Kebijakan BBM Banci

download Kebijakan BBM Banci

of 68

  • date post

    30-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    252
  • download

    10

Embed Size (px)

description

Dulu pembatasan BBM bersubsidi gagal, tapi sekarang kabarnya mau diterapkan lagi. Menteri Keuangan Agus Martowardojo khawatir kebijakan ini tak mampu mengendalikan kuota BBM bersubsidi.

Transcript of Kebijakan BBM Banci

  • SISIPAN

    ORANG MISKIN (TETAP) DILARANG SAKIT

    1-7 APRIL 2013 MAJALAH EKONOMI & BISNIS

    31 TAHUN II

    RP 20.000

    GAYA HIDUP : RAW FOOD, GAYA MAKAN MASA KINI

    HUKUM : HABIS SUDAH KESABARAN PELINDO

    1 Cover 31.indd 1 4/29/2013 10:02:18 AM

  • 4 inilahREVIEW 31 Tahun II | 1-7 April 2013

    Mailbox

    Cover: rangga diyarto

    inilahREViEW

    pEndiRi: Muchlis hasyiM

    pEmimpin UmUm/pEmimpin REdaksi:

    andi suruji

    Wakil pEmimpin REdaksi: BaMBang aji setiady

    REdaktUR EksEkUtif: tri juli sukaryana,

    latihono sujantyo

    REdaktUR sEnioR: Budi kusuMah

    REdaktUR: derek Manangka,

    sigas, setiyadi, iwan purwantono,

    kukuh BhiMo nugroho,

    REpoRtER: MahBuB junaidi, Vinsensius segu

    REdaktUR foto: dahlan reBo pahing

    fotogRafER: wirasatria, asep rochyadi

    REdaktUR dEsain: erBhayu prananta

    dEsain & layoUt: yayan taryana, ade Moh sofyan

    ilUstRatoR: rangga diyarto,

    RisEt: Mahario, tri handika, aditya B

    sEkREtaRis REdaksi: dwiyacita listosari

    Unit Usahapjs pEmimpin pERUsahaan: fahMi alaMsyah

    gEnERal managER: sjarifuddin

    managER kEUangan: fahMi alaMsyah

    managER iklan: alVin alVerdian

    accoUnt ExEcUtiVE: selVi (aVi), aida iryani

    siRkUlasi: herry chatiB

    tata Usaha: nonon priMayani putri,

    pEnasEhat hUkUm: lucas sh & partners

    alamat REdaksi dan Usaha: jl. sungai saMBas

    Vi/12, keBayoran Baru-jakarta selatan 12130,

    tel 021 72787313, 72787316, fax. 021 7210976

    pEnERbit: pt Media Berita indonesia

    distRibUsi: three Mandiri (3M)

    http://www.inilah.com/ireviewinilah group : n portal news: www.inilah.coMn portal news : www.inilahjabar.coM n surat kabar : inilah koran

    n portal news : www.jakartapress.coM

    majalah ekonomi dan bisnis

    sisipan

    Orang Miskin (TeTap) Dilarang sakiT

    1-7 april 2013 majalaH EKONOmi & BiSNiS

    31 Tahun ii

    RP 20.000

    gaya hiduP : Raw Food, gaya Makan Masa kini

    hukuM : habis sudah kesabaRan Pelindo

    Swasembada Garamada kabar baik dari sektor kelautan dan perikanan. Untuk pertama kalinya sejak 1960-1970, indonesia mencapai swasem-bada pangan. Setidaknya, itulah yang disampaikan menteri Kelautan dan Per-ikanan (KKP) yang mencatat bahwa pro-duksi garam konsumsi sebesar 2,02 juta ton pada tahun 2012. Capaian ini naik 1,42 juta ton dibanding produksi tahun 2011 yang sebesar 800 ribu ton.

    tentu ini merupakan kabar baik ka-rena swasembada berarti kita tidak perlu lagi mengimpor garam, khususnya garam untuk konsumsi. Bagi indonesia sudah selayaknya, swasembada seperti ini ter-jadi. Sehingga menjadi pertanyaan me-ngapa baru sekarang bisa terlaksana.

    terlepas dari hal itu, kini tugas berat menanti pemerintah. yakni, tugas untuk mempertahankan agar swasembada itu terus terjadi. impor memang tidak ha-ram, namun perlu diingat bahwa itu tidak menguntungkan petani lokal.

    tentu kita masih ingat ketika pada 2011 lalu, indonesia kebanjiran impor ga-ram konsumsi. Pada waktu itu 900 ribu ton garam konsumsi masuk pasar da-lam negeri, sehingga harga garam petani anjlok. Kini petani diuntungkan dan ma-syarakat juga tidak terbebani harga yang mahal. Semoga ini bisa terus terjadi.

    PUrBaya WiSeSaJl raya darmo, Surabaya

    Iklim Investasi DKIPemBeritaan mengenai ekonomi dKi Jakarta akhir-akhir ini membuat saya cu-kup miris. terutama (jika memang benar) pemberitaan mengenai hengkangnya 90

    perusahaan dari dKi akibat tak mampu memenuhi ketentuan Upah minimum Provinsi (UmP) yang baru ditetapkan.

    menurut saya, ini bukanlah semata persoalan upah dan pekerja. melainkan persoalan yang jauh lebih besar, yakni iklim investasi. Saya melihat ada sesuatu yang terlewatkan ketika pemerintah me-ngeluarkan kebijakan.

    Kebijakan UmP itu tidak dibarengi de-ngan penciptaan iklim usaha yang ramah bagi pengusaha. Saya berpendapat, se-harusnya, ketika UmP itu dikeluarkan, pemerintah juga mengeluarkan kebijakan insentif. misalnya, soal pengurangan pa-jak untuk jangka waktu tertentu. atau juga misalnya memberikan kebijakan lain yang meringankan beban pekerja, seperti memangkas semua hal yang menyebab-kan ekonomi biaya tinggi.

    intinya, ketika ada beban meningkat, pemerintah harus sigap memberikan ke-ringannya. ini mungkin win win solution untuk mengurangi dampak UmP.

    natSUha FadJarUddinJl. tongkol, rawamangun, Jaktim

    Balada Bawang Merah Bawang PutihSeBagai ibu rumah tangga, belakangan ini saya cukup resah dengan melambung-nya harga-harga bahan makanan di pa-sar tradisional. tragisnya, beberapa harga bumbu, seperti bawang merah, bawang putih dan kemudian harga cabe naik berka-li-kali lipat, membuat saya mengelus dada.

    ironis sekali, indonesia yang dikenal se-bagai negara agraris, seharusnya mampu menyediakan bahan makanan bagi rakyat, termasuk bawang merah, bawang putih, dan cabe.

    yang terjadi pemerintah justru tidak mampu mempertahankan ketersediaan bahan makanan dalam jumlah yang cukup, sehingga menyebabkan gejolak harga di pasar secara sangat signifikan. Kelangkaan bawang merah dan bawang putih sudah pada tingkat meresahkan masyarakat.

    Sebagai rakyat, jelas saya sangat diru-gikan, apalagi keluarga saya protes me-ngapa masakan saya tak seenak biasanya. Sampai kapan keadaan ini berlangsung? Setelah ini, giliran bahan makanan apalagi yang akan melambung tinggi tak terjang-kau dan membuat rakyat terus menjerit?.

    maya PUSPita SariCipete, Jakarta Selatan

    Selamat Kepada Gubernur BISelamat kepada agus martowardojo yang

    terpilih sebagai gubernur Bank indonesia (Bi)

    yang baru. tentunya dengan terpilihnya beliau

    akan memberikan dampak positif. Selama ini

    beliau dikenal memiliki gaya kepemimpinan

    dan tata kelola pemerintahan yang baik serta

    berintegritas tinggi sejak beliau menjadi

    direktur Utama Bank mandiri.

    yang harus diingat bukan pekerjaan mudah

    menjadi gubernur Bi. Banyak tugas-tugas

    berat menanti, terutama dalam menjaga

    stabilitas dan nilai tukar rupiah. Selain itu,

    insan perbankan mengharap beliau dapat

    mengembangkan industri perbankan dan

    menerapkan makroprudensial yang lebih baik.

    Satu hal lainnya yang perlu dihindari

    adalah intervensi politik. Bank indonesia

    adalah lembaga independen yang harus

    steril dari politik. agus bukan tak mungkin

    akan disusupi kepentingan politik. maklum

    saja, menjelang pemilu 2014, pasti banyak

    kekuatan politik yang berkepentingan dengan

    masalah moneter.

    SyUBhan SyahPUtraBojong gede, Bogor

    SuratMInGGuInI

  • LaporanUtama 4 | MailBox8 | Editorial Agus

    44 | Internasional Suap Mencoreng Microsoft 52 | Hukum Habis Sudah Kesabaran Pelindo

    56 | Keuangan dan Perbankan Agus Dulu, Agus Sekarang60 | Pasar Modal Untuk Sementara Akan Ada Revisi66 | Kolom Presiden, Hentikan Paduan Suara Ini

    38 | FIgur Carla Bruni DARI IStAnA ElySEE KE CAtwAlK Roda kehidupan terus berputar. Kadang di atas, tapi tiba-tiba di bawah. Carla Bruni Sarkozy (45), mantan ibu negara Perancis, merasakannya. Setelah selama lima tahun meninggalkan catwalk dan dunia seni demi mendampingi Presiden nicolas Sarkozy di Istana Elysee, kini Carla bakal balik ke dunia model.

    KeBijaKan BBM BanCiDulu pembatasan BBM bersubsidi gagal, tapi sekarang kabarnya mau diterapkan lagi. Menteri Keuangan Agus Martowardojo khawatir kebijakan ini tak mampu mengendalikan kuota BBM bersubsidi.

    50 | ProFIl Putut ariwiBowo DARI notHIng MEnjADI SoMEtHIng Hanya dibekali modal Rp 5 miliar, ia mampu membangun HK Realtindo sebagai perusahaan properti ternama. Modalnya pun telah membengkak 20 kali lipat.

    31 | sIsIPan orang MisKin (tetaP) Dilarang saKit Kabar soal warga miskin yang meregang nyawa, lantaran tak mendapat perawatan kesehatan memadai, terus terjadi. Padahal anggaran jamkesmas 2013 meningkat Rp 1 triliun dibanding tahun lalu.

    40 | gaya HIduP raw FooD, gaya MaKan Masa Kini Mau hidup sehat? Konsumsilah makanan setengah matang atau mentah. tubuh bisa menjadi sehat dan langsing.

    CONTENTREVIEW

    18 | nasIonal sinyal Bahaya hulu Migas SSK Migas memutus 18 kontrak eksplorasi migas. Ada rencana lifting migas 2013 direvisi.

    22 | BIsnIs sEPEKan lPesona Atau jebakan? lRezeki nomplok dari Btn llayanan Menembus Batas lBoeing 787 Kembali Mengudara

    24 | BIsnIs KeMelut Baja MaKin Keras Polemik sekitar rencana penerapan BMAD baja terus berlanjut. Industri otomotif mengancam akan menaikkan harga.

  • 6 inilahREVIEW 31 Tahun II | 1-7 April 2013

    V VV V

    V VV V

    Berang Ulah Marzuki Alie, SBY Sebar SMSketua Majelis tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) langsung menanggapi isu terkait Wakil ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Marzuki alie yang mengumpulkan beberapa kader daerah di ancol.

    SBY mengirim SMS kepada Marzuki dengan nada marah. Isinya, mempertanyakan maksud pertemuannya dengan sejumlah kader di ancol. Pertemuan itu dianggap menciderai partai. n

    Identifikasi Kasus Cebongan Mengarah ke KopassushaSIl investigasi penyerangan ke lP Cebongan, Sleman semakin mengarah pada keterlibatan kopassus. Ini terlihat dari hasil identifikasi pada hal-hal terkait teknologi informasi dan di lapangan.

    hal itu terungkap dari sumber Inilah.com yang mengaku mengetahui bocoran hasil penyelidikan. Ia menyebutkan, tim investigasi identifikasi pada kasus tersebut telah menyelesaikan 100% identifikasi telepon dan sms. Sedangkan identifikasi di lapangan hanya tinggal 30%, ujar sumber tersebut. n

    90 Perusahaan Hengkang, Jokowi Cari Investor Baru PeMerIn