KAL Sementara TCC 2014

7
HIMPUNAN MAHASISWA DIPLOMA TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK SIPIL dan PERENCANAAN INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER Kampus ITS Manyar, Jl. Menur 127 Surabaya 60116 KERANGKA ACUAN LOMBA (KAL) TOWER CONSTRUCTION COMPETITION (TCC) DIPLOMA TEKNIK SIPIL FTSP ITS 2014 BAB I 1.1 Latar Belakang Dewasa ini pembangunan infrastruktur sangat pesat, baik gedung, jembatan, jalan, bendungan, maupun tower dan lain- lain. Semua elemen tersebut adalah karya di bidang teknik sipil. Karena hal tersebutlah HIMA Diploma Teknik Sipil ITS memberi fasilitas berupa serangkaian acara yang disebut D’VILLAGE, di mana salah satu lomba di dalamnya terdapat lomba TCC (Tower Contruction Competition). Acara ini bertujuan untuk menunjang siswa/siswi SMA/SMK/MA se-Jawa-Bali dalam inovasi pembuatan tower dalam nuansa kompetisi yang memperhitungkan kekuatan dan keindahan desain. 1.2 Tujuan 1. Mengenalkan dunia teknik sipil pada siswa SMA/SMK/MA dan sederajat khususnya di bidang konstruksi menara rangka batang. 2. Mengembangkan kreatifitas dan inovasi di bidang konsruksi tower. 3. Mempersiapkan generasi muda yang kreatif untuk membangun Indonesia dalam bidang perencanaan dan konstruksi bangunan khususnya menara. 4. Memperkenalkan kampus Manyar Diploma Teknik Sipil FTSP-ITS kepada masyarakat khususnya siswa SMA/SMK/MA se-Jawa-Bali. 5. Membangun rasa keakraban, kebersamaan, dan solidaritas antar mahasiswa. Bersinergi dalam Teknologi dan Seni

description

a

Transcript of KAL Sementara TCC 2014

HIMPUNAN MAHASISWA DIPLOMA TEKNIK SIPIL

FAKULTAS TEKNIK SIPIL dan PERENCANAAN

INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBERKampus ITS Manyar, Jl. Menur 127 Surabaya 60116

KERANGKA ACUAN LOMBA (KAL)TOWER CONSTRUCTION COMPETITION (TCC) DIPLOMA TEKNIK SIPIL FTSP ITS 2014BAB I

1.1 Latar Belakang

Dewasa ini pembangunan infrastruktur sangat pesat, baik gedung, jembatan, jalan, bendungan, maupun tower dan lain-lain. Semua elemen tersebut adalah karya di bidang teknik sipil. Karena hal tersebutlah HIMA Diploma Teknik Sipil ITS memberi fasilitas berupa serangkaian acara yang disebut DVILLAGE, di mana salah satu lomba di dalamnya terdapat lomba TCC (Tower Contruction Competition). Acara ini bertujuan untuk menunjang siswa/siswi SMA/SMK/MA se-Jawa-Bali dalam inovasi pembuatan tower dalam nuansa kompetisi yang memperhitungkan kekuatan dan keindahan desain.

1.2 Tujuan

1. Mengenalkan dunia teknik sipil pada siswa SMA/SMK/MA dan sederajat khususnya di bidang konstruksi menara rangka batang.2. Mengembangkan kreatifitas dan inovasi di bidang konsruksi tower.

3. Mempersiapkan generasi muda yang kreatif untuk membangun Indonesia dalam bidang perencanaan dan konstruksi bangunan khususnya menara.4. Memperkenalkan kampus Manyar Diploma Teknik Sipil FTSP-ITS kepada masyarakat khususnya siswa SMA/SMK/MA se-Jawa-Bali.

5. Membangun rasa keakraban, kebersamaan, dan solidaritas antar mahasiswa.BAB II

2.1 Tema Lomba

Bersinergi dalam Teknologi dan Seni untuk Indonesia

2.2 Judul Lomba

Tower Construction Competition 2014BAB III

3.1 Waktu Pelaksanaan Lomba

Tower Construction Competition ini akan dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2014.

3.2 Tempat Pelaksanaan Lomba

Tower Construction Competition ini kan dilaksanakan di Kampus Manyar Diploma Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Jalan Menur 127 Surabaya.

BAB IV

4.1 Peserta Lomba

Peserta adalah siswa/siswi SMA/SMK/MA sederajat di seluruh daerah Pulau Jawa dan Bali.

Setiap sekolah diberi kesempatan untuk mengikutsertakan maksimal 6 tim. Satu tim terdiri dari 2 orang

Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000,-. Pendaftaran dapat dilakukan sejak tanggal 7 april 2014 s/d 30 april 2014. Dibayarkan pada panitia secara langsung di lobby kampus ITS Manyar jln . Menur 127 Surabaya pukul 14.00-19.00 WIB (hari senin-jumat) dan 13.00-17.00 WIB (hari sabtu dan minggu). Atau via rekening Bank BNI atas nama Muhsinah Alfi (no.Rekening : 0283087319). Dengan catatan setelah membayar segera melakukan konfirmasi kepada panitia, via sms CP (Risas : 085645686277) dengan format : nama lengkap (nama pengirim), nama sekolah, nominal yang disetorkan, dan waktu pembayaran dilakukan. Bukti pembayaran wajib disimpan untuk ditunjukan pada waktu registrasi.

Mengisi lembar formulir pendaftaran dengan lengkap, dapat dengan cara online atau offline. Secara offline, pengambilan formulir pendaftaran dapat dilakukan di lobby kampus Diploma Teknik sipil, kampus Manyar-ITS ( jalan Menur 127 Surabaya), dan pada saat undangan yang disampaikan pada sekolah. Sedangkan pendaftaran secara online bisa di lakukan di website resmi DVillage 2014 (http://dvillageits.blogspot.com). Selain itu peserta juga diharuskan melengkapi administrasi yaitu : Surat rekomendasi atau surat pengantar yang telah dilegalisir oleh sekolah masing-masing.

Pas foto berwarna dan berseragam ukuran 4x6 dan 3x4 masing-masing 2 lembar untuk tiap anggota tim.

Fotocopy kartu pelajar utnuk tiap anggota tim sebanyak 2 lembar serta menunjukkan yang asli saat registrasi (kartu pelajar yang masih berlaku).

Peserta diwajibkan memakai seragam sekolah ketika mengikuti perlombaan.

Peserta wajib datang 30 menit sebelum acara dimulai. Peserta wajib mengetahui peraturan yang ditentukan oleh panitia.

Peserta wajib mematuhi peraturan yang ditentukan panitia.

Peserta wajib memakai ID card (disediakan oleh panitia) yang akan diberikan pada saat registrasi.

Seluruh peserta wajib hadir pada saat pengujian beban (konsekuensi diskualifikasi). Mengikuti Technical Meeting (TM) sesuai dengan yang telah ditentukan panitia ( Sabtu, 3 Mei 2014), pukul 08.00-11.00 WIB, Tempat : Kampus ITS Manyar Jalan Menur 127, surabaya (Ruang Audio Visual). Konsekuensi jika tidak mengikuti technical meeting harus menerima segala hal yang bersangkutan tentang perubahan sebagian informasi kegiatan yang disampaikan saat technical meeting. Sedangkan, pengambilan nomer tim bagi peserta yang tidak menghadiri TM, akan dilakukan oleh panitia acara. Untuk informasi selengkapnya, peserta dapat mengakses video technical meeting dan pengumuman pengundian nomer kelompok di website resmi DVillage 2014. Contact person :

Habibil

: 085790250290Risas

: 085645686277Aris

: 085655251110Facebook: DVillage 2014Twitter

: @dvillage_ITSWebsite: http://dvillageits.blogspot.comBAB V

5.1 Bahan Lomba

Untuk bahan lomba akan disediakan oleh panitia Tower Construction Competition untuk masing-masing tim.

a. Stick ice cream400 buah Dengan tebal stick 3 mm

b. Tusuk sate

35 buahDengan diameter 2 mm

c. Lem G

3 buah

Gambar : Contoh Towerd. Lem Rajawali

1/4 bungkus (300 gram)5.2 Alat Lomba Alat-alat yang harus dibawa oleh peserta saat Technical Meeting Tower Construction Competition dilaksanakan adalah sebagai berikut. Alat tulis dan kerja

Kuas ukuran sesuai kebutuhan (bebas)

Silet/cutter maksimal 2 buah

Gunting maksimal 2 buah Hairdryer 2 buah

Kabel olor

Bor kecil (jika diperlukan) Klip Boleh membawa sketsa gambarBAB VI

6.1 Kriteria Pembuatan Tower

a. Tinggi tower 1 meter dengan toleransi 1 cmb. Jumlah kaki minimal 3 c. Lebar atas tower 15 cm dengan toleransi 1 cmd. Lebar bawah tower 25 cm dengan toleransi 1 cmBAB VII7.1 Sistem Penilaian Total akumulasi penilaian sebesar 100% Adapun perincian penilaiannya sebagai berikut.a. Beban pengujian tower

35%

b. Artistik

5%

c. Kebersihan (tempat kerja dan Tower)

5%

d. Efisiensi bahan

35%

e. Demensi tower

20%

Bersinergi dalam Teknologi dan Seni