KKN - Laporan Posdaya

KKN - Laporan Posdaya
KKN - Laporan Posdaya
KKN - Laporan Posdaya
download KKN - Laporan Posdaya

of 3

  • date post

    13-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    243
  • download

    9

Embed Size (px)

description

Kutipan Laporan Pembentukan Posdaya

Transcript of KKN - Laporan Posdaya

BAB III - HASIL KEGIATAN DAN PEMBAHASAN

Berdasarkan hasil tinjauan yang sebelumnya dilakukan di Dusun Sak Sak, Desa Sepuh Gembol, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo maka, terdapat beberapa masalah baik dalam bidang ekonomi, bidang lingkungan, bidang kesehatan dan terutama dalam bidang pendidikan. Oleh sebab itu, dibentuklah suatu organisasi yang dikenal sebagai Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) yang bertujuan mengembangkan potensi dari empat pokok pilar masyarakat, antara lain; (1) pilar pendidikan; (2) pilar kesehatan; (3) pilar ekonomi, dan; (4) pilar lingkungan.Sebelumnya tidak pernah ada Posdaya yang dibentuk di dusun tersebut sehingga, pembentukan Posdaya ini disambut dengan penuh antusiasme oleh sebagian masyarakat dusun. Berbeda dengan sebagian penduduk dusun lainnya yang terlihat kurang berminat dengan pembentukan Posdaya yang telah direncanakan. Hal tersebut disebabkan karena sebagian penduduk lainnya berharap agar pemerintah langsung memberikan bantuan setelah Posdaya terbentuk. Meskipun perihal tersebut sudah diluruskan, pemikiran yang ada tidak dapat berubah. Oleh sebab itu, pembentukan Posdaya baru yang diberi nama "Posdaya Melati" ini diwujudkan dengan memilih pengurus Posdaya yang berpengaruh di masyarakat serta memiliki semangat yang tinggi. Pembentukan pengurus dengan cara seperti itu, diharap dapat menarik minat masyarakat lainnya kelak.Posdaya Melati ini dibentuk karena tingkat pendidikan rata-rata sebagian besar masyarakat Dusun Sak Sak masih tergolong rendah. Banyak diantara masyarakat dusun yang hanya menempuh tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD) bahkan, ada juga yang tidak sampai lulus. Selain itu, juga muncul pemikiran bahwa bekerja lebih penting daripada sekolah.Awal pembentukan dimulai dengan mendatangi rumah-rumah masyarakat (door to door) terutama para warga yang berpengaruh di dalam masyarakat. Setelah tampak siapa saja warga yang terlihat antusiasme dalam menanggapi pembentukan ini, maka diadakanlah acara pembentukan pengurus Posdaya dengan mengundang para tokoh dan kader masyarakat Dusun Sak Sak. Di dalam acara ini juga diadakan diskusi serta tanya jawab mengenai apa itu Posdaya, beberapa agenda kegiatan Posdaya berdasarkan 4 pilar yang ada, serta dilakukannya pemutusan bersama tentang nama Posdaya. Nama Posdaya Melati diambil dari nama kaderisasi yang ada di dusun Sak Sak.

Gambar 1Dokumentasi Acara Pembentukan Pengurus Posdaya Melati

Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang dilaksanakan Posdaya tersebut setelah Posdaya tersebut terbentuk. Antara lain :

a. Bidang kesehatanDalam bidang kesehatan terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan, yaitu:1. Penyuluhan Penggunaan Obat yang Baik secara DAGUSIBU (DApatkan, GUnakan, SImpan, dan BUang).2. Penyuluhan Pemberantasan Jentik Nyamuk sebagai Sarana Pencegahan Malarian dan Demam Berdarahb. Bidang Pendidikan1. Penyuluhan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif)2. Pelatihan Kreativitas Anak TK Melalui Media Origami3. Pembentukan Kelompok Belajar Bagi Siswa SD4. Pelatihan Rutin Beladiri Karate Bersama Masyarakat Desac. Bidang Ekonomi1. Kerajinan Kain Flaneld. Bidang Lingkungan1. Penyuluhan budidaya tanaman hortikultura dengan sistem vertikultur sebagai media bercocok tanam.2. Penanaman Pohon (Penghijauan)3. Penyediaan Tempat Sampah di Pinggiran Jalan Raya