Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012

24

description

E_Paper Kendari Pos

Transcript of Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012

Page 1: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012
Page 2: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012
Page 3: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012
Page 4: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012
Page 5: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012

Cyan

Magen

taY

ellowC

yanM

agenta

Yellow

Cyan

Magen

taY

ellowC

yanM

agenta

Yellow

Baca Layak di Hal. 6

Langganan Luar Kota Rp. 67.500,-email : [email protected]

Cyan

Magen

taY

ellowC

yanM

agenta

Yellow

Kamis, 24 Mei 2012

Bagi pelanggan Kendari PosWilayah Konawe yang tidak

Mendapat koran

pengumuman

NASRUDDIN PAgAlATelp. 0823 4797 7372

Hub. Bapak :

Rumbia, KPPencurian kayu (illegal log-

ging) marak terjadi di Bom-bana selama ini. Menganti-sipasi hal tersebut, Dishutsetempat mulai memperketatpengawasannya dengan men-gaktifkan kembali dua poskoyang ada selama ini.

Dinas Kehutanan Bomba-na Rukisa mengatakan, duaposko yang diaktifkan ituterletak di pertigaan Hombesdan perempatan Lauru. Di

Wangiwangi, KPKawasan Mola Raya, Ka-

bupaten Wakatobi termasukkawasan yang menjadi lang-ganan kunjungan sampah-sampah plastik kiriman mau-pun produksi masyarakat.

memerangi sampah terse-but, Dinas Tata Ruang, Keber-sihan, Pertamanan, Pemaka-man dan Pemadam KebakaranWakatobi membentuk ForumKomunitas Mitra PengelolaanSampah atau Forum Kompos.Forum kompos yang berang-gotakan unsur tokoh-tokohmasyarakat, pemuda dan un-sur pemerintah di setiap desadan kelurahan ini secara kon-tinu mengangkat sampah dis-etiap lingkungannya.

“Persoalan sampah plas-tik di Wakatobi akan tuntasteratasi bila tumbuh kesadarandari masyarakat sendiri dalammenjaga lingkungannya,” ujarDrs LA Jumaddin, Kadis TataRuang, Kebersihan, Pertaman-an, Pemakaman dan PemadamKebakaran Wakatobi, beberapawaktu lalu.

Menurut Jumaddin, dalammemerangi sampah plastiktentunya dibutuhkan kemi-traan antara pemerintah danmasyarakat. “Kita harapkan dengan lahirnya komunitas ini dapat membantu menggerak-kan penyadaran dalam pembe-basan sampah itu,” katanya.

Saat ini, Forum Komposbaru terbentuk di wilayah kotaWakatobi yakni KecamatanWangiwangi dan Wangiwangi

Kendari, KPGubernur Sultra Nur Alam

tetap menyempatkan diri men-gukuhkan pengurus LembagaEkonomi Masyarakat (LEM)Sejahtera yang dilakukan diDesa Wunduwatu, KecamatanAndoolo, Kabupaten Konsel, Senin (21/5) lalu. Meski telat

Kendari, KPDinas Pertambangan En-

ergi dan Sumber Daya Mineral(ESDM) Sultra menyatakanhanya enam dari sepuluh pe-rusahaan tambang di kabu-paten Konawe Utara yang layakuntuk melakukan kegiatanproduksi ore nikel.

Keenam perusahaan terse-but yakni PT Starget, PTAntam Tbk, PT Bumi KonaweAbadi (BKA), Cinta Jaya, BumiKonawe Mining (BKM) danKonawe Utara Sejati. Sedang-kan keempat perusahaan yangdinilai belum layak untuk

Raha, KPAksi Gerakan Rakyat Anti

Korupsi (Gerak) Sultra di Ke-jaksaan Negeri (Kejari) Raha,yang menyuarakan adanyakeganjilan tuntutan Jaksa yangdiberikan kepada Kepala DesaPura, La Ode Hasim, terkait pe-malsuan tanda tangan perkarapertanggung jawaban danablock grant, ditanggapi pihakKejaksaan.

Plt Kepala Kejaksaan RahaLa Ode Musril mengatakan,tuntutan yang diberikan ke-

hadir dari jadwal semula pukul 09.30 Wita, namun kehadiranGubernur tetap disambut meri-ah. Itu terlihat saat kedatanganNur Alam di Desa Wunduwatusekitar pukul 12.00 Wita, usaikunjungan kerja di KabuaptenBombana. Walaupun terik ma-tahari begitu menyengat, na-mun tak menyurutkan seman-gat sejumlah warga setempat,para penari adat Mondotambedan puluhan siswa SD dalammembawakan alunan musikbambu.

Dihadapan puluhan pengu-rus LEM Sejahtera, Nur Alammenjelaskan pembentukanLEM Sejahtera merupakan pro-gram kelembagaan di tingkatpetani. Saat ini jumlah LEMSejahtera yang dibentuk sudah40 unit mulai LEM Sejahterakhusus petani jeruk, kelapa,dan kakao yang tersebar dienam kabupaten. “Tujuan dariLEM Sejahtera ini adalah un-tuk meningkatkan rasa keber-samaan antara petani di suatudesa untuk melakukan kerja

sama dalam dalam mengelolahsumber daya yang ada sehinggadaya saing produk mereka bisameningkat guna meningkatkankemandirian ditingkat petani,”ujarnya.

Gubernur juga menyarankankepada pihak perbankan agarbisa memberikan fasilitas ke-mudahan kepada petani terkaitusaha pemodalan.

Karena umumnya yang men-jadi kendala utama adalah per-

melakukan kegiatan produksiadalah PT Sriwijaya Raya, Ka-baena Mining, DMS dan CiptaJaya. Demikian diungkapkananggota komisi B DPRD Konut,Taslim Saula, saat ditemui ke-marin.

Menurut Taslim, pihaknyabersama rekan-rekannya dikomisi B baru saja melaku-kan pertemuan dengan DinasESMD Sultra untuk mengklari-fikasi dan mengkoordonasikan terkait persoalan tambang didaerah itu.

“Penjelasan pihak ESDMSultra, setiap perusahaanharus mempunyai tenaga ahlipekerja pertambangan. Dandari sepuluh perusahaan yangmelakukan kegiatan produksi

ternyata hanya enam perusa-haan yang memiliki tenagaahli pertambangan,” kata poli-tisi PPP tersebut.

Karena itu, lanjut Taslim,Pemkab Konut diminta agarbenar-benar selektif dan mep-erhatikan peraturan pertam-bangan agar perusahaan tidakmelakukan kegiatan penam-bangan secara serampangan yang dapat merugikan daerah.

Taslim juga menyoroti Dis-tameben Konut yang dinilaitidak melakukan kordinasidengan Dinas ESDM Sultra da-lam mengeluarkan izin usahapertamabngan (IUP). Terbukti,hingga saat ini laporan yang

Hanya 6 PerusahaanLayak Produksi

Dari 71 PemegangIUP di Konut

dua posko ini ditempatkanmasing-masing tujuh per-sonil polisi kehutanan (Pol-hut) yang bekerja siang danmalam mengawasi pelakupenyeludupan kayu illegal.“Mereka (personil Dishut)bekerja sesuai giliran. Yangjelas setiap posko ditematkantujuh personil,” katanya.

Mantan camat Kabaena ini mengaku, dua posko itu kem-bali diaktifkan karena tempatposko itu berdiri merupakansatu-satunya jalur alternatif yang dilalui para pelaku illegallogging untuk masuk atau ke-luar dari wilayah Bombana.

Rukisa mengaku, selamaposko itu diaktifkan, personil-nya sudah pernah mengung-kap para pelaku illegal log-ging. Bahkan barang buktinyasudah disita dan diamankanDishut Bombana. Namun ken-dala yang dihadapi instansin-ya saat ini adalah, tidak adan-ya penyidik pengawai negerisipil (PPNS) untuk mempros-es atau memeriksa sendiriperkara illegal logging. “Jikaada perkara illegal loggingyang diungkap, kami terpaksamerekomendasikan ke PolresBombana untuk diproses,”ujarnya. (nur)

pada terdakwa La Ode Hasim,Kades Pure, hasil kajian ke-jaksaan tuntutan empat bulandari ancaman enam tahun su-dah ideal. Kades pure tersebutdiindikasikan melakukan peni-puan pemalsuan tanda tangan,laporan pertanggung jawabanpenggunaan dana block grant.“Jaksa sudah melakukan tugasdengan baik, tuntutan sudahprofesional,” ujarnya.

Pria yang juga menjabat Kasi

Baca Disambut di Hal. 6

Baca Tuntutan di Hal. 6

ForumKomposTerbentukPerangi SampahPlastik

Baca Forum di Hal. 6

Tuntutan JPU Sudah Ideal

Nur Alam Disambut di AndooloSaat PengukuhanLEM SejahteraDesa Wunduwatu

Dishut Aktifkan Posko PengawasanAntisipasiIllegal Logging

StrILDA/KPGubernur Nur Alam saat mengukuhkan LEM Sejahtera di Andoolo.

Page 6: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012

Cyan

Magen

taY

ellowC

yanM

agenta

Yellow

6Kendari Pos | Kamis, 24 Mei 2012

Cyan

Cyan

Magen

ta

Magen

ta

Yellow

Yellow

Cyan

Magen

taY

ellow

Cyan

Magen

taY

ellow

Disambut...

Tuntutan...

Wanggudu, KPTerhentinya aktivitas selu-

ruh perusahaan tambang yangbelum memiliki pabrik pengo-lahan sejak 6 Mei 2012 lalu, kinimulai terasa dampaknya olehsejumlah perusahaan tambangdi tanah air, tak terkecuali diKonawe Utara. Salah satunyaadalah PT Bumi Konawe Abadi(BKA) yang terpaksa meru-mahkan sejumlah karyawan-nya untuk sementara waktu.

General Affair PT BKA, JoniSulaiman, menjelaskan pihakperusahaan terpaksa meru-mahkan sebagian karyawan-nya untuk mengurangi bebanperusahaan yang terlalu besar.Apalagi saat ini tidak ada keg-iatan yang dapat dilakukansebelum memperoleh sertifikat pengiriman ore dari Kemente-rian ESDM.

“Saat ini kami memiliki 267orang karyawan dengan jum-lah gaji per bulannya mencapi

masuk ke ESDM jumlah perusahaan yang sudah men-gantongi IUP hanya 71 perusahaan. Sementara pihakDistamben Konut mengaku saat ini terdapat 158 IUP. Data ini juga berbeda yang ada di Kementerian ESDMyang dilaporkan 113 perusahaan.

“Kami melihat Distamben Konut tidak melakukankoordinasi. Meskipun saat ini era otonomi daerah,bukan berarti kabupaten melepaskan dirinya denganprovinsi. Kami menilai yang coba dihindari Pemkab disana (Konut),” terangnya.

Sementara Kadis Pertambangan Konut, AmrinUmirtun yang dihubungi mengaku pihaknya telahmemberikan laporan perusahaan yang memegangIUP yang telah lolos verifikasi ke Dinas ESDM Sultra. “Hasil verifikasi yang kami lakukan memang baru enam perusahaan, sementara yang lainnya belum di-lakukan,” jelasnya. (p15/lan)

modalan. “Kepada pengurusyang telah dikukuhkan agarsegera bekerja dan selalu berk-oordinasi dengan penyuluh,”

Intel Kejari Raha tersebut, mengungkapkan, terdakwadikenakan pasal 263 KUHP atas perkara pemalsuan tan-da tangan dengan ancaman enam tahun. Jaksa menga-jukan tuntutan empat bulan penjara. “Mungkin mereka(Gerak) berpikir kasus ini korupsi dana block grant. Ka-sus ini perkara penipuan, bukan korupsi, “terangnya.

Perkara tersebut, lanjut Musril, sudah bergulir di Pen-gadilan Raha.”Kita tunggu Tunggu fakta persidanganmeringankan atau memberatkan. Jaksa sudah melaku-kan tugas dengan baik, “katanya. Ia memberi contoh, ka-sus kepemilikan senjata tajam ancaman hukumannya 12tahun. Masa semua kasus sajam mau dituntut 12 tahun.Kalau semua harus disesuaikan dengan ancaman hukum,jaksa tidak perlu lagi menyusun tuntutan. “Tinggal printout dikomputer, masukan pasalnya keluar sudah lengkapdengan tuntutannya, “ jelasnya. (awn)

Selatan. “Khusus wilayah kawasan Mola Raya, dijadi-kan semua wilayahnya sebagai sasaran Forum Kompos,karena wilayah itulah yang kerap menjadi kawasanyang kerap dikunjungi sampah plastik kiriman. Ten-tunya, dalam mendukung rencana aksi komunitas ini,Pemkab melalui Dinas Kebersihan akan mendampingidan menyediakan fasiltas seperti gerobak sampah, tongsampah dan juga adanya dukungan kemitraan dari per-bankan dan wiraswasta lainnya,” paparnya. (cr1)

Forum...

Layak...

harapnya. Diacara pengukuhan LEM

Sejahtera ini juga dihadiriPimpinan BI Kendari LawangSiagian, pimpinan sejumlahbank baik BRI, BPD, anggota

DPR RI Andi Rachmat, AsistenIII Pemkab Konawe Selatan M.Yamin Renggala, Kadis Perke-bunan dan Holtikultura SultraAkhmad Chaidir dan sejumlahpejabat lainnya. (p12)

Rumbia, KPPelabuhan perintis Kam-

pung Baru, Kecamatan Rum-bia Tengah, Kabupaten Bom-bana bakal naik status menjadipelabuhan feri ASDP. Tahunini, Pemerintah KabupatenBombana telah menyiapkananggaran Rp 600 juta untukbiaya peningkatannya.

“Dana Rp 600 juta itu seba-gai tahap awal. Dana ini untukbiaya pelencengan pelabuhanFeri,” kata Kepala Dinas Per-hubungan, Komunikasi danInformatika, Bombana, Syafi-uddin Kube, kemarin.

Mantan kepala bagian or-ganisasi Sekretariat daerah,Bombana ini menambahkan,ditahap kedua nanti pemer-intah daerah akan mengang-garkan kembali biaya pening-katan dermaga, terminal, danruang parkir.

Rp 700 juta lebih. Ini belumtermasuk biaya konsumsi danoperasional setiap harinya.Sekarang dengan tidak adanyaaktivitas maka pemasukan ter-hadap perusahaan nihil. Nah,

ini sangat berpengaruh ter-hadap kelangsungan perusa-haan,” kata Joni Sulaiman saatditemui beberapa waktu lalu.

Menurut Joni, separuh darijumlah karyawan tersebut akan

di rumahkan untuk semen-tara waktu hingga perusahaanberoperasi kembali. “Saat inikami merancang sistem sip. Jadinanti akan ada pergantian, yangsudah dirumahkan akan kemba-

Syafiuddin mengaku, ren-cana peningkatan statuspelabuhan perintis KampungBaru sudah ditinjau BupatiBombana, H Tafdil. Saat be-rada dilokasi tersebut, Bupatimenaruh harapan besar agarrencana peningkatan status itucepat terlaksana karena bisameningkatkan pertumbuhanekonomi melalui jasa laut diBombana.

Sebab sesuai rencana,pelabuhan feri KampungBaru (Kasipute) itu akan men-hubungkan beberapa wilayahseperti Kasipute-Kabaena, Ka-baena-Bira, Kabaena-Selayar,Bira-Jampea, Bira-Tondasi.Rencana rute tersebut kataSyafiuddin Kube, pihaknya saat ini masih dalam tahapproses menyurat di dirjenperhubungan laut dan ASDPpusat. (nur)

li dipekerjakan dan diganti den-gan karyawan lainnya. Ini jalanterbaik daripada kami men-PHKkaryawan,” ujarnya.

Untuk diketahui, Kemente-rian ESDM melalui PeraturanMenteri (Permen) nomor 7tahun 2012 melarang pengiri-man sumber dalam alam (SDA)khususnya bahan baku tam-bang tanpa melalui proses pen-golahan guna memaksimalkanpendapatan devisa negara.

Meski demikian, perusahaantetap diberi kesempatan untuktetap melakukan pengirimanbahan galian tambang hingga2014 dengan beberapa persyara-tan, antara lain harus clear andclean admnistrasinya, harusmenjaga lingkungannya, harusmenandatangani fakta integ-ritas dalam arti berjanji akanmenjaga lingkungan denganmemperlakukan pertamban-gan dengan baik.

Selain itu, juga harus menan-datangani fakta integritas bahwananti tahun 2014, kalau belummembuat smelte, maka bersediadilarang ekspornya. Disampin itusetiap perusahaan akan dikena-kan biaya keluar (BK) sebesar 20persen. (p15/lan)

IST/KPGeneral Affair PT BKA, Joni Sulaiman (kanan) saat menerima kunjungan kerja sejumlah anggota dewan Konut di kantor BKA di Desa Motui Kecamatan Motui beberapa waktu lalu.

PT BKA Rumahkan Sejumlah KaryawanKampung Baru Disiapkan Areal Pelabuhan Feri

Page 7: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012
Page 8: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012
Page 9: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012

kamis, 24 Mei 2012 Langganan Dalam Kota Rp. 65.500,-

info Pengaduan sirkulasi

0401 3367613081341971661

Kendari, KPAtas nama warga miskin, anggaran

kembali membanjiri daerah, termasukSultra. Namun satu yang janggal ter-jadi perbedaan signifikan data miskin peserta jamkesmas dan data miskinyang dirilis BPS. Peserta jamkesmasdiberi kuota oleh pemerintah pusatcapai 1, 144,447 juta orang pada tahun2011. Berbicara jamkesmas seharus-nya ingklut dengan data miskin BPShanya mencapai 330 ribu orang tahun

2011. Konotasi 1,1 juta warga berartiangka kemiskinan separoh dari jum-lah penduduk Sultra 2,3 juta orang.

Menurut Kadis Kesehatan SultraAmin Yohanis, tingginya angka itumerupakan kuota dari Kemenkes yangditurunkan ke Sultra. Ini kuota yangdisiapkan pemerintah pusat untukSultra, “katanya semalam.

Sementara menurut Kepala Badan

Data MiskinJamkesmasBerbeda denganData BPS

Baca Data di Hal 10

PDRB Sultra Meningkat Kendari,KP

Pe r t u m b u h a nekonomi SulawesiTenggara yangdiukur berdasar-kan PertumbuhanProduk DomestikRegional Bruto

(PDRB) atas dasar harga konstan tahun 2000, menunjukan

Baca pDrb di Hal 10

Kendari,KPLima dari 17 imigran gelap asal My-

anmar yang melarikan diri dari tem-pat inapnya menyerahkan, kemarin.Sementara 12 lainnya belum diketahuikeberadaannya. Hingga kini tim Imi-grasi Kendari bekerjasama kepolisianterus mencari 12 imigran yang kaburRabu (22/5) dari Hotel Mega BintangKendari.

Sesuai rencana 52 imigran itu akandipulangkan Kamis (24/5) hari ini.Hanya saja belum beres persoalan tiketpenerbangan. Kepala Kantor ImigrasiKendari Tafsir Junid menjelaskan,sekitar pukul 21.00 Wita malam telahkembali 5 imigran di penginapan.

“Kami sudah berkoordinasi dengankepolisian untuk mencari 12 imigranyang belum kembali,” katanya, ke-

marin. Pihaknya setiap saat berkoor-dinasi agar mencari tahu keberadaa 12imigran lainnya. Tetapi jika merekatidak diketemukan maka hal itu bukanlagi menjadi tanggungjawab keimigra-sian.

Sementara Kabid Humas Polda Sul-tra AKBP Fahrurrozi mengatakan, Ka-polda telah memerintahkan beberapaanggota untuk mencari imigran yang

kabur. Kepolisian sedikit obtimis imi-gran itu masih ada di Kendari karenadi beberapa kabupaten yang berdeka-tan dengan Kota Kendari belum adainformasi ciri-ciri imigran.

“Kami secepatnya menemukan paraimigran,” janji Fahrurrozi, kemarin.Untuk itu, agar lebih memudahkan

5 Imigran Serahkan Diri, 12 Belum Ditemukan

Baca imigran di Hal 10

Kendari, KPWedding Expo yang diselenggarakan

oleh Intermedia Promotion bersamaSwiss Belhotel Kendari dan Dekranas-da Sultra telah ditutup, kemarin. Bera-khirnya expo tersebut maka berakhirpula rentetan perayaan HUT ke-2 SwissBelhotel.

Public relation executive Swiss Bel-hotel Kendari, Karin, sebagai perwaki-lan Swiss Belhotel mengungkapkanterimakasihnya pada Intermedia Pro-motion event organizer (Kendari Pos)atas bantuan dan kerja sama yang dija-lin antar kedua belah pihak.

“Selama ini setiap kegiatan kami se-

lalu didukung oleh Kendari Pos. Setiapevent Swiss Belhotel bisa sampai dandiketahui oleh masyarakat di daerahlain. Dengan kerja sama ini kami san-gat berterimakasih,” katanya.WeddingExpo tersebut selain menampilkan

Wedding Expo,Dancer Baubau

Juara 1 Baca weDDing di Hal 11

PDRB Naik -2008: 7,27 persen -2010 8,19 persen -2011 8,68 persen -Sektor Tambang Dongkrak 35,12 persen-Jadi Tolak Ukur Kesejahteraan Daerah

foto-foto:andi laila/kpPeserta dancer berpose bersama usai menerima trophy dan uang tunai dari penyelenggara.

Page 10: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012

10 Kendari Pos | Kamis, 24 Mei 2012Metro

Pusat Statistik (BPS) Prov.Sultra,Mawardi Arsyad, Sabtu(2/7/2011) lalu kepada Kend-arinews , setiap tahunnya pen-duduk miskin di Sultra menu-run. Penurunan ini terus terjadi,untuk periode 2007-2011 jumlahpenduduk miskin dari 465,4 ribuorang pada tahun 2007 menjadi330,00 ribu orang pada tahun2011. Secara relatif juga terjadipenurunan persentase pendudukmiskin dari 21,33 persen padatahun 2007 menjadi 14,56 persenpada tahun 2011.

Masyarakat miskin di Sul-tra yang telah terdaftar dalamprogram jamkesmas sekitar2,1 juta orang. Pada tahun 2011alokasi dan realisasi dana jam-kesmas dan jampersal seluruhkabupaten kota se-Sultra seban-yak 19,4 miliar dan terealisasi16,9 miliar atau 86,91 persendan sisa anggaran 2,5 miliaratau 13 persen. Anggaran terse-but sebagai bentuk pelayanankesehatan gratis di rumahsakit maupun puskemas yangbisa dinikamati masyarakatmiskin.

Namun dari segi pelayananpasien umum dan pengguna jam-

kesmas berbeda, dan ada rumahsakit atau puskesmas memungutbiaya obat pada pasien penggunajamkesmas dengan alasan tidakmendapatkan dana klaim daripusat.

Kadis Kesehatan Sultra AminYohanis mengharapkan rumahsakit memperlakukan pasienjamkesmas dengan baik, karenarumah sakit atau puskesmas tiapbulan wajib mengajukan klaindan jika tidak mendapatkananggaran berarti terlambat atautidak mengajukan klaim padaKemenkes.

“Memang ada perbedayaanpelayanan bagi pasien umum

dan jamkesmas karena umummasuk di kelas I dan jamkesmaskelas III. Namun mengharapkanpada rumah sakit agar mem-perlakukan pasien jamkesmasdengan baik,” ungkap Amin Yo-hanis.

Dalam pemberian dana jam-kesmas, telah ada kerjasama danperjanjian antara direktur ru-mah sakit dan Dinkes kabupat-en/kota. Dalam kerjasama telahada kesepakatan untuk wajibpelayani pasien jamkesmas den-gan baik sehingga semua rumahsakit dan puskemas dibiayai darijamkesmas.

“Sebagian besar dana jamkes-

mas menghidupi puskesmas danrumah sakit. Karena pelayananpasien jamkesmas telah ditu-angkan dalam bentuk kerjasamaantara direktur rumah sakit dandinas kesehatan kota-kabupatenyang melahirkan kesepakatandan kewajiban melayani pasienjamkesmas tanpa biaya apapun,”katanya lagi.

“Kalau terlambat mengajukanklaim ke pusat itu kesalahanrumah sakit sendiri, karena Ke-menkes wajib membayar danajamkesmas jika sudah lulus veri-fikasi. Makanya rumah sakit ha-rus tepat waktu dalam mengaju-kan klaim,” katanya lagi. (p2)

Data...

Rumah Sakit Harus Klaim ke Pusat

peningkatan cukup menggembirakan dari tahunketahun. Terhitung sejak tahun 2008 hingga tahun2011,pertumbuhan ekonomi Sultra di atas 7 persen dantahun 2011 pertumbuhannya mencapai 8,68 persen. Halini didasarkan pada data yang dikeluarkan Badan Pu-sat Statistik (BPS) Sultra, yang dirilis pada bulan Feb-ruari tahun 2012.

Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis StatistikBPS Sultra,Ir.Surianti Toar,MS saat ditemui diruangkerjanya mengatakan, meningkatnya pertumbuhanPDRB empat tahun terakhir,tidak lepas dari mening-katnya pertumbuhan ekonomi diberbagai sektor. Padatahun 2008,PDRB mencapai 7,27 persen, tahun 2009 men-capai 7,57 persen,tahun 2010 mencapai 8,19 persen,dantahun 2011 PDRB mencapai 8,68 persen.

“Sektor pertanian, pertambangan dan penggalian,industri pengolahan, listrik dan air bersih, konstruksi,perdagangan/hotel/dan restoran, pengangkutan dankomunikasi, sektor keuangan/persewaan dan jasa pe-rusahaan, serta jasa-jasa merupakan beberapa sektorekonomi yang masuk dalam radar PDRB,” kata SuriantiToar.

Ia menambahkan pada tahun 2011,dari sembilan sek-tor ekonomi Sultra yang masuk dalam kategori sek-tor PDRB, pertumbuhan tertinggi terjadi pada sektorpertambangan dan penggalian yang mencapai sebesar35,12 persen. Mengalami peningkatan dari tahun sebel-umnya, yakni 22,99 persen tahun 2010 dan 6,05 persentahun 2009. Menyusul dari sektor keuangan,persewaandan jasa perusahan yang pertumbuhannya mencapai18,23 persen. Juga mengalami peningkatan dari tahunsebelumnya,yakni 12,45 persen tahun 2010,dan 7,28persen tahun 2009.

“ Meningkatnya pertumbuhan ekonomi di sektorpertambangan tidak lepas dari membaiknya produk-tifitas pertambangan nikel, yang dominan didaerah ini. Termasuk dukungan cuaca dan regulasi yang di-jalankan pemerintah daerah juga diyakini membuatkondusif iklim bisnis pertambangan. Sementara un-tuk sektor keuangan,persewaan dan jasa perusahaantidak lepas dari daya tarik Sulawesi Tenggara denganberbagai kekayaan alamnya,sehingga memikat parawisatawan,baik domestik maupun mancanegara untukberkunjung,” katanya.

Sementara untuk sektor konstruksi/bangunan tum-buh mencapai 12,76 persen. Sektor perdagangan,hoteldan restoran tumbuh hingga 11,12 persen. Sektor lis-trik dan air bersih tumbuh mencapai 11,10 persen.Sedangkan empat sektor lainnya tumbuh di bawahsepuluh persen,yakni sektor pengangkutan dan komu-nikasi sebesar 9,63 persen. Industri dan pengolahan 6,72persen. Sektor jasa-jasa tumbuh 3,59 persen,dan sektorpertanian tumbuh 1,59 persen.

Besarnya pertumbuhan itu bisa menjadi salah satutolak ukur untuk mengetahui tingkat kemakmuransuatu daerah . Berdasarkan harga berlaku, PDRB perkapita penduduk Sulawesi Tenggara tahun 2011 adalah14,067. Nilai tersebut telah meningkat 10,71 persen darikeadaan tahun 2010. “ Nilai ini termasuk tinggi jikadibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. (P6)

Tolak Ukur MakmurnyaSuatu Daerah PDRB...

pencarian, polisi berharap padamasyarakat jika mengetahuikeberadaan imigran segeralahmelaporkan pada pihak kepoli-sian terdekat. Tujuannya agarmereka secepatnya mendapatkepastikan kapan diterbang-kan ke Manado dan selanjut-nya dibawa ke Australia.

Muhammad Ishak, salah satuimigran yang sebelumnya ikutkabur mengaku, 17 imigran keluar bersamaan. Memilihkabur karena takut akan dipen-jarakan atau dikembalikan keMyanmar.

“Kelompok saya kabur ber-empat dan hanya kabur di dekatsini saja, kami sempat minta to-

Enggan Dikumpulke Manado

long diberi makan sama orangtapi orang-orang takut samapolisi, makanya kami pulangkarena lapar. Apalagi baju ba-sah semua,” tutur MuhammadIshak.

Dengan pulang ke hotel,mereka berharap segera diki-rim ke Australia karena takutjangan sampai dikembalikanke Myanmar.

“Kami tak mau pulang keMyanmar karena tak bisa se-kolah dan cari makan. Kamiingin cepat ke Australia untukcari kerja, karena ada keluargadi Malaysia. Kalau pun kami dikirim lagi maunya ke Ma-kassar saja jangan ke Manadokarena di Makassar sudah leb-ih dulu rekan dikirim ke sana,”katanya. (ano/fas)

Imigran...Kendari, KP

Mengurangi ketergantungan narkotika bagipecandu, Badan Narkotika Nasional (BNN) Sul-tra, bekerjasama dengan BNN pusat, melakukanrehabilitasi di alam terbuka. Kegiatan perdanaitu diselenggarakan di Pulau Hoga, Wakatobi.

Sedikitnya 30 mantan pecandu narkotika mengikuti rehabilitasi tersebut sejak 24 s.d26 Mei. “Rehabilitasi bagi mantan penggunanarkotika tidak hanya di dalam ruangan, dialam terbuka juga dinilai efektif untuk mem-berikan pembinaan kepada mereka yang per-nah mengkonsumsi barang haram itu. Kegiatanini pertama kali dilakukan, bukan hanya skalanasional, tapi di dunia ini terobosan pertama,”ungkap Kepala BNN Sultra, LM Yusuf.

Selama tiga hari, para eks pengguna narko-tika juga akan diberikan keterampilan dalambidang perikanan dan kelautan. Tujuannya,

kelak mereka memiliki pengetahuan dasar, seh-ingga berpeluang diterima di dunia kerja.

Sebelumnya kata Yusuf, sudah melakukan re-habilitasi di Rumah Sakit Jiwa. Namun, untuklebih memberikan masukan dan pembelajaranterkait keterampilan, mereka diberikan terapisekaligus bimbingan di alam terbuka.

Di tempat yang sama, Kabid PemberdayaanMasyarakat BNN Sultra, La Mala M Si menga-takan, meski kegiatan itu baru pertama kali dilaku-kan, namun diharapkan dapat memberkan kontri-busi positif bagi para mantan pengguna narkotika.Minimal mereka akan mendapatkan pembelajarandan pemahaman agar tidak mengulangi perbuatanmengkonsumsi narkotika. “Kami juga berharapkepada masyarakat mereka yang merasa meng-konsumsi narkotika, segera melaporkan diri untukmendapatkan rehabilitasi. Mereka itu hanya kor-ban, jadi harus diselamatkan,” katanya.(fya)

Eks Pecandu NarkotikaTerapi di Pulau Hoga

Page 11: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012

11 Kendari Pos | Kamis, 24 Mei 2012 Metro

pakaian pengantin dengan adat daerahSultra, juga turut dimeriahkan denganfashion show dan lomba dance yang di-ikuti oleh remaja se-Sultra.

“Perlombaan terbuka untuk umum,juga diikuti oleh putra-putri dari daerahlain,” kata Rustam, menejer IntermediaPromotion Kendari Pos kemarin.

Dari sepuluh grup dance yangmengikuti lomba, ACR Dancer Baubaumeraih juara satu, disusul STOP dancer,Blaster Dancer, dangerous Dancer, CrazyDancer, Secret Dancer, dan Manis ManjaDancer.

Malam penutupan diumumkan pema-nang lomba fashion show anak-anak usia6-11 tahun. Perlombaan tersebut dibagidalam dua kategori A dan B. Untuk fha-sion show kategori A, secara berturut-turut dimenangkan Nadine Safana Pu-tri, Khani’ah Apriya Irsa Salsabilah,dan Marshanda Cesilia Yaparto. Sedan-gkan untuk kategori B, dimenangkan Nurni’mawanti, Wa Ode Aqila Nayyara,dan Bulan Febriani. Masing-masingpemenang mendaptkan hadiah dan uangtunai. (m6)

Wedding...

Ajang Adu Bakat dan Kreasi

Pemprov OptimisKeruk Teluk Kendari, KP

Sampai hari ini, DPRD Kota Kendaribelum memberikan restu Pemprov untukmengeruk Teluk Kendari. Meski demikian,niat Pemprov Sultra tidak surut. Dinas PUSultra terus berupaya melakukan pengka-jian terhadap rencana itu. Bahkan telahmembentuk tim untuk mempelajari ren-cana tersebut termasuk desain yang akandiserahkan kepada investor jika rencanaitu benar terealisasi.

“Sampai saat ini memang saya belumdiberikan informasi dari gubernur siapadan dari mana asal investor yang akanmembantu melakukan pengerukan telukitu. Tapi konon, proyek itu akan dibiayaioleh investor, termasuk desainnya merekasendiri nanti yang akan kerjakan,” kataKadis PU Sultra Dody Djalante.

Sebenarnya kata Dody, tidak ada yangperlu disangsikan dalam rencana pengeru-kan teluk itu. Pasalnya, pendangkalan Te-luk Kendari sampai hari ini masih menjadimasalah serius, tentunya dengan kehadiraninvestor akan membantu daerah untukmenemukan solusi dari persoalan tersebut.Kalau itu ditolak, kesempatan kita untukmendapatkan bantuan serupa tentunyaakan hilang, dan itu sangat disayangkan.“Mudah-mudahan DPRD Kota Kendari bisapahami rencana itu, dan kita akan berupayauntuk terus berkordinasi,” kata Dody. (fya)

Kendari KP,Kemerdekaan Palestina mendapat simpa-

tik dari Indonesia, termasuk Sultra. Seninlalu sejumlah massa yang tergabung dalamForum Silaturahmi Lembaga DakwahKampus(FSLDK) Sultra, menuntut agarNegara Palestina yang merupakan kiblatumat Islam pertama, dibebaskan dari ceng-keraman Israel. Menurut mereka tindakanpenjajahan yang dilakukan oleh zionis Ya-hudi atas bangsa Palestina,merupakan se-buah tindakan yang tidak manusiawi dansangat menyakiti umat Islam di seluruhdunia.

Ketua FSLDK Sultra,Sirajudin Putramengatakan, sebagai saudara sesama mus-lim dengan warga Palestina, merupakansebuah kewajiban bagi semua umat untukmensupport kebebasan Negara Palestinayang mayotitas penduduknya warga mus-lim.

“Apapun alasannya tindakan zionis Yahu-di mengambil alih tanah Palestina merupa-kan sebuah kejahatan. Dari sudut pandangmanapun yang namanya penjajahan tidakbisa dibenarkan,”kata Sirajudin.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial danIlmu Politik ini menambahkan,dalam pan-dangan Islam nasionalisme, tidak hanyadilihat pada hubungan karena dasar sesa-ma warga negara atau dibatasi oleh batasnegara. Namun nasionalisme yang sesung-

guhnya adalah karena ikatan akidah se-bagai sesama saudara muslim.

Oleh karena itu, diharapkan padapemerintah Indonesia,khususnya Sulawe-si Tenggara untuk ikut merasakan yang di-alami masyarakat Palestina. Pemerintahharus melakukan langkah-langkah yangbisa meringankan beban mereka.

“Kami tahu bahwa hal ini merupakanpersoalan antar negara,tapi minimal se-bagai negara yang mayoritas penduduknyaIslam bisa memberikan dukungan moril

dan materil serta melakukan langkah-lang-kah solutif terkait penyelesaian persoalantersebut,” kata Sirajudin lagi.

Sebagai bentuk dukungan moral, dalamaksi tersebut akan dibarengi dengan peng-galangan dana. Dana yang terkumpulseberapapun besarnya nantinya akandisalurkan ke Palestina melalui programJejaring Donasi Nasional. Rencananya, se-mua dana tersebut akan digunakan proyekbus sekolah dan pendirian TK FSLDK dijalur Gaza, Palestina. (p6)

Dukung Kemerdekaan Palestina

foto: inong/kpMahasiswa yang tergabung dalam Gema Pembebasan berdemonstrasi di depan Taman Kota,dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

Page 12: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012
Page 13: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012

13Kendari Pos | Kamis, 24 Mei 2012

Jakarta, KPPutri Indonesia 2010 Nadine Alex-

andra Dewi pernah mengucapkanakan melanjutkan kuliah di Filipina.Namun, sepertinya, rencana tersebutbelum akan dilakukan dalam waktudekat ini.

Perempuan cantik kelahiran Inggrisitu masih akan melanjutkan karir didunia hiburan tanah air sementara ini.Nadine bergabung di sebuah manaje-men artis, Headline. Baru-baru ini diabaru kembali dari Shanghai untukmenghadiri beberapa acara di sana.

“Saya di sana empat hari. Ada ac-ara di sana. Sekalian lihat-lihat kotaShanghai itu seperti apa,” ujarnya.Nadine yang ditemui di kantor Head-line Management di Kemang, Jakarta,tersebut menyempatkan diri untukbertemu dengan Miss China Luo Zilin.

“Saya sempat ketemu sama MissChina yang sama-sama ikut Miss Uni-verse 2011. Dia kan dari Shanghai. Ya

kami ngobrol-ngobrol. Lepas kangen,” lanjutnya.

Tak lupa, dia pun mendatangi tem-pat-tempat yang biasanya jadi jujukanwisatawan. Satu lagi, wisata kuliner.Malam pertama tiba di Shanghai, Nadine

langsung mencobamakanan. “Enggaktahu namanya apa.Pokoknya terbuatdari telur yangsudah difermen-tasi dan bentuknyasedikit aneh. Sebe-narnya, rasanya

juga sedikit aneh. Tapi, berkesanlah buat saya,” kisah dia.

Ini merupakan kali perta-ma Nadine pergi ke Shang-hai. Jadi, meski terkadangada sesuatu yang anehmenurutnya, tetap sajadinikmati. Sebab, itubagian dari kebudayaanShanghai dan memangterasa tidak biasa buatdirinya. Selain maka-nan, yang membuat-nya tertarik adalah gaya hidup penduduk di sana.

Menurut dia, di Shang-hai banyak tersedia fasili-tas umum. Tempat-tempat tersebut dibuat senyaman mungkin sehingga pen-duduknya pun enak menggu-nakannya. “Kalau orang sana kan, lebih banyak berjalan kaki.Mereka suka jalan ke taman. Tamannyabagus-bagus,” ujar Nadine.

“Saya pengen banget yang sepertiitu. Orang-orang di sana ajak anjingmereka jalan-jalan juga. Kalau di Ja-karta kan jarang ya. Kalau mau ajakjalan-jalan anjingku juga terlihataneh,” imbuh dia.

Lantas, terpikir tidak untuk baliklagi ke Shanghai, tapi back-packer-an? “Sepertinya itu seru.Sangat efisien dan keren. Pen-gen nyoba sih. Tapi, belum tahudeh. Sebab, saya orangnya agaksedikit ribet,” lanjut dia. (jpnn)

Nadine Alexandra Dewi

Menikmati yang Aneh Jakarta, KPAktris cilik Dinda Hauw

tampil total dalam film per-dananya “Surat Kecil untuk

Tuhan”. Dalam film tersebut, Dinda harus rela dibotakin

karena memerankantokoh Keke, seorang

remaja yangterkena kanker

ganas (rhab-d o m y o -sarcoma)h i n g g a r a m b u t -

nya ron-tok, gundul.A p a k a h

Dinda kapok di-botakin untuk tampil total dalam

film? Saat ditemui di press conferences di Hard Rock Cafe Jakarta,

Rabu (23/5), dia menyatakan me-mang sangat menyukai peran-peran menantang.

“Teman saya bilang “loe gilaya”, tapi saya memang tertan-tang mau dapat peran yang aneh-aneh. Pengen coba sinetron tapimungkin nanti,” kata Dinda.

Dinda mengaku tidak menan-gis saat dibotakin. Ia juga tidakminder dengan penampilannyayang tanpa selehai rambut itu.“Pernah waktu jalan-jalan dili-atin anak kecil pas masuk toi-let. Saat itu aku masih botak,mungkin dikiranya benar-be-nar kena kanker,” jelasnya.

Berkat totalitas dalam film perdananya tersebut, DindaHauw berhasil masuk nomi-nasi dalam Indonesia MovieAward (IMA) 2012 untuk kat-egori pendatang baru wanitaterbaik. (jpnn)

Dinda Hauw tak Kapok Dibotakin

FANS biasanya mengoleksi barang-barang milik idolauntuk sekadar merasakan kehadiran selebriti tersebut di sampingnya. Ada yang membeli cangkir yang per-nah digunakan atau gitar yang pernah dipetik artistersebut. Bahkan, ada yang rela membeli permen kar-et bekas dikunyah sang idola melalui situs eBay.Nah, ada kabar baik bagi para penggemar Leonardo

DiCaprio. Sebab, mereka berkesempatan tidur di ranjang mi-lik pemeran Jack dalam film Titanic itu. Meskipun, memang, nomine Oscar itu tidak akan menemani si fans terlelap di

sana. Aktor yang bakal terlihat di film The Great Gatsby seba-gai Baz Luhrmann tersebut dikabarkan akan menyewakan salahsatu di antara tiga vila yang dia miliki di kawasan Malibu.

“Saya baru saja merasakan musim panas yang luar biasa di sana,”kata dia yang tentu menunjukkan betapa berkesannya tempat itu.

Keputusan DiCaprio menyewakan propertinya tentu bukandisebabkan persoalan keuangan. Sebab, lelaki 37 tahun ituhingga sekarang sering membintangi film kelas dunia.

Rencananya, tempat itu disewakan dengan tarif USD150 ribu (setara Rp 1,3 miliar) per bulan dan harus dis-

ewa langsung enam bu-lan. Atau, USD 75 ribu perbulan jika jangka waktusewa lebih dari enam bu-lan. Villa tersebut memi-liki tujuh kamar tidur.Salah satu kamar memi-liki pintu bergaya Prancisdan langsung menghadapke pantai. Juga ada dapurmewah yang siap diguna-kan penyewa. (jpnn)

Leonardo DiCaprio Sewakan Vila Rp 1,3 M

Dinda Hauw

Page 14: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012

14 Kendari Pos | Kamis, 24 Mei 2012

Memiliki minat yang ditunjangdengan bakat, terbukti bisa men-

jadi hal yang membanggakan.Tentu saja, sepanjang minat terse-

but terus dilatih dan dikembang-kanan. Itulah yang diwujudkan

siswi SMAN 4 Kendari yang barusaja mengharumkan nama Sultra

pada level ASEAN.

Wulan, Kendari

Novitasari aNaWai, ini-lah salah satu anak Kendari yangmemiliki prestasi hingga level In-ternasional. Di usia yang masihmuda, gadis kelahiran Makassar11 November 1996 itu, telah mer-aih juara I dalam lomba BusanaNusantara tingkat Asean yangdilaksanakan di Singapura, tang-gal 3 s.d 6 Mei 2012. Dalam iventersebut, Novitasari yang menjadiduta Indonesia harus berhadapandengan finalis lain dari Malaysia dan Singapura. Hasilnya, punterbilang luar biasa karena yangbersangkutan berhasil meraihjuara dengan menampilkan bajutradisonal khas Tolaki dari Sul-tra, Baju Kombo.

Menjadi duta Indonesia, apala-gi membawa budaya Tolaki (Sul-tra, red), tentu sangat membang-gakan bagi siswi kelas X 2 SMAN4 Kendari ini. Sebagai putri dae-rah Sultra, menurutnya apa yangdilakukan tentu saja sekaligusmemperkenalkan budaya Tolakidi kancah internasional. Janganhanya budaya Jawa, Bali dan Su-matra yang dikenal, tapi ada pa-

kaian khas Kendari yang tak ka-lah uniknya dengan daerah laindi Indonesia.

Walaupun sukses jadi jawara,Novi mengisahkan bukan berartiuntukmeraihnya berjalan mulus.Siswi yang kini menduduki kelasX 2 SMAN 4 Kendari itu juga per-nah gagal, karena keinginannyauntuk mengikuti ajang pemilihanPutri Citra 2010 hanya sampai ditingkat provinsi. Namun ia tetapgigih dan terus mencoba. Alhasilpada pemilihan Putri Citra selan-jutnya yaitu 2011 di Bandung iaberhasil meraih juara I umum.

Sejak kecil, bungsu dari 3 ber-saudara ini memang hobi dalambidang seni. Ia mengungkapkan,banyak prestasi yang ia raih ketika masih di TamanKanak-Kanak (TK), misalnya fashion dan menari. Saat di bangku SMP, ia mulai menekuni hobinya dan ber-gabung di Sanggar Studia 28 Kendari. Disitulah bakatnya terus diasah dan meraih berbagai macam prestasi.Diantaranya per-nah meraih juara harapan I Putri Ci-tra Provinsi Sultra pada 2010, Juara III Putri Bunga di Bandung, Juara III Putri Tenun

Nasional, Juara III Remja CeriaKota Kendari, dan masih banyaklainnya.

“Ketika masih kecil banyakjuga prestasi, tapi saya sudahlupa,” ujarnya sambil tersenyum.

Baginya, prestasi yang kini iaraih merupakan hal yang palingmembahagiakan. Namun putridari pasangan Agusmiati danSyarifuddin ini belum puas, kare-na masih banyak mimpi yang in-gin ia raih.

“Ini memang prestasi saya yangpaling tinggi di bidang fashion.Namun keinginan saya, bisa me-raih prestasi lain, misalnya MissIndonesia, bahkan Miss World,”imbuhnya lagi.

Namun, untuk meraih semuamimpinya bukanlah hal yangmudah. Selain mahir di bidangfashion, kemampuan lain jugamenjadi prioritas seperti berwa-wasan luas mengenai pengeta-huan umum, menguasai bahasaInternational, dan mengetahuibudaya daerah.

Hal itu pun ditegaskan olehKetua Sanggar Studio 28, yangtak lain adalah Pegawai di DinasPariwisata Sultra, OktrismanBalagi. Baginya, menjadi jawaradalam event-event seperti MissIndonesia memang bukan hanyatampil menarik dan luwes. Tapijuga harus ditunjang dengankecerdasan intelektual. (*)

Novitasari Anawai, Siswi SMAN 4 Kendari

Juara I Busana Nusantara se-Asean

Novitasari Anawaisaat menerimapenghargaansebagai juara 1Busana Nusantaraterbaik se-Asean.

wulAN/kp

Page 15: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012

15Kendari Pos | Kamis, 24 Mei 2012 Kampus

Kendari, KPFakultas Teknik Universitas Muham-

madiyah Kendari (UMK) menggelarlomba kreativitas, Selasa (22/5). Lombatersebut melibatkan pelajar tingkat TK,SD, SMP, hingga SMA.

Iven yang bertemakan Pagelaran Ek-spretif, Anak Imajinasi yang penuh In-spirasi (Animasi) bertujuan mengem-bangkan kreativitas dan imajinasipeserta didik. Tak heran dibagi dalambeberapa kategori, untuk tingkat TKdan SD kelas 1 s.d kelas 3 mewarnaigambar, sedangkan untuk kelas 4 s.d 6mengambar dengan tema lingkungansekitar sekolah, SMP lomba membuatcerita pendek (Cerpen), dan SMA lom-ba sketsa bebas.

Steering, Laode.Jusri Jayanti, men-gatakan masing-masing lomba mem-punyai juri yang memiliki kompetensi.Kriteria penjurian untuk mewarnaitingkat TK dan SD yaitu gambar ha-rus diwarnai secara penuh, dikerjakansendiri, menggunakan krayon yangtelah disediakan. Untuk lomba meng-gambar kriteria yang di nilai juri yaitumenggambar dikertas kosong yangtelah disediakan, gambar harus ses-uai dengan tema yang ditentukan, kes-

esuaian gambar dengan warna, prosespengerjaan dilakukan sendiri, danmenggunakan pensil yang disediakanpanitia.

Tingkat SMP, kriteria penjuriannyayaitu cerpen asli karya sendiri, tidakpernah dimuat dalam media apapun,ditulis dalam bahasa indonesia. Krite-ria penjurian untuk SMA yaitu gambarsesuai dengan tema yang telah ditentu-kan, menggunakan kertas A3 mengu-nakan pensil mekanik yang disediakanpanitia, komposisi warna, penyampa-ian pesan gambar, dan kreatifitas.

Ditambahkan, manfaat untuk Fakul-tas Teknik mengadakan lomba ini, adanilai kepuasan tersendiri bagi mereka.Serta dapat berkomunikasi, bersosial-isasi dengan adik-adik pelajar. Lombaini juga dapat mempublikasikan Fakul-tas Tehnik secara khusus dan UMK se-cara umum kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, peminatnya lumay-an. Jumlah peserta TK sebanyak 40orang, SD kelas 1 S.D III mewarnaigambar sebanyak 25 orang dan kelas IV s.d VI menggambar lingkungan sekitarsekolah sebanyak 15 orang. TingkatSMP sebanyak 25 orang, dan SMA 17orang,” terang Jayanti. (p5)

SNMPTN 2012, Kedokteran Unhalu Masih Favorit

Kendari, KPFakultas Teknik Unhalu terus

berupaya mengejar akreditasi. Ta-hun ini, fakultas yang dipimpin Ir. H. Ridway Balak, M.Eng., ini mer-encanakan seluruh program studi(prodi) dapat terakreditasi. Ini ber-dasarkan komitmen Kemendikbudyang melarang Prodi yang belummengantongi akreditasi untukmenyelenggarakan wisuda.

“Tahun 2012, Fakultas Tekniksangat mengejar akreditasi kare-na syarat untuk bisa mengikutiwisuda harus terakreditasi. Kamiberupaya keseluruhan Prodi bisaterakreditasi. Targetnya minimal

Kendari, KPSeperti tahun sebelumnya,

Fakultas Kedokteran Unhalu masihmenjadi salah satu favorit pen-daftar Seleksi Nasional Masuk Per-guruan Tinggi Negeri (SNMPTN)2012. Selain itu, jurusan yang jugamemiliki banyak peminat adalahFarmasi, Kesehatan masyarakat,Teknik Informatika, PendidikanBahasa Inggris, Pendidikan Baha-sa Indonesia dan Akutansi.

Panitia Lokal (Panlok) SNMPTNUnhalu, Prof. La Sara, mengatakansecara nasional Kedokteran, Far-masi, Kesehatan, Teknik Informa-tika dan Akuntansi selalu menjadipilihan favorit pendaftar. Salahsatu penyebabnya, tidak lain kare-na kebutuhan kerja yang tinggipada jurusan-jurusan tersebut.Kebutuhan dokter di negeri inisangat tinggi, terutama di daerah-daerah pelosok. Demikian halnya

apoteker dan IT. Meski tidak menyebutkan berapa

jumlah pendaftar pada masing-mas-ing jurusan favorit tersebut, La Saramemastikan ketujuh jurusan terse-but memang selalu menjadi peminatterbanyak dari tahun ke tahun. Baikjalur undangan maupun jalur ter-tulis. Jalur undangan berdasarkanpenjaringan prestasi akademik danjalur ujian tertulis khusus programstudi Ilmu Seni dan Keolahragaanmelaksanakan ujian keterampilan

“Tahun ini secara nasional kuotaakan dibagi sesuai dengan proporsiyang berlaku. Sebesar 60 persen darijalur SNMPTN, dan 40 persen mela-lui jalur ujian mandiri. Mahasiswayang akan diterima sebanyak 5500,jadi menurut perhitungan melaluiSNMPTN kurang lebih 3300 yangakan diterima, namun jika ada pe-rubahan kuota itu tergantung darikebijakan,” ungkapnya.

Pembantu Rektor I Unhalu ini,menambahkan, ada peningkatandaya tampung di Unhalu pada ta-hun ini dibanding tahun 2011 yanghanya menerima 2500 mahasiswabaru, karena membuka fakultasbaru, yakni Fakultas Peternakandan Fakultas Kesehatan Masyar-akat dan Fakultas Kedokteran.

Pendaftaran jalur undangan te-lah dibuka sejak 1 Februari s.d 8Maret 2012, dilanjutkan denganpendaftaran jalur tulisan melaluiwebsite http://ujian.snmptn.ac.id.Biaya jalur ujian tertulis yaituRp. 150 ribu untuk IPA/IPS, Rp.175ribu untuk IPC (IPA+IPS) dan Rp.150 ribu per peserta per ujian bagiyang mendaftar prodi yang mem-persyaratkan ujian keterampilan.

“Ujian SNMPTN jalur tes tertulisakan diadakan 12 s.d 13 Juni 2012.Hari pertama tes ujian akademikdan tes bidang studi dasar, hari

kedua tes bidang IPA dan IPS.Ujian keterampilan dilaksanakantanggal 14 dan/atau 15 Juni 2012,”terang La Sara.

Menurut La Sara, ujian akandilaksanakan di semua gedungUnhalu, namun jika gedung tidakmenampung peserta maka akanmenggunakan gedung-gedung se-kolah yang ada disekitar Unhalu.mekanisme pemeriksaan soal, se-mua lembar soal akan dikelola diKendari, setelahnya akan dibawake Surabaya dan akan diperiksa diITS selaku pusat validasi data.

“Pengumuman hasil SNMPTNJalur undangan tanggal 25 Mei2012 pukul 18.00 WIB, sedangkanpengumuman hasil ujian tertulisdijadwalkan pada 7 Juli, bertepa-tan dengan pemilihan WalikotaKendari. Jadi 7 Juli kota Kendariakan semakin meriah,” terang LaSara sambil tertawa. (p7)

B, bagi Prodi yang sudah terakredi-tasi B diupayakan menjadi A, yangbelum terakreditasi ditargetkanminimal B,” ungkap Arman Fas-lih, ST., MT., selaku PembantuDekan I Fakultas Teknik, di ruangkerjanya.

Saat ini, ada tiga prodi Fakul-tas Teknik yang belum terakredi-tasi dan sedang menunggu prosesakreditasi, yakni S1 teknik mesin,S1 teknik elektro dan S1 teknikinformatika. Enam Prodi lainnya,yaitu D3 mesin, D3 arsitektur, D3elektro, D3 Sipil, S1 Arsitektur danS1 sipil sudah reakreditas artinyasudah terakreditasi namun wak-

tunya sudah hampir habis. Jadisemua Prodi akan terakreditasibaru.

Dijelaskan Arman, Prodi yangbelum terakreditasi diharapkansegera mengantongi akreditasimengingat modal infrastrukturFakultas Teknik yang sudah san-gat mendukung. Fakultas Tekniksudah kedatangan tim fisitasi dari BAN PT, yang mengadakan ob-servasi kepada D3 Elektro, denganmelakukan wawancara dari datayang disampaikan Prodi terhadapkondisi riil lapangan, semua datadisesuaikan dengan data yang diki-rim.

“Semua data yang ada bisa diper-tanggungjwabkan, hasilnya cukupmenggembirakan. Terbukti kuranglebih sebulan mengirim data, timfisitasi sudah datang melakukan kunjungan. Untuk prodi lainnyaberdasarkan pengalaman fisitasi pertama lebih mempersiapkanlagi dengan melakukan beberapapenyesuaian yang dibutuhkanterkait dengan pertanyaan-pertan-yaan dari tim fisitasi pusat,” terang Pembantu Dekan I ini.

Upaya akreditasi, dilakukandengan memperbaiki manajemenpengelolaan, sistem informasi, lab-oratorium, tata kelola administrasi

dan pengarsipan, serta melaku-kan inventaris terhadap segalaaktivitas dosen baik penelitianpengabdian baik internal daneksternal. (p7)

Fakultas Teknik Target Akreditasi

UMK Gelar Lomba Kreativitas

DWI/KPSuasana lomba kreativitas di Fakultas Teknik UMK, Selasa (22/5).

Page 16: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012

Kamis, 24 Mei 201216 IKLAN

MaMaMaMaMa

YYYYY

MaMaMaMaMa

YYYYY

+

+

+

yanyanyanyanyan

ntantantantanta

lowlowlowlowlow

acacacacackkkkk

+

yanyanyanyanyan

ntantantantanta

lowlowlowlowlow

acacacacackkkkk

+

+

Page 17: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012

Kamis, 24 Mei 201217

Republik CekoRep. Ceko adalah salah satu tim sepak bola

yang terbentuk dari pecahan Cekoslowakiadan kini Rep Ceko memiliki asosiasi sepak bolasendiri yang menaungi mereka dengan namaAsosiasi Sepak Bola Rep. Ceko (Fotbalova aso-ciace Ceske Republiky). Mereka sempat men-jadi runner up Piala Dunia FIFA pada tahun1938 dan 1962 serta juara Piala Eropa 1976, saatmasih tampil dengan nama Cekoslowakia. Pada Piala Eropa 2008 langkah Rep. Ceko ter-

henti ketika mereka berada satu grup dengan Swiss, Portugal danTurki. Timnas Rep. Ceko menjadi salah satu tim kuat di dunia denganmateri pemain seperti Petr Cech atau Tomas Rosicky.

Federasi: Football Association of Czech RepublicSitus: www.fotbal.cz Pelatih : Michal Bílek Captain : Tomas Rosicky

Rekor di EURO: 1960 hingga 1992 - tidak ikut serta, merupakan bagian dari Cekoslowakia1996 : Runner-up 2000 : Putaran Grup 2004 : Semifinal 2008 : Putaran Grup

Photo: Horstmüller

Tiga pemaintim nasionalCzechoslovakiadari kiri :Ondrus, Dobiasdan Nehudasaat menerimaPiala UEFA usaimengalahkanTimnas Jermandi tahun 1976

Barcelona, KPGelandang Barcelona Cesc Fabre-

gas menyanjung Pep Guardiola den-gan mengatakan bahwa Pep adalahpelatih terhebat dalam sejarah klubraksasa Spanyol itu. Pep mampu mem-persembahkan 13 trofi untuk Barca se-lama empat tahun masa kepelatihan-nya. Barca memang melewati musimini dengan banyak kekecewaan. Anak

asuh Pep ini tidakmampu memper-tahankan gelarLa Liga dan LigaChampions yangdiraihnya musimlalu. Namun, Fab-regas yakin timnya

mampu mengakhiri musim denganmemenangkan trofi Copa del Rey,

sekaligus melepas kepergian pelatihdengan sempurna.

Barca akan menghadapi AthleticBilbao di laga final Copa del Rey, Sabtu (26/5) dini hari WIB (siaran langsungTV One pukul 02.50 WIB). Jika menang,maka Pep akan mengukuhkan gelar inisebagai trofi ke 14 selama Ia melatih

Athletic Bilbao v Barcelona

DEMI KADO BUAT PEP

Baca demi di Hal 18

3 Bayern Munich v Belanda 2

Cantik tapiKalah

Munich, KPBayern Munich sukses mer-

aih kemenangan dengan skor3-2 dalam pertandingan persa-habatan melawan tim nasionalBelanda. Kedua tim bermainimbang 2-2 di babak pertama,hingga akhirnya satu gol pe-nentu Mario Gomez memas-tikan kemenangan Bayern diakhir babak kedua. Belandamembuka permainan denganbermain menyerang. BayernMunich mencoba mengimban-gi agresivitas tim tamu den-gan bermain terbuka. Alhasilpertandingan berlangsung serusejak menit pertama.

Kedua tim bermain terbukanamun gol baru tercipta ke-tika laga berjalan 16 menit.Tony Kroos berhasil melepastembakan jarak jauh yang tak

Nur AlamSiratkan PilihSabaruddin PersiapkanSkuad SepakbolaMenuju PONKendari, KP

Siapa pengurus PSSI atauKPSI yang akan mendampingiatlet sepakbola di Pekan Olah-raga Nasional (PON) nanti,belum bisa disimpulkan KONISultra. Hingga kini belumada keputusan resmi dari pu-sat. Kedua kubu, dari pihakSabarudin Labamba (KPSI) danHery Faisal (PSSI versi DjoharArifin) wacananya akan diper-temukan untuk membicarakansecara serius masalah itu danakan dipimpin Ketua KONI, H.Nur Alam.

“ Belum bisa diputuskan.Saya instruksikan Sabaruddin(Labamba) mengatur jadwallakukan komunikasi denganHery Faisal lalu kita bicar-akan. Ini bisa diatasi, terlebihHery juga orang birokrasi yangbertugas di Konut, ini harus se-cepatnya dan bertemu di kan-tor gubernur,” tegas Nur Alam.Gubernur Sultra itu mengaku,

Baca nur alam di Hal 19

Baca cantiK di Hal 19

AFP PHOTO/ LUIZ FERNANDOPara pemain Barcelona dalam sebuah selebrasi usai merayakan

kemenangan pada satu pertandingan liga domestik, beberapawaktu lalu. Akhir pekan ini mereka akan kembali berlaga

memperebutkan Copa del Rey menghadapi Athletic Bilbao.

AFP PHOTO/CHRISTOF STACHEStriker Timnas Belanda KlaasJan Huntelaar (kiri) berebutbola dengan gelandang BayernMunich asal Austria, David Alaba(kanan) dalam laga persahabatandinihari WIB kemarin

Page 18: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012

18 Kendari Pos | Kamis, 24 Mei 2012

Barca. ‘’ Jika mampu memenangkanpertandingan final ini, maka keme-nangan itu akan kami dedikasikankepada pelatih. Setidaknya, Pep dapat meninggalkan kami dengan kepala te-gak,’’ tekad Fabregas seperti dilansir Soccerway, Rabu (23/5).

‘’ Kami belum membahas ini se-belumnya, namun saya yakin tim juga akan mempersembahkan trofi ini untuk Pep. Dia tetap akan men-inggalkan kami dengan bangga karena ia adalah pelatih terbaik yang pernah ada. Saya tidak ragu sedikit pun untuk mengatakannya,’’ sambungnya. Namun jangan salah, penyerang Athletic Bilbao, Fernan-do Llorente yang punya julukan El Rey Leon (Sang Raja Singa) kini juga mengincar satu-satunya trofi tersisa di Spanyol musim ini, Copa del Rey atau Piala Raja.

Nama Llorente bisa jadi tak setenar David Villa atau Fernando Torres. Tapi, di Spanyol dia adalah salah satu bomber paling bernilai. Bahkan, jumlah golnya musim ini lebih besar

daripada Villa dan Torres. Dengan cederanya Villa, bukan tak mung-kin Llorente jadi andalan lini depan Spanyol di Piala Eropa mendatang. Di Athletic Bilbao, ia kerap dipasang sebagai penyerang sendirian di depan dalam formasi 3-3-1-3 atau 4-2-1-3 yang diracik Marcelo Bielsa. Biasanya, ia ditopang oleh Susaeta dan Iker Mu-niain di kedua sisi. Dari sini biasanya terlihat kebuasan Llorente.

“ Kami layak untuk memenangi final dan trofi ini. Kami selalu ber-main dengan sepenuh hati pada setiap pertandingan karena kamiadalah tim yang selalu memberikan seluruh kemampuan,” ujar peny-erang berusia 27 tahun ini. Bagi Llorente, sudah cukup kekecewaan ketika mereka takluk di tangan Atletico Madrid pada final Liga Eu-ropa. Ia tak mau hal serupa terulang lagi di Vicente Calderon nanti. “ Kami berhasil menyembuhkan diri dari kekecewaan pada final terakhir yang kami jalani. Kami punya kes-empatan kali ini. Saya tak tahu bera-pa persen peluang, tapi kami punya peluang,” tukasnya. (bas/dwi)

Demi...

Le Mans, KPDalam seri grand prix di Le Mans, Valentino Rossi ter-

lihat berduel ketat dengan Casey Stoner. Rossi mengaku sempat teringat sebuah insiden dengan Stoner yang ter-jadi di Jerez pada MotoGP 2011 lalu. Seperti diketahui, Rossi memang sempat bersenggolan dengan Stoner pada MotoGP Spanyol di Jerez. Saat itu, The Doctor yang be-rambisi melewati Stoner justru terjatuh dan ikut menim-pa motor pembalap Repsol Honda. Insiden di Jerez bukan yang pertama kali antara Rossi dengan The Kurri-Kurri Boys (julukan Stoner). Sebelumnya, mereka berdua sem-pat berduel seru di Sirkuit Laguna Seca, 2008 yang lalu. Ketika sedang berduel dengan Stoner di Le Mans, pekan lalu, Rossi mengaku teringat dengan insidennya dengan The Kurri-Kurri Boys yang terjadi di Jerez musim lalu.

‘’ Sayang tahun lalu, saya memiliki kesempatan spesial untuk bermain di Jerez, mencoba untuk mendapatkan podium dan saya melakukan kesalahan. Sebab, saya berperilaku seperti pembalap muda. Dan sayang, Saya juga ikut menjatuhkan Stoner,’’ katanya seperti dikutip dari crash.net, Rabu (23/2). ‘’ Kali ini, saya berada di be-lakangnya. Saya tahu Stoner memiliki kecepatan yang bagus dan saya berpikir untuk terus mengikutinya. Ya, saya memang memikirkan kesalahan tahun lalu,’’ tandas pembalap asal Italia tersebut. (oke/dwi)

Trauma Crash Jerez 2011

AFP PHOTO / JEAN FRANCOIS MONIERJuara dunia MotoGP Casey Stoner (kanan) beradu kecepatan dengan rider Ducati, ValentinoRossi (kiri) dalam seri grand prix di sirkuit Le Mans, prancis akhir pekan lalu.

Page 19: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012

19 Kendari Pos | Kamis, 24 Mei 2012

prestasi sepakbola daerah yang untuk pertama-kalinya mampu lolos ke PON jangan dirusak oleh polemik kepengurusan PSSI.

‘’ Ini harus mendapat apresiasi positif. Hanya saja target apa yang akan dicapai, ini patut diper-tanyakan. Jangan sampai hanya turut mera-maikan. Lalu untuk pengurus juga harus jelas dan perlu disikapi siapa yang telah berjuang dalam meraih tiket ke PON tersebut. Masa orang yang susah menanam, pihak lain yang mau petik hasil-nya,” sirat Nur Alam. Mencermatipernyataannya, Ketua KONI kini cenderung ‘’memilih’’ Sabarud-din Labamba untuk mengurusi skuad sepakbola Sultra menuju PON. Sebab tak ada yang dapat membantah, bila perjuangan meloloskan olahra-ga itu dari babak kualifikasi adalah sinergi PSSI dalam kendali Sabaruddin saat itu bersama pen-gurus cabang PSSI Konsel yang dipimpin Arsalim Arifin.

Sabarudin Labamba sendiri telah menyatakan kesiapan untuk memimpin tim Sultra di PON nanti. Saat ini kubunya sedang menyeleksi 45 atlet untuk kemudian dikerucutkan menjadi 22 orang tim inti di Andoolo, Konsel. Seluruh atlet itu mu-lai melaksanakan tes kesehatan dan latihan ber-sama, dipandu empat pelatih lokal. “ Tidak boleh dihubungkan masalah yang ada dengan cabor. Persiapan PON harus tetap berjalan dan saya ber-syukur atas adanya arahan dari Ketua KONI un-tuk mempertemukan kami berdua,” sambutnya. Fokusnya kini hanya menyiapkan tim yang solid sehingga bisa tampil prima saat kejuaraan yang akan diikuti 12 provinsi.

Meski begitu, Wakil Ketua DPRD Sultra terse-but belum bisa memberi target capaian prestasi yang akan diraih. “ Butuh waktu seleksi sebelum menuju Pelatda. Kalau sudah masuk jadwal itu, kekuatan tim akan kita lihat. Saya selalu optimis dan tidak mau kalah dengan daerah lain. Bola itu bundar dan yang jelas saya tidak terganggu den-gan kisruh yang ada,” tuntasnya. (m1/cok)

Nur Alam...mampu dijangkau kiper Michel Vorm. Gol itu membuat Bayern unggul 1-0.

Belanda seakan tersengat. Satu menit kemudian tim tamu langsung membalas lewat Klaas-Jan Huntelaar. Peny-erang Schalke 04 itu membuat skor imbang 1-1 setelah me-lepas tembakan keras dari sisi kiri kotak penalti Bayern, usai memanfaatkan umpan terobosan dari lini tengah.

Pada menit ke 20 Belanda berbalik unggul. Umpan tero-bosan dari lini tengah Belanda berhasil didapat Luciano Narsingh. Dengan tenang Narsingh melepas bola menge-labui kiper Hans-Jorg Butt. Pertandingan kedua tim berja-lan seru dan menghibur karena kedua tim tidak ada yang berhenti menyerang. Pada menit 26 Bayern berhasil men-yamakan kedudukan setelah Nils Petersen mencetak gol le-wat sundulan, mengkonversi umpan silang Ivica Olic. Skor 2-2.

Memasuki babak kedua permainan kedua tim cenderung mengendur dalam sisi agresifitas. Keduanya menikmati penguasaan permainan dengan umpan-umpan pendek danlebih mengoptimalkan kerja sama tim.

Memasuki menit-menit akhir Bayern tampil menekan. Pada menit 82, Vorm melakukan penyelamatan gemilang setelah menepis tendangan keras Takeshi Usami, sehingga Bayern hanya mendapat tendangan penjuru. Pada akhirn-ya Mario Gomez tampil sebagai penyelamat timnya.

Pelatih Belanda, Bert van Marwijk tidak bisa menyem-bunyikan kekecewaan, meski menilai penampilan timnas memberikan sinyal positif. Laga ujicoba tidak resmi di Al-lianz Arena itu merupakan pertandingan yang digelar se-bagai bentuk kompensasi cedera Arjen Robben usai Piala Dunia 2010. Belanda menurunkan sejumlah pemain untuk menguji kemampuan mereka bertanding setelah mengikuti sesi latihan di Hoenderloo dan kemudian Lausanne sejak pekan lalu.

“ Kami bisa bermain cantik dengan ruang yang sempit. Hanya, dalam beberapa fase pertandingan, kami tidak tampil baik dan harus menderita kekalahan,” ujar Van Marwijk. Ia juga sedikit kaget dan heran ketika penonton Bayern mencemooh Robben saat dimasukkan di babak kedua. “ Anda tidak boleh menghina pemain sendiri, benar-benar memalukan,” sindirnya. (bas/dwi)

Cantik...

Jakarta, KPKapten Inter Milan, Javier Zanetti

mengaku kagum dengan penyambu-tan Interisti di Bandara Soekarno-Hatta ketika skuad Nerazzurri tiba di Jakarta pagi kemarin. “ Kamisangat senang bisa hadir di Indone-sia. Kami sangat puas dengan samb-utan di sini. Karena begitu banyak fans inter di Indonesia,” tutur Zan-etti dalam konferensi pers di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (23/5). “ Kami terkejut dengan antusiasme fans di sini. Kami berharap kedatangan di sini akan sangat menyenangkan,” lanjut pemain asal Argentina ini.

Selain itu, Zanetti juga ingin memberikan penampilan yang ter-baik untuk memuaskan penggemar

Indonesia yang selalu setia men-dukung Inter meski musim ini ter-bilang sulit untuk La Beneamata. “ Ini pertama kali di sini. Setelah satu musim yang sangat sulit. Kami ber-harap dua pertandingan eksebisi nanti bisa berjalan dengan baik. Se-moga hasilnya juga baik sehingga mampu memuaskan fans inter di Indonesia,” pungkasnya. Pelatih In-ter Milan, Andrea Stramaccioni yang didampingi Javier Zanetti, Bedy Mor-atti dan Direktur Ernesto Paolillo juga mengaku kagum dengan semuaapresiasi yang mereka alami.

“ Sebuah perasaan yang meny-enangkan ketika kami tiba di bandara ada begitu banyak Interisti menyambut. Ada ratusan dan duku-

ngan mereka sepertinya tiada akhir. Terima Kasih Indonesia. Semua dari kami, termasuk Presiden kami yang tak bisa turut hadir di sini, begitu peduli dengan tur ini. Dan Tuan Moratti menitipkan salam-nya untuk semua yang ada di sini. Indonesia negara yang mengagum-kan bagi Inter, terlihat dari begitu banyaknya fans yang ada sini dan mendukung kami. Itulah mengapa kami semua ada di sini, meski ada beberapa anggota yang absen kare-na tugas internasional dan cedera,” pungkasnya. Sesuai jadwal, hari ini Kamis, (24/5) Inter Milan akan berlaga dengan Indonesia Selection (siaran langsung RCTI pukul 18.00 WIB). (bas/dwi)

KAgum SAmbuTAN INTerISTI

JP PHOTO/ MUHAMMAD IQBAL

Dua wanita Interisti (sebutan pendukung Inter Milan) Indonesia saat menyambut

kedatangan sejumlah official team Inter Milan ketika tiba di Bandara Soekarno

Hatta, Tangerang, Selasa (22/5) lalu.

Page 20: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012

Kamis, 24 Mei 201220 ADVETORIAL

MaMaMaMaMa

YYYYY

MaMaMaMaMa

YYYYY

+

+

+

yanyanyanyanyan

ntantantantanta

lowlowlowlowlow

acacacacackkkkk

+

yanyanyanyanyan

ntantantantanta

lowlowlowlowlow

acacacacackkkkk

+

+

Page 21: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012

Kendari Pos | Kamis, 24 Mei 2012 21

Cyan

Magen

taY

ellowC

yanM

agenta

Yellow

Cyan

Magen

taY

ellowC

yanM

agenta

Yellow

Baca Golkar di Hal. 22

Baubau, KPKalah di banyak Pilkada di

Sultra tidak lantas membuatpesona Partai Golkar memu-

Kendari, KPKecenderungan politik Sul-

tra yang mengkombinasikandaratan-kepulauan, merupa-kan realitas politik yang layakditeruskan. Histori perpoliti-kan Sultra seperti itu terbuktisangat efektif dalam rangkamengembangkan kebersamaanakan ke-Sultra-an.

“Format pada Pilgub lang-

sung jilid I, Nur Alam-SalehLasata, terbukti berhasil. Kitaberharap formad daratan-kepulauan itu tetap berlanjutpada Pilgub jilid II,” kata DrMuh Ilyas MSi, Wakil Sekre-taris Jenderal Dewan Pimpi-nan Pusat (DPP) KerukunanKeluarga Sultra di Jakarta, viatelepon kemarin (22/5).

Selain kombinasi daratan

kepulauan, lanjut alumni Unh-alu ini, ada tiga faktor pentingyang menentukan kekuatanpasangan calon gubenur. Per-tama, faktor chemistry, yaknikecocokan calon gubernurdengan wakilnya dan tentu iniditentukan pribadi yang memi-lih, dalam hal ini calon gube-

dar. Di Baubau misalnya, yangakan menggelar Pilwali, 4 No-vember nanti, Golkar ikut jadirebutan. Selain Kamil Ady Kar-im yang saat ini menjadi KetuaGolkar Baubau, figur lain yang berharap dukungan Golkaruntuk diusung di Pilwali nantiadalah Ibrahim Marsela, man-tan Wakil Walikota Baubau.

Ibrahim bahkan menunju-kan keseriusannya denganmengundang secara resmiKetua DPD I Golkar Sultra,Ridwan Bae untuk berkumpulbersama masyarakat di sejum-lah kelurahan di Kota Baubaudiantaranya Bataraguru, Tom-

Nur Alam-DjeniMulai Disuarakan

Ibrahim Marsela Merapat ke GolkarUndang RidwanBae SaatSosialisasi

Baca Nur Alam di Hal. 22

dok/kpdjeni Hasmar bersama Bupati Wakatobi, Hugua dan Fadel Muhammad, pengurus dpp partai Golkar dalamsebuah acara di Wakatobi, belum lama ini.

Page 22: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012

22

Cyan

Magen

taY

ellowC

yanM

agenta

Yellow

Kendari Pos | Kamis, 24 Mei 2012

Golkar...

Nur Alam...nur. Kedua, performance figur yang dapat diukur dari keter-pengaruhan dan kemampuandalam mengemban tugas yangdiamanahkan. Ketiga, memi-liki kemampuan membangunkomunikasi dan bisa diaksesberbagai kalangan.

“Kalau Gubenurnya NurAlam, maka posisi wakilnya,Djeni Hasmar merupakan figur tepat karena memenuhi kri-teria itu. Beliau merupakanfigur merakyat yang bisa mem-bangun komunikasi dengansiapapun dan bisa diakses olehsiapapun. Terbukti sewaktu diDPR RI, Djeni Hasmar merupa-kan anggota DPR yang selalusiap diterima oleh para kon-stituen. Peran Djeni Hasmardalam pemekaran kabupatendi Sultra juga tidak perlu di-ragukan lagi, bahkan bukan se-bagai anggota dewan pun DjeniHasmar tetap memberi perha-tian kepada daerah ini, denganmenjadi ketua panitia percepa-tan pemekaran 6 kabupaten diSultra dan membantu perjuan-gan Sultra sebagai provinsikepulauan,” katanya.

Oleh karena itu, Ilyas sangatberharap terbangunnya kombi-

nasi Nur Alam-Djeni Hasmar.Kombinasi pasangan yangbukan saja memiliki prestasidan kepemimpinan yang sudahteruji, tingkat keterpengaru-han, tingkat penerimaan, sertamewakili daratan-kepulauan,tetapi juga pasangan calonyang bisa membangun komu-nikasi dengan siapapun danbisa diakses kapan saja dan di-mana saja.

“Nur Alam ini merupakankader daerah yang kita harap-kan terus eksis hingga ke ting-kat nasional. Selama ini, kitaselalu berharap agar ada putradaerah yang menduduki posisistrategis di pemerintah pusat,tetapi belum membuahkan ha-sil. Katakanlah La Ode Ida danLa Ode Masihu Kamaluddin.Sekarang harapan ini semakinterbuka lebar karena NurAlam sebagai gubenur mudahdilihat dan terakses ke pusat,seperti halnya Mendagri yangberasal dari Gubernur Sumsel.Oleh karena itu, kami sangatberharap Gubernur Nur Alammempertimbangkan betul sia-pa yang akan menjadi wakilnyananti dan kami memandangkombinasi Nur Alam-DjeniHasmar adalah kom-binasi ideal,” paparMuh.Ilyas berapi-api.

Tunggu Keputusan GolkarHM La Ode Djeni Hasmar,

Korwil Sultra DPP PartaiGolkar, ternyata belum bisamengambil sikap tegas terkaitkeinginannya maju bersaingpada pemilihan Gubernur (Pil-gub) Sultra. Sebagai kader Gol-kar, Djeni Hasmar mengakumasih menunggu sikap DPPPartai Golkar terkait siapacalon yang akan diusung padaPilgub Sultra.

“Akhir Mei 2012, sudah akanada keputusan terkait siapayang akan diusung PartaiGolkar. Setelah itu, baru sayamenggunakan hak saya seba-gai seorang kader partai atauhak sebagai individu,” kataDjeni Hasmar ketika dihubun-gi wartawan koran ini kemarin(21/5).

Terkait disebutnya namanyaoleh Ketua Partai Demokrat(PD) Sultra, Endang SA sebagaifigur yang tepat untuk menjadi wakilnya pada putaran Pilgub,Djeni menyatakan kegembi-raannya. “Saya sangat berteri-ma kasih karena Endang telahmemperhitungkan saya seba-gai figur yang pas, tetapi seba-gai kader Golkar yang taat ten-

tu saya tidak mau mendahuluikeputusan partai,” katanya.

Keinginan Endang berpasan-gan dengan dirinya, ataupunadanya suara-suara BuhariMatta-Djeni Hasmar, atau adayang mengatakan dirinya in-gin berpasangan dengan NurAlam, di mata Djeni Hasmarmerupakan hal yang wajar.Sebab, tradisi politik daratan-kepulauan memang realistisuntuk dipertahankan, apalagisekarang pemilihan langsung.Kombinasi kekuatan pemilihitu harus dipertahankan. Apa-bila cagub dari daratan makawakilnya dari kepulauan, be-gitu juga sebaliknya.

“Sebagai putra kepulauansaya tidak mungkin berpasan-gan dengan Ridwan Bae, AliMazi ataupun La Ode Ida. Sayatentu harus menjadi wakil daricalon gubernur yang merupa-kan representasi daratan. Han-ya sekali lagi, sikap saya nantisetelah ada keputusan final dari partai, apakah akan men-gusung kader sebagai cagubatau hanya cawagub,” kataKetua Kerukunan MasyarakatSultra (KKST) Pusat Jakartaini. (wal)

ba hingga perwakilan dari Kelurahan Kalia-lia,Rabu malam (15/5) lalu.

Sosialisasi itu sendiri berlangsung di pela-taran JL Bataraguru (tidak jauh dari pasarKarya Nugraha).

Kehadiran orang nomor satu partai Golkarditingkat Sultra itu adalah sinyal kuat bahwaGolkar memang merestui pencalonan IbrahimMarsela. Di konfirmasi Kendari Pos, Ridwan Bae mengakui ada dua figur yang menjadi sen-teran Golkar untuk saat ini, antara lain KamilAdi Karim yang menjadi Ketua DPD II GolkarKota Baubau yang juga berkeinginan untukmaju, apalagi Kamil merupakan salah satu kad-er terbaik di Kota Baubau.

Namun demikian, kata Ridwan, mekanismedalam partai Golkar adalah keterbukaan kepadamasyarakat umum. Makanya dalam Pilwali KotaBaubau Golkar belum tentu mengusung kader,jika ternyata ada figur yang diminati banyak masyarakat melalui hasil survey maka bukantidak mungkin akan diberikan kursi Golkar.

“Jika memang beliau (Ibrahim) memilikipenerimaan yang lebih baik dari masyarakatmaka tentu kami akan menentukan sikap yangsama untuk Ibrahim,” ujarnya.

Mantan Bupati Muna ini menjelaskan partaiGolkar memang tetap memprioritaskan kader.Melihat kader sudah melewati tahap pembi-naan sejak awal, tetapi semua tergantung sur-vey penerimaan dimata publik.

Dari hasil survey yang dilakukan nanti kemu-dian akan ditetapkan figur yang akan diusung. “Awal Juni mendatang kita sudahtetapkan siapa yang nantinya akan di-usung oleh Golkar,” ujarnya.

Dalam penghelatan Pilwali Baubaupada 4 November mendatang, GolkarKota Baubau juga realistis karenahanya memiliki dua kursi dilegislatif,artinya harus membutuhkan dukun-gan minimal dua kursi lagi untuk me-menuhi persyaratan mengusung satupasang calon.

Olehnya itu pihaknya juga terusintens melakukan komunikasi den-gan partai lain baik yang memilikikursi maupun partai non seat. Hal

itu menjadi salah satu alasan sehingga GolkarBaubau juga belum melakukan penjaringanuntuk membuka peluang terhadap figur calon Walikota Baubau.

Meski demikian, lanjut Ridwan Bae, partaiGolkar sudah melakukan komunikasi dengan se-jumlah pimpinan partai untuk melakukan koalisidalam Pilwali Baubau. “Komunikasi dengan par-tai lain sudah kami lakukan tapi untuk saat inibelum bisa kami sebutkan,” tutupnya.

Kendati begitu, Ketua Golkar Kota Baubau,Kamil Ady Karim membantah jika ada wacanabahwa Golkar telah merekomendasikan calonlain selain dirinya. Ditegaskan, partai Golkarselalu mengutamakan kadernya untuk bertar-ung disetiap Pilkada. Kata Kamil, isu soal adan-ya calon diluar Golkar yang sudah mendapat re-komendasi adalah isu murahan, pembohonganpublik dan menyesatkan.

Saat ini, dirinya sudah memiliki partai danakan maju sebagai calon Walikota Baubau.Ditengah gencar-gencarnya semangat yang adakemudian diisukan ada calon lain di Golkar,Kamil meradang. Terlebih lagi, saat ini partaipartai berlambang pohon beringin tersebuttidak pernah berbicara adanya rekomendasiatau dukungan 100 persen kepada calon lain di-luar kader Golkar.

“Sebagai ketua partai, saya tidak pernahberbicara 100 persen atau sudah ada rekomen-dasi kepada calon lainnya. Saya juga akan men-calonkan diri dan saya disini sebagai ketua Par-tai. Jadi, tidak mungkin saya berikan partai ituke calon lain,” tegas kakak kandung AS Tham-rin, Ketua PAN Baubau yang juga berniat majubertarung didalam Pilwali Baubau.(m5/m4)

Kamil Tak Rela Golkar Dukung Calon Lain

Djeni Hasmar Tunggu Kepastian Partai Golkar

Jakarta, KPBelakangan ini muncul perde-

batan soal usia calon presiden(capres) 2014. Dikotomi tua-mu-da itu juga dilontarkan KetuaMPR yang sekaligus politisisenior PDI Perjuangan, Taufiq Kiemas. Namun, bagi PartaiPersatuan Pembangunan (PPP)soal regenerasi kepemimpinandi tingkat capres, tidak relevandiperdebatkan tua-muda.

“Memang regenerasikepemimpinan itu kalau bi-

cara usia di bawah 50 tahunatau 60 tahun. Tapi, bagi PPPsendiri perbincangan soal usiaini tidak relevan,” kata Sekre-taris Jendral (Sekjen) PPP, Ro-mahurmuzy, Rabu (23/5) di Ge-dung DPR, Senayan, Jakarta.

Menurut pria yang karib dis-apa Romy ini, hal itu dikarena-kan kemampuan dan kematan-gan seseorang di dunia politikitu tidak bisa diukur dengantingkat usia.

Apalagi, lanjut dia, talenta itu

bisa saja diberikan kepada ses-eorang dalam usia berapapun.

Pada prinsipnya, kata Romy,untuk capres 2014 mendatanganberikan saja figur-figur alter-natif. Tinggal nanti rakyatlahyang menentukan pilihannyasiapa yang akan memimpinrepublik ini lima tahun ke de-pan. “Prinsipnya berikan figur alternatif dan silahkan rakyatyang memilih. Usia bukan jadipertimbangan,” kata KetuaKomisi IV DPR itu.

Di sisi lain Romy mengata-kan, partai politik di negeri inisudah terjadi regenerasi yangluar biasanya. Dia mencontoh-kan, dirinya sebagai SekjenPPP yang mungkin figur ter-muda yang pernah menjabatposisi penting di partai berlam-bang Kabah itu. Begitu jugadi Partai Kebangkitan Bangsa(PKB). “Ketua Umumnya (Mu-haimin Iskandar) dan Sekjen(Marwan Jafar) masih sangatmuda,” katanya. (jpnn)

PPP Tolak Perdebatan Capres Tua-Muda

Page 23: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012
Page 24: Kendari Pos Edisi 24 Mei 2012

24 Kendari PosKamis, 24 Mei 2012

5 BalonPeriksaKesehatan

Lima balon wali kota danwakilnya sudah menyelesaikanrangkaian pemeriksaan kes-ehatan di Rumah Sakit UmumProvinsi (RSUP) Sultra. Gener-al chek-up baik jasmani mau-pun rohani, yang dibuka sejak19-24 Mei.

Sekretaris Tim PemeriksaKhusus Kesehatan balon walikota dan wakilnya dr MuhRidwan M.Si mengungkapkan,pasangan pertama datang Geo-Unggul, Sabtu (19/5). Kemudi-an menyusul Tony-Yani (HAT-INYA) pada hari yang sama.

“Tanggal 21 Mei, ada tiga pas-angan yang datang memeriksakesehatan. Pertama Magribi - H. Rachman Latjinta (MA-HAR), kemudian Hasid-Ordadan terakhir yakni Asrun-Mu-sadar (HARUM). Semua balon telah diperiksa,” ungkap Muh.Ridwan yang juga Pls DirutRSUP Sultra, kemarin.

Setelah melakukan pemerik-saan, tim akan menggelar ra-pat pleno untuk mengumpul-kan rekapitulasi. “Baru sajarapat pleno kami laksanakan(kemarin, red). Hasilnya dalambentuk rekomendasi yang akandiserahkan ke KPU. Soal peni-laian verifikasi hasil pemerik-saan kesehatan, itu ditentukan KPU nantinya. Kami hanya se-batas memberi rekomendasi,”jelasnya.

Dalam pemeriksaan kes-ehatan, semua unsur tak luputdari perhatian. Semua balondiperiksa mulai poli umum,bedah, penyakit dalam, kulitdan kelamin, mata, saraf, jan-tung, gigi, THT, termasuk keji-waan. Pemeriksaan kesehatandilakukan sesuai prosedurketetapan (Protap) PengurusBesar Ikatan Dokter Indonesia(PB IDI).

“Prosedurnya, KPU bersuratpada IDI Kota Kendari. Lalu IDImerekomendasi rumah sakityang layak untuk pemeriksaankesehatan. Kemudian, kamimembentuk tim pemeriksakhusus. Di dalamnya, semuadokter spesial yang ada diRSUP Sultra dilibatkan,” ujarmantan Direktur RSUD Abuna-was Kota Kendari itu.

Dalam prosesnya, jika timdokter menemukan gejala pen-yakit yang diderita bakal calonkepala daerah, maka dokteryang bersangkutan merekomen-dasi pada bakal calon tersebutuntuk melakukan pengobatan.“Hasil pleno tidak ada yangmenderita penyakit fatal. Kamiakan menyerahkan hasilnya keKPU paling lambat 26 Mei 2012,”jelas Muh. Ridwan. (aka)

MAHAR BelumSerahkan LHKPN

Laporan harta kekayaan penye-lenggara negara (LHKPN) menjadisalah satu syarat yang harus dipe-nuhi bakal pasangan calon walikota dan wakilnya agar lolos pen-calonan. Sampai Rabu (23/5), KPUbaru menerima 8 LHKPN atau baru4 pasangan bakal calon yang menyer-ahkan LHKPNnya.

Ketua Pokja Pencalonan KPU KotaKendari, La Ode Abdul Natsir Muth-alib mengungkapkan, pihaknya se-mentara menyerahkan LHKPN parabakal calon ke KPK untuk menda-patkan bukti penyerahan laporankekayaan. Bukti tersebut akan dil-ampirkan dalam berkas pendaftaransebagai salah satu item persyaratanlolos menjadi calon.

“Hari ini (kemarin, red) saya ser-ahkan langsung LHKPN itu ke KPK.Tapi hanya 8 LHKPN yang saya bawayakni LHKPN Muh. Yani KasimMarewa, Tony Herbiansyah, Asrun,Musaddar Mappasomba, La Ode Geo,Silverius Oscar Unggul, Abd HasidPedansa dan Orda Miradwan Silon-dae. Kami belum menerima LHKPNdari La Ode Magribi dan RachmanSiswanto Latjinta,” ungkap NatsirMuthalib kemarin.

Lalu, bagaimana dengan LHKPN

pasangan MAHAR? Ia menilai, pas-angan MAHAR masih memilikikesempatan melaporkan sendiriLHKPNnya ke KPK. Pihaknya han-ya memerlukan bukti penyerahanLHKPN ke KPK sebagai syarat dalampencalonan.

“Magribi dan Rachman Latjintabisa menyerahkan langsung. Yangjelas, bukti penyerahan LHKPN su-dah harus disertakan pada perbaikankelengkapan syarat pengajuan calondan syarat calon, 28 Mei hingga 3Juni 2012,” jelasnya.

Di tempat terpisah, La Ode Ma-gribi mengakui jika pihaknya belummenyerahkan LHKPN karena ken-dala kelengkapan dokumen dan foto-foto pendukung.

Namun, laporan kekayaan pasan-gan MAHAR telah rampung dan siapdiserahkan.

“Rencananya, hari ini (kemarin,red), LHKPN saya dan H. Rachmanakan kami serahkan ke KPU. Namunjika informasinya, KPU telah menye-rahkan secara kolektif LHKPN bakalpasangan yang lain ke KPK, makatim kami akan membawa langsungLHKPN ini ke KPK. Paling cepat,mereka akan berangkat besok (hariini, red),” ungkap Magribi. (p6/aka)

Kendari, KpProses verifikasi adminis-

trasi dan faktual persyaratandukungan dan persyaratan berkas bakal pasangan calonkini sedang berlangsung, yangakan memakan waktu 6 hari,21-27 .

Salah satu yang menge-muka adalah pasangan calon Ir Asrun dan Musadar Map-pasomba (HARUM). Dari limapartai besar yakni PAN, PKS,Golkar, PPP dan Demokrat, na-mun salah satu partai masihdipertanyakan keabsahan.Partai yang dimaksud adalah Demokrat, yang rekomendasidukungannya ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris DPDDemokrat. Padahal, rekomen-dasi bakal pasangan calon ide-alnya ditandatangani Ketua dan Sekretaris DPC Partai Demokrat.

“Dalam anggaran dasar dan anggaran rumah

tangga partai memang diatur,jika pengurus DPC bermasalahmaka bisa diambil alih olehDPD. Namun, kami butuh ke-pastian yang lebih legitimatedari DPP Demokrat sehinggamereduksi persoalan yang bakalmuncul nantinya,” ungkap LaOde Abdul Natsir Muthalib,Ketua Pokja Pencalonan saat di-hubungi via telepon kemarin.

Selain penyerahan LHKPNke KPK, Pokja pencalonan jugaakan melakukan klarifikasi langsung ke DPP Demokrat.Langkah tersebut untuk men-gantisipasi munculnya persoa-lan.

“Seharusnya yang bertanda-tangan Ketua DPC Demokrat Andi Rahmat. Jika hasil klarifi-kasi ke DPP Demokrat tidak adamasalah, maka akan menjadi

pegangan bagi KPU bilamana menjadi persoalan”jelasnya. (aka)

Dukungan DemokratDipertanyakan