Jutaan Orang Padati Vatikan Mubarak Menderita Depresi dan drama musikal ... salah satu misteri...

Jutaan Orang Padati Vatikan Mubarak Menderita Depresi dan drama musikal ... salah satu misteri cryptozoology
download Jutaan Orang Padati Vatikan Mubarak Menderita Depresi dan drama musikal ... salah satu misteri cryptozoology

of 1

  • date post

    08-May-2019
  • Category

    Documents

  • view

    212
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Jutaan Orang Padati Vatikan Mubarak Menderita Depresi dan drama musikal ... salah satu misteri...

1613 Wangsa Romanov Berkuasa di RusiaKEKUASAAN Wangsa Romanov dimulai dengan diangkatnya Mikhail Romanov sebagai Tsar Rusia. Nenek moyang mereka adalah Andrei Kobyla. Generasi-generasi berikutnya kemudian diyakini sebagai leluhur terkemuka. Mereka diyakini datang ke Moskow dari Prusia pada 1341 ketika menjadi pemberontak yang terkenal. Di akhir abad ke-17, alur fiktif yang mengatakan mereka

keturunan Julius Caesar disebarluaskan. Setelah Fyodor I, raja terakhir Wangsa Rurik meninggal pada 1598. Rurik mengalami 15 tahun masa chaos (kekacauan) yang berakhir ketika para anggota dewan tanah memilih Mikhail Romanov sebagai Tsar baru. Wangsa Romanov adalah wangsa kedua dan terakhir di Rusia yang menguasai Muskovia dan kekaisaran Rusia selama lima generasi dari 1613-1762. Mulai 1762 hingga 1917 Rusia dikuasai gabungan penguasa dari Wangsa Romanov dan Wangsa Oldenburg, yang dikenal sebagai Holstein-Gottorp-Romanov. Kekuasaan Wangsa Romanov berakhir tragis ketika terjadi Revolusi Bolsevik pada Oktober 1917. Tsar terakhir dari Dinasti Romanov, Nicholas II beserta keluarganya, dihukum mati. Rezim sosialis pun kemudian berkuasa di Rusia.

1932 Siaran Pertama Jack BennyKOMEDIAN, aktor film, serta bintang radio dan televisi asal Amerika Serikat, Jack Benny, melakukan siaran pertamanya di radio pada 2 Mei 1932. Acara pertama itu merupakan acara pribadinya yang bernama The Jack Benny Program. Acara itu merupakan sebuah program radio mingguan di NBC. Karakter Benny di berbagai acara selalu menjadi dirinya sendiri, termasuk dalam acara itu. The Jack Benny Program merupakan sebuah variety show yang menggabungkan sketsa komedi dan drama musikal menjadi sebuah komedi situasi yang dikenal sekarang. Jack

Benny meninggal pada 1974, di usianya yang ke-80, karena penyakit yang dideritanya.

1933 Monster Loch Ness Muncul

MONSTER Loch Ness, yang terkadang disebut nessie (berasal dari bahasa Skotlandia, niseag) merupakan hewan misterius yang belum dapat diidentifikasi atau sekelompok hewan yang dianggap mendiami sebuah danau di Skotlandia, Danau Ness atau Loch Ness, danau air tawar dengan volume air terbesar di Inggris. Nessie merupakan salah satu misteri cryptozoology yang sangat terkenal, sama seperti bigfoot dan yeti. Sebagian besar ilmuwan dan ahli merasa bukti-bukti yang mendukung keberadaan Nessie tidak cukup memadai. Laporan-laporan penampakan mereka pun dianggap hoax atau salah identifikasi. Walaupun begitu, masih banyak orang yang menganggap hewan itu benar-benar ada. Teori yang paling populer menganggap Nessie sebagai seekor Plesiosaur, reptil air berleher panjang yang kini sudah punah.

1986 World Expo 86PAMERAN Dunia 1986 tentang Transportasi dan Komunikasi atau singkatnya Expo 86 diselenggarakan di Vancouver, Kanada, sejak 2 Mei 1986. Pameran itu baru berakhir pada 13 Oktober. Expo 86 mengambil tema Transportasi dan komunikasi: dunia yang bergerak-dunia dalam sentuhan. Acara tersebut bertepatan dengan hari jadi ke-100 Kota Vancouver

dan diadakan di pantai utara False Creek. Pelaksanaan acara itu bermula pada 1978. Ketika itu Sam Bawlf, Menteri Rekretasi dan Konservasi British Columbia, mengusulkan sebuah pameran akbar untuk merayakan hari jadi ke-100 kota Vancouver. Usul itu diajukan pada Juni 1979 untuk menyelenggarakan sebuah pameran yang akan dinamai Transpo 86. Pada 1980, Parlemen British Columbia menyetujui Akta Korporasi Transpo 86, yang membuka jalan untuk diselenggarakannya pameran tersebut. Namanya secara resmi diubah menjadi Expo 86 oleh Duta Besar dan Komisaris Jenderal British Columbia Patrick Reid pada Oktober 1981. Itu adalah kali kedua Kanada menyelenggarakan pameran dunia. Pameran pertama adalah Expo 67 yang diadakan di Montreal, bertepatan dengan hari jadi ke-100 Kanada. Expo 67 merupakan pameran dunia yang paling sukses dalam sejarah. Pameran tersebut dihadiri 50 juta orang, sedangkan penduduk Kanada saat itu baru berjumlah 20 juta orang.

Sumber : Wikipedia | BBC | Tim Riset MI

SEDIKITNYA sejuta o-rang memadati alun-alun Basilika Santo Petrus di Va tikan, Roma, kemarin, guna menghadiri upacara beatifi kasi terhadap mendiang Paus Yo-hanes Paulus II. Paus Benedik-tus XVI yang memimpin upa-cara tersebut mengumumkan status Yohanes Paulus II sebagai yang teberkati beberapa saat setelah memulai misa.

Dia (Yohanes Paulus II) me ngembalikan wajah sejati kekristenan sebagai agama yang penuh pengharapan, ujar sang paus dalam khotbahnya. Men-diang, sambung Benediktus XVI, memiliki iman, keberanian,

dan kekuatan luar biasa dari Tuhan.

Aparat kepolisian Roma, se jumlah pejabat pemerintah Italia, dan pejabat Vatikan mem-perkirakan massa yang meng-hadiri misa mencapai lebih dari sejuta insan. Sebagian besar dari mereka berada di alun-alun Basilika, sedangkan ratusan ribu lainnya memadati jalan-jalan di sekitar Vatikan. Mereka dapat mengikuti misa dengan bantuan 14 televisi berukuran raksasa yang dipasang di beberapa titik strategis.

Salah seorang di antara keru-munan massa adalah Anne Honiball, 48, yang datang dari

Worthing, Inggris. Dia mengaku kehilangan kesempatan untuk melihat pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton lantaran bertolak ke Vatikan un-tuk mengikuti misa. Yohanes Paulus adalah orang yang luar biasa dan merupakan suatu keistimewaan berada di sini, kata Honiball seraya mengibar-kan bendera Union Jack beruku-ran kecil.

Selain rakyat awam, ada so sok terkenal di misa terse-but. Pangeran Felipe dan Putri Letizia dari Spanyol tampak hadir bersama dengan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi, mantan Presiden Polandia Lech

Walesa, dan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe. Mendiang telah pergi ke seluruh penjuru dunia. Kini kami yang datang untuk dia, kata Uskup Jean Zerbo dari Bamako, Mali.

Dalam tradisi Katolik, be-atifi kasi merupakan fase ketiga dari empat tahap untuk seorang yang sudah meninggal dunia di-jadikan santo atau santa. Proses beatifi kasi bagi Yohanes Paulus II tergolong cepat, mengingat proses tersebut langsung di-mulai beberapa pekan sesudah kematiannya pada 2 April 2005. Biasanya proses beatifi kasi baru dimulai lima tahun setelah ke-matian. (AP/I-5)

ON THIS DAY

SENIN, 2 MEI 2011 11JAGATTakhta Suci Vatikan18.06 WIB

Jutaan Orang Padati Vatikan

REUTERS/STEFANO RELLANDINI

MISA KHUSUS:Lebih dari sejuta insan memadati alun-alun Basilika Santo Petrus, kemarin, guna mengikuti misa khusus terkait upaya menjadikan mendiang Paus Yohanes Paulus II sebagai santo. Mubarak telah

menderita depresi selama tiga hari terakhir. Namun, dia bersikeras menolak setiap pemeriksaan ahli psikoterapi.

AP

Moskow, Rusia15.35 WIB

SEJUMLAH partai politik pro-Kremlin dan serikat-serikat bu-ruh menggelar aksi yang diikuti ribuan orang di beberapa jalan utama Kota Moskow pada Hari Buruh, kemarin. Massa yang membawa balon serta bendera berwarna biru dan merah ber-kumpul sambil menari, seraya menyerukan slogan-slogan era Uni Soviet. Itu mengingatkan pada era Soviet, ketika Hari Bu-ruh menjadi salah satu dari hari libur nasional kendati di Rusia pada 1 Mei diperingati sebagai

Hari Musim Semi. Aksi tersebut digelar menje-

lang pemilihan parlemen pada Desember 2011 yang disusul dengan pemilihan presiden pada Maret 2012. Itu merupakan satu kesempatan bagi partai-partai politik pro-Kremlin untuk me-nunjukkan dukungan kepada Presiden Dmitry Medvedev dan Perdana Menteri Vladimir Putin, mengingat kedua fi gur itu besar kemungkinan akan men-calonkan diri dalam pemilihan mendatang.

Unjuk Rasa Pro-Kremlin di Hari Buruh

AP PHOTO/ALEXANDER ZEMLIANICHENKO

Kairo, Mesir15.05 WIB

MubarakMenderitaDepresi

MANTAN pemimpin Mesir Hosni Mubarak menderita de presi di tengah kondisinya yang sedang sakit. Hal itu diungkapkan seorang dokter Rumah Sakit Internasional Sharm el-Sheikh kepada ming-guan Al-Ahram, kemarin. Sang dokter, yang menolak naman-ya disebutkan itu, menyata-kan Mubarak telah menderita depresi selama tiga hari ter-akhir. Namun, dia bersikeras menolak setiap pemeriksaan ahli psikoterapi.

Sumber-sumber di rumah sa-kit tersebut mengaku, Mubarak kehilangan berat badan secara signifi kan sejak dia dirawat di rumah sakit. Karena itu, sa-ngat riskan untuk memindah-kan Mubarak ke Rumah Sakit Mazraa di penjara Taurat.

Sebelumnya, sepekan lalu, jaksa penuntut umum Mesir memerintahkan pemindahan Mubarak ke rumah sakit penja-ra di ibu kota Kairo, berkaitan dengan pemeriksaan pria ber-usia 82 tahun itu atas tuduhan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.

Mubarak memang sedang diselidiki atas kematian ratus-an demonstran selama 18 hari aksi unjuk rasa yang memak-sanya turun dari kekuasaan pa da pertengahan Februari lalu. Dia pun di bawah peng-awasan dugaan penyalahgu-naan kekuasaan selama 30 tahun memerintah, termasuk ekspor gas ke Israel dalam kesepakatan rahasia dengan harga US$714 juta.

Mubarak telah ditahan di sebuah rumah sakit di Sharm el-Sheikh, tempat dia dirawat karena masalah jantung. Man-tan pemimpin Mesir tersebut telah bersembunyi di kota pesisir Laut Merah itu sejak dilengserkan. (Ant/I-5)

Alabama, AS16.00 WIB

Pencarian Korban Badai Berlangsung

SEBANYAK tiga warga sipil yang terjebak di lantai dasar sebuah rumah yang tertimbun puing akibat terjangan tornado sepekan lalu di Alabama, Ame-rika Serikat, dikeluarkan pada Sabtu (30/4) waktu setempat.

Tiga orang telah terjebak di lantai dasar di Concord, Ala-bama, dan diselamatkan hari ini, kata Mark Kelley, juru bicara Jefferson County Emergency Management Agency.

Berdasarkan pantauan surat kabar setempat, sedikitnya 306 orang tewas akibat badai maut di bagian selatan Amerika Seri-kat itu. Negara Bagian Alabama adalah kawasan yang paling parah terkena dampak. Paling tidak ada 61 orang yang dike-tahui tewas. Tornado kuat juga menerjang Kota Tuscaloos