Kata Pengantar - sp2010.bps.go.id SP2010.pdf · Kata Pengantar Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997...

17

Transcript of Kata Pengantar - sp2010.bps.go.id SP2010.pdf · Kata Pengantar Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997...

1

Kata Pengantar

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik mengamanatkan Badan Pusat Statistik (BPS) bertanggung jawab atas perstatistikan di Indonesia. Oleh karena itu, BPS berkewajiban menyediakan beragam jenis data hasil kegiatan statistik.

Data hasil sensus penduduk 2010 (SP2010) merupakan salah satu data dasar yang sangat penting dalam membuat perencanaan, kebijakan, dan evaluasi hasil pembangunan sampai wilayah administrasi terkecil.

Data dan informasi yang tepat guna dan mudah diakses merupakan harapan seluruh pengguna data, baik pemerintah, akademisi, pebisnis, maupun masyarakat umum. Untuk mewujudkan hal tersebut, BPS telah membangun dan berusaha mengembangkan suatu cara diseminasi hasil SP2010 yang mudah, murah, dan cepat. Diseminasi hasil SP2010 ini dapat diakses secara nasional melalui Web secara Online.

Agar website diseminasi hasil SP2010 ini mudah dimanfaatkan oleh pengguna data, maka disusunlah Pedoman Ringkas Web Diseminasi Hasil SP2010 yang

sekaligus berguna sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat.

Kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya website diseminasi hasil SP2010 ini dengan baik, disampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya. Semoga kehadiran website ini akan mendorong pemanfaatan statistik di berbagai kalangan masyarakat, sehingga dapat membantu upaya mencerdaskan bangsa.

Jakarta, Oktober 2011

Kepala BPS RI

Dr. Rusman Heriawan

2

3

Pendahuluan

Sensus penduduk adalah keseluruhan proses pengumpulan, pengolahan, penyusunan, dan penerbitan data demografi, ekonomi, dan sosial yang menyangkut semua penduduk/orang pada waktu tertentu di suatu negara atau suatu wilayah. Sensus penduduk di Indonesia biasa disebut pencacahan penduduk, yaitu pengumpulan data/informasi yang dilakukan terhadap seluruh penduduk yang tinggal di wilayah teritorial Indonesia. Data yang dikumpulkan antara lain: nama, umur, jenis kelamin, pendidikan, agama, kewarganegaraan, pekerjaan, dan tempat lahir. Hasilnya adalah data jumlah penduduk beserta karakteristiknya, yang sangat berguna sebagai bahan perencanaan, monitoring, dan evaluasi pembangunan. SP2010 dapat memberikan gambaran secara aktual mengenai kondisi penduduk, perumahan, pendidikan, dan ketenagakerjaan sampai wilayah administrasi terkecil.

Sejak Indonesia merdeka, sensus penduduk telah dilakukan sebanyak lima kali, yaitu pada tahun 1961, 1971, 1980, 1990, dan 2000. Sensus Penduduk tahun 2010 (SP2010) merupakan sensus penduduk yang keenam.

SP2010 merupakan kegiatan besar yang terdiri dari rangkaian tahapan kegiatan yang diawali dengan perencanaan, persiapan, pengumpulan data, pengolahan data dan penyajian data, serta analisis data. Tahapan kegiatan SP2010 sudah sampai dengan penyajian data, untuk itu Direktorat Diseminasi Statistik berusaha untuk memberikan penyajian berupa diseminasi hasil SP2010 dengan tampilan dan navigasi yang ramah pengguna (user friendly).

Informasi yang lengkap, rinci, akurat, tepat waktu, dan mudah diakses tentang hasil SP2010 merupakan bahan yang sangat diperlukan pemerintah untuk merencanakan, melaksanakan, memantau, dan mengevaluasi program-program pembangunan terutama yang terkait dengan kependudukan, perumahan, pendidikan, dan ketenagakerjaan. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, penyajian informasi harus dibangun dan dikembangkan dalam sebuah sistem informasi yang terpadu, mudah, dan komprehensif. Oleh karena itu, Direktorat Diseminasi Statistik membuat dan mengembangkan website diseminasi hasil SP2010 dengan alamat http://sp2010.bps.go.id.

4

Sekilas Tentang Aplikasi Website Diseminasi Hasil SP2010

Perencanaan pembangunan bidang kependudukan, perumahan, pendidikan, dan ketenagakerjaan sangat memerlukan dukungan data yang tepat waktu dan akurat. Pada dasarnya, hasil SP2010 telah dapat menjawab permasalahan perencanaan tersebut yaitu dengan telah selesainya pengolahan data SP2010. Dan agar data hasil SP2010 dapat disajikan dengan cepat, tepat, dan akurat maka perlu disusun suatu aplikasi yang dapat memudahkan pengguna data.

Perkembangan teknologi informasi memungkinkan untuk dapat melakukan akses data dengan cepat, tepat, dan akurat, baik antar daerah maupun lintas wilayah. Selain itu, kemajuan teknologi informasi juga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembangunan bidang kependudukan, perumahan, pendidikan, dan ketenagakerjaan. Sementara itu, akses data antar wilayah tersebut berguna bagi perencanaan di tingkat daerah maupun nasional. Guna memenuhi kebutuhan data dan informasi bagi perencanaan pembangunan bidang kependudukan, perumahan, pendidikan, dan ketenagakerjaan diperlukan adanya aplikasi yang dapat membantu pemangku kepentingan. Aplikasi yang dikemas dalam website diseminasi hasil SP2010 merupakan aplikasi yang diharapkan ramah pengguna (user friendly). Apilkasi website diseminasi hasil SP2010 disusun dengan menggunakan sistem pemrograman PHP dengan database MySQL.

Content Diseminasi Hasil SP2010

Aplikasi website diseminasi hasil SP2010 disajikan dalam 2 (dua) bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Inggris. Dan fitur-fitur yang disajikan dibuat sedemikian rupa agar tidak membingungkan pengguna data dan diharapkan user friendly.

Page (halaman) aplikasi website diseminasi hasil SP2010 terdiri atas: (1) SP2010; (2) Wilayah; (3) Topik; (4) Pencarian Data; (5) Metadata; (6) Galeri; (7) Publikasi; dan (8) Glosarium. Selain itu, pada aplikasi ini juga dihubungkan ke website BPS RI yaitu www.bps.go.id, juga sebaliknya dari website BPS RI ke http://sp2010.bps.go.id, seperti terlihat pada gambar berikut:

Gambar 1 Aplikasi Website Diseminasi Hasil SP2010

Website BPS

Page

bahasaa

Page

5

Secara umum, contents website Diseminasi Hasil SP2010 berupa data hasil SP2010 yang dituangkan dalam tabel, grafik, peta, dan lainnya yang disajikan berdasarkan wilayah, topik, ataupun berdasarkan pencarian data dan perbandingan indikator antar wilayah di Indonesia. Serta informasi lain berupa metadata kegiatan sensus penduduk; galeri perjalanan kegiatan SP2010 mulai dari pelatihan petugas, pelaksanaan lapangan dan pengolahan data; publikasi yang diterbitkan; serta glosarium berupa istilah dan arti dari istilah variabel/indikator, peralatan, lokasi dan lainnya pada kegiatan SP2010.

Lebih rinci website Diseminasi Hasil SP2010 disajikan sebagai berikut: ● Data Level Nasional, di dalamnya terdapat:

● Highlights ● Quick Facts ● Pyramid ● Peta ● Tabel per Topik ● Topik (terdiri atas 9 topik yaitu: Jumlah dan distribusi penduduk, Famili

dan struktur rumah tangga, Kelahiran, Kematian, Migrasi, Pendidikan, Ketenagakerjaan, Perumahan, dan Kesejahteraan sosial), yang masing-masing topik memiliki:

● Highlights ● Quick Facts ● Peta ● Metadata ● Galeri ● Publikasi ● Glosarium

● Data Level Provinsi/Kabupaten/Kota, terdapat:

● Highlights ● Quick Facts ● Pyramid ● Peta ● Tabel per Topik

Fitur Aplikasi

Pada gambar 2, page aplikasi memiliki beberapa fitur, yaitu:

1. SP2010

Page ini memberikan informasi tentang kondisi data hasil SP2010 yang

disajikan dalam highlights, quick facts, pyramid, peta, dan tabel.

- Highlights

Berisi informasi-informasi penting tentang hasil SP2010

- Quick Facts

Fakta angka-angka penting dan menarik dari SP2010

6

MouseOver Quick Facts Definisi ringkas tentang fakta angka-angka penting dan menarik dari SP2010

- Browse by

Pengunjung web dapat menelusuri berdasarkan wilayah atau topik atau

pencarian data

- Pyramid

Grafik atau piramida penduduk hasil SP2010

- Quick Map View

Visualisasi variabel atau indikator penting dengan peta

- Quick Jump Links

Link-link penting yang memudahkan pengunjung beralih ke topik lain atau

wilayah lain

- Share It

Memudahkan pengunjung untuk men-share website ke jejaring sosial atau

ke bookmark

Gambar 2 Fitur page SP2010 Aplikasi Website Diseminasi Hasil SP2010

Highlights

MouseOver Quick Facts

Quick Facts

Browse by

Share it

7

Gambar 2 Fitur page SP2010 Aplikasi Website Diseminasi Hasil SP2010

(Lanjutan)

Quick Map View

Pyramid

(Grafik)

Quick Jump Links

Share It

Compute

Share It

8

2. Wilayah

Page Wilayah berfungsi untuk mempermudah pengguna data melakukan

penelusuran berdasarkan wilayah yang diinginkan. Di dalam website ini

master wilayah yang digunakan adalah master wilayah untuk penyusunan

klasifikasi urban-rural desa/kelurahan, hanya saja saat ini master wilayah

yang digunakan baru sampai dengan level kabupaten. Apabila nantinya akan

terjadi pengembangan aplikasi sampai dengan level kecamatan ataupun

desa/kelurahan, maka input master kecamatan ataupun desa/kelurahan akan

ditambahkan kemudian. Adapun master wilayah tersebut adalah sebagai

berikut:

- Level provinsi, sebanyak 33 provinsi

- Level kabupaten/kota, sebanyak 497 kabupaten/kota terdiri atas 399

kabupaten dan 98 kota

- Level kecamatan, sebanyak 6.651 kecamatan

- Level desa/kelurahan, sebanyak 77.126 desa/kelurahan

Gambar 3

Page Wilayah Aplikasi Website Diseminasi Hasil SP2010

9

3. Topik

Page Topik berfungsi mempermudah pengguna data melakukan penelusuran

berdasarkan topik yang diinginkan. Di dalam masing-masing topik terdapat

tabel-tabel hasil tabulasi data.

Jumlah topik yang terdapat di website ini sebanyak 9 (sembilan) topik, yaitu:

- Jumlah dan distribusi penduduk

- Kelahiran

- Kematian

- Migrasi

- Pendidikan

- Ketenagakerjaan

- Perumahan

- Kesejahteraan sosial

- Famili dan struktur rumah tangga

Gambar 4

Page Topik Aplikasi Website Diseminasi Hasil SP2010

10

Gambar 5 Tabel pada Masing-Masing Topik di Page Topik Aplikasi

Website Diseminasi Hasil SP2010

4. Pencarian Data

Page Pencarian Data merupakan page keempat yang berfungsi untuk

menelusuri data yang diinginkan. Penelusuran data terbatas hanya pada

penelusuran judul tabel yang dibuat di dalam aplikasi ini, sehingga ketepatan

judul tabel dengan data yang berada di dalam tabelnya menjadi sangat

penting.

Gambar 6 Page Pencarian Data Aplikasi Website Diseminasi Hasil SP2010

11

5. Perbandingan Indikator

Page Perbandingan indikator merupakan page untuk melihat keterbandingan

satu atau lebih indikator di suatu wilayah terhadap wilayah lainnya. Page ini

sangat bermanfaat untuk pijakan arah kebijakan pemerintah khususnya

pemerintah daerah baik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Gambar 7

Page Perbandingan Indikator Aplikasi Website Diseminasi Hasil SP2010

6. Metadata

Page Metadata yang dimaksudkan di dalam website ini adalah metadata

kegiatan, yang berfungsi memberikan informasi tentang kegiatan sensus

penduduk mulai dari SP1961 sampai dengan SP2010. Cakupan dari page

Matadata yaitu:

- Keterangan umum

berisi tentang penjelasan kegiatan sensus penduduk, dasar hukum, waktu

pelaksanaan sensus, hari sensus, dan tujuan

- Organisasi Penyelenggara

berisi tentang penyelenggara dan penanggung jawab kegiatan sensus

penduduk

- Metodologi

12

berisi tentang variabel utama, tipe pengumpulan data, petugas, cakupan

responden, cakupan wilayah, unit analisis, dan metode pengumpulan data

- Diseminasi

berisi tentang data yang tersedia, cara memperoleh data, produk data,

jenis kuesioner, dan level penyajian

Gambar 8

Page Metadata Aplikasi Website Diseminasi Hasil SP2010

7. Galeri

Page Galeri menjadi penting, karena di dalam page ini diberikan informasi

tentang semua dokumentasi dan instrumen yang digunakan selama kegiatan

SP2010, selain itu terdapat gambar-gambar (foto) mulai dari pelatihan sampai

dengan pelaksanaan lapangan.

13

Gambar 9 Page Galeri Aplikasi Website Diseminasi Hasil SP2010

8. Publikasi

Page Publikasi memberikan informasi tentang publikasi-publikasi yang

dihasilkan selama kegiatan SP2010, termasuk tahun penerbitan publikasi,

bahasa yang digunakan dalam publikasi, dan apakah publikasi tersebut

berbayar (PNBP) atau tidak berbayar.

14

Gambar 10 Page Publikasi Aplikasi Website Diseminasi Hasil SP2010

9. Glosarium

Page Glosarium disusun secara alfabetis, untuk memberikan kemudahan

bagi pengguna data ketika mencari penjelasan dari istilah atau variabel atau

indikator yang digunakan pada kegiatan sensus.

Gambar 11

Page Glosarium Aplikasi Website Diseminasi Hasil SP2010

15

10. Manual

Gambar 12 Page Manual Aplikasi Website Diseminasi Hasil SP2010

Page ini merupakan page link ke file Pedoman Ringkas Web Diseminasi

Hasil SP2010 yang berisikan penggunaan aplikasi dan content diseminasi

Hasil SP2010.

Jl. dr. Sutomo No. 6-8 Jakarta 10710Telp. : (021) 3841195, 3842508, 3810291-4, Fax. : (021) 3857046 Homepage : http://www.bps.go.id E-mail : [email protected]