. Dia pun memberi tahu

wada aan &terustan ke tarni,"kataKaDols€k.

PihaknYa bersama tim Inafis

Polres Purbatingga dan timmedis dari Puskesmas Rembang

datang ke lokasi kejadian untuk

olahTKP.

Kondisi mayat sudah mem-

benekak.-Dari

hasil Pemeriksaan di-

keuhui maYat diduga meninggal

antara fga hingga lina hari Yang

1alu. Ttdak ada tanda-tanda Pen-ganiayaan Pada nrbuh korban '

"Diduga korban terPeleset

dan terbawa arus. Karena tidak

bisa berenang, korban teng-

eelam," kamnYa.- selain itu. tidak ditemukan

identitas aPi Pun Pada korban'

Ciri-ciri korban, berPerawakan

sedan!. tinggi 160 sendmeter,

mmbut pendek. dan kePala bolak'' Korban mengenakan kaus dalam

wamaputih tanPacelana.

"Kami menyerahkan mayat

tenebut ke Pihak Perangkat desa

untuk dimakamkan. sembari

menunggu kalau ada Pihak kelu-

arga yailrg datang untuk .me.-masttan identitas rnyattersebuu

kararrya. GyanRtrhmanSs)

Animo Samsat Paten TinggiPURBALINGGA- Keberadaan Kantor Pelayanan Administrasi

TerDadu Kecamatan (Paten) Samsat Online di kantor Kecamatan

Bukateia. dirasakan banvak membantu masyarakat

"S6lama ini masyarakat dilayani dengan mobil Samsat keliling,

seminggu sekali, di kompleks Kecamatan Bukateja. Sekarang

aenga"n"samsat paten," kata Kepala Kantor Samsat Jateng di

Purbalin'gga Dwi Rahardjo cahyo.Dia ;;noatakan, inimo masyarakat untuk memanf aatkan

tavanan Samiat Paten itu cukup tinggi. Selama bulan November ini

s;ia ada 81 8 kendaraan yang dilayani- ' i'u"no oaiak vanq t6rkumpui Rp zt a,z luta. lni menunjukkan

ootensi vin'o 6aqJs di sini. Masyarakat yang memanfaatkan layanan

lni tat< tiania diri Kecamatan Bukateja, tetapi juga sekitarnya,"katanva. dahkan. iuqa dari wilayah kabupaten tetangga yang

berdekatan dengan bukateja, seperti Kecamatan Rakit dan Klampok

Banjamegara, s6rta Somagede Banyumas.(F'1 0-55)

BAGIAN I1f ]NIAS SETDA LABL]PATEN PURBALINC'GA

Page 7: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPINGMEDIA

BAflAN IIWAI $XMA PURBAIil,IOOA

BerharapGubernurLobiKemenhubTerkait WirasabaJadi BandaraKomersial

PURBALINGGA - Meskidiliputi ketidakj elasan, du-kungan perubahan statusBandara Wirasaba meniadibandara komersihl tdrusmengalir. Terbaru, duku-ngan datang dari PT Ang-kasa Pura, Badan UsahaMilik Negara (BUMN), yangbergerak di bidang penge-lolaan dan pegusahaan ban-dar udara di Indonesia.' Dukungan itu terungkapdalam Focus Group Discus-sion (FGD) teniang BandaraWirasaba di Aula Pangkalan

Sekarang bagaimana lobi dariGubernur (Ganjar Pranowo,red) kepada Presiden untuk

meyaklnkan Kemenhubmerealisasikan komersialisasi

Bandara Wrasaba,"

Letkol Nav Tony STDenlanud Wirasaba

Udara (Lanud) Wirasaba,sabtu (28111) lalu. Evente6ebu! digelar sebagai rang-kaianWirasaba Air Show danExpo 2015. *. bhd 10

__j\MENUNGGU: Lanud Wirasaba masih menunggu kemungki-nan allh status menladi bandara komersial.

B.\GI.{N TIli\IAS SL, I'DA EABLP.\TEN PURBAI,INGGA

Page 8: Kliping media tanggal 30 november 2015

Masih Ada I(emungkinanr BGIn0Iil ffr""",'};'i"I1'H*"'f,t;

SambungandarihalT (GanjarPranowo,red)kepaoa

Kemenhub metealisasikan

KomandanPangkalanUda- komersialisasiBandaralAfira-

'fi-uiuil d;""b" Purba- sabai' urgkaPnYa'

i,"-|Ti'il'*.i'N* t"tv st Dia menjelaskan' suat dan

51t";"""i*1"uiL]ii". j*1"r"'""'t'ubmuncul'karena

"'''-''i'i"r pT Anekasa status Bandara Tunggul Wu-

iLY l"il'f"Tii"' a1iof"E"'"* "ou"ap

merupakan ban-

;ffi;"#,fi lff,il.Hi;''iai *:m;-"ffi;m?:lr[:,t*"n$ifrH-ilH#I; fr .,i;; ;'aur'- JJ* -*[ft"

iffi it*Jr,ffi #; m"U*t*nil1"ffii#ii#i,illil'iiiuii"#f,'ahwa bangkanl'kat"du:, --^^,#idiiil"rr-Uioa*" r.o-." Sehab lahan untuk penge-

'#il#;ffi ils,rrungkan mbangan bandara j'lSamasih

dari sesi bisnis. Namun se- 1u11 "iikaasalannla^bakaiter-

I"ilr, i""r."s;ri'i tpi BuPari jadi "tabrakan" traffick pesa-

i;trlt*;;'il;Lai wi "t' it' i'sa bisa diarasi' Ba.,,-

i,fi,," i,,ililtol melakukan dara Tunggul wulung. tetap

; ffi :!:'#Jd';fr i" Yu u*"Po"-i;"4'rffJiHli

"iitt"ilt';;iJ,:; pensem vanssudahadadisana'sedanglii""ri t, #"i" w'i'us"uuu kan; Bandara wirasaba fokus

IljLlii -r.,"a"t" r.omersial untuk penerbangan komer-

#f"ufi:lr"r"'r * -fi bfi'"HHai"ee!, poB'

rffiS.T# ffii-#H l"Y:ffiY?#:H*,x;'-"fiffiiil ;:;;iu'" to uu ultu tneniadi bandara ko--

lii;#;;;il.;iemasio mersiar sebab komitrnen dan

iil]]"iir"""4".** sepeni beberapa daerah yang mm-dy

llil#"i;o;',-l*A' ffiffiH,'HruffiHffiDanlanudiugsmenle'*' "Jliif "i^-S"rt*"gt"ge"tn;sih terbuka kemungkinan Ju€'ifr",iiiii',

" ii;; s a--n da ra'u igaim an a P e m e rin tah Pu

{.ry'rr"lir', *-"";";r uandara sauY iumbu}'"yu (tv")

Page 9: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIN IIUII{A$ SIIDA PIIRBAIII{OOA

RadarBanYumas.

.

Senin Pon 30 November 2015

iunnnuHcuAEl(sPREsHari Ini RAPBD2016 DitetaPkan

PIIRBALINGGA- SemPal mengalamin.r,"".i" r"*U"it* jadwal' DPnD hrrba-

iii""..'s"[rn tiolr r)'ini bakat menggelar

naiiat i'aripuma dengan agenda penetapan

ila'Pio iui,"n zota. Y t<e ha' 10

Sesuai dengan Iadwalr Hafllni ,,H:X#"i*"i*ffiYiH

Sambungan dari halT deria caca! 13'6nbrrmenoe-

Setainitu' masih ada 27 533

Asendatersebutses'"i,o-"i1,:*,t"0"*j"1il1"#;f,i;

t1P*#ffi$dffibffi'.ffig,ffi*:rs+i=x,* q:d#,ffi;[Hffitr "ilft*&T$ffi *ti

ffiffiH#ffiffilin-;"Xf "m'#:iil',Hflif,liT"Hliffif

**ffiffiffi::itrJsl,tfiffi *,*ifrfltffi#-.#.t{itrlffi]ffiffi

Hfl;i#.*,.*;d*

BAGIAN' IIT\ll.,\S SL,I'DA X.ABTiP,\TLN PURBALI}j(;GA

Page 10: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPINGMEDIA

BAffA}{ III]II{AS $[IDA PINBAIil'IGOA

Radar Banyrmas . sENIN PoN 30 NovEMBER 2ol5

9 Desember DijadikanLibur Nasional

Masuk Kerja, PerusahaanHitung Lembur

PURBAIINGGA - Pemerintahakhimva menetapkan hari Pelak-.r.,u"t P"-ilih* K"Pala Daerah

IPilkada) serentak, 9 Desembermendatang sebagai hari libur na-

sio nal. Keputusan itu dibuat unhlkmemberikesemPatan Yangseluas-luasnya bagiwarganegaramenSSu-nakan hak pilihnYa-

Ketua Komisi Pemilihan U-mum (KPU) KabuP aten Pur-balingga Sri WahY'llni AKS men-

ielaskan, Pene taPan itu tertuang'dalam Keputusan Presiden (KeP-

nresl Nomor 25 Tahun 2015'

i,ane ditandatangani Presidenht t"ot o waoao, 23 Novemberuu. * ke hal lo

KPU Sambut Gembirar I Desemler yang cukup bagi masya-

rakat rurtuk datang ke Tempat Pemungutan Suara(TPs) menggunakan halpilihnya.Dergan demikian, di-

harapkan partisipasi ma-syarakat dalam Pilkadabisa meningkat. "Khu-susnya bagi para pemilihyang setiap hari bekeria diluar daerahnyal ujarnya-

Dia mengaku sempat ga-lau. Sebab banyak pabrikdi Kabupaten Purbalingga,yang akan tetap meng-anggap tanggal 9 Desem-ber sebagai hari aktif ke-ria. Hal itu, disebabkanbanyaknya pekerja yangberasal dari luar Kabu-

paten Purbalingga.Kepala Dinas Sosial, Te-

naga Kerj a dan Trans-migrasi (Dinsosnaker-trans) Kabupaten Purba-IinggamenBatakan, semuapabrik di Kabupaten Pur-balingga diwajibkan me-liburkan pekerianya, 9Desember mendatang.

"Jika karyawan masukkerja pada hari itu, makadihitung lembur," katanya.Dia berharap semira pa-brik yang ada di Purba-lingga, untuk menaati atu-ran tersebut. Sebab, akanada sanksi tegas jika adaperusahaan yang dike-tahui melanggar aturantersebut. (tya)

Sambungan dari hal 7

"KPU menyambut gem-bira keluarnya putusanhari pemungutan suarasebagai hari libur nasio-nal, sebagai dukungan pe-merintah terhadap par-tisipasi pemilih di Pil-kada. Ini keputusan yangtepat dan kami sangatmenghargai," jelasnya.Dengan ditetapkannya

hari pelaksanaan Pilkadaserentaksebagai hari liburnasional, KPU berharapakan merhberikan waktu

B,{GlAu HLr\1AS SETDA K]\BIP,\TEN PUltBAl,IN(iGA

Page 11: Kliping media tanggal 30 november 2015

ot

EcE(,-oF

ct

(n

oo

t,

o.

,tlt -o=E6-99or

EE

6ltco'-Eo) ttE l:=.

=;3Co--ce3:b-oH.E:9E9.rc(D=,- ol!J

Ecsbll, E4o.

L,

6 i.;

=fur5J'L

RAGIAN III I\'IAS SIITDT\ K-ABLTPATDN PURD.{I,IN(iGA

Page 12: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPINGIIMDIA

BAOIAN IIIII}{A$ SIIDA II]RBAIT,IOOA

Radaf BanyfmaS . senin pon 30 November 2o1s

Fungsi

BendungSlinga Belum

0ptimalPURBAI-INGGA- Bendung

Slinqa di Kecamatan Kali-gondang dinilai belrtn teli-hatan berdampak sigmluQnbagi lahan pefianian, seti-daknya hingga beberaPa- ta-

hun kedepan. Karena setanbelum terealisasinYa Pengem-bargan daerah irigasi-(DIJsesuai rencana, I'uga dlnasDertanian masih mengan-ialkan irigasiYang sudah ada'

"saat ini baru di wilaYahkecamatan KaliSondang dan

sekitamva dengan rotal luasanon"orari soo hl}t"t Pudahal

target jika sudah Pengem-bansan kembali mencapar t'ribu"hektar tebih. ladi kamirasaharus adaPengembanganiarinmn seDerti rencana;' kataiiGoa"la Dintanbunhut Pur-balinssa, zaenal Abidin, Mi-nggu (29lu).

Menurut dia, jika maslhmemiliki kemamPuan 500

heka5, fungsinYa betum bisa

oDtimal Bahkan daerah Per-siwahanyang ada belumbisateralid semua dad bendungSlinga inr. "Ini iuga berimbaspada optimalisasi PanenYangadal'ujamya.

Dia mengaku sangat me-nunggu realisasi Pengem-bansan daerah irigasi itu'Karira meski benahaP, ada

harapan oncoran air akansemakin luas dan sejurnlahkecamatan akan teralid. Na-

mun dengan catatan, ben-dung haris dikonhol.untukoengendaPan Yang senngxalmenvebabkan debit air bisa

tidaistubit.- "Terus teran8 kami sangat

berharap secepatnya Pengem-bangan bendung Slinga terea-

lisasi. Setahu saya angBaransudah ada, hanYa saja masih

menunggu tindaklanjut koor-dinasi kembali antar instansi

sini dengan PemProv danousar Kamitidakbisa aPa- aPa

;oaI mendesak segera terea-

Iisasinya pengembangan iri-easi ituj' ungkaPnYa.-Meski belum terlalu ber-dampak siqnifikan, namunpengiaruh idanYa bendungSlinsa adayangg sudah ter-lihai. seperti di wilayah Ka-Iikaiar dan Penaruban, Yangsebelumnva hanYa Pala-wija, sekaiang bisa dita-nami nadi.

"Hanya saja, lebih oPtimaltagi jika ada Pengembanganoncoran aimya samPal nbuanhektar yang terimbas. Ha-rapan kami segera ada rea-

lisasij' ungkaPnYa-MesJ<i realisasi fisikPengem-

banean daerah irigasi Slinga,

nariun saat ini sedang di-keriakanbalgunan PenYaringouii, du.t lumpur di intakebarat Bendung Slinga, Kali-gondang sudal.r dikerjakan'(amr)

BACI:\}{ HLMAS SETD\ IiABUIATF,N PIIRB:\LINGGA

Page 13: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIII[{A$ $[IDA IINBAIT'IOGA

Radar Banrymas . senin Pon 30 November 2015

PegangKomitmenMENIADI kepala desa

merupakan sebuah ama-nalr yang harus diiaga,baik dalam hal keper-cayaan masyarakat atau-pun hal [ain yang me-nyangkut kepentinganmasyarakat.> bhd 10

Terbuka Selama 24lartr PGgang hanya untuk bercerita keluh

kesahnya maupun memintasuat urusan keluarga-Dia bercama masyarakat

menciptkan mobil pelaFnanmasyarakat yang diSunakanuntuk melayani kesehatan."Jadi kalau ada ibu hamil desasudah ada mobil tinggal hu-bungi saia, nanti mobil akanke rumah dan mengantar kerumah sakit" tambahnya.

Selain itu, .banyak seni danbudaya lang ada di masyrara-kat. loko memiliki keinginanunnrk mendirikan rumah bu-dat'a dan seni Desa Tuniung-mrLli. Dengan begitu, budayadan seniyang ada di desa tidakhilangke depannya"(iok)

Sambungan darihal 7

"Rumah saya terbuka unnrkmasyarakat 24 iam nonstopunrukmasyarakat j' kata KadesTuniungrnuli, Joko Pranoto..

Menurut Joko, kepentinganmasyarakat merupakan ke-pehtitrgan pertamanya. Ko-mitmen itu iuga sudah diasampaikankepadamasyarakatjauh-.iauh hari saat dia me-minta doa restu urh:k majusebagaikepala desa.

Dengan begitu, masyardkatjuga tidak sega.n saat malamdatang ke tempatnya, baik

B.A.GIA}, HU]!,IAS SETDA }'ABUPATEN PIIRBAi,IN-GGA

Page 14: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN III]II{A$ $IMA ruRBAlil{ffi4

Radaf BanyUmilS o Senin pon 30 November 2oi5

Saka Wra I(artika Resmi DikukuhkanB O B O T SARI - Pramuka

binaan Kodim 0702 Prrr-balingga Ranting Keca -matan Bobotsari, SakaWira Kartika Koranmil 08,resmi dikukuhkan Sabtu(28l r 1) sore. Acara pe-ngukuhan dilakukan olehMabinsa Saka Wira se-bagai wakil Dandim 0702Purbalingga.

Ketua Kwaran Bobotsari,Riono SPd, berharap de-ngan pengukuhan SakaWira Kartika di KecamatanBobotsari, akan mema-jukan Pramuka yang ada diKecamatan Bobotsari. "Semoga bisa nasional atauinternasional,' ujarnya.Mabinsa Saka Wira Kar-

tika Kecamatan Bobotsari,

Kapten Cai Purwanto saat puanya, sehingga Pramu-membacakan sambutan- ka di Bobotsari bisa me-Dandim 0702 Purbaling- milki wadah untuk me-ga Letkol Kav Dedi Sa- ngembangkan keteram-frudin mengatakan, pres- pilan anggota saka wqiratasi satuan Iftrarcab Pur- kartika.balingga saat ini cukup Dia iuga berharap agarbanyak. Selainitu, anggora para Pramuka ridak ber-Kwarcab di Purbalingga henti untuk belajar danjuga memiliki anggota berlatih dalam menimbayang tidak sedikit. ilmu pramuka. Adanya wa"Dengan bergabungnya dah ranting saka wira kar-

anggota di Bobotsari di- tika bonbotsari diharap-harapkan bisa menjadi kan adan menjadi wadahkebanggan tersendiri dan untuk para pramuka me-memotivasi genersi muda nimba ilmu.untuk terus berkarya," u- "Kekompakan dan soli-jarnya. daritas antgota gerakan

Menurut dia, potensi Pra pramuka harus terus me-muka di Kecamatan Bobot- ' motivasi sa.tu anggota dansari perlu dikembangkan anggota lainnya," imbuh-dan ditingkatkan kemam- nya- 0ok/opl)

R AG I AN Hl ll!{.q.S SF-TDA (ABUPAI EN PL;RBALfAiGGA

Page 15: Kliping media tanggal 30 november 2015

BAGIAN HLMAS SETDA K,ABTTP'\TEN PT'ITBAIINC'(iA

Page 16: Kliping media tanggal 30 november 2015

PURBALINGGA - Kelainansendi sangat beragam. Ter-dapat sekitar 100 kelainansendi dengan proses, Sejaladan penanganan yang ber-beda. Meskipun proses pe-radangan dan atau Penuaanmerupakan faktor utama Pe-nyebab kelhinan sendi, ke-lainan-kelainan tersebut bisatedihat nyata perbedaamya.Osteoartritis/radang sendimerupakan penyakit yangumum ditemukan, bersifatlama, progresif dan umumnyamelibatkan sendi jaringansekitar. Osteoarthitis pemahdianggap scbagai suatu prosespenuaan normal, sebab kasusbertambah dcrgan mening-katnya usia lanjut

Dokter umum dari RSUHarapan lbu, dr RahmanNoor mengataka[, di Ame-rika, OA didedta lebih dad 6persen dari lotal pendudukhenrsia diatas :10 tahun dan50 perseD dari pendudukdiatas 60 tairun. Dalam 10

besar penyakit yang dideritaoleh wanita, OA mendudu-kiperingkat ke empat dan pe-dngkat ke delapan untuk pria,OA merupakan penyebabutama kecacatan di Amerikadengan pengeluaran biayakesehatan yang cukup besaruntuk pengobatan dan tin-datan bedah-

Dr Rahman Noor menam-bahkan, osteoartritis atausuatu penyakit penuaan sendiialah suah-r penyakitkerusakantulang rawan sendi yangberkembang lambatyan g tidakdiketahui penyebabD-va, m cskipun tedapat beberapa fal<-

tor resiko yang bcrpcran.Keadaan ini bcrkaitar r rkrnganusia lanlrrt, lcrrrlatra Padascndi scnditangaD dan sendibesar yang menanggung be-ban, ditandai oleh nyeri,perubahan bentuk, pembesaraa sendi dan hambatangerak

Menurutnya, faktor risikoosteoartdtis terdiri dari umur,jenis kelamin, keturunan,kegemukan, pekerjaan, danolahraga. Dad semua fattorresiko itu, faktor ketuaanadalah yang terkuat. Pre-valensi dan bentnya OA se-makin meningkat denganbertambahnya umur. CA

dr Rahman Noor

hampir tdak pernah dite-mukan pada anak-anals jarangdibawah usia 40 tahun dansedng pada umur diatas 60tahun. Akan tetapi harusdiingat pasien oA bukan olehkarena ketuaan saja-.

"Wanita lebih seringterkenaOA luhrt dan OAbanyaksendi,dan lelaki lebih seringterkenaOApaha, pergelangan tangandanleher Secarakxeluruharldibawah umur 45 tahun fre-kuensi OA kurang lebih samapada lelaki dan perempuan,tetapi diatas 50 tahun (setelahmenopause) frekuensi OAlebih banyak pada wanitadaripada priai' taadasnya.

Faktor turunan juga ber-peran pada timbulnya OA.Selain itu, berat badan ber-Iebih secara nyata berkaitandengan meningkabya resikounhrktimbu.lnya OAbaikpadawanita maupun pada pria.Kcgemukan temyata tak ha-nya berkaitan dengan OApada sendiyang menanggungbeban-

"Pekerjaan berat denganmemakai satu sendi yangterus-menerus yang seringmenimbulkan cedera sendibertkaitan dengan resiko OAyang lebih tinggi. Bebanbenturan yarrgberulang dapatmenjadi fakorpenentu lokasipada orangyanS mernpunyarpredisposisi OA dan dapatberkaitan dengan perkem-bangan dan beratnya OA.Risiko OA meningkat padaorang yang akif dalam ola-hraga tertentu seperti 8ulat,tinju, dan sepakbola. Resikoini berhubung€.n*dengankondisi sendi sebelurraya dan

Radar Banyumas o sENIN PoN'TovEMBt!10.tu

I(enali Gej ala Osteoartritistipe olahraga yang digelutii 'tambah dr Rahman Noot

Gejala yang timbul pada OAbiasanya timbul pada usiadiatas 40 tahun dan sangatbervariasi pada tiap individu.G ejala umrna OA sendi adalahrasa nyeri yang diperburukdengan aktMtas fisik danberkurang dengan istirahat.Pada OA laniut, nyed daPatterjadi pada saat istirahatataupun malam hari. Nyeridirasakan terutama pada sen-di yang terkena, meskipundemikian, pada beberlpakasus, nyeri dapat berpindahpada tempat lain. Misalnya,OApangSul dapat dimsakandilutut. Tingkatan nyeri bia-sanya menetap. PeninSkatanrasa nved disebabkan olehadanvi kistal dalam sendi(misinya, asam urat).

"Kekakuan pagi had me-. rupakansejalautamapadao,A"Kekakuan biasanyaberkuangsetelah 30 menit beraktivitas,tetapi dapat timbul kembalipada saat inakivitas. OAdapatbermanifestasi dengan ke-bengkakan karena efusi- Efusiberhasal dad alxrmulasi cairanpada sela send.i,' imnuhnYa.

Perubahan gaya berjalanjuga menjadi gejata OA Geja.la

ini merupakan gejala yangmenyusahkan pasien. Ham-pir semua pasien OA per-gelangan kaki, tumit, Iutut,atau panggul berkembangmenjadi pincalg. Gangguanberjalan dan gangguan ftugsisendi yang lain merupatanancamal besar kemandirianpasien OA yang sudah tua.

Penanganan OA dapat di-sebabkan atau diperberat olehadanya bentul< atau Postrurtubuh yang salah. Koreksiterhadap benruI tubuh yangkwang proporcional sangatbermanfaat. Beban terhadaPpersendian harus dihindari,misalnya pasien dengan OApada panggul atau lutut se

baiknya menghindari berdfite alulamadan berlutut. Padapasien den8an obesitas, Pe-nurunan berat badan wajibdilakukan. Pemberian dietyang mengandungglucosamin sulfat dan chon-droitin dapat membantu" menyebutrkan" artdtis. (*/ -

bdg)

UAGIr\li IIIINI\S SETD.\ KAIII PATIIN PLTRBAI.IN-GG,\

Page 17: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN III]I}{A$ SMDA PlfiBAIil{OOA

Radar BanyfrmaS . senin Pon 30 November 2or5

Panik, Truk Tronton Masuk SawahBUKATEIA Kecetakaan tuns-

gal terjadj Jalan Raya BaioneKecamatan Bukateja, Minggu(29/11J pukul 05.00 W IB. Di-du8a, Sopir panik saat ber-papasan dengan bus, sehingga,soprr membadng setir dan ma_suk ke sawah. Tidak ada korbanjiwa dalam kecelakaan tersebut,

Kejadian berawal saat, truktronton yang bermuatan airmineral bernomerpolisi G 1942DA melaju dari arah timur. Saatmendekati lokasi kejadian, trut<mendahului rruk lainnya. Na-mun dari arah berlawanan,melaju sebuah bus dengan ke-cepatarI sedang.

. Karena panik saat berDaDasandengan bus yang meliyu dariarah berlawanan. soDir truklangsung membanting serir kekanan dan masuk ke sawahsebelah utara jalan. Beruntungsopir mrk tidak mengalami lukiparrh. dan dapat menyelamat-Kan orn, b bhdlq

NYUNGSEP iGara-gara sopirpanik saatberpapasandengan bus, truktaontonpengangkut airminum dalamksmasan inlnyungsep kesawah,

Arus Tetap Lancarr Pailft, mun arus tetap Ianca-d,uiam\,"-

Muataa truJ< yang berisi ;irmlneral membuat evakuasiberjalan lambat. Sebab trukdan sopL menunggu truklainLrntu_k membongkar muatanterlebih dahulu ietelah mua_tan terangku! truk baru bisadiangkat dan diamankan ketempat yang lebih aman.

"Setelah muatan bisa diDin_dah, baru dilakukall deret<,,,ie_lasnya. Dia menamballkin.akibar kecelakan tersebur,korban diperkirakar menea-Iami kerugia Rp sjuta. (iofi)

Sambungan darj hat 7

Kasat Lanras polres pur_balingga, AKp Sudarsono-melalui Kanit Laka, IodaMangala Agungmene;takan.tonaist.-badantrukyanlkeluarDadan ialan tidak membuatKernacetan panjarg.

Narmrn polisi Ialu lintas dirprjunkan Lurnrk mengaturlalu lintas. "Banyak masluakat yargpenasaran dan berhenti. Na:

BAGl'{Ii HLIN'IAS SaTDA Ii.\BfiP.'\I tN Pf iRBN-fiCiGA

Page 18: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPINGMEDIA

BAffN II[]INA$ SIIDA PINBAIJI{GOA

Radar BanWmas . Senin Pon 30 November 2015

-__,PURBIIIIIOGATIGPRES-Mayat Pria Mengamtang

di SungaiREMBAIiGWaTa Desa Desa Bantarbamngdilagetkan

denmn penemuan malat tanpa identitas mengambang

ai si-ei ci"t -g; sab-tu (28111). Mayat tanpa identitas

[o"ui, at"-rt i" oleh warga yang sedang memancing

di sunsai. KaDolres Pubalingga' AKBP Anom setyad)I

ix -Ef a"i Xupottet nemUang AIc Irnam Hidayat SH

rnlr*,ur.-, siutu polsek Rembang menerima laporan

a;Ji"fiL iuntoro warga Desa Bantarbarang 'Diameneabarkan bahwa teman::ya yang sedang mernancing

;eliHat sesok mavat mmgambang di Suntai Gintung'- -6uriiioora"

t"olu"! dia-bersama tim medis Puskesmas

n"-Uuri" Oarr m fnavis Polres Purbalingga mendamngi

iotuii ,"i,"*u- .ayaL "Maspral<at belum ada yarg

Lerani'mendekat, kerirudian kita lakukan pemedksaan

Lit uaup -uyut t"ttuuud' ujam)€' Dia menjelalkan' sa. 3iaii"-rrtfu" ti,"di"imavat sudah membengkak dan polisi

[ial menemulan laentitas di tubuh korban Selah itu'

,nasvutatar O"s" lodaskarangjati dan desa sehtar juga

tidak mengenali rubuh korban--roiUan t"t"iri-af buh.berawakan sedang, tinggi

*iur rab se"ti-eter rambutpendekdanbed<epalabotakSaatdiemukan, korbanmemakaikaoskaos dalamwama

""tfrtanpa cetana oia menambal*an" daripemeriksaan

i--"ai! au"mfispolres Purbalingga, merekatidak me-

nemukan tanda-tanda penganiayaan'--iDirokt kut *yutiudatrmeninggalsehtar3sampai

s irail' iaasnva. setelah dilalaJ<an pemeriksaan' 'polisi

-u"y".ifU."ti-uyut tersebut ke pihak desa' (ok)

PENYERAHAN : Jasad korban diserahkan ke pihak deaa

untuk dimakamkan'

RAGiAN HI]N,IAS SETDAK,ABUP-{TEN PLiRBALINC(iA

Page 19: Kliping media tanggal 30 november 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIWA$ $XXTA II]RBAIT{OOA

Badaf Banyfmas . senin Pon 30 November 2015

Pengelolaan SampahDinilai Iadi BiangPurbalingga Gagal meraih Adipura diakui oleh

Penjabat (Pj) Bupati Pur-balingga, saat ditemui disela-sela pembukaan Wira-saba Air Show dan Expo,pekan lalu. Dia mengakupersimis Purbalingga, akanmeraih Adipura, karenabanyak faktor yang tidakmendukung hal itu.

"Saat saya datang per-tama kali di sini (sebagaiPi Bupati), saya lihat agaksulit untuk meraih Adi-pura. * bhd I0

RaihAdipuraPURBALINGGA - Kabu-

paten Purbalingga Sagalmeneruskan tradisi se-bagai daerah peraih Adi-pura. Tahun ini, Pur ba-Iingga dipastikan gagalmeraih penghargaan Adi-pura yang sebelumnya di-terima selama enam kaliberturut-turut.

Kegagalan Purbalingga

Semua Sudah Berjalanr Pengololaan

Sambungan dari hal 7

Iolaan sampah.Berdasarkan kunjungan

yang dilakukan atas undanganPemedntah Perancis, ke-mungkinan besar Purbaling-ga akan mendapa&an ban-tuan dana Rp 800 miliarUnfirk membuat pengelolaansampah terpadu.

Bantuante$ebut, menurut-nya tak terbatas daaa, tetapijuga asistensi pengelolaansampah. "Nanti TPA terpadu inijuga bisa digunakar oleh dae-rah tetangga, seperti Banyumas dan Banjarnegara,"jelasnya-

Sebab dengan sistem pe-ngelolaan sampah yang ber-nilai ratusan miliar tersebut,tak akan maksimaljika hanyamenampung sampah dariPurbalhgga saja.

"lokasinya di Purbalingga,tetapi Banwmas dan Ban-jamegara bisa ikut meman-faatkannya," kata dia. Namundia mengaku masih belummengetahui, kapan bantuantersebut bakal terealisasi.Sebab, hingga saat ini pi-haknya masih menunggupetuniuk dari kemetriar Pe-keriaanumrurr- (tya)

Semuanya sudah berjalan,banyak fakor yang memrutsaya kurang. Tapi tidak apa-apa, yang terpenting pada2016 kita usahakan bersamalagi ultuk meraih Adipura,"ujam}?.

Dia mengatakan, banyakfaktor yang menjadikan Pur-balingga gagal meraih Adi-pura, di antaranya adalahTempat Pembuangan Akhir(TPA) Sampah di Desa Ban-jaran, Kecamatan BoionSsariyang sudah tidak memenuhisyiuat

"Masalah TPA juga banyakfaktor yang mendukung. Kedepa+ kami akan mr:lai me-nerapkan Undaug-undangyang mengatur pe$ampahanyang baru. Salah satunyaadalah taklagi menggrnakansistem open dumpin& tetapimen8gunakan sitem sanitarylandfilli'ungkapnya.

Menurutnya, KabupatenPurbalingga bakal menda-patkan banruan dari peme-fintah Pemncis, terkait penge-

RAGIAN HI ]I\'IAS SETD,A. LABLJP,A.TFN PLRBALINGGA

Page 20: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPINGMEDIA

BAflAN IIUI{AS $[IDA PIIRBAIII{OOA

Radar Banyrmas . senin Pon 30 November 2015

Triyono Paparan Potensi

Provinsi Kaltara.PURBALINGGA-PENiA-

bat (Pr) Guberndr Kali-mantan Utara (Kaltara), DrsTriyono Budi Sasongko M-Si, paparar Potensi Pro-vinsi Kaltara di depan pe-serta pengajian Milad ke-103 MuhammadiYah dikomplek Pendopo KH Ah-mad Dahlary SMA Muham-madiyah 1 Purbalingga,sabtu (28l11).

Pengajian rangkaiar Mi-lad Muhammadiyah tahun2015 yang merighadirkan

dai kondang dari Purwo-kerto; KH Dm Ahmad Icfniitu, diawali sambutan tuanrumah Drs Wahyudiana,Ketua Pempinan DaerahMuhammadiyah (PDM)Purbalingga.

Dalam kesempatan ituTriyono, Yang mantan BuPatiPurbalingga dua periode itumenSapresiasi terseleng-garaannya Muktamar ke-47Muhammadiyah, di Ma:kassar, 3-4 Agustus 2015la1u. b bhdlo

JUARA: Mantan Bupati Purbatingga dua periode, Triyono,memberikan apresiasi kePada siswa berprestasi.

RAGIAN HLiIVIAS SETD-{ KABUPATEN PLRB.\LII{GG-\

Page 21: Kliping media tanggal 30 november 2015

--./-_---_-->lt'-.-.-

Merasa langat Bangga' It'uH[?p3.r,31,

E:iiTh,:?i{ii{,t lt,j 3i* jH:

ffrlrft} J;,,"#u^",_lj]ngarn

dengan pur- uansmigr;i ke dal;a";

r ri yo n o j u I a ,, "; #*, jl,:+"{ii:'ETi[fi . ;'.i,i;ft : ru:t,* jlllpaikin seiariat,';;;'. ;; i;llllt satu iula jiwa' Ka- rakava aisa airempuilja-

r "s:xi,x;:* " "i# {_i,li:}#",ii',$j{ifl :, *} i, *.,:.H ili*ii],YIJ;liXil:El;-",*uo,,

l?rn:l:'p;,"-"gi iii,;ii ffi i * yang mem,ih

i"*u*;*ffii?""dg?I,;ffili#-.:"""lil1f .:lT'",,:'ili":H,:n[T;;;lnas -hasit nyata dur; u.u1 61fl.11'1n

orang' sayayang lam tahun z0ro pempiiv,"uh", progiumT;;ilj ;l:"''] amanah' akan ber- 131121s akan membuka

*::U;*:g1ii,;9,'-,u,trL'1,",}3f'{r'fi ,ixlfi i;iff ::#ffi iil:.;i',l1gama-an, pendidi[;;,:; il;-"^11:8

720 ribu jiwa' selurui warga Indionesia.sial, kesehatan, ;;;; ;::llinnva' mereka bisa Rencananya akan mere-sosial-kemasyaikat.;i;ffi il:i'ilr tuan rumah vang krut i.s00 prvs. ii.r",nya," kara rriyono.-"'-"' ;ti$i,X:qj''* tendiri,' melrutut analisa jabaran,

-IJJI*| i"fl ;# i#;Hl:,,,1{:: li"i:h"a,, nvu s, b u., ;:i l;i", :# Tfi [: ;:;;

!i,-*ii.9."1c"" yii.;;i, :;;'iil ;iiffi 3 pjl;ill:'"'p"i ."tu*,u i-"i *'idd

u_an -

Ph llip in a, lu as nya gram l"r;,.. -'""i^'_"^'-1- ".11L:75.632 kilometer t;;il 3;fl-:erja,sama d^engan "uiian online rencana-

atau 2,5 tali ruJs 't-#i

i',}'-T"LY' l,ut"nc Ganjar nya Februari atau Marer

I:ns*J."'#il",.;ff l,,#+ild#.l".:'"#ffi rs:"Tf ;"'ni*:,r,"1"'*i;g"+',t,:::1,*f ##H:fl*:,"{,H j'.:"";x'i',Ti,l, j:*q'c:.,,Tr

s4,1ai*" i**i -'*i".1trf#ft']* i,Iilt,.#,+itl[.i:fi1rtjJ;,,,?.1;xi"ri::r:l,n,xf x:lr#rl*t;*ri;:2.:r,;

BA(;IAN HT\{AS SDI'DA KABLiP.\TEN PLRBAIING{;A

Page 22: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPING NIEDIA

BAOIN IIIIII{A$ $MDA PIIRBAI}{OOA

Radar BarryumaS . senin Pon 30 November 2015

Mohon Dinkes Berti4daklvlohon kepada Dinkes Kabupalen Purbalinggauntuk segera bertindakatas kasus penyebarannyamukdemam berdarah di Desa PpenarubanKlaigondang, sudah memakan korban 8 orangmasuk RSUD Goeteng. ltu be(urut-turut, positifDB 2 orang.

08529'1341342

BAGIA}i I{I-r\{AS SETD,,\ LABUPATEN PI iRBALINGGA

Page 23: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN III]I}{A$ SMDA PUNBflT,IOOA

Senin, 30 November 2015HARIAN BANYUMAS

/i, ;,"". na,., r.,,.",.

AdC lndikasi PNSFasilitasi Kampanye di SMAN '1 Bobotsari

PURBALINGGA - PairwasluPurbalingga meneruskan proses

penyelidikan ketidaknetralan- PNS di SMAN 1 Bobotsari,

terkait fasilitasi kampanye salahsatu calon bupati yang datang

di sekolah tersebut. Panwasrencanannya akan memanggil

salah satu guru lagi untukdimintai keterangan.

nggota Panwas Divisi Pencegahandan Hubunqan Antarlembaga,Arto Wibowo menjelaskan,dalam ra pat Gakkumdu bersama

Satreskrim Polres dan Kejari, Jumat (27l11)

lalu memutuskan, kasus ini tidak bisadipidanakan. "Sesuai dengan Pasal 188juncto 71 UU Nomor l Tahun 2015, PNSyang bersangkutan tidak bisa dipidanakan,karena unsur menguntungkan salah satupasangan calon belum terbukti," kata Arto,

Namun demikian, pihaknya masihmenelusuri sikap memfasilitasi kedatangansalah satu calon bupati yang kemudianberkampanye, Apabila sikap memfasilitasidari pihak sekolah tersebut terbukti,maka PNS yang terlibat akan dikenaisanksi administrasi berupa teguran olehatasannya. "Kami sedang lacak netralitasPNS-nya, kami butuh klarifkasi. pihakterkait, Pak Tasdi dalam acara SIYA tersebutmdmang tidak diundanq pihak sekolah,tetapi kepala sekolah kan boleh menolak,mengingat saat itu sudah masuk masakampanye," kata Arto,

Pihaknya belum memutuskan siapa yang

bakal dipanggll kembal! ke Panwas untuk

dimintai keterangan. Namun demikian

dalam waktu dekat ia menargetkan sikap

netral atau tidak netral PNS di SMAN 1

Bobotsari bisa terungkaP,' Sepefti diketahui, Panwas sebelumnya

telah mendapati temuan pelanggaran

bahwa calon bupati nomor urut 1

medatangi SlvlAN 1 Bobotsari berdasarkan

video ya'1g diunggah oleh salah satu akun

facebook. Dalam video tersebut didapati

Tasdi dalam sambutanya mengatakan,

bahwa dirinya mencalonkan diri menjadi

bupati dan memohon doa restunya "sesuai

denqan PKPTJ Nomor 7 Tanun 2015, ini

sudah rnemenuhi unsur kamPanye,"

imbuhnya.Karena itu, Arto lantas mencecar

pihak sekolah yang disangka ada yang

memfasilitasi kedatangan calon bupati

tersebut. Kedatangan Panwas ke S!1A

langsung mengklarifikasi tiga guru dan

seorang dari humas untuk dimintai

keterangan,Kedatangan Panwas inijuga sempat

mendaoatkan kritikan dari pihak sekolah,

karena dinilai telah mengintimidasi pihak

sekolah. Hal tersebut didasarkan Panwaslu

melontarkan kalimat'bahwa hal ini akan

dipelajari, termasuk tindakan pidana

atau bukan dan bila ditemukan ada unsur

oidana, maka bisa diPecat',' Namun Arto membantah haltersebut

karena kedatanganya menggunakan

orosedur yang benar sebagai tamu untuk

menqklarifikasi sejumlah 9uru. "Kami yakln

rekaman CCTV di sekolah masih ada, di

situ bisa membuktikan bahwa kami tidak

melakukan intimidasi," jelasnya. (msos)

R\(i] AN HIIMA.S SI,TD.,\ K.ABUPATFN PI IRB,\LINGG,{

Page 24: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IITIIIA$ $I[DA PI]RBAIT'IOOA

HARIAN BSerrirr, i0 November 2075

MINTA PENiELASAN: Kepala SMAN 1 Bobotsari'

ii,io brrvinto spo , Jumat (27i 11) meminta

penjelasan kepada Panwaslu'

Kepala SMAN 1 Bobotsari,

Merasa TerintimidasiPURBAUNGGA - Kepiila SMA Negeri 1 Bobotsari' loko

lr*.nto Spo rherasa terintimidasi atas kedatangan

"noloiu pin*utr, Purbalingga ke sekolahnya, Kamis

izil-irt. xur.nu itu, kemarin dia mendatangi kantor

iinwaslu untuk memastikan bahwa yang datang :

l"ueraoa *att, lalu benar-benar anggota pengawas

pemifu'serta minta penjelasan lebih lanjut terkait-

tindakan sa-at itu. :- lorc Srrv.nto ."Oelumnya juga melayangkan surat

vano meneranqkan rdsa terintimidasi itu, di antaranya

ii pin*itfu, oit".urskan KPU, Dlndik dan BKD Dalam

lrrai terserut aii"raskan, oknum yang mengaku angota

Panwaslu dinilai telah melampaui batas kewenanganya

ainoan menointimioasi beberapa guru di SMAN 1

iou'oiiuri, ruit, aungan mengatakan 'bahwa hal ini akan

iioJa-luii, i.r.urul-tindakan pidana atau bukan dan bila

Jii.tnuruL uo. unsur pidana maka bisa dlpecat"

"Panwaslu datang secara tiba-tiba dan mengklarinkasl

t"oiJu u.u"rupu guiu terkait kedatangan Pak Tasdi

vano sebelumnya ke sekolah kami Atas penuturan

ir.irititr, l"ti,i merasa terintimidasi' setelah kami

.""a"i..,ii lanqsung ke Panwaslu menjadijelas' kami. .

rir".erfi.t,f..i, pe-rtanqgungiawaban jika kami terbukti

rn"lniuiiiitrti kampanye,'l kata loko saat ditemul di kantor

Panwaslu, kemarin.la mengungkapkan kedatangan calon bupati nomor

r. i*li rJir'lin r Bobotsari 'iat

acara ulang tahun :

.lkoLh m"manq tiaak diundang Kedatangan tersebut'

menuiutnva tiOat< seOang berkampanye, akan tetapi

trniunoati t.Uusui alumni SMAN l Bobotsari "Saat

i"alno"m"ruuti tarbutanpun juga tidak mengaJak

iemltin itupun tiaar semua guru juga ilisitu'" terang

loko. (m905)

B.A.GIA1\* HUIVIAS SETDA L,\BIIPATEN PLiRBALIN(XiA

Page 25: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPINGIIMDIA

BAOIN IIUll{A$ $MDA PUIBAIil{OGA

HARIAN BSenin, iO November 207S

REMBANG- BadanPertanahan Nasional

(BPN) kabupatenPurbalingga berhasil

menyelesaikanprogram kegiatan

Konsolidasi tairahdi Desa Makam,

KebamatanRembang. Programyang dibiayai APBNini berupa penataan

bidang-bidangtanah yang tidak

mendapatkan aksessarana umum

yang dibutuhkanmasyarakat seperti

sarana jalan.

P*##{#**:.tanah sebanyak 258 bidangdi Desa Makam, KecamatanRembang, Jumlah itumerupakan separo dari alokasiJawa Tengah sebanyak 500bidanq,

"Setengahnya ada di kita(Purbalingga -r€d), dan akankami serahkan secara simbolisbersamaan dengan acaraperesmian Jembatan Gatotsubroto oleh gubernur pada 1

Desember," ujar Kepala Kantor

Pertanahan Nasional KhamdanAmbari, pada acara Dialog

. Bupatiyang digelar di PendapaDipokusumo, baru-baru ini.

Khamdan Ambari. mengatakan, pada 2015 ada4.808 bidang tanah yang

dibiayai oleh APBN. Hal inimeliputi sertifikat prona 4000bidang di 32 desa, sertifikatlahan pertanian 300 bidanq ditujuh desa, Redistribusi tanahdj desa Panusupai, Rembang250 bidang, dan sertifikatkonsolidasi tanah 258 bidangdi Desa Makam, KecamatanRembang.

['lenurut Ambari, programkonsolidasi tanah yangdiluncurkan BPN sangatmembantu pemkab dalam .

melakukan pelataan kembalipenguasaan dan pemanfaatantanah. Konsqlidasi tanah daPatdimanfaatkan pemkab dalamkegiatan pembebasan lahanuntuk pelebaran jalan ataupembuatan jalan baru tanpaadanya ganti rugi. Bahkanuntuk daerah-daerah yang

tidak ada sarana umum, tidakmemiliki akses jalan dan sudahlama ditempati, seperti karenarelokasi dan lainnya,

"Daerah lainnya dapatmemanfaatkan program ini.Seperti di desa PanusuPanyang dulunya berupa obyekredistribusi tanah, kini berubahmenjadi lahan perumahan, Inibisa kita usulkan perubahan

dari obyek redistribusi menjadikonsolidasi tanah," katanya.

serahkan Tanah

Dijeiaskan Ambari,program konsolidasi tanah inimengharuskan masyarakatmenyerahkan tanahnya kepaddnegara dan siap untuk ditata,Setelah itu, pihak BPN bersamatjm yang terdiri dari PU,

Bappeda, dan bagian Hukummembuat pradesign penataan

wilayah meliputi bagaimanabentuk jalanya, berapa lebarnyatermasuk fasilitas apa yang

dibutuhkan masyarakat, Setelahada kesepakatan denganmasyarakat, baru programkonsolidasi tanah tersebutdapat dijalankan.

"Yang jelas, nantinya nilaitanah yang diterima masyarakatada nilai tambahnya. Karenaada fdsilitas jalan dan fasilitasdesa lainnya," jelasnya.

Ditambahkan, untuk fasilitasdesa seperti TPQ, tempatbermain anak, mushola, balaidesa, lapangan desa danlainnya, juga disertifi katkansecara gratis.

Penjabat Bupati BudiWibowo meminta masyarakatyang belum menyertifi katkantanahnya,.segera mengurussertifikat tanah di kantorpertanahan BtN'kabupatenPurballngga. Saat ini, lanjutBupati, mengurus sertifi katsudah lebih gampang dan tidakberbelit.

"Jangan pakai calo, Urus sajasendiri ke kantor pertanahansehingga tahu persis berapabiayanya dan berapa lama

.mengurusnya. Di BPN sekarangmakin transparan," jelasnya.

(pt-o6)

BAGIATN H!-1\,1AS SETDA K ABLiPATEN PURBALIN-GGA

Page 26: Kliping media tanggal 30 november 2015

KLIPINGIUEDIA

BAOIA}{ IIIffA$ $I[DA PIIRBAIT'IOGA

HARIAN BANYUMASsenin, 30 November 2015 "/*"/''l'"?' * '-

Razia Malam, Dna Mobil Diamankan

PETUGAs Polres Purbalingga menggelar razia malam di Pos Lalu Lintas Jompo, perbatasan. antara Kabupaten Purbalinaga dengan Kabupaten Banyumas, Sabtu (28111) malam.

KALIMANAH- Dua unit mobil diamankan olehpetugas Polres Purbalingga saat operasi razianialam di Pos Lalu Lintas lompo, KecamatanKalimanah, dekat perbatasan KabupatenPurbalingga dengan Kabupaten Banyumas, Sabtu(28l11) malam.

Kepala Satuan Bhayangkara (Sabhara) Polres

Purbalingga Ajun Komisa s.Suharsono yang

memimpin operasi mengatakan, dua mobiltersebut yaitu Daihatsu Gran I'1ax dan SuzukiFutura, karena pengemuditidak membawa STNK.

Selain itu, pihaknya juga mengamankan STNKmobil, karena pengemudinya tak membawa SIM.

"llereka kamitilang, karena tidak membawasurat-surat kendaraan. Yang barang bukti berupamobil kami tahan, karena tak meinbawa STNK.

Sedangkan yang tidak membawa Sll4 kami tahanSTNK kendaraannya," terangnya didampingiperwira piket, Inspektur Satu I lvlade Nergo.

Razla malam hari, katanya, digelar untukantisipasi tedadinya gangguan keamananketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayahhukum Polres Purbalingga.

"lvlungkin saja di kendaraan yang lewatterdapat rlarkoba, barang ilegal, atau kendaraanitu barang curian, aGu mereka merupakantersangka tindak keiahatan atau mungkin merekabagian dari kelompok radikalisme. Kami antisipasiitu," terangnya.,

Dalam razia malam itu, sebanyak 25 anggotapolisi diterjunkan. Operasi digelar mulai pukul21.00 -22,30, (sMNetworlll/h82"06)

BAGIAN HLMAS SETDA I'ABLIPATEN ?URBALINCGA

Page 27: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPINGMEDIA

BAflAl{ IIIIII{A$ $I[DA PINBAIil{OOA

fl,e R-/"1A S{ e/uN, 3 DND U€41,B7R Z-o /,/-

rDi Desa Makam

Pollsl melakukan pemeriksaan terhadap mayat la*i-laki tanpa

id;nHtas yang diteniukan mengambang di Sungal Glntung'

REMBAT{G- Mayat laki-lakitanpa identitas ditemukan di Sungai

cintung, Desa dantarbarang; Kecamatan Rembang, Sabtu

(28/11j: Diduga korban meninggal karena tidak bisa berenang''--k"olt" poti"t n"rbanq Ajun Komisaris ladiman menjelaskan'

r,iraltira out<ur 16.30 pihaknya menerima laporan dari warga, iika

Ji o"iu ri"nturo"tung ditemukan mayat mengambang di sungai'

"Sianq itu ada warga yang sedang memanclnq di Sungai Gintung'

ala ailaottun melihat tubuh menqambang, dia lalu memberi tahu

waroa sEtempat dam diteruskan ke kami," kata Kapolsek''- firraknva bersama tim Inafis Polres Purbalingga dan tim medis

aari pust<esmas nemuanq, Jalu datang ke lokasi kejadian untuk

."irr.utan oiit rxc:ronlisi mayat sudah membengkak Dari hasil

oemeriksaan diketahui mayat diduga meninggal antara tiga hingga

[., rruiivanq ralu. riaak ida tanditanda penganiayaan pada tubuh

torban. "Kem-atiannva diduga korban terpeleset dan terbawa arus'

Karena tidak bisa berenang, korban tenggq]am," katanya'

Selain itu, tidak ditemukan identitas a&.pun pada diri korban'

Adaoun ciri-ciri korban. berperawakan sed;ng, tinggi 160

."ni."t"., rambut pendek; kepala botak. Korban mengenakan

kaus dalam warna putih tanpa celbna,iiami menyerahkan mayat tersebut ke plhak perangkat desa

untuk dimakanikan sembari menunggrl kalau ada pihak keluarga

,ino o"t"ns untuk memastikan identtas mayat tersebut,"

katanya. (msos-06)

BAGIAN HTIr\1I-{S SETDA KABLIPATEN PURBALINCGA

Page 28: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIUI}{A$ $MDA PIJIBAIil'IOOA

HARIAN Bsenin, 30 November 2075

Tionton Air Mineral GulingBUXATEJA- Kecelakaan lalu lintas, truk tronto-n bermuatan air

mineral masuk ke sawah, lYinggu (29111) pagi di ruas jalan raya

Bajong, Kecamatan Bukateja, Beruntung tidak ada korban jiwa

dalam kecelakaan tersebut.Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purbalingga Ajun

Komisaris Sudarsono menielaskan, kejadian kira-kira pukul 05.00,

Sebelum kejadian, truk tronton bernomor polisi G-1942-DA melajudari arah timur ke barat. Truk dikemudikan Suwartoni (44)' waryaDesa Kramatan, Kecamatan/Kabupaten Wonosobo.

llenjelang TKB truk tersebut mendahului truk lain yang tidakdiketahui no;or polisinya. Naas, dari arah depan ternyata melaju

sebuah bus yang tidak diketahui pengemudinya. Karena kaget,

supir truk panik dan membanting stir ke kanan Truk lalu keluar dari

badan jalan dan terguling di sawah"eeiuntung pengemuditruk selamat dalam keiadian itu,"

katanya didampingi Kepala Unit Kecelakaan Inspektur Dua

lYanggala Agung Sri 14ahardjo.

neiugas dari Satlantas Polres Purbalingga pun datang ke lokasi

untuk olah TKP dan mengatur arus lalu lintas d.ari arah Wonosobo

dan sebatiknya yang sempat tersendat. Polisi memberlakukansistem buka-tutup untuk kendaraan yang melintas.

Setelah barang muatan berupa air mineral dipindahkan ke truklainnya, badan truk lalu dievakuasi. Dua jam kemudian, arus lalu

lintas kembali lancar. Adapun kelelakaan itu, kini ditangani oleh

Unit Kecelakaan Satlantas Polres Purbalingga, (sMNerworuhs2-06)

,*r^ o.r,nuu,"n air mineral terguling d ,#HHrH;"Kecamatan Bukateja, Minggu (29111).fakada korban jiwadalam kecelakaan tersebut.

RA(iIAN HI INIAS SETDA -(

,\BLIPATEN PIIRBA]-IN_GGA

Page 29: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPINGMEDIA

BAflAl{ IIIIII{A$ SMDA PI]RBATNCGA

Senin, 30 Novefiber 2015

PehcuriSePeda MotorDibekuk di PemalangBOBOTSARI- lajaransatreskrim dan Intel Polres

Purbalingga akhirnya berhasil

menangkaP Pelaku Pencunanseoeda motor Yang semPat

dil;kukan di Bobotsarl, Oktober

talu. Tersangka curanmortertangkaP ketika tengah berada

di wilayah KabuPatcn Pemalang'

Kaoolres PurbalinggaAKBP Anom Setyadji melalui

Kasubbag Humas lptu Diman

menielaskan, PenangkaPanini merupakan tindaklanjutdari laporan kasus curanmor

kepada Polsek Bobotsari, 28

oktober lalu, PelaPor atau

korban vakni Maximinus Widodo

Wisnu (41), warga RT 0l/01Desa Karanqduren, Kecamatan

Bobotsari "semenatara Pelakuyang berhasil kami tangkaP;dalah salamun Al salimun(19), \,varga Desa Talaqening,

Bobotsari," katanYa.Diman menceritakan,

oelaku tertangkaP di Alun-alun'Pemalang,

Sabtu (28/I1), berikut

barang bukti sepeda motor mlllK

Maximinus. "setelah dilakukan

oemeriksaan, ternyata kasus

yang semula dllaporkan Pencurian

ternvata kasus penggelapan, oan

telah dilakukan Pemeriksaan'Tersangka akan dilakukan

SALAMUNAI Salimun'tersanqka PenggelaPan danppncuiian sePeda motor' usaltertangkaP.

Denvidikan lebih lanjut," katanya;

Seperti Yang diketahul, kasus

oenoqelaDan dan Pencunanini aiiatui<an Pada senin,26oktober 2015, Pukul 19 00 lalu'

Ketika itu, korban tengah tidur

kecaoean, sedangkan tersangka

tiduadi benqkel Bintang dekat

kendaraan Honda Beat R 6309

HV Putih biru 2015 milik korban'

Korban vanq saat itu dalam

keadaan lengah, tersangka

meminjam sepeda motor korban

beserta STNK-nYa. Namun tak

disangka, tersangka tidak muncul

Iagi dan membawa kabursepeda

motor tersebut. (mgos'06)

BAGIA.N HLMAS SETDA I'ABfTPATEN PURBALINGCA

Page 30: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIUII{A$ SIIDA PUIBAIINOOA

HARTAN BANYUMASsenio, 30 November 2015

RAGI \N HI T\'JAS SETD,\ K.,\BUPATFN P(]RB.\IINGGA

Page 31: Kliping media tanggal 30 november 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III]IilA$ SIIDA PURBAIT{OOA

SATELITPOSTSENIN PON,

3O NOVEMBER 20I5

PURBALINGGA, SATELE-POST-Pilkada serentak ditu-ding sebagai satu di antarapenyebab kegagalan Kabu-paten Purbalingga dalammempertahankar Piala Adi-pura. Pemkab menjadi gagalfokus untuk mempersiapkaninftastruktu r penuniang pe-nilaian kejuarar nasional dibidang lingkungan tersebut.

"Pemkabt€rlalu fokusmqg-hadapi pilkada serentak, se-hingga proses mempersiap-kan penilaian Adipuia ter-

??Pemkab terlalu fokusmenghadapi pilkada serentak,

sehingga proses mempersiapkanpenilaian Adipura terabaikanf !f

TRIDAYA.KARTIKAPeg i at Komu n itas H ijau P u rbal i ngga

abaikan " ujar Tri Daya Kat-tika, Pegiat Komunitas HirauPurbalingga, Jumat (26l 11).

Komunitas Hijau berharap,

tahun depan Peml<ab haruslebih serius lagi untuk mem-persiapkan penilaian Adi-pura. Jangan sampai kega-galan tahur ini terulang kem-bali.

DPRD Kabupaten pulba-lingga juga menyesaikan ke-gagalan Purbalingga dalammempertaiankan Piala Adi-pura 2015. Dewaa menuduirSatuan Ke{a Perangkat Da-erah (SKPD) yang terlibatdalam urusal Adipwa tidakbekeria maksjmal.'SKPD se-tempit juga ridak sepenuh-nya memahami variabel oen-iiaian Adipura.

"Penilaian Adipura iri ti-dak melulu berkaitan denganlingkungan. Ada unsur pe-nataan transpoitasi, tamankota, dan permuliman ku-muh. Semua SKPD yang me-ngurusi variabel itu tidakbersinergis," ujar BambangIrawan, Ketua Komisi IIIDPRD Purbalingga, Jum4t(26 /.1t).

I Bersambung ke hal 1 1

I Darlhal 4

Fokus Pilkada,Gagal

Pertahankan

Bambang mendesal kiner-ja seperti di atas seqera di-benahi. Dia minta semuausaha di bidang penataanlingkungan kota terkonsep

dan tertata dengan baik. Jikaitu dilakulan dia yakin Pur-balingga bisa kem6ah meraihAdipura. ([email protected])

-{,

BAGL{N Hll\I.,\S SE f DA K.ABltP:\TEN PURBAIINGG,\

Page 32: Kliping media tanggal 30 november 2015

-.a:i I

DPU: MasihSebatas lsu

5A'IEU'IPOST/BIJDAL AFGANI

BUDI WBOWO

PBIABAT Bupati Purbaling-ga, Budi Wibowo menga-taka4 tanda-tanda kegagalan

Pubalingga neraih Adipurasudai terlihat seiak ia datangditugaskan di kabupaten ini.Misalnya manaicmen penge-lolaan sampah. Seharusnyapengelolaan Iirnbah dari ma-syarakat sampai TPA dila-kutan secara modem.

'Jangan lagi menggunakansistem open dumping, tapi,Sanitary Landfill ," trjat B:udi.

Open dumping adalahpe-nimbunan terbuka yang se-ring disebut metode kuno.Pada tahap ini sampah di-kumpulkan dan ditimbunbagitu saia dalam lubang

r Bersambung ke hal 11

I Darl hal 4

DPU:MasihSebatas

yang dibuat pada suatu la_han. 9.dan**lSanitaru t hd-fll adalah-membuan"g danmenumpuk sampal ke suahrlokasi yang cekung, mema-datkan sampa} teriebut ke-muolan menutupnya de_

nga! tanal Metode ini dapatnrenghilangkan polusi udaia.

-terpisah, Kepala DinasPekeriaan Umim (DpU )

Kabupaten Purbalingga,Srgrt Subroto, mengatakankabar gagalnya Purbalinqqameraih Adipura kali ini iri-sih sebatas isu. Dia mensakubelum menerima hasiioe-nilaian secara resmi d'ari

Badan Iin$qmfpn IidD GLFDPurbalingga.,,Ketik'a sayatanyakan ke BLH belum adajawaban yang pas6,, katanya.

Sedangkan Kepala BiHPurbalingga, Drs lcha Mas-rianto, sampai berita ini di-turunkan belum memberiJawabar. Ketika dihubungi,la mengalu sedang berada diluar kota. (rar)

I]ACI.L\ IIi I\IAS SETDA }.\BL:P.\TI]\ PI IRB.[ING(;:\

Page 33: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPINGMEDIA

BAflN III]MA$ $[IDA flJRBAIINOGA

SATELITPOST

"Kemenhub Tidak Serius"r Soal eemUangunan Bandara Wirasaba

PI'RBALINGGA, SATELITPOST-PE-merintah Kabupaten Purbalingga me-

ngaku sangat siaP memulai Pengem-banean Lanud Wirasaba menladl Dan-

dar"udara komersial untuk sipil Na-

mun, karcna Kementerian Perhubungantidak serius, sampai hari ini Pem-bansunan bandara !dak bisa dimulai'

P;abat Buoati Purbalingga, Br'rdi

Wib6wo, mengataLan, Purbalinggasaneat membuhlhkan a(ses transPortaslceo"at untuk mendbngkrak Pertum-br-ihan ekonomi Lawa'an Jawa lengah

0ateng) bagian barat. N,amun, Ke-

menhub melalui surat membentahuxankebutuhan transportasi cePat bisa

,__]1\;-

menscunakan bandara Tunggulwr'rlungai clIicao. "Kami tidak masalah mau dimanapui, asalkan bisa dilembangkan,"kata dia. Sabtu (28l11).

Namun, Bandara Tunggulwulr'rngdinilai tak representatif karena sulituntuk dikembangkan menjadi bandara

berkapasitas besir. Sedangkan LanudWiraiaba bisa terus d ikemba ngkanhingga landasan pacu yang bisa digu-nakin untuk pendaratan pesawat besar'

Di sisi lain TI\l AU melalui suratmenyatakan sangat siap mengembang-kan Lanud Wirasaba.

SENIN PON,3O NOVEMBER 2015

I Bersambung ke hal '11

t Dari hal 4

"Kemenhirb f:fiJ#i"X1I;'lT,ffilt "J3:#L*TiiX""111,,"",Tidak SefiUS" iipi ini lampai 4 ribu ton kelayakan iuga menyebut

' M;ka Purbalingga butuh alat Lanud Wirasaba iayak dt-"Lima labupaten sudah k2isoq11.ri ce"pit urltuk.e- kembangalun. Soal Panjan8

sepakat mem6angun ber- fluliktl hasil produksi yang landasan, ia mengatakaniun u-sumu,

^aku p"raa zots seilria ini d.iangkut melali tergantung kemampuan Le-

lurbalingga mencidangkan p"ruUrfru"aiCituLp, 'katanya uangan Peml<ab "Sekarang

Rp l5 rnilir untuk p"n!em- '-5.1u6o, Komandan Lanud kan-850 meter' Nanti bisa

bansan bandara.l ahun)0t o ryl-ru6, Letkol Nav loni dipanjangkan meniadi 1500

Rpi6 miliarlagi, jaditotal Rp i,.,lu run*ut siap menyambut meteratau2000,'katadia3d mliar,' tati aia. 'bu'.rduru" ko."rsia L la me- Sementara itu, perwakilan

Budi mengatakan, di Pur- ,rnu1, telah men\iapkan dari PT Angkasa Pura Il,balinggajugi telah memiliki su"runu dan prasu.inu tertu CautsilMadani dalam forumPerdi"lnvistasi dan juga iumbe. duvi multusia. "Kita tersebut memberlkan gam-RTRW sehingga terbuka ter- ,,r6u1'r sarigat slap, hanya baran bahrva pengembanganhadap invesid. Keberadaan iitrnnut *"ilrnee,i Kemen- bandara da-ri sisibisnis tidaLbandara dinilai akan menjadi 1"riffi p"rhubunlin. Tinggal selalu menguntungkan Me-

faktor penting untuk men- eksekusinva sai+" kata dia, nurut dia tetaP ada rislkodatangkan in-vestor besar' ,tui rn"nib"ri[rn paparan yang harus ditanggung "Ja-

"Purbilingga akan ada in- dalam Focus Grup Discus- ngan berelsPektasi berlebr-

vestor pabii gula yang mar! sidn (FGD) tentang pengem- han dulq harus dip-erhitung-pu memprodil<si3 ribusam- 6.,rnurl wirasauiheiiaai kan masak masak,"katanya

i:ai 4 ribu ton per tahun. banjar udara komersial, Sab- (gan/rar)

RAGIA,\ HU\'IAS SETDA KABLIP,C.TEN PLiRI]ALINGCA

Page 34: Kliping media tanggal 30 november 2015

-/-.-/ t\

HELIKOPTER milik TNI AU mendaratdi Lanud Wirasaba, Purbalingga dalamacaraWirasaba Air Show 2015, Jumat(27111\.

BAGIAN HlrMi\S SETDA I'ABLTPATEN PLTRBTIINGCA

Page 35: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPINGMEDIA

BAflAN III]MA$ SMDA PI]RBAIT{OOA

SATELITP(3ST

Purbalingga PunYa Enam Desa Wisa

SENIN PON,30 NOVEMBER 20I5

Desa PanusuPan Kecamatan Rembang,

Desa Tanalum Kecamatan Rembang,

r Bersambung ke hal 11

wisata kepada biro wisatadan wartawan pada AcaraFam Trim and Media Writerdi Aula Balai Desa Panu-supan, Sabtu malam (28/11).

Dav Siwarak menriliki spofuntul menikmati surrfue dansz,Tset dad bukit berketing-gian 1,300 mdpl yarg bema-ma Bukit Njelir. Di sini, wi-satawan bisa cazpirgnamundengan fasilitas yang leng-kap yang disebtt t'ioe starcamping. "Bagi wisatawanyang memiliki minat khususpetualangarL Bukit Njelir sa-

nelayan," kata dia.Subeno menjelaskan, se-

bagai upaya mendongkrakkunjungan wisata, dinas su-dah mengenalkan berbagaidaya tarik wisata Purbaling-ga ke biro wisata dan jugajurnalis dari berbaqai me-dia. Mereka diajak ierkeli-ling ke berbagai objek wisa-ta dan berinteraksi langsungdengan pengelolanya. "Ka-mi berharap ini bisa meniadiawal yang baik untuk pari-wisata Purbalingga," kata-nya. (gan)

EOI'IOR: YON DARYONO/L}YOO] ]ACK

ngat pas urtuk dicoba," kataSubeno lagi.

Desa Limbasari merupa-karl sentra batik khas Purba-

.lingga.'Di desa id ada ba-nyak situs purbakala yangiuga menjadi wahana wisatapendidikan. Di Panusupandan Tanalum ada curug ianpanorama alam perbukitan.Ada juga tari Dayakan yangmerupakan satu di antara ke-senian yang dimiliki desawisata ini. "Di Kedungbendaada objek wisata Susur su-ngai menggunakan peralu

PIJRBALINGGA, SAIEUTPO6-I-Ke-

,it, Oinut Pariwisata PurbalrnS€a'

i"L-".. Sf MM, mengatakan'.sudahIil""""rn a"t"'*lsati yang siap di-

I Darl hal 4

PurbalinggaPunyaEnam

dan Desa Keduagbenda Ke-camatan Kemangkon.

Desa Serang mengandal-kan agrowisata kebul stro-beri. Di Serang ada kebunstroberi seluas 45 hektareyang mampu menghasilkanlima ton sehari. "Di Serangiuga suda-h tersedia sekita;60 lzoruestay untuk menginapwisatawan," kata Subenosaat memaparkan potensi

kuniunsi dengan daYa taril- Yangberbeda"-beda Antara [a in Desa Serang

.lan Siwarak Kecamatan Karangrela'nesa Limbasari Kecarflatan Bobotsarl'

RA(iIAN HI]MAS SLTDA LABL]PATEN PIIRB-{LINGGA

Page 36: Kliping media tanggal 30 november 2015

--)-

BATiIAN Hl:]!IAS SETDA K,qBUPAI'EN PUIIBALINGGA

Page 37: Kliping media tanggal 30 november 2015

BAGIAN HLI\'I:\S SITDA I.ABT ]PATEN PLIRBALINGGA

Page 38: Kliping media tanggal 30 november 2015

KLIPING NIEDIA

BAOIN III]I}{A$ $MDA PI]RBAIil{GOA

SarellrPosrSEN!N PON,

3O NOVEMBER 2OI5

Ditemukan, Mayat Bengkak diSungai Gintung

PURBALINGGA, SATELITpOST-WaIgaD, esa Bantarbarang Kecamatan Rembaigdigegerkan penemu;ut mayat seorang priatanpa identitas di sungai Gintunq,Sibtu(28ll-t) pukul te.:O t tA. Dari iondisimaya,tyang telal membengkak, diduga priaini telah meninggal tiga hari.

. Dari keterangan polisi, mayat pertamakalr drtemukan warga yang sedang me-ma ncing. Warga kemudjan melaporlankejadian itu Lepada 1o6k Guntoro, tokohmasyarakat setempat. Tofik kemudianmeneruslan laporan ini ke MapolselRembang. "Ciri-cirinya pria, tinggi sekitarl6U (m, kepald botak, memaka i Lits dalamwarna putilL tanpa celara,,, kata Tofik.

, Sementara itu, anggota polsek Rembangdatang ke lokasi untul melakukan pe-nyelidikan. Dengan dibantu tim medis dariI-uslesmas tr_ecamatan Rembang, polisimenyelid ik i kondisi mdyat. ,,U"a"it pe-meriksaan tim medis dan Inafis tidakditemukan ta nd a - rand al!!g4LEyq! nl

, Dari hat 4

Ditemukan,Mayat Bengkak

kata Kasubag Humas polres],urbalingga, Inspektur SatuDiman_

_ Karena mayat telah mem_bengkak, polisi memutuskanmenyerahJ<an mayat ke De_rangkatdesa setempatuniukormakamkan. polisi menvim_pan dokr.rmentasi dan baianot'ukti agar pihak keluareioisa mengenali iika suatus#tdatang ke kantor poljsi. ,,Ka_mt memutuskan menguburmayat ini di tempat iema_Kaman umum desa setem_pat, ' kata dia.

Sebehrmnya, polisi juqamenemukan mayat di suns"aiSerayu. Mayat ieoru,,s piiut_anpa identitas ini kem"udiandik_etahui sebagai kakek Den_yual rotiasai Banjamegara. (gan)

I Bersambung ke hal i'i

BAGIAN Htrl!{As SETDA KABIIPATEN PI TRBAIINGCA

Page 39: Kliping media tanggal 30 november 2015

BAGIAN HLMAS SETDA KABUPATEN PLIRBAIINC,GA

Page 40: Kliping media tanggal 30 november 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN III)[{A$ $XMA ruIBAIil{OOA

I

WZlWaSan i Senin Pon, 30 November 20'15

ffi Hari ini RAPBD 2016 DitetaPkan

PenanggulanganKemiskinan

Jadi PrioritasPURBALINGGA-DPRD Purba lin gga, Senin(30 /11) ini akan menggelar Rapat Paripurna den-gan agenda penetapan RAPBD tahun 2016.Agenda tersebut sesuai dengan jadwal yang dite-

^

tapkan oleh Badan Musyawarah (Banmus). Den-gan demikian penetapan RAPBD dipastikantepat waktu.

Ketua DPRD Purbalirgga membenarkan hal l.ersebut.Tongat SH, kehka dikonfirmi- Menurutnya, antara dewansi, Minggu (29 / 11) petan?, dan eksekutil sudah berkomit-

men agar peneiapan RAPBDmenjadi APBD dilakukan tepatwaktu. "Dengan demikian pro-ses pembangunan segera bisadilaksanakan. Kami sudah ber-komitmen untuk menetaDkanRAPBD 2016 sesuai jadivat,'lanjutnya.

Dia membenarkan apabilabahwa penanggulangan kemis-kinan di Kabupaten Purba-lingga pada tahun 2016 men-iadi pdoritas utama RAPBDtahun 20i6. Kebijakan ini tidakberlebihan dikarenakan masih

banyaknya penduduk miskinyang perlu dientaskan dariketidakberdayaannya.

"Data Sensus E(onomi Na_sional (Susenas) tahun 2013. diKabupaten purbalingga masihteroapat penduduk miskir sek-itar 2053 persen. Dari sekianpenduduk miskin terdapat ZnDu orang menderita cacat13,6 dbu menderita penyakiiKronls, ' paparnya.

Kemudian terdapat 27.533rumah tidak layak huni. di_mana 50,41 persen tidak memi_

liki fasilitas air besar. Serta se_banyak 1.159 anak usia sekolahSD dan 2,167 anak usia sekolahSMP belum menikmati pen_didikan dilarenakan alisanekonomi.

"Tantangan tersebut men-iadi prioritas kebiiakan oadatahun 2016. Yakni prograrir pe_mugaran rumah tidak laiakhuni, iambanisasi, p"r," ng"il-anak usia sekolah, perluasancakupan pelayanan kesehatanbagi keluirga' miskin.programperluasan pelayanan o"rang

dengan kecacatan berat sertamela,njutkan program SMKgratis bagi keluaiqa kuranemampu," lanjutnya.-

Selain itu iuga perbaikan in_fraslruktur dengan peningkat_an kualitas 50 ruas iahnl pe_ngembangan irigasi slinga seitapeningkatan destinasi ;isar,aPrioritas ini berdasarkan ama_nat UU nomor 23 tahun 201,4tentang pemerintah daerahyakni mempercepat terwuiud-nya keseiahteraan masvara_kat.S* ST-ad

BAGl.$i Hl ilvIAS SETDA KABITPATEN PI TRBALING(I{

Page 41: Kliping media tanggal 30 november 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN IIII{AS $MDA PUIBAIT{OOA

T}1allasall i Senin Pon, 30 November 2015

I

Pendidik Harus Berkontribusibagi MasyarakatPURBALINGGA - PenjabatBupati Purbalingga Budi Wibo-wo meminta agar kalanganpendidik tetap eksis sertamemberikan kontribusi nvatadi mata masyarakat. Sebagii li-lin-lilin/penerang serta ;badinegara dalam mendidik anakbangsa yang tidak pernah pa-dam, masa depan bangsa inidipertaruh&an di pundak paraguru. Sehingga, momentum ke-giatan tersebut diharapkandi.jadikan bahan evaluasi'diri,sudah seberapa besar kontri-busi yang diberikan kepada ne-Sara dan masyarakat.

"Dengan solidaritas dansoliditas guru, hal itu harusmenjadi modal meniaga persa-tuan dan kesatuan gilru. Untulitu, ketika PGRI mampumemberikan kontribusi kepa'da

RESEPSI frm PC RI : Penjabat Bupati purbalinggn Budi Wibouomelnberikan sqmbutan d.alam Malani Rescusi don Fiselornn WarnnqKulit dllam rangkoian HL-tT ke-70 pGN inn Hnri G"uru Nasioriat 'tah*n 2015.1Foto: Ioko Santoso

anggota dengan soldaritas dansoliditas dari i:iev:n o""" balingga siap mendorong du-

nia pendidikan. Selain inr, pem-kab juga akan membeiikanperhatian yang memadai untukpengembangan pelaksanaanpendidikan di Purbalingga.

Ketua Panitia HUT PGRI Ke-70 dan Peringatan Hari GuruNasional (HGN) Tahun 2015Tingkat Kabupaten Purbaling-ga Heriyanto menuturkan, bah-

wa salah satu momentumpembinaan anggota adalah d!laksanakannya berbagai keg!atan dalam rangka peringatanulanS tahun. Sedangkan ke-Biatan yang sudah dilaksana-kan dalam berbagai bentukantara lain olah raga, seni bu-daya, forum ilmiah, dan pe-ngembangan profesi guru.*

ST-jie

lalaransurrurras oart ,alaran guru/sehingga kedepan Purbalinggaakan lebih baik laei, kariiahasil-hasil prestasi ?ari gurusudah banyak," katanya saatmemberilan sambutan DadaResepsi HUT PGRI ke 70'danResepsi HUT PGRI ke 70 danPagelaran Wayang Kulit diAula PGRI Kabupaten Purba-lineea Sabtu (28lil)malam-lingga Sabtu (28l i 1)malam.

Diungkapkan Pemkab Pur-

BAGIAN HttlvlAS SETDA LABTTPATEN PtiRB-qLlNG(;A

Page 42: Kliping media tanggal 30 november 2015

KTIPING IUEDIA

BAOIAN IIUMAS $[IDA PIIIBAIil{OOA

1ilAVfiaSan I s"nin eon, 30 November 20ts

Dana Desa Tahun 2016 Diprediksi Naik 12t+0/o

PURBALINGGA- Dana desayang diterima Kabupaten Pur-balingga dari pemerintah Pusatpada tahun 2016 diproyeksikannaik 124 persen. Tahun 2015

dana desa diterima sebesar RP65,5 miliar, menjadi 149 miliar.Hal tercebut dikatakan Pi. BuPaiiPurbalingga, Budi Wibowo,Milggu (29l11).

Budi mengatakan Pada talun2015, iika dirata-rata maka setiapdesa alan mendaPtkan danadesa diatas Rp 250 juta. Sedan-gkan penggunaannya untukfasilitas dasar masvarakat,seperti kesehatan, infru s'tt kt .,oe'ndidikan, ekonomi dan seba-

|ainya. Penggunaan dana desa

dilaksanaican standar ketentuanvang berlaku, dengan Pen"iamipingan eks Petugas PNPMMand i.

"SamDai saat ini telah sanadesa telai d.i dicairkan untuk ter-min pertama dan termin kedua,untui< termin ketiga masihdalam proses,"ujar Budi. Penerimaan dana desa tiap

desanva berbeda-beda hal terse'but rrienurut Budi dilihat seber-apa besar jumlah Penduduk,jurerlah penduduk miskin, letakgmgrafis dan luas wilaYah. Ke'tentuan tersebut mengacu Padaperatruan Yang berlaku.-

Sedangkan Alokasi dana desa(ADD) tahun 2016 iuga men-

galami peningkatan Yakni sebe-

sar Rp 10 miliar. Peningkatan inidari i.p 83 mil.iar dad tahun 201 5

menjadi Rp 93 miliar tahun 2016.

Penesunaan ADD berdasarkankete" uan yang berlaku Yakni3070 untuk Bantuan OperasiorlalDesa (BOP) dan 70% ,irtuf ftiL.

"Dana tersebut setelah diku-rangi untuk Bantuan Penghasi-Ian Tetap Perangkat Desa(Siltap), -

sedangkan Pelak-sananan ADD untuk termin Idan 2 sudah 100 Persen sedan-gkan untuk termin ke 3 masihdalam proses yakni tersisa 16

- desa," imbullrya. WST-ad

PLJRBALINGGA - Mayat laki-laki tanpa identitas ditemukandi Sungai Gintung, Desa Ban-tarbarang, Kecamatan Rem-bang, Sabtu (28111). Didugakorban meninggal karena tidakbisa berenang.

Kapolsek Rembang AKP Ja-diman menjelaskan, kira-kirapukul 16.30 pihaknya menerima

Laporan dari warga, jika di DesaBantarbarang ditemulan mayatmengambang di sungai.

"Sian8 itu ada warga Yangsedang memancing di SungaiGintung, dia dikagetkan melihattubuh mengambang, dia lalumemberi tahu warga setemPatdarrL diteruskan ke kami," kataKapolsek.

Pihaknya bersama tim lnaJisPolres Purbalhgga dan tim me-dis dari Puskesmas Rembang,la1u datang ke Iokasi kejadianuntuk melakukan olah TKP.Kondisi mayat sudah mem-bengkak. Diri hasil Pemerik-saan diketahui maYat didugameninggal antara tiSa hinggaIima hari yang lalu.WST-cd

BAGI,\N Ilullt dS SL,']'DA KABIiP,\Tttr- PfiRBAl INGGA

Page 43: Kliping media tanggal 30 november 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III][{A$ $[IDA PIIIBAIJNOGA

l&aWaSan ] Senin Pon' 30 November 2015

Armada Taksi Mendesak di PurbatinggaipUnBelfruCCA- Dinas per- dukung tidak mendukung angkutan agar purbalinqqahubungan Komunikasi dan Tn- adanyi taksi di purbaringgrl *""-ititi tir[i

"rJ"r, -irfiT

; formatika (DinhubkominJo) da,' jumlah armadu yang aiuli- Bahkan sudah dilakukan bebe-Purbalingga_ mulai melakulan tuhkan, namun ku""'ioo& lebitr rapa kati rapat Le"sil;;;studi kelayakan taksi. Paparan menekarkan- pada frekuensi tuit uit, t"rJ.rurrt AE;';;_.pendahuluan studi kelayakan warga pyrb{lnggq dalam ganisasi pu"g""uf,u inp;ta"fenga{3a1_Taksi diPirbal- men}gunakanjasJiaksi. iorganda)i.inggadila.kukan dihadapan tim su"izei penyebaran kue- ;Banyak masyarakat purba-

::1i, u-hlbko^-Tto, Bagian sioner untuk mendapatkan re- lingga yang kesulitan menda_: {ere{ongm1l ietda, tJappeda, sponden nantinya akan patkan'anglutan ketika sudall:'dan tsagian.Hukum oleh kon- dilakul<an di seju:mrah titik petang atiu maram. pasalnva'-:surlan l)olakgan3_U trikarsa ya-ng di4nggap tepat. -!g)erti angku-tar kota hanya beio_?yy^ry.l::,:i" cemitang. di itSU"D Curfi;;s r"illdlErrii, peiasi sampai jam 5 lore atauAura uinhubkominfo, baru- RSU Nirmara, terminal p,rbal- ieti.l<a karviwan pabrik Duransbaru ini- ingga, Terminal Bobotsari, Tei t".i;. 4;h1;;;; f";;.;f.,il;?, Dalam paparannya_ Aji p minll Bukatela, l.erumahan ai u"iirl" t"i'ii"rr"" ii i;rir"r:clan konsultan pelaksana Karangsentul, Wirasana, pe- kerto'maupun ke stasiull keretai::_:lYlkrl, pihu\ny: l\11 namboingan dan purbatingga api, pada malam hari kesu[_menyetar kurang lebih 1.000 Wetan, Komplekq pertokoin tjn,,,'ungkapnya.luesroner secara acak (random dan alun-alun purbaiinesa. sempnrai: Kerrre f)rornzr,

Kurang reDtn t-uUU tryetan, Komplekq pertokoan tan,,,ungkapnya.luesroner secara acak (random dan_alun-a_lun- purbaiingga. semeitaia ketua organda:1nLlTfl-* ::il^]* li,t di .Kepala Dinhubkomiir?pur_ HM wachyono fu;#;i;;;wllayah l'u rt almgga,-tsobotsari balirgga yonathan Eko Nu_ sudah saainva kota -l.urba-

1-1n':l*"1?. t:, dari kuesioner groho mengarakan, desakan lingga memiliki taksi.ffiini bukarr.lagi masalah men- irasyarakat - p".gg.rrla yu"u ST-ad

R \(iIAN H1-MAS SETDA K,qBI P,{TEN PI]RB.\LINGGA

Page 44: Kliping media tanggal 30 november 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIUII{A$ $IIDA PUIBAIT,IOOA

I

\VaVlasan I Senin Pon' 30 November 2015

Potisi Razia Matam, Dua Mobit DiamankanPURBALINGGA - Dua unitmobil diamankan oleh PetugasPolres Purbalingga saat oP-erasi razia malam di Pos LaluLintas Jompo, KecamatanKalimanah, dekat perbatasanKabupaten Purbalingga den-gan Kabupaten BanYumas,Sabtu (28l11).

Kasat Lantas Polres Purbal-ingga AKP Suharsono Yangmemimpin operasi men-gatakan, dua mobil tersebutyaitu Daihatsu Grand Maxdan Suzuki Futura karenapengemudi tidak membawa

STNK."Mereka kami tilang karena .

tidak membawa surat-suratkendaraan. Yang barang buktiberupa mobil kami tahankareira tak membawa STNK,sedangkan yang tidak mem-bawa SIM kami tahan STNKkendaraannya," terangnYa di-dampingi perwira Pilet, In-spektur Satu I Made Nergo.-

Razia malam hari, katanya,digelar untuk antisiPasi ter-iadinya gangguan keamananketertiban masyarakat (kam-iibmas) di wilayah hukum

Polres Purbalingga."Mungkin saia di ken-

daraan yang lewat membawanarkoba, barang ilegal, ataukendaraan itu barang curian,atau mereka meruPakan ter-sangka tindak kejahatan ataumungkin mereka bagian darikelompok radikalisme. Kamiantisipasi itu," terangnya.

Daiam razia malam itu, se-banyak 25 anggota Polisi diter-iurkan. Operasi digelar mulaipukul 21.00-22.30 WiB.$lll*

ST-ad

RAZIA MAI-4M: Petugas Polres Purbalingga menggelar razia di Pos Lalu Lintas lonpo perbatasan antaraKabupaten ParbalirLgga dengan lhbupaten Banyumas, Sabtu (2811L) malam.WEoto: loko Santoso-ad

BAGIAN IILIN,I \S SE'TDA K,J\NLIP{TEN PIRBALI.I{GG.\