Kliping media tanggal 12 agustus 2015

53
KTIPINGIIMDIA BAflN IIIIIIA$ $[IDA PUIBAIil{OOA SUARA MERDEKA RABU,12AGUSTUS 2015 lnternal Golkar PURBALINGGA - lntenal Paftai Golkar KiarrB0rgeiolak Kabupaten Purbalingga menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilakada) Purbalingga 2015 kian bergejolak. Setelal; kepengurusan DPD terpecah menjadi dua kubu, yakni kubu Aburizal Bakrie (ARB) dan Agung Laksono (AI), kali ini giliran omganisasi sayap Partai Golkar Pubalingg yang menxmas. Tiga organisasi 6ayap, yakni Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI), Organisasi Kemasyarakatan Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR), dart Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) 1957 berrnanuver politik dengan men- dukung pasargan calon bupati dan wakil bupati Tasdi-Dyah Halunmg Pratiwi. "Tiga organisasi pendiri (Partai) Golkar, Kosgoro 1957, MKGR, dan SOKSI resmi men- dukung pasangan Tasdi-Tiwi, " tegas Ketua Kosgoro 1957 Muhammad Wachyono, kema- dn. Mesk, uk bisa ikut Pilkada Purbalingga karena masalah dualisme kepemimpipan, hal senada juga diungkapkan oleh Ketua MKGR Maskur dan Ketua SOKSI Sumoyo. "Kami minta apa yang kari tegaskan ini didukung oleh semuakader," tandasnya- Sudah Diprdiksi Manuver politik tiga organi- sasi pendiri Partai Golkar ini sudah dipredilsi sebelumaya. Sebab, ketiga ketua organisasi sayap Partai Golkar ini, meru- pakan pengurus dari pengurus DPD Partai Golkar versi AL, yang sebelumnya sudah meny- atakan dukungannya ketriada Tasdi-Iiwi, saat deklamsi. Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar hrbalingga versi ARB Sudono maiah tidak terlalu ambil pusing dengan pemyataan sikap pengurus harian DPD Partai Golkar Purbalingga versi Al-itu. "Bia*an saj4 tidak apa- apa. Itu kan hanya sebagian kecil saj4 " katanya. Sementara itu, ted<ait dengan arah dukungan dalam Pilkafla 2015, pihaknya belum menea- ukansikap. e "Kani tidur (tidak bersikqF R€d) dahulu. Kami akan melih*t perkembangan politik beberapo waktuke depar Setelah itu, karii bam memutLlskan," ungkapnya. Adapun Ketua Frakii Golkar DPRD P[balingga Agus Sulc- tomo menekalkan, pihaknya tidak akan tery€ngaruh dengzFt dualisme pimpinan di intenfal partai. i: "Saat ini kami masih fokits pada memperjuangkan aspirasi masyarakat." tegasnya. (H8!- 57) li BA(iL\\ I{1'}l{S SETDA L\BIrP:\TE\ PtiRBALI\G(i.\

description

 

Transcript of Kliping media tanggal 12 agustus 2015

Page 1: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KTIPINGIIMDIA

BAflN IIIIIIA$ $[IDA PUIBAIil{OOA

SUARA MERDEKARABU,12AGUSTUS 2015

lnternal Golkar

PURBALINGGA - lntenal Paftai Golkar

KiarrB0rgeiolakKabupaten Purbalingga menjelang

Pemilihan Kepala Daerah (Pilakada)

Purbalingga 2015 kian bergejolak.

Setelal; kepengurusan DPDterpecah menjadi dua kubu,yakni kubu Aburizal Bakrie(ARB) dan Agung Laksono(AI), kali ini giliran omganisasisayap Partai Golkar Pubalinggyang menxmas.

Tiga organisasi 6ayap, yakniSentral Organisasi KaryawanSwadiri Indonesia (SOKSI),

Organisasi KemasyarakatanMusyawarah KekeluargaanGotong Royong (MKGR), dart

Kesatuan Organisasi SerbagunaGotong Royong (Kosgoro) 1957

berrnanuver politik dengan men-dukung pasargan calon bupatidan wakil bupati Tasdi-DyahHalunmg Pratiwi.

"Tiga organisasi pendiri

(Partai) Golkar, Kosgoro 1957,

MKGR, dan SOKSI resmi men-dukung pasangan Tasdi-Tiwi, "tegas Ketua Kosgoro 1957Muhammad Wachyono, kema-dn.

Mesk, uk bisa ikut PilkadaPurbalingga karena masalahdualisme kepemimpipan, halsenada juga diungkapkan olehKetua MKGR Maskur danKetua SOKSI Sumoyo.

"Kami minta apa yang karitegaskan ini didukung olehsemuakader," tandasnya-

Sudah DiprdiksiManuver politik tiga organi-

sasi pendiri Partai Golkar ini

sudah dipredilsi sebelumaya.Sebab, ketiga ketua organisasisayap Partai Golkar ini, meru-pakan pengurus dari pengurusDPD Partai Golkar versi AL,yang sebelumnya sudah meny-atakan dukungannya ketriadaTasdi-Iiwi, saat deklamsi.

Sementara itu, Ketua DPDPartai Golkar hrbalingga versiARB Sudono maiah tidak terlaluambil pusing dengan pemyataansikap pengurus harian DPDPartai Golkar Purbalingga versiAl-itu. "Bia*an saj4 tidak apa-apa. Itu kan hanya sebagian kecilsaj4 " katanya.

Sementara itu, ted<ait dengan

arah dukungan dalam Pilkafla2015, pihaknya belum menea-ukansikap. e

"Kani tidur (tidak bersikqFR€d) dahulu. Kami akan melih*tperkembangan politik beberapowaktuke depar Setelah itu, kariibam memutLlskan," ungkapnya.

Adapun Ketua Frakii GolkarDPRD P[balingga Agus Sulc-tomo menekalkan, pihaknyatidak akan tery€ngaruh dengzFtdualisme pimpinan di intenfalpartai. i:

"Saat ini kami masih fokitspada memperjuangkan aspirasimasyarakat." tegasnya. (H8!-57) li

BA(iL\\ I{1'}l{S SETDA L\BIrP:\TE\ PtiRBALI\G(i.\

Page 2: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IUIIA$ $MDA PUIBAIil{OOA

SUARA MERDEIGMBU, 12AGUSTUS2O15

Pemkab Siapkan PerbuP

Sumbangan Sekolah

PURBALINGGA ' KePala

Dinas Pendidikan (Dindik)

Eltraiinega Tri Cunawan Setiadi

mengemukakan. Pihaknya saat

ini tengah menyusun pemtulan

buDati (Perbup) Yang mengarur

treiaran sumbangan sekolah'

Perbup ini akanmenjaA Ptn'nj*teknis sekolah dalam menar (surnbangan oleh sekolah'

"SaatiniPemkabbammemr-liki Perda Nomor 10 Tahun 2010

tentane oendanaan Pendidikansebagii dasar hukum sekolah

untuk menarik swrbangan kePa-

da orang rua siswa," ujamYa disela-sela Seminar Peningkatao

Kompetensi Guru Bahasa

siam pen bertanggal 6 Agustus2015 lalu, Kepala OmbudsmanRI Wilayah Kerja DfY BudhiMasthuri rrenilai, ketiadaan per-bup tentang besaran maksimalpungutan pada sekolah yang ter-cantum dalarn Perda Nomor 10Tahun 2010 tentang pendanaanpendidikan; meniadi salah satukontribusi dalam melegalkan SPIdi sekolah di Pubalingga"Kekmongan. "Kekosongan landasanhukum berupa perbup ikutberperan dalam permasalahanpunguan di SMA I Putalinggadan sekolah lain. Ketiadaan lan-dasan hukurn tersebut seharusnya

berkonsekirensi, SMA 1 Pur-batingga dan lainnya tidak dapatmenetapkan besaran pungutan,"

.tegasnya-

Seperti diberitakan, SPI diSMA 1 Ri6atinggadipemoalkanoleh sejumlah orang tua siswakarena dinilai terlalu besar danditetapkan secam sepihak. Orangtua tersebut kemudian mela-porkan hal itu ke Ornbudsman RIunnrk ditindaklanjuti.

Ombudsman menilai, kebi-jakan SMA I Purbalingga men-genakan SPI kepada calon siswasebesar Rp 4 juta bertentangaldengan Peratumn Kepsla Dind.ikPurbalingga Nomor 420145

Indonesia di Putnlingg4 Selasa

(1v8).Sebelum inr, PihaknYa men-

daDakan surat dari Ombudsman

ni witayat Kerja DIY. Yang

salah satu Poin dalam suat ltu

menvebutkan, agar dalarn waktu

aekar Pemkab menerbitkan Per-

bup tentang besaran maksimaljumlah sumbangan, Pungutan'dan SPI.

" SPI di sekolah seperti SMA

1 Purbalingga juga dihentikao'

. Tunggu nand samPai Perbup Jadl

rtan disahkan baru bisa rlenar}J(

sumba[gan sesuai as[an baru,"

ucaDnya-Sepeni diberitakan. dalam

Tahun 2015 tentang Perubahinatds Lampiran MeraturanKepala Dindik Purbaling[aNnmor420/41 .4 Tiahun 2015 ten-tang Peumjuk Teknis Pelaksana-

an Penerimaan Peserta DidikBaru.

Apabila nanti Bupati telahmenerbitkan peraturan dimak-sud sekolah agar kembali mem-fasilitasi pefiemuan pihak seko-lah, komite, dan orang tua siswarmtuk memusyawarahlmn besar-an SPI dengan sedapat mimgkinmempertimbangkan aspirasiserta kerumpuan ekonomi orangtua siswa dan mengacu padakeientuan yang ada (H82-57)

It,\(JI{N I{IINI{S SETI)A K.\RI'I"\TE\ I'I'RBAI,IN(;{;.l

Page 3: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KLIPINGIIMDIABAOIN IIIII{AS SIIDA PI]RBAI},IOOA

SUARA MERDEIfiRABU,I2AGUSTUS ZOTS

Pemohon KartuKuningMelonjak

PLJRBALINGGA - Pemohon kartu kuning dalam duapekan terakhir ini melonjak. Pada hari-hari biasa jumlahpemohon 20-30 orang, sekarang ini bisa 200 orang.

Kepala Dinas Sosiat Tenaga Ke{a dan Transmigrasi(Dinsosnakertrans) Ngudiafto mengemukakan, meski mel-onjak pihaknya tidak sarnpai kewalahan melayani pernohon.

"Karena ada beberapa pelajar yang sedang melak-sanakan PKL sehingga tenaganya kami manfaatkan untukmembanu pelayanan.kartu hming," ujarNgudiano.

,,Maski t€dadi lonjakan, Ngudiarto memastikan, tidakakap.torj3di kekosongan blangko kartu kunirrg. Selab,pihaknya sudah mengantisipasi terjadinya lonjakan permo-honan itu.

''Stok kafti kuning cukup; Jadi, tidak saryi ada keku.-nngan blangko kartr kuning. Semua bisa dilayani" Narnun,pemohon hanrs bersaba," papamya

Dia menyebutkan, pelayanan kartu kuning iur sepenuh-nya gratis. Pemohon diminta memfotokopi berkas sendii.Jika sudah lengkap tinggal menyerahkan ke pefugas.

''Kalau berkas lengkap dan tidak ada antean, paling l^."alima menit selesai. Tetapi kalau te{adi antrean yang banyalqyang dilayani dahulu adalah yang menyerahkan berkaslengkap dahu.lu," ungkapnya.Tiga IVIomen

Ngudkrto menuturkan, ada tiga rnomen yang membuatlonjakan perrnohonan kartu kuning. Yakni karena belumlama ini adakelulusan siswa SMAJSMK,4VIA.

"Kemudian momen setelah I-€baran, banyak perantauyang mudik dan kemudian mengajak saudara atau tetanggaikut merantau bersama mereka," k4tanya-

Dengan demikian, yang membutuhkan kartr.r hrning mel-onjak dibandingkan hari-hari biasa" Namun karena hal iniseperti sudah agenda ahunan, pihaknya bisa mengantisipasi.

''Saya pakirakan pekan depan jumlah pemohon sudahkembati normal," imbuhnya- (F10-57)

B\(;I.\N IItrl{As SE I'D:\ trARfrP-{'t B,N PLiRBALIN(;(J.\

Page 4: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KTIPING MEDIA

BAOIAN IIUMA$ $MDA PI]RBAIT{OOA

SUARA MERDEKA

RABU, l2AGUSTUS 2015

Perpustakaan SMP I Bojongsari Juara IBOJONGSARI - Perpus-

takaan SMP 1 Bojongsari me-raih iuam pedama dalam lombaperpustakaan sekolah tingkatBakorwil Itr Banpmas pekan

iai. Sekolah ini pun akan majuke tingkat hoYinsi pada ajangyang sama pada Oktober men-datang.

Kepala Seksi Perpustakaanpada Kantor Perpustakaan danArsip Daerah (KPAD) Purba-lingga Siti Makhmudah, Selasa

(1 1/8), mengemukakan, selainSMP 1 Bojongsari, SD Kanng-banjar 1 juga dinilai dalamlomba itu, tapi belum menjadiyang terbaik.

Tim penilai yang datangpada 4 Agustus lalu mernujipada kelembagadn, saranaprasaran4 pengelolaan, admin-istrasi, pelayanan dan peman-faatan peryustakaan.

Hanya beberapa hal yangperlu dibenahi lagi utuk peni-laian di tingkat Provinsi nanti,salah satunya bangunan fisik

perpustakaan."Di SMP 1 Bojongsari,

'paling tidak ruang multimediadan audiovisual perlu lebih representatif lagi. Saat ini sudahada, tapi tempahya masih sem-pit" ujamya

Menurut dia, dari segi kual-itas kelembagaan, adrninistrasidan pelayanan, perpustakaan diPurbalingga bisa dikatakanbaik. Namun dalam setiaplomb4 perpustakaan di kota iniselalu kalah dalam bangunanfisik.

Jika menilik pada perpus-ukaan sekolah dari daerah lain,anggaran unirk lomba menca-pai ratusan juta, tapi diPwbalingga tidak labih dari itu.

Misalnya SMA 2 Purba-lingga baru-baru ini juga men-jadi juara III lomba BidangKearsipan dan Perpustakaan2015 yang digelar Badan Anipdan Perpustakaan PemprovJateng. Bangunan fisik menjadisalah satu penyebab berkurang

penilaian, dibanding perpus-takaan SMK Seminari Mage-lang dan SMK 1 Salatiga (iuara

I dan tr) yang memiliki gedung

perpustakaan mewah.Dalam ajang yang sama,

pustakawan Feby t€stari Supd-yono dari KPAD Purbalinggajuga menjadi juara ltr.Diakses Maslarakat

Sementara itu Kepala SMP1 Bojongsari Runtut Pramonomenandaskan, pihaknya akanlebih membenahi lagi sarana

dan prasamna untuk mewakiliKorwil Banyumas dalamlomba perpustakaan di tingkatPmviffi tersebul Saat ini per-pustakaan di sekolahnya telahmenggmakan sistem tetnologiinfornrasi dan barcode untukmasukan data dan adminstrasi

"Saatinikoleksikami men-goleksi 8.926 judul buku. Kedepan kami ingin agar perpustakaan inijuga bisa diakses olehmasyarakat," ungkapnya.(H82-s7)

BAGI-\N IILr\f{S SE'l Dr\ li\BlrP-\TIi\ Pt'RtsALh-GGA

Page 5: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

R.g

P

a

36

E

'c:

S

al

ll

s.B

N

-:€

F

\Y.r\

oo

.s-o'a

A-

arj

A.

ri

A.

d

E

tIE

=

.1;--

Page 6: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN II[IINAS $EIDA IIIIBAIil{GOA

SUARA MERIIEKARABU, l2AGUSTUS2O15

SMP Muhammadiyah 6

Gelar Bakti Sosial

KALIGONDANG - SMPMuhammadiyah 6 Kaligondangmenggelar baki sosial. Kegia-tan itu merupakan rangkaianperkemahan Pramuka yangdigelar disekolah dan lapanganKaligondang di depan sekolah.

"Anak-anak membagikanpaket sembako kepada 86 kelu-arga di Desa Kaligondang,Kecamatan Kaligondang," ujarpembina Pramuka, Agus Pri-yanto, Selasa (.11/8).

Dia menyebutkan, perke-mahan diikuti 86 siswa kelas 7.Selainltu 46 bindadamping danbantara alumni juga terlibatdalam kegiatan tersebut-

"Selain bakti sosial, pesertamengikuti penjelajahan, materikeagamaan, renungan malam,api unggun, problem solving,dan pentas seni," ujarnya.

Kegiatan diakhiri denganupacara pelantikan dari peng-galang ramu menjadi peng-galang rakit. PeMakilan pesertamaju dan dikalungi u ntaianminuman saset sebagai bentukkelulusan.Bukan Gagah.gagahan

"Kegiatan ini bertujuanuntuk menjadi anggota peng-galang baru dan melatih siswamengikuti uji kenaikan tingkatpenggalang rakit," ujarAgus.

Untuk lulus menjadi peng-galang rakit, lanjutnya, anak-anak harus lulus syarat kecaka-

. pan umum (SKU). Jika tidaklulus SKU, mereka tidak bisa

dilantik menjadi Penggalangrakit.

Sementara itu, KePalaSekolah Edy Budiyanto berha-

.rap, setelah dilantik menjadi

penggalang rakit, anak-anakbisa menjadi contoh yang baikbaik di sekolah maupun dirumah.

"Karena menjadi peng-

galang rakit itu bukan untukgagah-gagahan melainkanharus bisa meniadi contoh bagima;yarakat di sekitarnya," tam-bah Edy. (Fl0-57)

R,\(;I.\N HtiNI-\S SETD,\ K.\RITPA'TL,N I'URI}.-\I,IN(;(;.\

Page 7: Kliping media tanggal 12 agustus 2015
Page 8: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KTIPINGIIMDIA

BAflA}{ IIIIIilA$ $EIDA PURBAII'ICOA

SUARA MERDEKA

RABU, 12AGUSTUS 2015

ForfraSi4:4'2pUneALtNOCl- p.tutin ptltiUungga Purbalingga

Siswanto memanfaatkan sisawattu untuk

mematangkan formasi pemainan 4-4-2'

p...in tJO"n n radaptasi, diharapkan ketikaturun

di tumamen Piala Kemerdekaan sudah mantap'

DaWnMtSuuaMedckn'sebelum ini Laskar Soedirrnan

selalu beflnain d€ngan PoIa J-5-/

atau 34-3 . Trm tesebut P€man

ditmeani oldl @otBarnowo saat

Divi;i Il dan I, lalu Achmad

Mubniah (Dvisi Uurna) -.Senin (io,E)' Pemain kembal

berlatih, s€telah libur bebenPa

hari. Hasil uji coba melawan PS

PerwimTrnur Pada 3l Jull axan

menjadi bahan Pertimbangan

oelatih ihr dalam menen-

iutan kerangka tim Se-

belum txun di Piala Ke-

merdekaan, Penibangga

beruji coba lagi melawan

vane akan dihad4i adalah' Peisinga Ngawi . Pertan-

kawan-kawan kembali lagi ke

SoIo, befiemu u.ran rumah Persls

dingan digelar di Stadion i.ru'ai staaion trtanatran' Sat'ur

1278) mulai Pukul 15'00 Pada

irtui etxttlr.Rot"linggPtot'-g-iladaDi PSIR Rembang d1 SoIo'

paaa'Senin (Z/8t mulai Pufut15.00.

Menurut Sekretarls rlm

Persibanggalmarn SR,kehntan

tim-tim merata sehingga Per-

sainean akan berlangsung ketat'

"Kini oPtimisds mamPu ber-

bicara banYak." tegasnya' ( bd-

51)

I sulitanagtmgnannnmuhi

timlokal.''Auenda itu nung!<in digelar

oada Jimat (14/8) di Stadion'Goentoer Darjono," Papar Sis-

wanto, Senin (10/8).

JadwalBerdasakanhasiiternu mana-

ier di Kerrnpora Pada 7 Agusurs

intu. P*iUu"ggu ,tt* tanPlt Pet-

dana pada Minggu (16/8) I-awan

ouhrl15.00.'

Pada Partai kedua, skuad

Kabupaten Perwira bertemu

PPSITi Magelang di Stadion

Manahan, Solo. Selasa (18/E)

bc* offollul15.00 Dari Solo'

romb6ngan menuju ke Bantul

laei, menghadaPi tuan ruman

Pe-niba di Stadion Sultan Agung'

Kamis (2Crl8) Pukul 15 00 '

D laga keempar' Farikin dan

BACIIAN HI ]I\{AS SETDA I',\BI]PATEN PTIRBA]-INGG^\

Page 9: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KLIPINGIIMDIABAOIA}'[ IIUI{A$ silDA PIIRBAIT,{OOA

Radar Banyumas r Rabu Pon 12Agustus2015

embahasam KUAPPASDisoal

Dlaksanakan di Semarans,

Dangap Pemborosan "

PURBALINGcA _ RaDatpembahasan Kebijauan U-mum Anggaran-prjoritasPIafon Anggaran Sementara(I([JA-ppAS) menjelang pe_netapan ApBD perubahantahun 2015 disoal. pasalnva.Badan anggaran (BanseirjDPRD purbalingga da;Ti;Anggaran pemerintah Dae-rah (TAPD) memilih Se_marang sebagai lokasinva.Mereka berangkat pada 5e_Iasa (11/8) ke salah saru ho-tel di Semarang.Meski dibolehkan dalam

tara terrib (Tatib) DPRD.hal itu sangat disayangkan.Pasalnya, haI itu iustruakan menghabiskan ang-garan yang lebih tinesidaripada dibahas di pii-balingga.

Tiga Hari Rapat di HotelSelain itu pemilihan lokasijuga sudah sesuai tata tertibDPRD yang membolehkanpembahasan dilakukan diluardaerah.

"Kita jadwalkan tiga hari.Rapat bisa kita lakukan diluar daerah dan semua adadasarnya. Upaya ini jugauntuk mempercepat pem-bahasan anggaran dan ke-sepakatan ditandatanganidewan dan TAPD pada t3Agustus mendatang di Se-marang," ungkapnya, Selasa( i 8).Ketika Radarmas mena-

nyakan pemi.lihan lokasi diluar kota, Tongat kembali

Direktur Insritur NesriPerwira, Indaru Setvonir-projo mengatakan, kigiatunseperti ini nyaris sepertisebuah tradisi. Diluaisoalanggaran yang jadi mem_bengkak, mereka dioerki_rakan mencari lokasi di Irrardaerah agar lebih fokus.Aninya, semua pihak terkaitada dalam satu temDat de-ngan kondisi dan'waktuyang tepat.

"Sebenarnya pembahasansoal anggaran kan sebuahdeal- dealpolitik. Untul aoadan.d ealnya seperti aoa.Kalau. di purbaingga ie_mungklnan masih ada in_tervensi dinamika vansmungkin d iduga merirpelngaruhi. ]adi mereka me_milih fokus di lua.r daerah,,,papamya.

. Namun kondisi ini se-benamya sangat disayang_Kan. > ke hat I

r Pem[anasanSambungan darihal5

Karena seharusnya merekabisa lebih memperhatikanpenghematan anggaran danmereka seharusnya lebihberorientasi pada hasil,bukan hal lain. "Benar- be-nar ini unik dan ironisnyatetap terulang setiap pe-riodenya," tambahnya.

Ketika dikonfi rmasi, KetuaBangtar yang juga KetuaDPRD Purbalingga, TongatSH mengatakan, rapat ber-sama TAPD itu sudah di-rencanakan sebelumnya.

menegaskan karena diper-bolehkan dalam tatib de-wan. Ia juga mengatakan,sudah tidak ada persoalan

. dalam pembahasan ang-garan yang menyebabkantadk ulur. NantinF prioritasanggaran diarahkan untukpembangunan fisik dansarpras seperti jalan dansejumlah dana cadangan.

"Kita akan bahas juga danacadangan untukpersiapankelaniutan realisasi BandaraWirasaba sebagai bandarakomersil dan pembebasanlahan Bendung Slinga, Ka-ligondang," tambahnya.(amr/bdg)

B.{GI.{N HTI}TAS SI]TD.\ K\B[:PATtiN I'L R]].\II\(;CI

Page 10: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III[{A$ $X[DA PUTBilffOOA

Radiu Banyumas o Rabu pon j2 Asustus i0.15

Peringatan HUT RI Tanpa I(ama-vaIPURBALINGGA - Tahun -

ini, masyarakat Pubalinggatak akal menyakikan acararutin kamaval, dalam rang-kaian peringatan HI-IT Ke-merdekaan Rl ke-70. Sebab,Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Purbalingga,tidakmemiliki alokasi anggaranuntuk melaksanakan ke-giatan karnaval itu.

"Kita terbentur aflfian Pen-danaan. Dimana sebelurnnlakepanitiaan mendapat ku-curan dana hibah. Tahun initidak boleh din.harus meng-gunakan dana APBD nonhibah. Makanya sejumlahkegiatan dihilangkan, ter-masuk karnaval," uiar PltSeketads Daerah fsekda) Ko-dadiyanto saat memimpinRapat Pleno Pani.tia Peri-ngaian HUT Kemerdekaan RIke 70 tingkat Kabupaten Pur-balingga, di Ruang RapatAIdiLawet, kemarin.

DtTtaDAKAN: x".n"r"l r".p".ing",i 1,".'^illl;'"Hi',lHliHipada tahun ini ditiadakan akibat persoalan dana.

Kodadiyarto menjelaskan,pada peringatan tahun inipanitia tingkat kabupatenhanya akan menyeleng-garakan sejumlah acara po-kok. Diantaranya SidangParipurna DPRD mende-ngarkan pidato kenegaraanPresiden RI dan Nota Pe-ngantar RAPBN 2016 di Ru-ang Rapat Padpuna DPRD

Purbalingga, Jumat (14lB).Malam Tasyakuran di

Pendapa Dipokusumo, ApelKehormatan dan RenunganSuci di Taman Makam Pah-Iawan (TMP) Purbosaroyo,Upacara Detik-Detik Pro-klamasi Kemerdekaan zu diAlun Alun, Pemberian Re-misi di Rumah Tahanan usaiupacara.

Hadirkan Lawak Suliahr PGringatan tas hiburan rakyat, Rabu

( 19/B) malam, yang di-pusatkan di Stadion Ge-Iora Goentoer Daryono.Hiburan lainnya akan di-tampilkan Pada saat u-pacara detik-detik Prd -klamasi berupa tari ko-Iosal mengenang Periua-ngan Ienderal Soedirman.Acara ini akan ditam-pilkan oleh I50 personilgabungan.

"Kami juga menyiapkansejumlah hiburan dalaqracara resepsi. Diantaranyahiburan tari penYambu-tan, Band Pemda Purba-lingga, Orkes Bambu danLawak Suliah," katanya.(tya/bdg)

Sambungan dari hal5

Sore harinya, dilaks a-nakan Up acara penuru-nan bendera sang merahputih dan malamnya dia-dakan Resepsi di PendaPaDipoksumo.

S elain itu, panitia jugamengagendakan acarapendukung yakni Pengu-kuhan Paskibra di Pen-dapa Dipokusumo, Sabtu(15/B). Anjangsana JandaPerintis Kemerdekaan danPentas Hiburan Rakyat.Anggota seksi hiburan,

Sri Kuncoro mengaku a-kan.mehgagendakan Pen-

BA(iIAN Htrl\'IAS SETDI\ h,\ItlrPATE\ PITRBALI\CGA

Page 11: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KLIPINGMEDIA

BA0IN IIUlr{A$ $[lDA PI]RBAII{CI0A

Ao)o, l4ngrmo, ' (l^Du @,.' r2 f6.rstus rotl

IumlahPenerimaanaPKHBerlarran

piinsarrNcCa - Iumlah penduduk "sebenamla jadwal-Peur{uran ludahr,",i.i-adanu uantuan Progail KeluaBa siap sejakranggaltiga Namuntarenahams

[lr"p"rf prariJ"prcoriue.t uangiz -6"*ggtl diimbusi dana ke rekening

lC( d;fl iurr ah Denerima tahap penarira baru mirlai besok (hari ini' red). dana

;il"h ;;;i;; nru irtt^ui t"ar" bantuan PKH dapat dibavarkan"' kata

i,.lirr"rin 24.39? KK, sedangkan pe- Kepala Kantor Pos Purbalingga' Muntaha

;;;;;;KH ;;;p p;;u." ui.1"rniur, sait P'alcor PKH di operation RoomGraha

z4.4t4KK. AdiSuna, Selasa (11/B).-N"-r", itr"f.n dana PKII }?ng akan M;nurit Muntaha, penFluanbantuan

arsaiiilriri,ir*rn""lll*"aiul-afi-tdr. PIGI tahap II akan dilakukan di 52 titik

iufrap t"u"i"^rf,". r"t a"p keaua aanalang yang tersebar di l8 wilayah kecamatan'

,L"riai.a*b"'u".rurplah sehra nprs,5 i'e-nyatqary'gnelamadilaksanakanRa-

-iri"i. s"aungtu", pada tahap peitama . bu [i2l8) dilakanakan di tig.wilayah-ke-

hanva Ro 6,9'milia-r lebih, Rencananya, camatan yakni Bukaleja (4 titik)' Ke-

#;i;il5#upiil;ill"il;;;# mangkonia titik) dan K;iobons (3 tit'k)-

"rri"i fr",r rliirzfgl. unirtwitavah kecamatan Bukatei4 titik

,""r,-ar.ur,*arrai "t-pu,tutta

gaalaisa DesaPaffempondanBalaiDesalanggar'5::;;:;;;;J ;"'";-, pru J"tu "secara"keseluruhan penyaluran akan

;Xil[i;, il;ffi;fta," u;j";s K;- dilakanakan 12-15 Asustus' kemudian

ffiH;;j;;;.s;Ap"*o","n'*"'"te" dilanju <an tanggal20 dan 2l i'ielasnva'

iOi"?"u".,lrlr"ir"!""rrgs,re"a"u Kepalaoinas-sosialTenagaKerjadart

i"" cir"*"r'irtr. ruir-# ai saui D"iu Transmigrasi (Dinsosnal€-rtran)' Ngu-

i#;fsffi;s;;;;,i-" Ptcr;;;u ou'to'""i.'notu"'bantu€ntunaitenebutKutawis, Karanggedu'g; r"rungnuJg"il diberikan kepada nJlNl. yTg r.neTili!

i-""-nali J"* tr"psari-tagi w;ga a?sa anggota keluarga terdiri dari anak usia 0-

i"r"ti"ert\M*tlu",ria.iau" MIu]"i; tsEhun atau 'ls-18 tahun namun belum'.i.ed-aidi;

unruk -ila1'uh remangkon menyelesaikan pendidikaa dasar' Ter-

titik oenvaluran di galai oesa Jetis, a -uttit tt"t'"tgu,"'tB memilik ibu hamil

o"ii e;t r"n dan Balai Desa Bokol amu nifas'

;##;;;;;"-frr" plcl lvl"v'r' "Di Purbalinssa ta-hun ini terdapat

i:ffi;;; K;j?tilf tltiLp",,votur"iiJvt 24 3s7 KK pesen;PKH Akif dengan total

;';;d;; ;;Lin"iu n""aitigu", iJ'; dana bantuan vang disalurkan Rp

19'609 133 75O Bantuan rersebut akan

Aiut*t"' aau- "tpal tahaP; ielasn)'a'

N gudiarto menambahkan' tiap Ke-

tuaiia at<an mene ma bantuan terdln

dari banluan tetap Rp 50O 000' bantuan

bagi KSM vang memiliki -anak usta

dib"awatr o iatru"n' iUu hamil'ataum-e-

iu'*i t"u"tu' RP 1 iuta Kemu'dran

illli'i"^ i'* *"i Peiena Pendidika-n

setara sD ie-deraiat-Rp aSo'ribY' t"jl^t:

w*;t*m+*tttr:';mi' -l"i' buttt'"n *ir'illT-l::':1:llili"", i, i,lio;u' dan m-aksimum RP

i.?oo.ooo per tahun' (tya/bo&l-iIEiI lrq.s sm DA IdBr l'-\r[N PtrRB'\rI\cc.\

Page 12: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KLIPINGIUEDIA

BAOIN IIUINA$ $[IDA PURBAIT{OOA

Radar Banwmas . Rabu pon 'r2 Agustus 20i5

Reldame Paslon

Tak I(antongi lzin IGMPT

PURBALINGGA - Meskipenetapan pasangan calonbaru dilakukan pekan ter-akhir Agustus ini, namun"perang" identitas melaluifoto paslon di sejumlahtitik semakin marak. Na-mun sayangnya, pema-

sangan reklame Pasangancalon bupati wakil buPatiitu belum mengantongiizin dari data Kantor Pe-nanaman Modal dan Pe-rizinan Terpadu (KPMPT)purbalingga.

-- "Memang di kami tidak

dikenakan retribusi, ke-cuali untuk p ro duk ko-mersilpromosi. Selama inibelum ada aturan yangjelas reklame paslon dipinggir jalan dad atributparpol kena retdbusi. Na-mun bukan berafti.tanpa

,- fnn rr;' jelas KepalaKPMPT Purbalingga, Mu-kodam, Selasa (I1/B).

Pihaknya juga akan ber-koordinasi dengan Panwasmaupun DPPKAD soal pe-masangan reklame men-jelang masa kampanye dan

tahapan lainnya. Meski ti-dak ada pemasukkan kependapatan asli daerah,pemasangan atribut itu tetapharus mendasarkan padaizin, estetika, keamananuntuk pengguna jalan danlainnya. > kehal S

Tim SuksesBelum Datangi KPMPT

r Belilame yang melanggar aturanmain seperti 'membaha-yakan pengguna jalan danmelanggar zona larangan,"tegasnya.

Mukodam juga mengakui,se.jak adanya pendaftaranpaslou, belum ada pihaktim

Sambungan darihal5

"Instansi seperti Sat PolPP biasanya bisa menin-dak dan melakukan pe-nertiban. Terutama bagi

sukses maupun parpol yangmendatangi KPMPT. "Be-lum ada satupun tim sulGesmaupun orangnya paslonyang berkoordinasi dengankami,'papamla.

Pantauan Radarmas, adapuluhan ieklame paslon

bupati dan wakil bupatiyang sudah terpampang diseiurr ah titik stmtegis. Mi-salnya di beberapa perem-patan, yaitu Padamara, per-tigaan Boiong, dekat pasarMandiri dan lainnya.Ditambah reklame lain

seperti ucapan selamat le-baran dari salah satu calonmaupun parpol. Biasanliapemasangan dilakukan ma-lamhari secara serempakkeberbagai penjuru Purba-lingga pada hari yang sama.(amr/bdg)

B\GIA\ III'\{.\S SETDA Ii\BIiI'..\TE\ PI RB.\I-I\GCJ\

Page 13: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

6i

Et

odTD

=oIL

t;oaEc-

Ear

'E

o

iV

=o, ,_Elt,l

=.o

o.L6=!o.Evo-EEOl,

EEE,c

OEa.o!o9EE

z-N6t6ul r!

59

I uJ*I 6E

Page 14: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KTIPINGMEDIA

BAflAl{ IIUII{A$ $[IDA PIJIBIIil{GOA

Radar Banyumas . RABU PoN 12 AGUSTUS 2015

Panwaslu BelurnMiliki Bukti l(uat

PIIRBALINGGA - Pani-tia Pengawas Pemilu(Panwaslu) K-abupatenPurbalingga, belum me-miliki bukti kuat untukmenjerat dugaan ketidak-netralan Pegawai NegeriSipil (PNS) di lingkunganSekretariat Dewan (Sek-wanJ, saat deklarasi salahsatu pasangan calon (pas-lon) bupati dan wakil bu-pati. Selain Ketua DPRDPurbalingga Tongat SH,Panwaslu juga akan me-manggil Kepala BagianHukum dan HAM SetdaPurbalingga Tavip wur-yanto, untuk dimintai ke-terangan.

Ketua Panwaslu Kabupa-ten Purbalingga Dewi Pa-lupi CW mengatakan, darihasil klarifikasi dan kajianyang dilakukan,'Panwaslumenemukan ada Perbub,yang menyebutkan PNS diSetwan boleh b ertugaslnelayani pimpinan de-

?$Kami ingin

mengetahui lebihlanjut apakah tugas

lain tersebut, didalamnya ternasukmenjadi Mc salah

satu parpol,"

Dewi PaluplKetua Panwaslu

Purbalingga

wan di luartugas, yangadadi DPRD Purbatingga. "O-leh karena itu, kami akanmengklarifikasi hal inikepada Pak Tavip (kabagHukum dan HAM).

Kami ingin mengetahuilebih laniut apakah tugaslain tersebut, di dalamnyatermasuk meniadi MC sa-lah satu parpol. > ke,1d/B

BACL\N IIlll\IAS SETD-{ Ii{BLIP-{TDN PliRB.\LINCG-\

Page 15: Kliping media tanggal 12 agustus 2015
Page 16: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KLIPING MEDIA

BAOIAN IIII{AS SIIDA PIJIBAIT,IGOA

Radar BanyUmas . Rabu pon 12 Agustus zo15

Berguru padaPengalamanSEBAGAI pegawai ne-

geri sipil (PNS) atau saat inidikenal dengan aparatursipil negara (ASN) harussiap ditempatkan dimanasaja. Termasuk saat sudahditempatkan di wilayahsendiri. > ke hal S

Hadapi Berbagai Karakterr BGlgUtu kerja di kantor. pasalnya,

posisi saat ini juga mem-buruhkan kegiatan tuirn kelap'angan. Iadi, semakir ba-nyak belajar dari penga-laman, maka akan semakinmenunjang kerja kita," pa-par pemurah senyrm ini.

Pengalaman dimaksud mi-salnya dalam bidang pe-nyrluhan kepada calon ak-septor KB, keluarga akseptordan lainnya. Namun padaprinsipnya, hal yang cukupmengesankan adalah diamenjadi semakin banyakmengetahui karakter se-seorang dan bagaimana caramenyikapi calon akseptor.

"Beruntung, kami jugadidu.kung penyr:luh KB yangtersebar di kecamatan. Jadiupaya meningkatkan ke-pesertaan KB bisa semakinterdukung," tambahnva.(amr/bdg)

Sambungan darihal5

Namul sebenamya, sema-kin banlak wilayah kerja danpenempatan, maka akansemakin banyak pengala-man_

Pengalaman itulah yangjelas meniadi guru yang pal-ing baik dalam rnendukuagKrnerra seseorang. Hal itudisadari betul oleh Muk-hsinun, Kasubid pembi-naan/ Pelayanan pada Ba-dan Keluarga Berencanadan Pemberdayaan perem-puan (BKBPP) Purbalingga.

'Ia yang pernah mendudukiposisi pimpinan di sejumlahUPT BKBPP kecamatan,kini menjadi semakin me-mahami tupol$inya.

"Saya akui, pengalaman dilapangan sangat menunjang

BAGI.(N TITi\I.{S SETDA.T:\BI]P-{TIiN PTIRI].{IIT.'(;G.\

Page 17: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KLIPINGMEDIA

BAflN IIUll{A$ $I[DA IURBAIT{GGA

Radar Barynrmas . Rabu Pon 12 Agustus 2015

- PUNBATI]IGGA EI(SPNTS

-TNI Serahkan Program

BOBOTSARI - Sebanyak lO warga di tiga desamendapatkan program Jambanisasi dari TNI Rabu(l l/8).bnru-k k".imutun Bobotsari program dibe-iikan kepada 3 desa yakni Desa Gandasuli, Desa

Majapum, dan Desa Talagening.Danramil Bobotsari Kapten CAI Purwanto men-

ielaskan,pemberian fasilitas Iersebut merupakan pro-gram.jambanisasi sejula jamban un h.tk ralryat miskindari pihak TNI. > kehalg

Iambanisasi di 3 DesaI d-a memiliki unek-unek tentang berbagai hal demi

oerbaikan dan kemajuan Purbalingga yang penting tidakmenyinggung sara dan fltnah'Caranya ketik PBG: unek-unek

' kemudian KIRIM SMS

KE: 081-327-333-778

SIMBOLIS : Danramil Bobotsarij1101:1, ke masyarakat Yans

r TilISambungan darihal5

"sebelumnYa add Penda-taan keluarga mana Yangbelum mempunlai jamban,"katanya.

ProSram tersebut meru-pakan bantuan stimulandari Dinas Kesehatan Ka-bupaten guna membuatiamban keluarga, Namun,iatam pelaksanaannYa, Di-nas Kesehatan bekerjasama(MOU) dengan Makodim0702 Purbalingga.Purwanto menjelaskan,

bannran pembuatan iambantersebut dilakukan dalamrangka memberikan ke-seiahteraan ke rnasyarakat."Menjaga kesehatan ma-

memberikan bantuanmem6utuhkan.

24 IIM

Pengurus Partai Harus Jalankan FungsiKepada pengurus2 partai khususnya yg ada diprio"tinssa ui-k bisa menjalakan fungsinya semaksimal

munokrn]-berriorah secara wajar sesuai agenda waktu'Tesuh 085292952400

Tenda PKL Ganggu Pengguna JalanYth oenaelola pkl alun2 dan pkl gang mayong tlng dgn

sanoat K]o mndirikan tenda iangan terlalu cpt Masa jam

Gng-ah2 siangtenda buatdagang sdhdipasang. ltu sangat

mengganggupnggunajln.trmksh. NN 08574'1298442

Diawali Pendataansyarakat, karena denganbuang air besar sembara-ngan akan menimbulkanwabah penyakit' Ini jugadilakukan untuk membia-sakan masYarakat hiduPbersih," tambahnla.

Danra.mil menceritakan,kebersihan meruPakanpangkal kesehatan. Programtersebut akan membuda-yakan masyarakat untukhidup bersih sena menjagakebersihan.

'll{idup bersih itu Perludibudayakan, mulai darimental masyarakat sertasarana pendukung sePertijamban di setiap keluarga;'

ielasnya.Pengerjaan Program seiuta

jamban nantinYa juga akan

dikerjakan bersama ma-

svarakat dan TNI. Ha[ ter-rlbl.rt lrga seba8ai bentukmanunggaling TNI denganmasyarakat. Selain dekat,TNI iuga harus ikut andilmensejahterakan masya-rakat.

"Besok (rabu-red) kitasudah mulai kerja bakti,"ceritanya.Dari 10 bantuan Program

iambanisasi tersebut, dibesa Gandasuli diberikankepada Suiasti, Warji, Muk-man, dan Hadi S. Sedang-kan di Desa Talageningbantuan dibedkan kePadaSariyah, dan Sukarni. UntukDesa Ma,apura bantuaniambanisasi dinberikan ke-Lada Sakun, Sri Ragil, War-i,.,no dan Ramidi. (iok/Lut)

*..r- qrrrrr snrr'!r ri\RI P\TE\ P[:RB,\IIIGG.\

Page 18: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KLIPING MEDIA

BAGIN IIIIIIA$ $I[DA PINBAIil{OOA

Radar Banyrmas . RABU PoN 12 AGUsrus 2015

Dindukcapil Minim PersoneI

puxrer.incce - x"pu1"- "ttg,

untuk melayani.lebihoj"ut fi"o"rara"kan dan dari 927 '978 iiwa ladi sa)a'

camlan SiDil (Dindukcapil) mintamaalkalau belum brsa

i;;";;i"; i'urbalinesa, melaksanakan pelayanan

ii"i-iiu*u.n me.,gi[u, prima;' ielasNur.Hamamiumlah Dersonel di Din- saat membuka keglatan Ke-

i,,i."."rri r""- -"ngurusi pendudukan di operationa"i, f"r!i,at?rtan"tidak iloom Graha Adiguna' Kom-

ia"^r- iI" -i personel di pleks Pendapa Dipokusumo'

iii"J"ti"oii,i,iu" berjum- kemarin (l l/8) D.ia meng-

ffi ;; ;,l'n*.--- alari, banvakterkendalada'lam''Personel di Dindu-kcapil melayani dokumen Kepen-

Purbalingga hanya 37 or- dudukan > kehalS

Kepala Dinas Kewalahanr llinilulGa[il harap masyarakat bisa lebih

memahami kendala Yangada di DindukcaPil, dalammelayani dokumen kePen-dudukan warga.

Hur Hamam luga menga-ku, sangat terbantu olehoperator kePendudukan dik".umutrtt. S"b"b, d"ngu.,adanya oPerator kePen-dudukan di Kecamatan,bisa memPermudah Pe-lavanan dokumen kePen-dukan *argu. "Mereka a-

dalah ujung tombak kamidi kecamatan," tegasnya.(tya/bdg)

Sambungan dari hal 5

Selain terbatasnya Per-sonel, saat ini seluruh doku-men keDendudukan harus

ditandatangani basah oleh '

Keoala DindukcaPil."iadi jika saYa ada acara di

Iuar kantor, sering menJadl

masalah. Karena banYakkomDlain dari masyarakat,katau kepala DindukcaPittidak ada di ruangary saat

dibutuhkan," ujamYa.oleh karena itu, dia ber-

BA(iIAN IIL ]\'..I.S SETD.\ K{BUPATEN I'I]RB.\I,INCG,\

Page 19: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KLIPING IUEDIA

BAOIN IIUIIA$ $[IDA PINBAIT{OOA

Radar Banyumas . Rabu Pon 12 Agustus 2015

Silaturahmi Keluarga Besar Santri Rumah Qur'anRedjo Mulyo Pengadegan, Purbalingga

Hadirkan Syekh Ali Iaber

itulah yang mendukung HWib gwo, anak menantunyayang keenam itu untuk 'mendirikan Rumah Qur'ansebagai ladang untuk amal.

Sambutan pendiri RumahQur'an A.l-Istiqomah RedjoMulyo, H Wibowo Redja-wikarta, diwakili Drs H Su-kento Rido MarhaendriantoMM, yang tak lain kakak HWibowo. Intinya, keluargaWibowo mohon doa restu,agar pengelolaan beberapamasjid dan Rumah Qurhnyang dibangunnya beqalanlanca4 makmur atau ramaijamaah dan santrinya serta

masjid dan Rumah Qur andi Desa Blate! yang akandilengkapi tempat usaha itudibangun di atas tanah 140ubin atau seluas 1.960 {ne-terpersegi.

"Masjid At-Taqwa RedioMaghfiroh yang terlerak dijalurialan provinsi itu, nan-tinya terbuka untuk umum.Mas.iid yang dilengkapi ha-laman cukup luas untukparkir kendaraan ini akanbuka 24 iam. Takmir mas-iidnya, tentu melibatkanwarga desa setempat. Niat-n1a, kami membangun mas-jid dan Rumah Qur'an, se-

Bedjo IvtulYo, Desa Sin -

duriia, Kaligondang, danyang sedang dibangun Ru-

mah Qur'an di Desa Blater, L

Kalimanah. (nis/din)

-- \L--\---

dan Syekh AIi MohammadSILATUBAHMI keluarga

besar santriwan-santdwatiRumah Qur'an Al-Istiqo-mah Redjo Mulyo, DesaPengadegan, KecamatanPengadegan, Purbalingga,Senin (10/8), menghadir-kan dua orang syekh kakak-b eradik kelahiraa Madinah,Syekh Ali Iaber dan SyekhA.li Mohammad-

Silaturahmi yang dihadiriribuan umat Islam itu, di-awali pembacaan ayat suciAl-Quran oleh Syekh AliMohammad, dilaniutkantausiFh disampaikan S),ekhAli ]aber. Santdwan-santri-

lestari.Sukento yang mantan Bu-

pati Purbalingga itu menga-takan, sehari sebelumnya,Ahad (s/B), dimulai pem-bangunan Masiid At-TaqwaRedio Maghfiroh dan Ru-mah Qur'an Al-IstiqomahRedio Mulyo, di Desa BlateEKecamatan Kalimanah. Pem-bangunanmasjid danRumahQur'an di Blater, ditandaipeletakan batu p ertama olehSyekh Ali Mohammad.

Seusai mengisi pengajiandi Rumah Qur'a n AI-Isti-qomah Redio Mulyo Penga-degan, Syekh Ali Moham-

dang pengelolaannya ber-sama-sama masyarakat se-tempat," uiar Wibowo.

Dia menambahkan, sam-pai saat ini sudah ada tigaRumah Qur'ar yang di-dirikan. Rumah Qur'an A[-

wati dan warga Pengadegandengan khidmat mende-ngaikan Iantlnan ayat suciAl-Quran yang dibacakanSyekh Ali Mohammad, dantausiyah yang disampaikanSyekh A.li Jaber.

Hadir dalam acara itu ke-luarga Rediawikartii, pendiriRumah Qur'an IftirahPurbalingga dan Kutabawa,Hi Iftitah Suchad Adi Mul-yono. H Eling Purwoko,Ketua Ya}?sarr PendidikanIstiqomah Sambas, dan HWiii Lakono SH, pengelolaRumah Qurhn Iftitah Kan-danggampang. Hilftirah

mad menjadi imam sholatMaghrib dan Isya di MasjidAgung Daarussalaam Pur-balingga. Sedangkan SyekhAli Jaber yang menyam-paikan tausiyah. Kemudiankedua syekh beserta ke-luarganya makan malam dirumah keluarya H Wiii Lak-sono di Kandanggampang.Ditemui terpisah H Wi-

bowo Redjawikarta yangakrab disapa Mas Bowomengatakan, Masjid At-Taqwa yang akan dibangunmenggantikan Mushola At-Taqwa itu berukuran 14 X25 meter persegi. Komplek

Istiqomah Redjo Mulyo Pe-ngadegan, Rumah Qur'an.A-l-Istiqomah Redjo Mulyodan TPQ AI-Irsyad, IalanKominot Purbalingga, Ru-mah Qur'an/TPQ At-Taqwa

B.\CIAIi IITI\I-\S SETD.\ Kl.BT'P.\TE\ PIiRB.\LT\(;G.4.

Page 20: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

=:l----==

Syekh Ali Jaber sedang menyampaikan tausiyah di maietis pengajlan Rumah eur,an At.tstiqomah diPengadegan.

t./.i _}\'-/

-\/--\---

' Mewakili tuan rumah, Sukento Rido Marhaendrianto menyampaikan sambutan.

Page 21: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

Dua syekh kakak-beradik menyimak sambutan shohibul bait'

H Eling Purwoko, Ketua Yayasanmenyampaikan sambutan.

EKO A iACHMAN/iADAR!/IA3

lstiqomah Sambas

Nampak hadir pendiri Rumah Qur,an lftitah, Hj lqtah dan keluarga.

Page 22: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

H Wibowo Redjawikarta meninggalkan majelis pengaiianbeEama masyarakat"

Syekh Ali Jaber menyamplikan siraman rohani untukkeluarga besar lstiqomah Sambas.

Hj tftitah sucharr Adi Mutyono bersama isrri "r"d-iimm

-<!---

Page 23: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

Keluarga atmarhum Redjawikada dan ketuarga ",rT;;#"ffIff?iH:Mulyono foto bersama Syekh Ali Mohammad-.

H \Mbowo, syekh Ati i{o}Emmad dan Sukento -'il:Tffi:}#ilIf;bosena cucu-

={:-

Page 24: Kliping media tanggal 12 agustus 2015
Page 25: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN III]MA$ $[IDA IINB,{IJNOOA

Radar Banlnrmas o RABU PoN 12 AGUSTUS 2015

PUNBAUI{GGATIGPNTS -Puluhan Hektare Sawah

di Kaliori Terancdm Puso' IGBANGANYAR - Dampak musim kemarau mulaidirasakan berat oleh para petani. Sepeni di Desa KalioriKecamatan Karanginvar. Puluhan hekare sawah diwilavah iru terancari gggal panen karena kekr.rrangan air'

Al.ibumyu, sebagian tanaman padi yang baru berumursanr bdan lebih menjadi kerii6.

Kepala Desa Kaliori, Ada Suba$at mengakui, desanya

masuk dalam wilalah rawan kekeriirgan, baik untuk airbersih maupun air untuk pertanian warga. "Saat ini,masl,arakatluga sudah mulai disuptay air bersih dariPemda," karanta.

Barkat menielaskan, dari 67 hekare sawah yang

mengalarni ke[eringan, l5 hekare dianlara sudah dalamkondisi kitis. Akibatnya, perani terancam merugi akibat

tanaman padi mereka puso.Barkal mencedtakan, sebenarnya di Desa Kaliori

terdapat Sungai Ginrung yang meririliki debit air besar'

NamLrn, Larena lokas surgai lang letrih rendahmembuatzir sulil diaLi*an ke sawah.

Uniuk rnengatasi masalah yang sama setiap musimkemarau tib4 pemerintah desa sudah mengusulkan untukmembuat saluran irigasi. Yalori dengan menaikkan air ke

atas GunuruMunjil, [emudian airb-aru dialirkanke sawah

milikwarga.Selain mengatasi kekeringan pada lahan-lahan

,renanian, lem"pat oenarnpungan air di Gulung Munjiliuga akal membanru pas6kan alr. (ioVuasiopl)

SEDoT AIR: Salah seorang anggota TNI membantumengairi lahan petani denga; menyedot air dari sungai'

IiA(;IAN HtINT,\S SE'I'DN IdBLP.{TEN PLR}.{I-INGGA

Page 26: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIN IIIIIIA$ $MDA PIJRBAIT{OOA

Radar Bangnrmas . nuo, Pon 12 Agustus 2015

Perajin AkiklCesulitan Bahan Nagasui

pBnrnl-n{-ccl - suru asu

Purbalingga ienis N agasui saat

ini mulai sulit ditemur' Ban-

kan, Para Perajin mengaku suxl .

mendapa&anbahan N agasut

dari pengepril lokaL Padahal'

minit masYarakat terhaoaP

akik dari bahan Nagasur rtu

masih tinggi.Pencari batu asal Desa Ia-

nalum, sum.iharjo (45) me-

nsaukan, saat ini jenis Na-

gisui memang sulit ditemu'

kin. Saat ini batuan Yangmasih banYaI adalah jenis

Pancar,lama. "Nagasui susah

dicad. Kalau r.emu nagasul

densan kualitas bagus d engan

waria merah dan hijau Y'ang

pas berarti sedang mu]ur'kamnw.

Aoaiaei saat ini meruPakar

mrisim-kemarau. Sehingga'

bauan masih rcrtutuP tanan

dan sulit unuk dicari' Selaul

itu, baruan juga sudah sulrt

ditemui di aiiran Klawing-Pasakla, sebagian besar su-

ngai memiliki debit air YanB

kecil saat kemarau."Iblau huian besarbiasanF

batuan tranq awalnla di dasar

akan teibawa baniir dan ke-

Iihatan ienisnya. TaPi saat ini,

aimr,a tiecili' tambahnfn'la mengaku, Permintaan

batu Nagasui mernanngtinggi'Namun, ia tidak bisa beranimemenuhi order karena ba-

h-arriinis nagasu| sulit dicai'Bahkan, ridak jarang Pembel]dari luar daerah sudah me-

mesan iauh-iauh hariIIntuk lalaltas biasa' harga

nasasui masih dalam ksaran

RD"50 ribu Per kilonYa se-

dinskan untuk kualitas oaxdarisuPer bisa mencaPar

ramsan ri bu hingga jutaan ru-

niah oer kilogramnYa ,-' Pen$aiin batu Raden Kra-

wing-asil Desa Keradenan

Mrebet, Sufeng Seqono-me-

nsatakan, Permintaan batu

kias Purbalingga memangmasik cukuP menianllxan'Apalagi untuk luar wilayah

Purba.lingga. "Tren baru me-

mang meni{un, namun Pe-minit masih adai' katanya'

MeskiPun bahan naga-sut

mutai berkurang, batu Kla-

wins ienis tainnla sePefti batu

naniiwama motif, IaPis, telo1

lodokdan lai nnYa (ioh/bdd

B.\(;I \\ lll \1.\\ sEl D.!\ h tIlI P \TIi\ PI RB.\LI\CC.\

Page 27: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

Z>-t.6E c

ki .- P

:E =€;!lnAcQ;.E E EIE$iEgJ a!E a! o-

Page 28: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III][IA$ $MDA PIIRBAIil{GOA

ffi,PanYHnnffiPj Bupati Dititipi Pengembangan

Bandara Wirasaba

puigatllccl- setelah dilantik menjadi Penjabat (B) Bupati pada

Rabu (5/8), Budi Wibowo dititipi oleh wakil Gubernur Heru sudjatmoko

untuk meneruskan pengembangan Bandam Wirasaba. Pesan gubernur

ini disampaikan pada saat penyerahan buku memorijabatan bupati dari

pejabat Iama, Sukento Rido l4arhaef,drianto kepada pejabat baru, Budi

Wibowo di Pendopo Dipokusumo, selasa (11'l8).

wakil Gubernur Heru sudjatmoko mengataka[ dengan

diteruskannya pembangunan Bandara Wirasaba tersebut dihampkan

dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Pemda Purbalingga

jang;n terlalu terburu'buru menanyakan seberapa besar pendapatan

(PAD) yang bisa diterimanya. "Pemda jangan menanyakan ircome,tapi benefit bagi masyarakat," ujarnya.

Heru menambahkan, benefit bagi masyarakat bisa berbentuk pada

peningkatan kunjungan pariwisata, periingkatan sosial budaya, dan segi

kemanfaatan lainnya. Selaln itu juga bisa menjadi stimulus bagi roda

perekonomian masyamkat. Selain pengembangan Bandam Wimsaba,

Heru juga berpesan untilk seletah diresmikannya Jembata Linggamas,

Pemda Purbalingga juga dihacpkan dapat segera melakukanpeningkatan jalan dari Desa Penican-Desa Ngebrak. Pembangunan

salumn irigasi Bendung Slinga dan pemantauan proyek-proyek yang

didanai dariAPBD provinsi sepertijembatan di Dusun Karangbawang,

Jembatan Bantarbamng, dan lembatan CSR Limbasari."Purbalingga juga akan mendapatkan dana CSR dari Bank lateng

yang nantinya untuk SMK Negeri 3 Purbalingga, pembangunan

jembatan di Desa Candinata, dan bantuan pondok pesantren,"

paparnya. Terkait pelakanaan pilkada serentak yang akan digelar pada

9 Desember mendatang, Heru menginstruksikan aparatur sipil negara

(AsN) tidak boleh ikut dalam politik praktis dan AsN harus netral.

Tiga TugasSementam itu Budi Wibowo mengatakan, tugasnya menjadi Pi

'bupati ada tiga, pertama pelaksanaan pembangunan, pemerintahan,

dan kemasyarakatan. Kedua, melaksanakan pesta demokrasi agar

berjalan lancar dan berkualitas, dan ketiga menjaga netralitas ASN.

"Komitmen bagi saya untuk melaniutkan program pembangunanyang telah sudah ditetapkan bisa bedalan dengan baik,' ujarnya.

BudijUga berkomitmen untuk dapat secepatnya dapatmenyelesaikan pembahasan perubahan anggaran 2015. Tergetnya,perubahan anggaran bisa ditetapkan pada Agustus ini. Budijugaberharap kepada semua kepala SKPD untuk dapat membantupelaksanaan pembangunan di Purbalingga.

"semoga saya bisa menjalankan tugas ini dengan baik, di mana

indikator pelaksanaan pemerintahan yang baik adalah mendapatkanpredikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa

Keuangan (BPK)," tambah Budi. (ph06)

iIACIAN HUll{S SDTD:\ XABIIP-\TEN PIrRB-\LI\GG-{

Page 29: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ IIUll{A$ $[IDA PI]IBAIT{OOA

{ffiFtlBanvHmn$Rabu, 12 Agustus 2015

diPURBALINGGA-

Panwaslu KabupatenPurbalingga'menjewer'

Petugas Pemutakhiran datapemilih (PPDP) di Kecamatan

- Sementara ltu, pihak panwaslu jugatengah mencurigai sebuah kegiatan per-temuan kepala desa dan perangkat desabertajuk 'Peningkatan Kualitas Desa Seba-gai optimalisasi As€t dan Kekayaan DesaUtuk lcsejahteraan Masyarakat, yang dis-elenggarakan di Hotel Queen Baturraden,Banwmas. Kegiatan teBebut dikabarkanakan ada p€ngkondisian untuk memilihsalah safu pasangan calon.

Arto mengatakan sebagai langkahpencegahan, pihaknya yang tidakdiundang juga menghadiri acaratersebut. "Kami sempat mengawasinyadan belum ada tanda-tandapengkondisian. Namun karena acardini berlangsug selama tiga hai mulaisenjn (10/7) sampai Rabu (12l8), kamimeitipkan pengawasan ini kepada ketuaPanitianya," katanya.

Pihaknya mengakui mengalami keter-batasan dalam pengawasan acrra terse-but. Selain keterbatasan waktu, lokasiacara juga tidak dalam wilayah PurbaFingga.lKalau acara itu di \,yilayah PurbaFingga mungkin kami bisa memerintahkanPanwascam atau PPL untuk mengawaslterus sepanjang waktu acara, tapi karenaitu di wilayah luar kabupaten sehinggakami terbatas," jelasnya.

Sementara tindaklanjut soal duqaanPNS tidak netral, hingga kemarin,Pant,aslu belum mengundang KetuaDPRD Purbalingga, Tongat sH yang telahmemberi tugas PNS Ari Susanti untukmenjadi MC di Rakercabsus PDIP. "Kamibaru akan mengkonsultasikan terlebih:'dahulu kepada lGbag Hukum Setda, ,{untuk mengetahui dasar hukum tindakdnPNS tersebut " katanya. (rngoi)

Karangmoncol. Hal ini terkaittemuan adanya dugaan

pelanggaran yang dilakukanoleh PPDP yang malas atautidak memverifikasi secara

faktual data kependudukan.

Fr :::: :J i:1lil.*"J :$-"I ! p"i6a"as recamatan. red)E rur]nq*on.ot. aoa petuqis

PPDP yang tidak melakukan pencocokan

data di lapangan. Dia mendata tanpamendatangi rumah warga. "Selain ituada juga yang mewakilkan perannya keorang lain, ada juqa yang tidak kunjungke lapangan door to door padahal batasakhir pemutakhiran 19 Agustus nanti,"ungkap Anggota Panwaslu PurbalinggaDivisi Pencegahan dan Hubungan AntarLembaga, Arto Wibowo, Selasa (11/8).

l,lasalah tersebut, menurutnya sudahdilaporkan Panwascam Karangmoncolkepada PPK Karangmoncol, untuk ditindak-lanjuti. Permasalahan te6ebut, bisa dis-elesaikan di tingkat kecamatan, sehinggatidak perlu dibawa ke tingkat kabupaten.

BAGLAN III'\{,\S SETDA K.{BT]P-{TEN PI,TRBAI,INGG-\

Page 30: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIU[{A$ SITDA II]RBAIT{OOA

KPU Beberkan Hasil VerifikasiCek Keaslian Rekomendasi dan ljazah

PURBALI GcA - Hari ini, Rabu (1218),KPU dan Panwaslu lGbupaten Purbalinggarencanannya akan membeberkan hasil verifikasifaktualnya terhadap keaslian surat rekomendasi --yang telah diterima masing-masing pasangancalon dari DPP Partai pengusung masing-qasing.

Sebelumnnya, KPU dan panwaslu harusmendatangi kantor sekretariat Dpp parpol diJakarta. Kemarin (11/8) adalah hari terakhirKPU dan Panwaslu berkunjung ke sekretariatmasing-masing DPP parpol. "Besok (hari ini,red)akan kami beri tahu dalam press release," kataKetua l(PU Purbalingga, Sri Wahyuni AKS, Selasa(11/8).

Hasil sementara surat rekomendasiempatpartai politik (parpol) kepada dia pasansan

calon (paslon) bupati dan wakil bupati pemilihan

Kepala Daerah (Pilkada) Purbalingga 2015,tidak ada yang bermasalah. Hal itu, terungkapdari hasil verifikasi surat rekomendasi pimpinanpusat parpol oleh Komisi pemilihan Umum (KpU)Purbalingga, di hari pertama, Senin (10/8).

Empat parpol yang dipastikan sumtrekomendasinya tidak bermasalah tersebut,adalah Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional(PAN), Partai Keadilan Sejahtera (pKS) dan partaiHati Nurani Rakyat (Hanura). Tiga parpolyangdisebut pertama, adalah parpol yang mengusungpaslon H Tasdi SH MM dan Dyah Hayuning pratiwiSE B Econ. Sedangkan, yang disebut terakhiradalah parpol pengusung SugenE SH MSi danSuqipto SH. (ms05)

IiA(;I.\N IITI\'IAS SETD.l I'\Bf I'ATII\ PIIRI}ALING(;.\

Page 31: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KTIPINGIIMDIA

BAOIN IIIII{AS $ITDA IIIIBAIT,IOOA

m".*nyH^{IH;

' Internal GolkarKian Bergejolak

PURBAUNGGA - IntenalPartai Golkar KabupatenPurbalingga menjelang PemilihanKepala Daerah (Pilkada) 2015kian bergejolak. Setelah,kepengurusan DPP terpecahmenjadi dua kubu, yakni kubuAburizal Bakrie (ARB) dan AgungLakono (AL), kali ini giliranoraganisasi sayap Partai GolkarPurbalingga yang rnemanas.

Tiga organisasj sayap, yakniSentral Organisasi KaryawanSwadiri Indonesia (SoKSI),Organisasi KemasyarakatrnMusyav{arah Kekeluargaan Go-tong Royong (MKGR), dan Ke-satuan Organisasi SerbagunaGotong Royong (Kosgoro) 1957bermanuver politik dengan men-dukung pasangan calon bupati

dan wakil bupati Tasdi - Dydh- Hayuning Pratiwi. .,Tiga organisasipendiri Partai Golkar, Kosgoro.1957, MKG& dan SOKSI resmimendukung pasangan Tasdi "Tiwi," tegas Ketua Kosgoro 1957Muhammad Wachyono, kemarin,

Mesk, tak bisa ikut PilkadaPurbalingga karena masalahdualisme kepemimpinan, hals€nada juga diungkapkan olehKetua MKGR Maskur dan KetuaSOKSI Sumoyo. Ketua DPD Par-tai Golkar Purbalingga versi ARBSudono malah tidak terlalu ambilpusing dengan pernyataan sikappengurus harian DPD PartaiGolkar Purbalingga versi Al- itu."Biarkan saja, tidak apa-apa. Itukan hanya sebagian kecil saja,"katanya. (H82/s t{etwork)

rt{(iIAN HI]\IAS SETDA KABLiP,l.'I'EN PIIRB-\I-ING(A

Page 32: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KLIPING IUEDIA

BAGIN IITI[{A$ SIXDA PURBAIilOOA

@BanyHmFSR.bu, 72 Agustus 2015

Bantuan PKH Tahapll Mulai DisalurkanI M-olor, Terkendala Aliran Dana ke Rekening

PURBALINGGA- Setelah

molor lebih dari sePekandari tanggal Yang

ditetapkan semula, 3

Agustus lalu akibat alirandana belum masuk ke

rekening, Dana Bantuan

Program Keluarga HaraPan

(PKH) tahaP kedua senilailebih dari RP 19,6 miliar

baru bisa disalurkankePada 24'397 KK PKH

aktif, mulai hari ini.

ADA penyalumn kali ini,jumlah berkurang daripenerima bantuan PKH tahappertama sebanyak 24.414

KK. Namun jumlah total bantuan yang

disalurkan meningkat, di mana dana

bantuan tahap pertama hanya Rp 6,9miliar lebih.

"sebenarnya jadwal penyaluran

sudah siap sejak tanggal tiga, Namun

karena harus menunggu distrlbusidana ke rekening, baru m!lai besok(hari ini, 1218) dana bantuan PKH

dapat dibayarkan," kata KepalaKantor Pos Purbalingga l,4untaha saatRakor PKH di Operation Room Graha

Adiguna, selasa (11/8).Menurut lYuntaha, penyaluran

bantuan PKH tahap II akan dilakukandi 52 titik yang tersebar di 18 wilayah

kacamatan. Penyaluran hari pertamadilaksanakan Rabu (1218), di tigawilayah kecamatan, yakni Bukateja(4 titik), Kemangkon (3 titik), danKejobong (3 titik).

Untuk wilayah KecamatanBukateja, titik penyaluran akanditempatkan di Balai Desa Bukatejauntuk penerima PKH Desa Bukateja,Kedungjati, dan Bajon_g. KemudianBalai Desa Cipawon untuk warga Desa

Kebutuh, Karangcengis, Penaruban,. dan Cipawon. Titik lainnya di Bdlai

Desa Karanggedang bagi penerimaPKH Desa Kutawis, Karanggedang,Karangnangka, dan Balai Desa

Majasari bagi warga Desa Kembangan,Wirasaba, Tidu, dan 14ajasari.

Sedangkan untuk wilayahKemangkon, titik penyaluran di Balai

Desa Jetis, Balai Desa Bakulan, danBalai Desa Bokol. Sementara bagipenerima PKH wilayah KecamatanKejobong, titik penyalurannya berada

di Balai Desa Bandingan, Balai Desa

Pangempon, dan Balai Desa Langgar.

"Secara keseluruhan, penyaluran

akan dilaksanakan hingga 21 Agustus,yakni pada 12-15 Agustus, kemudiandilanjutkan pada 20 dan 21 Agustus,"jelasnya.

Empat TahapKepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja

dan Imnsmigrasi (Dinsosnakertrans)Ngudiarto menuturkan, program

keluarga harapan merupakan programpenanggulangan kemiskinan yang

diluncurkan Kementerian Sosial RIdengan memberikan bantuan tunai

kepada rumah tangga sangat miskin(RTSt1), Bantuan tunai tersebutdiberikan kepada RTSM yang memilikianggota keluarga terdiri atas anakusia 0-15 tahun atau 15"18 tahunnamun belum menyelesaikanpendidikan dasar. Termasuk keluargayang memiliki ibu hamil atau nifas.

"Di Purbalingga, tahun ini terdapat24,397 KK peserta PKH aktif dengantotal dana bantuan yang disalurkanRp 19.609.133.750. Bantuan tersebutakan disalurkan dalam empat tahap,"jelasnya.

Ngudiarto menambihkan, tiapkeluarga akan menerima bantuanterdiri atas bantuan tetap Rp 500,000,bantuan bagi KSM yang memilikianak usia di bawah 6 tahun, ibu hamilatau menyusui sebesar Rp 1juta,

Kemudian bantua; bagi anak pesertapendidikan setam SD sederajat Rp450 ribu, setrra Splp sederajat Rp 750ribu dan bantuan bagi anak pesertapendidikan setara SIVA sederajatmendapat bantuan Rp l juta, Jumlahbantuan minimum per KSM sebesarRp 950 ribu per tahun dan jumlahmaksimum mencapai Rp 3.700.000per tahun,

"Saya mengingdtkan agar bantuanPKH tidak boleh dibagi rata. Juga tidakboleh dipotong untuk alasan apa pun,"tandas Ngudiarto,

Dia menambahkan, penyaluranPKH tahap II di Purbaljngga menurutrencana juga akan dipantau langsungoleh Menteri Sosial Khofifah IndarParawansa. (pr{6}

B.\GIA\ ItT'\I.\S S['TD.\ K\BI'P.\TT,\ PL IiBAI,I\GG.\

Page 33: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KTIPING MEDIA

BAflAN IIUIilAS SEIDA PI]RBAIII{OOA

masacialli lftYt)al{:

Komoetensi GuruBahdsa lndonesiaPerlu DitingkatkanPURBALINGGA - Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG)

Bahasa Indonesla secara nasional masih rendah.

Hal itu diakui oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi

Jawa Tengah, Pardi Suratno saat membuka seminarPeningkatan Kompetensi Guru Bahasa Indonesia di

Purbalingga, Selasa (11/8).oleh karena itu, ia juga menekankan agar guru

Bahasa Indonesia ditingkatkan kompetensinyaterutarna dalam hal kekayaan khazanah ilmu

kebahasaan dan sastra. "saya tidak mau bilang

kompetensi mereka rendah, namun dari hasil UKG

(Uji Kompetensi Guru-red) 2011 lalu, rata-ratanaslonal, guru Bahasa Indonesia di bawah 60,"

katanya.Selain Pardi Suratno, acara seminar ini iuga

mengundang pembicara lain seperti suryo Handono

dan Enita ltriwati dari Balai Bahasa Provinsi

Jateng, serta Mahkamah dari Prodi MagisterPengkajian Bahasa Pnscasarjanan FkUP Univerbitas

Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Pardi mengatakan, peningkatan kompetensi itu,lebih diutamakan dalam peningkatan pengetahuan

dan bekal keilmuannya, Salah satu tujuan seminar

itu untuk memberikan cara baru yang lebih mudah' dan inovatif dalam mengajar bahasa dan sastra. oleh

karena itu pihaknya mengundang pakar dari sejumlah

universitas."Kegiatan ini juga diharapkan untuk menyegarkan

kembali pengetahuan guru terhadap substansi bahasa

dan sastra Indonesia, sehingga guru lebih percaya diri

dalam mengajar. Kemudian, menanamkan pada guru

untuk berbahasa secara santun dalam pembelaiaran,

hal ini sangat berpengaruh pada pendidikan etika dan

karakter siswa," paparnya saat diwawancarai.Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik)

Purbalingga Tri Gunawan Setiadi mengatakan,peningkatan kompetensi guru mutlak dilakukandengan kesadaran darl guru itu sendiri meskipun

banyak kendala."l4isalnya saja guru saat ini lebih dipusingkan

dengan hal-hal yang berkaitan pada diri sendiri

dibanding ke siswa. Namun perlu diingat bahwa guru

juga dinilai ini, itu, harus membuat PKG (penilaian

kinerja guru) sehingga untuk perhatian untuk sis'/va

minim," katanya. (mso5.o2)

KEPALA Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengahiardi Suratno (kiri) memberikan cinderamatatJoada Keoata Dinas Pendidikan Purbalingga'iii crnawin Setiadi Dada seminar PeningkatanKomoetensi Guru Bahasa lndonesia diPurbalingga, Selasa (1'1/8).

Br\GIAN HtrNI-LS SETD.\ li\BUPA'l EN Pf'RBALING{;-q.

Page 34: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KTIPINGMEDIA

BAflAN HTIII{A$ $IIDA IIIXBAIil{OOA

BAGIAN HUI\trA.S SETDA I'ABUPATEN PURBALINCCA

Page 35: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KLIPING NIEDIA

BAOIN IIIIII{AS $EIDA PIIRBAIil'IOOA

ffiBanyHmBHRabu, 12 Agustus 2015

B.\(;I.\\ IIt'\t.\S Slj',tD-\ li.\BI'P.\TE\ l'l Rl].\LI\(;(;.\

Page 36: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KTIPINGIIMDIA

BAflAN IIUMA$ ffi[DA II]IBAIil{GOA

l-lo,,rn Pxtng.vv.c,r. P-cfuu b fl4urluj 2ots

Bukit Tinggal Setengah

;:,i:,*Li5Xi!"d:1ffi :li::T#n'ii"'[:l1:Itlii::il',.ff f,?ffix?*':il',,ilr:P,['#*;;;#H;s;; t';;;li ditokZsi tersebut tsriNetwoddrysn nchman'{r6)

BAGI.IN IILIM-.TS SETD-A. T'{BUPATEN PfIRI]ALING{;A

Page 37: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIIIII{AS $[IDA IIIRBATT{OOA

WBanygmasRabu, 12 Agustus 2015

antarinstitusi pemerintah,pemerintahan daerah,lembaga kelitbangan, lembagapendidikan, lembaga penunjang

dan inovasi, dunia usaha, danmasyarakat di daerah. Tiga pilar

SIDa yang diterapkan masing-masing untuk desa inovasi,klaster, dan kabupaten/kotainovasi.

"l4elalui kegiatan penerapan

SIDa di Desa Wisata Serang,diharapkan ada inovasi-inovasiyang bisa diterapkdn untukpengembangan agroh,isata,sehingga pada akh;rnya dapatmeningkatkan pendapatan

masyarakat," katanya.

P€ralatan KhususSiti menambahkan, selain

penguatan kelembagaan,melalui kegiatan SIDa, Desa

Serang akan dibantu peralatankhusus untuk mendukungkegiatan outbond dan peralata.npengolahan makanan berbahanbaku dari stroberi.

Dampak EkonomiKepala Desa Serang Sugito

mengungkapkan, keberadaankebun stroberi dan rest areaSerang memberikan dampakekonomi kepada wargamasyarakat. Untuk satu hektarekebun stroberi, bila dikunjungi2.000 oranq bisa menghasilkanpendapatan Rp 30 juta. Di

Desa Serang saat ini tercatatlahan stroberi seluas 45,525ha, dengan jumlah petani 454orang. Sementara produksistroberi mencapai 1,5 sampai

2 ton sehari. "Pengembanganaqrowisata, khususnya stmberijelas sangat meningkatkan tarafhidup masyarakat desa kami,"kata Sugito.

Kepala DinbudparporaSubeno mengungkapkan,potensi Desa wisata Semngsangat bagus sebagai salah satudestinasi wisata di Purbalingga:Selain potensi stroberi, juga adapotensi sayur mayur. Luasanlahan sayuran mencapai 556,2hektare yang digarap oleh1.253 petani. Potensi lain yang

mendukunq untuk wisata, yakniudara sejuk, karena lokasi desa

berada di kaki Gunung Slamet.Dari sisi aksesabilitas,

Desa Serang menjadi jalurpenghubung antara wilayahTegal, Pemalang, Purbalingga,dan Banyumas. "Animowisatawan yang datangjuga sangat banyak. Jumlahpengunjung pada libur Lebaranlalu tercatat hingga 37 rjbuwisatawan. Ini sangat prospektlfuntuk dikembangkan sebagaidestinasi wisata agro yang

berkelanjutan," katanya,subeno menyarankan,

selain menggencarkan promosi

melalui berbagai media,pelayanan yang prima danpenuh keramahtamahan akansangat menentukan tingkatkunjungan wisatawan di masamendatang, "Para pelaku

wisata harus menerdpkan SaptaPesona Wisata, tidak salingmenjegal antarsesama petanistroberi, dan kompak dalam satukelembagaan kelompok sadarwisata,'ujamya.

BalitbangproY PerkuatAgrowisata Serang lewat SlDaKARAT{GRETA- Badan Penelitiandan Pengembangan (Balitbang)

.Provinsi lateng memperkuatkelembagaan agrowlsata di Desa

Serang, Kecamatan Karangreja,melalui kegiatan Sistem InovasiDaemh (SIDa). Desa Serangmerupakan salah satu dari 58desa inovasi dilateng yang

mendapat pendampingan lewatkegiatan ini,

"Di Jateng, kegiatanSIDa dengan sasaran desainovasi kami tempatkan di29 kabupaten, dan setiapkabupaten terdiri dua desa.Dari 58 desa se-Jateng yang

mendapat program penguatan

ini, lima di antaranya bergerakdalam kegiatan pariwisata. Dan

Desa Serang ini merupakansatu-satunya desa di Jatengyang mengembangkan stroberisebagai ikon wisata," kataKepala Bidang Prasarana WilayahBalitbangprov Siti Sulami,

Siti Sulami mengungkapkanhal tersebut pada kegiatanpelatihan penguatan

kelembagaan inovasi di BalaiDesa Serang, Karangreja, Selasa(1U8). Pelatihan yang diikutipara pelaku wisata di desasetempat, juga menghadirkannarasumber Kepala DinasKebudayaan, Pariwisata, Pemudadan 0lah Raga (Dinbudparpora)Subeno dan staf pengajar IlmuKomunikasi L.Jnsoed, BambangWidodo,

Diungkapkan Siti Sulami,SIDa merupakan suatu proses

untuk menumbuhkembangkaninovasi yang dilakukan

RAC;I \N IITiIVI.\S SE'ID.{ K-{BT]P,\TE\ I'TIRBALTNGGA

Page 38: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

Ditambahkan, untukmengurangi gejolak antarapetani stroberi agar tidak terjadipersaingan yang tidak sehatdalam hal harga, pihak pengelotadesa wisata harus membuat tataaturan yang jelas. Pemilik kebunstroberi yang berada di tepijalanjuga harus diberikan porsi sama.dengan pemilik kebun yanglokasinya tidak di tepijalan.

Kecenderungan wisatawan,mereka lebih akan datangke kebun yang berada ditepi jalan atau aksesnyamudah duangkau kendaraan.)qturan semacam pembagiankunjungan wisatawan ke kebunstrobed juga pedu dilakukansecara cermat dan merata,"tambahnya. (pr{6) PELATIHAN penguatan kelembagaan inovasi di Balai Desa

Serang, Karangreja, Selasa (1 1i8).

Page 39: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KTIPINGMEDIA

BAOAN IIUMA$ $ITDA ru[BAtffOOA

SATELITPSSTRABU PON,

12 AGUSTUS 2015

KPU Rampun$kanVerifikasi Faktual

!t Tahapan Pilkada PurbalimggaPLJRBALINGGA, SATELIIPOST-KPU telah -.refiiposr, hasil vedfikasi detapan parpol1ne-nyelesaikan veriJilasi faktual terhadap menunjulkan SK asli sesuai tetiilatjn dffdokurren,SK DPP I,arpol, pengusung pi- parpol pengusunt. Selanjutnya,'verifikasisangan bakal calon Bu pati dan Wakil Buparia kan d ilan j utkan fada iiala]r f ang diajukanl?urbalingga, Pengum uman hasjl verifift asi sebaqa i svirat perica lonan.akan diJakukan tanggal l4 Agustus bersama Ve;ifik;si jia;ah akan djmulaj da_ri ienjangdAgan !9$91ney3tonan -yallg lain. SLTA yang meniadi syarar minimil ienlKetua KPU Pu rbalingga Sri Wa}yuni yans calona;. Pida biodata,jane diiadikan svaratdihubungi melalui sam-bungan telepon lkai pencalonan, bakaj caldn b'upJti Tasdi iren-mengumurnkan hasil verifilasi secara resrrri aantumkan qelar 52 dan Tiwi'mencartumkanm€lalui media orassa. "HasiJ.nya narti akan riwdyat pen'didikan hanya sampai jenjangdiumumkan tanggal 14, jangir sekarang,,' SLTA. pddanal, Tiwi mefiiliki e'"tu / gfc"ikata dia saat perjalanan puJang dariJakarta, dari universitas di Australia."sementaraSelasa (1118). ._ - 9gggng mencantumkan ienjang pen-

Ketua Panwaslu Purbalingga, Dewi Palupi, did'ikai 52 dan Sutiipto m"r,iunt"urikaniuga enggan menyebutkar hasil veriJikasi iiri. gelarSl-nva.la mentatakan, hasil akan disam-paikan - Diketahdi, ada dua bakal calon bupatidansetelah Panwaslu. membaiasnya padi rapat wakil bupati dipilkada purbalingga.'Merekipelno,. Rabu hari ini (1218). ''Siya belum adala} pisangan Tasdi dan DyaH"tlayuninqmmenma Japoran dari komisioner Panwaslu Pratiwi vang diusurs pDlp Cerindr;_ pKS:

{ar]g -ikut verifikasi, nanti lah kita plenokar pAN, NasDEm. Sertipasargan Sugeng dan

orLlu, -ular dra. Sutjipto vang diusulg pKB, Hanura, dan

Meskipun demikian, dari sumber Sa- pariji Deinolirat. (gan)"

B]\GI/\N IITIMNS SL,TD.\ Ii-{tsL:P.{'I'EN PIiRBALINGGA

Page 40: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

BAOIN IIUIIAS SEIDA PI]RBAIT,IOOA

SATELITPOST

lnasu pohl,irz nousrus zots

KLIPINGMEDIA

ayah Kedi Balailan, danbagi pen

-U LIan Z r,

!r1(ir.\\ HI \l \s SF.TD.\ Ii \BI:P.\'fti.\ Ptit{l} \LI\-(;(i.\

Page 41: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KLIPING IUEDIA

BAflAN IIUI}{AS $X[DA PUIBAIT,IOOA

SareurposrRABU PON-

tz ncusrus zots

600 Siswa Ikuti

Kemah Pendidikan KarakterPURBALIN@A, SAIEtr-XTPGt-Sebanyal600 siswa kelas X SMK 1 Kaligondangmengikuti kemah pendidikan karaktermelalui MPP (ma.lam p€nghayatan penegdk)dilapangan Desa Sempor, Kaligondang padav:tl/8).

Kegiatan yang meliba&an 24 personelTNI dari Kodim 0702 Purbalingga" kemah

kasinya silap kerjasama, nasionalisire,dan rasa persahlan dan kesatuar bargsa,jujur, peduli berpikir kritis dan positifsebagaimana diamanatkan di uPacarapenutupar kemai pendidikan kaJakter,"kala Kapten inf Sarwanto, DanramilKaligondang.

Materi yang diterima peserta kemah

pendidikan karakter siswa melalui ke-pramukaan ini bertujuan menyalu rkanpotensi. peserta didik. "Tujuannya agarmenjadr manusja yang beriman danbertakwa, terbadtunya peserta didikdalam pelaksanaan pembudayaan danpemberdayaan nila i-nilai karakter bangsadi lingkungan pese a didik serta teraFli-

perididLkan karakter ini, selain masalahpendidikan karalter yang dibawaLan ins-trultur dari K-od im Purbali-ngga dan jugasebagian pembina pramuka internal SVK1 Kaligondang di bawah Kamabigus BudiSantoso SPd MSi. "Siswa iu8a men-dapatkan seju:nlal1 permainan, simulasi,dan sejumlah pelatihan tentang pemben-

tukan. ka-ra-kter,' ujar Budi yang iugaKepsek SMK Kaligondarg.

Mereka jr.rga ikut bergimbira denganmenyanyi, dan lomba-lomba. Melaluj-ke-giatan ini, diharapkal siswa memperolehbel<a [.untuk teius, berjuang nienjadipribadi ydng positif, menana-mkan rasahomat dan tanggung jawab. (gan)

B{(JIAN IIUN'I.{S SETD-{ Ii\BtIP.ATE\ PITRBAI,I\G{J.\

Page 42: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KTIPING MEDIA

BAGIN IIIIII{AS $IIDA PURBAIJNOOA

SATELITPOST

RABU PON,]2 AGUSIUS 2015

PersfuanggaAmbisi

Sampai FinalI Digetontor Rp 50 Juta per LaEa

ragr KarerLd Xl neotot karena hadiah yanFn-g-an ha-ri kemerdekadn, Kr. diperebutkan cukup besai"Kepastiannya tanggal JJ, r,,1," -prrama dihaaiahi Rrtu"ggul 13,"

i;5r-;[ui-ra pertama dihadiahi RP1,5 miliar, iuara dua RP 1

miliar,l,fl irrara tisa Ro 750Perihal kesiaPan-tim, ia;Y'.';'i* l-"it*" n, i:mentatakan telan IUU PeEen luta. (afgaabOOyatioo.cirm)

ItrSg,ff*-:.ffI#: ? ? ee rsi oa n s,s:]9i,,T"!",s glk?! *p y",hry,r:l]Trffi;;ffi:iH:"'ffi#; menjaditimpalingsportif.to :d1laf.Tt^tTl*cu*Rn 5l) iuta Der Dertanctrngan

-'-'-o -I--'""'7 7 tumamen ini' lamentatalan',lau i"tn!*,in Piala Ke- ROHMAN SUPRIYADI Persis solo menladr trn yanS

L:;;"#;;f ;;;;;";; ";;;';^;;:::::-' parinE diuntunskan Pasar-

rencananva akan diberikan CEO Persibangga iy., i9"*ii *l"r'"-"-y" *""-il;*t#'i;;;i;i;; - 'ila-ni

lag.a KaPolda CuP'

lalani pertandlngan. kemarn 'sPhinspa keberlaniutan Pe-

itsflffimg,ruffif-m".m*ffia+*tfii,ilffi ft fnmtr#ffi [*l*lputaran pertama. Tim yangSian besdr Pemajn meru-A- tu Nan

i.,j.,lf';.*H[r#:i{::if,*}iinl'*,jrrussil?tlij:ji.J.1,.'",ri,,ff;L';':i#ft:1l.lI;';

BAGL\N lIl lIAS SBTDA LABITP,\.T[,N.- PI.RB-{LING(I:\

juta," kata dia

tl.r-

Page 43: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

=4)=-r Aiang Piaia Kemerdekaan

Page 44: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

oE.g

=:o-o

E.q

:=o,

q

6

j6

=(!o-Eo-oe

6Foo)o)

:GEFo

6E-cr!(!

ct'=6v(E-ED'69

(/)t

5l_

-c E.

dc

<p6!{luxU'i

3aLG==!oY(

".re,-

Fa

FJrI]F<a

Page 45: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KTIPINGNMDIA

BAOIN IIt]tr[A$ $trXTA PINBAIil'IOOA

IV\al\asan j R"u, eon, 12 Aeustus 2015

Karnava[ 1 7-an DitiadakanPURBALINGGA- Pemerintah UpacaraDetik-DetikProklamasiKabupaten Purbalingga tahun Kernerdekaan RI di Alun Alunini menghilangkan acara rutin (1718) pukul 09.00, Pemberiankarnaval yang biasanya digelar Remisi di Rumah Tahanansetiap peiingitan IIUT Kemer- (17 /8) .usai upacara. Soredekaan Republik Indonesia. Ke- harinya, dilaksanakan Upacarabijakan tersebut diambil karern penururlan bendera sang merahPemkab tidak memiliki alokasi putih dan malamnya diadakananggaran urtuk melaksaratan Resepsi di Pendapa Dipoksumo.kegiatan karnaval. Selain itu, Panitia juga meng-

"Kita terbentur aturan penda- agendakan acara - pendukungnaan. Dimana sebelumnya ke- -- yakni Pengukuhan Paskibra dipanitiaan mendapat kucuran Pendapa Dipokusumo padadana hibah. Tahun ini tidak Sabtu (15/8)- Arjangsana Jandaboleh dan harus menggunakan Perintis Kemerdekaan dandana APBD Non Hibah. Pentas Hibuan Rakyat.Makanya sejumlah kegiatan AngSota seksi hiburan, Sridihilangkan, termasuk kar- Kuncoro mengaku akan menga-naval," ujar 'l'lt Sekretaris Dae- gendakan pentas hibuian rakyatrah (Sekda) Purbalingga, pada Rabu malam (1918), diPu-Kodadiyanto saat memimpin datkan di Stadion Gelora Goen-Rapat Pleno Panitia Peringatan toer Daryono. Hiburan lainnyaHUT Kemerdekaan RI ke 70 akan ditampilkan pada saattingkatKabupatenPurbalingga, upacara detik-detik proklamasidi Ruang Rapat Ardi Lawet, berupa tad kolosal mengenangkemarin. perjuangan ]enderal Soedirman.. Acara ini akan ditampilkan oleh{* Kegiatan Pokok 150 personel gabungan.

Kegiatan pokok lainnya beru- "Kami iuga menyiapkanpa Malam Tasyakuran (16 /9) di sejumlah hiburan dalam acaraPendapa Dipokusumo, Apel Ke- resepsi (17/8). Diantaranya hi-hormatan dan Renungan Suci di buran Tari penyambutary BandTamar Makam PaNawan Pemda, Orkes Bambu dan La-(TMP) Purbosaroyi (16/8), wak Suliah,l' katanya. l& ST-T7

BI(.IIAN HI i\'IAS SETD{ KABT]P,\TEN PfIRI]ALI\G(;.\

Page 46: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KTIPINGMEDIA

BAflAl{ HUI}{A$ $[IDA PI]RBAIil,IOGA

\{'t[IYaSAll j .n"b,

eon, lz Aqustus 2015

7 BUMD Purbatingga Terima .

Tambahan Penyertaan Moda[PURBALINGGA-sebanyak tuiuh Badan Usaha Milik Daerah

isiJ'iltii"'*k ; iirbaiingga 'akan menerima tambahan dana

ir.ii,"tt"." iit"al. Alokasitina tersebut berasal dari APBD Pe-

i"ilrt". iors, y*g saat ini sedano dibahas bersama'

Kehriuh BUMD tersebut yarru ?D BPR BKK' PT BanI Jaleng',

noTi'?t.In"" itt*'itr, i'd spn Svariah Briana Mitra Pe-rwira

l"ltl'prj'sil(' Kuia,,gto"tol s'elain itu iuga PDAM dan

o%lXx*rr"o r"*bahan APBD Tahun 20i5' PDAM mendapat-

url"ffit .#ilt "ii".i*odal terbesar sebesar Rp5 126 500 00ose-

ffi.":;*Pi-'ii"'k Jateng Rp46e0'000000'' PD BI{--B^{5'r#;;i,{,,ngl?*gffi #.ul;,.fl;fr,$;;:HH*';irf;"T

'i'"""it" ru'sso.odo.ooo serta PD BKK Karangmoncor

ii""H6.orilotii;r"" -iepaia

Bagian t'erekonomian Pemkab Purba-

H*:f l$-'s'ffi;";"T1,*illY?r,r-p!.ypt"^rqyidir

*#iE]#isoo xirial dari Pmikab dan- Rp'l 3 8e3 000'000 berasal

#ffi g.TJro5ffi in"Jtx#n'.*i'ft ffi'fffi'H}til[" r*fit"u r'*urtl"gga Rp12 1e4 5'16 O72;ffiilii*

tambahanDiungkaPkaru saat ini semua- t

modal untul peningkatan usana Sedangkan peraturab daerah

iii#fiiiiir[i*eJ tiduk "'a*p' *""sakomodir kebuturran

BUMD."")Hr"rr xur*u l*, saat ini se.dang disusun perubalran petlu pTy-

.*X'iii#'"rtffi .-t'rt -*g&o'noa" Iiebutuhan tersebut Dan

;;fr:iJ;I";irM; padisemd'ter pertamazorl 1T:i*:igfl,Y;#U#:iiil;#["p"i* p"tajp't*' biava dan laba sebelum

?li'i-'l*.*"t" '"'"ih dibaw* 50 persen"' ujamya'!apt, tita-tata masit I persen," ujamya,t'[iri,1[iiF"it l"r.egrl B"di Wiu'*o menvimpai]<an BLMD

*"*fi[T,;d;fi ''1?ii,.q;,i941]1tf ijfl .:l*:Hifi$i.,keziatan untuk Penda-

, d-ava dukune BUMD::',:;{Ifilf,:H.i,.ui,*pai p'r'"uaona' d-ava dukung BUM-D

ffi# ;GB" ;;ht"g!u p"ng"toiuu''"yu dibutuhkan kemampuan

*.neierial wans memadal. Iirarus tinggi, sehinggamanaierial Yang mema ST.Ct

B..\GIA\ HUNTAS SETDA KABUPATI,N PfTRB.A.LINCG-A

Page 47: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KTIPNGMEDIABAOIN IIIIIilAS $XX}A PIIRBAINOOA

l

lla!1asanl ' Rabu Pon, 12 Asustus 2015I

Ketika Kekeringan Landa Lereng $tamet

Air Harus Beti, Warga RetaTak MandiAir...,,(Sambungan hlm I)

ingin mengandalkan air daritalah hujan. Salah satu solusialternatif yang dilakukan ada-lah dengan membeli ak. "Wal-Ba yang punya uang tentu bisamembeli air. Tapi warga Yangtidak punya uang memilih me-ngambil air diri bawah atausumber air yang letaknya Pu-luhan kilometer," terangnya.

Seiumlah warga ada Yangmembeli air. Harganya RP 200ribu untuk 5.000 liter. Air seba-nyak itu bisa untuk memenuhikonsumsi selama 10 hari.

Koordinator Badan Penang-gulangan Bencana Daerah

GdD) fubr["gga Priyo Sat-moko mengatakan ada sejum-lah desa di wilayah KecamatanKarangreja yang mulai kesu-litan air di musim kemarau."Dusun Bambangan di Kutaba-wa dan Dusun Gunungmalangdi Desa Serang termasuk palingparah, karena berada di wila-yah yang paling iinggi," te-ranSnya.

Disampaikan dalam sahrminggu iri terdapat tujuh desayang mengajukan bantuan dro-ping air. Sehingga saat ini ada24 desa yang mengajukan ban-tuan air. "Masih mungkin ber-tambah dan kita mencobamemfasilitasi agar dampak ke-keringan tidak memberatkan

Di Kecamatan Karinereia.lanjut Priyo ada dua a""util"berdampak kekerinsan vaknlDesa Kutabawa (58 ianl<ii danDesa Serang (42 tanki). Sedane_kan untuk Kecamatan KeiX-bong dari 13 desa sembilan'diantaranya sudah meminta ban_tuan alr bersih yakni Desa Gu_miwang, Desa krencenq, DesaPandansari, Desa Ti bang,

Desa Nangkod, Desa pangem-pon, Desa Nangkasawit, DesaLanggar dan Desa Sokanegara.

Untuk Kecamatan Karins-anyar terdapat empat desa yai-ni Desa Kranganyar, Desa'Ka-lijaran, Desa Kaliori, dan DesaBungkanel sedangkan Keca_matan Bobotsari Desa Baniar-sari dan Desa Karansmalano"Kecamatan Kertanefara d#Kecamatan Pengadegin hanyasatu desa yakni Desi Kertane-gara dan Desa Pasunggingan,,,lelasnya. Kecamatan Kalison-dang Ianjut kepala BpBD-adalima desa yakni Desa Kalikaiar,Desa Arenan, Desa SidaneqaraDesa Sidareja dan Desa Siridu-ruja. W foko Santoso-sn

Musim kemarau yang mulaimeubatoa dampak bogi warga

di lereng Gunung Slamet,Purbalingga. Dua desa dikaki

gunun g te rsebut m a si ng- m asi n gdi Desa Kutabauta dan Desa

Serang mulai mengalamikesulitafi qir bersih. Kondisitersebut selalu terjad.i dan

belum ada solusi.

SEKITAR 200 Kepala Keluarga(KK) di Dukuh Bambangan,Desa Kutabawa, KecamitanKarangreja, Purbalingga menq-alami kesulitan air bersih. Ko;-disi tersebut diakibatkan su-mur milik warga sudah mulaimengering memasuki musimkemarau.

"Unhrk memenuhi kebutuh-an air, warga harus mencari kedesa yang ada di bawah. Ataukalau tidak kami harus menung-

gu hujan," kata Sugeng (35),warga setempat, Selasa (11lg).

Karena air bersih sulit diper-oleh, warga rela tidak ma'ndi.Mereka lebih ntemprioritaskanair bersih digunakan unhrk me-masak. Dukuh Bambangan me,mang berada di lereng Gunung

Slarnet. Dukuh tersebut me-mang merupakan dusun ter-akhir yang merupakan poskopendakian Cunung Slamet. Su-geng mengatakan wilayah du-sunnya memang tidak dialiripasokan air dari PerusahaanDaerah Air Minum (PDAM)."Instalasi pipa PDAM takmampu untuk masuk ke wila-yah yang tinggi seperti DukuhBarnbangan,' laniutnya.

Puncak kesulitan air bersihkemungkinan akan terjadi awalSeptember mendatang. Saat inihujan juga sudah tidak turuh.Sehingga warga kesulitan iika

Bersatfuuttg ke hal 7 kol 3

masyarakat," katanya.Lebih rinci Priyo menjelas-

kan, sudah 309 tanki air vanedikirim ke wilayah yung ,il"-lbutuhkan air bersil. 309 terse-but 48 ianki air merupakanbantuan dari Bakorwil, sedang-kan 261 adalah bantuan daiiAPBD Purbalingga.

B1(;IT\ HI -I'IAS SETD.\ R\BIIP.ITEN PURB.{I-I\GG.\

Page 48: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

--.-1-.-./---t\

AMBIL AIR BERSIH : Warga

DuktLh Batnbangam DesaKLLtabawa , KecafiatanlGrangreja , Purbalingga berjalanklki tttrtuk mengambil air bersihdi mata afu yntg letaknya jauh.Memqsuki kemarau , worga mulnikesulitall nadapatkan air bersih.W Eoto: Ioko S&fltoso

Page 49: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN III]ll{A$ $[IDA PIIRBilffOOA

| *"or ron, 1z Agustus 2oi5

Minim, Kepesertaan Priadalam Program KBPURBALINGGA- Tinskat kepesertaan pria di Program Keluarga

Berencana (KB) di KaU"lut"n nirrU"tir,ggimasil minim Flal tersebut

bisa dilihat Pertumbohit p"sotu KBts ia melalui Metode OperasiPria (MOP) vane cenderunq lambat.

'Dari d;ta"di kanto"r Eadal Keluarga Berencana dan

Pemberdavaar Perempuan (BKBPP) fumlah akseptor KB Pria MOPbaru. samtai akhir tilrun Z0l+ hanya sebanyak 68 orang," kata

Kasubdin ioembinaan KB BKBPP Pdbalingga, Mukhsinun, Selasa

(17 /8).5ementara untuk wanita melalui Metode Operasi Wanita (MOW)

oada al,.hir 2014 sudah memperoteh 178 peserta MOW. Dsampaikani"luvur,- KB Pria saat ini sirdah dapat ililayani di RSU Guteng dan

i'ur(esmas Bobotsari. Untuk pelayanan di RSU Gutheng iiap bulan

mampu melayani sampai'l0 Jkseptor KB Pria, atau sekitar 400 orangdalam sahr tahun.

'Dari data di BKBPP iumlah Peserta KB Baru sampaidengan bul-an

Iuni 2015 sebanval lr.aOz al<sLptor' Jumlah peserta KB Pria MOP-hanya '14 orang, sedangkan MOW sudah mencaPai 4l2 Sehingga,r,tr1k p"nggl^iun alat

"kontrasepsi mantap (kontaP), Prosentase Prid

masih-sangat sedikit atau setata 0.129o sementara kontaP waruta3 $97o," pap arr:'y a.& ST'T|

BA(;I-{N HtiNl.A.S SETD-{ IL{BLTP.ATEN PfiRBALINC(J.\

Page 50: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

KLIPING MEDIA

BAGIN IIU[{A$ $[XIA PURBAIT,IOOA

REPUBTIKA SELASA, 1 1 AGUSTUS 2015

BawasluAwasiNetralitas PNS. Ei{O WIDIYATNO wa Tengah sudah menginstruksikan

padajajaran panitia Pengawas Pe-inilu (Panwaslu) untuk lebih mernan-tau Dersoalan netralitas PNS ini di dizr liabupaten/kota wilayahnya yangakan milaksinakan pilkaila. Pasal-nva, kata dia, Bawaslu sudah menda-pit laporan indikasi persoalan ter-iebut. "sudah aila beberapa kabupa-ten }?ng memerlukan perhatian khu-sus terkait dengar netralitas PNS danbimkrasinya," ujar ilia.

Menurut Teguh, Perhatian }hu-sus terhaalap persoalan tersebut ter-utama di kabupaten/kota di manaada petahana yang maju sebagaicalon. Berdasarkan data BawasluJaira Tenga.h, dari zr kabupatenftotayang akan menyelenggarakan pilkadaserentak pada g Desember menda-tang, acla rz wilayah yang petahana-nya kembali maju dalam pencalonan.Yakni di Kota Semarang, Kota Solo,Kabupaten Sukoharjo, KabuPatenBoyolali, Kabupaten Pekalongan,Kabupaten Blora, IGbupaten IGndal.Kabupaten Rembant, KabupatenSragen, Kabupaten Semarang, Kabu-paten Purbalingga, dan KabuPatenPemalang.

Majunya para calon Petahana ini,

Majunya calon peta-hana dinilai rawan pe-libatan aparatur siPil.

PURBALINGGA - Badan Pe

ngawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Telngah menyoroti persoalan netralitaspegawai negeri sipil (PNS) dalsm ta-hepan pemilihan umum LePala ila-erah (pilkada) serental tahun i.oi. Ba-waslu Jawa Tengah sudah mendaPatlaporan dugaan keterlibatan PNSdalam aktivitas pasangan calon'

Koordinator Divisi Pencegahandan Huburgan Antarlembaga Bawas-lu Jawa Tengah Teguh Pumomo me-ngatakan, upaya penyelidikan me-ngenai laporan tersebut masih ber-jalan. PNS yang kedapatan terlibatdalam aktivitas pasangan calon ke-pala/wal<il kepala daerab bisa men-dapat teguran resmi. "Bila kelak be-nar-benar diketahui mereka ikut ber-kamparrye, maka kita akan mengam-bil tinilaftan tegas," kata dia, kemarin.

Teguh meD.gatakan, Bawaslu Ja-

BAGI-{N* Htr\'IAS SETD-.\ [,\Bt]PATEN PURB-\LINGGA

Page 51: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

menurut Tetuh, sering kali memun-culkan kerawanan pelibatan birolaasidalam kegiatan kampanye. "Karenaitu, panwaslu di kabupaten/kota ter-sebut harus lebih aktif memonitormasalah ini agar pdalsanaan pilkadadi daerah tersebut bisa berlangsungsecara/air dan adil, tidak melanggarketentuan perundang-undanganyang berlaku,' kata dia.

' Berdasarkan laporan s€mentara,arg diterima Bawaslu Jawa Tengah,indikasi keterlibatan PNS dan pe-Engkat birokrasi alalam kegiatan du-kungan pencalonan kepala daerahte$adi ili empat kabupaten. Lapomnitu masuk dari lGbupaten Purbaling-ga, Klaten, Kota Semarang, dan ter-akhir di Kabupaten Blora, Di Purba-lingga, salah satu dari dua bakal pasa-ngan calon yang mendaftar pilkadamemang merupakan calon petahana.Yaftni, pasangal Tasdi-Dyah Hayu-ning Prati\^'i. Tasdi sebelumnp men-jabat sebagai urakil bupati Purbaling-ga yang masa jabatannya berakhirpada z7 Juli lalu.

Teguh mengingatkan agar paracalon tidak melibatkan para PNSselama talapan pilkatla berlangsung.Ia pun mengimbau agar PNS tidak

terlibat mendukung pasangan calon.Ia mengatakan, oknum PNS yang di-ketahui terlibat dalam aksi mendu-kung calon kepala daerah bisa men-dapatkan sanlGi yang cukup berat.Sanksi itu mengacu pada Undang-Untlang (UtI) Nomor 5/2014 tentantAparatur Sipil Negara, UU Nomor23/2oq tentang Pemerintatr Daerah,dan Peraturan Pemerintah Nomor5B/2o1o tentang Disiplin PegawaiNegeri Sipil. "Hukuman disiplin bagiPNS bisa berupa hukuman disiplinringanberupa teguran, rarrrpai padahukuman disiplin bemt berupa pem-berhentian dengan tidak hormat,"kata dia.- Di Kabupaten Sleman, DaerahIstimewa Yogyakarta, petahana bu-pati dan wakil bupati sama-sarna ma-ju ilengan pasangan berbeda. Pen-jabat Bupati Gatot Saptadi pur me.ngingatkan persoalan netralitas PNsdalam pilkada. Ia mengaku, akanmengawasi gerak gerik PNS agar ti-dak melanggar ketentuan. "PNS ha-rus menunjukkan netralitas birokrasidai tidak berpihak paila politik apapun," kata Gatot, selepas acara seraltterima jabatan ali kantor PemkabSleman. r ca7.d: irfan fitet

Page 52: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

Pilkad

KLIPING MEDIA

BAGIN III]I}{A$ $MDA PURB]IT,IOOA

SATELITPciST

SETASA PAHING,I1 AGUSTUS 2015

a Langsun$lWilik Siapa?

PILKADA Lanssune tPilLr-dasung) oleh ."rky;?;;;; sehingga kekayaan daerah tal sz+ oru"g k"prL au"rrhgantikan pitkadi melalii tidak daPat sepenulurya di- dan wakil kepalahaerah hasitwakil rakyat atau DPR/DP- nikmati rakyat namun hanya pilkadasung terierat kasusRD telah menjadi prestasi dinikmati oleh penguasa be- [orupsi, hjtungan ini sema-baru demokrasi lndonesia. serta kroni-kroninya. Pitka- kin lebih banyak apabila di_baru demokraii Indonesia. seda kroni-kroninya. pilka- kin labih bany;k apabila di-Pilkadasung merupakan ko- das- ung diharapkanjuga men- tambahkan data 20i5, sepedireksi atas iistim pemerin- iadi pembatas parpol "me- Gubernur Sumatera Uiara,tahan sentralistik d-arl korup mainkan"-kewenangan poli- Walikota Palembang dan Bu-

tiknya. Pitkatlaslmg diharap- pati Empat Lawang Sumsel.

Bupati dan waitotu rrrt l kan menjadi kemenangan rar- Belum lagi kita menilai danairl"f,f.r" ^."J.ii,,"i""1_

yat dalam menentukan pe- menghitung berapa kepalaffi""s: fl;;i:;;'iil{ mimpin dambaan, vakni pe- daerah hasil pilkadasungmemaho Li+" r,.Li; -xr_^r^ mimpin yarlg rnemahalni ke- vang terntata tidak membe_memang kita yakin pilkada- raru ^E- Yd'H Letrr\drd trudK [Ire[noe-

sung adalah bentuk demo- hendak raklat' pemimpin iikan,preita'i.apapun bagi

t ""It*ud, L"ei r"kn"l ";i. yang tidal korup' pernimpin daerah vang.dipimpinya -

ra"r"t p".r"*"?".i{t"ar" yang amanah' dan mampu Mengapa baryak pemim-

Orgrrtt"t""""i, -""til5 menciPtakan.keseiahteraan Pin daerlir tragit pixa-!1:.yg

;.r:y"ih;;"iip"#ffiJ: ffii##;Sk;:rta a'dir vans teiierat"f#T:iJ'#

nya keariranrokaroreh demo-,",Iifrffl#ffif"'*ffi i:i"*X,:HfiT.Hi:',.:',:j;kratisasi_mate il- Sebagian telah lahir- beberapa sosoi bisi yadi bukan semata perilmasyarakat telah meman- pemimpin baru yaig tampil laku individual tapi juga ka-dang wajar - bahkan merasa begitu energik, mumpuni, rena adanya sistem ba'ik se-harus- menerima imbalan iegas, berani, merakyat serta cara largsung maupun tidakdari partisipasi politiknya. berhasil memberikan warna l.urgsung me;duknng teia-Mereka siap memberikan hak dan ino\ asi baru kepemim- dinya thdak pidana liorupsipolitiknya terhadap siapapul pinan di daerahnya sepeti te$iebut. Selainkarena lemih-pasangan calon yang mau Rismaharini (Walilota Sura- nya pengawasan baik dari

!aya), Anok (Cubernur DKI lembaga pengawasdn intemalJakarta), Bima Arya (Wali maupun ekiternal pemda,Kota- Bogor), Ridwan Kamil paling tidak ada empatpenye-(_Walikota Bandr.rng) juga bab maraknya korup-si pe-Ganjar Pranora o (Cubemur mimpin daeiah hasil pilka-Jar^a lengah). Namun takta dasr.mg.lain iuga tidak terbartai*an Pertama,. tingginya biayaseka I i gu s mencega ng ka n poLitil. Kond isi-ini diseb#-yakni sebagian besar kepala kan masih Janggeng dan ma-

_)r , [iff*"f"xll"]"3?i:T9 ;*ll#fl'/"rfi'J:,$xf;-,-- ,/ sus_korupsi baik yang dite- pofiticlidak hanya terjadi'\ ,/ tapkan oleh.K?K maupun dalam lingkungin paipol\ ,/ Kejaksaan- Berda_sarkan data rdpijuga miral 6erlaigsurg

\"/ Kementerian DaJam Negeri di fengah-tenga_h masyaial<at.' sebagaimana dikutip ypnn- Karenanya setiap pisangar.r.corn hingga Januarj 2014 calon yang maju dahm pilka-sebanyak 318 orang dari to- dasung perlu mengeluirkan

B-\GI\N IIIr\t{S SE'ID\ KABITPAT}h_ PtIRB:\LINGG.\

Page 53: Kliping media tanggal 12 agustus 2015

Iohantuifin SSos MSiPenulis adalah PNS di DinasPerindagkop PemkabPurbalingga

biaya milyaran rupiah untukdapat mengikuti dan meme'nangkart pilkadasung. Dam-paknya, setelah menjadi pe-mimpir daerah sang kepaladaerah akanbenuaha minimalbalik modal dengan berbagaiupaya ditengah keterbatasandan kelemahan pengawasanintemal di daerahnya.

Kedua; adanya "kontrakkerja" artara penguasa, Pe-ngusaha dan politisi. Tinggi-nya biaya politik menyebab-kan pasangan calon men-dekati pengusaha untuk men-dapatkan "pinjaman" modal.Setelah terpilih, tentu sangpenBuasa harus membayarhutang modal tersebut makacara yang paling mudah ada-1ah dengan memberikan "ja-Ian" bagi pengusaha yangbe4asa tersebut unh* menda-patkan proyek-proyek pem-bangunan di daerahnya. Bu-kan hanya pengusaha, parapolitisi pengusung dan pen-dukung kemenangan punakan meminta "jatah" yar.gbisa dalam bentuk proyek-proyek baik APBD maupunAPBN di daerah.

Ketiga; gagalr.y a patpolmelakukan rekrutmen po-titik. Seleksi wakil parpoluntuk menjadi PemimPindaerah bukan lagi berdasar-kan kompetensi dan kapa-bilitas sang calon melainkanberdasarkan popularitas danbahkan kini muncul sirya-lemen kemampuan salg ca-lon membayar "mahar poli-til" kepada partai telah jugamenjadi syarat bakal pasa-ngan calon. Keempai; hilang-

membeli hak zuaranya sekali-pun pasangan calon tersebutsesungguhnya bukan yangterbaik bagi diri dan dae-rahnva.

Beidasarkan kenyataar diatas, pilkadasung yang telahsama-sama kita sepakati mm-jadi ialur memilih pemimPindaer'ah temyata bukaa tanpakonsekuensi. Pilkadasungtemyata telah menjadi Pestapo[frk berbiaya tingti. Bukanhanyabiaya tinggi yang mem-bebani APBD dan APBN taPijuga biaya tinggi baBi sangcalon pernimpin dabrah. Trili-1.unan rupiah yang semesti-nya bisa dialokasilan urtukmembargun ja1ar, jembatan,irigasi nunah sakit dan lain-nya r-mtuk kepentingan ralYatterpaksa dipangkas dan dia-lihkar urituk membiayai pestademokrasi tersebut.'Parastakeholders pilkadasungjuga harus mengwas energi,waktu dan pikiran demi suk-sesnya suksesi kepemimpinandaerah secara demokratis.Ketegangan emosional bah-kan lionJlik horizontal di ma-syarakai iuga marak te4adiselama proses pelaksanaandan paska pilkadasrmg.

Meski akhirnya ditolak,dampak yang timbul daripilkadasung selama ini telahmendorong sebagian wakilra kyat di Senayan menyuara-kan perhlnya kembali kePadapemiliha:r kepala daeral me-talui DPRD. Nanun, RaPatParipuma DPR RI 20 Januari2015 akhirnya menetaPkanPerppu No.1 Tahun 2014 ten-tang Pemilihan Gubernur,

waspada terhadaP segalaancaman yang mmyebabkanditemulannya alasan untul<mengembalikan pilkada itukepada DPRD.

Carutya adalah Pertama;rakya t harus meniadi Pemiljhcerdas yang tidal ikut te4eratd,alam oligarki kekuasaanpolitik dan seolah tidak ber-daya dar tidak peduli bahlanikut menikmati lezatnYa mo-ney politic. Masyarakat ja-ngan hanya berteriak lantangmenuduh pejabat koruPsitapi dirinya sendiri ikut "ko-ruosi kecil-kecilan" saat Pil-kadasung. Kedua; meniagakemerdekaa-n dan indepen-densi pers. BagaimanaPunpers adalah media Penga-*asan yang sangat efektifunhrk mengontrol ialarnyakekuasaan dan kebijakanpemerintah termasuk me-ngontrol prilaku partai Poli-tik Peis adalah satu di artarapilar untul tegaknya demo-ktasi selain lembaga ekse-kutiI, lembaga legislatif dantembaga yudilatif. Oleh ka-renanya keberadaan Persharus tetap independen tidalberada di bawah atau di bela-kang ketiga lembaga tersebut,apalagi nienjadi underbowpaipol tertentu. .Keh'ga;bera-iri tiut<um partai potitik. Ya,

ralyat harus berani menghu-kum parpol yang telah me-ngusung calon kepatra daerahdan dikemudian hari temva-ta kepala daerah tersebutmenyandung masalah hu-kum. Caranyi dengan tidakmembedkan suara bagi ke-perluan parpol tersebut. (*)