Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

29
KATA SAMBUTAN Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI) i Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia menegaskan bahwa setiap orang berhak memperoleh pendidikan yang layak dan berkualitas tanpa memandang usia, jenis kelamin, ras, golongan ataupun agama tertentu. Pendidikan sebagai bagian dari hak asasi manusia dengan demikian harus ditujukan ke arah pengembangan pribadi seutuhnya yang mempertebal penghargaan terhadap kebebasan hakiki, menumbuhkan dan menggalakkan sikap saling pengertian, toleransi, persahabatan, dan perdamaian. Pendidikan Masyarakat sebagai bagian penting dari pendidikan orang dewasa yang melayani Pendidikan Keaksaraan, Pendidikan Kecakapan Hidup dan Kewirausahaan, Peningkatan Budaya Baca Masyarakat, Pendidikan Perempuan dan Pengarusutamaan Gender, dan Pendidikan Keorangtuaan, harus dipandang dalam kerangka pemenuhan hak asasi manusia dan prinsip-prisip inklusi untuk pembangunan manusia seutuhnya sesuai dengan tujuan dari Pendidikan untuk Semua (PUS). Pengakuan terhadap pentingnya pendidikan masyarakat ditunjukkan secara implisit dalam pemaknaan pendidikan sebagai hak asasi yang harus diperoleh semua orang dan memiliki peran yang penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sejak tahun 2010 berbagai upaya telah dilaksanakan untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan masyarakat melalui inisiatif beragam program yang lebih menyentuh langsung sisi pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai aspeknya sebagai program terpadu yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat. Berbagai program tersebut difokuskan pada masyarakat yang belum beruntung seperti masyarakat yang tinggal di kawasan adat terpencil, di kawasan tertinggal/terluar/perbatasan, kawasan padat buta aksara, masyarakat marjinal perkotaan, lansia, perempuan dan anak-anak marjinal.

Transcript of Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

Page 1: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

KATA SAMBUTANDirektur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini,Nonformal dan Informal

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI) i

Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia menegaskan bahwa setiaporang berhak memperoleh pendidikan yang layak dan berkualitastanpa memandang usia, jenis kelamin, ras, golongan ataupun agamatertentu. Pendidikan sebagai bagian dari hak asasi manusia dengandemikian harus ditujukan ke arah pengembangan pribadi seutuhnyayang mempertebal penghargaan terhadap kebebasan hakiki,menumbuhkan dan menggalakkan sikap saling pengertian, toleransi,persahabatan, dan perdamaian.

Pendidikan Masyarakat sebagai bagian penting dari pendidikanorang dewasa yang melayani Pendidikan Keaksaraan, PendidikanKecakapan Hidup dan Kewirausahaan, Peningkatan Budaya BacaMasyarakat, Pendidikan Perempuan dan Pengarusutamaan Gender,dan Pendidikan Keorangtuaan, harus dipandang dalam kerangkapemenuhan hak asasi manusia dan prinsip-prisip inklusi untukpembangunan manusia seutuhnya sesuai dengan tujuan dari Pendidikanuntuk Semua (PUS). Pengakuan terhadap pentingnya pendidikanmasyarakat ditunjukkan secara implisit dalam pemaknaan pendidikansebagai hak asasi yang harus diperoleh semua orang dan memilikiperan yang penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sejak tahun 2010 berbagai upaya telah dilaksanakan untukmeningkatkan mutu layanan pendidikan masyarakat melalui inisiatifberagam program yang lebih menyentuh langsung sisi pemberdayaandan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai aspeknya sebagaiprogram terpadu yang dilaksanakan oleh Direktorat PembinaanPendidikan Masyarakat. Berbagai program tersebut difokuskan padamasyarakat yang belum beruntung seperti masyarakat yang tinggaldi kawasan adat terpencil, di kawasan tertinggal/terluar/perbatasan,kawasan padat buta aksara, masyarakat marjinal perkotaan, lansia,perempuan dan anak-anak marjinal.

Page 2: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

KATA PENGANTARDirektur Pembinaan Pendidikan Masyarakat

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan iiiii

Saya menyambut baik diterbitkannya petunjuk teknis ini sebagaiupaya untuk meningkatkan layanan pendidikan orang dewasa denganmemperluas ketersediaan, keterjangkauan dan kualitas layananpendidikan masyarakat secara terarah dan terpadu. Melalui berbagaiinisiatif program ini diharapkan investasi pendidikan nasional bagipemenuhan hak warga negara terhadap akses pendidikan yang bermutudapat benar-benar dirasakan dan dilihat hasilnya oleh seluruhmasyarakat.

Saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada semuapihak yang telah memberikan kontribusinya dalam penyusunanpetunjuk teknis ini. Saya mengharapkan petunjuk ini benar-benardapat dijadikan pedoman oleh semua pihak dalam melaksanakanprogram pendidikan masyarakat secara tertib dan tepat sasaran.Semoga, dan selamat bekerja.

Jakarta, Januari 2011Direktur JenderalPendidikan Anak Usia Dini,Nonformal, dan Informal

Hamid Muhammad, Ph.D.NIP 195905121983111001

Pendidikan masyarakat merupakan suatu proses dimana upayapendidikan yang diprakarsai pemerintah diwujudkan secara terpadudengan upaya penduduk setempat untuk meningkatkan kondisi sosial,ekonomi, dan budaya yang lebih bermanfaat dan memberdayakanmasyarakat.

Pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan masyarakat berbasispada kerangka kerja “Aksara Membangun Peradaban” dalam programAksara Agar Berdaya (AKRAB!). Dengan demikian ukuran capaiankompetensi keberaksaraan masyarakat berubah dari membaca, menulis,dan berhitung teknis ke kemampuan memanfaatkan keberaksaraanuntuk meningkatkan kualitas hidup diri dan lingkungannya. TujuanAksara Agar Berdaya (AKRAB!) adalah meningkatkan keberaksaraanpenduduk dewasa yang masih mempunyai keterbatasan keaksaraanatau masih melek aksara parsial. Tingkat keberaksaraan yang memadaidapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengakses informasiyang dapat digunakan untuk beradaptasi dan mengatasi berbagaimasalah ekonomi, sosial, dan budaya.

Saat ini masyarakat ditingkatkan keberaksaraannya dan diarahkanuntuk menguasai ragam keaksaraan melalui program KeaksaraanDasar, Keaksaraan Usaha Mandiri, Aksara Kewirausahaan, KeaksaraanKeluarga, dan Keaksaraan Bencana. Peningkatan budaya tulisdikembangkan melalui Koran Ibu, dan peningkatan budaya bacadilaksanakan melalui Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Sejalandengan program-program tersebut juga dilaksanakan sejumlah programpendidikan pemberdayaan perempuan dan partisipasi anak untukmeningkatkan harkat, martabat dan kualitas perempuan dan anakmelalui program kecakapan hidup perempuan dan anak, programpencegahan tindak pidana perdagangan orang, serta program kesetaraandan keadilan gender.

Page 3: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

DAFTAR ISI

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan viv

Untuk memastikan kelayakan layanan pendidikan masyarakatbagi seluruh lapisan masyarakat, peningkatan keberaksaraan pendudukdewasa ini disertai dengan pelaksanaan misi kesetaraan yang tidakmendiskriminasikan para pihak, sehingga terjamin kepastianmemperoleh layanan pendidikan untuk semua. Di dunia terdapat 796juta orang penduduk buta aksara, sebanyak 8,3 juta orang terdapat diIndonesia. Sebanyak 65% penduduk buta aksara di Indonesia adalahperempuan. Hal ini menunjukkan adanya ketidaksetaraan genderuntuk pendidikan orang dewasa. Walau keaksaraan bukan tujuaneksplisit pencapaian tujuan pembangunan millennium (MDG’s), tetapikeaksaraan menunjukkan dasar dari pencapaian pendidikan dasaruniversal. Keaksaraan terutama bagi perempuan dapat meningkatkanmata pencaharian, perbaikan kesehatan ibu dan anak, mengurangirisiko tertular HIV dan AIDS, dan mempermudah akses perempuangenerasi berikutnya terhadap pendidikan sehingga dapat mengurangikemiskinan, menunda usia perkawinan, mengurangi tingkat kesuburan,dan meningkatkan harkat dan martabat perempuan.

Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada berbagaipihak atas kontribusi dan perannya dalam penyusunan petunjuk teknisPengajuan dan Pengelolaan Bantuan Penyelenggaraan KeaksaraanDasar dan Keaksaraan Usaha Mandiri (Dekonsentrasi) ini. Akhirnyasemoga petunjuk teknis yang disusun dengan kesungguhan, komitmen,dan keikhlasan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, dengan harapansemoga Allah SWT memberikan rakhmat dan hidayah-Nya kepadakita semua. Amin.

Jakarta, Januari 2011Direktur Pembinaan Pendidikan Masyarakat

Ella Yulaelawati, M.A., Ph.DNIP. 195804091984022001

SAMBUTAN DIRJEN PAUDNI ................................... i

PENGANTAR DIREKTUR PEMBINAAN PENDIDIKANMASYARAKAT ................................................................ iii

DAFTAR ISI ....................................................................... v

BAB I PENDAHULUAN ......................................……. 1A. Latar Belakang ......................................................... 2B. Dasar Hukum ................................................... 4C. Tujuan Petunjuk Teknis ......................................... 5

BAB II PENYELENGGARAAN KEAKSARAANDASAR DAN KUM .......................................... 6A. Pengertian ............................................................. 6B. Sasaran Program/Penerima Manfaat ................................ 7C. Tujuan Program …………………………………… 7D. Hasil yang Diharapkan …………………………... 8E. Deskripsi Kegiatan ……………………………. 9

1. Keaksaraan Dasara. Persiapanb. Pelaksanaanc. Penilaian

2. Keaksaraan Usaha Mandiria. Persiapanb. Pelaksanaanc. Penilaian

F. Alokasi dan Rincian Penggunaan Bantuan ……………… 13

Page 4: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

BAB IPENDAHULUAN

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 1vi

Aksara merupakan sistem penulisan suatu bahasa denganmenggunakan tanda-tanda , bukan hanya sebagai huruf atau rangkaianabjad. Aksara merupakan suatu sarana yang menghantar cakrawalapengetahuan dan peradaban suatu bangsa karena aksara membentukwacana yang dapat dikenali, dipahami, diterapkan, dan diwariskandari satu generasi ke generasi berikutnya. Untuk mewujudkan aksarayang membangun peradaban diperlukan kemampuan ragam keaksaraanyang memberdayakan.

Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya untuk mengubahdan membentuk kehidupan masyarakat. Pemberdayaan akanmeningkatkan kemampuan anggota masyarakatnya agar dapatmengarahkan, mengendalikan, membentuk dan mengelola hidupnya.Pemberdayaan masyarakat juga akan meningkatkan kemampuanseseorang untuk dapat mengelola hidupnya secara mandiri sebagaiindikator pemberdayaan meliputi kemampuan: i) memahami masalah,ii) menilai tujuan hidupnya, iii) membentuk strategi, iv) mengelolasumber daya, v) bertindak dan berbuat. Selanjutnya pembangunanmasyarakat merupakan suatu proses yang berkelanjutan denganpendekatan holistik atau menyeluruh sesuai dengan kebutuhanmasyarakat, kemudian menerapkan pemberdayaan yang berpengaruh,melibatkan, dan mendidik; menjamin keseimbangan lingkungan;memastikan keberlanjutan/kebertahanan, dan menggunakan kemitraanuntuk membuka akses untuk sumber daya dan dana.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat menerapkankerangka kerja Aksara Membangun Peradaban dengan menerapkanlima misi kerja Kementrrian Pendidikan Nasional yaitu Ketersediaan,Keterjangkauan, dan peningkatan Kualitas serta misi Kesetaraanpendidikan yang nondiskriminatif dan Keterjaminan memperoleh

BAB III PROSEDUR PENGAJUAN DAN PENYALURANBANTUAN ............................................................ 16A. Penerima Bantuan ...................................................... 16B. Syarat Penerima Bantuan ............................................ 16C. Tata Cara Pengajuan Bantuan ...................................... 17

1. Penyusunan Proposal2. Pengiriman Proposal3. Batas Waktu Pengiriman Proposal

D. Proses Penyaluran Bantuan ………………………. 171. Penilaian2. Verifikasi3. Penetapan4. Penandatangan Akad Kerjasama5. Peluncuran Bantuan

E. Catatan Khusus …………………………………….. 19

BAB IV PEMANTAUAN DAN PELAPORAN .........…… 20A. Pemantauan dan Evaluasi …………………………… 20B. Pelaporan ………………………………………… 21

BAB V PENUTUP …………………………………. 22

LAMPIRAN :1. Format Rekomendasi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota2. Format Pernyataan Kesanggupan dan Tanggungjawab Mutlak3. Format Proposal4. Format Laporan Awal5. Sistematika Laporan Akhir6. Standar Kompetensi Keaksaraan Dasar (SKK Dasar)7. Standar Kompetensi Keaksaraan Usaha Mandiri (SKK-UM)8. Akad Kerjasama Keaksaraan Dasar9. Akad Kerjasama Keaksaraan Usaha Mandiri10. Format Instrumen Verifikasi11. Contoh Acuan Pelaksanaan Kegiatan.

Page 5: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 32

dalam hal pengetahuan, keterampilan serta sikap mentalpembaharuan dan pembangunan. Akibatnya, akses terhadapinformasi dan komunikasi yang penting untuk membuka cakrawalakehidupan dunia juga terbatas karena mereka tidak memilikikemampuan keaksaraan yang memadai.

Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2006 tentangGerakan Nasional Percepatan Penuntasan Wajib Belajar PendidikanDasar Sembilan Tahun dan Pemberantasan Buta Aksara (GNP-PWB/PBA) yang telah ditindaklanjuti dengan Peraturan MenteriPendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2006 tentang PetunjukTeknis Pelaksanaan GNP-PWB/PBA dan Prakarsa Keaksaraanuntuk Pemberdayaan (LIFE) UNESCO-UNLD, KementerianPendidikan Nasional melalui Direktorat Pembinaan PendidikanMasyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini,Nonformal dan Informal menyediakan layanan program pendidikankeaksaraan baik keaksaraan dasar yang merupakan programpemberantasan buta aksara maupun keaksaraan usaha mandiriatau menu ragam keaksaraan lainnya yang merupakan programpemeliharan dan peningkatan kemampuan keaksaraan. Hal inidilakukan karena terdapat kecenderungan para aksarawan baruatau penduduk dewasa bekeaksaraan rendah lainnya kembali butaaksara apabila kemampuan keaksaraannya tidak dipergunakansecara fungsional dan berkelanjutan.

Atas dasar itu, pada tahun 2011 Direktorat PembinaanPendidikan Masyarakat menyediakan berbagai layanan programkeaksaraan yang meliputi keaksaraan dasar, keaksaraan usahamandiri, keaksaraan keluarga, aksara kewirausahaan, dan aksaraberbasis cerita rakyat. Kegiatan tersebut ditunjang dengan TBMdi ruang publik dan peningkatan mutu TBM unggulan berbasiselektronik, serta kegiatan pendidikan pemberdayaan perempuan,seperti pendidikan kecakapan hidup perempuan, peningkatanbudaya tulis melalui koran ibu dan anak, pendidikan keluargaberwawasan gender, dan kegiatan sejenis lainnya.

Kegiatan Keaksaraan Dasar dan Keaksaraan Usaha Mandirimerupakan upaya pemerintah untuk menuntaskan permasalahanbuta aksara melalui kegiatan pendidikan keaksaraan dan

layanan pendidikan. Program aksara membangun peradaban antaralain pendidikan keaksaraan, aksara kewirausahaan, pendidikanpemberdayaan perempuan dan anak, pengarusutamaan gender,peningkatan budaya baca masyarakat serta penguatan kelembagaanpendidikan masyarakat.

Pelaksanaan progam-program pendidikan masyarakat tersebutperlu terus dikembangkan dan diperbaharui, melalui pemikiran kreatifdan inovatif, khususnya dalam diversifikasi layanan yang berpihakpada keluasan dan keragaman cakupan sasaran dengan menerapkanunsur-unsur pemberdayaan masyarakat berikut.• Swa manajemen (self managed)• Lingkungan sepanjang hayat• Menghargai norma, nilai dan budaya• Program berbasis kebutuhan• Masyarakat berperan dalam pengendalian dan pengawasan program• Pemberdayaan sebagai ciri utama• Berakar pada nilai-nilai sosial• Berbasis pengalaman• Partisipatif dan demokratis• Berbasis kecakapan hidup

Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat sangat menyadaribahwa upaya pemberdayaan masyarakat sebagaimana digambarkandi atas tidak mungkin dilakukan sendiri tanpa kerjasama kemitraandan ketersediaan lembaga masyarakat yang memadai. Oleh karenaitu, berbagai program pemberdayaan masyarakat tersebut secarasimultan disertai dengan beberapa layanan kemitraan dan penguatankelembagaan pendidikan masyarakat.

A. Latar BelakangPenduduk buta aksara usia 15 tahun ke atas pada tahun 2010

berjumlah 8,3 juta orang (4,79%) dan sebagian besar adalahperempuan dengan disparitas gender 2,64%. Dari jumlah tersebutsebagian besar tinggal di daerah perdesaan seperti: petani kecil,buruh, nelayan, dan kelompok masyarakat miskin perkotaan yaituburuh berpenghasilan rendah atau penganggur. Mereka tertinggal

Page 6: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

melestarikannya melalui kegiatan keaksaraan usaha mandiri.Kegiatan ini dapat diakses oleh para penyelenggara pendidikankeaksaraan yang memenuhi persyaratan.

Agar para penyelenggara dapat memperoleh bantuan keaksaraandasar dan keaksaraan usaha mandiri sesuai dengan peraturan,maka disusunlah ”Petunjuk Teknis Pengajuan dan PengelolaanBantuan Penyelenggaraan Keaksaraan Dasar dan KeaksaraanUsaha Mandiri (dekonsentrasi) di provinsi”.

B. Dasar Hukum1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional;2. Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan

Daerah;3. Peraturan Pemerintah No. 20 Tahun 2004 tentang Rencana

Kerja Pemerintah;4. Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan

dan Penyelenggaraan Pendidikan;5. Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 2010 tentang Rencana

Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2009-2014;6. Instruksi Presiden No. 5 Tahun 2006 tentang Gerakan Nasional

Percepatan Pemberantasan Wajib Belajar Pendidikan DasarSembilan Tahun dan Pemberantasan Buta Aksara (GNP-PWB/PBA) ;

7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 36 Tahun 2010tentang Organisasi Tata Kerja Kementerian PendidikanNasional;

8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik IndonesiaNomor 48 Tahun 2010 tentang Rencana Strategis PembangunanPendidikan Nasional Tahun 2010-2014 dan;

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 54

9. Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) DirektoratPembinaan Pendidikan Masyarakat, Direktorat JenderalPendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun2011.

C. Tujuan Petunjuk TeknisTujuan petunjuk teknis ini adalah untuk memberikan pemahamandan pengaturan terhadap:1. Lembaga dalam menyusun dan mengajukan proposal bantuan

penyelenggaraan keaksaraan dasar dan keaksaraan usahamandiri.

2. Tim penilai dalam menyeleksi proposal bantuanpenyelenggaraan keaksaraan dasar dan keaksaraan usahamandiri sebagai bahan pertimbangan untuk menentukankelayakan proposal.

3. Dinas Pendidikan Provinsi dalam menyalurkan bantuanpenyelenggaraan keaksaraan dasar dan keaksaraan usahamandiri.

4. Peningkatan tata kelola dan akuntabilitas publik DirektoratPembinaan Pendidikan Masyarakat dan Dinas PendidikanProvinsi dalam mengelola penyelenggaraan program pendidikankeaksaraan.

Page 7: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

BAB II

PENYELENGGRAAN KEAKSARAAN DASARDAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 76

B. Sasaran/Penerima Manfaat Layanan1. Keaksaraan Dasar

Penerima manfaat layanan Keaksaraan Dasar adalah Pendudukusia 15 tahun ke atas yang berkeaksaraan rendah atau masihbuta aksara latin (melek aksara parsial).

2. Keaksaraan Usaha MandiriPenerima manfaat layanan Keaksaraan Usaha Mandiri adalahPenduduk usia 15 tahun ke atas yang sudah melek aksaradan/atau memiliki SUKMA.

C. Tujuan Program1. Keaksaraan dasar:

a. Memperluas akses penyelenggaraan program pendidikankeaksaraan.

b. Memberikan kemampuan keaksaraan bagi penduduk berusia15 tahun ke atas yang berkeaksaraan rendah atau melekaksara parsial dan cenderung buta aksara agar memilikikemampuan membaca, menulis, berhitung, mendengarkan,dan berbicara untuk mengomunikasikan teks lisan dan tulisdengan menggunakan aksara dan angka dalam bahasaIndonesia.

c. Membantu meningkatkan indeks pembangunan manusiaIndonesia melalui peningkatan angka melek aksarapenduduk secara nasional.

2. Keaksaraan Usaha Mandiri:a. Meningkatkan partisipasi penduduk berusia 15 tahun ke

atas yang berkeaksaraan rendah dalam mengikuti kegiatankeaksaraan usaha mandiri;

b. Meningkatkan keberdayaan penduduk usia 15 tahun keatas yang berkeaksaraan rendah melalui peningkatanpengetahuan, sikap, dan keterampilan serta berusaha secaramandiri;

A. Pengertian1. Keaksaraan Dasar

a. Keaksaraan Dasar adalah kemampuan membaca, menulis,berhitung, mendengarkan dan berbicara untukmengomunikasikan teks lisan dan tulis denganmenggunakan aksara dan angka dalam bahasa Indonesia.

b. Dana Keaksaraan Dasar adalah bantuan biaya operasionalpenyelenggaraan keaksaraan bagi penduduk usia 15 tahunke atas.

2. Keaksaraan Usaha Mandiria. Keaksaraan Usaha Mandiri merupakan kemampuan atau

keterampilan dasar usaha yang dilatihkan melaluip e m b e l a j a r a n p r o d u k t i f d a n k e t e r a m p i l a nbermatapencaharian yang dapat meningkatkan keaksaraandan penghasilan peserta didik, baik secara peroranganmaupun kelompok sebagai salah satu upaya penguatankeaksaraan sekaligus pengentasan kemiskinan.

b. Dana Keaksaraan Usaha Mandiri merupakan bantuan biayaoperasional penyelenggaraan peningkatan kemampuankeberaksaraan dan usaha produktif bagi peserta didik yangtelah mengikuti dan/atau mencapai kompetensi keaksaraandasar (memiliki SUKMA).

Page 8: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 98

kompetensi keberaksaraannya yang meliputi kompetensimendengarkan, berbicara, membaca, menulis, dan berhitungdalam bahasa Indonesia, serta keterampilan dasarberwirausaha sesuai dengan Standar KompetensiKeaksaraan (SKK).

E. Deskripsi KegiatanPelaksanaan kegiatan keaksaraan (keaksaraan dasar dan

keaksaraan usaha mandiri) dilaksanakan pada tahun anggaran2011 dan harus sudah selesai pada tanggal 31 Desember 2011.Agar pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik, lancar dan terarahsesuai dengan tujuan yang diharapkan, lembaga penerima bantuanperlu menyusun Acuan Pelaksanaan sekurang-kurangnya berisi:1) nama kegiatan, 2) tujuan kegiatan, 3) jadwal pembelajaran yangmenggambarkan waktu, materi, tutor/fasilitator/narasumber teknis,bahan bacaan/buku rujukan, serta 4) tempat pembelajaran.

Kegiatan dapat dilaksanakan sesuai dengan target sebagaimanayang telah dituangkan dalam rencana kerja.1. Keaksaraan Dasar

a. PersiapanKegiatan ini meliputi antara lain:1) Penyiapan rencana dan jadwal kegiatan yang dituangkan

dalam Acuan Pelaksanaan Kegiatan.2) Sosialisasi dan koordinasi pelaksanaan kegiatan;

b. Pelaksanaan1) Standar Kompetensi Keaksaraan

Pembelajaran keaksaraan dasar dilakukan berdasarkankonteks pembelajaran (latar sosial, budaya, religi, dankebiasaan pembelajar) dengan mengacu pada standarkompetensi keaksaraan dasar (SKK Dasar setara 114jam @60 menit).

c. Memelihara dan melestarikan tingkat keberaksaraanpenduduk melalui kegiatan ragam-keaksaraan.

D. Hasil yang Diharapkan1. Keaksaraan Dasar.

a. Meningkatnya akses pelayanan kegiatan keaksaraan dasar.b. Meningkatnya kemampuan membaca, menulis, berhitung,

mendengarkan, dan berbicara untuk mengomunikasikanteks lisan dan tulis dengan menggunakan aksara dan angkadalam bahasa Indonesia oleh peserta didik sesuai denganstandar kompetensi keaksaraan (SKK).

c. Meningkatnya angka melek aksara penduduk secaranasional sehingga menyumbang peningkatan indekspembangunan manusia Indonesia.Indikator Keberhasilan Keaksaraan DasarMinimal 80% peserta didik memperoleh SUKMA (suratketerangan melek aksara).

2. Keaksaraan Usaha Mandiri.a. Meningkatnya partisipasi penduduk dewasa usia 15 tahun

ke atas yang berkeaksaraan rendah dalam mengikutikegiatan keaksaraan usaha mandiri;

b. Meningkatnya keberdayaan penduduk usia 15 tahun keatas yang berkeaksaraan rendah melalui peningkatanpengetahuan, sikap, dan keterampilan serta berusaha secaramandiri;

c. Terpelihara dan lestarinya tingkat keberaksaraan pendudukmelalui kegiatan multi-keaksaraan.

Indikator Keberhasilan Kegiatan Keaksaraan Usaha Mandiri1) Minimal 80% peserta didik memperoleh STSB (surat tanda

selesai belajar).2) Minimal 80% peserta didik mampu meningkatkan

Page 9: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

menggunakan berbagai cara seperti kuis, tes tulis, hasilkarya, portofolio (kumpulan kerja) dan penugasan.

2) Penilaian akhir dilakukan untuk mengetahui pencapaiankompetensi peserta didik terhadap standar kompetensikeaksaraan dasar yang harus diselesaikan selamamengikuti program.

3) Peserta didik yang telah dinyatakan mencapaikompetensi minimal sebagaimana yang dipersyaratkandinyatakan sudah lulus/selesai dan diberikan suratketerangan melek aksara (SUKMA).

2. Keaksaraan Usaha Mandiria. Persiapan

Kegiatan ini meliputi antara lain:1) Penyiapan rencana dan jadwal kegiatan yang dituangkan

dalam Acuan Pelaksanaan.2) Sosialisasi dan koordinasi pelaksanaan kegiatan;

b. Pelaksanaan1) Mengacu pada Standar Kompetensi Keaksaraan Usaha

Mandiri. Pembelajaran Keaksaraan Usaha Mandiridilakukan setara 66 jam @60 menit.

2) Penyelenggara pendidikan keaksaraan usaha mandiribersama tutor/narasumber teknis menentukan kelompokbelajar minimal 10 peserta didik setiap kelompok.

3) Penyelenggara bersama tutor/narasumber teknis danpeserta didik membuat kesepakatan (kontrak belajar).Kontrak belajar mencakup jadwal, tempat, waktu dantata tertib.

4) Tutor/narasumber teknis dan peserta didik melaksanakankegiatan pembelajaran/ keterampilan dasar usaha.Kegiatan tersebut dilakukan secara terstruktur:• Mengungkapkan keinginan berusaha berdasarkan

minat dan potensi yang tersedia;

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 1110

2) Kegiatan Pembelajarana) Penyelenggara pendidikan keaksaraan bersama tutor

menentukan kelompok belajar minimal 10 pesertadidik setiap kelompok.

b) Penyelenggara bersama tutor dan peserta didikmembuat kesepakatan (kontrak belajar). Kontrakbelajar mencakup jadwal, tempat, waktu dan tatatertib.

c) Tutor dan peserta didik melaksanakan kegiatanpembelajaran. Kegiatan pembelajaran dilaksanakandengan menggunakan pendekatan andragogis,fungsional, dan tematik; metode-metodepembelajaran yang sesuai; dan memanfaatkan bahanajar yang temanya disesuaikan dengan hasilidentifikasi.

d) Kegiatan pembelajaran praktis berupa latihan praktikmembaca, menulis, berhitung, mendengarkan, danberbicara untuk mengomunikasikan teks lisan dantulis dengan menggunakan aksara dan angka dalambahasa Indonesia.

e) Tutor dapat memfungsikan sarana dan prasaranapembelajaran dan daya dukung masyarakat.Misalnya, penyediaan tempat belajar, materi ajar,media pembelajaran yang dapat diperoleh darimasyarakat dan linghkungan sekitar.

f) Metode-metode lain dapat dipergunakan sepanjangrelevan dan dikuasai oleh tutor dan dianggap efektifuntuk mencapai kompetensi minimal.

c. Penilaian Hasil Pembelajaran1) Penilaian proses pembelajaran dilakukan dengan cara

tutor mengadakan penilaian terhadap peserta didiksecara periodik untuk mengetahui perkembangankemampuan peserta didik dalam hal mendengarkan,berbicara, membaca, menulis dan berhitung dengan

Page 10: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 1312

2) Peserta didik yang telah dinyatakan mencapaikompetensi minimal sebagaimana yang dipersyaratkandinyatakan lulus/selesai dan diberikan surat tanda selesaibelajar (STSB).

F. Alokasi dan Rincian Penggunaan Dana1. Keaksaraan Dasar

Alokasi biaya operasional penyelenggaraan keaksaraan dasarsebesar Rp 3.600.000 per kelompok (10 orang) dengan perinciansebagai berikut.

No. Komponen yang Didanai Perincian Proporsi biaya

1 Alat tulis dan buku tulis Pensil, pulpen, maks. 7% utk 10 orang peserta penghapus, buku tulis, dll. (Rp 250.000)

didik 2 Pembelajaran Penyusunan/pengadaan/ maks. 17%

fungsional/ tematik 10 pembelian bahan praktik (Rp 600.000)orang peserta didik fungsional/tematik, dll.

3 Identifikasi calon utk Pendataan calon WB maks. 2,5%10 orang peserta didik (Rp 100.000)

4 Penyelenggaraan Penggandaan soal, maks. 2,5%penilaian pembelajaran pengolahan hasil tes, dan (Rp 100.000)utk 10 orang penulisan SUKMA/STSBpeserta didik

5 Transportasi 1 orang Transportasi tutor selama min. 50%tutor program (Rp 1.800.000)

6 Penyelenggaraan Transportasi maks. 21%program penyelenggara, monitoring, (Rp 750.000)

evaluasi program,dan pelaporan

• Mempraktikkan sebuah keterampilan yangberpeluang menjadi bidang usaha sesuai minat danpotensi yang dimiliki;

• Mengidentifikasi sumberdaya alam dan manusia dilingkungannya sesuai dengan bidang usaha yangdipilih;

• Mengidentifikasi kebutuhan dan permintaanmasyarakat terhadap barang dan jasa yang sesuaidengan bidang usaha yang dipilih;

• Menyusun rancangan usaha dan menjalankan usahamandiri yang dikembangkan;

• Merancang dan mengelola biaya pada usaha yangakan dikembangkan;

• Mengidentifikasi risiko-risiko yang mungkin timbuldan mempengaruhi laba rugi usaha;

• Melakukan interaksi dengan konsumen;• Memahami strategi pemasaran;• Mengenali kekuatan pesaing dalam pasar produk

yang dikembangkan;• Menjalin kemitraan; dan• Menjaga kelangsungan usaha yang dikembangkan.

5) Kegiatan pembelajaran/keterampilan/berusaha dilakukandengan menggunakan metode dan pendekatan belajarorang dewasa, termasuk memanfaatkan potensi/sumberdaya/kearifan lokal.

c. Penilaian Hasil Pembelajaran1) Penilaian proses pembelajaran dilakukan dengan cara

tutor/narasumber teknis mengadakan penilaian terhadappeserta didik untuk mengetahui perkembangankemampuan atau keterampilan dasar usaha yangdilatihkan melalui pembelajaran produktif danketerampilan bermatapencaharian berdasarkankompetensi minimal yang harus dicapai .

Page 11: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 1514

No Komponen Pembiayaan Rincian Pembiayaan Proporsi Biaya

1. Identifikasi calon Pendataan calon peserta 5%peserta didik didik (Rp 230.000)

2. ATK peserta didik dan Pensil, pulpen, penghapus, 7%Penyelenggaraan buku tulis, dan lain-lain (Rp 322.000)

3. Pembelajaran dan Penyusunan/pengadaan/ 35%Pelatihan Keterampilan pembelian bahan (1.610.000)

pembelajaran, bahanpraktik keterampilan dandana modal

4. Penyelenggaraan Transportasi 10%program penyelenggara, monitoring, (460.000)

evaluasi program, danpelaporan

5. Transportasi tutor/ Transportasi 1 orang tutor 40%pelatih keterampilan dan 1 orang pelatih (Rp 1.840.000)

keterampilan selamaprogram berlangsung

6. Penilaian pembelajaran Penggandaan soal, 3%pelatihan keterampilan pengolahan hasil tes, dan (Rp 138.000)

penulisan SUKMA/STSB

Jika akan dilakukan dengan metode Inova Kreatif 32 hari (model/polaKarawang), maka penggunaan anggaran sebagai berikut.

No. Komponen yang Didanai Jumlah Dana(Rp)

1 Transportasi tutor selama 32 hari 600.0002 Bantuan alat tulis 20 orang peserta didik 630.0003 Sarana kegiatan belajar mengajar 120.0004 Program bahan ajar tematik 300.0005 Buku Modul 20 peserta didik 140.0006 Juklak Juknis untuk penyelenggaraan 3 buku 21.0007. Administrasi belajar 226.0008. Transportasiasi 20 peserta didik dan 1 orang tutor 2.016.0009. Rekrutmen peserta didik 250.00010. Penilaian akhir 20 peserta didik 250.00011. Pengadaan SUKMA 100.00011. foto (dokumentasi) peserta didik 147.00012. Monitoring dan pelaporan 200.000

Total dana per kelompok (20 peserta didik) 5.000.000

2. Keaksaraan Usaha MandiriAlokasi dana biaya operasional penyelenggaraan Pendidikan

Keaksaraan Usaha Mandiri pada tahun anggaran 2011 sebesarRp 460.000,- (empat ratus enam puluh ribu rupiah) per pesertadidik.

Adapun rincian alokasi penggunaan dana mengacu padasatuan kelompok sebanyak 10 orang yang tertera pada tabelsebagai berikut.

Page 12: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 1716

BAB III

PROSEDUR PENGAJUAN DANPENYALURAN BANTUAN

C. Tata Cara Pengajuan Bantuan1. Penyusunan Proposal

Proposal disusun oleh lembaga penyelenggara dengan mengacupada format proposal sebagaimana yang terdapat pada lampiran4 petunjuk teknis ini.

2. Pengiriman ProposalPengajuan proposal dibuat rangkap 2, dan dikirimkan kepada:Kepala Dinas Pendidikan Provinsi ………….

3. Batas Waktu Pengajuan ProposalPengajuan proposal berakhir tanggal 31 Juli 2011. Batas waktupengajuan dapat diperpanjang apabila alokasi bantuan sosialmasih tersedia.

D. Proses Penyaluran Bantuan Sosial1. Penilaian

a. Tim Penilai Proposal di Dinas Pendidikan Provinsi dibentuk,ditetapkan, dan bertanggungjawab kepada Kepala DinasPendidikan Provinsi.

b. Struktur tim penilai minimal terdiri dari ketua, sekretaris,dan tiga orang anggota serta didukung oleh tim sekretariat.

c. Penilaian proposal terdiri atas verifikasi kelengkapanadministrasi dan penilaian substansi proposal,

2. VerifikasiSetiap lembaga calon penerima dana akan diverifikasi dandivisitasi untuk memperkuat bahan pengambilan keputusanberdasarkan data otentik dan kelayakan lembaga penerimabiaya. Verifikasi bisa dilakukan melalui penilaian dokumen,informasi atau visitasi. Verifikasi dilaksanakan guna memastikankesahihan data dan lembaga penyelenggara sebagaimanatertuang dalam proposal pengajuan dengan kondisi faktual dilapangan.

A. Penerima Dana Bantuan SosialPenerima Dana bantuan sosial keaksaraan dasar dan keaksaraan

usaha mandiri adalah PKBM/Satuan PNF sejenis/Lembagakemasyarakatan yang memiliki legalitas, kapasitas, dan integritaspembelajaran keaksaraan yang ditunjukkan dengan adanyanarasumber teknis untuk pelatihan keterampilan praktis ataupembelajaran kewirausahaan, data warga belajar, tutor, dan saranapembelajaran yang disahkan oleh Kepala Desa/Lurah atau KetuaRT/RW.

B. Syarat Penerima Bantuan SosialPersyaratan yang harus dipenuhi lembaga yang mengajukanbantuan adalah sebagai berikut.1. Memiliki legalitas lembaga, seperti: Akta Notaris atau izin

operasional atau bukti legalitas lainnya;2. Memperoleh Rekomendasi dari Dinas Pendidikan

Kabupaten/Kota;3. Memiliki nomor rekening bank atas nama lembaga yang

dinyatakan dengan surat keterangan dari Bank;4. Memiliki NPWP atas nama lembaga;5. Memiliki alamat yang jelas;6. Untuk PKBM diutamakan yang memiliki nomor induk lembaga

(NILEM);7. Khusus untuk SKB dan UPTD Sejenis program yang

dilaksanakan adalah untuk percontohan dan harus memperolehrekomendasi dari UPT Ditjen PAUDNI (P2PNFI/BP-PNFI).

Page 13: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 1918

Verifikasi dapat dilakukan dengan cara:• Mengundang lembaga terpilih untuk mempresentasikan

usulan pelaksanaan program• Visitasi/kunjungan lapangan untuk mengamati secara

langsung lembaga calon penerima bantuan sosial• Klarifikasi dan konfirmasi kepada dinas pendidikan

setempat.3. Penetapan

Kepala dinas pendidikan provinsi atau pejabat lain yang ditunjukmenetapkan lembaga penerima bantuan sosial keaksaraandasar dan keaksaraan usaha mandiri dalam bentuk suratkeputusan, setelah menerima usulan daftar nominatif dari timpenilai proposal.

4. Penandatanganan Akad KerjasamaPenandatanganan akad kerjasama dilakukan antara dinaspendidikan provinsi selaku pihak pertama dan pimpinanlembaga penyelenggara selaku pihak kedua, dengan terlebihdahulu mempelajari hak dan kewajiban masing-masing pihak.

5. Peluncuran Dana BantuanPenyaluran dana bantuan dilakukan sebagai berikut.a. Penetapan lembaga penerima dana bantuan dengan Surat

Keputusan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi atauPejabat lain yang ditunjuk.

b. Penandatanganan akad kerjasama antara Kepala DinasPendidikan Provinsi atau Pejabat lain yang ditunjuk denganpimpinan lembaga calon penyelenggara kegiatan.

c. Setelah SK penetapan dan akad kerjasama ditandatangani,diajukan usulan pencairan bantuan kepada Kantor PelayananPerbendaharaan Negara (KPPN) untuk membayarkanbantuan biaya operasional penyelengaraan kegiatan kerekening lembaga penerima bantuan.

E. Catatan Khusus1. Dinas pendidikan provinsi tidak memungut dana apapun dan

tidak menerima pengembalian dana dalam bentuk apapununtuk pencairan dana bantuan yang akan dan telah ditetapkan.

2. Lembaga penerima bantuan sosial yang tidak menyampaikanlaporan pelaksanaan kegiatan sesuai ketentuan pada tahunsebelumnya, tidak akan dinilai untuk proses penerima bantuankegiatan tahun 2011.

3. Lembaga penerima bantuan wajib menyetor pajak sesuai denganketentuan yang berlaku.

4. Apabila dalam pelaksanaan terjadi perubahan kegiatan danalokasi biaya dari yang diajukan dalam proposal, penyelenggarawajib mengajukan addendum/perbaikan proposal yang diketahuioleh dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.

5. Apabila terjadi penyimpangan dalam penyelenggaraan kegiatan,sepenuhnya menjadi tanggung jawab mutlak lembagapenyelenggara.

Page 14: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 2120

BAB IV

PEMANTAUAN DAN PELAPORAN

A. Pemantauan dan EvaluasiGuna menjamin kualitas hasil dan kelancaran proses kegiatan,

Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat dengan melibatkandinas terkait, melakukan pemantauan dan evaluasi kegiatan kemasing-masing lembaga penyelenggara kegia tan .

Penilik yang membidangi pendidikan masyarakat juga perluter l ibat dalam pemantauan pelaksanaan kegiatan.Sasaran pemantauan meliputi:1. Keterlaksanaan kegiatan yang didukung oleh bukti-bukti fisik

sesuai langkah kegiatan yang telah ditetapkan.2. Kendala-kendala pelaksanaan kegiatan yang terkait dengan

sasaran kualitatif dan waktu yang telah ditetapkan.3. Penemuan solusi atas permasalahan-permasalahan yang dialami.

Evaluasi kegiatan oleh Direktorat Pembinaan PendidikanMasyarakat dilaksanakan untuk mengukur kinerja kegiatan sesuaidengan hasil yang diharapkan/indikator keberhasilan yang telahditetapkan. Hasil evaluasi kegiatan akan menjadi salah satu dasarpertimbangan bagi keberlanjutan kegiatan pada tahun-tahunberikutnya.

B. PelaporanLembaga penerima bantuan wajib membuat laporan sebagai

bukti pertanggungjawaban dana yang telah diterima.1. Tujuan laporan

a. Mengetahui bahwa dana bantuan diterima oleh lembaga;b. Mengetahui pelaksanaan, perkembangan, hambatan dan

keberhasilan program yang dilaksanakan;2. Tahapan dan isi laporan

Laporan awal, disampaikan segera setelah dana bantuanditerima dengan format lampiran terlampir (lampiran 4).Laporan Akhir, disampaikan paling lambat dua minggu setelahselesai dilaksanakan sesuai dengan format lampiran terlampir(lampiran 5)Laporan disampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi........ dengan tembusan kepada dinas pendidikan kabupaten/kotasetempat.

Page 15: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 2322

KOP DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN/KOTA======================================

SURAT REKOMENDASINomor:

Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Dinas PendidikanKabupaten/Kota*) ............................... menerangkan bahwa:

Nama Lembaga : ........................................................................

Alamat : .......................................................................

Nama Ketua : .......................................................................

No. Tlp./HP/Faks. : ........................................................................adalah lembaga yang kami ketahui keberadaannya dan mempunyai kelayakanuntuk melaksanakan program pendidikan keaksaraan, sehingga berhakmengusulkan bantuan penyelenggaraan keaksaraan dasar/keaksaraan usahamandir i*) tahun 2011 kepada dinas pendidikan provinsi…………………………Demikian rekomendasi ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk dapatdigunakan sebagaimana mestinya.

.............................................. 2011Kepala Dinas PendidikanKabupaten/Kota*) …............................

(. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .)

*) coret yang tidak perlu

Lampiran 1. Format Surat Rekomendasi

BAB VPENUTUP

Petunjuk teknis ini dibuat untuk memberikan pemahaman danarahan teknis pada lembaga penyelenggara pendidikan keaksaraandan semua pihak terkait untuk keberhasilan program pendidikankeaksaraan.

Apabila ditemukan hal-hal yang kurang jelas, harap segeramenghubungi:Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakatu.p. Subdit Pembelajaran dan Peserta DidikKompleks Kemdiknas, Gedung E Lantai 6,Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270,telepon (021) 5725715,faksimili (021) 5725039Website: http://www.dikmas.net

Page 16: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 2524

Contoh Cover Proposal

PROPOSALPENGAJUAN DAN PENGELOLAAN BANTUAN

PENYELENGGARAAN KEAKSARAAN DASAR DANATAU KEAKSARAAN USAHA MANDIRI

(DEKONSENTRASI)TAHUN 2011*

Diajukan KepadaDirektur Pembinaan Pendidikan Masyarakat,

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, danInformal, Kemdiknas

Gedung E Lantai 6, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta

Oleh:

Nama Lembaga : ...................................................Alamat : ...................................................No. Telp./HP/Faks. : ...................................................

Lampiran 2. Format Surat Pernyataan

KOP LEMBAGA=====================================================

SURAT PERNYATAANKESANGGUPAN DAN TANGGUNG JAWAB MUTLAK

Yang bertanda tangan di bawah ini kami atas nama lembaga pengusul danabantuan penyelenggaraan keaksaraan dasar/keaksaraan usaha mandiri*)tahun 2011:Nama Lembaga : ……………………...........………………………Alamat Lembaga : ……………………......…………………………. ……………………......………………………….Nama Ketua : ……………………......………………………….Telp./HP/Faks. : ……………………......………………………….

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa kami sanggup:1. Menyelenggarakan kegiatan keaksaraan dasar/keaksaraan usaha mandiri*)

sesuai dengan jadwal.2. Membuat dan menyampaikan laporan kegiatan selambat-lambatnya 15

Desember 2011.3. Berkoordinasi dengan dinas pendidikan setempat dalam pelaksanaan

kegiatan keaksaraan dasar/keaksaraan usaha mandiri*).

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk dapatdigunakan sebagaimana mestinya.

… … … … … … … … … … … . . 2 0 11Yang Membuat Pernyataan

Materai Rp 6.000,-

(…………..………………….)

Lampiran 3. Format Proposal

Page 17: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 2726

ISI PROPOSAL

1. Profil Lembagaa. Nama Lembaga : ..........................................................................b. Alamat Lengkap : ..........................................................................c. No.Telepon/Hp : ..........................................................................d. Nama Ketua : ..........................................................................e. Alamat Lengkap : ..........................................................................f. No.Telepon/Hp : ..........................................................................g. Akta Notaris/Izin Pendirian : 1) Nomor : ......................................

2) Pejabat : .......................................h. Nama Bank : ..........................................................................i. Nomor Rekening, : ..........................................................................j. atas nama : ..........................................................................k. NPWP : ..........................................................................l. Kegiatan pendidikan masyarakat yang dilaksanakan saat ini:

1) ......................................................................................................2) ......................................................................................................3) ......................................................................................................

m. Daftar Pengurus Lembaga

No. Nama Tmpt/ L/P Pendidikan Pekerjaan JabatanTgl Lahir

1.2.3.dst.

Catatan: Struktur organisasi dan deskripsi kerja agar dilampirkan

n. Sarana dan PrasaranaNo. Jenis Sarana Keadaan Keterangan

1. Luas Gedung Lembaga Luas Tanah:…………...........m²Luas Bangunan:…................m²

2. Tempat Penyelenggaraan Gedung PerkantoranKegiatan Rumah

Ruko.....................................

3. Status Bangunan / Milik sendiriGedung Lembaga Kontrak/sewa

Pinjam...................................

4. Sarana belajar Meja & kursi belajar ...........set Kondisi :Papan tulis ..........…..............setLemari/rak buku ....….......…unitMesin tik ...........................…unitKomputer ........................…unitBahan ajar .......................... jenisBahan Bacaan ................... judul

2. Deskripsi Usulan KegiatanPada bagian ini, uraikan dengan jelas mengenai:a. Nama Kegiatanb. Tujuan Kegiatanc. Hasil yang Diharapkand. Sasaran/Peserta Kegiatan (Daftar lengkap dilampirkan)e. Rencana Kegiatan Pembelajaran (Jadwal Kegiatan dilampirkan):

1) Persiapan, antara lain penyiapan rencana dan jadwal kegiatan,sosialisasi, dan koordinasi pelaksanaan kegiatan.

2) Pelaksanaan: (a) lama program, tempat, jumlah & waktupertemuan, (b) model pembelajaran, (c) metode, bahan ajar, danmedia yang digunakan dalam pembelajaran, (d) tutor,fasilitator/narasumber teknis/instruktur, dan (e) mitra kerjasama.

3) Penilaian Hasil Belajar: penilaian terhadap proses pembelajaran,penilaian hasil pembelajaran, dan penilaian hasil pendampingan.

f. Rencana kegiatan pendampingan/penguatan/fasilitasi/sejenis : (a)jenis/bentuk kegiatan, (b) lama, jumlah dan waktu pertemuan, (c)pendamping/fasilitator, (d) mitra kerjasama

g. Evaluasi kegiatan dan pelaporan: (a) Rencana Monitoring selamakegiatan berlangsung, (b) Rencana evaluasi terhadap kegiatan secarakeseluruhan, (c) Rencana Pelaporan.

Page 18: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 2928

3. Rencana Anggaran Belanja

No. Komponen Pembiayaan Volume Satuan Harga Jumlah Satuan

1. (Uraikan rencana pembiayaanuntuk bantuan belajar peserta didik,seperti: ATK, bantuan motivasi,transport, konsumsi, dan lainnya)

2. (Uraikan rencana pembiayaanpenyelenggaraan, seperti; transportfasilitator/NST, pengadaan bahanajar/praktek, dan sarana lainnyayang diperlukan

3. (Uraikan rencana pembiayaanmanajemen, meliputi; penyusunanperencanaan, pengelolaanadiminstrasi, pelaksanaan monev,pelaporan).

4. Daftar Lampiran Proposala. Daftar peserta didik yang disahkan oleh kepala desa/lurah atau

ketua Rt/Rw;b. Daftar Tutor/Fasilitator/Narasumber Teknis;c. Salinan/fotokopi akta notaris dan/atau surat izin pendirian

lembaga;d. Salinan/fotokopi nomor rekening bank a.n. lembaga yang disertai

dengan surat keterangan dari Bank;e. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama lembaga;f. Struktur organisasi kepengurusan lembaga dilengkapi dengan

uraian tugas;

DAFTAR CALON PESERTA DIDIKPENYELENGGARAAN KEAKSARAAN DASAR/KEAKSARAAN USAHA MANDIRI*) TAHUN 2011

NAMA LEMBAGA :......................................................................LOKASI PENYELENGGARAAN KEGIATAN: .........................

No Nama Jenis Alamat Umur Latar Pekerjaan Jenis KeterampilanKelamin Belakang yang akan

Pendidikan dipelajari

1.

2.

3.

4.

5.

dst.

.............., ….....…….2011Diketahui Oleh:Kepala Desa/Lurah/Penilik Dikmas, Ketua Lembaga

(………………………….) ( .........................................)

Daftar Lampiran Proposal :Lampiran A. Format Calon Peserta Didik

Tanda Tangan,Stempel Asli

Tanda Tangan,Stempel Asli

Page 19: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 3130

Daftar Pendidik/Tutor/Fasilitator/Narasumber Teknis/Instruktur

PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KEAKSARAAN DASAR/KEAKSARAAN USAHA MANDIRI*) TAHUN 2011

NAMA LEMBAGA : .............................................................................LOKASI PENYELENGGARAAN KEGIATAN: ...............................

No Nama Umur Jenis Pekerjaan Pendidikan Tahun Bidang KetKelamin Terakhir Lulus Keahlian

1.2.3.4.5.dst.

……, ……………………….2011Ketua Lembaga

(………………………….)

Lampiran B.Format Daftar Pendidik/Tutor/Fasilitator/Narasumber/Instruktur

KOP LEMBAGA=====================================================

LAPORAN AWAL PENYELENGGARAAN KEGIATANPENDIDIKAN KEAKSARAAN DASAR/KEAKSARAAN USAHA

MANDIRI*TAHUN 2011

Yang bertanda tangan di bawah ini kami atas nama lembaga penerimabantuan penyelenggaraan kegiatan pendidikan keaksaraan dasar/keaksaraanusaha mandiri* tahun 2011:Nama Lembaga : ………………..............………………………Alamat Lembaga : ………………..............………………………

………………..............………………………

Nama Ketua : ………………..............………………………Telp./HP/Faks. : ………………..............………………………

Dengan ini melaporkan sebagai berikut:1. Dana bantuan penyelenggaraan kegiatan keaksaraan dasar/keaksaraan

usaha mandiri* sebagai tindaklanjut dari Akad Kerjasama No.............................. telah kami terima melalui rekening lembaga kamipada tanggal ...........................

2. Dana tersebut akan kami gunakan untuk menyelenggarakan kegiatanpendidikan keaksaraan dasar/keaksaraan usaha mandiri* sesuai denganpetunjuk teknis dan akad kerjasama yang telah kami tandatangani.

3. Kegiatan pendidikan keaksaraan dasar/keaksaraan usaha mandiri* akankami selenggarakan mulai tanggal .........................................

Demikian laporan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasama yangbaik, kami sampaikan terima kasih.

....…………………….. 2011 Pimpinan Lembaga,

(…………..………………….)Keterangan:*pilih yang sesuai

Lampiran 4. Format Laporan Awal

Tanda Tangan,Stempel Asli

Page 20: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 3332

SISTEMATIKA LAPORAN AKHIRPENYELENGGARAAN KEGIATAN KEAKSARAAN DASAR/

KEAKSARAAN USAHA MANDIRI*) TAHUN 2011

Cover/sampul laporanKata PengantarDaftar IsiA. Pendahuluan1. Latar Belakang2. Dasar Hukum3. Tujuan PelaporanB. Kegiatan Pembelajaran

Uraikan kegiatan pembelajaran yang meliputi;1. Persiapan (penyiapan rencana dan jadwal kegiatan, sosialisasi, dan koordinasi

pelaksanaan kegiatan).2. Pelaksanaan (metode, materi/bahan/modul, media/alat peraga, waktu, tempat,

tutor, warga belajar).3. penilaian (penilaian proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran,

penilaian hasil pendampingan).C. Penggunaan Dana

Laporkan semua transaksi keuangan sesuai dengan alokasi penggunaan danasebagaimana tertera dalam Acuan Pelaksanaan dan Proposal yang disertaidengan fotokopi bukti-bukti yang sah, seperti kuitansi, bukti setoran pajak, danlain-lain (kuitansi asli disimpan sebagai arsip lembaga).

D. Penutup1. Kesimpulan

Simpulkan tentanga) motivasi dan partisipasi peserta didik dalam kegiatan

pembelajaran/pendampingan/penguatan,b) efektifitas penggunaan metode pembelajaran/pendampingan/penguatan,c) hasil belajar, dand) tantangan/hambatan yang dialami.

2. Saran/RekomendasiKemukakan saran/rekomendasi yang terkait dengan perbaikanpenyelenggaraan dan kebijakan program.

3. Tindak LanjutTuliskan tindak lanjut yang direncanakan oleh lembaga setelah kegiatan/danabantuan berakhir.

Lampiran:(a) Foto-foto kegiatan/dokumentasi lainnya yang relevan(b) Fotokopi kuitansi penggunaan dana(c) Materi/bahan ajar/modul(d) Sertifikat hasil pembelajaran (seperti SUKMA/STSB)(e) Bukti-bukti pendukung lainnya (jika ada)

Lampiran 5. Sistematika Laporan Akhir

a. Standar Kompetensi Lulusan

No. STANDAR KOMPETENSI LULUSANKEAKSARAAN DASAR

1. Mendengarkan

Memahami wacana lisan berbentuk pesan, perintah, petunjuk dalambahasa Indonesia yang terkait dengan kehidupan sehari-hari

2. Berbicara

Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran,perasaan, dan informasi dalam kegiatan perkenalan, tegur sapa,percakapan, bertanya, bercerita, mendeskripsikan benda,memberikan tanggapan/saran yang fungsional untuk kehidupansehari-hari.

3. Membaca

Memahami wacana tulis berupa pesan, perintah, petunjuk dalambahasa Indonesia yang fungsional dalam kehidupan sehari-hari.

4. Menulis

Melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkanpikiran, perasaan, dan informasi yang terkait dengan kehidupansehari-hari dalam bentuk paragraf.

5. Berhitung

Melakukan penghitungan operasi dasar (penjumlahan, pengurangan,perkalian, dan pembagian) baik secara lisan maupun tulis yangfungsional dalam kehidupan sehari-hari

Lampiran 6. Standar Kompetensi Keaksaraan Dasar (SKK Dasar)

Page 21: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 3534

Mengungkapkanpikiran, perasaan, daninformasi secara lisandengan gambar danpercakapan sederhanayang berkaitan dengankecakapan hidup.

Menjelaskan isi gambar tunggal ataugambar seri sederhana yang berkaitandengan kecakapan hidup dengan bahasayang mudah dimengerti

2.2 2.2.1

2.2.3 Menyampaikan rasa suka atau tidaksuka tentang suatu hal atau kegiatanyang berkaitan dengan kecakapan hidupdengan alasan sederhana

Mengungkapkanpikiran, perasaan, danpengalaman secaralisan melalui kegiatanbertanya, danbercerita yangberkaitan dengankecakapan hidup.

Bertanya kepada orang lain denganmenggunakan pilihan kata yang tepatdan santun berbahasa yang berkaitandengan kecakapan hidup.

2.3 2.3.1

Menceritakan kegiatan sehari-haridengan bahasa yang mudah dipahamiorang lain yang berkaitan dengankecakapan hidup.

2.3.2

Mengungkapkansecara lisan beberapainformasi denganmendeskripsikanbenda dan berceritayang berkaitan dengankecakapan hidup.

Mendeskripsikan tumbuhan ataubinatang di sekitar sesuai ciri-ciri danmanfaatnya dengan menggunakankalimat yang mudah dipahami oranglain yang berkaitan dengan kecakapanhidup.

2.4 2.4.1

Menceritakan kembali cerita yangdidengarkan yang berkaitan dengankecakapan hidup denganmenggunakan kata-kata sendiri.

2.4.2

Melakukan percakapan sederhanadengan menggunakan kalimat dankosakata yang sudah dikuasai yangberkaitan dengan kecakapan hidup.

2.2.2

Mengungkapkanpikiran, perasaan,pengalaman, danpetunjuk denganbercerita danmemberikantanggapan/saran yangberkaitan dengankecakapan hidup.

Menceritakan pengalaman yangmengesankan yang berkaitan dengankecakapan hidup dengan menggunakankalimat yang runtut dan mudahdipahami

2.5 2.5.1

Menjelaskan urutan membuat ataumelakukan sesuatu yang berkaitandengan kecakapan hidup dengan kalimatyang runtut dan mudah dipahami

2.5.2

No. Standar Kompetensi DasarKompetensi

(1) (2) (3) (4)1. Mendengarkan

b. Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD)

Memahami tekspendek (satu sampaidengan lima kalimatsederhana) dan pesanyang dilisankan yangberkaitan dengankecakapan hidup.

Menceritakan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek(1 s.d. 5 kalimat sederhana) yangdidengar tentang topik tertentu yangdisampaikan oleh tutor yang berkaitandengan kecakapan hidup.

1.1 1.1.1

1.1.2 Menyampaikan pesan pendek (1 s.d. 5kalimat sederhana) yang didengarnyakepada orang lain yang berkaitan dengankecakapan hidup.

Memahami penjelasantentang petunjuk dancerita yang dilisankanyang berkaitan dengankecakapan hidup.

Melakukan sesuatu berdasarkanpenjelasan yang disampaikan secaralisan yang berkaitan dengan kecakapanhidup.

1.2 1.2.1

Memberikan tanggapan sederhanatentang cerita pengalaman teman yangdidengarnya yang berkaitan dengankecakapan hidup.

1.2.2

2. BerbicaraMengungkapkanpikiran, perasaan, daninformasi, secara lisandengan perkenalandan tegur sapa, sertapengenalan bendasekitar yang berkaitandengan kecakapanhidup.

Memperkenalkan diri sendiri dengankalimat sederhana dan bahasa yangsantun yang berkaitan dengankecakapan hidup.

2.1 2.1.1

Bertanya kepada orang lain yangberkaitan dengan kecakapan hidupdengan menggunakan kalimatpertanyaan yang tepat dan bahasa yangsantun

2.1.2

Mendeskripsikan benda-benda disekitar dengan kalimat sederhana yangberkaitan dengan kecakapan hidup.

2.1.3

Page 22: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 3736

Memberikan tanggapan dan saransederhana terhadap suatu masalah yangberkaitan dengan kecakapan hidupdengan menggunakan kalimat yangruntut dan pilihan kata yang tepat

2.5.3

Membaca lancarkalimat sederhanadengan lafal danintonasi yang tepat

Membaca nyaring suku kata dan katadengan lafal yang tepat

3.1 3.1.13. Membaca

Membaca lancar berbagai kalimatdengan lafal dan intonasi yang tepat

3.1.2

Membaca lancar lambang dan namabilangan yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari

3.1.3

Memahami teksdengan membacaintensif (100-200kata)

Menjelaskan isi teks (100-150 kata)melalui membaca intensif

3.2 3.2.1

Menjawab dan atau mengajukanpertanyaan tentang isi teks yang agakpanjang (150-200 kata) yang dibacasecara intensif

3.2.2

Menulis kalimatsederhana, majemuk,dan variasinya dalambahasa Indonesia yangberkaitan dengankecakapan hidup

Menulis keseluruhan abjad dalambahasa Indonesia dengan benar

4.1 4.1.14. Menulis

Mengenal dan menulis suku kata yangberkaitan dengan kecakapan hidup.

4.1.2

Menulis kata yang terdiri atas sekurang-kurangnya dua suku kata yang berkaitandengan kecakapan hidup

4.1.3

Menulis kalimat sederhana, kalimatmajemuk, dan variasinya dalam bahasaIndonesia yang berkaitan dengankecakapan hidup.

4.1.4

Menulis lambang dan nama bilanganyang berkaitan dengan kecakapan hidup.

4.1.5

Menulis paragrafdalam bahasaIndonesia yangberkaitan dengankecakapan hidup.

Menyusun ide pokok dan ide penjelasdalam paragraf yang berkaitan dengankecakapan hidup.

4.2 4.2.1

Menyusun kalimat yang utuh danbertautan antarparagraf yang berkaitandengan kecakapan hidup.

4.2.2

Melakukanpenghitunganmatematis secara lisandan tulis yangberkaitan dengankecakapan hidup.

Melakukan penghitungan matematisberupa penambahan, pengurangan,perkalian, dan pembagian yangberkaitan dengan kecakapan hidup.

5.1 5.1.15. Berhitung

Menerapkan operasi matematissederhana dalam berbagai kegiatan yangberkaitan dengan kecakapan hidup.

5.1.2

Page 23: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

No. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar

1. Mengungkapkan keinginan 1. Mengidentifikasi bidang usaha yangberusaha berdasarkan minat sesuai dengan minat dandan potensi yang tersedia keterampilan yang dimiliki

2. Menetapkan bidang usahayang akan dikembangkan

2. Mempraktikkan sebuah 1. Menjelaskan bahan, alat, danketerampilan yang langkah-langkah produksi dalamberpeluang menjadi bidang usaha yang akan dikembangkanusaha sesuai minat dan 2. Mendemonstrasikan keterampilanpotensi yang dimiliki yang dimiliki untuk mendukung

usaha3. Mengidentifikasi sumberdaya 1. Mengungkapkan jenis-jenis sumber

alam dan manusia di daya alam yang potensial dilingkungannya sesuai dengan lingkungannya sesuai bidang usahabidang usaha yang dipilih. yang dikembangkan

2. Mengungkapkan sumber dayamanusia di lingkungannya yangkompeten dalam bidang usaha yangdikembangkan

4. Mengidentifikasi kebutuhan 1. Menjelaskan arti pasardan permintaan masyarakat 2. Menyebutkan kebutuhan barangterhadap barang dan jasa yang dan jasa yang pasokannya belumsesuai dengan bidang usaha terpenuhiyang dipilih 3. Menjelaskan faktor permintaan dan

penawaran produk yangdikembangkan

5. Menyusun rancangan usaha Menyusun rencana usaha yangdan menjalankan usaha akan dikembangkanmandiri yang dikembangkan

6. Merancang dan mengelola 1. Mengidentifikasi jenis-jenis biayabiaya pada usaha yang akan pada usaha tertentudikembangkan 2. Mengidentifikasi sumber-sumber

permodalan

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 3938

Lampiran 7. Standar Kompetensi Keaksaraan Usaha Mandiri (SK-KUM)

a. Standar Kompetensi Lulusan

NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSANKEAKSARAAN USAHA MANDIRI

1. Mengidentifikasi jenis-jenis usaha yang berpeluang untukdikembangkan sesuai potensi lingkungan dan pasar

2. Menuliskan dan mengomunikasikan rancangan usaha mandiriyang akan dikembangkan

3. Menguasai keterampilan produksi tertentu sesuai denganusaha yang dikembangkan

4. Memasarkan produk usaha yang dikembangkan5. Melakukan analisa perhitungan laba/rugi dari usaha yang

dikembangkan6. Menjalin kemitraan dalam rangka pengembangan dan

kelangsungan usaha7. Memelihara dan mengembangkan kompetensi membaca,

menulis, berhitung, dan berkomunikasi dengan bahasaIndonesia secara berkelanjutan dalam menjalankan kegiatanusaha

b. Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD)

Page 24: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 4140

AKAD KERJASAMANOMOR : ...............................

DIREKTORAT PEMBINAAN PENDIDIKAN MASYARAKATDIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI,

NONFORMAL, DAN INFORMALKEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL

DENGANLEMBAGA : ......................................................................................................

TENTANGKERJASAMA PENYELENGGARAAN

KEGIATAN KEAKSARAAN DASAR/KEAKSARAAN USAHAMANDIRI TAHUN 2011

Pada hari ini ....................... tanggal ........................... bulan ................ tahundua ribu sebelas, kami yang bertandatangan di bawah ini:1. Nama : …………………………

NIP : …………………………Jabatan : …………………………Alamat : Kompleks Kementerian Pendidikan Nasional

Gedung E Lantai 6, Jalan Jenderal Sudirman,Senayan, Jakarta 10270

dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Direktorat Pembinaan PendidikanMasyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal,dan Informal, Kementerian Pendidikan Nasional, dan untuk selanjutnyadisebut sebagai Pihak Pertama.2. Nama : …………………………

Jabatan : …………………………Alamat : …………………………dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Lembaga …………………dan untuk selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua.

Lampiran 8. Contoh Akad Kerjasama3. Menghitung biaya, pendapatan dankeuntungan atau kerugian dalammenjalankan usaha mandiri yangdikembangkan

4. Membuat pembukuan sederhana7. Mengidentifikasi risiko-risiko 1. Mengenali risiko usaha yang dapat

yang mungkin timbul dan terjadi dan dampaknya terhadapmempengaruhi laba rugi laba rugi usaha yang dikembangkanusaha 2. Menemukan langkah-langkah untuk

mengantisipasi risiko yang mungkintimbul

8. Melakukan interaksi dengan 1. Menjelaskan produk usaha kepadakonsumen konsumen 2. Menampilkan bahasa lisan dan

bahasa tubuh yang simpatik kepadakonsumen

9. Memahami strategi 1. Menentukan harga produk yangpemasaran bersaing 2. Melakukan promosi yang efektif

3. Mengemas produk dengan menarik10. Mengenali kekuatan pesaing 1. Mengenali produk-produk sejenis

dalam pasar produk yang di pasardikembangkan 2. Mengenali produsen pesaing produk

sejenis11. Menjalin kemitraan Menjalin kerjasama dengan mitra

usaha12. Menjaga kelangsungan usaha 1. Mengidentifikasi kebutuhan modal

yang dikembangkan dan kas secara berkelanjutan2. Mempertahankan kepercayaan

konsumen3. Memahami peraturan pemerintah

terhadap usaha yang dikembangkan4. Menampilkan produk kreatif

inovatif

Page 25: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 4342

Secara bersama-sama, PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA selanjutnyadisebut sebagai PARA PIHAK, berdasarkan pertimbangan:1. Bahwa PIHAK PERTAMA sebagai institusi yang bertugas melakukan

pembinaan dan pengembangan program pendidikan masyarakat.2. Bahwa PIHAK KEDUA sebagai lembaga yang menyelenggarakan

program pendidikan masyarakat.

PARA PIHAK bersepakat bekerjasama untuk menyelenggarakan kegiatankeaksaraan dasar, dengan ketentuan sebagaimana diatur pada pasal-pasalberikut:

Pasal 1TUJUAN KERJASAMA

Perjanjian kerjasama ini bertujuan untuk:1. Memperluas akses penyelenggaraan dan layanan program pendidikan

masyarakat.2. Memfasilitasi penyelenggaraan program pendidikan masyarakat sesuai

dengan kebutuhan dan karakteristik masyarakat setempat.3. Memfasilitasi pembelajaran kegiatan keaksaraan dasar.

Pasal 2TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

1. Tugas dan tanggung jawab PIHAK PERTAMA adalah:a. Memproses pencairan dana kepada PIHAK KEDUA, setelah akad

kerjasama ditandatangani oleh PARA PIHAK melalui KPPN JakartaIII sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku;

b. Menghentikan proses pencairan dana kepada PIHAK KEDUA, jikaditemukan hal-hal yang diduga berpotensi merugikan keuangannegara;

c. Memberikan bimbingan teknis terhadap pelaksanaan program;

d. Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan yangdilaksanakan oleh PIHAK KEDUA.

2. Tugas dan tanggung jawab PIHAK KEDUA adalah:a. Menandatangani Surat Pernyataan Kesanggupan untuk melaksanakan

kegiatan;b. Menyusun rencana dan jadwal kegiatan penyelenggaraan kegiatan;c. Memberitahukan dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan

kepada Dinas Pendidikan Provinsi atau Dinas PendidikanKabupaten/Kota setempat;

d. Mengadministrasikan dan mempertanggungjawabkan penggunaandana secara akuntabel sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku;

e. Menjamin terselenggaranya program dan kegiatan sesuai rencanakegiatan dan target sasaran yang ditentukan dalam Petunjuk Teknis.

f. Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kepada PIHAK PERTAMAdengan tembusan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kotasetempat;

Pasal 3PENYALURAN DAN PENGGUNAAN DANA

1. Untuk melaksanakan kegiatan sebagaimana dimaksud pada pasal 2 ayat2 di atas, PIHAK PERTAMA memberikan dana kepada PIHAK KEDUAsebesar Rp. .................................... (................................ ), untukmembelajarkan ........................... orang.

2. Dana sebagaimana dimaksud pada ayat 1 di atas dibebankan kepadaanggaran Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Nomor 0534/023-05.1.01/00/2011 tanggal 31 Maret 2011.

3. PIHAK PERTAMA menyalurkan dana kepada PIHAK KEDUA melalui

Page 26: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) ........................dengan transfer ke:Nama Bank :Nomor Rekening :Atas Nama :

4. Dana sebagaimana dimaksud pada ayat 1 di atas digunakan oleh PIHAKKEDUA untuk penyelenggaraan program sesuai rencana kegiatan dantarget sasaran yang ditentukan dalam petunjuk teknis.

5. Apabila PIHAK KEDUA menggunakan dana di luar ketentuan di atas,maka sepenuhnya menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA.

6. Biaya administrasi dan perpajakan yang terkait dengan Akad Kerjasamaini ditanggung oleh PIHAK KEDUA sesuai dengan peraturan danketentuan yang berlaku.

Pasal 4SANKSI

1. Jika PIHAK KEDUA ternyata tidak menggunakan dana sesuai denganrencana kegiatan dan target sasaran yang ditentukan dalam pedoman,maka PIHAK KEDUA wajib mengembalikan dana ke Kantor KasNegara melalui bank.

2. Apabila PIHAK KEDUA ternyata tidak mengembalikan danasebagaimana dimaksud pada ayat 1 di atas, maka PIHAK PERTAMAdapat melaporkan PIHAK KEDUA kepada pihak berwenang.

Pasal 5

TANGGUNG JAWAB MUTLAK

PIHAK KEDUA bertanggung jawab mutlak atas pelaksanaan program danpengelolaan keuangan.

Pasal 6KETENTUAN PENUTUP

1. Hal-hal lain yang belum diatur dalam Akad Kerjasama ini, akan diaturlebih lanjut dalam ketentuan tersendiri, dan merupakan bagian yangtidak terpisahkan dari Akad Kerjasama ini.

2. Akad Kerjasama ini berlaku sejak ditandatangani oleh PARA PIHAKsampai dengan berakhirnya pelaksanaan program.

Demikian Akad Kerjasama ini dibuat dan ditandatangani oleh PARA PIHAKdi Jakarta dalam rangkap 5 (lima), di atas materai enam ribu, dan masing-masing memiliki kekuatan hukum yang sama.

PARA PIHAK

PIHAK PERTAMA PIHAK KEDUA

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 4544

Page 27: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI)Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan 4746

Lampiran 9: Instrumen Verifikasi Lembaga 3. SARANA DAN PRASARANA

No. Jenis Sarana Keadaan Keterangan

1. Luas Gedung Luas Tanah :….................m²Luas Bangunan :…..........m²

2. Status Bangunan / Milik sendiriGedung Kontrak/sewa

Pinjam.........................................

3. Sarana belajar Meja & kursi belajar ........set Kondisi :Papan tulis .....................setLemari/rak buku ....….…unitMesin tik ............….....…unitKomputer ...................…unitBahan ajar ..................... jenisBahan Bacaan ............. judul

INSTRUMEN VERIFIKASI LEMBAGA

KEGIATAN ........................................1. IDENTITAS LEMBAGA

a. Nama Lembaga : ..........................................................................b. Alamat Lengkap : ..........................................................................c. No.Telepon/Hp : ..........................................................................d. Nama Ketua : ..........................................................................e. Alamat Lengkap : ..........................................................................f. No.Telepon/Hp : ..........................................................................g. Akta Notaris/Izin Pendirian : 1) Nomor : ......................................

2) Pejabat : .......................................h. Nama Bank : ..........................................................................i. Nomor Rekening, : ..........................................................................j. atas nama : ..........................................................................k. NPWP : ..........................................................................

2. KELENGKAPAN ADMINISTRASI

No. Jenis Administrasi Keadaan KeteranganAda Tidak ada

1. Papan nama lembaga2. Struktur organisasi3. Rincian tugas pengelola/penyelenggara4. Nomor rekening bank atas nama lembaga

(tanpa cc/qq; buku rekening asli ditunjukkan)5. NPWP lembaga

4. PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

No. Nama Jenis Kelamin Pendidikan Peran/

Lk Pr Tugas

Page 28: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

5. kEGIATAN YANG DILAKSANAKAN

Program kegiatan yang pernah diselenggarakan atau yang masih berlangsungsaat ini

No. Jenis Program/Kegiatan Tahun Jumlah Sumber LokasiPelaksanaan Sasaran Dana Sasaranprogram

..................................................................2011MengetahuiPengurus Lembaga Petugas,

.................................................... ...................................................

Catatan:..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Kesimpulan: = Layak = Tidak Layak

Acuan Pelaksanaan Kegiatan ………………………………………….(diisi sesuai jenis kegiatan yang diusulkan)

A. DASAR PEMIKIRAN(mengapa kegiatan tersebut perlu dilaksanakan?)

B. NAMA KEGIATAN(tulis dengan jelas nama kegiatan yang dilaksanakan)

C. TUJUAN KEGIATAN(apa yang ingin dicapai dengan kegiatan tersebut?)

D. RENCANA KEGIATAN

1. Persiapan

NO. KEGIATAN WAKTU PARTISIPAN1 Penyusunan Acuan

Pelaksanaan2 Sosialisasi kegiatan

2. Pembelajaran, Pendampingan, Penguatan:

a. Pembelajaran

NO WAKTU MATERI METODE BAHAN PENDIDIK(Tgl, Bln, Thn) AJAR/MEDIAJam

Lampiran 9. Contoh Acuan Pelaksanaan Kegiatan

Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan48 KEAKSARAAN DASAR DAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (DEKONSENTRASI) 49

Page 29: Juknis Ppd Keaksaraan Dasar Kum 2011

b. Pendampingan pasca pembelajaranNO KEGIATAN WAKTU MATERI METODE BAHAN /

(hari/ minggu/bulan) ALATjam

3. Rencana Penilaian

NO JENIS PENILAIAN WAKTU TEKNIK ALAT/ PETUGASPENILAIAN INSTRUMEN

PENILAIAN

1 Penilaian proses2 Penilaian hasil3 Penilaian kinerja/

Performa

E. RENCANA TINDAK LANJUT1. Sertifikat yang diberikan kepada peserta didik (STSB)2. Rencana Keberlanjutan Kegiatan

Keterangan: Dapat dikembangkan sesuai jenis kegiatan dan kondisi lembagapenyelenggara.

Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Bantuan50