Kegunaan VB

download Kegunaan VB

of 4

  • date post

    06-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    224
  • download

    1

Embed Size (px)

description

kjo

Transcript of Kegunaan VB

KegunaanVanadiumdalam tubuhmanusiaSebuah senyawa yang ditemukan dalam bawang putih merupakan dasar untuk alternatif obat potensial yang dapat diberikan lewat mulut untuk diabates tipe 1 dan 2.Kejadian diabetes terus meningkat di seluruh dunia, dan semakin diperlukan untuk menemukan perawatan yang efektif. Perawatan yang ada sekarang ini melibatkan suntikan dengan insulin (utamanya untuk penderita diabetes tipe 1), atau perawatan dengan obat (untuk diabetes tipe 2). Akan tetapi, kata Hiromu Sakurai, dari Suzuka University of Medical Science, Jepang, tidak ada dari metode-metode ini yang ideal, karena metode-metode ini sering melibatkan suntikan, dan obat-obat yang digunakan memiliki efek samping yang tidak diinginkan. Dalam penelitian terdahulu, kelompok Sakurai telah menunjukkan bahwa sebuah kompleks vanadium dan allixin, senyawa yang ditemukan dalam bawang putih, menurunkan kadar glukosa darah untuk model diabetes tipe 1 dan 2 pada hewan mencit dan juga ditemukan bahwa efek ini tetap ada untuk mencit model diabetes tipe 2 yang diberikan senyawa kompleks ini lewat mulut. Dalam studinya yang terbaru, tim ini menemukan bahwa kompleks yang yang diberikan lewat mulut juga menurunkan kadar glukosa pada mencit model diabetes tipe 1, sehingga memberikan harapan untuk pengobatan pasien diabetes tipe 1 tanpa suntikan.Berikut gambar senyawa kompleks Vanadium yang terdapat pada bawang putih

Gambar senyawa kompleks VanadilKompleks vanadil dari allixin yang terdapat dalam bawang putih menurunkan glukosa darah pada model diabetes.

Senyawa-senyawa :Vanadium membentuk senyawa dengan bilangan oksidasi +5, +4, +3 dan +2. senyawa dengan bilangan oksidasi rendah merupakan reducing agent, bersifatunik dan berwarna.1. senyawa V+5 (yang tidak berwarna) direduksi dengan reduktor yangsesuai terjadi perubahan sebagai berikut :VO3- VO+2 V+3 V+2Meta vandate ion vana- hijau ion(ion tak ber- dyl, V+4 vanadowarna, V+5) (biru) (violet)a. Vanadium pentoksida, V2O5Dibuat dari :o Oksidasi / pemanggangan logam atau oksidanya denganbilangan oksidasi rendah. V2O5 sebagai hasil akhir.o Hidrolisa VOCl3.o Pemanasan amonium vanadate.Penggunaan :o Sebagai katalis dalam oksidasi SO2 O SO3, dalam pembuatanasam sulfat.V2O52SO2 + O2 P 2SO3o Katalis dalam oksidasi alkohol dan hidrogenasi olefin.b. Vanadium pentaflourida, VF5.Senyawa ini dinyatakan sebagai sublimat putih murni. Dibuatdengan pemanasan VF4 dalam lingkungan nitrogen, pada suhu350C 650C. Senyawa ini sangat mudah larut dalam air ataupelarut organik.c. Vanadium oxitrikhlorida, VOCl3.Senyawa ini dibuat dengan melewatkan Cl2 kering pada VO3yang dipanaskan. Senyawa ini berwarna kuning bening dengantitik didih 127 C.d. Vanadium pentasulfida, V2S5.Senyawa ini dibuat dengan memanaskan campuran vanadiumtrisulfida, dengan sulfur tanpa udara pada 400 C. senyawa iniberupa bubuk hitam.2. Senyawa V+4.Proses Pembuatan Senyawa TantalumSenyawa senyawa :1.Senyawa Ta dengan bilangan oksidasi +5.a) Ta2O5.Dibuat dengan dihidroksioksida terhidrat (sering disebut asam niobat atau tantalat), atau dengan pemanggangan senyawa tertentu dengan oksigen berlebih. Senyawa ini berbentuk bubuk yang padat, relatif inert secara kimia, hampir tak bereaksi dengan asam kecuali HF pekat. Dapat pula senyawa ini dilarutkan dengan dicairkan bersama alkali hidrogen sulfat, alkali karbonat atau alkali hidroksida.b) TaX5(X = halida).Senyawa TaF5dibuat dengan reaksi flourinasi langsung logam atau pentakhloridanya. Keduanya berbentuk padat putih, mudah menguap. Titik cair Ta = 95 C. Titik didih Ta = 229 C, membentuk cairan dan uap tak berwarna. Senyawa halida yang lain berwarna kuning sampai coklat, dibuat dengan reaksi langsung logam dengan halogen berlebih. Halida halida ini bertitik cair dan titik didih antara 200 300 C, larut dalam pelarut organik seperti eter, CCl4, dan sebagainya.2.Senyawa Ta dengan bilangan oksidasi rendah.a)Oksida TaOx (x = 2 s.d 2,5)b)Tetrahalida.