Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA) Ilmiah Komputer dan Informatika ... kecepatan akses...

download Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA) Ilmiah Komputer dan Informatika ... kecepatan akses yang tinggi dan ... Transformasi ER-Diagram ke Logical Record Structure Asisten

If you can't read please download the document

  • date post

    06-Feb-2018
  • Category

    Documents

  • view

    217
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA) Ilmiah Komputer dan Informatika ... kecepatan akses...

  • Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA)19

    Vol. 5, No. 1, Maret 2016, ISSN : 2089-9033

    SIMULASI MONITORING DOSEN MENGGUNAKAN SWITCH PUSHON PADA LABORATORIUM KOMPUTER UNIVERSITAS BUDI

    LUHUR

    Mepa Kurniasih1, Achmad Ardiansyah2Universitas Budi Luhur

    Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta SelatanE-mail : mepa.kurnia@gmail.com1, ahd.ardiansyah@gmail.com2

    ABSTRAK

    Asistensi merupakan pelayanan dari Asistenkepada dosen yang sedang mengajar diLaboratorium Komputer Universitas Budi Luhur.dibutuhkan suatu aplikasi yang bertujuan membuatasistensi dapat berjalan dengan efektif danmenimbulkan rasa kenyamanan bagi dosen yangsedang mengajar. Simulasi monitoring dosenmenggunakan switch push on dapat dimanfaatkanuntuk monitoring dosen yang sedang mengajar.Simulasi Monitoring Dosen ini terdapat beberapabagian yaitu rangkaian elektronika yang berupaswitch push on, display, lampu dan lubang kartuyang didalamnya terdapat sensor. Autentifikasi yangmenggunakan kartu telah terpasang sensorFotodioda untuk memberikan respon terhadap inidibuat menggunakan bahasa pemrograman Java danuntuk menghubungan antara interface dengankomputer digunakan pararel port dengan kabel dataDB-25, serta menggunakan database MySQL.Manfaat dari Simulasi Monitoring Dosenmenggunakan switch push on yaitu, asisten lebihmudah untuk memantau dosen di dalam ruanganyang memerlukan bantuan. Dengan adanya laporandan grafik tersebut, diharapkan dapat menjadi buktidari kinerja sebuah Laboratorium KomputerUniversitas Budi Luhur pada saat audit berlangsung.

    Kata kunci : switch push on, Monitoring,Pelayanan, elektronika, sensor

    1. PENDAHULUANLaboratorium Komputer Universitas Budi Luhur

    (LABKOM UBL) merupakan unit pelaksana teknisyang mendukung tridarma perguruan tinggi dalambidang komputer, untuk penunjang perkulihaan,perbaikan dan pemeliharaan komputer (baikhardware maupun sofware). ukuran font, besarspasi, jarak indent, dan lain sebagainya. Pada saat inidi Laboratorium Komputer Universitas Budi Luhur,asisten yang mempunyai jadwal asistensi harusstandby di ruang asisten sehingga dapat menolongdosen yang sedang mengajar di ruanganlaboratorium. Hal tersebut membuat asisten merasakesulitan untuk mengetahui keberadaan dosen di

    dalam ruangan yang sangat membutuhkan bantuanasisten. Bukan hanya asisten saja yang merasakankesulitan tetapi dosen juga akan merasakan kesulitankarena setiap dosen memerlukan bantuan, dosenharus ke ruang asisten. Pada penelitian ini penulisakan membuat yang berjudul Simulasi MonitoringDosen Menggunakan Switch Push On padaLaboratorium Komputer Universitas Budi Luhur.Dengan dibuatnya Simulasi Monitoring Dosen,maka asisten dapat mengetahui dosen di dalamruangan yang memerlukan bantuan dengan dosenmenekan switch push on yang terpasang di ruanganLaboratorium tempat dosen mengajar.

    Batasan MasalahDalam Penelitian ini pembahasan dibatasi pada

    masalah hanya membuat untuk 1 ruangan saja. Jikasimulasi ini nantinya akan dikembangkan dan inginmembuat lebih dari 1 ruangan dapat menggunakanmultiplexer. Dosen yang membutuhkan pertolonganasisten terlebih dahulu harus menekan switch pushon. Untuk dapat menggunakan switch push on,lampu yang menandakan dosen mulai mengajarmembutuhkan kartu yg dilengkapi sensor Fotodioda.Simulasi monitoring dosen ini, dibangunmenggunakan bahasa pemrograman Java dan kabeldata DB25. Selain itu dibuat login yang fungsinyauntuk membatasi pengguna dari simulasi monitoringdosen.

    TujuanDengan melihat permasalahan di atas, maka

    dikembangkan perangkat lunak yang dapatmembantu menyelesaikan permasalahan tersebutdengan membuat Simulasi Monitoring Dosen.Adapun tujuan tersebut adalah:a. Mempermudah asisten dan supervisor dalam

    memantau dosen yang membutuhkan bantuanserta membuat asistensi menjadi lebih efektif.

    b. Mempermudah asisten dan supervisor untukmengetahui dosen yang sudah mulai mengajar.

    c. Membuat simulasi yang dapat melihat wakturespon dan hasil waktu asisten saat asistenselesai menolong dosen pada saat prosesmengajar.

  • Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA)20

    Vol. 5, No. 1, Maret 2016, ISSN : 2089-9033

    d. Menumbuhkan kenyamanan dosen pada saatmengajar karena dosen tidak perlu merasakesulitan untuk mencari keberadaan ataumemanggil asisten untuk mengatasi masalahyang terjadi pada ruangan laboratorium.

    e. Dapat memberitahu kepada mahasiswa ruanganyang sedang dipakai dosen pada saat mengajar.

    f. Membuat suatu laporan hasil dari kinerja sebuahLaboratorium Komputer Universitas Budi Luhuryang dapat ditunjukan saat audit berlangsung.

    2. ISI PENELITIAN

    2.1 Port Pararel pada Personal KomputerMenurut Widodo Budiharto & Togu Jefri

    (2007:1) Port Pararel ialah sebuah port 8 bit yangumunya dimiliki pada sebuah PC. Port paralel atauport printer terdiri dari tiga bagian yang masing-masing diberi nama sesuai dengan tugasnya dalammelaksanakan pencetakan pada printer. Tiga bagiantersebut adalah Data Port (DP), Printer Control(PC), dan Printer Status (PS). Dari ketiga bagian diatas masing-masingnya memerlukan tegangansebesar 5 Volt. Ada konektor 25 pin yang dikenaldengan nama DB-25 yang gambarnya dapat dilihatdi bawah ini :

    Gambar 1. Simbol DB-25

    2.2 Elektronika DasarLED (Light Emiting Diode)

    LED adalah singkatan dari Light Emiting Diode,merupakan komponen yang dapat mengeluarkanemisi cahaya. LED dibuat agar lebih efisien jikamengeluarkan cahaya [1].

    RelayRelay adalah saklar yang dikendalikan secara

    elektronik. Arus listrik yang mengalir padakumparan relay akan menciptakan medan magnetyang kemudian akan menarik lengan relay danmengubah posisi saklar, yang sebelumnya terbukamenjadi terhubung. Menurut Widodo Budihartono,S.Si., Mkom dan Sigit Firmansyah (2005:47) Relayberfungsi sebagai saklar yang bekerja berdasarkaninput yang dimilikinya [1].

    SwitchSwitch adalah saklar tekan yang berfungsi untuk

    menghubungkan atau memisahkan bagian-bagiandari suatu instalasi listrik satu sama lain (suatusistem saklar tekan push button terdiri dari saklartekan start. Stop reset dan saklar tekan untuk

    emergency. Switch Push memiliki kontak NC(normally close) dan NO (normally open).

    FotodiodaFotodioda memilikisifat-sifat yang srupa

    dengan dioda biasa, namu sangat sensitive terdapatcahaya. Fotodioda merupakan dioda yang bekerjaberdasarkan intensitas cahaya [2].

    2.3 Bahasa Pemograman JavaJava adalah bahasa pemrograman serbaguna. Javadapat digunakan untuk membuat suatu programsebagaimana seperti bahasa seperti Pascal atau C++.Java dikembangkan oleh Sun Microsystems padaAgustus 1991, dengan nama semua Oak. DahuluOak adalah pohom semacam Jati yang terlihat darijendela tempat pembuatnya, James Gosling, bekerja.karena nama Oak dianggap kurang komersial, makadiganti menjadi java [3]. Program java bersifat tidakbergantung pada platform; Artinya, Java dapatdijalankan pada sembarang komputer dan bahkanpada sembarang system operasi.a. Kakaterisktik Java

    Berdasarkan white paper resmi dari SUN, Javamemiliki karakteristik Sederhana, Berorientasiobjek, Terdistribusi, Interpreted, ArchitectureNeutral , Portable, Secure, Dinamis.b. Konsep Pemograman Java

    Java adalah bahasa pemrograman yangberorientasi objek (OOP) dan dapat dijalankan padaberbagai platform sistem operasi. Konsep pentingdalam Pemograman java adalah Objek, Class,Inheritance, Enkapsulasi, Polimorfisme.

    2.4 Database MysqlMySQL (My Structure Query Language) adalahserver database yang memiliki kemampuanmultiuser, kecepatan akses yang tinggi dankestabilan yang baik dalam mengelola data dalamjaringan. MySql juga merupakan database serverrelasional yang gratis di bawah lisensi GNU(General Public Lisensi). MySQL mempunyaifungsi sebagai SQl (Structured Query Language)yang dimiliki sendiri dan telah diperluas [4].

    2.4 Analisis dan PerancanganSpesifikasi Proses

    Proses berjalannya simulasi ini diawali denganpenginstalan simulasi monitoring dosen padakomputer yang terhubung dengan perangkatelektronika yang dibutuhkan dan DB-25. Keteranganlebih jelas dapat dilihat pada Gambar 2.

  • Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA)21

    Vol. 5, No. 1, Maret 2016, ISSN : 2089-9033

    Gambar 2. Proses Pengiriman dan PengolahanData

    Sistem Kerja UsulanSimulasi Monitoring Dosen pada sebuah

    komputer terhubung dengan rangkaian elektronikmenggunakan DB25 dengan Rangkaian elektronikaswitch push on, lampu, display. Untuk dapatmengaktifkan rangkaian elektronika dibutuhkankartu yang sudah dirancang agar dapat dibaca olehsensor. terdapat fotodioada yang fungsinya sebagaisensor yang apabila terkena cahaya akan terputus.Apabila kartu dimasukkan maka akan memberikanrespon terhadap rangkaian elektronika yaitu Switchpush on yang dapat digunakan dosen yang sedangmangajar, lampu akan menyala dan display yangakan menampilkan tulisan labkom ubl. Dosenharus mempunyai kartu untuk mengaktifkan tombolbantuan.

    Dosen tidak perlu keluar mencari asisten untukmeminta bantuan, hanya tinggal menekan tombolbantuan maka asisten akan datang denganmemberikan notif display Asisten akan datang

    Jika kartu sudah memberikan respon terhadaprangkaian elektronika maka dosen dan asisten dapatmenggunakan tombol switch push on. DalamRangkaian elektronika terdapat 3 switch yang dapatdipakai dosen dan asisten. Ada 2 switch yang dapatdigunakan oleh dosen yaitu switch semua bantuandan switch remote LCD. Reaksi pada switch terbagimenjadi 3 kategori yaitu dinyalahkan-diaktifkan,dinyalahkan-dinonaktifkan dan dimatikan-dinonaktifkan. Jika switch dalam keadaandinyalahkan-diaktifkan maka switch pada lampuakan menyala dan switch dapat dipakai untukmemanggil asisten. Jika switch dalam keadaandinyalahkaan-dinonaktifkan maka switch padalampu akan menyala tetapi tidak dapat digunakanuntuk memanggil asisten. Jika switch dalam keadaandimatikan-dinonaktifkan maka lampu pada switc