k10-Industri Batu Mulia

download k10-Industri Batu Mulia

of 34

  • date post

    02-Mar-2018
  • Category

    Documents

  • view

    223
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of k10-Industri Batu Mulia

  • 7/26/2019 k10-Industri Batu Mulia

    1/34

    PEMANFAATAN SUMBERDAYA MINERAL

    & ENERGITKP 492114

    K10-INDUSTRI BATU MULIA

    DOSEN ENGASUH : Ir.A. Ra!a"# MS

    Ir. M$%&a'# MS

    FAKULTAS TEKNIK UNI(ERSITAS SRI)I*AYA

    *URUSAN TEKNIK PERTAMBANGAN

    2014

  • 7/26/2019 k10-Industri Batu Mulia

    2/34

    PENDAHULUAN

    Batu mulia termasuk batu permata dan batu hias atau batuornament, adalah salah satu jenis bahan galian industri yangmempunyai prospek cerah, walaupun ditinjau dari segipengembangannya termasuk baru, namun sebenarnya komoditibahan galian ini telah dikenal sejak zaman dahulu (jaman megalitikatau neolitik). Hal ini disebabkan batu mulia mempunyai arti dan nilaiyang unik, tidak saja ditinjau dari segi keindahan dan kepercayaan(magis).

    Sebenarnya di Indonesia terdapat cukup banyak jenis batu mulia,namun belum di eksplorasi dan di-inventarisasi secara seksama. Hal ini

    disebabkan Pemerintah (dalam hal ini Departemen Pertambangan dannergi! baru pada tahun "#$% membentuk satuan tugas setingkat eselonI& yang tugasnya melaksanakan inventarisasi dan eksplorasi batu mulia diIndonesia, ini tentunya berdasarkan pertimbangan bah'a batu muliamerupakan komoditi yang mempunyai nilai ekonomis, potensi danprospek cerah, seperti intan, opal, kecubung, garnet, krisopras, oniks(bermacam-macam batu akik! serta berbagai jenis batu mulia lainnyadiketahui terdapat di Indonesia. Sampai dimana keberhasilan inventarisasidan eksplorasi batu mulia ini, tergantung para pelaksananya. ontohSebutir batu mulia cukup berharga sering mendorong pelaksanacenderung untuk tidak melaporkan hasil penemuannya.

    Hingga kini di Indonesia belum tercatat adanya suatu )embagaPendidikan *husus +atu mulia, baik ormal maupun non-ormal. Demikianpula halnya dengan asosiasi, baik asosiasi ahli batu mulia, asosiasimasyarakat batu mulia dan asosiasi penggemar batu mulia maupunasosiasi pengrajin batu mulia. )embaga pendidikan dan asosiasi ini perlusegera dirintis agar pengembangan batu mulia di Indonesia dapatterlaksana dengan baik. Sejalan itu perlu pula dibangun atau didirikanlaboratorium batu mulia agar setiap batu mulia yang diperdagangkan ataudijadikan asset dapat di uji dan diberikan sertiikat.

    Batu Mulia (precious stones) sebenarnya mempunyai maknaberbeda dengan Batu Permata (gemstones), dimana,

    ang termasuk +atu ulia adalah +atu Permata dan +atu

    /rnament, dengan kata lain, +atu Permata adalah +atu ulia yang dijadikan atau dibentuk

    menjadi Permata (cincin, kalung, liontin, bros, dan lain-lain!sedangkan,

    +atu /rnament adalah +atu ulia yang hanya dapat dijadikanHiasan (bukan hiasan atau je'el!.

    Secara umum +atu Permata dibedakan menjadi dua, yaitu,

    +atu permata mulia (precious gemstones!, dan

  • 7/26/2019 k10-Industri Batu Mulia

    3/34

    +atu Permata setengah mulia (semi precious gemstones!. Istilah batu aji mengandung makna batu berharga atau mungkin

    juga batu bertuah. Dalam bahasa 0a'a aji atau pengaji artinyaberharga, sedangkan aji atau aji-aji artinya a1imat atau sakti.

    ontoh +atu mulia yang termasuk batu permata mulia (precious

    gemstones! sangat terbatas, yaitu Intan, *orundum (merah 2 rubidan biru 2 sair!, +eril (hijau 2 emerald dan biru laut 2 akuamarin!dan krisoberil (3leksandrit!.

    ontoh +atu mulia yang termasuk kelompok batu permatasetengah mulia cukup banyak, antara lain, 4eldspar (batu bulandan ama1onite!, 5arnet (pirop!, 0ade (baik nerit maupun jadeit,yang tergolong mineral piroksin!, olivine (peridot!, kuarsa (ametis,

    sitrin, karnelian, opal dan agat!, spinel, topas, turmalin, tur6oas dan1ircon. Sebenarnya pengelompokkan tersebut termasuk klasik, karena

    opal kini telah dimasukkan ke dalam kelompok batu permata mulia.Disamping masih banyak jenis mineral dan batuan yang mungkindapat digolongkan batu permata setengah mulia. eskipun kurangbaik namun banyak dibuat permata karena keindahannya. 0enis inimungkin tepat dikelompokkan ke dalam batu hias karena hanyauntuk koleksi.

    !M! "H#$#$ B!%# P&'M!%!

    NAMA MINERAL NAMA BATU PERMATA NAMA KHUSUS/JULUKAN

    KORUNDUM Biru (Sapir)

    Merah (Rubi)

    Nilam

    Mirah/mirah elima

    BERIL

    Biru Lau! (A"uamari#)

    Hi$au (Emeral)

    Biuri !%&a' Ba!u #ep!u#u'

    Ai De*a Ru+i Jamru

    KRISOBERIL

    Hi$au (Alea#ril)

    Lai# im%,a#

    Ba!u ele#ri!

    Biuri pa#+a# *ulu#-' Biuri

    a#--ur' Ai S%luir%'Biuri Pa#a# u!era ll

    KUARSA

    KRISTAL

    U#-u (Ame!i)

    Ku#i#- (Si!ri#)

    Be#i#- (R%+ .r&!al)

    Ke+ubu#- Aiha#

    Ki#&a#- .empaa' Biuri

    Ke#+a#a Ki#&a#- E

    KUARSA KRPTOKRISTALIN

    Merah (Kar#eli#)

    Hi$au (Kri%pra)

    Pu!ih berlapi (Kale%#)

    Berlapi ua *ar#a

    (O#i (a-a!e) Ber*ar#a !ia berlapi

    (Japer)

    Ai Ke#i!

    Biuri Lumu!

    Berma+amma+am Nama

    Berma+amma+am Nama

    Berma+amma+am Nama

    KUARSA AMOR0 1ula#i (Obiia#)

    Dia-e#e!i (Opal)

    Airma!a I#ia#

    Kalima&a' Pela#-i

  • 7/26/2019 k10-Industri Batu Mulia

    4/34

    7ama mineral atau batuan, nama batu permata atau permata dannama perdangangan serta julukan atau nama setempat sering

    membingungkan bagi orang yang masih a'am. Di ba'ah ini disebutkanbeberapa contoh dari jenis mineral atau batuan yang dapat melahirkanbeberapa nama khusus atau julukan batu permata atau permata.

    7ama khusus atau julukan tersebut umumnya muncul berdasarkan'arna, tekstur atau moti (pattern! dan ciri-ciri khusus lainnya. Disampingnama khusus juga lahir karena kepercayaan suatu bangsa atau daerah.8ak jarang kita jumpai batu permata sama mempunyai nama khusus ataujulukan berbeda di satu daerah dengan daerah yang lain.

    $&!'!H B!%# M#*!

    *apan sebenarnya untuk pertama kali manusia mengenal batu muliaatau batu permata9 0a'abnya sulit dinyatakan dengan angka tahun,karena di 3sia dan ropa, sejak ".::: tahun yang lalu, orang sudahmengenal batu mulia (berdasarkan penemuan sejarah!. 0adi sebenarnyasejak manusia untuk pertama kalinya mengenal batu, sejak itu merekamengenal batu mulia. Dengan kata lain batu mulia dikenal oleh manusiasejak 1aman neolitik atau manusia neolitiklah.

    ungkin batu mulia dikenal pertama kali karena siat kekerasannya,sehingga dapat digunakan sebagai alat pemotong atau senjata. *emudianmereka juga mengetahui bah'a sebagian batu mulia, yang umumnya darijenis kuarsa atau agate, bila berbenturan dapat memercikkan api dandapat membakar benda kering disekitarnya. ungkin dari siat-siat inilahtimbul kepercayaan bah'a +atu ulia itu sakti karena dapatmengeluarkan api dan juga dapat digunakan untuk memotong benda lain.

    ;ntuk menjaga agar benda sakti tersebut tidak tercecer, ketinggalanatau agar dapat digunakan se'aktu-'aktu, maka selalu diba'a-ba'akemana mereka pergi. 3pabila selalu dipegang tentunya gerakan tangantidak leluasa, sehingga diikat, baik sebagai sabuk (ikat pinggang! ataukalung. 0adilah benda tersebut perhiasan, disamping sebagai senjata danjimat (benda sakti!. ungkin dari sinilah a'al +atu ulia dibuat ataudijadikan perhiasan atau permata yang sekaligus juga sebagai jimat.

    Sudah barang tentu pada a'alnya batu yang diikat sebagai kalungatau ikat pinggang tidak dalam bentuk aslinya, mungkin sudah dipertajamsebagian sisi atau sudutnya (buat senjata!. 0elas bila mereka menemukanbatuan yang besar dan berat tidak mungkin memba'anya kemanamereka pergi. eskipun manusia purba itu termasuk primiti (bodoh!,namun mereka juga punya akal, batu yang berat dan besar tersebutdipecah atau diperkecil sehingga memungkinkan untuk diba'a ke mana-mana agar dapat digunakan se'aktu-'aktu.

  • 7/26/2019 k10-Industri Batu Mulia

    5/34

    Sebagaimana diketahui (sekarang! bah'a batuan atau mineralmempunyai bidang belah atau kadang-kadang berlapisan, sehingga pada

    'aktu diperkecil atau pecah menimbulkan bentuk-bentuk aneh. Sebagaimanusia, meskipun termasuk manusia purba atau primiti. erekatentunya memiliki rasa keindahan, sehingga 'aktu mereka memecah batujuga membuat bentuk-bentuk yang aneh yang sesuai dengan selera.ungkin dari sinilah titik a'al dimulainya kerajaan batu mulia ataulapidarist. 0adi kesimpulannya seseorang sebagai gemologist danlapidarist sebenarnya berguru kepada manusia purba atau manusianeolitik.

    Berbicara bagaimana manusia menilai batu mulia yang lebihbanyak dititik beratkan kepada rasa, selera, kepercayaan dan

    mungkin juga kelebihan uang, beberapa contoh di bawah inimungkin dapat diterima sebagai gambaran nyata.

    3da orang yang bersedia menukar merah delima sebesar kacang

    tanah dengan mobil bebby ben1 (kepercayaan dan kelebihanuang!.

  • 7/26/2019 k10-Industri Batu Mulia

    6/34

    8ahun "#$B di 3ustralia sebutir intan yang berharga = ".::: naikmenjadi = "B.::: pada tahun "#C#.

    8ahun "#C>, pernah terjadi lelang kalung dengan mute (bead! >"butir jade (giok! ber'arna hijau muda (imperial green! masing-masing sebesar buah anggur harganya mencapai "%[email protected]%: ataukira-kira

  • 7/26/2019 k10-Industri Batu Mulia

    7/34

    Seorang gemologist tidak segera dapat membedakan mana permataasli (alami! dan mana yang sintetis, karena pada prinsipnya kedua batu

    permata ini mempunyai siat kimia dan isik yang sama. +edanya hanyaterletak pada isi gelembung di dalamnya. ang dalam istilah gemologitersebut sebagai ginger ptinte (sidik jari). *ita tidak mungkin untukmenemukan dua butir permata atau batu permata yang sama, meskipundibentuk atau diambil dari satu kristal yang sama. Di sinilah sebenarnyaletak peran seorang gemologist dalam membuat sertiikat.

    +atu permata imitasi paling mudah dikenal dan diuji dengan carasangat sederhana, misalnya digores, dibakar, ditetesi dengan asam ataularutan kimia lain dan sebagainya. +atu permat