Keragaman sosial budaya

download Keragaman sosial budaya

If you can't read please download the document

  • date post

    14-Apr-2017
  • Category

    Education

  • view

    254
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Keragaman sosial budaya

PowerPoint Presentation

SMP ISLAM TERPADU

MUTIARA IRSYADY

1

Semoga keselamatan selalu tercurahkan kepada kalian

ILMU PENGETAHUAN SOSIALGURU MATA PELAJARANSRI NURKHODIJAH,S.Ag.

Inilah Kami

Helmi MuzakiSuhamdaniDimasTianRizki R

Keragaman Sosial Budaya sebagai Modal Dasar PembangunanSifat dan Bentuk Interaksi Sosial Budaya dalam Pembangunan manusia tidak dapat lepas dari kebutuhan akan interaksi sosial. Sejak lahir , dia tidak akan dapat melanjutkan hidupnya tanpa bantuan manusia lain. Interaksi terjadi baik antar individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok.

Contoh interaksi Individu dengan Individu

Orang yang sedang bermain caturAyah yang sedang menasehati anaknya

Contoh interaksi Individu dengan Kelompok

Guru di depan murid-muridnya

Kyai sedang memberikan ceramahContoh interaksi Kelompok dengan kelompok

Permainan antar tim sepak bola

Diskusi antar Kelompok

Kehidupan manusia berlangsung berubah-ubah atau dinamis. Interaksi yang positif pada saat ini, diwaktu lain sering berubah menjadi interaksi negatif.

Pernahkan kamu berselisih paham dengan temanmu ?

Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial dalam Kehidupan MasyarakatBentuk interaksi manusia dengan lingkungan sosial ada yang berbentuk asosiatif dan disosiatif. Bentuk interaksi asosiatif adalah interaksi sosial yang mengarah dalam bentuk kerjasama sebagai sebuah proses yang terjadi saling pengertian dan kerjasama timbal balik atar orang perorangan atau kelompok satu dengan lainnya. Dimana proses ini menghasilkan pencapaian tujuan-tujuan bersama.

Bentuk-bentuk interaksi AsosiatifKerjasama (cooperation)Akomodasi(accommodation)Asimilasi(assimilation)Akulturasi(acculturation)Persaingan (competition)Kontraversi(controversy)Konflik(conflict )

wawasanBentuk interaksi manusia dengan lingkungan budaya dapat dilihat dari pola interaksinya yaitu intern dan ekstern. Bentuk interaksi intern merupakan bentuk interaksi yang terjadi karena adanya proses belajar kebudayaan oleh warga masyarakat bersangkutan. Interaksi ini meliputi beberapa proses yaitu:Internalisasi (internalization), sosialisasi (socialization), dan enkulturasi (enculturation). Jadi proses ini hanya dapat terjadi apabila nilai-nilai suatu kebudayaan sudah diakui dan dijadikan sebagai milik dari suatu masyarakat

Sampi di sini dulu, ya??