Kebersihan Tangan

download Kebersihan Tangan

of 17

  • date post

    07-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    267
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Kebersihan Tangan

Muhammad Nadirsyah

Kebersihan TanganKebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu , sampah , dan bau.

Kebersihan TanganBerbagi kuman bakteri dari orang lain dapat terjadi melalui tangan. Pilek influenza, sakit perut (karena bakteri, parasit), diare dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui tangan.

Kebersihan TanganMencuci tangan adalah salah satu tindakan pembersihan dengan membersihkan tangan dan jari jemari dengan menggunakan air ataupun cairan lainnya oleh manusia dengan tujuan untuk menjadi bersih .

Pelatihan upaya menjaga kesehatan dalam kebersihan tangan1.Membersihkan dengan pembersih tangan yang menggunakan alkohol

2. Membersihkan dengan pembersih

tangan air

yang menggunakan sabun dan

Sabun dan air mengucur menghilangkan kotoran dan minyak dari tangan. Ini adalah cara terbaik membersihkan tangan jika tangan jelas tampak kotor.

Langkah-langkah mencuci tangan dengan sabun dan air :1.

2.

Buka keran air dan biarkan air membasahi tangan. Gunakan sabun.

3. Gosokkan kedua tangan sampai sabun berbuih. 4. Gosok dan liputi seluruh permukaan tangan. Gosok sampai berbuih selama paling sedikit 10 sampai 15 detik. Bilas tangan dengan sempurna.

5. Keringkan tangan dengan menepuknepuknya dengan handuk kertas. 6. Buang handuk kertas itu di tempat sampah.

(gambar menjaga kebersihan tangan)

3. Membersihkan tangan dengan

pembersih gel / jellyGel digunakan tanpa menggunakan air, cepat kering dan mudah digunakan serta dapat membunuh bakteri-bakteri yang dapat menularkan beberapa penyakit seperti diare atau sakit perut karena bakteri dan juga pilek.

KAPAN???

Setelah keluar dari WC Sebelum membuat atau makan makanan Setelah memegang hewan peliharaan Setelah membuang sampah Setelah batuk atau bersin

Kesimpulan :Jika kita dapat menjaga kebersihan tangan secara intensif maka kita akan terhindar dari beberapa penyakit seperti diare, ISPA (penyakit saluran nafas), cacingan, flu, dan Hepatitis A.